8 Makanan Bagi Tulang Wanita

GIZI-MAKANAN-MINUM-TULANG-WANITA.JPG

Tulang wanita menjadi cukup kuat hingga usia 30 tahun. Setelah usia 30 tahun, kepadatan tulang mulai menurun dan semakin menurun lagi ketika wanita tersebut memasuki usia menopause. Namun, selagi bisa, para wanita dapat memaksimalkan usaha untuk menabung kepadatan tulang dengan olahraga yang teratur dan asupan makanan yang tepat.

Makanan-makanan yang dapat membantu kepadatan tulang wanita adalah:

1. Kalsium

Kalsium adalah sumber utama tulang yang kuat. Orang dewasa hingga usia 50 tahun membutuhkan 1000 miligram kalsium setiap harinya. Memasuki usia 51 tahun, wanita membutuhkan asupan 1200 mg kalsium setiap hari. Sebanyak 237 mL susu mengandung 300 mg kalsium. (Baca: Menabung Kalsium untuk Kesehatan Tulang)

2. Yogurt dan Keju

Satu cangkir kecil yogurt atau 28 gram keju mengandung sejumlah kalsium yang sama dengan 237 mL susu. (Baca: Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Gigi)

3. Ikan Sarden

Sebanyak 85 gram ikan sarden dapat memberikan asupan kalsium yang sedikit lebih banyak daripada secangkir susu.

4. Sayuran hijau

Sayuran seperti sawi hijau, bok chiy dan sayuran hijau gelap lainnya juga mengandung banyak kalsium. (Baca: Buah & Sayur Penangkal Risiko Jantung)

5. Suplemen Kalsium

Jika makanan tidak cukup memenuhi kebutuhan kalsium Anda maka Anda dapat mengkonsumsi suplemen kalsium. Konsumsilah 500 mg kalsium setiap harinya untuk absorbsi optimal. (Baca: Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter)

6. Produk-produk olahan kacang kedelai

Setengah cangkir tahu dapat memberikan 400 mg kalsium dan satu cangkir susu kedelai dapat memberikan 300 mg kalsium. Selain itu kandungan isoflavonnya juga memperkuat tulang. (Baca: Kolesterol Turun dengan Kedelai)

7. Salmon dan ikan dengan asam lemak omega 3

Ikan-ikan ini mengandung vitamin D yang penting dalam proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Suplemen minyak ikan juga baik untuk mencegah pengeroposan tulang. (Baca: Minyak Ikan Mencegah Berbagai Penyakit)

8. Kacang dan Biji-Bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung protein yang membantu menguatkan tulang dan juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya pengeluaran kalsium dalam air seni.

Pastikan juga Anda mendapatkan pajanan sinar matahari yang cukup dan rutin berolahraga untuk tulang yang kuat dan sehat. Anda tentu tidak ingin menghabiskan masa tua dengan kondisi tulang mudah patah bukan? Ayo tabung kepadatan tulangmu dari sekarang!

(JF)

Baca juga:

Kanker Tulang Mengintai Anak & Remaja

Kebanyakan Kopi Bisa Bikin Tulang Keropos!

Semakin Jarang Bergerak, Tulang Keropos

Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Air Kelapa, Minuman Isotonik Alami

Air Kelapa, Minuman Isotonik Alami

Setelah berolahraga, banyak sekali cairan yang hilang dari tubuh Anda akibat banyak keringat yang keluar. Bila cairan ini tidak segera diganti, tubuh Anda bisa mengalami dehidrasi atau lemas. Mungkin beberapa dari Anda akan memilih produk-produk minuman isotonik di pasaran untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ini. Tapi, akan lebih aman bagi tubuh bila Anda mengonsumsi minuman sejenis yang alami. Dikutip dari studi yang diterbitkan Medicine & Science in Sports & Exercise, air kelapa ternyata dapat menggantikan cairan tubuh dan juga elektrolit yang hilang setelah berolahraga. Ini tidak mengherankan, karena air kelapa mengandung komposisi elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, air kelapa adalah minuman isotonik alami yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga atau beraktivitas karena bisa merehidrasi tubuh, cepat mengganti cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. Keutamaan nutrisi air kelapa adalah karbohidrat sederhana, natrium yang rendah dan tinggi akan kalium. Nah, jika Anda telah berolahraga berat lebih dari 3 jam, berada dalam lingkungan yang lembab dan kehilangan cairan tubuh yang banyak, Anda membutuhkan karbohidrat yang mudah dicerna untuk asupan energi dan [...]

Keunggulan Sikat Gigi Elektrik

Keunggulan Sikat Gigi Elektrik

Oleh: drg. Arni Maharani Berbagai macam merk sikat gigi elektrik dapat dengan mudah kita temukan di pasaran, dengan berbagai macam bentuk dan design. Penggunaan sikat gigi merupakan kegiatan sehari-hari dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan gigi kita. Penggunaan sikat gigi manual lebih dikenal dan familiar dalam masyarakat, dimana dalam memilih sikat gigi ini lebih baik diutamakan yang berbulu lembut dan ujung kepala yang mengecil. Sikat gigi elektrik pertama kali dibuat oleh suatu perusahaan di Amerika pada tahun 1960 yang memiliki bentuk kepala sikat seperti sikat gigi manual dengan gerakan vertikal dan horizontal. Tetapi sekarang design sikat gigi elektrik memiliki kepala sikat yang berputar dan oscilasi. Perputaran dan pergerakan sikat gigi elektrik dirancang mengikuti pergerakan tangan dengan jumlah putaran 3000-7000 permenit. Telah dilakukan beberapa penelitian terkait kekurangan dan keunggulan sikat gigi elektrik dibandingkan sikat gigi biasa. Keunggulan sikat gigi elektrik meliputi : Pembuangan plak lebih baik dibandingkan sikat gigi manual. Plak pada bagian selah-selah gigi (proksimal) lebih dapat dihilangkan oleh sikat gigi elektrik, dimana pada sikat gigi man [...]

Mengapa Polusi Udara Bisa Menyebabkan Batuk?

Mengapa Polusi Udara Bisa Menyebabkan Batuk?

Udara merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pada udara terkandung gas yang terdiri dari 78% nitrogen, 20% oksigen, 0,93% argon, 0,03% karbon dioksida, dan sisanya terdiri dari neon, helium, metan dan hidrogen. Komposisi tersebut merupakan standar udara normal yang dapat mendukung kehidupan manusia. Apabila terjadi penambahan gas-gas lain yang menimbulkan gangguan atau perubahan komposisi tersebut, maka kondisi itu disebut dengan pencemaran atau polusi udara. Polusi udara tidak hanya dapat mengganggu kenyamanan lingkungan, tetapi juga kesehatan. Banyak masalah kesehatan terkait pernapasan yang disebabkan oleh polusi udara, seperti batuk kering, mengi (bunyi napas tambahan), nyeri dada, dan lain-lain. Apa saja sumber-sumber pencemaran udara yang dapat mengganggu kesehatan? Sumber pencemaran udara menetap (point source): asap pabrik, instalasi pembangkit tenaga listrik, asap dapur, pembakaran sampah rumah tangga, dan lain sebagainya Sumber pencemaran udara yang tidak menetap (non point source): gas buang kendaraan bermotor, pesawat udara, kereta api, dan kegiatan-kegiatan lain yang menghasilkan gas emisi dengan lokasi berpindah-pindah Sumber pencemaran udara [...]

Kelas Yoga Ini Khusus Ajarkan Wanita Agar Nyaman Berjalan Pakai Stiletto

Kelas Yoga Ini Khusus Ajarkan Wanita Agar Nyaman Berjalan Pakai Stiletto

Stiletto bisa membuat pemakainya terlihat lebih seksi dan anggun. Namun mengenakan sepatu dengan sol meruncing ke bawah ini bukan tanpa pengorbanan. Tidak sedikit wanita yang harus menahan sakit, terutama di ujung jari dan tumitnya saat memakai stiletto atau high heels. Hubungan wanita dan high heels pun seperti love-hate relationship, menyakitkan tapi juga disukai.Kondisi ini rupanya memunculkan ide bagi Yamuna Zake, seorang instruktur yoga yang berbasis di New York City. Ia membuka kelas untuk melatih bagian tubuh yang lebih spesifik, yaitu kaki.Wanita berusia 59 tahun ini menawarkan kelas latihan kaki yang membantu para pesertanya belajar bagaimana berjalan memakai stiletto berhak tinggi. Kelas berdurasi satu jam itu bertujuan mengajarkan para wanita agar bisa berjalan lebih anggun dengan high heels. Untuk melakukan yoga ini, diperlukan alat bantu berupa dua bola setengah lingkaran dengan gerigi di seluruh permukaannya.Kelas yoga stiletto bentukan Yamuna ini pertama kali diperkenalkan tahun lalu dan popularitasnya segera melesat di kalangan wanita. Terutama wanita yang cukup mampu membeli stiletto mahal, tapi hanya menyimpannya di rak sepatu karena tidak tahu cara memakainya [...]

Cara yang Benar Menghilangkan Cegukan

Cara yang Benar Menghilangkan Cegukan

Cegukan merupakan kondisi yang lumrah terjadi pada setiap orang, namun tak jarang menimbulkan rasa tidak nyaman terutama jika berlangsung dalam waktu lama. Mengapa cegukan ini bisa terjadi?Seperti dikutip dari Mirror, cegukan terjadi ketika seseorang gagal menarik napas dengan sempurna. Biasanya terjadi ketika kita minum terlalu cepat atau mencoba makan dan bernapas di waktu yang bersamaan.Kondisi tersebut menyebabkan otot diafragma dan dada berkontraksi, memicu penghirupan yang tak terkontrol. Udara yang dihirup tidak bisa mencapai paru-paru seperti yang terjadi pada pernapasan biasa akibat terjadinya kekejangan otot ringan.Kejang otot tersebut menutup batang tenggorokan, dan akhirnya menimbulkan suara seperti mencicit yang biasa disebut dengan cegukan. Meskipun tak berbahaya, namun menimbulkan ketidaknyamanan terutama jika Anda harus presentasi saat meeting di depan kolega kerja atau sedang berdiskusi serius.Ada beberapa cara yang dipercaya bisa mengilangkan cegukan, mulai dari minum banyak air putih hingga dikagetkan dengan sengaja oleh orang lain. Cara-cara tersebut tidak bisa dibilang tepat, namun juga tidak bisa disebut keliru.Seperti halnya bersin, cegukan termasuk geraka [...]

Ukuran Vagina dan Kepuasan Bercinta

Ukuran Vagina dan Kepuasan Bercinta

Tidak jarang ukuran organ reproduksi menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian pasangan suami-istri. Padahal asumsi tersebut belum tentu benar. Meski ukuran organ reproduksi sering kali menjadi masalah bagi pria, ternyata tidak sedikit wanita yang juga khawatir dengan ukuran vaginanya, terlebih lagi wanita yang pernah melahirkan. Tidak sedikit dari mereka yang takut bahwa ukuran vagina mereka akan memengaruhi kepuasan saat melakukan hubungan seks. Ukuran Vagina Organ-organ seksual wanita dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar disebut dengan vulva. Bagian luar antara lain klitoris, labia atau bibir bagian dalam dan luar vagina. Sedangkan bagian dalam termasuk ovarium, rahim, vagina. Vagina bagian dalam berbentuk seperti tabung dengan panjang sekitar 8 cm dan menjadi 10-12 cm ketika terangsang, tabung ini mengarah ke leher rahim. Struktur vagina sendiri sangat elastis dan mudah merenggang untuk menyesuaikan ukuran penis atau pada saat melahirkan. Hal ini dikarenakan dinding vagina memiliki ukuran yang serupa dengan lambung. Jika Anda baru saja melahirkan secara normal, Anda pasti akan merasa sedikit nyeri pada bagian vagina. Vagina juga [...]

Benarkah Daun Jintan Dapat Melancarkan ASI?

Benarkah Daun Jintan Dapat Melancarkan ASI?

Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik dan bermanfaat untuk buah hatinya. Mengingat bahwa ASI memberikan banyak manfaat berlimpah baik bagi Ibu maupun bayi, maka memberikan ASI dalam tahun-tahun pertama kehidupan si kecil menjadi suatu komitmen penting bagi orangtua. World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian ASI sejak dini (inisiasi menyusui dini) dimulai dalam 1 jam pertama setelah kelahiran dan diteruskan secara eksklusif sampai bayi berusia 4 bulan. Makanan pendamping ASI dapat mulai dapat diberikan ketika anak berusia 4-6 bulan dan mulai mantap diberikan mulai usia 6 bulan. Pemberian ASI direkomendasikan untuk terus diberikan sampai usia 2 tahun. Sayangnya, tidak banyak Ibu yang dapat mengikuti rekomendasi tersebut karena produksi ASI yang kurang. Untuk itulah petugas kesehatan dan kelompok pendukung yang tepat diperlukan Ibu untuk bisa membantu Ibu tetap dapat menyusui sesuai rekomendasi. Selain beberapa tips yang dapat Ibu lakukan, tenaga kesehatan atau budaya masyarakat setempat juga biasanya memiliki rekomendasi bahan herbal tertentu yang dipercaya dapat memperlancar produksi ASI. Salah satunya adalah daun bangun-bangun (jintan) yang telah digu [...]

Apakah Nutrisi Si Kecil Sudah Tercukupi?

Apakah Nutrisi Si Kecil Sudah Tercukupi?

Pertumbuhan yang normal dari seorang anak perlu didukung oleh asupan nutrisi dan kondisi kesehatan yang baik. Anda dapat menandai pertumbuhan yang kurang baik dari dua hal, yaitu tinggi badan pendek dibanding usianya dan gagal tumbuh. Selain ditentukan oleh genetik, tinggi badan juga dipengaruhi oleh faktor nutrisi. Pertumbuhan tinggi badan seorang anak dikatakan normal apabila berada pada rentang tinggi badan pada populasi anak secara umum. Biasanya tenaga medis akan menggunakan acuan grafik menurut CDC atau WHO. Diet seimbang yang sehat tidak hanya baik untuk tubuh anak secara keseluruhan, namun juga pada otak mereka. Makanan yang tepat dapat meningkatkan fungsi otak, memori, dan konsentrasi anak. Makanan bergizi dan sarapan sangat vital untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak. Dalam penelitian Kleinman dkk. disebutkan bahwa anak yang tadinya tidak mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi yang memadai, setelah mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi baik, ternyata mengalami peningkatan kemampuan akademik dan fungsi psikososial dengan teman sebayanya. Komponen nutrisi dalam makanan anak Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral merupakan elemen penting dalam nutrisi anak. [...]

Awas! Terlalu Sering Makan Makanan Berserat Bisa Berisiko Susah Hamil

Awas! Terlalu Sering Makan Makanan Berserat Bisa Berisiko Susah Hamil

Makanan berserat sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap ramping dan sehat . Tapi konsumsi serat berlebihan ternyata juga berbahaya bagi tubuh, bahkan bisa timbulkan risiko susah hamil.Mengonsumsi makanan serat tinggi memang memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker usus besar dan kanker payudara. Para ahli menyarankan, orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 25 gram (wanita) sampai 30 gram (pria) dan sekitar 20 gram untuk anak-anak. Tapi bila orang mengonsumsi serat hingga lebih dari 45 gram per hari, maka serat tersebut justru bisa berakibat buruk bagi tubuh. Dilansir dari detikhealth, berikut lima akibat dari kebanyakan mengonsumsi serat.1. SembelitSebenarnya bila orang makan serat dengan jumlah yang cukup dan sesuai, maka serat akan membersihkan perut dan kotoran di usus bisa menjadi lebih lunak. Tapi jika mengonsumsi serat lebih dari kebutuhan tubuh, serat justru dapat membuat sembelit (susah buang air besar). Hal ini karena serat menyerap air ketika melalui sistem pencernaan. Jadi jika orang terlalu banyak konsumsi serat, air dalam saluran cerna pun banyak yang diserap. Akibatnya bisa menjadi susah buang air besar.2. Dehid [...]

Kisah Wanita yang Berjuang Lawan 3 Kanker Selama 23 Tahun

Kisah Wanita yang Berjuang Lawan 3 Kanker Selama 23 Tahun

Perjuangan wanita ini melawan kanker ovarium, payudara dan paru begitu menginspirasi. Selama 25 tahun pernikahannya, ia harus berjuang melawan kanker selama 23 tahun. Namun di balik perjuangannya, terdapat kebahagiaan yang baru-baru ini ia rasakan. Apakah itu?DeLese Range, 43 tahun, menikah dengan suaminya, Lonzie di usia 18 tahun. Saat menikah, ia terpaksa meminjam gaun pengantin dari orang lain. Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 1989, ia hamil anak pertamanya sekaligus didagnosa kanker ovarium.Memasuki tahun 2001, ia pun kembali divonis kanker payudara stadium empat. Akibat mahalnya terapi kemo yang ia jalani, ia tidak pernah memiliki pesta pernikahan yang ia impikan, tak terelakkan mengenakan gaun pengantin yang ia dambakan.Malangnya, 10 tahun kemudian, di tahun 2011, ia kembali didiagnosa dengan kanker paru-paru meskipun ia tidak pernah merokok, seperti yang dikutip dari ABC News. Dari situ, ia merasa hidupnya hanya seputar terapi kemo yang menguras tabungan hidupnya.Ia tetap berjuang untuk bertahan hidup dan keadaannya pun berangsur membaik berkat dukungan dari keluarganya. Tahun ini, ia merayakan 25 tahun pernikahan dengan suaminya. Ia berharap bisa memperbaharui ikatan p [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *