8 Makanan Terbaik untuk Mengurangi Kolesterol

health-bayam.jpg

Jumlah kolesterol dalam darah yang melebihi 200 menjadi momok bagi setiap orang di masa tua. Padahal, pengidap kolesterol tinggi tidak hanya orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas saja, dalam usia muda pun juga bisa terkena penyakit akibat kolestrol.

Sering mengonsumsi makanan cepat saji dan kurang berolahraga dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan memicu perkembangan berbagai penyakit. Seperti jantung, diabetes dan juga hipertensi.

Menurut American Heart Association (AHA), kadar kolesterol dalam darah bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Lalu, seperti apa makanan sehat yang dimaksud? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Health Me Up.

1. Gandum
Mengganti makanan pagi dengan gandum akan membantu menjaga kadar kolesterol lebih baik. Menurut penelitian, dengan mengonsumsi dua porsi gandum setiap harinya dapat mengurangi kolesterol LDL sebanyak 5,3% hanya dalam 6 minggu. Ini karena gandum mengandung zat yang disebut beta-glukan yang dapat menyerap kolesterol jahat.

2. Salmon dan Lemak Ikan
Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak Omega 3 yang berperan penting dalam menjaga kadar kolestrol tetap terkendali. Asam lemak Omega-3 juga membantu jantung dengan beragam cara seperti menurunkan tekanan darah dan menekan risiko pembekuan darah. Ikan salmon, sarden, dan herring membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 4 persen.

3. Kacang
Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki molekul asam lemak terendah dan yang paling baik dari tiga jenis lemak lainnya, seperti lemak tak jenuh ganda, lemak jenuh, dan lemak tak jenuh tunggal.

Mengonsumsi kacang merupakan cara terbaik untuk menambahkan lemak sehat yang diperlukan oleh tubuh. Lemak yang berasal dari kacang alami dan tidak melalui proses kimia, dapat membuat jantung Anda sehat.

4. Kedelai
Mengonsumsi kedelai sangat baik bagi jantung. Dengan menambahkan � cangkir kedelai dalam pola makan Anda, dapat membantu menurunan kadar kolesterol sebanyak 8 persen. Anda juga perlu mencoba kedelai hitam, kacang merah, atau kacang pinto yang mampu memenuhi sepertiga dari kebutuhan serat harian.

5. Teh
Teh mengandung antioksidan dan kandungan kafeinnya lebih sedikit ketimbang dengan kopi. Dalam secangkir kopi mengandung sekitar 135 mg kafein, sedangkan teh hanya sekitar 30 sampai 40 mg.

Teh membantu menjaga tulang Anda karena terdapat kandungan phytocemical di dalamnya. Senyawa tersebut juga berperan sebagai pertahanan besar terhadap kadar kolesterol jahat.

6. Cokelat
Pecinta cokelat bisa merasa senang karena sebungkus dark cokelat yang sehat kaya akan antioksidan dan zat pengurang kolesterol.

Menurut sebuah penelitian di Spanyol yang dipublikasikan dalam ?Journal of Hepatology? menjelaskan bahwa kandungan antioksidan dalam dark chocolate dapat mengurangi kerusakan yang terjadi di pembuluh darah, yang dapat mengancam kesehatan seseorang dengan sirosis (penyakit hati kronis).

Ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi 100 gram dark cokelat setiap hari dalam membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 21%.

7. Bayam
Sayuran yang satu ini mengandung sekitar 13 macam flovanoid yang dapat menjauhkan Anda dari kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis. Dengan mengonsumsi � cangkir sayuran yang kaya kandungan lutein ini, dapat menjaga Anda dari serangan jantung.

8. Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. Berbagai tahapan pengolahan memberikan beragam varietas minyak zaitun, seperti extra virgin, virgin, pure, dan pomace.

(rma/rma)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tips P3K di Rumah

Tips P3K di Rumah

Ketika Anda ataupun orang-orang terkasih Anda mengalami suatu keadaan yang berpotensi mengancam jiwa, tentu Anda tahu bahwa yang perlu Anda lakukan adalah mencari bantuan medis. Kita tidak pernah tahu atau memprediksi kapan kita akan membutuhkan bantuan darurat. Sehingga ada baiknya jika nomor telefon atau kontak ambulans ataupun rumah sakit terdekat selalu tertera di dekat telepon, kulkas, ataupun tempat yang mudah dijangkau. Namun satu hal yang pasti dalam kegawatdaruratan, jika Anda menemukan seseorang tergeletak, prioritaskan dahulu hal-hal berikut ini: Apakah orang tersebut bernafas atau tidak? Apakah terdapat luka-luka? Apakah orang tersebut pernah mengalami trauma (benturan) ataupun kondisi kronis? Sementara Anda menunggu bantuan medis, yang perlu Anda lakukan adalah: Tips P3K di Rumah Ketika Anda ataupun orang-orang terkasih Anda mengalami suatu keadaan yang berpotensi mengancam jiwa, tentu Anda tahu bahwa yang perlu Anda lakukan adalah mencari bantuan medis. Kita tidak pernah tahu atau memprediksi kapan kita akan membutuhkan bantuan darurat. Sehingga ada baiknya jika nomor telefon atau kontak ambulans ataupun rumah sakit terdekat selalu terter [...]

49.400 Meninggal Dunia Karena Perokok Pasif

49.400 Meninggal Dunia Karena Perokok Pasif

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Bahaya akibat merokok tidak saja dapat dialami oleh sang perokok namun pada studi terakhir di Amerika menunjukkan bahwa bahaya ini juga berpengaruh terhadap para non-perokok atau passive smoker dan ternyata bahaya ini berbeda pula antar gender. Data menunjukkan bahwa sebanyak 46.000 non-perokok di Amerika meninggal akibat penyakit jantung dan sebanyak 3.400 meninggal akibat kanker paru-paru seperti yang dilapor oleh American Cancer Society. Apakah penyebabnya?? Ternyata merokok secara pasif-lah penyebabnya. Merokok pasif, atau orang yang tidak merokok namun hanya menghirup asap dari seorang perokok ternyata memiliki peningkatan risiko untuk demensia, peningkatan tekanan darah, dan perubahan genetis. Saat ini, para ilmuwan dari Journal of Clinical Endocinology & Metabolism (JCEM) melaporkan bahwa wanita muda memiliki potensi lebih tinggi untuk mengalami efek dari merokok pasif dibandingakn dengan pria. Peneliti dari University of Western Australia, melakukan penelitian dengan melihat 1,057 remaja sejak mereka lahir hingga usia 17 tahun, mereka juga memeriksakan darah secara rutin untuk melihat kadar kolestrol. Pada akhir studi terlihat bahwa 48% anak [...]

Jangan Jadikan Anak Anda Perokok Pasif!

Jangan Jadikan Anak Anda Perokok Pasif!

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di medical journal Lancet British mengatakan, 1 persen kematian dari seluruh dunia disebabkan karena menjadi perokok pasif. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari tahun 2004 dan mencakup 192 negara, terdapat sekitar 600.000 perokok pasif meninggal setiap tahunnya. Angka kematian ini juga harus ditambah dengan sekitar 5,1 juta penduduk di seluruh dunia yang meninggal setiap tahunnya karena menjadi perokok aktif. Menurut para peneliti dari studi yang dibiayai oleh Swedish National Board of Health and Welfare and Bloomberg Philanthropies ini, merokok pasif menyebabkan sekitar 379.000 kematian karena jantung, 165.000 kematian karena penyakit pernapasan, 36.900 kematian karena asma, dan 21.400 kematian karena kanker paru-paru dalam setahun. Studi ini dapat membantu kita untuk lebih mengerti dan peduli akan dampak dan korban dari perokok. Kadang para orang tua sering kali menjaga anaknya agar terhindar dari hal-hal yang berbahaya seperti meninggalkan anaknya di ujung jalan sendiri, namun ironisnya, merokok di depan anak mereka dianggap tidak berbahaya bagi mereka. Telah tercatat 40% anak-anak dan 30% perempuan maupun pria yang tidak [...]

Mengenal Pencegahan Kanker

Mengenal Pencegahan Kanker

Mengenal pencegahan kanker sangatlah tepat dan benar. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mengurangi risiko pada kanker tertentu mungkin bisa melalui perubahan pada makanan dan gaya hidup. Bagaimana risiko bisa dikurangi tergantung pada spesifikasi kanker. Tembakau yang ada pada rokok yang digunakan secara langsung dihubungkan dengan sepertiga pada semua penyakit kanker. Tidak merokok dan menghindari kontak langsung dengan asap rokok bisa sangat mengurangi risiko pada kanker paru-paru, ginjal, saluran kemih, kepala dan leher. Kanker adalah sel yang telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak teratur. Kanker bisa terjadi dari berbagai jaringan dalam berbagai organ. Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangbiakannya, sel-sel kanker membentuk suatu masa dari jaringan ganas yang menyusup ke jaringan di dekatnya dan bisa menyebar ke seluruh tubuh. Berdasarkan data yayasan kanker di Amerika, resiko yang terjadi pada kanker terentu dapat dikurangi dengan melakukan perubahan gaya hidup. Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena kanker, diantaranya; 1. Menghindari merokok atau terkena asap tembakau Sejumlah faktor lingkungan [...]

3 Manfaat Pelukan Bagi Pria

3 Manfaat Pelukan Bagi Pria

Bukan hanya wanita yang selalu ingin dimanja-manja dan dipeluk oleh pasangan, pria juga butuh cuddling, seperti pelukan dan dimanja-manja. Bagi pria, dalam sebuah hubungan mendapatkan pelukan dan dimanja pasangan atau yang berkaitan dengan tanda-tanda kasih sayang secara fisik sangat mempengaruhi jangka panjang suatu hubungan. Dalam jurnal Archives of Sexual Behavior menemukan, bahwa dengan pelukan dan dimanja-manja membuat pria bahagia, sementara perempuan lebih cenderung untuk mengatakan mereka puas secara seksual. Manfaat Pelukan Pertama: Hubungan Jangka Panjang Meneliti 1.009 pasangan dari AS, Brasil, Jepang dan Spanyol yang sudah menikah antara usia pernihakan satu sampai 51 tahun. Banyak dari setengah yang diteliti ini ada pada titik perceraian dan yang memiliki hubungan jangka panjang terlihat tidak biasa. Heiman dkk, yang meneliti ini, mengatakan ?sedikit yang kita ketahui tentang hubungan jangka panjang bersama pasangannya. Apakah mereka puas dan bahagia, dan apakah yang membuat mereka puas dan bahagia. Banyak yang menjawab, dengan kasih sayang dan pelukan, membuat kami bahagia.? Manfaat Pelukan Kedua: Sehat akan Bahagia Penel [...]

Bahaya Penyakit dari Kucing

Bahaya Penyakit dari Kucing

Dewasa ini, tidak hanya anjing yang sering dipelihara orang, kucing pun begitu digemari dengan segala tingkah lugunya. Mereka yang menggemari kucing, biasanya tidak menyukai anjing, dan begitu juga sebaliknya. Tidak ada yang salah dalam memelihara binatang, apapun itu jenisnya, tetapi ada hal-hal; yang harus kita ketahui supaya hewan peliharaan kita tidak merugikan kita, dengan menimbulkan penyakit misalnya. Kucing yang Menggemaskan, Toksoplasma yang Mencemaskan Toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang hidup di dalam tubuh kucing. Jika kita tidak hati-hati saat membersihkan kotoran kucing, bisa saja parasit ini masuk ke dalam tubuh kita dan menjadi sumber infeksi. Apa saja gejala dari penyakit tersebut? Berikut paparannya: Bahaya Penyakit dari Kucing Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala, demam, dan nyeri pada otot, Anda perlu waspada dan memeriksakan diri ke dokter, mungkin saja Anda baru tertular. Jika Anda memiliki sistem imun yang baik, Anda tidak perlu terlalu kuatir, tetapi lain halnya jika sistem imun Anda menurun, atau mungkin Anda sedang hamil, segeralah hubungi dokter, karena infeksi ini akan membahayakan ja [...]

Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Berjejal

Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Berjejal

Oleh: drg. Martha Mozartha, MSi. Banyak orang tua yang membawa anaknya ke dokter gigi diawali karena cemas saat menyadari adanya kelainan pada gigi sang buah hati. Misalnya gigi yang berjejal/tumpang tindih, gigi berubah posisi, gigi jarang, gigitan dalam, gigi tonggos dan kelainan lainnya. Kondisi tersebut disebut maloklusi, dimana hubungan kontak antara gigi bawah dan atas saat mulut ditutup (oklusi) tidak normal, dan dapat diperbaiki dengan perawatan kawat gigi (orthodontik) yang sering disebut dengan behel. Maloklusi dapat disebabkan karena berbagai hal, dan salah satunya adalah kebiasaan buruk yang dilakukan anak. Bukan rahasia lagi, bahwa perawatan orthodontik membutuhkan biaya yang tidak sedikit, serta mengorbankan waktu dan kenyamanan anak. Oleh karena itu ada baiknya orang tua mewaspadai kebiasaan buruk agar dapat mencegah terjadinya maloklusi sejak dini. Pada dasarnya, kebiasaan apapun yang memberikan tekanan pada gigi atau pun rahang yang dilakukan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kelainan pada tumbuh kembang gigi dan rahang. Salah satu kebiasaan buruk yang paling umum adalah menghisap jari. Kebiasaan ini seringkali dianggap sebagai hal yang normal saat anak [...]

Gangguan Kesehatan pada Pekerja Shift Malam

Gangguan Kesehatan pada Pekerja Shift Malam

Bekerja di malam hari memang tak bisa dihindari bagi sebagian golongan masyarakat. Baik bagi yang memang jadwal masuk kerjanya hanya malam hari ataupun yang menggunakan jam rotasi. Berjuta-juta masyarakat di dunia memiliki jam kerja pada malam hari termasuk polisi, satpam, dokter, perawat, pilot, pelayan, disc jockey (DJ), supir truk dan banyak lagi. Berbagai masalah kesehatan dapat timbul pada pekerja yang menggunakan sistem shift. Mulai dari masalah yang disebabkan oleh perubaha gaya hidup maupun biologis tubuh. Gangguan apa sajakah yang dapat timbul pada pekerja shift (jaga) malam? Berikut penjelasannya: Gangguan apa sajakah yang dapat timbul pada pekerja shift (jaga) malam? Sebanyak 60-80% pekerja dengan menggunakan sistem shift cenderung lebih sering mengalami gangguan tidur. Mereka dapat merasa terisolasi karena kenyataan sulit berkumpul dengan keluarga dan kerabat pada jam-jam normal sehingga lebih mudah mengalami gangguan emosi dan depresi. Beberapa orang akan merasakan kesulitan untuk berolahraga dan lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji. Sekitar 80% akan merasakan kelelahan. Selain itu pekerja shift malam juga memiliki 4-5x risiko lebih tinggi [...]

4 Penyebab Paling Umum Tubuh Jadi Cepat Lelah

4 Penyebab Paling Umum Tubuh Jadi Cepat Lelah

Merasa sudah cukup istirahat dan makan, tapi kenapa tubuh cepat lelah? Makan dan istirahat cukup saja belum cukup untuk mengatasi kelelahan. Ada beberapa sebab lainnya kenapa Anda jadi cepat merasa lelah.Menurut Neil Shulman, penulis buku 'Your Body's Red Light Warning Signals' seperti dikutip dari Women's health, kelelahan bisa saja disebabkan kejenuhan dan tekanan secara psikis. Neil juga menjelaskan, rasa lelah yang tiba-tiba dan berlebihan juga bisa jadi gejala dari suatu penyakit. Ini dia penyebab paling umum terjadinya kelelahan.Kurang Vitamin B12Vitamin B12 bertugas menjaga aktivitas sel darah merah yang mengalirkan oksigen di dalam darah. Kadar vitamin B12 rendah membuat tubuh lunglai dan tak bergairah. Kondisi ini juga menyebabkan perut mulas-mulas. Jika terlalu lama dibiarkan, akan timbul kesemutan di tangan dan kaki, kurang keseimbangan, daya ingat menurun dan kebingungan.Vitamin ini banyak terdapat dalam protein hewani, seperti susu, telur, daging dan ikan. Bagi para vegetarian, jangan takut tidak mendapat asupan B12 cukup, Anda bisa memperolehnya dari kedelai.Depresi"Kelelahan adalah salah satu tanda Anda mengalami depresi," ujar David Mischoulon, staf psikiatri dar [...]

Tanpa Obat, Flu Bisa Cepat Sembuh dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Tanpa Obat, Flu Bisa Cepat Sembuh dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Sakit flu disebabkan oleh virus influenza yang menimbulkan berbagai gejala seperti pilek, demam dan sakit kepala. Flu bukanlah penyakit berbahaya tapi ketika menyerang, bisa membuat stamina tubuh menurun dan sulit beraktivitas karena lemas.Penyakit ini sebenarnya tidak perlu disembuhkan dengan konsumsi obat-obatan apalagi antibiotik. Menurut pakar nutrisi dr. Johannes Chandrawinata, SpKG, flu bisa hilang dengan sendirinya asalkan cukup asupan nutrisinya."Orang yang sakit flu bisa sembuh sendiri asalkan cukup gizi. Daya tahan tubuh yang akan melawan virus tersebut," ujarnya, saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon, belum lama ini.Jadi sebelum buru-buru minum obat, sebaiknya jaga dulu asupan makanan Anda. Ada beberapa jenis makanan yang efektif mempercepat penyembuhan dari serangan flu. Ini beberapa di antaranya.1. Bawah PutihBawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu. Cara pengolahan bawang putih, kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.2 [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *