8 Penyebab Bau Mulut dan Tips Menghilangkannya

penyebab-bau-mulut

Masalah kesehatan mulut merupakan bagian kesehatan yang banyak terabaikan dilakangan masyarakat karena perawatan yang membutuhkan ketelatenan dan rutinitas yang sedikit rumit. Sehingga banyak masyarakat yang melakukan perawatan kesehatan mulut dengan cara sederhana seperti menggosok gigi seperlunya seperti yang dilakukan oleh orang yang telah terdahulu melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulutnya. Dengan banyaknya kalangan masyarakat yang juga tidak memiliki pendidikan sekolah yang baik, merupakan hal yang dapat memicu timbulnya masalah penyakit gigi dan mutul dengan skala besar dikalangan masyarakat.

Pada dasarnya kesehatan gigi dan mulut yang dapat menimbulkan bau mulut dapat terjadi dari berbagai penyebab. Oleh karena itu sangat penting halnya untuk mengetahui sebab dan akibat dari penyebab timbulnya bau mulut. Bau mulut sebenarnya terjadi pada tiap manusia, namun skala yang ditimbulkan memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh sebab-sebab yang ada dalam tubuh seseorang tersebut. Seperti halnya dari akibat pola menyikat gigi yang kurang benar, kondisi gigi dan mulut yang kurang bersih, adanya bakteri dalan mulut yang berlebihan, gusi yang bermasalah, gigi berlubang, mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, sampai disebabkan oleh keadaan tubuh yang kurang sehat seperti panas dalam, sisitem pencernaan yang kurang sehat dan penyakit dalam tubuh lainnya. Selain itu bau mulut dapat diderita oleh siapa saja dengan kondisi yang sangat menyengat meskipun seseorang tersebut sudah melakukan perawatan dengan baik, untuk hal yang seperti demikian, dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter agar dapat diselesaikan dengan tepat.

Pembahasan dari yang dapat menimbulkan bau mulut :
1. Sikat gigi tidak teratur
Sikat gigi yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan cara menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang standart sebanyak 2x dalam satu hari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Seseorang dapat juga menyikat giginya lebih dari 2x, namun hal ini akan dapat menyebabkan terjadinya masalah dalam kesehatan mulut karena dapat merusak lapisan gigi dan struktur gigi. Disarankan pula cara menyikat gigi tidak boleh dilakukan dengan cara yang keras, karena dapat mengubah pola struktur gigi. Pada seseorang yang menyikat giginya kurang dari 2x dalam satu hari, hal ini akan menyebabkan munculnya masalah pada kebersihan gigi dan mulut sehingga dapat meyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

2. Gigi berlubang
Gigi berlubang merupakan masalah kerusakan gigi yang banyak dialami karena kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi sehingga kuman yang ada dalam mulut dapat merusak gigi. Gigi yang berlubang biasanya tidak terjangkau oleh sikat gigi dalam proses membersihkannya, sehingga pada bagian tertentu mengandung kuman yang tidak dapat dihilangkan, sehingga hal ini akan menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Untuk hal seperti ini disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi dan menutup lubang gigi yang terbuka.

3. Kuman yang berlebihan
Pada dasarnya mulut memiliki banyak kandungan yang ditimbulkan seperti kandungan air liur dalam mulut yang berfungsi untuk membantu memecahkan makanan. Dalam kandungan ini tercampur dengan makanan yang dapat menimbulkan kuman, jika yang diproduksi oleh tubuh dengan jenis kandungan yang pekat, makan hal ini dapat menimbulkan lebih banyaknya kuman yang ada dalam mulut. Sehingga dapat menyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

4. Gusi bermasalah (Membengkak)
Gusi membengkak adalah penyakit yang timbul pada gusi gigi. Hal ini dapat menghambat dalam proses membersihkan kuman yang ada dalam mulut. Pada dasarnya gusi yang bermasalah sudah menimbulkan bau yang tidak sedap namun dengan kondisi seperti ini proses pembersihannya pun juga kurang maksimal sehingga dapat menimbulkan bau mulut yang menyengat. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera mengobati penyakit terlebih dahulu dengan obat yang telah disarankan oleh dokter.
5. Panas Dalam
Panas dalam merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat kurangnya ketahanan tubuh terhadap virus biasanya menimbulkan rasa kurang nyaman pada tenggorokan, hal ini juga menimbulkan sariawan. Dari kedua akibat tersebut juga dapat menjadi sebab bau mulut yang menyengat

6. Sistem Pencernaan Kurang Sehat
Sistem pencernaan yang kurang sehat, dapat mengeluarkan gas dari dalam lambung saat kita melakukan komunikasi atau bernafas. Dengan kondisi yang kurang baik, gas ini dapat muncul menjadi bau mulut yang kurang sedap. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya untuk menyembuhkan atau mengembalikan kondisi pencernaan pada keadaan normal dengan mengonsumsi makanan yang berserat dan bervitamin tinggi sehingga dapat menormalkan kondisi pencernaan anda.

7. Mengonsumsi makanan berbau menyengat.
Mengonsumsi makan makannan yang berbau menyengat dapat menyebabkan terjadinya bau mulut yang tidak sedap pula. Seperti mengonsumsi jengkol, pete, buah durian dll. Jenis makanan seperti ini dapat menimbulkan bau mulut yang kurang sedap karena aroma dari makanan yang melekat dalam rongga mulut sulit untuk hilang, hal ini bisa diatasi dengan membersihkan dengan cara sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur setelah mengonsumsi makanan tersebut. Namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang makanan ini akan menimbulkan bau mulut yang berkepanjangan pula karena jika sering dikonsumsi juga akan mempengaruhi besar kecilnya aroma yang melekat pada bagian rongga mulut dan akan menimbulkan munculnya gas dari dalam sistem pencernaan yang keluar dari mulut menjadi tidak sedap pula. Maka dapat disarankan bahwa jika mengonsumsi makan makanan yang memiliki aroma yang menyengat hendaklah membersihkannya dengan cepat agar aroma dari makanan tidak melekat dalam mulut. Mengonsumsi makanan seperti ini juga disarankan untuk tidak terlalu sering, karena untuk menjaga kondisi tubuh anda dari makan makanan yang berlebihan juga menjaga dari kesehatan sistem pencernaan anda.

8. Timbulnya Plak gigi
Plak gigi merupakan jenis plak berwarna kuning yang timbul di sela-sela gigi, dinding dan permukaan gigi. Hal ini terjadi biasanya karena kebersihan gigi dan mulut jarang diperhatikan sehingga timbul plak-plak. Plak dalam jumlah tertentu dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan semakin lama akan merusak dinding gigi. Selain itu plak juga dapat terbentuk akibat pada salah satu sisi gigi tidak digunakan untuk memecah makanan sehingga akan muncul plak. Pada kondisi ini disarankan untuk memeriksakan kondisi gigi setiap 6 bulan sekali pada dokter gigi.
Penderita bau mulut memiliki frekuensi yang berbeda-beda, namun pada kondisi ini sangat mengganggu penampilan dan mengganggu kepercayaan diri pada seseorang tersebut, dengan demikian patutlah kita menjaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari bau mulut yang kurang sedap.

Untuk menghindari hal tersebut pada dasarnya hanyalah menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara membersihkan secara rutin 2x dalam sehari dan menambhakan obat kumur jika diperlukan, serta mengonsumsi makan makanan yang sehat untuk menjaga kondisi tubuh dan sistem pencernaan seperti banyak mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan susu. Untuk mengatasi dari cara sikat gigi yang berlebihan anda cukup dengan berkumur pada saat setelah makan. Ganti sikat gigi anda selama 3 bulan 1x agar terhindar dari banyaknya kuman yang terdapat pada sikat gigi dan terhindar dari kondisi sikat yang sudah tidak dapat bekerja secara maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat wortel bagi kesehatan? tentu orang langsung menjawab bahwa wortel bagus untuk mata. Tapi sebenarnya selain itu, wortel yang tinggi beta-karoten dapat membantu dalam pembentukan kulit. Tanaman sayur yang mempunyai nama latin dacus carota ini memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Wortel juga membantu mencegah dan mengobati jerawat ketika diserutkan dan ditempelkan di kulit muka. Wortel juga baik untuk meningkatkan penglihatan dan baik untuk wanita hamil. Jus wortel juga baik untuk kencing manis serta bertindak sebagai racun yang hebat. Manfaat wortel yang jelas untuk kesehatan tubuh, adalah; Jerawat dan Bekas Jerawat Minum jus wortel setiap hari dapat mencegah jerawat. Beta karoten membantu dalam penyembuhan jaringan yang terluka dan membantu masa pertumbuhan sel-sel baru pada kulit. Wortel juga membantu keluarnya racun dari tubuh dan membersihkan hati. Wortel juga memuliki banyak anti-oksidan di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mata Tingginya beta-karoten dalam wortel membantu melindungi mata dan meningkatkan kejernihan mata. Karoten juga sangat baik untuk kesehatan mata dan menjaganya. Kandungan karoten di dalam wortel membantu menc [...]

6 Cara Cepat Mengatasi Jantung Berdebar

6 Cara Cepat Mengatasi Jantung Berdebar

Anda sering mengalami jantung berdebar? Sulit ditampik, terutama jika Anda mengalami situasi yang mencetuskan kegugupan dan kepanikan. Semisal seperti ketika menjalani kencan pertama, bertemu calon mertua pertama kali, atau bahkan mengalami demam panggung. Sekitar 36 juta kali setahun jantung manusia berdetak. Tak heran jika seringkali Anda merasa jantung Anda sesekali kehilangan iramanya dan Anda merasa jantung Anda berdetak lebih cepat. Untuk beberapa keadaan, hal ini wajar adanya. Meskipun demikian ada beberapa kondisi klinis yang pantas diwaspadai jika kondisi jantung berdebar telah berlangsung cukup lama. Meskipun demikian, untuk beberapa kondisi yang wajar, ada beberapa kiat untuk mengatasinya. Bagaimana tips cepat mengatasinya jika Anda berdebar-debar? Cara #1: Duduk dan Angkat Kaki Menjadi Lebih Tinggi dari Jantung Sesaat Anda menyadari jantung Anda bedetak tidak seirama, cobalah lakukan ini: Duduk dan angkatlah kaki Anda lebih tinggi dari jantung. Tarik nafas dalam dan perlahan, biarkan rongga perut Anda membesar seiring dengan setiap helaan nafas. Tanpa Anda sadari, posisi ini sebetulnya membuat Anda sedikit rileks. Namun pada prinsip [...]

Kandung Kemih Babi: Menumbuhkan Organ Tubuh yang Rusak

Kandung Kemih Babi: Menumbuhkan Organ Tubuh yang Rusak

Terobosan Ilmu Kedokteran Meninggalkan Metode Amputasi Bubuk yang mengandung ekstrak kandung kemih babi yang dulunya dipakai untuk menumbuhkan kembali ligmen dari kuda, kini telah terbukti dapat menumbuhkan jaringan yang rusak seperti jari terpotong. Bubuk itu diklaim baik untuk penyembuhan luka dan dapat menumbuhkan organ tubuh yang rusak. Penemuan ini berawal ketika pemilik toko di Cincinnati, AS, yang bernama Lee Spievack mengalami jari tengah terpotong seperempat bagian ketika ingin menunjukkan ke pelanggannya bahwa motor model pesawat yang dijualnya tajam dan berbahaya, namun dikemudian hari ia tidak pernah menyangka bahwa ia akan mengalami misteri medis yang akan berpengaruh besar pada dunia kesehatan. Bukannya mengikuti saran dokter dengan melakukan cangkok kulit untuk menutup bagian atas jarinya setelah amputasi, Spievack mengikuti saran saudara laki-lakinya Alan untuk menaburkan bubuk putih yang merupakan ekstrak kandung kemih babi setiap dua harinya. Selain pernah menjadi ahli bedah Harvard, Alan menjalankan perusahaan bernama ACell Inc. yang membuat ekstrak kandung kemih babi yang dulunya dibuat untuk menumbuhkan kembali ligmen kuda. Dalam waktu empat minggu, jari Spieva [...]

Jangan Jadikan Anak Anda Perokok Pasif!

Jangan Jadikan Anak Anda Perokok Pasif!

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di medical journal Lancet British mengatakan, 1 persen kematian dari seluruh dunia disebabkan karena menjadi perokok pasif. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari tahun 2004 dan mencakup 192 negara, terdapat sekitar 600.000 perokok pasif meninggal setiap tahunnya. Angka kematian ini juga harus ditambah dengan sekitar 5,1 juta penduduk di seluruh dunia yang meninggal setiap tahunnya karena menjadi perokok aktif. Menurut para peneliti dari studi yang dibiayai oleh Swedish National Board of Health and Welfare and Bloomberg Philanthropies ini, merokok pasif menyebabkan sekitar 379.000 kematian karena jantung, 165.000 kematian karena penyakit pernapasan, 36.900 kematian karena asma, dan 21.400 kematian karena kanker paru-paru dalam setahun. Studi ini dapat membantu kita untuk lebih mengerti dan peduli akan dampak dan korban dari perokok. Kadang para orang tua sering kali menjaga anaknya agar terhindar dari hal-hal yang berbahaya seperti meninggalkan anaknya di ujung jalan sendiri, namun ironisnya, merokok di depan anak mereka dianggap tidak berbahaya bagi mereka. Telah tercatat 40% anak-anak dan 30% perempuan maupun pria yang tidak [...]

‘Mommychi’: Aplikasi yang Membantu Ibu Pantau Perkembangan Anak

‘Mommychi’: Aplikasi yang Membantu Ibu Pantau Perkembangan Anak

PeduliSehat.info - Anda lupa kapan jadwal imunisasi anak berikutnya? Atau Anda perlu kemudahan pemantauan perkembangan dan pertumbuhan anak via handphone atau tablet Anda? Kini perkembangan teknologi kembali menawarkan kemudahan bagi manusia. Kini telah hadir sebuah aplikasi mobile untuk melakukan memantau kesehatan ibu dan anak, yakni Mommychi. Mommychi adalah aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh PT. Kalbe Farma Tbk. (Kalbe), diluncurkan pada Rabu (15/01). Mommychi dirancang untuk para ibu modern guna mencatat kesehatan dan perkembangan secara terstruktur agar terpantau dengan baik. Guna kebutuhan untuk pemenuhan nutrisi dan gizi dapat terpenuhi sejak awal kehamilan hingga masa tumbuh kembang buah hati di usia 1000 hari pertamanya. ?Peluncuran Aplikasi ini menjadi bagian dari kepedulian Kalbe untuk Indonesia lebih sehat, mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang anak, serta sejalan dengan program pemerintah tentang Gerakan 1000 hari pertama kehidupan sebagai upaya percepatan pencapaian Milenium Development Goals,? demikian jelas oleh Direktur PT Kalbe Farma Tbk., Vidjongtius. Hal senada mengenai pentingnya 1.000 hari pertama keh [...]

Tiga Cara Menghindari Operasi Plastik Gagal

Tiga Cara Menghindari Operasi Plastik Gagal

Operasi plastik bisa membuat penampilan seseorang menjadi lebih baik. Namun ada pula yang mendapatkan hasil mengecewakan akibat operasi plastik yang dijalaninya gagal, seperti mendapati bentuk wajah yang tidak beraturan pascaoperasi. Bagi Anda yang ingin memperbaiki penampilan dengan jalan ini, coba simak 3 cara yang perlu dilakukan agar terhindar dari operasi plastik gagal berikut ini. Pilih Ahli Bedah yang Tepat Memilih ahli bedah yang berkualitas dan berpengalaman adalah modal utama untuk meraih bentuk tubuh yang Anda impikan. Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mendapatkan ahli bedah yang tepat adalah memastikan apakah ahli bedah itu sudah terdaftar di Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetika Indonesia (PERAPI) atau belum. Jika Anda tidak menemukan namanya terdaftar di PERAPI, lebih baik tinggalkan dan beralihlah ke ahli bedah lain yang beroperasi di rumah sakit atau klinik. Hindari merombak tubuh Anda di salon-salon kecantikan yang menyediakan jasa suntik silikon. Tindakan ini biasanya dilakukan oleh sumber daya manusia yang tidak memadai. Risiko dari mulai operasi plastik gagal hingga kematian sangat tinggi jika tubuh Anda ditangani oleh ? [...]

Menikmati Makanan Penurun Kolesterol

Menikmati Makanan Penurun Kolesterol

Menurunkan kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan langkah konsumsi nutrisi yang tepat. Jika selama ini pola makan yang Anda terapkan memicu kolesterol tinggi, maka kini saatnya mengubah apa yang Anda makan untuk menekan kadar kolesterol. Tapi apa yang dimaksud kolesterol? Kolesterol adalah lemak yang dapat ditemukan di dalam darah, yang dibutuhkan sel tubuh. Selain diproduksi tubuh secara alami, kolesterol didapat dari makanan. Kolesterol terbagi dalam dua jenis, yaitu LDL (low-density lipoprotein) dan HDL (high-density lipoprotein). LDL sering disebut kolesterol jahat, sementara HDL adalah kolesterol baik. Jika LDL dapat meningkatkan risiko sakit jantung, serangan jantung dan stroke, maka HDL mampu menekan risiko penyakit tersebut. Risiko Akibat Mengidap Kolesterol Tinggi Terlalu banyak kolesterol masuk ke dalam tubuh, kemungkinan akan menumpuk pada arteri sehingga arteri mengeras dan mulai tersumbat (angina). Kelebihan kolesterol dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke lantaran peradangan dan pembekuan darah. Mengatur pola makan berperan sangat penting dalam menurunkan kolesterol yang tinggi. Kemampuan makanan dalam menekan kolesterol dalam tubuh berbeda-beda. Ada yang [...]

Menabung Kalsium Untuk Kesehatan Tulang

Menabung Kalsium Untuk Kesehatan Tulang

Menabung kalsium untuk kesehatan tulang sangatlah penting untuk masa depan nanti. Asupan kalsium mempengaruhi pencapaian massa tulang puncak dan juga zat ini mampu dengan baik mempertahankan kerangka tulang sepanjang hidup. Kalsium adalah zat gizi yang penting, yang melibatkan sangat banyak proses metabolisis dan memberikan kekuatan mekanis pada tulang. Sebanyak 90 persen beban tubuh menempel dan disanggah oleh tulang. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Tulang yang menjadi pilar utama tubuh juga berfungsi melindungi jantung, paru-paru, otak dan organ lainnya dari luka akibat benturan. Apalagi ada fakta yang menyebutkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan tulang hanya terjadi sampai usaia 20 tahun, sedangkan mulai usia 30 tahun proses pertumbuhan tulang akan menurun, kalah dengan proses perusakannya. Fakta inilah yang sering ditekankan oleh para ahli medis kesehatan tulang agar kita serius menjaga kesehatan tulang, salah satunya dengan cara menabung kalsium sejak dini. Tulang merupakan jaringan yang hidup sangat dinamis dan akan selalu mengalami proses perusakan serta pembentukan kembali. Berkurangnya pembentukan massa tulang juga dipengaruhi oleh [...]

Solusi Kebotakan dengan Transplantasi Rambut

Solusi Kebotakan dengan Transplantasi Rambut

Transplantasi rambut merupakan suatu tindakan bedah yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik dengan memindahkan dan menanam rambut dari area donor (biasanya pada area tengkuk) ke area yang menipis atau botak. Mengapa bisa terjadi kebotakan? Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kebotakan, diantaranya adalah: Hormonal Stres Penuaan Obat-obatan Genetika. Kerontokan rambut juga dapat disebabkan oleh luka bakar atau trauma, sehingga operasi transplantasi rambut merupakan suatu pilihan. Mengapa area donor rambut adalah area tengkuk? Berikut penjelasannya: Mengapa Area Donor Rambut adalah Area Tengkuk? Kebotakan atau dalam istilah medis disebut dengan alopecia, paling sering disebabkan oleh faktor hormonal. Pada pria, kebotakan itu sendiri biasanya dimulai dari area dahi dan puncak kepala. Sedangkan pada wanita biasanya dimulai dari puncak kepala atau belahan rambut. Rambut pada area tengkuk sendiri merupakan area rambut yang paling tahan akan hormon dan fluktuasi hormonal sehingga rambut pada area tersebut yang dipilih sebagai donor. Apa saja risiko dan efek samping transplantasi rambut? Seperti halnya prosedur operasi lainnya, transplanta [...]

7 Cara Paling Efektif Hilangkan Stres, Tak Perlu ke Spa atau Liburan

7 Cara Paling Efektif Hilangkan Stres, Tak Perlu ke Spa atau Liburan

Setiap orang tentu pernah mengalami stres. Baik itu karena masalah pekerjaan, percintaan atau keluarga. Jika stres dibiarkan berlarut-larut, tak ayal bisa membuat kesehatan fisik maupun psikis menurun dan berujung pada depresi. Pergi ke spa atau rekreasi bisa menjadi cara untuk meredakan stres. Tapi ada cara lain yang lebih murah dan mudah. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan uang. Ini tujuh cara terbaik untuk mengusir stres, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Cari Udara SegarKeluarlah di pagi hari untuk mendapatkan udara segar. Penelitian menyebutkan bahwa produksi vitamin D dalam tubuh yang dipicu oleh paparan sinar matahari pagi bisa meningkatkan hormon bahagia serotonin. Menikmati pemandangan, suara-suara dan aroma pagi di sekitar juga akan mengalihkan pikiran Anda dari kekhawatiran. Tidak bisa keluar rumah karena tinggal di perkotaan yang sibuk dan macet? Tempatkanlah beberapa tanaman di rumah atau apartemen Anda. Studi yang dilakukan Washington State University menemukan, menaruh tanaman di dekat meja kerja akan menurunkan tekanan darah, yang artinya stres jadi berkurang.2. Lakukan Rutinitas MenyenangkanSetiap harinya, pasti ada satu rutinitas yang kita sukai. Entah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *