8 Penyebab Bau Mulut dan Tips Menghilangkannya

penyebab-bau-mulut

Masalah kesehatan mulut merupakan bagian kesehatan yang banyak terabaikan dilakangan masyarakat karena perawatan yang membutuhkan ketelatenan dan rutinitas yang sedikit rumit. Sehingga banyak masyarakat yang melakukan perawatan kesehatan mulut dengan cara sederhana seperti menggosok gigi seperlunya seperti yang dilakukan oleh orang yang telah terdahulu melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulutnya. Dengan banyaknya kalangan masyarakat yang juga tidak memiliki pendidikan sekolah yang baik, merupakan hal yang dapat memicu timbulnya masalah penyakit gigi dan mutul dengan skala besar dikalangan masyarakat.

Pada dasarnya kesehatan gigi dan mulut yang dapat menimbulkan bau mulut dapat terjadi dari berbagai penyebab. Oleh karena itu sangat penting halnya untuk mengetahui sebab dan akibat dari penyebab timbulnya bau mulut. Bau mulut sebenarnya terjadi pada tiap manusia, namun skala yang ditimbulkan memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh sebab-sebab yang ada dalam tubuh seseorang tersebut. Seperti halnya dari akibat pola menyikat gigi yang kurang benar, kondisi gigi dan mulut yang kurang bersih, adanya bakteri dalan mulut yang berlebihan, gusi yang bermasalah, gigi berlubang, mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, sampai disebabkan oleh keadaan tubuh yang kurang sehat seperti panas dalam, sisitem pencernaan yang kurang sehat dan penyakit dalam tubuh lainnya. Selain itu bau mulut dapat diderita oleh siapa saja dengan kondisi yang sangat menyengat meskipun seseorang tersebut sudah melakukan perawatan dengan baik, untuk hal yang seperti demikian, dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter agar dapat diselesaikan dengan tepat.

Pembahasan dari yang dapat menimbulkan bau mulut :
1. Sikat gigi tidak teratur
Sikat gigi yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan cara menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang standart sebanyak 2x dalam satu hari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Seseorang dapat juga menyikat giginya lebih dari 2x, namun hal ini akan dapat menyebabkan terjadinya masalah dalam kesehatan mulut karena dapat merusak lapisan gigi dan struktur gigi. Disarankan pula cara menyikat gigi tidak boleh dilakukan dengan cara yang keras, karena dapat mengubah pola struktur gigi. Pada seseorang yang menyikat giginya kurang dari 2x dalam satu hari, hal ini akan menyebabkan munculnya masalah pada kebersihan gigi dan mulut sehingga dapat meyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

2. Gigi berlubang
Gigi berlubang merupakan masalah kerusakan gigi yang banyak dialami karena kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi sehingga kuman yang ada dalam mulut dapat merusak gigi. Gigi yang berlubang biasanya tidak terjangkau oleh sikat gigi dalam proses membersihkannya, sehingga pada bagian tertentu mengandung kuman yang tidak dapat dihilangkan, sehingga hal ini akan menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Untuk hal seperti ini disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi dan menutup lubang gigi yang terbuka.

3. Kuman yang berlebihan
Pada dasarnya mulut memiliki banyak kandungan yang ditimbulkan seperti kandungan air liur dalam mulut yang berfungsi untuk membantu memecahkan makanan. Dalam kandungan ini tercampur dengan makanan yang dapat menimbulkan kuman, jika yang diproduksi oleh tubuh dengan jenis kandungan yang pekat, makan hal ini dapat menimbulkan lebih banyaknya kuman yang ada dalam mulut. Sehingga dapat menyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

4. Gusi bermasalah (Membengkak)
Gusi membengkak adalah penyakit yang timbul pada gusi gigi. Hal ini dapat menghambat dalam proses membersihkan kuman yang ada dalam mulut. Pada dasarnya gusi yang bermasalah sudah menimbulkan bau yang tidak sedap namun dengan kondisi seperti ini proses pembersihannya pun juga kurang maksimal sehingga dapat menimbulkan bau mulut yang menyengat. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera mengobati penyakit terlebih dahulu dengan obat yang telah disarankan oleh dokter.
5. Panas Dalam
Panas dalam merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat kurangnya ketahanan tubuh terhadap virus biasanya menimbulkan rasa kurang nyaman pada tenggorokan, hal ini juga menimbulkan sariawan. Dari kedua akibat tersebut juga dapat menjadi sebab bau mulut yang menyengat

6. Sistem Pencernaan Kurang Sehat
Sistem pencernaan yang kurang sehat, dapat mengeluarkan gas dari dalam lambung saat kita melakukan komunikasi atau bernafas. Dengan kondisi yang kurang baik, gas ini dapat muncul menjadi bau mulut yang kurang sedap. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya untuk menyembuhkan atau mengembalikan kondisi pencernaan pada keadaan normal dengan mengonsumsi makanan yang berserat dan bervitamin tinggi sehingga dapat menormalkan kondisi pencernaan anda.

7. Mengonsumsi makanan berbau menyengat.
Mengonsumsi makan makannan yang berbau menyengat dapat menyebabkan terjadinya bau mulut yang tidak sedap pula. Seperti mengonsumsi jengkol, pete, buah durian dll. Jenis makanan seperti ini dapat menimbulkan bau mulut yang kurang sedap karena aroma dari makanan yang melekat dalam rongga mulut sulit untuk hilang, hal ini bisa diatasi dengan membersihkan dengan cara sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur setelah mengonsumsi makanan tersebut. Namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang makanan ini akan menimbulkan bau mulut yang berkepanjangan pula karena jika sering dikonsumsi juga akan mempengaruhi besar kecilnya aroma yang melekat pada bagian rongga mulut dan akan menimbulkan munculnya gas dari dalam sistem pencernaan yang keluar dari mulut menjadi tidak sedap pula. Maka dapat disarankan bahwa jika mengonsumsi makan makanan yang memiliki aroma yang menyengat hendaklah membersihkannya dengan cepat agar aroma dari makanan tidak melekat dalam mulut. Mengonsumsi makanan seperti ini juga disarankan untuk tidak terlalu sering, karena untuk menjaga kondisi tubuh anda dari makan makanan yang berlebihan juga menjaga dari kesehatan sistem pencernaan anda.

8. Timbulnya Plak gigi
Plak gigi merupakan jenis plak berwarna kuning yang timbul di sela-sela gigi, dinding dan permukaan gigi. Hal ini terjadi biasanya karena kebersihan gigi dan mulut jarang diperhatikan sehingga timbul plak-plak. Plak dalam jumlah tertentu dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan semakin lama akan merusak dinding gigi. Selain itu plak juga dapat terbentuk akibat pada salah satu sisi gigi tidak digunakan untuk memecah makanan sehingga akan muncul plak. Pada kondisi ini disarankan untuk memeriksakan kondisi gigi setiap 6 bulan sekali pada dokter gigi.
Penderita bau mulut memiliki frekuensi yang berbeda-beda, namun pada kondisi ini sangat mengganggu penampilan dan mengganggu kepercayaan diri pada seseorang tersebut, dengan demikian patutlah kita menjaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari bau mulut yang kurang sedap.

Untuk menghindari hal tersebut pada dasarnya hanyalah menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara membersihkan secara rutin 2x dalam sehari dan menambhakan obat kumur jika diperlukan, serta mengonsumsi makan makanan yang sehat untuk menjaga kondisi tubuh dan sistem pencernaan seperti banyak mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan susu. Untuk mengatasi dari cara sikat gigi yang berlebihan anda cukup dengan berkumur pada saat setelah makan. Ganti sikat gigi anda selama 3 bulan 1x agar terhindar dari banyaknya kuman yang terdapat pada sikat gigi dan terhindar dari kondisi sikat yang sudah tidak dapat bekerja secara maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Berjabat Tangan Bisa Memprediksi Masa Depan Seseorang

Cara Berjabat Tangan Bisa Memprediksi Masa Depan Seseorang

Bagaimana cara Anda berjabat tangan? Kekuatan tangan Anda saat menggenggam tangan orang lain bisa 'memprediksi' masa depan seseorang. Seberapa cepat dia menua, tingkat edukasi bahkan kesehatan di kehidupannya nanti.Para peneliti dari International Institute for Applied Systems Analysis telah me-review lebih dari 50 studi dari seluruh dunia untuk artikel mereka yang akan dimuat dalam jurnal PLOS ONE. Dari analisa hasil studi tersebut, mereka menemukan bahwa orang dengan tingkat edukasi tinggi di usia 69 tahun, punya genggaman yang sama kuatnya saat berjabat tangan dengan orang berusia 65 tahun yang tingkat pendidikannya rendah. Itu berarti semakin kuat genggaman tangan maka semakin tinggi juga tingkat edukasi mereka."Menurut kekuatan genggaman saat berjabat tangan, orang dengan edukasi tinggi merasa lebih muda beberapa tahun dibandingkan orang yang tingkat pendidikannya lebih rendah," ujar penulis penelitian Sergei Scherbov, seperti dikutip dari abc Australia.Studi lain yang telah di-review oleh tim peneliti, dilakukan terhadap lebih dari satu juta responden pria asal Swedia. Kekuatan jabatan tangan mereka diperiksa sebagai bagian dari tes masuk akademi militer. Dari data diketah [...]

Agar Tidak Lemas dan Makin Gemuk Saat Puasa, Yuk Coba Food Combining

Agar Tidak Lemas dan Makin Gemuk Saat Puasa, Yuk Coba Food Combining

Food combining bisa menjadi pilihan jika Anda ingin lebih sehat dan berenergi saat puasa. Bagaimana caranya jika ingin mencoba metode ini? Apa saja makanan yang bisa dikonsumsi saat sahur dan buka? Sebelum mengetahui apa saja makanan yang bisa dimakan saat sahur dan buka puasa, Anda perlu lebih dulu memahami aturan food combining. Food combining mengenal padu-padan yang cocok atau tidak cocok untuk setiap unsur makanan. Detailnya berikut ini:1. Protein (hewani) dan sayur: serasi2. Protein (hewani) dan karbohidrat: tidak ideal3. Sayur dan karbohidrat: serasi dan normal.Lantas bagaimana menerapkan padu-padan unsur makanan tersebut selama Ramadan? Dalam buku terbarunya Food Combining di Bulan Ramadan, praktisi yoga dan food combining Erikar Lebang memberikan panduannya. SahurFood combining membutuhkan konsentrasi waktu pelaksanaan yang sedikit lebih banyak. Untuk Anda yang baru mau mencoba, disarankan bangun sahur 30 menit lebih awal ketimbang saat puasa Ramadan biasa. Ketika bangun tidur, minumlah segelas air hangat yang sudah diberi perasan jeruk lemon atau nipis. Minuman ini bermanfaat untuk memberikan tonik pada liver yang bekerja keras sebagai katalisator serap saat tidur.Sete [...]

7 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata

7 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata

World Health Organization (WHO) memperkirakan terdapat 45 juta penderita kebutaan di dunia dan sepertiganya berada di Asia Tenggara. Selain itu, diperkirakan 12 orang menjadi buta setiap menit. Sedangkan di Indonesia, diperkirakan ada satu orang menjadi buta tiap menitnya. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran menjaga kondisi mata.Mata yang kurang sehat akan membuat Anda mengalami sakit ringan seperti gangguan konsentrasi, sakit kepala, atau masalah penglihatan. Jangan biarkan hal ini terus-menerus terjadi karena akan memperburuk keadaan mata. Untuk itu, simak tujuh langkah sederhana untuk menjaga kesehatan mata, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Diet yang SeimbangUntukdapatkan mata yang sehat, lakukanlah program penurunan berat badan dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan. Perbanyak memakan makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E karenadapat meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, ikan salmon juga memberikan efek yang baik untuk mata.2. Hindari Kebiasaan Hidup BurukHindari minuman beralkohol dan kebiasaan merokok. Para ahli mengatakan, merokok bisa menyebabkan katarak, degenerasi makula (hilangnya ketajaman penglihatan), dan keru [...]

Sering Mengalami Nyeri Tumit? Ini Penyebab & Cara Mengobatinya

Sering Mengalami Nyeri Tumit? Ini Penyebab & Cara Mengobatinya

Rasa nyeri pada tumit merupakan keluhan umum bagi para ahli bedah ortopedi dan podiatrist (ahli dalam gangguan kaki, pergelangan kaki, lutut, dan pinggul). Istilah umum nyeri tumit adalah plantar fasciitis and heel spurs. Nyeri tersebut menyebabkan Anda tidak nyaman beraktivitas. Simak pemahaman tentang gangguan kesehatan ini menurut Dr. Shekhar Agarwal, Kepala Bedah di Delhi Institute of Trauma & Orthopedics di Sant Parmanand Hospital, yang dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit pada tumit, dilansir dari Health Me Up.1. Pahami Nyeri Tumit yang Menyerang AndaRasa pegal pada tumit kerap kali membuat Anda lemas karena seluruh tubuh ditopang oleh kaki ketika berjalan. Umumnya, nyeri tumit disebabkan oleh peradangan di sepanjang bagian bawah kaki yang menghubungkan tulang tumit dengan ibu jari kaki. Plantar fasciitis menyebabkan nyeri seperti ditusuk atau rasa terbakar pada pagi hari karena fascia berkontraksi sepanjang malam. Namun, setelah berjalan beberapa saat, nyeri cenderung berkurang. Akan tetapi, ada kemungkinan tumit terasa sakit kembali setelah berdiri atau duduk berjam-jam. Nyeri ini dialami oleh semua umur, terutama yang mempunyai masalah diabetes. 2. Kenapa Bisa T [...]

Menikmati Hidup Bebas Wasir

Menikmati Hidup Bebas Wasir

Penyakit wasir adalah keadaan di mana ada pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah pada anus. Ciri-cirinya ada benjol dan pendarahan di sekitar anus diiringi rasa nyeri ketika BAB. Penyakit ini umum diderita oleh masyarakat. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari susah BAB, hipertensi, obesitas, jarang makan yang berserat, serta kurang minum air putih. Ibu hamil pun berisiko mengalami wasir. Bagi yang menderita, rasanya tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri. Dan wasir tidak bisa didiamkan. Karena bila tidak diambil tindakan, benjolan akan semakin membesar dan pendarahan semakin banyak. Bila sudah dalam tahap ini, biasanya harus segara dilakukan tindakan operasi untuk menyembuhkannya. Jangan khawatir. Wasir termasuk penyakit yang mudah disembuhkan. Ada banyak cara tradisional dan alami untuk mengobatinya. Tapi paling mudah adalah meminum obat herbal. Salah satunya, rutin mengonsumsi kapsul Hemorid yang mengandung bahan-bahan herbal alami, sehingga aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Menikmati Hidup Bebas Wasir Penyakit wasir adalah keadaan di mana ada pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah pada anus. Ciri-cirinya ada benjol dan pendarahan di seki [...]

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Semua orang pasti pernah mengalami sakit perut, namun tiap orang belum tentu mengalami penyebab sakit perut yang sama. Perbedaan penyebab tersebut ditentukan dari lokasi rasa sakit. Salah satunya sakit yang berasal dari bagian sebelah kiri perut. Penyebab rasa sakit perut sebelah kiri pun sangat beragam. Ingin tahu apa saja yang menyebabkan Anda merasakan sakit perut sebelah kiri? Bagian perut sebelah kiri kita terbagi dua, yaitu bagian atas dan bawah. Perbedaan ini turut memengaruhi penyebab rasa sakit yang Anda rasakan. Berikut ini beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas dan bawah yang tergolong lebih serius. Penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas: Cedera. Infeksi ginjal. Batu ginjal. Impaksi tinja atau tinja mengeras. Usus besar yang robek. Gastritis atau radang lapisan lambung. Divertikulitis. Peradangan pankreas. Pneumonia. Serangan jantung. Kanker. Penyebab sakit perut sebelah kiri bagian bawah: Cedera. Radang usus buntu. Infeksi atau batu ginjal. Divertikulitis. Usus besar yang robek. Penyakit Crohn. Kanker. Khusus pada wanita, sakit perut sebelah kiri bagian bawah bisa disebabkan oleh: Kista ovarium. Rasa sakit karena ovulasi. Endometriosis. I [...]

Sering Migrain? Hati-hati Risiko Stroke!

Sering Migrain? Hati-hati Risiko Stroke!

Mungkin Anda pernah mengalami migrain atau sakit kepala sebelah, atau bahkan sering mengalaminya saat sedang banyak pikiran. Walau tidak berlangsung lama, tapi jangan Anda sepelekan. Sebuah penelitian yang dikutip dari Daily Mail menyatakan migrain yang disertai dengan kaburnya pandangan memiliki risiko tinggi terkena serangan jantung dan stroke.Penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology selama 15 tahun itu menunjukkan, dari sampel sebanyak 27.860 wanita, 1.435 diantaranya mengalami migrain yang didului dengan gejala sensorik, atau dikenal juga 'migrain dengan aura'.Ditemukan pula, migrain aura menempati urutan kedua yang berisiko tinggi mengarah pada stroke dan serangan jantung, setelah tekanan darah tinggi."Ini berisiko lebih tinggi dibanding diabetes, perokok, obesitas dan penyakit keturunan," ungkap Dr Tobias Kurth, sebagai peneliti.Apa saja tanda-tandanya? Gangguan sensorik yang mungkin merupakan migrain aura dapat berupa blind spot atau titik buta pada pandangan, kerlipan cahaya, perubahan dalam penglihatan, dan pandangan seakan melihat cahaya melayang-layang. Jika Anda pernah mengalami gejala tersebut, konsultasikan ke dokter adalah solusi terbaik. Lebih [...]

Jangan Khawatir, Santan Tak Selamanya Berdampak Buruk

Jangan Khawatir, Santan Tak Selamanya Berdampak Buruk

Santapan di bulan Ramadan dan Idul Fitri banyak yang terbuat dari santan. Sebut saja, kolak, gulai dan opor ayam. Tentunya hal ini membuat sebagian orang 'ngeri' karena kandungan kolestrol di dalamnya.Tapi tunggu dulu. Sebelum mengatakatan 'tidak' pada makanan khas hari raya, Anda perlu mengetahui bahwa ternyata santan tidak selamanya berikan pengaruh buruk. Makanan seperti santan dan minyak kelapa memang mengandung kolesterol, namun kolesterol baik yang dapat mengusir kolesterol jahat. Pada santan, terkandung phytosterol yang baik untuk tubuh.Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang diberikan oleh santan. Seperti yang dikutip dari ehow, ini dia manfaatnya:1. Mengandung NutrisiSantan memiliki banyak kandungan nutrisi, mulai dari vitamin, mineral dan elektrolit. Santan kaya akan zat besi, 22% dari kebutuhan harian. Selain itu santan juga mengandung magnesium, pospor, potassiun, tembaga, selenium, seng, folat dan vitamin C. Juga sejumlah vitamin lainnya; vitamin E, K, thiamin, B16, niacin, kolin, asam pantothenic dan kalsium.2. Lemak JenuhLemak jenuh yang terkandung dalam santan terbuat dari asam lemak rantai pendek hingga sedang, dan dapat berubah menjadi energi. Oleh karena it [...]

6 Cara Cepat Hentikan Kebiasaan Mendengkur

6 Cara Cepat Hentikan Kebiasaan Mendengkur

Kebiasaan mendengkur pasangan seringkali membuat tidur tak nyenyak. Jika Anda tak tahan lagi dengan kebiasaan buruknya, simak enam cara cepat atasi kebiasaan mendengkur pasangangan, seperti yang dikutip dari ehow.1. Taruh humidifier (pelembab ruangan yang mengeluarkan uap air) di kamar dan nyalakan pada saat pasangan ingin tidur. Mendengkur kerap kali disebabkan oleh keringnya tenggorokan dan uap air bisa bantu melembabkan tenggorokan yang kering.2. Sarankan pasangan agar mau mengonsumsi beberapa sendok makan madu setiap harinya. Hal tersebut dapat mencegah kekeringan pada tenggorokan saat tidur.3. Tidur di atas beberapa tumpukan bantal bisa membuat seseorang lebih leluasa untuk bernapas. Ketika kepala tetap tinggi, udara di langit-langit mulut tidak akan tersumbat. Sehingga memungkinkan udara bebas bergerak dan mencegah dengkuran keras. Selain itu, gunakan bantal yang agak keras. Bantal terlalu empuk justru mempersempit saluran pernapasan.4. Hindari mengonsumsi makanan, minuman dan obat tertentu. Minuman beralkohol dan obat tidur dapat mengendurkan otot-otot tenggorokan. Produk susu menyebabkan lendir, yang dapat mengganggu pernapasan.5. Hindari makan terlalu banyak karena dapa [...]

Dampak Buruk Stres Pada Ibu Hamil

Dampak Buruk Stres Pada Ibu Hamil

Dampak buruk stres pada ibu hamil akan menyebabkan tekanan darah tinggi yang umumnya dilatarbelakangi oleh keadaan stres selama masa kehamilan menjadi sebab utama di dunia kematian ibu dan janin. Perempuan hamil lebih tinggi berisiko stroke, 2,4 kali lebih besar daripada yang perempuan tidak hamil. Hal ini dikemukakan di jurnal kesehatan perempuan oleh peneliti Loyola di University Health System, Amerika. ?Diagnosis dari hasil penelitian dan identifikasi perempuan hamil berisiko stroke dianjurkan untuk melakukan terapi dari awal masa kehamilan dan hasil klinis menunjukkan tekanan darahnya normal, jika dilakukan dengan rutin,? ujar Loyola. Klik next untuk melanjutkan. Dampak Buruk Stres Pada Ibu Hamil Kehamilan identik dengan naiknya tekanan darah tinggi termasuk pre-eklampsia, eklampsia dan penyakit yang jarang ditemui namun serius, disebut sindroma HELLP (hemolisis, peningkatan enzim hati dan jumlah trombosit rendah). Pre-eklampsia atau sering disebut toksemia ini adalah suatu kondisi yang bisa dialami oleh setiap perempuan hamil. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya tekanan darah yang diikuti oleh peningkatan kadar protein di dalam urine. Perempuan ham [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *