8 Kebiasaan Penyebab Perut Gampang Kembung

dave-hakkens-edible-candy-pen.jpg

Presenter dan dokter yang membawakan acara Embarrasing Bodies, Dr Pixie McKenna bahkan mengungkapkan 70 pasien yang dihadapinya memiliki keluhan perut kembung. Terdengar sepele, tapi pemicunya, kata Pixie, terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, kafein dan alkohol serta terlambat makan malam.

Bagaimanapun merokok serta terlalu banyak mengonsumsi buah juga dapat memicu perut kembung. Dan lagi, kebiasaan menggigit tutup pulpen juga ternyata dapat membuat perut kembung.

Lebih jelasnya, Dr Pixie mengungkapkan 10 penyebab tersembunyi yang menyebabkan perut kembung, seperti dilansir Mirror, Senin (16/6/2014).

1. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet memang dapat membantu mengurangi bau mulut dan membersihkan gigi setelah makan. Tapi dibalik itu, permen karet menyebabkan perut kembung.

“Mengunyah permen karet menyebabkan perut kembung karena saat mengunyah jumlah gas mengalami peningkatan dalam saluran pencernaan,” kata Pixie. Pixie menyarankan, jika Anda memiliki masalah gusi atau bau mulut, beralihlah menggigit kacang atau popcorn.

2. Menggunakan celana longgar

Meski penelitian mencatat celana ketat sering dihubungkan dengan menurunnya fungsi reproduksi, tapi celana longgar dapat menyebabkan perut kembung. Untuk itu, Pixie menyarankan untuk menggunakan celana longgar hanya 2-3 jam saja terutama bila Anda akan berpesta.

3. Pemanis buatan

Salah satu sumber tersembunyi yang membuat perut kembung adalah konsumsi pemanis buatan dalam makanan. Pixie mengatakan, saat tubuh mendapati pemanis buatan, saluran cerna akan berjuang keras menghacurkannya sehingga akan terjadi kelebihan gas yang menyebabkan kembung. periksa bahan-bahan pemanis buatan sebelum membelinya.

4. Merokok dan menggigit tutup pulpen

Kebiasaan mengisap dan menelan udara berlebih dan air liur juga menjadi penyebab perut kembung. Khususnya merokok, efeknya akan berganda karena asapnya memengaruhi pencernaan. Bahan kimia rokok juga melemahkan sfingter esofagus bagian bawah atau otot antara kerongkongan dan perut yang membuat isi perut mengalir kembali ke kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan mulas dan gas berlebih.

5. Stres

Apoteker, Steve Riley mengatakan, stres memengaruhi kemampuan tubuh untuk mencerna makanan. “Ketika kita merasa cemas, hormon stres, adrenalin dan kortisol akan keluar dan menghambat sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan kembung dalam jangka panjang,” katanya. Untuk mencegah kembung, duduk saat makan dan mengunyah dan nikmati makanan Anda dengan perlahan.

6. Terlalu banyak makan buah

Makan buah memang baik bagi kesehatan. Tapi jika terlalu banyak atau bahkan setiap waktu, buah yang mengandung fruktosa atau gula yang ditemukan dalam buah bisa menjadi penyebab kembung bagi orang-orang yang memiliki masalah saluran pencernaan.

7. Mengonsumsi susu

Jika Anda berulang kali mengalami perut kembung setelah makan atau minum produk susu, seperti susu dan keju, mungkin Anda mengalami laktosa intoleran, terutama jika disertai dengan kram perut dan diare.

Ini adalah masalah pencernaan umum ketika tubuh tidak mampu mencerna laktosa, jenis gula terutama ditemukan dalam makanan susu.

8. Obat

Banyak obat-obatan bebas yang dijual dapat memicu kembung termasuk aspirin, obat diare dan pil zat besi. Jika Anda menduga obat tertentu dapat membuat perut kembung, Pixie menyarankan untuk menanyakan resep yang cocok pada apoteker.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Permudah Obati Kankernya, Gadis Belia Ciptakan Replika Kemoterapi

Permudah Obati Kankernya, Gadis Belia Ciptakan Replika Kemoterapi

Berawal dari kerepotannya saat menjalani kemoterapi, Kylie Simonds, gadis belia berusia 11 tahun berhasil menciptakan replika kemoterapi yang lebih mudah digunakan berbentuk tas punggung. Dulu, pada Maret 2011, gadis kecil dari Connecticut, Amerika Serikat ini didiagonosa rhabdomyosarcoma, salah satu jenis kanker yang memengaruhi jaringan lunak, jaringan ikat maupun tulang. Hal ini membuatnya harus menjalani kemoterapi IV selama 46 minggu. "Saat kemoterapi saya harus menggunakan tiang IV (alat kemoterapi berisi obat) dan selalu tersandung semua kabel. Hal ini membuat sulit berjalan dan membutuhkan orang lain untuk mendorongyna karena saat dikemoterapi tubuh saya begitu lemah," jelas Kylie seperti dilansir NY Daily News, Senin (11/8/2014). Usai menjalani kemoterapi dan berhasil sembuh dari kanker, Kylie membuat sebuah ransel IV portabel yang memiliki berat yang ringan dibandingkan tiang IV seperti dulu yang dipakainya. Ransel replika IV yang dibuatnya berwarna pink bergambar tokoh kartun Hello Kitty dilengkapi baterai untuk mengatur aliran obat. Ada juga sebuah tempat khusus untuk melindungi obat IV. Apa yang dibuat Kylie membuat gurunya terkesan dan membuat kampanye menggalang [...]

Donor Darah, Langkah Sederhana Cegah Kematian Ibu Anak

Donor Darah, Langkah Sederhana Cegah Kematian Ibu Anak

Akses terhadap pelayanan darah dalam jumlah yang cukup merupakan langkah sederhana untuk mencegah kematian pada ibu. Apalagi, lebih kurang sepertiga kematian pada ibu melahirkan disebabkan oleh pendarahan. Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Agus Purwadianto, SH, M.Si, Sp.F(K), mengatakan, hal ini dapat lebih mudah dicapai jika jumlah pendonor sukarela semakin banyak, dan rutin mendonorkan darah yang dimiliki ke Unit Transfusi Darah (UTD). Sehingga, dapat disalurkan guna memenuhi permintaan darah dari fasilitas pelayanan kesehatan."Pelayanan darah yang aman dan berkualitas merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan. Ketersediaan darah di sarana kesehatan sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam mendonorkan darahnya," kata Agus dalam acara bertema Safe Blood for Saving Mother di Jakarta, Selasa (24/6/2014)Saat ini, tambah Agus, jumlah persediaan darah masih belum dapat memenuhi kebutuhan darah di Indonesia. Di sini, ideal pemenuhan kebutuhan darah per tahun adalah 2 persen dari jumlah penduduk. Itu berarti, dibutuhkan sekitar 4,8 juta kant [...]

Susu Bikin Jerawatan?

Susu Bikin Jerawatan?

Mungkin Anda akan terkejut kalau susu dan produk olahannya dikaitkan dengan munculnya jerawat. Sebuah penelitian rupanya menunjukkan hal demikian.Dalam laman yang dikutip dari Everydayhealth, Kamis (7/1/2014) sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi produk susu dapat mendorong pelepasan insulin, faktor pertumbuhan hormon dalam tubuh yang dapat merangsang keluarnya jerawat. "Protein susu, terutama kasein dan whey dapat memicu jerawat," kata dermatologist yang juga asisten profesor dermatologi di Icahn School of Medicine, Mount Sinai Medical Center New York, Whitney P. Bowe, MD.Bowe mengatakan, sulit menjelaskan secara ilmiah alasannya karena penelitian terkait masih dilakukan. Tapi ia bisa bilang kalau susu dan produk olahannya memiliki hormon yang dapat memicu jerawat."Saya merekomendasikan alternatif non-susu, seperti susu kedelai dan susu almond yang diperkaya dengan kalsium juga," jelasnya.(Fit/Abd) [...]

Kenapa Jerawat Kerap Muncul pada Orang Dewasa

Kenapa Jerawat Kerap Muncul pada Orang Dewasa

Tak hanya makanan yang memicu munculnya jerawat pada orang dewasa. Ada banyak faktor di luar apa yang dimakan dan diminum yang menimbulkan permasalahan jerawat pada wajah. Menurut ahli kecantikan dokter Olivia Ong, usia dewasa adalah usia aktif. Beragam kegiatan baik bekerja dan bersosialisasi dilakukan di dalam dan luar ruangan yang membuat kotoran dan debu menempel di atas wajah berminyak yang memicu kehadiran jerawat. Selain itu, banyak orang dewasa yang tahu bagaimana cara membersihkan kulit dengan benar. Padahal salah satu cara terhindar dari jerawat dengan membersihkan kulit di malam hari secara cermat. Lalu dokter Olivia pun menekannya pemilihan produk kecantikan pada kaum perempuan. "Pemakaian make up sehari-hari memberi peluang besar mudahnya timbul jerawat di usia dewasa," tutur dokter yang berpraktek di Klinik Kecantikan dr. Olivia Ong di Gunawarman, Kebayoran Baru dan Tomang ini. Faktor lain bagi perempuan adalah persoalan hormonal. "Saat perempuan menjelang menstruasi dan hamil memungkinkan sesorang di usia dewasa memiliki jerawat lebih banyak dibandingkan saat remaja," tandas dokter cantik ini dalam surat elektronik yang dikirimkan kepada Health-Liputan6.com seper [...]

Diskriminasi Waria di Indonesia Masih Sangat Memprihatinkan

Diskriminasi Waria di Indonesia Masih Sangat Memprihatinkan

Diskriminasi terhadap kaum waria di Indonesia, terutama di Jakarta, masih sangat terasa. Fakta itu didapat dari kejadian sehari-hari yang dialami oleh waria itu sendiri.Misalnya saja ketika seorang waria menghampiri sebuah mobil yang antre di tengah kemacetan untuk mengharapkan receh dari si pemilik mobil. Namun nyatanya, orang yang berada di dalam mobil masa bodo akan kehadiran waria itu, dan berusaha untuk tidak membukakan sedikit jendela karena takut. Tapi, giliran pengemis yang dianggap memiliki jenis kelamin jelas, kaca jendela dibukakan sedikit dan menyerahkan receh kepadanya.Penjelasan ini disampaikan langsung oleh Hakim Konstitusi, Maria Farida Indrati, S, dalam acara `Diskusi Buku: Sesuai Kata Hati, Wacana Klasik kehidupan Waria` di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, belum lama ini."Kalau di lampu merah, kebanyakan dari kita akan membukakan sedikit jendela dan menyerahkan receh kepada pengemis. Tapi giliran disamperin oleh waria yang maksud dan tujuan sama yaitu mencari nafkah, kita malah menutup rapat jendela dan merasa ketakutan," kata Maria Farida, Senin (3/3/2014).Saat melakukan itu, lanjut Maria Farida, apa kita pernah berpikir kalau tindakan itu sungguh menyak [...]

Ingin Didatangi Mobil Sehat? Hubungi Para Istri Menteri

Ingin Didatangi Mobil Sehat? Hubungi Para Istri Menteri

Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) yang beranggotakan para istri menteri ini memiliki berbagai program Indonesia sejahtera. Salah satu program di dalamnya yaitu Indonesia sehat, menurut Pembina SIKIB, Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono ini sebagai bentuk bakti kepada kesehatan bangsa."Kami ingin memperluas akses pendidikan dan kesehatan. Salah satu program kami yaitu indonesia sehat bertujuan meningkatkan kesehatan para perempuan dan anak Indonesia," katanya saat ditemui dalam acara SIKIB Expo di Senayan City, Jakarta.Konsep Indonesia sehat ini diwujudkan melalui mobil dan motor sehat. Sampai saat ini menurut Ani jumlahnya sudah ada 23 mobil sehat dan 6 motor sehat.Menurut salah satu tutor, Pri kedua kendaraan ini beroperasi tidak hanya di Jakarta, melainkan di seluruh pelosok Indonesia."Biasanya kami sudah terprogram dan terjadwal kemananya, tetapi kalau masyarakat ingin didatangi mobil sehat hubungi SIKIB dengan menyerahkan proposal langsung ke kantornya yaitu di komplek Taman Ria Senayan," kata Pri, ditulis Minggu (26/1/2014).Mobil dan motor sehat merupakan fasilitas penyuluhan dan pendidikan kesehatan, yang dilengkaoi dengan sarana penunjang ibarat posyandu keliling. [...]

Tak Pakai Bra Bikin Payudara Lebih Kencang dan Tak Kendur

Tak Pakai Bra Bikin Payudara Lebih Kencang dan Tak Kendur

Bintang cantik seperti Kim Kardashian, Kelly Brook, Miranda Kerr, dan Gwyneth Paltrow, kerap muncul di depan umum tanpa mengenakan bra di balik pakaian mereka. Ahli mode sampai berbicara hal tersebut menjadi tren fashion yang mungkin populer di tahun ini. Terlebih lagi sebuah penelitian mengungkapkan bra bisa membahayakan buat kesehatan perempuan.Para ilmuwan di University of Besancon, Prancis, menemukan, bentuk payudara yang tak mengenakan bra lebih terjaga. Selain itu tanpa bra, payudara tak menjadi kendur atau mengalami sakit punggung.Seperti dilansir GeniusBeauty, Minggu (13/4/2014), sebelumnya bra dihubungkan dengan memperindah bentuk payudara dan mencegah sakit punggung. Faktanya, wanita yang tak mengenakan bra bisa melatih otot dadanya, sehingga mengurangi perubahan bentuk yang berhubungan dengan usia.Penulis penelitian, Profesor Roullion meyakini bahwa wanita bisa menjaga bentuk payudaranya apabila tak mengenakan bra. Namun, peneliti mengatakan bahwa wanita harus memutuskan apakah akan melepas bra berdasarkan perasaan kenyamanan atau estetika.Temuan ini tentu bertentangan dengan pandangan konvensional, dengan menyebut payudara perempuan tak akan melorot tanpa bra, tapi seba [...]

Saat Sakit Bolehkah Berhubungan Seks?

Saat Sakit Bolehkah Berhubungan Seks?

Musim hujan sudah datang, penyakit pilek dan batuk mulai banyak mendera masyarakat. Bagi pasangan yang sudah menikah seringkali muncul pertanyaan boleh tidak ya melakukan hubungan seksual saat sakit? Apakah akan menularkan virus dari pasangan yang sakit ke sehat? Sebenarnya, yang menyebabkan perpindahan virus flu bukan lewat air mani atau cairan lubrikasi perempuan. Namun, virus biasanya bisa berpindah saat sedang membelai wajah dan berciuman dengan pasangan Anda terang profesor biokimia dari University of Wisconsin Ann C. Palmenberg, Ph.D. Walaupun pasangan yang telah sakit sudah membersihkan tangan dengan cairan pembersih antibakter hal tersebut tak akan membantu. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam junral Clinical Infectious Diseases, peneliti menemukan bukti bahwa meskipun orang yang sakit batuk sudah membersihkan tangan dengan sanitizer namun rhinovirus, virus penyebab batuk tak bisa dimusnahkan seperti dilansir laman Men's Health pada Selasa (2/12/2014). Bahkan virus penyebab flu dan pilek bisa jadi menular hanya dengan bersin dan batuk di dekat pasangan. Udara akan membawa partikel virus ke tubuh pasangan Anda. [...]

Saat Hadapi Orang Super Ngeyel, Trik Ini Bisa Dicoba

Saat Hadapi Orang Super Ngeyel, Trik Ini Bisa Dicoba

Seseorang terkadang dibuat bingung ketika berhadapan dengan orang yang super ngeyel. Sudah diberitahu berkali-kali bahwa ia salah tapi tetap saja ngeyel. Jika Anda menemui orang tipe ini, ada triknya. Anda tak usah perlu repot-repot ngomel karena setiap kata-kata Anda bisa mental seketika olehnya."Ketika mengoreksi dia lalu dia membentengi diri atau defense berarti itu pandai-pandainya kita membuka pintu pertahanan dia tanpa memaksanya sehingga terbuka. Tapi kalau kita sudah meyakinkan dia salah, dia defense, dia tak akan mengakui kesalahannya. Salah satu cara adalah dengan menyamakan frekuensi kita dengan dia," kata Master Trainer Neuro Associative Conditioning (NAC) Arief Adinoto saat berbincang-bincang dengan redaksi Liputan6.com, seperti ditulis Jumat (31/1/2014).Pria yang akrab disapa Kak Arief itu menyontohkan Anda bisa menyamakan gerakan yang dilakukan orang yang tersebut agar frekuensi kita dengan dia sama. Misalnya, ketika orang itu menyilangkan kakinya, Anda pun melakukannya. "Sederhananya sebelum kita ngomong kita samakan dulu gerakan. Ikuti terus tanpa dia sadari. Secara ilmu fisika kita samakan frekuensi tanpa dia sadar," katanya lagi.Dengan menyamakan frekuensi, lanju [...]

Presenter TV Ini Meninggal setelah Selamatkan Bayinya

Presenter TV Ini Meninggal setelah Selamatkan Bayinya

Pengorbanan seorang presenter televisi yang meninggal karena kanker menyentuh hati ribuan orang di daratan di Cina. Qiu Yuanyuan (26) meninggal setelah menolak kemoterapi karena tidak ingin mengorbankan anaknya.Harian South China Morning Post, Selasa 916/12/2014) melaporkan, Qiu meninggal pekan lalu, tepat 100 hari setelah melahirkan putranya, Niannian."Setelah menikah, menjadi seorang ibu adalah keinginan terbesarnya. Namun ia memilih untuk menyelamatkan anak kita dan mencoba mengerti bahwa tidak semua dalam hidup bisa sempurna. Dan dia bilang dia tidak pernah menyesali keputusannya," kata Suami Qiu, Zhang Qixuan kepada Zhengzhou Evening News.Ketika kondisi Qiu memburuk pada bulan September, ia dirawat di rumah sakit di mana janinnya baru berusia tujuh bulan. Ia pun menyampaikan ingin menyelamatkan buah hatinya melalui operasi caesar.Niannian pun lahir dengan berat lebih dari 1,5 kg.Qiu kemudian menjalani operasi untuk menghilangkan tumor ganas, tapi sayangnya prosedur yang dijalaninya terlambat. Tumor ganas stadium akhir yang dideritanya terus menggerogoti tubuhnya. Hingga dokternya mengatakan, kemungkinan sembuhnya sangat rendah dan mereka menyarankan Qiu untuk menghentikan tera [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *