7 Manfaat Minum Teh Hijau Bagi Kesehatan

teh.jpg

Sering minum teh setiap pagi? Coba ganti teh biasa dengan teh hijau, yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Teh hijau dapat menurunkan berat badan, mengobati jerawat, hingga meningkatkan daya ingat.

Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat minum teh hijau secara rutin, simaklah penjabaran berikut yang dilansir dari Our Vanity.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker dan Jantung
Teh hijau kaya akan antioksidan yang memerangi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan penggumpalan darah, kanker, jantung, hingga kerusakan DNA. Teh hijau juga mampu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

2. Menurunkan Berat Badan
Teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan rutin meminum teh hijau, maka akan membantu membakar lemak hingga 80 kalori per hari.

3. Panjang Umur
Menurut studi yang dilakukan di Jepang pada tahun 1994, orang yang mengonsumsi lima cangkir teh hijau atau lebih setiap harinya, memiliki risiko kematian lebih rendah pada usia muda daripada yang sama sekali tidak minum teh hijau. Survei tersebut dilakukan terhadap lebih dari 40.000 orang.

4. Mengobati Jerawat dan Eksim
Terdapat banyak produk perawatan wajah yang mengandung teh hijau. Salah satu manfaat terbesar dari teh hijau adalah dapat mencegah serta mengobati jerawat. Teh hijau pun bisa mengatasi eksim atau peradangan kulit seperti melepuh atau berbentuk gelembung kecil yang berisi cairan. Untuk mencapai hasil maksimal, Anda dapat mengonsumsi teh hijau sedikitnya 3 cangkir setiap hari.

5. Kebersihan Gigi
Teh hijau juga bermanfaat untuk membersihkan gigi. Kandungannya melindungi gigi Anda dari racun yang disebabkan oleh fluorida alami. Dengan demikian, teh hijau bisa melindungi gigi serta menjaga aroma napas tetap segar.

6. Awet Muda
Salah satu khasiat dari teh hijau adalah awet muda. Kandungan antioksidan, vitamin C, dan E akan membantu Anda tampak lebih muda. Namun, Anda harus minum teh hijau secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Meningkatkan Memori dan Kemampuan Bekerja
Teh hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif. Anda bisa lebih baik saat menghafal dan bekerja. Epigallocatechin gallate (EGCG) merupakan jenis catechin yang terkandung dalam teh hijau yang dapat melindungi otak dari kerusakan serta memiliki kemampuan untuk mencegah kanker.

(kik/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Siapa bilang cokelat tidak terlalu bermanfaat bagi kesehatan maupun penampilan? Nyatanya, sebuah studi mengungkapkan bahwa cokelat ternyata lebih sehat ketimbang jus buah.Penelitian dari Hershey Centre for Health & Nutrition di Amerika mengungkapkan bahwa dark chocolate dalam bentuk bubuk mengandung lebih banyak anti-oksidan dan polifenol, yang dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker dan serangan jantung. Berdasarkan laporan dari jurnal Chemistry Central, cokelat juga dapat mecegah kerusakan sel-sel sehat.Dalam studi tesebut, peneliti melakukan percobaan dengan membandingkan satu porsi dark chocolate, biji cokelat dengan jus buah yang dipercaya kaya akan kandungan oksigennya seperti acai berry, cranberry dan buah pome. Hasilnya, dark chocolate dan biji cokelat memiliki kandungan anti-oksidan dan flavanol yang lebih tinggi dari pada jus buah tersebut.Anti oksidan yang terkandung di biji cokelat dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit-penyakit seperti kanker dan sakit jantung koroner. Senyawa tersebut juga bisa mencegah penuaan. Sedangkan flavanol, meningkatkan fungsi arteri dan mengurangi stres pada jantung.Dengan adanya hasil peneltian ini, bukan berarti [...]

Anak 7 Tahun Pengidap Anoreksia: ‘Aku Selalu Lapar dan Tidak Bisa Makan’

Anak 7 Tahun Pengidap Anoreksia: ‘Aku Selalu Lapar dan Tidak Bisa Makan’

Anoreksia umumnya terjadi pada remaja di atas usia 15 tahun. Namun Anne tidak pernah menyangka kalau gangguan makan itu dialami putrinya, Sophie, saat baru berusia 7 tahun.Kepada ABC News, Anne --menggunakan nama samaran untuk melindungi privasi keluarga-- mengungkapkan bahwa putri kecilnya pernah berkata padanya di suatu malam, "Aku selalu lapar dan tidak bisa makan. Suara di kepalaku menyuruhku untuk tidak makan."Meskipun tinggi dan berat badan Sophie terlihat normal pada grafik pertumbuhan, dia akhirnya mengaku kalau selama ini selalu membuang bekal makan siangnya. Tak hanya itu, dia juga memaksa dirinya untuk berolahraga saat jam istirahat sekolah.Anne dan suaminya tahu bahwa Sophie memang anak yang perfeksionis. Namun mereka tidak menyangka anak kesayangannya bisa mengalami kondisi yang dinamakan anoreksia nervosa di usia yang masih sangat muda. Anne pun mencoba berbagai cara untuk mengetahui kenapa anaknya bisa mengalami kondisi ini."Guru Sophie pernah bilang padanya kalau dia harus makan sehat. Dan dia (Sophie) merupakan tipe anak yang sangat menaati peraturan dan berusaha menjalankannya lebih baik dari orang lain. Dia anak yang mudah gelisah," urai Anne.Perilaku Sophie y [...]

Awas Cedera Leher Karena Keseringan Nunduk Lihat Handphone

Awas Cedera Leher Karena Keseringan Nunduk Lihat Handphone

Di Amerika Serikat saat ini tengah populer istilah ?text neck syndrome?, yakni kondisi cedera leher akibat sering menunduk lihat handphone atau piranti komunikasi canggih lainnya untuk chatting. Istilah ?text neck syndrome? dipopulerkan dr. Dean L. Fishman, atau istilah medis yang sudah lama dikenal dengan anterior head syndrome. Istilah mengacu pada sindrom berlebihan atau cedera stres yang berulang, di mana Anda memiliki kecenderungan mengarahkan kepala Anda ke depan bawah guna melihat piranti komunikasi Anda sepanjang waktu. Seiring teknologi telekomunikasi yang semakin canggih, orang menghabiskan lebih banyak waktu dengan perangkat seperti smartphone dan tablet komputer. Kini 'text neck syndrome, berpotensi mempengaruhi kesehatan jutaan pengguna alat telekomunikasi di seluruh dunia dan kini masih terus berkembang. Gejala 'Text Neck Syndrome' Ketika para pengguna gadget berada dalam postur melihat ke bawah untuk jangka waktu lama, hal ini dapat menyebabkan nyeri di bahu, nyeri di leher dan bahkan sakit kepala yang kronis (berlangsung lama). Itu karena semakin Anda menjulurkan leher Anda ke arah depan, semakin berat beban yg harus diterima leher Anda. Dokte [...]

Melacak Penyakit dengan CT Scan

Melacak Penyakit dengan CT Scan

Pemindaian dengan teknologi computerized tomography atau biasa disebut CT scan, muncul pada awal tahun 1970-an. Sejak itu CT scan menjadi alat yang penting untuk pencitraan medis. Lalu apa manfaatnya? CT Scan menggabungkan serangkaian pemindaian X-ray yang diambil dari berbagai sudut yang berbeda. Kemudian komputer akan memproses sehingga menghasilkan gambar tulang dan jaringan lunak di dalam tubuh. Membantu Proses Diagnosis CT scan adalah mesin pemindai berbentuk lingkaran yang besar, cukup untuk dimasuki orang dewasa dengan posisi berbaring. Alat ini dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memonitor beragam kondisi kesehatan. Kemungkinan dokter akan merekomendasikan CT scan untuk dilakukan pada saat-saat tertentu, seperti: Melakukan diagnosis kelainan otot dan tulang, seperti tumor atau retak pada tulang. Menentukan lokasi tumor, infeksi, atau bekuan darah. Memandu prosedur medis ketika melakukan operasi, biopsi, atau terapi radiasi. Mendeteksi dan memonitor kondisi dan penyakit tertentu, seperti kanker, sakit jantung, nodul pada paru-paru, dan massa pada hati. Mencari tahu cedera atau pendarahan internal. Penggunaan CT scan kini juga makin banyak digunakan sebagai pemindaian [...]

3 Makanan Berbahaya Saat Lebaran

3 Makanan Berbahaya Saat Lebaran

Oleh: dr. Jessica Florencia Setelah satu bulan lamanya berpuasa, maka Idul Fitri merupakan saat yang dinanti-nantikan seluruh umat Muslim di dunia. Sementara berpuasa merupakan salah satu kegiatan ibadah yang juga dapat memberikan efek kesehatan yang baik, Idul Fitri juga seharusnya juga menjadi momen kemenangan yang memotivasi kita untuk tetap dapat mempertahankan pola hidup sehat. Makanan yang tersaji pada saat Idul Fitri memang tidak dapat dipungkiri sangat enak dan memanjakan lidah. Namun, kita perlu berhati-hati terhadap konsumsi berlebihan yang dapat mempengaruhi profil lipid (lemak), gula darah dan asam urat dalam darah. Makan terlalu banyak pada saat Idul Fitri dapat mengganggu metabolisme tubuh karena sistem tubuh menjadi ?kaget? dan dapat menyebabkan refluks esofagus (cairan asam lambung naik ke kerongkongan), sakit perut, kenaikan gula darah, kenaikan kadar kolesterol darah dan kenaikan berat badan. Setiap tahunnya, sekitar 40% pasien akan mengalami hal ini setelah perayaan Idul Fitri. Jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan adalah: Makanan dengan lemak tinggi (bersantan, digoreng rendam, mengandung margarin tinggi, jeroan) Makanan dengan gu [...]

Apa Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri?

Apa Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri?

Sakit dada sebelah kiri kerap dikaitkan dengan serangan jantung yang mengancam jiwa. Akan tetapi, bisa juga disebabkan oleh gangguan lain. Apabila Anda sakit dada kiri oleh karena serangan jantung, Anda memerlukan bantuan medis secepat mungkin. Namun, apabila disebabkan oleh gangguan lain, bisa jadi Anda tidak memerlukan pertolongan darurat. Untuk itu penting mengetahui apa saja penyebab sakit dada sebelah kiri dan apa saja gejala-gejala yang mengiringinya, agar Anda dapat memperoleh penanganan yang tepat. Kenali Penyebab dan Gejalanya Berikut ini beberapa gangguan yang dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri. Serangan jantung Serangan jantung terjadi saat aliran darah ke otot jantung tiba-tiba terhambat. Jika sakit dada sebelah kiri karena serangan jantung, Anda akan merasa dada Anda ditekan, diremas, dan muncul rasa berat dalam rongga dada. Tidak jarang diiringi dengan rasa seperti terbakar. Selain itu, mungkin juga timbul rasa sakit seperti ditusuk-tusuk atau mati rasa pada lengan kiri, yang dapat merambat ke lengan kanan. Lengan dapat terasa lebih lemah atau lebih berat dari biasanya. Saat serangan jantung akan muncul, dapat terjadi gejala sesak napas, rasa lelah yang luar [...]

4 Manfaat Kesehatan Makan dengan Alas Daun Pisang

4 Manfaat Kesehatan Makan dengan Alas Daun Pisang

Beberapa negara di kawasan Asia punya kebiasaan memakai daun pisang sebagai alas makan atau pembungkus makanan. Sebut saja Indonesia, Malaysia, Thailand juga India. Meskipun terkesan 'kurang elit' dan kuno, cara makan tradisional yang telah dilakukan sejak zaman dulu ini ternyata memberi beberapa manfaat baik bagi kesehatan tubuh maupun lingkungan. Apa saja?1. SehatDaun pisang kaya akan polifenol, antioksidan yang sama yang ditemukan dalam daun teh hijau. Polifenol merupakan antioksidan alami yang mampu melawan radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit. Daun pisang memang tidak dianjurkan untuk dimakan langsung karena sulit dicerna tubuh. Namun ketika dipakai untuk membungkus makanan, makanan di dalamnya bisa menyerap polifenol dari daun pisang. Khasiat antioksidan pun bisa didapatkan meskipun tidak terlalu signifikan.Selain itu daun pisang juga diyakini mengandung antibakteri yang membunuh kuman serta bakteri pada makanan sehingga mengurangi risiko Anda terkena penyakit. Dengan catatan, jika daun pisang sebelumnya telah dibersihkan dan juga berasal dari lingkungan yang bersih.2. Makanan Terasa Lebih NikmatDaun pisang memiliki lapisan seperti lilin yang memiliki aroma khas. K [...]

Pola Makan yang Harus Diperhatikan Ketika Sahur

Pola Makan yang Harus Diperhatikan Ketika Sahur

Saat puasa, Anda juga tetap bisa menjalankan diet sehat. Tidak hanya pola makan saat berbuka puasa saja yang harus diatur. Saat sahur, Anda pun perlu memperhatikan asupan makanan.Pola makan yang dijalankan dengan benar saat puasa, maka bisa membantu Anda untuk menjaga berat tubuh, bahkan menurunkan jumlah lemak. Ini makanan yang dianjurkan dikonsumsi saat sahur dari pakar gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS.1. Jangan BerlebihanSama seperti saat berbuka, ketika sahur juga tidak dianjurkan untuk makan terlalu banyak. Menurut Dr. Hardinsyah, secara fisiologis tubuh tidak bisa menerima makanan banyak. "Misalnya makan malam jam 7 atau 8 terus bangun sahur jam 2. Selama 4-5 jam sebenarnya makan malam masih diproses. Perut masih terasa kenyang. Kalau dipaksakan makan banyak tidak baik juga," ujar pakar gizi lulusan Queensland University, Australia itu saat berbincang dengan Wolipop lewat telepon, Kamis (10/7/2014).2. Makan SayurSaat sahur, pilihlah makanan yang seimbang. Ahli gizi yang akrab disapa Hardin itu menyarankan untuk lebih banyak makan sayur-sayuran karena saat puasa tubuh penting mendapatkan asupan serat. "Kalau kita karbonya dari serat dan sayur, gula darah naiknya pelan turunnya [...]

5 Mitos Kanker Payudara yang Harus Stop Anda Percaya Saat Ini Juga

5 Mitos Kanker Payudara yang Harus Stop Anda Percaya Saat Ini Juga

Mitos-mitos kesehatan seringkali menimbulkan pemahaman yang keliru pada banyak orang. Akibatnya bisa fatal apabila mitos yang beredar mengenai penyakit serius, salah satunya kanker payudara. Informasi keliru soal penanganan penyakit berbahaya ini bisa memicu penanganan yang salah apabila sampai dipercaya dan ditelan mentah-mentah, baik oleh penderita maupun orang lain.Memperingati bulan kesadaran akan payudara pada Oktober ini, Wolipop merangkum berbagai mitos paling umum seputar penyakit tersebut yang tidak sepenuhnya benar. Simak baik-baik agar tidak salah langkah dalam pengobatan.1. Kanker Payudara Hanya Terjadi pada WanitaPria pun bisa terkena kanker payudara, meskipun potensinya 100 kali lebih rendah dibandingkan wanita. Pria memiliki risiko mengidap kanker payudara sebesar 0,1 persen, sementara wanita 12,5 persen. Namun diagnosa kanker payudara pada pria biasanya baru diketahui ketika sudah dalam tahap stadium lanjut. Jadi ada baiknya jika pria pun mulai mengamati perubahan-perubahan pada payudaranya dan memeriksakan ke dokter agar penanganannya lebih mudah.2. Kanker Payudara Hanya Dialami Wanita Paruh BayaKanker payudara tidak memandang usia, penyakit ini bisa menyerang w [...]

Mana yang Lebih Sehat, Mentega atau Keju?

Mana yang Lebih Sehat, Mentega atau Keju?

Menyajikan roti dengan mentega atau keju adalah panganan yang sering menjadi pilihan utama saat sarapan sebelum pergi beraktivitas. Apalagi ditambah taburan meises atau selai, tentu akan lebih menggugah selera.Meskipun keduanya mengandung susu, namun ada perbedaan di antara keduanya. Manakah yang lebih sehat? Yuk simak di sini seperti dikutip dari Boldsky.Bahan untuk membuat keju dan mentega berbeda. Keju dibuat dengan cara mengentalkan susu atau fermentasi. Sementara mentega, dibuat dari lemak yang keluar dari susu. Jadi, mentega lebih banyak mengandung lemak daripada keju.Keju lebih menyehatkan karena mempertahankan protein susu, bahkan saat telah berbentuk menjadi keju. Itulah sebabnya keju kaya akan protein yang dapat membangun dan membentuk otot. Sedangkan mentega, sebagian besar tersusun dari lemak, dan kandungan proteinnya sangat sedikit.Keju juga kaya akan kalsium. Singkatnya, semua nutrisi yang terkandung pada susu disimpan dalam keju. Mentega juga mengandung sejumlah kalsium, tetapi tidak sebanyak keju.Mentega juga menyehatkan, karena memberi Anda energi dengan instan. Tapi keju adalah makanan yang kaya akan energi, tapi tidak akan memberikan energi yang instan seperti [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *