8 Cara Agar Otak Lebih Tajam & Fokus

200334132-001.jpg

Sering merasa sulit untuk fokus terhadap kerjaan? Mungkin Anda tidak cukup berlatih dan mengonsumsi makanan sehat.

Jangan biarkan otak kehilangan ketajamannya dalam berpikir. Seperti yang dikutip dari Times of India, terdapat delapan tips yang dapat menajamkan kinerja otak. Apa saja?

1. Olahraga
Para ilmuwan mulai menemukan bahwa aerobik teratur merupakan hal yang paling penting untuk kesehatan jangka panjang otak. Berolahragalah minimal 30 menit setiap harinya, karena akan berdampak baik bagi kesehatan mental Anda.

2. Perhatikan diet
Diet terlalu ketat dapat membuat otak lemah dan mengakibatkan kerusakan jangka panjang. Terlalu sedikit kalori yang diserap juga dapat merusak fungsi otak. Banyak penelitian yang telah menghubungkan diet dengan gangguan, kebingungan dan penurunan daya ingat.

3. Menjaga kesehatan tubuh
Sebagian besar penyakit yang dapat dicegah, seperti diabetes, obesitas, dan hipertensi dapat mempengaruhi otak Anda. Masalah kesehatan yang luas telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penurunan kognitif dan gangguan memori.

4. Istirahat
Ketika Anda beristirahat dan bermimpi, beberapa ingatan akan muncul, sebagian hilang, dan sisanya akan tergabung dan disimpan. Bila kita tidak tidur maka akan sulit mengingat. Hal tersebut dinyatakan dalam sebuah studi baru yang menemukan bahwa protein membangun sinapsis pada susunan saraf yang membuat kita sulit untuk berpikir dan mengingat hal baru.

5. Minum kopi
Terdapat bukti yang mengatakan bahwa kopi dapat melindungi otak. Berdasarkan studi longitudinal besar, dua sampai empat gelas kopi sehari dapat mencegah penurunan kognitif normal dan juga mengurangi risiko terkena alzheimer sebanyak 30 sampai 60 persen.

6. Konsumsi ikan
Terdapat teori yang menyatakan bahwa mengonsumsi ikan untuk diet dapat menambah kognitif kita. Asam lemak alami seperti, omega 3, dapat meningkatkan fungsi dan kerja otak, salah satunya mengurangi depresi.

7. Santai
Stres dapat melelahkan otak dandapat menghapus kandungan dalam otak yang berfungsi menyimpan ingatan, hippocampus. Para ahli melihat bahwa dengan gaya hidup yang seimbang dan melakukan aktifitas rileks, seperti yoga, membuat kerajinan, dan bersosialisasi dapat mengurangi pengikisan ingatan.

8. Melatih otak
Walaupun sering mengisi teka-teki silang, sudoku dan permainan lain yang sejenis, otak belum terasah sepenuhnya. Kurangnya berpikir adalah salah satu indikasi kuat lemahnya kognitif. Jadi, semakin banyak berpikir, semakin baik kinerja otak di masa tua.

(eya/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Perkembangan Gigi & Mulut Anak

Perkembangan Gigi & Mulut Anak

Oleh: drg. Arni Maharani Masa pertumbuhan dan perkembangan anak adalah masa dimana tubuh anak membutuhkan tidak hanya nutrisi yang baik tetapi juga perawatan dan pemeliharan yang tepat. Dalam masa ini tentu saja orangtua harus memberikan perhatian guna mendukung proses tumbuh kembang anak dapat optimal. Gigi dan mulut adalah bagian dari kesatuan gigi dan wajah (dentofasial) yang pertumbuhannya melalui beberapa fase dan berkaitan erat dengan pola makan anak. Usia 0-6 bulanPada bayi baru lahir makanannya berbentuk cair yaitu ASI. Perlu diperhatikan selama proses pemberian ASI; hindarilah aktivitas menyusui hingga bayi tertidur. Paparan ASI di dalam mulut bayi yang tertidur berpotensi menimbulkan karies dan gangguan gigi lainnya. Reflek menghisap pada bayi baru lahir adalah suatu upaya untuk mendapatkan makanan bagi bayi berupa ASI, aktivitas menghisap ASI memerlukan energi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan minum susu dalam botol dot, yaitu 60 kali lebih besar, dimana kekuatan ini berpengaruh pada pertumbuhan rahang bawah. Usia 6-12 bulan (1 tahun)Pada bayi berusia diatas 6 bulan, maka sudah bisa diperkenalkan oleh makanan padat yang lembut. Untuk diperhatikan, [...]

Karada Factory, Salon Pijat Asal Jepang untuk Bantu Redakan Stres

Karada Factory, Salon Pijat Asal Jepang untuk Bantu Redakan Stres

Karada Factory, salon kesehatan tubuh asal Jepang membuka cabang pertamanya di Indonesia. Tidak hanya sekedar menawarkan pemijatan tradisional pada umumnya, Karada Factory berfokus kepada penyelarasan persendian tubuh agar lebih seimbang."Tujuan utama kita adalah mengidentifikasi permasalahan pada ketidaknyamanan tubuh, dan membangun keseimbangan tubuh yang optimal," jelas perwakilan dari Karada Factory Jepang, Segawa Takuya saat peresmian Karada Indonesia di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, belum lama ini.Segawa berharap dengan hadirnya Karada Factory di Indonesia, dapat meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kesehatan serta memberikan kontribusi pelayanan yang berkualitas. Indonesia sendiri merupakan cabang ke-220 dan sebelumnya sudah hadir di beberapa negara-negara Asia.Terapi pemijatan yang ditawarkan di Karada Factory tidak seperti pijat tradisional dan spa-spa pada umumnya. Terdapat suatu teknik pemijatan khas Jepang bernama Atlas Pelvis (AP) Balance, suatu teknik pemijatan yang menekankan pada bagian tulang atlas (ruas pertama dari tujuh ruas tulang leher) dan tulang pelvis atau panggul untuk menyeimbangkan tubuh."AP Balance itu sebuah terapi pemijatan pe [...]

Setelah Berapa Lama Underwear ‘Expired’ dan Harus Ganti Baru?

Setelah Berapa Lama Underwear ‘Expired’ dan Harus Ganti Baru?

Menggunakan pakaian dalam seperti bra dan panties sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Jika tidak menggunakannya, seolah ada suatu bagian yang hilang dan kita justru merasa tidak nyaman. Maka tak heran setiap wanita pasti memiliki cukup banyak underwear untuk digunakan sehari-hari. Underwear untuk sehari-hari ini bisa dipakai hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tergantung kualitas bahan pakaian tersebut. Wanita baru terpikir membeli celana dalam baru, setelah yang lama sudah sobek atau kendur. Terkadang wanita pun bertanya-tanya kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk membeli underwear baru? Beberapa orang berpendapat sebaiknya celana dalam rutin diganti setiap enam bulan sekali atau di bawah satu tahun demi alasan kesehatan dan kebersihan. Namun Melynda Romaully Purnamasari selaku kepala divisi marketing Wacoal Indonesia mengatakan sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk menggantinya. Cobalah lakukan pemeriksaan terlebih dahulu."Coba cek saja panties-nya, apakah karet dipinggang masih bagus dan layak pakai? Atau kira-kira jahitannya masih rapi dan tidak longgar? Kalau selama kondisinya masih bagus silahkan saja dipakai dan yang penting tahu cara mer [...]

Istilah Masuk Angin Dalam Sudut Pandang Medis

Istilah Masuk Angin Dalam Sudut Pandang Medis

Masuk angin?, sangat sering menjadi diagnosa mandiri masyarakat awam apabila tubuh kurang fit karena dirasa banyaknya ?angin? di dalam tubuh serta menimbulkan gejala sebagai berikut: Demam Menggigil Keringat dingin Kembung Pilek Mual, muntah Nafsu makan menurun Diare Dan berbagai gejala lainnya. Faktanya, medis tidak mengenal adanya istilah masuk angin. Adapun rangkaian gejala di atas biasanya mengarah ke ?flu like symptom? yang merupakan gejala awal timbulnya serangan virus. Jangan gegabah untuk mengkonsumsi antibiotik, terutama bila tidak disertai oleh resep dan pengawasan dokter. Biasanya ?flu like symptom? akan membaik dengan sendirinya apabila sistem imun di tubuh kita bekerja dengan baik. Adakah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ?masuk angin? atau ?flu like symptoms? tersebut? Ada, berikut sarannya: [...]

Stres Berlebih Bisa Buat Wanita Terkena Stroke

Stres Berlebih Bisa Buat Wanita Terkena Stroke

Tekanan yang didapatkan dari kesibukan sehari-hari dapat membuat siapapun terkena stres yang akhirnya mempengaruhi kesehatan tubuh. Tahukah Anda, wanita yang mengalami stres berlebihan bisa terkena penyakit stroke?Menurut survey yang dikutip Times of India, wanita cenderung lebih rentan terhadap stres. Hal ini didapat dari sebuah penelitian yang melibatkan 2000 orang. Hasilnya, seperlima dari wanita merasa tingkat stres mereka tidak bisa terkontrol. Sedangkan pria yang tidak dapat mengontrol stresnya, jauh di bawah angka tersebut.Seorang ahli mengatakan stres dapat menaikkan tekanan darah dan mengakibatkan stroke. Serangan stroke juga dipengaruhi oleh diet yang tidak sehat dan kurangnya olahraga. Hal ini didukung kuat dengan adanya survey yang dilakukan Stroke Association dan Siemens yang menemukan hampir seperlima dari orang-orang stroke jarang berolahraga.Stroke juga menjadi penyebab kematian terbesar ketiga di Inggris dan Wales, setelah penyakit jantung dan kanker. Penyakit ini menewaskan lebih dari 67.000 orang setiap tahun. Lebih dari seperempat orang yang berusia antara 45 hingga 54 tahun menyatakan mereka tidak pernah berolahraga dan memiliki tingkat stres yang tinggi.Sec [...]

Selain Untuk Kesehatan Mata, Ini Dia Manfaat Lain Wortel

Selain Untuk Kesehatan Mata, Ini Dia Manfaat Lain Wortel

Selama ini yang kita ketahui manfaat wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Tapi ternyata tidak hanya itu saja. Seperti yang dikutip dari ehow, berikut ini enam manfaat lain dari rajin mengonsumsi wortel.1. Terhindar dari Risiko Penyakit JantungWortel memiliki banyak kandungan vitamin A, kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Zat yang terakhir itu mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, dan perkembangan rheumatoid sebanyak 70 persen.2. Bantu Melawan Efek Buruk PolusiTeh hijau bukanlah saru-satunya panganan yang mengandung antioksidan. Wortel pun juga mengandung zat yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dalm tubuh, yang dapat mencegah penyakit jantung dan kanker, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.3. Turunkan KolesterolSebuah penelitian di Harvard University berhasil mengungkapkan bahwa seseorang yang setidaknya memakan wortel 6 buah dalam satu minggu dapat menurunkan resiko kolesterol dari pada yang hanya mengkonsumsi 1 buah saja sebulan.4. Mengurangi Risiko Kanker PayudaraPenelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, Amerika Serikat menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karot [...]

Sikap Optimis Baik Untuk Jantung

Sikap Optimis Baik Untuk Jantung

Doktrin yang mengatakan bahwa orang-orang dengan sifat optimis cenderung akan hidup lama daripada orang-orang pesimis ternyata bukanlah sekedar anggapan belaka. Menurut studi yang dipublikasikan pada tanggal 28 Februari dalam jurnal Archives of Internal Medicine, pasien berpenyakit jantung lebih mungkin untuk bertahan hidup jika mereka memiliki pandangan yang positif (optimis). Penelitian ini berawal dari kuisioner psikologis yang dijawab oleh 2.800 pasien berpenyakit jantung mengenai kepercayaan mereka terhadap kemampuan diri sendiri untuk pulih dari penyakitnya, dan juga segera kembali ke aktivitas sehari-harinya. Setelah 15 tahun, 1.637 pasien meninggal, 885 (54 persen) adalah akibat dari penyakit jantung. Para peneliti dari Duke University Medical Center mengatakan bahwa hanya terdapat kurang dari 30 persen dari orang-orang yang bersikap optimis meninggal selama penelitian. Peningkatan risiko kematian di antara pasien yang mempunyai sifat pesimis tetap berlaku, bahkan setelah para peneliti meneliti hal tersebut dengan sejumlah faktor, termasuk tingkat keparahan penyakit jantung, usia, jenis kelamin, pendapatan, depresi, dan dukungan sosial. John. C. Barefoot, penulis utama dal [...]

5 Kelainan Kelamin Pada Anak yang Sering Terjadi

5 Kelainan Kelamin Pada Anak yang Sering Terjadi

Alat kelamin kadang menjadi salah satu organ tubuh yang sering luput dari perhatian, sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari anaknya mengalami kelainan bawaan pada alat kelaminnya. Kelainan bentuk atau deformitas pada bayi sering membuat orangtua khawatir karena takut akan menyebabkan gangguan fungsi seksual di kemudian hari. Padahal banyak dari kelainan tersebut dapat dikoreksi. Untuk itu, ada baiknya Anda menambah pengetahuan seputar kelainan kelamin pada anak yang umum ditemui. Beberapa kelainan alat kelamin yang sering ditemukan, diantaranya: 5 Kelainan Kelamin Anak yang Sering Terjadi Alat kelamin kadang menjadi salah satu organ tubuh yang sering luput dari perhatian, sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari anaknya mengalami kelainan bawaan pada alat kelaminnya. Kelainan bentuk atau deformitas pada bayi sering membuat orangtua khawatir karena takut akan menyebabkan gangguan fungsi seksual di kemudian hari. Padahal banyak dari kelainan tersebut dapat dikoreksi. Untuk itu, ada baiknya Anda menambah pengetahuan seputar kelainan kelamin pada anak yang umum ditemui. Beberapa kelainan alat kelamin yang sering ditemukan, diantaranya: [...]

Belum Tua Kok Sudah Beruban?

Belum Tua Kok Sudah Beruban?

Uban atau rambut putih pada kulit berwarna atau rambut abu-abu pada kulit putih memang menimbulkan masalah estetika di segala usia. Uban pada usia lanjut dianggap memang sudah seharusnya terjadi. Namun, terkadang pada usia dewasa muda uban juga ditemukan. Uban atau poliosis atau kanitis adalah perubahan warna rambut menjadi putih. Hal ini disebabkan berkurang atau menghilangnya pigmen melamin di dalam korteks rambut. Secara umum terdapat dia bentuk kanitis, yaitu : 1. Kanitis Bawaan yaitu kanitis yang timbul sejak lahir, biasanya hanya mengenai seikat rambut saja namun juga dapat seluruh rambut. Sering menyertai penderita albino dan vitiligo. 2. Kanitis Didapat Kanitis didapat bisa dibedakan atas : Kanitis senilis : berubahnya warna rambut menjadi putih karena usia lanjut, proses pembentukan melanin menurun sejalan dengan penambahan usia Kanitis prematur : berubahnya warna rambut menjadi putih dimulai pada usia muda, biasanya merupakan penyakit bawaan Kanitis areata : perubahan rambut menjadi uban pada satu daerah saja Penyebab dari kanitis prematur dapat dicetuskan oleh beberapa hal, halaman berikut penjelasannya: Penyebab dari kanitis prematur dapat dice [...]

Kampanye Selfie Tanpa Make-up Berhasil Galang Dana Rp 18 M untuk Kanker

Kampanye Selfie Tanpa Make-up Berhasil Galang Dana Rp 18 M untuk Kanker

Foto selfie bagi sebagian orang hanya dianggap sebagai ajang pamer diri tanpa tujuan jelas. Namun kini, berkat sebuah kampanye amal untuk kanker, selfie bukan hanya sekadar ajang untuk mengisi waktu luang yang tidak bermanfaat.Sebuah organisasi bernama Cancer Research UK menggagas kampanye amal untuk penderita kanker dengan meminta orang berfoto selfie tanpa make-up. Kampanye tersebut sukses diikuti lebih dari 800 ribu peserta dan mengumpulkan lebih dari 1 juta poundsterling atau sekitat Rp 18 miliar.Kampanye tersebut dibuat dengan hashtag #nomakeupselfie. Cancer Research UK meminta orang-orang untuk melakukan selfie dan memberikan sumbangan sebesar tiga poundsterling."Ratusan ribu dari kalian telah membantu mengumpulkan lebih dari 1 juta poundsterling dan masih terus bertambah, dengan mengunggah foto #nomakeupselfie dan menyumbang untuk membantu melawan kanker lebih cepat. Kami sangat bahagia dengan dukungan luar biasa ini," tulis Cancer Research UK dalam akun Facebook-nya seperti dikutip NY Daily News.Organisasi amal tersebut sengaja menggunakan selfie yang kini sedang tren untuk membantu penderita kanker sembuh dari penyakit tersebut. Kampanye amal dengan meminta pengguna sit [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *