8 Penyebab Bau Mulut dan Tips Menghilangkannya

penyebab-bau-mulut

Masalah kesehatan mulut merupakan bagian kesehatan yang banyak terabaikan dilakangan masyarakat karena perawatan yang membutuhkan ketelatenan dan rutinitas yang sedikit rumit. Sehingga banyak masyarakat yang melakukan perawatan kesehatan mulut dengan cara sederhana seperti menggosok gigi seperlunya seperti yang dilakukan oleh orang yang telah terdahulu melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulutnya. Dengan banyaknya kalangan masyarakat yang juga tidak memiliki pendidikan sekolah yang baik, merupakan hal yang dapat memicu timbulnya masalah penyakit gigi dan mutul dengan skala besar dikalangan masyarakat.

Pada dasarnya kesehatan gigi dan mulut yang dapat menimbulkan bau mulut dapat terjadi dari berbagai penyebab. Oleh karena itu sangat penting halnya untuk mengetahui sebab dan akibat dari penyebab timbulnya bau mulut. Bau mulut sebenarnya terjadi pada tiap manusia, namun skala yang ditimbulkan memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh sebab-sebab yang ada dalam tubuh seseorang tersebut. Seperti halnya dari akibat pola menyikat gigi yang kurang benar, kondisi gigi dan mulut yang kurang bersih, adanya bakteri dalan mulut yang berlebihan, gusi yang bermasalah, gigi berlubang, mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, sampai disebabkan oleh keadaan tubuh yang kurang sehat seperti panas dalam, sisitem pencernaan yang kurang sehat dan penyakit dalam tubuh lainnya. Selain itu bau mulut dapat diderita oleh siapa saja dengan kondisi yang sangat menyengat meskipun seseorang tersebut sudah melakukan perawatan dengan baik, untuk hal yang seperti demikian, dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter agar dapat diselesaikan dengan tepat.

Pembahasan dari yang dapat menimbulkan bau mulut :
1. Sikat gigi tidak teratur
Sikat gigi yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan cara menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang standart sebanyak 2x dalam satu hari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Seseorang dapat juga menyikat giginya lebih dari 2x, namun hal ini akan dapat menyebabkan terjadinya masalah dalam kesehatan mulut karena dapat merusak lapisan gigi dan struktur gigi. Disarankan pula cara menyikat gigi tidak boleh dilakukan dengan cara yang keras, karena dapat mengubah pola struktur gigi. Pada seseorang yang menyikat giginya kurang dari 2x dalam satu hari, hal ini akan menyebabkan munculnya masalah pada kebersihan gigi dan mulut sehingga dapat meyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

2. Gigi berlubang
Gigi berlubang merupakan masalah kerusakan gigi yang banyak dialami karena kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi sehingga kuman yang ada dalam mulut dapat merusak gigi. Gigi yang berlubang biasanya tidak terjangkau oleh sikat gigi dalam proses membersihkannya, sehingga pada bagian tertentu mengandung kuman yang tidak dapat dihilangkan, sehingga hal ini akan menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Untuk hal seperti ini disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi dan menutup lubang gigi yang terbuka.

3. Kuman yang berlebihan
Pada dasarnya mulut memiliki banyak kandungan yang ditimbulkan seperti kandungan air liur dalam mulut yang berfungsi untuk membantu memecahkan makanan. Dalam kandungan ini tercampur dengan makanan yang dapat menimbulkan kuman, jika yang diproduksi oleh tubuh dengan jenis kandungan yang pekat, makan hal ini dapat menimbulkan lebih banyaknya kuman yang ada dalam mulut. Sehingga dapat menyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

4. Gusi bermasalah (Membengkak)
Gusi membengkak adalah penyakit yang timbul pada gusi gigi. Hal ini dapat menghambat dalam proses membersihkan kuman yang ada dalam mulut. Pada dasarnya gusi yang bermasalah sudah menimbulkan bau yang tidak sedap namun dengan kondisi seperti ini proses pembersihannya pun juga kurang maksimal sehingga dapat menimbulkan bau mulut yang menyengat. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera mengobati penyakit terlebih dahulu dengan obat yang telah disarankan oleh dokter.
5. Panas Dalam
Panas dalam merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat kurangnya ketahanan tubuh terhadap virus biasanya menimbulkan rasa kurang nyaman pada tenggorokan, hal ini juga menimbulkan sariawan. Dari kedua akibat tersebut juga dapat menjadi sebab bau mulut yang menyengat

6. Sistem Pencernaan Kurang Sehat
Sistem pencernaan yang kurang sehat, dapat mengeluarkan gas dari dalam lambung saat kita melakukan komunikasi atau bernafas. Dengan kondisi yang kurang baik, gas ini dapat muncul menjadi bau mulut yang kurang sedap. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya untuk menyembuhkan atau mengembalikan kondisi pencernaan pada keadaan normal dengan mengonsumsi makanan yang berserat dan bervitamin tinggi sehingga dapat menormalkan kondisi pencernaan anda.

7. Mengonsumsi makanan berbau menyengat.
Mengonsumsi makan makannan yang berbau menyengat dapat menyebabkan terjadinya bau mulut yang tidak sedap pula. Seperti mengonsumsi jengkol, pete, buah durian dll. Jenis makanan seperti ini dapat menimbulkan bau mulut yang kurang sedap karena aroma dari makanan yang melekat dalam rongga mulut sulit untuk hilang, hal ini bisa diatasi dengan membersihkan dengan cara sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur setelah mengonsumsi makanan tersebut. Namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang makanan ini akan menimbulkan bau mulut yang berkepanjangan pula karena jika sering dikonsumsi juga akan mempengaruhi besar kecilnya aroma yang melekat pada bagian rongga mulut dan akan menimbulkan munculnya gas dari dalam sistem pencernaan yang keluar dari mulut menjadi tidak sedap pula. Maka dapat disarankan bahwa jika mengonsumsi makan makanan yang memiliki aroma yang menyengat hendaklah membersihkannya dengan cepat agar aroma dari makanan tidak melekat dalam mulut. Mengonsumsi makanan seperti ini juga disarankan untuk tidak terlalu sering, karena untuk menjaga kondisi tubuh anda dari makan makanan yang berlebihan juga menjaga dari kesehatan sistem pencernaan anda.

8. Timbulnya Plak gigi
Plak gigi merupakan jenis plak berwarna kuning yang timbul di sela-sela gigi, dinding dan permukaan gigi. Hal ini terjadi biasanya karena kebersihan gigi dan mulut jarang diperhatikan sehingga timbul plak-plak. Plak dalam jumlah tertentu dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan semakin lama akan merusak dinding gigi. Selain itu plak juga dapat terbentuk akibat pada salah satu sisi gigi tidak digunakan untuk memecah makanan sehingga akan muncul plak. Pada kondisi ini disarankan untuk memeriksakan kondisi gigi setiap 6 bulan sekali pada dokter gigi.
Penderita bau mulut memiliki frekuensi yang berbeda-beda, namun pada kondisi ini sangat mengganggu penampilan dan mengganggu kepercayaan diri pada seseorang tersebut, dengan demikian patutlah kita menjaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari bau mulut yang kurang sedap.

Untuk menghindari hal tersebut pada dasarnya hanyalah menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara membersihkan secara rutin 2x dalam sehari dan menambhakan obat kumur jika diperlukan, serta mengonsumsi makan makanan yang sehat untuk menjaga kondisi tubuh dan sistem pencernaan seperti banyak mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan susu. Untuk mengatasi dari cara sikat gigi yang berlebihan anda cukup dengan berkumur pada saat setelah makan. Ganti sikat gigi anda selama 3 bulan 1x agar terhindar dari banyaknya kuman yang terdapat pada sikat gigi dan terhindar dari kondisi sikat yang sudah tidak dapat bekerja secara maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Tinggal di Kota Besar Berisiko Buat Wanita Lebih Cepat Tua

Tinggal di Kota Besar Berisiko Buat Wanita Lebih Cepat Tua

Tempat di mana kita tinggal ternyata berpengaruh pada proses penuaan kulit. Kabar buruk bagi para wanita yang tinggal di perkotaan, kulit mereka bisa menua lebih cepat ketimbang wanita yang hidup di pedesaan.Studi yang dilakukan oleh Procter & Gamble mengungkapkan fakta mengejutkan. Wanita yang hidup di pedesaan atau pinggiran kota terlihat awet muda lebih lama sementara yang tinggal di kota, terutama kota-kota besar menua 10 persen lebih cepat.Perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik dan produk perawatan rumah tangga itu meneliti 200 wanita dengan usia antara 30 dan 45 untuk membandingkan kualitas kesehatan kulit antara mereka yang tinggal di kota dan desa. Kedua kelompok wanita memiliki gaya hidup yang sama dan juga terekspos sinar matahari dalam jumlah sebanding.Wanita pedesaan dilaporkan memiliki risiko penuaan lebih tinggi akibat paparan sinar matahari. Hal ini kemungkinan disebabkan karena sebagian besar dari mereka keluar rumah tanpa menggunakan krim tabir surya. Namun yang mengejutkan, hasil studi menunjukkan proses penuaan justru lebih buruk terjadi pada kelompok wanita di perkotaan.Dari hasil studi yang dipimpin oleh Profesor Wei Liu, seorang dermatologis dari R [...]

Ayo Cegah Kanker Serviks!

Ayo Cegah Kanker Serviks!

Oleh: dr. Jessica Florencia Bulan Januari merupakan bulan yang diperingati dunia sebagai bulan kewaspadaan kanker serviks. Kanker ini merupakan salah satu kanker yang sangat berbahaya dan mematikan karena letaknya yang agak terselubung dan tidak memberi gejala sama sekali di stadium awal. Di Indonesia, hampir setiap jam terdapat kematian 1 orang wanita karena kanker serviks. Untuk itu pengertian terhadap penyakit ini, cara mendeteksi dini dan pencegahannya adalah faktor penting dalam mencegah kematian wanita karena kanker serviks. Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: Hindari rokok, baik merokok secara aktif maupun pasif. Jangan melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan atau berganti-ganti pasangan. Jika Anda atau pasangan Anda sedang menderita infeksi menular seksual, sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu sampai infeksi tersebut sudah ditangani dan terobati tuntas. Hindari hubungan seksual di usia muda (di bawah 20 tahun). Lakukan pemeriksaan deteksi dini secara rutin. Tes Pap sebaiknya dilakukan wajib dan rutin setiap 3 tahun sekali pada wanita usia 21-65 tahun. Mendapatkan vaksin untuk melawan HPV. Vaksin melaw [...]

Memang Benar Herba, Tapi Efek Ganja Tetap Beracun

Memang Benar Herba, Tapi Efek Ganja Tetap Beracun

Menggunakan ganja mungkin tidak berbahaya, tapi efek ganja dapat memengaruhi tubuh dan pikiran jika terus-terusan dikonsumsi dalam jangka panjang. Mariyuana atau ganja adalah obat-obatan herba yang terdiri dari daun, bunga, dan tunas tanaman Cannabis sativa. Ganja sering kali diisap seperti rokok pipa atau rokok ?lintingan?. Namun, ganja juga bisa dijadikan bahan makanan atau diseduh menjadi teh. Masyarakat Aceh, Medan, dan Padang terkenal menggunakan sedikit ganja untuk bumbu tambahan pada masakan tradisional mereka. Banyak orang menggunakan ganja untuk membuat mereka merasa santai atau sangat bahagia (high), menghilangkan nyeri sakit atau nyeri saraf, atau merasa lapar sehingga bisa makan lebih banyak. Di luar negeri, selain banyak digunakan untuk tujuan kesenangan, ganja juga dipelajari sebagai pengobatan potensial untuk berbagai kondisi seperti nyeri kronis dan multiple sclerosis. Selain itu, ganja diduga mampu membantu mengurangi tekanan mata pada penderita glaukoma. Namun, jika dikonsumsi terus-menerus, dalam jangka waktu lama dengan dosis berlebihan, akan timbul efek ganja yang tidak baik bagi kesehatan. Efek Ganja Akibat Penggunaan Tanpa Resep Dokter Ganja termasuk ke da [...]

Duh, Pakai Antiperspirant Terus-Menerus Bisa Buat Ketiak Bertambah Bau

Duh, Pakai Antiperspirant Terus-Menerus Bisa Buat Ketiak Bertambah Bau

Keringat berlebih bisa menyebabkan aroma tubuh tak sedap. Maka dari itu banyak pria dan wanita yang menggunakan antiperspirant untuk mencegah atau keringat keluar dari ketiak, dengan tujuan terbebas dari bau badan selama beraktivitas.Tapi tahukan Anda, antiperspirant justru berpotensi membuat aroma tubuh jadi makin menyengat, jika digunakan dalam jangka panjang? Berbeda dengan deodoran yang berfungsi mencegah bau badan, cara kerja antiperspirant adalah mengurangi produksi keringat sehingga ketiak selalu kering. Itulah sebabnya dinamakan antiperspirant, yang berarti anti-keringat.Berdasarkan penelitian yang dilakukan Chris Callewaert, seorang ahli biologi di Ghent University, Belgia, orang yang menggunakan antiperspirant secara rutin mungkin saja akan mengalami masalah bau badan yang lebih berat nantinya. Apa sebabnya?Pertama-tama Anda perlu mengetahui terlebih dahulu karakter keringat di dalam tubuh. Sebagian besar keringat yang keluar dari tubuh sebenarnya tidak berbau. Keringat yang keluar karena suhu udara panas diproduksi oleh kelenjar ekrin, yaitu kelenjar yang tersebar di seluruh permukaan tubuh. Sementara keringat yang disebabkan oleh stres, ketakutan, gelisah dan rangsan [...]

9 Kebiasaan Ini Baik Diterapkan untuk Menjaga Kesehatan Gigi

9 Kebiasaan Ini Baik Diterapkan untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Kerusakan pada gigi biasanya dikaitkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, seperti permen dan sejenisnya. Pada kenyataannya segala makanan yang mengandung karbohidrat dapat membuat gigi berlubang. Bagaimana cara mengatasinya?Plak yang bercampur dengan karbohidrat akan membentuk asam sehingga merusak email gigi dan membuatnya berlubang. Oleh sebab itu Anda harus rajin melakukan perawatan gigi. Di bawah ini beberapa tips untuk meminimalisir jumlah asam, sehingga dapat mencegah kerusakan pada gigi, dilansir dari She Knows.1. Makan makanan yang sehat dan seimbang. Selain karbohidrat Anda juga memerlukan tambahan nutrisi seperti vitamin dan mineral agar gigi dan gusi tetap sehat.2. Berikan jeda waktu antara makan dan ngemil. Ini membantu gigi agar tidak selalu terkena asam. Karena setelah makan, asam akan terbentuk antara 20 ? 40 menit.3. Minuman dengan gula tambahan seperti jus, teh dan kopi akan membentuk asam pada gigi. Batasi minum minuman dengan gula tamabahan. Termasuk juga memakan permen lollipop.4. Bila memungkinkan minumlah air yang mengandung florida. Air dan florida akan membantu membersihkan dan melindungi gigi.5. Jangan membiarkan bayi terla [...]

Penanganan Sinusitis Bisa Dilakukan di Rumah

Penanganan Sinusitis Bisa Dilakukan di Rumah

Sinusitis biasa disebut inflamasi atau peradangan pada dinding sinus dan merupakan penyakit yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Sinus sendiri adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Biasanya penderita tidak perlu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala sinusitis yang ringan. Hal ini karena virus yang menyebabkan sinusitis akan hilang dengan sendirinya sekitar dua hingga tiga minggu. Penanganan untuk mengurangi peradangan pun bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Rasa sakit pada sinus terjadi karena adanya infeksi yang menyebabkan selaput lendir dalam hidung dan sinus meradang. Ketika meradang, selaput lendir akan membengkak kemudian menghalangi pembuangan cairan dari sinus ke hidung dan tenggorokan. Mikroorganisme pun bisa berkembang pada sinus yang tidak dapat mengalir dengan benar. Sinusitis yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam hitungan minggu tanpa harus berobat ke dokter. Ada beberapa penanganan sederhana untuk mengurangi rasa sakit yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Memperbanyak minum air putih Jika Anda memiliki masalah sinus, perbanyaklah minum air putih atau jus buah [...]

7 Cara Mengetahui Anda Sudah Cukup Berolahraga

7 Cara Mengetahui Anda Sudah Cukup Berolahraga

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh journal of Medicine and Science menunjukkan bahwa kebanyakan pria dan wanita telah merasa melakukan olahraga dengan cukup. Ada yang berpendapat, sudah melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mengepel dan mencuci sudah termasuk olahraga dan cukup menjawab kebutuhan kesehatan tubuh. Atau ada juga yang berpendapat, sudah melakukan jogging 15 menit, asal keluar keringat, sudah cukup untuk menjawab kebutuhan wajib olahraga hariannya. (Baca: Pekerjaan Rumah Tangga, Termasuk Olahraga atau Bukan?) Sudah cukup benarkah demikian? Nah, ada beberapa cara berikut ini yang dapat membantu Anda mengukur apakah yang Anda lakukan sudah cukup berolahraga, tidak berlebih dan tidak kurang, antara lain: Catat di jurnal Anda dapat menuliskan catatan atau note mengenai aktivitas berolahraga Anda seperti: jumlah hari atau kapan saja Anda berolahraga, intensitas dan jumlahnya. Jika Anda sudah mendapat catatan dari rekam kegiatan Anda, akan sangat mudah melakukan konsultasi atau bahkan mengukur ke diri sendiri, sudah cukupkah Anda melakukan olahraga. Atau Anda dapat mempermudah diri dengan menggunakan aplikasi smartphone yang dewasa ini tumbuh menjamur b [...]

Cerita Wanita yang Rutin Minum Air Seninya Agar Sehat dan Awet Muda

Cerita Wanita yang Rutin Minum Air Seninya Agar Sehat dan Awet Muda

Awet muda menjadi dambaan banyak wanita. Demi memiliki penampilan yang tak termakan usia, wanita pun rela melakukan berbagai hal. Termasuk wanita asal Inggris ini yang mengaku rutin minum air seninya.Selama 20 tahun terakhir, wanita bernama Sylvia Chandler itu mengaku tidak pernah lupa minum air seninya sendiri di pagi hari. Menurut Sylvia air seni itu bukan hanya membuatnya awet muda tapi juga sehat. "Pria terkadang terkejut saat aku memberitahukan umurku. Aku meminum segelas urin di pagi hari dan beberapa gelas lagi sepanjang hari. Rasanya lezat, seperti air, tapi lebih manis," kata wanita berusia 63 tahun itu dalam wawancara dengan Closer, seperti dikutip Daily Mail.Sylvia bukan hanya mengonsumsi urin dengan diminum. Dia juga menggunakan air seninya itu untuk mencuci rambut dan wajahnya. Semua rutinitas itu diklaimnya, membuatnya selalu sehat."Aku tidak pernah pergi ke dokter dalam satu dekade terakhir. Aku tidak pernah sakit demam dan berhasil menjaga berat badanku tetap pada ukuran 10," ujarnya. Sylvia mulai tertarik mengonsumsi urin sebagai terapi kesehatan setelah dia mulai berbisnis toko kesehatan pengobatan alami di Birmingham, Inggris. Ketika pertamakali minum urin, di [...]

‘Demam’ Orang Dewasa yang Hobi Mewarnai, Buku Gambar Kini Laris Manis

‘Demam’ Orang Dewasa yang Hobi Mewarnai, Buku Gambar Kini Laris Manis

Mewarnai buku gambar kini sedang tren di kalangan orang dewasa, khususnya wanita. Buku-buku mewarnai pun laris manis di situs belanja online. Beberapa bulan terakhir, tepatnya April 2015, dua dari daftar buku terlaris di Amazon adalah buku mewarnai.Hal yang sama juga terjadi di Booktopia, toko buku online terbesar di Australia. Menurut Head of Product dan Chief Buyer Booktopia John Purcell, penjualan buku mewarnai untuk orang dewasa ini meningkat tajam sejak dipasarkan pada Maret 2015. Kepada Business Insider, John mengatakan bahwa kini Booktopia telah memasok ratusan eksemplar buku mewarnai. Dalam sebulan, toko buku online tersebut bisa menjual hingga puluhan ribu buku saat ini."Penjualan di tahun lalu bahkan tidak ada. Jadi ada peningkatan persentase yang sangat, sangat besar di sini," ujar John.Dia menambahkan kini hampir semua perusahaan penerbit, baik besar atau kecil membuat buku mewarnai khusus dewasa. John pun memprediksi bahwa hobi mewarnai buku gambar ini akan berlangsung cukup lama, bukan sekadar tren yang 'numpang lewat'. "Saya tidak melihat tren ini akan cepat berlalu. Kan ada Natal, liburan musim panas. Di Prancis, asal mula berkembangnya tren ini, bertahan hingga [...]

Anak Susah Makan Akibat Batuk?

Anak Susah Makan Akibat Batuk?

Batuk pada anak-anak umumnya disebabkan oleh infeksi virus dan tidak berbahaya. Namun semua orangtua pasti merasa khawatir apabila anaknya terus-menerus batuk. Meski biasanya gejala batuk dapat menghilang dengan sendirinya, segeralah periksakan ke dokter jika batuk menetap lebih dari 1 minggu disertai keluhan demam tinggi, napas cepat, perubahan suara napas, dan muntah. Biasanya anak yang sedang sakit akan mengalami kesulitan makan. Mereka menjadi kurang nafsu makan, bahkan tidak mau makan sama sekali. Jika terjadi berhari-hari, hal ini tentu akan mengganggu kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi anak yang sulit makan akibat batuk: 1. Cukup istirahat Butuh banyak energi bagi anak untuk melawan infeksi. Selain itu, jauhkan anak dari stres, jika anak sedang sekolah atau ada masalah di rumah, berikan dia istirahat. Istirahat yang cukup dapat membantu proses penyembuhan penyakit. Berikut halaman selanjutnya kiat lainnya untuk mengatasi anak sulit selera makan ketika batuk. Anak Susah Makan Akibat Batuk? 2. Cukupi kebutuhan cairan anak Konsumsi cairan yang cukup dapat membantu mencegah dehidrasi, menurunkan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *