8 Penyebab Bau Mulut dan Tips Menghilangkannya

penyebab-bau-mulut

Masalah kesehatan mulut merupakan bagian kesehatan yang banyak terabaikan dilakangan masyarakat karena perawatan yang membutuhkan ketelatenan dan rutinitas yang sedikit rumit. Sehingga banyak masyarakat yang melakukan perawatan kesehatan mulut dengan cara sederhana seperti menggosok gigi seperlunya seperti yang dilakukan oleh orang yang telah terdahulu melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulutnya. Dengan banyaknya kalangan masyarakat yang juga tidak memiliki pendidikan sekolah yang baik, merupakan hal yang dapat memicu timbulnya masalah penyakit gigi dan mutul dengan skala besar dikalangan masyarakat.

Pada dasarnya kesehatan gigi dan mulut yang dapat menimbulkan bau mulut dapat terjadi dari berbagai penyebab. Oleh karena itu sangat penting halnya untuk mengetahui sebab dan akibat dari penyebab timbulnya bau mulut. Bau mulut sebenarnya terjadi pada tiap manusia, namun skala yang ditimbulkan memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh sebab-sebab yang ada dalam tubuh seseorang tersebut. Seperti halnya dari akibat pola menyikat gigi yang kurang benar, kondisi gigi dan mulut yang kurang bersih, adanya bakteri dalan mulut yang berlebihan, gusi yang bermasalah, gigi berlubang, mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, sampai disebabkan oleh keadaan tubuh yang kurang sehat seperti panas dalam, sisitem pencernaan yang kurang sehat dan penyakit dalam tubuh lainnya. Selain itu bau mulut dapat diderita oleh siapa saja dengan kondisi yang sangat menyengat meskipun seseorang tersebut sudah melakukan perawatan dengan baik, untuk hal yang seperti demikian, dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter agar dapat diselesaikan dengan tepat.

Pembahasan dari yang dapat menimbulkan bau mulut :
1. Sikat gigi tidak teratur
Sikat gigi yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan cara menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang standart sebanyak 2x dalam satu hari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Seseorang dapat juga menyikat giginya lebih dari 2x, namun hal ini akan dapat menyebabkan terjadinya masalah dalam kesehatan mulut karena dapat merusak lapisan gigi dan struktur gigi. Disarankan pula cara menyikat gigi tidak boleh dilakukan dengan cara yang keras, karena dapat mengubah pola struktur gigi. Pada seseorang yang menyikat giginya kurang dari 2x dalam satu hari, hal ini akan menyebabkan munculnya masalah pada kebersihan gigi dan mulut sehingga dapat meyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

2. Gigi berlubang
Gigi berlubang merupakan masalah kerusakan gigi yang banyak dialami karena kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi sehingga kuman yang ada dalam mulut dapat merusak gigi. Gigi yang berlubang biasanya tidak terjangkau oleh sikat gigi dalam proses membersihkannya, sehingga pada bagian tertentu mengandung kuman yang tidak dapat dihilangkan, sehingga hal ini akan menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Untuk hal seperti ini disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi dan menutup lubang gigi yang terbuka.

3. Kuman yang berlebihan
Pada dasarnya mulut memiliki banyak kandungan yang ditimbulkan seperti kandungan air liur dalam mulut yang berfungsi untuk membantu memecahkan makanan. Dalam kandungan ini tercampur dengan makanan yang dapat menimbulkan kuman, jika yang diproduksi oleh tubuh dengan jenis kandungan yang pekat, makan hal ini dapat menimbulkan lebih banyaknya kuman yang ada dalam mulut. Sehingga dapat menyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

4. Gusi bermasalah (Membengkak)
Gusi membengkak adalah penyakit yang timbul pada gusi gigi. Hal ini dapat menghambat dalam proses membersihkan kuman yang ada dalam mulut. Pada dasarnya gusi yang bermasalah sudah menimbulkan bau yang tidak sedap namun dengan kondisi seperti ini proses pembersihannya pun juga kurang maksimal sehingga dapat menimbulkan bau mulut yang menyengat. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera mengobati penyakit terlebih dahulu dengan obat yang telah disarankan oleh dokter.
5. Panas Dalam
Panas dalam merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat kurangnya ketahanan tubuh terhadap virus biasanya menimbulkan rasa kurang nyaman pada tenggorokan, hal ini juga menimbulkan sariawan. Dari kedua akibat tersebut juga dapat menjadi sebab bau mulut yang menyengat

6. Sistem Pencernaan Kurang Sehat
Sistem pencernaan yang kurang sehat, dapat mengeluarkan gas dari dalam lambung saat kita melakukan komunikasi atau bernafas. Dengan kondisi yang kurang baik, gas ini dapat muncul menjadi bau mulut yang kurang sedap. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya untuk menyembuhkan atau mengembalikan kondisi pencernaan pada keadaan normal dengan mengonsumsi makanan yang berserat dan bervitamin tinggi sehingga dapat menormalkan kondisi pencernaan anda.

7. Mengonsumsi makanan berbau menyengat.
Mengonsumsi makan makannan yang berbau menyengat dapat menyebabkan terjadinya bau mulut yang tidak sedap pula. Seperti mengonsumsi jengkol, pete, buah durian dll. Jenis makanan seperti ini dapat menimbulkan bau mulut yang kurang sedap karena aroma dari makanan yang melekat dalam rongga mulut sulit untuk hilang, hal ini bisa diatasi dengan membersihkan dengan cara sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur setelah mengonsumsi makanan tersebut. Namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang makanan ini akan menimbulkan bau mulut yang berkepanjangan pula karena jika sering dikonsumsi juga akan mempengaruhi besar kecilnya aroma yang melekat pada bagian rongga mulut dan akan menimbulkan munculnya gas dari dalam sistem pencernaan yang keluar dari mulut menjadi tidak sedap pula. Maka dapat disarankan bahwa jika mengonsumsi makan makanan yang memiliki aroma yang menyengat hendaklah membersihkannya dengan cepat agar aroma dari makanan tidak melekat dalam mulut. Mengonsumsi makanan seperti ini juga disarankan untuk tidak terlalu sering, karena untuk menjaga kondisi tubuh anda dari makan makanan yang berlebihan juga menjaga dari kesehatan sistem pencernaan anda.

8. Timbulnya Plak gigi
Plak gigi merupakan jenis plak berwarna kuning yang timbul di sela-sela gigi, dinding dan permukaan gigi. Hal ini terjadi biasanya karena kebersihan gigi dan mulut jarang diperhatikan sehingga timbul plak-plak. Plak dalam jumlah tertentu dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan semakin lama akan merusak dinding gigi. Selain itu plak juga dapat terbentuk akibat pada salah satu sisi gigi tidak digunakan untuk memecah makanan sehingga akan muncul plak. Pada kondisi ini disarankan untuk memeriksakan kondisi gigi setiap 6 bulan sekali pada dokter gigi.
Penderita bau mulut memiliki frekuensi yang berbeda-beda, namun pada kondisi ini sangat mengganggu penampilan dan mengganggu kepercayaan diri pada seseorang tersebut, dengan demikian patutlah kita menjaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari bau mulut yang kurang sedap.

Untuk menghindari hal tersebut pada dasarnya hanyalah menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara membersihkan secara rutin 2x dalam sehari dan menambhakan obat kumur jika diperlukan, serta mengonsumsi makan makanan yang sehat untuk menjaga kondisi tubuh dan sistem pencernaan seperti banyak mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan susu. Untuk mengatasi dari cara sikat gigi yang berlebihan anda cukup dengan berkumur pada saat setelah makan. Ganti sikat gigi anda selama 3 bulan 1x agar terhindar dari banyaknya kuman yang terdapat pada sikat gigi dan terhindar dari kondisi sikat yang sudah tidak dapat bekerja secara maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hosh! Pedas Nikmat Cabai Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Hosh! Pedas Nikmat Cabai Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Sebagian besar orang Indonesia menyukai masakan pedas dan kaya rempah. Sensasi pedas dari cabai memang bisa membuat makanan lebih lezat dan menambah nafsu makan. Tapi tak hanya itu, cabai juga punya banyak manfaat bagi kesehatan.Pakar nutrisi Neelanjana Singh dari Nutri Life Clinic di Delhi, India, seperti dilansir Health Me Up menjelaskan kenapa cabai berkhasiat menjaga kesehatan. Pertama-tama, perlu diketahui bahwa ada berbagai bentuk dan tipe cabai. Semakin kecil ukurannya, biasanya rasanya lebih pedas dan memicu keluarnya keringat. Sedangkan cabai yang berukuran besar --termasuk paprika-- punya rasa yang lebih 'smooth' dan hanya memiliki aroma cabai yang sedap.Cabai memiliki khasiat antibiotik yang dapat membunuh bakteri di dalam tubuh karena kandungan capsaicin. Zat yang menimbulkan sensasi panas dan menggigit lidah ketika cabai dimakan.Selain sebagai antibiotik, capsaicin juga berkhasiat meringankan rasa sakit karena zat ini menstimulasi pelepasan endorphin. Yaitu hormon yang menenangkan dan menimbulkan rasa senang.Cabai juga membantu dalam proses pencernaan makanan. Ketika dikunyah, capsaicin pada cabai akan menstimulasi indra perasa dan meningkatkan produksi saliva.Di da [...]

6 Saran Dokter Mengatasi Galau

6 Saran Dokter Mengatasi Galau

Galau. Kosakata yang menghiasi keseharian generasi muda zaman sekarang. Secara medis, galau perlu diwaspadai sebagai cabang masalah kesehatan ?gangguan cemas? yang paling rendah. Jika tidak diatasi dengan baik maka kegalauan dapat menjurus kepada masalah kesehatan mental yang lebih serius dan menyulitkan seperti stres, depresi, gangguan cemas, gangguan panik dan lainnya. Untuk itu, ketika masih dalam tahapan yang paling rendah, kegalauan seseorang perlu segera ditangani. Ada banyak cara untuk mengatasi kegalauan, misalkan dengan ?curhat? (mencurahkan isi hati ? Red), konseling dengan tenaga medis, dan relaksasi. Lebih jauh lagi, bila kegalauan sudah masuk ke dalam tahap yang lebih serius maka diperlukan terapi perilaku dan juga obat-obatan untuk mengatasi kegalauan. Relaksasi sebagai salah satu metode untuk mengatasi kegalauan, dapat dilakukan sendiri. Inilah lima langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi kegalauan. Silakan klik next untuk informasi selengkapnya. 6 Saran Dokter Mengatasi Galau Lima langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi kegalauan adalah sebagai berikut: 1. Ambil waktu untuk tenang. Pilihlah suatu waktu setiap hari un [...]

9 Kebiasaan Penyebab Gemuk

9 Kebiasaan Penyebab Gemuk

Bila mengurangi berat badan merupakan hal mudah, maka tidak akan ada banyak orang yang kelebihan berat badan. Namun pada kenyataannya mengurangi berat badan merupakan hal yang cukup sulit bukan? Tentu kentang goreng akan lebih nikmat dibandingkan dengan salad, atau ayam lebih gurih dan nikmat kalau digoreng bukan? Di sisi lain, memiliki berat badan yang ideal akan membuat tubuh merasa lebih nyaman dibandingkan dengan kelebihan berat badan. Oleh karena itu ada baiknya kita merubah pola hidup berubah menjadi kebiasaan hidup sehat. Namun untuk memulainya, pernahkah Anda tersadar sebetulnya banyak sekali kebiasaan-kebiasaan keseharian yang ternyata justru malah membuat tubuh menjadi mudah gemuk. Simak lebih lanjut 9 kebiasaan berikut ini: Kebiasaan 1 : Buruknya persiapan Mempersiapkan diri Anda dengan makanan yang sehat seperti sayur, buah, lemak yang sehat dan kabohidrat dengan bahan gandum. Maksud dari mempersiapkan adalah menyediakan bahan-bahan ini di lemari es atau lemari makanan di rumah, serta mempersiapkan bekal dari rumah. Selalu ingat ?kelemahan? Anda, bila ?kelemahan? Anda adalah makanan dan minuman manis yang kaya akan kalori, siapkanlah buah yang dapa [...]

Wasir Saat Hamil? Ini Cara Pengobatannya!

Wasir Saat Hamil? Ini Cara Pengobatannya!

Wasir biasa terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Beberapa perempuan terkena wasir pertama kali saat mereka hamil, dan jika Anda pernah mengalaminya sebelum kehamilan, kemungkinan besar Anda bisa mengalaminya lagi. Dalam kebanyakan kasus, wasir yang berkembang selama kehamilan akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan, terutama jika Anda berhati-hati dalam menanganinya. Mengapa wasir terjadi pada masa kehamilan? Kehamilan membuat seseorang lebih rentan terhadap wasir. Rahim yang membesar menekan vena panggul dan vena kava inferior (vena besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari anggota tubuh bagian bawah). Hal ini memperlambat kembalinya darah dari bagian bawah tubuh Anda, yang meningkatkan tekanan pada vena di bawah rahim dan menyebabkan wasir lebih melebar atau bengkak. Sembelit, masalah umum lain selama kehamilan, juga dapat menyebabkan atau memperburuk wasir. Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan dinding pembuluh darah lebih lentur, yang memungkinkan dinding pembuluh darah membengkak lebih mudah. Progesteron juga dapat mengakibatkan sembelit dengan memperlambat saluran usus. Bagaimana saya menghindari was [...]

Risiko Menikah dengan Saudara

Risiko Menikah dengan Saudara

Katanya cinta itu buta. Karena itu, tidak tertutup kemungkinan seseorang jatuh cinta dengan orang yang masih ada hubungan saudara misalnya sepupu sendiri. Atau bisa juga terjadi pernikahan antara dua orang yang tidak tahu bahwa mereka sebetulnya masih memiliki hubungan kekerabatan. Apa ada risikonya? Berdasarkan ilmu medis, memang pernikahan antara dua orang yang masih memiliki hubungan kekerabatan yang dekat memang memiliki risiko 1.7?2.8% untuk memiliki keturunan yang mengalami kelainan genetik. Hal ini disebabkan karena 2 orang yang masih memiliki relasi persaudaraan yang dekat/hubungan darah juga masih memiliki hubungan genetik yang hampir sama sehingga kelebihan dan kekurangannya hampir sama atau sama. Kekurangan yang sama tersebut yang dapat memperbesar kemungkinan terjadinya kelainan genetik pada keturunannya. The Latin American Collaborative Study of Congenital Malformation menemukan bahwa pada perkawinan antara mereka yang memiliki hubungan darah ditemukan keturunan dengan kelainan kongenital (kelainan bawaan) seperti: Menikah dengan Saudara dan Risikonya: The Latin American Collaborative Study of Congenital Malformation menemukan bahwa pada perkawina [...]

Gay dan Aids, Berhubungankah?

Gay dan Aids, Berhubungankah?

Adanya hubungan intim sesama jenis telah menjadi rahasia umum, termasuk di Indonesia. Bahkan menurut perkiraan para ahli dan Badan PBB, dengan memperhitungkan jumlah penduduk lelaki dewasa, jumlah lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki (LSL) di Indonesia saat ini diperkirakan lebih dari tiga juta orang. Sedangkan berdasarkan perkiraan tahun 2009, angkanya hanya sekitar 800 ribu, di mana 60 hingga 80 ribu di antaranya berada di Jakarta. Koordinator Sekretariat Nasional Jaringan Gay, Waria dan Lelaki yang Berhubungan Seks dengan Lelaki (GWL) INA, Tono Permana Muhamad mengatakan tidak ada angka pasti tentang perilaku lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki tersebut. "Di Indonesia, perkiraan jumlah LSL sekitar 800 ribu. Itu perkiraan pada tahun 2009. Ini bukan berarti ada 800 ribu gay atau 800 ribu waria. Gay sama waria jumlah justru kecil. Tetapi terbanyak adalah laki-laki yang berhubungan dengan laki-laki tetapi dia tidak mengidentifikasi dirinya," ujar Tono dalam diskusi ?Inisiatif Penanggulangan Epidemi HIV di Kalangan LSL, Gay, dan Waria di Kota Besar Asia? yang diselenggarakan Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) DKI Jakarta, Kamis (17/3/2011). Lalu benarkah ada hu [...]

6 Penyebab Utama Haid Tidak Teratur

6 Penyebab Utama Haid Tidak Teratur

Terlambat datang bulan atau haid tidak teratur kerap dialami wanita. Selain karena kehamilan, penyebab telatnya menstruasi juga bisa bermacam-macam. Ada yang hanya merupakan gangguan hormon ringan ada pula yang patut diwaspadai karena merupakan pertanda adanya penyakit serius.1. Penurunan Berat Badan yang DrastisBerat badan yang turun drastis dalam waktu singkat bisa berakibat pada telatnya menstruasi. Kondisi gangguan pola makan serius seperti anoreksia dan bulimia adalah penyebab utama orang mengalami penurunan berat badan drastis dan terlambat datang bulan.2. StresDokter spesialis kandungan Alyssa Dweck, M.D., seperti dikutip dari Women's Health menjelaskan bahwa hypothalamus, salah saut bagian dari otak sangat terpengaruh oleh stres. Hypothalamus adalah tempat bernaungnya banyak hormon yang mengatur periode haid. Jadi ketika stres mengganggu kinerja hypothalamus maka produksi hormon pun jadi tak seimbang.3. Gangguan Pada Kelenjar TiroidKelenjar tiroid yang terdapat pada leher berfungsi mengatur metabolisme tubuh Anda. Kelenjar ini juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar berjalan dengan semestinya. Tapi ketika terjadi ketidakseimbangan pada tiroid, baik it [...]

Apa yang Bisa Didapatkan dari Tes DNA?

Apa yang Bisa Didapatkan dari Tes DNA?

Tes DNA adalah prosedur yang digunakan untuk mengetahui informasi genetika seseorang. Dengan tes DNA, seseorang bisa mengetahui garis keturunan dan juga risiko penyakit tertentu. DNA adalah deoxyribonucleic acid atau asam deoksiribonukleat. DNA akan membentuk materi genetika yang terdapat di dalam tubuh tiap orang yang diwarisi dari kedua orang tua. Mencari informasi genetika Hasil dari tes genetika dapat mengonfirmasi ada atau tidaknya kondisi genetika, membantu menentukan risiko seseorang mewarisi penyakit genetika, dan lain sebagainya. Uji Pra-implantasi. Bertujuan mendeteksi perubahan pada embrio yang terbentuk dengan teknik tertentu, seperti fertilisasi in-vitro (FIV). Untuk melakukan pengujian ini, bagian kecil dari sel telur yang sudah dibuahi di luar rahim akan diambil. Kemudian diperiksa untuk ketidaknormalan genetika tertentu. Hanya embrio yang sehat yang akan dimasukkan ke dalam rahim sebagai upaya kehamilan. Uji Pra-kelahiran. Tes ini dianjurkan bagi mereka yang bayinya berkemungkinan lebih tinggi mengalami kondisi genetika tertentu. Namun, tes ini tidak bisa mendeteksi semua penyakit. Contoh uji DNA pr [...]

Kematian Mendadak Copywriter Muda

Kematian Mendadak Copywriter Muda

Atensi media dan masyarakat tengah berpaling ke fenomena ?overworked? yang merengut nyawa seorang copywriter muda, Mita Diran (23) pada Minggu (15/12) lalu. Dilaporkan di beberapa media almarhumah meninggal dunia setelah mencoba bekerja 30 jam nonstop guna menyelesaikan pekerjaan kantornya. Disebutkan juga sebelumnya almarhumah sempat mengkonsumsi minuman berenergi 24 jam sebelum kematiannya. Tidak sedikit manusia-manusia pekerja di kota besar terkejut, pasalnya tidak sedikit di kalangan pekerja dihadapkan situasi yang demikian. Jadi apakah yang mencetuskan kematian mendadak di usia muda? Faktor kelelahankah? Minuman berenergikah? Atau faktor lainnyakah? Berikut pemaparan beberap pencetus kematian di usia muda terpopuler: 1. Henti JantungKematian mendadak karena henti jantung dapat diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah: Adanya masalah pada pembuluh darah jantung baik penyumbatan maupun pembuluh darah jantung yang tidak normal. Otot jantung yang menebal sehingga membuat proses pompa darah jantung menjadi sangat sulit. Adanya masalah irama jantung yang diturunkan secara genetik 2. Pecahnya Pembuluh DarahPecahnya pembuluh darah terutama dapat disebabkan karena bebe [...]

4 Pemicu Laki-laki Berpayudara

4 Pemicu Laki-laki Berpayudara

Payudara identik dengan perempuan. Untuk sebagian orang, kedua gundukan yang berisi jaringan lemak, kelenjar, serta duktus (saluran) tersebut merupakan lambang keindahan perempuan. Bagaimana bila kemudian laki-laki memiliki payudara yang membesar? Kondisi payudara yang membesar pada anak atau laki-laki dewasa disebut ginekomastia. Keadaan ini umumnya ditemukan pada remaja dan laki-laki yang berusia tua. Pembesaran payudara tersebut dapat bervariasi ukurannya, dari hanya jaringan tambahan di sekitar puting hingga pembesaran seluruh payudara. Kadang jaringan payudara tersebut dapat terasa nyeri. Terdapat beberapa penyebab ginekomastia: Ketidakseimbangan hormone Ginekomastia dapat disebabkan ketidakseimbangan antara hormon testosteron dan estrogen. Estrogen menyebabkan jaringan payudara tumbuh. Semua laki-laki sebetulnya memproduksi estrogen dalam jumlah sedikit, namun kadarnya jauh di bawah testosteron. Bila keseimbangan hormon tubuh berubah, jaringan payudara pun tumbuh. Adanya estrogen ibu pada bayi laki-laki yang baru lahir Kondisi ini bersifat sementara dan akan hilang dalam beberapa minggu. Pubertas Saat pubertas, kadar hormon anak laki-laki bervariasi. Bila kad [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *