8 Hal yang Mempengaruhi Tidur Jadi Tidak Nyenyak

sleep.jpg

Mendapatkan tidur yang berkualitas tentu didambakan oleh setiap orang. Namun, masalahnya untuk bisa tidur lelap dan nyenyak terkadang sulit mendapatkannya. Bisa jadi, Anda sulit tidur karena melakukan beberapa hal berikut ini. Menurut artikel yang dilansir oleh Divine Caroline, berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan sebelum tidur.

1. Olah raga
Olah raga sebenarnya adalah aktivitas yang penting bagi kesehatan, dan sebenarnya dapat memberikan kontribusi untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Tapi masalahnya, olah raga 3 jam sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat badan menjadi berkeringat, sehingga dapat membuat Anda sulit untuk tidur. Baiknya, lakukan kegiatan tersebut di pagi hari.

2. Menonton TV atau Melihat Komputer
Penelitian menunjukkan bahwa paparan radiasi sinar televisi atau internet dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk tidur. Cahaya dari layar tv atau komputer dapat menghambat perkembangan melatonin, hormon yang membuat rasa ingin tidur. Matikan televisi dan komputer satu jam sebelum Anda tidur.

3. Mandi dengan Air Panas
Seperti halnya olahraga, mandi dengan air panas akan membantu Anda cepat tertidur di waktu yang tepat, tidak ketika Anda akan tidur. Jika ingin mandi air panas, atur suhu air agar tidak terlalu panas. Air yang terlalu panas akan membuat kulit berkeringat dan akhirnya susah tidur. Sebelum tidur, pastikan tubuh Anda sudah kembali ke suhu semula.

4. Terlalu Banyak Minum
Kafein dan alkohol, sudah jelas dapat merusak tidur Anda. Terlalu bnayak minum beberapa gelas sebelum tidur juga dapat mengganggu tidur karena Anda akan terbangun tengah malam untuk pergi ke toilet.

5. Bekerja
Apapun pekerjaan Anda, sebaiknya selesaikan tugas-tugas kantor keesokkan harinya. Tubuh Anda juga membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Otak yang terus-terusan berkonsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan hingga tengah malam dapat merangsang otak Anda untu terus bekerja dan dapat menimbulkan stress. Hal tersebut tentu saja dapat merusak kualitas tidur Anda.

6. Membaca Buku
Bagi Anda yang suka sekali membaca buku pada malam hari, waspadailah. Membaca sebuah buku dengan cerita yang mengasyikan adalah salah satu faktor yang dapat membuat tidur Anda menjadi tidak berkualitas. Anda akan terus membuka halaman-halamannya dan baru menyadari kalau ternyata sudah pagi. Hentikan kebiasaan buruk itu.

7. Tidur dengan Hewan Peliharaan
Bagi Anda pecinta binatang, tidur dengan hewan-hewan yang Anda sayangi tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Namun hal tersebut adalah faktor lain yang dapat merusak kualitas tidur Anda, karena bisa saja si hewan tiba-tiba menggonggong, menjilat atau menggigit. Selain itu tidur dengan binatang berdampak buruk pada kesehatan.

8. Bertengkar
Bertengkar sebelum tidur adalah faktor lain yang dapat menyebabkan kualitas tidur Anda menjadi tidak baik. Anda akan dihantui perasaan tidak menyenangkan dan akan terus memikirkan hal tersebut sepanjang malam. Baiknya, selesaikanlah masalah Anda terlebih dahulu sebelum pergi tidur, dengan begitu, Anda akan memiliki perasaan tenang dan lebih segar saat terbangun keesokan harinya.

(kik/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengenali dan Mengatasi Gejala Mata Juling Pada Anak

Mengenali dan Mengatasi Gejala Mata Juling Pada Anak

Jangan remehkan mata juling pada anak karena dapat mengganggu penglihatan mereka. Dengan mengetahui gejala-gejalanya, Anda bisa mengatasi mata juling pada anak dengan cepat. Mata juling atau strabismus seringkali muncul pada masa kanak-kanak. Pada mata juling, otot mata yang terhubung ke otak tidak bekerja dengan tepat sehingga gerakan mata berbeda, padahal seharusnya kedua mata bergerak ke arah yang sama. Gejala Mata Juling Beberapa gejala mata juling yang dapat dicermati antara lain mata tidak bergerak ke arah yang sama di saat bersamaan. Salah satu mata akan menyipit atau menutup pada saat terpapar matahari dan seringkali menabrak saat berjalan. Sebagian anak yang mengalami mata juling mengeluh mengalami pandangan ganda. Namun ada juga yang tidak pernah mengeluh. Kondisi mata juling justru lebih sering dikenali oleh orang lain. Anak kecil yang belum mampu berkomunikasi dengan baik, biasanya tampak sering menyipitkan mata atau memiringkan atau memutar kepala ketika berusaha melihat sesuatu agar lebih jelas. Penyebab Mata Juling Pada kondisi mata juling, umumnya satu mata yang garis pandangnya ke depan lebih dominan dan satu mata lagi yang garis pandangnya tidak selalu ke dep [...]

Menurut Studi, Anda Merasa Paling Bahagia di Waktu Pagi

Menurut Studi, Anda Merasa Paling Bahagia di Waktu Pagi

Kondisi tubuh manusia bisa berubah-ubah setiap waktu. Tubuh manusia memiliki siklus yang dinamakan ritme sirkadian, yaitu naik-turunnya hormon (fluktuasi) yang terjadi pada jam-jam tertentu. Fluktuasi ini berpengaruh terhadap suhu tubuh dan tekanan darah yang bisa mengubah mood, emosi hingga tingkat energi. Menurut sejumlah ahli dan penelitian, ritme sirkadian ini juga menentukan waktu-waktu terbaik kapan Anda harus bangun pagi, ketika ingin hamil atau kapan wajah Anda terlihat paling menarik.(hst/hst) [...]

CALEG Rawan Depresi & Stres

CALEG Rawan Depresi & Stres

Para calon legislatif (CALEG) yang tereliminasi kelak dikhawatirkan memiliki kecenderungan potensi depresi. Menilik kilas balik Pemilihan Umum 5 tahun lalu, RS Hasan Sadikin Bandung menyampaikan hasil penelitiannya soal kemungkinan yang kuat sekali untuk para CALEG yang tidak lolos dapat kehilangan kewarasannya karena frustasi dari beban kegagalan yang dimilikinya. (Baca: PEMILU 2009: CALEG Rawan Depresi Meningkat 40%) Sulit ditampik, beda 5 tahun lalu memang bisa beda lagi situasi 2014 ini. Jika para CALEG pada 2009 lalu mayoritas dinilai tidak memiliki kadar kekuatan mental untuk menjadi fondasi pencegahan kecenderungan depresi pada penelitian, tidak menutup kemungkinan dikhawatirkan muncul dengan hasil evaluasi tes kejiwaan yang tidak jauh berbeda dari 2009 lalu. Buktinya? Tidak main-main, sederet mantan CALEG 2009 resmi menjadi depresi pasca kegagalan PEMILU 5 tahun lalu. seorang calon bupati di Jawa Timur menjadi gila karena kalah dalam proses pilkada. Dilaporkan dirinya telah menghabiskan Rp. 3 miliar hasil mengutang guna menutupi kebutuhan kampanye. Hutangnya berakumulasi, usahanya gulung tikar, dan situasi rumah tangganya menuju perceraian dengan istrinya. Senada yang diala [...]

Ternyata Ini Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Ternyata Ini Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Menstruasi tidak lancar yang dapat disebut menstruasi tidak teratur, adalah kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim yang keluar menjadi darah, biasanya terjadi selama 3-7 hari. Sewajarnya siklus menstruasi terjadi selama 28-35 hari dan terjadi sebanyak 11-13 kali menstruasi dalam satu tahun. Tiap wanita mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek atau lebih lama. Menstruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu menstruasi dikelompokkan tidak lancar bila lamanya menstruasi berubah-ubah setiap bulannya. Volume darah yang tidak sama, kadang banyak atau kadang sedikit, juga menjadi dasar menstruasi tidak lancar. Menstruasi yang tidak lancar biasanya terjadi pada beberapa tahun pertama Anda mulai menstruasi. Menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur tersebut disebabkan oleh hormon yang belum seimbang. Namun, jika menstruasi tidak lancar atau tidak teratur terjadi bukan di beberapa tahun pertama Anda mengalami menstruasi, maka masalah menstrua [...]

Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!

Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau heartburn merupakan suatu kondisi dimana asam lambung kembali naik ke esofagus. Penyakit ini seringkali dianggap remeh dan dianggap seperti sakit maag pada umumnya. Padahal GERD dapat menyebabkankan ke kanker esofagus. Di Amerika, kasus kanker esofagus meningkat sampai 600% dalam 35 tahun terakhir, sekitar 85%-nya tidak bisa bertahan hidup. Hal ini menyebabkan negara ini menetapkan April sebagai Esophaegeal Cancer Awareness Month. Pencegahan adalah kunci utamanya. Pengetahuan adalah kekuatan dan deteksi dini dapat menyelamatkan banyak orang. Jika ditemukan masih stadium awal, kanker esofagus dapat disembuhkan dan mudah diobati. Hindari Tidur Persis Setelah Makan Hal yang harus dilakukan adalah mencegah dan mengatasi GERD. Gejala GERD biasanya berupa nyeri dada, rasa terbakar di dada, rasa pahit di mulut yang biasanya terjadi beberapa menit sampai beberapa jam setelah makan. Penyebab tersering GERD atau naiknya asam lambung yaitu rokok, alkohol, soda, kopi, cokelat, makanan pedas, makanan asam, dan makanan berlemak. GERD juga bisa muncul jika kita makan terlalu banyak atau tiduran setelah makan. Maka dari itu sebaiknya tidak langsung [...]

Bawang Bisa Bantu Cegah Diabetes

Bawang Bisa Bantu Cegah Diabetes

Mungkin bagi sebagian orang, bawang bukanlah makanan favorit mereka. Namun, bagi Anda yang ingin terhindar dari masalah obesitas dan diabetes, bawang merupakan makanan yang wajib dikonsumsi.Seperti yang dikutip dari Times of India, ilmuwan Biomedical di University of Southern Queensland mengungkapkan bahwa bawang memiliki peran penting untuk mengatur berat badan. Selain itu, jenis bawang apa saja (bombay, merah dan putih) juga bisa bantu Anda mencegah diabetes dan kurangi tekanan darah.Para ilmuwan melakukan penelitian dengan melihat pengaruh ekstrak bawang dengan lemak yang dimiliki tikus percobaan. Hasilnya, ditemukan bahwa tekanan darah, masalah glukosa dan kerusakan hati dapat terobati dengan konsumsi bawang secara teratur.Selain bisa menurunkan berat badan dan mengurangi tekanan darah, bawang juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh. WHO (World Health Organization) mengakui bahwa bawang baik untuk pengobatan nafsu makan yang buruk dan mencegah aterosklerosis (radang pembuluh darah). Selain itu, bawang juga diklaim membantu pengobatan batuk, pilek, asma dan bronkitis.(eya/hst) [...]

Beberapa Penyebab Sakit Perut Bagian Atas

Beberapa Penyebab Sakit Perut Bagian Atas

Pernah merasakan perut mulas atau perih setelah makan di bagian atas? Ketahui berbagai kemungkinan penyebabnya agar bisa menghindari kondisi ini. Biasanya, sakit perut bagian atas terjadi ketika seseorang langsung berbaring sesudah menyantap makanan. Hal itu menyebabkan gas yang ada di lambung terdesak ke atas melalui tenggorokan. Selain itu, beberapa kondisi medis bisa juga menyebabkan gejala ini. Selain merasakan mulas atau sensasi terbakar, sakit perut bagian atas bisa terjadi berbarengan dengan gejala lain yang terkait masalah pencernaan. Beberapa gejala tersebut antara lain: Perut kembung Nyeri dada bagian atas Sendawa Susah buang air besar Diare Mual Jika Anda mengalami sakit perut bagian atas yang disertai nyeri dada, dada sesak atau tertekan, dan denyut jantung lebih cepat dari biasanya, bisa jadi itu adalah tanda serangan jantung. Tanda lainnya adalah jika sakit perut bagian atas menyebar menuju bahu dan lengan, sistem pernapasan terganggu, serta muntah darah atau cairan hitam menyerupai warna kopi. Jika mengalaminya, segera minta pertolongan kepada ahli medis agar tidak berdampak fatal. Apa Saja Kemungkinan Penyebabnya? Agar bisa menghindari diri dari sakit perut di [...]

10 Benda Sumber Kuman di Kehidupan Sehari-hari

10 Benda Sumber Kuman di Kehidupan Sehari-hari

Rasa 'jijik' bukan selalu indikator untuk hal yang negatif, namun rasa 'jijik' dapat merupakan suatu tanda tidak higienis. Namun apakah dengan perkembangan sanitizer dan sabun antibakteri merupakan hal yang baik? Tidak selalu, Profesor dr. Pritish Tosh, seorang ahli infeksi dari Mayo Clinic, menyebutkan bahwa memang pertukaran bakteri antar manusia telah berkurang, namun higienitas ini dikaitkan dengan timbulnya beberapa penyakit alergi dan obesitas hanya karena kita terlalu bersih. Nah, tidak semua hal merupakan sumber penularan bakteri. Oleh karena itu ada 10 benda yang sebaiknya kita gunakan sendiri. Apa sajakah? Yuk klik 'next' untuk melihat semuanya. 10 Benda Sumber Kuman di Kehidupan Sehari-hari Rasa 'jijik' bukan selalu indikator untuk hal yang negatif, namun rasa 'jijik' dapat merupakan suatu tanda tidak higienis. Namun apakah dengan perkembangan sanitizer dan sabun antibakteri merupakan hal yang baik? Tidak selalu, Profesor dr. Pritish Tosh, seorang ahli infeksi dari Mayo Clinic, menyebutkan bahwa memang pertukaran bakteri antar manusia telah berkurang, namun higienitas ini dikaitkan dengan timbulnya beberapa penyakit alergi dan obesitas hanya karena k [...]

5 Penyebab Gangguan Ereksi

5 Penyebab Gangguan Ereksi

Disfungsi ereksi terjadi ketika seorang pria megalami masalah untuk mempertahankan ereksi yang konsisten dan berulang. Bila tidak dilakukan terapi maka DE akan menyebabkan kesulitan dalam berhubungan seksual. Kejadian ini dilaporkan pada 1 diantara 5 pria dan angkanya bertambah dengan usia. Ada banyak sekali masalah seksual pada pria seperti libido yang rendah dan gangguan ejakulasi. Namun DE disebut sebagai gangguan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi. Pria dengan gangguan ereksi biasanya memiliki libido yang sehat namun kesulitan untuk mencapai ereksi. Gangguan ereksi akan semakin sering terjadi dengan meningkatnya usia pada pria,biasanya pada usia 40-70 tahun. Sebelum kita membahas hal apa saja yang menjadi penyebab disfungsi ereksi, ada baiknya kita mengenali lebih dulu dan mendalam mengenai disfungsi ereksi berikut ini: Gejala dari gangguan ereksi termasuk: Ereksi yang terlalu lembek untuk hubungan seksual Ereksi yang terlalu sebentar untuk hubungan seksual Kesulitan mencapai ereksi Kenapa hal ini bisa terjadi? Ereksi terjadi saat adanya peningkatan suplai darah ke organ yang dinamakan corpora cavernosa. Hal ini menyebabkan penis membesar dan [...]

Trik Menyingkirkan Jerawat Batu pada Wajah

Trik Menyingkirkan Jerawat Batu pada Wajah

Stres rasanya jika wajah ditumbuhi oleh jerawat batu. Ukurannya yang besar, berwarna kemerahan dan dipenuhi nanah pastinya mengganggu penampilan kita. Belum lagi efeknya yang mungkin bisa menimbulkan rasa sakit dan gatal pada area yang ditumbuhi jerawat. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada cara menyingkirkan ?tamu tidak diundang? ini dari wajah Anda. Jerawat bisa timbul ketika pori-pori wajah Anda tersumbat dengan sel-sel kulit mati. Terkadang bakteri ikut menyusup ke dalamnya dan membuat area tersebut menjadi merah dan bengkak. Sementara jerawat batu terjadi ketika infeksi ini telah masuk jauh ke dalam kulit wajah Anda. Tidak hanya pada wajah, jerawat batu juga bisa muncul pada dada, pundak, punggung, atau lengan atas. Sebenarnya tidak ada penyebab pasti kenapa Anda memiliki jerawat batu, namun hormon androgen bisa ditunjuk sebagai pemicunya. Hormon androgen yang meningkat bisa menyebabkan perubahan pada kulit yang dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori dan jerawat. Kalangan yang biasanya memiliki hormon androgen tinggi adalah remaja. Namun itu bukan berarti kalangan remaja saja yang bisa mengidap jerawat batu. Anak-anak berusia 8 tahun atau orang tua berusia paruh b [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *