8 Kebiasaan Penyebab Perut Gampang Kembung

dave-hakkens-edible-candy-pen.jpg

Presenter dan dokter yang membawakan acara Embarrasing Bodies, Dr Pixie McKenna bahkan mengungkapkan 70 pasien yang dihadapinya memiliki keluhan perut kembung. Terdengar sepele, tapi pemicunya, kata Pixie, terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, kafein dan alkohol serta terlambat makan malam.

Bagaimanapun merokok serta terlalu banyak mengonsumsi buah juga dapat memicu perut kembung. Dan lagi, kebiasaan menggigit tutup pulpen juga ternyata dapat membuat perut kembung.

Lebih jelasnya, Dr Pixie mengungkapkan 10 penyebab tersembunyi yang menyebabkan perut kembung, seperti dilansir Mirror, Senin (16/6/2014).

1. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet memang dapat membantu mengurangi bau mulut dan membersihkan gigi setelah makan. Tapi dibalik itu, permen karet menyebabkan perut kembung.

“Mengunyah permen karet menyebabkan perut kembung karena saat mengunyah jumlah gas mengalami peningkatan dalam saluran pencernaan,” kata Pixie. Pixie menyarankan, jika Anda memiliki masalah gusi atau bau mulut, beralihlah menggigit kacang atau popcorn.

2. Menggunakan celana longgar

Meski penelitian mencatat celana ketat sering dihubungkan dengan menurunnya fungsi reproduksi, tapi celana longgar dapat menyebabkan perut kembung. Untuk itu, Pixie menyarankan untuk menggunakan celana longgar hanya 2-3 jam saja terutama bila Anda akan berpesta.

3. Pemanis buatan

Salah satu sumber tersembunyi yang membuat perut kembung adalah konsumsi pemanis buatan dalam makanan. Pixie mengatakan, saat tubuh mendapati pemanis buatan, saluran cerna akan berjuang keras menghacurkannya sehingga akan terjadi kelebihan gas yang menyebabkan kembung. periksa bahan-bahan pemanis buatan sebelum membelinya.

4. Merokok dan menggigit tutup pulpen

Kebiasaan mengisap dan menelan udara berlebih dan air liur juga menjadi penyebab perut kembung. Khususnya merokok, efeknya akan berganda karena asapnya memengaruhi pencernaan. Bahan kimia rokok juga melemahkan sfingter esofagus bagian bawah atau otot antara kerongkongan dan perut yang membuat isi perut mengalir kembali ke kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan mulas dan gas berlebih.

5. Stres

Apoteker, Steve Riley mengatakan, stres memengaruhi kemampuan tubuh untuk mencerna makanan. “Ketika kita merasa cemas, hormon stres, adrenalin dan kortisol akan keluar dan menghambat sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan kembung dalam jangka panjang,” katanya. Untuk mencegah kembung, duduk saat makan dan mengunyah dan nikmati makanan Anda dengan perlahan.

6. Terlalu banyak makan buah

Makan buah memang baik bagi kesehatan. Tapi jika terlalu banyak atau bahkan setiap waktu, buah yang mengandung fruktosa atau gula yang ditemukan dalam buah bisa menjadi penyebab kembung bagi orang-orang yang memiliki masalah saluran pencernaan.

7. Mengonsumsi susu

Jika Anda berulang kali mengalami perut kembung setelah makan atau minum produk susu, seperti susu dan keju, mungkin Anda mengalami laktosa intoleran, terutama jika disertai dengan kram perut dan diare.

Ini adalah masalah pencernaan umum ketika tubuh tidak mampu mencerna laktosa, jenis gula terutama ditemukan dalam makanan susu.

8. Obat

Banyak obat-obatan bebas yang dijual dapat memicu kembung termasuk aspirin, obat diare dan pil zat besi. Jika Anda menduga obat tertentu dapat membuat perut kembung, Pixie menyarankan untuk menanyakan resep yang cocok pada apoteker.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jokowi Targetkan Anggaran Kesehatan 10 Persen dari APBN

Jokowi Targetkan Anggaran Kesehatan 10 Persen dari APBN

Dalam menentukan anggaran kesehatan, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua Jokowi-JK menargetkan anggaran sebesar 10 persen. Itu pun bukan lagi dibebankan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), melainkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).Anggota Tim Pemenangan Jokowi - JK, Rieke Diah Pitaloka dalam pernyataannya pada Liputan6.com bahkan mengungkapkan, akan melakukan komunikasi efektif dengan pemda, terkait jaminan kesehatan. Karena pada UU Kesehatan, anggarannya harus sebesar 10 persen."Dengan dijalankannya Kartu Indonesia Sehat, maka APBD kesehatan tersebut tidak lagi digunakan untuk jaminan kesehatan sosial bagi masyarakat miskin dan tidak mampu," kata Rieke.Hal ini bertujuan, kata Rieke agar APBD kesehatan bisa dioptimalkan untuk peningkatan fasilitas kesehatan dan insentif tenaga kesehatan. Sehingga, dengan berlakunya KIS, akan ada peningkatan pelayanan kesehatan kepada rakyat. Di sisi lain, sistem kesehatan semakin baik."KIS memberi kepastian peningkatan kesejahteraan bagi tenaga kesehatan, terutama menyangkut status kerja dan upah bagi tenaga kesehatan," tambahnya. [...]

Sebelum ke Dokter, Coba Dulu 6 Obat dari Dapur Ini

Sebelum ke Dokter, Coba Dulu 6 Obat dari Dapur Ini

Berbagai makanan tak hanya menyenangkan dan mengenyangkan perut. Tapi ada juga lho makanan yang mampu mengurangi masalah atau penyakit ringan yang mendera tubuh. Sebelum pergi ke dokter, coba kulik isi dapur Anda untuk mengatasi beberapa masalah berikut seperti dikutip Time, Senin (21/7/2014). 1. Jahe untuk Kram Menstruasi Beberapa perempuan yang merasakan nyeri amat sangat pada hari pertama dan kedua menstruasi. Untuk mengatasi itu, coba tambahkan jahe dalam teh maupun susu. "Jahe dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi peradangan pada otot, termasuk rasa sakit di rahim," tutur Marry Rosser, MD, PhD asisten profesor kebidanan dan ginekologi Montefiore Medical Center New York. 2. Cranberi untuk Cegah Infeksi Saluran Kemih Mungkin buah keluarga beri ini sulit didapatkan di dapur, namun Anda bisa sengaja membelinya di supermarket demi menjaga kesehatan kandung kemih. Kandungan proanthocyanidin di dalamnya mampu melawan bakteri jahat pemicu infeksi saluran kemih. "Jika Anda sudah sakit infeksi salurann kemih cranberi tidak akan menyembuhkan. Tapi mengonsumsi cranberi setiap hari dapat melindungi saluran kemih dari infeksi," tutur Dr Rosser. 3. Brokoli untuk Premens [...]

Siswa SMP Ingin Operasi Plastik Agar Mirip Karakter di Televisi

Siswa SMP Ingin Operasi Plastik Agar Mirip Karakter di Televisi

Seorang siswa SMP Kelas 3 di Wuhan, Provinsi Hubei, China, begitu mengidolakan karakter di televisi. Namun, hal tersebut membuat orangtuanya khawatir bila putranya pergi ke Korea Selatan untuk melakukan operasi plastik agar mirip karakter di televisi.Seperti dilaporkan EveningNews dan dikutip Rabu (12/3/2014), siswa yang tak disebutkan namanya itu merupakan penggemar berat drama televisi Korea Selatan My Love from the Star. Drama tersebut menceritakan alien yang mendarat di bumi 400 tahun lalu dan jatuh cinta dengan aktris di era modern.Siswa itu begitu ingin terlihat seperti Profesor Do, bintang alien di drama tersebut dan menghubungi beberapa pemuda lainnya yang memiliki mimpi yang sama pergi ke Korea Selatan untuk operasi plastik. Orangtua si siswa yang khawatir tersebut kemudian menghubungi hotline media untuk meminta bantuan.Psikolog dan Direktur Sino-German Institute of Psychology Li Xianfu mengatakan, orang-orang yang tak bisa objektig dalam menerima menampilannya kemungkinan menderita gangguan obsesif-kompulsif serta membutuhkan bantuan psikologis. [...]

RUU Kekerasan Seksual `Mental` di DPR

RUU Kekerasan Seksual `Mental` di DPR

Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) Jakarta menyerukan Rancangan Undang-Undang (RUU) kekerasan seksual dibahas di tahun politik ini. "Lemahnya sistem hukum termasuk subtansi hukum membuat kami menginginkan pemerintah sekarang dan yang baru nantinya segera membahas RUU Kekerasan Seksual," kata Direktur LBH APIK Jakarta Ratna Batara Munti, ditulis Senin (27/1/2014).Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan sistem hukum yang adil dipandang dari pola hubungan kekuasaan dalam masyarakat, khususnya hubungan perempuan dan laki-laki. "Berbagai upaya perlu dilakukan untuk menghapuskan ketidaksetaraan dan ketidakadilan gender dalam berbagai bentuknya, laki-laki dan perempuan itu memiliki hak sama," kata Ratna.Ratna mengatakan sepertinya usulan RUU Kekerasan Seksual agar bisa masuk prolegnas di DPR RI ini sudah lama diserukan. Namun hingga saat ini belum ada respon baik dari DPR maupun pemerintah. Semua `mental` (terpelanting). "Kami ingin DPR periode berikutnya mau memasukkan RUU Kekerasan Seksual dalam prolegnas," katanya.Ratna berharap pemerintah dapat mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan demokratis, serta menciptakan kondisi yang setara antara [...]

Pria Pendek Lebih Panjang Umur

Pria Pendek Lebih Panjang Umur

Anda, para pria yang merasa bertubuh pendek, jangan berkecil hati!. Sebuah penelitian mengungkapkan pria yang tubuhnya pendek, kurang dari 157 cm disebutkan bakal hidup lebih lama ketimbang yang posturnya lebih tinggi dari 162 cm.Demikian hasil penelitian yang baru diterbitkan dalam Jurnal PLoS One. Peneliti menganalisa data dan mengaitkan antara tubuh pendek dan panjangnya umur pada pria Jepang. Peneliti meyakini bahwa panjangnya usia tergantung pada gen umur panjang."Kita membagi ke dalam dua kelompok. Mereka adalah yang tingginya 152 cm dan lebih pendek, dan 162 cm dan lebih tinggi," kata Dr Bradley Willcox, salah satu peneliti dan profesor di John A. Burns School of Medicine's Department of Geriatric Medicine, University of Hawaii, seperti dilansir Medicaldaily, Senin (12/5/2014).Peneliti menemukan, pelindung gen FOXO3 menghambat pertumbuhan di awal sehingga ukuran tubuh lebih kecil. Gen umur panjang diberikan sehingga umur lebih panjang. Dan mereka yang lebih pendek cenderung kurang memiliki tingkat insulin darah yang tinggi atau mengembangkan kanker.Gen FOXO3 ditemukan pada tahun 2010 oleh peneliti Jerman, Christian Albrechts University, yang ditemukan pada orang yang memilik [...]

Jalan Lahir Robek Tak Dijahit Benar, Dingaan BAB Lewat Miss V

Jalan Lahir Robek Tak Dijahit Benar, Dingaan BAB Lewat Miss V

Vagina Kgomotso Dingaan (24) robek parah saat melahirkan. Kondisi ini membuatnya menderita fistula rektovaginal karena dokter diduga tak menjahit dengan benar.Fistula rektovaginal adalah koneksi abnormal antara rektum dan vagina. Jika pembukaan antara rectum dan vagina terlalu lebar memungkinkan perut kembung dan feses keluar dari vagina, sehingga menyebabkan inkontinensia feses (keluar air besar tanpa terkontrol).Dingaan mengalami robek tingkat keempat saat melahirkan dua bulan lalu di Rahima Moosa Mother and Child Hospital, Coronationville, Johannesburg, Afrika Selatan. Kini, ia memakai tas yang disebut colostomy bag. Ia menimpakan kesalahan pada Departemen Kesehatan.Tapi, juru bicaranya Simon Zwane membantah fistula rektovaginal yang dialami Dingaan bukan karena kesalahan staf medisnya.Dingaan yang lulusan dari Somatology mengatakan, ia memang mengalami kesulitan saat melahirkan. Detak jantung anaknya lemah sehingga seorang perawat katanya naik ke tempat tidur."Dia menaruh tangannya di perut saya kemudian menekan sangat keras dan bayi keluar," katanya seperti dikutip IndependentOnline, Kamis (6/3/2014).Saat dijahit, perawat menyadari robekan yang dialaminya buruk sehingga mesti [...]

Islam pun Mengajarkan agar Mengurangi Gorengan

Islam pun Mengajarkan agar Mengurangi Gorengan

Lemak menjadi 'musuh' bagi para pelaku diet. Banyak anggapan yang mengatakan bahwa lemak dapat membuat berat badan jadi berlebih, dan berdampak pada berkembangnya berbagai jenis penyakit. Padahal, tubuh sendiri membutuhkan lemak. Biar aman, konsumsilah lemak dengan mempertimbangkan kondisi tubuh kita. Apakah Anda tergolong berberat badan berlebih, atau memiliki riwayat penyakit diabetes, hipertensi, asam urat, dan hiperkolesteromia? Bila demikian, hindarilah makanan yang berlemak. "Minimal mengurangi dan membatasi konsumsinya. Misalnya, mengurangi makanan yang ditumis atau digoreng," kata Ketua Forum Kajian Islam dan Kedokteran Indonesia, dr. Muhammad Suwardi ditulis Health Liputan6.com pada Selasa (22/7/2014) Selain itu, lanjut Suwardi, gunakanlah selalu minyak sayur non-kolesterol dan hanya sekali memakainya. "Akan lebih baik apabila memakai wajan khusus untuk menumis dan menggoreng," kata dia menambahkan. Menurut penulis buku berjudul 'Solusi Sehat Islami', wajan ini antilengket, dan dapat menggoreng tanpa menggunakan minyak sayur. Selain itu, hindarilah makanan bersantan yang kaya akan kandungan trigliserida yang berbahaya bagi tubuh. [...]

3 Cara Hentikan Kebiasaan Gigit Kuku

3 Cara Hentikan Kebiasaan Gigit Kuku

Baik anak kecil maupun besar banyak yang memiliki kebiasaan buruk menggigit kuku. Kebiasaan ini bermula saat kecil yang terus berlanjut hingga dewasa. Sayangnya, mereka yang gemar menggigit kuku tidak sadar hal ini menjadi kebiasaan. Biasanya menggigit kuku sebagai upaya untuk mengatasi rasa stres, bosan, frustrasi ataupun kesendirian. Bagi Anda maupun anak yang gemar melakukan kebiasaan ini segara dihentikna. Kuku menyimpan bakteri yang bisa masuk ke tubuh, selain itu menggigit kuku juga menyebabkan jari tangan lecet. Berikut tiga cara atasi kebiasaan gigit kuku seperti dilansir laman Boldsky pada Selasa (2/12/2014). 1. Rutin merawat kukuKuku yang rutin dipotong membuat Anda akan kesulitan menggigit kuku. Beda halnya dnegan kuku yang panjang. Bagi perempuan, bisa juga merawat kuku dengan mengecatnya. 2. Biarkan mulut dan tangan sibukAjak tangan dan mulut selalu sibuk sehingga lupa dengan kebiasaan menggigit kuku. Untuk mulut, coba mulai suka mengonsumsi permen karet. Untuk tangan, coba saja hobi baru seperti merajut yang akan membuat tangan selalu sibuk. 3. Tutupi kuku dengan perbanPasti ada salah satu kuku yang digemari untuk digigit. Pada kuku tersebut berikan perban pad [...]

10 Cara Bangun Rasa Percaya Diri pada Anak

10 Cara Bangun Rasa Percaya Diri pada Anak

Siapapun yang memiliki anak tahu betul kehadiran `malaikat kecil` itu suatu nikmat yang tak ternilai tapi bisa membuat stres. Orangtua pun penting mengajarkan dan menyampaikan nilai-nilai yang baik sejak anak-anak masih kecil. Tapi, yang lebih penting memunculkan rasa percaya diri pada anak dalam kemampuannya.Jika Anda ingin membantu membangun rasa percaya diri pada anak, cobalah beberapa strategi yang diberikan LifeHack, Jumat (28/2/2014):1. Bicara dengan anak dan cari tahu apa masalahnyaKomunikasi yang efektif itu penting untuk membangun hubungan sehat dan langgeng. Anak Anda mungkin bingung dan takut serta memiliki banyak pertanyaan tentang dunia ini. Anak-anak bisa saja merasa tak bisa dan merasa tak aman dengan tubuhnya atau diintimidasi. Hal ini penting untuk membangun kepercayaannya dan membiarkan anak memberitahu Anda mengapa ia merasa tak yakin dengan dirinya sendiri sehingga Anda bisa bekerja sama untuk mencari solusinya.2. Bantu anak menemukan kegiatan yang membuat ia senangBeberapa anak dilahirkan dengan suara yang luar biasa, beberapa memiliki telinga yang baik untuk musik, dan lainnya memiliki struktur tulang dan otot yang bisa membuat mereka menjadi atlet hebat, ata [...]

WHO Butuh Semiliar Dollar Atasi Ebola

WHO Butuh Semiliar Dollar Atasi Ebola

WHO membutuhkan kucuran dana paling tidak satu milyar dollar Amerika untuk mengatasi kasus virus Ebola di Afrika Barat seperti yang diungkapkan pejabat PBB dalam konfrensi pers, Selasa (16/9/2014) di Jenewa. Wabah terburuk virus mematikan Ebola hingga kini memang masih menyebar luas di Afrika Barat. Hingga kini kasus Ebola telah terjadi di Sierra Leone, Liberia, Guinea, Nigeria, Senegal dan Republik Demokratik Kongo. Sekitar 4.985 kasus orang terinfeksi dengan yang meningggal 2.461 kasus. "Jumlah kasus akant terus meningkat, sehingga kita harus bergerak cepat mengatasi dibandingkan pergerakan wabah virus itu sendiri " terang Asisten Direktur WHO Bruce Aylward seperti dilansir Time, Kamis (18/9/2014). "Bulan lalu kami membutuhkan 100 juta dollar Amerika, namun kini berubah menjadi satu milyar dollar Amerika meningkat 10 kali lipat karena wabah ini melonjak sangat cepat. Jauh dibandingkan sebelumnya," terang dokter David Nabaro, koordinator senior PBB untuk kasus Ebola. Menurut data Financial Tracking Service, hingga Rabu lalu dana sebesar 155 juta dollar Amerika telah didapatkan. Berasal dari bantuan negara lain, lembaga global, perushaan swasta, dan badan lainnya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *