7 Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung

Penyebab perut kembung?. Anda tentu pernah merasakan perasaan kembung yang sangat tidak nyaman. Kembung ini terjadi karena terjadi ganguan metabolisme gas dari makanan yang kita konsumsi.

Saat gas itu tidak dikeluarkan dari, maka dapat terjadi penumpukan gas sehingga menyebabkan kembung.

Apa saja yang dapat menyebabkan perut kembung? Berikut ini adalah beberapa penyebab kembung.

Penyebab Perut Kembung #1: Stres

Saat kita stress, maka muncul refleks dari tubuh kita dengan cara mengalihkan aliran darah dari proses pencernaan. Oleh karena itu dapat muncul gejala seperti:

  • kembung,
  • konstipasi,
  • diare dan
  • nyeri perut.

Selain stres, kondisi cemas juga dapat memicu munculnya kembung. Saat kita mengkonsumsi permen karet, konsumsi minuman bersoda, atau saat kita cemas dapat juga membuat kembung.

Penyebab Perut Kembung #2: Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat memimbulkan efek samping kembung. Terutama obat yang mengandung lactulose atau sorbitol serta obat diabetes golongan akarbose pun dapat menimbulkan kembung.

Bagi Anda yang memiliki riwayat maag ada baiknya untuk menyampaikan hal ini kepada dokter ketika Anda melakukan konsultasi dan sebelum dokter menuliskan resep. Walau sebelumnya para dokter biasanya akan menanyakan

Penyebab Perut Kembung #3: Kebanyakan Makan

Perut yang mendadak kembung setelah Anda makan, mungkin disebabkan oleh karena Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak di waktu yang sama.

Bayangkan sebuah balon yang diisi dengan air 1 galon dengan pompa selang pemadam kebakaran dalam kecepatan dibawah 5 detik. Besar risikonya balon akan pecah, bukan? Bayangkan jika demikian terjadi dengan Anda memakan makanan secara porsi banyak dalam 1 waktu.

Sangat disarankan untuk membiasakan makan dengan porsi sedikit dan makan dengan perlahan.

.

Penyebab Perut Kembung #4: Makan atau Minum Terlalu Cepat

Bila Anda terlalu cepat makan atau minum dapat menyebabkan timbulnya gas-gas yang dapat membuat Anda kembung. Tidak dengan benar mengunyah makanan juga dapat menyebabkan Anda kembung.

Oleh karena itu bila Anda puasa lama atau sangat lapar, usahakan untuk selalu mengunyah makanan atau menelan minuman perlahan agar mengurangi terbentuknya gas.

.

Penyebab Perut Kembung #5: Dehidrasi

Saat Anda dehidrasi maka dapat terjadi retensi air (penyimpanan air).

Retensi air ini yang dapat membuat Anda kembung, bila keadaan ini terjadi, merupakan tanda bahwa Anda harus mengkonsumsi banyak air, namun ingat untuk menghindari minuman bersoda.

Karena tak ubahnya minuman penyebab kembung, minuman bersoda justru kian memperparah kondisi kembung yang ada.

.

Penyebab Perut Kembung #6: Makanan Banyak Gas

Beberapa jenis makanan mengandung banyak gas, seperti bokoli, kol, apel dan alpukat disebutkan dapat menyebabkan kembung.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin, juga dapat menyebabkan retensi air yang dapat membuat perasaan bengkak.

Bila Anda menderita intolerensi laktat dan Anda mengkonsumsi makanan/minuman yang terbuat dari susu, dapat juga menimbulkan perasaan kembung, jadi sebaiknya dihindari.

.

Penyebab Perut Kembung #7: Penyakit Kronis

Beberapa penyakit seperti penyakit celiac, sindrom sumping, kanker ovarium dan Irritable Bowl Syndrome dapat menyebabkan kembung. Bila perasaan kembung Anda berlanjut hingga lama, coba lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Seorang Perokok Pasif (Kembali) Menjadi Korban

Seorang Perokok Pasif (Kembali) Menjadi Korban

Noor Atika Hasanah (28) di akhir hayat hidupnya berpesan melalui media sosial akun Facebooknya: 'Bagi para ortu perokok, aku mohon banget supaya ngerokok sejauuuh mungkin dari anaknya walau sampai anak dewasa supaya jauh dari kemungkinan terkena flek paru'. Keadaan Bronchopneumonia Duplex yang dideritanya membuat kondisi fisiknya mengalami penurunan berat badan hingga 35kg. Disamping sesak napas, batuk keras dan pilek, keadaan semakin diperparah dengan faktor risiko berada lingkungan perokok. Pada skala internasional, pendataan dari penelitian Swedish National Board of Health and Welfare dan Bloomberg Philanthropies menganalisis data tentang perokok pasif di 192 negara sejak tahun 2004. Mereka menemukan 40 persen anak-anak serta lebih dari 30 persen pria dan wanita menjadi perokok pasif. Perokok pasif menghirup asap dari pembakaran rokok para perokok aktif. Tika ialah salah satu korban yang meninggal akibat perokok pasif. Melalui media-media akun sosial internetnya dirinya menegaskan bukanlah perokok melainkan diposisi korban dari asap perokok aktif. Almh. Noor Atika Hasanah Kasus ini merupakan fenomena gunung es dari pada kasus-kasus serupa di Indonesia pada khususnya. Sed [...]

Penyebab Batuk Darah

Penyebab Batuk Darah

Batuk berdarah dalam dunia kedokteran disebut sebagai hemoptisis. Hempotisis merupakan batuk darah yang berasal dari saluran napas dan biasanya menjadi tanda adanya penyakit medis yang serius. Darah yang keluar dari mulut bisa juga berasal dari perut atau hidung, maka dari itu penting sekali untuk memeriksakan diri ke dokter agar bisa diketahui sumber perdarahan dan terapi yang tepat. Hemoptisis dikategorikan menjadi masif (perdarahan > 200 mL/hari) dan tidak masif (perdarahan < 200 mL/hari). Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan batuk darah: Tuberkulosis paru (TBC) Kanker paru Pneumonia Bronkitis Bronkiektasis Abses paru Trauma paru, misalnya kecelakaan atau luka tembak Emboli paru Gagal jantung kongestif Arteriovenous malformations (AVM) di paru Pemeriksaan apa saja yang diperlukan? Halaman berikutnya penjelasan selengkapnya: Penyebab Batuk Darah Pemeriksaan apa saja yang diperlukan? Wawancara medis dan pemeriksan fisik Pada beberapa kasus, dengan wawancara medis dan pemeriksaan fisik secara langsung, dokter dapat membedakan penyebab batuk darah dan menentukan pemeriksaan selanjutnya yang diperlukan Pemeriksaan dar [...]

Penyebab Utama Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

Penyebab Utama Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

Bau kaki bisa membuat seseorang tidak percaya diri, juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan orang-orang sekitar. Apa sebenarnya faktor utama penyebab bau kaki? American Chemical Society telah merilis video yang menjelaskan darimana datangnya bau mengganggu itu sekaligus cara mengatasinya.Bau kaki disebabkan oleh bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu. Bakteri tersebut memakan keringat pada kaki dan memproduksi zat asam yang menebarkan bau tak sedap."Bau kaki bisa membuat Anda malu jika harus membuka sepatu di bagian keamanan bandara, tapi zat-zat kimia tertentu bisa membantu Anda menghilangkan baunya," begitu seperti yang terungkap dalam video yang dilansir Daily Mail.Kenapa seseorang bisa memiliki bau kaki? Tubuh manusia ditutupi kelenjar yang mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh ketika cuaca panas. Beberapa bagian tubuh memiliki konsentrasi kelenjar keringat yang lebih tinggi ketimbang bagian lainnya. Dan kaki, menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak kelenjar keringatnya."Keringat di kaki sebenarnya tidak berbau tapi berperan besar menyebabkan bau," ungkap American Chemical Society.Mengenakan sepatu lengkap dengan kaos kaki juga tidak membantu [...]

Rumput Laut, Makanan Kaya Serat Pencegah Diabetes

Rumput Laut, Makanan Kaya Serat Pencegah Diabetes

Bosan makan sayuran hijau untuk mencukupi kebutuhan serat tiap hari? Rumput laut bisa jadi alternatif asupan serat sebagai variasi makanan sehari-hari.Tak hanya serat, tumbuhan laut yang lebih dikenal sebagai bahan pembuat agar-agar ini ternyata kaya akan berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Seperti mineral, vitamin bahkan sedikit protein. Karena kandungan nutrisi yang beragam, manfaat dari mengonsumsi rumput laut pun cukup banyak. Ini berbagai manfaat rumput laut, menurut pakar gizi Prof. Dr. Ahmad Sulaeman, PhD.1. Bantu Turunkan Berat BadanRumput laut mengandung serat jenis polisakarida yang bagus untuk diet menurunkan berat badan. Selain kaya akan serat, kalorinya pun rendah. Seperti diketahui, serat memberi efek perut terasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan banyak jadi lebih terkontrol.2. Baik untuk PencernaanRumput laut mengandung probiotik, yang berfungsi sebagai makanan untuk bakteri baik dalam pencernaan. "Dengan adanya itu (probiotik) bakteri baik juga tumbuh dengan baik. Prebiotik dan probiotik sangat baik untuk bantu melancarkan pencernaan. Juga meningkatkan sistem imunitas," ujar Prof. Ahmad, dalam acara Jelajah Gizi yang diadakan Sarihusada di Pulau [...]

6 Saran Dokter Mengatasi Galau

6 Saran Dokter Mengatasi Galau

Galau. Kosakata yang menghiasi keseharian generasi muda zaman sekarang. Secara medis, galau perlu diwaspadai sebagai cabang masalah kesehatan ?gangguan cemas? yang paling rendah. Jika tidak diatasi dengan baik maka kegalauan dapat menjurus kepada masalah kesehatan mental yang lebih serius dan menyulitkan seperti stres, depresi, gangguan cemas, gangguan panik dan lainnya. Untuk itu, ketika masih dalam tahapan yang paling rendah, kegalauan seseorang perlu segera ditangani. Ada banyak cara untuk mengatasi kegalauan, misalkan dengan ?curhat? (mencurahkan isi hati ? Red), konseling dengan tenaga medis, dan relaksasi. Lebih jauh lagi, bila kegalauan sudah masuk ke dalam tahap yang lebih serius maka diperlukan terapi perilaku dan juga obat-obatan untuk mengatasi kegalauan. Relaksasi sebagai salah satu metode untuk mengatasi kegalauan, dapat dilakukan sendiri. Inilah lima langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi kegalauan. Silakan klik next untuk informasi selengkapnya. 6 Saran Dokter Mengatasi Galau Lima langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi kegalauan adalah sebagai berikut: 1. Ambil waktu untuk tenang. Pilihlah suatu waktu setiap hari un [...]

Anak-anak Sering Terkena Jenis Penyakit Kulit Ini

Anak-anak Sering Terkena Jenis Penyakit Kulit Ini

Penyakit kulit bisa diderita oleh siapa saja, tidak peduli mereka dewasa atau anak-anak. Ruam dan gatal-gatal yang biasa diderita anak-anak biasanya terkait oleh respons akibat faktor lingkungan dan makanan. Selain itu, anak-anak yang terutama masih bayi atau balita lebih cenderung memiliki penyakit kulit karena kebiasaan sehari-hari mereka memakai popok. Beberapa masalah kulit lainnya berisiko diderita oleh anak-anak karena mereka bersentuhan dengan anak lain yang sudah memiliki gangguan kulit oleh karena kuman tertentu. Tentu saja, ada juga penyakit kulit yang bersifat keturunan dan jenis ini biasanya permanen. Penyakit Kulit yang Umum Diderita Anak-anak Meski kemungkinan jenis penyakit kulit yang diderita anak bisa sama dengan yang diderita orang dewasa, ada sebagian jenis yang kebanyakan mengenai anak-anak. Beberapa penyakit di bawah ini adalah contohnya. Eksim Eksim yang bernama medis dermatitis atopik ini merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit merah dan gatal. Meski sering terjadi pada anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa terbebas dari penyakit ini. Eksim adalah jenis penyakit kulit jangka lama (kronik) dan cenderung kambuh secara tiba-tiba, namun kemud [...]

Lebih Jauh Tentang USG

Lebih Jauh Tentang USG

Salah satu faktor agar pengobatan berjalan optimal adalah ketepatan mendiagnosis penyakit. Untuk memastikan kondisi pasien, dokter bisa menggunakan bantuan alat USG untuk melakukan diagnosis. USG atau ultrasound adalah teknik menciptakan gambar ilustrasi nyata yang berasal dari dalam tubuh seseorang. Dalam menciptakan gambar, alat ini memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi. Sebuah alat bernama transducer ditempelkan pada tubuh untuk memancarkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi. Kemudian tiap gema yang memantul akan membentuk citra berupa ukuran, bentuk, serta konsistensi dari jaringan lunak atau organ dalam tubuh. Pantulan gelombang itulah yang kemudian membentuk gambar di layar komputer yang akan dibaca oleh ahlinya. Ahli USG atau sonografer tersebut kemudian akan menjelaskan apa yang muncul kepada pasien. Dengan USG, dokter dapat mendeteksi berbagai masalah yang menimpa jaringan tubuh, pembuluh darah, dan organ-organ tubuh. Hebatnya, alat ini tidak memerlukan pembedahan saat mencitrakan masalah dalam tubuh. Keunggulan lain dari metode yang juga dikenal dengan nama sonografi ini adalah nihilnya penggunaan radiasi. Kondisi Apa Saja Yang membutuhkan Diagnosis [...]

5 Tips Mengatasi Kantung Mata

5 Tips Mengatasi Kantung Mata

Oleh: dr. Jessica Florencia Kantung mata merupakan masalah minor yang seringkali dapat mengganggu penampilan. Kantung mata disebabkan karena adanya penumpukan cairan pada daerah bawah mata yang memang merupakan daerah dengan jaringan kulit dan penunjang yang paling tipis dan paling longgar. Konsumsi makanan tinggi garam saat makan malam atau menangis pada malam hari dapat menyebabkan timbulnya kantung mata pada pagi hari karena cairan tubuh akan berpindah ke daerah yang lebih banyak mengandung garam. Posisi tidur berbaring rata atau miring sebelah, kurang tidur dan cuaca yang terlalu panas dan lembab juga dapat menyebabkan pembentukan kantung mata. Kantung mata juga paling sering terjadi bersamaan dengan terjadinya penuaan. Ketika terjadi penuaan, lapisan kulit dan jaringan di sekitar mata makin mengendur. Jaringan otot di sekitar mata juga melemah sehingga memungkinkan lemak-lemak penunjang mata mengendur dan menyebabkan kantung mata. Secara umum, terbentuknya kantung mata bukanlah suatu hal yang serius. Namun beberapa kondisi perlu diwaspadai pada pembentukan kantung mata yang cukup parah, menetap, disertai gatal dan kemerahan, serta terjadi pada bagian tubuh lain. Penumpukan cai [...]

4 Tips Turunkan Kolesterol Jahat yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

4 Tips Turunkan Kolesterol Jahat yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

Kolesterol sangat penting bagi tubuh jika masih dalam kadar yang sesuai, namun jika terlalu banyak justru dapat menyebabkan penyakit-penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke dan lainnya. Untuk mengatasi kadar kolesterol yang tinggi, tips-tips dari Health Me Up berikut dapat Anda coba:1. Berhenti MerokokJika Anda seorang perokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik dan waktu yang sama meningkatkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, perokok juga dapat mengalami jantung berdebar yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka secara keseluruhan.2. Banyak BerolahragaOlahraga adalah solusi terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol yang cukup tinggi. Para ahli menyatakan, olahraga selama 40-60 menit perhari akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat sekitar 5-10% dan meningkatkan kolesterol baik hingga 3-6%. Untuk itu, lakukan aktivitas fisik yang intens seperti jogging, aerobik, pilates, latihan cardio atau latihan yang lainnya secara rutin. Minimal tiga kali seminggu.3. Perhatikan Konsumsi MakananUntuk mengurangi kolesterol, Anda harus mulai menjaga asupan makanan. Kurangi makanan yang mengandung lemak jenu [...]

Lawan Morning Sickness Pada Awal Kehamilan

Lawan Morning Sickness Pada Awal Kehamilan

Morning sickness adalah istilah kondisi mual dan muntah yang biasanya terjadi ketika masa awal kehamilan. Tidak hanya terjadi pada pagi hari, ibu hamil juga dapat mengalami morning sickness pada siang, malam, bahkan sepanjang hari. Perubahan hormon pada trismester pertama kehamilan diduga merupakan salah satu penyebabnya. Beberapa pakar menduga bahwa ada kaitan antara hCG dengan terjadinya morning sickness. Human chorionic gonadoptrin (hCG) merupakan hormon yang terbentuk selama masa kehamilan. Hormon ini dihasilkan oleh janin kemudian oleh ari-ari. Hormon inilah yang menjaga kehamilan dan menjaga produksi hormon kehamilan lainnya, yaitu progesteron, tetap stabil. Penyebab lainnya adalah kemampuan indera penciuman wanita hamil yang meningkat secara signifikan. Hal ini membuat ibu hamil sensitif terhadap bau dan kondisi ini dapat memicu rasa mual. Sebenarnya, gejala mual dan muntah dapat menjadi cara ibu hamil melindungi dirinya dan janin dari keracunan makanan. Kadar zat racun diduga mempengaruhi rasa dan bau makanan. Faktor-faktor inilah yang berpotensi membuat ibu hamil mual dan muntah supaya bayi tidak menyerap makanan tersebut. Jika morning sickness yang Anda alami masih te [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *