7 Manfaat Minum Teh Hijau Bagi Kesehatan

teh.jpg

Sering minum teh setiap pagi? Coba ganti teh biasa dengan teh hijau, yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Teh hijau dapat menurunkan berat badan, mengobati jerawat, hingga meningkatkan daya ingat.

Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat minum teh hijau secara rutin, simaklah penjabaran berikut yang dilansir dari Our Vanity.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker dan Jantung
Teh hijau kaya akan antioksidan yang memerangi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan penggumpalan darah, kanker, jantung, hingga kerusakan DNA. Teh hijau juga mampu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

2. Menurunkan Berat Badan
Teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan rutin meminum teh hijau, maka akan membantu membakar lemak hingga 80 kalori per hari.

3. Panjang Umur
Menurut studi yang dilakukan di Jepang pada tahun 1994, orang yang mengonsumsi lima cangkir teh hijau atau lebih setiap harinya, memiliki risiko kematian lebih rendah pada usia muda daripada yang sama sekali tidak minum teh hijau. Survei tersebut dilakukan terhadap lebih dari 40.000 orang.

4. Mengobati Jerawat dan Eksim
Terdapat banyak produk perawatan wajah yang mengandung teh hijau. Salah satu manfaat terbesar dari teh hijau adalah dapat mencegah serta mengobati jerawat. Teh hijau pun bisa mengatasi eksim atau peradangan kulit seperti melepuh atau berbentuk gelembung kecil yang berisi cairan. Untuk mencapai hasil maksimal, Anda dapat mengonsumsi teh hijau sedikitnya 3 cangkir setiap hari.

5. Kebersihan Gigi
Teh hijau juga bermanfaat untuk membersihkan gigi. Kandungannya melindungi gigi Anda dari racun yang disebabkan oleh fluorida alami. Dengan demikian, teh hijau bisa melindungi gigi serta menjaga aroma napas tetap segar.

6. Awet Muda
Salah satu khasiat dari teh hijau adalah awet muda. Kandungan antioksidan, vitamin C, dan E akan membantu Anda tampak lebih muda. Namun, Anda harus minum teh hijau secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Meningkatkan Memori dan Kemampuan Bekerja
Teh hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif. Anda bisa lebih baik saat menghafal dan bekerja. Epigallocatechin gallate (EGCG) merupakan jenis catechin yang terkandung dalam teh hijau yang dapat melindungi otak dari kerusakan serta memiliki kemampuan untuk mencegah kanker.

(kik/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sudahkah Anda Menggunakan Mouse dengan Benar?

Sudahkah Anda Menggunakan Mouse dengan Benar?

Apakah Anda sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer? Apakah Anda sering main game dengan laptop Anda? Jika jawabannya ya dan Anda pernah atau sedang mengalami nyeri pada lengan atau pergelangan tangan, bisa jadi Anda mengalami mouse elbow atau yang dikenal di dunia medis dengan istilah epicondylitis overuse injury. Apakah itu epikondilitis dan apa penyebabnya? Mouse elbow atau epikondilitis merupakan suatu bentuk cedera akibat penggunaan otot atau tendon yang berlebih dan menyebabkan degenerasi serta stress berulang pada lengan bawah dan pergelangan tangan Anda, seperti misalnya memindahkan dan mengklik menggunakan mouse. Nyeri dapat terjadi pada bagian luar dari pergelangan tangan Anda ataupun lengan bawah Anda. Dengan stress yang berulang dan repetitif, Anda dapat mengalami nyeri pada otot dan tendon bahkan saat beristirahat, yang dapat menyebabkan kelemahan dalam melemahnya kekuatan genggaman tangan. Bagaimana cara mengurangi nyeri tersebut? Berikut penjelasannya. Bagaimana cara mengurangi nyeri tersebut? Es Gunakan es pada pergelangan tangan untuk mengurangi peradangan dan nyeri. Aplikasikan 2-3 kali sehari selama 15-20 menit. Pereganga [...]

Cinderella Complex, Kondisi Wanita Tergantung Pada Pria

Cinderella Complex, Kondisi Wanita Tergantung Pada Pria

Cinderella complex pertama kali digambarkan oleh Colette Dowling, yang menulis buku tentang ketergantungan wanita pada sosok orang lain. Kelainan ini semakin terlihat seiring pertambahan usia seorang wanita. Sesuai dengan namanya, Cinderella complex mengambil namanya dari sebuah cerita dongeng tentang seorang wanita cantik dan pekerja keras yang terperangkap dalam sebuah situasi sosial yang tidak dapat diubahnya. Namun situasi berubah dengan bantuan kekuatan luar, dalam hal ini adalah sesosok pria, dan dalam kisah cinderella diwakili oleh seorang pangeran. Apa itu Cinderella Complex? Cinderella complex adalah sebuah keadaan psikis dimana wanita memiliki perasaan takut terselubung untuk menjadi mandiri. Dalam pikiran wanita terdapat keinginan untuk selalu diselamatkan, dilindungi dan disayangi oleh pasangan. Layaknya dongeng Cinderella, wanita dengan cinderella complex merasa takut untuk menjadi mandiri dan berharap ada sosok lelaki yang dapat melindunginya dan menjadi sosok ?pangeran? dalam hidupnya. Cinderella complex menjadi hambatan bagi individu tersebut untuk berkembang karena keinginannya untuk bersandar pada sosok suami atau pasangan. Seorang wanita merasa nyaman dengan ke [...]

Buah dan Sayuran Segar Penangkal Resiko Jantung

Buah dan Sayuran Segar Penangkal Resiko Jantung

Seperti yang kita semua ketahui tentang perlunya memakan sayuran dan buah segar bagi kesehatan tubuh, ternyata juga menjadi jawaban penangkal bagi pengidap penyakit jantung genetikal. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan melalui PLoS Medicine, The Effect of Chromosome 9p21 Variants on Cardiovascular Disease May Be Modified by Dietary Intake: Evidance from a Case/Control and a Prospective Study. Dalam studi ini, mampu mendukung rekomendasi kesehatan publik US untuk mengkonsumsi buah dan sayuran segar lebih dari lima serving sizes yaitu sekitar 2.5 ukuran gelas penuh setiap hari sebagai pendukung tercapainya hidup sehat, ungkap Profesor Sonia Anand dari McMaster University, Kanada, sebagai salah satu peneliti. Meskipun korelasi antara penurunan resiko jantung genetikal terhadap pola makan buah dan sayuran segar yang banyak tiap hari belum dapat ditemukan, namun tetap menjadikan temuan ini sebagai salah satu bukti pentingnya memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar pada masyarakat yang semakin terkontaminasi oleh makanan-makanan instan dan berlemak tinggi. Kebutuhan tubuh akan asupan buah-buahan dan sayuran segar yang banyak ini, tidak hanya dikarenakan f [...]

Jumlah Garam yang Aman Dikonsumsi Tubuh

Jumlah Garam yang Aman Dikonsumsi Tubuh

Selain berfungsi menambah rasa pada makanan, garam juga berguna untuk memaksimalkan kerja saraf dan otot. Namun, mengonsumsi secara berlebihan juga bisa memberikan dampak buruk. Lalu berapa jumlah garam yang aman dikonsumsi?Seperti yang dikutip Lifemojo, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi garam terlalu banyak berakibat buruk pada kesehatan. Salah satu di antaranya, kadar garam berlebih dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi (hipertensi) dan bagi para penderita osteoporosis dianjurkan untuk lebih sedikit saat mengonsumsi garam.Berdasarkan ukuran rata-rata manusia, orang dewasa membutuhkan paling banyak 4,2 gram dan minimal 1,5 gram per harinya. Sedangkan pemerintah mengimbau agar orang dewasa mengonsumsi 6 gram dan untuk anak-anak, kurang dari 6 gram.Tetapi pada kenyataannya, konsumsi garam rata-rata pada orang dewasa bisa mencapai dua kali lipatnya, 10 hingga 12 gram. Hal ini masih menjadi perdebatan bagi beberapa pihak, menurut organisasi pro-garam setiap tubuh yang sehat akan memproses garam yang dibutuhkan dan sisanya akan dibuang oleh ginjal.Untuk menghindari kelebihan garam dalam tubuh, biasakan untuk menghindari atau paling tidak mengontrol mak [...]

Lebih Jauh Tentang Penyakit Jantung Koroner

Lebih Jauh Tentang Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung yang paling umum terjadi adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini terjadi ketika pasokan darah yang kaya oksigen menuju otot jantung terhambat oleh plak pada arteri koroner. Pada dinding pembuluh arteri dapat terjadi kondisi ateroskelosis, yaitu penumpukan kolesterol dan substansi lainnya yang semakin bertambah sehingga mempersempit ruang arteri. Tumpukan ini disebut plak. Sejatinya plak sudah bersarang di dinding arteri sejak seseorang masih muda. Makin tinggi usia seseorang, makin menumpuk plak di lokasi yang sama. Plak sendiri mengeluarkan zat kimia yang membuat dinding bagian dalam dari pembuluh menjadi lengket. Pada saat bersamaan, darah memuat sel-sel inflamasi, lipoprotein, dan kalsium. Zat-zat ini kemudian akan menempel di dinding pembuluh darah sehingga membuat timbunan plak makin banyak. Makin besar plak, makin sempit arteri koroner sehingga suplai darah kaya oksigen ke jantung kian menipis. Plak juga dapat pecah dan kemudian menyumbat sebagian besar hingga seluruh aliran darah pada pembuluh arteri. Bila hambatan aliran darah ini terjadi pada arteri koroner, maka dapat terjadi serangan jantung. Sebenarnya, pembuluh darah atau arteri yang mengalami [...]

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan dengan Tidur

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan dengan Tidur

Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan setiap wanita. Biasanya para wanita akan melakukan segala cara untuk mendapatkan tubuh yang proporsional serta berat badan yang ideal. Tahukan Anda bahwa tidur lelap adalah cara yang mudah menurunkan berat badan?Dikutip dari Bold Sky, seseorang yang kurang tidur dapat mengalami berbagai macam penyakit, misalnya depresi, penyakit jantung dan diabetes. Namun, Ilmu Kedokteran telah membuktikan bahwa jika Anda tidur dengan baik akan memicu penurunan berat badan dan menjaga tubuh Anda tetap bugar.Menurut David Rappoport MD, professor dan direktur divisi Sleep Medicine di New York University of Medicine, tidur sangat mempengaruhi hormon dalam tubuh dan membuat nafsu makan jadi berkurang. penelitian ini pun telah dilakukan oleh University of Chicago.Berikut ini adalah bukti bahwa tidur dapar menurunkan berat badan.1. Mengontrol Nafsu MakanKetika Anda tidur, tubuh menghasilkan hormone gherelin yang berguna untuk mengurangi hilangnya energi yang mengakibatkan Anda merasa lapar. Tidur kurang dari enam jam akan membuat produksi hormon gherelin semakin meningkat dan membuat Anda merasa selalu lapar. Tetapi bukan berarti Anda dapat makan yang bany [...]

Indonesia Mewaspadai Kemungkinan Ancaman E-coli

Indonesia Mewaspadai Kemungkinan Ancaman E-coli

Menyusul setelah memakan korban jiwa sebanyak 22 jiwa dan sedikitnya 2200 korban dirawat intensif, pihak otoritas kesehatan Indonesia mulai mengambil tindakan pengamatan dan waspada dalam mengantisipasi perluasan wabah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coliyang hadir dengan strain barudari benua Eropa. Strain e-coli yang baru dikenal dengan sebutan Enterohaemorrhagic Escherichia coli atau EHEC, yang memiliki dampak fatal yang memicu perdarahan parah. Pengamatan dantindakanantisipasidilakukan kepada penumpang dari mancanegara yang menunjukkan gejala infeksi; seperti kram disertai diare yang diikuti demam juga mual-muntah. Dirjen Pengendalian Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama memerintahkan semua unit kesehatan pada setiap instansi di bandara internasional Indonesia untuk mewaspadai hal-hal tersebut. ?Memang masih terlalu dini untuk merespon keadaan yang terjadi di Amerika Serikat dan Eropa, namun tidak ada salahnya dengan mengambil tindakan pencegahan ekstra,? jelasnya. Lebih jauh beliau menjelaskan masa inkubasi EHEC yang berkisar antara 3 hingga 8 hari. Bakteri tersebut diduga berasal dari sayuran kecambah dar [...]

3 Tips Memilih BB Cream

3 Tips Memilih BB Cream

BB Cream merupakan singkatan dari beauty balm atau blemish balm. BB Cream sebelumnya dikembangkan oleh dokter spesialis kulit dari Jerman sebagai suatu krim untuk melindungi kulit dan menutupi bekas kulit setelah perawatan laser. Formula ini menjadi populer di Korea Selatan dan kemudian meluas di seluruh Asia. BB Cream dapat digunakan seperti krim dasar rias wajah (foundation). Selain sebagai dasar rias wajah, produk ini juga mengandung bahan-bahan seperti tabir surya, anti penuaan dan pelembab. Namun, jangan terjebak dengan berpikir bahwa BB Cream adalah solusi dari segala masalah kulit Anda. BB Cream tidak dapat digunakan sendiri saja untuk perawatan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang berjerawat maka Anda tetap harus mendapatkan perawatan kulit khusus untuk kulit berjerawat. Sedangkan bila kulit Anda adalah kulit yang sangat kering, Anda tetap membutuhkan pelembab tambahan untuk kulit Anda. Bila Anda memiliki kulit yang mudah mengalami alergi maka penggunaan produk kulit yang baru Anda gunakan juga tetap memerlukan kewaspadaan khusus, tidak terkecuali BB Cream. Memilih BB Cream yang cocok untuk kondisi kulit Anda harus menjadi perhatian khusus karena tidak semua BB Cream coc [...]

3 Cara Lindungi Si Kecil dari Ancaman Kekerasan

3 Cara Lindungi Si Kecil dari Ancaman Kekerasan

Dalam kurun waktu satu bulan saja, ada begitu banyak kasus kekerasan anak, itu yang muncul ke permukaan media, belum lagi yang tidak dilaporkan, kekerasan ini terjadi di lingkungan yang justru menjanjikan ?rumah? kedua bagi si anak. Ironis memang. Tiga kasus terakhir yang disorot antara lain, kasus pelecehan seksual di JIS, kasus kekerasan yang membunuh Dimas di STIP, dan yang terakhir seorang bocah kelas 5 SD yang dibunuh seniornya (kelas 6 SD) karena tak sengaja menumpahkan es seharga 1000 rupiah. Belum lama kita memperingati momentum Hari Keluarga Mei lalu, mari kita tinjau kembali peranan kita sebagai keluarga, supaya kita tahu betul setiap jejak pertumbuhan anak-anak kita dimana pun mereka berada. Berikut ini kami sajikan tips untuk memantau anak Anda, ketika Anda sebagai orang tua tidak bisa 7x24 jam berada di sisinya. 1. Seks Edukasi Bagaimana anak Anda membawa dirinya keluar rumah mencerminkan apa yang dipelajarinya di rumah, jadi pastikan Anda mengarahkan anak Anda dengan tepat, karena keluarga sesungguhnya institusi pendidikan pertama bagi si anak. Pendidikan disini termasuk edukasi seksual, janganlah menganggap tabu pembicaraan mengenai alat kelamin dan fungsi seksual [...]

Suka Minum Kopi? Waspadai Hal-hal Berikut Ini

Suka Minum Kopi? Waspadai Hal-hal Berikut Ini

Minuman yang dapat merangsang dan memiliki efek langsung pada tubuh dan pikiran ini dapat menyegarkan serta menambah energi baik secara fisik maupun mental. Namun konsumsi kopi terlalu berlebihan memang bisa mengakibatkan kecanduan dan dapat menimbukan efek bahaya bagi tubuh. Kopi juga merangsang otak dan membuat tubuh melepaskan hormon stres dalam darah. Jika stimulasi yang diberikan terlalu berlebihan akan menyebabkan tubuh terjaga dan secara praktis merampas pikiran dan energi.Seperti dikutip dari Hubpages, kecanduan kopi biasanya terjadi jika timbul suatu keinginan yang kuat untuk minum kopi setelah dihentikan beberapa waktu. Saat pecandu kopi tak minum kopi, mereka akan merasakan tanda-tanda seperti:1. Rasa lelah sepanjang hari2. Perut mulas3. Mudah marah4. Terjadi gangguan tidur5. Rasa tidak nyaman di leher, bahu, punggung, perut, tangan dan kaki6. Sembelit7. Perasaan khawatir dan gelisah8. Sulit konsentrasi9. Pusing.Gejala yang timbul ini merupakan bagian dari penarikan kafein (withdrawal) yang akan timbul setelah 12 hingga 24 jam dari waktu terakhir kali orang tersebut mengonsumsi kopi.Salah satu fakta yang paling menarik mengenai kecanduan kopi adalah meningkatnya toler [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *