7 Rahasia Tertawa, Salah Satunya Fakta Tikus Bisa Tertawa

079608700_1414395763-_78503682_gettylaughing02.jpg

Tertawa merupakan sebuah ekspresi yang biasa terjadi saat kita merespon fenomena lucu. Tertawa juga dianggap memiliki banyak kegunaan seperti menurunkan stres dan meningkatkan sirkulasi darah.

Berikut 7 hal yang mungkin tidak Anda ketahui mengenai tertawa selain untuk kesehatan seperti dilansir dari BBC pada Senin (27/10/2014).

1. Tikus Juga Tertawa

Anda mungkin mengira bahwa tertawa hanya dapat dilakukan oleh manusia. Anda salah. Ternyata, tertawa juga dilakukan oleh hewan seperti simpanse, anjing, bahkan tikus. Sama seperti manusia, tikus dapat tertawa ketika mereka sedang bermain bersama sesamanya.

2. Kelucuan Bukan atu-satunya Sebab Tertawa

Robert Privine, psikolog dari University of Maryland mengatakan bahwa tertawa bersama teman dekat tidak selalu disebabkan oleh sesuatu yang lucu, melainkan lebih merupakan perilaku sosial yang menunjukkan bahwa Anda saling memahami.

3. Subjektivitas dalam Tertawa

Apakah Anda pernah menonton acara lawak? Mengapa Anda bisa tertawa terpingkal-pingkal mendengar lawakan mereka? Salah satu penelitian menunjukkan bahwa otak Anda akan merespon tawa lebih cepat jika Anda tahu yang membuat Anda tertawa adalah seorang komedian.

4. Tertawa Tidak Membuat Anda Bugar

Tertawa, bagaimanapun, tidak bisa membakar kalori lebih banyak daripada berlari. Tertawa selama 10-15 menit tanpa henti dapat meningkatkan detak jantung sekitar 10-20% dan membakar 10-40 kalori. Artinya, untuk membakar kalori yang dihasilkan sekantong kentang goreng Anda harus tertawa 3 jam tanpa henti.

5. Hubungan Awet dengan Tertawa

Bob Levenson, seorang psikolog dari Universitas Berkeley mengatakan bahwa pasangan yang banyak tertawa saat berbincang merasakan tingkat kepuasan lebih tinggi sehingga hubungannya bisa lebih awet.

6. Sesuatu yang Hampir Menjamin Anda Tertawa

Memang tidak ada materi yang secara umum bisa membuat tertawa semua orang. Tetapi, ada satu hal yang hampir menjamin Anda tertawa. Caranya, perlihatkan klip video yang menggambarkan orang yang mencoba untuk tidak tertawa dalam situasi di mana tertawa sangat tidak pantas.

7. Tertawa Itu Menular

Sebuah riset menunjukkan bahwa ketika orang di dekat kita tertawa meskipun oleh sesuatu yang tidak begitu lucu, otak kita akan merespon untuk tertawa juga. Hal itulah yang membuat kita ikut tertawa ketika mendengarkan orang lain tertawa di sekitar kita.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Takut dengan Anjing? Jangan Panik!

Takut dengan Anjing? Jangan Panik!

Ketakutan manusia dengan gigitan anjing liar menurut Organisasi Penyelamat Hewan, Animal Defender dapat diminimalisasi. Anda yang takut dengan anjing berusahalah tetap tenang ketika menemuinya. Kalau panik, yang terjadi justru bisa jadi membahayakan Anda."Anjing liar itu tidak akan gigit bila dirinya merasa aman. Kalau anjing liar merasa terancam akan memicu mereka berperilaku berlebihan seperti menyerang dengan gigitan. Ketika habitat mereka tidak diganggu maka semuanya akan baik-baik saja," kata Ketua Animal Defender, Doni Herdaru, ditulis Kamis (20/3/2014).Sementara untuk anjing yang terkena penyakit seperti rabies, ada yang perlu diketahui bahwa anjing yang terinfeksi rabies biasanya tidak berani keluar dari persembunyiannya karena takut cahaya. "Anjing yang rabies itu bisa kita lihat dari air liurnya yang terus menetes. Mereka takut dengan cahaya, kalau bertemu anjing liar usahakan tenang. Jangan bersikap panik yang membuat mereka merasa terancam," kata Doni.Perilaku-perilaku anjing yang di luar kewajaran disebabkan karena perlakuan lingkungan sekitar. "Kalau hewan peliharaan kita di rumah nakal pasti ada sebabnya. Apakah kurang diperhatikan, kurang dijaga atau terlalu mengang [...]

Islam pun Mengajarkan agar Mengurangi Gorengan

Islam pun Mengajarkan agar Mengurangi Gorengan

Lemak menjadi 'musuh' bagi para pelaku diet. Banyak anggapan yang mengatakan bahwa lemak dapat membuat berat badan jadi berlebih, dan berdampak pada berkembangnya berbagai jenis penyakit. Padahal, tubuh sendiri membutuhkan lemak. Biar aman, konsumsilah lemak dengan mempertimbangkan kondisi tubuh kita. Apakah Anda tergolong berberat badan berlebih, atau memiliki riwayat penyakit diabetes, hipertensi, asam urat, dan hiperkolesteromia? Bila demikian, hindarilah makanan yang berlemak. "Minimal mengurangi dan membatasi konsumsinya. Misalnya, mengurangi makanan yang ditumis atau digoreng," kata Ketua Forum Kajian Islam dan Kedokteran Indonesia, dr. Muhammad Suwardi ditulis Health Liputan6.com pada Selasa (22/7/2014) Selain itu, lanjut Suwardi, gunakanlah selalu minyak sayur non-kolesterol dan hanya sekali memakainya. "Akan lebih baik apabila memakai wajan khusus untuk menumis dan menggoreng," kata dia menambahkan. Menurut penulis buku berjudul 'Solusi Sehat Islami', wajan ini antilengket, dan dapat menggoreng tanpa menggunakan minyak sayur. Selain itu, hindarilah makanan bersantan yang kaya akan kandungan trigliserida yang berbahaya bagi tubuh. [...]

4 Kebiasaan Baik Penghalau Kanker

4 Kebiasaan Baik Penghalau Kanker

Meski belum jelas benar apa sebenarnya yang menyebabkan seseorang menderita kanker, ada baiknya kita menjalani hal-hal yang menyehatkan dan aman bagi diri kita seperti dikutip dari Womansday, Sabtu (4/1/2014), yaitu:1. Periksa Kadar Vitamin Dbeberapa penelitian menunjukan vitamin D yang terbaik ada pada sinar matahari, untuk itu mulailah berani dengan sinar matahari. Asupan vitamin D dapat membantu diri mencegah kanker, kebiasaan yang satu ini perlu diterapkan di keluarga.2. Batasi Konsumsi DagingPenelitian dari Loma Linda University di California mengatakan vegetarian memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker. Para peneliti menyarankan untuk mulai membatasi konsumsi daging atau produk hewani, hal ini untuk menurunkan risiko kanker. Bila sulit menerapkan berhenti makan daging setidaknya cukup konsumsi daging satu kalid alam seminggu.3. Menjaga Berat BadanDirektur Program Kanker Perempuan di City of Hope Comprehensive Cancer Center di Duarte, CA, Joanne Mortimer, MD mengatakan menjaga berat badan sangatlah penting untuk mencegah kanker. "Ovarium berhenti memproduksi estrogen setelah menopause namun karena lemak yang dikonsumsi akan menghasilkan estrogen. Dan wanita yang obesi [...]

Lindungi Kulit dengan Minuman Tabir Surya

Lindungi Kulit dengan Minuman Tabir Surya

Orang-orang yang tak senang menggunakan tabir surya losion bisa mencoba bentuk yang berbeda. Sebuah perusahaan bernama Osmosis Skincare mengeluarkan produk minuman tabir surya.Menurut perusahaan, produk dengan nama Harmonised H2O ini setara dengan SPF 30 yang bisa membentengi kulit sebesar 97 persen dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya selama tiga jam. "Minumlah 2 ml setiap empat jam saat berada di bawah sinar matahari. Tunggu satu jam sebelum terpapar sinar matahari. Pantau paparan sinar matahari dengan hati-hati. Ambil dosis kedua jika masih di bawah sinar matahari, tiga jam setelah dosis pertama," tulis situs perusahaan seperti dikutip Guardian, Jumat (6/6/2014).Dr Ben Johnson, yang mendirikan perusahaan ini menambahkan jika meminum 2 ml satu jam sebelum terpapar sinar matahari itu bisa melindungi kulit Anda.Anda yang mendengarnya mungkin memiliki alasan tak mempercayainya. "Bagaimana bisa Anda minum sesuatu menyebabkan gelombang getaran di kulit Anda," kata Dermatologi Doris Day, MD."Ketika Anda membuat klaim seperti ini, Anda memerlukan bukti yang kuat," katanya lagi.Menurut Dokter Kulit Michael Shapiro, MD, belum ada data ilmiah yang membuktikan bahwa minuman tabir surya itu [...]

Label Gizi pada Fast Food, Efektifkah?

Label Gizi pada Fast Food, Efektifkah?

Untuk mendidik masyarakat Indonesia dalam menilai makanan mana yang tinggi kalori, gula dan garam, pemerintah telah lama memiliki Permenkes No 30 tahun 2013 yang mewajibkan perusahaan fast food mencantumkan label gizi pada setiap makanan dan minuman. Namun hal ini ternyata dinilai tidak efektif tanpa kerjasama semua pihak.Seperti disampaikan pakar gizi dari Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Endang L. Achadi bahwa label gizi sangat penting untuk mendidik dan membantu masyarakat untuk mengetahui zat-zat gizi dalam makanan cepat saji. "Cara ini bisa efektif dan tidak karena tidak semua orang mempunyai kebiasaan membaca label makanan, artinya harus ada upaya-upaya juga supaya masyarakat mau membaca label setiap membeli makanan baru. Kalau masyarakat mempunyai kebiasaan tersebut, bisa efektif. Tetapi, saya lihat belum semua masyarakat mempunyai kebiasaan tersebut, maka bisa jadi tidak efektif," jelas Endang saat ditemui di acara seminar Nutritalk, Yogyakarta, ditulis Selasa (2/9/2014).Jadi memang, kata Endang, intervensi tidak bisa sendirian, harus disertai dengan sosialisasinya, yakni merubah kebiasaan supaya membaca label.Kewajiban pencantuman label [...]

Inikah Sebab Tingginya Kasus HIV/AIDS pada Anak Indonesia?

Inikah Sebab Tingginya Kasus HIV/AIDS pada Anak Indonesia?

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengaku ada beberapa kendala yang menyebabkan tingginya kasus infeksi HIV pada anak di Indonesia. Namun Ia memperkirakan kendala utamanya yakni masih banyak anak HIV yang belum minum obat anti viral atau antiretroviral (ARV). "Saya perkirakan masih banyak anak yang belum minum obat dan dibawa ke rumah sakit. Selain itu, kendala lainnya perawat tidak menduga AIDS jadi tidak diperiksa. Jadi petugas kesehatan juga nggak menduganya," kata Menkes saat temu media di Kantor Kementerian Kesehatan, ditulis Jumat (25/4/2014). Menurut Menkes, kendala lainnya adalah rasa malu dan enggan untuk memeriksakan diri untuk tes atau minum obat. "Padahal kalau positif, pasti akan langsung diberi obat." "Kita juga pakai Voluntary Conseling and Testing (VCT) atau konseling pra testing, konseling post testing, dan testing HIV secara sukarela yang bersifat confidental dan secara lebih dini membantu orang mengetahui status HIV," jelasnya. Disamping itu, Menkes juga mengaku testing HIV ibu hamil juga diperluas ke semua daerah kunci dan Tuberkulosis kronis dan pasangan yang salah satunya TB (tuberkulosis) positif. [...]

Program KB Sekarang Tak Sesukses Dulu, Kenapa?

Program KB Sekarang Tak Sesukses Dulu, Kenapa?

"2 Anak Cukup" slogan ini begitu gencar pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Di desa-desa juga mudah menemukan pagar tembok rumah bercap logo Keluarga Berencana (KB). Penyuluh KB pun dengan mudah ditemui di desa-desa. Rasa-rasanya berbagai pihak dari level terendah, sektor pemerintah dan swasta lebur terlibat dalam program ini. Hal ini membuat kesuksesan program Keluarga Berencana (KB) yang dilaksanakan sejak tahun 1970 sukses berjalan. Angka kelahiran dan laju pertumbuhan penduduk pun menurun berhasil mencegah 100 juta kelahiran penduduk dalam tiga dekade. Namun sayang, hal prestasi tersebut tak dapat dipertahankan. Karena angka kelahiran hingga tahun 2002 2,6 juta per wanita tak juga turun sampai tahun 2012 seperti yang diungkapkan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal di Ruang Auditorium LIPI, Jakarta (25/8/2013). Menurut Jalal dalam acara bertajuk Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture XIV ini ada empat hal pemicu tak kesuksesan program KB. Yaitu:1. Tak adanya lembaga mandiri yang mendukung program KKB menyebabkan melemahnya komitmen pemerintah daerah terhadap program KB. 2.Menurunnya jumlah dan kualitas petugas KB di lapangan. 3 [...]

Tanda-tanda Anda Mudah Terserang Virus

Tanda-tanda Anda Mudah Terserang Virus

Seberapa kuat sistem kekebalan tubuh Anda? Ada orang yang terlihat sehat tapi ternyata ia memiliki risiko penyakit dan mudah terserang virus. Namun ada juga orang sehat yang benar-benar bugar. Bagaimana membedakannya?Dikutip dari Prevention, Kamis (16/10/2014) inilah tanda-tanda sistem kekebalan tubuh Anda mulai menurun:1. Terlalu banyak konsumsi makanan atau minuman manisPenelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition menuliskan, makan 100 gram gula secara teratur dapat menghambat kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri hingga 5 jam sesudahnya. 2. Kurang minumAda alasan seorang ibu atau dokter untuk meminta anak atau pasiennya minum air putih sebanyak 8 liter sehari. Selain untuk daya tahan tubuh, air juga bisa membuang racun. Mengonsumsi teh dan kopi dibolehkan secukupnya tanpa gula.Yang terpenting, perhatikan warna urine Anda. Bila warnanya kekuningan pekat, itu tandanya Anda kurang minum. 3. Naik berat badanSudah tahu bukan, kelebihan berat badan bisa menyebabkan gangguan jantung, otak, dan organ lainnya. Selain itu kegemukan juga bisa mengakibatkan ketidakseimbangan hormon dan peradangan yang mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.4. [...]

Sudah Tepatkah Cara Cuci Tangan Anda?

Sudah Tepatkah Cara Cuci Tangan Anda?

PeduliSehat.info, Pennsylvania Mencuci tangan terkesan aktivitas sepele, namun masih banyak yang belum tepat melakukan salah satu langkah pola hidup bersih dan sehat ini. Menurut penelitian di University of Arizona, sekitar 85% orang salah mencuci tangan. Kesalahan dalam mencuci tangan bisa berakibat membahayakan bagi kesehatan manusia. Tangan manusia adalah sumber penyakit yang merugikan tubuh manusia. "Sebagian besar infeksi diperoleh saat menyentuh orang lain, hewan, dan permukaan penuh mikroba berbahaya lainnya. Saat tangan penuh bakteri, kemudian memegang makanan lalu memasukkannya ke dalam mulut," terang profesor dari Quebec Universit� Laval, Yves Longtin, MD, FRCP. Mencuci tangan lebih dari sekedar membersihkan tangan dengan sabun dan air. Oleh karena perhatikan hal berikut saat mencuci tangan seperti dilansir Men's Health, Kamis (4/9/2014): - Cucilah tangan sesering mungkin. Seperti usai buang air besar, membuang sampah, memegang hewan peliharaan. Bahkan usai memegang ahli kelamin pun harus mencuci tangan menurut ahli mikrobiologi Don Schaffner, Ph.D., dari Rutgers University. - Tak harus menggunakan air hangat untuk memusnahkan kuman di tangan menurut [...]

Fashion Stylist: Saya Justru Bangga pada Gaya Busana Agnes

Fashion Stylist: Saya Justru Bangga pada Gaya Busana Agnes

Akhir-akhir ini penyanyi muda berbakat Agnes Monica banyak dibicarakan masyarakat. Bukan karena prestasinya, melainkan karena gaya busananya yang kini dianggap kehilangan arah dan terkesan tidak sopan.Meski tak sedikit orang yang kontra akan perilaku berbusana Agnes Monica, Fashion Stylist kenamaan Indonesia, Dewi Utari justru memiliki pandangan berbeda. Bagi Dewi, dengan apa yang kini dilakukan Agnes justru membuatnya bangga."Saya justru bangga pada Agnes. Di antara banyak orang yang berkomentar negatif tentangnya, dia memilih untuk tetap maju," kata Dewi saat diwawancarai Health Liputan6.com, Jakarta, ditulis Kamis (15/1/2014)Lebih lanjut Dewi mengatakan, artis dan penyanyi di Indonesia sangatlah banyak, tapi tak banyak orang yang mampu bertahan seperti Agnes, di kala banyak orang yang membicarakannya."Banyak orang ketika diomongin, tidak jadi berbusana seperti apa yang diinginkannya, dan memilih mengenakan pakaian yang disukai masyarakat luas. Beda dengan Agnes, dia mampu berekspresi terhadap apa yang dia sukai," kata Dewi menerangkan.(Adt/Abd)Baca juga:Kiat Rawat Kulit di Musim HujanCara Gampang Hindari Noda Basah di Ketiak6 Cara Usir Bau Ketiak Ketika Keringat Berlebih [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *