7 Penyakit yang Mengintai Ketika Liburan

vaksin-liburan-halal-haram.jpg

Apakah Anda memiliki rencana bepergian dalam waktu dekat? Atau Anda berhobi travelling? Dapat berwisata ke berbagai tempat di dunia pasti akan sangat menyenangkan. Namun, tahukah Anda bahwa setiap berkunjung ke suatu tempat yang baru, maka Anda berisiko terkena penyakit?

Pada prinsipnya, ancaman penyakit-penyakit yang mengintai ketika beergian jauh dapat dicegah dengan memberikan vaksin. Dewasa ini dikenal dengan Travel vaccine atau sering disebut juga travel immunization merupakan vaksin yang diberikan kepada mereka yang akan bepergian ke luar negeri sebagai proteksi diri terhadap penyakit serius. Vaksin ini biasanya direkomendasikan terutama pada daerah/negara yang memiliki risiko tinggi penyakit tertentu., seperti avian flu di China, chikungunya di Caribbean.

Penyakit-penyakit yang biasa menghantui kita ketika liburan

Berikut ini adalah penyakit-penyakit yang biasa menghantui kita ketika liburan dan bepergian jauh serta jenis-jenis vaksin yang dapat diberikan untuk mencegahnya:

  1. Penyakit Meningitis dengan Vaksin meningokokus
    Vaksin ini untuk mencegah penyakit meningitis diwajibkan jika Anda akan bepergian ke Arab Saudi saat akan melakukan umrah atau haji. Terkait kontroversi halal-haram vaksin ini, kini sudah hadir vaksin halal untuk jamaah haji.
  2. Penyakit Yellow Fever dengan Vaksin yellow fever
    Dibutuhkan jika Anda berwisata ke daerah tertentu di Afrika (Ethiopia, Sudan, Nigeria) atau Amerika Selatan. Vaksinasi ini diwajibkan oleh World Health Organization sebelum memasuki daerah tersebut, bahkan setelah vaksinasi, Anda akan memiliki sertifikat vaksinasi internasional untuk yellow fever yang berlaku untuk 10 tahun.
  3. Hepatitis B
    Vaksinasi ini sebaiknya dilakukan pada orang dewasa yang akan bepergian ke daerah endemic hepatitis B, bekerja di fasilitas kesehatan, dan mereka yang memiliki kontak dengan darah atau kontak seksual dengan masyarakat di area tersebut.
  4. Polio
    Risiko penyakit polio untuk wisatawan sudah menurun semenjak dilakukannya eradikasi polio secara global. Dosis tungga vaksin poliomyelitis pada dewasa direkomendasikan untuk wisatawan internasional yang berkunjung ke daerah epidemik atau endemik polio. Negara yang masih terdapat penyakit polio adalah Kamerun, Somalia, Ethiopia, Kenya, dan Syria.

Penyakit-penyakit yang biasa menghantui kita ketika liburan

  1. Japanese Enchepalitis
    Virus ini menyebabkan ensefalitis (infeksi otak), banyak ditemukan di India, Bangladesh, Nepal, Pakistan, China, Vietnam. Vaksin disarankan bagi mereka yang akan tinggal selama minimal 1 bulan di daerah tersebut.. Vaksin juga disarankan untuk wisatawan yang berkunjung kurang dari 1 bulan di daerah endemik, kunjungan kedua, atau akan melakukan aktifitas outdoor yang ekstensif.
  2. Hepatitis A
    Hepatitis A merupakan salah satu vaksin yang umum diberikan untuk wisatawan. Vaksin ini diberikan bagi mereka yang akan bepergian ke negara berkembang dengan sanitasi dan kebersihan makanan kurang, dan merupakan daerah endemik hepatitis A. Vaksin dapat diberikan 2 minggu sebelum berangkat, 1 kali suntik untuk perlindungan selama 1 tahun. Dosis booster diberikan setelah 1 tahun, dan akan memberikan perlindungan minimal 20 tahun.
  3. Influenza
    Influenza disebabkan oleh virus yang mudah menyebar lewat udara. Virus influenza memiliki beberapa strain/jenis. Vaksin influenza akan mencegah Anda terserang virus ini yang dapat mengganggu wisata Anda.

Vaksin yang dipilih tergantung pada beberap hal, yaitu negara yang akan dikunjungi, waktu, lama tinggal, usia dan status kesehatan, apa yang akan dilakukan di tempat tersebut, pekerjaan (misal: petugas kesehatan), dan kontak dengan binatang. Konsultasikan dengan dokter saat akan memilih vaksin, terutama jika Anda sedang hamil, menyusui, memiliki riwayat alergi, dan dengan defisiensi imun (misalnya HIV/AIDS).

di laman utama website kami.[](DK)

Baca juga:

  • Tetap Sehat Selama Long Weekend
  • Tips Sehat Selama Liburan
  • Kelamaan Liburan Bisa Bikin Otak Lemot!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Perawatan Wajah Pada Wanita Aktif

Perawatan Wajah Pada Wanita Aktif

Perawatan wajah pada wanita aktif agar tetap sehat merona adalah penting bagi seorang wanita, karena selalu tampil cantk merupakan nilai kebanggaan tersendiri bagi setiap wanita. Kulit penting dirawat sejak dini, dimana perawatan kulit sebaiknya mulai dilakukan sejak masih akil balik. Bagi wanita berusia 30 tahun ke atas, perawatan kulit harus dilakukan karena pada usia itu kulit mulai memasuki tahap penuaan, karena kulit memiliki beberapa fungsi penting bagi tubuh. Selain sebagai estetika penampilan, kulit juga berfungsi untuk pertahanan dan pelindung tubuh. Kulit juga mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh dan mengatur suhu badan, yakni dengan pengeluaran keringat. Kulit juga menjadi tempat pembentukan vitamin D yang berguna untuk tulang. Proses penuaan kulit bukan cuma terjadi lantaran bertambahnya usia. Kalangan usia muda bisa cepat kelihatan tua akibat ekses photoaging. Photoaging adalah proses kerusakan kulit dari ekses sinar matahari langsung. Sinar ultra violet (UVB: ultra violet ?Bad?, dan UVA: ultra violet "Aging") bekerja menghancurkan pasokan collagen dan elastin kulit di dalam dermis. Untuk melakukan perawatan kulit secara benar, setiap orang dianjurkan agar meng [...]

Oksigenasi Bisa Membantu Menyembuhkan Penyakit dan Luka

Oksigenasi Bisa Membantu Menyembuhkan Penyakit dan Luka

Dalam dunia medis, oksigenasi biasa digunakan untuk mendeskripsikan pengobatan pasien dengan memakai oksigen. Pemberian oksigen dapat dilakukan melalui alat bantu pernapasan dan di dalam ruangan beroksigen dengan tekanan kuat. Terapi ini diperlukan jika kandungan oksigen dalam tubuh berada di bawah batas normal. Normalnya, kadar oksigen dalam darah yang dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi optimal berkisar 95-100 persen. Jika kadar oksigen darah mereka di bawah kisaran 80 persen, bisa berakibat fatal. Fungsi dua organ paling penting dalam tubuh, yaitu jantung dan otak, bisa terganggu. Kondisi yang Membutuhkan Oksigenasi Beberapa penyakit dan kondisi medis membutuhkan prosedur oksigenasi melalui alat bantu napas seperti kanula (selang) hidung dan masker oksigen. Hipoksemia Jika seseorang memiliki saturasi oksigen dalam darahnya di bawah 90 persen, maka dia sudah bisa dikategorikan menderita hipoksemia. Salah satu tanda seseorang mengalami hipoksemia adalah sesak napas. Hal ini disebabkan oleh tidak mencukupinya oksigen dalam darah untuk didistribusikan ke sel-sel dan jaringan seluruh tubuh. Untuk menentukan apakah seseorang terkena hipoksemia atau tidak, dokter dapat melakukan pe [...]

Cara Mengatasi Kapalan

Cara Mengatasi Kapalan

Anda pasti sudah sangat familiar dengan istilah kapalan. Kapalan merupakan penebalan yang terjadi pada kulit dan paling sering terjadi pada telapak kaki. Kapalan dapat terjadi akibat penekanan yang terus-menerus atau gesekan berulang-ulang pada lokasi yang sama di kulit Anda sehingga lama-kelamaan terjadi penebalan kulit. Penebalan kulit tersebut sebenarnya merupakan respons alamiah tubuh untuk menghadapi penekanan dan gesekan berulang tersebut sehingga tidak timbul luka pada kulit. Kapalan tidak berbahaya namun cukup mengganggu karena dapat menyebabkan rasa sakit pada lokasi yang terkena dan rasa sakit tersebut akan semakin bertambah bila penekanan atau gesekan yang terjadi tidak dihentikan. Pada beberapa orang dengan masalah pada peredaran darah, atau pada pasien dengan penyakit kencing manis, kapalan dapat berakibat serius karena dapat timbul luka, terutama pada pasien kencing manis, luka tersebut akan sulit sembuh. Solusi Kapalan Untuk mencegah kapalan terjadi, sebaiknya Anda jeli dalam memilih ukuran alas kaki. Jangan menggunakan sepatu yang terlalu sempit. Gunakan lotion untuk melembabkan kulit sehingga dapat mengurangi daya gesek yang terjadi antara ku [...]

Riset: Puasa Internet Sulitnya Seperti Stop Merokok

Riset: Puasa Internet Sulitnya Seperti Stop Merokok

Berhenti menggunakan internet walau hanya sementara ternyata tak semudah yang dibayangkan. Peneliti di Inggris bahkan menyamakan kesulitannya seperti berhenti merokok.Sebuah badan penelitian konsumen di Inggris mencoba melakukan penelitian tentang kecanduan teknologi dan internet. Mereka meminta sekitar 1000 orang dewasa Inggris untuk berhenti menggunakan benda berbau teknologi dan internet satu hari saja. Penggunaan teknologi termasuk televisi, radio, sampai ponsel.Seperti dikutip livescience, hasilnya lebih dari separuh responden merasa kesal. Tak hanya kesal, 40% responden merasa kesepian ketika tak bisa mengunjungi situs social network, mengakses email, sms, atau menonton televisi. Kesulitan yang dihadapi disamakan seperti sulitnya ketika berusaha berhenti merokok.Salah satu peserta menggambarkan keadaannya sebagai mimpi yang paling menakutkan. Sedangkan peserta lain menyamakan keadaan puasa internet ini seperti memotong salah satu tangannya.Tak sedikit peserta survey yang berusaha curang dalam penelitian ini. Ketika diminta untuk tidak menggunakan ponsel atau internet, mereka beralih ke televisi dan radio dengan alasan kedua benda tersebut tidak tergolong sebagai benda tekn [...]

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berpuasa

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berpuasa

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar di kala berpuasa, asupan makanan yang kita konsumsi saat berbuka dan saat sahur haruslah bergizi dan seimbng. Asupan makanan tersebut harus tepat dengan metode memasak yang baik sehingga dapat dikemas menjadi sumber energi sepanjang hari dan menjadikan tubuh tetap fit dan tidak lemas. Di bawah ini terdapat jenis makanan dan metode memasak yang disarankan di kala sahur dan berbuka dan yang sebaiknya dihindari: Makanan yang Dihindari Alternatif Makanan Sehat Makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak dan sangat panas (deep fried food), seperti snak gorengan (pisang goreng, tahu, tempe) Karbohidrat kompleks yang dapat memberi rasa kenyang lebih lama seperti nasi merah, kentang, roti gandum, roti yang dipanggang, kacang-kacangan. Sayuran yang banyak mengandung serat juga dicerna lebih lama dan menimbulkan perasaan kenyang Makanan dengan kadar gula tinggi seperti kolak, biji salak, es teler, es buah, coklat, cake dalam jumlah berlebihan Makanan yang dipanggang, ditumis, dikukus, atau direbus lebih baik dibandingkan makanan yang digoreng Makanan dengan kadar lemak tinggi seperti kulit ayam, jerohan, santan, da [...]

5 Manfaat Sehat Tertawa

5 Manfaat Sehat Tertawa

Apakah Anda tertawa setiap hari? Berapa sering Anda tertawa dalam sehari? Apakah Anda tahu efek tertawa bagi kesehatan? Pada saat kita tertawa, banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh kita yang dapat mendukung kesehatan kita. Pada saat tertawa, otot-otot wajah dan tubuh berkontraksi, tekanan darah dan denyut jantung meningkat, dan kita bernapas lebih cepat. Kesemua ini merupakan mekanisme tubuh yang baik untuk menyalurkan oksigen dalam tubuh kita. Namun bukan itu saja yang terjadi, saat tertawa, terjadi banyak hal menarik terjadi dalam tubuh, berikut diantaranya: Tertawa dan Kesehatan Tubuh Namun bukan itu saja yang terjadi, saat tertawa, terjadi banyak hal menarik terjadi dalam tubuh, berikut diantaranya: Aliran darah yang lebih baik. Efek menonton film komedi dibanding film drama pada tubuh yang diteliti ternyata menunjukkan bahwa penonton film komedi memilliki aliran darah yang lebih baik ketimbang mereka yang menonton film drama. Sistem pertahanan tubuh (imunitas) yang lebih baik. Tertawa juga telah diteliti dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga dapat lebih mudah melawan infeksi. Kadar gula darah yang lebih rendah. Pada suatu penelitian [...]

Tanpa Diminum, Ini Manfaat Bir Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tanpa Diminum, Ini Manfaat Bir Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir setiap hari memang tidak disarankan karena bisa mengganggu kesehatan. Namun jika tanpa diminum, bir sebenarnya memiliki manfaat bagi kecantikan maupun kesehatan. Minuman yang terbuat dari hasil fermentasi gandum ini diketahui kaya akan vitamin B, protein dan mineral seperti selenium, potassium, zat besi, zinc dan magnesium.Beberapa pakar kecantikan menyarankan untuk menyiramkan bir ke rambut agar lebih bervolume. Aktris Catherine Zeta-Jones bahkan keramas dengan bir agar rambutnya terlihat lebih berkilau. Selain untuk kecantikan, bir juga berkhasiat bagi kesehatan. Ini dia beberapa manfaatnya.1. Mengurangi KarsinogenHasil studi yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapka bahwa merendam atau menyiramkan bir ke daging sebelum dipanggang bisa mengurangi kandungan karsinogen. Karsinogen merupakan zat penyebab kanker yang biasanya terbentuk saat proses pembakaran atau pemanggangan makanan yang terlalu lama, sehingga menimbulkan partikel-partikel hitam seperti arang.Ketika makanan yang mengandung protein dipanggang, akan melepaskan dua jenis senyawa kimia karsinogen yang disebut heterocyclic amines (HCA) dan poly [...]

6 Gejala Penis Anda Bermasalah

6 Gejala Penis Anda Bermasalah

Acapkali terdapat beberapa kondisi dan gejala yang menjadi kekhawatiran kaum pria mengenai kesehatan penisnya. Walau tidak semuanya kondisi yang tidak wajar berujung pada kondisi yang berbahaya, tetap saja perubahan kondisi sedikit dari penis yang dinilai kewajaran perlu diwaspadai. Apa sajakah gejala-gejala yang perlu diwasapadai? Simak paparannya berikut ini: 1. Perdarahan saat berkemih atau ejakulasi Jika Anda mengalami kondisi ini, bisa jadi merupakan sebuah gejala dari infeksi saluran kemih ataupun gangguan prostat. Meskipun demikian, gejala ini merupakan indikasi yang pantas disepelekan. Segera periksa ke dokter, atau lebih jauh dokter spesialis bedah urologi. 2. Benjolan, Kutil, Lesi Kulit atau Kemerahan pada Penis atau Area Genital Bila Anda menemukan kutil, luka, atau sekedar bercak kemerahan di penis atau sekitar area genital Anda, besar kemungkinan Anda mengalami gejala penyakit infeksi menular seks. Terlebih lagi jika Anda merasakan gejala ini ketika belum lama melakukan aktivitas seksual tanpa pengaman. Benjolan atau bintik. Terutama di area-area yang terkait dengan aktivitas hubungan seksual, seperti di daerah kemaluan, mulut dan rongga mulut, d [...]

Kenali Gaya Hidup Penyebab Radang Sendi

Kenali Gaya Hidup Penyebab Radang Sendi

Radang pada persendian atau artritis merupakan bagian dari proses degeneratif yang akan dialami oleh setiap orang ketika menua. Namun pada sebagian orang, radang sendi ini tidak hanya terkait proses penuaan dan sudah mulai terjadi pada usia yang lebih dini. Selain dari proses penuaan, radang sendi dapat timbul akibat kombinasi beberapa faktor seperti proses autoimun, infeksi, cedera, maupun tingginya kadar asam urat. Proses peradangan sendi akibat faktor-faktor tersebut dapat dipercepat oleh faktor yang sebetulnya dapat diubah sejak dini, yakni gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat tersebut di antaranya, selengkapnya dijelaskan pada halaman selanjutnya: Kenali Gaya Hidup Penyebab Radang Sendi 1. Memiliki berat badan di atas normal Kegemukan dan obesitas dapat mempercepat terjadinya arthritis terutama jenis osteoarthritis. Sendi tubuh akan bekerja lebih keras untuk menopang beban tubuh yang berlebih, sehingga bantalan sendi cepat ?aus? dan mempermudah terjadinya gesekan antar tulang. Apabila radang sendi yang terjadi adalah akibat proses autoimun, kegemukan tetap akan memperparah terjadinya radang sendi dan memperberat keluhan. 2. Melakukan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *