7 Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung

Penyebab perut kembung?. Anda tentu pernah merasakan perasaan kembung yang sangat tidak nyaman. Kembung ini terjadi karena terjadi ganguan metabolisme gas dari makanan yang kita konsumsi.

Saat gas itu tidak dikeluarkan dari, maka dapat terjadi penumpukan gas sehingga menyebabkan kembung.

Apa saja yang dapat menyebabkan perut kembung? Berikut ini adalah beberapa penyebab kembung.

Penyebab Perut Kembung #1: Stres

Saat kita stress, maka muncul refleks dari tubuh kita dengan cara mengalihkan aliran darah dari proses pencernaan. Oleh karena itu dapat muncul gejala seperti:

  • kembung,
  • konstipasi,
  • diare dan
  • nyeri perut.

Selain stres, kondisi cemas juga dapat memicu munculnya kembung. Saat kita mengkonsumsi permen karet, konsumsi minuman bersoda, atau saat kita cemas dapat juga membuat kembung.

Penyebab Perut Kembung #2: Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat memimbulkan efek samping kembung. Terutama obat yang mengandung lactulose atau sorbitol serta obat diabetes golongan akarbose pun dapat menimbulkan kembung.

Bagi Anda yang memiliki riwayat maag ada baiknya untuk menyampaikan hal ini kepada dokter ketika Anda melakukan konsultasi dan sebelum dokter menuliskan resep. Walau sebelumnya para dokter biasanya akan menanyakan

Penyebab Perut Kembung #3: Kebanyakan Makan

Perut yang mendadak kembung setelah Anda makan, mungkin disebabkan oleh karena Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak di waktu yang sama.

Bayangkan sebuah balon yang diisi dengan air 1 galon dengan pompa selang pemadam kebakaran dalam kecepatan dibawah 5 detik. Besar risikonya balon akan pecah, bukan? Bayangkan jika demikian terjadi dengan Anda memakan makanan secara porsi banyak dalam 1 waktu.

Sangat disarankan untuk membiasakan makan dengan porsi sedikit dan makan dengan perlahan.

.

Penyebab Perut Kembung #4: Makan atau Minum Terlalu Cepat

Bila Anda terlalu cepat makan atau minum dapat menyebabkan timbulnya gas-gas yang dapat membuat Anda kembung. Tidak dengan benar mengunyah makanan juga dapat menyebabkan Anda kembung.

Oleh karena itu bila Anda puasa lama atau sangat lapar, usahakan untuk selalu mengunyah makanan atau menelan minuman perlahan agar mengurangi terbentuknya gas.

.

Penyebab Perut Kembung #5: Dehidrasi

Saat Anda dehidrasi maka dapat terjadi retensi air (penyimpanan air).

Retensi air ini yang dapat membuat Anda kembung, bila keadaan ini terjadi, merupakan tanda bahwa Anda harus mengkonsumsi banyak air, namun ingat untuk menghindari minuman bersoda.

Karena tak ubahnya minuman penyebab kembung, minuman bersoda justru kian memperparah kondisi kembung yang ada.

.

Penyebab Perut Kembung #6: Makanan Banyak Gas

Beberapa jenis makanan mengandung banyak gas, seperti bokoli, kol, apel dan alpukat disebutkan dapat menyebabkan kembung.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin, juga dapat menyebabkan retensi air yang dapat membuat perasaan bengkak.

Bila Anda menderita intolerensi laktat dan Anda mengkonsumsi makanan/minuman yang terbuat dari susu, dapat juga menimbulkan perasaan kembung, jadi sebaiknya dihindari.

.

Penyebab Perut Kembung #7: Penyakit Kronis

Beberapa penyakit seperti penyakit celiac, sindrom sumping, kanker ovarium dan Irritable Bowl Syndrome dapat menyebabkan kembung. Bila perasaan kembung Anda berlanjut hingga lama, coba lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kecanduan, Wanita Ini Makan 1/2 Ton Masker untuk Wajah

Kecanduan, Wanita Ini Makan 1/2 Ton Masker untuk Wajah

Masker biasanya digunakan wanita untuk membuat wajah lebih halus dan bebas jerawat. Namun tidak dengan wanita asal California ini. Dia justru kecanduan memakan masker. Sudah 1/2 ton masker dimakannya.Masker biasanya digunakan wanita untuk membuat wajah lebih halus dan bebas jerawat. Namun tidak dengan wanita asal California ini. Dia justru kecanduan memakan masker. Wanita bernama Natasha itu kecanduan memakan masker wajah sejak tujuh tahun lalu. Jika dihitung, sudah sekitar 1/2 ton masker dimakannya dari dulu hingga sekarang.Kecanduan Natasha makan masker ini terungkap dalam salah satu episode acara yang tayang di TLC, 'My Strange Addiction'. Tampil dalam acara tersebut, wanita 40 tahun menjelaskan kenapa dia suka makan masker."Rasanya luar biasa, seperti batu-batuan bahas dan itu selalu membuatku senang. Aku memang orang yang menyukai bau-bauan tanah," katanya seperti dikutip Daily Mail.Setiap harinya Natasha mengonsumsi setoples masker. Dia seringkali mengganti konsumsi makanannya dengan masker wajah tersebut. Terkadang, dia juga ngemil masker wajah dengan mencelupkan keripik kentang ke dalam larutan masker."Baunya aku suka dan teksturnya di mulutku. Kasarnya pasir yang beruba [...]

Diet Tinggi Protein, Amankah?

Diet Tinggi Protein, Amankah?

Menurunkan berat badan hanya dengan makan steak, burger, keju dan sosis? Terdengar sangat menyenangkan bukan? Namun, berhati-hatilah jika Anda menjalani pola diet tinggi protein. Karena sudah saatnya Anda perlu mengetahui hal-hal berikut ini: Berapa banyak protein yang dibutuhkan? Kebanyakan orang mendapatkan 12-18% kalori mereka dari protein. Dengan diet tinggi protein, kalori yang didapatkan tentu akan jauh lebih banyak. Kebanyakan dari mereka yang menjalani diet tinggi protein memperoleh sumber protein dari protein hewani seperti daging, telur dan keju. Bagaimana kerja diet tinggi protein? Ketika Anda tidak mengkonsumsi karbohidrat, Anda akan kehilangan berat badan lebih cepat karena Anda kehilangan air. Jadi, tanpa tambahan karbohidrat, tubuh akan membakar lemak lebih cepat untuk menjadi energi. Hal ini disebut juga dengan ketosis. Namun ketosis sendiri dapat menyebabkan nyeri kepala, gelisah, mual, gangguan ginjal dan berdebar-debar. Apakah diet tinggi protein aman? Berikut penjelasannya: Amankah Diet Tinggi Protein? American Heart Association sendiri tidak merekomendasikan diet tinggi protein. Mengkonsumsi daging berlemak dan produk olahan [...]

Awas, Terlalu Banyak Tidur Bisa Picu Stroke

Awas, Terlalu Banyak Tidur Bisa Picu Stroke

Selama ini, yang banyak dipermasalahkan orang adalah bahaya kurang tidur. Tapi tidur berlebihan juga tidak sehat bagi tubuh. Salah satunya dampak negatifnya, bisa meningkatkan risiko terkena stroke.Dr Daniel Kripke, direktur Scripps Clinic Sleep Center di La Jolla, California mengungkapkan bahwa terlalu banyak tidur saat akhir pekan tidak akan membuat seseorang merasa lebih baik. Tidur terlalu lama bisa membuat kekebalan tubuh terganggu."Orang yang tidak mendapatkan tidur cukup, baik itu kurang atau berlebih berisiko mengalami kecelakaan lalu lintas, perubahan berat badan, penurunan produktivitas serta terganggunya sistem kekebalan tubuh," ujar Kripke, seperti dikutip dari CNN.Banyak orang berpikir tidur berlebih saat akhir pekan merupakan 'bonus' bagi tubuh, sehingga orang berpikir akan merasa lebih baik setelahnya. Orang yang biasa tidur sedikit pada hari kerja (sekitar 5 jam) dan tidur berlebih saat akhir pekan yaitu lebih dari 8 jam, akan merasa lelah pada beberapa fungsi tubuhnya sehingga membutuhkan waktu peregangan yang lebih lama ketika bangun tidur."Hal ini dikenal dengan 'sleep drunkenness', jika sangat parah bisa membuat orang sulit untuk mengambil keputusan. Tapi unt [...]

Mobil Ditabrak Truk, Wanita Ini Selamat karena Baju Ketatnya

Mobil Ditabrak Truk, Wanita Ini Selamat karena Baju Ketatnya

Meski sudah memakai sabuk pengaman, kecelakaan mobil tak jarang menyebabkan luka serius pada korban, terutama bagi mereka yang duduk di kursi depan. Hal itu juga yang dialami oleh Zoe Turner, seorang wanita asal Inggris yang taksinya menabrak sebuah truk. Untungnya, Zoe tidak mengalami luka yang terlalu fatal. Menurut dokter hal tersebut bisa terjadi berkat dress merah ketat yang dikenakannya saat kecelakaan.Kejadian naas itu terjadi pada 14 Desember lalu ketika Zoe bersama tiga temannya pulang dari sebuah pesta. Mereka pun pulang dengan taksi sekitar pukul 3 dini hari. Saat di perjalanan, tiba-tiba sebuah truk semen oleng ke sisi supir mobil sehingga menyebabkan tabrakan. Kecelakaan tersebut pun terbilang cukup parah karena mengakibatkan supir terjungkal hingga menabrak kaca dan tiga temannya di belakang tak sadarkan diri. Kelima korban berhasil dibawa ke rumah sakit oleh paramedis selang lima menit setelah kejadiaan.Ketika diperiksa, Zoe mendapat luka yang cukup parah sampai menderita patah tulang. Ia bahkan dipasang alat penyangga agar tulang pelvisnya tetap di tempat. Hal itu terbilang wajar mengingat posisi wanita yang baru lulus kuliah itu berada di kursi penumpang depan. [...]

5 Alasan Mengapa Harus Rutin Memakan Buah & Sayur

5 Alasan Mengapa Harus Rutin Memakan Buah & Sayur

Makan buah-buahan dan sayuran adalah salah satu rekomendasi untuk diet sehat, tapi masih banyak orang yang tidak suka makan buah atau sayur. Mengapa makan buah dan sayur itu penting bagi tubuh?The National Cancer Institute merekomendasikan setiap orang setidaknya makan lima porsi buah dan sayur setiap harinya. Ada banyak alasan mengapa buah dan sayur sangat penting bagi tubuh. Seperti dilansir dari HSPH dan FamilyEducation, berikut beberapa alasan mengapa buah dan sayur penting.1. Buah dan Sayur Melindungi KesehatanBuah-buahan dan sayuran dikemas dengan vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi tubuh. Makan buah dan sayur setiap hari dapat memberi keuntungan, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe II, terkena risiko kanker, melancarkan sistem pencernaan, bantu dapatkan fungsi penglihatan dan memori, meningkatkan sitem kekebalan tubuh serta, mendapatkan tulang dan gigi yang kuat.2. Buah dan Sayur Melawan Berbagai Jenis PenyakitBuah dan sayur mengandung fitokimia yaitu senyawa kimia seperti beta-karoten yang terjadi secara alami pada tanaman, dan sangat penting untuk melawan berbagai jenis penyakit. Fitokimia biasanya terkait dengan war [...]

Seputar Tato yang Perlu Anda Ketahui

Seputar Tato yang Perlu Anda Ketahui

Seiring dengan perkembangan jaman, semakin marak kita melihat orang-orang yang memiliki tato di tubuh. Ada beberapa jenis tato yang sekarang ada di dunia, ada tato untuk kecantikan seperti tato alis dan tato bibir. Ada juga tato adat, biasanya digunakan untuk pertanda dalam suatu adat tertentu. Ada tato professional, tato yang sering dilakukan oleh banyak orang, yaitu tato yang digambar oleh seniman tato. Tato merupakan suatu tanda atau desain yang dibuat pada kulit Anda dengan pigmen-pigmen yang dimasukkan melalui tusukan pada lapisan atas kulit. Biasanya para seniman tato menggunakan mesin yang serupa dengan mesin jahit dengan 1 atau lebih jarum untuk menusuk kulit. Pada setiap tusukan, jarum-jarum tersebut akan memasukkan tetesan tinta. Proses tersebut berlangsung tanpa dilakukan anestesi sehingga dapat menimbulkan perdarahan dan rasa nyeri. Tahukah Anda, sebenarnya ada risiko dan konsekuensi kesehatan tubuh yang dapat ditimbulkan jika melakukan pembuatan tato? Efek Samping dari Membuat Tato Berikut terlampir juga beberapa efek samping dari tato : Infeksi: Pada keadaan yang sangat buruk, misalnya menggunakan jarum bekas, Anda bisa memiliki resiko tertul [...]

Meneropong Anatomi Penis

Meneropong Anatomi Penis

Apakah pria perlu mengkhawatirkan ukuran penisnya? Bagaimana ereksi terjadi? Kenapa penis mengalami ereksi saat bangun tidur di pagi hari? Mengenali anatomi dan cara kerja penis dapat membuat kita menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut. Penis memiliki dua peran utama. Selain berperan sebagai organ seksual, penis juga berfungsi sebagai jalan keluarnya urine dari tubuh pria. Mengenali Bagian Penis Fungsi vital penis membuat semua pria seharusnya mengenali bagian-bagian organ ini dengan baik sehingga dapat menjaga kesehatannya. Secara umum, penis terdiri dari beberapa bagian. Kepala penis. Pada ujung kepala, terdapat celah kecil atau bukaan uretra untuk urine dan air mani keluar. Pada penis yang tidak disunat, kepalanya ditutupi oleh kulup. Batang penis. Saat lahir, semua batang penis tertutup oleh kulit luar atau kulup. Pada sebagian pria di Indonesia, kulup ini kemudian akan disunat atas alasan kesehatan, agama, atau budaya. Sistem dan kerja penis tidak akan berubah setelah menjalani sunat. Penis yang tidak disunat lebih berisiko mengalami fimosis, yaitu kondisi ketika kulup atau kulit luar tidak dapat ditarik dari kepala penis. Korpus kavernosum: jaringan yang berada d [...]

Khawatir Kanker Usus? Lakukan Kolonoskopi

Khawatir Kanker Usus? Lakukan Kolonoskopi

Jika tidak segera ditangani, kanker usus adalah kondisi yang dapat membahayakan nyawa. Untuk mencegah kondisi ini berkembang, umumnya pasien disarankan menjalani kolonoskopi. Kolonoskopi adalah pemeriksaan untuk mendeteksi ketidaknormalan pada usus besar dan anus. Proses ini dilakukan dengan memasukkan kolonoskop atau selang yang ujungnya ada kamera ke dalam dubur. Dokter kemudian dapat melihat ke dalam usus besar dengan kamera video yang menampilkan gambar pada layar. Prosedur ini juga dapat digunakan untuk mengambil sampel jaringan dari usus besar, sekaligus dapat juga mengangkat polip atau jaringan tidak normal di dalamnya. Kolonoskopi umumnya berperan dalam pemeriksaan awal kanker usus besar. Dokter mungkin akan merekomendasikan prosedur ini untuk dilakukan 10 tahun sekali jika Anda berusia 50 tahun ke atas dan berisiko mengidap kanker usus. Selain itu, proses ini dapat menjadi panduan bagi dokter untuk menentukan penyebab gejala-gejala gangguan pada usus, seperti konstipasi kronis, diare, atau pendarahan pada anus. Meski demikian, selain kolonoskopi, dapat juga dijalankan prosedur lain. Kondisi Apa Saja yang Membutuhkan Kolonoskopi? Umumnya seseorang merasa perlu menjalani [...]

Hati-hati Pilih Sepatu, Salah Pakai Bisa Berakibat Fatal Bagi Kesehatan

Hati-hati Pilih Sepatu, Salah Pakai Bisa Berakibat Fatal Bagi Kesehatan

Memilih sepatu yang tepat dan pas di kaki tidak hanya penting untuk kenyamanan saat berjalan, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh terutama tulang. Ketika banyak yang memilih sepatu berdasarkan model, warna, heels dan harga, yang mempertimbangkan faktor kesehatan justru sangat sedikit.Padahal kualitas sepatu harus diutamakan. Salah mengenakan alas kaki, akibatnya bisa fatal mulai dari penampakan kaki yang jadi tak indah hingga gangguan tulang. Ini beberapa masalah yang bisa timbul akibat memakai sepatu yang tidak sesuai ukuran serta bentuk kaki, yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. Kulit Kaki yang MenebalPenebalan kulit pada telapak dan tumit, atau biasa disebut kapalan dapat terjadi ketika memilih sepatu dengan model dan ukuran yang tidak sesuai bentuk kaki. Sepatu pointy (ujung lancip) yang dikenakan kaki dengan jari-jari besar misalnya, akan membuat kulit kaki akan bergesekan dengan bagian dalam sepatu, begitu juga kulit di sela-sela jari kaki. Gesekan yang terus menerus akan menyebabkan kapalan yang cukup mengganggu.2. Tulang MenonjolKondisi ini biasa juga disebut dengan heel spur atau penumbuhan tulang kecil yang menyerupai duri di bagian tumit. Hal ini d [...]

7 Penyakit yang Mengintai Ketika Liburan

7 Penyakit yang Mengintai Ketika Liburan

Apakah Anda memiliki rencana bepergian dalam waktu dekat? Atau Anda berhobi travelling? Dapat berwisata ke berbagai tempat di dunia pasti akan sangat menyenangkan. Namun, tahukah Anda bahwa setiap berkunjung ke suatu tempat yang baru, maka Anda berisiko terkena penyakit? Pada prinsipnya, ancaman penyakit-penyakit yang mengintai ketika beergian jauh dapat dicegah dengan memberikan vaksin. Dewasa ini dikenal dengan Travel vaccine atau sering disebut juga travel immunization merupakan vaksin yang diberikan kepada mereka yang akan bepergian ke luar negeri sebagai proteksi diri terhadap penyakit serius. Vaksin ini biasanya direkomendasikan terutama pada daerah/negara yang memiliki risiko tinggi penyakit tertentu., seperti avian flu di China, chikungunya di Caribbean. Penyakit-penyakit yang biasa menghantui kita ketika liburan Berikut ini adalah penyakit-penyakit yang biasa menghantui kita ketika liburan dan bepergian jauh serta jenis-jenis vaksin yang dapat diberikan untuk mencegahnya: Penyakit Meningitis dengan Vaksin meningokokus Vaksin ini untuk mencegah penyakit meningitis diwajibkan jika Anda akan bepergian ke Arab Saudi saat akan melakukan umrah atau haji [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *