8 Kebiasaan Penyebab Perut Gampang Kembung

dave-hakkens-edible-candy-pen.jpg

Presenter dan dokter yang membawakan acara Embarrasing Bodies, Dr Pixie McKenna bahkan mengungkapkan 70 pasien yang dihadapinya memiliki keluhan perut kembung. Terdengar sepele, tapi pemicunya, kata Pixie, terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, kafein dan alkohol serta terlambat makan malam.

Bagaimanapun merokok serta terlalu banyak mengonsumsi buah juga dapat memicu perut kembung. Dan lagi, kebiasaan menggigit tutup pulpen juga ternyata dapat membuat perut kembung.

Lebih jelasnya, Dr Pixie mengungkapkan 10 penyebab tersembunyi yang menyebabkan perut kembung, seperti dilansir Mirror, Senin (16/6/2014).

1. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet memang dapat membantu mengurangi bau mulut dan membersihkan gigi setelah makan. Tapi dibalik itu, permen karet menyebabkan perut kembung.

“Mengunyah permen karet menyebabkan perut kembung karena saat mengunyah jumlah gas mengalami peningkatan dalam saluran pencernaan,” kata Pixie. Pixie menyarankan, jika Anda memiliki masalah gusi atau bau mulut, beralihlah menggigit kacang atau popcorn.

2. Menggunakan celana longgar

Meski penelitian mencatat celana ketat sering dihubungkan dengan menurunnya fungsi reproduksi, tapi celana longgar dapat menyebabkan perut kembung. Untuk itu, Pixie menyarankan untuk menggunakan celana longgar hanya 2-3 jam saja terutama bila Anda akan berpesta.

3. Pemanis buatan

Salah satu sumber tersembunyi yang membuat perut kembung adalah konsumsi pemanis buatan dalam makanan. Pixie mengatakan, saat tubuh mendapati pemanis buatan, saluran cerna akan berjuang keras menghacurkannya sehingga akan terjadi kelebihan gas yang menyebabkan kembung. periksa bahan-bahan pemanis buatan sebelum membelinya.

4. Merokok dan menggigit tutup pulpen

Kebiasaan mengisap dan menelan udara berlebih dan air liur juga menjadi penyebab perut kembung. Khususnya merokok, efeknya akan berganda karena asapnya memengaruhi pencernaan. Bahan kimia rokok juga melemahkan sfingter esofagus bagian bawah atau otot antara kerongkongan dan perut yang membuat isi perut mengalir kembali ke kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan mulas dan gas berlebih.

5. Stres

Apoteker, Steve Riley mengatakan, stres memengaruhi kemampuan tubuh untuk mencerna makanan. “Ketika kita merasa cemas, hormon stres, adrenalin dan kortisol akan keluar dan menghambat sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan kembung dalam jangka panjang,” katanya. Untuk mencegah kembung, duduk saat makan dan mengunyah dan nikmati makanan Anda dengan perlahan.

6. Terlalu banyak makan buah

Makan buah memang baik bagi kesehatan. Tapi jika terlalu banyak atau bahkan setiap waktu, buah yang mengandung fruktosa atau gula yang ditemukan dalam buah bisa menjadi penyebab kembung bagi orang-orang yang memiliki masalah saluran pencernaan.

7. Mengonsumsi susu

Jika Anda berulang kali mengalami perut kembung setelah makan atau minum produk susu, seperti susu dan keju, mungkin Anda mengalami laktosa intoleran, terutama jika disertai dengan kram perut dan diare.

Ini adalah masalah pencernaan umum ketika tubuh tidak mampu mencerna laktosa, jenis gula terutama ditemukan dalam makanan susu.

8. Obat

Banyak obat-obatan bebas yang dijual dapat memicu kembung termasuk aspirin, obat diare dan pil zat besi. Jika Anda menduga obat tertentu dapat membuat perut kembung, Pixie menyarankan untuk menanyakan resep yang cocok pada apoteker.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wanita Zaman Sekarang, Pilih Kerja di Kantor daripada di Rumah

Wanita Zaman Sekarang, Pilih Kerja di Kantor daripada di Rumah

Gerakan emansipasi wanita saat ini bisa disebut `cukup` berhasil. Banyak wanita sudah diakui dan punya peran penting dalam berbagai bidang dan segi kehidupan. Satu bukti penting yang menunjukkan hal ini adalah fakta yang dilansir perusahaan consulting Accenture baru-baru ini tentang peran wanita Indonesia. Disebutkan Accenture, 42 persen wanita Indonesia lebih memilih bekerja dibandingkan tinggal di rumah. "Wanita sekarang telah memiliki kemampuan menyeimbangkan kehidupan keluarga dan karir mereka. Wanita juga melihat adanya kebutuhan untuk menetapkan dan menyesuaikan karir mereka sesuai dengan berbagai tahapan kehidupan yang mereka jalani," kata Country Managing Director Accenture Indonesia, Neneng Goenadi, Jumat (7/3/2014). Menanggapi hal tersebut akademisi, Dr. Anies Bawesdan mengatakan bahwa tidak bisa dimungkiri bahwa wanita zaman sekarang juga mengejar karir untuk kemajuan diri mereka. "Mereka sudah bisa dibilang bertanggung jawab dan dapat menyeimbangkan kehidupan karir dan keluarga. Para suami memang kepala keluarga tetapi wanitalah lehernya, lebih powerfull namun tetap berjalan beriring," kata Anies. Untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi di kelu [...]

Seusai Sahur, Boleh Tidurkah?

Seusai Sahur, Boleh Tidurkah?

Rasa kantuk yang muncul setelan makan sahur, siapa yang bisa menghadapinya? Tidak heran makanya jika setelah sahur kebanyakan orang melanjutkan tidur sampai siang. Tapi sebenarnya boleh tidak ya tidur setelah sahur? Apakah tidur setelah sahur mengganggu metabolisme tubuh? Menjawab hal tersebut, Pakar Gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK yang ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan, tidak ada salahnya tidur setelah sahur. Hanya saja ada yang perlu Anda perhatikan. "Sehabis makan sahur, boleh tidur. Tapi ingat jumlah yang dimakan jangan berlebihan. Kalau bisa setelah makan sahur, 1-2 jam baru tidur," kata Samuel, ditulis Kamis (10/7/2014). Meski boleh tidur setelah sahur, kata Samuel, lebih baik jika setelah makan bergerak terlebih dahulu seperti jalan. Dan ini yang harus diperhatikan. "Menjelang imsak, makan karbohidrat kompleks untuk menjaga kadar gula darah selama puasa agar tetap stabil. Perbanyak serat buah dan sayur. Boleh minum jus yang diblender tapi buah harus dengan kulitnya agar seratnya banyak. Dengan mengonsumsi banyak serat, karbo akan diserap pelan-pelan dan Anda kuat sampai magrib," katanya. [...]

Sadar dari Koma, Curtis Berpikir Dirinya Matthew McConaughey

Sadar dari Koma, Curtis Berpikir Dirinya Matthew McConaughey

Wajah rupawan, badan atletis didukung dengan kemampuan berakting di depan kamera yang memukau membuat banyak pria ingin menjadi Matthew McConaughey. Bahkan seorang pria muda dari Inggris, Rory Curtis, tersadar dari koma panjang dan merasa dirinya adalah aktor tampan ini. Koma panjang ini dialaminya setelah mengalami kecelakaan mobil di dekat rumahnya di Redditch, Inggris pada Agustus 2012. Pendarahan pada otak membuatnya tak sadarkan diri selama enam hari. Saat terbangun dari koma, ia bingung akan dirinya sendiri dan ia merasa dirinya Matthew McConaughey. "Saya tidak dapat mengingat dengan baik, namun di kepala saya yakin bahwa saya adalah McConaughey," ungkapnya seperti dilansir Daily Mail pada Senin (29/12/2014). "Namun ketika saya bercermin kaget, mengapa wajah saya tidak sama dengannya. Akhirnya secara perlahan saya sadar bahwa saya bukan aktor tersebut," ungkapnya. Selain berpikir bahwa dirinya adalah Matthew McConaughey ia pun tidak menggunakan Bahasa Inggris seperti dipakainya sehari-hari. Ia malah berbahasa Prancis dengan lancar dengan seorang perawat asal Afrika. "Saya hanya secara santai berbicara tentang apa yang saya rasakan dengan bahasa dan akses Prancis yang bai [...]

Obat Kumur Meningkatkan Risiko Kanker Mulut

Obat Kumur Meningkatkan Risiko Kanker Mulut

Untuk Anda yang sering berkumur menggunakan obat kumur coba perhatikan ini. Para ahli memperingatkan penggunaan obat kumur berkaitan dengan kanker. Para peneliti di Eropa yang dikutip Mirror, Minggu (6/4/2014) mengatakan risiko kanker tinggi muncul ketika seseorang terlalu sering menggunakan obat kumur."Ketika seseorang menggunakan obat kumur tiga kali atau lebih dalam satu hari berisiko tinggi terhadap kanker. Saya tahu biasanya orang yang merokok atau minum alkohol untuk menyembunyikan bau mulut dengan menggunakan obat kumur. Namun ini berisiko kanker mulut," kata Pemimpin studi Dr David Conway dari University of Glasgow.David menyarankan mengurangi penggunaan obat kumur untuk mencegah risiko kanker. "Cukup dengan menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi berfluoride dan flossing kemudian lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi," kata David.Alkohol dalam obat kumur membantu meningkatkan kerja senyawa penyebab kanker seperti nikotin yang akan menmbus lapisan mulut. "Obat kumur juga menghasilkan zat acetaldehyde dan karsinogen yang bisa menumpuk disekitar mulut," kata David. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal spesialis oral onkologi.Selain David, Prof Wolfgang Ahrens d [...]

Manfaat dan Kerugian dari Teh dan Kopi

Manfaat dan Kerugian dari Teh dan Kopi

Meski mengandung kafein, teh dan kopi merupakan dua jenis minuman yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Bahkan, meminum secangkir teh atau kopi di pagi atau sore hari telah jadi kebiasaan sebagian besar masyarakat kita, yang tidak dapat ditinggalkan begitu saja.Lantas, apa saja manfaat dari teh dan kopi? Berikut penjelasannya, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (12/11/2014)1. TehManfaat teh;- Minum tiga sampai empat cangkir teh sehari dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung.- Bantu cegah diabetes tipe 1 dan memperlambat perkembangannya setelah dia dikembangkan.- Orang yang minum teh hitam empat kali sehari selama enam minggu, ditemukan memiliki tingkat hormon kortisol yang lebih rendah.- Mengandung floride yang dapat melindungi gigi- Teh hijau dapat melindungi terhadap kanker paru-paru.- Teh hijau mengurangi risiko kanker esofagus pada wanita sebesar 60 persen- Teh hijau dan putih mengandung anti-oksidan yang mungkin memiliki potensi anti penuaan.- Teh putih dapat membantu mencegah obesitasKerugian teh;- Pria yang minum teh hijau lebih dari 10 cangkir per hari, cenderung mengembangkan gangguan hati- Teh mengandung pestisida, bahkan jika diberi label organik- Teh mengand [...]

Cara Perbaiki Masalah Kecantikan yang Menjengkelkan

Cara Perbaiki Masalah Kecantikan yang Menjengkelkan

Hampir setiap wanita memiliki masalah kecantikan. Contohnya saja kuku yang lemah, liner yang luntur atau bibir pecah-pecah. Ternyata, masalah tersebut terus terjadi dan menjengkelkan. Situs beautyhigh, Senin (13/1/2014), menemukan ada beberapa masalah yang sering dialami wanita:1. Rambut beterbanganSisir rambut Anda dengan pakailah harispray atau smoothing wax di atas untuk memberikan perlindungan.2. Lipstik berdarahSebelum mengaplikasikan lipstik, pakailah lip balm untuk memastikan bibir tidak pecah-pecah. Kemudian gunakan lip liner (yang cocok dengan lipstik Anda) dan Anda siap untuk memakai lipstik.3. Kulit pecah-pecahMinyak kelapa menjadi pelembab yang bagus untuk kulit dan memberikan keajaiban. Oleskan pada daerah kering sebelum mengaplikasikan makeup.4. Kuteks di kuku sempalKetika itu terjadi, cobalah lepas dengan jari Anda. Jika tak berhasil, gunakan warna yang lain di atasnya dengan sponge dan buatlah efek ombre yang super chic5. Maskara menggumpalJika di meja makeup, cobalah lihat apakah ada kuas maskara yang digunakan untuk mengetes produk. Anda bisa menggunakan sikat yang bebas untuk menyisir bulu mata setelah mengaplikasikan maskara.6. Mencabut alis berlebihanPensil ali [...]

Benahi Panti Kalau Tak Mau Didatangi Komnas Anak

Benahi Panti Kalau Tak Mau Didatangi Komnas Anak

Kasus yang menimpa 12 orang anak di Panti Asuhan Samuel Sektor 6, Gading Serpong, membuat Komisi Nasional Anak (Komnas Anak) geram. Mereka mengimbau kepada banyak pihak, terutama pemerintah setempat untuk melakukan pengawasan dan pengecekan atas standar pelayanan dan pemeliharaan."Panti ini kan di bawah asuhan Dinas Sosial Kabupaten Banten. Kita meminta untuk mengawasi panti-panti yang ada di sana. Jadikan momentum ini untuk melakukan pembenahan," Kata Ketua Komnas Anak, Aris Merdeka Sirait kepada Health Liputan6.com di Kantor Komisi Nasional Anak, Pasar Rebo, Jakarta, Jumat (28/2/2014).Beberapa waktu lalu Aris bersama timnya melakukan kunjungan untuk bertemu langsung dengan Wakil Gubernur Banten, untuk membahas masalah ini. Dia juga meminta kepada Wagub beserta jajarannya untuk melakukan pengawasan agar jangan sampai kasus ini terulang lagi.Adanya kasus ini, terang Aris, menjadi momen tepat untuk panti-panti yang ada di Indonesia untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. Dan yang terpenting, penuhi standarisasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah setempat, di mana panti itu berada."Kalau belum mencapai standarisasi yang ditetapkan pemerintah setempat, penuhilah. Waktu yang dib [...]

Warga Madiun dan Kediri Terbukti Tak Terinfeksi Ebola

Warga Madiun dan Kediri Terbukti Tak Terinfeksi Ebola

?Minggu (2/11/2014) malam ini petugas Lab Balitbangkes Kemenkes baru saja selesai memeriksa sampel kasus Madiun dan Solo, untuk sampel hari pertama dan ke dua. Pemeriksaan kami lakukan untuk semua sampel yang berjumlah 8, masing-masing darah EDTA dan serum. Dari pembacaan hasil PCR dengan elektroforesis, semua dilaporkan "no band". Ini artinya semua sampel dari kasus Madiun dan Kediri hasilnya negatif Ebola, bukan sakit Ebola. Prosedur yang kami jalankan di Lab BSL 3 Balitbangkes, sebagai berikut:1. Inaktivasi dengan buffer lysis 2. Eekstraksi RNA dengan kit ekstraksi. 3. RNA diubah menjadi DNA dan diperbanyak dengan mesin PCR sebanyak 30 siklus.4. Dielektroforesis dan analisis dengan gel doc. 5. Semua sampah diautoclave dengan autoclave double door, untuk keamanan petugas dan lingkungan. Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP (K) , MARS, DTM&H, DTCEKepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes)Kementerian Kesehatan [...]

Google Kembangkan Pil Pendeteksi Kanker

Google Kembangkan Pil Pendeteksi Kanker

Rupanya perusahaan raksasa Google berekspansi kemana-mana. Dengan kemampuan dan sumber daya manusianya yang luar biasa korporasi besar ini tengah mengembangkan pil berteknologi nano untuk membantu dokter mendeteksi tanda-tanda kanker. Seperti dikutip Telegraph, Rabu (29/10/2014), pil oral (bisa diminum) ini nantinya akan memasuki aliran darah dan dapat mendeteksi sel kanker. Menurut peneliti, nanopartikel bersifat magnetis, sehingga dapat menarik partikel sel kanker.Meski masih dalam penelitian dan pengembangan, seorang ahli biologi molekuler dan kepala tim Biologi di Google X, Dr Andrew Conrad optimistis bahwa pil ini bisa digunakan lima tahun lagi. "Nantinya akan ada tes menggunakan pil ini ketika Anda memeriksakan diri ke dokter. Ini mimpi kami," kata Andrew. Kalau Anda masih ingat, Tim Dr. Andrew inilah yang menciptakan lensa kontak pintar untuk mengukur glukosa dalam air mata pasien diabetes serta peralatan makan yang khusus yang bisa mendeteksi Parkinson. Kepercayaan Pemerintah AS pada ilmuwannya ini turut didukung dengan investasi senilai lebih dari 20 miliar dolar AS. Andrew menambahkan, walaupun teknologi ini dibuat untuk memudahkan masyarakat untuk mendeteksi kanker, [...]

DJSN Akui SDM & Tarif RS Masih Jadi Masalah di BPJS

DJSN Akui SDM & Tarif RS Masih Jadi Masalah di BPJS

Sesuai Pasal 7 Ayat 4 Undang-undang Sistem Jaminan Sosial Nasional, Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) yang melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan program jaminan sosial, termasuk dalam tingkat kesehatan keuangan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) mulai mengakui kinerja BPJS Kesehatan. Seperti disampaikan Ketua DJSN Dr. Chazali Situmorang, Apt., M.Sc., PH saat saat diskusi 100 hari BPJS Kesehatan di Galeri Kafe, Taman Ismail Marzuki bahwa semua pihak mestinya dapat memposisikan BPJS sebagai lembaga yang diberikan mandat dan memiliki tanggung jawab penuh. Dan melewati 100 hari berdirinya BPJS, DJSN masih melihat masalah SDM. "Saya tahu persis upaya perbaikan terus dilakukan. Sosialisasi hal teknis yang berkaitan dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) juga terus diperbaiki. Tapi masalahnya, ini butuh biaya besar dan proses rekruitmen yang ketat. Sementara dengan iuran yang cekak, permasalahan SDM masih sulit," kata Chazali saat diskusi 100 hari BPJS Kesehatan oleh Indonesia Hospital and Clinic Watch (INHOTCH) di Galeri Kafe, Taman Ismail Marzuki, ditulis Sabtu (12/4/2014). Selain itu, Chazali melanjutkan, masalah tarif puskesmas (kapitasi) atau rumah sak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *