7 Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung

Penyebab perut kembung?. Anda tentu pernah merasakan perasaan kembung yang sangat tidak nyaman. Kembung ini terjadi karena terjadi ganguan metabolisme gas dari makanan yang kita konsumsi.

Saat gas itu tidak dikeluarkan dari, maka dapat terjadi penumpukan gas sehingga menyebabkan kembung.

Apa saja yang dapat menyebabkan perut kembung? Berikut ini adalah beberapa penyebab kembung.

Penyebab Perut Kembung #1: Stres

Saat kita stress, maka muncul refleks dari tubuh kita dengan cara mengalihkan aliran darah dari proses pencernaan. Oleh karena itu dapat muncul gejala seperti:

  • kembung,
  • konstipasi,
  • diare dan
  • nyeri perut.

Selain stres, kondisi cemas juga dapat memicu munculnya kembung. Saat kita mengkonsumsi permen karet, konsumsi minuman bersoda, atau saat kita cemas dapat juga membuat kembung.

Penyebab Perut Kembung #2: Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat memimbulkan efek samping kembung. Terutama obat yang mengandung lactulose atau sorbitol serta obat diabetes golongan akarbose pun dapat menimbulkan kembung.

Bagi Anda yang memiliki riwayat maag ada baiknya untuk menyampaikan hal ini kepada dokter ketika Anda melakukan konsultasi dan sebelum dokter menuliskan resep. Walau sebelumnya para dokter biasanya akan menanyakan

Penyebab Perut Kembung #3: Kebanyakan Makan

Perut yang mendadak kembung setelah Anda makan, mungkin disebabkan oleh karena Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak di waktu yang sama.

Bayangkan sebuah balon yang diisi dengan air 1 galon dengan pompa selang pemadam kebakaran dalam kecepatan dibawah 5 detik. Besar risikonya balon akan pecah, bukan? Bayangkan jika demikian terjadi dengan Anda memakan makanan secara porsi banyak dalam 1 waktu.

Sangat disarankan untuk membiasakan makan dengan porsi sedikit dan makan dengan perlahan.

.

Penyebab Perut Kembung #4: Makan atau Minum Terlalu Cepat

Bila Anda terlalu cepat makan atau minum dapat menyebabkan timbulnya gas-gas yang dapat membuat Anda kembung. Tidak dengan benar mengunyah makanan juga dapat menyebabkan Anda kembung.

Oleh karena itu bila Anda puasa lama atau sangat lapar, usahakan untuk selalu mengunyah makanan atau menelan minuman perlahan agar mengurangi terbentuknya gas.

.

Penyebab Perut Kembung #5: Dehidrasi

Saat Anda dehidrasi maka dapat terjadi retensi air (penyimpanan air).

Retensi air ini yang dapat membuat Anda kembung, bila keadaan ini terjadi, merupakan tanda bahwa Anda harus mengkonsumsi banyak air, namun ingat untuk menghindari minuman bersoda.

Karena tak ubahnya minuman penyebab kembung, minuman bersoda justru kian memperparah kondisi kembung yang ada.

.

Penyebab Perut Kembung #6: Makanan Banyak Gas

Beberapa jenis makanan mengandung banyak gas, seperti bokoli, kol, apel dan alpukat disebutkan dapat menyebabkan kembung.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin, juga dapat menyebabkan retensi air yang dapat membuat perasaan bengkak.

Bila Anda menderita intolerensi laktat dan Anda mengkonsumsi makanan/minuman yang terbuat dari susu, dapat juga menimbulkan perasaan kembung, jadi sebaiknya dihindari.

.

Penyebab Perut Kembung #7: Penyakit Kronis

Beberapa penyakit seperti penyakit celiac, sindrom sumping, kanker ovarium dan Irritable Bowl Syndrome dapat menyebabkan kembung. Bila perasaan kembung Anda berlanjut hingga lama, coba lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sunblock dapat Mencegah Penuaan Kulit

Sunblock dapat Mencegah Penuaan Kulit

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Sebuah studi yang dipublikasi di Annals of Internal Medicine pada bulan Juni 2013 menyebutkan bahwa penggunaan tabir surya setiap hari dapat mencegah penuaan pada kulit. Sudah sering disebutkan sebelumnya bahwa tabir surya dapat mencegah terbakarnya kulit akibat sinar matahari (sunburn) dan pencegahan terhadap kanker kulit, namun ternyata terbukti bahwa tabir surya dapat berpengaruh terhadap photoaging (penuaan pada kulit). Studi terbaru yang dilakukan oleh dr. Adele Green dari Queensland Institute of Medical Research, dimana mereka menganalisa 903 subjek dibawah usia 55 tahun yang mereka ikuti dari tahun 1992 hingga 1996. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, dimana pada kelompok pertama adalah kelompok yang memakai tabir surya dengan SPF 15 atau lebih pada daerah kepala, leher, tangan dan telapak tangan setiap harinya dan pada kelompok kedua subjek tetap memakai tabir surya namun waktu dan lokasi tidak ditentukan. Pada awal dan akhir penelitian, para peneliti menghitung photoaging pada kulit di belakang telapak tangan kiri setiap subjek. Setelah 4 tahun, para peneliti menemukan bahwa pada kelompok yang menggunakan tabir surya setiap tidak memilik [...]

Ini Makanan yang Porsinya Perlu Ditambah Agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa

Ini Makanan yang Porsinya Perlu Ditambah Agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa

Makan sahur sangat penting agar tubuh tidak lemas dan kuat berpuasa lebih dari 12 jam lamanya. Makanan yang dikonsumsi saat sahur pun haruslah lengkap kandungan nutrisinya, tapi dalam jumlah yang cukup alias tidak berlebihan.Elemen nutrisi harus terpenuhi mulai dari karbohidrat, protein, serat juga vitamin dan dalam jumlah yang seimbang. Dokter gizi Johannes Chandrawinata, SpKG menjelaskan, dalam satu piring berukuran sedang harus terdapat sedikitnya 1/4 karbohidrat dari nasi putih atau nasi merah, 1/4 protein, 2/3 sayur dan satu butir buah.Saat sahur, jumlah protein bisa diperbanyak agar perut terasa kenyang dan energi juga bertahan lebih lama. Misalnya saja Anda sudah makan satu potong dada ayam sebagai lauk, maka bisa menambah protein dengan sebutir telur rebus, bisa juga sepotong tahu atau tempe. Dokter yang berpraktik di Melinda Hospital, Bandung ini mengatakan bahwa protein cenderung lambat dicerna tubuh."Protein membuat kenyang terasa lebih lama dibandingkan karbohidrat. Itu bantu kurangi rasa lapar," ujarnya saat diwawancara Wolipop melalui telepon, Kamis (10/7/2014).Sebagai tambahan energi, dokter Johannes juga menyarankan untuk minum susu sesaat sebelum waktu imsak. Su [...]

Stroke Infarct: Ketika Pipa di Otak Macet

Stroke Infarct: Ketika Pipa di Otak Macet

Oleh: dr. Dianika Putri Puspitasari KLIKDOTER.com - Stroke merupakan penyakit yang menjadi momok bagi semua orang. Berdasarkan data dari The Global Burden of Disease (GBD), stroke menempati peringkat kedua penyebab kematian tertinggi setelah penyakit jantung iskemik. Stroke merupakan penyebab utama kecacatan pada dewasa. Lebih dari separuh penderita stroke yang bertahan hidup memerlukan bantuan orang lain untuk mampu melakukan aktivitas harian. Stroke mengakibatkan disabilitas yang jauh lebih besar dibanding penyakit kronis lain. Stroke dapat digolongkan menjadi 2 yaitu: stroke perdarahan stroke infarct Apa itu Stroke Infarct? Adalah kondisi dimana terdapat kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Bagaimana Bisa Terjadi? Glukosa dan oksigen dialirkan melalui aliran darah yang melewati pembuluh darah otak. Jika pembuluh darah diibaratkan sebagai pipa, adanya hambatan pada pipa bisa mengganggu jalannya aliran darah. Hambatan pada pipa pembuluh darah di otak bisa terjadi akibat adanya kerak yang kita sebut sebagai atherosklerosis, penyempitan pipa (stenosis), tidak terbentuknya pipa secara sempurna (aplasia & [...]

Wasir Diwaspadai atau Didiamkan?

Wasir Diwaspadai atau Didiamkan?

Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di daerah sekitar anus yang secara bertahap dapat menonjol keluar. Pembengkakan pembuluh darah ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, misalnya mengejan terlalu keras ketika sedang BAB, diare yang tak kunjung sembuh, sembelit, hingga berat badan yang tak terkendali dan kehamilan. Bagi beberapa orang, wasir bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, risih, dan nyeri. Biasanya rasa tidak nyaman dan nyeri ini muncul ketika penderita wasir sedang duduk atau buang air besar. Wasir yang parah amat sulit sekali untuk disembuhkan dan harus ditangani dengan tindakan operasi. Tindakan ini tentunya memerlukan biaya tak sedikit. Jadi janganlah sesekali meremehkan wasir. Jenis Wasir Secara umum, wasir dibagi dua, yaitu wasir internal (hemoroid internal) dan wasir eksternal (hemoroid eksternal). Wasir internal dapat dicegah jika Anda bisa mengubah kebiasaan mengejan ketika BAB. Tapi bila dibiarkan, wasir internal bisa menonjol keluar dari anus. Wasir eksternal terletak di pinggir dubur. Salah satu penyebabnya adalah karena mengejan terlalu keras sehingga darah yang ada di dalam pembuluh akan menggumpal dan membentuk benjol kebiruan yang keras. Hal ini disebu [...]

4 Alasan Pentingnya Makan Sayur Tiap Hari

4 Alasan Pentingnya Makan Sayur Tiap Hari

Umumnya orang tidak suka makan sayuran hijau karena rasanya cenderung hambar dan dianggap kurang nikmat ketimbang daging-dagingan atau buah-buahan. Padahal sayuran memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh dan wajib dikonsumsi setiap hari. Ini alasannya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Melawan Radikal BebasSayuran hijau kaya akan vitamin K dan klorofil yang membantu darah lebih baik menyalurkan oksigen ke seluruh sel tubuh serta melawan radikal bebas yang merusak. Sawi, bayam, kangkung dan sejenisnya juga bersifat alkali yaitu menjaga tingkat pH tubuh agar tetap stabil. Tidak terlalu asam juga tidak terlalu basa. Level pH yang tidak seimbang bisa mendatangkan berbagai penyakit.2. Mencegah Bau MulutRajin makan sayuran juga bisa mencegah bau mulut dan aroma tubuh tidak sedap karena kandungan klorofilnya yang tinggi. Klorofil berfungsi sebagai detoks tubuh termasuk mengeluarkan racun penyebab bau badan dan mulut. Jadi jika Anda memiliki bau mulut atau badan tidak sedap, konsumsilah satu hingga tiga porsi sayur tiap hari. Semakin pekat atau gelap warna hijaunya, maka kandungan klorofil makin tinggi.3. Kaya MineralSayuran hijau kaya akan mineral dan bisa memenuhi [...]

Makanan Pedas Bisa Bantu Sehatkan Jantung

Makanan Pedas Bisa Bantu Sehatkan Jantung

Tidak selamanya makanan pedas berdampak negatif bagi tubuh. Menurut penelitian, banyak ragam cabai yang ternyata dapat menurunkan darah tinggi dan membuat jantung sehat.Para peneliti mengatakan bahwa senyawa yang terdapat dalam cabai cayennes, jalapenos dan jenis cabai lainnya dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi kolesterol. Peneliti juga menemukan bahwa cabai memiliki potensi besar untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung.Penelitian yang dilakukan di Chinese University of Hong Kong tersebut fokus pada zat yang dikenal sebagai 'Capsaicinoids'. Zat yang memberikan rasa pedas itu ternyata berfungsi untuk mencegah pembekuandarah."Kami sekarang mengetahui lebih detail dan jelas mengenai efek terdalamnya yang dapat mempengaruhi kolesterol dan kesehatan pembuluh darah. Penelitian ini memberikan informasi tersebut," ujar salah satupeneliti Dr Zhen-Yu Chen, seperti yang dikutip dari Daily Mail.Kesimpulan itu didapat dari pengujian terhadap dua kelompok hamster yang melakukan diet kolesterol tinggi. Salah satu kelompok hamster diberi makanan yang mengandung banyak mengandung Capsaicinoids,sedangkan kelompok hamster lainnya diberi makanan tanpa mengandung Capsaicinoids.Pene [...]

Berdiri 2 Jam Sehari, Bisa Turunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Berdiri 2 Jam Sehari, Bisa Turunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Mengubah kebiasaan sehari-hari, sekecil apa pun itu ternyata bisa berdampak besar terhadap kesehatan tubuh. Kebiasaan yang diubah tentu saja dari yang buruk menjadi baik. Jika terakhir kali memeriksakan diri ke dokter dan hasil kesehatan Anda adalah gula darah, trigliserida dan kolesterol tinggi, maka sudah saatnya memperbanyak aktivitas berdiri. Kenapa?Studi terbaru yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa lebih banyak berdiri akan jauh lebih sehat ketimbang menghabiskan waktu dengan duduk seharian. Studi melibatkan 800 responden, dan dari pemeriksaan diketahui kalau berdiri bisa meningkatkan kestabilan gula darah, mengurangi lemak dan kolesterol jahat secara signifikan.Seperti dikutip dari Women's Health, menyempatkan berdiri sekitar dua jam sehari akan mengurangi level gula darah sebanyak dua persen. Trigliserida (lemak yang mengalir di dalam darah) sekitar 11 persen, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.Bagaimana caranya agar bisa lebih banyak berdiri dan membuatnya sebagai kebiasaan sehat setiap hari? Anda bisa mengubah posisi duduk jadi berdiri, selama beberapa waktu saat bekerja di kantor. Misalnya mengambil minum ke pantry sendiri atau mendatangi rek [...]

6 Fakta Menarik Tentang Menstruasi yang Belum Tentu Wanita Tahu

6 Fakta Menarik Tentang Menstruasi yang Belum Tentu Wanita Tahu

Menstruasi adalah proses yang normal terjadi pada setiap wanita dewasa atau mulai beranjak remaja. Meskipun wajar terjadi, masih banyak fakta-fakta yang mungkin belum diketahui bahkan oleh para wanita itu sendiri. Tahukah Anda, bahwa ketika menstruasi hasrat seks wanita bisa meningkat, dan darah yang keluar selama periode menstruasi tak lebih dari satu cangkir? Ketahui fakta unik lainnya tentang menstruasi, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Menstruasi Tingkatkan Gairah SeksBanyak wanita yang merasakan gairah seksnya meningkat dan mudah terangsang stimulasi seks ketika menstruasi. Saat haid, hormon progesteron dalam tubuh wanita berada dalam level terendah. Menurut para ahli, progesteron merupakan hormon yang bisa menurunkan hasrat bercinta. Jadi tak perlu heran jika saat periode haid, Anda lebih mudah terangsang hasrat seksualnya hanya karena stimulasi-stimulasi kecil. Sayangnya, bercinta ketika mens tidak disarankan karena alasan kehigienisan.2. Stres Memengaruhi Periode MenstruasiStres tidak hanya membuat Anda sulit tidur tapi juga bisa membuat periode mens tidak teratur. Ahli kandungan F. Ralph Dauterive, M.D., menjelaskan bahwa ketika menghadapi situasi yang sul [...]

Serba-serbi Kafein

Serba-serbi Kafein

Jika Anda mengandalkan kopi untuk menemani Anda beraktivitas ataupun ketika lembur saat bekerja, Anda tidak sendirian. Kafein, yang terkandung di dalam kopi dan teh, menstimulasi sistem saraf pusat, menghilangkan lelah, membuat Anda tetap terjaga dan meningkatkan konsentrasi dan fokus. Hmm, terdengar sempurna bukan? Namun, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut ini: Berapakah toleransi batas aman kafein bagi tubuh? Mengkonsumsi kafein sebanyak 200-300 mg/hari atau setara dengan 2-4 gelas kopi/hari, merupakan batas aman yang dapat ditoleransi oleh orang dewasa yang sehat secara fisik. Apakah yang Terjadi Jika Saya Mengkonsumsi Kafein Terlalu Banyak? Konsumsi kafein yang berlebih yaitu lebih dari 500-600 mg/hari, dapat menyebabkan: Insomnia Gelisah Perasaan khawatir Gangguan lambung Denyut nadi lebih cepat Tremor (tangan menjadi gemetar) Kafein dalam jumlah rendah dapat menimbulkan efek samping. Beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein, bahkan jika hanya minum 1-2 gelas kopi atau teh dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan seperti: gelisah atau gangguan tidur. Orang yang jarang mengonsumsi kafein cenderung lebih sensitif terhadap efek negatif ya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *