8 Makanan Bagi Tulang Wanita

GIZI-MAKANAN-MINUM-TULANG-WANITA.JPG

Tulang wanita menjadi cukup kuat hingga usia 30 tahun. Setelah usia 30 tahun, kepadatan tulang mulai menurun dan semakin menurun lagi ketika wanita tersebut memasuki usia menopause. Namun, selagi bisa, para wanita dapat memaksimalkan usaha untuk menabung kepadatan tulang dengan olahraga yang teratur dan asupan makanan yang tepat.

Makanan-makanan yang dapat membantu kepadatan tulang wanita adalah:

1. Kalsium

Kalsium adalah sumber utama tulang yang kuat. Orang dewasa hingga usia 50 tahun membutuhkan 1000 miligram kalsium setiap harinya. Memasuki usia 51 tahun, wanita membutuhkan asupan 1200 mg kalsium setiap hari. Sebanyak 237 mL susu mengandung 300 mg kalsium. (Baca: Menabung Kalsium untuk Kesehatan Tulang)

2. Yogurt dan Keju

Satu cangkir kecil yogurt atau 28 gram keju mengandung sejumlah kalsium yang sama dengan 237 mL susu. (Baca: Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Gigi)

3. Ikan Sarden

Sebanyak 85 gram ikan sarden dapat memberikan asupan kalsium yang sedikit lebih banyak daripada secangkir susu.

4. Sayuran hijau

Sayuran seperti sawi hijau, bok chiy dan sayuran hijau gelap lainnya juga mengandung banyak kalsium. (Baca: Buah & Sayur Penangkal Risiko Jantung)

5. Suplemen Kalsium

Jika makanan tidak cukup memenuhi kebutuhan kalsium Anda maka Anda dapat mengkonsumsi suplemen kalsium. Konsumsilah 500 mg kalsium setiap harinya untuk absorbsi optimal. (Baca: Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter)

6. Produk-produk olahan kacang kedelai

Setengah cangkir tahu dapat memberikan 400 mg kalsium dan satu cangkir susu kedelai dapat memberikan 300 mg kalsium. Selain itu kandungan isoflavonnya juga memperkuat tulang. (Baca: Kolesterol Turun dengan Kedelai)

7. Salmon dan ikan dengan asam lemak omega 3

Ikan-ikan ini mengandung vitamin D yang penting dalam proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Suplemen minyak ikan juga baik untuk mencegah pengeroposan tulang. (Baca: Minyak Ikan Mencegah Berbagai Penyakit)

8. Kacang dan Biji-Bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung protein yang membantu menguatkan tulang dan juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya pengeluaran kalsium dalam air seni.

Pastikan juga Anda mendapatkan pajanan sinar matahari yang cukup dan rutin berolahraga untuk tulang yang kuat dan sehat. Anda tentu tidak ingin menghabiskan masa tua dengan kondisi tulang mudah patah bukan? Ayo tabung kepadatan tulangmu dari sekarang!

(JF)

Baca juga:

Kanker Tulang Mengintai Anak & Remaja

Kebanyakan Kopi Bisa Bikin Tulang Keropos!

Semakin Jarang Bergerak, Tulang Keropos

Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Asma Bisa Sebabkan Kematian

Asma Bisa Sebabkan Kematian

Banyak orang berpikir bahwa asma adalah gangguan pernafasan ringan dimana pasien hanya mengeluh perasaan sesak ringan. Namun perlu Anda ketahui bahwa serangan asma berat dapat mengancam nyawa. Jadi mari kita kenali lebih jauh mengenai serangan asma. Klik ?next? untuk selanjutnya. Asma Bisa Menyebabkan Kematian Banyak orang berpikir bahwa asma adalah gangguan pernafasan ringan dimana pasien hanya mengeluh perasaan sesak ringan. Namun perlu Anda ketahui bahwa serangan asma berat dapat mengancam nyawa. Jadi mari kita kenali lebih jauh mengenai serangan asma. Klik ?next? untuk selanjutnya. Apa itu Asma? Asma adalah gangguan pernafasan yang ditandai dengan serangan sesak nafas. Asma disebabkan karena saluran udara mengecil atau adanya cairan mukus yang banyak. Pernafasan pasien akan lebih sulit karena saluran udara yang lebih kecil. Pernafasan pasien juga akan menimbulkan bunyi sebagai akibat dari benturan aliran udara dengan saluran udara yang kecil. Klik ?next? untuk selanjutnya. Bagaimana Asma menyebabkan kematian? Asma menyebabkan kematian dengan menyumbat aliran pernafasan. Walaupun umumnya serangan asma adalah seran [...]

Lifestyle Sangat Mempengaruhi Resiko Terkena Kanker

Lifestyle Sangat Mempengaruhi Resiko Terkena Kanker

Para peneliti dari Cancer Research UK, Inggris mengemukakan bahwa 40% kasus kanker disebabkan oleh gaya hidup seseorang. Dari 130 ribu lebih kasus kanker yang terjadi di Inggris terbukti diakibatkan pemilihan pola hidup yang tidak sehat seperti bekerja ditempat penuh resiko terpapar bahan-bahan kimia, merokok, meminum alkohol, pola makan, hingga kelebihan berat badan karena kurang beraktifitas dan kurangnya asupan buah-buahan juga sayuran. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam the British Journal of Cancer, dipimpin oleh Prof. Max Parkin yang menegaskan bahwa berdasarkan bukti yang ada, terlihat jelas 40% kasus kanker yang terjadi merupakan akibat dari sesuatu yang sebenarnya diri kita sendiri mempunyai kemampuan dalam mengubahnya. Seperti di lansir dalam BBC Health (17/12), Prof. Parkin juga mengungkapkan bahwa merekapun tidak pernah mengira bahwa dengan memakan buah-buahan dan sayuran menjadi sangat penting dalam melindungi pria terhadap kanker, begitupula kelebihan berat badan ternyata lebih beresiko kanker dibandingkan konsumsi alcohol pada wanita. Meskipun dari data penyebab utama kanker adalah merokok, baik bagi pria (23%) maupun wanita (15,6%), namun ternyata urutan ked [...]

Hubungan Seksual pada Masa Kehamilan

Hubungan Seksual pada Masa Kehamilan

Tidak sedikit pertanyaan yang bermunculan seputar permasalahan berhubungan seksual pada saat kehamilan. Apakah aman berhubungan seks pada saat istri hamil? Apakah berhubungan seks pada saat hamil dapat membahayakan kandungan? Haruskah menggunakan kondom? Atau bahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. Sebelum membahas lebih jauh, berikut paparannya mengapa berhubungan seks selama masa kehamilan bisa dikatakan aman. Hubungan Seksual Pada Saat Masa Kehamilan Tidak sedikit pertanyaan yang bermunculan seputar permasalahan berhubungan seksual pada saat kehamilan. Apakah aman berhubungan seks pada saat istri hamil? Apakah berhubungan seks pada saat hamil dapat membahayakan kandungan? Haruskah menggunakan kondom? Atau bahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. Sebelum membahas lebih jauh, berikut paparannya mengapa berhubungan seks selama masa kehamilan bisa dikatakan aman. [...]

4 Permainan Tradisional Anak Membakar Kalori

4 Permainan Tradisional Anak Membakar Kalori

Oleh: dr. Sophia B. Hage Keberadaan permainan tradisional yang sering kita mainkan di masa kecil saat ini sudah jarang ditemui di perkotaan. Permainan-permainan seperti meloncat di tanah yang bergambar yang biasa disebut petak jungkit atau main jingkat, bentengan (tak benteng), petak umpet dan gobak sodor sudah mulai asing kita dengar. Padahal, permainan tradisional ini merupakan aktivitas sosial yang menyenangkan, melatih fungsi kognitif dan juga membakar kalori. Tidak ada salahnya kita mulai kembali memasyarakatkan permainan tradisional Indonesia tersebut dengan mengajarkan anak kita bagaimana bermain permainan-permainan tersebut sambil membakar kalori dengan cara yang menyenangkan. Bentengan atau Tak Benteng merupakan permainan yang cukup populer saat kita masih kecil. Aktivitas ini merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus sarana bersosialisasi yang cukup baik dengan teman sepermainan. Satu sesi tak benteng dapat berdurasi pendek ataupun panjang tergantung dari jumlah peserta dan kecepatan permainan. Selain itu, satu sesi tak benteng dapat melibatkan aktivitas lari yang cukup banyak ataupun jarang, tergantung dari tipe permainan yang dilakukan. Karena variasi yang c [...]

Keistimewaan Sehatnya Yoghurt

Keistimewaan Sehatnya Yoghurt

Apakah Anda termasuk penggemar yoghurt ? Ya, siapa yang tidak mengenal yoghurt. Minuman yang rasanya asam ini sekarang sudah sangat dekat di telinga masyarakat. Minuman yang termasuk produk olahan susu ini mulai banyak dijual dengan berbagai merk dan mudah didapat. Beraneka rasa yang ditawarkan membuat penikmat yoghurt semakin bertambah dari waktu ke waktu. Selain rasanya yang asam dan membuat segar ternyata yoghurt memiliki banyak keistimewaan. Meskipun begitu, ada beberapa kalangan yang tidak menyukai rasa asamnya padahal yoghurt sangat bagus untuk kesehatan. 1. Keistimewaan Kandungan Yoghurt Kita tentu tahu bahwa yoghurt merupakan hasil olahan susu. Berarti dengan mengkonsumsi yoghurt, sama saja kita mengkonsumsi protein hewani, yaitu sekitar 9 gram perotein dalam 6 ons yoghurt. Selain protein, nutrisi lain juga terkandung di dalamnya, seperti kalsium, vitamin B2, vitamin B12, potassium, dan magnesium. 2. Keistimewaan Meningkatkan Pertahanan Tubuh Dan yang tidak bisa kita lupakan adalah adanya kandungan probiotik di dalam yoghurt. Probiotik adalah bakteri baik yang secara normal terdapat dalam sistem saluran cerna manusia. Dengan kita mengonsumsi bakteri baik ini, tentunya da [...]

Mood Buruk Saat Datang Bulan? Cerita Lama!

Mood Buruk Saat Datang Bulan? Cerita Lama!

Fluktuasi hormon diduga menjadi penyebab naik dan turunnya mood saat sedang haid. Sering merasa lebih emosional menjelang masa datang bulan? Kenali penyebab dan cara mencegah fluktuasi mood saat haid tiba. PMS dan Hormon Perubahan mood sering menjadi ciri utama Premenstrual Syndrome (PMS). PMS adalah gejala-gejala akibat perubahan hormon menjelang masa menstruasi. Umumnya periode ini terjadi 10 hari sebelum masa datang bulan, saat kadar hormon estrogen dan progesteron berubah drastis. Sejak masa awal pubertas, ovarium wanita mulai melepaskan hormon estrogen. Dalam satu siklus menstruasi, estrogen terus dilepaskan hingga mencapai puncaknya saat terjadi pelepasan sel telur atau ovulasi. Setelah itu kadar estrogen menurun drastis sebelum akhirnya pelan-pelan meningkat lagi. PMS sering diidentikkan dengan depresi, kecemasan, perasaan yang sensitif, melankoli, atau bahkan kemarahan dan membenci diri sendiri. Wanita yang sedang mengalami PMS cenderung mempersepsikan segala hal atau komentar dari sudut pandang negatif, meski fakta nyatanya tidak demikian. Selain suasana hati yang terpengaruh perubahan kadar hormon, gejala PMS lain adalah diare, payudara terasa nyeri, dan kram. Kadar nor [...]

Indonesia Siaga H7N9

Indonesia Siaga H7N9

Indonesia Siaga H7N9 Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Pemerintah Indonesia sudah siap siaga mencegah peredaran virus flu burung H7N9. Saat ditemui usai membuka Hari Kesehatan Dunia, Minggu, 7 April 2013, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan bahwa koordinasi antara Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian dan pemerintah daerah sudah dilakukan. Menurut beliau, infeksi virus ini lebih mematikan dibandingkan dengan virus yang sudah beredar sebelumnya. Dinas kesehatan daerah telah diinstruksikan untuk waspada bila ada unggas yang mati. Kehebohan ini bermula dari Cina di mana virus ini sudah menginfeksi 18 orang (yang dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium), 6 diantaranya meninggal dunia, 10 sakit berat, dan 2 kasus ringan. Delapan dari kasus-kasus tersebut ditemukan di Propinsi Shanghai, enam dari Proponsi Jiangsu, tiga dari Propinsi Zhejiang, dan satu dari Propinsi Ahui. Lebih dari 530 orang yang berkontak dekat dengan pasien-pasien ini dimonitor ketat. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa hingga tanggal 6 April 2013, terdapat 18 kasus infeksi influenza A H7N9 di Cina yang telah dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium, termasuk 6 [...]

Telapak Tangan Berkeringat Tanda Sakit Jantung?

Telapak Tangan Berkeringat Tanda Sakit Jantung?

Ada satu pernyataan yang sudah sering kita akrab dengar sejak kecil, jika tangan kita berkeringat maka kemungkinan besar kita mengidap sakit jantung, benarkah pernyataan di atas? Atau justru hanya sekedar mitos yang tidak pernah terbukti? Pernyataan di atas salah besar, namun ada sedikit kebenaran yang terkandung di dalamnya. Penyakit jantung memiliki cakupan pembahasan yang luas, artinya banyak sekali macam atau jenisnya. Salah satu penyakit jantung yang paling membahayakan nyawa seseorang adalah serangan jantung atau penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner ditandai dengan munculnya keluhan-keluhan sebagai berikut: Gejala Serangan Jantung nyeri dada dengan sensasi tertimpa beban berat yang menjalar ke bahu nyeri dan sensasi yang sama pada rahang ataupun lengan. keluhan nyeri dada yang seringkali disertai dengan telapak tangan yang berkeringat, atau dalam istilah medis dikenal dengan diaforesis. Jadi yang terjadi bukan sebaliknya, seseorang yang telapak tangannya berkeringan namun tidak mengalami nyeri dada tentu tidak memiliki arti yang bermakna. Sekali lagi kita membuktikan mitos, jadi ingatlah, jika Anda mendadak merasakan nyeri dada disertai [...]

Tips Menghindari Gangguan Pencernaan Saat Idul Fitri

Tips Menghindari Gangguan Pencernaan Saat Idul Fitri

Bagaimanakan tips menghindari gangguan pencernaan saat Idul Fitri, yang mana kita sering disuguhi makanan. Dan uniknya jenis makanan yang disiapkan, hampir sama yaitu opor ayam, ketupat, sambel goreng ati, sayur labu, rendang, dll, dimana sebagian besar menggunakan santan, cabai. Setelah Kita berpuasa selama lebih kurang 1 bulan, dimana pencernaan Kita dibiasakan makan makanan secukupnya (pada waktu sahur dan buka puasa), ada baiknya pada saat hari Raya hindari makan makanan yang terlalu banyak dan juga kurangi makan makanan yang merangsang seperti terlalu banyak makan makanan yang mengandung santan, cabai, asam dan soda. Hal ini dimaksud untuk menghindari gangguan pencernaan, agar pencernaan Anda tidak kaget karena biasanya pada jam-jam tertentu kosong, tiba-tiba dimasukkan makanan yang dalam jumlah banyak. Gangguan pencernaan yang sering terjadi adalah diare, mual dan muntah serta sakit perut (nyeri ulu hati hingga nyeri colic) Apabila hal ini terjadi Anda dapat mengobatinya dengan Carbo adsorben (seperti Norit atau Diatab), serta banyak minum untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Apabila hal tersebut tidak menolong segeralah ke Dokter atau Rumah Sakit terdekat untuk mendapatk [...]

Trik Menyingkirkan Jerawat Batu pada Wajah

Trik Menyingkirkan Jerawat Batu pada Wajah

Stres rasanya jika wajah ditumbuhi oleh jerawat batu. Ukurannya yang besar, berwarna kemerahan dan dipenuhi nanah pastinya mengganggu penampilan kita. Belum lagi efeknya yang mungkin bisa menimbulkan rasa sakit dan gatal pada area yang ditumbuhi jerawat. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada cara menyingkirkan ?tamu tidak diundang? ini dari wajah Anda. Jerawat bisa timbul ketika pori-pori wajah Anda tersumbat dengan sel-sel kulit mati. Terkadang bakteri ikut menyusup ke dalamnya dan membuat area tersebut menjadi merah dan bengkak. Sementara jerawat batu terjadi ketika infeksi ini telah masuk jauh ke dalam kulit wajah Anda. Tidak hanya pada wajah, jerawat batu juga bisa muncul pada dada, pundak, punggung, atau lengan atas. Sebenarnya tidak ada penyebab pasti kenapa Anda memiliki jerawat batu, namun hormon androgen bisa ditunjuk sebagai pemicunya. Hormon androgen yang meningkat bisa menyebabkan perubahan pada kulit yang dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori dan jerawat. Kalangan yang biasanya memiliki hormon androgen tinggi adalah remaja. Namun itu bukan berarti kalangan remaja saja yang bisa mengidap jerawat batu. Anak-anak berusia 8 tahun atau orang tua berusia paruh b [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *