7 Tips Cegah Eksim Pada Anak

eksim-anak-penanganan-obat.jpg

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia

Eksim dapat sulit dihadapi oleh buah hati kita. Kulit merah-merah dan gatal tentunya tidak nyaman untuknya. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mencegah mengurangi gatal yang membandel karena eksim pada ananda buah hati Anda.


  • Bila Ibu pikir anak Ibu menderita eksim, pastikan dengan dokter anak Ibu agar mendapat diagnosis dan tata laksana yang tepat. Jangan coba mengobati sendiri. Setiap kasus eksim dapat memerlukan penanganan yang berbeda, umumnya melibatkan kombinasi pelembab dan steroid oles. Jika kulit menjadi merah dan mulai mengeluarkan cairan, mungkin sudah terjadi infeksi. Segera ke dokter untuk mendapatkan antibiotika.

  • Anak dengan eksim sering mengalami kesulitan untuk tidur karena kulit menjadi terasa lebih panas dan gatal pada malam hari. Jaga kamar tidur sejuk dan gunakan alas tidur dari katun. Berikan pelembab minimal 20 menit sebelum tidur.

  • Hindari sabun dan shampoo yang keras. Sabun dapat membuat eksim bertambah parah. Rekomendasi saat ini adalah memandikan bayi satu atau dua kali seminggu (wajah, tangan, dan bokong bayi harus dibersihkan setiap hari). Mandikan bayi dalam air hangat, dan gunakan sabun serta shampoo tanpa pengharum.

  • Gunakan pelembab. Kulit yang kering lebih mudah mengalami lesi atau menjadi terinfeksi dengan bakteri atau virus. Gunakan krim sesuai anjuran dokter untuk menjaga kulit tetap halus dan lembab.

  • Bantu anak berhenti menggaruk. Salah satu masalah yang besar pada anak dengan eksim adalah keinginan untuk menggaruk kulit yang kemudian dapat berdarah atau terinfeksi. Ajari anak untuk tidak menggaruk dengan cara memegang lengan erat-erat. Jaga agar kuku anak tidak terlalu panjang.

  • Perhatikan makanan anak. Eksim biasanya muncul saat bayi berusia sekitar 6 bulan dan pada 10% kasus, pencetusnya adalah susu, telur, coklat, kacang-kacangan, serta pewarna makanan.

  • Jaga agar anak tidak kepanasan. Panas dapat membuat kulit terasa lebih gatal. Setelah aktivitas renang, mandikan anak agar klorin yang dapat mengiritasi kulit terbilas.

di laman utama website kami. Apakah buah hati Ibu menderita eksim? Apakah ada masalah dalam mengatasinya? Mari berbagi di sini.[](PNA)

Baca juga:

  • Bahaya Polusi Udara Pada Anak
  • 4 Nutrisi Kebutuhan Kulit Ibu Hamil
  • Bahaya Polusi Terhadap Kulit
  • 4 Alasan Tidak Melewatkan Sikat Gigi di Malam Hari

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Asupan Makanan yang Bantu Wanita Kurangi Risiko Kanker Payudara

5 Asupan Makanan yang Bantu Wanita Kurangi Risiko Kanker Payudara

Kini gaya hidup sehat tidak hanya menjadi tren tapi juga kebutuhan. Kesadaran setiap wanita untuk menjaga kesehatan semakin tinggi. Oleh karena itu, tak heran bila semakin banyak wanita yang melakukan diet bukan hanya untuk menurunkan berat namun juga demi menangkal penyakit berbahaya.Salah satunya kanker payudara yang sangat ditakuti semua wanita. Menurut penelitian, satu dari sepuluh wanita menderita kanker payudara karena asupan makanan yang kurang sehat. Para wanita kemudian disarankan agar melakukan diet buah dan sayuran yang bisa mengurangi risiko kanker tersebut. Berikut lima asupan makanan yang bagus untuk kesehatan payudara wanita.1. BrokoliBrokoli diklaim bisa menghilangkan sel kanker payudara. Seorang profesor ilmu Farmasi dari Universitas Michigan, Duxin Sun, mengatakan bahwa kandungan dalam brokoli bisa mencegah kanker. "Senyawa dalam brokoli yang dikenal dengan sulforaphane telah dipelajari sebelumnya. Studi ini menunjukan bahwa senyawa tersebut bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan sel kanker payudara," tutur Duxin. Sebagai objek percobaan, peneliti menggunakan tikus berkanker payudara yang sudah diberikan sulforphane. Mereka memantau jumlah sel kanker dalam [...]

Mengenal Pencegahan Kanker

Mengenal Pencegahan Kanker

Mengenal pencegahan kanker sangatlah tepat dan benar. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mengurangi risiko pada kanker tertentu mungkin bisa melalui perubahan pada makanan dan gaya hidup. Bagaimana risiko bisa dikurangi tergantung pada spesifikasi kanker. Tembakau yang ada pada rokok yang digunakan secara langsung dihubungkan dengan sepertiga pada semua penyakit kanker. Tidak merokok dan menghindari kontak langsung dengan asap rokok bisa sangat mengurangi risiko pada kanker paru-paru, ginjal, saluran kemih, kepala dan leher. Kanker adalah sel yang telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak teratur. Kanker bisa terjadi dari berbagai jaringan dalam berbagai organ. Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangbiakannya, sel-sel kanker membentuk suatu masa dari jaringan ganas yang menyusup ke jaringan di dekatnya dan bisa menyebar ke seluruh tubuh. Berdasarkan data yayasan kanker di Amerika, resiko yang terjadi pada kanker terentu dapat dikurangi dengan melakukan perubahan gaya hidup. Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena kanker, diantaranya; 1. Menghindari merokok atau terkena asap tembakau Sejumlah faktor lingkungan [...]

Sebelum Mencoba Yoga, Pahami Dulu Sejarah Asal-Usulnya

Sebelum Mencoba Yoga, Pahami Dulu Sejarah Asal-Usulnya

Penelitian tentang yoga dilakukan lebih dari satu abad. Meski begitu masih banyak misteri yang belum terkuak tentang awal hadirnya yoga. Yang diketahui publik, yoga berasal dari India sekitar lima ribu tahun lalu.Sampai sekarang, banyak sarjana barat berpikir yoga berasal jauh sebelum itu, barangkali sekitar 500 Silam Masehi. Itu adalah masa Buddha Gautama, sang pendiri agama Buddha.Namun kemudian, di awal tahun 1920-an, para arkeolog mengejutkan dunia dengan penemuan yang disebut sebagai peradaban budaya Indus. Sebuah peradaban di atas lahan seluas 300 ribu mil persegi.Itu adalah peradaban terbesar di awal zaman kuno. Di bawah reruntuhan kota-kota besar Mohenjo Daro dan Harappa, mesin eskavator menemukan gambar ukiran tokoh menyerupai yogi pada cap batu.Banyak temuan lain yang menunjukkan keberlangsungan menakjubkan antara peradaban tersebut, dan kemudian antara masyarakat dan budaya Hindu.Tidak ada yang primitif dari peradaban yang saat ini disebut sebagai Indus-Sarasvati ini, dinamai dari dua sungai besar mengalir di India bagian Timur.Populasi Indus-Sarasvati adalah peradaban yang menikmati bangunan bertingkat, sistem pembuangan limbah modern yang tak bisa ditandingi mulai d [...]

Hal-hal yang Memperparah Jerawat

Hal-hal yang Memperparah Jerawat

Tentu kita semua pasti pernah mengalami jerawat. Jerawat disebabkan oleh aksi dari hormon terhadap kelenjar minyak dan folikel rambut. Lesi (perlukaan) paling awal dari jerawat adalah penyumbatan dari pori-pori di kulit. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat adalah: Peningkatan hormon seksual yang disebut sebagai androgen, yang muncul di perempuan dan laki-laki selama pubertas. Hormon androgen menyebabkan kelenjar minyak membesar dan meningkatkan jumlah sebum di folikel rambut. Perubahan hormonal saat akan hamil atau saat mau mulai atau berhenti kontrasepsi Genetika (keturunan) Menurut the National Institutes of Health, ada beberapa hal yang dapat memperburuk kondisi jerawat: Perubahan hormonal pada masa remaja dan wanita muda teruatama 2-7 hari sebelum hari menstruasi mulai. Minyak dari produk-produk kulit seperti pelembab atau kosmetik. Tekanan dari beberapa alat-alat seperti helm, tas punggung, kerah baju yang ketat atau seragam yang ketat. Iritasi lingkungan seperti polusi dan kondisi kelembaban yang tinggi Memencet atau menekan-nekan jerawat yang sudah ada Menggosok kulit terlalu keras Stres Ada juga yang menyebutk [...]

Mengenal Bakteri E-Coli

Mengenal Bakteri E-Coli

Bakteri E. coli dapat menyebabkan berbagai penyakit infeksi saluran pencernaan pada manusia, diantaranya adalah enterotoksigenik, enterohaemorrhagik, enteropatogenik, enteroinuasiue, dan enteroagregatif. Bakteri ini dapat berada dimana saja. Makan disaat kondisi tangan kotor juga dapat memicu hadirnya infeksi bakteri. Kehadiran bakteri ini sebenarnya tidak berbahaya. Dalam populasi terkendali, e-coli hidup di saluran pencernaan manusia dan hewan ternak, dan memiliki kecenderungan tidak membahayakan. E-coli ditemukan pada tahun 1885 dan diketahui pada tahun 1935 ditemukan strain tertentu yang dapat menyebabkan penyakit parah. E-coli kerap hadir pada daging sapi, buah-buahan, sayuran dan air. Untuk membersihkan bakteri e-coli dapat dilakukan dengan cara memperhatikan higienitas dalam kegiatan sehari-hari. Memasak matang masakan dapat membunuh bakteri e-coli. E-coli diketahui tidak dapat hidup dalam habitat bersuhu tinggi. Dalam keseharian, usahakan senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Beberapa kegiatan keseharian yang memerlukan perhatian khusus higienitas dengan mencuci tangan: Setelah BAK dan BAB Dari toilet Sebelum makan dan minum Se [...]

Antisipasi Sebelum Menggunakan Obat Tetes Telinga

Antisipasi Sebelum Menggunakan Obat Tetes Telinga

Jangan sembarangan menggunakan obat tetes telinga. Ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan saat hendak memakainya. Jika merasakan telinga bermasalah, maka tidak begitu saja obat tetes telinga solusinya. Ada beberapa pertimbangan yang harus dijadikan acuan saat hendak memakai pengobatan ini. Apa saja acuan-acuan yang dimaksud? Kondisi yang Memerlukan Obat Tetes Telinga Berikut ini beberapa infeksi telinga yang bisa menggunakan obat tetes telinga sebagai pengobatan. Radang telinga bagian luar Penyebab infeksi di daerah ini sering kali adalah jamur dan bakteri. Biasanya infeksi terjadi di bagian saluran telinga yang terletak di antara gendang telinga dan telinga bagian luar. Pemicu terjadinya infeksi ini adalah akibat masuknya air kotor atau rusaknya saluran telinga akibat proses membersihkan yang salah atau terlalu keras. Radang telinga bagian tengah akut Kebanyakan kasus ini disebabkan oleh virus, namun bakteri juga dapat menjadi penyebab adanya otitis media atau peradangan telinga bagian tengah. Radang telinga bagian tengah sering dialami anak-anak yang terserang flu dan batuk, serta tertutupnya saluran Eustachius. Saluran Eustachius adalah saluran yang menghubungkan tel [...]

Obati Rambut Rontok dengan Konsumsi 4 Nutrisi Ini

Obati Rambut Rontok dengan Konsumsi 4 Nutrisi Ini

Rambut rontok dapat disebabkan oleh banyak faktor termasuk efek samping dari obat tertentu, ketidakseimbangan hormon, stres atau bahkan kekurangan gizi. Beberapa nutrisi dapat mengatasi masalah tersebut. Apa saja?Makanan kaya vitamin B, vitamin A dan E, zinc, besi, asam lemak omega-3 dan protein bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan rambut rontok atau pertumbuhan rambut rapuh dan tidak sehat. Dilansir detikhealth, berikut beberapa nutrisi terbaik untuk mengatasi rambut rontok:1. Telur dan ayamAsam amino adalah protein yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Makanan yang memberikan protein seperti daging, ikan, unggas, produk susu, makanan kedelai dan telur. Unggas dan telur merupakan pilihan yang sangat baik untuk mengatasi rambut rontok.Telur kaya akan biotin dan vitamin B12, yang diperlukan untuk kesehatan rambut, kuku dan kulit. Ayam dan telur merupakan produk makanan yang memiliki protein berkualitas tinggi.2. Ikan dan lemak omega-3Mengkonsumsi makanan yang kaya asam lemak esensial atau yang dikenal sebagai omega-3 lemak tak jenuh, dapat menjaga rambut dan kulit selalu sehat. Makanan yang kaya asam lemak omega-3 adalah ikan, s [...]

6 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi

6 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi

Ketika Anda sedang haus, segelas penuh minuman dingin sangat menggoda. Ternyata, tidak hanya minuman yang bisa jadi alternatif untuk merehidrasi tubuh saat kekurangan cairan, tapi juga makanan.?Buah dan sayuran mengandung 90 persen air. Meskipun tidak cukup besar kadar airnya untuk tubuh kita, tapi menjadi sumber yang baik saat sedang butuh cairan,? ungkap Roberta Anding, seorang juru bicara Akademi Gizi dan Diet, serta direktur nutrisi olahraga di Texas Children's Hospital.Seperti yang dilansir dari The Huffington Post, berikut ini enam makanan dengan kadar air tinggi yang baik untuk membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh.1.SemangkaSemangka mempunyai tingkat hidrasi yang tinggi, sekitar 92 persen air. Selain itu, semangka juga mengandung nutrisi beta karoten (nutrisi yang akan menjadi vitamin A), likopen, dan vitamin C. Buah merah dan segar ini kaya elektrolit natrium dan kalium sehingga dapat dijadikan pengganti cairan tubuh setelah olahraga.2.KetimunSebagian besar kandungan dari ketimun adalah air. Ketimun juga mengandung vitamin C dan dapat membuat kulit lebih cerah. Kandungan serat makanan di dalamnya dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga melancarkan prose [...]

Meminimalkan Reaksi Alergi Debu dengan Cara Ini

Meminimalkan Reaksi Alergi Debu dengan Cara Ini

Anda sering bersin disertai hidung dan mata yang kemerahan, hidung berair (meler), serta gatal? Bisa jadi Anda menderita alergi. Ada berbagai macam alergi, salah satunya adalah alergi debu. Debu dapat terlihat mengambang ketika tersorot sinar matahari. Debu bisa terdiri dari kulit mati, bulu hewan piaraan, spora dari jamur, potongan tubuh kecoak yang sudah mati, atau bahkan hewan kecil bernama tungau. Bangkai dan kotoran tungau inilah yang mampu menimbulkan reaksi alergi pada seseorang. Tungau, sebagai salah satu penyebab utama reaksi alergi, adalah hewan yang sangat kecil dari keluarga laba-laba. Hewan yang hanya bisa terlihat dengan mikroskop ini suka hidup di lingkungan yang hangat (sekitar 20�C) dan lembap. Tempat tidur, karpet, dan bantal adalah tempat-tempat yang ideal bagi keberadaan tungau. Tungau memakan sel-sel kulit mati manusia dan meninggalkan gundukan kotoran serta bangkai yang dapat menjadi penyebab alergi. Seseorang yang memiliki kondisi alergi menghirup udara yang bercampur dengan tungau, sistem kekebalan tubuhnya memproduksi antibodi terhadap benda yang umumnya tidak berbahaya ini. Respons imun yang terlalu berlebihan inilah yang menyebabkan bers [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *