7 Penyakit yang Mengintai Ketika Liburan

vaksin-liburan-halal-haram.jpg

Apakah Anda memiliki rencana bepergian dalam waktu dekat? Atau Anda berhobi travelling? Dapat berwisata ke berbagai tempat di dunia pasti akan sangat menyenangkan. Namun, tahukah Anda bahwa setiap berkunjung ke suatu tempat yang baru, maka Anda berisiko terkena penyakit?

Pada prinsipnya, ancaman penyakit-penyakit yang mengintai ketika beergian jauh dapat dicegah dengan memberikan vaksin. Dewasa ini dikenal dengan Travel vaccine atau sering disebut juga travel immunization merupakan vaksin yang diberikan kepada mereka yang akan bepergian ke luar negeri sebagai proteksi diri terhadap penyakit serius. Vaksin ini biasanya direkomendasikan terutama pada daerah/negara yang memiliki risiko tinggi penyakit tertentu., seperti avian flu di China, chikungunya di Caribbean.

Penyakit-penyakit yang biasa menghantui kita ketika liburan

Berikut ini adalah penyakit-penyakit yang biasa menghantui kita ketika liburan dan bepergian jauh serta jenis-jenis vaksin yang dapat diberikan untuk mencegahnya:

  1. Penyakit Meningitis dengan Vaksin meningokokus
    Vaksin ini untuk mencegah penyakit meningitis diwajibkan jika Anda akan bepergian ke Arab Saudi saat akan melakukan umrah atau haji. Terkait kontroversi halal-haram vaksin ini, kini sudah hadir vaksin halal untuk jamaah haji.
  2. Penyakit Yellow Fever dengan Vaksin yellow fever
    Dibutuhkan jika Anda berwisata ke daerah tertentu di Afrika (Ethiopia, Sudan, Nigeria) atau Amerika Selatan. Vaksinasi ini diwajibkan oleh World Health Organization sebelum memasuki daerah tersebut, bahkan setelah vaksinasi, Anda akan memiliki sertifikat vaksinasi internasional untuk yellow fever yang berlaku untuk 10 tahun.
  3. Hepatitis B
    Vaksinasi ini sebaiknya dilakukan pada orang dewasa yang akan bepergian ke daerah endemic hepatitis B, bekerja di fasilitas kesehatan, dan mereka yang memiliki kontak dengan darah atau kontak seksual dengan masyarakat di area tersebut.
  4. Polio
    Risiko penyakit polio untuk wisatawan sudah menurun semenjak dilakukannya eradikasi polio secara global. Dosis tungga vaksin poliomyelitis pada dewasa direkomendasikan untuk wisatawan internasional yang berkunjung ke daerah epidemik atau endemik polio. Negara yang masih terdapat penyakit polio adalah Kamerun, Somalia, Ethiopia, Kenya, dan Syria.

Penyakit-penyakit yang biasa menghantui kita ketika liburan

  1. Japanese Enchepalitis
    Virus ini menyebabkan ensefalitis (infeksi otak), banyak ditemukan di India, Bangladesh, Nepal, Pakistan, China, Vietnam. Vaksin disarankan bagi mereka yang akan tinggal selama minimal 1 bulan di daerah tersebut.. Vaksin juga disarankan untuk wisatawan yang berkunjung kurang dari 1 bulan di daerah endemik, kunjungan kedua, atau akan melakukan aktifitas outdoor yang ekstensif.
  2. Hepatitis A
    Hepatitis A merupakan salah satu vaksin yang umum diberikan untuk wisatawan. Vaksin ini diberikan bagi mereka yang akan bepergian ke negara berkembang dengan sanitasi dan kebersihan makanan kurang, dan merupakan daerah endemik hepatitis A. Vaksin dapat diberikan 2 minggu sebelum berangkat, 1 kali suntik untuk perlindungan selama 1 tahun. Dosis booster diberikan setelah 1 tahun, dan akan memberikan perlindungan minimal 20 tahun.
  3. Influenza
    Influenza disebabkan oleh virus yang mudah menyebar lewat udara. Virus influenza memiliki beberapa strain/jenis. Vaksin influenza akan mencegah Anda terserang virus ini yang dapat mengganggu wisata Anda.

Vaksin yang dipilih tergantung pada beberap hal, yaitu negara yang akan dikunjungi, waktu, lama tinggal, usia dan status kesehatan, apa yang akan dilakukan di tempat tersebut, pekerjaan (misal: petugas kesehatan), dan kontak dengan binatang. Konsultasikan dengan dokter saat akan memilih vaksin, terutama jika Anda sedang hamil, menyusui, memiliki riwayat alergi, dan dengan defisiensi imun (misalnya HIV/AIDS).

di laman utama website kami.[](DK)

Baca juga:

  • Tetap Sehat Selama Long Weekend
  • Tips Sehat Selama Liburan
  • Kelamaan Liburan Bisa Bikin Otak Lemot!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Penyebab Sepele Anda Sulit Tidur yang Bisa Berujung Insomnia

5 Penyebab Sepele Anda Sulit Tidur yang Bisa Berujung Insomnia

Sulit tidur di malam hari bisa mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika kesulitan tidur tidak segera diatasi maka bisa berakibat Anda mengidap insomnia. Sebenarnya, apa yang membuat orang susah tidur terlelap? Hal-hal yang terbilang sepele saja ternyata bisa membuat kualitas tidur terganggu. Ini enam penyebabnya, yang Wolipop rangkum dari berbagai sumber. 1. Salah Pilih Tirai JendelaJika tirai jendela terlalu pendek atau transparan, cahaya lampu dari luar akan masuk ke kamar tidur dan menyebabkan produksi melatonin dalam tubuh terganggu. Melatonin adalah hormon yang krusial dalam membuat Anda mengantuk dan tertidur. Ganti tirai dengan material yang lebih tebal dan gelap agar cahaya tidak masuk.2. Kebiasaan Memasang Alarm karena Takut Bangun KesianganMemasang alarm memang akan membantu Anda untuk bangun tepat pada waktunya. Tapi itu hanya akan membuat lebih sulit tidur, karena memasang alarm akan membuat Anda untuk selalu mengecek waktu. Sudah cukupkah aku tidur? Berapa lama aku terlelap tadi? Apakah alarm-nya berfungsi? Hal-hal seperti itu akan membuat Anda lebih sulit relaks dan tertidur. Sebaiknya percayakan pada siklus tidur tubuh Anda. Apabila pola hidup sehat sud [...]

Tes Pre-eklamsia Dini

Tes Pre-eklamsia Dini

Kondisi kehamilan beresiko akibat pre-eklamsia kini telah mampu di prediksi sedini mungkin sehingga dapat mencegah segala komplikasi pada kesehatan ibu dan bayi. Penelitian ini di publikasikan dalam pertemuan tahunan the American Society of Nephrology terhadap 300 wanita, dikutip dari BBC News Health (12/11). Meningkatnya tekanan darah dan kelebihan kadar protein dalam urin ibu hamil merupakan kondisi serius yang biasa disebut pre-eklamsia. Bila tidak dimonitor secara khusus oleh dokter ahli kandungan, ibu dan bayi bisa berada dalam keadaan bahaya yang mengancam jiwa keduanya. Untuk itu seringkali dokter menganjurkan agar anak segera dilahirkan apabila gejala pre-eklamsia terjadi di minggu-minggu akhir kehamilan, dan melarang segala aktifitas ibu hamil apabila pre-eklamsia terjadi di awal kehamilan agar dapat memperpanjang kehamilan hingga bayi dianggap cukup kuat untuk dilahirkan. Bahkan tidak jarang pre-eklamsia berlanjut hingga setelah kelahiran sebagai kondisi eklamsia yang juga mengancam jiwa. Hingga kini penyebab pre-eklamsia masih sebatas kemungkinan dan hipotesis semata, tak ayal banyak para dokter belum dapat merawat ibu hamil dengan pre-eklamsia sebelum terjadinya gejala [...]

Menurut Studi, Anda Merasa Paling Bahagia di Waktu Pagi

Menurut Studi, Anda Merasa Paling Bahagia di Waktu Pagi

Kondisi tubuh manusia bisa berubah-ubah setiap waktu. Tubuh manusia memiliki siklus yang dinamakan ritme sirkadian, yaitu naik-turunnya hormon (fluktuasi) yang terjadi pada jam-jam tertentu. Fluktuasi ini berpengaruh terhadap suhu tubuh dan tekanan darah yang bisa mengubah mood, emosi hingga tingkat energi. Menurut sejumlah ahli dan penelitian, ritme sirkadian ini juga menentukan waktu-waktu terbaik kapan Anda harus bangun pagi, ketika ingin hamil atau kapan wajah Anda terlihat paling menarik.(hst/hst) [...]

Seperti Apa Bentuk Pengobatan Hipnoterapi?

Seperti Apa Bentuk Pengobatan Hipnoterapi?

Hipnosis bukanlah hal baru bagi masyarakat Indonesia. Meski awalnya lebih dikenal di dunia hiburan, kini terapi hipnosis atau hipnoterapi digunakan sebagai upaya mengatasi gangguan kesehatan. Terdapat banyak anggapan tentang kegunaan hipnoterapi, meski hingga saat ini belum ada bukti kuat yang dapat mendukung hipnoterapi benar-benar dapat bermanfaat. Sebagian ahli pun berpendapat bahwa hipnoterapi sebagai teknik relaksasi yang menggunakan kekuatan sugesti atau memiliki efek plasebo. Mengurangi Ketegangan Hipnosis dalam hipnoterapi, sebagaimana teknik relaksasi lain, membuat tekanan darah dan detak jantung menjadi lebih rendah, sekaligus mengubah aktivitas gelombang otak tertentu. Kondisi ini yang kemudian dimanfaatkan oleh hipnoterapis untuk memasukkan sugesti. Ada hasil penelitian klinis yang mengemukakan bahwa hipnoterapi mungkin dapat menciptakan relaksasi, menurunkan tingkat stres dan kecemasan, mengurangi rasa sakit, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Sebuah penelitian lain menunjukkan, pasien dengan gangguan gigi yang melalui proses hipnosis lebih mampu menahan rasa sakit dibandingkan yang tidak melakukannya. Ada juga yang menganggap hipnosis mampu mempercepat masa pe [...]

4 Cara Mudah Untuk Mencegah Bekas Jerawat

4 Cara Mudah Untuk Mencegah Bekas Jerawat

Jerawat dan bekas jerawat adalah 2 masalah kulit yang seolah semakin tidak dapat dipisahkan. Mereka yang datang ke ruang praktik dokter karena masalah jerawat, seringkali kembali lagi, baik karena masalah jerawat yang membandel atau karena masalah bekas jerawat. Tidak semua orang merasa bahwa bekas jerawat adalah suatu masalah. Namun, untuk sebagian orang lainnya, bekas jerawat dapat menyebabkan masalah kepercayaan diri yang cukup serius. Sebenarnya, bekas jerawat dapat dicegah dengan cara-cara yang mudah. Berikut ini adalah rekomendasi dari American Academy of Dermatology mengenai cara mudah untuk mencegah munculnya bekas jerawat pada kulit berjerawat. Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat Obati Jerawat Anda Semakin sedikit jerawat yang Anda miliki, semakin kecil kemungkinan Anda untuk memiliki bekas jerawat. Mengobati jerawat sangat penting untuk mencegah jaringan parut, terutama jika: Jerawat parah (kista dan nodul): Jerawat jenis ini lebih mungkin untuk meninggalkan bekas luka setelah jerawatnya teratasi. Jerawat yang mulai muncul pada usia muda: jerawat yang muncul di masa praremaja sering berkembang menjadi jerawat yang parah dalam beberapa tahun. Di [...]

7 Makanan Sumber Gula yang Tidak Anda Ketahui

7 Makanan Sumber Gula yang Tidak Anda Ketahui

Badan kesehatan dunia (World Health Organization/WHO) menegaskan bahwa rekomendasi kebutuhan tubuh akan gula adalah 5% dari total asupan kebutuhan kalorinya. Semisal kebutuhan kalori tubuh adalah 2000 kalori, maka kebutuhan gulanya adalah 25,8 gram per hari. (Baca: Kebutuhan Gula Tubuh: 5% Dari Kalori per Hari) Hal ini memang sulit untuk dicapai namun bila dapat terpenuhi maka seseorang dapat terhindar dari konsekuensi kesehatan seperti obesitas dan kerusakan gigi. Panduan terbaru ini lebih ketat daripada panduan sebelumnya yang menyarankan konsumsi gula terbatas hanya 10% dari total asupan kalori tubuh. Namun, WHO menegaskan bahwa semakin sedikit konsumsi gula seseorang maka makin baik dampaknya bagi kesehatan. (Baca: 10 Alasan Mengurangi Gula) Permen dan kue-kue manis mungkin lebih mudah untuk dihindari karena kita sudah mengetahui bahwa makanan-makanan tersebut manis. Namun, ada beberapa makanan lain yang sepertinya tidak manis namun mengandung kandungan gula yang cukup tinggi. 1. Kismis Makanan yang dikeringkan menyebabkan kandungan gulanya menjadi lebih tinggi. Satu cangkir kismis mengandung 97,66 gram gula yang mencapai 4x kebutuhan gula sesuai rekomendasi WHO. Tanpa disa [...]

Tidur Telentang atau Tengkurap, Mana yang Lebih Baik?

Tidur Telentang atau Tengkurap, Mana yang Lebih Baik?

Manusia membutuhkan waktu sepertiga dari hidupnya untuk tidur agar fungsi tubuh dapat bekerja dengan semestinya secara maksimal. Kualitas tidur ditentukan oleh sejumlah faktor salah satunya posisi Anda saat tidur di malam hari. Beberapa posisi tidur baik untuk menunjang kesehatan namun ada pula yang sebaiknya dihindari karena bisa mengganggu kinerja fungsi tubuh.Umumnya manusia tidur dengan posisi yang dianggapnya nyaman tanpa memikirkan apakah itu baik atau tidak terhadap kesehatan. Posisi tidur yang satu pun belum tentu cocok untuk semua orang, tergantung dari kondisi kesehatan dan gaya hidupnya. Ini berbagai posisi tidur yang paling umum, dan tentukan sendiri mana yang paling sesuai untuk Anda.1. TelentangSebagian besar ahli kesehatan akan menyarankan Anda untuk tidur telentang atau berbaring. Posisi ini paling ideal untuk menjaga kesehatan tulang belakang dan leher. Kasur akan menopang tulang belakang dengan baik, punggung pun tetap lurus dan tidak mengerut. Akan lebih baik lagi jika Anda tidur dengan bantal tipis atau tanpa bantal karena membuat tulang leher dalam posisi netral. Terlalu banyak memakai bantal untuk menoopang kepala bisa membuat Anda sulit bernapas.Tidur tele [...]

Riset: Diet Vegetarian Bisa Atasi Masalah Hipertensi

Riset: Diet Vegetarian Bisa Atasi Masalah Hipertensi

Hampir sepertiga orang dewasa di Amerika Serikat memiliki masalah tekanan darah tinggi atau yang sering dikenal dengan hipertensi. Hipertensi ini meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke. Tak jarang hipertensi juga disebut sebagai "silent killer", karena serangan datang tiba-tiba tanpa adanya tanda-tanda masalah sebelumnya. Apakah penyakit yang berisiko mematikan itu bisa dihindari? Penelitian menunjukkan dengan makan diet vegetarian dapat membantu mengatasi hipertensi ini.Seperti dikutip CNN, tekanan darah yang normal pada umumnya adalah 120/80 mm HG. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa setiap peningkatan 20/10 mm HG dalam jumlah dua kali lipat, pasien lebih berisiko terkena penyakit kardiovaskular. Sedangkan jika Anda dapat menurunkan 5 mm HG, risiko terserang penyakit jantung yang mematikan berkurang sekitar 7%. Dan riset yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Internal Medicine membuktikan mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak terbukti bisa menurunkan risiko tersebut.Dalam risetnya, peneliti menganalisis data dari tujuh percobaan klinis yang diterbitkan sebelumnya dan 32 studi observasi. Dalam percobaan klinis itu ada 311 orang yang menjadi r [...]

7 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Tubuh

7 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan mengonsumsi buah-buahan. Mulai dari efek positif pada kesehatan hingga urusan penampilan tubuh.Memakan buah segar dipercaya jauh lebih baik ketimbang jus. Hal ini karena, jus bisa membuat nutrisi dalam buah menghilang akibat proses pembuatannya. Seperti yang dikutip dari Times of India, ada beberapa buah yang paling baik untuk dikonsumsi. Apa saja?1. KiwiWalau bentuknya kecil, namun manfaat kiwi begitu besar. Kiwi merupakan sumber potasium --mineral yang membantu turunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi sistem saraf otonom yang mengontrol detak jantung, mengandung banyak vitamin E, magnesium serta serat. Menariknya, kandungan vitamin C di dalam kiwi dua kali lipat lebih besar daripada jeruk.2. ApelWalau kandungan vitamin C tidak terlalu tinggi, namun apel memiliki kadar antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan manfaat vitamin C. Hasilnya, risiko masalah usus, serangan jantung, kanker dan stroke menurun.3. StroberiStoberi memiliki kandungan antioksidan tertinggi daripada buah lainnya. Selain itu, buah yang rasanya sedikit asam ini dapatmelindungi tubuh dari penyebab kanker dan penyumbatan pembuluh darah akibat radikal [...]

Suntik Botox Bisa Sembuhkan Disfungsi Kandung Kemih

Suntik Botox Bisa Sembuhkan Disfungsi Kandung Kemih

Suntik botox biasanya dilakukan untuk mencegah timbulnya kerutan dan kulit kusam karena penuaan. Tapi kini, obat antikerut itu juga dapat digunakan untuk mengobati wanita yang menderita disfungsi kandung kemih, yang menyebabkan inkontinensia atau sering buang air kecil.Bagi para wanita yang memiliki kandung kemih yang terlalu aktif, harus menggunakan obat jika metode lain terbukti tidak efektif. Aturan ini telah dikeluarkan oleh Regulator obat National Institute for Health and Clinical Excellence (NICE).Dikutip dari Daily Mail, satu dari lima orang di Inggris dan Wales menderita sindrom kandung kemih tersebut. Gejalanya yaitu, mereka selalu merasa terdesak untuk menggunakan toilet. "Botox memberikan perbaikan dramatis bagi banyak orang dan memungkinkan mereka untuk melanjutkan gaya hidup normal," ungkap Andrew Hextall, konsultan urogynaecologist dari Spire Bushey Hospital dan St Albans City Hospital di Hertfordshire.Botox merupakan obat yang mengandung sejumlah toksin botulinum yang dimurnikan. "Botox dapat melumpuhkan otot-otot kandung kemih sehingga mencegah mereka menegang," jelas Hextall."Tapi efeknya hanya berlangsung selama enam sampai delapan bulan, sehingga suntikan perl [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *