7 Gejala Fungsi Jantung Menurun

jantung-sakit-nyeri-dada-obat-penyakit.jpg

Tentu saja kita mengetahui gejala-gejala yang dapat muncul pada penyakit jantung. Namun, ada beberapa gejala yang dapat muncul pada penderita sebelum mereka terdiagnosa penyakit jantung.

Banyak penelitian yang berusaha mencari ?warning signs? yang mungkin muncul pada penderita penyakit jantung. Jonathan Goldstein, MD seorang cardiologist dari Goldstein of Saint Michael?s Medical Center di New Jersey, mengatakan bahwa jantung merupakan suatu organ otot besar yang berada di dalam tubuh, dan bila sudah mulai ada kelainan maka dapat muncul beberapa gejala.

Nah, cobalah untuk membaca narasi dibawah ini, namun ini hanya merupakan penelitian, untuk kepastian tentu harus dilakukan pemeriksaan jantung oleh ahli jantung.

1. Gangguan Seksual:

Mayo Clinic pernah menerbitkan studi yang meneliti pria usia 40 ? 49 yang menderita disfungsi ereksi dan menemukan bahwa pada para penderita disfungsi seksual terjadi peningkatan risiko untuk menderita penyakit jantung menjadi dua kali lipat. Pada wanita terjadi kondisi dimana susah terjadinya orgasme, kedua hal ini disebakan oleh kurangnya aliran darah ke bagian genitalia yang mungkin disebabkan oleh pengerasan arteri.

2. Mengorok:

Para penderita sleep apnea memiliki risiko untuk menderita serangan jantung lebih banyak 3x dalam waktu 5 tahun, yang mungkin disebabkan oleh kurangnya aliran oksigen ke jantung.

3. Gusi yang bengkak,

Gusi nyeri atau berdarah. Para peneliti berpendapat bahwa adanya kelainan pada jantung dapat mempengaruhi aliran darah ke daerah gusi yang memicu penyakit periodontal.

Berikut beberapa gejala penurunan fungsi jantung lainnya:

Berikut Beberapa Gejala Penurunan Fungsi Jantung Lainnya:

4. Kaki Bengkak:

Pembekakan pada daerah kaki dapat menunjukkan bahwa anda memiliki retensi air yang dapat menunjukkan penyakit jantung seperti penyakit pembuluh darah koroner dan gagal jantung.

5. Detak Jantung Ireguler (aritmia):

Detak jantung terlalu cepat, atau detak jantung yang tidak regular dapat menunjukkan adanya kelainan jantung seperti penyakit arteri koroner atau gangguan irama jantung.

6. Nyeri Dada Kiri atau Bahu:

Nyeri pada dada kiri (angina pectoris), merupakan nyeri yang dirasakan seperti tertekan dan tertusuk yang dapat menyebat ke bahu, terkadang nyeri diperparah bila bernapas namun terkadang dapat disalah artikan sebagai nyeri ulu hati.

7. Napas yang Sesak dan Pendek:

Bila terjadi sesak atau napas yang pendek saat beraktifitas fisik ataupun saat stress mungkin disebabkan oleh suatu penyakit jantung atau paru-paru tahap awal.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hati-hati, Sepatu Anda Bisa Membawa Kuman Penyebab Diare

Hati-hati, Sepatu Anda Bisa Membawa Kuman Penyebab Diare

Tahukah Anda, sepatu atau alas kaki yang dipakai setiap hari, ternyata menyimpan bakteri yang membahayakan kesehatan? Dalam sebuah studi terbaru, para peneliti dari University of Houston menemukan bahwa 40 persen sample yang diambil dari ambang pintu, terkontaminasi bakteri C. difficile. Begitu juga pada 39 persen sol sepatu.C. difficle, atau biasa disebut C. diff merupakan bakteri penyebab diare dan pada beberapa kasus bisa berkembang menjadi peradangan usus besar. Yang menjadi masalah, bakteri ini tidak bisa hilang hanya dengan membersihkan sepatu atau kaki, bahkan beberapa diantaranya resisten terhadap antibiotik.Penelitian yang dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa hampir setengah juta orang terinfeksi bakteri C. diff setiap tahunnya. Penyebaran bakteri ini banyak terjadi pada pasien rumah sakit, namun 35 persen kasus terjangkitnya diare akibat C. diff ditemukan di tempat lain.Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015 Bagaimana bakteri C. diff bisa bersarang di sepatu? Seperti dikutip dari Women's Health, M. Jahangir Alam, Ph.D., yang ikut terlibat dalam penelitian menjelaskan, sepatu bisa terkontaminasi kuman dari berbagai tempat. Sering [...]

Penemuan Bakteria Yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Tidur

Penemuan Bakteria Yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Tidur

Para ilmuwan yakin bahwa mereka telah menemukan cara untuk mengalahkan penyakit tidur dengan menggunakan sebuah bakteri untuk melawan lalat tsetse yang menyebarkan penyakit tidur ini kepada manusia. Dengan cara yang sama bahwa kita memiliki bakteri dalam usus kita, lalat tsetse melabuhkan bakterinya ke dalam otot dan ludah. Para ahli di Belgia telah memodifikasi secara genetik "serangga-serangga yang baik" ini sehingga mereka menyerang parasit pelakunya yang dibawa oleh lalat. Tapi suatu pekerjaan dibutuhkan untuk mengasah prosesnya. Temuan terbaru ini telah dipublikasikan dalam jurnal Microbial Cell Factories yang memiliki akses yang terbuka untuk umum. Seperti dilansir dari BBCNewsHealth, rabu (15/02/2012). Penyakit TIdur Penyakit tidur, atau trypanosomiasis manusia Afrika, adalah penyakit fatal yang mengganggu di banyak wilayah di Afrika. Meskipun jumlah orang yang terinfeksi penyakit tersebut telah turun berkat diagnosis dan pengobatan yang lebih baik, ternyata masih ada lebih dari 7.000 kasus baru telah tercatat di tahun 2010. Parasit yang menyebabkan penyakit tidur ditularkan ke manusia melalui gigitan lalat tsetse yang telah terinfeksi. Gigitan ini menyebabkan demam, sakit k [...]

Sedikit atau Banyak, Merokok Menyebabkan Radang Sendi

Sedikit atau Banyak, Merokok Menyebabkan Radang Sendi

Oleh: dr. Ema Anindia ?Merokok ringan? atau bisa juga disebut sebagai merokok hanya beberapa batang sehari dapat meningkatkan risiko terjadi penyakit radang sendi (atritis) terutama pada wanita. Seperti yang dilaporkan pada sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia, peneliti menemukan bahwa wanita yang merokok bahkan dengan jumlah yang sangat sedikit dalam sehari ternyata tetap memiliki risiko tinggi untuk paparan penyakit radang sendi. Penelitian ini mengikuti 30.000 wanita selama periode 7 tahun, untuk melihat apakah merokok dapat meningkatkan risiko radang sendi. Setelah 7 tahun didapatkan hasil bahwa merokok sebanyak 1 batang hingga 7 batang dalam sehari saja dapat meningkatkan risiko untuk penyakit radang sendi sebanyak dua kali lipat (2,31 kali) pada bila dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Walaupun studi ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan bagaimana proses terjadinya radang sendi, dan tidak menjelaskan perbedaan antar jenis kelamin namun studi ini sangat baik bagi kesehatan masyarakat sebab dapat menghilangkan pemikiran dan paradigma dimana ada suatu level jumlah batang rokok yang aman untuk merokok. Merokok selain dapat meningkat [...]

4 Makanan yang Memperkuat Kekebalan Tubuh

4 Makanan yang Memperkuat Kekebalan Tubuh

Kesehatan sangat penting bagi manusia. Bila kondisi tubuh sudah tidak sehat, bisa jadi karena rendahnya sistem kekebalan tubuh. Penyebabnya adalah kesalahan pada pola makan dan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Jangan abaikan kondisi seperti ini terlalu lama. Karena, mencegah lebih baik daripada mengobati penyakit. Mungkin Anda mengenal beberapa obat atau suplemen yang mengklaim bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi ada cara alami yang lebih aman, yaitu lewat makanan.Dikutip dari womens health, berikut ini beberapa jenis makanan yang memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.1. OatmealAhli kesehatan dan nutrisi dari Intergrative Cancer Care, Evanston, Illinois menyarankan untuk rutin mengonsumsi oatmeal. Alasanya, karena oatmeal kaya serat, asam lemak omega 3, tiamin, zat besi dan beta-glukan yang bisa membantu melancarkan peredaran darah serta berfungsi sebagai antioksidan. Oatmeal juga mampu dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol berbahaya dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.2. TomatTomat adalah buah yang paling mudah ditemui. Warnanya yang cerah dapat menarik perhatian banyak orang untuk mengonsumsinya. Tomat banyak digunakan untuk masakan seper [...]

Obat Baru Bagi Penyandang Diabetes

Obat Baru Bagi Penyandang Diabetes

Prof. dr. Robert Toto, MD, dari University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas, telah melakukan penelitian yang melahirkan sebuah obat anti-inflamasi baru bagi diabetesein tipe-2. Lebih lanjut diketahui obat tersebut dapat pula meningkatkan fungsi ginjal. "Pada diabetes, fungsi ginjal cenderung memburuk dari waktu ke waktu, tidak ada studi sebelumnya yang telah menunjukkan peningkatan fungsi ginjal oleh setiap terapi atau pengobatan yang dilakukan pengidap diabetes atau pengidap ginjal kronis. Hal ini membuat penelitannya sangat menarik," terang profesor Toto, kedokteran internal. Penelitian melibatkan 227 diabetesein tipe 2 serta penyakit ginjal kronis. Dengan pemantauan penuh selama 56 minggu, empat minggu setelah peneliti berhenti memberikan obat, pengukuran menunjukkan bahwa diabetesein terus mempertahankan hasil yang lebih tinggi dari fungsi ginjal yang membaik dibandingkan dengan pengukuran dasar yang diambil pada awal penelitian. Dan seterusnya hasil penelitian telah dilaporkan di New England Journal of Medicine. ?Tipe 2 adalah bentuk paling umum dari diabetes, penyebab utama gagal ginjal pada diabetes untuk hampir setengah dari semua kasus baru stadium akhir pen [...]

Apakah Mi Instan Baik Untuk Kesehatan?

Apakah Mi Instan Baik Untuk Kesehatan?

Siapa tidak kenal mi instan? Makanan ekonomis yang mudah dan cepat dibuat serta memiliki variasi rasa yang luas. Di kala waktu terbatas dan sibuk atau sore-sore saat hujan atau menemani nonton bola di malam hari, sajian mi instan seringkali memang tidak tergantikan. Dan yang pasti, konsumsi mi instan memang membuat kangen dimana pun kita berada. Karena makanan ini termasuk makanan yang cukup banyak dan rutin dikonsumsi luas serta sudah mendapat tempat di hati kita semua, maka sudah seharusnya kita semua mengetahui konsekuensi kesehatan yang mungkin terjadi ketika mengkonsumsi mi instan. Berikut ini penjelasan selengkapnya: 1. Menyebabkan Ketidakseimbangan Nutrisi Suatu penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi mi instan membuat seseorang mengalami peningkatan yang signifikan untuk zat nutrisi berikut ini: vitamin B1 vitamin B2 kalori lemak garam Namun dilain sisi, ada beberapa zat nutrisi lainnya yang signifikan lebih rendah dibandingkan zat-zat nutrisi diatas dibandingkan pada orang yang tidak mengkonsumsi mi instan, diantaranya: protein kalsium fosfor zat besi kalium vitamin A vitamin B3 vitamin C 2. Memicu GERD (Gastro Oeso [...]

Cepat Kurus dengan Totok Langsing

Cepat Kurus dengan Totok Langsing

Hampir semua wanita di dunia tentunya mendambakan tubuh yang langsing dan proposional. Tak pelak, ?industri pelangsingan tubuh? dengan berbagai macam teknik marak mewarnai pasar, salah satunya adalah totok langsing. Dasar ilmu dari metode pelangsingan ini adalah acupressure, yang artinya gerakan penekanan titik-titik pada tubuh untuk merangsang sistim pertahanan diri tubuh. Teknik ini dipercaya dapat menghilangkan rasa nyeri, dan memberikan keseimbangan energi tubuh, sehingga tubuh pun menjadi sehat dan bugar. Beberapa orang yang menjalani perawatan ini juga menyatakan bahwa otot menjadi rileks dan stres pun berkurang. Kuncinya adalah jalur energi. Di dalam tubuh setiap individu terdapat aliran energi yang mempengaruhi cipta, rasa dan karsa manusia. Apabila aliran energi ini terhambat, maka energi dalamtubuh pun menjadi tidak seimbang, menciptakan stres dan trauma, hingga terjatuh dalam pola hidup kurang sehat yang menjadi titik awal terjadinya berbagai macam penyakit. Apa hubungan jalur energi bisa membuat Anda kurus? Halaman berikut menjelaskan: Totok Langsing Optimal = Stimulasi Jalur Energi + Diet Ketika jalur energi pada sistim pencernaan terhambat, tentu [...]

Suntik Botox Bisa Sembuhkan Disfungsi Kandung Kemih

Suntik Botox Bisa Sembuhkan Disfungsi Kandung Kemih

Suntik botox biasanya dilakukan untuk mencegah timbulnya kerutan dan kulit kusam karena penuaan. Tapi kini, obat antikerut itu juga dapat digunakan untuk mengobati wanita yang menderita disfungsi kandung kemih, yang menyebabkan inkontinensia atau sering buang air kecil.Bagi para wanita yang memiliki kandung kemih yang terlalu aktif, harus menggunakan obat jika metode lain terbukti tidak efektif. Aturan ini telah dikeluarkan oleh Regulator obat National Institute for Health and Clinical Excellence (NICE).Dikutip dari Daily Mail, satu dari lima orang di Inggris dan Wales menderita sindrom kandung kemih tersebut. Gejalanya yaitu, mereka selalu merasa terdesak untuk menggunakan toilet. "Botox memberikan perbaikan dramatis bagi banyak orang dan memungkinkan mereka untuk melanjutkan gaya hidup normal," ungkap Andrew Hextall, konsultan urogynaecologist dari Spire Bushey Hospital dan St Albans City Hospital di Hertfordshire.Botox merupakan obat yang mengandung sejumlah toksin botulinum yang dimurnikan. "Botox dapat melumpuhkan otot-otot kandung kemih sehingga mencegah mereka menegang," jelas Hextall."Tapi efeknya hanya berlangsung selama enam sampai delapan bulan, sehingga suntikan perl [...]

Sakit Pinggang Sebelah Kanan Muncul Karena Ini

Sakit Pinggang Sebelah Kanan Muncul Karena Ini

Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mendapat gangguan sakit pinggang sebelah kanan. Agar gangguan tersebut bisa diatasi, ketahuilah penyebabnya. Mengetahui penyebab rasa sakit di bagian tubuh tertentu akan akan memudahkan kita untuk mengatasinya. Ingat, seringan apapun penyakit yang dirasakan tubuh, jika dibiarkan justru akan membuat penyakit tersebut semakin parah. Rasa nyeri pada pinggang bagian kanan bisa disebabkan oleh banyak kemungkinan. Beberapa kondisi yang memungkinkan munculnya sakit pinggang sebelah kanan antara lain; Penyempitan tulang belakang Salah satu yang sering menjadi pemicu rasa sakit di pinggang sebelah kanan adalah penyempitan tulang belakang. Penyebab terjadinya penyempitan pada bagian ini adalah artitis yang terkait dengan kian bertambahnya usia seseorang. Sakit pinggang sebelah kanan yang dirasakan akibat kondisi ini biasanya akan kian menjadi saat beraktivitas. Rasa sakit ini akan reda saat penderitanya beristirahat. Ginjal yang bermasalah Apabila ginjal bermasalah, maka salah satu bagian pinggang akan terasa sakit. Letak ginjal yang berada tepat di pinggang membuat bagian ini takkan bisa bebas dari rasa sakit saat ginjal mengalami infeksi at [...]

Cepat Turun Berat Badan dengan Operasi Bariatrik

Cepat Turun Berat Badan dengan Operasi Bariatrik

Pernahkah Anda mendengar istilah operasi bariatrik? Operasi ini merupakan sebuah tindakan manipulasi saluran pencernaan dengan tujuan akhir penurunan berat badan. Namun tidak semua orang gemuk merupakan kandidat untuk dilakukan operasi bariatrik. Apa saja yang perlu kita ketahui tentang operasi ini? Mari kita simak artikel ini. Apa itu operasi bariatrik? Bariatrik berasal dari bahasa Yunani baros, yang memiliki arti berat badan. Operasi bariatrik adalah sebuah prosedur pembedahan saluran pencernaan untuk menurunkan berat badan. Terdapat beberapa macam operasi bariatrik yang ada, diantaranya adalah metode Roux-en-Y Gastric Bypass (RYGB) dan Laparoscopic Adjustable Gastric Banding (LAGB). Dalam prosedur Roux-en-Y, dilakukan operasi untuk menghubungkan secara langsung organ usus (jejunum) dengan lambung. Operasi ini akan menyebabkan ukuran lambung menjadi lebih kecil dan area absorpsi makanan menjadi lebih sedikit dibanding keadaan normal. Mengapa operasi bariatrik dilakukan? Berikut penjelasannya: Mengapa operasi bariatrik dilakukan? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, operasi ini dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun tidak semua orang kegemukkan d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *