8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Mulut dan Tenggorokan

8-Penyakit-yang-Bisa-Ditularkan-Melalui-Mulut.jpg

Penyakit infeksi bisa ditularkan lewat beberapa cara, seperti melalui udara, ludah, kulit, darah, kontak seksual, makanan, atau benda yang terkontaminasi bakteri.

Cara penularan paling sering adalah melalui udara, misalnya saat seseorang batuk atau bersin. Droplet (partikel air kecil) tersebut membawa mikroorganisme yang dapat dihirup langsung oleh orang lain. Beberapa infeksi juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan ludah.

Berikut ini adalah delapan penyakit yang dapat ditularkan melalui mulut dan tenggorokan:

  • Selesma

Gejala selesma biasanya diawali dengan sakit tenggorokan diikuti pilek, hidung tersumbat, dan batuk. Demam biasanya muncul pada anak-anak, namun jarang terjadi pada orang dewasa. Ada ratusan jenis virus yang bisa menyebabkan selesma, namun umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

  • Influenza

Berbeda dengan selesma, gejala flu biasanya lebih berat dan berupa sakit tenggorokan, demam tinggi, pegal-pegal di seluruh badan, batuk, dan pilek. Sebagian besar virus influenza akan hilang dalam 5-7 hari, tetapi ada beberapa jenis virus influenza yang berbahaya dan telah menimbulkan pandemik seperti virus H1N1 (flu babi).

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat ditularkan melalui mulut dan tenggorokan lainnya di halaman selanjutnya:

8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Mulut dan Tenggorokan

  • Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang ditularkan melalui udara. Pada umumnya bakteri tuberkulosis menginfeksi paru-paru, namun bisa juga mengenai tulang, usus, kelenjar getah bening, dan organ tubuh lainnya. Gejala-gejala TBC paru berupa batuk berdahak dalam waktu lama (lebih dari 2 minggu), penurunan berat badan, keringat malam, batuk darah, demam, pembesaran kelenjar getah bening, dan nyeri dada. Pengobatan TBC membutuhkan waktu minimal 6 bulan.

  • Fifth Disease/ Parvovirus

Fifth disease atau erythema infectiosum disebabkan oleh parvovirus B19. Penyakit ini lebih banyak terjadi pada anak-anak dibanding dewasa. Gejala-gejalanya berupa demam, pilek, sakit kepala, kemerahan di wajah dan bagian tubuh lainnya (tangan, dada, punggung, dan bokong). Parvovirus B19 ditularkan melalui saluran napas (ludah, dahak, atau lendir hidung) saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

  • Hand, Foot, and Mouth Disease (HMFD)

HMFD disebabkan oleh virus Coxsackie yang ditularkan melalui udara (batuk atau bersin), ludah, atau feses. Gejala-gejalanya berupa demam, sakit tenggorokan, sariawan di mulut, serta bercak kemerahan di tangan dan kaki.

  • Pertusis

Disebabkan oleh bakteri yang sangat menular yaitu Bordetella pertussis. Gejala-gejalanya berupa batuk lama dan terus-menerus. Batuk biasanya keras seperti berteriak, disertai pilek, mata merah, dan demam. Pertusis menyebabkan kematian pada sekitar 250.000 anak di dunia setiap tahunnya, maka dari itu penting untuk memberikan imunisasi DPT pada anak untuk mencegah infeksi ini.

  • Infeksi Pneumokokal

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumonia, menyebabkan infeksi paru-paru yang disebut pneumonia. Kelompok orang yang rentan terkena infeksi ini adalah anak-anak dan orang lanjut usia. Pneumonia dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani dengan baik. Gejala-gejalanya berupa batuk berdahak, demam, sesak napas/ napas cepat, dan nyeri dada. Bakteri S.pneumonia ini juga bisa menyebabkan penyakit meningitis (infeksi selaput otak).

  • Mononucleosis/ Kissing Disease

Penyakit ini disebabkan oleh virus Epstein Barr dan ditularkan melalui udara, cairan tubuh (ludah), dan darah. Penyakit ini banyak ditularkan melalui kontak dengan ludah, sehingga disebut sebagai kissing disease. Gejala-gejalanya berupa demam, sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar limfe, dan kemerahan di kulit.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tanda-tanda Kehamilan & Cara Memastikan Kehamilan

Tanda-tanda Kehamilan & Cara Memastikan Kehamilan

Tanda tanda kehamilan pada seorang wanita mencakup terlambat menstruasi, payudara membesar, diikuti oleh gejala mudah capai, sering berkemih, mual-muntah, peka terhadap aroma, dan sebagainya. Namun, tanda dan gejala tersebut tidak akurat sehingga diperlukan pemeriksaan tes kehamilan untuk memastikan apakah seseorang hamil. Prinsip pemeriksaan tes kehamilan adalah mengukur kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat pada saat kehamilan. Ada 2 macam cara untuk mengukur hormon hCG tersebut yaitu melalui tes urin (test pack) dan tes darah. Berikut paparan lebih jelasnya: 1. Test Pack Pemeriksaan ini mudah dilakukan, murah, dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Alat test pack ini pun dapat dibeli di apotek-apotek tanpa menggunakan resep dokter. Pemeriksaan dapat dilakukan sehari setelah terjadi keterlambatan menstruasi, namun akan memberikan hasil paling akurat bila setelah seminggu menstruasi terlambat. Pemeriksaan ini meningkat sensitivitasnya bila dilakukan pada saat kencing pertama di pagi hari setelah bangun tidur. Test pack memiliki tingkat keakuratan 97%. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara berikut mengalirkan urin pada stik test pa [...]

Pubertas Mengubah Tubuhku

Pubertas Mengubah Tubuhku

Pubertas merupakan suatu tahap perkembangan seorang anak menjadi dewasa secara seksual. Pubertas berlangsung pada kisaran usia 10-14 tahun untuk perempuan dan kisaran usia 12-16 tahun untuk laki-laki. Ketika menginjak masa pubertas, remaja laki-laki dan perempuan mengalami perubahan fisik. Yuk, kenali lebih jauh perubahan yang terjadi ketika mengalami pubertas. Berikut adalah beberapa tahap pubertas yang terjadi pada perempuan. Payudara mulai tumbuh, diawali dari area sekitar puting, umumnya mulai terjadi pada usia 8-13 tahun. Bila payudaramu sudah membesar, pakailah bra yang nyaman dengan disesuaikan ukuran yang pas. Mungkin payudara yang satu tumbuh lebih dulu dibandingkan payudara lainnya. Jadi, bila ukuran payudaramu yang kiri sedikit berbeda dengan yang kanan, jangan khawatir karena kondisi semacam itu dianggap normal. Yang perlu diwaspadai adalah bila perbedaannya sangat mencolok atau terdapat benjolan di payudaramu. Untuk mengetahui kondisi payudara normal, kamu bisa secara rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Caranya, lihat dan raba payudaramu, apakah ada perubahan yang jelas. Langkah ini bertujuan untuk mendeteksi kondisi serius sejak dini pada payudar [...]

Peran Klitoris saat Berhubungan Intim

Peran Klitoris saat Berhubungan Intim

Kepala klitoris kira-kira berukuran sebesar kacang polong dan diperkirakan memiliki sekitar 8000 ujung saraf sensorik sehingga menjadi bagian tubuh wanita paling sensitif terhadap rangsangan seksual. Dahulu, klitoris sempat dikenal sebagai bagian tubuh yang tidak berguna dan tidak bertumbuh. Padahal klitoris adalah bagian tubuh wanita yang paling sensitif dan merupakan sumber utama gairah seksual. Klitoris adalah tonjolan kecil dan lembut pada bagian depan jalan masuk ke vagina. Klitoris tidak terletak di dalam vagina, melainkan tepat di atasnya, diselubungi oleh lapisan yang disebut tudung klitoris. Klitoris terletak pada vulva, bagian terluar organ kewanitaan. Stimulasi paling efektif terhadap klitoris umumnya dilakukan melalui stimulasi oral atau manual, disebut juga stimulasi langsung. Sekitar 70-80 persen wanita membutuhkan stimulasi langsung pada klitoris untuk mencapai orgasme. Stimulasi dengan tangan dapat dilakukan dengan tangan yang sudah diolesi pelumas. Klitoris juga menjadi bagian yang menjadi pusat stimulasi saat masturbasi. Sementara penetrasi seksual dikategorikan sebagai aktivitas lanjutan untuk mencapai klimaks. Saat dilakukan penetrasi, posisi wanita di atas d [...]

Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke

Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke

Sel-sel kulit telah dikonversi langsung ke dalam sel yang berkembang menjadi komponen utama dari otak, oleh para peneliti mempelajari tikus di California. Percobaan, yang dilaporkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, melewatkan tahap sel induk dalam prosesnya. Para peneliti mengatakan mereka senang dengan pengobatan medis yang potensial ini. Akan tetapi, tes lebih jauh diperlukan sebelum teknik tersebut dapat digunakan pada kulit manusia. Sel induk, yang dapat menjadi semua jenis spesialis sel lainnya dari otak ke tulang, yang diperkirakan memiliki harapan besar dalam berbagai perawatan. Banyak percobaan yang sudah dilakukan, seperti pada pasien stroke atau bentuk-bentuk kebutaan khusus. Salah satu pertanyaan besar untuk merealisasikan percobaan ini di lapangan adalah dimana caranya untuk mendapatkan sel-sel tersebut. Ada keprihatinan etis di sekitar sel induk embrionik dan pasien akan perlu untuk mengambil obat imunosupresan karena setiap jaringan sel induk tidak akan saling cocok dengan sendirinya. Sebuah metode alternatif adalah dengan mengambil sel-sel kulit dan memprogram ulang mereka ke dalam sel batang yang diinduksi. Ini bisa dibuat dari sel pasien sendi [...]

Makanan Manis Bantu Orang Lebih Bijak Saat Ambil Keputusan

Makanan Manis Bantu Orang Lebih Bijak Saat Ambil Keputusan

Banyak wanita yang menghindari memakan camilan manis karena takut merasa gemuk. Tetapi menurut penelitian, camilan manis justru bisa bantu seseorang untuk mengambil keputusan.Penelitian terbaru menemukan bahwa ketika seseorang ingin atau diminta untuk membuat keputusan yang tepat dan bijak (baik keputusan untuk pergi ke gym atau keputusan untuk menentukan tempat bekerj a), otak membutuhkan energi yang lebih banyak. Dan seperti yang sudah diketahui, energi bisa didapat dari kandungan glukosa yang terdapat di dalam makanan manis."Kontrol diri adalah seperti otot. Setelah Anda melakukan apa saja yang menggunakan pengendalian diri, otot akan lelah dan jika kegiatan selanjutnya juga membutuhkan pengendalian diri maka Anda tidak bisa bekerja dengan maksimal," ujar Roy F. Baumeister, PhD, profesor sosial psikologi di Florida State University dan penulis buku 'illpower: Rediscovering the Greatest Human Strength'.Seperti yang dikutip dari Health, Baumeister menyarankan untuk mengonsumsi makanan manis, terutama setelah Anda pulang dari kantor atau setelah melakukan pekerjaan yang cukup melelahkan. "Setelah seharian di kantor Anda tekun di kantor, otak Anda memerlukan gula untuk memutuskan [...]

Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter

Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter

Sebuah penelitian epidemiologi di Universitas Zurich, Swiss, menemukan sebuah hubungan antara rutinitas konsumsi suplemen kalsium dengan peningkatan risiko serangan jantung. Walau belum bisa memastikan hubungan patofisiologisnya, Sabine Rohrmann, PhD dan tim penelitiannya mengungkapkan terdapat peningkatan 86% risiko serangan jantung pada 24.000 pria dan wanita yang mengkonsumsi suplemen kalsium selama 11 tahun terakhir. Sekalipun angka kejadian serangan jantung pada masa pengamatan terbilang kecil, yakni 354 kasus, jumlah yang ada dianggap cukup menjelaskan hubungan pada kecenderungan yang ada. Oleh tim penelitian hal peningkatan risiko yang ada digolongkan dalam kadar moderat (sedang). Telah banyak studi mengenai kalsium yang mengemukakan hasil temuan beragam. Dari saran konsumsi kalsium yang dapat menurunkan risiko darah tinggi, menurunkan risiko obesitas dan diabetes sekaligus stroke dan bahkan penyakit jantung. Namun kini, sedikitnya sudah terdapat dua penelitian pada 2011 dan 2012 yang memicu kewaspadaan kepada suplemen kalsium yang diduga mendongkrak angka risiko serangan jantung. Selama penelitian, Rohrmann selaku asisten profesor epidemiologi penyakit kronis di Universitas [...]

Sudahkah Anda Mematikan Lampu Saat Tidur?

Sudahkah Anda Mematikan Lampu Saat Tidur?

Kebiasaan tidur setiap orang tentunya berbeda-beda, mulai dari jam berapa harus tidur hingga harus dimatikan atau dinyalakankah lampu kamarnya. Ada sebagian orang yang mengaku tidak bisa tidur jika kamarnya dalam kondisi lampu menyala. Namun ada pula yang justru tidak bisa tidur jika kamarnya dalam kondisi gelap. Termasuk yang manakah Anda? Kondisi kamar yang seperti apa yang sebaiknya digunakan untuk tidur? Saat tidur sebaiknya lampu kamar dimatikan. Mengapa demikian ? Bila kita mematikan lampu saat tidur, homon melanosit kita akan bekerja maksimal. Hormon inilah yang mengatur irama sirkadian atau jam biologis tubuh kita. Hormon ini yang akan menimbulkan rasa ngantuk dan mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh bahwa ini adalah waktunya tubuh Anda beristirahat sehingga tidur yang dihasilkan pun akan berkualitas. Apa yang terjadi jika Anda membiarkan lampu menyala ketika Anda tidur? Ini yang Terjadi Jika Anda Membiarkan Lampu Menyala Ketika Tidur Sebaliknya, bila lampu kamar dibiarkan menyala, hormon melanosit tidak disekresi sehingga akan mengganggu irama sirkadian tersebut. Walaupun Anda merasa mengantuk karena kelelahan tetapi tubuh Anda tidak mendapat sinyal ba [...]

Makanan yang Boleh Dikonsumsi dan Dihindari Saat Malam Hari

Makanan yang Boleh Dikonsumsi dan Dihindari Saat Malam Hari

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu seseorang untuk tidur lebih lelap. Namun juga ada makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena bisa akan membuat Anda makin gemuk dan berisiko terkena penyakit. Seperti yang dikutip dari All Women Stalk, berikut daftar makanan dan minuman tersebut.Makanan dan Minuman yang Boleh Dikonsumsi1. Air mineralRasa haus suka diikuti dengan rasa lapar. Jadi sebelum Anda membuka lemari es atau lemari makanan, ada baiknya meminum satu sampai dua gelas air putih terlebih dahulu. Tunggu selama sekitar 10 menit, jika perut Anda masih terasa lapar, baru Anda bisa memakan camilan.2. SusuTriptofan dan asam amino yang terkandung dalam susu dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Pada dasarnya triptofan membantu meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh, serotonin inilah yang memberikan rasa kantuk dan merilekskan tubuh. Sebagai bonusnya, Anda pun dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan mengonsumsi susu. Jangan lupa untuk memilih susu yang rendah lemak.3. Kacang-kacanganMakanan yang kaya akan antioksidan ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak ada lagi bangun tengah malam karena kelaparan. Kacang juga memban [...]

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Jantung Bawaan

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Jantung Bawaan

Mungkin Anda pernah mendengar kata-kata bayi lahir dengan ?jantung bocor?, jantung bayi di kanan, kelainan klep jantung bayi, dan lain sebagainya. Kelainan-kelainan tersebut dalam dunia medis masuk ke dalam kategori peyakit jantung bawaan (PJB) atau sebutan lainnya penyakit jantung kongenital. PJB adalah kelainan struktur jantung yang muncul sejak lahir dan terjadi sejak janin di dalam kandungan. Kelainan tersebut terjadi akibat jantung atau pembuluh darah disekitarnya tidak berkembang dengan sempurna dan/atau akibat kelainan posisi jantung dan pembuluh darah di sekitarnya. PJB merupakan penyebab umum kelainan bawaan dan penyebab utama kematian bayi akibat kelainan bawaan dalam satu tahun pertama kehidupan. Setidaknya 8 dari 1000 bayi lahir dengan cacat jantung setiap tahunnya. Diperkirakan sekitar 45 ribu bayi lahir di Indonesia dengan PJB setiap tahunnya. Terdapat berbagai macam jenis PJB. Secara garis besar PJB dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu PJB sianotik (biru) dan asianotik (tidak biru). Sianosis mengacu pada perubahan warna kebiruan pada kulit dan selaput lendir terutama pada bibir, lidah, dan ujung-ujung anggota gerak seperti kuku yang disebabkan oleh kurangnya kadar [...]

7 Kebiasaan Buruk Orangtua yang Berdampak Pada Perilaku Anak

7 Kebiasaan Buruk Orangtua yang Berdampak Pada Perilaku Anak

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa orangtua adalah sumber referensi utama perilaku bagi anak. Oleh karena itu jika kita ingin memiliki perilaku anak yang baik maka berkacalah pada diri sendiri terlebih dahulu dengan membiasakan diri berperilaku baik sebelum meminta anak menjadi baik. (Baca: 5 Manfaat Kesehatan Anak Jika Makan Malam Bersama Keluarga) Berikut adalah kebiasaan orangtua yang menghasilkan perilaku buruk pada anak 1. Emosional Hindari kebiasaan emosional seperti cepat marah kepada anak, karena anak cenderung percaya bahwa hal buruk yang menyebabkan Anda marah karena kesalahan mereka. 2. Hindari sikap mengancam Perintah tanpa adanya komunikasi yang baik dengan cara memandang wajah anak saat berbicara akan berpengaruh buruk pada anak. Jika hendak memberitahu bahwa anak salah sebaiknya Anda berbicara dengan menatap anak dengan lembut dan perlihatkan ekspresi bahwa Anda tidak suka dengan apa yang dia lakukan. (Baca: Pukulan Fisik Dapat Menurunkan IQ Anak). 3. Memberikan predikat yang buruk Kebiasaan memberikan predikat yang buruk pada anak akan berdampak psikologis yang buruk pada anak. Anak akan menjadi tidak percaya diri, minder merasa bodoh dan anak akan merasa benci p [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *