7 Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung

Penyebab perut kembung?. Anda tentu pernah merasakan perasaan kembung yang sangat tidak nyaman. Kembung ini terjadi karena terjadi ganguan metabolisme gas dari makanan yang kita konsumsi.

Saat gas itu tidak dikeluarkan dari, maka dapat terjadi penumpukan gas sehingga menyebabkan kembung.

Apa saja yang dapat menyebabkan perut kembung? Berikut ini adalah beberapa penyebab kembung.

Penyebab Perut Kembung #1: Stres

Saat kita stress, maka muncul refleks dari tubuh kita dengan cara mengalihkan aliran darah dari proses pencernaan. Oleh karena itu dapat muncul gejala seperti:

  • kembung,
  • konstipasi,
  • diare dan
  • nyeri perut.

Selain stres, kondisi cemas juga dapat memicu munculnya kembung. Saat kita mengkonsumsi permen karet, konsumsi minuman bersoda, atau saat kita cemas dapat juga membuat kembung.

Penyebab Perut Kembung #2: Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat memimbulkan efek samping kembung. Terutama obat yang mengandung lactulose atau sorbitol serta obat diabetes golongan akarbose pun dapat menimbulkan kembung.

Bagi Anda yang memiliki riwayat maag ada baiknya untuk menyampaikan hal ini kepada dokter ketika Anda melakukan konsultasi dan sebelum dokter menuliskan resep. Walau sebelumnya para dokter biasanya akan menanyakan

Penyebab Perut Kembung #3: Kebanyakan Makan

Perut yang mendadak kembung setelah Anda makan, mungkin disebabkan oleh karena Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak di waktu yang sama.

Bayangkan sebuah balon yang diisi dengan air 1 galon dengan pompa selang pemadam kebakaran dalam kecepatan dibawah 5 detik. Besar risikonya balon akan pecah, bukan? Bayangkan jika demikian terjadi dengan Anda memakan makanan secara porsi banyak dalam 1 waktu.

Sangat disarankan untuk membiasakan makan dengan porsi sedikit dan makan dengan perlahan.

.

Penyebab Perut Kembung #4: Makan atau Minum Terlalu Cepat

Bila Anda terlalu cepat makan atau minum dapat menyebabkan timbulnya gas-gas yang dapat membuat Anda kembung. Tidak dengan benar mengunyah makanan juga dapat menyebabkan Anda kembung.

Oleh karena itu bila Anda puasa lama atau sangat lapar, usahakan untuk selalu mengunyah makanan atau menelan minuman perlahan agar mengurangi terbentuknya gas.

.

Penyebab Perut Kembung #5: Dehidrasi

Saat Anda dehidrasi maka dapat terjadi retensi air (penyimpanan air).

Retensi air ini yang dapat membuat Anda kembung, bila keadaan ini terjadi, merupakan tanda bahwa Anda harus mengkonsumsi banyak air, namun ingat untuk menghindari minuman bersoda.

Karena tak ubahnya minuman penyebab kembung, minuman bersoda justru kian memperparah kondisi kembung yang ada.

.

Penyebab Perut Kembung #6: Makanan Banyak Gas

Beberapa jenis makanan mengandung banyak gas, seperti bokoli, kol, apel dan alpukat disebutkan dapat menyebabkan kembung.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin, juga dapat menyebabkan retensi air yang dapat membuat perasaan bengkak.

Bila Anda menderita intolerensi laktat dan Anda mengkonsumsi makanan/minuman yang terbuat dari susu, dapat juga menimbulkan perasaan kembung, jadi sebaiknya dihindari.

.

Penyebab Perut Kembung #7: Penyakit Kronis

Beberapa penyakit seperti penyakit celiac, sindrom sumping, kanker ovarium dan Irritable Bowl Syndrome dapat menyebabkan kembung. Bila perasaan kembung Anda berlanjut hingga lama, coba lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear

Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear

Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker terganas nomor dua yang menyerang kaum wanita. Sayangnya, masih banyak wanita, khususnya di Indonesia, yang tidak rutin memeriksakan diri dengan melakukan pap smear. Pap smear merupakan sebuah tes yang dapat memeriksa keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina. Dengan pemeriksaan rutin, perubahan sel-sel yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker bisa terdeteksi. Prosedur Pemeriksaan Kanker Serviks Untuk memeriksa kanker serviks, dokter menggunakan alat bernama spekulum yang dimasukkan ke dalam mulut vagina. Alat ini bisa memperluas lapang pandang dengan membuka mulut vagina sehingga area serviks dan vagina bisa diperiksa lebih teliti. Setelah itu, sampel sel-sel pada serviks akan diambil memakai spatula (seperti sendok kecil bertangkai panjang) plastik dan sikat kecil. Sel-sel tersebut kemudian dikirim ke laboratorium untuk diuji. Tes ini biasanya memakan waktu sekitar lima menit. Selama prosedur, Anda tidak perlu tegang karena kebanyakan wanita tidak merasakan rasa sakit saat melakukan pap smear. Saat melakukan pap smear, dokter bisa juga mengkombinasikannya dengan tes human papillomavirus (H [...]

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Siapa bilang cokelat tidak terlalu bermanfaat bagi kesehatan maupun penampilan? Nyatanya, sebuah studi mengungkapkan bahwa cokelat ternyata lebih sehat ketimbang jus buah.Penelitian dari Hershey Centre for Health & Nutrition di Amerika mengungkapkan bahwa dark chocolate dalam bentuk bubuk mengandung lebih banyak anti-oksidan dan polifenol, yang dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker dan serangan jantung. Berdasarkan laporan dari jurnal Chemistry Central, cokelat juga dapat mecegah kerusakan sel-sel sehat.Dalam studi tesebut, peneliti melakukan percobaan dengan membandingkan satu porsi dark chocolate, biji cokelat dengan jus buah yang dipercaya kaya akan kandungan oksigennya seperti acai berry, cranberry dan buah pome. Hasilnya, dark chocolate dan biji cokelat memiliki kandungan anti-oksidan dan flavanol yang lebih tinggi dari pada jus buah tersebut.Anti oksidan yang terkandung di biji cokelat dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit-penyakit seperti kanker dan sakit jantung koroner. Senyawa tersebut juga bisa mencegah penuaan. Sedangkan flavanol, meningkatkan fungsi arteri dan mengurangi stres pada jantung.Dengan adanya hasil peneltian ini, bukan berarti [...]

Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Makanan membutuhkan waktu untuk dicerna di dalam tubuh. Pastikan bahwa makanan yang Anda makan sudah tercerna secara tepat sebelum memulai aktivitas olahraga apapun. Untuk mengubah makanan Anda menjadi energi dibutuhkan waktu, untuk itu sebaiknya Anda makan maksimal 3-4 jam sebelum berolahraga. Hal ini merupakan estimasi saja, namun kembali lagi bergantung dari kecepatan metabolisme dan pencernaan Anda. Jika Anda tidak dapat menunggu selama itu, hindari makan dalam porsi besar sebelum melakukan olahraga yang berat karena dapat berujung pada mual dan muntah. Apa yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Berolahraga? Berikut penjelasannya: Apa yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Berolahraga? Sebelum memulai olahraga dengan intensitas sedang hingga berat, pilihlah makanan yang rendah lemak namun tinggi karbohidrat untuk mendapatkan energi yang cukup. Makanan yang tinggi lemak akan mempengaruhi performa Anda ketika berolahraga. Jadi, hindari makanan yang digoreng. Nasi, kentang atau pasta dapat menjadi pilihan Anda sebelum berolahraga. Anda juga dapat menambahkan yoghurt ataupun jus buah segar. Apa yang Sebaiknya Dimakan Setelah Berolahraga? Berikut penjelasannya: [...]

Bahan Kimia Pada Kemasan Plastik Bisa Picu Obesitas

Bahan Kimia Pada Kemasan Plastik Bisa Picu Obesitas

Makanan cepat saji serta gaya hidup buruk seringkali menjadi 'tersangka utama' pada kasus obesitas. Namun kini ada faktor lain yang bisa meningkatkan risiko terkena obesitas. Apakah itu?Zat kimia yang digunakan dalam membuat kemasan plastik, serngkali dikaitkan dengan risiko kanker dan bahkan diberi label zat beracun di Kanada. Kini zat tersebut juga diketahui juga berkaitan dengan kenaikan berat badan serta diabetes.Zat itu adalah bisphenol A (BPA), bahan kimia yang umum digunakan untuk membuat botol plastik. Seperti dikutip dari detikhealth, BPA merupakan endocrine disruptor yang dapat mempengaruhi aktivitas hormon normal di dalam tubuh. Sebuah laporan yang diterbitkan pekan lalu menunjukkan bahwa BPA bisa 'menipu' tubuh untuk meningkatkan lebih banyak lemak. Selain itu, BPA juga dapat membuat bertambahnya produksi insulin (cara tubuh mengatur lemak dan karbohidrat). Jika terlalu banyak insulin, tubuh menjadi 'kebal' terhadap dampaknya, yaitu kenaikan berat badan dan diabetes tipe 2.Angel Nadal, seorang ahli BPA di Miguel Hernendez University, Spanyol mengatakan," Ketika Anda memakan sesuatu dengan BPA, itu akan memberitahu organ bahwa Anda memakan lebih banyak daripada yang A [...]

Karada Factory, Salon Pijat Asal Jepang untuk Bantu Redakan Stres

Karada Factory, Salon Pijat Asal Jepang untuk Bantu Redakan Stres

Karada Factory, salon kesehatan tubuh asal Jepang membuka cabang pertamanya di Indonesia. Tidak hanya sekedar menawarkan pemijatan tradisional pada umumnya, Karada Factory berfokus kepada penyelarasan persendian tubuh agar lebih seimbang."Tujuan utama kita adalah mengidentifikasi permasalahan pada ketidaknyamanan tubuh, dan membangun keseimbangan tubuh yang optimal," jelas perwakilan dari Karada Factory Jepang, Segawa Takuya saat peresmian Karada Indonesia di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, belum lama ini.Segawa berharap dengan hadirnya Karada Factory di Indonesia, dapat meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kesehatan serta memberikan kontribusi pelayanan yang berkualitas. Indonesia sendiri merupakan cabang ke-220 dan sebelumnya sudah hadir di beberapa negara-negara Asia.Terapi pemijatan yang ditawarkan di Karada Factory tidak seperti pijat tradisional dan spa-spa pada umumnya. Terdapat suatu teknik pemijatan khas Jepang bernama Atlas Pelvis (AP) Balance, suatu teknik pemijatan yang menekankan pada bagian tulang atlas (ruas pertama dari tujuh ruas tulang leher) dan tulang pelvis atau panggul untuk menyeimbangkan tubuh."AP Balance itu sebuah terapi pemijatan pe [...]

Hati-hati!  Bikini Waxing Bisa Berbahaya

Hati-hati! Bikini Waxing Bisa Berbahaya

Bikini waxing merupakan cara menghilangkan bulu dengan menggunakan lilin atau wax pada area bikini line. Proses bikini wax tidaklah lama, kurang dari dua jam Anda sudah bisa menghilangkan bulu-bulu yang dirasa mengganggu.Sayangnya, bikini waxing memiliki efek negatif. Seperti yang dikutip dari womenshealthmag, baru-baru ini kota New Jersey melarang adanya bikini wax setelah dua wanita dilaporkan masuk rumah sakit karenanya. Dan pada 2007, seorang wanita Australia yang mengidap diabetes 1, dilaporkan hampir meninggal akibat infeksi bakteri yang ia dapatkan setelah melakukan bikini waxing."Bulu kemaluan ada untuk sebuah alasan, melindungi kulit sensitif dan selaput lendir di daerah kelamin. Mencabut bulu dengan lilin dapat mengangkat lapisan perlindungan tersebut," ujar Linda K. Franks, asisten klinis profesor dermatologi di New York University School of Medicine.Selain itu, waxing juga dapat menarik potongan-potongan kecil lapisan kulit terluar, dan menciptakan sebuah portal yang dapat membuat bakteri masuk ke dalam tubuh. Terlebih lagi, proses ini juga menimbulkan peradangan, yang membuat bakteri terperangkan di bawah kulit. Bikini waxing dapat menciptakan risiko infeksi kulit, [...]

Tidur Pakai Bra Tidak Sebabkan Kanker

Tidur Pakai Bra Tidak Sebabkan Kanker

Memakai bra saat tidur menurut berita yang beredar di masyarakat dapat memicu kanker payudara, apakah benar? Jawabannya adalah tidak. Tidak ada keterkaitan penggunaan bra saat tidur dengan munculnya kanker payudara. Sampai saat ini tidak ada penelitian yang menerangkan keterkaitan kedua hal tersebut. Namun yang perlu diperhatikan adalah ukuran bra yang kita pakai. Ukuran bra yang tidak tepat akan membuat payudara mengendur atau yang terlalu sempit akan membuat payudara tertekan, akibatnya aliran darah di sekitar payudara menjadi tidak lancar dan menimbulkan gangguan pegal dan nyeri di sekitar payudara. Sebenarnya tidak ada ketentuan dalam pemakaian bra saat tidur. Sesuaikan dengan apa yang menjadi nyaman bagi Anda. Beberapa wanita merasa nyaman tetap memakai bra saat tidur, sementara beberapa yang lain enggan memakainya saat tidur. Jika Anda memilih tidur dengan memakai bra, pakailah bra yang tidak terlalu ketat. Berikut masalah yang terjadi pada payudara saat Anda memakai bra yang ketat: Masalah yang Dapat Ditimbulkan Tidur dengan Bra Berikut masalah yang terjadi pada payudara saat Anda memakai bra yang ketat: Mengenakan bra yang ketat saat tidur dapat m [...]

4 Tanda Vagina Anda Bermasalah

4 Tanda Vagina Anda Bermasalah

Tidak sedikit dari kaum wanita yang mengalami kesulitan dalam hal menjaga kesehatan ?Miss V? (vagina -Red). Berbagai masalah menuai menjadi kepanikan ketika Miss V ?berulah?. Sebut saja dari masalah keputihan, atau gatal-gatal yang mencurigakan, atau mulai muncul aroma tidak sedap yang sebelumnya belum pernah ada. Ataupun masalah kelamin kewanitaan sebagainya. Meskipun tanda-tanda tersebut tidak semuanya berbahaya, namun jika salah mengabaikan, bisa-bisa lebih merugikan dampak kelanjutannya. Oleh karena itu, penting adanya untuk mengenali kondisi gejala-gejala yang pantas dicurigai. Singkat kata, ada beberapa gejala yang Anda harus waspadai jika terdapat tanda-tanda berikut di halaman berikut ini. Apakah Tanda-tanda yang Harus Diwaspadai? Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika: Terdapat perubahan warna, bau dan peningkatan cairan vagina - terutama jika disertai dengan demam. Kemerahan, gatal atau iritasi pada vagina. Perdarahan atau flek yang terjadi di antara siklus menstruasi, setelah berhubungan seksual atau setelah mengalamimenopause. Terdapat massa atau tonjolan pada vagina yang dirasa tidak wajar. Nah, keempat kondisilah yang harus dicermati. P [...]

Takut Buah & Sayur, Wanita Ini Cuma Makan Mie Instant Selama 13 Tahun

Takut Buah & Sayur, Wanita Ini Cuma Makan Mie Instant Selama 13 Tahun

Seorang wanita muda di Inggris mengalami kecanduan yang membuatnya hanya mau makan mie instant selama 13 tahun terakhir ini. Penyebab kecanduannya itu karena dia takut mengonsumsi buah dan sayur.Georgi Readman itulah nama wanita berusia 18 tahun yang kecanduan mie instant. Jika dihitung selama hidupnya 13 tahun terakhir ini, dia sudah makan mie sepanjang 627 km.Georgie tidak bisa makan makanan lain selain mie, karena takut. Dia mulai suka makan mie saat usianya lima tahun. Saat itu kakaknya makan makanan tersebut di depannya. Dan 13 tahun kemudian, wanita muda itu hanya makan mie sepanjang hidupnya."Aku suka mie. Ibu biasanya pergi ke supermarket dan membawa sebanyak mungkin bungkus mie yang bisa dibelinya," kisah Georgi seperti dikutip The Sun.Begitu sukanya mie instant, Georgi biasanya mengonsumsi dua bungkus sekali makan. "Aku pun bisa memakan mie tanpa dimasak sebelumnya," katanya.Georgi mengaku hanya mie yang bisa diterima perutnya. "Aku benci tekstur buah dan sayur-sayuran," jelasnya. "Aku tidak bisa pergi makan bersama teman-temanku karena aku tidak mau mereka melihat aku ketakutan saat ada salad di hadapanku," ujarnya lagi.Apa yang dialami oleh Georgi ini termasuk ganggu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *