7 Hal yang Harus Dilakukan Pasien Ichthyosis Lamellar

083662900_1411726008-ariw3.jpg

Ichthyosis lamellar merupakan penyakit langka yang membuat kulit tampak kasar, bersisik dan pecah-pecah. Di Indonesia, salah satu remaja asal Tangerang bernama Ari Wibowo mengalami hal ini.

Menurut Mayo Clinic, penyakit ini adalah kelompok penyakit heterogen genetik akibat kelainan proses protein di jaringan kulit tanduk (keratinisasi) pada kulit resesif autosomal. Inilah yang menyebabkan kulitnya nampak bersisik.

Kondisi seperti ini menyebabkan banyak hal yang harus dilakukan pasien ichthyosis lamellar agar kulitnya lebih terasa nyaman. Seperti Ari, ia membasuh tubuh setiap jam, atau saat panas 15 menit sekali. Selain itu memberikan salep di sekujur tubuh empat kali sehari, lalu meneteskan obat tetes mata dan tetes telinga.

Selain itu, ada lagi yang seyogianya dilakukan pasien ichthyosis lamellar untuk menjaga kesehatan tubuh demi meningkatkan kualitas tubuh meski menderita penyakit ini. Dokter Gloria Novelita, SpKK menyampaikan apa saja yang harus dilakukan pasien Ichthyosis lamellar sehari-hari saat dihubungi Health-Liputan6.com Senin, (30/9/2014).

1. Lembapkan kulit
Kulit yang kasar dan nampak bersisik jika dibiarkan bisa membuat tubuh pasien jadi kaku sehingga sulit bergerak. Melembapkan dan melemaskan kulit dengan pelembap dilakukan sekitar tiga kali sehari.
Jika pelembap dirasa terlalu mahal, bisa disubtitusi dengan minyak kelapa yang punya fungsi melembapkan. Harganya pun tidak mahal.

2. Jangan mandi air panas

3. Gunakan sabun tinggi pelembap
Jangan gunakan sabun antibakteri, namun gunakan sabun lembut dengan PH balance yang memiliki banyak pelembap.

4. Lembapkan mata dengan tetes mata
Gunakan air mata buatan yang berfungsi sebagai pelembap untuk melumaskan mata sehingga mata tidak kaku dan berfungsi semestinya.

5. Bersihkan telinga
Kulit yang mengelupas bisa masuk ke lubang telinga yang kecil sehingga bisa menyebabkan gangguan pada telinga. Oleh karena itu rutin bersihkan telinga dengan cotton bud yang telah diolesi minyak kelapa.

6. Hindari panas

7. Konsumsi makanan tinggi protein
Berbeda dengan manusia berkulit normal, kulit pasien ichthyosis lamellar mengelupas lebih cepat. Padahal kulit mengandung protein, sehingga kulit yang mengelupas ikut membawa protein yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, perbanyak makanan yang mengandung protein seperti telur, ikan, susu agar pasien tidak malnutrisi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sampah Styrofoam Sulit Diurai Tapi Bernilai Ekonomi Tinggi

Sampah Styrofoam Sulit Diurai Tapi Bernilai Ekonomi Tinggi

Dari 13 jenis sampah yang ada di pemukiman masyarakat, sampah styrofoamlah yang paling sulit diurai. Bahkan sampah jenis ini tidak dapat dihancurkan, meski berabad-abad lamanya. Untuk itu, jangan pernah membuang sampah styrofoam sembarangan kalau Anda benar-benar mencintai alam ini.Walaupun sampah styrofoam susah dihancurkan, siapa sangka kalau sampah ini memiliki nilai ekonomis bila Anda pintar mengelolanya. Caranya, serahkan sampah jenis ini ke bank sampah, yang nantinya akan diproses menjadi sesuatu yang berguna. "Kita (bank sampah Malaka Sari) menerima sampah jenis ini. Memang, dulu sampah jenis ini tidak ada harganya. Tapi, setelah kami mendapatkan sosialisasi dan diterangkan dengan jelas, ternyata sampah styrofoam memiliki nilai ekonomis," kata Pencetus Bank Sampah Malaka Sari sekaligus Ketua Jakarta Aksi Lingkungan Indah (Jali Two) Jakarta Timur, Prakoso kepada Health Liputan6.com di Jakarta Timur, ditulis Sabtu (22/2/2014)Tapi, sebelum Anda menyerahkan sampah-sampah itu bank sampah yang terletak di Jalan Delima III nomor 190, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, ada baiknya potong-potong terlebih dulu sampah itu. Baru setelah itu, serahkan kepada Pra [...]

Ini Dia Cara Tradisional Membuat Tahu

Ini Dia Cara Tradisional Membuat Tahu

Sebagian dari kita mungkin telah mengetahui manfaat tahu bagi kesehatan. Selain kaya gizi, tahu juga dipercaya dapat mencegah penyakit seperti menurunkan kolesterol sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.Selain itu, protein nabati ini juga lebih murah dibandingkan daging. Tak heran, bila makanan berbahan dasar kedelai ini begitu digemari masyarakat Indonesia.Beberapa waktu lalu, Liputan6.com berkesempatan untuk melihat langsung proses pembuatan tahu di perkampungan tahu tempe di Semanan, Jakarta Barat. Lebih jauh berikut ini salah satu proses pembuatan tahu Bandung:1. Penyucian kedelai Setelah kedelai disiapkan, langsung dicuci bersih. Setelah itu, kedelai dan kulitnya dipisahkan menggunakan alat khusus. Setelah bersih, kedelai digiling hingga menjadi seperti bubur. 2. Pemasakan Setelah kedelai hancur, kedelai dimasak dengan hati-hati tidak sampai mendidih. 3. Penyaringan Saring bubur kedelai bersama air asam sambil diaduk secara perlahan sampai menggumpal. 4. Pemisahan air Setelah proses penggumpalan, air asam dibuang dan bubur kedelai bisa dicetak 5. Proses mencetak tahu Proses penyetakan dilakukan menggunakan saringan tahu d [...]

Ingat, di Sistem BPJS Anda Harus Berobat ke Puskesmas Dulu, Ya

Ingat, di Sistem BPJS Anda Harus Berobat ke Puskesmas Dulu, Ya

Meski rapor biru telah diraih Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Fachmi Idris mengaku masih banyak kendala yang harus mereka selesaikan agar mencapai hasil yang lebih maksimal lagi, salah satunya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang sistem pelayanan kesehatan yang baik itu seperti apa.Seperti diketahui, kekeliruan masih saja terjadi di masyarakat terhadap sistem pelayanan kesehatan satu ini. Karena beranggapan sudah membayar iuran sesuai ketentuan, tidak sedikit peserta BPJS Kesehatan yang langsung berobat ke rumah sakit sesuai tipe yang telah ditentukan ketika sakit."Padahal yang baik itu adalah masyarakat harus berobat dulu ke fasilitas kesehatan tingkat pertama. Baik itu dokter umum, praktik perorangan, dokter keluarga, klinik pratama, dan puskesmas," kata Fachmi Idris saat bertandang ke Redaksi Liputan6.com, SCTV Tower Lantai 14, Senayan City, Jakarta (8/10/2014)Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melanjutkan, jika ditemukan 155 diagnosa penyakit, tapi tidak mampu dikerjakan oleh tenaga medis di Faskes tingkat pertama, barulah dirujuk ke rumah sakit tipe C, D, B, dan yang paling puncak adalah A. "Nah, memberikan pengerti [...]

Dokter Cabul Ini Hasilkan 16.629 Foto Vulgar Bersama Pasien Anak

Dokter Cabul Ini Hasilkan 16.629 Foto Vulgar Bersama Pasien Anak

Entah apa yang ada di pikiran seorang dokter anak bernama Myles Bradbury ini. Dokter yang seharusnya memberikan perawatan dan konsultasi kesehatan kepada para pasiennya, justru melakukan hal yang dinilai tidak bermoral dan tidak beradab. Sejumlah pasien anak berusia 11 sampai 15 tahun mengaku, menjadi korban tindak pelecehan seksual yang dilakukan Bradbury.Hematologi Anak Konsultan di Rumah Sakit Addenbrooke, Cambridge, ini didakwa telah melakukan tindakan asusila pada 2013 silam.Menurut hakim di pengadilan, Brad diduga telah menyentuh bagian intim dari seorang anak berusia 11 tahun pada bulan September. Di bulan November, Brad kembali melakukan aksinya terhadap seorang anak laki-laki berusia 12 tahun. Bahkan, pria 41 tahun yang dikhususkan merawat pasien anak dengan kelainan darah dan sumsum tulang, kembali menghadapi dua tuduhan sekaligus. Yaitu menghasut seorang anak berusia 13 sampai 15 tahun untuk terlibat dalam aktivitas seksual tanpa penetrasi selama satu setengah tahun. Brad yang berasal dari Herringsweel, Suffolk, pun dituduh telah membuat 16.629 foto-foto vulgar, dan video tidak senonoh yang dilakukannya kepada 20 orang anak pada 18 Desember 2013.Dikutip dari Daily Mai [...]

Ribuan Orang Bikin Jakarta Jadi Pink

Ribuan Orang Bikin Jakarta Jadi Pink

Car Free Day di Jakarta pada Minggu 12 Oktober 2014 ini tampil berbeda dibandingkan hari lainnya. Di sekitaran jalan protokol MH Thamrin Jakarta Pusat tampak cantik dengan ribuan orang berbaju pink dalam acara bertajuk `Jakarta Goes Pink`.Acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bahaya kanker payudara ini dimulai sejak pukul sekitar enam pagi. Para peserta sudah mulai berdatangan di posisi titik kumpul depan Plaza Indonesia Bundaran HI.Sekitar pukul tujuh para peserta mulai berjalan kaki yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Linda Agum Gumelar dan Ketua Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta Veronika Tan.Para peserta pun beragam mulai dari komunitas motor besar Black Angels, marching band, komunitas-komunitas dan tentunya para warriors serta survivors kanker payudara. Ramainya acara ini menjadi tanda masyarakat mendukung para warriors kanker payudara. "Dukungan masyarakat terhadap orang dengan kanker payudara sangat membantu," terang Linda Agum Gumelar dalam kesempatan ini.Linda pun berharap tingginya dukungan dan kesadaran akan kanker payudara membuat tak ada lagi yang meninggal karena penyakit ini. [...]

Meski Ibu HIV, Bayi yang Lahir Bisa Bebas HIV

Meski Ibu HIV, Bayi yang Lahir Bisa Bebas HIV

Tak hanya remaja dan orang dewasa yang bisa terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV), bayi pun bisa terinfeksi virus ini. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia hingga September 2014 ini sudah terdapat 553 anak berusia kurang dari 4 tahun terinfeksi HIV. "Penularan pada anak-anak bisa ditulari oleh ibu saat kehamilan, persalinan hingga masa menyusui," terang Kasubdit AIDS dan IMS, Ditjen Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI, dr Siti Nadia Tarmizi saat ditemui di kantor Kemenkes RI pada Kamis (4/12/2014). Padahal jika dilakukan penanganan dengan baik penularan infeksi HIV pada bayi bisa dicegah sejak masa kehamilan. "Jika saat hamil sang ibu sudah mengetahui terinfeksi HIV, ia bisa mengonsumsi ARV untuk mengurangi risiko melahirkan bayi yang tertular HIV," terang perempuan yang akrab dipanggil dokter Nadia. Lalu, bayi yang dilahirkan dari ibu yang terinfeksi HIV akan langsung dilakukan upaya pencegahan penularan HIB dari Ibu ke anak. Caranya adalah dengan memberikan profilaksis ARV pada bayi hingga enam minggu dan tentu saja sang ibu harus dengan terus mengonsumsi ARV. "Bayi belum bisa dip [...]

Denda Sejuta bagi Perokok yang Membawa Anaknya

Denda Sejuta bagi Perokok yang Membawa Anaknya

Resah terhadap perilaku para perokok yang terkadang tidak mengenal tempat, membuat Pemerintah Kota London mengesahkan undang-undang (UU) baru. Kabarnya, UU itu diperuntukkan bagi siapa pun yang merokok sambil mengendarai mobil dan membawa seorang anak di dalamnya, tak terkecuali orangtua.Dalam pemungutan suara, dua anggota parlemen Tory dan Lib Dem sangat mendukung pembuatan UU ini. Di mana nantinya, para pengendara yang membawa anak tapi sambil merokok, akan dikenakan denda sebesar 60 poundsterling (Rp 1,1 juta). Pasalnya, perbuatan seperti ini masuk dalam tindak pidana.Dari 376 anggota parlemen yang melakukan pemungutan suara, didapatkan hasil sebanyak sebanyak 269 mendukung amandemen ini.Kemungkinan besar UU ini akan diberlakukan pada April tahun 2015.Menteri Kesehatan Tory Jane Ellison mengatakan, keberhasilan UU ini bukan diukur dari denda yang dibayarkan, melainkan berapa banyak paparan asap terhadap perokok pasif berkurang. Ditambahkannya lagi, bila UU ini cepat-cepat dilaksanakan, maka kemenangan besar akan segera diraih anak-anak yang ada di sana."Saat ini yang kita bicarakan masalah perlindungan anak. Ini merupakan kemenangan besar bagi kesehatan anak yang akan menguntung [...]

Awas Bahaya Krim Pembesar Payudara!

Awas Bahaya Krim Pembesar Payudara!

Obsesi perempuan yang ingin memiliki tubuh seperti boneka membuatnya berusaha memperbesar payudaranya. Tapi, banyak perempuan yang takut operasi beralih ke krim payudara.Sejumlah produk yang diiklankan seakan memperlihatkan krim memiliki keajaiban yang bisa memperbesar payudara atau melarutkan lemak. Tapi, bagaimanapun krim bisa memberikan penderitaan yang lebih besar.Pemakainya bisa mengalami alergi bahan kimia yang tak hanya merusak payudara wanita selamanya tapi juga meninggalkan efek samping seperti kanker dan komplikasi kardiologi.Sebuah toko kosmetik di Nyuyen Trong Tuyen Street di Ho Chi Minh City menawarkan banyak krim ajaib. Wanita pun semakin tergoda dengan gambar model berpayudara besar dan buat. Pelayan wanita di toko tersebut juga mengenakan gaun yang memamerkann buah dadanya."Pelanggan yang datang akan diukur dan berkonsultasi kondisi kulitnya, kemampuan keuangan, status perkawinan dan kehidupan seks sebelum diresepkan produk yang paling cocok," kata seorang penjaga toko yang tak disebutkan namanya seperti dilansir Thanhniennews, Kamis (27/3/2014). Sebabkan Kanker Ada sekitar 100 produk yang tersedia, mulai dari losion, tablet, hingga bubuk. Produk dari Korea Selata [...]

Deklarasi Keluarga 2014 Serukan Kembali Fungsi Keluarga

Deklarasi Keluarga 2014 Serukan Kembali Fungsi Keluarga

Demi menguatkan fungsi keluarga yang makin luntur di masyarakat Indonesia, sekitar 2.600 warga Bogor hari ini berkumpul di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat untuk membacakan Deklarasi Keluarga. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Fasli Jalal mengatakan, acara ini merupakan peristiwa bersejarah yang sebelumnya belum pernah ada dan dihadiri oleh 2.600 orang. "Saat ini banyak keluarga yang kurang komunikasi, tidak jarang demi meningkatkan penghasilan, orangtua bekerja. Saya dengar sekitar 600 ribu orang naik commuter line ke Jakarta setiap harinya. Jika 1 orang saja bekerja, berarti ada 300 keluarga yang terpisah dalam waktu yang lama. Setiap hari mungkin tidak ada waktu, berangkat subuh, sampai rumah pukul 10 malam," kata Fasli dalam sambutannya di Kebun Raya, Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/6/2014). Fasli menerangkan, Deklarasi Keluarga ini merupakan salah satu cara dalam praktik keluarga berkualitas mengingat terdapat 28 juta balita di Indonesia saat ini. "Balita ini sedang dalam masa golden period dan sangat perlu stimulasi serta role model dari orangtua serta orang-orang disekitarnya. Semoga 67 juta keluarga indonesia dengan adanya deklarasi ini bisa sa [...]

`Barbie Itu Cantik Tapi Bodoh dan Saya Mau Seperti Itu`

`Barbie Itu Cantik Tapi Bodoh dan Saya Mau Seperti Itu`

Kebanyakan wanita ingin menjadi cantik dan pintar. Namun berbeda dengan mantan model asal California yang satu ini, karena terlalu terobsesi menjadi barbie dirinya rela menjadi wanita yang bodoh.Blondie Bennett (38) memiliki satu sesi selama seminggu bertemu dengan hipnoterapi untuk membuatnya menjadi orang yang kehilangan pikiran atau mudah bingung karena ingin jadi bodoh seperti barbie.Dikutip Emirates 247, Minggu (23/2/2014) Blondie sampai menghabiskan dana sebesar 25.000 poundsterling atau sekitar Rp 487 juta. Hal ini dilakukan Blondie sejak pertengahan tahun lalu, sebelumnya wanita ini melakukan operasi payudara menjadi ukuran 32 JJ.Pengangguran ini mendapatkan uang tersebut dari dukungan ayahnya yang secara online mendokumentasikan foto-foto Blondie berpakaian barbie."Ketika orang bertanya alasan saya ingin menjadi barbie, saya hanya menjawab siapa yang tidak ingin menjadi wanita cantik seperti barbie. Dan ini kehidupan terbaik saya, saya tidak khawatir menghabiskan berapa banyak biaya agar terlihat cantik," kata Blondie.Saat ini Blondie sangat berharap bisa menjadi wanita bodoh, dan lengkaplah sudah dirinya menjadi barbie. "Saya sudah 20 kali bertemu hipnoterapi. Hasilnya sa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *