7 Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung

Penyebab perut kembung?. Anda tentu pernah merasakan perasaan kembung yang sangat tidak nyaman. Kembung ini terjadi karena terjadi ganguan metabolisme gas dari makanan yang kita konsumsi.

Saat gas itu tidak dikeluarkan dari, maka dapat terjadi penumpukan gas sehingga menyebabkan kembung.

Apa saja yang dapat menyebabkan perut kembung? Berikut ini adalah beberapa penyebab kembung.

Penyebab Perut Kembung #1: Stres

Saat kita stress, maka muncul refleks dari tubuh kita dengan cara mengalihkan aliran darah dari proses pencernaan. Oleh karena itu dapat muncul gejala seperti:

  • kembung,
  • konstipasi,
  • diare dan
  • nyeri perut.

Selain stres, kondisi cemas juga dapat memicu munculnya kembung. Saat kita mengkonsumsi permen karet, konsumsi minuman bersoda, atau saat kita cemas dapat juga membuat kembung.

Penyebab Perut Kembung #2: Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat memimbulkan efek samping kembung. Terutama obat yang mengandung lactulose atau sorbitol serta obat diabetes golongan akarbose pun dapat menimbulkan kembung.

Bagi Anda yang memiliki riwayat maag ada baiknya untuk menyampaikan hal ini kepada dokter ketika Anda melakukan konsultasi dan sebelum dokter menuliskan resep. Walau sebelumnya para dokter biasanya akan menanyakan

Penyebab Perut Kembung #3: Kebanyakan Makan

Perut yang mendadak kembung setelah Anda makan, mungkin disebabkan oleh karena Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak di waktu yang sama.

Bayangkan sebuah balon yang diisi dengan air 1 galon dengan pompa selang pemadam kebakaran dalam kecepatan dibawah 5 detik. Besar risikonya balon akan pecah, bukan? Bayangkan jika demikian terjadi dengan Anda memakan makanan secara porsi banyak dalam 1 waktu.

Sangat disarankan untuk membiasakan makan dengan porsi sedikit dan makan dengan perlahan.

.

Penyebab Perut Kembung #4: Makan atau Minum Terlalu Cepat

Bila Anda terlalu cepat makan atau minum dapat menyebabkan timbulnya gas-gas yang dapat membuat Anda kembung. Tidak dengan benar mengunyah makanan juga dapat menyebabkan Anda kembung.

Oleh karena itu bila Anda puasa lama atau sangat lapar, usahakan untuk selalu mengunyah makanan atau menelan minuman perlahan agar mengurangi terbentuknya gas.

.

Penyebab Perut Kembung #5: Dehidrasi

Saat Anda dehidrasi maka dapat terjadi retensi air (penyimpanan air).

Retensi air ini yang dapat membuat Anda kembung, bila keadaan ini terjadi, merupakan tanda bahwa Anda harus mengkonsumsi banyak air, namun ingat untuk menghindari minuman bersoda.

Karena tak ubahnya minuman penyebab kembung, minuman bersoda justru kian memperparah kondisi kembung yang ada.

.

Penyebab Perut Kembung #6: Makanan Banyak Gas

Beberapa jenis makanan mengandung banyak gas, seperti bokoli, kol, apel dan alpukat disebutkan dapat menyebabkan kembung.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin, juga dapat menyebabkan retensi air yang dapat membuat perasaan bengkak.

Bila Anda menderita intolerensi laktat dan Anda mengkonsumsi makanan/minuman yang terbuat dari susu, dapat juga menimbulkan perasaan kembung, jadi sebaiknya dihindari.

.

Penyebab Perut Kembung #7: Penyakit Kronis

Beberapa penyakit seperti penyakit celiac, sindrom sumping, kanker ovarium dan Irritable Bowl Syndrome dapat menyebabkan kembung. Bila perasaan kembung Anda berlanjut hingga lama, coba lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Keuntungan Makan Wortel Tiap Hari, Jantung Sehat dan Kulit Cantik

Keuntungan Makan Wortel Tiap Hari, Jantung Sehat dan Kulit Cantik

Wortel tidak hanya bermanfaat menjaga kesehatan mata. Sayuran berwarna oranye dengan tekstur renyah ini juga memiliki khasiat yang hebat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kecantikan kulit hingga membantu mempercepat penyembuhan luka. Ini berbagai manfaat dengan rajin mengonsumsi wortel, yang dikutip dari Times of India.1. Mencegah PenuaanWortel kaya akan beta-karoten, salah satu jenis antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Beta-karoten juga dapat membuat rona wajah terlihat lebih berkilau dan memancarkan rona oranye yang sehat. Selain itu, wortel juga kaya vitamin A yang berfungsi memeliharan kesehatan kulit, rambut serta kuku.2. Mencegah Penyakit JantungSelain beta-karoten, wortel juga mengandung alpha-karoten dan lutein; tiga antioksidan ini berkhasiat melawan kolesterol jahat penyebab penyakit jantung. Wortel bersifat fibrous, yaitu memiliki serat yang bekerja layaknya spons yang menyerap kelebihan kolesterol dalam tubuh.Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015 3. Menyehatkan GigiRajin mengunyah wortel bisa meningkatkan kesehatan gigi. Tekstur wortel yang renyah, akan membantu gigi membersihkan sendiri sisa-sisa makanan yang tertingg [...]

Apakah Kondom Baik untuk Vagina?

Apakah Kondom Baik untuk Vagina?

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Selain mencegah kehamilan yang tidak direncanakan, serta mencegah penularan infeksi penyakit kelamin, ternyata kondom juga memiliki fungsi perlindungan terhadap vagina. Dengan cara apa? Penelitian terbaru yang dipublikasikan di negara Cina menyatakan bahwa kondom dapat memicu perkembangan bakteria (flora) ?baik? atau ?menguntungkan? dalam vagina. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang aktif secara seksual dan menggunakan kondom memiliki flora (bakteri) menguntungkan di dalam vagina lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang memakai jenis kontrasepsi tipe lain. Bakteri yang mereka teliti adalah Lactobacillus. Para peneliti dari Beijing Friendship Hospital meniliti wanita menikah yang berasal dari Cina dengan usia antara 18 ? 45 tahun yang tidak menggunakan kontrasepsi hormonal. Daintara subjek, 72 orang wanita menggunakan kondom, 57 subjek memakai IUD (spiral) dan 35 wanita menggunakan metode tanggalan. Para peneliti mefokuskan penelitian pada bakteri lactobacillus, yaitu sekelompok bakteri yang secara normal berada dalam vagina pada kebanyakan wanita. Bakteri ini memproduksi asam laktat dan hydrogen peroxide, yang membantu memelihara keasaman da [...]

Awas, Gula Darah Tinggi Bisa Buat Wajah Tampak Tua

Awas, Gula Darah Tinggi Bisa Buat Wajah Tampak Tua

Kadar gula darah tinggi tak hanya berpengaruh pada kesehatan saja. Menurut penelitian terbaru, level gula darah yang tinggi bisa mengakibatkan wajah seseorang tampak lebih tua dari usianya.Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Leiden University Medical Centre dan Unilever R&D telah menemukan adanya hubungan antara kadar gula darah manusia dengan dengan usia wajah (facial age). Penelitian ini merupakan inisiatif dari Netherlands Consortium for Healthy Ageing yang bertujuan memahami bagaimana kesehatan dapat dipertahankan saat usia seseorang bertambah.Penelitian yang dilakukan di Belanda ini melibatkan lebih dari 600 pria dan wanita yang melakukan tes terhadap kadar gula darah (tanpa puasa) dan kemudian difoto. 60 orang pengamat lantas diminta memberikan perkiraan mereka terhadap usia para peserta peneliti tersebut berdasarkan foto mereka. Usia yang sebenarnya kemudian dibandingkan dengan hasil pengamatan tadi.Penelitian yang merupakan penelitian pertama kali itu, mengetahui bahwa orang berusia antara 50- 70 tahun dengan kadar gula tinggi tampak lebih tua dari mereka yang berkadar gula darah lebih rendah dengan usia yang sama. Hasil dari penelitian itu memperlihatkan, jika ses [...]

6 Makanan Wajib untuk Optimalkan Kesehatan Wanita

6 Makanan Wajib untuk Optimalkan Kesehatan Wanita

Berbeda jenis kelamin, beda pula asupan makanannya. Tahukan Anda bahwa ada beberapa makanan yang dapat mengoptimalkan kesehatan wanita, ketimbang dikonsumsi pria? Seperti yang dikutip dari She Know, berikut enam pilihan makanan yang wajib dikonsumsi para kaum hawa.1. YogurtYoughurt rendah lemak mengandung protein yang sangat tinggi, rendah lemak dan juga bakteri sehat 'probiotik' yang dapat menjaga fungsi usus secara efisien. Dengan memasukan yogurt ke dalam menu makanan, berarti Anda bantu meringankan gejala sindrom iritasi usus dan gangguan pencernaan lainnya. Manfaat lainnya, terhindar dari infeksi miss V.Yoghurt kaya akan kalsium yang penting bagi wanita untuk bantu menjaga kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, yoghurt dapat mengurangi gekala PMS seperti perut kembung dan rasa cemas. Pilihlan yoghurt rendah lemak yang kemudian ditambah dengan makanan antioksidan seperti buah berry, kacang almond dan buah lainnya.2. Ikan Salmon, Sarden dan MakarelBeberapa jenis ikan tertentu kaya akan zat besi, kalsium, dan vitamin D yang semuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan wanita. Asam lemak omega 3 dalam ikan salmon dapat memaksimalkan fungsi otak dan saraf. Manfaat vitamin D pada ika [...]

5 Langkah Sederhana Mencegah Kanker

5 Langkah Sederhana Mencegah Kanker

Kanker telah menjadi penyebab kematian terbesar di seluruh dunia. Menurut data yang diambil dari situs Parkway Cancer Center, dari total 58 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2005, kanker merupakan penyebab dari 7,6 juta kematian (sekitar 13% dari seluruh kematian). Begitu seriusnya dampak dari kanker membuat sebagian besar orang dengan riwayat keluarga pengidap kanker mencoba berbagai cara untuk menghindari penyakit ini. Meskipun Anda tidak memiliki riwayat penyakit berbahaya tersebut, namun tidak ada salahnya Anda hidup sehat untuk cegah kanker dan berbagai penyakit lainnya, dengan melakukan cara-cara berikut yang dirangkum dari Women?s Day.1. Menjaga Berat Badan SeimbangPenelitian terbaru menunjukkan, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker usus besar, kanker hati, kanker pankreas, kanker esophagus (kanker kerongkongan), kanker endometrium (kanker di luar jaringan rahim), dan kanker payudara pasca-menopause. BMI atau Body Mass Index merupakan perhitungan untuk menentukan berat badan ideal dengan membandingkan jumlah berat badan dan tinggi badan. Orang yang sehat memiliki jumlah BMI 18,5 hingga 24,9. Sedangkan risiko kanker ditemukan pada orang dengan jum [...]

Wanita Ini Teliti Manfaat Daun Katuk untuk Cegah Kanker Payudara

Wanita Ini Teliti Manfaat Daun Katuk untuk Cegah Kanker Payudara

Daun katuk telah dipercaya wanita Indonesia sebagai asupan yang dapat memperbanyak produksi Air Susu Ibu (ASI). Tak hanya diolah sebagai asupan sayur-mayur, daun katuk pun telah diekstrak ke dalam bentuk kapsul demi mempermudah para ibu menyusui.Selama ini, sayur bernama ilmiah Sauropus Androgynus tersebut memang lebih fokus dikembangkan sebagai bahan peningkat produksi ASI dan pendorong laktasi. Namun belum ada yang meneliti tentang kegunaan sayur asal Indonesia itu sebagai pencegah kanker payudara. Hal tersebut pun akan dicoba diinvestigasi oleh Drh. ?Fitriya Nur Annisa Dewi, PhD?.Fitriya merupakan peraih penghargaan For Women In Science Nasional 2014 yang diadakan oleh L'Oreal bersama Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO. Berkat proposal penelitiannya yang berfokus pada pengkajian katuk sebagai pencegah kanker payudara, wanita 32 tahun itu berhasil menang dalam kategori life science."Sungguh ini penghargaan yang berarti bagi para peneliti muda Indonesia untuk berkarya," ungkap Fitriya saat pemberian penghargaan dari L'Oreal kepadanya di Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (14/10/2014). Bersama dengan dua pemenang For Women In Science Nasio [...]

Awas! Makan Junk Food Berlebihan Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Awas! Makan Junk Food Berlebihan Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Berhati-hatilah jika Anda hobi atau sering makan junk food. Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat, bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental.Selain membuat tubuh menjadi gemuk, makanan ini juga dapat merusak otak Anda. Junk food bisa memengaruhi hormon, terutama neurotransmitter dalam otak yang menyebabkan gangguan mental. Berikut dampak buruk lainnya yang disebabkan oleh konsumsi junk food yang berlebihan, seperti dilansir dari Bold Sky.1. Gangguan MentalKandungan junk food sebagian besar berasal dari lemak jenuh yang akan mempengaruhi neurotransmitter pada otak. Seseorang yang sering mengonsumsi lemak jenuh bisa menderita gangguan mental, seperti depresi dan Alzheimer. Hal itu karena Anda tidak mendapatkan sejumlah vitamin dan mineral dari junk food yang seharusnya ada di dalam makanan alami. Makanan ini juga berdampak pada hormon dan pengaliran darah ke otak yang menyebabkan kerusakan mental.2. Masalah PsikologisJunk food bisa menyebabkan masalah fisik dan perubahan fungsi otak. Anda akan menderita masalah psikologis jika kecanduan junk food, seperti terlalu emosional atau terlihat 'kaku' pada lingkungan sekitar. Cara mengatasi masalah psikologis ini [...]

6 Cara Bangun Mood Seks

6 Cara Bangun Mood Seks

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Hubungan seksual suami istri seringkali menemukan titik-titik jenuh dan mengakibatkan hilangnya mood untuk berhubungan intim. Hal ini dapat disiasati dengan banyak hal yang memerlukan kerja sama dari antara kedua belah pihak. Untuk menyegarkan kembali hubungan intim suami istri, beberapa tips ini dapat dilakukan: Temukan masalahnya Hilangnya mood untuk berhubungan intim dapat disebabkan karena banyak hal. Untuk itu, menemukan permasalahannya adalah yang utama agar solusinya dapat tepat dan sesuai. Beberapa penyebab yang sering ditemui adalah kebosanan, rasa sakit saat berhubungan intim, dan rasa lelah. Masing-masing perlu diatasi dengan solusi yang tepat. Menciptakan suasana romantis Hubungan intim suami-istri dapat menjadi suatu kegiatan rutin yang monoton dan terkesan kewajiban yang harus dilakukan. Untuk itu, suasana romantis seperti makan malam romantis, menonton film berdua saja, keluar rumah di tengah malam berdua untuk mencari makanan kecil, berolahraga bersama, atau hal-hal lain yang dapat dilakukan berdua saja dan membangun suasana romantis dapat dicoba. Melakukan hal-hal yang dulu pernah dilakukan saat pacaran juga dapat memba [...]

Manfaat Telur bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Telur bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Telur tak hanya lezat dan praktis diolah menjadi berbagai macam makanan. Tapi juga kaya nutrisi seperti vitamin B, mineral dan protein. Ada satu studi yang menemukan bahwa sarapan dengan telur bisa membantu mengurangi hasrat makan makanan bergula dan berlemak saat jam makan siang, ketimbang sarapan sereal dan susu. Masih ada beberapa manfaat dan fakta lain dari telur yang mungkin belum banyak diketahui. Ini daftarnya, seperti dikutip dari Shape.1. Kuning Telur Membantu Perkembangan OtakKuning telur merupakan salah satu sumber vitamin B-kompleks dan choline yang dikenal baik untuk membantu fungsi sistem syaraf. Choline juga membantu perkembangan otak pada janin ketika dikonsumsi wanita hamil. 2. Memicu Rasa BahagiaSelain baik untuk perkembangan otak janin, choline yang terkandung dalam kuning telur juga bisa memicu rasa bahagia. Drew Ramsey, psikiater yang khusus mempelajari diet mengatakan, ketika dicerna oleh tubuh, choline akan berubah menjadi zat yang membantu produksi hormon bahagia seperti serotonin, dopamin dan norephinephrine.3. Sumber Protein yang SempurnaProtein pada telur berkualitas paling baik. Sebab kandungan protein di dalam telur mudah diserap dan langsung digunak [...]

Kebiasaan Minum Wine yang Membahayakan Otak

Kebiasaan Minum Wine yang Membahayakan Otak

Pada banyak kasus, orang yang minum alkohol dan wine terlalu cepat, cenderung menjadi minum melewati batas yang dapat diterima tubuh mereka.Paul Wallace, profesor di University College London dan pimpinan yayasan rehabilitasi alkohol Drinkware mengatakan, "Semua orang akan memproses alkohol pada tingkat yang berbeda berdasarkan jenis kelamin, umur, bahkan etnis. Tapi pada dasarnya, hati Anda hanya dapat memproses sekitar 1 unit alkohol per jam."Profesor Wallace juga menambahkan, "Minum alkohol 10 gelas atau setara dengan 2-3 gelas besar wine dalam dua jam, berarti Anda masih akan menyimpan 8 unit alkohol dalam tubuh Anda untuk diproses pada jam berikutnya. "Selain memabukkan, hal ini juga dapat menimbulkan keracunan pada diri Anda karena wine & alkohol mengandung etanol. Ketika Anda minum lebih dari 1 unit alkohol dalam 1 jam, etanol akan membanjiri otak Anda dan ini sangat berbahaya.Sebaiknya makananlah makanan kecil terlebih dulu dan minum alkohol dengan perlahan, hal ini dapat memperlambat laju penyerapan etanol ke dalam aliran darah Anda. Selanjutnya, Profesor Wallace juga menyarankan untuk menghindari alkohol dalam jumlah sekecil apapun.Ternyata bukan hanya alkohol yang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *