8 Penyebab Bau Mulut dan Tips Menghilangkannya

penyebab-bau-mulut

Masalah kesehatan mulut merupakan bagian kesehatan yang banyak terabaikan dilakangan masyarakat karena perawatan yang membutuhkan ketelatenan dan rutinitas yang sedikit rumit. Sehingga banyak masyarakat yang melakukan perawatan kesehatan mulut dengan cara sederhana seperti menggosok gigi seperlunya seperti yang dilakukan oleh orang yang telah terdahulu melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulutnya. Dengan banyaknya kalangan masyarakat yang juga tidak memiliki pendidikan sekolah yang baik, merupakan hal yang dapat memicu timbulnya masalah penyakit gigi dan mutul dengan skala besar dikalangan masyarakat.

Pada dasarnya kesehatan gigi dan mulut yang dapat menimbulkan bau mulut dapat terjadi dari berbagai penyebab. Oleh karena itu sangat penting halnya untuk mengetahui sebab dan akibat dari penyebab timbulnya bau mulut. Bau mulut sebenarnya terjadi pada tiap manusia, namun skala yang ditimbulkan memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh sebab-sebab yang ada dalam tubuh seseorang tersebut. Seperti halnya dari akibat pola menyikat gigi yang kurang benar, kondisi gigi dan mulut yang kurang bersih, adanya bakteri dalan mulut yang berlebihan, gusi yang bermasalah, gigi berlubang, mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, sampai disebabkan oleh keadaan tubuh yang kurang sehat seperti panas dalam, sisitem pencernaan yang kurang sehat dan penyakit dalam tubuh lainnya. Selain itu bau mulut dapat diderita oleh siapa saja dengan kondisi yang sangat menyengat meskipun seseorang tersebut sudah melakukan perawatan dengan baik, untuk hal yang seperti demikian, dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter agar dapat diselesaikan dengan tepat.

Pembahasan dari yang dapat menimbulkan bau mulut :
1. Sikat gigi tidak teratur
Sikat gigi yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan cara menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang standart sebanyak 2x dalam satu hari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Seseorang dapat juga menyikat giginya lebih dari 2x, namun hal ini akan dapat menyebabkan terjadinya masalah dalam kesehatan mulut karena dapat merusak lapisan gigi dan struktur gigi. Disarankan pula cara menyikat gigi tidak boleh dilakukan dengan cara yang keras, karena dapat mengubah pola struktur gigi. Pada seseorang yang menyikat giginya kurang dari 2x dalam satu hari, hal ini akan menyebabkan munculnya masalah pada kebersihan gigi dan mulut sehingga dapat meyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

2. Gigi berlubang
Gigi berlubang merupakan masalah kerusakan gigi yang banyak dialami karena kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi sehingga kuman yang ada dalam mulut dapat merusak gigi. Gigi yang berlubang biasanya tidak terjangkau oleh sikat gigi dalam proses membersihkannya, sehingga pada bagian tertentu mengandung kuman yang tidak dapat dihilangkan, sehingga hal ini akan menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Untuk hal seperti ini disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi dan menutup lubang gigi yang terbuka.

3. Kuman yang berlebihan
Pada dasarnya mulut memiliki banyak kandungan yang ditimbulkan seperti kandungan air liur dalam mulut yang berfungsi untuk membantu memecahkan makanan. Dalam kandungan ini tercampur dengan makanan yang dapat menimbulkan kuman, jika yang diproduksi oleh tubuh dengan jenis kandungan yang pekat, makan hal ini dapat menimbulkan lebih banyaknya kuman yang ada dalam mulut. Sehingga dapat menyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

4. Gusi bermasalah (Membengkak)
Gusi membengkak adalah penyakit yang timbul pada gusi gigi. Hal ini dapat menghambat dalam proses membersihkan kuman yang ada dalam mulut. Pada dasarnya gusi yang bermasalah sudah menimbulkan bau yang tidak sedap namun dengan kondisi seperti ini proses pembersihannya pun juga kurang maksimal sehingga dapat menimbulkan bau mulut yang menyengat. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera mengobati penyakit terlebih dahulu dengan obat yang telah disarankan oleh dokter.
5. Panas Dalam
Panas dalam merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat kurangnya ketahanan tubuh terhadap virus biasanya menimbulkan rasa kurang nyaman pada tenggorokan, hal ini juga menimbulkan sariawan. Dari kedua akibat tersebut juga dapat menjadi sebab bau mulut yang menyengat

6. Sistem Pencernaan Kurang Sehat
Sistem pencernaan yang kurang sehat, dapat mengeluarkan gas dari dalam lambung saat kita melakukan komunikasi atau bernafas. Dengan kondisi yang kurang baik, gas ini dapat muncul menjadi bau mulut yang kurang sedap. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya untuk menyembuhkan atau mengembalikan kondisi pencernaan pada keadaan normal dengan mengonsumsi makanan yang berserat dan bervitamin tinggi sehingga dapat menormalkan kondisi pencernaan anda.

7. Mengonsumsi makanan berbau menyengat.
Mengonsumsi makan makannan yang berbau menyengat dapat menyebabkan terjadinya bau mulut yang tidak sedap pula. Seperti mengonsumsi jengkol, pete, buah durian dll. Jenis makanan seperti ini dapat menimbulkan bau mulut yang kurang sedap karena aroma dari makanan yang melekat dalam rongga mulut sulit untuk hilang, hal ini bisa diatasi dengan membersihkan dengan cara sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur setelah mengonsumsi makanan tersebut. Namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang makanan ini akan menimbulkan bau mulut yang berkepanjangan pula karena jika sering dikonsumsi juga akan mempengaruhi besar kecilnya aroma yang melekat pada bagian rongga mulut dan akan menimbulkan munculnya gas dari dalam sistem pencernaan yang keluar dari mulut menjadi tidak sedap pula. Maka dapat disarankan bahwa jika mengonsumsi makan makanan yang memiliki aroma yang menyengat hendaklah membersihkannya dengan cepat agar aroma dari makanan tidak melekat dalam mulut. Mengonsumsi makanan seperti ini juga disarankan untuk tidak terlalu sering, karena untuk menjaga kondisi tubuh anda dari makan makanan yang berlebihan juga menjaga dari kesehatan sistem pencernaan anda.

8. Timbulnya Plak gigi
Plak gigi merupakan jenis plak berwarna kuning yang timbul di sela-sela gigi, dinding dan permukaan gigi. Hal ini terjadi biasanya karena kebersihan gigi dan mulut jarang diperhatikan sehingga timbul plak-plak. Plak dalam jumlah tertentu dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan semakin lama akan merusak dinding gigi. Selain itu plak juga dapat terbentuk akibat pada salah satu sisi gigi tidak digunakan untuk memecah makanan sehingga akan muncul plak. Pada kondisi ini disarankan untuk memeriksakan kondisi gigi setiap 6 bulan sekali pada dokter gigi.
Penderita bau mulut memiliki frekuensi yang berbeda-beda, namun pada kondisi ini sangat mengganggu penampilan dan mengganggu kepercayaan diri pada seseorang tersebut, dengan demikian patutlah kita menjaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari bau mulut yang kurang sedap.

Untuk menghindari hal tersebut pada dasarnya hanyalah menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara membersihkan secara rutin 2x dalam sehari dan menambhakan obat kumur jika diperlukan, serta mengonsumsi makan makanan yang sehat untuk menjaga kondisi tubuh dan sistem pencernaan seperti banyak mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan susu. Untuk mengatasi dari cara sikat gigi yang berlebihan anda cukup dengan berkumur pada saat setelah makan. Ganti sikat gigi anda selama 3 bulan 1x agar terhindar dari banyaknya kuman yang terdapat pada sikat gigi dan terhindar dari kondisi sikat yang sudah tidak dapat bekerja secara maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Fakta & Mitos ‘Penyakit Lupa’

5 Fakta & Mitos ‘Penyakit Lupa’

Mungkin Anda pernah mendengar istilah ?penyakit lupa?, atau kadang kala orang usia lanjut sering mengeluh suka melupakan hal tertentu. Janganlah Anda anggap sepele keluhan itu, karena bisa jadi keluhan itu merupakan bagian dari penyakit Alzheimer. Dan tidak sedikit juga salah paham mengenai kondisi ini di tengah masyarakat, simak fenomena paling umum dari sebagian mispersepsi Alzheimer di masyarakat: Mitos: Banyak Belajar Banyak LupaFakta: Salah. Lupa yang disebabkan oleh Alzheimer dikarenakan penurunan fungsi otak, dimana dipicu oleh kematian dari sel-sel otak. Selain itu, pada otak penderita Alzheimer juga ditemukan plak protein abnormal yang menyebabkan kematian sel. Apabila dilakukan pemotongan pada otak penderita penyakit Alzheimer, terlihat otaknya menjadi lebih kecil dibandingkan otak normal. Nah kegiatan belajar justru melatih dan menjaga fungsi otak. Semakin konsisten Anda melatihnya, maka akan semakin baik performanya. Justru banyak belajar, tidak mudah lupa. Mitos Alzheimer Lainnya: 2. Mitos: Ketika Tua Nanti Kita Semua Mutlak Pikun Fakta: Tidak sepenuhnya benar. Sebagian manula ditemukan masih memiliki daya ingat yang baik. Alzheimer merupa [...]

Bahaya Jatuh Cinta Bagi Penderita Jantung Serius

Bahaya Jatuh Cinta Bagi Penderita Jantung Serius

Ketika seseorang yang sedang jatuh cinta melihat pujaan hatinya, jantung akan berdegup kencang karena hormon adrenalinnya. Orang yang jatuh cinta memiliki detak jantung yang hampir sama dengan orang yang berlari. Oleh karena itu, orang dengan masalah jantung serius jadi sangat berbahaya ketika jatuh cinta, seperti yang dikutip dari detikhealth.Sebenarnya apa yang jantung dan otak lakukan saat orang jatuh cinta?Timothy Loving, asisten profesor ekologi manusia di University of Texas, Austin menjelaskan bahwa proses ketertarikan berkaitan erat dengan gejolak fisiologis. Secara umum, hal tersebut diawali dengan peningkatan denyut jantung, keringat, dan lainnya."Ketika seseorang melihat kekasihnya dan hatinya mulai berdegup, itu disebabkan oleh adrenalin," kata Dr Reginald Ho, elektrofisiologis jantung dan profesor kedokteran dari RS Thomas Jefferson University di Philadelphia, Pennsylvania.Otak mengirimkan sinyal ke kelenjar adrenal yang kemudian mengeluarkan hormon seperti adrenalin, epinefrin dan norepinefrin. Kemudian hormon-hormon tersebut mengalir melalui darah dan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan lebih kuat. Jadi jangan heran jika orang yang jatuh cinta memiliki de [...]

Begini Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Begini Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Plak gigi bisa menyebabkan berbagai kerusakan pada gigi dan gusi Anda. Ada beberapa cara menghilangkan plak pada gigi yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan mulut Anda. Plak gigi terbentuk akibat menempelnya berbagai macam bakteri di gigi. Plak gigi terlihat seperti lapisan licin dan tipis berwarna kuning atau putih yang umumnya ada di antara gigi dan sepanjang batas gusi pada gigi. Plak gigi akan sangat terlihat ketika gigi tidak disikat. Plak gigi terjadi ketika Anda makan atau minum susu, minuman ringan, kue, permen yang tertinggal di gigi, atau produk yang mengandung karbohidrat. Ini membuat bakteri yang hidup di mulut mengeluarkan asam yang mampu menghancurkan enamel gigi (lapisan pelindung terluar gigi) dan mengakibatkan gigi berlubang. Penyakit Akibat Plak Gigi Jika dibiarkan terus-menerus, plak dapat menimbulkan kerusakan pada gigi, tulang pendukung gigi, dan bahkan gusi seperti: Gigi berlubang atau membusuk, jika tidak diobati kerusakan dapat menyebar hingga pulpa (lapisan akar) di tengah gigi dan menyebabkan sakit gigi serta abses. Kalkulus (tartar), lapisan plak yang mengeras seperti semen yang tidak dapat dihilangkan dengan sikat gigi. Gingivitis, peradangan pada [...]

Pentingnya Sendawa bagi Bayi

Pentingnya Sendawa bagi Bayi

Pada dasarnya sendawa adalah hal yang alami dan tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan sendawa menjadi pertanda kebaikan untuk bayi karena dia sedang mengeluarkan kelebihan gas dari dalam perutnya. Saat kita bernapas, udara yang kita hirup mengandung gas-gas, seperti nitrogen dan oksigen. Begitu juga saat makan atau minum, mulut Anda tidak hanya memasukkan makanan dan air, melainkan juga gas. Gas yang berlebih di dalam perut kemudian akan naik ke kerongkongan dan keluar dari mulut sebagai sendawa. Sendawa Penting bagi Bayi Sendawa mungkin adalah kondisi yang sederhana bagi orang dewasa, namun sendawa merupakan hal yang penting dilakukan pada bayi. Saat bayi minum, gelembung udara di dalam minumannya akan masuk dan mengumpul di dalam perut. Mengondisikan bayi bersendawa akan mencegah perut bayi terasa kembung. Selain itu, sendawa juga dapat meringankan bayi yang sedang mengalami kolik dan asam lambung berlebih. Sebagai perbandingan, bayi yang mengonsumsi susu dari botol perlu lebih sering bersendawa daripada yang menyusu langsung ke payudara. Hal ini dikarenakan lebih banyak gelembung udara yang terdapat dalam susu botol dibandingkan jika menyusu dari payudara. Berikut ini hal-hal [...]

Awas! Belanja Bisa Tularkan Penyakit Berbahaya

Awas! Belanja Bisa Tularkan Penyakit Berbahaya

Bagi sebagian besar wanita, berbelanja merupakan hal yang paling menyenangkan. Tapi Anda perlu hati-hati, karena di balik kegiatan tersebut tersembunyi penyakit-penyakit yang bisa merugikan kesehatan Anda.Mencoba-coba pakaian sebelum membeli merupakan hal yang wajar. Namun sayangnya, hal itu justru bisa membuat mikroba dan bakteri menyebar sehingga menyebabkan flu hingga infeksi.Dalam penelitian yang dilakukan oleh Philip Tierno, Ph.D., direktur klinik mikrobiologi dan imunologi di New York, ditemukan adanya sekresi pernapasan, flora kulit bahkan flora kotoran pada pakaian. Menurutnya, bakteria dapat hidup pada pakaian yang kering selama tiga sampai enam bulan. Agar acara berbelanja Anda tak berujung penyakit, ketahui apa saja bahaya tersebut dan cara menyiasatinya, seperti yang dikutip dari msn.1. Saat Membeli TopiKemungkinan sudah ada beberapa kepala yang mencoba topi yang Anda coba sebelumnya. Kekhawatiran terbesar saat mencoba topi adalah transmisi kutu. Jika orang yang mencoba topi sebelum Anda berkutu, ada kemungkinan kutu-kutu tersebut pindah ke kepala Anda dan berkembang biak. Untuk mengatasinya, pilihlah obat pengusir kutu dengan kandungan pediculicide atau cetaphil yan [...]

Bagaimana Mengetahui Ukuran Payudara yang Tepat?

Bagaimana Mengetahui Ukuran Payudara yang Tepat?

Payudara adalah bagian tubuh dari wanita yang menarik. Sebagian besar payudara terdiri dari lemak, kelenjar dan saluran. Fungsi dari payudara adalah menyusui dan menmpunyai peranan seksual. Namun tahukah Anda berapa ukuran payudara Anda? Sebagian besar wanita tidak benar-benar mengetahui ukuran pasti payudara mereka. Jika Anda memakai bra yang tidak tepat, payudara Anda akan menjadi mengalami perubahan kendur dan kehilangan bentuk dan elastisitasnya.(Baca: Menjaga Penurunan Payudara) Faktor yang menyebabkan perubahan pada bentuk payudara antara lain: Usia. Payudara mempunyai ligament cooper yang berfungsi untuk mempertahankan bentuk payudara. Ligamen tersebut akan melemah seiring dengan bertambahnya usia. Kehamilan. Kehamilan membuat perubahan dalam ukuran payudara. Menstruasi. Pada saat menstruasi, ukuran payudara akan mengalami perubahan, Perubahan ini dipengaruhi oleh hormone progesterone. Olahraga. Olahraga dapat mempengaruhi ukuran payudara, dengan olahraga otot dada mengalami peningkatan massa dan membantu mengencangkan payudara. Keturunan. Merokok. Merokok dapat mempengaruhi elastisitasi kulit, termasuk kulit di payudara. Ukuran bra. Ukuran bra yang tidak te [...]

Jantung Sehat dengan Cukup 2000 Langkah Sehari

Jantung Sehat dengan Cukup 2000 Langkah Sehari

Berjalan kaki terbukti dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung. Baru?baru ini para peneliti menemukan berapa banyaknya langkah berjalan yang dibutuhkan untuk membuat Anda lebih sehat dalam hal ini adalah kesehatan jantung. Bahkan dengan berjalan pun, para penderita diabetes dapat mengurangi risiko penyakit jantung atau stroke sebanyak 8%. Kenapa harus 2.000? Penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal Lancet, menemukan bahwa orang dengan gejala awal diabetes, bila menambah langkah berjalan hingga 2,000 langkah dalam sehari atau sama dengan 20 menit jalan dengan kecepatan sedang, dapat membantu mengurangi risiko terkena kelainan pada jantung. Apa buktinya? Penelitian ini melihat 9,306 orang dewasa dari 40 negara yang mengikuti percobaan yang dinamakan NAVIGATOR. Dalam penelitian ini para peneliti melihat hubungan antara jumlah langkah dan risiko terjadinya gangguan penyakit hati pada tahun tersebut termasuk menghitung faktor risiko lain. Orang yang melakukan jalan kaki sedikitnya sebanyak 2000 langkah sehari, ternyata menunjukkan penurunan 10% angka risiko terjadi gangguan jantung di tahun berikutnya. Oleh karena itu, penemuan ini merupakan penemuan yang sangat b [...]

Antidepresan Tidak Pengaruhi Pertumbuhan Janin

Antidepresan Tidak Pengaruhi Pertumbuhan Janin

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh peneliti Northwestern Medicine menemukan bahwa obat antidepresan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) yang dikonsumsi oleh perempuan selama kehamilan tidak mempengaruhi pertumbuhan bayi. Selama ini terdapat kekhawatiran bahwa pengobatan andidepresan selama kehamilan dapat menghambat pertumbuhan anak pada satu tahun pertama. Penelitian-penelitian terdahulu mengindikasikan adanya hambatan pertumbuhan janin dari ibu hamil yang mengalami depresi. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari ibu hamil yang mendapatkan terapi SSRI selama kehamilannya memiliki berat, panjang, dan lingkar kepala yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan bayi yang lahir dari ibu yang tidak memiliki masalah depresi dan tidak mengkonsumsi obat antidepresan. Selain itu, pertumbuhan bayi dari ibu yang mengalami depresi namun tidak mendapatkan pengobatan juga tidak jauh berbeda dengan populasi umum. Penelitian ini dipublikasikan pada tanggal 20 Maret 2013 di The American Journal of Psychiatry. ?Sebagian besar perempuan ingin mengetahui efek penyakit depresi dan/atau pengobatannya terhadap kehamilan, tidak han [...]

3 Kebiasaan yang Membuat Anda Awet Muda

3 Kebiasaan yang Membuat Anda Awet Muda

Apa yangAndapikirkan ketika mendengar istilah awet muda? Kulit tetap kencang? Kulit wajah bebas keriput? Ketahuilah, awet muda tidak melulu soal penampilan kulit bertahan di usia 20-an hingga 30-an. Karena pada prinsipnya, jika Anda melakukan beberapa hal berikut ini, keuntungan penampilan kulit tersebut menjadi ?bonus? dan penampilan Anda secara keseluruhan dapat menjadi 5 hingga 10 tahun lebih muda. Melawan proses penuaan merupakan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Namun demikian manfaatnya banyak sekali. Karena dengan demikian Anda tidak hanya mendapatkan kulit bertahan semata, tetapi justru secara esensi Anda justru melawan beberapa penyakit degeneratif nan kronis yang mengintai, seperti halnya: Penyakit jantung, Kanker, diabetes, Hipertensi Dimana penyakit-penyakit tersebut adalah biang kerok yang mempercepat penuaan dan merupakan penyebab kematian muda yang paling sering terjadi. Meskipun proses penuaan mutlak terjadi dan kita tidak dapat menghindarinya, hal yang dapat Anda lakukan adalah menunda penuaan tersebut dengan melakukan beberapa kiat berikut ini: Kebiasaan Awe Muda#1: Konsumsi Sayur dan Buah Orang-orang yang mengkonsumsi ber [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *