7 Resep Ampuh Turunkan Berat Badan bagi si Sibuk

084939200_1416544301-bbec5737e4616110_dv1356094.preview.jpg

Kehidupan super sibuk sering dijadikan mereka yang ingin menurunkan berat badan sebagai alasan tak sempat untuk berolahraga dan memasak makanan sehat di rumah. Kesibukan di kantor yang menguras waktu atau kesibukan kuliah ditambah perjalanan panjang rumah ke kantor pulang pergi membuat waktu hanya cukup untuk beristirahat.

Tapi tenang, bagi Anda yang masih memiliki semangat tinggi untuk menurunkan berat badan masih ada cara untuk mendapatkan hal tersebutl lewat beberapa langkah kecil. Dilansir dari laman Women’s Health pada Senin (24/11/2014) dengan melakukan beberapa hal kecil berikut bisa berdampak menurunkan berat badan Anda.

1. Singkirkan stok makanan atau minuman tak sehat
Jauhkan makanan enak di lidah seperti keripik, kerupuk olahan, makanan beku. Lupakan juga aneka minuman kola dan manis lainnya. “Ketika sedang sibuk dan lapar, Anda akan mengambil makanan ini dibandingkan makanan sehat,” terang ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietics, Alissa Rumsey, R.D. Lebih baik, siapkan makanan sehat seperti buah dan sayuran.

2. Tulis jadwal olahraga
Tulis dalam reminder Anda maupun notes, pada pukul berapa esok akan berolahraga. “Jika Anda menulis dengan spesifik besok akan berolahraga apa dan pukul berapa Anda akan menjadikannya sebagai hal penting yang harus ditepati,” jelas Rumsey.

3. Kurangi konsumsi gula dan kafein
Saat stres, tubuh membutuhkan sesuatu seperti kopi dan gula untuk lebih berenergi. Nyatanya, hal ini memang dapat memberikan energi pada awal namun seiring waktu akan luntur dan malah membuat lemas.

4. Selalu miliki stok cemilan sehat
Lupakan keripik kentang atau biskuit cokelat kesukaan demi dapatkan tubuh langsing. Lebih baik siapkan cemilah sehat seperti yoghurt dan biskuit gandum. “Pilih cemilan kombinasi antara protein dan karbohidrat sehat,” tambah Rumsey.

5. Cari teman berolahraga
Ajak teman yang memiliki semangat sama menurunkan berat badan dengan berolahraga. Olahraga jadi tak sekedar membakar kalori tapi juga aktivitas sosial yang menyenangkan seperti dikatakan Rumsey.

6. Belajar membuat makanan sehat sederhana
Usai pulang dari aktivitas yang melelahkan di luar rumah memang lebih mudah untuk mengolah aneka makanan beku. Eitss tapi ingat-ingat kembali misi Anda untuk turunkan berat badan. Cukup masak beras cokelat atau beras merah, kemudian tumis sayuran yang mudah seperti buncis, bayam, atau kangkung.

7. Letakkan perlengkapan olahraga di tempat terlihat
Jangan sembunyikan barbel di bawah ranjang kasur, namun letakkan dia di tempat yang mudah terlihat. Pastikan juga sepatu dan pakaian olahraga di tempat diambil untuk mengingatkan Anda untuk berolahraga.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makanan Pedas Efektif Bakar Kalori, Pas untuk Diet

Makanan Pedas Efektif Bakar Kalori, Pas untuk Diet

Bagi Anda pecinta pedas, mungkin ini bisa menjadi kabar baik. Sebuah penelitian yang ditebitkan Jurnal Nutrition Today menemukan bahwa konsumsi cabai paprika seperti jalapeno atau habanero bisa membantu mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh.Penelitian yang diujicobakan pada tikus ini menganasilis 12 studi sebelumnya yang berkaitan dengan konsumsi makanan pedas dan perbaikan metabolisme dalam tubuh. Percobaan lain yang dikaitkan dengan salah satu studi menemukan, mereka yang mengonsumsi makanan pedas, 12 persen lebih cepat terasa kenyang. "Ketika Anda mengonsumsi makanan pedas, maka capsaicin-kandungan dalam cabai akan mengikat satu jenis reseptor rasa di lidah Anda, yang kemudian memicu pelepasan neurotransmiter di otak Anda dan mengontrol rasa lapar dan perasaan kenyang," jelas peneliti, seperti dikutip Prevention, Senin (3/11/2014). Tinjauan studi menyimpulkan 2,25-30 gram capsaicin atau sekitar 0,1-1 ons cabai dapat menambah manfaat kesehatan Anda [...]

Makanan dan Minuman Harian yang Bisa Bikin Gemuk

Makanan dan Minuman Harian yang Bisa Bikin Gemuk

Makan menjadi kebutuhan hidup setiap individu. Sejumlah makanan bisa bermanfaat untuk kesehatan. Tapi, menurut para ahli gizi terkadang orang tak menyadari ada beberapa makanan yang bisa membahayakan. Contohnya saja, mengonsumsi sejumlah makanan tertentu tanpa disadari bisa menambah banyak kalori yang tak diperlukan.Berikut beberapa jenis makanan yang bisa menambah berat badan Anda seperti dilansir GeniusBeauty, Sabtu (29/3/2014):1. KopiKopi sendiri tak mengandung kalori. Selain itu, minuman ini memiliki banyak sifat yang luar biasa. Namun, berbagai perasa bisa mengubah minuman pagi ini menjadi produk yang berbahaya.Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa banyak kandungan krim dan gula dalam secangkir kopi? Minuman yang ditawarkan di coffe shop terkadang mengandung setengah dari kalori harian orang dewasa (satu gelas besar).2. SupMakanan ini sering direkomendasikan sebagai asupan makanan. Ini benar tapi hanya pada sup tertentu.Sup tradisional buatan sendiri biasanya mengandung banyak kalori dan lemak.Ahli Gizi percaya bahwa sup murni atau sup dengan susu merupakan musuh dari diet pelangsing. Hidangan ini cukup berlemak dan mengandung lebih dari 300 kalori per porsi. Apalagi jika sup d [...]

Kekang Nafsu Makan Berlebih dengan 3 Cara Ini

Kekang Nafsu Makan Berlebih dengan 3 Cara Ini

Menahan nafsu makan biasanya bakal sulit bagi Anda yang doyan makan. Akibatnya, kenaikan berat badan pun tak dapat terhindari. Pada akhirnya, untuk menurunkan kembali berat badannya, orang lebih memilih pil diet ketimbang diet dan berolahraga.Bagi Anda yang sulit menahan nafsu untuk makan padahal tidak merasa lapar, berikut tips yang dapat diikuti seperti dikutip Health Me Up, Minggu (9/3/2014)1. Minum lebih banyak air putihRasa lapar dan dehidrasi hampir mirip. Jadi, bawalah botol air ke mana Anda pergi dan minumlah di saat hasu atau perut keroncongan. Bisa saja perut Anda memberikan kode bukan karena lapar, tapi haus. Dengan minum air putih akan menekan perasaan itu.2. Minum tehMinum teh dipercaya ampuh membantu Anda mengekang nafsu makan. Jika merasa lapar, cobalah untuk mengonsumsi segelas teh. Selain dapat memuaskan selera Anda, teh juga mampu membuat Anda lebih rileks.3. Makan prosi kecilMakan tepat waktu dengan porsi yang kecil juga dapat membantu Anda menahan nafsu makan berlebih. Dengan makan porsi kecil, Anda lebih dapat merasakan satu persatu makanan yang masuk ke dalam mulut. 4. Makan lebih banyak seratMakanan tinggi serat seperti apel, pisang, oatmeal, akan membuat And [...]

6 Makanan Peluruh Lemak Usai Pesta Lebaran

6 Makanan Peluruh Lemak Usai Pesta Lebaran

Bersilahturahmi ke rumah saudara maupun tetangga saat Lebaran pasti dilengkapi suguhan khas Lebaran seperti sambal goreng ati, sayur labu dan pastinya opor ayam dengan kuah santan kental. Tak hanya di satu rumah, beberapa rumah yang dikunjungi pun menyajikan sajian serupa dan Anda pasti diminta menyantapnya. Jika merasa berlebih makan makanan yang kaya lemak, tak ada salahnya mengonsumsi makanan berikut yang mampu membantu tubuh mengusir lemak yang tak diperlukan. Seperi dilansir WebMD dan ABC News, Minggu (21/7/2014) berikut daftarnya. 1. Pisang Satu buah pisang mengandung 422 miligram potasium. Jenis mineral ini dapat membantu membatasi jumlah natrium di dalam tubuh. Natrium adalah mineral yang didapatkan dalam garam dan daging, kelebihan natrium menyebabkan tubuh menahan air yang memengaruhi kegemukan. 2. Yogurt Pasti Anda sudah tahu bahwa secangkir yogurt mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan baik untuk mencegah perut kembung. Selain itu, yogurt terutama jenis greek yogurt yang mengandung karbohidrat dan protein membantu menstabilkan insulin dalam tubuh. Insulin adalah hormon yang memberitahu Anda ketika makan lemak terlalu tinggi. 3.Teh Hijau Ti [...]

5 Cara Efektif Pangkas Bobot Tubuh

5 Cara Efektif Pangkas Bobot Tubuh

Banyak cara mudah yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Hal terpenting yang harus Anda tanamkan di dalam benak Anda adalah niat dan usaha yang dikerjakan dengan serius. Pasti akan menampakkan hasil.Berikut cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan seperti dikutip dari Health Me Up, Jumat (6/6/2014)1. Jangan lupa untuk sarapanSalah satu keuntungan terbesar dari sarapan adalah membantu membuat stabil hormon dan menjaga potensi agar tidak makan berlebih dan banyak pada jam-jam tertentu. 2. Masak sendiriSetiap makanan yang disantap dapat memiliki nilai gizi tinggi bila itu diolah dan dimasak sendiri. Makan lebih banyak buah dan sayuran adalah cara paling ideal untuk menurunkan berat badan. Dalam memilih buah dan sayuran, coba pilih yang benar-benar segar tanpa ada bintik-bintik dan busuk di beberapa bagian.3. Pilih karbohidrat tepatSelain serat, karbohdirat yang baik juga akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Jenis makanan ini memiliki tingkat indeks glikemik rendah yang membantu mengatur gula darah dan tingkat produksi insulin. Bahan makanan yang kaya karbohidrat menyehatkan adalah sayur-sayuran, gandum, buah-buahan, kentang, beras berah, dan kacang-kacangan.4. [...]

Lezatnya Kepompong dan Ulat Pohon Mahoni Melebihi Daging Ayam

Lezatnya Kepompong dan Ulat Pohon Mahoni Melebihi Daging Ayam

Bagi sebagian orang, enthung, ungker (Jawa) atau kepompong ulat mungkin terlihat menjijikkan. Namun, rupanya kepompong yang bisa kita dapati di beberapa pohon seperti jati, mahoni, randu, atau kelapa berasa lezat dan gurih bila kita jadikan lauk. Di beberapa daerah dan desa, bahan makanan ini bisa menjadi sumber protein alternatif selain ayam, daging sapi, dan ikan. Setidaknya itu yang ditemukan dan diteliti oleh para mahasiswa dan peneliti dari Universitas Negeri Yogyakarta. Sayangnya, tidak setiap musim bahan makanan yang dibilang ekstrem ini tidak selalu tersedia alias ada. Bahan makanan ini bisa jadi alternatif untuk diet Anda karena tinggi protein dan rendah kalori. Penelitian dengan sampel 20 biji kepompong ulat Cricula trifenestrata ( 10 biji basah dan 10 biji kering ) yang diambil dari pohon avokad yang ada Di desa Binangun, Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Dari penelitian ini didapatkan hasil kadar protein kepompong ulat Cricula trifenestrata pada berat basah 19,59 persen, berat kering 58,346 persen sedangkan kadar lemak pada kepompong ulat Cricula trifenestrata pada berat basah 0,1362 persen, berat kering 0,7 [...]

Makan Bayam Bisa Kurangi Nafsu Makan

Makan Bayam Bisa Kurangi Nafsu Makan

Siapa sangka, mengonsumsi sayur bayam dapat mengurangi nafsu makan. Efeknya, berat badan pun berkurang menurut hasil studi dari Swedia. Menurut ilmuwan dari Lund University Swedia, ekstrak bayam mengandung thylakoid yang dapat merangsang penurunan berat badan hingga 43 persen. Selain itu, makan bayam pun mampu mengurangi nafsu makan berlebih yang cenderung mengonsumsi makanan manis dan cepat saji. Hal ini terjadi karena thylakoid memperkuat hormon tubuh untuk merasakan kenyang dan menekan rasa lapar berlebih. Hasilnya, seseorang lebih mampu mengendalikan nafsu makan, memeroleh kebiasaan makan sehat, serta penurunan berat badan. "Analisis kami menunjukkan jika sebelum sarapan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung thylokoid dapat mengurangi nafsu makan berlebih," tutur salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian ini profesor Charlotte Erlanson-Albertsson. Studi ini dilakukan selamat tiga bulan terhadap 38 perempuan bertubuh gemuk. Setengah partisipan penelitian diberikan 5 gram ekstrak bayam sedangkan yang lain diberikan plasebo. Mereka semua diminta untuk menjalani pola makan seimbang dengan makan tiga kali sehari. Seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (6/9/2014) [...]

Meski Sedot Lemak, Olahraga Tetap Harus Jalan

Meski Sedot Lemak, Olahraga Tetap Harus Jalan

Sedot lemak menjadi jalan pintas bagi individu yang sulit menurunkan bobot tubuhnya. Meski sedot lemak memiliki nilai plus, tetap saja banyak pihak yang berkecimpung di dunia kesehatan yang melarang untuk melakukan pengambilan lemak yang tidak boleh terlalu banyak.Sama halnya dengan yang dilakukan Etty Budhi. Sebagai seorang Personal Trainer, wanita yang terlihat aktif di usia yang tidak lagi muda, tidak pernah menganjurkan siapa pun untuk melakukan sedot lemak."Tapi, jika orang tersebut sudah benar-benar over weight atau obesitas, dan jalan satu-satunya adalah sedot lemak, ya mau bagaimana lagi, itu adalah jalan pintas," kata Etty Budhi di Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta, ditulis Kamis (2/10/2014)Tapi harus diingat bahwa usai melakukan sedot lemak, mereka pun tetap harus melakukan olahraga secara rutin. Apalagi bagi mereka yang melakukan sedot lemak untuk mentransfer lemak itu ke bagian lain di tubuhnya, sudah sangat jelas harus berolahraga."Misalnya saja ada orang yang kelebihan lemak di perut, kemudian disedot dan ditransfer ke bokong. Nilai plusnya, perutnya flat (rata), pantatnya berbentuk. Tapi, kalau tidak berolahraga, tetap saja perut yang rata itu akan kembali (berlemak [...]

Contoh Menu Diet dalam Sehari ala Ade Rai

Contoh Menu Diet dalam Sehari ala Ade Rai

Banyak orang sulit menjalankan diet dengan tepat serta konsisten. Alasannya, tidak ingin lapar. Padahal diet yang benar, menurut binaragawan Ade Rai harusnya tidak membuat kita lapar. Berikut salah satu contoh menu diet yang tepat menurut Pendiri RAI Institute, Fitness Education Center yang dikutip dari binaraga.net, Senin (22/9/2014): Pagi: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Bubur oatmeal + susu rendah lemakNasi/bubur merah + omelet putih telurRoti gandum + ayam / omelet putih telurYoghurt + muesliSnack Pagi: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Yoghurt rendah lemakSusu rendah lemakBubur oatmeal + bubuk proteinGado-gado + telur rebusBuah + susu kedelai Makan Siang: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Ayam bakar + nasi merah + sayuranSteak + kentang + sayuranOmelet putih telur + tempe + nasi merah + salad/sup sayuran beningTahu bacem + lalab + nasi merahIkan kukus/bakar + nasi merah + salad/sup sayuran bening Snack Petang: (sama dengan snack pagi) Makan Malam: (sama dengan makan siang) Catatan: Jumlah atau porsi disesuaikan dengan ukuran tubuh dan tujuan fisik yang ingin dicapaiPorsi protein makanan: 1 telapak tangan [...]

Diet yang Tepat dan Efektif Menurut Adrian Maulana

Diet yang Tepat dan Efektif Menurut Adrian Maulana

Diet bagi Adrian Maulana adalah manajemen makan dan bagaimana cara mengatur setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bukan tidak makan sama sekali, dan hanya mau mengonsumsi buah-buahan dan sayuran saja. Diet, kata Adrian, bila sampai membuat tubuh menjadi lemas, loyo, dan membuat muka terlihat kusam, menandakan bahwa ada yang salah dengan konsep diet yang dijalani itu. "Apalagi bila diet membuat si pelaku merasa tersiksa, berarti konsepnya yang harus diperhatikan. Kenapa? Karena menurut saya, diet yang baik adalah pola hidup yang dapat dijalani sepanjang hidup kita," kata Adrian kepada Health-Liputan6.com di Jakarta ditulis Sabtu (27/9/2014) Suami Dessy Ilsanty mengatakan bahwa dirinya telah menjalani diet selama belasan tahun. Setiap pagi, dirinya rutin mengonsumsi oat dan putih telur. Sedangkan pada siang hari, barulah memasukan karbohidrat berupa nasi ke dalam tubuhnya. "Malam hari, saya mengonsumsi lauk pauknya saja dan buah-buahan," kata Adrian. Pola diet yang seperti ini, terang Adrian, membuat tubuhnya senantiasa sehat dan bugar. Adrian mengaku, dirinya bukanlah sosok orang yang seringkali sakit dan harus menjalani perawatan di rumah sakit. "Saya juga kan ingin hidup panja [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *