8 Kebiasaan Penyebab Perut Gampang Kembung

dave-hakkens-edible-candy-pen.jpg

Presenter dan dokter yang membawakan acara Embarrasing Bodies, Dr Pixie McKenna bahkan mengungkapkan 70 pasien yang dihadapinya memiliki keluhan perut kembung. Terdengar sepele, tapi pemicunya, kata Pixie, terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, kafein dan alkohol serta terlambat makan malam.

Bagaimanapun merokok serta terlalu banyak mengonsumsi buah juga dapat memicu perut kembung. Dan lagi, kebiasaan menggigit tutup pulpen juga ternyata dapat membuat perut kembung.

Lebih jelasnya, Dr Pixie mengungkapkan 10 penyebab tersembunyi yang menyebabkan perut kembung, seperti dilansir Mirror, Senin (16/6/2014).

1. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet memang dapat membantu mengurangi bau mulut dan membersihkan gigi setelah makan. Tapi dibalik itu, permen karet menyebabkan perut kembung.

“Mengunyah permen karet menyebabkan perut kembung karena saat mengunyah jumlah gas mengalami peningkatan dalam saluran pencernaan,” kata Pixie. Pixie menyarankan, jika Anda memiliki masalah gusi atau bau mulut, beralihlah menggigit kacang atau popcorn.

2. Menggunakan celana longgar

Meski penelitian mencatat celana ketat sering dihubungkan dengan menurunnya fungsi reproduksi, tapi celana longgar dapat menyebabkan perut kembung. Untuk itu, Pixie menyarankan untuk menggunakan celana longgar hanya 2-3 jam saja terutama bila Anda akan berpesta.

3. Pemanis buatan

Salah satu sumber tersembunyi yang membuat perut kembung adalah konsumsi pemanis buatan dalam makanan. Pixie mengatakan, saat tubuh mendapati pemanis buatan, saluran cerna akan berjuang keras menghacurkannya sehingga akan terjadi kelebihan gas yang menyebabkan kembung. periksa bahan-bahan pemanis buatan sebelum membelinya.

4. Merokok dan menggigit tutup pulpen

Kebiasaan mengisap dan menelan udara berlebih dan air liur juga menjadi penyebab perut kembung. Khususnya merokok, efeknya akan berganda karena asapnya memengaruhi pencernaan. Bahan kimia rokok juga melemahkan sfingter esofagus bagian bawah atau otot antara kerongkongan dan perut yang membuat isi perut mengalir kembali ke kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan mulas dan gas berlebih.

5. Stres

Apoteker, Steve Riley mengatakan, stres memengaruhi kemampuan tubuh untuk mencerna makanan. “Ketika kita merasa cemas, hormon stres, adrenalin dan kortisol akan keluar dan menghambat sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan kembung dalam jangka panjang,” katanya. Untuk mencegah kembung, duduk saat makan dan mengunyah dan nikmati makanan Anda dengan perlahan.

6. Terlalu banyak makan buah

Makan buah memang baik bagi kesehatan. Tapi jika terlalu banyak atau bahkan setiap waktu, buah yang mengandung fruktosa atau gula yang ditemukan dalam buah bisa menjadi penyebab kembung bagi orang-orang yang memiliki masalah saluran pencernaan.

7. Mengonsumsi susu

Jika Anda berulang kali mengalami perut kembung setelah makan atau minum produk susu, seperti susu dan keju, mungkin Anda mengalami laktosa intoleran, terutama jika disertai dengan kram perut dan diare.

Ini adalah masalah pencernaan umum ketika tubuh tidak mampu mencerna laktosa, jenis gula terutama ditemukan dalam makanan susu.

8. Obat

Banyak obat-obatan bebas yang dijual dapat memicu kembung termasuk aspirin, obat diare dan pil zat besi. Jika Anda menduga obat tertentu dapat membuat perut kembung, Pixie menyarankan untuk menanyakan resep yang cocok pada apoteker.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Manekin dengan Rambut Kemaluan Picu Kontroversi

Manekin dengan Rambut Kemaluan Picu Kontroversi

Manekin memang `bertugas` memamerkan produk seperti pakaian. Tapi, bagaimana jadinya jika manekin tersebut memiliki rambut kemaluan? Tentu saja hal tersebut memicu amarah dari masyarakat. Ternyata itu semua dilakukan American Apparel yang memicu kontroversial dengan munculnya manekin dengan rambut kemaluan.Etalase di toko yang terletak East Houston, New York, menampilkan tiga manekin berpakaian dalam putih transparan, yang memperlihatkan garis bikini. Pejalan kaki yang melewati jendela tentu akan menghentikan langkahnya karena terlihat jelas perbedaan warna di balik pakaian dalam itu.Meskipun pengguna tiwtter telah mengkritiknya, pengecer membela diri dengan mengatakan ini bertujuan untuk memulai percakapan tentang konsep kecantikan masyarakat feminin.Manajer District Visual Dee Myles mengatakan kepada Observer, penampilan yang tak biasa itu bermaksud untuk membawa orang memikirkan liburan romantis mendekati Hari Valentine. Dia menambahkan itu penting untuk memicu rasa ingin tahu dan mengetahui apa yang kita anggap cantik dan seksi.Ketiga manekin itu semuanya memiliki rambut cokelat dan berkcamata. Ia juga mengekspose bagian dadanya di bawah bra yang tembus pandang.Pembeli yang mel [...]

Kebiasaan Berbahaya yang Membunuh Mimpi

Kebiasaan Berbahaya yang Membunuh Mimpi

Hidup tanpa mimpi bagaikan burung tanpa sayap yang tak bisa terbang. Untuk mencapai impian, kita harus menjaga hati dan pikiran. Tapi, tanpa disadari kebiasaan sehari-hari di dalam hidup ini bisa menjadi pembunuh mimpi tersebut.Kebiasaan dan pola perilaku begitu erat dengan kepribadian yang menjadi sifat yang melekat. Ini yang bisa membuat kita lemah dan rapuh sehingga akan mudah beralasan untuk melepas impian. Apabila kebiasaan Anda itu menjauhkan dari impian, berhati-hatilah. Anda perlu melepas kebiasan tersebut.Berikut beberapa kebiasaan yang bisa membunuh impian di dalam hidup ini seperti dilansir LifeHack, Rabu (2/4/2014):1. Ketakutan yang tak diketahuiKarakteristik. Orang ini selalu dikelilingi berbagai jenis ketakutan seperti takut ditolak, takut berpisah atau kehilangan, penghinaan, dan takut punah. Ketakutan yang selalu ada di dalam pikiran mencegah seseorang mengambil langkah-langkah menuju mimpinya seperti mengambil risiko dan orang ini selalu menikmati zona kenyamanan sendiri.Ketakutan yang tak diketahui merupakan kondisi pikiran dari masa kecil kita. Misalnya saja, orangtua terus menerus mengatakan kepada anaknya agar tak pergi ke luar jika ada seorang pria janggut put [...]

Pasutri Bawah 20 Tahun Diminta Pakai Kontrasepsi Jangka Panjang

Pasutri Bawah 20 Tahun Diminta Pakai Kontrasepsi Jangka Panjang

Pasangan usia 16 sampai 18 tahun yang memutuskan untuk menikah dianjurkan menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Karena secara keilmuan, ada baiknya untuk tidak mengandung terlebih dulu jika masih di bawah usia 20 tahun. Demikian disampaikan dr. Nurdadi Saleh, SpOG dalam konferensi pers 'Hari Kontrasepsi Sedunia 2014: Kontrasepsi Membantu Keluarga Merencanakan Masa Depan' di Ruang Kunthi, Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/9/2014) "Waktu dari usia 16 tahun ke 20 tahun itu 'kan cukup panjang, bagusnya memang metode kontrasepsi jangka panjang. Karena kita takut kalau pakai pil, remaja itu lupa dan enggak sempat ambil," kata Nurdadi menjelaskan. Lebih lanjut Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) menjelaskan, MKJP sangat dianjurkan karena biasanya pasangan suami istri sulit untuk menolak agar jangan berhubungan seksual sebelum mengisi ulang pil tersebut. "Hubungan suami istri itu seringkali tidak dapat ditunda. Baik istri maupun suami, tidak pernah berkata 'Jangan dulu, deh' ketika sadar pil itu habis. Maka itu, jika kita tidak mau kebobolan, pergunakan MKJP," kata dia. Jika nanti pada saatnya si istri sudah layak untuk hamil [...]

Sulit Tidur di Malam Hari? Coba Cermati Warna Cat Dinding Kamar!

Sulit Tidur di Malam Hari? Coba Cermati Warna Cat Dinding Kamar!

Hampir semua orang pernah mengalami sulit tertidur di malam hari. Saat itu Anda tak bisa memejamkan mata Anda tanpa alasan pasti.Bisa jadi ini karena Anda minum kopi di saat jam tidur atau terganggu suara dengkuran pasangan yang memecahkan telinga. Bisa juga tetangga sedang mengadakan pesta dengan suara musik yang mengganggu.Tapi, bagaimana jika penyebab sulit tidur itu memang tak jelas? Sebuah infografis yang dibuat MensHealth mengungkapkan, dekorasi kamar Anda bisa disalahkan. Dan paling sering pemilik rumah yang mengalami sulit tidur karena dekorasi berwarna deep eggplant (ungu terong) atau radiant orchid (ungu anggrek).Seperti dikutip HuffingtonPost, Senin (20/1/2014), dari survei terhadap 2.000 pria dan wanita tentang pengaruh warna kamar tidur mereka dengan tidur diperoleh: Biru rata-rata orang tidur 7 jam 52 menit per malamnya. Kuning rata-rata orang tidur 7 jam 40 menit Hijau rata-rata orang tidur 7 jam 36 menit Warna Siver rata-rata orang tidur7 jam 33 menit Oranye rata-rata orang tidur 7 jam 28 menit Merah rata-rata orang tidur 6 jam 58 menit Emas (gold) rata-rata orang tidur 6 jam 43 menit Abu-abu rata-rata orang tidur 6 jam 12 menit Cokelat rata-rata orang tidur [...]

Rahasia Miliki Kaki Seindah Kaki Celine Dion

Rahasia Miliki Kaki Seindah Kaki Celine Dion

Celine Dion tampil memukau dalam sebuah acara penghargaan baru-baru ini. Gaunnya mengungkapkan kakinya yang seksi seperti seseorang yang 20 tahun lebih muda. Apa rahasia kaki indah dan seksi wanita bersuara emas itu?Ternyata ibu tiga anak dari Kanada ini mengatakan, ia bukanlah penggemar gym tapi ia senang menggunakan sepeda latihan agar badannya tetap fit. "Menjadi super kurus tak penting," kata wanita berusia 45 tahun itu seperti dikutip Dailymail, Rabu (5/2/2014).Ada beberapa latihan yang bisa Anda coba di rumah agar kaki Anda seksi yakni dengan melompat.1. Cobalah melakukan lompatan jumping jack agar otot kaki kuat dan membangun kebugaran kardiovaskular.2. Berdirilah dengan tangan di samping tubuh. Dalam satu gerakan, lompat dan lebarkan kaki agar terpisah sambil mengangkat tangan di atas kepala.3. Anda harus mendarat dengan tangan di atas kepala dan kaki selebar pinggul.4. Lompat lagi dalam satu gerakan, biarkan kaki bersama lengan di sisi Anda.5. Anda bisa melakukan jumping jack. Dan cobalah bertahan selama 15 detik, meningkat menjadi 45 detik agar Anda lebih fit.(Mel/Abd) [...]

Tahun Baru Imlek, Senayan City Sajikan Parade Barongsai

Tahun Baru Imlek, Senayan City Sajikan Parade Barongsai

Dalam gelaran Tahun Baru Imlek 2014, Pusat Perbelanjaan Senayan City yang terletak di Jakarta Pusat ini akan menghadirkan liong parade yang siap menghibur para pengunjung setianya. Setelah itu, akan ada penampilan dari World Champion, barongsai tonggak di area lobi utama pada 31 Januari 2014.Seperti disampaikan oleh Marketing Director Senayan City, Veri Y. Setiady, untuk untuk memeriahkan imlek, pengunjung Senayan City akan dihibur oleh Barongsai Tonggak pada 31 Januari 2014 pukul 16.00-17.00. Selain itu, pengunjung juga akan dihibur oleh Modern Peranakan Entertainment di area GF (Ground Floor) pada 1, 6, 9, 16 Februari setap pukul 17.00-18.00, Oriental Mini Cabaret di area yang sama pada tanggal 2,8 dan 15 Februari setiap pukul 17.00-18.00, serta Chinnesse Dance Contemporary by Macau Govement Tourist Office Republic of Indonesia pada 9 februari pukul 14.00-15.00 di GF."Membuka tahun Kuda Kayu pada tahun baru China tahun ini, kami menghadirkan berbagai gelaran menarik untuk pengunjung setia Senayan City. Puncaknya adalah hadirnya barongsai tonggak pada 31 Januari 2014 di main Lobby. Selain itu, dekorasi dan hiburan tematik khas negeri tirai bambu juga diharapkan akan memberi kesan [...]

Tak Cuma Finansial, Jemaah Haji Harus Sehat Fisik

Tak Cuma Finansial, Jemaah Haji Harus Sehat Fisik

Menjalankan ibadah haji bagi umat muslim tak cuma mengandalkan kemampuan finansial, tapi juga kesehatan fisik yang mumpuni. Sayangnya, tidak sedikit orang yang menyembunyikan status kesehatan kronis bahkan sedang sakit untuk pergi haji agar meninggal di Tanah Suci. "Kesalahpahaman bahwa kematian di kedua kota suci akan mendapatkan jaminan masuk surga merupakan salah satu sebab dari meningkatnya jumlah lansia berpenyakit kronis," terang Wakil Menteri Kesehatan Arab Saudi Abdullah Al-Asiri dalam surat yang dibacakan Wakil Menteri Kesehatan RI Ali Ghufron Mukti di Jakarta (6/10/2014). Padahal jika dirasa kondisi fisik tak mampu menjalani ibadah yang memang membutuhkan tubuh yang fit ini tak perlu dipaksakan. "Islam tidak mengizinkan siapapun yang dengan sengaja memosisikan dirinya dalam situasi berbahaya," terang Al-Sairi. Kesalahpahaman yang banyak dianut oleh umat Islam di berbagai belahan dunia ini ada baiknya diluruskan. Penting rasanya bagi para pemimpin agama, ulama misalnya, untuk menjelaskan kepada jemaah bahwa Islam dengan jelas telah menentukan syarat kemampuan fisik bagi jemaah haji. Tahun ini saja, jumlah jemaah Indonesia yang berisiko tinggi seperti sakit, lansia, ser [...]

Dampak Lain Kurang Tidur

Dampak Lain Kurang Tidur

Delapan jam merupakan waktu terbaik bagi kita untuk tidur tidur nyenyak di malam hari. Kurang dari itu, akan memengaruhi fungsi kognitif kita. Dampaknya, kita akan mengalami kesulitan dalam mengingat suatu hal, dan lebih sering untuk mengatakan sesuatu yang palsu. Dalam sebuah studi, peneliti menunjukan 104 orang siswa sejumlah foto dari tempat terjadinya tindak kejahatan, dan memberikan mereka informasi yang salah tentang gambar tersebut. Peserta yang kurang tidur, melaporkan sebuah rincian dari sebuah gambar yang tidak benar atau dibuat-buat, ketimbang siswa yang memiliki waktu tidur berkualitas.Menurut para peneliti, mereka yang kurang tidur sangat sulit dijadikan saksi dalam sebuah aplikasi hukum. "Selama bertahun-tahun, saya menyadari bahwa setiap kali saya memiliki kualitas tidur yang buruk di malam hari, segala persepsi dan memori akan terlihat samar, sampai saya memiliki tidur dengan kualitas yang baik," kata Steven Frenda, dikutip Daily Mail, Sabtu (26/7/2014)Ilmuwan dari University of California melanjutkan, sangat terkejut ketika menemukan kurangnya empiris yang menghubungkan kurang tidur dengan distorsi memori manusia, dalam konteksi saksi mata. Untuk memperdalam hasil [...]

Rokok Elektrik Berganja yang Tak Bikin Mabuk Sedang Tren

Rokok Elektrik Berganja yang Tak Bikin Mabuk Sedang Tren

PeduliSehat.info, Inggris Hari ini, rokok elektrik berbahan ganja akan dijual pertama kali di Inggris. Sekitar 1.000 rokok yang akan diluncurkan pada Bulan Februari dan Maret. Seperti dilansir laman MirrorUk, Kamis (18/12/2014), rokok ini akan dijual dengan 39 Pound Sterling atau sekitar Rp 764 Ribu. Sang pencipta, Antonin Cohen dan Sebastien Beguerie, mengklaim bahwa produk rokok elektrik yang mereka luncurkan ini berguna untuk membuat konsumsen merasakan relaksasi dan menghilangkan rasa sakit mereka. Mereka juga mengatakan bahwa ganja kerap digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit kanker dan penderita multiple sclerosis di Inggris. Rokok elektrik berbahan ganja ini tidak mengandung THC. Menurut para ilmuwan, bahan ini merupakan bahan yang memabukkan. Oleh sebab itu, sang penciptanya berani mengatakan rokok ini aman karena tidak perlu berurusan dengan hal-hal ilegal. Sementara para pencipta mengklaim bahwa rokok ini bukan barang ilegal, pejabat di Inggris dan Prancis justru tetap mempertanyakan legalitas dan kesesuaian produk. Sebab, rokok ini tidak akan terlepas dari semakin maraknya pertumbuhan perkebunan ganja dan juga semakin mendorong konsumsi ganja. Tak hanya it [...]

Hingga Kini Tak Ada Kasus Ebola dan MERS di Indonesia

Hingga Kini Tak Ada Kasus Ebola dan MERS di Indonesia

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes RI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P, MARS, DTM&H, DTCE, menegaskan bahwa sampai hari ini, Sabtu (1/11), belum pernah ada kasus Ebola maupun MERS-CoV di Indonesia. ?Bila ada yang baru datang dari negara terjangkit Ebola, lalu dia demam, maka belum tentu demam tersebut diakibatkan oleh virus Ebola, bisa saja dikarenakan penyakit lain. Namun memang, waspada dan kehati-hatian kita perlukan?, ujar Prof. dr. Tjandra. Prof. dr. Tjandra menuturkan bahwa terdapat 4 gejala yang menjadi indikasi kuat seseorang terjangkit penyakit Ebola, khusunya bagi mereka yang baru saja pulang dari negara-negara terjangkit, yaitu: 1) Demam yang tidak diketahui penyebabnya; 2) Nyeri otot hebat; 3) Gangguan saluran pencernaan; dan 4) Manifestasi pendarahan. Saat ini media tengah hangat memberitakan pasien suspect Ebola baik yang berasal dari Madiun, maupun Kediri. Hal ini dikarenakan adanya riwayat dari kedua pasien tersebut mengalami sakit sepulang dari negara terjangkit Ebola. Mereka termasuk diantara 28 orang tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pada 26 Oktober 2014 lalu tiba kembali di Tanah Air setelah menyelesaikan peke [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *