8 Makanan Terbaik untuk Mengurangi Kolesterol

health-bayam.jpg

Jumlah kolesterol dalam darah yang melebihi 200 menjadi momok bagi setiap orang di masa tua. Padahal, pengidap kolesterol tinggi tidak hanya orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas saja, dalam usia muda pun juga bisa terkena penyakit akibat kolestrol.

Sering mengonsumsi makanan cepat saji dan kurang berolahraga dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan memicu perkembangan berbagai penyakit. Seperti jantung, diabetes dan juga hipertensi.

Menurut American Heart Association (AHA), kadar kolesterol dalam darah bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Lalu, seperti apa makanan sehat yang dimaksud? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Health Me Up.

1. Gandum
Mengganti makanan pagi dengan gandum akan membantu menjaga kadar kolesterol lebih baik. Menurut penelitian, dengan mengonsumsi dua porsi gandum setiap harinya dapat mengurangi kolesterol LDL sebanyak 5,3% hanya dalam 6 minggu. Ini karena gandum mengandung zat yang disebut beta-glukan yang dapat menyerap kolesterol jahat.

2. Salmon dan Lemak Ikan
Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak Omega 3 yang berperan penting dalam menjaga kadar kolestrol tetap terkendali. Asam lemak Omega-3 juga membantu jantung dengan beragam cara seperti menurunkan tekanan darah dan menekan risiko pembekuan darah. Ikan salmon, sarden, dan herring membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 4 persen.

3. Kacang
Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki molekul asam lemak terendah dan yang paling baik dari tiga jenis lemak lainnya, seperti lemak tak jenuh ganda, lemak jenuh, dan lemak tak jenuh tunggal.

Mengonsumsi kacang merupakan cara terbaik untuk menambahkan lemak sehat yang diperlukan oleh tubuh. Lemak yang berasal dari kacang alami dan tidak melalui proses kimia, dapat membuat jantung Anda sehat.

4. Kedelai
Mengonsumsi kedelai sangat baik bagi jantung. Dengan menambahkan � cangkir kedelai dalam pola makan Anda, dapat membantu menurunan kadar kolesterol sebanyak 8 persen. Anda juga perlu mencoba kedelai hitam, kacang merah, atau kacang pinto yang mampu memenuhi sepertiga dari kebutuhan serat harian.

5. Teh
Teh mengandung antioksidan dan kandungan kafeinnya lebih sedikit ketimbang dengan kopi. Dalam secangkir kopi mengandung sekitar 135 mg kafein, sedangkan teh hanya sekitar 30 sampai 40 mg.

Teh membantu menjaga tulang Anda karena terdapat kandungan phytocemical di dalamnya. Senyawa tersebut juga berperan sebagai pertahanan besar terhadap kadar kolesterol jahat.

6. Cokelat
Pecinta cokelat bisa merasa senang karena sebungkus dark cokelat yang sehat kaya akan antioksidan dan zat pengurang kolesterol.

Menurut sebuah penelitian di Spanyol yang dipublikasikan dalam ?Journal of Hepatology? menjelaskan bahwa kandungan antioksidan dalam dark chocolate dapat mengurangi kerusakan yang terjadi di pembuluh darah, yang dapat mengancam kesehatan seseorang dengan sirosis (penyakit hati kronis).

Ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi 100 gram dark cokelat setiap hari dalam membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 21%.

7. Bayam
Sayuran yang satu ini mengandung sekitar 13 macam flovanoid yang dapat menjauhkan Anda dari kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis. Dengan mengonsumsi � cangkir sayuran yang kaya kandungan lutein ini, dapat menjaga Anda dari serangan jantung.

8. Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. Berbagai tahapan pengolahan memberikan beragam varietas minyak zaitun, seperti extra virgin, virgin, pure, dan pomace.

(rma/rma)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Facebook Bisa Buat Orang Khawatirkan Bentuk Tubuh

Facebook Bisa Buat Orang Khawatirkan Bentuk Tubuh

Menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuka Facebook tidak hanya dapat berdampak buruk bagi produktivitas Anda saja. Menurut penelitian, kebiasaan itu bisa membahayakan kesehatan Anda juga.Dalam survei, ditemukan bahwa ada 51 persen dari pengguna Facebook yang merasa terlalu khawatir dengan tubuhnya setelah melihat foto diri mereka di situs jejaring sosial itu. Hasil survei tersebut didapat dari The Center for Eating Disorders."Facebook membuat orang menghabiskan waktu lebih banyak untukmengkritik tubuh mereka sendiri dan berharap mereka tampak seperti orang lain," ujar Direktur 'The Center for Eating Disorders', Dr Harry Brandt dalam laporannya."Dalam era teknologi modern dan akses yang konstan yang bisa didapat dari SmartPhone, itu membuat orang susah menghapus diri dari imej dan pemicu lainnya yang mempromosikan citra tubuh negatif, rendah diri dan akhirnya mengalami gangguan makan," tambah Brandt lagi.80 persen dari peserta survei yang berusia 14 hingga 40 tahun itu, mengatakan bahwa mereka "minimal sehari sekali" membuka situs jejaring Facebook. Sehingga tak mungkin bagi mereka untuk tidak melihat fotonya sendiri atau foto teman-temannya.Penelitian juga menemukan, 44% orang [...]

Hubungan Seksual Setelah Melahirkan

Hubungan Seksual Setelah Melahirkan

Berhubungan seksual setelah melahirkan mungkin merupakan hal terakhir yang Anda pikirkan. Ketahuilah hal-hal berikut sebelum Anda memulai hubungan seks setelah melahirkan. Setelah bayi saya lahir, kapan saya boleh berhubungan seksual? Baik Anda melahirkan secara normal maupun caesar, tubuh Anda sama-sama membutuhkan waktu penyembuhan. Para ahli menganjurkan untuk menunggu setidaknya 4-6 minggu setelah melahirkan untuk serviks dapat menutup, perdarahan postpartum berhenti dan laserasi atau robekan menyembuh. Apakah akan terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah melahirkan? Setelah melahirkan, terutama jika Anda menyusui, vagina Anda akan cenderung menjadi kering dan nyeri, terutama setelah melahirkan secara normal akan terjadi penurunan kekuatan otot vagina yang dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Untuk mengembalikan kekuatan otot dasar panggul, cobalah melakukan senam kegel. Apakah saya perlu menggunakan kontrasepsi? Hubungan Seksual Setelah Melahirkan Anda sebaiknya menggunakan kontrasepsi (bahkan jika Anda sedang menyusui), kecuali Anda berharap segera hamil kembali. Para ahli menganjurkan untuk menggunakan metode barrier seperti kondom dan spermi [...]

4 Penyebab Paling Umum Tubuh Jadi Cepat Lelah

4 Penyebab Paling Umum Tubuh Jadi Cepat Lelah

Merasa sudah cukup istirahat dan makan, tapi kenapa tubuh cepat lelah? Makan dan istirahat cukup saja belum cukup untuk mengatasi kelelahan. Ada beberapa sebab lainnya kenapa Anda jadi cepat merasa lelah.Menurut Neil Shulman, penulis buku 'Your Body's Red Light Warning Signals' seperti dikutip dari Women's health, kelelahan bisa saja disebabkan kejenuhan dan tekanan secara psikis. Neil juga menjelaskan, rasa lelah yang tiba-tiba dan berlebihan juga bisa jadi gejala dari suatu penyakit. Ini dia penyebab paling umum terjadinya kelelahan.Kurang Vitamin B12Vitamin B12 bertugas menjaga aktivitas sel darah merah yang mengalirkan oksigen di dalam darah. Kadar vitamin B12 rendah membuat tubuh lunglai dan tak bergairah. Kondisi ini juga menyebabkan perut mulas-mulas. Jika terlalu lama dibiarkan, akan timbul kesemutan di tangan dan kaki, kurang keseimbangan, daya ingat menurun dan kebingungan.Vitamin ini banyak terdapat dalam protein hewani, seperti susu, telur, daging dan ikan. Bagi para vegetarian, jangan takut tidak mendapat asupan B12 cukup, Anda bisa memperolehnya dari kedelai.Depresi"Kelelahan adalah salah satu tanda Anda mengalami depresi," ujar David Mischoulon, staf psikiatri dar [...]

Kurang Vitamin D Buat Wanita Mudah Terkena Hipertensi

Kurang Vitamin D Buat Wanita Mudah Terkena Hipertensi

Dari berbagai macam vitamin yang diperlukan oleh tubuh, vitamin D merupakan salah satu vitamin yang memiliki peran penting, terutama terhadap wanita. Sebuah penelitian di Amerika mengungkapkan bahwa wanita yang kekurangan asupan vitamin D memiliki risiko hipertensi tiga kali lebih tinggi dari mereka yang punya level vitamin D normal.Dikutip dari Reuters, Para peneliti dari Michigan menguji 559 wanita muda sejak tahun 1992, dan menemukan bahwa wanita dengan kadar vitamin D rendah cenderung memiliki penyakit hipertensi dalam 15 tahun kemudian, yaitu pada tahun 2007. "Kami ingin menunjukkan bahwa kurang vitamin D sewaktu muda bisa berakibat buruk dalam jangka panjang, yaitu hipertensi terutama pada wanita paruh baya," ujar Flojaune Griffin dari University of Michigan School of Public Health.Vitamin D bisa didapat dari cahaya matahari, ikan yang berlemak, susu yang difortifikasi (penamabahan zat) dan suplemen makanan. Vitamin D sangat baik untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat dan sehat.Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan hipertensi yang akan memicu penyakit serius seperti stroke, jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Bahkan risiko kanker, gangguan sistem kekebalan t [...]

Rokok Menyebabkan Susah Tidur

Rokok Menyebabkan Susah Tidur

Insomnia merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan adanya kesulitan untuk tidur maupun terjaga tetap tidur. Penderita insomnia seringkali mengalami satu atau lebih gejala berikut: Kesulitan untuk tidur Sering terbangun di malam hari dan sulit untuk kembali tidur Terbangun terlalu pagi/dini hari Merasa lelah padahal sudah cukup tidur. Mengantuk di siang hari Sulit berkonsentrasi dan mengingat Halaman berikut membantu menjelaskan Anda apa saja penyebab insomnia: Penyebab insomnia: Stress (kehilangan pekerjaan, kehilangan orang yang dicintai, dll) Penyakit yang menyertai (misalnya: arthritis) Gangguan emosi dan fisik Faktor lingkungan (terlalu bising, lampu, ataupun temperatur yang ekstrim) Obat - obatan tertentu (misalnya obat asma, darah tinggi, alergi) Gangguan jadwal tidur normal (misalnya jet lag) Depresi Cemas Lalu bagaimana caranya agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas? Halaman berikut penjelasannya: Tips Tidur Sehat & Berkualitas Bebas Insomnia Tidur yang berkualitas dapat menghindari Anda dari insomnia, berikut adalah tips-tips yang dapat dicoba: Usahakan untuk sela [...]

Sulit Tidur di Malam Hari? Minum Jus Ini Segelas Sehari

Sulit Tidur di Malam Hari? Minum Jus Ini Segelas Sehari

Sering kesulitan tidur di malam hari? Jangan dulu menenggak obat tidur karena mungkin yang Anda butuhkan hanya mengubah pola makan.Setiap malam, sekitar dua jam sebelum tidur cobalah meminum segelas jus ceri. Selain membantu jadi lebih cepat terlelap, tubuh pun akan lebih segar ketika bangun keesokan paginya.Seperti dikutip dari Daily Mail, berdasarkan hasil penelitian dari Louisiana State University, minum jus ceri dua kali sehari selama dua minggu akan membantu menambah jam tidur hingga 90 menit lebih lama pada orang yang menderita insomnia. Sementara bagi Anda yang hanya mengalami kesulitan tidur ringan, cukup minum segelas jus ceri sebelum tidur.Ceri mengandung melatonin, zat yang membantu mengatur siklus tidur manusia. Selain itu proanthocyanidins, zat yang memberi pigmen warna merah seperti rubi pada ceri juga cukup berperan membuat Anda lebih mudah tidur nyenyak. Zat ini membantu meningkatkan kadar tryptophan, asam amino esensial yang memicu produksi serotonin agar tidur lebih nyenyak.Namun perlu diingat, konsumsilah jus yang terbuat dari buah asli yang Anda olah/blender sendiri. Menurut pakar nutrisi asal Inggris Madeleine Shaw, jus sehat yang benar adalah jus yang tidak [...]

Tips agar Berhenti Mendengkur Saat Tidur

Tips agar Berhenti Mendengkur Saat Tidur

Menurut penelitian, 45 persen orang dewasa mendengkur ketika tidur. Menurut spesialis yang menangani masalah mendengkur Daniel P. Slaughter, masalah tersebut dapat mengganggu sistem pernafasan selama tidur dan dapat meningkatkan penyebab penyakit jantung. Bahkan Slaughter mengatakan, mendengkur juga dapat menimbulkan masalah dalam pernikahan. Tentu saja itu bisa terjadi karena pasangan bisa merasa terganggu. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi mendengkur? Berikut tips yang mungkin dapat membantu Anda seperti dirangkum dari Web MD.1. Mengubah Posisi TidurTidur dengan posisi telentang membuat lidah dan langit-langit mulut bergerak ke dinding belakang tenggorokan sehingga menyebabkan bunyi dengkuran saat tidur. Untuk mencegahnya, Slaughter menyarankan agar Anda mengubah posisi tidur menjadi miring dan dapat dibantu dengan bantal yang panjangnya mencakup seluruh tubuh Anda.Menurut ahli pengobatan masalah tidur Sudhansu Chokroverty, bola tenis yang ditaruh di belakang baju tidur Anda juga dapat membantu Anda agar tidak tidur telentang. Alternatif kedua adalah dengan mencoba tidur berbaring dengan posisi kepala ke atas (dagu diangkat). Cara tersebut dapat membuka jalan perna [...]

Stop Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud, Ini Caranya yang Benar

Stop Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud, Ini Caranya yang Benar

Orang umumnya membersihkan kotoran telinga menggunakan cotton bud atau stick khusus pembersih telinga. Kebiasaan mengorek menggunakan cotton bud atau perangkat keras ternyata justru berdampak buruk bagi kesehatan telinga dan berpotensi merusak gendang telinga yang bisa mengurangi pendengaran.Cairan berwarna kekuningan yang kerap muncul saat Anda mengoreknya dengan cotton bud sering disebut dengan earwax atau tahi telinga. Cairan tersebut terbentuk dari campuran cerumen --kelenjar minyak yang diproduksi tubuh untuk menjaga kelembaban kulit-- dan sel-sel kulit mati. Telinga Anda sebenarnya bisa membersihkan dirinya sendiri dengan mendorong kotoran telinga keluar dari lubang.Ketika Anda membersihkannya dengan cotton bud atau kapas, bisa mengganggu proses pembersihan kotoran dan justru membuat kotoran bertambah banyak. Terlebih lagi, mengorek lubang telinga menggunakan cotton bud akan mendorong kotoran lebih ke dalam sehingga mengakibatkan penumpukan. Akibatnya, kotoran jadi mengeras dan menyumbat lubang telinga. Pada kondisi ini kotoran pun harus dikeluarkan dengan bantuan dokter.Pembersihan menggunakan metode ear candling (menggunakan panas lilin) pun bukan solusi yang tepat. Begi [...]

Pria Juga Bisa Terkena Kanker Payudara

Pria Juga Bisa Terkena Kanker Payudara

Tidak hanya kanker payudara, tetapi juga beberapa daftar penyakit yang menyerang wanita lebih sering lainnya. Lho, kok bisa? Meskipun terdapat variasi dan perbedaan genetik, anatomi dan hormon level membuat beberapa penyakit menyerang wanita lebih sering daripada pria dan sebaliknya, pada faktanya pria juga perlu waspada terhadap penyakit "wanita" tersebut! Apa saja penyakit tersebut? Simak selanjutnya dengan klik ?next?. Pria Juga Bisa Terkena Kanker Payudara Tidak hanya kanker payudara, tetapi juga beberapa daftar penyakit yang menyerang wanita lebih sering lainnya. Lho, kok bisa? Meskipun terdapat variasi dan perbedaan genetik, anatomi dan hormon level membuat beberapa penyakit menyerang wanita lebih sering daripada pria dan sebaliknya, pada faktanya pria juga perlu waspada terhadap penyakit "wanita" tersebut! Apa saja penyakit tersebut? Simak selanjutnya dengan klik?next?. Pertama; Kanker Payudara Memang pada kenyataannya wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara dibandingkan pria karena memilki jaringan payudara lebih banyak. Meskipun demikian hanya sekitar 1% kejadian kanker payudara dapat menyerang pria, pria ju [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *