8 Makanan Bagi Tulang Wanita

GIZI-MAKANAN-MINUM-TULANG-WANITA.JPG

Tulang wanita menjadi cukup kuat hingga usia 30 tahun. Setelah usia 30 tahun, kepadatan tulang mulai menurun dan semakin menurun lagi ketika wanita tersebut memasuki usia menopause. Namun, selagi bisa, para wanita dapat memaksimalkan usaha untuk menabung kepadatan tulang dengan olahraga yang teratur dan asupan makanan yang tepat.

Makanan-makanan yang dapat membantu kepadatan tulang wanita adalah:

1. Kalsium

Kalsium adalah sumber utama tulang yang kuat. Orang dewasa hingga usia 50 tahun membutuhkan 1000 miligram kalsium setiap harinya. Memasuki usia 51 tahun, wanita membutuhkan asupan 1200 mg kalsium setiap hari. Sebanyak 237 mL susu mengandung 300 mg kalsium. (Baca: Menabung Kalsium untuk Kesehatan Tulang)

2. Yogurt dan Keju

Satu cangkir kecil yogurt atau 28 gram keju mengandung sejumlah kalsium yang sama dengan 237 mL susu. (Baca: Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Gigi)

3. Ikan Sarden

Sebanyak 85 gram ikan sarden dapat memberikan asupan kalsium yang sedikit lebih banyak daripada secangkir susu.

4. Sayuran hijau

Sayuran seperti sawi hijau, bok chiy dan sayuran hijau gelap lainnya juga mengandung banyak kalsium. (Baca: Buah & Sayur Penangkal Risiko Jantung)

5. Suplemen Kalsium

Jika makanan tidak cukup memenuhi kebutuhan kalsium Anda maka Anda dapat mengkonsumsi suplemen kalsium. Konsumsilah 500 mg kalsium setiap harinya untuk absorbsi optimal. (Baca: Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter)

6. Produk-produk olahan kacang kedelai

Setengah cangkir tahu dapat memberikan 400 mg kalsium dan satu cangkir susu kedelai dapat memberikan 300 mg kalsium. Selain itu kandungan isoflavonnya juga memperkuat tulang. (Baca: Kolesterol Turun dengan Kedelai)

7. Salmon dan ikan dengan asam lemak omega 3

Ikan-ikan ini mengandung vitamin D yang penting dalam proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Suplemen minyak ikan juga baik untuk mencegah pengeroposan tulang. (Baca: Minyak Ikan Mencegah Berbagai Penyakit)

8. Kacang dan Biji-Bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung protein yang membantu menguatkan tulang dan juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya pengeluaran kalsium dalam air seni.

Pastikan juga Anda mendapatkan pajanan sinar matahari yang cukup dan rutin berolahraga untuk tulang yang kuat dan sehat. Anda tentu tidak ingin menghabiskan masa tua dengan kondisi tulang mudah patah bukan? Ayo tabung kepadatan tulangmu dari sekarang!

(JF)

Baca juga:

Kanker Tulang Mengintai Anak & Remaja

Kebanyakan Kopi Bisa Bikin Tulang Keropos!

Semakin Jarang Bergerak, Tulang Keropos

Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ingin Seks Hot? Lakukan Olahraga Ini!

Ingin Seks Hot? Lakukan Olahraga Ini!

Sudah bukan rahasia lagi bahwa olahraga teratur dapat bermanfaat bagi kesehatan dan meningkatkan kebugaran. Akan tetapi, masih banyak yang belum menyadari manfaat satu ini, yaitu meningkatkan kualitas kehidupan seksual Anda. Ada dua cara bagaimana olahraga yang teratur dapat membuat kehidupan seksual Anda lebih berkualitas, yaitu: Tingkat kebugaran yang baik. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang-oran yang masih berenang di usia 60 tahun memiliki kualitas kehidupan seksual yang serupa dengan kondisi saat mereka masih berusia 40 tahun. Bahkan penelitian lain menyebutkan bahwa laki-laki dan perempuan yang berusia di atas 55 tahun dan memiliki tingkat kebugaran yang baik melaporkan tingkat aktivitas seksual yang tinggi. Terlepas dari banyaknya faktor yang mempengaruhi tingkat aktivitas seksual seseorang, faktanya beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang bugar dan aktif memiliki kehidupan seks yang lebih baik daripada mereka yang tidak aktif. Hal ini tidak mengejutkan sebab tingkat kebugaran yang baik berarti ketahanan jantung paru, kekuatan serta ketahanan otot pun tentunya berada di tingkat yang baik. Semua aspek tersebut akan membuat stamina seseorang menja [...]

Awas, Gula Darah Tinggi Bisa Buat Wajah Tampak Tua

Awas, Gula Darah Tinggi Bisa Buat Wajah Tampak Tua

Kadar gula darah tinggi tak hanya berpengaruh pada kesehatan saja. Menurut penelitian terbaru, level gula darah yang tinggi bisa mengakibatkan wajah seseorang tampak lebih tua dari usianya.Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Leiden University Medical Centre dan Unilever R&D telah menemukan adanya hubungan antara kadar gula darah manusia dengan dengan usia wajah (facial age). Penelitian ini merupakan inisiatif dari Netherlands Consortium for Healthy Ageing yang bertujuan memahami bagaimana kesehatan dapat dipertahankan saat usia seseorang bertambah.Penelitian yang dilakukan di Belanda ini melibatkan lebih dari 600 pria dan wanita yang melakukan tes terhadap kadar gula darah (tanpa puasa) dan kemudian difoto. 60 orang pengamat lantas diminta memberikan perkiraan mereka terhadap usia para peserta peneliti tersebut berdasarkan foto mereka. Usia yang sebenarnya kemudian dibandingkan dengan hasil pengamatan tadi.Penelitian yang merupakan penelitian pertama kali itu, mengetahui bahwa orang berusia antara 50- 70 tahun dengan kadar gula tinggi tampak lebih tua dari mereka yang berkadar gula darah lebih rendah dengan usia yang sama. Hasil dari penelitian itu memperlihatkan, jika ses [...]

7 Camilan Berkalori Tinggi yang Perlu Anda Waspadai

7 Camilan Berkalori Tinggi yang Perlu Anda Waspadai

Camilan tentu sering menjadi teman setia Anda saat mengerjakan tugas di kantor atau menonton TV di rumah. Berbagai produk kudapan pun tak jarang selalu masuk ke dalam daftar belanja setiap bulannya. Ketika Anda sedang berusaha menguruskan atau mempertahankan berat badan serta menjaga kesehatan, tentu konsumsi camilan perlu diperhatikan. Pastikan jika jumlah kalorinya tidak menyebabkan diet dan olahrga yang Anda selama ini lakukan jadi sia-sia.Menghindari kudapan kurang sehat memang tidak selalu mudah. Rasanya yang lezat serta mengenyangkan sering Anda andalkan untuk mengganjal perut ketika waktu makan belum tiba. Sebagian orang pun kerap tertipu dengan iming-iming sehat dari berbagai produk tanpa mengetahui kalori sebenarnya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut tujuh camilan berkalori tinggi yang perlu Anda waspadai:1. Cokelat = 73 kaloriCokelat sering diandalkan wanita sebagai makanan pembangkit semangat. Namun konsumsi yang terlalu banyak dapat memicu kegemukan. Apalagi jika cokelat tersebut dicampur susu. Camilan berbahan utama cokelat pun memiliki kalori yang berbeda-beda. Dilansir situs Bembu, permen cokelat M&M bisa mengandung 3,4 kalori per buah. Sementara cokel [...]

Bagi Gigi, Apel Sama Berbahayanya dengan Bir

Bagi Gigi, Apel Sama Berbahayanya dengan Bir

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa apel bisa empat kali berisiko membuat gigi rusak, bila dibandingkan dengan minuman berkarbonasi. Kok bisa?Selama ini minuman seperti wine, bir dan soda dipercaya bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi. Namun menurut ketua penelitian, Profesor David Bartlett, kepala prostodontik di King s College London Dental Institute, cara orang memakan makanan juga berikan pengaruh terhadap kesehatan gigi."Hal ini tidak hanya mengenai apa yang kita makan, tapi juga bagaimana kita memakannya. Dokter cukup benar dengan mengatakan bahwa apel adalah makanan yang baik, tetapi jika Anda memakannya secara perlahan, tingkat keasaman apel yang tinggi dapat merusak gigi. Minuman yang paling sering dikaitkan dengan erosi gigi, terutama cola justru tindak menunjukkan adanya peningkatan risiko," ujar David, seperti yang dikutip dari Daily Mail.Mengonsumsi apel biasanya dilakukan karena seseorang ingin berdiet. Namun dengan adanya hasil penelitian terbaru itu, dijelaskan bahwa diet sebaiknya juga memerhatikan tingkat keasaman makanan ketimbang hanya menghindari minuman ringan saja.Penelitian tersebut para peneliti mencari hubungan antara gigi dengan diet pada 1000 pr [...]

Fakta tentang Dahak

Fakta tentang Dahak

Semua orang pasti pernah mengeluarkan dahak, dengan atau tanpa batuk. Pada pagi hari setelah bangun tidur pun seringkali kita mengeluarkan dahak. Seberapa banyak dahak yang normal? Apakah dahak merupakan pertanda infeksi? Apakah dahak bisa dikurangi atau dihilangkan? Berikut ini adalah penjelasannya. Dahak atau lendir dalam dunia kedokteran disebut mukus. Mukus sebetulnya merupakan bagian penting dari tubuh, sama seperti minyak pada mesin. Mulut, hidung, sinus, paru-paru, dan saluran cerna semuanya memproduksi lendir. Berikut ini adalah fungsinya: Melindungi permukaan saluran napas/saluran cerna agar tidak kering dan tetap lembab. Menangkap bakteri, debu, atau benda asing yang masuk ke saluran napas Mukus mengandung: Antibodi untuk melawan bakteri/virus Enzim untuk membunuh benda asing Protein untuk membuat lendir lengket Kenapa kita memproduksi banyak lendir? Berikut penjelasan selengkapnya di halaman berikutnya: Fakta tentang Dahak Kenapa kita memproduksi banyak lendir? Sekalipun kita sehat, tubuh akan tetap memproduksi mukus/lendir 1-1,5 liter per hari dan paling banyak diproduksi saluran napas dan lendir tersebut akan turun melalui tenggorok [...]

6 Gejala Medis yang Perlu Diwaspadai

6 Gejala Medis yang Perlu Diwaspadai

Tidak sedikit akhir-akhir ini banyak penderita penyakit degeneratif yang datang ke dokter justru sudah dalam kondisi sudah kronik. Sebut saja diantaranya seperti diabetes, osteoporosis, stroke, hipertensi dan masih banyak lagi. Sangat disayangkan temuan kondisi tubuh sulit disembuhkan kecuali dengan upaya keras pasien dan dokter serta izin Tuhan YMK. Hal ini banyak difaktori karena tidak sedikit juga pasien yang tidak menyadari telah muncul gejala-gejala penyakit tersebut sebelumnya, namun diabaikan karena kurangnya pengetahuan kesehatan ataupun rendahnya pemaknaan nilai kesehatan pada dirinya. Semua penyakit-penyakit tersebut dikenal memiliki sebagai ?silent killer?, karena munculnya seolah sekonyong-konyong tiba-tiba akut, padahal penyakit-penyakit tersebut sejatinya kronis dan lama mengintai. Namun jika Anda peduli dengan kesehatan Anda lebih dini, maka tetap lanjutkan membaca artikel ini, karena berikut ini adalah beberapa paparan gejala-gejala penyakit yang seringkali disepelekan namun fatal bak bom waktu, antara lain: Gejala yang Patut Diwaspadai: Beberapa gejala yang harus segera diwaspadai dan disikapi dengan tindak lanjut pemeriksaan oleh dokter: Ke [...]

Ini Penyebab Wanita Takut Nonton Film Horor

Ini Penyebab Wanita Takut Nonton Film Horor

Baru-baru ini, sebuah studi mengungkapkan mengapa wanita lebih takut nonton film horor ketimbang pria. Peneliti dari University College London mendapati bahwa, kemampuan wanita yang lebih tinggi dari pria dalam mengantisipasi sebuah adeganlah yang membuat ia merasa lebih ketakutan saat menonton film horor. Ketika ia mulai merasa ada peringatan akan masuknya adegan kejam atau menakutkan, otak wanita seketika merespon dengan tindakan. Sedangkan pada pria, mereka lebih tenang hingga adegan menakutkan tersebut benar-benar terjadi.Studi dilakukan terhadap 30 pria dan wanita. Aktivitas otak mereka dipelajari dengan cara memperlihatkan adegan yang baik dan buruk, seperti pemandangan yang menenangkan hingga adegan kekerasan. Ekspresi wajah mereka juga dipelajari sebelum memasuki tes memori, seperti dikutip dari Dailymail.Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa antisipasi dari sebuah adegan buruk yang akan terjadi, spontan membuat wanita melakukan aksi tertentu, namun tidak pada pria. Misalnya saat adegan seorang penjahat yang diam-diam mengintip korbannya, seorang wanita sudah menggerakkan tubuhnya di kursi, sedangkan pria hanya diam saja sampai adegan penjahat tersebut melakukan aksi [...]

Studi: Wanita Berbokong Besar Lebih Sehat Dari yang Rata

Studi: Wanita Berbokong Besar Lebih Sehat Dari yang Rata

Sebagian wanita dilahirkan dengan bokong besar yang seksi. Sebagian lainnya yang memiliki bokong rata melakukan implan demi mendapatkan tampilan bokong yang lebih besar. Selain terlihat seksi, wanita dengan bokong besar alami ternyata lebih sehat daripada yang rata. Berdasarkan penelitian di University of Oxford, wanita berbokong besar lebih sehat dan tidak rentan terhadap penyakit kronis. Seperti yang dilansir dari ABC News, wanita dengan bokong besar memiliki tingkat kolesterol dan gula yang rendah. Oleh karena itu, wanita berbokong besar lebih kecil kemungkinannya mempunyai penyakit diabetes atau jantung daripada yang berpinggul serta bokong rata."Professor Konstantinos Manolopoulos, pimpinan University of Oxford mengatakan bahwa wanita dengan lebih banyak lemak di bagian bokong memiliki kolesterol dan kadar glukosa yang rendah," ujar salah satu peneliti seperti dilansir dari All Women Stalk. Lebih lanjut, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa pemilik bokong besar memiliki hormon leptin lebih stabil. Hormon leptin berperan dalam mengatur asupan makan, keseimbangan energi, dan berat badan. Hormon ini digerakkan oleh lemak sehingga ketika bokong memiliki banyak lemak sec [...]

Trik Sederhana Agar Bisa Lebih Segar Saat Bangun Pagi

Trik Sederhana Agar Bisa Lebih Segar Saat Bangun Pagi

Tidur yang cukup dan nyenyak sangat lah penting bagi kesehatan. Meski begitu, istirahat yang ber?kualitas kadang sulit didapatkan karena berbagai gangguan. Hal tersebut sering menjadikan waktu tidur berkurang sehingga badan terasa lemas saat bangun pagi. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas sehingga tubuh lebih segar saat memulai hari, simak tujuh enam berikut ini: 1. Minum KopiSebagian dari Anda mungkin mengira jika kopi harus diminum setelah bangun pagi. Hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Namun untuk tubuh yang lebih berenergi saat pagi hari Anda perlu tidur lagi setelah minum kopi. Dilansir dari Huffington Post, kopi memerlukan waktu beberapa jam untuk bekerja. Untuk itu, minumlah kopi beberapa jam sebelum waktunya bangun tidur. Lalu Anda bisa tidur kembali sambil menunggu kafein memberi Anda energi. 2. Perhatikan Volume ACMenurut penelitian yang dilakukan Harvard, Anda memerlukan suhu ruangan yang pas agar tidur lebih nyenyak dan lebih berener?gi saat bangun di pagi hari. Untuk itu, disarankan agar Anda beristirahat dengan suhu 60 hingga 75 derajat Fahrenheit. 3. ?Buka GordenTrik ini mungkin terdengar aneh. Namun tidur dengan gorden terbuka bermanfaat untuk tubu [...]

4 Cara Sehat Untuk Hilangkan ‘I Hate Monday’

4 Cara Sehat Untuk Hilangkan ‘I Hate Monday’

Rasa malas saat hadapi hari Senin ternyata bisa dihilangkan dengan melakukan kebiasaan sehat. Seperti yang dikutip dari Times of India, berikut ini empat cara sehat agar Anda siap hadapi hari Senin.1. Biasakan naik tanggaJika biasanya Anda menggunakan lift, cobalah untuk menggunakan tangga. Olahraga sederhana bisa bantu membangkitkan mood dan mengurangi kegelisahan. Tapi jangan terlalu berlebihan, Anda tidak mau kan baju kerja basah karena keringat? Jika Anda bekerja di lantai 5, naiklah tangga hingga lantai 3 kemudian naik dengan lift. Seperti yang dikutip dari British Journal of Sports Medicine, daripada menggunakan lift atau eskalator, naik tangga selama lima menit saat istiahat atau memilih untuk berjalan kaki sama pentingnya dengan berolahraga.2. Berjalan-jalan diantara jam kerjaHasil penelitian National Health and Nutrition Examination pada tahun 2003 mengungkapkan bahwa memiliki waktu istirahat yang rutin diantara waktu bekerja perlu dipraktekan karena baik untuk menyegarkan pikiran. Selain itu, BBC juga melaporkan berjalan di taman atau membeli camilan di toko depan kantor tidak akan mengurangi produktivitas bekerja seseorang. Penelitian lain menunjukkan bahwa wanita yan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *