8 Penyebab Bau Mulut dan Tips Menghilangkannya

penyebab-bau-mulut

Masalah kesehatan mulut merupakan bagian kesehatan yang banyak terabaikan dilakangan masyarakat karena perawatan yang membutuhkan ketelatenan dan rutinitas yang sedikit rumit. Sehingga banyak masyarakat yang melakukan perawatan kesehatan mulut dengan cara sederhana seperti menggosok gigi seperlunya seperti yang dilakukan oleh orang yang telah terdahulu melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulutnya. Dengan banyaknya kalangan masyarakat yang juga tidak memiliki pendidikan sekolah yang baik, merupakan hal yang dapat memicu timbulnya masalah penyakit gigi dan mutul dengan skala besar dikalangan masyarakat.

Pada dasarnya kesehatan gigi dan mulut yang dapat menimbulkan bau mulut dapat terjadi dari berbagai penyebab. Oleh karena itu sangat penting halnya untuk mengetahui sebab dan akibat dari penyebab timbulnya bau mulut. Bau mulut sebenarnya terjadi pada tiap manusia, namun skala yang ditimbulkan memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh sebab-sebab yang ada dalam tubuh seseorang tersebut. Seperti halnya dari akibat pola menyikat gigi yang kurang benar, kondisi gigi dan mulut yang kurang bersih, adanya bakteri dalan mulut yang berlebihan, gusi yang bermasalah, gigi berlubang, mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, sampai disebabkan oleh keadaan tubuh yang kurang sehat seperti panas dalam, sisitem pencernaan yang kurang sehat dan penyakit dalam tubuh lainnya. Selain itu bau mulut dapat diderita oleh siapa saja dengan kondisi yang sangat menyengat meskipun seseorang tersebut sudah melakukan perawatan dengan baik, untuk hal yang seperti demikian, dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter agar dapat diselesaikan dengan tepat.

Pembahasan dari yang dapat menimbulkan bau mulut :
1. Sikat gigi tidak teratur
Sikat gigi yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan cara menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang standart sebanyak 2x dalam satu hari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Seseorang dapat juga menyikat giginya lebih dari 2x, namun hal ini akan dapat menyebabkan terjadinya masalah dalam kesehatan mulut karena dapat merusak lapisan gigi dan struktur gigi. Disarankan pula cara menyikat gigi tidak boleh dilakukan dengan cara yang keras, karena dapat mengubah pola struktur gigi. Pada seseorang yang menyikat giginya kurang dari 2x dalam satu hari, hal ini akan menyebabkan munculnya masalah pada kebersihan gigi dan mulut sehingga dapat meyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

2. Gigi berlubang
Gigi berlubang merupakan masalah kerusakan gigi yang banyak dialami karena kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi sehingga kuman yang ada dalam mulut dapat merusak gigi. Gigi yang berlubang biasanya tidak terjangkau oleh sikat gigi dalam proses membersihkannya, sehingga pada bagian tertentu mengandung kuman yang tidak dapat dihilangkan, sehingga hal ini akan menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Untuk hal seperti ini disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi dan menutup lubang gigi yang terbuka.

3. Kuman yang berlebihan
Pada dasarnya mulut memiliki banyak kandungan yang ditimbulkan seperti kandungan air liur dalam mulut yang berfungsi untuk membantu memecahkan makanan. Dalam kandungan ini tercampur dengan makanan yang dapat menimbulkan kuman, jika yang diproduksi oleh tubuh dengan jenis kandungan yang pekat, makan hal ini dapat menimbulkan lebih banyaknya kuman yang ada dalam mulut. Sehingga dapat menyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

4. Gusi bermasalah (Membengkak)
Gusi membengkak adalah penyakit yang timbul pada gusi gigi. Hal ini dapat menghambat dalam proses membersihkan kuman yang ada dalam mulut. Pada dasarnya gusi yang bermasalah sudah menimbulkan bau yang tidak sedap namun dengan kondisi seperti ini proses pembersihannya pun juga kurang maksimal sehingga dapat menimbulkan bau mulut yang menyengat. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera mengobati penyakit terlebih dahulu dengan obat yang telah disarankan oleh dokter.
5. Panas Dalam
Panas dalam merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat kurangnya ketahanan tubuh terhadap virus biasanya menimbulkan rasa kurang nyaman pada tenggorokan, hal ini juga menimbulkan sariawan. Dari kedua akibat tersebut juga dapat menjadi sebab bau mulut yang menyengat

6. Sistem Pencernaan Kurang Sehat
Sistem pencernaan yang kurang sehat, dapat mengeluarkan gas dari dalam lambung saat kita melakukan komunikasi atau bernafas. Dengan kondisi yang kurang baik, gas ini dapat muncul menjadi bau mulut yang kurang sedap. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya untuk menyembuhkan atau mengembalikan kondisi pencernaan pada keadaan normal dengan mengonsumsi makanan yang berserat dan bervitamin tinggi sehingga dapat menormalkan kondisi pencernaan anda.

7. Mengonsumsi makanan berbau menyengat.
Mengonsumsi makan makannan yang berbau menyengat dapat menyebabkan terjadinya bau mulut yang tidak sedap pula. Seperti mengonsumsi jengkol, pete, buah durian dll. Jenis makanan seperti ini dapat menimbulkan bau mulut yang kurang sedap karena aroma dari makanan yang melekat dalam rongga mulut sulit untuk hilang, hal ini bisa diatasi dengan membersihkan dengan cara sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur setelah mengonsumsi makanan tersebut. Namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang makanan ini akan menimbulkan bau mulut yang berkepanjangan pula karena jika sering dikonsumsi juga akan mempengaruhi besar kecilnya aroma yang melekat pada bagian rongga mulut dan akan menimbulkan munculnya gas dari dalam sistem pencernaan yang keluar dari mulut menjadi tidak sedap pula. Maka dapat disarankan bahwa jika mengonsumsi makan makanan yang memiliki aroma yang menyengat hendaklah membersihkannya dengan cepat agar aroma dari makanan tidak melekat dalam mulut. Mengonsumsi makanan seperti ini juga disarankan untuk tidak terlalu sering, karena untuk menjaga kondisi tubuh anda dari makan makanan yang berlebihan juga menjaga dari kesehatan sistem pencernaan anda.

8. Timbulnya Plak gigi
Plak gigi merupakan jenis plak berwarna kuning yang timbul di sela-sela gigi, dinding dan permukaan gigi. Hal ini terjadi biasanya karena kebersihan gigi dan mulut jarang diperhatikan sehingga timbul plak-plak. Plak dalam jumlah tertentu dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan semakin lama akan merusak dinding gigi. Selain itu plak juga dapat terbentuk akibat pada salah satu sisi gigi tidak digunakan untuk memecah makanan sehingga akan muncul plak. Pada kondisi ini disarankan untuk memeriksakan kondisi gigi setiap 6 bulan sekali pada dokter gigi.
Penderita bau mulut memiliki frekuensi yang berbeda-beda, namun pada kondisi ini sangat mengganggu penampilan dan mengganggu kepercayaan diri pada seseorang tersebut, dengan demikian patutlah kita menjaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari bau mulut yang kurang sedap.

Untuk menghindari hal tersebut pada dasarnya hanyalah menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara membersihkan secara rutin 2x dalam sehari dan menambhakan obat kumur jika diperlukan, serta mengonsumsi makan makanan yang sehat untuk menjaga kondisi tubuh dan sistem pencernaan seperti banyak mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan susu. Untuk mengatasi dari cara sikat gigi yang berlebihan anda cukup dengan berkumur pada saat setelah makan. Ganti sikat gigi anda selama 3 bulan 1x agar terhindar dari banyaknya kuman yang terdapat pada sikat gigi dan terhindar dari kondisi sikat yang sudah tidak dapat bekerja secara maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Tahap Kehidupan Tulang

4 Tahap Kehidupan Tulang

Oleh: dr. Sophia B. Hage Selama fase kehidupan, kita melewati beberapa fase, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa dan usia lanjut. Seiring dengan perkembangan fase kehidupan terdapat perubahan-perubahan yang terjadi pada kita, baik dari aspek fisik maupun emosional. Nah, tulang kita pun mengalami hal yang serupa. Seiring dengan bertambahnya usia, tulang pun akan berubah. Apa saja perubahan yang terjadi tersebut? 1. Kehamilan/ dalam kandungan Selama dalam kandungan dan tahun pertama kehidupan kita, tulang-tulang dalam tubuh kita membutuhkan kalsium dalam jumlah banyak untuk bertumbuh. Ini disediakan oleh ibu melalui sirkulasi pembuluh darah ketika dalam kandungan dan melalui ASI sesudah lahir. Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi kalsium yang cukup lewat asupan sehari-hari. Apa yang terjadi apabila ibu hamil tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup? Tubuhnya akan menarik kalsium dari tulang ibu sendiri untuk memastikan asupan kalsium bagi bayi yang dikandungnya tetap terjaga. Hal ini tentunya dapat menjadi risiko osteoporosis bagi ibu. Untungnya, ibu pun dilindungi dari osteoporosis ketika kehamilan. Hal ini melalui: - Penyerapan kalsium melalui makanan [...]

5 Fakta Penting Tentang Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

5 Fakta Penting Tentang Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Sudah cukupkah Anda minum air putih hari ini? Banyak orang yang malas minum air putih dengan alasan rasanya hambar, membosankan dan bagi beberapa orang membuat mual. Padahal tak dipungkiri lagi, mencukupi kebutuhan tubuh akan air putih sangat penting bagi kesehatan.Air membantu meningkatkan metabolisme yang nantinya akan mempengaruhi cara tubuh kita menangani produksi energi dan penyimpanan lemak. Selain itu, masih banyak manfaat besar lainnya dari air putih. Sheela Krishnaswarmy, konsultan diet dan kesehatan memaparkan lima fakta kesehatan tentang air putih, seperti dilansir oleh Health Me Up.1. Mengerti Jumlah Ideal Air yang Harus Diminum Setiap HariTidak ada ukuran ?ideal? atau ukuran tetap jumlah air yang sesuai untuk dikonsumsi semua orang setiap hari. Nyatanya, kebutuhan orang akan air putih tidak selalu sama. Umumnya banyak orang menyarankan untuk minum sedikitnya delapan gelas per hari. Namun itu bisa saja kurang atau bahkan berlebih. Sebagai patokan, 30 ml air per kilogram berat badan akan mencukupi kebutuhan normal orang dewasa sehat. Faktor lain yang mempengaruhi jumlah asupan air adalah iklim, penyakit, usia, rasa haus, aktivitas fisik, dan sebagainya. Misalnya, olah [...]

Apa Bedanya Flu dan Sinusitis?

Apa Bedanya Flu dan Sinusitis?

Ketika Anda mengalami hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit kepala, apakah Anda bisa membedakan hal tersebut disebabkan oleh flu atau sinusitis? Untuk orang awam, flu dan sinusitis memang sulit dibedakan. Sinusitis pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri pada rongga sinus. Sinus adalah rongga yang terdapat di dalam tulang pipi, dekat mata, dahi, dan hidung. Sedangkan flu biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang menyebkan produksi lendir hidung bertambah. Berikut ini adalah perbedaan antara flu dan sinusitis: Flu Sinusitis Gejala Demam, sakit kepala Sakit tenggorokan Pilek dengan lendir berwarna jernih Bersin-bersin, hidung tersumbat Gejala utama muncul di daerah hidung Nyeri di sekitar wajah, mata, atau dahi, terutama jika ditekan Nyeri bertambah saat sujud Sakit kepala Hidung tersumbat Demam Lendir dari hidung berwarna kuning atau hijau Bau mulut Penyebab Virus Bakteri Lama gejala Menghilang dalam 3-5 hari Menetap sampai 1 minggu atau lebih, bahkan berbulan-bulan Pengobatan Istirahat cukup [...]

Cara Mengetahui Kapan Tubuh Tertular Flu

Cara Mengetahui Kapan Tubuh Tertular Flu

Virus influenza yang menyebabkan flu memiliki periode inkubasi saat sudah masuk ke dalam tubuh seseorang. Kapan tubuh ketahuan tertular flu?Para ahli setuju orang dewasa yang terkena flu atau pilek bisa menular 1 hari sebelum mulai timbul gejala, seperti yang dikutip dari detikhealth.Selama masa inkubasi ini, virus akan masuk ke dalam sel-sel sehat dan mengganggu kelangsungan hidup sel sehat dari dalam. Saat sel mulai terinfeksi, biasanya belum menunjukkan gejala apapun.Baru ketika virus sudah menyebar ke seluruh tubuh maka setiap air liur atau bersin yang dikeluarkan orang flu akan mengandung virus tersebut. Karena itulah virus flu sangat mudah menyebar melalui cairan tubuh.Saat virus sudah menyebar ke seluruh tubuh akan timbul gejala seperti sakit tenggorokan, badan terasa tidak enak dan pusing. Namun jika belum timbul gejala, sangat sedikit kemungkinannya menularkan ke orang lain.Jika seseorang sudah terkena flu, maka periode menularnya ke orang lain bisa berlangsung 5-7 hari. Sedangkan bagi anak-anak, masa menularnya bisa berlangsung hingga dua minggu.Seperti dikutip dari Howstuffworks, pada umumnya masa inkubasi virus flu pada seseorang akan berlangsung selama 2 hari. Namun [...]

Takut Buah & Sayur, Wanita Ini Cuma Makan Mie Instant Selama 13 Tahun

Takut Buah & Sayur, Wanita Ini Cuma Makan Mie Instant Selama 13 Tahun

Seorang wanita muda di Inggris mengalami kecanduan yang membuatnya hanya mau makan mie instant selama 13 tahun terakhir ini. Penyebab kecanduannya itu karena dia takut mengonsumsi buah dan sayur.Georgi Readman itulah nama wanita berusia 18 tahun yang kecanduan mie instant. Jika dihitung selama hidupnya 13 tahun terakhir ini, dia sudah makan mie sepanjang 627 km.Georgie tidak bisa makan makanan lain selain mie, karena takut. Dia mulai suka makan mie saat usianya lima tahun. Saat itu kakaknya makan makanan tersebut di depannya. Dan 13 tahun kemudian, wanita muda itu hanya makan mie sepanjang hidupnya."Aku suka mie. Ibu biasanya pergi ke supermarket dan membawa sebanyak mungkin bungkus mie yang bisa dibelinya," kisah Georgi seperti dikutip The Sun.Begitu sukanya mie instant, Georgi biasanya mengonsumsi dua bungkus sekali makan. "Aku pun bisa memakan mie tanpa dimasak sebelumnya," katanya.Georgi mengaku hanya mie yang bisa diterima perutnya. "Aku benci tekstur buah dan sayur-sayuran," jelasnya. "Aku tidak bisa pergi makan bersama teman-temanku karena aku tidak mau mereka melihat aku ketakutan saat ada salad di hadapanku," ujarnya lagi.Apa yang dialami oleh Georgi ini termasuk ganggu [...]

Cabut Gigi Harus Punya Alasan Tepat

Cabut Gigi Harus Punya Alasan Tepat

Mulut yang tidak dijaga kesehatannya bisa menyebabkan penyakit gusi yang berujung pada kerusakan gigi. Normalnya, gigi tetap akan menemani hidup seseorang hingga akhir hayat. Namun kesehatan gigi dan mulut yang tak baik bisa membuat hal tersebut gagal terlaksana. Ada saja gigi yang rusak atau mengalami masalah hingga sakit dan akhirnya terpaksa dicabut. Ada beberapa alasan seseorang mencabut gigi diantaranya alasan estetika dan medis. Berikut ini alasan-alasan seseorang mencabut gigi yang biasa disampaikan kepada dokter gigi. Infeksi gigi Infeksi pada gigi biasanya menimbulkan nyeri berdenyut yang sangat mengganggu. Sebaiknya segera kunjungi dokter gigi. Dokter gigi akan menilai seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan. Selain itu, dokter gigi akan menilai apakah infeksi sudah sampai ke bagian tengah gigi (pulpa), yaitu lokasi pembuluh darah dan saraf. Cabut gigi bisa dilakukan jika dokter menilai infeksi tidak bisa disembuhkan dengan minum antibiotik atau setelah perawatan akar gigi tidak berhasil. Gigi bertumpuk Siapa pun ingin memiliki susunan gigi yang rapi. Sayangnya, banyak yang memiliki gigi bertumpuk karena gigi-gigi besar tapi rahang kecil sehingga tempat tumbuhnya gig [...]

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Di kala berbuka dan sahur, hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi karena cepat dicerna sehingga mengakibatkan mudahnya menjadi lapar kembali Saat sahur, pilihlah makanan yang lama dicerna seperti karbohidrat kompleks dan sayuran agar tidak terlalu lapar. Hindari makanan kaleng, makanan yang mengandung pengawet, tinggi kadar garam, dan tinggi kadar gula (ex: junk food) Berpuasa akan melambatkan jalannya sistim pencenaan sehingga ingatlah untuk berbuka puasa perlahan-lahan. Minumlah terlebih dahulu minuman yang manis atau jus buah dan kemudian diikuti dengan makanan ringan. Asupan makanan tetap harus seimbang baik karbohidrat, protein, vitamin, lemak, vitamin, dan mineral untuk pertumbuhan janin. Jangan lupa lengkapi asupan dengan susu dan buah Hindari minuman berkafein (teh, kopi, kola) terlalu banyak karena minuman berkafein merupakan diuretik (penarik cairan) yang menyebabkan seringnya berkemih di kala puasa dan berujung pada dehidrasi (kekurangan cairan). Minuman berkafein juga sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan ?sakit kepala? akibat efek adiksi Jika udara di luar dalam kondisi panas dan lembab, sebaiknya ibu hamil berada di dalam ruangan agar tidak [...]

Posisi Tidur Mana yang Terbaik?

Posisi Tidur Mana yang Terbaik?

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Terkadang muncul pertanyaan bagaimanakah posisi yang baik dan benar saat tidur. Posisi tidur yang salah ternyata dapat menimbulkan masalah kesehatan. Karena sulit dipungkiri juga, ternyata posisi tidur juga mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa posisi tidur dan hubungannya dengan manfaat ataupun dampak kesehatan ke tubuh Anda. 1. Tidur Miring Ini merupakan posisi tidur yang paling umum. Sekitar 57% manusia memulai tidur dengan posisi ini. Tidur miring merupakan posisi yang ideal bagi mereka yang menderita refluks asam lambung (gastroesophageal reflux disease/GERD) atau nyeri punggung. Bagi yang suka mendengkur posisi ini dapat mengurangi suara dengkuran. Bagi ibu hamil, posisi tidur terbaik adalah miring ke kiri untuk meningkatkan aliran darah ke uterus. Namun, tidur dengan posisi miring akan meningkatkan tekanan pada bagian paha dan pundak sehingga dapat menyebabkan nyeri pada leher. 2. Tengkurap Posisi tidur seperti ini sering kali menimbulkan banyak masalah kesehatan, seperti nyeri punggung dan leher. Selain itu, posisi ini ju [...]

Nangka, Buah Pencegah Sakit Jantung

Nangka, Buah Pencegah Sakit Jantung

Buah nangka memang unik, dari segi rasa, penampilan, ataupun teksturnya. Karena itu orang banyak menggolongkan nangka sebagai buah yang eksotik.Banyak cara untuk menikmati buah nangka. Bisa dimakan mentah, dibuat es campur, diolah menjadi gulai atau asinan, keripik, bahkan bijinya juga kerap dijadikan kudapan lezat.Di balik kelezatannya, ternyata nangka memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Seperti dikutip dari Times of India, berikut ini beberapa khasiat dari nangka.1. Nangka merupakan sumber vitamin C dan anti-oksidan yang bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh.2. Kaya potassium yang membantu mengatur tekanan darah, serta mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit jantung. Potassium juga berguna untuk mengatur kadar elektrolit dalam tubuh.3. Membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi konstipasi (sembelit) karena mengandung serat tinggi.4. Mengandung saponin, isoflavon, dan lignan yang membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Tiga zat ini juga bisa memperlambat kemunduran sel dalam tubuh.5. Mengandung anti-oksidan dan vitamin A yang membantu menjaga kesehatan kulit dan mata.6. Gula alami seperti sukrosa dan fruktosa yang terkandung dalam nangka, merupakan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *