7 Gejala Fungsi Jantung Menurun

jantung-sakit-nyeri-dada-obat-penyakit.jpg

Tentu saja kita mengetahui gejala-gejala yang dapat muncul pada penyakit jantung. Namun, ada beberapa gejala yang dapat muncul pada penderita sebelum mereka terdiagnosa penyakit jantung.

Banyak penelitian yang berusaha mencari ?warning signs? yang mungkin muncul pada penderita penyakit jantung. Jonathan Goldstein, MD seorang cardiologist dari Goldstein of Saint Michael?s Medical Center di New Jersey, mengatakan bahwa jantung merupakan suatu organ otot besar yang berada di dalam tubuh, dan bila sudah mulai ada kelainan maka dapat muncul beberapa gejala.

Nah, cobalah untuk membaca narasi dibawah ini, namun ini hanya merupakan penelitian, untuk kepastian tentu harus dilakukan pemeriksaan jantung oleh ahli jantung.

1. Gangguan Seksual:

Mayo Clinic pernah menerbitkan studi yang meneliti pria usia 40 ? 49 yang menderita disfungsi ereksi dan menemukan bahwa pada para penderita disfungsi seksual terjadi peningkatan risiko untuk menderita penyakit jantung menjadi dua kali lipat. Pada wanita terjadi kondisi dimana susah terjadinya orgasme, kedua hal ini disebakan oleh kurangnya aliran darah ke bagian genitalia yang mungkin disebabkan oleh pengerasan arteri.

2. Mengorok:

Para penderita sleep apnea memiliki risiko untuk menderita serangan jantung lebih banyak 3x dalam waktu 5 tahun, yang mungkin disebabkan oleh kurangnya aliran oksigen ke jantung.

3. Gusi yang bengkak,

Gusi nyeri atau berdarah. Para peneliti berpendapat bahwa adanya kelainan pada jantung dapat mempengaruhi aliran darah ke daerah gusi yang memicu penyakit periodontal.

Berikut beberapa gejala penurunan fungsi jantung lainnya:

Berikut Beberapa Gejala Penurunan Fungsi Jantung Lainnya:

4. Kaki Bengkak:

Pembekakan pada daerah kaki dapat menunjukkan bahwa anda memiliki retensi air yang dapat menunjukkan penyakit jantung seperti penyakit pembuluh darah koroner dan gagal jantung.

5. Detak Jantung Ireguler (aritmia):

Detak jantung terlalu cepat, atau detak jantung yang tidak regular dapat menunjukkan adanya kelainan jantung seperti penyakit arteri koroner atau gangguan irama jantung.

6. Nyeri Dada Kiri atau Bahu:

Nyeri pada dada kiri (angina pectoris), merupakan nyeri yang dirasakan seperti tertekan dan tertusuk yang dapat menyebat ke bahu, terkadang nyeri diperparah bila bernapas namun terkadang dapat disalah artikan sebagai nyeri ulu hati.

7. Napas yang Sesak dan Pendek:

Bila terjadi sesak atau napas yang pendek saat beraktifitas fisik ataupun saat stress mungkin disebabkan oleh suatu penyakit jantung atau paru-paru tahap awal.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
3 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tulang

3 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tulang

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari berolahraga. Selain membakar lemak dan kalori di dalam tubuh, berolahraga dapat membuat tubuh lebih bugar. Disamping itu, manfaat lain dari berolahraga ada membuat tulang lebih kuat dan menjaga kepadatannya.Banyak orang-orang yang tidak menyadari bahwa tulang manusia mempunyai fungsi sebagai penyeimbang otot dan melindungi organ tubuh yang lunak. Tulang juga secara aktif memberikan kontribusi bagi kesehatan dengan cara memproduksi sel-sel darah serta menyimpan cadangan kalsium dan fosfor, dua zat organik yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, tulang juga mempunyai fungsi lain yang menakjubkan yaitu kemampuanya untuk membentuk jaringan sel baru atau regenerasi.Melalui proses regenerasi, tulang manusia perlahan-lahan akan hancur secara terus-menerus dan terbentuk ulang dengan sendirinya setiap sepuluh tahun. Selama itulah tubuh akan membentuk tulang baru untuk menggantikan bagian dalam tubuh yang hilang serta membentuk penyangga tubuh yang terdiri dari fosfat, kalsium dan kolagen.Ketika berada di usia 35 hingga 40 tahun, kekuatan tulang akan melemah lebih cepat daripada proses pembentukannya. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya kepadata [...]

Waspada Penyumbatan Pembuluh Darah Bagi Pemudik

Waspada Penyumbatan Pembuluh Darah Bagi Pemudik

Oleh: dr. Tri Rejeki Herdiana Bagi pemudik, antrian panjang kendaraan menyebabkan tres dan perlu diwaspadai penyumbatan pembuluh darah. Sudah terbayangkan lamanya perjalanan saat itu, belum macetnya. Ada salah satu risiko kesehatan yang jarang diketahui oleh mereka yang akan melakukan perjalanan panjang, yaitu suatu kondisi yang disebut Trombosis Vena Dalam. Trombosis Vena Dalam (Deep Vein Thrombosis-DVT) merupakan keadaan yang ditandai dengan ditemukannya bekuan darah di dalam vena dalam sehingga menyebabkan sumbatan. Sumbatan tersebut dapat menimbulkan keluhan pembengkakan dari kaki atau betis, nyeri, panas, dan memerah. Darah di dalam vena tungkai akan mengalir ke jantung lalu ke paru-paru, karena itu emboli yang berasal dari vena tungkai bisa menyumbat satu atau lebih arteri di paru-paru. Komplikasi dari DVT ini disebut emboli paru. Emboli paru yang besar bisa menghalangi seluruh atau hampir seluruh darah yang berasal dari jantung sebelah kanan dan dengan cepat menyebabkan kematian. Faktor risiko menderita DVT adalah riwayat operasi sebelumnya terutama pinggul atau lutut, riwayat bekuan darah di vena sebelumya, riwayat keluarga dengan bekuan vena dalam, dan penyakit pengentala [...]

Sup ‘Anti Lapar’, Mengandung Karbohidrat yang Kenyangkan Perut Lebih Lama

Sup ‘Anti Lapar’, Mengandung Karbohidrat yang Kenyangkan Perut Lebih Lama

Hanya makan sup, bisakah mengenyangkan perut seharian tanpa menyantap makanan lain? Mungkin terdengar mustahil, tapi hal itu bisa saja terjadi.Sejumlah ilmuwan telah mengembangkan produk sup mengandung sari pati khusus yang perlu waktu lebih lama untuk dicerna. Proses pengolahan di dalam tubuh yang memakan waktu lama, membuat perut juga terasa kenyang lebih lama.Dalam sebuah percobaan, sup tersebut dimakan setiap hari dan terbukti mengurangi jumlah konsumsi makanan lainnya pada responden. Sup istimewa ini dikembangkan sebagai bagian dari Project Satin, sebuah proyek ilmiah di bidang makanan, Satin (Satiety Innovation). Dikutip dari Daily Mail, bahan utama dari sup ini adalah karbohidrat kompleks yang juga dinamakan dengan tahan pati. Karbohidrat tahan pati terkandung di dalam biji-bijian dan lentil seperti kedelai dan polong-polongan. Karbohidrat tahan pati juga banyak terdapat pada kentang, pasta gandum dan nasi yang dimasak dan dibiarkan mendingin sebelum dimakan. Karbohidrat kompleks tidak bisa dicerna sempurna oleh usus kecil, dimana sebagian besar proses pencernaan terjadi. Bahan tahan pati ini akan dicerna begitu mencapai usus besar dan ketika dicerna oleh bakteri di dalam [...]

5 Tanda Tubuh Anda Menua Sebelum Waktunya

5 Tanda Tubuh Anda Menua Sebelum Waktunya

Saat mendengar kata 'penuaan', biasanya orang akan langsung tertuju pada kulit yang kendur, kerutan atau flek kecokelatan. Tapi penuaan tidak hanya terjadi pada kulit yang ada di permukaan. Tubuh juga bisa mengalami penuaan dari dalam dan menurunkan fungsi tubuh. Jika mengalami salah satu dari lima tanda yang dikutip dari Oprah.com ini, waspadalah dan periksakan ke dokter. Bisa jadi merupakan sinyal Anda menua terlalu cepat.1. Mulut KeringKondisi ini sering disebut dengan cotton mouth. Kekeringan pada mulut setiap bangun pagi bisa jadi tanda Anda mengalami sleep apnea (terjadi ketika saluran nafas tertutup sehingga tidak ada udara yang mencapai paru-paru). Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang berbahaya karena adanya jeda nafas saat tidur (nafas berhenti selama beberapa waktu). Gangguan tidur ini biasanya terjadi pada pria/wanita paruh baya. Jika Anda mengalaminya di usia yang masih muda, ada baiknya konsultasikan ke dokter.2. Mata MerahMata sering memerah tanpa sebab? Kemungkinan Anda menderita radang sendi atau kaku otot. Menurut Dr. Mehmet Oz, Gangguan sel yang menyebabkan peradangan pada otot juga bisa mengakibatkan radang di mata, membuatnya jadi merah. Sejumlah studi m [...]

Pasangan Hidup Menentukan Kesehatan Jantung

Pasangan Hidup Menentukan Kesehatan Jantung

Menemukan pasangan hidup yang tepat adalah pilihan yang sulit. Pasangan hidup Anda akan menjadi pendamping Anda dalam menjalani aktivitas Anda sehari-hari sampai akhir hayat. Namun, peran pasangan hidup ternyata lebih dari itu. Mengacu pada sebuah penelitian tahap awal, ternyata pasangan yang saling mendukung dapat menurunkan risiko penyakit jantung lho! Apa pengaruh pasangan yang baik terhadap kesehatan Jantung? Pasangan yang baik menurunkan risiko terjadinya penebalan dinding pembuluh darah jantung. Penebalan dinding pembuluh darah jantung adalah kejadian awal yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Penebalan ini terdiri dari kalsifikasi atau penumpukan kalsium pada dinding pembuluh darah. Peningkatan ketebalan dinding pembuluh darah dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung. (Baca: 7 Cara Cegah Sakit Jantung). Bagaimana ciri pasangan yang dapat dikatakan baik? Karakter pasangan yang dipelajari dalam penelitian ini adalah pasangan yang dapat membantu suami atau istrinya dalam menghadapi masalah. Pasangan yang dapat memberikan dukungan ketika melalui waktu sulit. Karakter pasangan yang positif memberikan dampak positif juga terhadap kehidupan pernikahan mereka. [...]

Waspada Obat Palsu!

Waspada Obat Palsu!

KlikDokter.com ? Peredaran obat palsu semakin luas dan canggih dengan kemasan yang sangat mirip dengan aslinya, sehingga sulit bagi masyarakat awam untuk mengetahui kecuali melalui uji laboratorium atau informasi dari tenaga kesehatan. Hal ini tentu meresahkan. Apalagi dampak yang ditimbulkan akibat mengonsumsi obat palsu sangat membahayakan, di antaranya kondisi penyakit yang semakin memburuk, terjadinya komplikasi, bahkan kematian. Ada beberapa jenis obat palsu yang beredar, yakni obat yang memiliki bahan yang tepat, tetapi kemasan palsu; memiliki bahan yang salah; dan tidak memiliki bahan aktif yang biasanya ada pada obat. Halaman berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda terhindar dari obat-obatan palsu: Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda terhindar dari obat-obatan palsu: Beli obat-obatan dari apotek terkemuka dan aman Pada apotik yang terpercaya, mereka menyimpan dan menempatkan obat dalam aturan yang seharusnya seperti temperatur yang sesuai. Apabila si penjual tidak menyimpan obat-obatannya dengan benar, sebaiknya cari di tempat lain. Periksa kemasan obat Menurut Badan POM, pada kemasan harus tercantum l [...]

Kenapa Kita Harus Selalu Aktif Berolahraga

Kenapa Kita Harus Selalu Aktif Berolahraga

?Adalah lebih mudah untuk menjaga kesehatan kita daripada mengembalikannya.?- dr. Ken Cooper. Aktivitas fisik dapat memberikan Anda banyak sekali manfaat. Seseorang yang menikmati aktivitas fisiknya, baik yang intensitas sedang maupun intensitas berat secara rutin, bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, diabetes melitus type-2, tekanan darah tinggi, dan kanker usus besar sebesar 30-50% (USDHHS, 1996). Selain itu, seseorang yang aktif berolahraga memiliki kemungkinan kematian dini yang lebih rendah daripada seseorang yang kurang aktif berolahraga. Berolahraga fisik secara reguler dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko kematian dini seperti: Menurunkan risiko dari berkembangnya penyakit jantung koroner (PJK) dan risiko kematian karena PJK. Menurunkan risiko terkena penyakit stroke Menurunkan risiko terkena serangan jantung yang kedua kalinya bagi seseorang yang pernah terkena serangan jantung sebelumnya Menurunkan kandungan kolesterol dan trigliserida dalam darah dan meningkatkan lipoprotein (HDL atau kolesterol baik) Menurunkan risiko berkembangnya penyakit darah tinggi Membantu menurunkan tekanan darah pada seseorang yang memil [...]

Hongkong DIlanda Kepanikan Flu Burung

Hongkong DIlanda Kepanikan Flu Burung

Penemuan terjangkitnya 3 burung yang mati akibat virus flu burung mematikan, yaitu H5N1, dan ditemukannya ayam yang terinfeksi di pasar grosir hari Selasa (20/12) kemarin, membawa keputusan akan pemusnahan 17.000 ayam serta pelarangan impor juga penjualan ayam hidup selama tiga minggu kedepan oleh pemerintah Hong Kong. Berita yang dilansir oleh BBC News Health hari ini mengungkapkan bahwa hingga kini pemerintah Hong Kong masih mengusut asal muasal terjangkitnya virus baik dari peternakan local maupun impor. Hingga sekretaris untuk pakan dan kesehatan Hong Kong menjelaskan bahwa upaya pemerintah mengambil langkah-langkah tegas memang dapat menimbulkan ketidaknyamanan di public maupun perdagangan unggas, namun hal tersebut merupakan tindakan tepat dalam mencegah dan mengendalikan penyebaran virus yang sudah ada. Bahkan beberapa sekolah tempat ditemukannya burung-burung yang mati akibat virus H5N1, telah langsung di tutup untuk dilakukannya disinfektan dalam usaha membersihkan dan mencegah penyebaran virus lebih lanjut. Hongkong memang terkenal dalam mengambil tindakan cepat dan tepat dalam menangani berbagai macam kasus penyakit menyebar. Seperti yang terjadi pada 2003 akan menjangki [...]

Sering Gemetar? Waspada Gejala Parkinson

Sering Gemetar? Waspada Gejala Parkinson

Bila Anda mengenal petinju Muhammad Ali, barangkali Anda pernah mendengar penyakit yang dialaminya, yaitu penyakit Parkinson. Gejala yang dialami salah satunya adalah sering gemetar dan langkah kaki menjadi pendek. Perlu diketahui, penyakit ini umum menyerang orang-orang yang telah lanjut usia, karena penyakit ini terkait dengan proses penuaan. Meskipun begitu, bukan berarti kondisi ini tidak dapat ditangani. Marilah kita lebih mengenal penyakit ini. Penyakit Parkinson sendiri disebabkan oleh adanya gangguan kimiawi yang berperan dalam sistem saraf di otak. Akibat adanya gangguan senyawa kimia di otak ini, kerja otak, terutama yang berfungsi dalam memperhalus berbagai gerakan tubuh dan otot akan terganggu. Akibatnya gerakan penderita cenderung kasar dan lambat. Penyakit ini menyebabkan gangguan dalam proses gerak. Dalam kasus petinju, gangguan tersebut disebabkan oleh risiko pekerjaannya yang sering menerima benturan di daerah kepala. Halaman berikut menjelaskan apa saja gejala-gejala awal Parkinson. Gejala Awal Parkinson Namun, pada lansia, tanpa terjadinya kerusakan akibat benturan, telah terjadi proses penuaan sel-sel saraf, yang mengakibatkan gangguan p [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *