7 Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung

Penyebab perut kembung?. Anda tentu pernah merasakan perasaan kembung yang sangat tidak nyaman. Kembung ini terjadi karena terjadi ganguan metabolisme gas dari makanan yang kita konsumsi.

Saat gas itu tidak dikeluarkan dari, maka dapat terjadi penumpukan gas sehingga menyebabkan kembung.

Apa saja yang dapat menyebabkan perut kembung? Berikut ini adalah beberapa penyebab kembung.

Penyebab Perut Kembung #1: Stres

Saat kita stress, maka muncul refleks dari tubuh kita dengan cara mengalihkan aliran darah dari proses pencernaan. Oleh karena itu dapat muncul gejala seperti:

  • kembung,
  • konstipasi,
  • diare dan
  • nyeri perut.

Selain stres, kondisi cemas juga dapat memicu munculnya kembung. Saat kita mengkonsumsi permen karet, konsumsi minuman bersoda, atau saat kita cemas dapat juga membuat kembung.

Penyebab Perut Kembung #2: Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat memimbulkan efek samping kembung. Terutama obat yang mengandung lactulose atau sorbitol serta obat diabetes golongan akarbose pun dapat menimbulkan kembung.

Bagi Anda yang memiliki riwayat maag ada baiknya untuk menyampaikan hal ini kepada dokter ketika Anda melakukan konsultasi dan sebelum dokter menuliskan resep. Walau sebelumnya para dokter biasanya akan menanyakan

Penyebab Perut Kembung #3: Kebanyakan Makan

Perut yang mendadak kembung setelah Anda makan, mungkin disebabkan oleh karena Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak di waktu yang sama.

Bayangkan sebuah balon yang diisi dengan air 1 galon dengan pompa selang pemadam kebakaran dalam kecepatan dibawah 5 detik. Besar risikonya balon akan pecah, bukan? Bayangkan jika demikian terjadi dengan Anda memakan makanan secara porsi banyak dalam 1 waktu.

Sangat disarankan untuk membiasakan makan dengan porsi sedikit dan makan dengan perlahan.

.

Penyebab Perut Kembung #4: Makan atau Minum Terlalu Cepat

Bila Anda terlalu cepat makan atau minum dapat menyebabkan timbulnya gas-gas yang dapat membuat Anda kembung. Tidak dengan benar mengunyah makanan juga dapat menyebabkan Anda kembung.

Oleh karena itu bila Anda puasa lama atau sangat lapar, usahakan untuk selalu mengunyah makanan atau menelan minuman perlahan agar mengurangi terbentuknya gas.

.

Penyebab Perut Kembung #5: Dehidrasi

Saat Anda dehidrasi maka dapat terjadi retensi air (penyimpanan air).

Retensi air ini yang dapat membuat Anda kembung, bila keadaan ini terjadi, merupakan tanda bahwa Anda harus mengkonsumsi banyak air, namun ingat untuk menghindari minuman bersoda.

Karena tak ubahnya minuman penyebab kembung, minuman bersoda justru kian memperparah kondisi kembung yang ada.

.

Penyebab Perut Kembung #6: Makanan Banyak Gas

Beberapa jenis makanan mengandung banyak gas, seperti bokoli, kol, apel dan alpukat disebutkan dapat menyebabkan kembung.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin, juga dapat menyebabkan retensi air yang dapat membuat perasaan bengkak.

Bila Anda menderita intolerensi laktat dan Anda mengkonsumsi makanan/minuman yang terbuat dari susu, dapat juga menimbulkan perasaan kembung, jadi sebaiknya dihindari.

.

Penyebab Perut Kembung #7: Penyakit Kronis

Beberapa penyakit seperti penyakit celiac, sindrom sumping, kanker ovarium dan Irritable Bowl Syndrome dapat menyebabkan kembung. Bila perasaan kembung Anda berlanjut hingga lama, coba lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Semua orang pasti pernah mengalami sakit perut, namun tiap orang belum tentu mengalami penyebab sakit perut yang sama. Perbedaan penyebab tersebut ditentukan dari lokasi rasa sakit. Salah satunya sakit yang berasal dari bagian sebelah kiri perut. Penyebab rasa sakit perut sebelah kiri pun sangat beragam. Ingin tahu apa saja yang menyebabkan Anda merasakan sakit perut sebelah kiri? Bagian perut sebelah kiri kita terbagi dua, yaitu bagian atas dan bawah. Perbedaan ini turut memengaruhi penyebab rasa sakit yang Anda rasakan. Berikut ini beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas dan bawah yang tergolong lebih serius. Penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas: Cedera. Infeksi ginjal. Batu ginjal. Impaksi tinja atau tinja mengeras. Usus besar yang robek. Gastritis atau radang lapisan lambung. Divertikulitis. Peradangan pankreas. Pneumonia. Serangan jantung. Kanker. Penyebab sakit perut sebelah kiri bagian bawah: Cedera. Radang usus buntu. Infeksi atau batu ginjal. Divertikulitis. Usus besar yang robek. Penyakit Crohn. Kanker. Khusus pada wanita, sakit perut sebelah kiri bagian bawah bisa disebabkan oleh: Kista ovarium. Rasa sakit karena ovulasi. Endometriosis. I [...]

Air Kelapa untuk Olahraga dan Menurunkan Kolesterol

Air Kelapa untuk Olahraga dan Menurunkan Kolesterol

Darihasil penelitian beberapa tahun terakhir ini ditemukan fakta bahwa air kelapa mengandung banyak elektrolit (mineral). Jika Anda belum tahu apa itu elektrolit, elektrolit adalah mineral yang berguna mengganti cairan tubuh (hidrasi) tubuh manusia. Selain itu dilaporkan dalam penelitian yang senada, elektrolit juga berguna dalam menjaga tingkat keasaman darah, yang dapat memberikan manfaat kesehatan mengelola kontraksi otot. Tidak ketinggalan, air kelapa juga disebut sebagai cairan yang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Dimana dapat kalium sendiri dapat mendukung kesehatan otot pada umumnya dan kesehatan otot jantung pada khususnya. Berikut beberapa manfaat dari air kelapa yang sudah pernah diteliti sebelumnya: Berikut beberapa manfaat dari air kelapa yang sudah pernah diteliti sebelumnya: 1. Air Kelapa dan Berolahraga Sebuah studi yang diterbitkan di The Southeast Asian Journal of Tropical Medicine and Public Health tahun 2007 meneliti 10 laki-laki sehabis berolahraga. Dalam penelitian tersebut dibagi menjadi 4 kelompok; Kelompok pertama hanya mengkonsumsi air biasa, Kelompok kedua mengkonsumsi minuman elektrolit Kelompok keempat mengkons [...]

Cara Mengatasi Mual Saat Bermudik

Cara Mengatasi Mual Saat Bermudik

Lebaran sebentar lagi mendekat. Anda dan keluarga mungkin sudah mempersiapkan rencana untuk bermudik baik dengan kendaraan darat, laut maupun udara. Aktivitas lalu-lalang lalu lintas di jalur pemudik pasti akan ramai dan padat. Sudah siapkah Anda untuk bermudik? Ketika bermudik pernahkan Anda atau istri atau anak atau saudara mengeluh mual, pusing dan kembung dalam perjalanan? Kemungkinan Anda dan orang terkasih mengalami mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan dalam dunia medis disebut dengan motion sickness yaitu suatu kondisi di mana seseorang merasa pusing, kembung, mual dan muntah selama perjalanan. Hal ini terjadi ketika ada perbedaan informasi yang diterima antara. mata dan bagian dalam telinga tempat kendali keseimbangan berada. Ini menyebabkan otak menerima informasi yang berbeda sehingga dapat memicu perasaan pusing, kembung, mual dan muntah. Hal ini dapat dirasakan pada perjalanan darat, laut maupun udara. (Baca: Persiapan Mudik Wanita Hamil) Ingin tahu lebih lanjut mengenai tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala mabuk perjalanan? Klik next. Cara Mengatasi Mual Saat Bermudik Dalam masyarakat, diperkirakan bahwa setiap 3 dari 10 oran [...]

Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu

Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu

Pernah merasa gigi ngilu saat menyantap es krim atau menyikat gigi? Bisa jadi Anda mengalami gigi sensitif. Gigi yang terasa ngilu atau disebut juga gigi sensitif mengakibatkan aktivitas sederhana sehari-hari seperti makan, minum, dan menyikat gigi menjadi menyakitkan. Namun dengan mendeteksi penyebabnya, kondisi ini dapat diatasi. Kenapa Gigi dapat Menjadi Sensitif? Gigi terasa ngilu atau gigi sensitif umumnya disebabkan karena terkikisnya lapisan email atau karena terpaparnya akar gigi. Gigi Anda menjadi sensitif ketika gusi terbuka, sehingga dentin, lapisan di bawahnya, terpapar berbagai rangsangan. Dentin terdiri dari bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran kecil yang menuju saraf pusat gigi. Kondisi ini menyebabkan paparan dingin, panas, atau gesekan keras dapat memicu rasa ngilu. Faktor lain yang dapat menjadi pemicu gigi ngilu adalah: Lubang pada gigi. Gigi berlubang dapat menjadi tempat bakteri bersarang. Efek samping karena prosedur yang dijalankan di dokter gigi seperti pemutihan gigi. Radang pada gusi (gingivitis). Menyikat gigi terlalu kencang. Penumpukan plak. Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam. Mengusir Ngilu Gigi Memeriksakan [...]

Smartphone Harus Dibersihkan Setiap Hari, Ini Alasannya

Smartphone Harus Dibersihkan Setiap Hari, Ini Alasannya

Smartphone seolah sudah menjadi bagian hidup bagi masyarakat modern, khususnya di perkotaan. Setiap harinya, gadget yang satu ini tak pernah lepas dari jamahan tangan maupun jari.Banyak yang tidak menyadari, kalau smartphone berpotensi menyimpan banyak bakteri dan kuman yang terpapar dari sentuhan jari. Dalam sehari, tangan bisa menyebarkan lebih dari puluhan jenis bakteri serta kotoran dari tombol telepon, tombol lift, pegangan tangga, uang, kursi di transportasi umum dan lain sebagainya.Ketika tangan memegang atau menyentuh smartphone maka bakteri pun ikut berpindah. Bisa dibayangkan jumlah bakteri yang menumpuk jika Anda bisa memegang ponsel puluhan kali sehari.Baca juga: Rata-rata Orang Memakai Smartphone 200-an Kali Sehari, untuk Apa Saja?Survei yang dilakukan Kleiner Perkins Caufield & Byer's dalam laporan tahunannya Internet Trends menunjukkan, orang mengecek smartphone mereka hingga 150 kali sehari. Seperti dikutip dari ABC News, rata-rata orang mengirim pesan teks sebanyak 23 kali sehari, 22 kali menelepon dan 18 kali untuk memanfaatkan waktu luang.Para peneliti di Amerika Serikat juga menemukan, di dalam 51 sample ponsel terdapat sedikitnya 7.000 jenis bakteri. Beb [...]

5 Alasan Olahraga Sebaiknya Dilakukan di Pagi Hari

5 Alasan Olahraga Sebaiknya Dilakukan di Pagi Hari

Olahraga tentu memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh jika dilakukan dengan rutin. Namun beberapa orang mempunyai jadwal latihan yang berbeda-beda. Ada yang senang berolahraga di pagi hari, malam hari, atau hanya ketika memiliki waktu luang. Sebenarnya, olahraga lebih bagus dilakukan saat pagi hari. Mengapa? Berikut lima alasannya.1. Pembakaran Lemak Dilakukan Tepat WaktuOlahraga di pagi hari lebih baik dilakukan daripada siang atau malam karena pembakaran lemak dilakukan tepat waktu. "Baik untuk memulai hari dengan peningkatan metabolisme dalam tubuh, yang berarti Anda melakukan pembakaran lemak saat makan di siang hari," ujar Monica Nelson, seorang American Council on Exercise-certified sekaligus pelatih pribadi.2. Bisa Lebih Fokus LatihanAnda bisa lebih fokus latihan sehingga membuat olahraga menjadi maksimal. Setelah bangun tidur kemudian berolahraga membuat pikiran lebih segar. Nelson mengatakan, saat pagi hari hampir setiap orang belum diganggu oleh e-mail pekerjaan atau pesan singkat dari kerabat serta rekan kerja.3. Tidak Diganggu Banyak OrangBeberapa orang malas berolahraga karena harus bertemu banyak 'mata'. Semakin pagi Anda latihan maka semakin sedikit orang yan [...]

Jangan Khawatir, Santan Tak Selamanya Berdampak Buruk

Jangan Khawatir, Santan Tak Selamanya Berdampak Buruk

Santapan di bulan Ramadan dan Idul Fitri banyak yang terbuat dari santan. Sebut saja, kolak, gulai dan opor ayam. Tentunya hal ini membuat sebagian orang 'ngeri' karena kandungan kolestrol di dalamnya.Tapi tunggu dulu. Sebelum mengatakatan 'tidak' pada makanan khas hari raya, Anda perlu mengetahui bahwa ternyata santan tidak selamanya berikan pengaruh buruk. Makanan seperti santan dan minyak kelapa memang mengandung kolesterol, namun kolesterol baik yang dapat mengusir kolesterol jahat. Pada santan, terkandung phytosterol yang baik untuk tubuh.Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang diberikan oleh santan. Seperti yang dikutip dari ehow, ini dia manfaatnya:1. Mengandung NutrisiSantan memiliki banyak kandungan nutrisi, mulai dari vitamin, mineral dan elektrolit. Santan kaya akan zat besi, 22% dari kebutuhan harian. Selain itu santan juga mengandung magnesium, pospor, potassiun, tembaga, selenium, seng, folat dan vitamin C. Juga sejumlah vitamin lainnya; vitamin E, K, thiamin, B16, niacin, kolin, asam pantothenic dan kalsium.2. Lemak JenuhLemak jenuh yang terkandung dalam santan terbuat dari asam lemak rantai pendek hingga sedang, dan dapat berubah menjadi energi. Oleh karena it [...]

Pertolongan Pertama Pada Gigi Patah

Pertolongan Pertama Pada Gigi Patah

Oleh: drg. Arni Maharani Benturan ringan sampai keras pada saat kecelakaan merupakan salah satu penyebab utama gigi patah. Kecelakaan yang terjadi bisa diakibatkan oleh olahraga, kecelakaan lalu lintas, aktivitas luar ruangan seperti bersepeda, dan juga ada penyebab lain yang bukan termasuk kecelakaan seperti tindakan kekerasan. Usia , gender dan riwayat terjadinya kecelakaan adalah faktor terbesarnya risiko gigi patah dan lebih banyak dialami oleh laki-laki berdasarkan laporan kasus. Pada anak-anak hal ini juga sering kita jumpai dalam kehidupan sehari- hari, dikarenakan kegiatan mereka dan pola tingkah laku. Gigi yang tersering patah adalah gigi depan atas (first incisive dan second incisive) dan kadang melibatkan lebih dari satu gigi. Berdasarkan anatomi gigi, bagian dari gigi yang patah dapat meliputi email, dentin, pulpa (kamar syaraf) dan akar. Bagian yang patah bisa hanya mengenai satu bagian saja, misalnya pada email , tetapi bisa juga meliputi semua bagian dari email sampai ke akar. Baik rasa sakit yang ditimbulkan sampai tipe perawatan yang akan dilakukan oleh dokter gigi bergantung dari bagian gigi yang patah. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai pert [...]

World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek

World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek

Telah diketahui secara luas di masyarakat bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, bukan hanya pada jantung, paru-paru dan organ lainnya tetapi juga pada rongga mulut. Kerusakan dalam rongga mulut yang paling popupler diketahui oleh masyarakat adalah perubahan pada warna gigi. Tentu saja itu hanya 1 dari sekian banyak dampak buruk merokok, baik rokok putih maupun rokok kretek. Konsumsi rokok di Indonesia meliputi rokok putih dan rokok kretek, dan ternyata penikmat rokok kretek cukup banyak. laporan mengenai penyakit yang ditimbulkan oleh rokok kretek tidak sebanyak laporan kasus pada rokok putih. Namun telah ditemukan laporan kasus perdarahan dan edema pada paru yang diduga karena rokok kretek dan ada yang berakhir dengan kematian, juga laporan kasus kerusakan gigi yang spesifik pada perokok kretek. World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek Telah diketahui secara luas di masyarakat bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, bukan hanya pada jantung, paru-paru dan organ lainnya tetapi juga pada rongga mulut. Kerusakan dalam rongga mulut yang paling popupler diketahui oleh masyarakat adalah perubahan pada warna [...]

Menangani Asma pada Anak

Menangani Asma pada Anak

Asma pada anak-anak memiliki spesifikasi yang perlu ditangani secara berbeda pada tiap usia. Sehingga penting untuk mengenali kondisi mendetail pada tiap anak pengidap asma. Apa Pemicu Asma? Penyebab dasar asma belum diketahui. Walau demikian banyak faktor yang diperkirakan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena asma. Berikut ini adalah beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan timbulnya asma atau membuat asma pada anak menjadi makin parah, antara lain: Lahir dalam kondisi berat badan di bawah normal. Lahir prematur. Paparan asap rokok, termasuk saat masih dalam kandungan dan setelah dilahirkan. Terdapat riwayat anggota keluarga yang mengidap asma, eksim, gatal-gatal, atau rhinitis. Infeksi saluran pernapasan yang terjadi berulang-ulang dan bersifat parah seperti pneumonia. Riwayat alergi yang pernah dialami seperti pada kulit atau eksim, dan alergi makanan. Paparan polusi udara atau asap rokok saat masih di dalam kandungan dan setelah lahir. Anak laki-laki lebih berisiko mengidap asma daripada anak perempuan. Apa Sajakah Tanda-tanda Anak yang Mengidap Asma? Gejala asma sudah dapat dikenali pada usia balita. Pada tiap anak di berbagai usia, gejalanya dapat sangat be [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *