7 Gejala Fungsi Jantung Menurun

jantung-sakit-nyeri-dada-obat-penyakit.jpg

Tentu saja kita mengetahui gejala-gejala yang dapat muncul pada penyakit jantung. Namun, ada beberapa gejala yang dapat muncul pada penderita sebelum mereka terdiagnosa penyakit jantung.

Banyak penelitian yang berusaha mencari ?warning signs? yang mungkin muncul pada penderita penyakit jantung. Jonathan Goldstein, MD seorang cardiologist dari Goldstein of Saint Michael?s Medical Center di New Jersey, mengatakan bahwa jantung merupakan suatu organ otot besar yang berada di dalam tubuh, dan bila sudah mulai ada kelainan maka dapat muncul beberapa gejala.

Nah, cobalah untuk membaca narasi dibawah ini, namun ini hanya merupakan penelitian, untuk kepastian tentu harus dilakukan pemeriksaan jantung oleh ahli jantung.

1. Gangguan Seksual:

Mayo Clinic pernah menerbitkan studi yang meneliti pria usia 40 ? 49 yang menderita disfungsi ereksi dan menemukan bahwa pada para penderita disfungsi seksual terjadi peningkatan risiko untuk menderita penyakit jantung menjadi dua kali lipat. Pada wanita terjadi kondisi dimana susah terjadinya orgasme, kedua hal ini disebakan oleh kurangnya aliran darah ke bagian genitalia yang mungkin disebabkan oleh pengerasan arteri.

2. Mengorok:

Para penderita sleep apnea memiliki risiko untuk menderita serangan jantung lebih banyak 3x dalam waktu 5 tahun, yang mungkin disebabkan oleh kurangnya aliran oksigen ke jantung.

3. Gusi yang bengkak,

Gusi nyeri atau berdarah. Para peneliti berpendapat bahwa adanya kelainan pada jantung dapat mempengaruhi aliran darah ke daerah gusi yang memicu penyakit periodontal.

Berikut beberapa gejala penurunan fungsi jantung lainnya:

Berikut Beberapa Gejala Penurunan Fungsi Jantung Lainnya:

4. Kaki Bengkak:

Pembekakan pada daerah kaki dapat menunjukkan bahwa anda memiliki retensi air yang dapat menunjukkan penyakit jantung seperti penyakit pembuluh darah koroner dan gagal jantung.

5. Detak Jantung Ireguler (aritmia):

Detak jantung terlalu cepat, atau detak jantung yang tidak regular dapat menunjukkan adanya kelainan jantung seperti penyakit arteri koroner atau gangguan irama jantung.

6. Nyeri Dada Kiri atau Bahu:

Nyeri pada dada kiri (angina pectoris), merupakan nyeri yang dirasakan seperti tertekan dan tertusuk yang dapat menyebat ke bahu, terkadang nyeri diperparah bila bernapas namun terkadang dapat disalah artikan sebagai nyeri ulu hati.

7. Napas yang Sesak dan Pendek:

Bila terjadi sesak atau napas yang pendek saat beraktifitas fisik ataupun saat stress mungkin disebabkan oleh suatu penyakit jantung atau paru-paru tahap awal.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Sebabnya Para Peminum Alkohol Punya Perut Buncit

Ini Sebabnya Para Peminum Alkohol Punya Perut Buncit

Perut yang buncit sering disebut dengan beer belly. Selain karena lemak berlebih yang menumpuk di area abdominal ini, ada alasan kenapa perut buncit lebih dikenal dengan istilah tersebut.Penyebab utamanya tentu saja karena memang kebiasaan minum bir. Bir merupakan minuman dengan kalori cukup tinggi, sekitar 150 kalori per gelas. Kalori pada bir setara dengan tujuh keping biskuit susu atau es serut dengan topping susu dan kacang merah. Belum lagi camilan yang biasa dikonsumsi untuk menemani minum bir, mulai dari keripik kentang hingga kacang yang semakin menambah asupan kalori ke dalam tubuh.Jadi bisa dibayangkan berapa banyak kalori yang masuk hanya dengan segelas bir beserta 'teman-temannya' itu. Lalu, kenapa lemak cenderung berkumpul di perut? Penyebabnya ada dua faktor, yaitu gender dan usia. Seperti dikutip dari BBC, beer belly umumnya lebih banyak dimiliki kaum pria karena secara metabolisme, tubuh pria akan menyimpan kelebihan lemak di perut. Saat usia di atas 35 tahun, metabolisme tubuh akan melambat dan tidak bisa lagi mengolah lemak serta kalori menjadi energi dengan maksimal.Sementara pada wanita, lemak lebih banyak disimpan di bagian punggung dan pinggul. Maka tak her [...]

Apa Itu Anabolisme

Apa Itu Anabolisme

Pernahkah Anda mendengar istilah anabolisme? Proses biokimia ini memungkinkan kita untuk tumbuh dan memperbaiki kerusakan dalam tubuh. Proses-proses biokimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup dinamakan metabolisme. Ada dua jenis reaksi metabolisme, yaitu katabolisme dan anabolisme. Reaksi katabolisme memecah molekul-molekul kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana, biasanya reaksi ini menghasilkan energi. Sebaliknya, anabolisme bertugas untuk membentuk atau mensintesis molekul-molekul yang lebih kompleks dari molekul-molekul sederhana. Fungsi Reaksi Anabolisme di dalam Tubuh Anabolisme, atau disebut juga biosintesis, memungkinkan tubuh untuk membangun atau menumbuhkan sel-sel baru dan memelihara jaringan tubuh. Caranya adalah dengan menggunakan energi yang dihasilkan reaksi katabolisme, reaksi anabolisme mensintesis berbagai hormon, enzim, dan substansi lainnya sebagai bahan untuk menumbuhkan sel dan jaringan. Ibaratnya, tukang bangunan menggunakan batu bata untuk membuat rumah. Contoh proses anabolisme antara lain adalah pertumbuhan dan mineralisasi tulang serta peningkatan massa otot. Peranan Hormon pada Reaksi Anabolisme Hormon-hormon berikut ini dikategorikan seba [...]

Payudara Membengkak & Tanda-tanda Lainnya Saat PMS

Payudara Membengkak & Tanda-tanda Lainnya Saat PMS

Hampir semua wanita mengalami Premenstrual Syndrome atau PMS sebelum menstruasi. Namun yang dinamakan PMS biasa terjadi berturut-turut setiap bulan sebelum haid seperti yang dijelaskan di sini. Beragam gejala dialami oleh para wanita, seperti apa?Saat dikutip dari detikhealth kemarin, dokter dari departemen psikiatri Fakultas Kesehatan Unversitas Indonesia, Sylvia D Elvira, gejala yang terjadi saat masa PMS umumnya ditandai dengan payudara mengencang, kepala pusing, serta merasa kembung. Ada pula faktor psikologis yang timbul ketika PMS, misalnya sedih, putus asa, cemas, tegang, dan mudah tersinggung. Namun, jika Anda merasakan lima gejala psikis tersebut berarti termasuk mengalami PMS yang parah. "Jika perempuan mengalami kelima gejala tersebut maka sudah masuk ke PMS parah yang disebut dengan Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD)," jelas Sylvia.PMDD merupakan gejala berat yang terjadi sebelum 'datang bulan'. Dokter Mary M. Gallenberg, M.D. dari situs Mayo Clinic mengatakan, PMDD juga menimbulkan gejala bisa menyebabkan suasana hati menjadi kacau yang akan membuat pekerjaan berantakan."PMDD membuat suasana hati lebih ekstrim yang dapat mengganggu pekerjaan serta membuat hubung [...]

Menangani Diare pada Bayi

Menangani Diare pada Bayi

Diare merupakan salah satu penyebab kematian bayi tertinggi di Indonesia. Di Indonesia, diare merupakan penyebab kematian bayi dengan persentase mencapai 31,4%. Sebesar 25% di antaranya adalah balita berumur 1-4 tahun akibat diare yang berujung kepada kondisi dehidrasi. Apa Saja Penyebab Diare? Diare pada bayi dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi usus hingga perubahan pola makan, antara lain: Infeksi parasit, bakteri, atau virus. Bayi dan balita yang banyak menyentuh benda yang belum tentu bersih akan rentan terinfeksi karena sering memasukkan tangannya yang kotor ke mulut. Selain itu, kekebalan tubuh mereka yang masih dalam tahap berkembang juga membuat mereka lebih rentan tertular penyakit. Keracunan makanan. Terlalu banyak mengonsumsi jus buah. Alergi terhadap obat-obatan tertentu. Alergi terhadap makanan tertentu. Bayi yang sudah bisa mencerna makanan padat dan sedang mengalami diare sebaiknya untuk sementara menjauhi makanan yang berminyak, yang berserat tinggi, yang manis seperti kue dan produk-produk susu. Ini karena jenis makanan tersebut dapat memperburuk gejala diare mereka. Mendeteksi Tekstur Tinja Bayi Cara terbaik untuk mendeteksi penyakit ini a [...]

Waspada! Keputihan Bisa Terjadi Karena Penyakit Menular Seksual dari Suami

Waspada! Keputihan Bisa Terjadi Karena Penyakit Menular Seksual dari Suami

Menjaga dan merawat organ intim kewanitaan merupakan suatu keharusan yang wajib untuk dilakukan baik sebelum menikah ataupun setelah menikah. Untuk itu diperlukan pengetahuan yang tepat dalam menjaganya karena salah-salah bisa menyebabkan masalah seputar daerah kewanitaan, salah satunya keputihan.Bagi wanita yang telah menikah, keputihan bisa berdampak negatif kepada aktivitas seksual. Menurut spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, dr. M. Rezha Faisal, SpOG, keputihan menyebabkan peradangan di mulut rahim atau dinding vagina yang menyebabkan rasa nyeri dan panas ketika berhubungan seksual. Tentunya, keputihan wanita juga dirasakan oleh pria yang menjadi tidak nyaman ketika berhubungan."Keluhannya yang lain juga dari suami yang merasa tidak enak dan tidak nyaman ketika melakukan kontak seksual karena merasa terlalu basah. Biasanya juga aromanya tidak sedap," tutur dokter lulusan Universitas Sriwijaya ini ketika ditemui Wolipop pada Rabu (27/08/2014) lal, di kediamannya di kawasan Bekasi Barat.Dr. Rezha menambahkan, keluhan lain yang sering dialami ketika berhubungan seksual adalah timbulnya rasa sakit, perih, panas dan gatal. Apabila timbul kondisi seperti ini, maka segerala [...]

Enzim Lithium Mengurangi Risiko Alzheimer

Enzim Lithium Mengurangi Risiko Alzheimer

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa enzim lithium diduga dapat menangkal penyakit alzheimer. Menurut para ilmuwan penyakit alzheimer, suatu kondisi yang semakin merusak motor neuron, bisa diobati dengan enzim lithium, unsur alami yang sangat murah dan telah digunakan untuk gangguan kejiwaan lainnya. Peneliti di Sao Paulo Universitas di Brazil, dipimpin oleh Dr. Orestes Forlenze, telah menemukan obat penyakit alzheimer. ?Apa yang kami kerjakan menunjukkan bahwa lithium dapat menyerap produksi amyloid pada penderita alzheimer. Percobaan pada tikus menunjukkan tikus mengalami mutasi. Mutasi itu sama dengan mutasi yang menyebabkan penyakit alzheimer,? ujarnya. Penelitian ini memeriksa 41 orang di atas usia 60 tahun dengan gangguan kognitif ringan, dengan mengambil dosis rendah dari lithium setiap hari selama satu tahun. Semua berjalan melalui tes memori dan perhatian, lalu sampel cairan otak dianalisis untuk mengetahui konsentrasinya. Walaupun semua peserta menunjukkan penurunan fungsi memori selama satu tahun, namun lithium menunjukkan bentuk protein untuk mencegah penyakit alzheimer dalam cairan cerebrospinal mereka. Temuan ini dipublikasikan di British Journal of Psychiatry, Jumat [...]

Risiko Selaput Dara Tiruan

Risiko Selaput Dara Tiruan

Risiko Selaput Dara Tiruan. Selaput dara tiruan nampaknya sedang marak akhir-akhir ini di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Meskipun tidak dapat diketahui secara pasti, namun peredaran dan penggunaannya di Indonesia tidak dapat dipandang sebelah mata. Apa itu selaput dara tiruan? Selaput dara tiruan merupakan suatu benda buatan yang terdiri dari selembar bahan tembus pandang yang mudah mencair, berukuran persegi, dengan cairan warna merah di bagian tengahnya. Benda ini digunakan untuk menciptakan efek perdarahan pada saat hubungan seksual pertama kali bagi para wanita yang sebelumnya sudah pernah melakukan hubungan seksual. Selaput dara tiruan ini dimasukkan ke dalam vagina wanita 15-20 menit sebelum melakukan hubungan seksual agar terlihat bahwa hubungan seksual yang dilakukan merupakan yang pertama kali karena mengeluarkan darah. Cairan merah serupa darah itu biasanya masih menetap di daerah vagina wanita sampai 24 jam setelah melakukan hubungan seksual. Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis selaput dara: Jenis Selaput Dara Sebenarnya, persepsi bahwa hubungan seksual pertama kali harus mengeluarkan darah karena robekan selaput dara merupaka [...]

Minum Susu Semasa Remaja Dapat Mengurangi Kerentanan Terhadap Diabetes Tipe 2

Minum Susu Semasa Remaja Dapat Mengurangi Kerentanan Terhadap Diabetes Tipe 2

Segelas susumungkin telah membuat Anda banyak dimarahi ketika masa anak-anak. Dan segelas susu juga membuat Anda untuk melakukan kegiatan nakal, yaitu suka diam-diam memberikan susu tersebut pada kucing peliharaan Anda atau membuangnya dari jendela. Segelas susu mungkin telah membuat Anda menekan hidung Anda dengan cara yang khas untuk menyampaikan ketidaksukaan Anda. Seorang ibu dulu menjadi musuh terburuk Anda pada saat itu. Tapi Anda akan tidak menyadari bahwa segelas susu setiap hari bisa melindungi Anda dari diabetes tipe 2. Para peneliti di Universitas Harvard menyatakan bahwa minum susu selama remaja dapat menurunkan risiko untuk terkena diabetes tipe 2 pada seorang wanita. Remaja yang minum susu kebanyakan melakukan kebiasaan yang sama ketika mereka menjadi dewasa. Dan kebiasaan seumur hidup ini telah dikaitkan dengan risiko 43 persen lebih rendah untuk terserang diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak minum susu. Para peneliti memeriksa pola konsumsi makanan remaja dan dewasa dan risiko kesehatan di lebih dari 37.000 wanita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi susu paling banyak ketika dewasa dan produk susu ketika remaja ditemukan ber [...]

Hal yang Perlu Diketahui Seputar  Penyakit Pneumonia

Hal yang Perlu Diketahui Seputar Penyakit Pneumonia

Pneumonia merupakan suatu penyakit infeksi pada paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Gejala pneumonia bisa ringan hingga berat. Pneumonia ringan umumnya tidak harus dirawat di rumah sakit. Namun, bayi, anak-anak, orang lanjut usia sangat rentan terhadap berbagai komplikasi ? maka dari itu, pada umumnya mereka memerlukan perawatan di rumah sakit. Terlebih lagi, pneumonia disebut sebagai penyebab kematian terbanyak pada anak-anak di dunia. Pada pneumonia, terjadi peradangan atau infeksi pada alveolus (kantong udara) di paru-paru. Peradangan tersebut menyebabkan alveolus terisi oleh cairan dan membuat paru-paru tidak dapat bekerja dengan baik. Pada pneumonia berat dapat terjadi gangguan aliran oksigen dari paru-paru ke pembuluh darah, sehingga tubuh menjadi kekurangan oksigen. Apa saja gejalanya? Gejala pneumonia yang paling utama adalah batuk. Batuk pada umumnya berdahak, disertai demam tinggi, lemas, mual atau muntah. Pneumonia berat ditandai dengan peningkatan frekuensi napas, nyeri dada, dan sesak napas. Bagaimana mengatasi pneumonia? Halaman berikutnya penjelasan selengkapnya: Hal yang Perlu Diketahui Seputar Penyakit Pneumonia [...]

10 Kebiasaan yang Bisa Buat Wanita Sehat & Bahagia

10 Kebiasaan yang Bisa Buat Wanita Sehat & Bahagia

Ketika melihat wanita lain memiliki mata selalu berbinar, tubuh bugar, dan mood yang luar biasa optimis, mungkin Anda bertanya-tanya tentang rahasia untuk mendapatkannya. Apakah yang dilakukannya? Diet ketat atau hanya dengan menerapkan kebiasaan sehat? Penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan beberapa gaya hidup yang sederhana dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda. Berikut 10 cara mudah untuk menjadi lebih bahagia dan sehat, seperti dikutip dari Womans Day:1. Berinvestasi untuk diri sendiri"Wanita sangat hebat dalam berinvestasi untuk kebutuhan dan keinginan orang lain, namun untuk menghabiskan uang bagi diri mereka sendiri merupakan sebuah kemewahan," ujar Debra Engle, pencipta InnerGardener.com. Berinvestasi bagi diri Anda sendiri dapat meningkatkan perasaan lebih sehat dan lebih sejahtera, yang kemudian meningkatkan mood, penampilan, dan cara pandang Anda. Mengapa tidak mendaftar dalam kelas yang membantu karir Anda atau yang membiarkan Anda menjelajahi hobi luar ruangan?2. Lemaskan syaraf otak AndaNeurobiologist Lawrence Katz dari Duke University melaporkan bahwa latihan kognitif yang disebut 'neurobics' dapat mengaktifkan koneksi baru pada otak dan melaw [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *