8 Makanan Bagi Tulang Wanita

GIZI-MAKANAN-MINUM-TULANG-WANITA.JPG

Tulang wanita menjadi cukup kuat hingga usia 30 tahun. Setelah usia 30 tahun, kepadatan tulang mulai menurun dan semakin menurun lagi ketika wanita tersebut memasuki usia menopause. Namun, selagi bisa, para wanita dapat memaksimalkan usaha untuk menabung kepadatan tulang dengan olahraga yang teratur dan asupan makanan yang tepat.

Makanan-makanan yang dapat membantu kepadatan tulang wanita adalah:

1. Kalsium

Kalsium adalah sumber utama tulang yang kuat. Orang dewasa hingga usia 50 tahun membutuhkan 1000 miligram kalsium setiap harinya. Memasuki usia 51 tahun, wanita membutuhkan asupan 1200 mg kalsium setiap hari. Sebanyak 237 mL susu mengandung 300 mg kalsium. (Baca: Menabung Kalsium untuk Kesehatan Tulang)

2. Yogurt dan Keju

Satu cangkir kecil yogurt atau 28 gram keju mengandung sejumlah kalsium yang sama dengan 237 mL susu. (Baca: Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Gigi)

3. Ikan Sarden

Sebanyak 85 gram ikan sarden dapat memberikan asupan kalsium yang sedikit lebih banyak daripada secangkir susu.

4. Sayuran hijau

Sayuran seperti sawi hijau, bok chiy dan sayuran hijau gelap lainnya juga mengandung banyak kalsium. (Baca: Buah & Sayur Penangkal Risiko Jantung)

5. Suplemen Kalsium

Jika makanan tidak cukup memenuhi kebutuhan kalsium Anda maka Anda dapat mengkonsumsi suplemen kalsium. Konsumsilah 500 mg kalsium setiap harinya untuk absorbsi optimal. (Baca: Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter)

6. Produk-produk olahan kacang kedelai

Setengah cangkir tahu dapat memberikan 400 mg kalsium dan satu cangkir susu kedelai dapat memberikan 300 mg kalsium. Selain itu kandungan isoflavonnya juga memperkuat tulang. (Baca: Kolesterol Turun dengan Kedelai)

7. Salmon dan ikan dengan asam lemak omega 3

Ikan-ikan ini mengandung vitamin D yang penting dalam proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Suplemen minyak ikan juga baik untuk mencegah pengeroposan tulang. (Baca: Minyak Ikan Mencegah Berbagai Penyakit)

8. Kacang dan Biji-Bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung protein yang membantu menguatkan tulang dan juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya pengeluaran kalsium dalam air seni.

Pastikan juga Anda mendapatkan pajanan sinar matahari yang cukup dan rutin berolahraga untuk tulang yang kuat dan sehat. Anda tentu tidak ingin menghabiskan masa tua dengan kondisi tulang mudah patah bukan? Ayo tabung kepadatan tulangmu dari sekarang!

(JF)

Baca juga:

Kanker Tulang Mengintai Anak & Remaja

Kebanyakan Kopi Bisa Bikin Tulang Keropos!

Semakin Jarang Bergerak, Tulang Keropos

Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kemampuan Bersepeda Mampu Membedakan Penyakit Parkinson

Kemampuan Bersepeda Mampu Membedakan Penyakit Parkinson

Mulai maraknya kesadaran akan manfaat bersepeda dikalangan umum, memberikan dampak positif pada pola hidup yang sebelumnya lebih mengarah pada pola hidup yang merugikan. Salah satu manfaat bersepeda ternyata dikemukakan oleh salah seorang peneliti dari Jepang dalam Journal of Parkinson?s Disease, yaitu mengenai kemampuan seseorang bersepeda dapat menjadi acuan pembeda dari tipe penyakit Parkinson dan tipe Parkinsonisme diluar dari faktor situasi dan kondisi keadaan tempat bersepeda. Gangguan parkinsonisme merupakan gangguan syaraf yang pertama kali kemukakan oleh Dr. James Parkinson dimana berkurangnya zat dopamine yang berguna sebagai penghubung pada syaraf motorik . James sendiri menggunakan istilah Paralysis Agitans dikarenakan gangguan ini mempengaruhi gerak motorik seseorang sehingga gerakannya menjadi kaku bahkan menghilangkan refleks postural yang menyebabkan orang tersebut sering jatuh dan tidak mampu melakukan gerakan pencegahan yang umumnya secara otomatis dilakukan oleh tubuh. Semakin berkembangnya penelitian mengenai paralysis agitans, ditemukan mengenai penyakit Parkinson yang merupakan penyakit neurodegenerative progressive. Yaitu penyakit syaraf yang terus menurun na [...]

4 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi

4 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi

Wanita memiliki beraneka keluhan ketika menstruasi mulai dari sakit pinggang, mood tidak beraturan, hingga tubuh merasa lemas dan tak bersemangat. Bahkan beberapa wanita merasakan sakit perut yang tidak tertahankan ketika menstruasi.Konsultan Nutrisi, Ria Amelia, mengatakan bahwa gejala tersebut bisa disebabkan oleh asupan makanan yang dikonsumsi ketika sedang haid. Oleh sebab itu, perhatikan pola makan Anda sehari-hari terutama saat sedang menstruasi. Berikut empat jenis asupan yang sebaiknya dihindari saat haid.1. KopiRia mengatakan bahwa salah satu minuman yang perlu dihindari ketika datang bulan adalah kopi. Kopi kaya akan kafein yang bisa membuat tubuh mudah dehidrasi. Ketika sedang menstruasi daya tahan tubuh juga menurun, jika mengonsumsi kafein maka bisa membuat tubuh semakin lemas."Kafein bisa membuat tubuh mudah dehidrasi dan menyempitkan pembuluh darah. Minuman yang mengandung kafein juga bisa membuat sakit kepala," tutur Ria saat berbincang di acara peluncuran media sosial, Hawa, di Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2015).2. GorenganMakanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan juga sebaiknya dihindari saat datang 'tamu' bulanan. Makanan yang [...]

5 Cara Alami Melawan Migraine

5 Cara Alami Melawan Migraine

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Apakah anda pernah atau sering mengalami nyeri kepala sebelah atau lebih sering dikenal sebagai migraine? Migraine merupakan suatu kealainan neurologis yang ditandai dengan nyeri kepala satu sisi dengan intensitas nyeri sedang hingga berat. Ciri khas dari migraine adalah nyeri kepala satu sisi, yang dapat terasa seperti berdenyut, berlangusng dan antara 2?72 jam. Pada beberapa kasus migraine disertai pula oleh gejala mual, muntah, tidak tahan terhadap cahaya, tidak tahan terhadap suara, dan biasanya nyeri sering dipicu oleh aktivitas fisik. Pasti bila migraine yang sangat berat dan nyeri harus diobati dengan obat, namun ada beberapa cara alami yang anda dapat coba untuk melawan migraine, salah satunya adalah: Konsumsi vitamin - cobalah untuk konsumsi vitamin yang mengandung B2 (riboflavin) dan magnesium ? beberapa data menunjukkan bahwa jenis vitamin ini dapat mengurangi nyeri kepala. Aromaterapi - terbutki dapat mengurangi ketegangan dari otot dan relaksasi dari tubuh Tidur yang cukup - Mayo Clinic menyebutkan bahwa migraine dipicu oleh kurangnya tidur, cobalah untuk tidur cukup setiap harinya Terapi panas - Coba untuk mandi dengan ai [...]

Jangan Remehkan Sakit Tenggorokan Anda!

Jangan Remehkan Sakit Tenggorokan Anda!

Radang tenggorokan memang kebanyakan disebabkan oleh infeksi virus yang umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan medis. Namun demikian, yakinkah Anda bahwa radang tenggorokan yang Anda alami disebabkan oleh virus? Sebagian kecil radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri streptococcus, yang pada umumnya menimbulkan gejala yang lebih berat dibandingkan radang karena virus. Radang karena bakteri tidak dapat diobati hanya dengan terapi suportif, tetapi juga memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Antibiotik ini pun harus dikonsumsi dalam dosis dan jumlah tertentu agar bakteri tersebut dapat diberantas sampai tuntas. Pengobatan yang tidak adekuat dapat berakibat pada tidak sembuhnya penyakit, dan juga meningkatkan risiko timbulnya komplikasi. Pada umumnya radang streptococcus mengenai anak berusia 5-15 tahun, namun tidak menutup kemungkinan dapat dialami oleh segala usia. Berikut adalah tanda dan gejala radang tenggorokan karena bakteri yang harus Anda waspadai : Nyeri tenggorokan Sulit dan nyeri menelan Amandel bengkak, merah, dan disertai ?kotoran? berwarna putih Bercak merah di langit-langit mulut Pembesaran kelenjar getah bening leher Demam Sakit kepala Ruam [...]

8 Cara Agar Otak Lebih Tajam & Fokus

8 Cara Agar Otak Lebih Tajam & Fokus

Sering merasa sulit untuk fokus terhadap kerjaan? Mungkin Anda tidak cukup berlatih dan mengonsumsi makanan sehat.Jangan biarkan otak kehilangan ketajamannya dalam berpikir. Seperti yang dikutip dari Times of India, terdapat delapan tips yang dapat menajamkan kinerja otak. Apa saja?1. OlahragaPara ilmuwan mulai menemukan bahwa aerobik teratur merupakan hal yang paling penting untuk kesehatan jangka panjang otak. Berolahragalah minimal 30 menit setiap harinya, karena akan berdampak baik bagi kesehatan mental Anda.2. Perhatikan dietDiet terlalu ketat dapat membuat otak lemah dan mengakibatkan kerusakan jangka panjang. Terlalu sedikit kalori yang diserap juga dapat merusak fungsi otak. Banyak penelitian yang telah menghubungkan diet dengan gangguan, kebingungan dan penurunan daya ingat.3. Menjaga kesehatan tubuhSebagian besar penyakit yang dapat dicegah, seperti diabetes, obesitas, dan hipertensi dapat mempengaruhi otak Anda. Masalah kesehatan yang luas telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penurunan kognitif dan gangguan memori.4. IstirahatKetika Anda beristirahat dan bermimpi, beberapa ingatan akan muncul, sebagian hilang, dan sisanya akan tergabung dan disimpan. Bila kita ti [...]

Tips Memilih Alat Kontrasepsi

Tips Memilih Alat Kontrasepsi

Merencanakan keluarga sejahtera dapat dimulai dengan memilih dan menggunakan alat kontrasepsi yang tepat. Kontrasepsi adalah metode atau alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Ada berbagai jenis kontrasepsi, masing-masing dengan manfaat dan kekurangannya masing-masing. Mempelajari semua jenisnya membuat Anda dapat menentukan mana yang paling tepat untuk Anda. Kontrasepsi Temporer Kontrasepsi yang bersifat sementara ini bertujuan menunda kehamilan atau mengatur jarak antarkehamilan. Jenis kontrasepsi ini dapat digunakan jika Anda belum ingin memiliki anak dalam jangka waktu tertentu, dan dilepas jika Anda telah siap memiliki anak kembali. Metode ini dapat diterapkan dalam berbagai bentuk, yaitu: Pil Keluarga Berencana (KB) Kontrasepsi berbentuk pil ini bekerja menggunakan hormon progestin dengan atau tanpa hormon estrogen, untuk mencegah ovulasi. Kontrasepsi ini berfungsi dengan efektif jika dikonsumsi secara teratur. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan pil KB sama sekali tidak berdampak buruk pada kesuburan wanita di masa yang akan datang. Terdapat dua jenis pil KB: Pil kombinasi: Merupakan pil yang mengandung hormon estrogen dan progestero [...]

Sering Lemas? Waspadai Gejala Kurang Darah

Sering Lemas? Waspadai Gejala Kurang Darah

Kurang darah atau dalam dunia medis disebut dengan anemia merupakan kondisi yang disebabkan karena menurunnya jumlah sel darah merah. Sel darah merah yang mengandung komposisi hemoglobin, berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh sel tubuh manusia. Kekurangan sel darah merah ini akan mempengaruhi proses transportasi oksigen dan karbondioksida dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan gejala dan tanda sebagai berikut: Lesu dan lemas Cepat lelah Jantung berdebar-debar tanpa sebab yang jelas atau pada saat berolah raga Napas yang terengah-engah, terutama pada saat berolah raga Sulit berkonsentrasi Pusing Sakit kepala Pucat Kesemutan atau kedinginan pada tangan dan kaki Sulit tidur Apa saja penyebab munculnya anemia? Klik next. Sering Lemas? Waspadai Gejala Kurang Darah Bila gejala dan tanda tersebut sudah dialami dalam waktu cukup lama, maka perlu dilakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar hemoglobin dalam darah. Jika kadar hemoglobin rendah maka diagnosis anemia dapat ditegakkan. Anemia sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal seperti: Kekurangan zat besi, Kekurangan vitamin B-12, Penya [...]

Hosh! Pedas Nikmat Cabai Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Hosh! Pedas Nikmat Cabai Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Sebagian besar orang Indonesia menyukai masakan pedas dan kaya rempah. Sensasi pedas dari cabai memang bisa membuat makanan lebih lezat dan menambah nafsu makan. Tapi tak hanya itu, cabai juga punya banyak manfaat bagi kesehatan.Pakar nutrisi Neelanjana Singh dari Nutri Life Clinic di Delhi, India, seperti dilansir Health Me Up menjelaskan kenapa cabai berkhasiat menjaga kesehatan. Pertama-tama, perlu diketahui bahwa ada berbagai bentuk dan tipe cabai. Semakin kecil ukurannya, biasanya rasanya lebih pedas dan memicu keluarnya keringat. Sedangkan cabai yang berukuran besar --termasuk paprika-- punya rasa yang lebih 'smooth' dan hanya memiliki aroma cabai yang sedap.Cabai memiliki khasiat antibiotik yang dapat membunuh bakteri di dalam tubuh karena kandungan capsaicin. Zat yang menimbulkan sensasi panas dan menggigit lidah ketika cabai dimakan.Selain sebagai antibiotik, capsaicin juga berkhasiat meringankan rasa sakit karena zat ini menstimulasi pelepasan endorphin. Yaitu hormon yang menenangkan dan menimbulkan rasa senang.Cabai juga membantu dalam proses pencernaan makanan. Ketika dikunyah, capsaicin pada cabai akan menstimulasi indra perasa dan meningkatkan produksi saliva.Di da [...]

Mogok Dokter Nasional 2013: Stop Kriminalisasi Dokter

Mogok Dokter Nasional 2013: Stop Kriminalisasi Dokter

Para Dokter di Indonesia melakukan mogok massal serta aksi demonstrasi di depan kantor Mahkamah Agungpada hari Rabu (27/11) lalu. Aksi tersebut dianggap sebagai manifestasi solidaritas antar kolegium kedokteran Indonesia serta bentuk keprihatinan terkait putusan Mahkamah Agung yang memvonis dr. Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr. Hendry Simanjuntak, dan dr. Hendy Siagian dengan 10 bulan penjara setelah didakwa melakukan malpraktik dalam penanganan proses kelahiran pasien Julian Fransiska Makatey hingga meninggal dunia pada 10 April 2010 silam. Vonis yang dijatuhkan dianggap sebagai tindakan kriminalisasi terhadap profesi dokter. Dimana menurut staf pengajar Fakultas Kedokteran Maranatha, DR. dr, J. Teguh Widjaja, Sp.P, tindakan vonis yang ada berlawanan dengan kaidah prosedural medis yang sudah sesuai dalam kasus terkait. ?Kami protes karena ini adalah kasus pertama di dunia seorang dokter dipenjara karena komplikasi tindakan, padahal semua prosedur sudah dijalankan dengan benar,? demikian kutipan paparannya. Seperti yang diketahui, kasus ini bermula pada ketika pasien Julian Fransiska Makatey datang ke RS dr. Kandau Manado untuk melahirkan berdasarkan rujukan dari Puskesmas. Pasien Jul [...]

Benarkah Cuaca yang Berubah-ubah Membuat Kita Mudah Sakit?

Benarkah Cuaca yang Berubah-ubah Membuat Kita Mudah Sakit?

Setiap kali terserang suatu penyakit, orang cenderung punya sesuatu untuk disalahkan. ?Ini pasti gara-gara makanan yang kubeli kemarin?, ?ini pasti aku tertular si Bayu?. Salah satu kambing hitam yang paling sering dilibatkan adalah cuaca. ?Cuaca nya tak menentu sih, makanya aku sakit?. Benarkah cuaca yang berubah-ubah membuat kita sakit? Saat ini, aturan musim panas dan musim hujan tidak berlaku lagi, setidaknya di negara kita ini. Kadang di siang hari begitu teriknya sampai-sampai kita bercucuran keringat, tetapi menjelang malam hujan serta merta menerjang, bahkan sampai mengakibatkan banjir. Begitu seterusnya, cuaca berubah-ubah tanpa kejelasan, fenomena ini disebut anomali cuaca. (Baca: Sehat di Musim Pancaroba). Perubahan suhu mengakibatkan penurunan kondisi tubuh yang tiba-tiba, belum lagi jika banyak uap dari debu yang kering yang mudah terbawa udara, perubahan ini diikuti bakteri dan virus yang menyebar dengan leluasa. Akibatnya, ketika sistem pertahanan tubuh kita turun ditambah dengan agen infeksius yang merajarela, otomatis kita mudah terserang penyakit. (Baca: Peningkatan Suhu Iklim Potensi Penyakit ISPA Melonjak). Lalu adakah yang bisa kita lakukan? Tentunya ada, mis [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *