8 Makanan Terbaik untuk Mengurangi Kolesterol

health-bayam.jpg

Jumlah kolesterol dalam darah yang melebihi 200 menjadi momok bagi setiap orang di masa tua. Padahal, pengidap kolesterol tinggi tidak hanya orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas saja, dalam usia muda pun juga bisa terkena penyakit akibat kolestrol.

Sering mengonsumsi makanan cepat saji dan kurang berolahraga dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan memicu perkembangan berbagai penyakit. Seperti jantung, diabetes dan juga hipertensi.

Menurut American Heart Association (AHA), kadar kolesterol dalam darah bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Lalu, seperti apa makanan sehat yang dimaksud? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Health Me Up.

1. Gandum
Mengganti makanan pagi dengan gandum akan membantu menjaga kadar kolesterol lebih baik. Menurut penelitian, dengan mengonsumsi dua porsi gandum setiap harinya dapat mengurangi kolesterol LDL sebanyak 5,3% hanya dalam 6 minggu. Ini karena gandum mengandung zat yang disebut beta-glukan yang dapat menyerap kolesterol jahat.

2. Salmon dan Lemak Ikan
Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak Omega 3 yang berperan penting dalam menjaga kadar kolestrol tetap terkendali. Asam lemak Omega-3 juga membantu jantung dengan beragam cara seperti menurunkan tekanan darah dan menekan risiko pembekuan darah. Ikan salmon, sarden, dan herring membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 4 persen.

3. Kacang
Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki molekul asam lemak terendah dan yang paling baik dari tiga jenis lemak lainnya, seperti lemak tak jenuh ganda, lemak jenuh, dan lemak tak jenuh tunggal.

Mengonsumsi kacang merupakan cara terbaik untuk menambahkan lemak sehat yang diperlukan oleh tubuh. Lemak yang berasal dari kacang alami dan tidak melalui proses kimia, dapat membuat jantung Anda sehat.

4. Kedelai
Mengonsumsi kedelai sangat baik bagi jantung. Dengan menambahkan � cangkir kedelai dalam pola makan Anda, dapat membantu menurunan kadar kolesterol sebanyak 8 persen. Anda juga perlu mencoba kedelai hitam, kacang merah, atau kacang pinto yang mampu memenuhi sepertiga dari kebutuhan serat harian.

5. Teh
Teh mengandung antioksidan dan kandungan kafeinnya lebih sedikit ketimbang dengan kopi. Dalam secangkir kopi mengandung sekitar 135 mg kafein, sedangkan teh hanya sekitar 30 sampai 40 mg.

Teh membantu menjaga tulang Anda karena terdapat kandungan phytocemical di dalamnya. Senyawa tersebut juga berperan sebagai pertahanan besar terhadap kadar kolesterol jahat.

6. Cokelat
Pecinta cokelat bisa merasa senang karena sebungkus dark cokelat yang sehat kaya akan antioksidan dan zat pengurang kolesterol.

Menurut sebuah penelitian di Spanyol yang dipublikasikan dalam ?Journal of Hepatology? menjelaskan bahwa kandungan antioksidan dalam dark chocolate dapat mengurangi kerusakan yang terjadi di pembuluh darah, yang dapat mengancam kesehatan seseorang dengan sirosis (penyakit hati kronis).

Ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi 100 gram dark cokelat setiap hari dalam membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 21%.

7. Bayam
Sayuran yang satu ini mengandung sekitar 13 macam flovanoid yang dapat menjauhkan Anda dari kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis. Dengan mengonsumsi � cangkir sayuran yang kaya kandungan lutein ini, dapat menjaga Anda dari serangan jantung.

8. Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. Berbagai tahapan pengolahan memberikan beragam varietas minyak zaitun, seperti extra virgin, virgin, pure, dan pomace.

(rma/rma)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Muncul Suara dan Sosok Misterius Akibat Halusinasi

Muncul Suara dan Sosok Misterius Akibat Halusinasi

Halusinasi membuat orang mendengar, merasa, melihat sesuatu yang kenyataannya tidak ada. Pada keadaan tertentu, halusinasi dapat mengakibatkan ancaman pada diri sendiri dan orang lain. Kata ?halusinasi? merupakan turunan dari bahasa Latin, alucinari, yang bermakna berkelana dalam pikiran. Seseorang disebut berhalusinasi ketika dia melihat, mendengar, merasa, atau mencium suatu aroma yang sebenarnya tidak ada. Hal-hal ini hanya ada di dalam pikiran mereka. Halusinasi berbeda dengan aktivitas membayangkan karena membayangkan adalah tindakan dalam kendali dan dilakukan dengan kemauan sendiri. Halusinasi dapat muncul akibat beberapa situasi. Berikut adalah beberapa latar belakang yang paling umum. Gangguan kejiwaan, seperti skizofrenia, demensia, dan depresi dengan gejala psikosis. Juga gangguan-gangguan yang menyebabkan psikosis. Psikosis adalah kumpulan gejala gangguan jiwa di mana seseorang merasa terpisah dari kenyataan yang sebenarnya, ditandai dengan gangguan emosional dan pikiran. Gangguan saraf kronis, seperti Parkinson dan Alzheimer. Kehilangan penglihatan karena sindrom Charles Bonnet. Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras dan obat-obatan terlarang. Demam pada anak keci [...]

Es Krim Jamu, Upaya Populerkan Jamu Kepada Kaum Muda

Es Krim Jamu, Upaya Populerkan Jamu Kepada Kaum Muda

Sebagai minuman tradisional, jamu lebih banyak dikonsumsi kalangan dewasa dan orang tua untuk menjaga kesehatan. Padahal untuk melestarikan dan meningkatkan popularitasnya, jamu juga perlu diperkenalkan kepada kaum muda. Sayangnya, anak muda saat ini lebih menyukai minuman seperti cappuccino, latte, mocktail atau smoothies. Melihat kecenderungan itu, timbul ide untuk menjadikan jamu sebagai gaya hidup dalam bentuk yang lebih modern dan sesuai tren saat ini. Langkah inovatif pun dilakukan oleh produsen jamu ternama, PT. Nyonya Meneer. Perusahaan jamu yang berdiri sejak 1918 ini memperkenalkan jamu kepada para remaja dengan membuatnya bukan sebagai minuman melainkan es krim. "Kami punya tempat bernama Meneer Shop, seperti kedai minuman. Di situ ada es krim jamu dan ice jamu blended. Tujuannya adalah mengikuti tren anak muda dan menunjukkan jamu bukanlah hal yang kuno," ujar Charles Saerang, presiden direktur dan CEO PT. Nyonya Meneer saat media gathering di Restoran Sari Kuring, SCBD Sudirman, Jakarta, Kamis (5/03/2012). Charles menjelaskan, bentuk es krim jamu tidak seperti es krim pada umumnya. Proses pembuatannya mirip seperti es puter sehingga menghasilkan tekstur es yang agak [...]

USG Ketika Kehamilan? Kenapa Penting Sih?

USG Ketika Kehamilan? Kenapa Penting Sih?

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Ultrasonografi (USG) merupakan salah satu pemeriksaan penunjang radiologi yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menilai struktur organ tubuh. Pemeriksaan USG saat kehamilan sangat penting dilakukan terutama untuk menilai kondisi janin dan melihat apakah apakah ada cacat bawaan seperti Down?s syndrome, spina bifida, hidrosefalus, dan lain-lain. Berapa kali sebaiknya pemeriksaan USG dilakukan? Pemeriksaan USG tidak perlu terlalu sering dilakukan, cukup 3 kali selama kehamilan, yaitu pada setiap trimester. Kecuali ditemukan kondisi-kondisi tertentu yang membutuhkan pemantauan dan pemeriksaan yang lebih akurat, seperti perdarahan pervaginam. Apa saja yang dinilai? Trimester pertama: Menilai apakah benar hamil/tidak, menilai letak embrio (di dalam/luar rahim), mendeteksi mola hidatidosa, denyut jantung,kehamilan ganda, dan usia kehamilan. Trimester kedua: Melihat kondisi janin (ukuran, lingkar kepala) apakah sesuai dengan usia kehamilan, mendeteksi kelainan kongenital (cacat bawaan), mengevaluasi pertumbuhan janin. Pada trimester dua juga dapat melihat perkembangan struktur janin seperti tulang belakang, ekstrimitas, otak, jantung, [...]

3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria

3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria

Kesulitan untuk hamil bukan semata-mata masalah wanita. Untuk terjadinya kehamilan diperlukan kesuburan yang baik pada wanita dan pria. Untuk itu, kesuburan pria juga merupakan hal yang penting. Kesuburan seseorang sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu di antaranya adalah berat badan. Pada beberapa penelitian telah ditemukan bahwa kegemukan atau obesitas pada pria dapat menyebabkan penurunan kesuburan. Dalam berbagai penelitian telah ditemukan bahwa pada pria-pria yang obesitas terjadi hal-hal sebagai berikut: Jumlah sperma yang lebih sedikit Mempengaruhi komposisi sperma sehingga dapat mempengaruhi fungsi dan hasil pembuahan Selain itu, pada pria obesitas terjadi perubahan keseimbangan hormon testosteron sehingga dapat menyebabkan menurunnya gairah seksual dan performa seksual serta gangguan ereksi (disfungsi ereksi). Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi? 3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria 1. Gangguan Hormon Pada pria obesitas, ditemukan adanya penurunan hormon testosteron dan peningkatan hormon estrogen (hormon kewanitaan). Hal ini sangat berpengaruh pada proses pembentukan sperma, sehingga jumlah dan kualitas dapat menurun. Gangguan keseimbangan [...]

7 Cara Paling Tepat Mencegah Keracunan Makanan

7 Cara Paling Tepat Mencegah Keracunan Makanan

Keracunan makanan merupakan suatu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang tidak higienis dan terkontaminasi. Kuman-kuman infeksius seperti bakteri, virus dan parasit merupakan penyebab tersering keracunan makanan. Kontaminasi makanan dapat terjadi mulai dari proses persiapan hingga penyajian makanan. Keracunan makanan dapat membuat individu yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Gejala yang paling sering dikeluhkan adalah mual, muntah dan diare yang biasanya dapat terjadi segera hingga beberapa jam setelah mengkonsumsi makanan. Keracunan makanan sangat bervariasi ada yang bersifat ringan hingga menyebabkan dehidrasi dan ancaman kematian. Untuk mencegah keracunan makanan, diperlukan gaya hidup sehat dan bersih. Hal tersebut harus diterapkan tidak hanya di rumah namun juga saat makan di luar rumah. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mencegah keracunan makanan: Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mencegah keracunan makanan: Mencuci tangan, peralatan masak dan makanan sebelum dan sesudah memegang dan menyiapkan makanan. Gunakan air hangat dan sabun khusus cuci piring utnuk mencuci peralatasan mas [...]

Punya Perut Buncit? Waspada, Bisa Jadi Tanda Anda Stres Akut

Punya Perut Buncit? Waspada, Bisa Jadi Tanda Anda Stres Akut

Saat stres, orang akan merasakan tekanan pada punggung, leher dan kepala. Gejala stres biasanya ditandai dengan kesulitan untuk tidur, tidak bisa konsentrasi dan tidak enak/banyak makan. Tapi ada beberapa gejala stres yang mungkin tidak banyak orang ketahui dan berdampak pada kondisi fisik. Ini empat tanda Anda mengalami stres akut yang patut diwaspadai, seperti dikutip dari Canadian Living.1. Kesulitan MengingatKetika di bawah tekanan, hormon stres yang dinamakan cortisol sebenarnya cukup berguna untuk membuat Anda lebih fokus terhadap masalah yang dihadapi. Tapi di sisi lain hormon ini juga melemahkan sistem yang lainnya, termasuk kemampuan otak untuk mengingat dan belajar. Hal ini karena tubuh harus mengerahkan energi agar hanya bisa berkonsentrasi sampai masalah yang membuat stres itu teratasi. Dijelaskan Leslie Atkinson, scientific director di Institut for Stress and Wellbeing Research, Universitas Ryerson, stres dalam jangka pendek berdampak positif. Tapi jika berkepanjangan bisa membuat Anda jadi pelupa dan kesulitan mempelajari sesuatu yang baru. Jika Anda akhir-akhir ini sering kelupaan dimana menyimpan kunci atau sulit mengingat catatan penting, maka bisa diperkirakan [...]

5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

Demi menjaga kesehatan dan berat badan, olahraga tetap penting untuk dilakukan saat bulan puasa. Namun sebagian orang memang banyak yang memilih untuk rehat sejenak dari latihan-latihan berat atau menunggu sampai setelah waktu berbuka. Sebenarnya olahraga di siang hari tidak dilarang. Tapi bagi Anda yang sekiranya tak kuat melakukannya, ada beberapa aktivitas yang cukup bisa menggantikan olahraga. Berikut adalah lima kegiatannya:1. BowlingBowling termasuk salah bentuk olahraga. Namun olahraga ini tidak terlalu melelahkan bahkan menyenangkan sehingga cocok dilakukan ketika berpuasa. Anda bisa melakukan kegiatan ini bersama teman atau keluarga sambil menunggu waktu berbuka. Cara ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif kegiatan berbuka puasa bersama yang tidak membosankan.2. BerkebunBagi Anda yang jarang mengurus sendiri kebun di rumah, mungkin bulan puasa adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Bisa saja Anda jadi gemar berkebun setelah mencoba. Menyirami atau memotong tanaman bisa menjadi olahraga ringan yang bisa Anda lakukan pada pagi hari ketika badan belum terasa terlalu lemas.3. MemasakBanyak keluarga yang menyediakan hidangan spesial pada saat bulan puasa. Meski A [...]

Mengatakan ‘Saya Sehat’ Pada Orang lain Bisa Perpanjang Umur

Mengatakan ‘Saya Sehat’ Pada Orang lain Bisa Perpanjang Umur

Hidup sehat dan panjang umur ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Menurut penelitian terbaru, mengatakan bahwa Anda sehat kepada orang lain akan bantu Anda hidup lebih lama. Wow!Sebuah penelitian menemukan bahwa peserta yang selalu menyatakan bahwa dirinya 'sangat sehat' memiliki risiko kematian lebih rendah, ketimbang mereka yang merasa kondisi tubuhnya 'tidak sehat'. Kesimpulan tersebut diambil setelah para pakar memperhitungkan faktor lain yang dapat mempengaruhi harapan hidup seperti, tembakau, penyakit kronis, dan tekanan darah tinggi.Temuan terbaru itu mendukung penelitian sebelumnya yang menjelaskan bahwa berpikir positif dapat mempercepat penyembuhan seseorang. Pada tahun 70-an, penelitian yang melibatkan lebih dari 8.000 orang menemukan bahwa peserta penelitian yang menanggapi masalah kesehatan secara positif, cenderung lebih panjang umur daripada mereka yang berpikir negatif."Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa orang yang menilai kesehatan mereka dengan sangat baik memiliki atribut yang dapat meningkatkan serta mempertahankan kesehatan meraka. Ini mungkin termasuk sikap positif, optimis, dan tingkat dasar kepuasan dengan kehidupan sendiri," ujar David Fah, pene [...]

Obesitas, Lalu Bagaimana?

Obesitas, Lalu Bagaimana?

Seseorang menjadi obese tidak hanya disebabkan oleh satu faktor, melainkan justru terpicu dari berbagai macam aspek, termasuk faktor diet, faktor gaya hidup, faktor kebudayaan, faktor genetik, faktor jenis kelamin, dan faktor pola kebiasaan. Namun faktor yang paling banyak memiliki substansi pemicu adalah pemilihan gaya hidup. Makanan siap saji (fast food), peralatan yang mempermudah kerja hingga menciptakan kebiasaan pola kerja yang inaktif dapat juga membuat tubuh kita menjadi gemuk. Para ahli setuju bahwa di kehidupan masyarakat yang modern-stress dan pola makan gaya hidup modern seperti halnya mengkonsumsi makanan siap saji ataupun tidak mempunyai waktu berolah raga dan lainnya memicu terjadinya penumpukan lemak tubuh secara berlebihan. Terapi tingkah laku adalah suatu metoda yang digunakan untuk mangatur ataupun memodifikasi pola makan dan aktifitas fisik dengan olahraga pada pasien obese. Dengan demikian, terapi tersebut diharapkan dapat mengatasi hambatan-hambatan terhadap kepatuhan pasien pada pola makan sehat dengan menempuh cara terapi diet dan ataupun olahraga. Strategi-strategi terapi ini adalah sebagai berikut: penilaian diri sendiri atau self-monitoring, kontrol s [...]

Sulit Tidur? Perhatikan Kembali Asupan Makanan Anda

Sulit Tidur? Perhatikan Kembali Asupan Makanan Anda

Banyak faktor yang bisa membuat Anda mengalami kesulitan tidur. Selain karena mengonsumsi kopi, makanan yang Anda makan sebelum tidur juga bisa mempengaruhi kualitus tidur Anda.Menurut Elizabeth Somer, penulis buku 'The Food & Mood Cookbook', makanan pedas, bawang putih atau bumbu lain dengan cita rasa yang kuat dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Konsumsi bumbu serta MSG berlebihan sebelum tidur menurut Elizabeth akan mengakibatkan timbulnya mimpi yang tidak mengenakkan dan membuat tidur tak nyenyak.Selain itu, akan malam yang berlebihan juga menimbulkan masalah pencernaan. Akhirnya kondisi tersebut mengakibatkan penurunan kualitas tidur. Lebih baik makan banyak di siang hari ketimbang saat makan malam. Maksimal kalori yang dikonsumsi agar bisa tidur nyenyak adalah 500 kalori.Konsumsi sayuran yang mengandung gas di malam hari juga dapat berpengaruh pada kualitas tidur. Hindari sayuran seperti brokoli, kol, dan kacang-kacangan di malam hari. Sayuran tersebut akan membuat asam lambung Anda naik, sehingga tidur menjadi tidak nyenyak.Sebagai gantinya, peneliti dari University of Sydney, Australia, menyarankan untuk mengonsumsi makanan mengandung glisemik tinggi seperti rot [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *