8 Jurus Bebas Stres & Kulit Tetap Cantik

Ketika Anda mengalami stres, tubuh akan melepas hormon kortisol. Inilah yang dapat mengakibatkan perubahan proses metabolisme tubuh. Yang lebih menyebalkan: kulit wajah Anda ikut terkena dampaknya. Seperti diketahui, kortisol memicu peradangan yang dapat memecah kolagen ? protein yang membantu kulit tetap elastis, kencang dan bebas keriput. Tapi Anda tak perlu cemas. Anda masih bisa melakukan langkah-langkah sederhana untuk mengekang tingkat stres dan melindungi kulit. Bagaimana caranya? Berikut ini 8 cara efektif untuk menurunkan kortisol dan mempertahankan kecantikan kulit:

1. Minum teh hitam

Penelitian yang dilakukan di University College London menunjukkan bahwa ketika diberi tugas yang sulit dan rentan stres, mereka yang mengonsumsi teh hitam secara rutin mengalami penurunan kortisol 20% lebih besar dibandingkan mereka yang tidak minum teh hitam. Kandungan kimia alaminya seperti polifenol dan flavonoid dipercaya ampuh untuk efek menenangkan.

2. Pergi ke tempat-tempat hijau

Lewatkanlah waktu untuk pergi tempat-tempat hijau seperti taman. Lakukan yoga atau rapat kantor di area terbuka ketimbang ruang konferensi yang kaku dan minimalis.

3. Mendengarkan musik

Di Japan?s Osaka Medical Center, mereka yang menjalani prosedur kolonoskopi sambil diperdengarkan musik memiliki kadar kortisol yang lebih rendah ketimbang mereka yang menjalani prosedur kolonoskopi di ruangan tenang.

Kiat Anti Stres

4. Bermeditasi

Belum ada penelitian yang menyatakan bahwa bermeditasi setiap hari akan membuat Anda tenang. Namun, mereka yang mempraktikkan meditasi secara rutin selama 4 bulan memiliki tingkat kortisol yang lebih rendah sebanyak 20%.

5. Mengonsumsi makanan sehat

Pilih makanan-makanan hijau gelap, seperti brokoli, bayam, asparagus, dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C di antaranya anggur dan jeruk.

6. Pijat

Tim peneliti dari Emory University menemukan bahwa dipijat secara rutin akan menurunkan tingkat kortisol dan meningkatkan kekebalan.

Beberpa jurus bebas stres lainnya:

Cara Bebas Stres Lainnya:

7. Tidur cukup

Mereka yang tidur selama 6 jam semalam memiliki tingkat kortisol sebanyak 50% lebih tinggi daripada mereka yang tidur selama 8 jam.

8. Memperbaiki postur tubuh

Mungkin ini terdengar aneh, namun postur tubuh Anda dapat mempengaruhi hormon. Tim peneliti dari Harvard University menemukan bahwa seseorang yang berpostur tegak dengan dada terbuka dan tulang lurus mengalami penurunan kortisol sebanyak 25%. Kebalikannya, mereka yang membungkuk mengalami peningkatan kortisol sebanyak 15%.

Selain ketenangan dari dalam, suplemen penunjang juga bermanfaat besar untuk kulit di antaranya mampu membantu membersihkan jerawat, mengurangi garis-garis halus, meningkatkan produksi kolagen, meringankan flek, dan memperbaiki tekstur kulit. Untuk hasil yang terbaik, pilihlah suplemen yang mengandung astaxanthin karena dapat mengembalikan keseimbangan anti oksidan natural kulit.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jerawat Pada Orang Dewasa

Jerawat Pada Orang Dewasa

Adult Acne (AA) merupakan suatu kejadian jerawat yang muncul di usia dewasa. Hal ini tentu tidak lazim karena kebanyakan kasus jerawat muncul pada usia remaja. Pada umumnya, jerawat muncul pada usia 16-19 tahun untuk pria, usia 14-17 tahun untuk wanita, dan masa di mana seseorang berjerawat akan berakhir di rata-rata usia 25 tahun. Namun ada sekitar 15% kasus di mana jerawat muncul di atas usia 25 tahun, yang kerap diberi nama Adult Acne atau Post Adolescent Acne. Jerawat sendiri timbul terutama akibat 4 hal yaitu adanya peradangan menahun di kelenjar minyak, aktifitas dari P. acnes, hiperkeratinisasi dan reaksi sistem imunitas di kulit kita. Keempat hal itu merupakan penyebab munculnya jerawat pada tubuh kita. Apa saja keempat klasifikasi jerawat yang terjadi pada orang dewasa? Klasifikasi Jerawat Pada Orang Dewasa Klasifikasi jerawat pada orang dewasa adalah late onset acne, persistent acne, d [...]

Bahaya Stres pada Kulit

Bahaya Stres pada Kulit

Memang betul bahwa stres atau faktor emosional dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kelainan pada kulit. Penelitian menunjukkan 30% dari kelainan kulit memiliki masalah psikologis yang mendasari. Stres bersifat personal dan individual, sesuatu yang dianggap menimbulkan kondisi stres pada seseorang belum tentu sama untuk orang lain. Stres yang dimaksud disini termasuk perasaan marah, cemas, depresi, dan tegang. Tapi tahukah Anda, stres bisa berakibat kepada kondisi kesehatan kulit?Kelainan kulit yang disebabkan oleh gangguan psikis/stres emosional disebut dermatosis psikokutan atau psikodermatologi. Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan neuropeptida, suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit. Neuropeptida ini sebenarnya berperan untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Dengan kata lain, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Bagaimana cara mencegahnya? OlahragaLatihan teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, visual imagery (membayangkan sesuatu yang m [...]

Kulit Kesat Setelah Mandi, Belum Tentu Kulit Anda Sehat

Kulit Kesat Setelah Mandi, Belum Tentu Kulit Anda Sehat

Mandi memang menyegarkan. Tubuh dibasuh dengan air, lalu seluruh permukaan kulit dibersihkan menggunakan sabun. Mandi kemudian dianggap sempurna jika kulit terasa kesat setelah dibasuh karena dianggap seluruh kotoran dan lemak berhasil diangkat dengan sempurna oleh sabun. Padahal, yang tidak Anda ketahui adalah kulit kesat itulah yang menandakan bahwa lapisan minyak (lipid) alami kulit terkikis oleh sifat basa sabun. Cairan yang terikat di lapisan terluar kulit (epidermis) ditarik secara paksa, sehingga membuat lapisan protein kulitrusak. Hal inilah yang mendasari rasa kesat setelah kulit disabuni, dimana bukan berarti kotoran saja yang terangkat, namun termasuk kandungan air dalam kulit. Bila hal ini dibiarkan terjadi terus menerus, kulit menjadi kering, terasa kencang, dan pada kondisi terparah akan terlihat pecah-pecah dan terasa gatal. Hal ini tentu saja bisa dicegah, yaitu dengan pemilihan sabun yang baik dan benar. Pilihlah sabun dengan kandungan pelembap yang cukup, sehingga tidak akan menghilangkan kelembapan alami kulit, tapi mempertahankannya kulit tetap lembab dan sehat. di laman utama website kami.[](HM/JF/DA) Ditulis oleh: dr. Jessica Florencia Anggota Redaksi Med [...]

Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Kolagen hadir di tubuh kita dengan memberikan multi fungsi. Salah satunya pada kulit, kolagen bersama dengan elastin menjaga kulit ketat dan elastis. Namun sama seiring dengan proses penuaan serta paparan sinar matahari, produksi kolagen menjadi mulai berangsur berkurang. Tak ayal hal ini memunculkan kondisi penuaan paling wajar di kulit, yakni munculnya keriput dan garis ekspresi raut di wajah. Untuk tubuh yang normal, sedikitnya kita mulai kehilangan kolagen dari tubuh kita sejak usia 25 tahun sebanyak 1,5% setiap tahunnya. Lalu bagaimana dengan tubuh yang kerap kali terpapar faktor-faktor penuaan dini? Bisa dibayangkan hampir pasti prosentase kehilangan kolagen per tahunnya akan lebih cepat. Namun demikian bukan berarti kita hanya bisa pasrah dengan proses penuaan tersebut. Kita bisa memelihara tingkat kekencangan kulit dan menunda penuaan kulit dengan asupan nutrisi yang mengandung zat pencetus pembentukan kolagen. Untuk memastikan asupan kolagen Anda stabil ketika Anda diatas usia 25 tahun, maka ada beberapa sumber makanan yang bisa diambil sebagai sumber nutrisi guna membantu produksi kolagen di tubuh. Dalam salah satu penelitian yang diumumkan di International Journal Cosmet [...]

Steam Laundry Menurunkan Risiko Penyakit Kulit

Steam Laundry Menurunkan Risiko Penyakit Kulit

Metode pencucian uap memberikan hasil cucian yang lebih bersih dan menurunkan paparan risiko penyakit kulit. Hal ini dikarenakan beberapa bakteri pencetus alergi dan penyakit lebih mudah tereliminasi dengan paparan uap sepanas 60 derajat Celcius. Beberapa bakteri pencetus alergi dan penyakit yang dapat tereliminasi dengan pencucian mesin cuci teknik penguapan: Skabies: Skabies adalah penyakit kulit yang ditandai dengan rasa gatal dan kemerahan. Penyakit ini disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei, yang termasuk dalam kelas Arachnida. Tungau ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau bersifat mikroskopis. Penyakit ini mudah menular dari manusia ke manusia, dalam hal ini melalui pemakaian handuk yang bersamaan. Terlebih lagi jika handuk yang digunakan kotor. Panu:Panu membuat kulit Anda belang-belang putih dan gatal. Penyakit jamur kulit ini adalah penyakit koronis yang ditandai oleh bercak putih sampai coklat yang bersisik. Penyakit yang disebabkan oleh malasezia furfur yang mudah tumbuh di handuk kotor. Patekan:Walau penyakit ini masih awam di kuping sebagian besar orang Indonesia, tapi sebetulnya angka kejadiann [...]

Suplemen untuk Kulit Jadi Mulus

Suplemen untuk Kulit Jadi Mulus

Suplemen penunjang kulit mulus dan cantik adalah asupan yang memiliki kandungan nutrisi untuk mendukung kesehatan kulit. Karena kulit yang sehat adalah kulit yang cantik.Kulit yang mulus, berkilau dan bersih. Siapa yang tidak ingin. Beruntunglah Anda yang memiliki kulit wajah indah karena faktor genetika. Lah terus bagaimana yang tidak? Tidak perlu berkecil hati, ada caranya berikut ini.Bukan cara yang aneh-aneh, tapi cara yang perlu kerja keras dalam hal disiplin. Caranya sih mudah. Tapi menjaga konsistensi agar tidak meninggalkan kebiasaan yang menyehatkan kulit berikut inilah yang kerap menjadi faktor kegagalan dari keberhasilan mendapatkan kulit yang cantik nan mulus.Sebenarnya, dengan membiasakan melakukan perawatan rutin yang tepat berikut ini serta didukung asupan nutrisi dari makanan ataupun suplemen penunjang kulit.Untuk itu, berikit ini kiat-kiat yang dapat Anda terapkan serta tips informasi suplemen nutrisi yang dibutuhkan: [...]

Awas Penyakit Kulit Karena Sprei Kotor!

Awas Penyakit Kulit Karena Sprei Kotor!

Oleh: dr. Salma Oktaria Mungkin terlihatnya masih bersih, walau sudah 3 pekan sprei Anda tidak dicuci. Tidak beraroma aneh, masih kelihatan tidak bernoda, masih nyaman. Tapi dibawah kemampuan penglihatan kita yang terbatas. Berkeliaranlah kutu dan tungau yang siap menyebabkan infeksi penyakit kulit pada Anda. Salah satu dari sekian banyak penyakit yang mudah muncul dari tempat tidur yang kotor adalah skabies. Skabies adalah suatu bentuk penyakit kulit yang disebabkan oleh sensitisasi terhadap parasit tungau kecil Sarcoptes scabiei var, hominis dan produknya. Jangan tunggu sampai baru muncul gejala-gejala skabies berikut ini: Gatal yang mengganggu pada malam hari Ditemukan bintil berupa lesi (perlukaan) khas berupa seperti jerawat kecil. Muncul bintil ini biasanya di sela jari, pergelangan tangan, sisi lengan bawah bagian dalam, siku bagian luar, lipat ketiak, puting, pusar, bokong, kelamin dan perut bagian bawah. Ditemukan adanya tungau baik dalam bentuk telur, larva ataupun tungau dewasa. Akan semakin berisiko jika Anda melakukan sharing pakaian atau handuk dengan orang lain. Oleh karena itu jagalah tempat istirahat Anda dengan cara melakukan kiat-kiat sehat beriku [...]

Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering

Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering

Kulit kering kerap kali mendatangkan masalah. Namun jangan khawatir, sejatinya banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kulit yang halus dan kenyal. Simak tips-tips berikut ini untuk mengatasi kulit kering: Sewaktu mandi, hindari air yang terlalu panas Air dengan suhu yang terlalu panas akan mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan air dengan temperatur ruangan. Hindari mandi atau berendam terlalu lamaMandi dan berendam terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering. Batasi waktu mandi Anda 5 - 10 menit saja. Gunakan pelembab sesudah mandi Kulit yang lembab akan mengunci pelembab lebih lama dan lebih baik dibandingkan dengan kulit yang kering. Gunakan pakaian yang terbuat dari katun maupun serat alami lainnya. Pakaian dengan bahan wol ataupun serat sintetis akan mengiritasi kulit. Banyak minum air putih Dengan meminum air putih, maka Anda akan terhindar dari dehidrasi dan kulit yang kering. Perbanyak konumsi air putih terutama jika Anda berada pada ruangan yang berpendingin. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3 Asam lemak yang esensial akan membantu membentengi minyak alami kulit. Makanan-makanan yang mengandung omeg [...]

4 Nutrisi Kebutuhan Kulit Ibu Hamil

4 Nutrisi Kebutuhan Kulit Ibu Hamil

Oleh: dr. Nadia Octavia Kehamilan adalah suatu proses alamiah yang sangat penuh dengan keindahan, dimana seorang menjadi wanita bertransisi menjadi sesosok ibu. Namun, seringkali proses kehamilan diikuti oleh perubahan fisik termasuk kulit diantaranya. Sebut saja seperti munculnya stretchmarks atau pun garis kehitaman di beberapa bagian tubuh. Bagi Anda yang menjelang masa kehamilan, tidak perlu khawatir. Sejatinya perubahan fisik yang ada dapat disikapi dengan memastikan beberapa asupan berikut ini untuk dipenuhi setiap harinya, antara lain; 1. Antioksidan Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti: buah, sayuran, ataupun seafood. Antioksidan berfungsi untuk memerangi radikal bebas, yaitu molekul yang dapat merusak sel sehat. Banyak jenis antioksidan yang bermanfaat bagi kulit, namun 2 diantaranya adalah: Vitamin C: berfungsi untuk membentuk kolagen, kekenyalan serta mengencangkan kulit. Dapat ditemui pada gandum, apel, jeruk dan kiwi. Upayakan asupannya hingga 75 mg per hari. Vitamin E: Melindungi membran sel dan nutrisi penting pada kulit dari paparan sinar UV. Dapat ditemui dari selai kacang dan almond. Upayakan asupannya hingga 15 [...]

Pilihlah Sabun Dengan PH Seimbang, Maka Kulit Indah Cemerlang

Pilihlah Sabun Dengan PH Seimbang, Maka Kulit Indah Cemerlang

Namanya memilih sabun gampang-gampang sulit. Banyak yang harus diperhatikan. Salah satunya apakah sabun yang Anda pilih memiliki tingkat asam yang seimbang? Jangan berburuk sangka dulu dengan kata asam. Asam yang dimaksud di sini adalah tingkat keasaman alias pH. Nah, kulit manusia memiliki tingkat pH yang rendah. Derajatnya berkisar sekitar 5,4-5,9 namun derajat tersebut bisa berbeda-beda bergantung dari area kulit, usia, ras dan jenis kelamin (Sumber: US National Library of Medicine National Institutes of Health: Normal pH value of human skin -Red). Lalu kenapa penting untuk kita mempertahankan keseimbangan pH? Di kulit kita ada acid mantle yang melindungi kulit dari serangan alergi dan mikroorganisme. Akibat terparahnya kulit bisa terasa perih dan mengelupas. Nah, agar menjaga acid mantle tetap kokoh dan tidak rusak, maka dibutuhkan pH yang seimbang. Solusinya, plihlah sabun dengan kandungan � moisturizing milk yang berfungsi untuk mempertahankan pH balanced pada kulit. Kelebihan sabun yang mengandung � moisturizing milk, selain dapat digunakan untuk kulit tubuh juga bisa digunakan sebagai cuci muka karena pH-nya netral. (NO/HW)Sources: htt [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *