8 Makanan Bagi Tulang Wanita

GIZI-MAKANAN-MINUM-TULANG-WANITA.JPG

Tulang wanita menjadi cukup kuat hingga usia 30 tahun. Setelah usia 30 tahun, kepadatan tulang mulai menurun dan semakin menurun lagi ketika wanita tersebut memasuki usia menopause. Namun, selagi bisa, para wanita dapat memaksimalkan usaha untuk menabung kepadatan tulang dengan olahraga yang teratur dan asupan makanan yang tepat.

Makanan-makanan yang dapat membantu kepadatan tulang wanita adalah:

1. Kalsium

Kalsium adalah sumber utama tulang yang kuat. Orang dewasa hingga usia 50 tahun membutuhkan 1000 miligram kalsium setiap harinya. Memasuki usia 51 tahun, wanita membutuhkan asupan 1200 mg kalsium setiap hari. Sebanyak 237 mL susu mengandung 300 mg kalsium. (Baca: Menabung Kalsium untuk Kesehatan Tulang)

2. Yogurt dan Keju

Satu cangkir kecil yogurt atau 28 gram keju mengandung sejumlah kalsium yang sama dengan 237 mL susu. (Baca: Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Gigi)

3. Ikan Sarden

Sebanyak 85 gram ikan sarden dapat memberikan asupan kalsium yang sedikit lebih banyak daripada secangkir susu.

4. Sayuran hijau

Sayuran seperti sawi hijau, bok chiy dan sayuran hijau gelap lainnya juga mengandung banyak kalsium. (Baca: Buah & Sayur Penangkal Risiko Jantung)

5. Suplemen Kalsium

Jika makanan tidak cukup memenuhi kebutuhan kalsium Anda maka Anda dapat mengkonsumsi suplemen kalsium. Konsumsilah 500 mg kalsium setiap harinya untuk absorbsi optimal. (Baca: Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter)

6. Produk-produk olahan kacang kedelai

Setengah cangkir tahu dapat memberikan 400 mg kalsium dan satu cangkir susu kedelai dapat memberikan 300 mg kalsium. Selain itu kandungan isoflavonnya juga memperkuat tulang. (Baca: Kolesterol Turun dengan Kedelai)

7. Salmon dan ikan dengan asam lemak omega 3

Ikan-ikan ini mengandung vitamin D yang penting dalam proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Suplemen minyak ikan juga baik untuk mencegah pengeroposan tulang. (Baca: Minyak Ikan Mencegah Berbagai Penyakit)

8. Kacang dan Biji-Bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung protein yang membantu menguatkan tulang dan juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya pengeluaran kalsium dalam air seni.

Pastikan juga Anda mendapatkan pajanan sinar matahari yang cukup dan rutin berolahraga untuk tulang yang kuat dan sehat. Anda tentu tidak ingin menghabiskan masa tua dengan kondisi tulang mudah patah bukan? Ayo tabung kepadatan tulangmu dari sekarang!

(JF)

Baca juga:

Kanker Tulang Mengintai Anak & Remaja

Kebanyakan Kopi Bisa Bikin Tulang Keropos!

Semakin Jarang Bergerak, Tulang Keropos

Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Sudahkah Anda Menyikat Gigi Sampai Bersih? Ini Cara Mengetahuinya

Sudahkah Anda Menyikat Gigi Sampai Bersih? Ini Cara Mengetahuinya

Meski menyikat gigi merupakan langkah dasar pembersihan mulut,sebagian orang belum melakukannya dengan benar. Alhasil, banyak orang yang mengalami kerusakan gigi atau gangguan kesehatan mulut lainnya. Karena efek buruknya tidak langsung terasa, teknik menggosok gigi yang tepat memang sering terabaikan. Untuk itu, menyikat lah dengan tepat agar bakteri tidak menyebabkan masalah.Menurut Prof. Dr. Drg. Tri Erri Astoeti, Mkes, banyak orang belum? menggosok gigi dengan bersih. Meski sudah menyikat, kadang-kadang masih ditemukan sisa-sisa makanan di dalam mulut. Bukan hanya di gigi, kotoran yang belum terangkat sering menempel di gusi. Untuk itu, anggota aktif Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) tersebut menyarankan agar Anda menggaruk gusi dengan tangan untuk memastikan apakah masih ada sisa makanan yang belum dibersihkan. Sikat gigi dengan bersih juga bisa mencegah radang gusi. Untuk itu, gosok lah gigi minimal dua kali sehari yakni setelah makan dan sebelum tidur. ?Menurut Tri, salah satu ciri dari radang gusi adalah adanya darah ketika meludah setelah sikat gigi. Selain karena kurang tepat dalam membersihkan mulut, radang gusi pun bisa disebabkan karena makanan. "?Makanan yang [...]

Awas! Dekat-dekat dengan Orang Depresi Bisa Ketularan

Awas! Dekat-dekat dengan Orang Depresi Bisa Ketularan

Hati-hati bila berada di sekeliling orang yang sedang stres atau depresi. Gangguan kesehatan mental ini ternyata bisa menular, berdasarkan penelitian yang baru-baru ini dilakukan.Para peneliti menemukan, orang dengan pikiran negatif, suram dan muram yang berkembang jadi depresi bisa membuat teman-teman di sekitarnya cenderung mengalami kondisi yang sama enam bulan kemudian. Penelitian yang dilakukan di University of Notre Dame, Indiana, Amerika Serikat itu menunjukkan, orang yang memandang negatif segala permasalahan dalam hidupnya, lalu menginterpretasikannya sebagai sesuatu yang tidak akan pernah bisa mereka ubah lebih rentan menderita depresi.Dikutip dari Daily Mail, kondisi yang disebut kerapuhan kognitif ini merupakan faktor terkuat penyebab depresi yang bisa digunakan untuk memprediksi, siapa yang paling mungkin mengalami depresi ke depannya nanti. Dokter Gerald Haeffel dan Jennifer Hames yang melakukan penelitian mengatakan, individu yang di masa kecilnya rentan depresi biasanya akan berada dalam kondisi yang sama saat dewasa nanti, apabila tidak diatasi sejak dini.Berdasarkan teori itu, mereka memutuskan untuk mengetahui apakah benar depresi, stres atau gangguan mental l [...]

Penyakit yang Bisa ‘Dideteksi’ Lewat Bentuk Tubuh

Penyakit yang Bisa ‘Dideteksi’ Lewat Bentuk Tubuh

Seberapa sehatkah tubuh Anda? Kondisi kesehatan fisik bisa diketahui melalui panjang jari telunjuk, panjang kaki bahkan bentuk betis. Mulai dari sekarang, coba perhatikan bentuk tubuh Anda agar gangguan kesehatan bisa diketahui lebih dini dan bisa cepat diatasi. Berikut ini 6 bentuk bagian tubuh yang bisa menjelaskan kondisi kesehatan Anda, seperti dikutip dari Times of India.1.Panjang Jari TelunjukJika wanita memliki jari telunjuk lebih pendek daripada jari manis, kemungkinan dua kali lebih besar untuk menderita osteoartritis. Hal ini berdasarkan pada studi yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis dan Rematik pada tahun 2008. Osteoartritis pada lutut biasanya banyak dialami pada pria dan wanita dengan jari manis lebih panjang, tapi efeknya sangat rentan pada wanita. Namun, jika jari telunjuk lebih panjang dari jari manis, wanita berisiko terkena kanker payudara.Bagi wanita yang mempunyai jari telunjuk lebih pendek, sebaiknya banyak berolahraga, terutama melatih lutut. Lakukan senam lutut atau membuat gerakan yang memfokuskan pada bagian kaki. Sebaliknya, wanita dengan jari telunjuk panjang, dapat mengurangi kebiasaan pola hidup buruk (merokok, mengurangi makanan cepat saji, dan [...]

Apa Itu Batuk Rejan?

Apa Itu Batuk Rejan?

Batuk rejan atau pertusis merupakan suatu penyakit infeksi saluran napas yang sangat menular. Disebabkan oleh bakteri Bordetella pertussis, penyakit ini banyak menyerang bayi dan anak-anak, serta bisa berakibat fatal. Meski demikian, pertusis tetap dapat menyerang orang dewasa yang rentan. Pertusis sangat mudah ditularkan melalui udara, misalnya saat seseorang batuk atau bersin. Waktu antara gejala dan paparan sekitar 7-10 hari. Apa saja gejalanya? Gejala awal pada 1?2 minggu pertama biasanya berupa pilek, demam, dan batuk ringan. Setelah 2 minggu muncul batuk berat dan keras, diikuti dengan tarikan napas besar. Sering juga disertai muntah setelah batuk. Batuk ini biasanya terjadi lebih dari 2 minggu. Lemas. Pada bayi, gejala batuk keras mungkin tidak akan muncul. Mereka mungkin menjadi biru atau berhenti bernapas setelah serangan batuk. Apa komplikasinya? Di halaman berikutnya penjelasan selengkapnya. Apa Itu Batuk Rejan? Kompikasinya: Pneumonia. Kejang. Gizi kurang. Encephaloppaty (gangguang fungsi dari otak). Kematian. Bagaimana cara untuk mengobatinya? Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Do [...]

Peluk Orang Tersayang 8 Kali Sehari, Hidup Jadi Lebih Sehat Lahir Batin

Peluk Orang Tersayang 8 Kali Sehari, Hidup Jadi Lebih Sehat Lahir Batin

Pelukan bukan hanya ungkapan kasih sayang. Salah satu bentuk sentuhan fisik ini memiliki efek yang lebih besar dari sekadar membuat perasaan lebih tenang dan bahagia.Psikolog Melly Puspita Sari, Psi, M, NPLm Psychologist menyebutkan, pelukan yang dilakukan minimal delapan kali sehari bisa membuat hidup lebih sehat. Tapi Melly menegaskan, sebaiknya jangan selalu menghitung dan terpaku pada jumlah pelukan karena ketika pelukan menjadi sebuah kebutuhan, sebanyak apapun frekuensinya tidak akan menjadi masalah."Menurut penelitian yang disebutkan oleh Kathleen Keating dalam bukunya 'The Hug Therapy', empat kali pelukan bisa mempertahankan hidup. 12 kali pelukan untuk kesehatan dan kebahagiaan," tutur psikolog lulusan Universitas Muhammadiyah Malang ini, saat talkshow 'Berbagi Pelukan Melalui Kelembutan Molto Ulta Pure' di Piscator, Gandaria City, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2013).Berdasarkan penelitian dari University of North Carolina, Amerika Serikat, pelukan bisa menurunkan kadar hormon stres (kortisol) sekaligus meningkatkan hormon oksitosin yang mampu memberikan perasaan tenang. Ketenangan dan kenyamanan yang dirasakan saat berpelukan, otomatis juga mengurangi stres. Seperti di [...]

Benarkah Spa Vagina Ratus Dapat Meningkatkan Performa Ranjang?

Benarkah Spa Vagina Ratus Dapat Meningkatkan Performa Ranjang?

Pernah dengar tentang ?ratus?? Spa vagina yang konon diturunkan dari jaman Majapahit dengan teknik penguapan ini memang diperkaya mempunyai banyak manfaat oleh beberapa kalangan.Tapi benarkah tindakan menguapi daerah kewanitaan dengan menggunakan ramuan tradisional ini bisa memberikan dampak positif pada kesehatan? Bahkan di beberapa penyelenggaraan praktiknya, ratus spa vagina diklaim dapat membuat vagina mampu berperforma meningkatkan kebahagiaan rumah tangga dan semakin mudah memuaskan suami. Mungkin tidak. Hingga saat ini tidak ada satu pun jurnal medis yang membenarkan mitos ini menjadi sebuah fakta. Bahkan beberapa ahli kebidanan dan kandungan melarang pasiennya melakukan terapi ratus. Lebih jauh, dari sudut pandang medis ditemukan kekhawatiran dampak dari proses ratus yang ada. Berikut adalah efek samping dari ratus yang dapat membahayakan kesehatan: Dampak dari Ratus: Berikut adalah efek samping dari ratus yang dapat membahayakan kesehatan: 1. Luka Bakar Uap panas yang digunakan dapat mengakibatkan luka bakar di daerah sensitif, terutama bagi mereka yang memiliki dasar kulit peka. 2. Jamur Jamur merupakan organisme yang menyukai tempat hangat dan l [...]

Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah Belum Tentu Lebih Sehat

Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah Belum Tentu Lebih Sehat

Pada label kemasan makanan, biasanya terdapat keterangan indeks glikemik. Namun, informasi ini ternyata tidak dapat dijadikan satu-satunya acuan untuk menjalankan pola makan sehat. Indeks glikemik (IG) adalah sistem peringkat makanan yang mengandung karbohidrat. Angka ini menjadi indkator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Angka indeks glikemik kadang dapat ditemukan pada label kemasan makanan atau dapat dicek pada laman kesehatan di internet. Indeks Glikemik Rendah dan Tinggi Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah makanan karbohidrat yang diproses secara cepat oleh tubuh dan menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat. Hal ini dikarenakan karbohidrat tertentu memang lebih mudah dan lebih cepat dicerna tubuh menjadi gula yang digunakan tubuh sebagai sumber energi. Beberapa jenis makanan yang indeks glikemiknya tinggi adalah kentang, nasi putih, gula, roti putih, dan minuman bersoda dan yang manis. Sedangkan makanan dengan indeks glikemik rendah dan sedang adalah makanan yang dicerna tubuh secara perlahan dan menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara bertahap. Contoh makanan tersebut antara lain kacang-kacangan, buah- [...]

Dosis Obat Anak Perlu di Tinjau Ulang

Dosis Obat Anak Perlu di Tinjau Ulang

Selain perdebatan mengenai perlu atau tidaknya penggunaan obat antibiotik pada anak-anak, tim medis dari Inggris mengangkat kembali kekhawatiran mereka akan pemberian dosis obat yang seharusnya di tinjau ulang. Hal ini di kemukakan dalam The British Medical Journal berdasarkan hasil survei mereka yang dilakukan sejak tahun 2009 menunjukkan bahwa berat badan anak semakin meningkat dibandingkan dengan anak-anak diusia yang sama 50 tahun yang lalu. Dengan demikian mereka berpendapat bahwa patokan dosis obat yang diberikan kepada anak-anak yang di cantumkan dalam BMJ tahun 1963, seharusnya direvisi kembali. Sebab dari hasil penelitian mereka, terlihat penambahan ukuran badan beserta berat badan anak-anak yang lahir jaman ini sebanyak 20% dibandingkan dengan rata-rata ukuran badan anak pada tahun 1963. Meskipun mereka tidak menemukan bukti yang dapat membahayakan dari kemungkinan kekurangan dosis obat yang dibutuhkan, namun Dr. Paul Long salah satu peneliti dari King?s College, London mengharapkan bahwa perkembangan kemajuan berbagai macam obat selayaknya disesuaikan dengan jumlah dosis yang relevan juga khususnya dalam pemberian obat antibiotik penicillin pada anak-anak. Karena peninja [...]

Mengenal Sakit Punggung

Mengenal Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan masalah yang sangat lazim. Sampai dengan sembilan dari sepuluh orang dapat diperkirakan menderita sakit atau nyeri punggung pada suatu waktu dalam hidupnya. Namun hanya segelintir orang yang mencari pengobatan. Sakit punggung seringkali mereda melalui istirahat atau tanpa melalui pengobatan. Beberapa orang mencoba untuk mengabaikan rasa sakitnya atau belajar untuk hidup dengan rasa sakit tersebut. Rasa sakit dapat melibatkan seluruh bagian punggung, namun yang paling sering mengalami sakit dan nyeri adalah punggung bagian bawah. Salah satu alasan utamanya adalah bahwa punggung bagian belakang menanggung beban tubuh lebih besar dibandingkan bagian punggung lainnya, dan karenanya lebih mengalami tekanan disepanjang hari. Berikutnya akan kami jelaskan jenis-jenis sakit punggung dan penyebab kemunculannya. Mengenal Sakit Punggung Ada dua jenis sakit punggung, yaitu sakit punggung akut dan sakit punggung kronik. Jenis sakit punggung ini berlangsung selama 6-8 minggu. Kondisinya ditandai oleh sakit yang pedih atau ngilu, yang dengan mudah dapat diketahui titik sumber sakitnya oleh penderita dan biasanya terasa di punggung bagian bawah. Ras [...]

Risiko Kesehatan dan Efek Samping Dari Terapi Pijat

Risiko Kesehatan dan Efek Samping Dari Terapi Pijat

Pijat dipercaya bisa memberikan manfaat fisik dan emosional. Mulai dari meredakan cedera otot hingga mengurangi stres dan cemas. Namun, terapi pijat juga memiliki efek samping yang berisiko pada kesehatan.Dikutip dari Live Strong, pijat pada umumnya aman. Tetapi bisa menimbulkan risiko pada sebagian orang. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dulu terutama, jika Anda sedang hamil atau mengalami pembekuan darah. Selain berkonsultasi, simak pula beberapa risiko dan efek samping terapi pijat.1. Rasa SakitBeberapa jenis teknik pijat bisa menimbulkan rasa nyeri sehari setelah melakukan pemijatan. Teknik pijat melibatkan berbagai tekanan, baik lembut dan kuat. Biasanya teknik itu bertujuan untuk mengobati luka atau jaringan otot. Pijat seharusnya tidak menyakitkan, terlepas dari apapun teknik pijatannya. Jika saat dipijat Anda merasakan sakit, sebaiknya segera beritahu terapis agar ia dapat memberikan tekanan yang bisa ditolerir oleh tubuh.2. AlergiSaat melakukan pijat, banyak terapis yang memadukannya dengan minyak pijat, lotion atau minyak aromaterapi yang ternyata bisa memicu reaksi alergi. Hal ini bisa diatasi dengan mencoba terlebih dulu minyak pijat pada [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *