7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Bikin Anda Makin Tambun

Sleep.jpg

Kebiasaan makan di malam hari mungkin bukan ide yang bagus jika Anda sedang menjalani diet. Seperti disampaikan Nutritionist, Jaime Mass, R. D. Ada 7 kebiasaan buruk yang sering dilakukan di malam hari yang dapat membuat tubuh gemuk, seperti dikutip Womenshealth, Sabtu (2/8/2014) berikut ini:

1. Makan besar

“Ketika Anda kekenyangan, tubuh akan kesulitan untuk mencerna. Selain itu, makan terlalu banyak dan mengunyah dengan cepat juga bisa membuat asam lambung naik dan menambah berat badan,” kata Mass.

2. Makan sebelum tidur

Menurut Mass, makan sebelum tidur itu bisa membuat susah tidur. Padahal kita tahu, tidur sangat dibutuhkan untuk metabolisme tubuh. Makan sebelum tidur, lanjut Mass, dapat meningkatkan gula darah, merusak keseimbangan hormon dan menambah energi.

3. Mengonsumsi Kafein

“Mengonsumsi secangkir kopi dapat mengganggu tidur. Walaupun ada yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kafein dapat mengurangi berat badan,” kata Mass.

4. Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat

Makan terlalu banyak karbohidrat, dapat membuat gula darah tidak stabil. Mass mengatakan, karbohidrat dapat menyebabkan berat badan bertambah. Tak hanya itu, Jika gula darah naik sebelum tidur, Anda bisa merasa tidak nyaman di tengah malam.

5. Nonton TV

“Jangan pernah mengemil di malam hari. Gara-gara menonton televisi, kita seringkali lupa jika sudah makan banyak,” tegas Mass.

6. Menyajikan terlalu banyak jenis makanan

Ketika Anda duduk di meja makan, kata Mass, kelebihan makan tak bisa dihindari. Inilah yang membuat Anda susah menghitung berapa banyak jenis atau jumlah kalori yang Anda makan. “Saran saya, kalau bisa, tambahkan sayuran dalam makanan Anda.”

7. Minum alkohol

Segelas wine mungkin masih bisa ditolerir. Tapi kalau sampai menghabiskan sebotol wine, bisa merugikan kesehatan. Terlalu banyak konsumsi alkohol dapat membuat hormon tidak seimbang dan membuat Anda mudah kenyang.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Resep Makan Enak Tanpa Takut Gemuk

Resep Makan Enak Tanpa Takut Gemuk

Tubuh kita sangat cepat menyimpan kalori ekstra dalam bentuk jaringan lemak atau sel lemak, bila kalori yang masuk lebih besar daripada yang keluar. Untuk mencegah kegemukan atau mengurangi berat badan, pengaturan makan yang benar harus dilakukan Ada orang mengeluh, hanya melihat makanan saja sudah menambah berat badan. Sementara yang lain dapat menikmati aneka makanan modern tanpa khawatir bertambah gemuk. Itu bisa terjadi, karena: 1. Gender (jenis kelamin)Pria memiliki metabolisme lebih tinggi daripada wanita. Wanita mempunyai tantangan berat badan meningkat saat hamil. Kebanyakan susah kembali ke berat normal normal. Namun, kesibukan merawat sendiri bayinya akan membantu ibu dalam usaha membakar kalori. Metabolisme wanita menopause juga menurun, sehingga perlu mengatur asupan kalori. 2. Usia Metabolisme tubuh usia lanjut tentu menurun. Konsumsi kalori berlebih bisa menyebabkan kegemukan, apalagi jika aktivitas juga menurun. ?Menurut hasil penelitian, kaum usia lanjut lebih cepat gemuk karena tubuh sudah tidak dapat lagi mengatur metabolisme yang fleksibel,? kata Mary P. Clarke, Ph.D, RD, profesor makanan dan nutrisi di Universitas Pusat Kansas di Manhattan. 3. A [...]

Sedot Lemak Bisa Akibatkan Kematian?

Sedot Lemak Bisa Akibatkan Kematian?

Ada bermacam cara menghilangkan lemak tubuh. Mulai dari yang alami seperti olahraga dan diet sampai melakukan operasi seperti sedot lemak. Tapi sebenarnya amankah prosedur sedot lemak mengingat banyak orang melakukannya. Menanggapi hal tersebut, Ahli diet, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK mengungkapkan, sedot lemak memang efektif membuang lemak berlebih di beberapa daerah tubuh tertentu. Tapi bukan dilakukan pada perut karena dapat berisiko kematian. "Sedot lemak atau liposuction merupakan prosedur pengambilan lemak dibawah kulit atau subkutan. Tapi ada yang perlu diperhatikan, lemak yang diambil tidak boleh yang berada di bawah kulit perut karena dapat menimbulkan inflamasi. Lemak perut itu menutupi usus hati, hanya bisa dihilangkan dengan olahraga dan mengurangi makan," katanya, seperti ditulis Jumat (11/7/2014). Pengambilan lemak subkutan sendiri, kata Samuel, memang cenderung dilakukan wanita untuk mengubah penampilan. Sehingga sedot lemak hanya boleh dilakukan di kulit lengan atau paha. Begitu juga dengan jumlah lemak yang boleh diambil, tidak lebih dari 5 kilogram. "Dokter bedah itu hanya bisa sedot lemak sampai 5 kilogram. Kalau ada yang mengklaim bisa lebih dari itu, pas [...]

Salmon Panggang Apel ala Donna Agnesia Cocok di Hari Valentine

Salmon Panggang Apel ala Donna Agnesia Cocok di Hari Valentine

Makan malam romantis bersama pasangan di Hari Kasih Sayang tidak selalu harus di luar rumah. Momen-momen indah juga dapat tercipta di dalam rumah, dengan menyajikan masakan dan mendekorasi sendiri ruangan sesuai keinginan hati.Bagi Anda yang ingin menyajikan masakan enak sekaligus sehat di hari kasih sayang tersebut, dapat mencoba menu Salmon Panggang Apel ala presenter cantik, Donna Agnesia.Berikut bahan dan cara membuat masakan tersebut yang Health Liputan6.com dapatkan langsung dari Donna Agnesia pada Kamis (13/2/2013)Bahan: 1 sdm Blue Band200 gram Daging ikan salmon yang berkulit potong 31/4 sdt Garam1/4 sdt Merica hitam bubukSaus Apel:1 sdm Blue Band1 buah Apel, kupas, potong wedges, buang bajinya, iris tipis.50 gram Jamur kancing, iris tipis.50 ml Buahvita Apel1/4 sdm Gula pasirCara membuat:1. Saus Apel : Panaskan blue band di dalam wajan anti lengket, masukkan apel dan masak hingga empuk. Tambahkan jamur, aduk rata. Masukkan buahvita apel dan gula, aduk rata. Angkat, sisihkan.2. Panaskan Blue Band di dalam wajan antilengket. Taruh ikan salmon (bagian kulit menghadap ke bawah), masak hingga kecokelatan dan renyah.3. Balikkan ikan, taburi garam dan merica bubuk, masak hingga m [...]

Makanan Pemicu Kanker Usus Besar

Makanan Pemicu Kanker Usus Besar

Gaya hidup tidak sehat masih menjadi faktor risiko nomor satu terjadinya kanker kolorektal (usus besar) di Indonesia. Untuk itu, setiap orang diminta memperhatikan tiap makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit MRCCCC Siloam Jakarta, Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK mengatakan, makanan yang dikonsumsi memiliki hubungan erat terhadap terjadinya kanker kolorektal pada diri kita."Makanan itu ada dua hubungan terhadap kanker dalam tubuh kita. Pertama, makanan dapat menjadi pencetus adanya perubahan pada usus besar kita ke arah yang lebih buruk. Kedua, makanan juga dapat mencegah agar usus besar kita tetap mulus," kata SamuelBerikut beberapa jenis makanan serta minuman pencetus dan pencegah terjadinya kanker kolorektal, seperti dijelaskan Dr. Samuel Oetoro, dalam dalam acara `Cek BAB, Deteksi KUB: Kalahkan Kanker Kolorektal Dengan Melakukan Deteksi Dini` di Energy Building, Jakarta, Kamis (27/3/2014)Pencetus:1. Alkohol2. Garam (pencetus kanker dari lambung)3. Gula4. Daging merah (pencetus terjadinya dari kolon dan rektum)5. Makanan berlemak.6. Lemak jenuh7. Toksin8. Makanan yang mengandung karbon9. Makanan diasap10. Makanan yang digor [...]

Puasa, Waktu Terbaik Langsingkan Tubuh dengan Totok Perut

Puasa, Waktu Terbaik Langsingkan Tubuh dengan Totok Perut

Jangan pernah menyerah untuk memiliki bentuk badan yang ideal. Menjelang bulan Ramadhan, ketika tubuh berpuasa lebih dari 12 jam, ternyata ini merupakan waktu yang tepat untuk membuat tubuh lebih ramping. Seperti diungkapkan Founder Totok Perut Kamaratih, Ratih Dewanti, berpuasa semestinya menjadi kesempatan besar untuk menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Ini karena High Human Growth Hormone (HGH) akan lebih sering aktif."Kita kan puasa sekitar 12 jam lebih, saat HGH aktif, olahraga sebelum berbuka bisa membantu penurunan berat badan lebih cepat. Dua kali lebih cepat pembakarannya dibanding saat tidak puasa," kata Ratih saat diwawancarai Liputan6.com, Selasa (10/6/2014).Selain itu, wanita 55 tahun yang memiliki berat 60 kilogram tersebut juga mengatakan trik agar mudah langsing di bulan Ramadhan yaitu olahraga pada pukul 4 sore, saat berbuka minum dengan air hangat dan minum atau makan setelah shalat maghrib. Sedangkan totok perut disarankan dilakukan saat puasa untuk mempertahankan berat badan. [...]

Kontroversi Diet Cacing Pita: Seminggu Turun 2 Kg

Kontroversi Diet Cacing Pita: Seminggu Turun 2 Kg

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak di antara kita memilih cara yang cukup ekstrem untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Terlebih bila segala cara untuk menurunkan berat badan sudah ditempuh, tapi tidak menghasilkan apa yang diharapkan.Salah satu metode penurunan berat badan yang dikenal ekstrem dan tidak dianjurkan adalah menelan cacing pita. Memang, menelan cacing pita dan membiarkan mereka hidup di tubuh terdengar menjijikan. Tapi, cara seperti ini terbilang banyak peminatnya. [Baca Juga: Biar Langsing, Gadis Ini Disuruh Telan Pil Isi Telur Cacing Pita] Dan, Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah paling banyak dalam penggunaan metode diet ekstrem ini. Advanced Diplopma of Herbal Medicine dari Sturt University, Mizpa Matus B.Hlth.Sc tidak menganjurkan para pelaku diet melakukan ini. Sebab, cacing pita yang masuk ke dalam tubuh akan membentuk kista di hati, mata, otak, dan sumsum tulang belakang dengan konsekuensi yang berpotensi mematikan. Tak hanya itu, cacing pita juga berdampak pada terjadinya sumbatan di usus, yang membuat pelakunya mengalami malnutrisi.Dijelaskan Mizpa, cacing pita dapat mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi di tubuh. Meski [...]

Kekang Nafsu Makan Berlebih dengan 3 Cara Ini

Kekang Nafsu Makan Berlebih dengan 3 Cara Ini

Menahan nafsu makan biasanya bakal sulit bagi Anda yang doyan makan. Akibatnya, kenaikan berat badan pun tak dapat terhindari. Pada akhirnya, untuk menurunkan kembali berat badannya, orang lebih memilih pil diet ketimbang diet dan berolahraga.Bagi Anda yang sulit menahan nafsu untuk makan padahal tidak merasa lapar, berikut tips yang dapat diikuti seperti dikutip Health Me Up, Minggu (9/3/2014)1. Minum lebih banyak air putihRasa lapar dan dehidrasi hampir mirip. Jadi, bawalah botol air ke mana Anda pergi dan minumlah di saat hasu atau perut keroncongan. Bisa saja perut Anda memberikan kode bukan karena lapar, tapi haus. Dengan minum air putih akan menekan perasaan itu.2. Minum tehMinum teh dipercaya ampuh membantu Anda mengekang nafsu makan. Jika merasa lapar, cobalah untuk mengonsumsi segelas teh. Selain dapat memuaskan selera Anda, teh juga mampu membuat Anda lebih rileks.3. Makan prosi kecilMakan tepat waktu dengan porsi yang kecil juga dapat membantu Anda menahan nafsu makan berlebih. Dengan makan porsi kecil, Anda lebih dapat merasakan satu persatu makanan yang masuk ke dalam mulut. 4. Makan lebih banyak seratMakanan tinggi serat seperti apel, pisang, oatmeal, akan membuat And [...]

Facebook Bisa Bikin Orang Alami Gangguan Makan

Facebook Bisa Bikin Orang Alami Gangguan Makan

Selama bertahun-tahun Facebook jadi kambing hitam atas gangguan mental, depresi, cemburu dan ketidakpuasan emosional lain yang diderita manusia zaman kini. Peneliti bahkan menyebutkan, jejering sosial ini berkontribusi menimbulkan gangguan makan.Seorang Profesor Psikologi di Florida State University, Pamela K. Keel, melakukan survei terhadap 960 siswi. Keel membagi siswa dalam dua kelompok. Satu kelompok menghabiskan waktu 20 menit di Facebook dan lainnya membaca Wikipedia."Wanita yang menghabiskan 20 menit di Facebook dilaporkan memperhatikan berat dan bentuk tubuhnya dan meningkatkan kecemasan dibanding pada perempuan dalam kondisi kontrol, yang menunjukkan Facebook memengaruhi faktor risiki gangguan makan," kata Keel seperti dilansir Cnet, Selasa (11/3/2014).Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam Jurnal Eating Disorders dengan judul Do You 'Like' My Photo? Facebook Use Maintains Eating Disorder Risk.Keel meyakini alasan meningkatnya risiko gangguan makan karena wanita yang menghabiskan waktunya di Facebook membandingkan dirinya dengan penampilan perempuan lain. "Sekarang satu-satunya tempat Anda melihat foto wanita kurus dan ideal dengan pakaian renang bukan di sampul m [...]

Satu Lagi Penyebab Anda Mudah Gagal dalam Berdiet

Satu Lagi Penyebab Anda Mudah Gagal dalam Berdiet

Banyak cara bisa jadi Anda tempuh agar badan makin langsing. Namun tidak juga berhasil. Kalau sudah demikian halnya, cobalah curigai hormon Anda.Menurut asisten profesor kedokteran di Emory University School of Medicine, Christiane Northrup, MD seperti dikutip WebMD mengungkapkan, kegemukan bisa terjadi akibat ketidakseimbangan hormon. Misalnya estrogen tinggi, testosteron rendah, DHEA (hormon dari kelenjar adrenal) rendah, insulin tinggi dan kortisol yang tinggi. "Sebuah tanda utama dari ketidakseimbangan hormon adalah ketidakmampuan untuk menurunkan berat badan tidak peduli seberapa keras Anda diet atau berolahraga. Wanita sangat dipengaruhi oleh fluktuasi hormon, dan kadang-kadang sampai ke titik benar-benar kewalahan. Maka itu penting dalam mengubah gaya hidup sehat dan mencegah stres," ungkapnya. Sementara itu, hormon, seperti ditulis laman Lifehack, Senin (30/6/2014) merupakan bahan kimia yang dikeluarkan oleh kelenjar yang berjalan melalui sistem peredaran darah. Bentuknya yang halus dan bisa rusak jika tidak ditangani dengan hati-hati dapat menciptakan sejumlah masalah kesehatan. Dan pemicunya bisa dari stres, kebiasaan makan yang tidak sehat, obat-obatan dan kehamilan. [...]

Makanan Pilihan Tim Piala Dunia dari Inggris

Makanan Pilihan Tim Piala Dunia dari Inggris

Bintang sepakbola top tentu harus menjaga kebugaran tubuhnya. Mereka melakukan diet makanan dan minuman yang ketat. Seperti yang dilakukan pemain sepakbola dari Inggris. Tak hanya para bintang ini yang harus menjaga tubuhnya, istri dan kekasihnya pun menjaga bentuk tubuhnya. Skuad Roy Hodgson melakukan diet ketat sehari-harinya dalam menghadapi Laga Akbar Bola Dunia. Mereka makan hingga 5.000 kalori per harinya. "Segala sesuatu yang mereka makan dihitung ahli gizi dan ilmuwan olahraga pada tingkat yang tepat," kata Kepala Koki Tim Ingris, Tim De?Ath, seperti dilansir Dailystar, Rabu (11/6/2014). Berikut lima cara diet yang dilakukan tim Inggris: 1. Sarapan seperti raja Para pemain sarapan banyak telur seperti telur rebus, orak arik atau diomelet. Manfaatnya: Telur kaya Vitamin B yang penting untuk memproduksi energi yang penting. Namun, telur itu jika direbus atau diorak arik, bukan digoreng karena juga bisa mengurangi konsumsi lemak. 2. Pasta Bola Di hotel, pemain Inggris ini makan banyak pasta dan ayam panggang, nasi serta sayuran yang dikukus. Manfaat: Pesepakbola perlu makan banyak karbohidrat untuk memberikan energi selama latihan serta 90 menit di lapangan.Ayam mer [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *