7 Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung

Penyebab perut kembung?. Anda tentu pernah merasakan perasaan kembung yang sangat tidak nyaman. Kembung ini terjadi karena terjadi ganguan metabolisme gas dari makanan yang kita konsumsi.

Saat gas itu tidak dikeluarkan dari, maka dapat terjadi penumpukan gas sehingga menyebabkan kembung.

Apa saja yang dapat menyebabkan perut kembung? Berikut ini adalah beberapa penyebab kembung.

Penyebab Perut Kembung #1: Stres

Saat kita stress, maka muncul refleks dari tubuh kita dengan cara mengalihkan aliran darah dari proses pencernaan. Oleh karena itu dapat muncul gejala seperti:

  • kembung,
  • konstipasi,
  • diare dan
  • nyeri perut.

Selain stres, kondisi cemas juga dapat memicu munculnya kembung. Saat kita mengkonsumsi permen karet, konsumsi minuman bersoda, atau saat kita cemas dapat juga membuat kembung.

Penyebab Perut Kembung #2: Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat memimbulkan efek samping kembung. Terutama obat yang mengandung lactulose atau sorbitol serta obat diabetes golongan akarbose pun dapat menimbulkan kembung.

Bagi Anda yang memiliki riwayat maag ada baiknya untuk menyampaikan hal ini kepada dokter ketika Anda melakukan konsultasi dan sebelum dokter menuliskan resep. Walau sebelumnya para dokter biasanya akan menanyakan

Penyebab Perut Kembung #3: Kebanyakan Makan

Perut yang mendadak kembung setelah Anda makan, mungkin disebabkan oleh karena Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak di waktu yang sama.

Bayangkan sebuah balon yang diisi dengan air 1 galon dengan pompa selang pemadam kebakaran dalam kecepatan dibawah 5 detik. Besar risikonya balon akan pecah, bukan? Bayangkan jika demikian terjadi dengan Anda memakan makanan secara porsi banyak dalam 1 waktu.

Sangat disarankan untuk membiasakan makan dengan porsi sedikit dan makan dengan perlahan.

.

Penyebab Perut Kembung #4: Makan atau Minum Terlalu Cepat

Bila Anda terlalu cepat makan atau minum dapat menyebabkan timbulnya gas-gas yang dapat membuat Anda kembung. Tidak dengan benar mengunyah makanan juga dapat menyebabkan Anda kembung.

Oleh karena itu bila Anda puasa lama atau sangat lapar, usahakan untuk selalu mengunyah makanan atau menelan minuman perlahan agar mengurangi terbentuknya gas.

.

Penyebab Perut Kembung #5: Dehidrasi

Saat Anda dehidrasi maka dapat terjadi retensi air (penyimpanan air).

Retensi air ini yang dapat membuat Anda kembung, bila keadaan ini terjadi, merupakan tanda bahwa Anda harus mengkonsumsi banyak air, namun ingat untuk menghindari minuman bersoda.

Karena tak ubahnya minuman penyebab kembung, minuman bersoda justru kian memperparah kondisi kembung yang ada.

.

Penyebab Perut Kembung #6: Makanan Banyak Gas

Beberapa jenis makanan mengandung banyak gas, seperti bokoli, kol, apel dan alpukat disebutkan dapat menyebabkan kembung.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin, juga dapat menyebabkan retensi air yang dapat membuat perasaan bengkak.

Bila Anda menderita intolerensi laktat dan Anda mengkonsumsi makanan/minuman yang terbuat dari susu, dapat juga menimbulkan perasaan kembung, jadi sebaiknya dihindari.

.

Penyebab Perut Kembung #7: Penyakit Kronis

Beberapa penyakit seperti penyakit celiac, sindrom sumping, kanker ovarium dan Irritable Bowl Syndrome dapat menyebabkan kembung. Bila perasaan kembung Anda berlanjut hingga lama, coba lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Lari, Tren Olahraga Terbaru di Jakarta

Lari, Tren Olahraga Terbaru di Jakarta

Tahun berganti tahun, musim berganti musim, demikian juga olahraga yang digemari warga Indonesia kini beralih kepada salah satu cabang olahraga atletik, yaitu lari. Belum lama rasanya kita melihat jalan protokol dipadati sepeda pada hari Minggu, kini derapan ratusan kaki manusia lebih mudah terdengar, begitu bersemangat dan bergairah. Kemudian timbulah pertanyaan, apa sebetulnya manfaat olahraga ini? Lari adalah salah satu cabang olahraga atletik, dimana dibutuhkan ketahanan tersendiri dari tubuh si pelari. Olahraga yang sifatnya aerobik selain lari antara lain berenang, bersepeda, dan masih banyak lagi. Olahraga-olahraga ini baik untuk kesehatan jantung manusia, jantung dipaksa memompa darah lebih cepat saat kita berlari, bersepeda, atau berenang, otot-otot jantung pun bekerja dengan optimal. Dan bukan hanya itu, semakin lama Anda berlari, kalori yang terbakar pun semakin banyak, karena panas yang dikeluarkan tubuh juga semakin besar, inilah sebabnya Anda berkeringat saat berlari. Jika Anda kemudian berpikir, bukankah dengan berlari persendian di lutut dan kaki kita lebih cepat rusak? Penelitian mahasiswa kedokteran di Inggris menemukan fakta menarik. Dikatakan setelah sejumlah [...]

4 Asupan untuk Sahur Agar Tidak Lemas di Hari Pertama Puasa

4 Asupan untuk Sahur Agar Tidak Lemas di Hari Pertama Puasa

Tidak sedikit orang yang terlihat lemas saat baru menjalani hari pertama puasa. Hal itu dipengaruhi oleh perubahan pola makan Anda terutama bagi yang selalu makan teratur tiga hari sekali ditambah camilan. Agar tubuh tetap bugar dan tidak lemas di hari pertama puasa, konsumsi lima asupan ini saat sahur yang bisa meningkatkan energi Anda seharian.1. Air LemonMenurut pakar food combining, Erikar Lebang, dalam bukunya yang berjudul 'Food Combining di Bulan Ramadhan', mengonsumsi satu gelas air hangat yang diberi sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis saat sahur baik untuk tubuh. Air lemon ampuh untuk mendetox liver. Selain itu, air lemon juga akan meningkatkan oksigen dan kalsium dalam hati yang akhirnya mempengaruhi kadar oksigen dalam darah.2. Minum Ekstra Air PutihSaat berpuasa Anda sering disarankan minum ekstra air putih oleh para ahli. Air putih berguna untuk menyediakan cadangan cairan selama berpuasa. Hindari kopi dan teh terlalu banyak karena bisa menyebabkan dehidrasi. Selain itu, mengonsumsi gula hanya akan membuat tubuh cepat lemas. Gula memang bisa memberi tambahan energi dengan instan, sayangnya itu adalah energi palsu."Gula membuat kadar gula darah cepat naik, [...]

10 Jenis Aroma yang Baik Untuk Kesehatan Anda

10 Jenis Aroma yang Baik Untuk Kesehatan Anda

Ada beberapa jenis aroma yang bisa memberikan dampak positif pada kesehatan Anda. Sebab, ragam aroma ini mampu membuat perasaan dan kondisi tubuh menjadi lebih baik, segar, dan berenergi. Wangi lavender misalnya, tanpa disadari aromanya tersebut ternyata bisa menenangkan saraf Anda. Selain lavender, kira-kira wewangian apa lagi ya yang diklaim baik untuk kesehatan? Simak di sini, seperti dikutip dari Bold Sky.1. KopiApakah Anda juga menyadari bahwa aroma kopi lebih memikat ketimbang dengan rasanya? Aroma kopi merupakan stimulan untuk memberi energi lebih banyak untuk tubuh Anda dan dapat mengatasi rasa lelah. 2. LavenderAroma lavender mampu menghilangkan stres dan menenangkan saraf. Jika Anda sedang merasa gelisah setelah menghadapi hari yang menegangkan dan penuh dengan tekanan, sebaiknya hiruplah wewangian lavender agar hati dan pikiran Anda menjadi lebih tenang.3. Citrus (Jeruk atau Limau)Wewangian citrus, seperti jeruk atau limau bisa membuat Anda menjadi lebih waspada. Tak hanya itu saja, aroma ini juga mampu membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik karena dapat melawan rasa mual.4. Minyak Kayu PutihApakah hidung Anda tersumbat dan telinga mendengung karena kedinginan? Ada [...]

Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke

Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke

Sel-sel kulit telah dikonversi langsung ke dalam sel yang berkembang menjadi komponen utama dari otak, oleh para peneliti mempelajari tikus di California. Percobaan, yang dilaporkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, melewatkan tahap sel induk dalam prosesnya. Para peneliti mengatakan mereka senang dengan pengobatan medis yang potensial ini. Akan tetapi, tes lebih jauh diperlukan sebelum teknik tersebut dapat digunakan pada kulit manusia. Sel induk, yang dapat menjadi semua jenis spesialis sel lainnya dari otak ke tulang, yang diperkirakan memiliki harapan besar dalam berbagai perawatan. Banyak percobaan yang sudah dilakukan, seperti pada pasien stroke atau bentuk-bentuk kebutaan khusus. Salah satu pertanyaan besar untuk merealisasikan percobaan ini di lapangan adalah dimana caranya untuk mendapatkan sel-sel tersebut. Ada keprihatinan etis di sekitar sel induk embrionik dan pasien akan perlu untuk mengambil obat imunosupresan karena setiap jaringan sel induk tidak akan saling cocok dengan sendirinya. Sebuah metode alternatif adalah dengan mengambil sel-sel kulit dan memprogram ulang mereka ke dalam sel batang yang diinduksi. Ini bisa dibuat dari sel pasien sendi [...]

Cranberry Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Cranberry Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) berjuta-juta warga dunia terutama wanita menderita infeksi saluran kemih setiap tahunnya. Sebuah studi terbaru membuktikan bahwa cranberry dapat mencegah infeksi saluran kemih. Salah satu studi analisa terbesar saat ini (menganalisa 24 studi dengan pasien lebih dari 4,400 yang dipublikasikan tahun 2012) menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa cranberry mempunyai efek positif terhadap pencegahan infeksi saluran kemih. Meskipun selama ini pendapat mengenai efek dari cranberry untuk infeksi saluran kemih masih misteri, namun menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari McGill University yang dipimpin oleh Profesor Nathalie Tufenkji mencoba menjawabnya. Mereka melakukan penelitian untuk melihat efek dari cranberry terhadap dua kuman yang paling sering menyebabkan infeksi saluran kemih; yaitu Escherichia-coli dan Proteus-mirabilis. Penelitian ini menghasilkan sebuah teori bahwa cranberry tidak dapat membunuh kuman namun membatasi pergerakan dan penyebaran kuman. Seperti yang disebutkan sebelumnya pada Journal of Microbiology bahwa kuman P.mirabilis mengeluarkan flagella (kaki) yang dapat memba [...]

APMB Pastikan Produk Susunya Aman

APMB Pastikan Produk Susunya Aman

Adanya kabar tentang beredarnya susu formula yang berbakteri Enterobacter Sakazakii di Indonesia memang membuat masyarakat resah, terutama para ibu yang memiliki balita yang mengonsumsi susu formula. Hal ini pun dirasakan oleh David Tobing, pengacara publik yang mempunyai dua balita yang juga mengonsumsi susu formula. Hingga kini, David masih menunggu Menteri Kesehatan (Menkes), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mengumumkan nama-nama produsen susu formula yang mengandung Enterobacter Sakazakii. Namun, untuk mengatasi keresahan masyarakat, Asosiasi Produsen Makanan Bayi (APMB) bisa memastikan hingga saat ini, produk susu yang bernaung di bawah mereka terbebas dari bakteri yang membahayakan manusia. Public Relation APMB, Yenny Fatmawati memastikan, bahwa berbagai merek susu yang diproduksi perusahannya telah melalui proses standar mutu yang sangat ketat sesuai aturan pemerintah dan BPOM. Jadi, produk mereka yang saat ini beredar di masyarakat memang aman untuk dikonsumsi oleh bayi. Bagi APMB, keamanan makanan dan higienitas merupakan faktor yang utama dalam produksi makanan bayi. Meski riset tentang adanya berbakteri Enterobacter Sakazaki [...]

Sering Gemetar? Waspada Gejala Parkinson

Sering Gemetar? Waspada Gejala Parkinson

Bila Anda mengenal petinju Muhammad Ali, barangkali Anda pernah mendengar penyakit yang dialaminya, yaitu penyakit Parkinson. Gejala yang dialami salah satunya adalah sering gemetar dan langkah kaki menjadi pendek. Perlu diketahui, penyakit ini umum menyerang orang-orang yang telah lanjut usia, karena penyakit ini terkait dengan proses penuaan. Meskipun begitu, bukan berarti kondisi ini tidak dapat ditangani. Marilah kita lebih mengenal penyakit ini. Penyakit Parkinson sendiri disebabkan oleh adanya gangguan kimiawi yang berperan dalam sistem saraf di otak. Akibat adanya gangguan senyawa kimia di otak ini, kerja otak, terutama yang berfungsi dalam memperhalus berbagai gerakan tubuh dan otot akan terganggu. Akibatnya gerakan penderita cenderung kasar dan lambat. Penyakit ini menyebabkan gangguan dalam proses gerak. Dalam kasus petinju, gangguan tersebut disebabkan oleh risiko pekerjaannya yang sering menerima benturan di daerah kepala. Halaman berikut menjelaskan apa saja gejala-gejala awal Parkinson. Gejala Awal Parkinson Namun, pada lansia, tanpa terjadinya kerusakan akibat benturan, telah terjadi proses penuaan sel-sel saraf, yang mengakibatkan gangguan p [...]

5 Hal Yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

5 Hal Yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh (sistem imunitas) kita merupakan hal yang penting untuk kelangsungan tubuh. Sistem imunitas kita dapat membantu kita melawan berbagai serangan dari virus, bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit berat untuk tubuh kita. Nah, apa saja sih hal-hal yang dapat merusak daya tahan tubuh kita? 1. Polusi Udara Polusi telah dibuktikan buruk untuk paru-paru serta sistem imunitas kita. Namun penelitian terbaru menyebutkan bahwa polusi udara dapat mensupresi komponen sistem imun yang dinamakan T-cell, dimana apabila hal ini terjadi dapat memicu peradangan di seluruh tubuh. 2. Duduk Sepanjang Hari Apabila perkerjaan Anda meliputi harus duduk sepanjang hari di kursi maka hal ini ternyata buruk bagi daya tahan tubuh Anda. Duduk sepanjang hari dapat menyebabkan perlambatan dari metabolisme yang menyebabkan penyerapan nutrisi berkurang. Selain dua faktor di atas, ada beberapa faktor lainnya, halaman berikut penjelasannya: Faktor Lainnya Anda Mudah Sakit: 3. Anda Kurang Tidur Apabila tubuh Anda kekurangan tidur dan tidak memproduksi melantonin yang cukup, maka sistem imun kita tidak dapat membuat sel darah putih yang cukup sehinnga tidak dapat membant [...]

Sakit Perut, Pria Ini Ternyata Wanita yang Baru Menstruasi di Usia 40-an

Sakit Perut, Pria Ini Ternyata Wanita yang Baru Menstruasi di Usia 40-an

Seorang pria asal China, sebut saja namanya Chen, selama ini memiliki kehidupan yang normal. Ia punya pekerjaan bagus, dan sudah hidup berumahtangga selama 10 tahun dengan sang istri. Sampai suatu hari, pria berusia 44 tahun ini mengeluhkan sakit pada perutnya dan memeriksakan diri ke dokter. Hidup selama puluhan tahun sebagai pria, Chen harus menerima fakta kalau fisiknya sebenarnya adalah wanita.Kenyataan itu diketahuinya baru-baru ini, ketika Chen merasakan sakit perut dan terdapat darah pada urinnya. Khawatir dengan kondisi tersebut, Chen ditemani istri pun pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan ke dokter dan dianjurkan melakukan CAT scan untuk melihat sumber keluarnya darah pada urinnya. Hasilnya sangat mengejutkan. Dari hasil scan, tubuh Chen ternyata memiliki organ reproduksi wanita yang lengkap dan baru mulai mengalami menstruasi di usianya yang sudah berkepala empat.Seperti dikutip Rocket News dari situs China, Zhejian Online, saat datang ke rumah sakit di Kota Yongkang, Chen diperlakukan layaknya pasien pria. Ia berpakaian layaknya pria, berpotongan rambut pendek dan datang bersama istrinya. Namun setelah menganalisa hasil scan, dokter menemukan adanya uterus dan ovar [...]

Inilah Kenapa Makanan Pedas Bisa Berbahaya untuk Tubuh Anda

Inilah Kenapa Makanan Pedas Bisa Berbahaya untuk Tubuh Anda

Sudah tidak jarang kita mendengar cerita orang terkena diare (mencret) akibat makan makanan pedas. Tapi apa membuat orang jera untuk memakannya lagi? Kebanyakan tidak. Justru sebagai orang Indonesia, makanan jika tidak didampingi sambal, akan seperti Terdapat berbagai macam makanan khas Indonesia yang bercita rasa pedas. Contohnya mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, seperti keripik dan ikan balado. Banyak orang beranggapan bahwa makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan. Namun perlu diketahui, bahwa makan makanan pedas secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Pedas pada makanan bisa didapat dari beberapa hal, yaitu cabai, jahe, dan merica. Cabai merupakan produk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan cita rasa pedas pada makanan. Dalam cabai terkandung Capsaicin, yang menyebabkan efek pedas pada makanan. Makin kecil ukuran cabai, makin pedas rasanya, karena mengandung makin banyak Capsaicin pada biji dan urat bagian dalamnya. Lalu apa fungsi dan manfaat capcaisin bagi tubuh? Berikut penjelasannya: Lalu apa fungsi dan manfaat capcaisin bagi tubuh? Capsaicin bermanfaat menstimulasi otak untuk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *