7 Tips Cegah Eksim Pada Anak

eksim-anak-penanganan-obat.jpg

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia

Eksim dapat sulit dihadapi oleh buah hati kita. Kulit merah-merah dan gatal tentunya tidak nyaman untuknya. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mencegah mengurangi gatal yang membandel karena eksim pada ananda buah hati Anda.


  • Bila Ibu pikir anak Ibu menderita eksim, pastikan dengan dokter anak Ibu agar mendapat diagnosis dan tata laksana yang tepat. Jangan coba mengobati sendiri. Setiap kasus eksim dapat memerlukan penanganan yang berbeda, umumnya melibatkan kombinasi pelembab dan steroid oles. Jika kulit menjadi merah dan mulai mengeluarkan cairan, mungkin sudah terjadi infeksi. Segera ke dokter untuk mendapatkan antibiotika.

  • Anak dengan eksim sering mengalami kesulitan untuk tidur karena kulit menjadi terasa lebih panas dan gatal pada malam hari. Jaga kamar tidur sejuk dan gunakan alas tidur dari katun. Berikan pelembab minimal 20 menit sebelum tidur.

  • Hindari sabun dan shampoo yang keras. Sabun dapat membuat eksim bertambah parah. Rekomendasi saat ini adalah memandikan bayi satu atau dua kali seminggu (wajah, tangan, dan bokong bayi harus dibersihkan setiap hari). Mandikan bayi dalam air hangat, dan gunakan sabun serta shampoo tanpa pengharum.

  • Gunakan pelembab. Kulit yang kering lebih mudah mengalami lesi atau menjadi terinfeksi dengan bakteri atau virus. Gunakan krim sesuai anjuran dokter untuk menjaga kulit tetap halus dan lembab.

  • Bantu anak berhenti menggaruk. Salah satu masalah yang besar pada anak dengan eksim adalah keinginan untuk menggaruk kulit yang kemudian dapat berdarah atau terinfeksi. Ajari anak untuk tidak menggaruk dengan cara memegang lengan erat-erat. Jaga agar kuku anak tidak terlalu panjang.

  • Perhatikan makanan anak. Eksim biasanya muncul saat bayi berusia sekitar 6 bulan dan pada 10% kasus, pencetusnya adalah susu, telur, coklat, kacang-kacangan, serta pewarna makanan.

  • Jaga agar anak tidak kepanasan. Panas dapat membuat kulit terasa lebih gatal. Setelah aktivitas renang, mandikan anak agar klorin yang dapat mengiritasi kulit terbilas.

di laman utama website kami. Apakah buah hati Ibu menderita eksim? Apakah ada masalah dalam mengatasinya? Mari berbagi di sini.[](PNA)

Baca juga:

  • Bahaya Polusi Udara Pada Anak
  • 4 Nutrisi Kebutuhan Kulit Ibu Hamil
  • Bahaya Polusi Terhadap Kulit
  • 4 Alasan Tidak Melewatkan Sikat Gigi di Malam Hari

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kempeng: Apakah Baik untuk Bayi?

Kempeng: Apakah Baik untuk Bayi?

Oleh: dr. Nadia Octavia Bayi memiliki refleks menghisap yang kuat secara alamiah, oleh karena itu bayi seringkali menghisap jempol atau memasukkan jari-jarinya ke dalam mulut. Acapkali orangtua seringkali memberikan kempeng kepada bayi. Namun benarkah kempeng baik untuk bayi Anda? Keuntungan Dapat membantu menenangkan bayi yang rewel Dapat mengalihkan perhatian bayi sementara Membantu bayi untuk tertidur Mengurangi rasa tidak nyaman pada bayi sewaktu naik pesawat Dapat mengurangi risiko sudden infant death syndrome (SIDS) Kerugian Penggunaan kempeng dapat mengganggu aktivitas menyusui Bayi akan tergantung dengan kempeng Dapat meningkatkan risiko infeksi saluran tengah Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan masalah pada gigi Tips dalam pemberian kempeng Jika Anda tetap memilih untuk memberikan kempeng pada bayi Anda, berikut tips nya: Tunggu hingga bayi beradaptasi dengan menyusui Jika Anda menyusui bayi Anda, American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk menunggu pemberian kempeng hingga 4-6 minggu setelah bayi lahir Jangan menggunakan kempeng sebagai tameng Berikan kempeng hanya setelah atau diantara menyusui. Jangan biarka [...]

5 Terapi Alami untuk Hilangkan Pilek

5 Terapi Alami untuk Hilangkan Pilek

Pilek atau hidung tersumbat sangatlah menganggu. Pasti kita semua pernah mengalami keluhan hidung tersumbat, keluar lendir hidung dan badan meriang. Dalam dunia kedokteran keluhan ini dikenal dengan istilah rhinitis yaitu peradangan pada organ hidung. Keluhan ini sering kambuh, khususnya jika terjadi perubahan cuaca atau keadaan imunitas tubuh sedang menurun. Dalam artikel ini akan dipaparkan berbagai terapi yang sederhana dan tersedia di rumah Anda untuk mengurangi gejala hidung tersumbat. Terapi ini tidak hanya murah, namun juga efektif lho! Yuk kita simak apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan pilek dan tenggorokan yang ada. 5 Terapi Alami untuk Hilangkan Pilek Yuk kita simak apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan pilek dan tenggorokan yang ada, antara lain: 1. Minum yang banyak Anda mungkin berpikir bahwa ini merupakan hal sepele, namun minum merupakan cara untuk menggantikan cairan yang hilang dari tubuh. Gejala pilek dapat menyebabkan dehidrasi jika keluhan juga disertai muntah dan diare. Minuman seperti air putih, jus atau minuman elektrolit dapat membantu memperbaiki keseimbangan cairan anda. 2. Kompres hangat C [...]

6 Penyakit Berbahaya yang Bisa Dideteksi dari Mata

6 Penyakit Berbahaya yang Bisa Dideteksi dari Mata

Kondisi mata dapat mendeteksi penyakit di tubuh Anda. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan dan memeriksakan mata secara teratur supaya bisa mengetahui penyakit yang mungkin bersarang di tubuh sejak dini. "Mata adalah salah satu panca indera yang dimanfaatkan dokter untuk melihat pembuluh darah dan arteri tanpa perlu kamera atau operasi," ujar Shantan Reddy, dokter spesialis mata dari New York University Langone Medical Center.Oleh karena itu, dokter mata kerap kali menjadi orang pertama yang menemukan penyakit serius pada pasien. Bahkan, 65 persen dokter mata mampu mengenali pasien yang mempunyai kolesterol tinggi sebelum mengecek kesehatan mereka ke dokter umum. Seperti yang dilansir dari Women?s Health, ada enam macam penyakit yang bisa dideteksi dari mata. 1. Tekanan Darah TinggiAnda mempunyai darah tinggi bila arteri pada mata berwarna keperakan. Lebih dari 20 persen orang yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak menyadarinya. "Kondisi hipertensi bisa dilihat melalui mata karena keadaan itu menyebabkan arteri retina menjadi agak keperakan," papar Reddy. Jika tidak segera diobati, dapat membuat pembuluh darah mengeras yang meningkatkan risiko serangan [...]

Ribuan Bakteri Menempel pada Poli Bib

Ribuan Bakteri Menempel pada Poli Bib

Oleh: drg. Martha Mozartha Para dokter gigi tampaknya harus lebih serius memperhatikan kesterilan alat-alat yang digunakan di kliniknya. Bukan hanya seluruh hand instruments yang baru saja digunakan untuk merawat pasien yang harus disterilkan, tapi juga barang yang terlihat sepele seperti rantai dan klip penjepit dental bib. Dental bib, atau disebut juga poli bib, adalah semacam apron atau celemek yang dipakai di leher untuk menutupi dada pasien saat sedang duduk di kursi gigi. Celemek ini digunakan agar pakaian pasien tidak terkena percikan air atau kotoran lainnya saat sedang menjalani perawatan. Dental bib tersebut dipasang di leher pasien dengan menggunakan penjepit atau klip yang terhubung dengan rantai agar celemek tidak mudah lepas dari leher pasien. Penelitian yang baru saja dipublikasikan ini dilakukan oleh ilmuwan dari Tufts University School of Dental Medicine dan Forsyth Institute. Mereka menemukan ribuan bakteri yang menempel pada permukaan klip polibib yang dipakai oleh pasien. Meski jumlahnya menurun secara signifikan setelah disterilkan dengan prosedur disinfeksi standar, 40% klip dan rantai polibib masih mengandung bakteri aerob maupun anaerob pada permukaannya. Pa [...]

7 Terobosan Baru Atasi Kanker Payudara

7 Terobosan Baru Atasi Kanker Payudara

Perlu Anda ketahui bahwa 1 diantara 8 wanita memiliki risiko terkena kanker payudara. Faktanya adalah memang terjadi peningkatan tingkat kewaspadan wanita terhadap kanker payudara, namun untuk masa depan sangat penting untuk mengembangkan tahap pencegahan. Untuk memperingati bulan Kanker Payudara pada bulan Oktober ini, ada beberapa perkembangan dalam kanker payudara antara lain: 1. Olahraga Kita tentu mengetahui bahwa olahraga bermanfaat untuk kesehatan. Tapi sudah tahukah Anda, berolahraga dapat menekan risiko kanker payudara. Berkat penelitian terbaru yang dilaporkan oleh University of Minnesota, kita dapat mengetahui sebabnya. Olahraga dapat mengubah metabolisme hormon estrogen yang merupakan pemicu kanker payudara. Direkomendasikan agar melakukan aktivitas fisik sedang ke berat selama 3 ? 4 jam dalam seminggu, yang dapat mengurangi risiko kanker payudara sebanyak 30 ? 40%. Halaman berikut beberapa terobosan atasi kanker payudara lainnya: Terobosan Atasi Kanker Payudara Lainnya 2. Makanan anti-kanker Sebuah studi dari Harvard menunjukkan hubungan antara konsumsi sayuran dengan berkurangnya risiko kanker payudara tipe agresif. Studi lain juga menunjukkan [...]

Lima Manfaat Lari yang Sayang untuk Dilewatkan

Lima Manfaat Lari yang Sayang untuk Dilewatkan

Banyak manfaat lari yang bisa kita dapatkan. Termasuk menurunkan risiko dari segala macam penyakit Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti memperlancar aliran darah, meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Di samping itu, lari juga dapat memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot bekerja lebih baik. Selain dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh, lari juga memiliki manfaat lain yang secara langsung dapat memengaruhi beberapa bagian tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat lari bagi tubuh. Mengurangi berat badanOlahraga lari dapat memicu pembakaran kalori dalam tubuh Anda. Banyaknya kalori yang dibakar dipengaruhi oleh seberapa cepat dan seberapa jauh jarak lari Anda. Meski banyaknya kalori juga dipengaruhi oleh faktor lain misalnya berat badan, tapi setidaknya dalam jarak 1,5 km Anda dapat membakar kurang lebih 100 kalori dari dalam tubuh. Baik bagi kesehatan lututMelakukan olahraga lari dapat berperan pada lutut yang sehat, bahkan pada penderita arthritis sekalipun. Studi menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga lari dapat menurunkan risiko art [...]

Ini Penyebab Anda Sering Terbangun dari Tidur di Tengah Malam

Ini Penyebab Anda Sering Terbangun dari Tidur di Tengah Malam

Tidur yang berkualitas adalah ketika orang berhasil terlelap di malam hari selama 6 hingga 8 jam hingga bangun di keesokan paginya. Tapi ada beberapa orang yang tiba-tiba terbangun di tengah malam atau pagi buta, dan itu bisa mengganggu siklus tidur harian normal yang menyebabkan kurang tidur dan tubuh lemas.Menurut Direktur Klinis dari Behavioral Sleep Medicine Program di the University of Pennsylvania James Findley, Ph.D, jika Anda terbangun hanya karena berganti posisi tidur kemudian terlelap lagi, itu tidak jadi masalah. Tapi apabila terbangun setiap 30 menit sekali, berarti ada yang salah dengan kondisi fisik atau lingkungan Anda. Ini beberapa penyebab dan cara mengatasinya, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Gangguan TidurAda beberapa gangguan tidur yang membuat seseorang sering terbangun di malam hari. Penderita insomnia misalnya, tidak hanya sulit untuk terlelap, tapi juga cenderung terbangun beberapa kali di malam hari. Gangguan tidur lainnya adalah sleep apnea, yaitu gangguan pernafasan yang terjadi saat tidur, yang berlangsung selama lebih dari 10 detik. Ditandai oleh penyempitan saluran pernafasan lebih dari 80% selama lebih dari 10 detik dan terjadi penurunan s [...]

5 Makanan Penghambat Penuaan

5 Makanan Penghambat Penuaan

Proses penuaan merupakan proses yang tidak dapat dicegah. Setiap orang pasti akan mengalami proses penuaan, entah terlihat dari luar tubuh ataupun proses penuaan yang terjdi di dalam tubuh. Ternayata menurut beberapa penelitian, proses penuaan ini bisa lho kita bantu cegah. Pencegahan penuaan bisa dengan makanan, ataupun dengan cara lain seperti olahraga. Berikut merupakan beberapa jenis makanan yang dibuktikan dapat menghambat proses penuaan. Minyak Zaitun (Olive Oil) Banyak peneliti yang menyebutkan bahwa kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun bertanggung jawab dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Minyak zaitun juga mengandung polyphenols yang merupakan sumber anti-oksidan yang kuat untuk mencegah proses penuaan. Yogurt Yogurt kaya akan kandungan kalsium yang membantu melawan osteoporosis dan mengandung ?bakteri baik? yang membantu menjaga kesehatan usus dan mengurangi peningkatan risiko penyakit usus akibat penuaan. Ikan Ikan merupakan sumber omega-3 yang tinggi yang berguna mencegah gumpalan kolestrol di pembuluh darah serta membantu melindungi jantung terhadao kelainan irama jantung. Kacang Kacang merupakan makanan yang tin [...]

World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek

World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek

Telah diketahui secara luas di masyarakat bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, bukan hanya pada jantung, paru-paru dan organ lainnya tetapi juga pada rongga mulut. Kerusakan dalam rongga mulut yang paling popupler diketahui oleh masyarakat adalah perubahan pada warna gigi. Tentu saja itu hanya 1 dari sekian banyak dampak buruk merokok, baik rokok putih maupun rokok kretek. Konsumsi rokok di Indonesia meliputi rokok putih dan rokok kretek, dan ternyata penikmat rokok kretek cukup banyak. laporan mengenai penyakit yang ditimbulkan oleh rokok kretek tidak sebanyak laporan kasus pada rokok putih. Namun telah ditemukan laporan kasus perdarahan dan edema pada paru yang diduga karena rokok kretek dan ada yang berakhir dengan kematian, juga laporan kasus kerusakan gigi yang spesifik pada perokok kretek. World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek Telah diketahui secara luas di masyarakat bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, bukan hanya pada jantung, paru-paru dan organ lainnya tetapi juga pada rongga mulut. Kerusakan dalam rongga mulut yang paling popupler diketahui oleh masyarakat adalah perubahan pada warna [...]

Ini Gangguan Kesehatan Miss V yang Paling Sering Dialami Wanita

Ini Gangguan Kesehatan Miss V yang Paling Sering Dialami Wanita

Merawat organ intim kewanitaan memerlukan perhatian ekstra. Pengetahuan yang benar dalam merawat vagina akan membuat organ ini menjadi sehat dan terawat. Sebaliknya, jika melakukan kesalahan dalam merawatnya, tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan efek buruk seperti masalah kesehatan dan penyakit kelamin yang dapat menyerang kapanpun. Yuk kenali masalah seputar daerah kewanitaan agar Anda lebih berhati-hati dalam menjaga Miss V.1. KeputihanMenurut Dr. M. Rezha Faisal, SpOG yang merupakan spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, leucorrhea atau keputihan menjadi salah satu masalah kewanitaan yang paling umum dialami oleh wanita. Keputihan atau dalam istilah medis lebih dikenal dengan vaginal discharge terbagi menjadi 2 jenis, yaitu keputihan normal dan tidak normal.Keputihan yang normal biasanya disebabkan oleh pengaruh hormon ketika menjelang menstruasi atau setelah menstruasi. Sedangkan keputihan yang tidak normal disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya bakteri, parasit, virus atau jamur. "Hubungan seksual yang tidak aman seperti berganti-ganti pasangan atau berhubungan intim di luar nikah adalah salah satu penyebab virus dan jamur bisa masuk kedalam vagina," tutur Dr [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *