8 Hal yang Mempengaruhi Tidur Jadi Tidak Nyenyak

sleep.jpg

Mendapatkan tidur yang berkualitas tentu didambakan oleh setiap orang. Namun, masalahnya untuk bisa tidur lelap dan nyenyak terkadang sulit mendapatkannya. Bisa jadi, Anda sulit tidur karena melakukan beberapa hal berikut ini. Menurut artikel yang dilansir oleh Divine Caroline, berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan sebelum tidur.

1. Olah raga
Olah raga sebenarnya adalah aktivitas yang penting bagi kesehatan, dan sebenarnya dapat memberikan kontribusi untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Tapi masalahnya, olah raga 3 jam sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat badan menjadi berkeringat, sehingga dapat membuat Anda sulit untuk tidur. Baiknya, lakukan kegiatan tersebut di pagi hari.

2. Menonton TV atau Melihat Komputer
Penelitian menunjukkan bahwa paparan radiasi sinar televisi atau internet dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk tidur. Cahaya dari layar tv atau komputer dapat menghambat perkembangan melatonin, hormon yang membuat rasa ingin tidur. Matikan televisi dan komputer satu jam sebelum Anda tidur.

3. Mandi dengan Air Panas
Seperti halnya olahraga, mandi dengan air panas akan membantu Anda cepat tertidur di waktu yang tepat, tidak ketika Anda akan tidur. Jika ingin mandi air panas, atur suhu air agar tidak terlalu panas. Air yang terlalu panas akan membuat kulit berkeringat dan akhirnya susah tidur. Sebelum tidur, pastikan tubuh Anda sudah kembali ke suhu semula.

4. Terlalu Banyak Minum
Kafein dan alkohol, sudah jelas dapat merusak tidur Anda. Terlalu bnayak minum beberapa gelas sebelum tidur juga dapat mengganggu tidur karena Anda akan terbangun tengah malam untuk pergi ke toilet.

5. Bekerja
Apapun pekerjaan Anda, sebaiknya selesaikan tugas-tugas kantor keesokkan harinya. Tubuh Anda juga membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Otak yang terus-terusan berkonsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan hingga tengah malam dapat merangsang otak Anda untu terus bekerja dan dapat menimbulkan stress. Hal tersebut tentu saja dapat merusak kualitas tidur Anda.

6. Membaca Buku
Bagi Anda yang suka sekali membaca buku pada malam hari, waspadailah. Membaca sebuah buku dengan cerita yang mengasyikan adalah salah satu faktor yang dapat membuat tidur Anda menjadi tidak berkualitas. Anda akan terus membuka halaman-halamannya dan baru menyadari kalau ternyata sudah pagi. Hentikan kebiasaan buruk itu.

7. Tidur dengan Hewan Peliharaan
Bagi Anda pecinta binatang, tidur dengan hewan-hewan yang Anda sayangi tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Namun hal tersebut adalah faktor lain yang dapat merusak kualitas tidur Anda, karena bisa saja si hewan tiba-tiba menggonggong, menjilat atau menggigit. Selain itu tidur dengan binatang berdampak buruk pada kesehatan.

8. Bertengkar
Bertengkar sebelum tidur adalah faktor lain yang dapat menyebabkan kualitas tidur Anda menjadi tidak baik. Anda akan dihantui perasaan tidak menyenangkan dan akan terus memikirkan hal tersebut sepanjang malam. Baiknya, selesaikanlah masalah Anda terlebih dahulu sebelum pergi tidur, dengan begitu, Anda akan memiliki perasaan tenang dan lebih segar saat terbangun keesokan harinya.

(kik/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Inilah Daftar Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang

Inilah Daftar Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang

Saat Anda berusaha untuk menurunkan berat badan, hal yang paling jitu yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi porsi makanan. Namun dengan mengurangi porsi makan, secara otomatis Anda akan lebih mudah merasa cepat lapar kembali dalam waktu dekat dan mulai makan lagi. Jika sudah demikian, tak ayal lagi hal tersebut menjadi penyebab utama kebanyakan orang senantiasa menemui kegagalan dalam usaha menurunkan berat badan. Prinsipnya pun sama, semakin banyak jumlah porsi makanan yang Anda makan, maka akan semakin berisiko pula Anda mudah mengalami peningkatan berat badan. Tentunya hal ini akan buruk untuk diet Anda bukan? Untuk mengatasinya mau tidak mau Anda harus mengambil solusi memilah dengan cermat dan mulai memilih makanan apa saja yang tidak memerlukan porsi banyak namun cepat mengenyangkan dalam waktu yang lama. Apa saja makanan-makanan tersebut? Nah, berikut terlampir beberapa jenis makanan yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang & Tidak Mudah Lapar#1: Apel Konsumsilah apel kira-kira 30 menit sebelum makan, serat dan air yang berada dalam apel dapat membuat Anda kenyang secara cepat. Selain itu, ber [...]

Sakit Telinga Disebabkan Oleh Hal-hal Ini

Sakit Telinga Disebabkan Oleh Hal-hal Ini

Sakit telinga dapat disebabkan oleh infeksi pada salah satu bagian telinga, namun ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan telinga sakit atau terasa tidak nyaman. Anatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian tengah, luar, dan dalam. Seluruh bagian ini memiliki peran masing-masing untuk membuat Anda dapat mendengar dengan baik. Gangguan pada salah satu bagian dapat membuat pendengaran terganggu. Bila gangguan terjadi telinga dalam, dapat terjadi gangguan keseimbangan. Jika merasakan gangguan pendengaran atau nyeri pada telinga, mungkin Anda mengalami salah satu dari beberapa kondisi berikut. Infeksi telinga Infeksi pada telinga biasanya terjadi pada telinga tengah. Infeksi telinga tengah terjadi ketika saluran Eustachius telinga menjadi tertutup atau bengkak akibat penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh flu, alergi, merokok, infeksi sinus, dan lendir berlebihan. Gangguan ini biasa menimpa anak-anak. Sekitar 75 persen anak di bawah usia 3 tahun pernah menderita gangguan ini. Berkurangnya pendengaran, nyeri pada bagian dalam telinga, dan keluar cairan menyerupai nanah dari telinga adalah beberapa gejalanya. Walau i [...]

Waspadai Difteri

Waspadai Difteri

Difteri atau sakit akibat infeksi bakteri Corynebacterium diphtheriae merupakan salah satu penyakit yang mengancam nyawa, khususnya anak-anak usia 1 ? 10 tahun karena dapat mengakibatkan kematian hanya dalam kurun waktu 3-4hari saja. Bakteri ini bekerja dengan cara mengeluarkan racun/ toxin yang akan menyebar melalui saluran darah dan membunuh jaringan dan sel-sel tubuh. Penyakit infeksi yang berasal dari manusia dan lingkungan kotor yang ditularkan melalui udara maupun sentuhan ini, memudahkan untuk berkembang biak dan mewabah di masyarakat. Penyakit ini mempunyai gejala awal yang terkadang dianggap remeh, sehingga seringkali penanganan penderita di tangan medis sudah termasuk terlambat. Gejala yang ditimbulkan yakni seperti demam yang tidak terlalu tinggi, sakit tenggorokan, mengeluarkan lendir dari hidung atau mulut, dan lemah. Gejala-Gejala awal ini sepintas serupa dengan flu biasa pada anak-anak. Sehingga pada saat telah munculnya membran atau selaput tipis pada infeksi, yang menjadi karakteristik difteri ini, seringkali tidak disadari. Berdasarkan tingkat keganasannya, akibat dari bakteri difteri sendiri terbagi menjadi 3 tingkatan. Namun tidak diayal, bahkan untuk kasus yang [...]

Merawat Kesehatan Bayi Dimulai dari Gigi Susu

Merawat Kesehatan Bayi Dimulai dari Gigi Susu

Keberadaan gigi susu sebenarnya sangat penting karena kelak memberi tempat bagi pertumbuhan gigi dewasa. Gigi susu juga membantu bayi dalam mengunyah makanan dan membantu berbicara dengan baik. Gigi merupakan bagian pendukung proses pencernaan, yaitu untuk menggigit, merobek, memotong, menggiling, dan mengunyah makanan. Sebagaimana pada orang dewasa, gigi susu perlu dirawat untuk mempermudah bayi dalam mencerna makanan. Jumlah gigi susu seluruhnya adalah 20 buah. Gigi-gigi tersebut terdiri atas empat gigi seri depan (atas dan bawah), empat gigi seri samping (letaknya mengapit gigi seri tengah), empat gigi taring, dan delapan gigi geraham. Kapan Gigi Susu Tumbuh dan Tanggal? Ada rentang waktu ketika gigi susu mulai tumbuh. Rentang waktu ini berbeda-beda antara bayi yang satu dengan yang lain. Bahkan, ada sebagian bayi baru lahir yang sudah ditumbuhi gigi susu. Selanjutnya akan tanggal saat bayi sudah tumbuh menjadi anak-anak. Jadwal tanggalnya pun bisa berbeda-beda pada tiap anak. Berikut adalah jadwal tumbuh dan tanggalnya gigi susu pada bayi. Tumbuhnya gigi pada rahang atas Gigi seri depan tumbuh pada usia 8-12 bulan. Gigi seri samping tumbuh pada usia 9-13 bulan. Gigi taring [...]

Manusia Kini Hanya Tidur Lelap 6 Jam 41 Menit, Ini Penyebabnya

Manusia Kini Hanya Tidur Lelap 6 Jam 41 Menit, Ini Penyebabnya

Orang kini hanya punya waktu tidur rata-rata enam jam dan 41 menit setiap malamnya. Kurang satu jam 19 menit dari lama waktu tidur yang direkomendasikan, yaitu delapan jam. Bahkan 48 persen orang tidak bisa menikmati waktu istirahatnya di akhir pekan, saat tidak disibukkan lagi dengan urusan pekerjaan. Rata-rata orang juga kesulitan tertidur lelap setiap malamnya. Dan Sekitar 65 persen orang hanya tidur enam jam 27 menit.Survei yang dilakukan Travelodge dan melibatkan 2.000 responden tersebut juga menemukan, lebih dari 1/4 orang (27 persen) mendapatkan waktu tidur yang lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Sebagian besar responden juga punya kebiasaan menunda alarm untuk bisa dapat tambahan waktu tidur 11 menit setelah bangun. Menurut pakar kesehatan, kebiasaan itu bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.Empat dari 10 responden yang mengikuti polling Travelodge mengaku memasang alarm lebih awal dari seharusnya, lalu memencet tombol 'tunda alarm' atau snooze di ponsel sebanyak dua kali untuk mendapatkan tambahan waktu tidur. Salah satu alasan utama kenapa kini makin banyak orang yang terbiasa memencet tombol 'tunda alarm' karena 68 persen orang ketergantungan dengan ponselny [...]

Polusi Udara Sebabkan Kanker!

Polusi Udara Sebabkan Kanker!

Anda dapat memilih untuk tidak merokok atau minum alkohol, namun Anda tidak dapat mengontrol untuk tidak terpapar polusi udara. Sudah sejak lama polusi udara diketahui dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti masalah pernapasan dan penyakit jantung. Setiap tahunnya ditemukan peningkatan jumlah paparan polusi udara di seluruh dunia, terutama di negara industri dengan jumlah populasi besar. Baru-baru ini, berita mengejutkan dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO) yang menyatakan bahwa polusi udara dapat menyebabkan kanker. International Agency for Research on Cancer (IARC) merupakan agen khusus WHO yang meneliti masalah ini, mereka mengatakan bahwa polusi udara memiliki sifat karsinogenik pada manusia. Pernyataan ini memiliki bukti ilmiah yang kuat, jenis kanker terbanyak yang disebabkan oleh polusi udara adalah kanker paru, selain itu ditemukan juga peningkatan risiko kanker kandung kemih. Pada tahun 2010, lebih dari 220.000 kematian akibat kanker paru berhubungan dengan polusi udara. Polusi udara dengan sifat karsinogenik terbanyak terutama berasal dari asap transportasi, emisi industri dan agrikultural, pembangkit listrik, asap pembakaran dan asap yang dihasilkan dari [...]

Waspadai Risiko Fatal di Balik Cedera Kepala

Waspadai Risiko Fatal di Balik Cedera Kepala

Siapa saja, termasuk anak-anak yang sedang aktif bergerak berisiko mengalami cedera kepala yang dapat berakibat fatal. Risiko ini makin tinggi ketika banyak orang tidak mengenakan helm saat mengendarai motor. Cedera kepala dapat terjadi karena banyak hal, seperti perkelahian, kecelakaan kendaraan bermotor, cedera saat berolahraga, jatuh, atau sekadar terbentur. Gegar otak adalah jenis cedera kepala yang paling umum terjadi. Kata dalam bahasa Inggrisnya, concussion, berasal dari kata dalam bahasa Latin yang berarti ?diguncang dengan kencang?. Gegar otak adalah cedera kepala yang berdampak kepada fungsi otak. Selain karena benturan dan guncangan pada kepala, gegar otak umumnya terjadi karena guncangan keras pada tubuh bagian atas. Otak terlindungi dari guncangan oleh cairan otak dalam tengkorak. Oleh karenanya guncangan dan benturan keras pada kepala atau tubuh bagian atas dapat membuat otak ikut terguncang membentur dinding kepala bagian dalam. Kondisi ini dapat bersifat ringan, tapi juga bisa berisiko fatal jika sampai mengakibatkan pendarahan di dalam atau di sekitar otak. Menurut tingkat keparahan dan ada tidaknya pingsan, gegar otak dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis: T [...]

5 Penyebab Gangguan Ereksi

5 Penyebab Gangguan Ereksi

Disfungsi ereksi terjadi ketika seorang pria megalami masalah untuk mempertahankan ereksi yang konsisten dan berulang. Bila tidak dilakukan terapi maka DE akan menyebabkan kesulitan dalam berhubungan seksual. Kejadian ini dilaporkan pada 1 diantara 5 pria dan angkanya bertambah dengan usia. Ada banyak sekali masalah seksual pada pria seperti libido yang rendah dan gangguan ejakulasi. Namun DE disebut sebagai gangguan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi. Pria dengan gangguan ereksi biasanya memiliki libido yang sehat namun kesulitan untuk mencapai ereksi. Gangguan ereksi akan semakin sering terjadi dengan meningkatnya usia pada pria,biasanya pada usia 40-70 tahun. Sebelum kita membahas hal apa saja yang menjadi penyebab disfungsi ereksi, ada baiknya kita mengenali lebih dulu dan mendalam mengenai disfungsi ereksi berikut ini: Gejala dari gangguan ereksi termasuk: Ereksi yang terlalu lembek untuk hubungan seksual Ereksi yang terlalu sebentar untuk hubungan seksual Kesulitan mencapai ereksi Kenapa hal ini bisa terjadi? Ereksi terjadi saat adanya peningkatan suplai darah ke organ yang dinamakan corpora cavernosa. Hal ini menyebabkan penis membesar dan [...]

5 Info Seputar Menyusui

5 Info Seputar Menyusui

Tidak sedikit muncul pertanyaan-pertanyaan seputar menyusui ketika dihadapi oleh topik makanan. Apakah ada makanan yang menjadi pantangan untuk dimakan selama menyusui? Adakah makanan yang sebaiknya dihindari selama menyusui? Apakah ada minuman yang dapat memperbanyak ASI, dan lain sebagainya. Memang tidak dapat dipungkiri, pada prinsipnya makanan dan minuman yang kita asup mempengaruhi status kesehatan seseorang. Termasuk dalam hal ini adalah kesehatan tubuh selama menyusui. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui. Apakah saya membutuhkan kalori tambahan saat menyusui? Ya, Anda perlu makan sedikit lebih banyak yaitu tambahan ekstra 400-500 kalori/hari untuk menjaga stamina dan energi Anda. Untuk mendapatkan kalori tambahan ini, pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi seperti selembar roti gandum dengan selai kacang, buah-buahan seperti pisang atau apel, atau yoghurt rendah lemak. Makanan apa yang sebaiknya saya makan saat menyusui? 5 Info Seputar Menyusui Tidak ada aturan pola makan khusus bagi ibu menyusui. Namun yang terpenting adalah fokus dalam pemilihan makanan serta minuman yang sehat untuk membantu produksi ASI. Konsumsilah mak [...]

Mengenal Kondisi Air Ketuban yang Tidak Normal

Mengenal Kondisi Air Ketuban yang Tidak Normal

Air ketuban memungkinkan janin mengambang dalam kantong ketuban semasa dalam kandungan sehingga janin dapat bergerak. Cairan yang berwarna jernih kekuningan ini juga memberi ruang untuk tumbuh kembang janin. Saat pemeriksaan kehamilan, volume air ketuban secara rutin akan diperiksa untuk mengetahui apakah masih dalam kadar normal, terlalu banyak, atau terlalu sedikit. Ini karena jumlah air mencerminkan kondisi kesehatan janin. Pemeriksaan dilakukan menggunakan ultrasonografi (USG). Air ketuban atau amnion berguna sebagai bantalan yang melindungi janin dari cedera luar atau gerakan mendadak. Amnion juga berguna menjaga suhu di sekeliling janin agar tetap hangat dan stabil. Fungsi lainnya adalah membantu tulang, otot, sistem pencernaan, dan paru-paru janin untuk dapat tumbuh dengan baik. Ketika kehamilan berusia 8,5 bulan, volume ketuban biasanya berada pada kisaran 800 mililiter (mL). Pada usia kehamilan 10 bulan, volume air ketuban sekitar 600 mL. Berikut beberapa kondisi air ketuban. Air ketuban Terlalu Banyak Secara medis, kondisi ini dinamakan polihidramnion. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi beberapa faktor risiko berikut berkaitan dengan terjadinya polihidramn [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *