8 Cara Agar Otak Lebih Tajam & Fokus

200334132-001.jpg

Sering merasa sulit untuk fokus terhadap kerjaan? Mungkin Anda tidak cukup berlatih dan mengonsumsi makanan sehat.

Jangan biarkan otak kehilangan ketajamannya dalam berpikir. Seperti yang dikutip dari Times of India, terdapat delapan tips yang dapat menajamkan kinerja otak. Apa saja?

1. Olahraga
Para ilmuwan mulai menemukan bahwa aerobik teratur merupakan hal yang paling penting untuk kesehatan jangka panjang otak. Berolahragalah minimal 30 menit setiap harinya, karena akan berdampak baik bagi kesehatan mental Anda.

2. Perhatikan diet
Diet terlalu ketat dapat membuat otak lemah dan mengakibatkan kerusakan jangka panjang. Terlalu sedikit kalori yang diserap juga dapat merusak fungsi otak. Banyak penelitian yang telah menghubungkan diet dengan gangguan, kebingungan dan penurunan daya ingat.

3. Menjaga kesehatan tubuh
Sebagian besar penyakit yang dapat dicegah, seperti diabetes, obesitas, dan hipertensi dapat mempengaruhi otak Anda. Masalah kesehatan yang luas telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penurunan kognitif dan gangguan memori.

4. Istirahat
Ketika Anda beristirahat dan bermimpi, beberapa ingatan akan muncul, sebagian hilang, dan sisanya akan tergabung dan disimpan. Bila kita tidak tidur maka akan sulit mengingat. Hal tersebut dinyatakan dalam sebuah studi baru yang menemukan bahwa protein membangun sinapsis pada susunan saraf yang membuat kita sulit untuk berpikir dan mengingat hal baru.

5. Minum kopi
Terdapat bukti yang mengatakan bahwa kopi dapat melindungi otak. Berdasarkan studi longitudinal besar, dua sampai empat gelas kopi sehari dapat mencegah penurunan kognitif normal dan juga mengurangi risiko terkena alzheimer sebanyak 30 sampai 60 persen.

6. Konsumsi ikan
Terdapat teori yang menyatakan bahwa mengonsumsi ikan untuk diet dapat menambah kognitif kita. Asam lemak alami seperti, omega 3, dapat meningkatkan fungsi dan kerja otak, salah satunya mengurangi depresi.

7. Santai
Stres dapat melelahkan otak dandapat menghapus kandungan dalam otak yang berfungsi menyimpan ingatan, hippocampus. Para ahli melihat bahwa dengan gaya hidup yang seimbang dan melakukan aktifitas rileks, seperti yoga, membuat kerajinan, dan bersosialisasi dapat mengurangi pengikisan ingatan.

8. Melatih otak
Walaupun sering mengisi teka-teki silang, sudoku dan permainan lain yang sejenis, otak belum terasah sepenuhnya. Kurangnya berpikir adalah salah satu indikasi kuat lemahnya kognitif. Jadi, semakin banyak berpikir, semakin baik kinerja otak di masa tua.

(eya/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ternyata Ada Risiko Kontrasepsi Tubektomi bagi Wanita

Ternyata Ada Risiko Kontrasepsi Tubektomi bagi Wanita

Salah satu metode kontrasepsi permanen bagi wanita yaitu tubektomi. Sebelum memutuskan untuk menjalaninya ketahui dulu risiko-risikonya. Tubektomi atau ligasi tuba dilakukan dengan memotong atau menutup tuba falopi sehingga sel telur tidak masuk ke rahim, sekaligus menghalangi sperma ke tuba falopi. Proses tubektomi dapat dilakukan kapan saja, termasuk yang dilakukan setelah persalinan normal ataupun caesar. Relatif Aman Tubektomi digolongkan sebagai prosedur yang aman dengan risiko komplikasi kurang dari 1 persen. Meski demikian, sebagaimana prosedur operasi, tetap ada risiko ketika dilakukan anastesi. Selain itu, terdapat pula risiko pendarahan atau infeksi saat dilakukan tindakan tubektomi. Risiko lain dari prosedur tubektomi yaitu kerusakan usus, kantung kemih, dan pembuluh darah utama. Nyeri pada panggul atau perut yang berkelanjutan juga dapat terjadi. Penutupan tuba falopi yang tidak sempurna pada saat tubektomi dapat menyebabkan kehamilan yang berisiko menjadi kehamilan ektopik. Hal ini tergolong berbahaya dan harus segera mendapat penanganan. Beberapa kondisi meningkatkan risiko komplikasi tubektomi, seperti : Pernah menjalani operasi panggul atau perut sebelumnya. Obesi [...]

Evita Zoraya, Aromatherapist yang Juga Jadi Teman Curhat Kliennya

Evita Zoraya, Aromatherapist yang Juga Jadi Teman Curhat Kliennya

Pekerjaan aromatherapist tidak terbatas pada menggunakan minyak esensial dan wewangian untuk terapi menghilangkan stres atau penyembuhan saja. Seorang aromatherapist profesional juga perlu mendalami ilmu lain agar sesi terapi yang dijalaninya pada klien bisa maksimal dan memberikan manfaat yang nyata bagi peningkatan kualitas hidup.Seperti Evita Zoraya yang sudah berkecimpung di dunia aromaterapi sejak lima tahun lalu. Tidak hanya pengetahuan tentang berbagai macam jenis minyak esensial saja yang dia miliki, tapi juga kemampuan membantu seseorang menemukan solusi sendiri untuk masalahnya.Selain aromatherapist, Evita juga mendalami profesi sebagai Meta Coach. Bukan seperti psikolog yang memberi konsultasi dan saran, atau psikiater yang memberikan resep obat untuk pasiennya. Meta Coach merupakan seorang coach yang membantu seseorang menemukan solusi sendiri untuk mengatasi problema hidup. Lebih kepada memberi referensi bagaimana menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri."Biasanya yang tahu solusi terbaik (untuk masalah) adalah dirinya sendiri. Tapi seringkali mereka tidak menyadari punya kemampuan itu. Di situlah peran coach. Membantu menyelesaikan problem sendiri," ujar Evita [...]

Mengenal Infeksi Chlamydia

Mengenal Infeksi Chlamydia

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Chlamydia merupakan salah satu infeksi menular seksual yang paling umum ditemukan yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini biasanya ditularkan melalui aktivitas seksual. Seorang perempuan memiliki risiko tertular sebesar 25% saat berhubungan intim dengan laki-laki yang terinfeksi. Bakteri Chlamydia menginfeksi sel epitel yang berbentuk kolom sehingga remaja perempuan memiliki risiko tinggi tertular karena adanya daerah peralihan squamocolumnar pada serviks bagian luar hingga menginjak usia dewasa. Infeksi ini dapat menyebar karena tidak sering tidak menimbulkan gejala sehingga dapat mudah ditularkan. Faktanya, sekitar 75% perempuan dan 50% laki-laki mengalami infeksi chlamydia namun tidak menunjukkan gejala. Bila ada, gejala umumnya terdapat pada satu hingga minggu pertama setelah kontak. Infeksi alat kelamin merupakan gambaran klinis yang paling sering timbul. Sekitar 40% perempuan dan 20% laki-laki memiliki infeksi chlamydia yang disertai infeksi gonorea. Di bawah ini adalah gejala-gejala yang dapat timbul pada infeksi chlamydia: Gejala chlamydia pada perempuan: Keputihan yang berbau Perdarahan atau flek di luar waktu haid [...]

Botox Untuk Penderita Asma

Botox Untuk Penderita Asma

Penelitian dari Monash University di Melbourne, mengatakan botox dapat digunakan oleh penderita asma. Botox atau toksin botulium tipe A, yang paling terkenal sebagai penghalus wajah keriput ini telah diuji untuk penderita asma. Hasilnya, penderita asma dengan suara mengi / bengek yang parah ketika bernafas, batuk yang sulit berhenti, sesak nafas hingga sulit berbicara, dan gejala asma lainnya membaik setelah menggunakan detox. Penelitian berharap suntikan yang diberikan saat botox, akan memberi rasa santai pada otot-otot dan menghilangkan sensasi sesak nafas. Profesor Phil Bardin, Direktur Kedokteran Pernafasan di Monash Medical Centre, mengatakan, ?kami tidak berpikir ini menyembuhkan penderita asma tetapi akan membantu mereka untuk hidup lebih baik dengan asma yang dimilikinya. Mereka tidak akan lagi memiliki gejala asma yang membuat mereka tidak mampu berjalan jauh atau naik tangga atau juga saat dada mereka mengencang, dan mereka pikir akan mati. Suntik botox ini akan membantu mereka hidup dengan penyakit asma yang lebih baik.? Lebih dari lima juta orang di Inggris sedang dirawat karena asma. Asma dengan gejela seperti, batuk kering, sesak nafas, mengi atau bengek kketika berna [...]

Hal yang Perlu Diketahui Seputar  Penyakit Pneumonia

Hal yang Perlu Diketahui Seputar Penyakit Pneumonia

Pneumonia merupakan suatu penyakit infeksi pada paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Gejala pneumonia bisa ringan hingga berat. Pneumonia ringan umumnya tidak harus dirawat di rumah sakit. Namun, bayi, anak-anak, orang lanjut usia sangat rentan terhadap berbagai komplikasi ? maka dari itu, pada umumnya mereka memerlukan perawatan di rumah sakit. Terlebih lagi, pneumonia disebut sebagai penyebab kematian terbanyak pada anak-anak di dunia. Pada pneumonia, terjadi peradangan atau infeksi pada alveolus (kantong udara) di paru-paru. Peradangan tersebut menyebabkan alveolus terisi oleh cairan dan membuat paru-paru tidak dapat bekerja dengan baik. Pada pneumonia berat dapat terjadi gangguan aliran oksigen dari paru-paru ke pembuluh darah, sehingga tubuh menjadi kekurangan oksigen. Apa saja gejalanya? Gejala pneumonia yang paling utama adalah batuk. Batuk pada umumnya berdahak, disertai demam tinggi, lemas, mual atau muntah. Pneumonia berat ditandai dengan peningkatan frekuensi napas, nyeri dada, dan sesak napas. Bagaimana mengatasi pneumonia? Halaman berikutnya penjelasan selengkapnya: Hal yang Perlu Diketahui Seputar Penyakit Pneumonia [...]

Sebelum ke Dokter, Ini Cara Alami untuk Kurangi Sakit Punggung Kronis

Sebelum ke Dokter, Ini Cara Alami untuk Kurangi Sakit Punggung Kronis

Sakit pada tulang belakang bisa sangat mengganggu aktivitas, terlebih lagi jika sudah mencapai tahap yang kronis. Sakit yang menjalar dari punggung hingga pinggul ini bisa berlangsung beberapa jam bahkan minggu. Memeriksakan diri ke dokter sangat dianjurkan bahkan penting untuk mengetahui penyebab pastinya.Sementara itu, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi rasa sakit pada tulang belakang sebelum pergi ke dokter. Aktivitas ini bisa dilakukan saat di kantor maupun rumah.1. Ubah Posisi DudukSeperti dilansir Health Me Up, ketika bekerja di kantor, ubahlah posisi duduk Anda sesering mungkin dengan tetap menjaga lengkungan alami punggung. Jangan duduk terus sepanjang waktu. Sesekali berdirilah dan lakukan peregangan ringan atau sempatkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan di sekitar kantor.2. Saat TidurKetika tidur dalam posisi berbaring atau menyamping, tempatkan bantal di bawah lutut. Apabila tidur tengkurap, taruh bantal tepat di bawah perut untuk mencegah punggung terlalu melengkung ke bawah.3. Hindari Angkat Beban BeratOrang dengan sakit tulang belakang kronis harus menghindari mengangkat beban berat, terutama mengangkat di atas kepala. Jika terpaksa harus melakukan [...]

Meningkatkan Kolesterol Baik, Memungkinkan Penurunan Resiko Jantung Pada Penderita Diabetes

Meningkatkan Kolesterol Baik, Memungkinkan Penurunan Resiko Jantung Pada Penderita Diabetes

Kolesterol yang selama ini seakan menjadi momok bagi kesehatan, sebenarnya terdiri atas beberapa susunan jenis yang memeliki kemampuan masing-masing. Salah satunya adalah kolesterol HDL yang biasa disebut sebagai kolesterol baik. Kolesterol HDL atau High Density Lipoprotein ini, mempunyai peran dalam membersihkan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dari darah ke organ hati untuk dilakukan proses lebih lanjut, sehingga mampu menjaga jantung tetap dalam kondisi prima. Para peneliti Kaiser Permanente mengungkapkan hasil penelitian mereka pada 30,067 pasien diabetes tipe 2 berdasarkan kadar kolesterol HDL untuk melihat keterkaitan pasien dengan resiko serangan jantung atau stroke. Dari penelitian tersebut mereka menemukan bahwa setengah dari pasien memiliki kadar HDL yang rendah, dengan perbandingan dibawah 50 mg/dL untuk wanita dan dibawah 40 mg/dL untuk pria. Berdasarkan penelitian terbaru, agar mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dalam menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke pada penderita diabetes tipe 2 , HDL sangat perlu ditingkatkan dengan kadar diatas 50 mg/dL. Hal ini sesuai dengan The National Cholesterol Education Program, a project of the National Hear [...]

Siapa Bilang Kita Aman dari Kaki Gajah?

Siapa Bilang Kita Aman dari Kaki Gajah?

Penyakit kaki gajah atau disebut lymphatic filariasis disebabkan oleh cacing filaria yang menginfeksi kelenjar getah bening. Cacing ini masuk ke tubuh manusia dengan perantara nyamuk. Penyakit kaki gajah biasa ditemukan di wilayah tropis, seperti Indonesia. Secara keseluruhan ada 1,23 miliar orang di seluruh dunia yang berisiko terinfeksi penyakit ini. Di Indonesia saja, terdapat sekitar 132 juta penduduk yang berisiko terinfeksi kaki gajah. Bagaimana Penyakit Kaki Gajah Bisa Menyebar? Sebagai negara tropis, Indonesia merupakan tempat yang nyaman bagi nyamuk untuk berkembang biak. Oleh karena itu, wajar jika lebih dari seratus juta penduduknya berisiko terinfeksi penyakit ini. Ketika nyamuk mengisap darah seseorang yang mengandung cacing filaria, maka cacing tersebut akan turut menginfeksi nyamuk. Selanjutnya nyamuk yang telah terinfeksi ini akan menyebarkan cacing filaria ketika menggigit orang lain. Larva cacing filaria kemudian akan tinggal di dalam pembuluh getah bening. Di dalam pembuluh getah bening inilah larva cacing filaria akan tumbuh dewasa dan berkembang biak. Cacing dewasa sendiri bisa hidup hingga 7 tahun lamanya dalam pembuluh getah bening manusia. Mereka akan me [...]

Penanganan Sinusitis Bisa Dilakukan di Rumah

Penanganan Sinusitis Bisa Dilakukan di Rumah

Sinusitis biasa disebut inflamasi atau peradangan pada dinding sinus dan merupakan penyakit yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Sinus sendiri adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Biasanya penderita tidak perlu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala sinusitis yang ringan. Hal ini karena virus yang menyebabkan sinusitis akan hilang dengan sendirinya sekitar dua hingga tiga minggu. Penanganan untuk mengurangi peradangan pun bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Rasa sakit pada sinus terjadi karena adanya infeksi yang menyebabkan selaput lendir dalam hidung dan sinus meradang. Ketika meradang, selaput lendir akan membengkak kemudian menghalangi pembuangan cairan dari sinus ke hidung dan tenggorokan. Mikroorganisme pun bisa berkembang pada sinus yang tidak dapat mengalir dengan benar. Sinusitis yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam hitungan minggu tanpa harus berobat ke dokter. Ada beberapa penanganan sederhana untuk mengurangi rasa sakit yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Memperbanyak minum air putih Jika Anda memiliki masalah sinus, perbanyaklah minum air putih atau jus buah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *