8 Kebiasaan Penyebab Perut Gampang Kembung

dave-hakkens-edible-candy-pen.jpg

Presenter dan dokter yang membawakan acara Embarrasing Bodies, Dr Pixie McKenna bahkan mengungkapkan 70 pasien yang dihadapinya memiliki keluhan perut kembung. Terdengar sepele, tapi pemicunya, kata Pixie, terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, kafein dan alkohol serta terlambat makan malam.

Bagaimanapun merokok serta terlalu banyak mengonsumsi buah juga dapat memicu perut kembung. Dan lagi, kebiasaan menggigit tutup pulpen juga ternyata dapat membuat perut kembung.

Lebih jelasnya, Dr Pixie mengungkapkan 10 penyebab tersembunyi yang menyebabkan perut kembung, seperti dilansir Mirror, Senin (16/6/2014).

1. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet memang dapat membantu mengurangi bau mulut dan membersihkan gigi setelah makan. Tapi dibalik itu, permen karet menyebabkan perut kembung.

“Mengunyah permen karet menyebabkan perut kembung karena saat mengunyah jumlah gas mengalami peningkatan dalam saluran pencernaan,” kata Pixie. Pixie menyarankan, jika Anda memiliki masalah gusi atau bau mulut, beralihlah menggigit kacang atau popcorn.

2. Menggunakan celana longgar

Meski penelitian mencatat celana ketat sering dihubungkan dengan menurunnya fungsi reproduksi, tapi celana longgar dapat menyebabkan perut kembung. Untuk itu, Pixie menyarankan untuk menggunakan celana longgar hanya 2-3 jam saja terutama bila Anda akan berpesta.

3. Pemanis buatan

Salah satu sumber tersembunyi yang membuat perut kembung adalah konsumsi pemanis buatan dalam makanan. Pixie mengatakan, saat tubuh mendapati pemanis buatan, saluran cerna akan berjuang keras menghacurkannya sehingga akan terjadi kelebihan gas yang menyebabkan kembung. periksa bahan-bahan pemanis buatan sebelum membelinya.

4. Merokok dan menggigit tutup pulpen

Kebiasaan mengisap dan menelan udara berlebih dan air liur juga menjadi penyebab perut kembung. Khususnya merokok, efeknya akan berganda karena asapnya memengaruhi pencernaan. Bahan kimia rokok juga melemahkan sfingter esofagus bagian bawah atau otot antara kerongkongan dan perut yang membuat isi perut mengalir kembali ke kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan mulas dan gas berlebih.

5. Stres

Apoteker, Steve Riley mengatakan, stres memengaruhi kemampuan tubuh untuk mencerna makanan. “Ketika kita merasa cemas, hormon stres, adrenalin dan kortisol akan keluar dan menghambat sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan kembung dalam jangka panjang,” katanya. Untuk mencegah kembung, duduk saat makan dan mengunyah dan nikmati makanan Anda dengan perlahan.

6. Terlalu banyak makan buah

Makan buah memang baik bagi kesehatan. Tapi jika terlalu banyak atau bahkan setiap waktu, buah yang mengandung fruktosa atau gula yang ditemukan dalam buah bisa menjadi penyebab kembung bagi orang-orang yang memiliki masalah saluran pencernaan.

7. Mengonsumsi susu

Jika Anda berulang kali mengalami perut kembung setelah makan atau minum produk susu, seperti susu dan keju, mungkin Anda mengalami laktosa intoleran, terutama jika disertai dengan kram perut dan diare.

Ini adalah masalah pencernaan umum ketika tubuh tidak mampu mencerna laktosa, jenis gula terutama ditemukan dalam makanan susu.

8. Obat

Banyak obat-obatan bebas yang dijual dapat memicu kembung termasuk aspirin, obat diare dan pil zat besi. Jika Anda menduga obat tertentu dapat membuat perut kembung, Pixie menyarankan untuk menanyakan resep yang cocok pada apoteker.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Buktikan Bukan Penyebab MERS, Peternak Ciumi Unta

Buktikan Bukan Penyebab MERS, Peternak Ciumi Unta

Para ilmuwan meyakini unta di Arab Saudi menjadi sumber penularan utama Middle East Respiratory Syndrome coronavirus (MERS-CoV) . Penyakit baru ini telah menyebabkan ratusan korban meninggal dunia. Tapi, ada satu tempat di mana MERS tak menakuti-nakuti orang. Di sana, unta malah diciumin sebagai respons dari MERS.Tempat tersebut memang menjadi munculnya infeksi pertama kali pada 2012 dan hingga kini sudah tercatat lebih dari 500 kasus yang ditemukan.Padahal menteri kesehatan Arab Saudi sudah memperingatkan masyarakat untuk menjauhi daging mentah unta dan susu unta untuk menghindari penyakit. Tapi, sejumlah peternak unta menolak peringatan tersebut. Beberapa peternak secara terbuka menantang klaim bahwa unta sebagai sumber dari virus yang mematikan itu. Seorang peternak Arab Saudi memosting video klip dirinya yang memeluk dan mencium unta sambil bermain-main."Jangan bersin di wajahku," kata peternak di sebuah video klip dari GulfNews dan dikutip Liputan6.com, Senin (19/5/2014)."Mereka mengatakan unta yang membawa virus Korona," kata pria itu dengan sinis.Berbeda lagi dengan pria yang memosting foto dirinya yang mencium seekor unta dengan mulutnya untuk membuktikan bahwa hewan yang s [...]

Cara Merawat Rambut Hitam Alami

Cara Merawat Rambut Hitam Alami

Rambut indah merupakan dambaan setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Meskipun begitu, perempuan cenderung lebih memperhatikan tampilan rambutnya. Agar tetap indah terjaga, berbagai cara dilakukan. Berikut cara merawat rambut hitam secara alami seperti dilansir dari Olips Beauty, Senin (10/13). Merang Padi Merang padi atau batang pohon padi memiliki khasiat yang baik untuk merawat rambut hitam Anda. Khasiat merang padi sendiri telah diketahui sejak dahulu. Cara menggunakannya, ambil 1 ikat merang padi, lalu dibakar hingga hangus menjadi abu. Setelah itu, campurkan abu merang padi dengan air dan jeruk nipis. Simpan larutan ini di udara terbuka selama 1 malam. Setelah selesai, pisahkan air dengan abunya kemudian gunakan air tersebut untuk keramas. Anda dapat melakukannya 3 kali seminggu. Biji Pepaya Pepaya memang kaya manfaat. Selain buahnya yang enak dimakan hingga daunnnya yang bisa digunakan untuk obat luar, ternyata biji pepaya juga berguna untuk merawat rambut. Di dalam biji pepaya terdapat zat Glucoside Cacirindan Karpain yang bermanfaat untuk menghitamkan rambut. Cara menggunakannya cukup mudah. Anda tinggal menggoreng biji pepaya tanpa minyak, lalu tumbuk sampai [...]

Pertama Kalinya, Pasien Koma Bisa Bilang ‘Saya Tidak Sakit’

Pertama Kalinya, Pasien Koma Bisa Bilang ‘Saya Tidak Sakit’

Bila sebelumnya kita mengetahui bahwa pasien vegetatif (persistent vegetative state) atau yang mengalami koma biasanya tidak dapat merespon rangsangan apa pun dari luar dirinya meski sadar, kini dunia medis dikejutkan dengan pasien koma, Scott Routley (39) yang mampu memberitahu ahli medis bahwa dirinya tidak sakit. Dikutip laman News, Senin (21/4/2014), Scott diketahui mengalami kerusakan otak serius akibat kecelakaan mobil sehingga dinyatakan koma sejak 10 tahun lalu. Namun sejak itu juga peneliti telah mencatat tanggapan orang koma melalui MRI (alat pemindai otak dan jaringan tubuh lain). Profesor yang juga peneliti utama dari Kanada University of Western Ontario, Adrian Owen mengatakan bahwa Scott tetap sadar walaupun tidak bisa merespon apa pun. "Scott telah mampu menunjukkan bahwa ia sadar. Kami telah mengamati beberapa kali pola aktivitas otaknya. Penelitian menunjukkan dia bisa menjawab pertanyaan kami dengan jelas dan kami percaya dia tahu siapa dirinya dan di mana dia berada," kata Prof Owen. Prof Owen pun menyampaikan, buku mengenai kondisi pasien koma harus direvisi ulang karena kondisi Scott menunjukkan bahwa dirinya bisa merespon saat ia dimandikan dan diberi mak [...]

Program KB Jangan Muluk-muluk yang Penting Tepat Sasaran

Program KB Jangan Muluk-muluk yang Penting Tepat Sasaran

PeduliSehat.info, Pontianak Hingga saat ini Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Caranya dengan menggencarkan kembali program Keluarga Berencana (KB) yang beberapa tahun belakangan mulai ditinggalkan. Bertempat di Aula Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Barat, BKKBN Kota Pontianak menggelar rapat kerja daerah. Rapat tersebut dibuka langsung oleh Wakil Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono dengan mengangkat tema `Pemantapan Pelaksanaan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) Tahun 2014 menuju akhir rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2010-2014 Menyongsong Pasca Millenium Develooment Goals (MDGs) 2015`. Menurut Edi, permasalahan kependudukan ini erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat. "Membatasi jumlah anak ini nantinya akan berpengaruh dengan peningkatan pendidikan, yang nantinya akan mengubah sudut pandang masyarakat dalam merencanakan masa depan keluarga, perencanaan yang lebih baik akan bisa mendatangkan kesejahteraan yang lebih baik juga," ujar Edi pada sejumlah wartawan. Edi mengklaim, dengan tingkat pertumbuhan penduduk 1,9 pers [...]

Yang Harus Diwaspadai dari Minuman Berenergi

Yang Harus Diwaspadai dari Minuman Berenergi

Saat lelah memang paling menyenangkan jika mengonsumsi minuman berenergi. Rasanya yang manis dan segar membuat tubuh jadi berenergi. Namun, ada fakta yang harus diketahui agar saat lelah jangan mengonsumsi minuman semacam ini. Mengapa? Ternyata, minuman energi mengandung kafein lebih banyak atau lima kali dibandingkan kopi. Dorongan energi yang diberikan memang langsung terasa namun hanya sebentar diiringi efek samping yang tidak menyenangkan. Mulai dari perasaan gelisah, lekas marah dan detak jantung yang cepat menurut ahli nutrisi dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, Amy Goodson, RD seperti dilansir Time pada Senin (20/10/2014). Perlu diketahui juga bahwa rasa manis pada minuman berenergi berasal dari sekitar 50 gram gula atau sekitar 13 sendok teh per kaleng. Hal ini menimbulkan lonjakan gula darah untuk menyemangati namun tak lama kemudian membuat tubuh kembali lemah menurut Goodson. Dengan mengetahui fakta ini, ada baiknya untuk membatasi konsumsi minum minuman berolahraga. [...]

Bibir Kering Saat Puasa, Tanda Kurang Minum Malam Hari

Bibir Kering Saat Puasa, Tanda Kurang Minum Malam Hari

Selama puasa di bulan Ramadan, kesempatan minum air dibatasi hanya pada malam hari. Masalahnya, bila kurang minum, bisa terjadi dehidrasi ringan atau sedang yang mengakibatkan bibir kering.Meskipun dehidrasi ringan dinilai wajar, tapi berdasarkan buku ?Air Bagi Kesehatan? edisi kedua tahun 2012 yang disusun oleh pakar gizi seperti DR. Dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), Prof. DR. Ir. Hardinsyah, MS, DR. Dr. Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dan Dr. Sudung O. Pardede, Sp.A (K), dehidrasi saat puasa perlu diperhatikan. Karena bisa jadi, bibir kering adalah akibat dehidrasi atau tanda penyakit lain. "Penyebab bibir kering selama puasa, bila tidak ada penyakit karena kekurangan air minum. Jumlah yang diminum belum memenuhi kebutuhan air bagi tubuh," tulis keempat pakar gizi, ditulis Jumat (27/6/2014). Keempat pakar gizi tersebut juga menuliskan, jumlah air minum yang dibutuhkan untuk hidup sehat dan aktif setiap hari tergantung ukuran tubuh, tahap pertumbuhan (usia), jenis kegiatan dan suhu lingkungan."Seorang dewasa dengan aktivitas sedang misalnya, membutuhkan sekitar 7-8 gelas air sehari. Walaupun belum ada penelitian tentan pengaturan minum saat puasa, tapi dianjurkan minum 2 gelas ai [...]

Ingin ke Indonesia, WNA Wajib Isi Kartu Kewaspadaan Kesehatan

Ingin ke Indonesia, WNA Wajib Isi Kartu Kewaspadaan Kesehatan

Untuk mencegah penularan virus korona, Warga Negara Asing (WNA) yang ingin ke Indonesia kembali diwajibkan mengisi Health Alert Card (Kartu Kewaspadaan Kesehatan). Seperti disampaikan oleh Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr. dr. Fidiansyah, Sp.KJ, MPH bahwa kartu tersebut akan memberikan informasi mengenai WNA yang baru datang dari negara terjangkit atau mungkin ternyata pernah ada riwayat kontak dengan pasien terjangkit. "Untuk antisipasi penularan virus masuk ke Indonesia, kita kasih Kartu Kewaspadaan Kesehatan. Ini wajib diisi oleh WNA saat di bandara. Kartu itu nanti sepotong dibawa ke dinas kesehatan, dan sepotong lagi dibawa sama orang yang bersagkutan," kata Fidiansyah di sela-sela acara pelantikan pejabat Eselon I di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (2/5/2014). Fidiasyah menyebutkan, pengisian kartu kewaspadaan kesehatan sebenarnya telah dilakukan sejak tahun lalu ketika virus korona mulai merebak. Namun kini mulai diberlakukan kembali mengingat semakin berkembangnya penularan virus korona di negara Timur Tengah khususnya Arab Saudi. [...]

5 Penyakit yang Setia Datang di Kala Musim Banjir

5 Penyakit yang Setia Datang di Kala Musim Banjir

Selama banjir menggenangi Kota Jakarta, ada lima jenis penyakit yang diderita para pengungsinya. Mulai dari infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), penyakit kulit, diare, kencing tikus, sampai demam berdarah. Meski begitu, jumlah pengungsi yang menderita penyakit seperti ini menurun jumlah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dr. Jhon ST Marbun M. Kes mengatakan bahwa dinkes telah menyiapkan banyak pihak untuk melakukan penanganan secara cepat dan tepat. "Secara teknis memang kami telah mennyiapkan beberapa pihak untuk melakukan penanganan secepatnya. Selain itu, dibantu pihak lain, dalam hal ini Wipol, melakukan penyuluhan terhadap individu dan kelompok warga mengenai PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)," kata dr. Jhon dalam acara 'Wipol Aksi Anti Kuman' Tingkatkan Kesadaran Perilaku Hidup Bersih Sehat Masyarakat di Hotel L-Meredien, Jakarta, ditulis Kamis (13/3/2014).Untuk melakukan penanganan terhadap para pengungsi, dinkes secara khusus menurunkan dokter dan perawat operasional yang membantu di pengungsian. Selain itu, dinkes juga menyiapkan rumah sakit rujukan, serta fa [...]

Tak Kunjung Hamil, Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Tak Kunjung Hamil, Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Sesudah menikah ada pasangan yang menginginkan untuk langsung memiliki buah hati ada pula yang menunda. Ketika Anda menginginkan buah hati serta sudah berusaha hidup sehat dan sering melakukan hubungan intim namun istri tak kunjung hamil sudah saatnya mengunjungi dokter Menurut ahli infertilitas dokter Indra NC Anwar dalam buku Bunga Rampai Masalah Kesehatan terbitan Balai Penerbit Fakultas Kedokteran UI tahun 2013, sebagian besar perempuan atau sekitar 85 persen sudha hamil dalam satu tahun perkawinan. Jika usai satu tahun perkawinan belum juga hamil disarankan untuk melakukan pemeriksaan. Menurut dokter Indra, penanganan masalah ketidaksuburan agak berbeda dengan penanganan pasien dengan masalah kehamilan biasa. Untuk permasalahan ketidaksuburan konsultasi yang diperlukan relatif membutuhkan waktu lama. Mulai dari menceritakan masalah ketidaksuburan. rencana pemeriksaan, serta pengobatan. Komunikasi yang baik antara dokter dan pasien membantu keberhasilan pemeriksaan dan pengobatan. Perkembangan ilmu pengetahuan yang sudah pesat membuat kini ada dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang khusus menangani masalah ketidaksuburan. Sehingga akan diberikan pelayanan khusus dan t [...]

6 Bank Sperma di Amerika, Siapa Berminat?

6 Bank Sperma di Amerika, Siapa Berminat?

Polemik antara seorang perempuan kulit putih dengan Bank Pperma di Chicago, Amerika Serikat, makin membuat banyak orang tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang Bank Sperma. Di Indonesia, Bank Sperma belum ada karena terganjal persoalan etika. Tetapi di belahan dunia lain, bank sperma sudah ada banyak. Amerika Serikat contohnya, di negeri Paman Sam ini setidaknya ada 15 Bank Sperma yang berdiri. Berikut beberapa Bank Sperma tersebut: 1. Pacific Reproductive Services Bank Sperma ini berlokasi di San Francisco dan Pasadena, California. Bank Sperma ini telah melayani pasangan lesbian dan ibu tunggal sejak tahun 1984. 2. ReproTech Didirikan tahun 1990, ReproTech menyediakan layanan jangka panjang penyimpanan sperma. 3. Xytex Sperm Bank Bank sperma yang ada di Georgia ini telah ada sejak tahun 1975 dan menyediakan layanan sperma ke konsumen di seluruh dunia. 4. California Cryobank Terletak di kota Los Angeles, Bank Sperma ini sudah berdiri lebih dari 25 tahun. Prosedur penyimpanan atau permintaan sperma di tempat ini cukup ketat. 5. CryoGam Colorado Bank sperma yang terletak di Colorado ini menawarkan layanan yang patient-centered dan harga yang terjangkau tanpa me [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *