7 Penyakit yang Mengintai Ketika Liburan

vaksin-liburan-halal-haram.jpg

Apakah Anda memiliki rencana bepergian dalam waktu dekat? Atau Anda berhobi travelling? Dapat berwisata ke berbagai tempat di dunia pasti akan sangat menyenangkan. Namun, tahukah Anda bahwa setiap berkunjung ke suatu tempat yang baru, maka Anda berisiko terkena penyakit?

Pada prinsipnya, ancaman penyakit-penyakit yang mengintai ketika beergian jauh dapat dicegah dengan memberikan vaksin. Dewasa ini dikenal dengan Travel vaccine atau sering disebut juga travel immunization merupakan vaksin yang diberikan kepada mereka yang akan bepergian ke luar negeri sebagai proteksi diri terhadap penyakit serius. Vaksin ini biasanya direkomendasikan terutama pada daerah/negara yang memiliki risiko tinggi penyakit tertentu., seperti avian flu di China, chikungunya di Caribbean.

Penyakit-penyakit yang biasa menghantui kita ketika liburan

Berikut ini adalah penyakit-penyakit yang biasa menghantui kita ketika liburan dan bepergian jauh serta jenis-jenis vaksin yang dapat diberikan untuk mencegahnya:

  1. Penyakit Meningitis dengan Vaksin meningokokus
    Vaksin ini untuk mencegah penyakit meningitis diwajibkan jika Anda akan bepergian ke Arab Saudi saat akan melakukan umrah atau haji. Terkait kontroversi halal-haram vaksin ini, kini sudah hadir vaksin halal untuk jamaah haji.
  2. Penyakit Yellow Fever dengan Vaksin yellow fever
    Dibutuhkan jika Anda berwisata ke daerah tertentu di Afrika (Ethiopia, Sudan, Nigeria) atau Amerika Selatan. Vaksinasi ini diwajibkan oleh World Health Organization sebelum memasuki daerah tersebut, bahkan setelah vaksinasi, Anda akan memiliki sertifikat vaksinasi internasional untuk yellow fever yang berlaku untuk 10 tahun.
  3. Hepatitis B
    Vaksinasi ini sebaiknya dilakukan pada orang dewasa yang akan bepergian ke daerah endemic hepatitis B, bekerja di fasilitas kesehatan, dan mereka yang memiliki kontak dengan darah atau kontak seksual dengan masyarakat di area tersebut.
  4. Polio
    Risiko penyakit polio untuk wisatawan sudah menurun semenjak dilakukannya eradikasi polio secara global. Dosis tungga vaksin poliomyelitis pada dewasa direkomendasikan untuk wisatawan internasional yang berkunjung ke daerah epidemik atau endemik polio. Negara yang masih terdapat penyakit polio adalah Kamerun, Somalia, Ethiopia, Kenya, dan Syria.

Penyakit-penyakit yang biasa menghantui kita ketika liburan

  1. Japanese Enchepalitis
    Virus ini menyebabkan ensefalitis (infeksi otak), banyak ditemukan di India, Bangladesh, Nepal, Pakistan, China, Vietnam. Vaksin disarankan bagi mereka yang akan tinggal selama minimal 1 bulan di daerah tersebut.. Vaksin juga disarankan untuk wisatawan yang berkunjung kurang dari 1 bulan di daerah endemik, kunjungan kedua, atau akan melakukan aktifitas outdoor yang ekstensif.
  2. Hepatitis A
    Hepatitis A merupakan salah satu vaksin yang umum diberikan untuk wisatawan. Vaksin ini diberikan bagi mereka yang akan bepergian ke negara berkembang dengan sanitasi dan kebersihan makanan kurang, dan merupakan daerah endemik hepatitis A. Vaksin dapat diberikan 2 minggu sebelum berangkat, 1 kali suntik untuk perlindungan selama 1 tahun. Dosis booster diberikan setelah 1 tahun, dan akan memberikan perlindungan minimal 20 tahun.
  3. Influenza
    Influenza disebabkan oleh virus yang mudah menyebar lewat udara. Virus influenza memiliki beberapa strain/jenis. Vaksin influenza akan mencegah Anda terserang virus ini yang dapat mengganggu wisata Anda.

Vaksin yang dipilih tergantung pada beberap hal, yaitu negara yang akan dikunjungi, waktu, lama tinggal, usia dan status kesehatan, apa yang akan dilakukan di tempat tersebut, pekerjaan (misal: petugas kesehatan), dan kontak dengan binatang. Konsultasikan dengan dokter saat akan memilih vaksin, terutama jika Anda sedang hamil, menyusui, memiliki riwayat alergi, dan dengan defisiensi imun (misalnya HIV/AIDS).

di laman utama website kami.[](DK)

Baca juga:

  • Tetap Sehat Selama Long Weekend
  • Tips Sehat Selama Liburan
  • Kelamaan Liburan Bisa Bikin Otak Lemot!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Alasan Kenapa Anda Perlu Menurunkan Berat Badan

4 Alasan Kenapa Anda Perlu Menurunkan Berat Badan

Anda berencana menurunkan berat badan namun masih belum cukup kuat tekad yang dibutuhkan? Anda masih mudah tergoyah oleh makanan tidak menyehatkan sehingga menghancurkan rencana diet Anda? Tidak sedikit diantara kita yang masih mudah tergoyahkan sehingga menjadi gagal melakukan diet pola makan sehat untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Jika Anda termasuk, maka ada beberapa alasan tambahan berikut ini yang dapat membantu menguatkan tekad diet untuk suksesi penurunan berat badan mencapai target. Apa saja alasan yang dapat menguatkan tekad diet menurunkan berat badan Anda? Alasan #1: Tidur Menjadi Lebih Baik Sebuah penelitian terakhir dari The International Society of Endocrinology and Endocrine Society mengungkapkan bahwa menurunkan berat badan berpengaruh terhadap kualitas tidur. Mereka menemukan bahwa pada penderita obesitas, ketika mereka sukses mengurangi berat badan sebanyak hanya 5%, mereka terbukti dapat tidur lebih pulas hingga 6 bulan setelah berkurangnya berat badan. Alasan #2: Kesehatan Kulit Kelebihan berat badan dikaitkan dengan beberapa perubahan di tubuh. Ada studi yang mengatakan bahwa penurunan berat badan be [...]

Drinkorexia, Gangguan yang Buat Penderita Pilih Minum daripada Makan

Drinkorexia, Gangguan yang Buat Penderita Pilih Minum daripada Makan

Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia kerap terjadi pada wanita, terutama di usia remaja. Gejala anoreksia ditandai dengan perasaan selalu merasa gemuk sehingga membiarkan tubuh kelaparan, sedangkan bulimia adalah keinginan makan sebanyak-banyaknya namun setelah kenyang makanan tersebut segera dimuntahkan kembali.Kini bertambah satu lagi gangguan makan yang bisa membahayakan jiwa, yang kerap disebut para ahli dengan drinkorexia. Pengidap gangguan makan ini terlalu terobsesi dengan asupan kalori dari makanan hingga akhirnya tak berani mengonsumsinya dan lebih memilih hanya minum. Lebih mengkhawatirkan lagi, minuman yang mereka pilih adalah wine atau minuman beralkohol lainnya.Wanita dengan gangguan makan ini lebih memilih minuman ketimbang makanan sebagai sumber energinya sehari-hari. Orang-orang ini adalah mereka yang sangat memerhatikan jumlah kalori dan terobsesi membatasi asupannya namun dengan cara yang ekstrem.Makanan pun mereka anggap tak penting lagi untuk dikonsumsi, tapi digantikan dengan minuman beralkohol. Biasanya mereka lebih memilih minum dalam keadaan perut kosong agar efek dari minuman beralkohol lebih maksimal.Belum diketahui secara pasti kenapa para peng [...]

Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Jamur Kuku

Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Jamur Kuku

Jika Anda memiliki titik putih atau kuning di ujung kuku jari atau kuku ibu jari, bisa jadi itu adalah jamur kuku atau dalam bahasa medis disebut onikomikosis. Jika infeksi makin menyebar, kuku bisa berubah warna, menebal, dan hancur di bagian ujungnya. Jamur kuku biasanya menginfeksi bahan keras pembentuk kuku. Infeksi ini sendiri bisa menyebar ke seluruh kuku, termasuk landasan, lempeng, dan akar kuku. Kenali Penyebab Jamur Kuku Penyebab gangguan pada kuku ini adalah jamur dermatofit. Selain itu, jamur ragi (candida) kadang-kadang ikut bertanggung jawab atas terjadinya onikomikosis. Saat kondisi kuku hangat dan lembap, jamur dengan senang hati akan menjadikan kuku Anda sebagai habitatnya. Jamur kuku sering menyerang kuku jari kaki dibandingkan jari tangan. Hal ini karena jari kaki biasa berada dalam kondisi yang membuat jamur mudah tumbuh, seperti gelap, hangat, dan lembap. Selain itu, jari kaki memiliki aliran darah yang lebih sedikit dibandingkan dengan jari tangan. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh tidak bisa mendeteksi adanya masalah dan tidak bisa menghentikan infeksi yang terjadi di daerah tersebut dengan cepat. Beberapa tindakan yang memengaruhi mudahnya jamur kuku [...]

4 Makanan Sehat untuk Mengatasi Wasir

4 Makanan Sehat untuk Mengatasi Wasir

Wasir memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Potensi penyebabnya bermacam-macam di antaranya kehamilan, obesitas, duduk dalam jangka waktu yang lama, masalah pencernaan kronis serta diet rendah serat. Pada umumnya, wasir dapat hilang dengan sendirinya. Selain obat-obatan, perubahan pola makan berpotensi mencegah atau mengurangi gejala. Inilah empat jenis makanan yang dapat mengatasi wasir: 1. Yoghurt dan kefir Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, yoghurt dan kefir dapat mencegah dan mengobati wasir. Probiotik yang terkandung di dalam yoghurt juga dapat menjaga kesehatan dinding usus dan membantu fungsi kerja usus. Agar lebih efektif, cobalah mengonsumsi yoghurt yang mengandung kultur aktif seperti lactobacillus bifidus. Berikut jenis makanan lainnya yang dapat membantu solusi wasir Anda: Berikut jenis makanan lainnya yang dapat membantu solusi wasir Anda: 2. Sayur dan buah-buahan Mengonsumsi sayur dan buah-buahan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, meringankan sembelit, mengurangi ketegangan dan rasa sakit saat buang air besar. Pilihlah sayur dan buah-buahan yang berserat tinggi seperti apel, pir, alpukat, k [...]

Kondisi Serius di Balik Batuk Berdarah

Kondisi Serius di Balik Batuk Berdarah

Jangan anggap remeh batuk berdarah atau hemoptisis. Kondisi ini dapat menjadi gejala adanya penyakit serius yang mengancam nyawa. Darah yang keluar saat batuk umumnya bercampur dengan dahak. Batuk berdarah pada orang berusia muda bisa jadi bukan gejala sakit serius dan dapat segera ditangani. Namun kondisi ini bisa menjadi indikator berbahaya terutama bagi mereka yang berusia tua dan para perokok. Penyebab Batuk Berdarah dari Ringan hingga Berat Adanya darah dalam dahak ketika batuk umumnya dapat disebabkan batuk parah dalam waktu lama. Namun ada banyak kondisi lain yang dapat menjadi penyebab batuk berdarah, yaitu: Bronkitis: gangguan saluran pernapasan dalam jangka panjang yang menyebabkan penumpukan dahak. Bronkitis dapat dipicu oleh banyak penyebab, seperti infeksi paru-paru yang pernah dialami dan menghirup unsur polusi. Tuberkulosis (TB): infeksi paru-paru yang tergolong parah dengan gejala umum berupa demam, keringat, batuk disertai dahak yang berwarna atau mengandung nanah, dan rasa sesak di dada. Batuk berdarah akan reda segera setelah infeksi disembuhkan. Embolisme paru: pembekuan darah pada pembuluh darah di paru-paru yang dapat menyebabkan sesak napas dan nyeri d [...]

Ini Alasan Kenapa Tidak Disarankan Makan Terlalu Malam

Ini Alasan Kenapa Tidak Disarankan Makan Terlalu Malam

Para pakar kesehatan dan nutrisi menyarankan untuk makan malam di bawah pukul 19.00 atau 20.00. Bahkan beberapa pegiat gaya hidup sehat mengungkapkan, sebaiknya tidak makan berat setelah pukul 18.00. Apa alasannya? Dan apa dampak negatifnya bila Anda makan malam di atas pukul 22.00 atau bahkan di tengah malam? Ini uraiannya seperti dikutip dari Health Me Up.1. Berat Badan IdealSaat makan malam, kemungkinan Anda untuk menyantap banyak makanan lebih besar terutama jika di siang harinya aktivitas cukup melelahkan. Menyantap makan malam lebih dini akan memberi tubuh Anda lebih banyak waktu untuk mencernanya, dan membakar kalori. Aktivitas yang Anda lakukan setelah makan malam seperti menonton TV, menyiapkan kamar untuk tidur, mandi atau membaca buku bisa membakar kalori meskipun tidak terlalu signifikan. Sementara jika Anda langsung tidur setelah makan, pembakaran kalori akan lebih sedikit.Kalori yang tidak terbakar akan diubah menjadi trigliserda, jenis lemak ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu lemak yang menumpuk juga akan menyebabkan kelebihan berat badan hingga kegemukan.Baca Juga: 50 Momen Menghebokan dari Pekan Mode Dunia 2. Kesehatan Pencernaa [...]

Keputihan Saat Hamil

Keputihan Saat Hamil

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Pertanyaan: Dok saya mau menanyakan apakah saat hamil dan terjadi keputihan normal untuk kandungan? jika harus dilakukan pengobatan, pengobatan apakah yang harus saya jalani? Mohon informasinya. Terima kasih Jawaban: Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, [...]

4 Makanan Penghilang Cemas

4 Makanan Penghilang Cemas

Gangguan cemas merupakan suatu bentuk gangguan yang biasanya memerlukan pengobatan medis, namun ternyata dengan diet yang tepat dan olahraga yang seimbang maka kambuhnya gangguan cemas bisa dikurangi. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat membantu menghilangkan rasa cemas berlebihan Anda. 1. Ikan Sebuah studi kecil di Ohio State University menungkapkan bahwa pada murid-murid yang diberikan sumplement omega-3 terjadi penurunan angka kecemasan sebanyak 20% dibandingkan pada anak-anak yang hanya diberikan plasebo. Para peneliti menganjurkan agar dalam diet Anda konsumsilah lebih banyak omega-3 dengan ikan. 2. Telur Otak kita sangat membutuhkan vitamin B. Saat kita kekurangan vitamin B, dapat timbul beberapa keluhan seperti kebingungan dan kecemasan. Maka dari itu dalam diet Anda konsumsi lebih banyak telur, serta daging atau buah-buahan sitrus. Berikut beberapa makanan yang dapat menekan kecemasan lainnya: Makanan Penghilang Cemas 3. Green Tea (Teh Hijau) Teh hijau tinggi akan kandungan asam amino yang dinamakan L-theanine, yang memliki efek menenangkan tubuh. Dibuktikan bahwa mengkonsumsi L-theanine sebanyak 200 mg dapat membantu meringkankan kecemasan [...]

Sehat dengan Honey Lemon Shot, Redakan Sariawan Sampai BAB Lancar

Sehat dengan Honey Lemon Shot, Redakan Sariawan Sampai BAB Lancar

Campuran perasan lemon dan madu dipercaya mempunyai khasiat yang banyak bagi kesehatan tubuh apabila diminum setiap hari. Mulai dari meredakan batuk dan flu, mencegah berbagai penyakit, menurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, mempercantik kulit hingga mencegah kanker.Andra Alodita, lifestyle blogger dan fotografer mengaku mendapatkan manfaatnya setelah meminumnya secara rutin tiap pagi. Ia jadi tak mudah sakit, tubuh terasa lebih segar dan berat badan menurun. Setelah merasakan dampak positifnya secara langsung, wanita berusia 27 tahun ini pun berbagi tips kesehatannya ini di Instagram.Menggunakan hashtag #honeylemonshot, minuman kesehatan alami ini langsung booming dan ditiru banyak pegiat gaya hidup sehat di jejaring sosial tersebut. Honey lemon shot merupakan air perasan dari setengah potong buah lemon dan madu yang diaduk menjadi satu, dan diminum pada pagi hari ketika perut kosong.Beberapa orang yang telah mencobanya mengaku merasakan perubahan yang cukup positif. Salah satunya Kartika, yang mengaku sariawannya membaik setelah lima hari rutin minum honey lemon shot setiap pagi."Minum hari Sabtu pas lagi sariawan, Minggu sariawan makin parah ada putih-putihnya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *