7 Tips Cegah Eksim Pada Anak

eksim-anak-penanganan-obat.jpg

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia

Eksim dapat sulit dihadapi oleh buah hati kita. Kulit merah-merah dan gatal tentunya tidak nyaman untuknya. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mencegah mengurangi gatal yang membandel karena eksim pada ananda buah hati Anda.


  • Bila Ibu pikir anak Ibu menderita eksim, pastikan dengan dokter anak Ibu agar mendapat diagnosis dan tata laksana yang tepat. Jangan coba mengobati sendiri. Setiap kasus eksim dapat memerlukan penanganan yang berbeda, umumnya melibatkan kombinasi pelembab dan steroid oles. Jika kulit menjadi merah dan mulai mengeluarkan cairan, mungkin sudah terjadi infeksi. Segera ke dokter untuk mendapatkan antibiotika.

  • Anak dengan eksim sering mengalami kesulitan untuk tidur karena kulit menjadi terasa lebih panas dan gatal pada malam hari. Jaga kamar tidur sejuk dan gunakan alas tidur dari katun. Berikan pelembab minimal 20 menit sebelum tidur.

  • Hindari sabun dan shampoo yang keras. Sabun dapat membuat eksim bertambah parah. Rekomendasi saat ini adalah memandikan bayi satu atau dua kali seminggu (wajah, tangan, dan bokong bayi harus dibersihkan setiap hari). Mandikan bayi dalam air hangat, dan gunakan sabun serta shampoo tanpa pengharum.

  • Gunakan pelembab. Kulit yang kering lebih mudah mengalami lesi atau menjadi terinfeksi dengan bakteri atau virus. Gunakan krim sesuai anjuran dokter untuk menjaga kulit tetap halus dan lembab.

  • Bantu anak berhenti menggaruk. Salah satu masalah yang besar pada anak dengan eksim adalah keinginan untuk menggaruk kulit yang kemudian dapat berdarah atau terinfeksi. Ajari anak untuk tidak menggaruk dengan cara memegang lengan erat-erat. Jaga agar kuku anak tidak terlalu panjang.

  • Perhatikan makanan anak. Eksim biasanya muncul saat bayi berusia sekitar 6 bulan dan pada 10% kasus, pencetusnya adalah susu, telur, coklat, kacang-kacangan, serta pewarna makanan.

  • Jaga agar anak tidak kepanasan. Panas dapat membuat kulit terasa lebih gatal. Setelah aktivitas renang, mandikan anak agar klorin yang dapat mengiritasi kulit terbilas.

di laman utama website kami. Apakah buah hati Ibu menderita eksim? Apakah ada masalah dalam mengatasinya? Mari berbagi di sini.[](PNA)

Baca juga:

  • Bahaya Polusi Udara Pada Anak
  • 4 Nutrisi Kebutuhan Kulit Ibu Hamil
  • Bahaya Polusi Terhadap Kulit
  • 4 Alasan Tidak Melewatkan Sikat Gigi di Malam Hari

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cepat Turun Berat Badan dengan Operasi Bariatrik

Cepat Turun Berat Badan dengan Operasi Bariatrik

Pernahkah Anda mendengar istilah operasi bariatrik? Operasi ini merupakan sebuah tindakan manipulasi saluran pencernaan dengan tujuan akhir penurunan berat badan. Namun tidak semua orang gemuk merupakan kandidat untuk dilakukan operasi bariatrik. Apa saja yang perlu kita ketahui tentang operasi ini? Mari kita simak artikel ini. Apa itu operasi bariatrik? Bariatrik berasal dari bahasa Yunani baros, yang memiliki arti berat badan. Operasi bariatrik adalah sebuah prosedur pembedahan saluran pencernaan untuk menurunkan berat badan. Terdapat beberapa macam operasi bariatrik yang ada, diantaranya adalah metode Roux-en-Y Gastric Bypass (RYGB) dan Laparoscopic Adjustable Gastric Banding (LAGB). Dalam prosedur Roux-en-Y, dilakukan operasi untuk menghubungkan secara langsung organ usus (jejunum) dengan lambung. Operasi ini akan menyebabkan ukuran lambung menjadi lebih kecil dan area absorpsi makanan menjadi lebih sedikit dibanding keadaan normal. Mengapa operasi bariatrik dilakukan? Berikut penjelasannya: Mengapa operasi bariatrik dilakukan? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, operasi ini dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun tidak semua orang kegemukkan d [...]

Bahayanya Tidak Cuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet

Bahayanya Tidak Cuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet

Kulit manusia bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri, virus dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit, baik melalui pernafasan atau sentuhan. Coba bayangkan, betapa berisikonya penularan bakteri akibat penggunaan toilet secara bergantian.Penularan tersebut pun dapat bertambah parah jika Anda tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet. Berikut adalah penyakit yang disebabkan akibat tidak mencuci tangan setelah memakai toilet, seperti dilansir dari Live Strong.1. Penyakit Tangan, Kaki, dan MulutPenyakit tangan, kaki, mulut atau disebut juga flu Singapura adalah penyakit yang disebabkan oleh virus coxsackie yang menular melalui kontak langsung, makanan, maupun kotoran. Penyakit yang umumnya menyerang bayi dan anak-anak ini, dimulai dengan adanya gejala seperti benjolan yang tampak melepuh pada mulut, telapak tangan dan kaki. Untuk mencegahnya, cucilah tangan setelah menggunakan toilet untuk mencegah penularan virus.2. Hepatitis APenyakit infeksi hati yang ditandai dengan gejala seperti kelelahan, kulit menguning, warna urin gelap, mual, dan muntah ini dapat menular melalui virus. Penularannya bisa terjadi ketika seseorang yang terkontaminasi virus hepatitis A, tidak mencuci [...]

Mengenal Berbagai Jenis Flu

Mengenal Berbagai Jenis Flu

Kebanyakan orang berpikir flu itu merupakan satu jenis penyakit yang disebabkan oleh satu jenis virus. Padahal kenyataannya, virus influenza ada 3 jenis, yaitu virus A, B, dan C. Flu atau influenza merupakan virus yang sangat menular dan menginfeksi saluran napas. Virus flu paling sering ditularkan melalui droplet yaitu partikel-partikel yang dikeluarkan saat seseorang batuk, bersin, atau bicara. Droplet tersebut dapat masuk ke mukosa mulut atau hidung orang yang berada di sekitarnya dan kemudian masuk ke paru-paru. Selain itu, kita juga bisa terkena flu karena memegang benda yang terkontaminasi virus flu kemudian menyentuh mulut atau hidung. Di Amerika Serikat, flu menjadi menyebabkan 49.000 orang meninggal dan 200.000 orang harus rawat inap setiap tahunnya. Untuk mencegah penyakit ini, kita harus menjaga jarak dengan orang yang terinfeksi flu, mencuci tangan sesering mungkin, dan melakukan vaksinasi. Apa perbedaan dari setiap jenis flu? Berikut penjelasan selengkapnya di halaman berikut. Mengenal Berbagai Jenis Flu Apa perbedaan dari setiap jenis flu? Virus A Virus influenza tipe A ditularkan melalui binatang, misalnya unggas. Virus jenis ini dapat bermu [...]

Apakah Diabetes Bisa Disembuhkan?

Apakah Diabetes Bisa Disembuhkan?

Diabetes atau dikenal dengan penyakit kencing manis merupakan kelainan pada sistem metabolisme tubuh yang menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah. Menurut American Diabetes Association (ADA) tahun 2010, diabetes melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik peningkatan kadar gula dalam darah yang terjadi karena kelainan kerja insulin, produksi insulin, atau keduanya. Insulin adalah hormon yang membantu tubuh menurunkan jumlah glukosa dalam darah. Jika Anda memiliki diabetes, tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar gula darah yang normal atau Anda tidak merespon dengan baik untuk itu. Dari segi penyebabnya, diabetes melitus dapat dibagi ke dalam empat kelompok yaitu: 1. DM Tipe 1 Diabetes melitus yang disebabkan kerusakan pankreas sehingga tidak dapat memproduksi insulin 2. DM Tipe 2 Diabetes melitus yang disebabkan adanya resistensi insulin. Jumlah insulin yang dihasilkan cukup namun tidak dapat bekerja maksimal untuk menurunkan gula darah. Resistensi insulin sendiri biasanya terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat. 3. DM Tipe Lain Diabetes melitus yang disebabkan oleh faktor lain misal obat, infeksi, sindrom gene [...]

Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke

Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke

Sel-sel kulit telah dikonversi langsung ke dalam sel yang berkembang menjadi komponen utama dari otak, oleh para peneliti mempelajari tikus di California. Percobaan, yang dilaporkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, melewatkan tahap sel induk dalam prosesnya. Para peneliti mengatakan mereka senang dengan pengobatan medis yang potensial ini. Akan tetapi, tes lebih jauh diperlukan sebelum teknik tersebut dapat digunakan pada kulit manusia. Sel induk, yang dapat menjadi semua jenis spesialis sel lainnya dari otak ke tulang, yang diperkirakan memiliki harapan besar dalam berbagai perawatan. Banyak percobaan yang sudah dilakukan, seperti pada pasien stroke atau bentuk-bentuk kebutaan khusus. Salah satu pertanyaan besar untuk merealisasikan percobaan ini di lapangan adalah dimana caranya untuk mendapatkan sel-sel tersebut. Ada keprihatinan etis di sekitar sel induk embrionik dan pasien akan perlu untuk mengambil obat imunosupresan karena setiap jaringan sel induk tidak akan saling cocok dengan sendirinya. Sebuah metode alternatif adalah dengan mengambil sel-sel kulit dan memprogram ulang mereka ke dalam sel batang yang diinduksi. Ini bisa dibuat dari sel pasien sendi [...]

Manfaat Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

Manfaat Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat berbuka puasa, asupan cairan memegang peranan yang penting. Mengembalikan cairan tubuh setelah 14 jam tanpa asupan cairan diperlukan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Berbuka puasa dengan cairan dan makanan berserat sangat dianjurkan untuk menurunkan rasa lapar sehingga ketika makan makanan utama tidak berlebihan dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan segera. Beberapa cairan yang dapat menjadi pilihan untuk berbuka puasa selain dari air putih adalah sari buah atau jus buah dan juga jus sayuran. Atau, campuran keduanya. Pilihan lainnya adalah air buah kelapa. Air buah kelapa dapat dikonsumsi sebagai minuman berbuka puasa karena berbagai alasan berikut: Kandungan gula sederhana dan elektrolitnya dapat segera mengembalikan kadar gula dan keseimbangan elektrolit dalam darah. Kadar gula dalam air kelapa cukup untuk mengembalikan kadar gula dalam darah secara cepat namun tidak terlalu banyak seperti dalam minuman bersoda atau minuman berenergi. Hanya mengandung sedikit kalori sehingga dapat menurunkan rasa lapar setelah berpuasa, namun tidak membuat terlalu kenyang sehingga tidak dapat mengkonsumsi makanan utama. [...]

Menangis Saat Nonton Film Melodrama Justru Buat Anda Lebih Bahagia

Menangis Saat Nonton Film Melodrama Justru Buat Anda Lebih Bahagia

Film-film melodrama seringkali membuat para penontonnya menangis tersedu-sedu. Tidak ada yang menyangka, kalau film bertema sedih ternyata justru bisa mendatangkan rasa bahagia.Penelitian yang dilakukan di Belanda menemukan bahwa mood seseorang bisa berubah setelah menangis saat menonton film drama melankolis. Hal itu terbukti lewat percobaan terhadap 60 responden.Para responden diminta menonton dua judul film; 'La Vita e Bella' dan 'Hachi: A Dog's Tale'. Setiap responden kemudian harus mendeskripsikan perasaan mereka saat mulai dan setelah nonton kedua film tersebut.Sekitar 60 persen responden menangis saat menonton 'Hachi: A Dog's Tale', film tentang kesetiaan anjing terhadap majikannya yang diangkat dari kisah nyata. Sementara 'La Vita e Bella' atau dikenal juga dengan 'Life Is Beautiful' berhasil membuat 45 persen responden menangis. Responden wanita dilaporkan lebih menangis tersedu-sedu dan frekuensinya juga lebih sering ketimbang responden pria.Poin menarik dari hasil studi ini adalah perasaan para responden setlah menangis. Mereka yang menangis saat film berlangsung, merasa lebih bahagia secara signifikan selama 90 menit setelah filmnya berakhir.Dr Asmir Gracanin, peneli [...]

Personalized Medicine dalam Pengobatan Kanker

Personalized Medicine dalam Pengobatan Kanker

Oleh: Poppy Firzani Arifin Selama ini pemberian "obat satu untuk semua" merupakan hal yang umum dalam pelayanan kesehatan di berbagai belahan dunia. Misalnya saja jika seorang pasien A menderita kolesterol tinggi diberikan simvastatin demikian juga dengan pasien B yang menderita penyakit yang sama diberikan obat yang sama. Padahal pasien dengan diagnosis penyakit yang sama bisa memberikan respon berbeda terhadap suatu obat. Obat X bisa efektif pada pasien A tapi tidak pada pasien B.,bahkan pada beberapa kasus terjadi efek samping yang tidak diharapkan. Oleh sebab itu beberapa tahun terakhir ini mulai dikembangkan konsep "personalized medicine" (pengobatan personal) suatu konsep yang didasari dengan mempelajari genotipe pasien sehingga pasien mendapatkan terapi atau obat yang tepat untuk penyakitnya. Pengobatan personal ini mulai banyak dilakukan dalam penanganan penyakit kanker dimana sang pasien harus berpacu dengan waktu dan pengobatan harus sefektif mungkin Pada pengobatan personal pasien akan datang ke dokter yang kemudian akan dilakukan uji genetik. Dengan melakukan uji genetik, dokter bisa menentukan pengobatan yang cocok, sehingga respons terhadap obatnya pun akan lebih [...]

6 Hal di Kamar Tidur yang Pengaruhi Kesehatan

6 Hal di Kamar Tidur yang Pengaruhi Kesehatan

Berbicara mengenai kulaitas tidur yang baik, erat kaitannya dengan kamar tidur yang sehat. Kamar tidur yang baik tidak hanya bisa mempengaruhi kesegaran, namun juga kesehatan serta kehidupan seks Anda.Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk menjaga kamar tidur agar tetap bersih dan sehat. Seperti yang dikutip dari msn, berikut enam tips untuk dapatkan kamar tidur yang baik.1. Bersihkan jamurJamur pada dinding kamar bisa menyebabkan penyakit, terutama bagi Anda yang mengidap alergi. Jamur seperti Aspergillus, yang bisa menjadi sumber penyakit pernapasan dan Cladosporium, jamur penyebab infeksi kulit dan kuku merupakan jenis jamur yang banyak ditemukan dalam dinding rumah tua."Mereka dapat memperburuk gejala alergi seperti hidung tersumbat, iritasi kulit dan mata," ujar David Fost, seorang ahli alergi dan imunologi di Verona, New Jersey.Untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut, Anda diwajibkan untuk memperbaiki atap atau dinding yang bocor, bersihkan area tersebut dengan larutan pemutih dan jaga kelembabannya tetap rendah (antara 40 dan 60 persen dengan menggunakan Dehumidifier atau pendingin ruangan (AC) yang dapat menghilangkan uap air di udara.2. Hilangkan debu di tempat ti [...]

Mengapa Radikal Bebas Harus Ditangkal?

Mengapa Radikal Bebas Harus Ditangkal?

Radikal bebas adalah molekul atau atom dengan minimal satu elektron yang tidak berpasangan, sehingga menjadi sangat reaktif terhadap atom lainnya. Radikal bebas dihasilkan dari metabolisme normal tubuh, contohnya metabolisme gula untuk diubah menjadi energi; atau dari sumber eksternal seperti paparan sinar matahari, polusi udara, konsumsi alkohol, rokok, dan stres. Radikal bebas dapat menjadi senyawa yang bermanfaat maupun yang berbahaya. Dalam kadar rendah atau sedang, radikal bebas berperan dalam proses pematangan struktur sel, serta bagian dari sistem imun tubuh untuk menghancurkan kuman yang masuk ke tubuh. Ketika jumlah radikal bebas dalam tubuh amat tinggi dan melebihi kemampuan tubuh untuk menetralkannya, radikal bebas akan berakumulasi di dalam tubuh sehingga memicu suatu fenomena stres oksidatif?yang akan merusak berbagai struktur seluler seperti DNA, protein, dan membran sel. Hasilnya, struktur tersebut akan mengalami proses oksidasi dan menjadi rusak. Dalam kehidupan sehari-hari, proses oksidasi dapat dilihat pada besi yang mengalami perkaratan, atau buah potong yang berubah warna menjadi coklat jika dibiarkan di udara. Lalu bagaimana proses oksidasi yang terjadi di tubu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *