7 Tips Cegah Eksim Pada Anak

eksim-anak-penanganan-obat.jpg

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia

Eksim dapat sulit dihadapi oleh buah hati kita. Kulit merah-merah dan gatal tentunya tidak nyaman untuknya. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mencegah mengurangi gatal yang membandel karena eksim pada ananda buah hati Anda.


  • Bila Ibu pikir anak Ibu menderita eksim, pastikan dengan dokter anak Ibu agar mendapat diagnosis dan tata laksana yang tepat. Jangan coba mengobati sendiri. Setiap kasus eksim dapat memerlukan penanganan yang berbeda, umumnya melibatkan kombinasi pelembab dan steroid oles. Jika kulit menjadi merah dan mulai mengeluarkan cairan, mungkin sudah terjadi infeksi. Segera ke dokter untuk mendapatkan antibiotika.

  • Anak dengan eksim sering mengalami kesulitan untuk tidur karena kulit menjadi terasa lebih panas dan gatal pada malam hari. Jaga kamar tidur sejuk dan gunakan alas tidur dari katun. Berikan pelembab minimal 20 menit sebelum tidur.

  • Hindari sabun dan shampoo yang keras. Sabun dapat membuat eksim bertambah parah. Rekomendasi saat ini adalah memandikan bayi satu atau dua kali seminggu (wajah, tangan, dan bokong bayi harus dibersihkan setiap hari). Mandikan bayi dalam air hangat, dan gunakan sabun serta shampoo tanpa pengharum.

  • Gunakan pelembab. Kulit yang kering lebih mudah mengalami lesi atau menjadi terinfeksi dengan bakteri atau virus. Gunakan krim sesuai anjuran dokter untuk menjaga kulit tetap halus dan lembab.

  • Bantu anak berhenti menggaruk. Salah satu masalah yang besar pada anak dengan eksim adalah keinginan untuk menggaruk kulit yang kemudian dapat berdarah atau terinfeksi. Ajari anak untuk tidak menggaruk dengan cara memegang lengan erat-erat. Jaga agar kuku anak tidak terlalu panjang.

  • Perhatikan makanan anak. Eksim biasanya muncul saat bayi berusia sekitar 6 bulan dan pada 10% kasus, pencetusnya adalah susu, telur, coklat, kacang-kacangan, serta pewarna makanan.

  • Jaga agar anak tidak kepanasan. Panas dapat membuat kulit terasa lebih gatal. Setelah aktivitas renang, mandikan anak agar klorin yang dapat mengiritasi kulit terbilas.

di laman utama website kami. Apakah buah hati Ibu menderita eksim? Apakah ada masalah dalam mengatasinya? Mari berbagi di sini.[](PNA)

Baca juga:

  • Bahaya Polusi Udara Pada Anak
  • 4 Nutrisi Kebutuhan Kulit Ibu Hamil
  • Bahaya Polusi Terhadap Kulit
  • 4 Alasan Tidak Melewatkan Sikat Gigi di Malam Hari

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cedera Akibat Salah Pilih Sepatu

Cedera Akibat Salah Pilih Sepatu

Pernahkah anda cedera akibat salah pilih sepatu? Salah memilih dan menggunakan alas kaki baik itu sepatu maupun sandal, memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan, terutama kesehatan kaki. Hal ini dikemukakan oleh Hillary Brenner, DPM salah seorang juru bicara untuk the American Podiatric Medical Association, yaitu asosiasi medis yang berspesialisasi dalam menangani ganguan kesehatan pada kaki. Keberadaan Podiatry sendiri di Indonesia sebenarnya belum terlalu umum, namun di negara-negara berbahasa Inggris dan Eropa, spesialisasi ini semakin berkembang seiring dengan berkembangnya berbagai gangguan kesehatan pada kaki yang bisa berujung pada cacat permanen. Keragaman gangguan kesehatan pada kaki ini pada dasarnya bukan dikarenakan pada suatu kecelakaan ataupun hal-hal diluar prediksi namun tidak jauh dari penggunaan dan pemilihan alas kaki itu sendiri. Dengan semakin berkembangnya beragam model dan jenis alas kaki di pasaran, khususnya kaum hawa, kebanyakan akan lebih memilih berdasarkan model fashion terkini tanpa berpikir dua kali mengenai dampak kesehatan dikemudian hari. Hal ini yang menjadi pembahasan lebih lanjut mengenai banyaknya model sepatu berhak tinggi diatas 2 inchi, [...]

Berapa Jam Tidur yang Sehat?

Berapa Jam Tidur yang Sehat?

Oleh: dr. Titania Nur Shelly Tidur yang sehat, berapa jam sehari? Tidur merupakan aktivitas alamiah setiap individu. Hampir sepertiga hidup kita, kita habiskan untuk tidur. Dahulu, tidur dianggap sebagai waktu tubuh untuk beristirahat setelah lelah bekerja, sekolah, dan aktivitas lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu pengetahuan membuktikan bahwa tidur tidak lagi hanyalah sesuatu untuk mengisi waktu saat seseorang dalam kondisi tidak aktif. Bahkan, tidur sendiri melibatkan banyak sekali aktivitas dan ternyata memiliki banyak pengaruh pada kesehatan. Berbagai penelitian dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh tidur pada tubuh menemukan bahwa tidur berhubungan antara lain dengan peningkatan dan penurunan berat badan, hingga risiko kematian di masa yang akan datang. Sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas Wincosin, Amerika Serikat menemukan bahwa lamanya (durasi) tidur seseorang dapat berpengaruh pada Indeks Massa Tubuh (IMT). Penelitian dilakukan pada 1.024 sukarelawan berusia 30-60 tahun. Pada penelitian ini, kebiasaan tidur yang kurang dari 7,7 jam berkaitan dengan peningkatan BMI, baik pada anak, remaja, maupun orang dewasa. Mengapa hal ini dapat terjadi? Ternya [...]

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya!

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya!

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya! Dengan semakin banyaknya perempuan muda mencari operasi untuk memangkas, memahat dan menyempurnakan wilayah pribadi mereka, tren "desainer vagina" pun semakin diminati. Namun, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Obstetrics and Gynaecology, banyak perempuan melakukannya tanpa sepenuhnya paham akan resiko dari prosedur tersebut. Wanita paling sering mencari labioplasty (pemangkasan kembali labia yang menonjol, yang memakan biaya besar karena mereka beranggapan bahwa penampilan fisik mereka menimbulkan rasa malu dan rasa tidak nyaman di depan pasangan seksual, atau bahwa jaringan yang berlebihan menyebabkan ketidaknyamanan fisik yang dirasakan mereka. Namun, penulis mengatakan, analisis sementara mereka berdasarkan dari 40 artikel penelitian tentang prosedur labioplasty mengungkapkan bahwa kebanyakan pasien melaporkan kepuasan dengan hasil dan hanya sedikit yang mengeluhkan adanya komplikasi. Telah ada sedikit penelitian mengenai efek jangka panjang dari operasi ini, termasuk bagaimana operasi ini dapat mempengaruhi masa depan seksual kepuasan atau apakah operasi ini akan memunculkan komplikasi potensial lainnya pada saat [...]

4 Tipe Bau dari Badan yang Sering Muncul

4 Tipe Bau dari Badan yang Sering Muncul

Apabila Anda mendengar kata ?Bau Badan?, apakah yang akan Anda pikirkan? Umumnya banyak orang akan menghubungkan bau badan dengan bau yang ada di lipatan ketiak. Tahukah Anda terdapat banyak tipe bau badan yang lain. Apa saja jenis bau badan yang lain? Sedikitnya terdapat 4 jenis bau badan yang datangnya dari tubuh manusia, diantaranya adalah: 1. Bau mulut (Halitosis) 2. Bau badan karena keringat berlebihan (hiperhidrosis) 3. Bau kentut (flatus) 4. Bau badan karena masa puber. Halaman berikut penjelasan selengkapnya dari masing-masing poin diatas dan bagaimana cara mengatasinya: 1. Halithosis atau Bau Mulut Halithosis adalah jenis bau badan yang paling umum ditemui. Hal ini dapat terjadi ketika banyak bakteri yang tumbuh di dalam mulut Anda. Bakteri dapat tumbuh pada lidah atau sela-sela gigi. Hal ini dapat menyebabkan bau nafas yang tidak sedap. Hal lain yang juga dapat menyebabkan bau napas yang tidak sedap adalah lubang pada gigi. Gigi yang berlubang dapat menjadi sarang kuman yang memproduksi bau yang tidak sedap. Ada beberapa kiat untuk atasi bau mulut yang membandel, Anda dapat baca selengkapnya oleh drg. Martha Mozartha disini, Cara Mengatasi Bau Mulut [...]

Waspada Penyumbatan Pembuluh Darah Bagi Pemudik

Waspada Penyumbatan Pembuluh Darah Bagi Pemudik

Oleh: dr. Tri Rejeki Herdiana Bagi pemudik, antrian panjang kendaraan menyebabkan tres dan perlu diwaspadai penyumbatan pembuluh darah. Sudah terbayangkan lamanya perjalanan saat itu, belum macetnya. Ada salah satu risiko kesehatan yang jarang diketahui oleh mereka yang akan melakukan perjalanan panjang, yaitu suatu kondisi yang disebut Trombosis Vena Dalam. Trombosis Vena Dalam (Deep Vein Thrombosis-DVT) merupakan keadaan yang ditandai dengan ditemukannya bekuan darah di dalam vena dalam sehingga menyebabkan sumbatan. Sumbatan tersebut dapat menimbulkan keluhan pembengkakan dari kaki atau betis, nyeri, panas, dan memerah. Darah di dalam vena tungkai akan mengalir ke jantung lalu ke paru-paru, karena itu emboli yang berasal dari vena tungkai bisa menyumbat satu atau lebih arteri di paru-paru. Komplikasi dari DVT ini disebut emboli paru. Emboli paru yang besar bisa menghalangi seluruh atau hampir seluruh darah yang berasal dari jantung sebelah kanan dan dengan cepat menyebabkan kematian. Faktor risiko menderita DVT adalah riwayat operasi sebelumnya terutama pinggul atau lutut, riwayat bekuan darah di vena sebelumya, riwayat keluarga dengan bekuan vena dalam, dan penyakit pengentala [...]

Awas, Terlalu Lama Nonton TV Picu Risiko Diabetes

Awas, Terlalu Lama Nonton TV Picu Risiko Diabetes

Menonton televisi menjadi salah satu pilihan untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Namun sebaiknya, jangan terlalu lama menontonnya karena riset terbaru menunjukkan bahwa terlalu banyak duduk di depan TV dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.Seseorang yang rutin duduk di depan TV setiap jamnya dapat meningkatkan risiko terkena diabetes sebanyak 3,4 persen. Para peneliti percaya bahwa terlalu banyak duduk dan tidak bergerak dapat membuat berat badan naik. Hal ini adalah salah satu faktor yang dapat memicu munculnya diabetes.Penelitian ini melibatkan 3.234 pria dan wanita berusia di atas 25 tahun yang memiliki kelebihan berat badan. Hal ini dimaksudkan untuk menentukan bagaimana cara mencegah mereka agar tidak terkena diabetes tipe 2.Kemudian para partisipan dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diberikan obat metformin, yaitu obat untuk penderita diabetes tipe 2, khususnya untuk orang-orang dengan kelebihan berat badan dan fungsi ginjalnya normal. Kelompok lainnya tidak diberikan obat, hanya diharuskan untuk meningkatkan tingkat aktivitas mereka, dan kelompok terakhir diberikan tablet placebo, yaitu tablet dengan kandungan gula dan susu yang mirip denga [...]

Awas! Kurang Tidur Gara-gara Begadang Bisa Bikin Bodoh

Awas! Kurang Tidur Gara-gara Begadang Bisa Bikin Bodoh

Amerika mengalami kerugian sebesar 4,5 Triliun Rupiah selama Piala dunia Brazil 2014. Angka ini muncul dengan perhitungan karena karyawan banyak yang mangkir kerja dan nonton pertandingan saat di kantor. Di Indonesia belum ada yang menghitung kerugian tersebut tetapi kasus orang mangkir kerja karena begadang banyak disebabkan karena daya tahan tubuhnya drop. Dan saat ini Piala dunia masih berlangsung, tinggal menyisakan partai-partai puncak. Tentunya Anda juga tidak ingin ketinggalan satu pun pertandingannya bukan? Artinya, Anda harus begadang lagi sampai partai final nanti. Masalahnya Anda tetap harus bekerja pada pada esok harinya dan pekerjaan menuntut Anda untuk selalu bugar dan konsentrasi. Tidak ada dispensasi untuk datang telat karena anda kelelahan begadang ataupun melakukan kesalahan karena kurang konsentrasi. Hal yang harus diperhatikan dalam menyiasati situasi ini adalah mengatur pola tidur dan asupan makanan kita sehingga bisa membuat daya tahan tubuh tidak turun dan tetap konsentrasi. Begadang yang mengakibatkan kurang tidur tidak hanya akan mengganggu aktivitas Anda, tapi lebih jauh juga memberikan risiko dan dampak tersendiri pada kesehatan tubuh. Menurut The N [...]

Manfaat Kesehatan Puasa Berselang (Intermittent Fasting/Diet OCD)

Manfaat Kesehatan Puasa Berselang (Intermittent Fasting/Diet OCD)

Oleh: dr. Jessica Florencia Puasa berselang (Intermittent fasting / Diet OCD) merupakan suatu rencana diet untuk menurunkan berat badan yang dapat dilakukan dengan beberapa metode. Terdapat metode yang dapat dilakukan dengan makan seperti biasa selama 5 hari dan melakukan makan dengan pembatasan kalori selama 2 hari lainnya dalam seminggu. Kalori dibatasi hingga hanya 500 kalori saja untuk wanita dan 600 kalori untuk pria. Metode lain dilakukan dengan melakukan makan makanan cair selama 6 hari dan makan dengan pembatasan kalori hingga 120 kalori saja dalam 1 hari dalam seminggu. Pembuat metode ini juga menyatakan bahwa selain dapat menurunkan berat badan, metode ini dapat bermanfaat juga untuk meningkatkan usia hidup, meningkatkan fungsi otak dan melindungi terhadap penyakit Alzheimer serta melindungi terhadap penyakit kanker, diabetes melitus tipe 2 dan penyakit jantung. Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat mendukung pernyataan ini sehingga manfaat-manfaat tersebut belum dapat ditegaskan secara pasti. Metode yang digunakan pun belum didukung penelitian yang baik untuk menentukan metode yang paling tepat dan paling baik. Selain itu belum ada penelitian yang m [...]

8 Tips Mencegah Virus MERS

8 Tips Mencegah Virus MERS

Virus MERS baru saja ditemukan dan langsung memakan korban jiwa di Timur Tengah. Faktor pencetus penyebaran MERS hingga memakan korban adalah lambatnya penanganan dan rendahnya pengetahuan cara pencegahan virus MERS. Bagaimana cara pencegahan virus strain baru ini? Tips Mencegah Virus MERS Virus MERS baru saja ditemukan dan langsung memakan korban jiwa di Timur Tengah. Faktor pencetus penyebaran MERS hingga memakan korban adalah lambatnya penanganan dan rendahnya pengetahuan cara pencegahan virus MERS. Bagaimana cara pencegahan virus strain baru ini? Tips Mencegah Virus MERS 1. Cuci Tangan Virus MERS menyebar melalui udara (airborne disease), mirip seperti penyebarannya virus influenza. Droplet (bulir air mikro) virus MERS yang bertebaran di udara dapat dengan mudah hinggap dari benda ke benda. Salah satu pencegahan penyebaran dan infeksi virus MERS adalah dengan mencuci tangan dan menjaga kebersihan tangan. Senantiasalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Sedahsyat apapun cairan pembersih tangan gel, tidak dapat menggantikan hasil kebersihan tangan yang didapat dengan mencuci tangan. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *