7 Makanan Pendongkrak Vitalitas

apel.jpg

Ada sejumlah makanan yang bermanfaat dan itu harus dimasukkan dalam diet Anda. Selain itu, ada juga makanan yang hendaknnya dikonsumsi setiap hari agar tetap fit dan sehat. Vitalitas Anda akan meningkat.

Ini bukan makanan yang belum pernah Anda dengar atau coba. Makanan ini memiliki manfaat khusus, yang harus dimakan setiap hari sehingga bisa memastikan tubuh Anda sehat.

Situs Magforwomen, Selasa (18/3/2014), mencantumkan 7 makanan teratas yang harus Anda makan setiap hari:

1. Apel

Ada beberapa kebenaran dalam pepatah, “An apple a day keeps the doctor away”. Apel bisa melindungi Anda dari kanker karena mengandung antioksidan yang disebut quercetin yang mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh Anda .

2. Oat (Sereal)

Oat wajib dimakanharus jika Anda ingin menurunkan berat badan atau menghindari kelebihan berat badan karena gandum membuat perut merasa kenyang dan menghalangi konsumsi junk food atau makan berlebihan.

Oat merupakan pilihan untuk sarapan karena oat penuh serat yang tak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga menjaga elastisitas otot. Oat menyediakan energi di tubuh Anda. Mereka juga membantu menjaga kadar kolesterol darah tetap normal dan terhindar dari penyakit diabetes dan kanker.

3. Susu

Susu mengandung kalsium yang bagus untuk memperkuat tulang. Susu juga mengandung Vitamin D. Susu skim selalu menjadi pilihan yang lebih sehat.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang mengandung asam lemak Omega 3 sangat bermanfaat buat tubuh Anda. Tapi kacang mengandung lemak. Segenggam kacang setiap hari akan melindungi jantung Anda. Kacang-kacangan juga mengandung protein dan Vitamin E yang membantu fungsi sistem kekebalan tubuh Anda.

5. Bayam

Bayam dan sayuran berdaun hijau yang ideal dimasukkan dalam diet Anda sehari-hari karena mengandung Vitamin K. Bayam juga mengandung antioksidan yang disebut lutein yang meningkatkan kesehatan mata Anda dan mencegah penyakit mata.

6. Bawang putih dan bawang

Sertakan bawang putih dan bawang merah dalam hidangan sehari-hari Anda karena mengandung nutrisi penting yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu mencegah infeksi dan penyakit. Bawang juga membantu Anda menjaga kesehatan jantung.

7. Yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri yang ramah dan sangat penting bagi sistem pencernaan tubuh. Ini memang mengandung sedikit lemak, tapi bakteri yang ada di dalamnya merupakan yang Anda inginkan untuk tubuh dan sistem pencernaan yang sehat. Namun, jangan manjakan diri Anda dengan yoghurt yang manis atau berasa karena itu mengandung gula.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tes DNA Prediksi Diet Paling Efektif untuk Anda

Tes DNA Prediksi Diet Paling Efektif untuk Anda

Tes DNA ternyata bisa memprediksi diet yang paling efektif untuk tubuh Anda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Amerika Serikat, tes DNA bisa menentukan apakah Anda lebih cocok melakukan diet rendah lemak atau diet karbohidrat.Hasil studi awal dari 101 perempuan menunjukkan mereka yang melakukan diet sesuai gen dapat menurunkan berat badan dua sampai tiga kali lipat lebih besar dibanding yang lain.Sebuah studi yang berkembang yaitu nutrigenomics mencoba melihat bagaimana makanan dapat berinteraksi dengan gen. Dan telah lama diketahui bahwa reaksi seseorang terhadap nutrisi tertentu tergantung dengan genetik. Para peneliti dari universitas Stanford menganalisis data dari 101 perempuan dengan cara mengambil sampel DNA mereka dari sel pipi. Para perempuan itu dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan genotipe yang digambarkan sebagai karbohidrat rendah responsif, responsif diet rendah lemak dan diet yang seimbang genotipe responsif.Hasilnya ditemukan bahwa orang-orang yang diet sesuai dengan genotipe mereka berhasil menurunkan berat badan 2-3 lebih besar setelah 12 bulan dibanding mereka yang melakukan diet "salah".Prof Christine Williams, dari University of Reading berpendapat ini [...]

Mau Langsing? Hindari 5 Kebiasaan Berikut

Mau Langsing? Hindari 5 Kebiasaan Berikut

Bingung mendapati mengapa berat badan Anda tak kunjung turun? Coba cek kebiasaan makan malam Anda. Karena ada beberapa kebiasaan yang membuat Anda tanpa disadari membuat berat badan sulit turun bahkan membuat timbangan terus ke arah kanan. Dilansir dari Women's Health dilansir pada Senin (27/10/2014) hindari lima kebiasaan berikut demi dapatkan tubuh langsing. 1. Menu makan paling besarMalam hari merupakan saat santai, tidak seperti sarapan yang berangkat tergesa-gesa ke kantor atau tempat aktivitas lain atau mepetnya waktu siang hari di tengah padatnya aktivitas. Sehingga malam hari merupakan waktu makan dengan waktu panjang yang membuat Anda bisa makan sesuka hati. Akibatnya, tubuh sulit mencerna dan memroses banyaknya makanan yang masuk ke tubuh, ungkap ahli gizi Jaime Mass, RD. Makanan yang tidak bisa dicerna akan diubah menjadi asam lemak yang menyebabkan berat badan bertambah. 2. Makan tepat sebelum tidurMakan sebelum tidur akan membuat sulit tidur. "Tidur sangat penting untuk metabolisme tubuh mulai dari mengatur kadar gula darah serta keseimbangan hormin yang tepat," ujar Mass. 3. Minum kopiMinum minuman bersoda maupun berkafein bisa mengacaukan jam tidur Anda sehin [...]

Pekerja Obesitas Dianggap Tak Produktif

Pekerja Obesitas Dianggap Tak Produktif

Pertahanan tubuh dari seorang obesitas 40 persen lebih rendah dari orang berukuran normal. Para peneliti mengatakan, kondisi ini membuat mereka harus banyak beristirahat, karena kemungkinan untuk cedera dan sakit cukuplah besar. Akibatnya, mereka kurang produktif di tempat kerja.Dalam sebuah studi yang dilakukan di Virginia Tech and the University di Buffalo, Amerika Serikat, para peneliti memeriksa daya tahan tubuh dari 32 orang responden yang terbagi menjadi empat kategori; non-obesitas muda, obesitas muda, non-obesitas yang lebih tua, dan obesitas yang lebih tua.Masing-masing dari mereka menyelesaikan tiga tugas yang melibatkan berbagai keterampilan; genggaman tangan, elevasi bahu, dan mengoperasikan simulasi perakitan. Dalam penilaiannya, peneliti melihat waktu istirahat, lamanya mereka bekerja, termasuk juga tingkat keaktivitasan mereka.Asisten Profesor di Departemen Teknik Industri dan Sistem, Lora Cavuoto, menilai bahwa wanita gemuk lebih buruk dalam mengerjakan tugas-tugasnya. "Temuan kami menunjukan, rata-rata 40 persen memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah pada kelompok obesitas, dengan perbedaan terbesar dalam hal geggaman tangan dan tugas perakitan simulasi," kata [...]

Saat Diet, Lebih Baik Kurangi Karbohidrat atau Lemak?

Saat Diet, Lebih Baik Kurangi Karbohidrat atau Lemak?

Jika diminta memilih, lebih baik mengurangi asupan karbohidrat atau lemak saat diet? Nah, sebuah penelitian baru yang diterbitkan di Annals of Internal Medicine menemukan bahwa cara efektif dalam menurunkan berat badan adalah mengurangi karbohidrat. Seperti dikutip Womenshealth, Senin (15/12/2014), untuk penelitian ini, ilmuwan dari Tulane University secara acak melibatkan 148 pria dan wanita obesitas tanpa penyakit jantung atau diabetes untuk mengikuti diet rendah karbohidrat dan diet rendah lemak. "Setelah satu tahun, peserta yang diet rendah karbohidrat kehilangan sekitar 34 kilogram dibanding mereka yang diet rendah lemak. Plus, diet rendah karbohidrat membuat massa lemak dan faktor risiko kardiovaskular lainnya menurun," ujar peneliti.Tapi, ada yang penting dicatat dalam peneliti. Dalam studi tersebut, peneliti menyarankan diet hanya membatasi asupan karbohidrat sampai 40 gram per hari (sekitar empat potong roti gandum) dan mengatakan kepada mereka untuk mengonsumsi banyak gram serat."Hati-hati memilih sumber karbohidrat adalah kuncinya. Jika hanya mengurangi nasi putih, kentang, biji-bijian olahan, dan minuman maka berat badan cenderung mengikuti. Sebaliknya, Anda tidak aka [...]

Ini Dia Istimewanya Buah Kiwi

Ini Dia Istimewanya Buah Kiwi

Kiwi merupakan buah dengan kandungan gizi cukup padat dan sangat dianjurkan untuk rutin dikonsumsi agar daya tahan tubuh senantiasa kuat, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini.Agar mendapat manfaat dari buah kiwi, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS, Sp.GK menganjurkan untuk mengonsumsi tergantung dari pola makan kita sehari-hari. Bisa satu atau dua buah setiap hari."Memang, buah tidak hanya kiwi, masih banyak buah yang lain juga. Tapi, kiwi termasuk buah dengan kepadatan gizi yang sangat tinggi," kata Fiastuti di Restoran White Box, Menteng, Jakarta, Selasa (2/12/2014)Lebih lanjut Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan, selain kepadatan gizi yang tinggi, buah kiwi juga mengandung serat dan vitamin yang tinggi juga. Sehingga, mengonsumsi satu atau dua buah kiwi per hari begitu sangat membantu.Karena kiwi memiliki serat yang cukup tinggi, maka sangat membantu mereka yang kesulitan buang air besar setiap pagi."Pengalaman pribadi saya, kalau saya makan kiwi BAB saya jadi lancar. Sekali saja nggak makan, tidak akan selancar kalau saya makan buah kiwi. Ini pengalaman saya, makan satu atau dua buah di malam hari, maka pagi hari akan [...]

Makan Porsi Kecil Tak Akan Turunkan Berat Badan

Makan Porsi Kecil Tak Akan Turunkan Berat Badan

Banyak orang rela berdiet demi menurunkan berat badannya dengan cara sering makan dalam porsi kecil. Namun cara ini tak akan membantu Anda menurunkan berat badan.Penelitian dari University of Warwick di Inggris di Inggris menemukan, meskipun banyak orang percaya makan beberapa kali dalam porsi kecil bisa membantu menurunkan berat badan, namun cara yang paling efektif turunkan berat badan adalah menghitung kalori."Ukuran atau frekuensi makan tidak mempengaruhi kalori yang kita bakar per harinya... Tapi apa yang paling penting untuk menurunkan berat badan adalah menghitung kalori," kata peneliti studi itu Dr Milan Kumar, kepada MedicalNewsToday, Minggu (30/3/2014).Penelitian tersebut menganalisa 24 perempuan dengan berat badannya bervariasi. Peneliti mengamati jumlah kalori yang dibakar orang-orang yang makan dua kali sehari dibandingkan yang makan lima kali. Ternyata, tak ada perbedaan dalam metabolisme.Kedua kelompok membakar jumlah kalori yang sama per harinya.Studi ini juga menemukan bahwa makan beberapa kali sehari bisa meningkatkan risiko kesehatan bagi penderita obesitas. Wanita obesitas yang makan lima kali sehari dalam penelitian ini sebenarnya meningkatkan kemungkinan perad [...]

Sayuran Mentah yang Aman Buat Ibu Hamil

Sayuran Mentah yang Aman Buat Ibu Hamil

Wanita hamil terkadang mengidam makanan tertentu. Ada beberapa ibu hamil yang ingin sayuran mentah saat hamil. Padahal, mitos lama menyebutkan sayuran mentah tak bagus untuk janin.Tapi, penelitian menunjukkan bahwa ketika wanita hamil mengonsumsi sayuran mentah, ia mengambil lebih banyak protein dan mineral.Meski demikian, banyak sayuran mentah yang mengandung bakteri dan hemagglutinins , yang mengganggu fungsi sel darah merah dalam tubuh. Sebelum Anda mengonsumsinya, yang terbaik rendam dalam air garam agar menghilangkan dan membunuh kuman di dalamnya.Ada beberapa sayuran mentah yang masih aman dikonsumsi selama kehamilan seperti dikutip Boldsky, Rabu (26/2/2014):1. BrokoliBrokoli aman dikonsumsi selama kehamilan karena mengandung banyak vitamin yang baik untuk pertumbuhan janin .2. AsparagusDalam satu porsi asparagus, Anda memberikan janin Anda Sejumlah folat yang diperlukan untuk perkembangan otak.3. Kacang polongSesendok kacang polong mentah aman selama kehamilan. Kacang polong mentah mengandung folat, yang membantu memperkuat tulang janin.4. BayamBayam tak hanya kaya zat besi, tapi juga kaya folat yang diperlukan dalam perkembangan janin.5. KaleSama seperti bayam, kale juga m [...]

Perempuan Ini Makin Seksi Gara-gara Makan Pisang 51 Buah Sehari

Perempuan Ini Makin Seksi Gara-gara Makan Pisang 51 Buah Sehari

Sejak berat badannya naik setelah melahirkan, Freelee bertekad untuk mulai mengonsumsi 2000 dan 5000 kalori per hari. Tapi bukan itu yang menarik. Karena yang mengejutkan, ia melakukan diet pisang dan dapat makan 51 pisang dalam sehari. Melansir laman Dailymail, Senin (14/4/2014), Freelee mengaku dietnya memang lebih banyak mengutamakan pisang dan buah lainnya dibanding karbohidrat. Intip saja kesehariannya seperti berikut ini: Pagi-pagi, makan sejumlah buah tunggal, seperti dua nanas, lima mangga, dua liter jus jeruk, 1,4 kilogram aprikot, atau 20 pisang. Setelah pukul 16:00 Freelee mengonsumsi makanan yang dimasak seperti 3,5 kilogram kentang panggang atau buah. Setelah menderita anoreksia dan bulimia di masa lalu, Freelee mengklaim bahwa mengadopsi diet pisang bukan hanya membuat tubuhnya seksi tapi juga membersihkan jerawat, tak pernah lagi mengalami kelelahan kronis, dan terhindar dari gangguang fungsi tiroid dan pencernaan. Meski diet ini masih kontroversial, namun beberapa ahli diet di Inggris menyatakan konsumsi pisang yang berlebihan menimbulkan keprihatinan. Sementara itu, Juru bicara Asosiasi Diabetes Amerika, Aisling Pigott menyampaikan bahwa diet pisang ini mena [...]

Puasa, Waktu Terbaik Langsingkan Tubuh dengan Totok Perut

Puasa, Waktu Terbaik Langsingkan Tubuh dengan Totok Perut

Jangan pernah menyerah untuk memiliki bentuk badan yang ideal. Menjelang bulan Ramadhan, ketika tubuh berpuasa lebih dari 12 jam, ternyata ini merupakan waktu yang tepat untuk membuat tubuh lebih ramping. Seperti diungkapkan Founder Totok Perut Kamaratih, Ratih Dewanti, berpuasa semestinya menjadi kesempatan besar untuk menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Ini karena High Human Growth Hormone (HGH) akan lebih sering aktif."Kita kan puasa sekitar 12 jam lebih, saat HGH aktif, olahraga sebelum berbuka bisa membantu penurunan berat badan lebih cepat. Dua kali lebih cepat pembakarannya dibanding saat tidak puasa," kata Ratih saat diwawancarai Liputan6.com, Selasa (10/6/2014).Selain itu, wanita 55 tahun yang memiliki berat 60 kilogram tersebut juga mengatakan trik agar mudah langsing di bulan Ramadhan yaitu olahraga pada pukul 4 sore, saat berbuka minum dengan air hangat dan minum atau makan setelah shalat maghrib. Sedangkan totok perut disarankan dilakukan saat puasa untuk mempertahankan berat badan. [...]

Isi Ulang Baterai Ponsel di Samping Tempat Tidur Bikin Gemuk?

Isi Ulang Baterai Ponsel di Samping Tempat Tidur Bikin Gemuk?

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, ada baiknya untuk tidak mengisi ulang baterai ponsel di samping tempat tidur, apalagi bila itu terjadi di saat Anda ingin tertidur di malam hari. Sebab bias cahaya sekecil apa pun yang terpancar dari ponsel, membuat Anda berisiko mengalami kenaikan berat badan. Baru-baru ini, para ilmuwan dari Northewestern University di Chicago, Amerika, telah menemukan bahwa paparan cahaya dari komputer, lampu tidur, atau ponsel di malam hari dapat menyebabkan penambahan berat badan. Alasannya, cahaya buatan dapat memengaruhi produksi melatonin, hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal di otak yang dapat memicu kantuk dan akan dilepaskan ketika hari mulai gelap, dan akan memuncak sekitar pukul 02:00 pagi.Mereka mengatakan, kondisi ini terjadi karena perangkat seperti komputer dan ponsel, akan memancarkan cahaya yang lebih biru. Bila cahaya biru ditangkap oleh otak, maka cahaya tersebut akan bertindak sebagai `wake up call`, dan akan mengatakan bahwa jam tubuh manusia sudah saatnya untuk bangun.Meski manusia melihat cahaya putih dari ponsel, para peneliti menekankan bahwa warna itu terdiri atas tujuh warna; ungu, nila, biru, hijau, kuning, oranye, dan me [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *