7 Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung

Penyebab perut kembung?. Anda tentu pernah merasakan perasaan kembung yang sangat tidak nyaman. Kembung ini terjadi karena terjadi ganguan metabolisme gas dari makanan yang kita konsumsi.

Saat gas itu tidak dikeluarkan dari, maka dapat terjadi penumpukan gas sehingga menyebabkan kembung.

Apa saja yang dapat menyebabkan perut kembung? Berikut ini adalah beberapa penyebab kembung.

Penyebab Perut Kembung #1: Stres

Saat kita stress, maka muncul refleks dari tubuh kita dengan cara mengalihkan aliran darah dari proses pencernaan. Oleh karena itu dapat muncul gejala seperti:

  • kembung,
  • konstipasi,
  • diare dan
  • nyeri perut.

Selain stres, kondisi cemas juga dapat memicu munculnya kembung. Saat kita mengkonsumsi permen karet, konsumsi minuman bersoda, atau saat kita cemas dapat juga membuat kembung.

Penyebab Perut Kembung #2: Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat memimbulkan efek samping kembung. Terutama obat yang mengandung lactulose atau sorbitol serta obat diabetes golongan akarbose pun dapat menimbulkan kembung.

Bagi Anda yang memiliki riwayat maag ada baiknya untuk menyampaikan hal ini kepada dokter ketika Anda melakukan konsultasi dan sebelum dokter menuliskan resep. Walau sebelumnya para dokter biasanya akan menanyakan

Penyebab Perut Kembung #3: Kebanyakan Makan

Perut yang mendadak kembung setelah Anda makan, mungkin disebabkan oleh karena Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak di waktu yang sama.

Bayangkan sebuah balon yang diisi dengan air 1 galon dengan pompa selang pemadam kebakaran dalam kecepatan dibawah 5 detik. Besar risikonya balon akan pecah, bukan? Bayangkan jika demikian terjadi dengan Anda memakan makanan secara porsi banyak dalam 1 waktu.

Sangat disarankan untuk membiasakan makan dengan porsi sedikit dan makan dengan perlahan.

.

Penyebab Perut Kembung #4: Makan atau Minum Terlalu Cepat

Bila Anda terlalu cepat makan atau minum dapat menyebabkan timbulnya gas-gas yang dapat membuat Anda kembung. Tidak dengan benar mengunyah makanan juga dapat menyebabkan Anda kembung.

Oleh karena itu bila Anda puasa lama atau sangat lapar, usahakan untuk selalu mengunyah makanan atau menelan minuman perlahan agar mengurangi terbentuknya gas.

.

Penyebab Perut Kembung #5: Dehidrasi

Saat Anda dehidrasi maka dapat terjadi retensi air (penyimpanan air).

Retensi air ini yang dapat membuat Anda kembung, bila keadaan ini terjadi, merupakan tanda bahwa Anda harus mengkonsumsi banyak air, namun ingat untuk menghindari minuman bersoda.

Karena tak ubahnya minuman penyebab kembung, minuman bersoda justru kian memperparah kondisi kembung yang ada.

.

Penyebab Perut Kembung #6: Makanan Banyak Gas

Beberapa jenis makanan mengandung banyak gas, seperti bokoli, kol, apel dan alpukat disebutkan dapat menyebabkan kembung.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin, juga dapat menyebabkan retensi air yang dapat membuat perasaan bengkak.

Bila Anda menderita intolerensi laktat dan Anda mengkonsumsi makanan/minuman yang terbuat dari susu, dapat juga menimbulkan perasaan kembung, jadi sebaiknya dihindari.

.

Penyebab Perut Kembung #7: Penyakit Kronis

Beberapa penyakit seperti penyakit celiac, sindrom sumping, kanker ovarium dan Irritable Bowl Syndrome dapat menyebabkan kembung. Bila perasaan kembung Anda berlanjut hingga lama, coba lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
4 Alasan Pentingnya Makan Sayur Tiap Hari

4 Alasan Pentingnya Makan Sayur Tiap Hari

Umumnya orang tidak suka makan sayuran hijau karena rasanya cenderung hambar dan dianggap kurang nikmat ketimbang daging-dagingan atau buah-buahan. Padahal sayuran memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh dan wajib dikonsumsi setiap hari. Ini alasannya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Melawan Radikal BebasSayuran hijau kaya akan vitamin K dan klorofil yang membantu darah lebih baik menyalurkan oksigen ke seluruh sel tubuh serta melawan radikal bebas yang merusak. Sawi, bayam, kangkung dan sejenisnya juga bersifat alkali yaitu menjaga tingkat pH tubuh agar tetap stabil. Tidak terlalu asam juga tidak terlalu basa. Level pH yang tidak seimbang bisa mendatangkan berbagai penyakit.2. Mencegah Bau MulutRajin makan sayuran juga bisa mencegah bau mulut dan aroma tubuh tidak sedap karena kandungan klorofilnya yang tinggi. Klorofil berfungsi sebagai detoks tubuh termasuk mengeluarkan racun penyebab bau badan dan mulut. Jadi jika Anda memiliki bau mulut atau badan tidak sedap, konsumsilah satu hingga tiga porsi sayur tiap hari. Semakin pekat atau gelap warna hijaunya, maka kandungan klorofil makin tinggi.3. Kaya MineralSayuran hijau kaya akan mineral dan bisa memenuhi [...]

Menimbang Kelebihan dan Kekurangan Suntik KB

Menimbang Kelebihan dan Kekurangan Suntik KB

Suntik KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang biasa digunakan untuk menunda kehamilan. Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, suntik KB memiliki beberapa kekurangan dan tidak disarankan bagi wanita yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Suntik KB adalah kontrasepsi hormonal yang disuntikkan pada bagian tertentu tubuh seperti lengan atas, paha, atau bokong. Setelah disuntikkan, kadar hormon akan meningkat dan kemudian menurun secara bertahap hingga suntikan selanjutnya. Di Indonesia, berdasarkan jangka waktu, terdapat dua jenis suntik KB yang paling umum digunakan, yaitu suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan. Suntikan KB 3 bulan mengandung hormon progestin, sementara suntikan KB 1 bulan mengandung kombinasi hormon progestin dan hormon estrogen, dengan kadar progestin yang lebih rendah. Suntik KB 1 Bulan Sesuai namanya, KB ini disuntikkan tiap 30 hari sekali. Suntik KB ini bekerja dengan menghentikan pelepasan sel-sel telur dari rahim dan juga membuat cairan vagina menebal sehingga mencegah sperma bertemu dengan sel telur. Selain itu suntikan ini juga mempertipis dinding rahim sehingga mempersulit implantasi sel telur. Jika tidak terlambat diberikan, suntikan KB bula [...]

Agar Sehat Total, Jangan Konsumsi Susu Almond yang Ditambah Gula

Agar Sehat Total, Jangan Konsumsi Susu Almond yang Ditambah Gula

Selain susu hewani yang sering dikonsumsi banyak orang, susu yang terbuat dari kacang-kacangan seperti susu almond juga menjadi salah satu minuman yang kini tengah diminati. Alasannya, susu 'alternatif' ini dipercaya mengandung lemak dan kalori yang rendah serta bebas kolestrol sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Susu kacang yang seringkali disebut dengan sari nabati ini banyak dikonsumsi mereka yang memiliki intoleransi laktosa, penganut gaya hidup sehat, dan orang-orang yang sedang menjalani diet. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes selaku ahli gizi memaparkan, kacang-kacangan tersebut diolah sedemikian rupa untuk memberikan manfaat yang besar kepada tubuh. Namun yang sering terjadi adalah banyak orang yang menambahkan gula dengan takaran berlebih saat memproduksi susu kacang seperti susu almond tersebut. Menurutnya, hal tersebut sebaiknya dihindari."Khusus untuk orang dewasa, harus diperhatikan tujuan mengonsumsi sari kacang-kacangan ini seperti apa. Jika dikonsumsi agar bermanfaat untuk kesehatan, jangan rusak manfaat itu dengan menambahkan gula terlalu berlebihan. Kalau ingin sehat ya sehat total," ujar ibu empat anak itu saat dihubungi Wolipop, Rabu, (18/11/2015).Baca Juga: [...]

Sakit Kepala Bagian Atas Disebabkan Apa?

Sakit Kepala Bagian Atas Disebabkan Apa?

Sering merasakan sakit kepala bagian atas? Penyebabnya ada banyak. Salah satunya adalah sakit kepala tegang. Ternyata salah satu pemicu paling umumnya adalah karena stres. Sakit kepala, yang dalam bahasa medisnya disebut sefalgia, dapat terasa di berbagai bagian kepala, seperti di bagian belakang kepala, di sisi kanan atau kiri kepala, di atas mata atau atas telinga, ataupun di kepala bagian atas (sakit kepala koronal). Sakit kepala pada setiap bagian berbeda ini ternyata dapat dilatarbelakangi penyebab yang berbeda juga. Sakit kepala bagian atas umumnya dialami oleh pengidap sakit kepala tegang yang sering menyerang orang dewasa, terutama wanita. Sakit kepala bisa terjadi secara periodik atau harian. Disebut periodik jika terjadi kurang dari 15 kali per bulan atau disebut harian jika terjadi lebih dari 15 kali pada tiap bulannya). Pada suatu kondisi jika terjadi lebih dari 60 hari, maka disebut dengan sakit kepala tegang kronik. Sakit kepala tegang kebanyakan disebabkan oleh otot-otot di leher dan kulit kepala bagian belakang yang menegang. Banyak hal yang berkaitan dengan terjadinya ketegangan otot tersebut, antara lain: Stres mental atau emosional, antara lain akibat masalah [...]

Jangan Abaikan 7 Gejala Kesehatan Ini!

Jangan Abaikan 7 Gejala Kesehatan Ini!

Anda perlu waspada dengan setiap gejala yang muncul pada tubuh. Bisa jadi hal tersebut mengarah kepada penyakit serius. Seperti yang dikutip dari mayoclinic, berikut tujuh gejala yang tak boleh diabaikan.1. Turunnya Berat Badan Secara DrastisMenurunnya berat badan tanpa perlu usaha yang besar mungkin terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Sayangnya hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa ada yang salah pada kesehatan Anda.Jika Anda kehilangan hingga 10 persen dari berat badan selama enam bulan terakhir, segera konsultasikan pada dokter. Penurunan berat badan secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti tiroid yang terlalu aktif, diabetes, depresi, penyakit hati, atau kanker.2. Demam Tinggi & BerkepanjanganDemam bukan selalu berarti tanda bahwa tubuh Anda sedang tidak sehat. Deman memiliki peran penting dalam memerangi infeksi. Namun jika demam yang Anda alami lebih dari tiga hari, Anda harus memeriksakannya ke dokter. Dalam beberapa kasus, demam tinggi lebih dari 39,4 C dan berkepanjangan bisa disebabkan oleh gejala kanker ganas.3. Sesak NapasSesak napas dapat disebabkan oleh penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis kronis, asma, pneumonia, gump [...]

Madu Lebih Sehat dari Gula Pasir, Mitos atau Fakta?

Madu Lebih Sehat dari Gula Pasir, Mitos atau Fakta?

Madu sering dijadikan sebagai pemanis yang lebih sehat ketimbang gula pasir. Jika dibandingkan dengan gula pasir atau gula cair yang telah banyak melalui tahapan proses dalam pembuatannya, madu alami memang menjadi alternatif yang lebih baik.Karena merupakan substansi alami yang dihasilkan langsung oleh alam, banyak orang menganggap madu sebagai 'makanan super' yang tinggi nutrisi. Tapi benarkah madu sesehat yang dipercaya orang selama ini? Madu memang berbeda dengan gula pasir, gula cair atau gula batu dilihat dari kandungannya. Gula yang banyak digunakan saat ini termasuk jenis sukrosa yang diproses oleh insulin. Pankreas merupakan organ yang bertugas memproduksi hormon ini. Sementara madu 55 persennya adalah fruktosa, jenis gula yang sama yang terdapat pada buah. Ketika masuk ke dalam tubuh fruktosa akan diproses oleh liver. Yang perlu diperhatikan, meskipun jenis gula pada madu dan gula pasir berbeda namun tetap menimbulkan efek yang sama pada tubuh yaitu sama-sama menaikkan kadar gula dalam darah secara drastis. Ketika kadar gula naik maka pankreas akan memproduksi insulin yang mengakibatkan tubuh menyimpan kelebihan lemak dan akhirnya berat badan pun naik.Ketika dikonsumsi [...]

4 Fakta & Mitos Penyebab Kegemukan

4 Fakta & Mitos Penyebab Kegemukan

Kegemukan atau biasa disebut obesitas merupakan masalah yang besar pada abad ini. Jumlah kasus obesitas terus meningkat. Apakah Anda tahu jika terjadi kegemukan maka risiko untuk menderita diabetes dan penyakit jantung juga meningkat di masa depan Anda? Lalu kenapa orang bisa mengalami kegemukan? Selain faktor makan berlebihan dan kurang olahraga, apakah benar memang 'dari sononya' orang bisa gemuk? Atau karena faktor tulangnya besar? Sebelum kita ketahui lebih jauh apa pencetus kegemukan sebenarnya, ada benarnya kita telusuri terlebih dahulu apa itu kegemukan dalam dunia medis. Kegemukan = Obesitas Obesitas adalah keadaan di mana terdapat kelebihan lemak dalam tubuh. Standar definisi dari obesitas dan overweight dilihat berdasarkan indeks massa tubuh (IMT). IMT diukur dengan satuan berat badan dan tinggi badan ((Berat badan/tinggi badan (kg/m2)). Obesitas dapat meningkatkan mortalitas (angka kematian) seseorang dengan penyakit kronis yang mengancam jiwa seperti diabetes melitus tipe 2, penyakit jantung dan pembuluh darah, kantung empedu, sensitifitas hormon dan kanker saluran cerna. Nah, berikut ini adalah paparan-paparan 4 fakta dan mitos penyebab kegemukan lebih jelasnya. [...]

Cara Mengenali Jenis Batuk dan Penyebabnya

Cara Mengenali Jenis Batuk dan Penyebabnya

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk menjaga pernapasan dari benda atau zat asing. Penyebabnya antara lain virus, bakteri, dan benda asing yang terhirup. Ada beberapa penyakit gawat yang memang memiliki gejala batuk, diantaranya seperti: Kanker paru, TBC, radang paru-paru, bronchitis, pneumonia, dan lainnya Untuk membedakannya, diperlukan pengetahuan terkait jenis batuk yang ada. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis batuk. Berikut rinciannya: A. Jenis batuk berdasarkan produktivitasnya: 1. Batuk produktif Batuk produktif adalah batuk yang menghasilkan dahak atau lender, sehingga lebih dikenal dengan sebutan batuk berdahak. Batuk produktif memiliki ciri khas yaitu dada terasa penuh dan berbunyi. Mereka yang mengalami batuk produktif umumnya mengalami kesulitan bernapas dan disertai pengeluaran dahak. Batuk produktif sebaiknya tidak diobati dengan obat penekan batuk karena lendir akan semakin banyak terkumpul di paru-paru. 2. Batuk tidak produktif Batuk tidak produktif adalah batuk yang tidak menghasilkan dahak, yang juga disebut batuk kering. Batuk tidak produktif sering membuat tenggorokan terasa gatal sehingga menyebabk [...]

5 Tips Merawat Anak dengan Hemofilia

5 Tips Merawat Anak dengan Hemofilia

Hemofilia merupakan gangguan perdarahan dimana darah seorang tidak dapat membeku secara normal. Umumnya penderita Hemofilia megalami perdarahan lebih lama dibanding orang normal. Namun bukan berarti orang dengan hemofilia tidak dapat hidup selayaknya orang normal. (Baca: Anak Mudah Lebam? Waspada Hemofilia) Anak dengan hemofilia dapat tetap hidup dengan optimal, hanya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatian. Mari kita simak apa saja hal yang perlu diperhatikan untuk merawat anak dengan hemofilia: 1. Berikan pelindung pada tempat tidur anak Hal ini khususnya untuk bayi atau anak kecil. Coba berikan bantalan lunak yang menutupi bagian-bagian tajam dari tempat tidur anak. Cobalah untuk mencari bagian yang berisiko membuat cedera seperti bagian sudut yang tajam, atau paku yang menempel pada tempat tidur. Tutuplah bagian-bagian tersebut dengan bantalan lunak untuk menghindari benturan pada anak. (Baca: Awas Anak Salah Tidur, Tulang Bisa Bengkok) 2. Hindari aktivitas dengan risiko cedera tinggi Salah satu penyebab perdarahan pada pasien hemofilia adalah karena cedera. Olahraga berat memiliki tingkat bahaya yang tinggi dan umumnya tidak aman untuk anak-anak yang menderita hemofil [...]

7 Makanan Agar Tidak Mudah Sakit

7 Makanan Agar Tidak Mudah Sakit

Manusia membutuhkan konsumsi makanan bervariasi dan kandungan nutrisi yang seimbang. Namun ada beberapa jenis makanan yang mudah didapatkan yang ternyata mengandung zat-zat yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Sertakan beberapa jenis makanan ini dalam diet harian Anda maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah dari asupan makanan Anda! 1. Semangka Buah merah kaya akan air ini juga ternyata mengandung antioksidan yang kuat, glutation. Glutation ini dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga dapat melawan infeksi. Antioksidan ini banyak terdapat di bagian pinggir buah dekat kulit. Jadi, pastikan Anda menghabiskan semangka Anda hingga ke bagian dasar kulitnya ya! (Baca: Nyeri Otot Setelah Fitness? Makanlah Semangka!). Klik 'next' untuk selanjutnya. 7 Makanan Agar Tidak Mudah Sakit Manusia membutuhkan konsumsi makanan bervariasi dan kandungan nutrisi yang seimbang. Namun ada beberapa jenis makanan yang mudah didapatkan yang ternyata mengandung zat-zat yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Sertakan beberapa jenis makanan ini dalam diet harian Anda maka Anda akan mendapatkan k [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *