8 Makanan Bagi Tulang Wanita

GIZI-MAKANAN-MINUM-TULANG-WANITA.JPG

Tulang wanita menjadi cukup kuat hingga usia 30 tahun. Setelah usia 30 tahun, kepadatan tulang mulai menurun dan semakin menurun lagi ketika wanita tersebut memasuki usia menopause. Namun, selagi bisa, para wanita dapat memaksimalkan usaha untuk menabung kepadatan tulang dengan olahraga yang teratur dan asupan makanan yang tepat.

Makanan-makanan yang dapat membantu kepadatan tulang wanita adalah:

1. Kalsium

Kalsium adalah sumber utama tulang yang kuat. Orang dewasa hingga usia 50 tahun membutuhkan 1000 miligram kalsium setiap harinya. Memasuki usia 51 tahun, wanita membutuhkan asupan 1200 mg kalsium setiap hari. Sebanyak 237 mL susu mengandung 300 mg kalsium. (Baca: Menabung Kalsium untuk Kesehatan Tulang)

2. Yogurt dan Keju

Satu cangkir kecil yogurt atau 28 gram keju mengandung sejumlah kalsium yang sama dengan 237 mL susu. (Baca: Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Gigi)

3. Ikan Sarden

Sebanyak 85 gram ikan sarden dapat memberikan asupan kalsium yang sedikit lebih banyak daripada secangkir susu.

4. Sayuran hijau

Sayuran seperti sawi hijau, bok chiy dan sayuran hijau gelap lainnya juga mengandung banyak kalsium. (Baca: Buah & Sayur Penangkal Risiko Jantung)

5. Suplemen Kalsium

Jika makanan tidak cukup memenuhi kebutuhan kalsium Anda maka Anda dapat mengkonsumsi suplemen kalsium. Konsumsilah 500 mg kalsium setiap harinya untuk absorbsi optimal. (Baca: Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter)

6. Produk-produk olahan kacang kedelai

Setengah cangkir tahu dapat memberikan 400 mg kalsium dan satu cangkir susu kedelai dapat memberikan 300 mg kalsium. Selain itu kandungan isoflavonnya juga memperkuat tulang. (Baca: Kolesterol Turun dengan Kedelai)

7. Salmon dan ikan dengan asam lemak omega 3

Ikan-ikan ini mengandung vitamin D yang penting dalam proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Suplemen minyak ikan juga baik untuk mencegah pengeroposan tulang. (Baca: Minyak Ikan Mencegah Berbagai Penyakit)

8. Kacang dan Biji-Bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung protein yang membantu menguatkan tulang dan juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya pengeluaran kalsium dalam air seni.

Pastikan juga Anda mendapatkan pajanan sinar matahari yang cukup dan rutin berolahraga untuk tulang yang kuat dan sehat. Anda tentu tidak ingin menghabiskan masa tua dengan kondisi tulang mudah patah bukan? Ayo tabung kepadatan tulangmu dari sekarang!

(JF)

Baca juga:

Kanker Tulang Mengintai Anak & Remaja

Kebanyakan Kopi Bisa Bikin Tulang Keropos!

Semakin Jarang Bergerak, Tulang Keropos

Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Pantangan Makanan Ibu Hamil

6 Pantangan Makanan Ibu Hamil

Wanita hamil harus benar-benar memperhatikan setiap jenis makanan dan obat-obatan yang dikonsumsi. Hal ini bertujuan untuk memastikan kebutuhan gizinya tercukupi dengan baik dan menghindari beberapa makanan yang dapat menyebabkan masalah pada janin. Penting untuk diingat bahwa setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil dapat mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin. Berikut ini adalah daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil: 1. Makanan mentah atau setengah matang Mengkonsumsi sushi, sashimi, daging mentah, sosis, daging cincang, kerang mentah, telur berisiko terkena toksoplasmosis. Toksoplasmosis merupakan infeksi yang disebabkan oleh parasit yang dapat ditemukan pada daging, tanah, tinja kucing, dan air yang tidak bersih. Toksplasmosis saat hamil dapat menyebabkan keguguran dan kelainan pada janin (hidrosefalus, kebutaan, tuli). Sedangkan telur mentah atau setengah matang dapat menyebabkan keracunan bakteri Salmonella Enteriditis, gejalanya berupa diare dan muntah. Mayones, mousse, tiramisu, es krim, dan beberapa jenis saus salad juga dibuat dari telur mentah. 2. Keju lunak Keju lunak dibuat dari keju yang tid [...]

Sinar Lampu di Malam Hari Bisa Buat Depresi

Sinar Lampu di Malam Hari Bisa Buat Depresi

Sulit tidur dan sering merasa stres saat menjalani hari? Mungkin itu karena Anda terlalu banyak terkena cahaya lampu pada malam hari. Kok bisa?Sebuah penelitian di Amerika membuktikan bahwa paparan cahaya yang terlalu banyak di malam hari bisa membuat seseorang merasa depresi. Penelitian yang diprakarsai oleh Ohio State University melakukan percobaan pada tikus yang ditempatkan dalam ruangan bercahaya selama 24 jam.Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa tikus-tikus tersebut lebih depresi ketimbang tikus yang tidak diberi cahaya lampu 24 jam. "Kemampuan menghindar dari cahaya lampu tampaknya memang bisa mengurangi efek depresi," ujar Laura Fonken dari Ohio State University, seperti dikutip dari Health.Profesor psikolog dan neuroscience, Randy Nelson pun mengatakan perlunya studi lanjut mengenai efek lampu yang berlebihan terhadap perilaku manusia. Menurutnya cahaya lampu itu bisa membuat sel-sel tidak bisa beristirahat dengan baik."Banyak orang sering menggunakan lampu di malam hari, padahal itu bisa meningkatkan energi panas dalam tubuh yang akan membuat sel-sel tubuh yang harusnya beristirahat menjadi stres dan efeknya adalah perilaku depresi yang buruk bagi kesehatan," jela [...]

Olahraga untuk Atasi Nyeri Punggung Bawah

Olahraga untuk Atasi Nyeri Punggung Bawah

Nyeri punggung bawah merupakan salah satu masalah medis yang banyak dikeluhkan oleh orang dewasa dan merupakan penyebab terbanyak disabilitas pada usia produktif. Penyebab tersering nyeri punggung bawah adalah masalah pada otot yang menyangga tulang belakang. Olahraga sederhana dan menjaga posisi tubuh yang baik biasanya dapat membantu mengurangi nyeri punggung bawah. Meskipun, dalam beberapa kondisi membutuhkan pengobatan bahkan operasi. Tentang Nyeri Pinggang & Punggung Bawah Nyeri punggung bawah merupakan salah satu masalah medis yang banyak dikeluhkan oleh orang dewasa dan merupakan penyebab terbanyak disabilitas pada usia produktif. Penyebab tersering nyeri punggung bawah adalah masalah pada otot yang menyangga tulang belakang. Olahraga sederhana dan menjaga posisi tubuh yang baik biasanya dapat membantu mengurangi nyeri punggung bawah. Meskipun, dalam beberapa kondisi membutuhkan pengobatan bahkan operasi. Olahraga untuk Nyeri Punggung Bawah Otot punggung, perut dan kaki yang kuat dapat menyokong tulang belakang lebih baik, mengurangi tekanan pada diskus spinalis, dan mencegah cedera. Kurang olahraga akan memicu hilangnya f [...]

Buah Merah, Buah Khas Papua dengan 3 Tingkat Antioksidan

Buah Merah, Buah Khas Papua dengan 3 Tingkat Antioksidan

Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan berbagai jenis tanaman. Ada tak kurang dari 16 ribu spesies tanaman yang tumbuh di Tanah Papua, dan yang kini cukup populer karena khasiatnya adalah Buah Merah.Buah Merah, atau bahasa latinnya Pandanus Conoideus adalah sejenis buah tradisional Papua. Termasuk ke dalam kelompok tanaman pandan-pandanan karena pohon dan daunnya menyerupai pandan, namun memiliki buah berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun. Saat matang, buah ini akan berwarna merah marun dan karena itulah dinamakan Buah Merah.Pandanus conoideus termasuk dalam kelompok superfruit, yaitu sebutan untuk buah-buahan yang secara alami memiliki kandungan vitamin, mineral dan tinggi antioksidan. Fungsi utamanya adalah melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang merusak sel. Acai Berry, apel, blueberry, cherry, citrus, cranberry dan buah naga merupakan beberapa buah yang masuk dalam kategori ini. "Tanaman ini memproduksi zat-zat yang menjadi semacam senjata untuk membantu tubuh melindungi diri. Ada tiga tingkatan antioksidan di dalam buah ini; primer, sekunder dan tersier," ujar Dr. I Nyoman Artha, peneliti dan kepala Center for Beverages bagian Clus [...]

Jarang Kena Sinar Matahari Bikin Susah Bangun Pagi

Jarang Kena Sinar Matahari Bikin Susah Bangun Pagi

Bagi sebagian orang, bangu tidur di pagi hari merupakan hal yang sulit. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, mungkin saja karena Anda jarang terkena sinar matahari.Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, banyak orang dewasa ang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Mereka juga jarang terkena sinar alami dari matahari terutama di pagi hari.Hal itu membuat jam biologis tubuh terganggu dan akhirnya memicu perasaan belum ngantuk ketika malam tiba, kebiasaan menunda tidur yang akhirnya membuat rasa lelah dan malas bangun keesokan harinya. Gejala ini umumnya terjadi pada remaja sehingga peneliti menyebutnya sebagai 'teenage night owl syndrome'."Kurang kena sinar matahari akan membuat seseorang tidur lebih larut, tidak cukup tidur dan akhirnya merasa malas," ujar Dr Mariana Figueiro dari the Rensselaer Polytechnic Institute's Lighting Research Centre, New York seperti dilansir dari detikhealth.Figueiro juga menyebutkan, kurang sinar matahari akan membuat performa seseorang menurun. Ia dan rekannya pernah melakukan tes terhadap dua jenis kelompok remaja, yaitu kelompok yang sering kena sinar matahari dan kelompok yang jarang kena matahari.Hasilnya menunjukkan r [...]

Hmm… Tidur Tanpa Busana Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Hmm… Tidur Tanpa Busana Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Wanita umumnya lebih nyaman tidur tidak menggunakan bra. Namun ternyata tidur tanpa mengenakan apa pun lebih bagus daripada hanya sekadar tak memakai bra. Mengapa?Bagi sebagian wanita tidur tanpa busana bisa membuat tubuh bebas dan nyaman. Ahli biologi mengatakan, tidur tanpa menggunakan sehelai benang pun tidak hanya dapat membuat Anda lebih santai, tapi bagus untuk kesehatan terutama bagi para wanita.Seperti yang dikutip dari Ezinearticle, ini dia empat manfaat kesehatan tidur tanpa pakaian untuk wanita.1. Meringankan Rasa SakitSalah satu manfaat tidur tanpa pakaian bisa meringankan sakit atau nyeri yang sedang dirasakan. Bahkan, tidur telanjang bisa meredakan sakit yang disebabkan oleh otot yang tegang. Di samping itu, bisa melancarkan sirkulasi darah, mengurangi sakit pinggang dan kepala, juga bermanfaat bagi mereka yang sering insomnia.2. Tidur Lebih BerkualitasBanyak wanita karier yang tingkat stresnya tinggi karena bekerja dan mengurus keluarga. Akibatnya mereka tidak mendapatkan tidur yang baik setiap malam. Bagi Anda yang mengalaminya, coba tidur tanpa busana saat malam hari. Hal itu akan membuat istirahat Anda semakin berkualitas karena membuat tubuh merasa lebih rilek [...]

Belanja Bikin Sehat!

Belanja Bikin Sehat!

Oleh: dr. Nadia Octavia Anda mungkin berpikir hobi berbelanja merupakan suatu hal yang hedonistik, menghabiskan banyak uang dan tidak bermanfaat. Namun ternyata hobi berbelanja memiliki banyak manfaat yang juga positif. Shopping dapat memperpanjang umur Suatu studi yang dilakukan pada pria dan wanita dewasa di Taiwan menemukan bahwa mereka yang berbelanja setiap hari memiliki angka mortalitas 27% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang jarang berbelanja. Berbelanja dalam hal ini tidak selalu berbelanja barang-barang yang mahal. Riset tersebut juga menemukan bahwa orang tua yang lebih sering keluar rumah dan berbelanja, fisiknya lebih aktif dan terjaga dan secara mental juga lebih baik. Berbelanja merupakan suatu bentuk aktivitas fisik Salah satu survey yang dilakukan oleh lembaga di Inggris pada tahun 2013, menemukan bahwa wanita berjalan rata-rata 300 km/tahun sewaktu mereka berbelanja, yaitu sama dengan mengikuti 7 kali marathon. Sering berjalan-jalan ataupun mendorong kereta bayi juga dapat menurunkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes hingga kanker payudara. Berbelanja meningkatkan dopamin Sewaktu Anda berbelanja, Anda pasti merasa senang. Para ilmuwan membuktik [...]

Iklan Underwear David Beckham Picu Pria Lakukan Operasi Pembesaran Mr Happy

Iklan Underwear David Beckham Picu Pria Lakukan Operasi Pembesaran Mr Happy

Menjadi brand ambassador pakaian dalam, David Beckham tidak hanya meningkatkan penjualan produk yang diiklankannya. Tapi juga permintaan operasi pembesaran Mr. Happy, atau disebut juga dengan penoplasty. Sejak Beckham membintangi iklan pakaian dalam Armani dan H&M, sedikitnya ada ratusan orang di Inggris setiap tahunnya yang melakukan operasi untuk menambah ukuran penis menjadi 1-2 inchi lebih besar. Kepada situs The Sun, Dr Roberto Viel mengklaim telah mengoperasi lima pasien dalam seminggu di kliniknya, Harley Street."Di abad ini, memiliki penis besar telah menjadi semacam simbol status. Tapi baru sekarang ini pria bisa melakukan hal tersebut (pembesaran penis). Jika memang ada solusi, kenapa tidak digunakan?" ujar Dr Roberto.Ahli bedah plastik ini mengaku punya banyak klien dari berbagai kalangan dan profesi yang telah membesarkan penisnya. Mulai dari tukang bangunan, ahli mekanik hingga kalangan eksekutif dan politisi dengan rentang usia antara 20 sampai 70 tahun."Klien saya lebih banyak yang berusia 30-40 tahun, tapi ada juga beberapa yang 20 dan 70 tahun yang ingin operasi penoplastyGambar pria yang mengenakan boxer dengan Mr Happy yang 'menyembul' memang sedikit banya [...]

Mengatasi Nyeri Otot dan Nyeri Sendi

Mengatasi Nyeri Otot dan Nyeri Sendi

Anda bekerja keras sepanjang minggu, jadi ketika akhir pekan tiba, Anda ingin menghabiskan waktu dengan bermain. Seperti bermain golf, mendaki di pegunungan, atau latihan yang intens di gym untuk menghidupkan kembali tubuh Anda. Akan tetapi, semua kegiatan tersebut dapat menyebabkan rasa sakit dan rasa kaku yang akan muncul dalam satu atau dua hari kemudian. Jangan biarkan nyeri otot yang Anda rasakan itu menghambat aktifitas Anda. Cari tahu penyebab dan berikanlah perawatan yang tepat sehingga Anda dapat terus menikmati aktivitas-aktivitas tersebut. Lalu kemudian, apa yang kemudian menjadi penyebab nyeri otot? Berikut penjelasannya: Apakah Penyebab Nyeri Otot? Adalah normal untuk mengalami nyeri otot begitu Anda selesai fitness, selesai melakukan permainan olahraga, atau bahkan setelah melakukan pekerjaan rumah tangga, terutama jika: Anda melakukan aktifitas yang tidak biasa anda lakukan (seperti lari maraton ketika Anda biasanya hanya melakukan lari ringan beberapa kilometer) Anda tiba-tiba meningkatkan level intensitas latihan anda atau meningkatkan lamanya ada latihan. Anda melakukan latihan eksentrik, yang malah memperpanjang bukannya memperp [...]

5 Makanan Ini Bisa Sembuhkan Flu Lebih Cepat

5 Makanan Ini Bisa Sembuhkan Flu Lebih Cepat

Musim hujan seperti ini, penyakit yang sering dihadapi adalah flu. Memang flu bukanlah penyakit yang berbahaya, namun ketika flu menyerang bisa membuat kinerja menurun. Sebenarnya flu bisa dilawan tanpa harus mengonsumsi obat-obatan yang tidak alami. Anda bisa menangkal dan menyembuhkan flu dengan bahan makanan yang mudah didapatkan. Dirangkum dari iVillage, berikut ini makanan untuk mencegah flu.Bawah Putih Bawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu. Cara pengolahan bawang putih, kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. JaheSejak zaman nenek moyang dulu jahe telah diketahui dapat membantu mengobati batuk dan demam yang disertai dengan pilek. Parutlah jahe dalam air hangat, Anda bisa menambahkan gula jawa untuk menambah rasa manis. Bisa juga dicampurkan dengan teh. Minumlah selagi hangat. BayamSayuran yang kaya nutrisi ini bisa mengobati sakit flu, karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *