8 Jurus Bebas Stres & Kulit Tetap Cantik

Ketika Anda mengalami stres, tubuh akan melepas hormon kortisol. Inilah yang dapat mengakibatkan perubahan proses metabolisme tubuh. Yang lebih menyebalkan: kulit wajah Anda ikut terkena dampaknya. Seperti diketahui, kortisol memicu peradangan yang dapat memecah kolagen ? protein yang membantu kulit tetap elastis, kencang dan bebas keriput. Tapi Anda tak perlu cemas. Anda masih bisa melakukan langkah-langkah sederhana untuk mengekang tingkat stres dan melindungi kulit. Bagaimana caranya? Berikut ini 8 cara efektif untuk menurunkan kortisol dan mempertahankan kecantikan kulit:

1. Minum teh hitam

Penelitian yang dilakukan di University College London menunjukkan bahwa ketika diberi tugas yang sulit dan rentan stres, mereka yang mengonsumsi teh hitam secara rutin mengalami penurunan kortisol 20% lebih besar dibandingkan mereka yang tidak minum teh hitam. Kandungan kimia alaminya seperti polifenol dan flavonoid dipercaya ampuh untuk efek menenangkan.

2. Pergi ke tempat-tempat hijau

Lewatkanlah waktu untuk pergi tempat-tempat hijau seperti taman. Lakukan yoga atau rapat kantor di area terbuka ketimbang ruang konferensi yang kaku dan minimalis.

3. Mendengarkan musik

Di Japan?s Osaka Medical Center, mereka yang menjalani prosedur kolonoskopi sambil diperdengarkan musik memiliki kadar kortisol yang lebih rendah ketimbang mereka yang menjalani prosedur kolonoskopi di ruangan tenang.

Kiat Anti Stres

4. Bermeditasi

Belum ada penelitian yang menyatakan bahwa bermeditasi setiap hari akan membuat Anda tenang. Namun, mereka yang mempraktikkan meditasi secara rutin selama 4 bulan memiliki tingkat kortisol yang lebih rendah sebanyak 20%.

5. Mengonsumsi makanan sehat

Pilih makanan-makanan hijau gelap, seperti brokoli, bayam, asparagus, dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C di antaranya anggur dan jeruk.

6. Pijat

Tim peneliti dari Emory University menemukan bahwa dipijat secara rutin akan menurunkan tingkat kortisol dan meningkatkan kekebalan.

Beberpa jurus bebas stres lainnya:

Cara Bebas Stres Lainnya:

7. Tidur cukup

Mereka yang tidur selama 6 jam semalam memiliki tingkat kortisol sebanyak 50% lebih tinggi daripada mereka yang tidur selama 8 jam.

8. Memperbaiki postur tubuh

Mungkin ini terdengar aneh, namun postur tubuh Anda dapat mempengaruhi hormon. Tim peneliti dari Harvard University menemukan bahwa seseorang yang berpostur tegak dengan dada terbuka dan tulang lurus mengalami penurunan kortisol sebanyak 25%. Kebalikannya, mereka yang membungkuk mengalami peningkatan kortisol sebanyak 15%.

Selain ketenangan dari dalam, suplemen penunjang juga bermanfaat besar untuk kulit di antaranya mampu membantu membersihkan jerawat, mengurangi garis-garis halus, meningkatkan produksi kolagen, meringankan flek, dan memperbaiki tekstur kulit. Untuk hasil yang terbaik, pilihlah suplemen yang mengandung astaxanthin karena dapat mengembalikan keseimbangan anti oksidan natural kulit.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pencegahan Jerawat untuk Ibu Hamil

Pencegahan Jerawat untuk Ibu Hamil

Oleh: dr. Adithia Kwee Kehamilan merupakan suatu kondisi yang spesial bagi setiap wanita. Selain kegembiraan karena kehamilan, terkadang ada berbagai kondisi tambahan yang dapat memperberat dan menyulitkan kehamilan seorang wanita. Kehamilan memang mempengaruhi seluruh kondisi tubuh, termasuk kulit. Salah satu yang paling sering dikeluhkan oleh Ibu hamil adalah jerawat. Lalu timbulah pertanyaan ini, bisakah jerawat dicegah? Kabar baik, jerawat dapat dicegah, ikuti tips berikut ini: Mulailah mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Perlu diketahui makanan dengan indeks glikemik tinggi berarti makanan tersebut dengan cepat menaikkan kadar gula dalam darah, makanan dengan indeks glikemik rendah bermakna sebaliknya. Kadar gula yang tinggi di darah tentunya akan memacu kadar insulin yang juga akan meninggi di darah, insulin inilah yang kemudian membuat aktivitas kelenjar minyak menjadi berlebihan, jerawat pun lebih mudah timbul. Makanan dengan indeks glikemik rendah antara lain: Sayur-sayuran, Buah, yoghurt, makanan rendah karbohidrat, [...]

Tahukah Kamu Bahwa Polusi dapat Membahayakan Kesehatan Kulit Kita?

Tahukah Kamu Bahwa Polusi dapat Membahayakan Kesehatan Kulit Kita?

Kulit berfungsi sebagai pelindung terhadap air, suhu yang ekstrem, sinar matahari dan bahan-bahan kimia. Sebagai bagian tubuh yang paling luar, kulit merupakan salah satu organ yang paling banyak terpengaruh oleh sinar matahari dan polusi udara. Polusi dan polutan dapat menembus kulit, merusak kulit bahkan hingga masuk ke dalam tubuh, dan karena wajah adalah bagian kulit yang jarang tertutup, maka kulit wajah menjadi bagian kulit yang sering terpapar dengan polutan. Polusi dapat menjadi faktor penyebab tidak langsung dan faktor penyebab langsung terhadap kerusakan kulit. Penyebab Tidak Langsung Saat ini polusi sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari, terutama bagi yang tinggal di daerah perkotaan. Polusi dapat menyebabkan kerusakan ozon. Ozon yang semakin menipis menyebabkan meningkatnya paparan sinar ultraviolet (UV) terutama Ultraviolet B. Hal ini berkaitan langsung dengan terjadinya kanker kulit.Selain itu, ada penyebab langsung. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. [...]

Kiat Memperoleh Kulit Sehat

Kiat Memperoleh Kulit Sehat

Kondisi kesehatan kulit sedikit banyak mencerminkan kondisi kesehatan tubuh seseorang. Kulit bukan anugerah dari langit semata, namun dapat dimiliki dengan beberapa cara, seperti menjalani beberapa kebiasaan ?kebiasaan sederhana sehat berikut ini : Perbanyaklah minum air. Dengan perbanyak minum air, kondisi tubuh akan jauh terhindar dari dehidrasi yang mengakibatkan hilangnya kelembapan kulit. Bersihkan wajah. Hal ini wajib dilakukan, bersihkanlah kulit wajah setidaknya dua kali dalam sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jika memungkinkan, lanjutkan dengan toner untuk mengangkat minyak, debu, kotoran dan make-up yang tertinggal. Kebersihan kulit menentukan Sesuaikan produk pelembab dengan jenis kulit. Jangan sembarang menggunakan pelembab, karena kondisi kulit anda menentukan khasiat akhir formulasi yang dimiliki pelembab itu sendiri. Hindari terik sinar matahari langsung ke kulit. Kulit jika terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan dramatis gangguan kulit seperti kerutan, belang, bintik hitam atau jerawat, bahkan kanker kulit. Penting juga memerhatikan kondisi kulit untuk menyesua [...]

Tips Merawat Kulit

Tips Merawat Kulit

Tips Merawat Kulit Berikut beberapa tips dalam perihal usaha merawat kulit kian optimal yang telah melalui pertimbangan medis: Cuci tangan yang bersih sebelum menyentuh wajah AndaPenting adanya faktor kebersihan dalam melakukan perawatan wajah. Bakteri bisa datang dari mana saja, temasuk diantaranya tangan kita sendiri. Senantiasa lakukan pembersihan kulit pada pagi dan malam hari Kulit yang telah seharian ikut beraktivitas tanpa kita sadari terpapar oleh bakteri ataupun kuman, oleh karena itu penting untuk melakukan pembersihan kulit wajah pada malam hari. Pun, pembersihan di pagi hari adalah guna membersihkan kulit dari lemak yang dikeluarkan oleh tubuh selama tidur malam hari. Di malam hari, luangkan waktu untuk memijat kulit untuk menstimulasi sirkulasi pertukaran sel-sel pada kulit. Lakukan dengan cairan penyegar guna memberikan efek relaksasi pada kulit setelah lelah beraktifitas. Untuk kulit kering: Ubah jenis produk perawatan kulit sesuai musim, iklim, dan gaya hidup Anda: lingkungan ber-AC, kehidupan di alam terbuka Mulailah menggunakan produk perawatan anti-aging, segera setelah pertanda penuaan muncul. Hal ini kerap terjadi lebi [...]

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

Kulit impian para wanita adalah kulit sehat, putih, dan bersih. Untuk mendapatkannya, setiap wanita akan melakukan berbagai cara. Tapi kadang, selalu saja muncul masalah pada kulit yang mengesalkan, salah satunya kulit sensitif dan kering. Ada banyak faktor yang membuat kulit Anda menjadi kering: Kebiasaan mandi dengan air panas Mandi dengan air yang terlalu panas dapat mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan mandi dengan air bertemperatur ruangan. Kebiasaan malas minum air putihKurang air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung pada kulit kering.Seringlah minum air putih terutama kalau Anda ada di dalam ruangan ber-AC. Kebiasaan malas mengkonsumsi makanan sehatPenelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung omega 3 akan membantu membentengi minyak alami kulit. Kebiasaan usia lanjutFungsi organ tubuh akan berkurang sejalan bertambahnya usia. Pada usia lanjut, pembentukan zat elastin untuk menjaga elastisitas kulit akan berkurang. Kebiasaan merokokZat-zat dalam rokok dapat merusak jaringan kolagen yang berfungsi sebagai elastisitas kulit. Solusinya mengatasi kulit [...]

Cara Awet Muda ala Dokter

Cara Awet Muda ala Dokter

Kita tentu mengenal dan memiliki teman-teman yang tampak lebih muda atau tampak lebih tua ketimbang usia aslinya. Jika kita dilabel tampak lebih muda daripada usia kita yang sebenarnya, tentu kita akan merasa senang dan berbuang-bunga. Namun, jika kita dilabel berusia lebih tua daripada usia kita yang sebenarnya, apa yang kita rasakan? Jika sebenarnya usia kita masih 20 sekian tahun, tapi dianggap 30 sekian tahun, seringkali kita akan lebih sering merasa khawatir dan sedih. Dunia medis mengenal konsep usia kronologis dan usia biologis. Konsep usia kronologis dan usia biologis berkaitan dengan proses penuaan tubuh. Usia kronologis terkait dengan usia seseorang saat ini berdasarkan hari ulang tahunnya. Sedangkan, usia biologis adalah angka konseptual dan teoretis yang menunjukkan fungsi organ tubuh seharusnya pada usia tertentu, misalkan jika telah terjadi pubertas maka seseorang dapat dikatakan memasuki usia remaja.Maka sesuai konsepnya, jika usia biologis seseorang ternyata lebih muda daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih lambat. Sedangkan jika usia biologis lebih tua daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih cepat.Sesuai dengan konsep ini [...]

Mengatasi Stretch Marks

Mengatasi Stretch Marks

Oleh: dr. Jessica Florencia Stretch Marks atau dalam istilah medis dikenal dengan striae, kerap menjadi suatu sumber kegelisahan tertentu bagi ibu hamil pada masa kehamilan. Bila stretch marks tidak terlalu luas, Ibu tidak perlu khawatir karena lama kelamaan akan menghilang dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Namun, jika stretch marks pada Ibu hamil mengenai bagian tubuh cukup luas maka sebaiknya Ibu mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah stretch marks yang Ibu alami merupakan kondisi yang normal terjadi atau diperlukan pemeriksaan hormon untuk mengetahui apakah ada kondisi kesehatan lain yang mendasari stretch marks Ibu. Ketika menemui dokter, Ibu dapat mendiskusikan dengan dokter pilihan penanganan apa yang paling tepat untuk membantu memperbaiki stretch marks Ibu. Dokter akan membantu Ibu untuk mempelajari beberapa pertimbangan seperti usia stretch marks, kelebihan dan kekurangan suatu metode penanganan dan perbandingan biaya.Pilihan-pilihan penanganan stretch marks saat ini meliputi: Krim tretinoinKrim tretinoin memperbaiki stretch marks dengan meningkatkan pembentukan kolagen dan dapat membantu memperbaiki stretch marks yang [...]

Kenali Pencetus Munculnya Eksim

Kenali Pencetus Munculnya Eksim

Kulit gatal, kemerahan, sensitif, bersisik, dan berbintil-bintil? Keluhan-keluhan tersebut adalah keluhan-keluhan yang sering didapatkan penyakit eksim (dermatitis).Eksim (dermatitis) merupakan kondisi kulit yang biasanya terjadi karena alergi. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan dermatitis atopik. Tampilannya dapat berbeda-beda. Pada anak-anak, kelainan kulit dapat basah dan gatal. Sedangkan, pada orang dewasa biasanya memberikan tampilan eksim kering pada kulit.Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi keparahan eksim. Berat badan yang berlebih dapat membuat gesekan kulit bertambah dan meningkatkan kelembapan sehingga dapat menyebabkan eksim bertambah parah, namun tidak menjadi penyebab langsung. Pada beberapa orang, makanan juga dapat menjadi pencetus munculnya eksim. Faktor-faktor ini biasanya sifatnya individual, berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya.Berikut beberapa hal yang membuat kondisi eksim semakin parah: [...]

Dampak Buruk Sinar Matahari untuk Kulit

Dampak Buruk Sinar Matahari untuk Kulit

Setiap makhluk hidup di permukaan bumi terpapar terhadap sinar ultraviolet (UV) yang merupakan bagian dari sinar matahari. Sinar matahari selain dibutuhkan sebagai sumber energi utama kehidupan, juga dapat memberikan pengaruh yang baik secara langsung bagi tubuh.Dalam porsi kecil, sinar matahari dapat mengaktifkan vitamin D dalam tubuh yang diperlukan untuk pembentukan tulang. Meskipun demikian, sinar UV dalam jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan bahan genetik tubuh (DNA) yang merupakan awal mula terjadinya kanker kulit. Paparan sinar UV yang berlebih juga dapat menyebabkan kulit terbakar, kulit menghitam, penuaan dini, munculnya kerutan lebih cepat, dan kanker kulit.Ironisnya, dengan semakin luasnya kerusakan ozon, paparan radiasi ultraviolet yang mencapai perbukaan bumi menjadi semakin meningkat sehingga dapat menyebabkan masalah kulit yang tidak dapat diabaikan.Sinar UV dikelompokkan ke dalam 3 jenis, ultraviolet A (UVA), ultraviolet B (UVB), dan ultraviolet C (UVC), yang masing-masing berbeda panjang gelombangnya. Meskipun UVA dapat menembus ke dalam kulit, UVB merupakan sinar yang lebih berperan dalam menyebabkan kerusakan kulit.Paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu [...]

2 Hal yg Harus Diperhatikan Ketika Memilih Produk Perawatan Kulit

2 Hal yg Harus Diperhatikan Ketika Memilih Produk Perawatan Kulit

Sekarang ini, banyak sekali produk perawatan kulit yang hadir. Kalau diperhatikan, semuanya menawarkan kelebihan yang mirip, yaitu menjaga kesehatan kulit. Tapi kalau semua sama, bagaimana caranya memilih produk mana yang sesuai untuk kulit Anda?. Di sini, Anda harus menjadi konsumen yang cerdas. Kita perlu mengetahui dengan jelas apa kandungan yang ada pada produk perawatan kulit. Terkait dengan hal tersebut hal yang Aulia dan Klikdokter sepakat, setidaknya ada 2 hal yang sangat perlu diperhatikan dalam memilih produk perawatan kulit, diantaranya adalah: 1. Perhatikan Dahulu Jenis Kulit Anda Pertama kali harus diperhatikan dalam memilih produk perawatan kulit adalah jenis kulit Anda. Ada 3 fakta yang kita harus ketahui tentang tipe kulit: Tipe kulit kulit dapat berbeda. Tipe kulit dapat berbeda-beda bergantung dari berbagai faktor seperti: genetik, cuaca, hormonal, dsb. Cermati sekali lagi jenis kulit Anda. Keadaan kulit wajah yang kita lihat sesaat belum tentu menggambarkan tipe kulit yang sesungguhnya. Jika perlu, cari pendapat dokter. Menentukan jenis kulit adalah langkah terpenting dalam perawatan kulit. Oleh karen [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *