7 Makanan Untuk Kulit Sehat

kulit-sehat.jpg

Pola makan selalu menjadi faktor penentu status sehat atau tidaknya seseorang. Termasuk diantaranya untuk kesehatan kulit. Kini Anda dapat mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, dengan mengendalikan pola makan yang disarankan berikut ini, antara lain:

1. Air Putih

Air putih sangat baik untuk kulit karena berfungsi sebagai hidrasi untuk kulit dimana hidrasi ini berfungsi untuk mengurangi garis dan kerutan pada wajah. Air juga membantu sel kulit untuk mengambil lebuh banyak nutrisi dan mengeluarkan racun. Selain itu air putih sangat penting untuk sirkulasi darah di kulit yang dapat membuat wajah semakin cerah.

Air menjadi faktor terpenting dalam menjaga kondisi kelembaban kulit. Jika Anda cukup minum air, maka dehidrasi tubuh akan berjalan dengan baik dan kondisi kelembaban kulit menjadi terjaga baik. Hal ini juga menjadi solusi bagi pemilik jenis kulit kering, cukupilah kebutuhan cairan tubuh Anda dengan baik. (Baca: Benarkah Harus Minum 8 Gelas Air Sehari?)

2. Selenium

Selenium dan beberapa mineral lain dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu selenium juga berfungsi untuk mencegah kanker kulit.

Sumber selenium yang baik adalah:

  • kacang-kacangan
  • jamur
  • udang
  • kambing
  • ikan
  • semangka
  • tiram
  • bawang putih
  • bayam
  • brokoli

3. Coenzyme Q10 (CoQ10)

CoQ10 merupakan anti-oksidan alami yang diproduksi oleh tubuh. Namun produksi CoQ10 ini berkurang dengan bertambahnya usia.

CoQ10 melindungi kulit dan sel tubuh lainnya dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

CoQ10 juga memliki peran penting dalam produksi energi dan fungsi dari sel. Makanan yang tinggi akan kandungan ini adalah ikan (salmon dan tuna), daging dan biji-bijan.

4. Antioksidan

Antioksidan dapat mencegah atau memperlambat kerusakan kulit dan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah pemicu proses penuaan dini. Dimana ditandai dengan kondisi munculnya keriput sebelum waktunya.

Atau kondisi kulit kering yang menjadikan kulit menjadi lebih kusam dan terlihat kasar. Bahkan radikal bebas lebih kronis akan mencetuskan kondisi kanker pada tubuh.

Penuaan memang tidak bisa dihentikan, namun pada prinsipnya bisa diperlambat. Caranya? Radikal bebas dapat dihambat dengan zat antioksidan.

Antioksidan dapat ditemukan dalam sejumlah makanan terutama buah dan sayur yang bewarna seperti tomat, bayam, kentang, dan berries.

5. Vitamin A

Mau menghilangkan kulit kering? Segera konsumsi jeruk dan wortel. Jenis sayur dan buah ini mengandung vitamin A yang tinggi. Vtiamin A yang digunakan di kulit pun dapat mebantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit seperti keriput.

Vitamin A merupakan vitamin antioksidan yang larut dalam minyak dan penting bagi penglihatan dan pertumbuhan tulang. Beberapa sumber vitamin A lagi seperti telur, sayuran hijau dan susu rendah lemak.

Sumber vitamin A:

  • Sayuran berwarna hijau dan kuning
  • Hati
  • buah-buahan warna merah dan kuning (cabe merah, wortel, pisang, pepaya, dan lain-lain)
  • Susu
  • Ikan.

Penyakit yang dapat ditimbulkan bila kekurangan vitamin A:

Rabun senja, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, katarak, infeksi saluran pernapasan, dan lain sebagainya.

6. Vitamin C

Vitamin C juga membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari. Vitamin C membantu mencegah efek dari radikal bebas yang dapat meneghilangkan kandungan kolagen dan elastin. Beberapa sumber penting vitamin C adalah buah-buahan seperti papaya, kiwi, dan brokoli.

Jika Anda terpikir untuk meminum suplemen vitamin C dalam dosis tinggi yang marak di pasaran untuk asupan harian, urungkanlah. Asupan vitamin C harian Anda sudah terpenuhi dari yang makanan keseharian Anda. Karena vitamin C yang Anda minum/makan dari produk vitamin C dosis tinggi hanya akan terbuang membuatnya sia-sia dan buang-buang uang.

Namun jika Anda dalam kondisi pemulihan penyakit dan sebagainya, maka penggunaan vitamin C dosis tinggi dapat dianjurkan.

7. Vitamin E

Vitamin E merupakan anti-oksidant lain yang juga berfungsi mencegah kerusakan kulit akbiat sinar matahari. Vitamin E juga berfungsi sebagai anti-inflamasi dan meningkatkan imunitas. Sumber vitamin E yang tinggi dapat ditemukan di asparagus, bayam, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Anggapan yang Salah Tentang Kanker

Anggapan yang Salah Tentang Kanker

Percaya atau tidak, tidak sedikit persepsi yang berkembang salah mengenai penyakit kanker di antara kita. Kanker begitu ditakuti sampai-sampai disalahartikan, apa saja anggapan-anggapan yang salah? Beberapa anggapan umum yang kurang tepat mengenai kanker diantaranya, "jangan sampai kena kanker deh, belum ada obatnya," atau "eh awas kanker itu menular, jangan dekat-dekat orang yang kena kanker," dan masih banyak lagi anggapan yang salah. Ketahuilah, anggapan-anggapan yang ada tersebut tidak benar adanya. Bahkan sedikit banyak malah merugikan penderita kanker. Dimana dalam posisi sejatinya justru seharusnya kita berikan dukungan. Berikut beberapa yang paling umum keluar:, klik 'next' untuk selanjutnya. Anggapan #1: ?Jangan Sampai Deh Saya Kena Kanker, Sudah Pasti Meninggal karena Belum Ada Obatnya? Salah dan tidak benar. Begitu banyak jenis kanker yang ada dan untuk setiap jenisnya sudah ada pengobatannya! Kemoterapiadalah pengobatan kanker dengan meminum obat yang mengandung zat kimia yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Radioterapi adalah pengikisan kanker menggunakan teknik penyinaran. Radioterapi sering disalahartikan sebagai kemoterapi [...]

5 Kebiasaan Sepele yang Buat Olahraga Kurang Efektif

5 Kebiasaan Sepele yang Buat Olahraga Kurang Efektif

Olahraga adalah salah satu cara efektif dalam menjaga tubuh agar selalu sehat dan tak mudah menggemuk. Terlebih bagi orang ingin menguruskan badan, olahraga teratur jelas tak boleh dilewatkan. Namun banyak orang yang tak sadar bahwa ada beberapa kebiasaan yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilakukan sebelum, pada saat, atau sesudah kegiatan ini. Dikarenakan hal tersebut bisa buat efek latihan kurang maksimal atau bahkan menimbulkan celaka. Berikut adalah lima kebiasaan tersebut yang dikutip dari CNN: 1. SMS atau ChattingMain gadget memang sebuah kegiatan yang adiktif. Namun demi kesehatan, ada baiknya agar Anda tak membawanya saat tengah olahraga. Seorang trainer asal Amerika bernama Nick Ebner mengatakan mengirim pesan membuat waktu istirahat latihan menjadi lebih panjang. Hal itu akan menyebabkan sistem tubuh yang sudah panas menjadi dingin. Badan pun jadi tak siap untuk melakukan latihan berat seperti angkat beban. Jika itu menjadi kebiasaan, bentuk tubuh pun akan sulit berubah. 2. MengobrolBerbincang dengan teman atau kenalan di gym mungkin bisa membuat latihan terasa lebih menyenangkan. Tapi kebanyakan mengobrol justru bisa menimbulkan efek negatif pada tubuh. Yakni mem [...]

Amankah Makan Sushi & Sashimi Ketika Hamil?

Amankah Makan Sushi & Sashimi Ketika Hamil?

Banyak wanita menghindari sushi, makanan khas Jepang, ketika si buah hati sedang berada di dalam kandungan. Mengapa demikian? Apakah persepsi bahwa sushi itu berbahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah sebuah mitos? Atau justru sebuah fakta? Para ahli menyatakan bahwa ibu hamil tidak seharusnya menghindari sushi atau sashimi semasa mengandung. Hal yang seharusnya dihindari adalah: Ikan laut berkadar merkuri tinggi, Ikan laut berkadar merkuri sedang boleh dikonsumsi tidak lebih dari tiga kali 180 gram per bulan Ikan laut berkadar merkuri rendah boleh dikonsumsi tidak lebih dari enam kali 180 gram setiap minggu. Jenis ikan laut yang mutlak tidak boleh dikonsumsi adalah: tuna, pari, tenggiri, mackerel raja todak hiu tile fish. Sedangkan untuk ikan kod, lobster, kakap boleh dikonsumsi tidak lebih dari 180 gram per bulan. Penggemar ikan haring, salmon, sardine kaleng, cumi-cumi, bandeng, atau pun nila boleh berbahagia untuk menikmatinya sebanyak dua kali 180 gram setiap minggu. Bagaimana dengan ikan laut bercangkang? Berikut penjelasannya: Udang, kerang, tiram atau pun kepiting aman dikonsumsi oleh ibu hamil asalkan diolah dengan higien [...]

90% Wanita Mengalami Cidera karena Pakai High Heels

90% Wanita Mengalami Cidera karena Pakai High Heels

Kebanyakan wanita gemar menggunakan high heels karena dapat menunjang penampilan. Namun ternyata, 90% di antara mereka pernah mengalami cidera akibat sepatu hak tinggi itu.Umumnya setiap wanita tak mampu berlama-lama menggunakan high heels. Setelah satu jam, enam menit dan 48 detik, tumit pasti akan terasa sakit. Tak heran bila banyak wanita yang ingin segera melepaskan sepatu hak tinggi tersebut saat menggunakannya. Bahkan bagi para penari yang mengenakan high heels, mereka hanya mampu bertahan selama 10 menit.Survei yang dilakukan oleh para pakar dari College of Podiatry itu melibatkan 2.000 responden pria dan wanita, serta 60 ahli bedah kaki. Tujuan diadakannya survei ini untuk mengetahui fenomena antara wanita dengan high heels.Konsultan ahli bedah kaki, Mike O'Neill dari College of podiatri juga memperingatkan bahwa memaksakan kaki untuk memakai sepatu yang lebih kecil, dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang, termasuk radang sendi, fraktur stres, dan saraf terjepit. Jika sudah terjadi, maka pengobatannya yaitu dengan pembedahan atau suntikan steroid. Menggunakan sepatu hak tinggi juga dapat merusak jaringan lunak dan permukaan sendi menjadi haus."Wanita yang menggunakan [...]

Punya Perut Buncit? Waspada, Bisa Jadi Tanda Anda Stres Akut

Punya Perut Buncit? Waspada, Bisa Jadi Tanda Anda Stres Akut

Saat stres, orang akan merasakan tekanan pada punggung, leher dan kepala. Gejala stres biasanya ditandai dengan kesulitan untuk tidur, tidak bisa konsentrasi dan tidak enak/banyak makan. Tapi ada beberapa gejala stres yang mungkin tidak banyak orang ketahui dan berdampak pada kondisi fisik. Ini empat tanda Anda mengalami stres akut yang patut diwaspadai, seperti dikutip dari Canadian Living.1. Kesulitan MengingatKetika di bawah tekanan, hormon stres yang dinamakan cortisol sebenarnya cukup berguna untuk membuat Anda lebih fokus terhadap masalah yang dihadapi. Tapi di sisi lain hormon ini juga melemahkan sistem yang lainnya, termasuk kemampuan otak untuk mengingat dan belajar. Hal ini karena tubuh harus mengerahkan energi agar hanya bisa berkonsentrasi sampai masalah yang membuat stres itu teratasi. Dijelaskan Leslie Atkinson, scientific director di Institut for Stress and Wellbeing Research, Universitas Ryerson, stres dalam jangka pendek berdampak positif. Tapi jika berkepanjangan bisa membuat Anda jadi pelupa dan kesulitan mempelajari sesuatu yang baru. Jika Anda akhir-akhir ini sering kelupaan dimana menyimpan kunci atau sulit mengingat catatan penting, maka bisa diperkirakan [...]

22 April: Hari Demam Berdarah. Demam Berdarah Mengintai

22 April: Hari Demam Berdarah. Demam Berdarah Mengintai

Demam Berdarah merupakan salah satu penyakit endemis di negara tropis termasuk di Indonesia. Demam Berdarah atau dikenal sebagai DBD merupakan suatu jenis infeksi virus akut yang disebabkan oleh virus Dengue. Terdapat 4 jenis virus dengue yaitu DENV 1,2,3 dan 4. Vektor dari penyakit ini adalah nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopticus. Saat seseorang terinfeksi demam berdarah maka dapat muncul gejala berupa demam mendadak tinggi yang berlangsung selama 2 ? 7 hari, mual, muntah, nyeri pada sendi, nyeri kepala hingga penurunan nafsu makan. Pada pemeriksaan tubuh dapat muncul bintik-bintik merah di kulit ataupun pendarahan di gusi atau gigi. Saat terinfeksi demam berdarah sebaiknya dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai berat ringannya penyakit. Pada infeksi demam berdarah dalam pemeriksaan laboratorium dapat terlihat penurunan dari kadar trombosit, kadar leukosit, peningkatan dari kada hematokrit, peningkatan dari hemoglobin, peningkatan dari fungsi hati, ataupun penurunan dari kadar albumin. Dapat juga dilakukan pemeriksaan untuk mendeteksi virus DBD seperti pemeriksaan NS1 atau IgM dan IgG Dengue. Pengobatan dari demam berdarah hanyalah satu yaitu cairan. Cairan yang di [...]

Cara Redakan Rasa Nyeri Ketika Haid Hari Pertama

Cara Redakan Rasa Nyeri Ketika Haid Hari Pertama

Sebagian wanita sering merasakan nyeri saat datang 'bulan'. Nyeri tersebut bisa karena reaksi dari menstruasi itu sendiri atau tanda adanya penyakit. Rasa nyeri membuat Anda tidak nyaman bahkan beberapa wanita tak bisa beraktivitas seperti biasa. Untuk meredakan sakit yang sangat mengganggu aktivitas, dokter spesialis kandungan, Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), menyarankan minum obat. "Obat apa saja yang mengandung analgesik atau anti sakit bisa justru harus diminum," ujar dokter Frits kepada wolipop, Rabu (1/5/2013).Hal itu juga disetujui oleh Dr Prima Progestian, SpOG,CH,CHt, dokter kandungan yang berpraktek di Brawijaya Women and Children Hopsital. Ia menuturkan, sebaiknya konsumsi obat anti nyeri jika sakit haid sudah tak tertahankan. Namun bila ada keluhan lain yang mengganggu, pria yang juga membuka praktek di Klinik Permata Bintaro itu menyarankan segera periksa ke dokter."Kalau obat-obatan anti nyeri seperti Feminax, panadol itu nggak masalah. Anti nyeri boleh saja. Tapi kalau ada keluhan lebih baik diperiksakan langsung karena mungkin ada infeksi atau penyakit," ujar Dr Prima saat dihubungi wolipop melalui telepon, Rabu (1/5/2013).Jika tidak mau merasakan nyeri, [...]

3 Fakta yang Mungkin Anda Belum Tahu Seputar Nafsu Makan Anak

3 Fakta yang Mungkin Anda Belum Tahu Seputar Nafsu Makan Anak

Tidak jarang anak menunjukan nafsu makan rendah bahkan cenderung menghindari makanan yang kita sajikan. Tak ayal hal ini menambah rasa khawatir pada orangtua, apakah ada yang tidak beres dengan kesehatan anak, atau ada masalah lainnya? Simak beberapa fakta medis berikut seputar nafsu makan anak, yang mungkin Anda belum ketahui: 1. Beda Jenis Kelamin, Beda Profil Pertumbuhan Anak usia sekolah dasar, antara 6 ? 12 tahun, membutuhkan nutrisi yang mencukupi agar mereka dapat tubuh secara normal. Ketika mendekati usia remaja, sebagian besar anak perempuan usia 10 ? 12 tahun mengalami kecepatan pertumbuhan yang meningkat. Sedangkan peningkatan kecepatan pertumbuhan anak laki-laki baru dimulai 2 tahun kemudian. (Baca: Tumbuh Kembang Anak Pada Tahun Pertama) 2. Nafsu Makan Anak Bisa Berubah-ubah Beberapa orangtua khawatir bahwa selama usia sekolah, anak memiliki perubahan nafsu makan. Satu hari, mereka bisa makan dalam jumlah banyak, esoknya mereka hanya mau makan sedikit sekali. (Baca: 10 Tips Menghadapi Anak Susah Makan) Pada sebagian besar kasus, pola makan yang tidak bisa diprediksi ini seharusnya tidak mengkhawatirkan. Pada masa ini, berat badan anak seharusnya bertambah antara 2 ? [...]

Jangan Berikan Kopi untuk Obat Anak Kejang!

Jangan Berikan Kopi untuk Obat Anak Kejang!

Banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat mengenai masalah kesehatan. Salah satunya adalah mitos menegani pemberian kopi pada bayi dapat mencegah terjadi kejang. Indonesia merupakan negara yang kaya akan warisan adat dan budaya. Di wilayah pedalaman di Indonesia, mitos-mitos tentang kesehatan seperti ini masih banyak terjadi. Tidak dipungkiri pula kemungkinan saja hal ini masih dilakukan di kota-kota besar. Kopi mengandung kafein yang diserap di seluruh jaringan tubuh. Secara umum, kafein dapat meningkatkan nadi dan tekanan darah. Kopi menyebabkan terganggunya penyerapan zat besi di saluran pencernaan bayi. Zat besi dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan serta pembentukan sel darah merah. Risiko anemia meningkat pada bayi yang diberikan kopi. Gangguan pencernaan dapat pula dijumpai pada bayi dan anak yang diberikan kopi karena kopi bersifat iritatif yang dapat menyebabkan perlukaan pada saluran cerna. Kafein mempengaruhi sistem saraf otak. Kafein dapat membuat gelisah, mengganggu siklus tidur dan mood seseorang terutama anak. Pada anak yang memiliki masalah kecemasan, kafein dapat meningkatkan rasa cemas. Bahaya Kopi untuk Anak Hingga saat ini bel [...]

Super Sehat Berkat Spirulina?

Super Sehat Berkat Spirulina?

Selama ini masyarakat disuguhi oleh iklan yang menyatakan bahwa spirulina memiliki banyak manfaat. Iklan menyebutkan, spirulina bisa mengatasi berbagai macam penyakit. Kandungan proteinnya yang disebut-sebut lebih tinggi daripada daging ini juga bisa memenuhi gizi Anda sehari-hari dan menjaga agar tubuh tetap sehat. Bahkan, spirulina kerap disebut sebagai superfood. Sebenarnya apa itu spirulina? Apakah benar-benar berkhasiat? Spirulina adalah salah satu spesies dari cyanobacteria, tanaman ganggang berpigmen hijau-kebiruan, yang bisa dikonsumsi manusia dan hewan. Tumbuh di perairan tropis dan subtropis yang memiliki kandungan garam tinggi. Ada beberapa spesies lain yang tumbuh di danau air tawar. Jika diolah, spirulina bisa dibuat atau dicampurkan ke dalam suplemen makanan, kosmetik, susu, sari buah, minuman serbuk, dan bahkan makanan untuk para astronot saat berada di luar angkasa. Terdapat anggapan bahwa makanan atau minuman yang mengandung spirulina akan menjadi lebih bernutrisi. Apa Saja Kandungan Spirulina? Kandungan protein pada spirulina dianggap lebih baik daripada daging dan susu. Ya, spirulina memang kaya akan protein, namun menurut penelitian, spirulina tidak lebih bai [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *