7 Resep Ampuh Turunkan Berat Badan bagi si Sibuk

084939200_1416544301-bbec5737e4616110_dv1356094.preview.jpg

Kehidupan super sibuk sering dijadikan mereka yang ingin menurunkan berat badan sebagai alasan tak sempat untuk berolahraga dan memasak makanan sehat di rumah. Kesibukan di kantor yang menguras waktu atau kesibukan kuliah ditambah perjalanan panjang rumah ke kantor pulang pergi membuat waktu hanya cukup untuk beristirahat.

Tapi tenang, bagi Anda yang masih memiliki semangat tinggi untuk menurunkan berat badan masih ada cara untuk mendapatkan hal tersebutl lewat beberapa langkah kecil. Dilansir dari laman Women’s Health pada Senin (24/11/2014) dengan melakukan beberapa hal kecil berikut bisa berdampak menurunkan berat badan Anda.

1. Singkirkan stok makanan atau minuman tak sehat
Jauhkan makanan enak di lidah seperti keripik, kerupuk olahan, makanan beku. Lupakan juga aneka minuman kola dan manis lainnya. “Ketika sedang sibuk dan lapar, Anda akan mengambil makanan ini dibandingkan makanan sehat,” terang ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietics, Alissa Rumsey, R.D. Lebih baik, siapkan makanan sehat seperti buah dan sayuran.

2. Tulis jadwal olahraga
Tulis dalam reminder Anda maupun notes, pada pukul berapa esok akan berolahraga. “Jika Anda menulis dengan spesifik besok akan berolahraga apa dan pukul berapa Anda akan menjadikannya sebagai hal penting yang harus ditepati,” jelas Rumsey.

3. Kurangi konsumsi gula dan kafein
Saat stres, tubuh membutuhkan sesuatu seperti kopi dan gula untuk lebih berenergi. Nyatanya, hal ini memang dapat memberikan energi pada awal namun seiring waktu akan luntur dan malah membuat lemas.

4. Selalu miliki stok cemilan sehat
Lupakan keripik kentang atau biskuit cokelat kesukaan demi dapatkan tubuh langsing. Lebih baik siapkan cemilah sehat seperti yoghurt dan biskuit gandum. “Pilih cemilan kombinasi antara protein dan karbohidrat sehat,” tambah Rumsey.

5. Cari teman berolahraga
Ajak teman yang memiliki semangat sama menurunkan berat badan dengan berolahraga. Olahraga jadi tak sekedar membakar kalori tapi juga aktivitas sosial yang menyenangkan seperti dikatakan Rumsey.

6. Belajar membuat makanan sehat sederhana
Usai pulang dari aktivitas yang melelahkan di luar rumah memang lebih mudah untuk mengolah aneka makanan beku. Eitss tapi ingat-ingat kembali misi Anda untuk turunkan berat badan. Cukup masak beras cokelat atau beras merah, kemudian tumis sayuran yang mudah seperti buncis, bayam, atau kangkung.

7. Letakkan perlengkapan olahraga di tempat terlihat
Jangan sembunyikan barbel di bawah ranjang kasur, namun letakkan dia di tempat yang mudah terlihat. Pastikan juga sepatu dan pakaian olahraga di tempat diambil untuk mengingatkan Anda untuk berolahraga.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Diet Panjang Umur, Ada 20 Langkah

Diet Panjang Umur, Ada 20 Langkah

Diet Panjang Umur Dalam bukunya berjudul The Real Age Diet: Make Yourself Younger with What You Eat, gerontologis dari University of Chicago, Dr. Michael F. Roizen, menyebutkan bila Anda ingin awet muda, ikuti beberapa petunjuk ini: 1. Menyantap setidaknya empat porsi buah sehari. Beraneka vitamin dan mineral, juga serat ada dalam buah-buahan. 2. Gunakan makanan pengganti. Sedikitnya ada tiga makanan pengganti untuk bahan makanan yang Anda asup setiap hari. Misalnya, bila hari ini Anda menggunakan margarin, gantilah dengan minyak zaitun. Begitu seterusnya. 3. Konsumsilah ikan sedikitnya tiga kali seminggu. Sebagian besar ikan mengandung omega 3. Bahan ini sangat bagus untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kemampuan otak. Omega 3 membantu menstabilkan jantung, mencegah kanker usus, menjaga kesehatan payudara, serta meningkatkan sistem imun. Ikan tuna, salmon, trout, makarel, sarden, adalah yang disarankan. Konsumsi ikan 13 ons per minggu bisa membuat umur 1,6 sampai 3,4 tahun lebih muda. 4. Makan teratur setiap hari. Jangan anggap dengan tidak makan misalnya di pagi hari, Anda terus sehat. Tubuh justru akan minta lebih banyak di malam hari. Lantas gemuklah [...]

Bingung Ikut Diet Mana? Intip Dulu Tips Diet Sehat Ini

Bingung Ikut Diet Mana? Intip Dulu Tips Diet Sehat Ini

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh ideal. Namun banyaknya program diet seringkali membuat kita bingung. Coba saja kita perhatikan, ada diet vegan, diet mayo, diet karbohidrat, diet golongan darah, diet mediterania dan berbagai macam diet lainnya.Lantas, diet seperti apa ya yang sehat? apakah diet betul-betul harus menyiksa tubuh? Hal ini ditanggapi Nutrition and Health Science Manager dari Nutrifood Research Center, Astri Kurniati S.T MAppSc. Menurutnya, diet yang sehat itu sebenarnya mudah mengenalinya, seperti:1. Gizi seimbang"Bagaimanapun, kalau mau diet sehat, makanlah dengan porsi seimbang. Karena semua makanan pasti mengandung nutrisi yang kita butuhkan," kata Astri, ditulis Kamis (4/12/2014).Astri mengungkapkan, seseorang yang gemuk cenderung mengonsumsi makanan tidak seimbang dalam pirinya alias tidak dalam dosis yang dianjurkan. "Berlebihan itu memang tidak baik, pagi misalnya dia makan fetucini. Makanan ini saja sebenarnya sudah mencukupi kebutuhan lemak kita sehari, tapi apalagi yang dimakan siangnya. Minumnya bubble tea, pas nonton film makan popcorn caramel yang manis. Jadi wajar dia gemuk karena kelebihan garam, gula, lemak."2. Salah bila diet menghilangkan salah s [...]

Mau Langsing? Hindari 5 Kebiasaan Berikut

Mau Langsing? Hindari 5 Kebiasaan Berikut

Bingung mendapati mengapa berat badan Anda tak kunjung turun? Coba cek kebiasaan makan malam Anda. Karena ada beberapa kebiasaan yang membuat Anda tanpa disadari membuat berat badan sulit turun bahkan membuat timbangan terus ke arah kanan. Dilansir dari Women's Health dilansir pada Senin (27/10/2014) hindari lima kebiasaan berikut demi dapatkan tubuh langsing. 1. Menu makan paling besarMalam hari merupakan saat santai, tidak seperti sarapan yang berangkat tergesa-gesa ke kantor atau tempat aktivitas lain atau mepetnya waktu siang hari di tengah padatnya aktivitas. Sehingga malam hari merupakan waktu makan dengan waktu panjang yang membuat Anda bisa makan sesuka hati. Akibatnya, tubuh sulit mencerna dan memroses banyaknya makanan yang masuk ke tubuh, ungkap ahli gizi Jaime Mass, RD. Makanan yang tidak bisa dicerna akan diubah menjadi asam lemak yang menyebabkan berat badan bertambah. 2. Makan tepat sebelum tidurMakan sebelum tidur akan membuat sulit tidur. "Tidur sangat penting untuk metabolisme tubuh mulai dari mengatur kadar gula darah serta keseimbangan hormin yang tepat," ujar Mass. 3. Minum kopiMinum minuman bersoda maupun berkafein bisa mengacaukan jam tidur Anda sehin [...]

10 Hobi yang Bisa Kurangi Lemak di Perut

10 Hobi yang Bisa Kurangi Lemak di Perut

Lagi-lagi, permasalahan obesitas disinggung. Ok, mungkin semua orang telah mengetahui bahaya obesitas yang berisiko memunculkan penyakit jantung atau stroke. Tapi perlu diketahui, obesitas yang dimaksud bukan hanya soal badan gemuk. Tapi juga termasuk perut buncit.Sebelumnya, ahli nutrisi dan obesitas Herbalife, Dr Rocio Medina, MD pernah mengatakan, epidemi obesitas bukan hanya melanda warga Eropa atau Amerika tapi Dunia. Termasuk Asia seperti Indonesia yang mayoritas penduduknya mengonsumsi banyak karbohidrat seperti nasi, lemak atau gorengan. Sehingga walaupun badannya kecil, tapi ada lemak di perutnya."Jika Anda terlalu banyak makan nasi, mi dan lemak pasti di tubuh Anda banyak lemak. Lemak dapat memproduksi sejenis protein yang disebut sitokin yang dapat membuat seluruh sel yang ditutupi lemak tidak berfungsi. Hal inilah yang membuat seseorang dapat terkena serangan jantung, tersumbat aliran darah, gangguan hati, gangguan ginjal dan masalah pada massa otot," katanya.Untuk mengurangi risiko penyakit tersebut, ternyata ada 10 hobi menyenangkan yang bisa Anda lakukan. Penasaran? berikut ulasannya, seperti dilansir Healthmeup, Rabu (2/7/2014).1. Berkebun Berkebun bukan hanya baik [...]

Makanan Pemicu Kanker Usus Besar

Makanan Pemicu Kanker Usus Besar

Gaya hidup tidak sehat masih menjadi faktor risiko nomor satu terjadinya kanker kolorektal (usus besar) di Indonesia. Untuk itu, setiap orang diminta memperhatikan tiap makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit MRCCCC Siloam Jakarta, Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK mengatakan, makanan yang dikonsumsi memiliki hubungan erat terhadap terjadinya kanker kolorektal pada diri kita."Makanan itu ada dua hubungan terhadap kanker dalam tubuh kita. Pertama, makanan dapat menjadi pencetus adanya perubahan pada usus besar kita ke arah yang lebih buruk. Kedua, makanan juga dapat mencegah agar usus besar kita tetap mulus," kata SamuelBerikut beberapa jenis makanan serta minuman pencetus dan pencegah terjadinya kanker kolorektal, seperti dijelaskan Dr. Samuel Oetoro, dalam dalam acara `Cek BAB, Deteksi KUB: Kalahkan Kanker Kolorektal Dengan Melakukan Deteksi Dini` di Energy Building, Jakarta, Kamis (27/3/2014)Pencetus:1. Alkohol2. Garam (pencetus kanker dari lambung)3. Gula4. Daging merah (pencetus terjadinya dari kolon dan rektum)5. Makanan berlemak.6. Lemak jenuh7. Toksin8. Makanan yang mengandung karbon9. Makanan diasap10. Makanan yang digor [...]

Diet ala Hotasi Nababan: Turun 14 Kg dengan Jinakkan Enzim Perut

Diet ala Hotasi Nababan: Turun 14 Kg dengan Jinakkan Enzim Perut

Mantan Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines Hotasi Nababan kini terlihat lebih ramping dan segar. Hotasi ternyata melakukan diet. Namun yang beda, diet yang ia lakukan dengan cara menjinakkan enzim perut.Menurutnya enzim-enzim di perutlah yang membuat otak mengambil keputusan apa yang akan dimakan dan tidak. Alhasil, jika enzim ini sudah bisa ditata maka otak pun tidak rakus untuk selalu makan dan makan.Untuk mengawalinya, Hotasi mengubah enzim di perut selama 2 minggu. Selama 2 minggu pertama itu, Hotasi tak makan nasi dan teman-temannya alias makanan yang manis dan gurih-gurih. Ia hanya makan makanan yang tanpa rasa alias hambar dan karbohidrat dalam bentuk direbus.Yang dimakan Hotasi dalam 2 minggu pertama adalah roti gandum, singkong rebus, kentang rebus, sayuran segar, dan banyak minum air putih. Ia tidak membatasi jam makan, saat perut lapar makanan-makanan itu dimakannya. Selama 2 minggu pertama itu juga Hotasi hanya mengatur pola makan tanpa melakukan olahraga.Hasilnya, perutnya jadi mengecil dan berat badannya mulai turun. Satu lagi, enzim di perutnya tak lagi membuat otak minta makan makanan yang berlemak dan manis lagi. Karena dengan enzim yang bisa dijinakkan, p [...]

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Bikin Anda Makin Tambun

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Bikin Anda Makin Tambun

Kebiasaan makan di malam hari mungkin bukan ide yang bagus jika Anda sedang menjalani diet. Seperti disampaikan Nutritionist, Jaime Mass, R. D. Ada 7 kebiasaan buruk yang sering dilakukan di malam hari yang dapat membuat tubuh gemuk, seperti dikutip Womenshealth, Sabtu (2/8/2014) berikut ini: 1. Makan besar"Ketika Anda kekenyangan, tubuh akan kesulitan untuk mencerna. Selain itu, makan terlalu banyak dan mengunyah dengan cepat juga bisa membuat asam lambung naik dan menambah berat badan," kata Mass. 2. Makan sebelum tidurMenurut Mass, makan sebelum tidur itu bisa membuat susah tidur. Padahal kita tahu, tidur sangat dibutuhkan untuk metabolisme tubuh. Makan sebelum tidur, lanjut Mass, dapat meningkatkan gula darah, merusak keseimbangan hormon dan menambah energi. 3. Mengonsumsi Kafein"Mengonsumsi secangkir kopi dapat mengganggu tidur. Walaupun ada yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kafein dapat mengurangi berat badan," kata Mass. 4. Mengonsumsi terlalu banyak karbohidratMakan terlalu banyak karbohidrat, dapat membuat gula darah tidak stabil. Mass mengatakan, karbohidrat dapat menyebabkan berat badan bertambah. Tak hanya itu, Jika gula darah naik sebelum tidur, Anda b [...]

Kebiasaan Minum yang Bikin Gemuk

Kebiasaan Minum yang Bikin Gemuk

Jika selama ini Anda pikir hanya makanan yang dapat membuat gemuk, mungkin Anda keliru. Sebab menurut Ahli gizi bersertifikat dan pendiri 'Food Coach NYC' Dana James, M.S, kebisaan mengonsumsi minuman yang tidak tepat juga membuat tubuh gemuk.Coba saja perhatikan kebiasaan Anda selama ini, seperti dikatakan Dana pada Womenshealth, Jumat (29/8/2014) berikut ini:1. Minum jusDari satu sisi, minum jus dengan bahan-bahan alami seperti sayur dan buah memang bermanfaat bagi tubuh. Tapi minuman sehat ini bisa berubah menjadi racun bagi tubuh jika ditambahkan gula."Jus akan berubah menjadi minuman dengan ratusan kalori dalam satu porsi," kata Dana.Dana sendiri menyarankan untuk tetap mengonsumsi buah yang dipotong-potong kecil agar seratnya tidak hilang. Atau jika Anda ingin mencoba jus sayuran, cobalah mengkombinasikan dengan buah yang memiliki rasa manis seperti apel. 2. Tidak minum air putih yang cukupSecara khusus, hidrogen dalam minuman membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Masalahnya, kebanyakan orang tidak cukup minum (2 liter sehari)."Jika Anda kurang minum, hal terburuk adalah tubuh Anda menjadi terbiasa dehidrasi. Anda akan merasa baik-baik saja, padahal dua persen [...]

Makan Ini Saja untuk Usir Lemak Bandel

Makan Ini Saja untuk Usir Lemak Bandel

Tidak semua makanan bisa membantu melawan lemak jahat. Tapi beberapa makanan ini dijamin bisa membantu membuang timbunan lemak di tubuh Anda.Penasaran? Berikut seperti dikutip Health, Kamis (30/10/2014) kami merangkumnya untuk Anda:1. BerryBuah berry baik raspberry, blueberry, and strawberry merupakan buah yang kaya serat dengan 50 kalori secangkir. Selain kaya antioksidan, buah-buahan ini juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan.Sebuah penelitian menunjukkan, flavanoid dalam buah berry bisa meningkatkan adiponectin-hormon yang menstimulasi pembakaran lemak. Selain itu, mengonsumsi buah strawberry secara rutin bisa membantu Anda dalam mengontrol gula darah dan insulin serta menurunkan kolesterol tinggi. 2. TelurMakanan kaya protein ini adalah penyelamat hidup dikala lapar. Memiliki 6 gram protein dan 70 kaori dalam satu butir, telur menjadi makanan wajib bagi Anda yang sedang ingin berdiet.Jika ingin lebih sukses berdiet, gunakan hanya putih telur untuk dikonsumsi. Putih telur memiliki 30 kalori dan 3,5 gram protein dan tanpa lemak.Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pelaku diet yang mengonsumsi lebih banyak protein seperti telur sepanjang hari bisa turun berat badan le [...]

Konsumsi Avokad Setelah Makan Siang Cegah Ngemil Berlebihan

Konsumsi Avokad Setelah Makan Siang Cegah Ngemil Berlebihan

Kekenyangan setelah jam makan siang membuat tidak nyaman dan memicu Anda untuk ngemil makanan tidak sehat. Untuk mencegah ini, cobalah konsumsi setengah porsi buah avokad atau alpukat setelah makan siang. Peneliti mengatakan konsumsi setengah porsi buah alpukat saat makan siang dapat meningkatkan perasaan kenyang, dan mengurangi godaan untuk ngemil di antara waktu makan tersebut.Peneliti telah melakukan survei dan membandingkan antara orang yang makan setengah porsi buah alpukat dan yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana konsumsi alpukat dapat memengaruhi rasa kenyang, gula darah, dan respons insulin.Ahli Gizi dari Loma Linda University, California sekaligus pemimpin studi ini, Dr. Joan Sabate menjelaskan kenyang merupakan faktor penting dalam menghindari seseorang mengalami kenaikan berat badan. Sebab, orang-orang yang merasa tidak puas ketika makan siang, cenderung memilih untuk ngemil."Menambahkan setengah porsi alpukat dapat meningkatkan kalori dan asupan karbohidrat saat makan siang, ini tidak ada peningkatan kadar gula darah," kata Joan seperti dikutip Daily Mail, Jumat (10/1/2013)Dilanjutkan Joan, ini tandanya buah alpukat berpotensi dala [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *