7 Makanan Untuk Kulit Sehat

kulit-sehat.jpg

Pola makan selalu menjadi faktor penentu status sehat atau tidaknya seseorang. Termasuk diantaranya untuk kesehatan kulit. Kini Anda dapat mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, dengan mengendalikan pola makan yang disarankan berikut ini, antara lain:

1. Air Putih

Air putih sangat baik untuk kulit karena berfungsi sebagai hidrasi untuk kulit dimana hidrasi ini berfungsi untuk mengurangi garis dan kerutan pada wajah. Air juga membantu sel kulit untuk mengambil lebuh banyak nutrisi dan mengeluarkan racun. Selain itu air putih sangat penting untuk sirkulasi darah di kulit yang dapat membuat wajah semakin cerah.

Air menjadi faktor terpenting dalam menjaga kondisi kelembaban kulit. Jika Anda cukup minum air, maka dehidrasi tubuh akan berjalan dengan baik dan kondisi kelembaban kulit menjadi terjaga baik. Hal ini juga menjadi solusi bagi pemilik jenis kulit kering, cukupilah kebutuhan cairan tubuh Anda dengan baik. (Baca: Benarkah Harus Minum 8 Gelas Air Sehari?)

2. Selenium

Selenium dan beberapa mineral lain dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu selenium juga berfungsi untuk mencegah kanker kulit.

Sumber selenium yang baik adalah:

  • kacang-kacangan
  • jamur
  • udang
  • kambing
  • ikan
  • semangka
  • tiram
  • bawang putih
  • bayam
  • brokoli

3. Coenzyme Q10 (CoQ10)

CoQ10 merupakan anti-oksidan alami yang diproduksi oleh tubuh. Namun produksi CoQ10 ini berkurang dengan bertambahnya usia.

CoQ10 melindungi kulit dan sel tubuh lainnya dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

CoQ10 juga memliki peran penting dalam produksi energi dan fungsi dari sel. Makanan yang tinggi akan kandungan ini adalah ikan (salmon dan tuna), daging dan biji-bijan.

4. Antioksidan

Antioksidan dapat mencegah atau memperlambat kerusakan kulit dan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah pemicu proses penuaan dini. Dimana ditandai dengan kondisi munculnya keriput sebelum waktunya.

Atau kondisi kulit kering yang menjadikan kulit menjadi lebih kusam dan terlihat kasar. Bahkan radikal bebas lebih kronis akan mencetuskan kondisi kanker pada tubuh.

Penuaan memang tidak bisa dihentikan, namun pada prinsipnya bisa diperlambat. Caranya? Radikal bebas dapat dihambat dengan zat antioksidan.

Antioksidan dapat ditemukan dalam sejumlah makanan terutama buah dan sayur yang bewarna seperti tomat, bayam, kentang, dan berries.

5. Vitamin A

Mau menghilangkan kulit kering? Segera konsumsi jeruk dan wortel. Jenis sayur dan buah ini mengandung vitamin A yang tinggi. Vtiamin A yang digunakan di kulit pun dapat mebantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit seperti keriput.

Vitamin A merupakan vitamin antioksidan yang larut dalam minyak dan penting bagi penglihatan dan pertumbuhan tulang. Beberapa sumber vitamin A lagi seperti telur, sayuran hijau dan susu rendah lemak.

Sumber vitamin A:

  • Sayuran berwarna hijau dan kuning
  • Hati
  • buah-buahan warna merah dan kuning (cabe merah, wortel, pisang, pepaya, dan lain-lain)
  • Susu
  • Ikan.

Penyakit yang dapat ditimbulkan bila kekurangan vitamin A:

Rabun senja, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, katarak, infeksi saluran pernapasan, dan lain sebagainya.

6. Vitamin C

Vitamin C juga membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari. Vitamin C membantu mencegah efek dari radikal bebas yang dapat meneghilangkan kandungan kolagen dan elastin. Beberapa sumber penting vitamin C adalah buah-buahan seperti papaya, kiwi, dan brokoli.

Jika Anda terpikir untuk meminum suplemen vitamin C dalam dosis tinggi yang marak di pasaran untuk asupan harian, urungkanlah. Asupan vitamin C harian Anda sudah terpenuhi dari yang makanan keseharian Anda. Karena vitamin C yang Anda minum/makan dari produk vitamin C dosis tinggi hanya akan terbuang membuatnya sia-sia dan buang-buang uang.

Namun jika Anda dalam kondisi pemulihan penyakit dan sebagainya, maka penggunaan vitamin C dosis tinggi dapat dianjurkan.

7. Vitamin E

Vitamin E merupakan anti-oksidant lain yang juga berfungsi mencegah kerusakan kulit akbiat sinar matahari. Vitamin E juga berfungsi sebagai anti-inflamasi dan meningkatkan imunitas. Sumber vitamin E yang tinggi dapat ditemukan di asparagus, bayam, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
10 Tips Cemilan Sehat Anak

10 Tips Cemilan Sehat Anak

Waktu mengemil merupakan waktu yang paling disukai bagi semua anak-anak dan bahkan orang dewasa. Cemilan yang sehat dapat membantu anak Anda untuk tetap kenyang sepanjang hari dan juga dapat memberikan energi tambahan serta nutrisi penting. Tapi cemilan tidak bisa sembarangan cemilan untuk diberikan ke buah hati. Pasalnya, salah menu bisa-bisa malah menuai masalah kesehatan lebih rumit lagi. Misalnya, porsi snack atau pilihan menu snack yang berlemak dan berkalori malah membuat anak jadi kegemukan atau obesitas, yang juntrungannya malah-malah membuat anak berisiko mengalami gangguan jantung dan bahkan diabetes. Lalu apa saja yang dapat dilakukan untuk memastikan menu cemilan sehat untuk anak? 10 Tips Cemilan Sehat Anak Waktu mengemil merupakan waktu yang paling disukai bagi semua anak-anak dan bahkan orang dewasa. Cemilan yang sehat dapat membantu anak Anda untuk tetap kenyang sepanjang hari dan juga dapat memberikan energi tambahan serta nutrisi penting. Tapi cemilan tidak bisa sembarangan cemilan untuk diberikan ke buah hati. Pasalnya, salah menu bisa-bisa malah menuai masalah kesehatan lebih rumit lagi. Misalnya, porsi snack atau pilihan menu snack yang ber [...]

Usia Wanita Saat Pertama Kali Haid Bisa Prediksi Kondisi Kesehatan Ketika Dewasa

Usia Wanita Saat Pertama Kali Haid Bisa Prediksi Kondisi Kesehatan Ketika Dewasa

Sebagian besar wanita tidak terlalu mempedulikan di usia berapa mereka mendapatkan menstruasi pertamanya. Jika datang bulan di usia terlalu muda, umumnya wanita hanya merasa malu karena berarti dia 'matang' lebih cepat ketimbang teman-teman seusianya. Sementara jika baru mengalami haid saat usia dewasa mungkin hanya karena faktor genetik atau hormon yang tidak seimbang.Namun ternyata faktanya tidak sesederhana itu. Usia ketika wanita mendapat menstruasi pertama ternyata bisa memprediksi kondisi kesehatan di masa depan. Studi terbaru menunjukkan bahwa tinggi rendahnya risiko seorang wanita menderita penyakit jantung, stroke atau tekanan darah tinggi saat dewasa dipengaruhi oleh siklus menstruasi pertamanya.Seperti dikutip dari She Knows, para peneliti dari University of Oxford telah menganalisa data kesehatan milik lebih dari satu juta wanita usia 50 hingga 64 di Inggris. Hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa wanita yang mengalami menstruasi sebelum usia 10 tahun paling berisiko terkena gangguan jantung dan hipertensi di masa tuanya. Hal yang sama juga berpotensi terjadi pada wanita yang mendapatkan haid pertamanya setelah usia 17 tahun.Informasi dari penelitian ini pun dibena [...]

Seluk Beluk Sakit Usus Buntu

Seluk Beluk Sakit Usus Buntu

Pernahkah Anda pernah mendengar istilah dari usus buntu? Usus buntu atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah ?appendisitis? adalah peradangan dari usus buntu atau apendiks. Kejadian ini cukup umum dialami oleh populasi umum, oleh karena itu pengetahuan tentang penyakit ini perlu Anda ketahui. Apa gejala apendisitis? Gejala klasik dari usus buntu adalah nyeri tiba-tiba di daerah sekitar pusat pada fase awal. Selain itu, pasien juga dapat mengeluh mual, muntah dan demam. Selain itu, nyeri perut juga juga dapat berpindah ke bagian perut kanan bawah. Apabila peradangan usus buntu ini pecah, maka akan menyebabkan materi usus mengkontaminasi rongga perut. Dinding abdomen akan terasa tegang dan nyeri. (Baca: Sakit Perut Kanan Bawah? Waspadai Usus Buntu!) Apa faktor risiko dari apendisitis? Apendisitis paling umum terjadi pada usia dekade kedua dan ketiga. Selain itu kebersihan juga mempengaruhi terjadinya peradangan usus buntu. Pada keadaan lingkungan yang bersih maka akan mengurangi kemungkinan terjadinya peradangan pada usus yang juga pada akhirnya menyebabkan peradangan usus buntu. Seluk Beluk Sakit Usus Buntu Bagaimana membedakan nyeri perut akibat ap [...]

Vitamin E Pulihkan Perokok

Vitamin E Pulihkan Perokok

Oleh: dr. Ema Anindia Merokok dapat merusak jantung dan berhenti merokok merupakan upaya yang paling baik untuk menghindari penyakit jantung. Mengkonsumsi vitamin E setelah berhenti merokok dapat mempercepat pemulihan kembali kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa, untuk pemulihan jantung pada para bekas perokok dapat mengambil waktu selama 1 dekade agar jantung dapat kembali menyerupai jantung bukan perokok. Waktu ini merupakan waktu yang diperlukan agar kerusakan yang terjadi akibat inflamasi hilang, dan kembalinya pembuluh darah ke keadaan elastisitas semula. Maka, dalam upaya mempercepat pemulihan ini, para peneliti dari Ohio State University memfokuskan penelitian mereka ke pengunaan vitamin E, dimana sejak awal diketahui bahwa vitamin E merupakan antioksidan. Richard Bruno, seorang professor nutrisi dari Ohio State University mengatakan bahwa ?vitamin E berfungsi sebagai antioxidant yang cukup efektif untuk proteksi terhadap lemak yang dapat merusak tubuh?. Bruno dan kolega, menrekruit 30 orang perokok yang mulai merokok sejak usia 20 tahun-an dan menghabiskan paling sedikit 1 bungkus per hari. Semua perokok tersebut berhenti merokok selama 1 minggu, dan 16 subjek mendap [...]

Wanita Lebih Rentan Dehidrasi

Wanita Lebih Rentan Dehidrasi

Air putih adalah pelarut universal dan merupakan nutrisi utama yang mengandung semua mineral. Air merupakan zat yang paling penting bagi tubuh kita, karena 70-80 persen organ tubuh manusia terdiri dari air. Air memiliki banyak fungsi bagi tubuh, antara lain : untuk mengatur suhu tubuh sebagai pelumas sendi, melindungi organ dan jaringan tubuh, melembabkan jaringan mulut, mata dan hidung serta mencegah sembelit dan masih banyak lagi manfaatnya. Kurangnya air dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi, yang akan menyebabkan gangguan pada sistem tubuh, termasuk pada tingkat kinerja, kognitif dan mood seseorang. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Lawrence Armstrong, PhD, menyimpulkan bahwa wanita lebih rentan dengan tingkat dehidrasi 1,3 persen terhadap dampak negatif dehidrasi pada kinerja, kognitif dan mood dibandingkan dengan pria. Penelitian pertama yang dilakukan oleh Lawrence Armstrong, PhD melibatkan 26 pria dan 25 wanita dewasa sehat dengan usia 20-30 tahun. Para partisipan diminta untuk melakukan treadmill sebanyak 3x40 menit pada suhu ruangan kerja dan diminta untuk menyelesaikan tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan dehidrasi sebesar 1,5per [...]

Sakit Hati karena Kebanyakan Makan & Minum Bir

Sakit Hati karena Kebanyakan Makan & Minum Bir

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Anda sedang frustasi patah hati? Atau cuma pingin cicip sedikit alkohol di akhir hari kesibukan Anda? Kami sarankan jauhkan diri Anda dari minuman bir, wine, atau minuman alkohol lainnya. Atau bagi Anda yang melarikan stres ke kegiatan makan, sebaiknya hindari jua. Karena salah-salah Anda malah semakin sakit hati. Jangan salah tangkap, sakit hati memang benar-benar bisa terjadi pada orang pecandu alkohol. Sakit hati disini adalah gangguan hati berupa hati berlemak (fatty liver). Lemak dalam jumlah sedikit di liver (hati) merupakan hal yang normal. Namun bila jumlah lemak mengambil 5% - 10% berat dari liver Anda, maka kemungkinan besar Anda memiliki kondisi yang dinamakan Fatty Liver. Dimana perlemakan ini dapat disebabkan oleh alkohol ataupun untuk sebagian kasus, non-alkohol. Bila berlanjut, penyakit ini dapat menimbulkan beberapa kondisi yang serius hingga kematian. Penyakit Fatty Liver bila dilihat dari penyebabnya dapat dibagi menjadi 2 yaitu : Alcoholic Liver Disease/ Penyakit Hati akibat Alkohol (ALD)Selama 15 juta orang di Amerika mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan sebanyak 90%-100% timbul penyakit ALD. Fatty liber dapat muncul setela [...]

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

Penyakit kanker payudara masih menjadi pembunuh utama wanita di Indonesia, berkejar-kejaran dengan kanker mulut rahim (kanker serviks). Maka, kesehatan payudara sudah seharusnya menjadi perhatian khusus bagi semua wanita Indonesia. Apa saja yang perlu diperhatikan? Apakah hanya benjolan? Benjolan merupakan gejala paling sering yang menjadi tanda waspada kanker payudara. Namun, kanker payudara dapat memberikan gejala lain selain benjolan. Beberapa gejala kanker payudara yang harus diperhatikan dan diwaspadai oleh para wanita adalah sebagai berikut: Gejala Kanker Payudara Perubahan warna kulit. Adanya kemerahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan. Perubahan kulit. Adanya kerutan atau ?lesung pipit? pada daerah sekitar payudara. Perubahan pada puting susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluarnya cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai. Nyeri pada payudara. Setiap wanita perlu mengetahui kondisi payudaranya dengan baik dan melakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan rutin setiap 1 bulan sekali. [...]

Tips Menjaga Daya Ingat

Tips Menjaga Daya Ingat

Seiring dengan bertambahnya usia, banyak orang menganggap bahwa kehilangan daya ingat merupakan suatu proses yang normal dalam penuaan. Seseorang yang menderita dementia (pikun) dapat berkurang fungsi intelektualnya, mengalami perubahan serius dengan daya ingat, kepribadian dan tingkah laku sehingga berpengaruh dengan aktivitasnya sehari -hari. Kepikunan akibat penuaan (dementia) acapkali sulit dihindari. Karena sebagaimana kita ketahui, hal tersebut merupakan bagian dari proses penuaan yang diikuti oleh kondisi menurunnya performa beberapa organ tubuh seiring bertambahnya usia. Pada prinsipnya daya ingat dapat dipelihara dengan baik. Meskipun tidak dapat dipungkiri daya ingat dapat mengalami penurunan performa akibat dari beberapa kondisi gangguan tubuh. Apa sajakah pemicunya? Penyebab Dementia Terdapat beberapa penyebab dementia, diantaranya: Infeksi; Gangguan jantung; Gangguan pada otak; Keracunan; Gangguan metabolisme dan endokrin. Untuk menjaga daya ingat tetap baik, dapat dilakukan dengan berbagai aktivitas mental yang mengasah otak. Otak yang aktif akan menghasilkan hubungan baru diantara sinaps saraf sehingga berpengaruh pada daya ingat. Hal- [...]

Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan Tubuh

Minuman yang satu ini merupakan minuman yang banyak dikonsumsi dikalangan masyarakat dengan kombinasi rasa dan kemasan berbagai jenis gaya. Keunikan dari jenis minuman ini dikenal dengan banyak tipe dan kelas sebagai nilai kualitas teh itu sendiri yang tentunya dengan berbagai kelas harga yang ditawarkan. Tidak sedikit masyarakat yang memiliki selera tinggi terhadap jenis teh tersebut hingga mau mengeluarkan uang dengan harga yang tinggi untuk mendapatkan jenis teh tertentu. Namun dilain sisi teh dengan kualitas sederhana tidak sedikit pula yang mengemas jenis minuman ini dengan berbagai fariasi dengan harga yang cukup terjangkau dan sangat praktis. Dengan banyaknya peminat minuman jenis ini baik dari kalangan masyarakat menengah kebawah hingga masyarakat menengah keatas dengan berbagai jenis variasi yang ditawarkan, namun banyak kalangan masyarakat kurang memahami tentang kasiat pada teh tersebut pada kesehatan tubuhnya. Maka dapat sedikit dijabarkan pada artikel ini apa sebenarnya yang ada dibalik kenikmatan dari sepucuk teh untuk kesehatan tubuh. Teh merupakan minuman yang dihasilkan dari zat warna dari daun teh yang dikeringkan. Namun pada kombinasi rasa teh yang bervari [...]

Seberapa Jauh Akurasi Tes DNA?

Seberapa Jauh Akurasi Tes DNA?

Disebutkan bagaimana kekuatan hasil tes DNA menjadi bukti yang paling mendasar atas polemik kematian orang yang paling dicari pihak otoritas Amerika Serikat. Namun seberapa jauh akurasi hasil tes DNA tersebut, simak informasi serba-serbi tes DNA berikut ini: DNA terdapat pada inti sel dan mitokondria sel manusia. DNA membentuk suatu kesatuan untaian yang disebut kromosom di dalam inti sel. Setiap manusia memiliki setengah pasang kromoson dari ayah dan setengah pasang kromosom dari ibu. Hal inilah yang berdampak pada setiap individu membawa sifat yang diturunkan baik dari ibu maupun ayah. Dengan melakukan Tes Paternitas ataupun Tes Maternitas, dapat dilakukan pembandingan pola DNA pemilik DNA yang diselidiki dengan DNA kedua orangtua. Hampir semua sampel biologis dapat dipakai untuk tes DNA. Mulai dari sel mukosa di pipi bagian dalam, darah, kuku, sampai rambut. Sampel yang paling efektif adalah darah karena bisa dapat banyak DNA. Namun dewasa ini proses pengambilan sampel sudah sangat canggih. Berkat kehadiran teknologi yang dapat menggandakan sampai jutaan kali fragmen suatu DNA yang akan diperiksa, sampel dapat diambil dari fragmen sampel terkecil sekalipun. DNA juga bisa ditemuk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *