7 Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung

Penyebab perut kembung?. Anda tentu pernah merasakan perasaan kembung yang sangat tidak nyaman. Kembung ini terjadi karena terjadi ganguan metabolisme gas dari makanan yang kita konsumsi.

Saat gas itu tidak dikeluarkan dari, maka dapat terjadi penumpukan gas sehingga menyebabkan kembung.

Apa saja yang dapat menyebabkan perut kembung? Berikut ini adalah beberapa penyebab kembung.

Penyebab Perut Kembung #1: Stres

Saat kita stress, maka muncul refleks dari tubuh kita dengan cara mengalihkan aliran darah dari proses pencernaan. Oleh karena itu dapat muncul gejala seperti:

  • kembung,
  • konstipasi,
  • diare dan
  • nyeri perut.

Selain stres, kondisi cemas juga dapat memicu munculnya kembung. Saat kita mengkonsumsi permen karet, konsumsi minuman bersoda, atau saat kita cemas dapat juga membuat kembung.

Penyebab Perut Kembung #2: Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat memimbulkan efek samping kembung. Terutama obat yang mengandung lactulose atau sorbitol serta obat diabetes golongan akarbose pun dapat menimbulkan kembung.

Bagi Anda yang memiliki riwayat maag ada baiknya untuk menyampaikan hal ini kepada dokter ketika Anda melakukan konsultasi dan sebelum dokter menuliskan resep. Walau sebelumnya para dokter biasanya akan menanyakan

Penyebab Perut Kembung #3: Kebanyakan Makan

Perut yang mendadak kembung setelah Anda makan, mungkin disebabkan oleh karena Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak di waktu yang sama.

Bayangkan sebuah balon yang diisi dengan air 1 galon dengan pompa selang pemadam kebakaran dalam kecepatan dibawah 5 detik. Besar risikonya balon akan pecah, bukan? Bayangkan jika demikian terjadi dengan Anda memakan makanan secara porsi banyak dalam 1 waktu.

Sangat disarankan untuk membiasakan makan dengan porsi sedikit dan makan dengan perlahan.

.

Penyebab Perut Kembung #4: Makan atau Minum Terlalu Cepat

Bila Anda terlalu cepat makan atau minum dapat menyebabkan timbulnya gas-gas yang dapat membuat Anda kembung. Tidak dengan benar mengunyah makanan juga dapat menyebabkan Anda kembung.

Oleh karena itu bila Anda puasa lama atau sangat lapar, usahakan untuk selalu mengunyah makanan atau menelan minuman perlahan agar mengurangi terbentuknya gas.

.

Penyebab Perut Kembung #5: Dehidrasi

Saat Anda dehidrasi maka dapat terjadi retensi air (penyimpanan air).

Retensi air ini yang dapat membuat Anda kembung, bila keadaan ini terjadi, merupakan tanda bahwa Anda harus mengkonsumsi banyak air, namun ingat untuk menghindari minuman bersoda.

Karena tak ubahnya minuman penyebab kembung, minuman bersoda justru kian memperparah kondisi kembung yang ada.

.

Penyebab Perut Kembung #6: Makanan Banyak Gas

Beberapa jenis makanan mengandung banyak gas, seperti bokoli, kol, apel dan alpukat disebutkan dapat menyebabkan kembung.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin, juga dapat menyebabkan retensi air yang dapat membuat perasaan bengkak.

Bila Anda menderita intolerensi laktat dan Anda mengkonsumsi makanan/minuman yang terbuat dari susu, dapat juga menimbulkan perasaan kembung, jadi sebaiknya dihindari.

.

Penyebab Perut Kembung #7: Penyakit Kronis

Beberapa penyakit seperti penyakit celiac, sindrom sumping, kanker ovarium dan Irritable Bowl Syndrome dapat menyebabkan kembung. Bila perasaan kembung Anda berlanjut hingga lama, coba lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
8 Fakta Sehat Ikan & Makanan Laut

8 Fakta Sehat Ikan & Makanan Laut

Secara geografis, Indonesia wilayah Indonesia terdiri dari 75% lautan dan 25% daratan. Tidak mengherankan bila kekayaan laut kita sangat beragam sehingga berpotensi untuk pengembangan usaha budidaya ikan. Sayangnya konsumsi ikan atau makanan laut lainnya di Indonesia justru rendah jika dibandingkan dengan negara lain seperti Jepang dan Malaysia. Padahal sulit ditampik, selain Indonesia diakui sebagai negara maritim, ikan sendirii memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai manfaat dan kebaikan ikan untuk kesehatan tubuh manusia, maka Anda teruskan melanjutkan membaca Simak tujuh fakta sehat ikan dan makanan laut di bawah ini: Ikan untuk Kesehatan Tubuh Tujuh manfaat kesehatan dari ikan untuk tubuh: 1. Ikan & Seafood = Obat Anti Stres Orang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko depresi, serangan jantung, dan strok yang lebih rendah. Selain itu, makan ikan juga dapat menurunkan risiko beberapa kanker serta memperbaiki mood. 2. Ikan Kaya akan Omega-3 Manfaat makan ikan didapat dari kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Asam lemak ini membantu sel-sel kita bekerja. Ikan yang kaya omega-3 antara lain salmon, [...]

Sehat di Musim Pancaroba

Sehat di Musim Pancaroba

Sehat di musim pancaroba sangatlah diperlukan. Tubuh kita perlu asupan yang sehat dan baik agar tahan banting terhadap cuaca yang berubah-ubah sekarang ini khususnya pada musim pancaroba. Hal ini juga dapat menghindarkan kita dari segala penyakit pancaroba yang sering datang seperti flu, gangguan saluran pernafasan, gangguan pencernaan, demam tinggi disertai batuk dan panas dalam. Musim pancaroba terjadi hanya pada masa peralihan. Perubahan suhu udara banyak berpengaruh pada tubuh, karena tubuh kita secara otomatis akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas yang baik sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika imunitas kita berkurang, akan timbul banyak orang yang sakit pada musim pancaroba. Temperatur yang berubah-ubah adalah salah satu kondisi dimana memicu virus dan bakteri untuk masuk dan berkembang biak di dalam tubuh. Penyakit-penyakit pada musim pancaroba tersebut akan terus berulang seiring dengan perubahan musim. Jadi tidak heran jika lebih banyak orang terserang penyakit di musim pancaroba dibandingkan musim yang temperaturnya relatif stabil. Namun jangan khawatir, selama kita bisa mencegah dan dapat mengantisipasinya. Dengan tips seh [...]

Gadis Remaja Lebih Rentan Terhadap Alkohol

Gadis Remaja Lebih Rentan Terhadap Alkohol

Gadis remaja lebih rentan terhadap alkohol, karena otak perempuan lebih berkembang dari otak laki-laki. Penelitian dari California menyatakan, gadis remaja yang doyan minum alkohol akan dapat mengalami kerusakan otak yang mengontrol memori dan kerja kesadaran spasial. Susan F. Tapert, profesor psikiatri di University of California, menguji terhadap 95 remaja berusia 16 hingga 19 tahun yang dilakukan peneliti di beberapa universitas di Amerika Serikat. 27 remaja laki-laki dan 13 remaja perempuan yang memiliki hobi minum alkohol, diberi tes yang sama pada 31 remaja laki-laki dan 24 remaja perempuan yang tidak suka minum. Hasil yang didapat dari penelitian ini dengan menggunakan scan MRI juga, peneliti menemukan bahwa penurunan kemampuan otak untuk mengatur memori dan kerja kesadaran otak ini dapat menyebabkan masalah baru yakni, ketika mengemudi, mengingat letak , dan berpikirnya lambat efek dari peminum berat alkohol. ?Penggunaan alkohol berat bisa mengganggu pertumbuhan sel otak yang normal selama masa remaja, terutama di daerah otak frontal, yang berperan penting dan menentukan aktivitas biologis komunikasi serta dapat mengganggu kemampuan remaja untuk melakukannya di sekolah ata [...]

Inilah Guna Bulu Ketiak Bagi Manusia

Inilah Guna Bulu Ketiak Bagi Manusia

Bulu ketiak seringkali dianggap gangguan pada sebagian besar orang, khususnya kaum wanita. Bulu ketiak sering dicukur karena dianggap menganggu estetika. Namun apakah ada gunanya bulu ketiak bagi kesehatan tubuh? Pertumbuhan bulu ketiak Bulu ketiak merupakan bagian tubuh manusia. Adanya bulu ketiak merupakan bagian dari perjalanan panjang manusia dalam berevolusi. Dipercaya, pertumbuhan bulu di beberapa tempat pada tubuh manusia merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh, baik untuk menjaga kehangatan, penguapan atau mekanisme perlindungan. Bulu ketiak biasanya mulai tumbuh pada awal masa pubertas dan mulai berakhir setelah masa remaja berakhir. Ketiak manusia karena lokasinya yang berbentuk lipatan, maka cenderung lebih lembab dari daerah lainnya. Kelembaban pada daerah ini, sekret dari kelenjar apokrin ketiak, beserta bakteri pada lokasi ini, akan menyebabkan bau khas pada ketiak. Apa saja manfaat bulu ketiak bagi tubuh? Berikut penjelasannya: Apa saja manfaat bulu ketiak bagi tubuh? Manfaat bulu ketiak masih diperdebatkan. Hal ini merupakan sebuah misteri yang banyak dipertanyakan. Khususnya pada saat ini, dimana banyaknya paparan media tentang model yang [...]

Makanan yang Membantu Pria Tahan Lama di Ranjang

Makanan yang Membantu Pria Tahan Lama di Ranjang

Tidak dapat dipungkiri, pola makan mutlak mempengaruhi status kesehatan tubuh seseorang. Tidak hanya itu, bahkan pemilihan menu makan juga mempengaruhi kondisi stamina seks seorang pria. Apa saja makanan yang dapat membantu pria tahan lebih lama di ranjang? Berikut ini diantaranya: Blueberry Blueberry mengandung beberapa kandungan yang dapat merelaksasi pembuluh darah dan memperbaiki sirkulasi tubuh, dimana perbaikan sirkulasi Selain itu blueberry mengandung banyak serat yang dapat mengurangi kadar kolestrol. KOlestrol yang rendah serta peningkatan aliran darah ke penis sehingga dapat memicu ereksi yang lebih lama. Kacang Kacang tinggi akan kandungan asam animo, L-arginine yang sangat penting untuk stamina seksual. L-arginine dapat merelaksasi pembuluh darah sehingga menyebabkan peningkatan aliran darah ke daerah kelamin serta stamina seks yang meningkat. Pisang Pisang dapat meningkatkan stamina seksual dengan cara meningkatkan energy pria saat berhubungan seksual. Pisang juga mengandung enzim yang dinamakan bromelain, yang dapat membantu meningkatkan potensi, stamina seksual, dan libido. Beberapa makanan yang membantu stamina seksual Anda meningkat: [...]

Cara Mengatasi Jet Lag

Cara Mengatasi Jet Lag

Jet lagkerap kali sulit dihindari. Terutama jika pada masa liburan telah tiba. Acapkali jet lag malah merusak liburan Anda karena waktu yang ada di daerah tujuan liburan banyak dihabiskan untuk istirahat karena mengalami jet lag. Padahal, jika Anda sekeluarga bepergian, sesampainya di negara tujuan pastinya Anda ingin sesegera mungkin menikmati panorama di negara tersebut. Sebelum kita membahas bagaimana mengantisipasi jet lag, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana jet lag bisa terjadi. Cara Mengatasi Jet Lag Jet lagkerap kali sulit dihindari. Terutama jika pada masa liburan telah tiba. Acapkali jet lag malah merusak liburan Anda karena waktu yang ada di daerah tujuan liburan banyak dihabiskan untuk istirahat karena mengalami jet lag. Padahal, jika Anda sekeluarga bepergian, sesampainya di negara tujuan pastinya Anda ingin sesegera mungkin menikmati panorama di negara tersebut. Sebelum kita membahas bagaimana mengantisipasi jet lag, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana jet lag bisa terjadi. Apa itu jet lag? Jet lag merupakan suatu kondisi fisiologis yang diakibatkan oleh perubahan siklus ritme sirkadian t [...]

Inilah 13 Nama Lain MSG dalam Makanan

Inilah 13 Nama Lain MSG dalam Makanan

Semenjak ditemukannya MSG (Monosodium Glutamate) pada tahun 1908 oleh Profesor Kikunae Ikeda di Jepang, zat kimia ini menjadi semakin sering digunakan sebagai penyedap makanan. Penggunaannya juga semakin meningkat setiap tahunnya. MSG sebenarnya aman apabila tidak dikonsumsi berlebihan. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa MSG dapat menimbulkan efek samping jangka pendek (keracunan MSG) maupun jangka panjang. Maka dari itu, sebaiknya kita menghindari makanan yang mengandung MSG. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melihat label kandungan yang terdapat dalam kemasan makanan. Sayangnya, banyak makanan yang mengandung MSG namun tidak mencantumkannya dalam kemasan. Halaman berikut ini adalah beberapa kandungan dalam makanan yang merupakan nama lain dari MSG:?4 Berikut ini adalah beberapa kandungan dalam makanan yang merupakan nama lain dari MSG: Gelatin Calcium Caseinate Hydrolyzed Vegetable Protein (HVP) Textured Protein Monopotassium glutamate Hydrolyzed Plant Protein (HPP) Yeast Extract Glutamate Autolyzed Plant Protein Yeast food Glutamic Acid Sodium Caseinate Autolyzed Yeast Berhati-hatilah dalam memilih makanan, selalu lihat kand [...]

Penyebab Nyeri Pergelangan Tangan

Penyebab Nyeri Pergelangan Tangan

Pernahkah Anda merasa nyeri pada pergelangan tangan Anda setelah mengetik dalam waktu lama? Atau pernahkah Anda mengalami rasa seperti kesemutan pada jari-jari tangan Anda setelah mengendarai motor dalam jarak jauh? Bila Anda mengalami hal seperti di atas, mungkin Anda terkena CTS. Apakah itu CTS ? CTS merupakan singkatan dari Carpal Tunnel Syndrome. Carpal berarti pergelangan tangan. Pergelangan ini dikelilingi sekelompok jaringan lunak yang berfungsi menyangga persendian. Ruang sempit antara jaringan lunak dan tulang-tulang pergelangan disebut carpal tunnel. Pada terowongan karpal inilah terdapat serabut saraf yang mempersarafi tangan kita. Sindrom terowongan karpal ini terjadi bila terjadi peningkatan tekanan atau terjadi penekanan saraf di pergelangan tangan. Apa itu carpal tunnel syndrome? Berikut penjelasannya: Carpal Tunnel Syndrome Bila terjadi penekanan pada saraf tersebut maka dapat timbul rasa nyeri, sensasi seperti terbakar, atau rasa kesemutan terutama pada jari-jari tangan. Nyeri yang ditimbulkan terjadi terutama pada malam hari yang sering membuat penderita terbangun dari tidur karena merasakan sakit. Posisi saat bekerja menggunakan tangan da [...]

Limfoma, Ketika Sel Pertahanan Tubuh Menjadi Ganas

Limfoma, Ketika Sel Pertahanan Tubuh Menjadi Ganas

Setiap manusia memiliki sel pertahanan tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit. Sel darah yang berfungsi untuk melakukan hal ini adalah limfosit. Namun, apabila sel darah ini berkembang dengan tidak normal maka akan menyebabkan gangguan pada sistem tubuh manusia. Apa itu limfoma? Limfoma adalah keganasan pada kelenjar getah bening, yang berisi sel-sel yang berperan dalam imunitas tubuh, seperti sel B, sel T dan histiosit. Limfoma terbagi menjadi dua yaitu yaitu Hodgkin's Disease/penyakit Hodgkin (PH) dan Non-Hodgkin Lymphoma/limfoma non Hodgkin (LNH). Keduanya dibedakan berdasarkan temuan pada pemeriksaan patologi anatomi dari jaringan hasil biopsi. Apa yang menyebabkan limfoma? Apa yang Menyebabkan Limfoma? Peneliti masih berusaha untuk mencari penyebab dari keganasan ini. Namun ada beberapa faktor risiko dalam terjadinya limfoma. Beberapa faktor risiko tersebut diantaranya adalah: umur (limfoma non Hodgkin ditemukan umumnya pada usia di atas 60 tahun), bahan kimia dan radiasi, penyakit autoimun, dan infeksi. Apa saja gejala limfoma? Terdapat beberapa gejala dari limfoma. Berikut adalah gejala limfoma yang umum ditemui: � Li [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *