7 Gejala Fungsi Jantung Menurun

jantung-sakit-nyeri-dada-obat-penyakit.jpg

Tentu saja kita mengetahui gejala-gejala yang dapat muncul pada penyakit jantung. Namun, ada beberapa gejala yang dapat muncul pada penderita sebelum mereka terdiagnosa penyakit jantung.

Banyak penelitian yang berusaha mencari ?warning signs? yang mungkin muncul pada penderita penyakit jantung. Jonathan Goldstein, MD seorang cardiologist dari Goldstein of Saint Michael?s Medical Center di New Jersey, mengatakan bahwa jantung merupakan suatu organ otot besar yang berada di dalam tubuh, dan bila sudah mulai ada kelainan maka dapat muncul beberapa gejala.

Nah, cobalah untuk membaca narasi dibawah ini, namun ini hanya merupakan penelitian, untuk kepastian tentu harus dilakukan pemeriksaan jantung oleh ahli jantung.

1. Gangguan Seksual:

Mayo Clinic pernah menerbitkan studi yang meneliti pria usia 40 ? 49 yang menderita disfungsi ereksi dan menemukan bahwa pada para penderita disfungsi seksual terjadi peningkatan risiko untuk menderita penyakit jantung menjadi dua kali lipat. Pada wanita terjadi kondisi dimana susah terjadinya orgasme, kedua hal ini disebakan oleh kurangnya aliran darah ke bagian genitalia yang mungkin disebabkan oleh pengerasan arteri.

2. Mengorok:

Para penderita sleep apnea memiliki risiko untuk menderita serangan jantung lebih banyak 3x dalam waktu 5 tahun, yang mungkin disebabkan oleh kurangnya aliran oksigen ke jantung.

3. Gusi yang bengkak,

Gusi nyeri atau berdarah. Para peneliti berpendapat bahwa adanya kelainan pada jantung dapat mempengaruhi aliran darah ke daerah gusi yang memicu penyakit periodontal.

Berikut beberapa gejala penurunan fungsi jantung lainnya:

Berikut Beberapa Gejala Penurunan Fungsi Jantung Lainnya:

4. Kaki Bengkak:

Pembekakan pada daerah kaki dapat menunjukkan bahwa anda memiliki retensi air yang dapat menunjukkan penyakit jantung seperti penyakit pembuluh darah koroner dan gagal jantung.

5. Detak Jantung Ireguler (aritmia):

Detak jantung terlalu cepat, atau detak jantung yang tidak regular dapat menunjukkan adanya kelainan jantung seperti penyakit arteri koroner atau gangguan irama jantung.

6. Nyeri Dada Kiri atau Bahu:

Nyeri pada dada kiri (angina pectoris), merupakan nyeri yang dirasakan seperti tertekan dan tertusuk yang dapat menyebat ke bahu, terkadang nyeri diperparah bila bernapas namun terkadang dapat disalah artikan sebagai nyeri ulu hati.

7. Napas yang Sesak dan Pendek:

Bila terjadi sesak atau napas yang pendek saat beraktifitas fisik ataupun saat stress mungkin disebabkan oleh suatu penyakit jantung atau paru-paru tahap awal.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pemetaan Otak Membuktikan Bahaya Violent Video Games

Pemetaan Otak Membuktikan Bahaya Violent Video Games

Sebuah penelitian di Indiana University School of Medicine, Amerika Serikat berhasil membuktikan bahaya memainkan ?violent video games? terhadap bagian otak yang berperan penting dalam mengontrol emosi dan fungsi kognitif diri. Hasil penelitian ini disertai bukti kuat atas hasil pemetaan otak fMRI (functional magnetic resonance imaging) 28 partisipan usia 18 ? 29 tahun yang terbagi dalam dua kelompok. Kedua kelompok yang masing-masing terdiri dari 14 orang dengan usia acak tersebut diberikan penugasan berbeda selama beberapa minggu. Kelompok pertama dibiarkan memainkan video games kekerasan selama 10 jam/hari, sedangkan kelompok yang lain diberikan pelatihan dalam mengontrol emosi, perhatian dan kecepatan berhitung di rumah masing-masing untuk menjaga ?natural environment? sehingga tidak menggangu hasil penelitian apabila dilakukan di lab. Pemetaan gambar fMRI yang dilakukan sebelum, saat percobaan dan sesudah, menunjukkan perbedaan siknifikan pada fungsi bagian lobus otak kiri depan. Mereka yang dibiarkan bermain video games kekerasan, mengalami pengecilan fungsi otak secara drastis berbanding terbalik dengan mereka yang melakukan pelatihan mengalami perkembangan fungsi otak. Bahk [...]

Kanker Tulang Mengintai Anak-anak & Remaja

Kanker Tulang Mengintai Anak-anak & Remaja

Kanker tulang dapat menyerang tulang manapun di dalam tubuh, namun pada umumnya menyerang tulang panjang pada lengan dan tungkai. Kanker tulang menempati prevalensi terbanyak ketiga di Indonesia (0.9 per 100.000) setelah kanker darah (2,8 per 100.000) kemudian kanker mata (2,4 per 100.000). Dimana setiap tanggal 11 April 2013 diperingati sebagai Hari Kanker Tulang di Indonesia. Terdapat beberapa tipe kanker tulang yang dibagi berdasarkan tipe sel dimana kanker tersebut pertama kali menyerang. Tipe-tipe yang paling umum terjadi diantaranya: Osteosarkoma. Berasal dari sel-sel tulang dan umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Kondrosarkoma. Berasal dari sel-sel kartilago yang umumnya ditemukan pada ujung tulang. Biasanya menyerang orang dewasa. Ewing's sarkoma. Hingga saat ini belum ditemukan secara pasti darimana sel-sel penyebab Ewing's sarkoma berasal. Namun diduga berasal dari jaringan saraf yang berada diantara tulang. Umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Terdapat beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker tulang. Kanker Tulang Mengintai Anak-anak & Remaja Penyebab kanker tulang hingga saat ini belu [...]

Pengaruh Gejala Thyroid Terhadap Diet

Pengaruh Gejala Thyroid Terhadap Diet

Apabila Anda mempunyai keluhan rambut rontok dan berat tubuh yang tidak dapat dikontrol meskipun berbagai macam cara telah dilakukan dengan benar, bisa jadi hal tersebut dikarenakan oleh hormon tiroid yang tidak seimbang. Mekanisme tubuh dalam menyeimbangkan hormon thyroid seringkali terganggu atau bahkan memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri yang mengakibatkan munculnya gejala thyroid yang dapat mengganggu dalam kehidupan keseharian kita. Gangguan gejala ini terbagi menjadi dua yaitu hypothyroidism dan hyperthyroidism. Gejala hypothyroid merupakan keadaan dimana kurangnya produksi hormon thyroid yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut berbanding terbalik dengan gejala hyperthyroid yang mengasilkan hormon thyroid berlebih. Namun keduanya memberikan dampak negatif tersendiri bagi pengidap. Umumya gejala hypothyroid lebih banyak terjadi di masyarakat dengan mengakibatkan seseorang tetap mengalami penambahan berat badan meskipun telah melakukan diet yang benar. Kurangnya hormon thyroid pada tubuh akan mempengaruhi sistem metabolisme dalam membakar energi. Sehingga seringkali juga menyebabkan tubuh mudah lelah, lesu hingga mempengaruhi mood bahkan menjadi depresi. Gangguan thy [...]

Cegah Risiko Sakit Jantung dengan Makan Kacang

Cegah Risiko Sakit Jantung dengan Makan Kacang

Kacang-kacangan tidak hanya berfungsi sebagai camilan tepat saat diet. Banyak manfaat lain yang bisa didiapat dari mengonsumsi kacang, salah satunya terhindar dari risiko penyakit jantung.Menurut para peneliti, kebiasaan memakan kacang-kacangan dapat menurunkan risiko penyakit jantung bagi penderita sindrom metabolik atau mereka yang memiliki kelebihan lemak perut, gula darah dan tekanan darah tinggi. Sindrom metabolik sejak lama dihubungkan dengan risiko berbagai penyakit mematikan di antaranya adalah diabetes, serangan jantung dan stroke, seperti dilaporkan Journal of Proteome Research.Peneliti, Cristina Andres-Lacueva dan koleganya dari unit nutrisi manusia di Rovira i Virgili University menjelaskan," Semakin meningkatnya obesitas di dunia berarti semakin banyak orang yang menderita sindrom metabolik."Untuk memerikasa manfaat dari mengonsumsi kacang, peneliti meminta 22 penderita sindrom metabolik untuk melakukan diet kacang-kacangan selama 12 minggu. Para peneliti membandingkan kelompok tersebut dengan 20 orang yang tak mengonsumsi kacang.Hasil dari penelitian itu menjelaskan bahwa kandungan serotonin adalah kuncinya. Serotonin dipercaya peneliti dapat membantu menurunkan ra [...]

Bahaya Menjadi Perokok Pasif

Bahaya Menjadi Perokok Pasif

Perokok pasif adalah seseorang yang tidak merokok secara langsung namun menghirup asap rokok dari orang-orang yang merokok di sekitarnya seperti di rumah maupun di lingkungan kerja. Meski tidak secara langsung merokok, perokok pasif bisa turut terkena dampak buruknya juga. Makin sering seseorang terpajan asap rokok, makin tinggi pula risiko gangguan kesehatan yang dialaminya. Ketika dihembuskan oleh perokok, asap rokok tidak hilang begitu saja. Asap rokok dapat bertahan di udara sekitar dua hingga tiga jam. Asap rokok akan tetap ada meski tidak terdeteksi oleh indera penciuman maupun penglihatan Anda. Efek Buruk Asap Rokok Menghirup asap rokok dapat berdampak buruk, baik secara sementara maupun dalam jangka panjang. Terpajan asap rokok dapat langsung menimbulkan gejala seperti mata merah, sakit kepala, dan batuk-batuk. Asap rokok yang tersebar mengandung lebih dari 7000 jenis bahan kimia. Ratusan di antaranya telah terdeteksi berbahaya, seperti karbon monoksida dan amonia. Selain itu, asap rokok mengandung lebih dari 50 bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker, seperti arsenik, nikel, kadmium, dan formaldehida. Pada orang dewasa yang tidak merokok Senantiasa menghirup asap rokok [...]

Solusi Kulit Kering

Solusi Kulit Kering

Oleh: dr. Nadia Octavia Anda memiliki masalah dengan kulit kering? Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kulit yang halus dan kenyal. Tips-tips berikut dapat Anda coba: Sewaktu mandi, hindari air yang terlalu panas. Air dengan suhu yang terlalu panas akan mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan air dengan temperatur ruangan. Hindari mandi atau berendam terlalu lama. Mandi dan berendam terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering. Batasi waktu mandi Anda 5 - 10 menit saja. Gunakan pelembab sesudah mandi. Kulit yang lembab akan mengunci pelembab lebih lama dan lebih baik dibandingkan dengan kulit yang kering. Gunakan pakaian yang terbuat dari katun maupun serat alami lainnya. Pakaian dengan bahan wol ataupun serat sintetis akan mengiritasi kulit. Banyak minum air putih. Dengan meminum air putih, maka Anda akan terhindar dari dehidrasi dan kulit yang kering. Perbanyak konumsi air putih terutama jika Anda berada pada ruangan yang berpendingin. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3. Asam lemak yang esensial akan membantu membentengi minyak alami kulit. Makanan-makanan yang mengandung omega 3: salmon, sarden, biji-bijian, walnut, mi [...]

Beda Warna Buah & Sayur, Lain Pula Khasiatnya

Beda Warna Buah & Sayur, Lain Pula Khasiatnya

Buah dan sayuran yang beraneka warna diciptakan bukan tanpa sebab. Setiap warna mengandung nutrisi dan manfaat yang berbeda. Penting bagi Anda untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang bervariasi agar nutrisi tetap seimbang. Apa saja manfaat warna di dalam buah dan sayuran? Ini penjelasannya, seperti dikutip dari Care 2.1. MerahBuah dan sayuran berwarna merah terbentuk dari pigmen yang bernama lycopene. Lycopene merupakan zat ampuh penangkal radikal bebas yang berfungsi mengurangi risiko kanker dan penyakit kardiovaskular, membuat wajah lebih merona juga meningkatkan ketahanan kulit terhadap sinar matahari. Lycopene dapat ditemukan di tomat, semangka, paprika, dan pomegranate.2. OranyeBuah dan sayuran berwarna terang ini terkenal dengan kandungan beta karoten. Bila mengonsumsi beta karoten setiap hari, ia akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A bermanfaat bagi mata, tulang dan sistem kekebalan tubuh agar tetap seimbang.3. KuningSedangkan buah-buahan yang berwarna kuning seperti jeruk dan lemon kaya akan bioflavonoid yang bekerjasam dengan vitamin C untuk meningkatkan vitalitas kulit, kekuatan tulang dan gigi serta mereduksi kanker dan penyakit jantung.4. HijauSebagai w [...]

Mobil Ditabrak Truk, Wanita Ini Selamat karena Baju Ketatnya

Mobil Ditabrak Truk, Wanita Ini Selamat karena Baju Ketatnya

Meski sudah memakai sabuk pengaman, kecelakaan mobil tak jarang menyebabkan luka serius pada korban, terutama bagi mereka yang duduk di kursi depan. Hal itu juga yang dialami oleh Zoe Turner, seorang wanita asal Inggris yang taksinya menabrak sebuah truk. Untungnya, Zoe tidak mengalami luka yang terlalu fatal. Menurut dokter hal tersebut bisa terjadi berkat dress merah ketat yang dikenakannya saat kecelakaan.Kejadian naas itu terjadi pada 14 Desember lalu ketika Zoe bersama tiga temannya pulang dari sebuah pesta. Mereka pun pulang dengan taksi sekitar pukul 3 dini hari. Saat di perjalanan, tiba-tiba sebuah truk semen oleng ke sisi supir mobil sehingga menyebabkan tabrakan. Kecelakaan tersebut pun terbilang cukup parah karena mengakibatkan supir terjungkal hingga menabrak kaca dan tiga temannya di belakang tak sadarkan diri. Kelima korban berhasil dibawa ke rumah sakit oleh paramedis selang lima menit setelah kejadiaan.Ketika diperiksa, Zoe mendapat luka yang cukup parah sampai menderita patah tulang. Ia bahkan dipasang alat penyangga agar tulang pelvisnya tetap di tempat. Hal itu terbilang wajar mengingat posisi wanita yang baru lulus kuliah itu berada di kursi penumpang depan. [...]

Cara Mengembalikan Energi yang Hilang Setelah Sakit

Cara Mengembalikan Energi yang Hilang Setelah Sakit

Kondisi tubuh yang sakit membuat Anda sama sekali tidak tergoda dengan makanan, bahkan kue-kue yang tadinya Anda suka jadi tampak tidak menarik. Seiring dengan pulihnya tubuh, nafsu makan pun mulai naik. Mengonsumsi makanan sehat setelah sakit merupakan hal yang penting, karena hal tersebut membantu mengembalikan nutrisi-nutrisi yang hilang ketika Anda sakit. Memilih makanan sehat juga membantu pemulihan lebih cepat dan menurunkan risiko untuk sakit lagi. Berikut ini makanan-makanan yang baik untuk pemulihan setelah sakit: 1. Sayur dan buah-buahan Zat antioksidan pada sayur dan buah-buahan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh untuk kembali ke fungsi normalnya. Pilihlah kismis, blueberry, plum, bayam, dan kale. 2. Protein Tubuh membutuhkan protein untuk menyembuhkan dan memperbaiki diri, terutama setelah sakit. Konsumsilah daging ayam, telur dan ikan. Hindari lemak yang berlebihan atau rempah-rempah yang dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Jika Anda vegetarian, Anda bisa memilih kacang-kacangan, selai kacang atau tahu. Menu untuk Energi Cepat Pulih 3. Probiotik Meskipun bakteri berbahaya dapat membuat sakit, tubuh tetap membutuhkan [...]

Jenis-jenis USG pada Kehamilan

Jenis-jenis USG pada Kehamilan

Pemeriksaan ultrasonografi (USG) merupakan salah satu pemeriksaan yang penting dan rutin dilakukan selama hamil. Berbeda dengan X-ray, USG tidak berbahaya bagi janin. Saat ini terdapat berbagai jenis USG, yaitu USG 2 dimensi (2D), tiga dimensi (3D), atau empat dimensi (4D). Tahukah Anda apa bedanya? Jika Anda belum tahu, maka artikel ini akan dapat membantu menambah pengetahuan Anda. Klik ?next? untuk mengetahui jenis dan perbedaan USG pada kehamilan. Jenis-jenis USG pada Kehamilan Pemeriksaan ultrasonografi (USG) merupakan salah satu pemeriksaan yang penting dan rutin dilakukan selama hamil. Berbeda dengan X-ray, USG tidak berbahaya bagi janin. Saat ini terdapat berbagai jenis USG, yaitu USG 2 dimensi (2D), tiga dimensi (3D), atau empat dimensi (4D). Tahukah Anda apa bedanya? Jika Anda belum tahu, maka artikel ini akan dapat membantu menambah pengetahuan Anda. Klik ?next? untuk mengetahui jenis dan perbedaan USG pada kehamilan. USG 2 Dimensi USG jenis ini akan menghasilkan gambaran dalam bentuk 2 dimensi atau 2 bidang datar (memanjang dan melintang). Perbedaan mendasar dengan USG 3D atau 4D adalah USG ini hanya menghasilkan bagian d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *