7 Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung

Penyebab perut kembung?. Anda tentu pernah merasakan perasaan kembung yang sangat tidak nyaman. Kembung ini terjadi karena terjadi ganguan metabolisme gas dari makanan yang kita konsumsi.

Saat gas itu tidak dikeluarkan dari, maka dapat terjadi penumpukan gas sehingga menyebabkan kembung.

Apa saja yang dapat menyebabkan perut kembung? Berikut ini adalah beberapa penyebab kembung.

Penyebab Perut Kembung #1: Stres

Saat kita stress, maka muncul refleks dari tubuh kita dengan cara mengalihkan aliran darah dari proses pencernaan. Oleh karena itu dapat muncul gejala seperti:

  • kembung,
  • konstipasi,
  • diare dan
  • nyeri perut.

Selain stres, kondisi cemas juga dapat memicu munculnya kembung. Saat kita mengkonsumsi permen karet, konsumsi minuman bersoda, atau saat kita cemas dapat juga membuat kembung.

Penyebab Perut Kembung #2: Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat memimbulkan efek samping kembung. Terutama obat yang mengandung lactulose atau sorbitol serta obat diabetes golongan akarbose pun dapat menimbulkan kembung.

Bagi Anda yang memiliki riwayat maag ada baiknya untuk menyampaikan hal ini kepada dokter ketika Anda melakukan konsultasi dan sebelum dokter menuliskan resep. Walau sebelumnya para dokter biasanya akan menanyakan

Penyebab Perut Kembung #3: Kebanyakan Makan

Perut yang mendadak kembung setelah Anda makan, mungkin disebabkan oleh karena Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak di waktu yang sama.

Bayangkan sebuah balon yang diisi dengan air 1 galon dengan pompa selang pemadam kebakaran dalam kecepatan dibawah 5 detik. Besar risikonya balon akan pecah, bukan? Bayangkan jika demikian terjadi dengan Anda memakan makanan secara porsi banyak dalam 1 waktu.

Sangat disarankan untuk membiasakan makan dengan porsi sedikit dan makan dengan perlahan.

.

Penyebab Perut Kembung #4: Makan atau Minum Terlalu Cepat

Bila Anda terlalu cepat makan atau minum dapat menyebabkan timbulnya gas-gas yang dapat membuat Anda kembung. Tidak dengan benar mengunyah makanan juga dapat menyebabkan Anda kembung.

Oleh karena itu bila Anda puasa lama atau sangat lapar, usahakan untuk selalu mengunyah makanan atau menelan minuman perlahan agar mengurangi terbentuknya gas.

.

Penyebab Perut Kembung #5: Dehidrasi

Saat Anda dehidrasi maka dapat terjadi retensi air (penyimpanan air).

Retensi air ini yang dapat membuat Anda kembung, bila keadaan ini terjadi, merupakan tanda bahwa Anda harus mengkonsumsi banyak air, namun ingat untuk menghindari minuman bersoda.

Karena tak ubahnya minuman penyebab kembung, minuman bersoda justru kian memperparah kondisi kembung yang ada.

.

Penyebab Perut Kembung #6: Makanan Banyak Gas

Beberapa jenis makanan mengandung banyak gas, seperti bokoli, kol, apel dan alpukat disebutkan dapat menyebabkan kembung.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin, juga dapat menyebabkan retensi air yang dapat membuat perasaan bengkak.

Bila Anda menderita intolerensi laktat dan Anda mengkonsumsi makanan/minuman yang terbuat dari susu, dapat juga menimbulkan perasaan kembung, jadi sebaiknya dihindari.

.

Penyebab Perut Kembung #7: Penyakit Kronis

Beberapa penyakit seperti penyakit celiac, sindrom sumping, kanker ovarium dan Irritable Bowl Syndrome dapat menyebabkan kembung. Bila perasaan kembung Anda berlanjut hingga lama, coba lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Makanan yang Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Makanan yang Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Meski sangat lelah, terkadang Anda tetap sulit tidur. Jika obat tidur atau posisi tidur alternatif tidak juga mempan mengusir insomnia, maka cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah kebiasaan makan. Dengan mengurangi makanan yang dapat membuat anda terjaga dan menyantap makanan yang sehat membantu anda agar bisa tidur dengan nyenyak. Ini dia tipsnya dari She Knows. - Kurangi Makanan Mengandung Gula dan KafeinMinum mocha atau kopi dan chocolate chip sebagai cemilan di sore hari memang menyenangkan, namun bisa dipastikan malamnya Anda tidak akan bisa tidur nyenyak. Makanan yang sarat akan gula dan kafein akan menghalangi bioritme alami di tubuh anda. ?Jumlah waktu yang diperlukan bagi tubuh untuk mengeluarkan kafein dapat bervariasi di setiap orang. Beberapa orang mungkin memakan waktu hingga 24 jam dan karena itu seharusnya mereka hanya meminum satu cangkir kopi atau teh di pagi hari. Sementara beberapa individu lainnya, bisa mengeluarkan kafein dari tubuh mereka lebih cepat sehingga mereka masih bisa tidur. Jadi, itu benar-benar tergantung pada masing-masing individu." ujar Esther B. Horn seorang ahli diet dan ahli gizi di New York City.- Makanan yang Bisa [...]

Sebenarnya, Apa yang Dimaksud Premenstrual Syndrome?

Sebenarnya, Apa yang Dimaksud Premenstrual Syndrome?

Wanita sebelum menstruasi suka merasakan nyeri payudara serta cenderung emosional. Mereka sering menyebut gejala yang timbul sebelum haid ialah Premenstrual Syndrome atau PMS. Apa benar itu yang dinamakan PMS?Seperti yang dilansir dari WebMD, PMS adalah beragam gejala yang terjadi sebelum menstruasi. The American College of Obstetrics dan Gynecology mendefinisikan bahwa PMS merupakan tanda-tanda fisik yang cukup mengganggu serta bersifat konsisten sebelum masa 'datang bulan'. Dalam arti, gejala tersebut timbul setiap bulan sebelum haid.Seolah membenarkan pernyataan itu, Sylvia D Elvira selaku dokter dari departemen psikiatri Fakultas Kesehatan Unversitas Indonesia mengatakan bahwa PMS adalah gejala atau sakit yang timbul sebelum periode menstruasi dan terjadi setiap bulan. "Yang dimaksud dengan PMS jika mengalami gejalanya selama tiga bulan berturut-turut. Jadi kalau bulan ini sakit tapi bulan depan tidak maka tidak bisa disebut dengan PMS," ujar dr. Sylvia, SpKJ(K), yang dikutip dari detikhealth beberapa hari lalu.Silvia menambahkan, gejala yang dimaksud bisa berupa fisik ataupun psikis. Gejala fisik yang dialami oleh wanita PMS umumnya merasa kembung, pusing, atau payudara men [...]

5 Tips Penting Untuk Jaga Kesehatan Payudara

5 Tips Penting Untuk Jaga Kesehatan Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling menakutkan bagi wanita. Namun tahukah Anda, bahwa kanker payudara bisa dicegah dengan memiliki gaya hidup sehat?Walau terdengar terlalu sederhana, menurut Barb Hughesian, penemu situs HealthyChoices4Life.com, diet sehat dan olahraga yang tepat bisa bantu cegah risiko terkena kanker payudara sebesar 30 hingga 50 persen. Berikut lima tips untuk dapatkan payudara sehat, seperti yang dikutip dari ezinearticles.1. Konsumsilah makanan dan minuman bernutrisi tinggi* Hindari memakan makanan kaleng dan beralih pada makanan segar alami.* Usahakan untuk mengonsumsi makanan organik, yang terbukti memiliki lebih banyak vitamin dan mineral.* Pilih makanan yang mengandung lemak baik. Tubuh kita memerlukan lemak baik agar dapat berfungsi dengan baik. Terlalu banyak mengonsumsi minyak olahan akan memberikan efek negatif pada kesehatan tubuh.* Biasakan mengonsumsi omega 3 yang terdapat pada ikan laut, kacang, alpukat, minyak kelapa dan mentega.* Bila Anda seorang vegetarian, penting bagi Anda untuk mendapatkan beberapa bentuk protein dari kacang dan tahu.* Jika Anda memakan danging, usahakan mengonsumsi daging organik dari hewan yang memak [...]

Inilah Risikonya Menjadi Ayah Baru di Usia Tua

Inilah Risikonya Menjadi Ayah Baru di Usia Tua

Dengan bertambahnya usia perempuan, kesuburan berkurang, dan risiko masalah genetik pada bayi mereka. Sekarang, semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa pria setengah baya mungkin lebih cenderung mempunyai anak dengan masalah kesehatan mental, serta gangguan genetik langka, seperti jenis yang paling umum dari dwarfisme (kerdil). Sebagai contoh, sebuah studi baru-baru ini Swedia yang lahir antara tahun 1973 dan 2001 menemukan bahwa mereka yang lahir dari ayah 45 dan lebih tua lebih mungkin untuk memiliki berbagai gangguan otak dan sistem saraf seperti: Autisme, Gangguan bipolar (kepribadian ganda), Skizofrenia, dan ADHD (Attention deficit hyperactivity disorder) Hal itu semua dikarenakan peningkatan mutasi pada sperma pria yang berumur lebih tua. Anak-anak dari ayah yang lebih tua lebih mungkin untuk mendapatkan nilai-nilai buruk di sekolah, narkoba, dan percobaan bunuh diri. Brown , seorang Profesor yang melakukan penelitian di Amerika, menerbitkan sebuah studi tahun lalu itu, tidak seperti studi di Swedia, bahwa Brown menemukan hubungan antara usia ayah pada saat pembuahan dan risiko anak dari gangguan bipolar. Lalu jika Anda menaruh sperma Anda di bank sperma untuk dibek [...]

Waspada! Wanita dengan Lemak Terlalu Tipis Bisa Tak Mens Bertahun-tahun

Waspada! Wanita dengan Lemak Terlalu Tipis Bisa Tak Mens Bertahun-tahun

Hampir semua wanita ingin memiliki tubuh langsing. Berbagai cara mereka lakukan untuk mengurangi lemak dalam tubuh. Namun tahukah Anda, memiliki lemak terlalu tipis akan mempengaruhi siklus menstruasi?Mempunyai lemak di perut, paha, lengan, atau pipi tidak berarti buruk. Lemak merupakan bahan baku pembuatan hormon. Maka jangan heran bila wanita yang memiliki lemak sedikit atau terlalu kurus, siklus menstruasinya menjadi tidak teratur karena haid dipengaruhi oleh hormon. Pakar kesehatan olahraga dari RS Mitra Kemayoran, Dr Michael Triangto, SpKO berbagi cerita mengenai seorang atlet pelari marathon yang ditanganinya ketika masih menjadi calon dokter spesialis. Wanita berumur 19 tahun itu tidak pernah 'datang bulan' karena lemaknya sangat tipis. Ia mengatakan bahwa saat itu sedang ada Pekan Olahraga Nasional (PON). Semua daerah mengirimkan wakil mereka untuk bertanding merebut kejuaraan. Salah satu atlet yang ikut dalam kompetisi tersebut adalah gadis muda dengan tubuh kurus dan tidak tinggi. Dia berhasil menjadi juara lari marathon tingkat nasional. Namun ternyata setelah cek kesehatan, gadis ini memiliki hormon yang sangat rendah. "Dia lemaknya tipis sekali, nggak pernah mens se [...]

Penatalaksanaan Pertama pada Cedera: R.I.C.E.

Penatalaksanaan Pertama pada Cedera: R.I.C.E.

Oleh: dr. Sophia B. Hage Anda pernah terjatuh dan mengalami memar atau terkilir saat main sepakbola? Apakah yang Anda lakukan saat itu? Sebelum ke dokter, ada metode sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri, yaitu RICE. RICE merupakan singkatan dari Rest, Ice, Compression dan Elevation. Metode pengobatan ini biasanya dilakukan untuk cedera akut, khususnya cedera jaringan lunak (sprain maupun strain, dan memar). Metode terapi RICE ini dilakukan secepat mungkin sesaat setelah terjadinya cedera, yaitu antara 48 sampai 72 jam segera setelah cedera terjadi. R = REST Rest artinya mengistirahatkan bagian tubuh yang cedera, sedangkan bagian tubuh yang tidak cedera boleh tetap melakukan aktivitas. Tujuan mengistirahatkan bagian tubuh yang cedera adalah: 1. Mencegah cedera lebih lanjut 2. Membuat proses penyembuhan luka lebih cepat Segera setelah cedera sebaiknya jangan gunakan bagian cedera sama sekali atau istirahatkan total sekitar 15 menit. Kemudian, istirahatkan sampai nyeri pada cedera hilang, atau hingga 48 jam. I = ICE Secara umum manfaat penggunaan es pada cedera jaringan lunak adalah: � Membatasi pembengkakan � Mengurangi nyeri � Me [...]

Waspada! Sepatu Flat Menyebabkan Nyeri Punggung

Waspada! Sepatu Flat Menyebabkan Nyeri Punggung

Tak sedikit wanita lebih senang mengenakan sepatu flat karena dianggap lebih nyaman ketimbang dengan high heels. Namun ternyata, sepatu dengan detail hak datar juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, sama halnya dengan hak tinggi. Mengapa?Sepatu hak datar memiliki sol yang sangat tipis. Sehingga, alas kaki itu tak dapat menopang kaki dengan benar. Seharusnya pilihlah sepatu yang memiliki sol yang lembut dan mampu mendukung tumit.Seperti dikutip dari Daily Mail, King College, London, melakukan studi dengan cara membandingkan antara sepatu flat dengan sepatu rocker. Sepatu rocker merupakan alas kaki yang memiliki lengkungan dengan sol yang tidak stabil. Sepatu jenis ini diklaim mampu membantu meningkatkan aktivitas otot, mengurangi nyeri punggung bawah dan memperbaiki postur tubuh dan keseimbangan.Penelitian tersebut diikuti oleh 115 responden yang merupakan orang dewasa, yang mengalami nyeri punggung kronis. Mereka pun diminta peneliti untuk memakai sepatu hak datar atau sepatu rocker setidaknya dua jam sehari, sambil berdiri dan berjalan. Tak hanya itu saja, para partisipan juga menghadiri latihan dan program pendidikan sekali dalam seminggu, selama satu bulan dan mengenakan s [...]

Menurut Studi, Anda Merasa Paling Bahagia di Waktu Pagi

Menurut Studi, Anda Merasa Paling Bahagia di Waktu Pagi

Kondisi tubuh manusia bisa berubah-ubah setiap waktu. Tubuh manusia memiliki siklus yang dinamakan ritme sirkadian, yaitu naik-turunnya hormon (fluktuasi) yang terjadi pada jam-jam tertentu. Fluktuasi ini berpengaruh terhadap suhu tubuh dan tekanan darah yang bisa mengubah mood, emosi hingga tingkat energi. Menurut sejumlah ahli dan penelitian, ritme sirkadian ini juga menentukan waktu-waktu terbaik kapan Anda harus bangun pagi, ketika ingin hamil atau kapan wajah Anda terlihat paling menarik.(hst/hst) [...]

Menikah Bagus untuk Kesehatan Jantung

Menikah Bagus untuk Kesehatan Jantung

Dalam sebuah konferensi kedokteran yang dilakukan oleh American College od Cardiology, dipresentasikan sebuah penelitian mengenai hubungan antara kesehatan jantung dan status pernikahan. Penelitian tersebut dilakukan pada 3,5 juta orang dari berbagai negara bagian di Amerika Serikat. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah menikah memberikan efek yang baik untuk kesehatan jantung, sedangkan perceraian dapat meningkatkan penyakit jantung dan pembuluh darah. Mereka yang mengalami perceraian cenderung memiliki kebiasaan merokok, tingkat stres lebih tinggi, dan menjalani gaya hidup sedentary sehingga meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung. Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya. Menikah, Maka Jantung Lebih Sehat Pasangan yang menikah dapat saling melengkapi dan membantu pasangannya untuk hidup sehat dengan melakukan diet sehat, olahraga, mengingatkan meminum obat/bertemu dokter, dan sebagainya. Mereka yang menikah memiliki risiko penyakit jantung 12% lebih rendah dibanding yang tidak menikah atau bercerai. Namun, hal ini tidak berlaku untuk pernikahan yang bermasalah. Pasangan menikah yang memiliki banyak masalah justru meningk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *