7 Makanan Untuk Kulit Sehat

kulit-sehat.jpg

Pola makan selalu menjadi faktor penentu status sehat atau tidaknya seseorang. Termasuk diantaranya untuk kesehatan kulit. Kini Anda dapat mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, dengan mengendalikan pola makan yang disarankan berikut ini, antara lain:

1. Air Putih

Air putih sangat baik untuk kulit karena berfungsi sebagai hidrasi untuk kulit dimana hidrasi ini berfungsi untuk mengurangi garis dan kerutan pada wajah. Air juga membantu sel kulit untuk mengambil lebuh banyak nutrisi dan mengeluarkan racun. Selain itu air putih sangat penting untuk sirkulasi darah di kulit yang dapat membuat wajah semakin cerah.

Air menjadi faktor terpenting dalam menjaga kondisi kelembaban kulit. Jika Anda cukup minum air, maka dehidrasi tubuh akan berjalan dengan baik dan kondisi kelembaban kulit menjadi terjaga baik. Hal ini juga menjadi solusi bagi pemilik jenis kulit kering, cukupilah kebutuhan cairan tubuh Anda dengan baik. (Baca: Benarkah Harus Minum 8 Gelas Air Sehari?)

2. Selenium

Selenium dan beberapa mineral lain dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu selenium juga berfungsi untuk mencegah kanker kulit.

Sumber selenium yang baik adalah:

  • kacang-kacangan
  • jamur
  • udang
  • kambing
  • ikan
  • semangka
  • tiram
  • bawang putih
  • bayam
  • brokoli

3. Coenzyme Q10 (CoQ10)

CoQ10 merupakan anti-oksidan alami yang diproduksi oleh tubuh. Namun produksi CoQ10 ini berkurang dengan bertambahnya usia.

CoQ10 melindungi kulit dan sel tubuh lainnya dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

CoQ10 juga memliki peran penting dalam produksi energi dan fungsi dari sel. Makanan yang tinggi akan kandungan ini adalah ikan (salmon dan tuna), daging dan biji-bijan.

4. Antioksidan

Antioksidan dapat mencegah atau memperlambat kerusakan kulit dan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah pemicu proses penuaan dini. Dimana ditandai dengan kondisi munculnya keriput sebelum waktunya.

Atau kondisi kulit kering yang menjadikan kulit menjadi lebih kusam dan terlihat kasar. Bahkan radikal bebas lebih kronis akan mencetuskan kondisi kanker pada tubuh.

Penuaan memang tidak bisa dihentikan, namun pada prinsipnya bisa diperlambat. Caranya? Radikal bebas dapat dihambat dengan zat antioksidan.

Antioksidan dapat ditemukan dalam sejumlah makanan terutama buah dan sayur yang bewarna seperti tomat, bayam, kentang, dan berries.

5. Vitamin A

Mau menghilangkan kulit kering? Segera konsumsi jeruk dan wortel. Jenis sayur dan buah ini mengandung vitamin A yang tinggi. Vtiamin A yang digunakan di kulit pun dapat mebantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit seperti keriput.

Vitamin A merupakan vitamin antioksidan yang larut dalam minyak dan penting bagi penglihatan dan pertumbuhan tulang. Beberapa sumber vitamin A lagi seperti telur, sayuran hijau dan susu rendah lemak.

Sumber vitamin A:

  • Sayuran berwarna hijau dan kuning
  • Hati
  • buah-buahan warna merah dan kuning (cabe merah, wortel, pisang, pepaya, dan lain-lain)
  • Susu
  • Ikan.

Penyakit yang dapat ditimbulkan bila kekurangan vitamin A:

Rabun senja, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, katarak, infeksi saluran pernapasan, dan lain sebagainya.

6. Vitamin C

Vitamin C juga membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari. Vitamin C membantu mencegah efek dari radikal bebas yang dapat meneghilangkan kandungan kolagen dan elastin. Beberapa sumber penting vitamin C adalah buah-buahan seperti papaya, kiwi, dan brokoli.

Jika Anda terpikir untuk meminum suplemen vitamin C dalam dosis tinggi yang marak di pasaran untuk asupan harian, urungkanlah. Asupan vitamin C harian Anda sudah terpenuhi dari yang makanan keseharian Anda. Karena vitamin C yang Anda minum/makan dari produk vitamin C dosis tinggi hanya akan terbuang membuatnya sia-sia dan buang-buang uang.

Namun jika Anda dalam kondisi pemulihan penyakit dan sebagainya, maka penggunaan vitamin C dosis tinggi dapat dianjurkan.

7. Vitamin E

Vitamin E merupakan anti-oksidant lain yang juga berfungsi mencegah kerusakan kulit akbiat sinar matahari. Vitamin E juga berfungsi sebagai anti-inflamasi dan meningkatkan imunitas. Sumber vitamin E yang tinggi dapat ditemukan di asparagus, bayam, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Beberapa Kelebihan Makanan Organik

Beberapa Kelebihan Makanan Organik

Saat ini sudah sering kita dengar banyaknya produk makanan organik. Ya, makanan organik memang sedang marak dikembangkan. Para petani tanaman organik mulai banyak didapatkan dan produksi mereka pun mulai meningkat karena permintaan konsumen yang meningkat pula. Saat ini sudah banyak orang-orang yang mulai beralih dari makanan konvensional ke makanan organik. Namun apakah benar makanan organik lebih sehat daripada makanan konvensional? Apakah kelebihan makanan organik dibandingkan makanan umum lainnya? Hal apa yang membuat banyak orang lebih memilih makanan organik akhir-akhir ini? Kelebihan Makanan Organik Air yang terkandung dalam sayuran organik ternyata tidak sebanyak dalam sayuran konvensional sehingga dalam penyimpanannya akan tidak cepat busuk. Selain itu, sayuran organik sering dijual dalam keadaan masih segar sehingga akan lebih lezat saat disantap. Sayuran organik juga ditanam tanpa menggunakan pestisida. Sayuran ini menggunakan pupuk kompos sehingga bebas dari bahan-bahan kimia. Dengan mengkonsumsi sayuran organik, maka akan semakin mengurangi jumlah zat kimia yang dikonsumsi sehingga paparan zat radikal bebas terhadap sel-sel tubuh juga akan berkur [...]

Tingkatkan Kualitas Otak dengan Mengonsumsi Kacang Ini

Tingkatkan Kualitas Otak dengan Mengonsumsi Kacang Ini

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kacang merupakan camilan yang sehat dan tak membuat berat badan naik. Terbaru, kacang pun dipercaya bisa meningkatkan memori dan kualitas otak seseorang. Menurut Journal of Alzheimer's Disease, kacang walnut dapat membantu meningkatkan memori. Penelitian pun menemukan bahwa mengonsumsi kacang walnut seringkali dihubungkan dengan ingatan serta fungsi otak yang baik. Kandungan antioksidan dalam kacang walnut dapat melawan segala hal yang berkaitan dengan penurunan kognitif. Bahkan mengurangi risiko terkena penyakit neurodegeneratif, salah satunya Alzheimer. Peneliti juga mendapati bahwa segenggam walnut memiliki antioksidan dua kali lipat lebih banyak daripada jenis kacang lainnya, melebihi kacang almon, pecan, dan pistachio.Memakan beberapa ons atau lebih dapat memeberikan Anda berbagai manfaat. Menurut Wendy Bazilian, DrPH, RD, penulis 'The SuperFoodsRx Diet', kacang walnut mengandung protein sehat, polyunsaturated fats --lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan melindungi jantung--, omega 3, melatonin dan polifenol kuat.Wendy mengatakan bahwa ia seringkali menambahkan kacang walnut cincang ke dalam oatmeal, salad, [...]

Hati-Hati, Ciuman Bisa Menularkan Herpes!

Hati-Hati, Ciuman Bisa Menularkan Herpes!

Apakah Anda pernah mendengar penyakit Herpes simpleks ? Penyakit herpes simpleks adalah salah satu penyakit menular seksual yang umum ditemui saat ini. Ternyata terdapat berbagai metode penularan herpes simpleks. Bahkan sekedar ciuman dapat menularkan virus herpes simpleks ini. Nah, penasaran bagaimana virus ini bisa tertular melalui ciuman? Yuk kita pelajari lebih dalam tentang virus ini. Apa itu penyakit herpes? Berikut penjelasannya: Apa itu penyakit herpes? Penyakit herpes yang umumnya dikenal dapat dibagi menjadi dua jenis penyakit. Penyakit herpes dapat dibagi menjadi herpes zooster (yang lebih dikenal dengan cacar air) dan herpes simpleks. Kedua penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, namun dengan jenis virus yang berbeda. Herpes zooster disebabkan oleh virus varicela zoster, sedangkan herpes simpleks disebabkan oleh Herpes Simplex Virus . Banyak yang memiliki pemahaman yang salah tentang kedua jenis virus ini. Penyakit yang menjadi pembahasan artikel ini adalah herpes simplex virus, yang merupakan penyakit yang dapat ditularkan seacra seksual. Apa gejala yang dialami pasien dengan herpes simpleks? Berikut penjelasannya: [...]

Bukan Hanya untuk Gigi Putih, Ini Alasan Lain Pentingnya Rajin Sikat Gigi

Bukan Hanya untuk Gigi Putih, Ini Alasan Lain Pentingnya Rajin Sikat Gigi

Menyikat gigi secara rutin tidak hanya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut atau mendapat senyum yang cemerlang. Ada alasan kesehatan lain kenapa Anda wajib menyikat gigi tiap pagi dan malam sebelum tidur yang lebih penting dari sekadar mencegah gigi keropos dan berlubang. Ini pentingnya menggosok gigi untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, seperti dikutip dari Gal Time.1. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit JantungSejumlah studi telah menemukan keterkaitan yang erat antara gigi yang tidak sehat dengan penyakit jantung. Dalam sebuah studi ditemukan, orang yang jarang atau tidak pernah menyikat giginya, risikonya 70 persen lebih tinggi terkena serangan jantung. Sementara pada studi yang lain, peneliti menemukan bahwa risiko penyakit jantung atau kolesterol tinggi bisa diprediksi dengan menganalisa kondisi gigi. Apakah ada yang berlubang, keropos, gusi berdarah atau gigi copot. Hal ini karena, bakteri berbahaya bisa masuk ke pembuluh darah melalui gigi yang bolong. Bakteri tersebut bisa bersarang di jantung dan menurunkan fungsi serta kesehatan jantung.2. Mengurangi Risiko Terkena StrokePada sebuah riset terbaru, orang yang memiliki tekanan darah tinggi akibat adanya bakteri ja [...]

Kebiasaan Kurang Tidur Bikin Penyakit!

Kebiasaan Kurang Tidur Bikin Penyakit!

Oleh: dr. Adithia Kwee Tidak sedikit penelitian yang telah memaparkan ditemukan hubungan tidak langsung antara kurang tidur dengan beberapa potensi risiko pada kondisi penyakit degeneratif, seperti: Obesitas, Diabetes tipe 2, Gangguan jantung. Namun demikian, bukti yang menyebutkan bahwa kondisi ini benar-benar langsung disebabkan karena kurang tidur sayangnya masih sedikit. Akan tetapi, pada awal 2013 sebuah penelitian diterbitkan oleh Sleep Researche Centre dan koleganya di Universitas Surrey mengklaim bahwa mereka menemukan hubungannya secara langsung. Mereka menemukannya dengan cara melihat bagaimana tidur ternyata merubah gen seseorang. Karena pada dasarnya setiap sel dalam tubuh manusia memuat informasi berupa DNA, informasi dalam DNA inilah yang berubah akibat kurang tidur. Senada dengan penelitian tersebut, sebuah studi lain menyebutkan bahwa kurang tidur selama dua hari berturut turut menyebabkan gangguan pada pembuluh darah. Para peneliti percaya bahwa dalam waktu lama, maka kurang tidur berpengaruh pada gangguan jantung. Penelitian ini diuji terhadap 8 orang dewasa dengan rentang usia dari 20?35 tahun. Mereka hanya diizinkan tidur selama 4 jam setiap h [...]

Penyebab Timbulnya Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Penyebab Timbulnya Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Mata berkantung membuat tampilan wajah tampak lesu dan mengantuk, seperti baru bangun tidur. Kantung mata umumnya merupakan gangguan kesehatan ringan pada mata dan biasanya bisa hilang sendiri atau dengan perawatan alami.Meskipun bukan kondisi kesehatan yang serius, ada baiknya Anda mengetahui penyebab dan cara menghilangkan kantung mata. Ini tipsnya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. MenangisMenangis adalah penyebab paling umum terbentuknya kantung di bawah mata dan sekitarnya karena penumpukan cairan di kelenjar kecil area kelopak mata. Kantung mata ini biasanya akan hilang dengan sendirinya, atau bisa dikompres air dingin agar lebih cepat kempis.2. Pilek, Flu fan Infeksi SinusPilek, flu, atau gangguan kesehatan lain yang berhubungan dengan saluran pernapasan juga bisa menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata. Akibatnya, timbullah kantung mata yang mengganggu penampilan.3. Kurang Tidur dan KelelahanTidak mendapat tidur berkualitas yang cukup dan terlalu lama bekerja di depan komputer bisa menyebabkan kelelahan. Lelah akan memicu terjadinya tekanan pada mata sehingga membuat bagian bawah mata sedikit bengkak, seperti berkantung.4. Pola DietTerlalu banyak mengasup yodium y [...]

Selain Untuk Kesehatan Mata, Ini Dia Manfaat Lain Wortel

Selain Untuk Kesehatan Mata, Ini Dia Manfaat Lain Wortel

Selama ini yang kita ketahui manfaat wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Tapi ternyata tidak hanya itu saja. Seperti yang dikutip dari ehow, berikut ini enam manfaat lain dari rajin mengonsumsi wortel.1. Terhindar dari Risiko Penyakit JantungWortel memiliki banyak kandungan vitamin A, kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Zat yang terakhir itu mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, dan perkembangan rheumatoid sebanyak 70 persen.2. Bantu Melawan Efek Buruk PolusiTeh hijau bukanlah saru-satunya panganan yang mengandung antioksidan. Wortel pun juga mengandung zat yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dalm tubuh, yang dapat mencegah penyakit jantung dan kanker, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.3. Turunkan KolesterolSebuah penelitian di Harvard University berhasil mengungkapkan bahwa seseorang yang setidaknya memakan wortel 6 buah dalam satu minggu dapat menurunkan resiko kolesterol dari pada yang hanya mengkonsumsi 1 buah saja sebulan.4. Mengurangi Risiko Kanker PayudaraPenelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, Amerika Serikat menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karot [...]

Preeklampsia dan Eklampsia Masih Kontributor AKI 2011

Preeklampsia dan Eklampsia Masih Kontributor AKI 2011

Jumlah Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih dikontribusi dari kasus preeklampsia dan eklampsia, AKI di Indonesia saat ini 228 per 100.000 kelahiran hidup. Jauh dengan Malaysia yang memiliki AKI hanya 31 per 100.000 kelahiran hidup. Membuat kondisi AKI di Indonesia kurang lebih sama dengan Myanmar yang kondisi negaranya jauh lebih miskin. Untuk kasus Myanmar dikaitkan dengan keadaan ekonomi yang rendah. ?Namun tidak melulu preeklampsia maupun eklampsia ini selalu dikaitkan dengan keadaan faktor ekonomi rendah, justru di Jakarta banyak juga ditemukan pada ibu hamil dari kelas sosial menengah dan keatas,? ujar dr. Irvan Adenin, SpOG. ketika mengisi acara Talkshow Mengenal Preeklampsia dan Eklampsia yang diselenggarakan oleh panitia gerakan Selamatkan Ibu di Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (10/11) lalu. Walau penyebab dari preeklampsia masih belum diketahui secara jelas, keadaan sindrom gangguan preeklampsia pada ibu hamil dilatarbelakangi dengan kondisi tekanan darah tinggi. Pre-eklampsia dalam kehamilan adalah apabila dijumpai tekanan darah 140/90 mmHg setelah kehamilan 20 minggu (akhir triwulan kedua sampai triwulan ketiga) atau bisa lebih awal terjadi. Sedangkan pengertian [...]

10 Anggapan yang Salah Tentang Nutrisi Sehat

10 Anggapan yang Salah Tentang Nutrisi Sehat

Banyak orang yang mempercayai berbagai mitos diet yang cukup menyesatkan. Meskipun bahan makanan tertentu mempunyai manfaat untuk kesehatan, namun bukan berarti makanan tersebut bisa dikonsumsi secara berlebihan, begitu juga sebaliknya.Berikut 10 anggapan yang seringkali salah mengenai nutrisi, seperti yang dikutip dari detikhealth:1. Mengurangi asupan buah karena banyak mengandung gulaMeskipun benar bahwa buah mengandung gula, namun gula tersebut merupakan gula buah alami dan tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah.Fruktosa yang ditemukan dalam buah akan membantu mengolah tumpukan glikogen dalam hati. Hal tersebut merupakan salah satu faktor keputusan apakah tubuh akan melepaskan energi atau tidak.2. Menggunakan bahan herbal dengan tidak hati-hatiBanyak orang yang menganggap bahwa bahan herbal cukup aman, sehingga seringkali menggunakan bahan herbal dengan tidak hati-hati.Meskipun bahan herbal alami, tetapi bukan berarti tanpa efek samping. Sebelum menggunakan ramuan herbal tertentu, pastikan bahwa ramuan tersebut telah diuji secara klinis.3. Hanya memikirkan jumlah kalori untuk menurunkan berat badanMeskipun benar bahwa jumlah kalori dalam diet akan menentukan apakah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *