7 Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung

Penyebab perut kembung?. Anda tentu pernah merasakan perasaan kembung yang sangat tidak nyaman. Kembung ini terjadi karena terjadi ganguan metabolisme gas dari makanan yang kita konsumsi.

Saat gas itu tidak dikeluarkan dari, maka dapat terjadi penumpukan gas sehingga menyebabkan kembung.

Apa saja yang dapat menyebabkan perut kembung? Berikut ini adalah beberapa penyebab kembung.

Penyebab Perut Kembung #1: Stres

Saat kita stress, maka muncul refleks dari tubuh kita dengan cara mengalihkan aliran darah dari proses pencernaan. Oleh karena itu dapat muncul gejala seperti:

  • kembung,
  • konstipasi,
  • diare dan
  • nyeri perut.

Selain stres, kondisi cemas juga dapat memicu munculnya kembung. Saat kita mengkonsumsi permen karet, konsumsi minuman bersoda, atau saat kita cemas dapat juga membuat kembung.

Penyebab Perut Kembung #2: Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat memimbulkan efek samping kembung. Terutama obat yang mengandung lactulose atau sorbitol serta obat diabetes golongan akarbose pun dapat menimbulkan kembung.

Bagi Anda yang memiliki riwayat maag ada baiknya untuk menyampaikan hal ini kepada dokter ketika Anda melakukan konsultasi dan sebelum dokter menuliskan resep. Walau sebelumnya para dokter biasanya akan menanyakan

Penyebab Perut Kembung #3: Kebanyakan Makan

Perut yang mendadak kembung setelah Anda makan, mungkin disebabkan oleh karena Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak di waktu yang sama.

Bayangkan sebuah balon yang diisi dengan air 1 galon dengan pompa selang pemadam kebakaran dalam kecepatan dibawah 5 detik. Besar risikonya balon akan pecah, bukan? Bayangkan jika demikian terjadi dengan Anda memakan makanan secara porsi banyak dalam 1 waktu.

Sangat disarankan untuk membiasakan makan dengan porsi sedikit dan makan dengan perlahan.

.

Penyebab Perut Kembung #4: Makan atau Minum Terlalu Cepat

Bila Anda terlalu cepat makan atau minum dapat menyebabkan timbulnya gas-gas yang dapat membuat Anda kembung. Tidak dengan benar mengunyah makanan juga dapat menyebabkan Anda kembung.

Oleh karena itu bila Anda puasa lama atau sangat lapar, usahakan untuk selalu mengunyah makanan atau menelan minuman perlahan agar mengurangi terbentuknya gas.

.

Penyebab Perut Kembung #5: Dehidrasi

Saat Anda dehidrasi maka dapat terjadi retensi air (penyimpanan air).

Retensi air ini yang dapat membuat Anda kembung, bila keadaan ini terjadi, merupakan tanda bahwa Anda harus mengkonsumsi banyak air, namun ingat untuk menghindari minuman bersoda.

Karena tak ubahnya minuman penyebab kembung, minuman bersoda justru kian memperparah kondisi kembung yang ada.

.

Penyebab Perut Kembung #6: Makanan Banyak Gas

Beberapa jenis makanan mengandung banyak gas, seperti bokoli, kol, apel dan alpukat disebutkan dapat menyebabkan kembung.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin, juga dapat menyebabkan retensi air yang dapat membuat perasaan bengkak.

Bila Anda menderita intolerensi laktat dan Anda mengkonsumsi makanan/minuman yang terbuat dari susu, dapat juga menimbulkan perasaan kembung, jadi sebaiknya dihindari.

.

Penyebab Perut Kembung #7: Penyakit Kronis

Beberapa penyakit seperti penyakit celiac, sindrom sumping, kanker ovarium dan Irritable Bowl Syndrome dapat menyebabkan kembung. Bila perasaan kembung Anda berlanjut hingga lama, coba lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Perut Semakin Besar, Masalah Penyakit Semakin Besar

Perut Semakin Besar, Masalah Penyakit Semakin Besar

? Kecuali ibu hamil, ciri perut membesar khas dengan kegemukan. Obesitas atau kegemukan merupakan keadaan berlebihnya lemak tubuh. Dan salah satu bagian paling mudah bertumpuknya lemak adalah perut. Obesitas adalah sebuah keadaan berlebihnya lemak tubuh. Keadaan ini merupakan sebuah kelainan multifaktor, diantaranya faktor genetik dan lingkungan. Dalam praktik sehari-hari pengukuran obesitas menggunakan pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT) yang berhubungan dengan kadar lamak tubuh. IMT di dapat dengan rumus berat badan dalam kilogram (kg), dibagi kuadrat dari tinggi badan (m2). Untuk wilayah Asia Pasifik, kriteria dan klasifikasi obesitas berdasarkan nilai IMT dapat dilihat pada tabel dibawah ini. Apa bahaya obesitas? Umumnya individu obes memiliki tumpukan lemak sekitar perut atau kita kenal dengan perut buncit. Penumpukan lemak perut ini merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Selain itu individu obes cenderung memiliki berbagai faktor risiko metabolik lain seperti tekanan darah tinggi, kelainan lemak darah dan gangguan gula darah. Semua faktor risiko ini akan meningkatkan risiko seorang pasien untuk menderita berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan pembuluh da [...]

Tinggal di Kota Besar Berisiko Buat Wanita Lebih Cepat Tua

Tinggal di Kota Besar Berisiko Buat Wanita Lebih Cepat Tua

Tempat di mana kita tinggal ternyata berpengaruh pada proses penuaan kulit. Kabar buruk bagi para wanita yang tinggal di perkotaan, kulit mereka bisa menua lebih cepat ketimbang wanita yang hidup di pedesaan.Studi yang dilakukan oleh Procter & Gamble mengungkapkan fakta mengejutkan. Wanita yang hidup di pedesaan atau pinggiran kota terlihat awet muda lebih lama sementara yang tinggal di kota, terutama kota-kota besar menua 10 persen lebih cepat.Perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik dan produk perawatan rumah tangga itu meneliti 200 wanita dengan usia antara 30 dan 45 untuk membandingkan kualitas kesehatan kulit antara mereka yang tinggal di kota dan desa. Kedua kelompok wanita memiliki gaya hidup yang sama dan juga terekspos sinar matahari dalam jumlah sebanding.Wanita pedesaan dilaporkan memiliki risiko penuaan lebih tinggi akibat paparan sinar matahari. Hal ini kemungkinan disebabkan karena sebagian besar dari mereka keluar rumah tanpa menggunakan krim tabir surya. Namun yang mengejutkan, hasil studi menunjukkan proses penuaan justru lebih buruk terjadi pada kelompok wanita di perkotaan.Dari hasil studi yang dipimpin oleh Profesor Wei Liu, seorang dermatologis dari R [...]

Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

Anda kenal betul istilah aborsi, sayang tidak semua orang kenal istilah ini mengertinya dengan benar. Terhentinya proses kehamilan yang usianya di bawah 20 minggu oleh sebab apapun disebut dengan abortus. Abortus ini ada yang sifatnya diprovokasi atau memang terjadi spontan. Tidak semua abortus yang diprovokasi bersiat kriminal, karena beberapa abortus sengaja dilakukan atas dasar tujuan medis yang jelas, demi menyelamatkan nyawa ibu misalnya. Dewasa ini, kita harus prihatin melihatnya praktik-praktik aborsi bebas yang tidak bertanggung jawab merajarela dimana mana. Dan tidak sedikit antaranya praktik itu digawangi seseorang yang memang berprofesi sebagai dokter, menyedihkan bukan, padahal dalam sumpah kedokteran jelas tertulis seorang dokter harus menghargai kehidupan sejak pembuahan terjadi. Ironis. Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran: Beberapa Tipe Aborsi Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran: Abortus Iminens Pertama dikenal dengan nama abortus iminens, atau disebut juga ancaman abortus, artinya kehamilan [...]

Daging Ayam & Telur Bisa Lindungi Otak dari Penuaan

Daging Ayam & Telur Bisa Lindungi Otak dari Penuaan

Menurut penelitian, diet kolin dipercaya bisa melindungi otak Anda dari pengaruh penuaan. Kolin adalah nutrisi penting untuk perkembangan otak dan fungsi pembelajaran atau memori. Nutrisi ini merupakan bahan dasar untuk membuat zat kimia pembentuk memori otak yang dikenal dengan acetylkolin.Senyawa kimia itu berperan pada proses penyimpanan dan pemanggilan kembali memori, perhatian (atensi), maupun konsentrasi seseorang. Kolin banyak ditemukan dalam telur, daging ayam, ikan, daging sapi tanpa lemak, gandum, alpukat dan pisang.Para peneliti dari Boston University menemukan, orang yang mengonsumsi banyak kolin memiliki hasil tes memori yang baik dan perubahan otak akibat penuaan tak telalu banyak terjadi. Hasil penemuan tersebut juga melaporkan bahwa diet yang Anda lakukan dapat mempengaruhi usia otak."Saya pikir pesannya adalah memakan makanan sehat dan seimbang pada pertengahan usia adalah hal penting," ujar Dr Rhoda Au, peneliti senior seperti yang dikutip dari Daily Mail.Hasil tersebut didapat dari survei kesehatan yang dipelajari oleh Dr Au. Ia memberikan kuisioner diet kepada 1.400 orang dewasa berusia 36-83 antara 1991 dan 1995. Kemudian, antara tahun 1998 dan 2001, mereka [...]

6 Manfaat Positif Makan Bersama Keluarga

6 Manfaat Positif Makan Bersama Keluarga

Memasuki bulan Juni 2014 ini, tahukah Anda bahwa kita akan merayakan Hari Keluarga Nasional? Dalam beberapa tahun terakhir peringatan Hari Keluarga Nasional ini diharapkan agar setiap keluarga mampu memaknainya secara positif sehingga merasa akan manfaatnya untuk kepentingan keluarga mereka. Salah satu cara kegiatan sederhana yang bisa di lakukan di rumah untuk meningkatkan hubungan dengan keluarga adalah dengan meluangkan waktu untuk makan bersama keluarga. Banyak dampak positif yang dapat diambil dari kegiatan ini, antara lain: 1. Mempererat hubungan antara anggota keluarga Makan bersama dapat mempererat hubungan keluarga dengan komunikasi yang baik antara anggota keluarga. Topik pembukanya bisa dengan menanyakan kegiatan anak hari ini, menanyakan kegiatan yang sedang diminati oleh anak. Karena hubungan yang dibina dengan baik di dalam keluarga menjadi pondasi semua aspek. Termasuk kesehatan diantaranya. Sehat itu bukan milik pribadi namun adalah hak setiap orang dan seluruh usia dan bermula di dalam keluarga. Jika seseorang hidup dan tinggal di dalam keluarga yang sehat, maka orang tersebut cenderung akan menerapkan pola hidup sehatdan akan kembali membentuk keluarga yang sehat. [...]

Hiu Sembuhkan Hepatitis C

Hiu Sembuhkan Hepatitis C

Penderita Hepatitis C kemungkinan besar akan tertolong oleh salah satu ikan vertebrata yang menguasai perairan dalam lautan yaitu ikan Hiu. Dengan diketemukannya Squalamine, senyawa anti bodi berspektrum luas dalam hati ikan hiu oleh Michael Zasloff MD, PhD, dari Universitas Georgetown Medical Center, Washington hampir 20 tahun lalu. Selain sebagai anti bodi, Squalamine juga telah terbukti sebagai anti angiogenesis, yaitu proses dimana sistem kekebalan tubuh menjadi mampu melawan angiogenesis yang terjadi dalam tubuh secara alami dikarenakan oleh sel-sel tidak sehat yang mengembangkan struktur pembuluh darah sendiri. Namun ternyata penelitian mengenai kegunaan Squamaline tidak terhenti begitu saja. Penelitian terakhir yang dilakukan oleh Zasloff, meskipun belum diterapkan kedalam tubuh manusia, menunjukkan sifat antivirus dimana Squalamine bertindak secara aktif melawan virus-virus yang menyerang sel-sel dalam hati dan darah termasuk virus hepatitis B, C, D, sakit kuning dan demam berdarah. Zasloff juga mengungkapkan bahwa squalamine dapat bertindak cepat dalam menghentikan penggandaan virus dengan membersihkan bagian tubuh yang terserang virus hanya dalam waktu beberapa jam saja, [...]

Ini Dia Risiko Kesehatan dari Mengonsumsi Keripik Kentang

Ini Dia Risiko Kesehatan dari Mengonsumsi Keripik Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan pokok yang bebas lemak, kolesterol dan rendah kalori. Kentang pun dipercaya mengandung nutrisi seperti vitamin C, antioksidan, dan serat. Tetapi jika sudah digoreng dan dicampur berbagai bumbu masak sehingga menjadi keripik kentang, apakah manfaatnya masih sama?Dikutip dari LiveStrong, proses pengolahan, campuran bumbu dan bahan pengawet justru menjadikan kentang tak lagi menyehatkan. Berikut beberapa risiko kesehatan yang justru didapat akibat mengonsumsi keripik kentang.1. Tinggi KaloriPara produsen kripik kentang membuat produknya dengan cara deep fry di dalam minyak. Minyak itulah yang 'memasukan' kalori serta lemak --yang berisiko meningkatkan berat badan-- ke dalam produk kentang tersebut. Setiap satu gram lemak memasok 9 kalori, hal itu dua kali lebih banyak dari kalori dalam karbohidrat atau protein yang hanya berjumlah 4 kalori setiap gramnya. Kalori tinggi dapat meningkatkan risiko terhadap obesitas dan resistensi insulin, kondisi di mana sel tidak merespon insulin. 2. Diabetes Tipe 2Sebuah penelitian yang dilakukan oleh 'Department of Nutrition and Epidemiology and Harvard Medical School dan rumah sakit wanita di Boston mengungkapk [...]

6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

Kelamaan menangis memang bisa membuat mata merah dan bengkak. Namun dibalik itu, menangis atau mengeluarkan air mata ternyata bisa jadi obat mujarab yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Apa saja?Dikutip dari Beliefnet, ini dia enam manfaat air mata yang bisa Anda dapatkan setelah menangis atau mengeluarkan air mata.1. Membantu penglihatanAir mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.2. Membunuh bakteriTak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.3. Meningkatkan moodSeseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air ma [...]

Risiko dari Tindik di Lidah

Risiko dari Tindik di Lidah

Tindik lidah mungkin dapat seseorang membuat tampil beda, dan makin dipopulerkan oleh para superstar yang menindik lidah mereka. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melubangi lidah Anda dan menghiasinya dengan perhiasan apapun, ada baiknya Anda ketahui dulu risiko apa saja yang mungkin Anda hadapi di kemudian hari. Meski risiko ini belum tentu pasti dialami oleh semua orang, ada baiknya Anda waspada. Masalah yang paling umum terjadi setelah tindik lidah adalah perdarahan berlebihan, selain itu juga dapat menyebabkan infeksi, gangguan bicara, masalah pada pernafasan dan bahkan dapat menyebabkan patahnya gigi geligi. Tindik lidah lebih berpotensi untuk terjadi infeksi dibandingkan tempat lainnya yang lazim ditindik misalnya daun telinga, mengingat letaknya yang berdekatan dengan saluran pernafasan dan mengandung banyak pembuluh darah. Jika terjadi infeksi pada lidah maupun dasar mulut (daerah di bawah lidah),dapat menyebabkan pembengkakan pada lidah yang berujung pada kesulitan bernafas. Infeksi juga rentan terjadi karena banyaknya bakteri di dalam rongga mulut. Jika peralatan/perhiasan yang digunakan pada saat penindikan tidak steril, maka risiko terjadi infeksi meningkat berkali-ka [...]

Kista, Hambatan Wanita Memiliki Keturunan?

Kista, Hambatan Wanita Memiliki Keturunan?

Hal yang paling menakutkan bagi tiap wanita adalah ketika dirinya tidak bisa memiliki keturunan. Selama ini yang beredar di masyarakat, sulit memiliki keturunan erat kaitannya dengan wanita yang terdiagnosis memiliki kista pada indung telurnya (ovarium). Benarkah demikian? Pendapat tersebut tidak selamanya benar. Jenis kista ovarium ada banyak dan beberapa di antaranya dapat memengaruhi kesuburan Anda seperti kista endometrioma yang disebabkan oleh endometriosis. Lalu ada pula kista yang disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik (PCOS). Kondisi ini ditandai oleh banyaknya kista kecil pada ovarium. PCOS juga bisa mengganggu siklus menstruasi dan tingkat hormon Anda. Meski begitu, kesempatan untuk hamil masih ada jika Anda memiliki dua jenis kista di atas. Namun untuk memperoleh kehamilan, dibutuhkan penanganan yang tepat. Selain itu, ada pula jenis kista yang umumnya tidak memengaruhi kesuburan Anda seperti kista fungsional, kista dermoid, dan kista cystadenomas. Kesuburan hanya akan terganggu jika kista jenis ini bertumbuh sangat besar. Kista fungsional. Kista ini umum terjadi selama siklus menstruasi. Kista jenis ini tidak memengaruhi kesuburan Anda. Kehadirannya justru menun [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *