8 Makanan Bagi Tulang Wanita

GIZI-MAKANAN-MINUM-TULANG-WANITA.JPG

Tulang wanita menjadi cukup kuat hingga usia 30 tahun. Setelah usia 30 tahun, kepadatan tulang mulai menurun dan semakin menurun lagi ketika wanita tersebut memasuki usia menopause. Namun, selagi bisa, para wanita dapat memaksimalkan usaha untuk menabung kepadatan tulang dengan olahraga yang teratur dan asupan makanan yang tepat.

Makanan-makanan yang dapat membantu kepadatan tulang wanita adalah:

1. Kalsium

Kalsium adalah sumber utama tulang yang kuat. Orang dewasa hingga usia 50 tahun membutuhkan 1000 miligram kalsium setiap harinya. Memasuki usia 51 tahun, wanita membutuhkan asupan 1200 mg kalsium setiap hari. Sebanyak 237 mL susu mengandung 300 mg kalsium. (Baca: Menabung Kalsium untuk Kesehatan Tulang)

2. Yogurt dan Keju

Satu cangkir kecil yogurt atau 28 gram keju mengandung sejumlah kalsium yang sama dengan 237 mL susu. (Baca: Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Gigi)

3. Ikan Sarden

Sebanyak 85 gram ikan sarden dapat memberikan asupan kalsium yang sedikit lebih banyak daripada secangkir susu.

4. Sayuran hijau

Sayuran seperti sawi hijau, bok chiy dan sayuran hijau gelap lainnya juga mengandung banyak kalsium. (Baca: Buah & Sayur Penangkal Risiko Jantung)

5. Suplemen Kalsium

Jika makanan tidak cukup memenuhi kebutuhan kalsium Anda maka Anda dapat mengkonsumsi suplemen kalsium. Konsumsilah 500 mg kalsium setiap harinya untuk absorbsi optimal. (Baca: Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter)

6. Produk-produk olahan kacang kedelai

Setengah cangkir tahu dapat memberikan 400 mg kalsium dan satu cangkir susu kedelai dapat memberikan 300 mg kalsium. Selain itu kandungan isoflavonnya juga memperkuat tulang. (Baca: Kolesterol Turun dengan Kedelai)

7. Salmon dan ikan dengan asam lemak omega 3

Ikan-ikan ini mengandung vitamin D yang penting dalam proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Suplemen minyak ikan juga baik untuk mencegah pengeroposan tulang. (Baca: Minyak Ikan Mencegah Berbagai Penyakit)

8. Kacang dan Biji-Bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung protein yang membantu menguatkan tulang dan juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya pengeluaran kalsium dalam air seni.

Pastikan juga Anda mendapatkan pajanan sinar matahari yang cukup dan rutin berolahraga untuk tulang yang kuat dan sehat. Anda tentu tidak ingin menghabiskan masa tua dengan kondisi tulang mudah patah bukan? Ayo tabung kepadatan tulangmu dari sekarang!

(JF)

Baca juga:

Kanker Tulang Mengintai Anak & Remaja

Kebanyakan Kopi Bisa Bikin Tulang Keropos!

Semakin Jarang Bergerak, Tulang Keropos

Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Pentingnya Pemeriksaan Mata Rutin

Pentingnya Pemeriksaan Mata Rutin

Indra penglihatan merupakan salah satu indra terpenting manusia. Penglihatan sendiri merupakan suatu proses yang kompleks dari mengumpulkan, memfokuskan serta mengubah cahaya menjadi objek penglihatan. Seiring dengan bertambahnya usia, mata menjadi lebih rentan mengalami kerusakan dan berbagai penyakit. Beberapa penyakit pada mata seperti peningkatan tekanan bola mata pada glaukoma tidak memiliki gejala apapun pada stadium awalnya, sehingga Anda baru akan mengetahuinya jika sudah menginjak stadium akhir. Hal ini akan membuat penanganan menjadi lebih sulit. Oleh karena itu pemeriksaan mata secara rutin sangatlah penting. Apa saja yang dilakukan saat pemeriksaan mata? Pemeriksaan mata tidak menimbulkan rasa nyeri. Dokter akan melakukan pemeriksaan mata yang meliputi pemeriksaan kondisi luar mata seperti kelopak mata, bagian mata seperti konjungtiva, sklera, kornea, iris dan retina untuk mengetahui tanda-tanda suatu penyakit. Pemeriksaan mata yang lengkap meliputi: Pemeriksaan penglihatan (tanpa atau dengan lensa korektif) Pemeriksaan refleks pupil Pemeriksaan otot-otot mata Pemeriksaan lapangan pandang Pemeriksaan dengan slit lamp Pemeriksaan tekanan bola mata Pemeriks [...]

Perut Instan Rata dengan Tummy Tuck

Perut Instan Rata dengan Tummy Tuck

Tummy tuck atau dalam dunia medis disebut juga dengan abdominoplasty, merupakan suatu tindakan bedah untuk meratakan perut dengan mengeluarkan lemak dan kulit yang berlebih serta mengencangkan otot-otot dinding perut. Berbeda dengan operasi sedot lemak (liposuction), meskipun Anda dapat melakukan kedua operasi bersamaan tersebut dalam satu tindakan operasi sekaligus. Tummy tuck sendiri dibagi menjadi 2 jenis: Complete abdominoplasty Dokter akan memotong abdomen Anda dan memberikan kontur pada kulit, jaringan dan otot Anda. Tindakan bedah ini juga termasuk memindahkan pusar Anda dan Anda akan menggunakan drainase selama beberapa hari pasca operasi. Partial or mini abdominoplasty Mini abdominoplasty sering dilakukan pada orang yang memiliki deposit lemak yang terlokasir di perut bagian bawah, di bawah pusar. (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); .iht-1 { background: url(http://klikdokter.com/assets/healthtools/ht_4.gif) no-repeat 0px 0px; width: 105px; float: left; text-align: center; padding-top: 105px; background-si [...]

Sulit Tidur di Malam Hari? Minum Jus Ini Segelas Sehari

Sulit Tidur di Malam Hari? Minum Jus Ini Segelas Sehari

Sering kesulitan tidur di malam hari? Jangan dulu menenggak obat tidur karena mungkin yang Anda butuhkan hanya mengubah pola makan.Setiap malam, sekitar dua jam sebelum tidur cobalah meminum segelas jus ceri. Selain membantu jadi lebih cepat terlelap, tubuh pun akan lebih segar ketika bangun keesokan paginya.Seperti dikutip dari Daily Mail, berdasarkan hasil penelitian dari Louisiana State University, minum jus ceri dua kali sehari selama dua minggu akan membantu menambah jam tidur hingga 90 menit lebih lama pada orang yang menderita insomnia. Sementara bagi Anda yang hanya mengalami kesulitan tidur ringan, cukup minum segelas jus ceri sebelum tidur.Ceri mengandung melatonin, zat yang membantu mengatur siklus tidur manusia. Selain itu proanthocyanidins, zat yang memberi pigmen warna merah seperti rubi pada ceri juga cukup berperan membuat Anda lebih mudah tidur nyenyak. Zat ini membantu meningkatkan kadar tryptophan, asam amino esensial yang memicu produksi serotonin agar tidur lebih nyenyak.Namun perlu diingat, konsumsilah jus yang terbuat dari buah asli yang Anda olah/blender sendiri. Menurut pakar nutrisi asal Inggris Madeleine Shaw, jus sehat yang benar adalah jus yang tidak [...]

Prebiotik Cegah Kulit Gatal pada Bayi

Prebiotik Cegah Kulit Gatal pada Bayi

Oleh: dr. Jessica Florencia Ketika bayi berusia 2 bulan, seringkali Ibu menemukan buah hati mengalami kemerahan pada kulit yang terasa gatal pada kedua pipi, tangan maupun kaki. Hal ini tentu membuat Ibu merasa khawatir. Kemerahan pada kulit ini terasa gatal sehingga bayi menjadi rewel dan sering menangis. Masalah kulit ini kerapa kita kenal dengan nama eksim susu. Dalam dunia medis, eksim susu yang merupakan peradangan kulit kronis dan sering kambuh dikenal dengan nama dermatitis atopi. Dermatitis atopi atau eksim susu ini merupakan kondisi kelainan kulit yang biasanya diturunkan dari orang tuanya. Selain itu juga terdapat hubungan antara dermatitis atopi dengan alergi saluran napas karena ditemukan 80% anak dengan dermatitis atopi juga mengalami asma bronkial atau rinitis alergik. Karena pengaruh keturunan, kelainan kulit ini memang sulit dihadapi. Secercah harapan muncul dari hasil studi yang dipublikasi tanggal 27 Maret kemarin. David A. Osborn, PhD, dari Central Clinical School, Discipline of Obstetrics, Gynaecology and Neonatology, dan John KH Sinn, dari Department of Neonatology, Royal North Shore Hospital, keduanya dari University of Sydney, Australia melakukan studi terhad [...]

Lovepink Mimpi Wujudkan Klinik ‘Chemo Party’ untuk Pasien Kanker Payudara

Lovepink Mimpi Wujudkan Klinik ‘Chemo Party’ untuk Pasien Kanker Payudara

Senyum berseri menghiasi wajah Samantha Barbara, Ketua Yayasan Daya Dara Indonesia atau lebih dikenal sebagai Lovepink. Satu lagi impiannya bersama anggota yayasan peduli kanker payudara itu terwujud. Impian tersebut adalah memiliki mobil operasional. Bertempat di Graha Asuransi Astra, Senin (12/10/2015), Lovepink yang diwakili Samantha dan Madelina Mutia serta Shanti Persada selaku pendiri Lovepink menerima bantuan berupa sebuah mobil operasional dari Garda Medika, produk asuransi kesehatan dari Asuransi Astra.Menurut Sam, panggilan akrab Samantha, bantuan ini sangat berarti bagi Lovepink untuk menjalankan misi mulianya. Yayasan yang didirikan pada 2012 silam ini memiliki dua misi utama yakni mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemeriksaan sendiri payudara (sadari) sebagai bentuk pencegahan dini dan memberikan dukungan moral bagi mereka yang telah terdiagnosis kanker payudara."Dampak dari bantuan ini akan sangat besar bagi yayasan kami. Selain untuk kebutuhan kampanye, mobil ini akan kami gunakan untuk konseling atau mengantar anggota kami ke dokter bila kondisinya sangat darurat," ujar Sam itu kepada Wolipop usai acara penyerahan bantuan. Bantuan berupa satu unit Toyota New [...]

Payudara Membengkak & Tanda-tanda Lainnya Saat PMS

Payudara Membengkak & Tanda-tanda Lainnya Saat PMS

Hampir semua wanita mengalami Premenstrual Syndrome atau PMS sebelum menstruasi. Namun yang dinamakan PMS biasa terjadi berturut-turut setiap bulan sebelum haid seperti yang dijelaskan di sini. Beragam gejala dialami oleh para wanita, seperti apa?Saat dikutip dari detikhealth kemarin, dokter dari departemen psikiatri Fakultas Kesehatan Unversitas Indonesia, Sylvia D Elvira, gejala yang terjadi saat masa PMS umumnya ditandai dengan payudara mengencang, kepala pusing, serta merasa kembung. Ada pula faktor psikologis yang timbul ketika PMS, misalnya sedih, putus asa, cemas, tegang, dan mudah tersinggung. Namun, jika Anda merasakan lima gejala psikis tersebut berarti termasuk mengalami PMS yang parah. "Jika perempuan mengalami kelima gejala tersebut maka sudah masuk ke PMS parah yang disebut dengan Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD)," jelas Sylvia.PMDD merupakan gejala berat yang terjadi sebelum 'datang bulan'. Dokter Mary M. Gallenberg, M.D. dari situs Mayo Clinic mengatakan, PMDD juga menimbulkan gejala bisa menyebabkan suasana hati menjadi kacau yang akan membuat pekerjaan berantakan."PMDD membuat suasana hati lebih ekstrim yang dapat mengganggu pekerjaan serta membuat hubung [...]

Awas, Anda Bisa Keracunan MSG!

Awas, Anda Bisa Keracunan MSG!

MSG atau Monosodium Glutamate merupakan salah satu jenis penyedap rasa yang sering ditambahkan ke dalam makanan. MSG ini banyak ditemukan pada masakan Cina, fast food, soft drink, dan berbagai jenis makanan lainnya. MSG memang dapat menambah cita rasa makanan menjadi lebih lezat, namun dapat juga menyebabkan masalah kesehatan yang dapat berakibat fatal. Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan bahwa MSG aman dikonsumsi dalam jumlah kecil. Namun, setelah dilaporkan banyak terjadi kasus keracunan akibat MSG, FDA mewajibkan untuk mencantumkan MSG dalam label makanan jika zat tersebut ditambahkan agar konsumen lebih berhati-hati memilih makanan. Reaksi atau efek samping yang ditimbulkan oleh MSG ini disebut sebagai Chinese Restaurant Syndrome atau MSG Symptom Complex. Keracunan MSG lebih sering terjadi pada orang yang sensitif terhadap zat ini. Gejala akut yang muncul berupa, berikut penjelasannya: Tanda dan Gejala Akut Keracunan MSG: Gejala akut yang muncul berupa, berikut penjelasannya: Sakit kepala Mual, muntah Nyeri dada Rasa terbakar pada wajah, leher, atau bagian tubuh lainnya Berdebar-debar Sesak napas Berkeringat Lemas Kebas atau baal pada [...]

Menyusui Saat Hamil

Menyusui Saat Hamil

?Anak pertama saya masih menyusui ASI, namun saya sudah hamil lagi. Apakah pemberian ASI boleh terus diberikan saat hamil?? Apakah Ibu pernah bertanya-tanya tentang hal ini? Secara umum, menyusui saat hamil itu aman selama Ibu dapat menjaga asupan nutrisi yang sehat dan cukup minum. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa menyusui ASI dapat merangsang kontraksi rahim. Hal ini tidak akan menjadi masalah pada kehamilan yang normal. Namun, bila terdapat riwayat persalinan prematur atau bila ada nyeri rahim atau perdarahan, sebaiknya pemberian ASI tidak dilanjutkan. Beberapa hal yang perlu diketahui bila Ibu memutuskan untuk memberikan ASI saat hamil adalah perubahan-perubahan yang dapat disadari oleh anak pertama Ibu. Walaupun ASI yang keluar tetap bernutrisi selama kehamilan, kandungannya akan berubah sehingga rasanya pun berubah. (Baca: Serba-serbi Menyusui) Selain itu, jumlah produksi ASI akan berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan. Karena itu, secara alami anak pertama Ibu akan mengalami penyapihan sebelum adiknya dilahirkan. Kenyamanan Ibu juga akan terpengaruh. Selama kehamilan, tidak jarang terdapat keluhan nyeri pada puting dan payudara secara keseluruhan. Rasa nye [...]

Mata Lelah Karena Layar Komputer: Computer Vision Syndrome

Mata Lelah Karena Layar Komputer: Computer Vision Syndrome

Di zaman yang semakin modern ini, memang sangat sulit untuk menghindari bekerja dengan menggunakan perangkat digital. Bekerja berjam-jam di depan layar digital memang sudah menjadi kehidupan sehari-hari masyarakat masa kini. Namun, sayangnya, aktivitas ini juga menciptakan konsekuensi baru bagi kesehatan mata kita. Mata menjadi tegang, lelah dan pegal karena harus menatap layar komputer terus-menerus. Masalah mata lelah yang disebabkan karena layar digital sering disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS). CVS ini bukan merupakan suatu masalah penglihatan yang spesifik, namun lebih kepada kumpulan gejala pada mata, mulai dari rasa pegal hingga sakit pada pengguna komputer secara khusus, atau perangkat digital lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa 50-90% pengguna komputer akan memiliki keluhan mata. Hal ini dapat terjadi pada anak-anak dan dewasa, terutama jika pencahayaan dan posisi komputer tidak ideal. Bagaimana layar komputer mempengaruhi penglihatan? Berikut penjelasannya: Bagaimana Layar Komputer Mempengaruhi Penglihatan? Computer vision syndrome sebenarnya sama dengan penyakit carpal tunnel syndrome (sindroma terowongan karpal) dan cedera jenis lainn [...]

Seberapa Amankah Penggunaan Obat Kolesterol?

Seberapa Amankah Penggunaan Obat Kolesterol?

Banyak yang merasa khawatir ketika baru saja didiagnosis dengan hiperkolesterolemia (peningkatan kadar kolesterol di dalam darah). Bagaimana tidak? Kadar kolesterol yang berlebih merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Meskipun Anda tak dapat memutar balik waktu, namun Anda dapat mengontrol kadar kolesterol Anda. Saat ini sudah banyak pengobatan yang aman dan baik untuk mengatasi peningkatan kadar kolesterol. Obat-obatan tersebut dapat secara langsung menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan kematian. Akan tetapi, gaya hidup sehat tetap merupakan lini terdepan untuk melawan kadar kolesterol tinggi. Bagi sebagian orang, membuat perubahan dalam gaya hidup dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga sudah cukup untuk menurunkan kadar kolersterol. Namun, diet yang baik dan berolahraga terkadang belum cukup untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah, karena tak sedikit pula yang membutuhkan tambahan obat-obatan. Oleh karena itu, kombinasi perubahan gaya hidup dan obat-obatan merupakan penanganan yang paling tepat. Berikut adalah manfaat obat-obatan penurun kolesterol: Menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) kolesterol, atau yang dikenal se [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *