8 Penyebab Bau Mulut dan Tips Menghilangkannya

penyebab-bau-mulut

Masalah kesehatan mulut merupakan bagian kesehatan yang banyak terabaikan dilakangan masyarakat karena perawatan yang membutuhkan ketelatenan dan rutinitas yang sedikit rumit. Sehingga banyak masyarakat yang melakukan perawatan kesehatan mulut dengan cara sederhana seperti menggosok gigi seperlunya seperti yang dilakukan oleh orang yang telah terdahulu melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulutnya. Dengan banyaknya kalangan masyarakat yang juga tidak memiliki pendidikan sekolah yang baik, merupakan hal yang dapat memicu timbulnya masalah penyakit gigi dan mutul dengan skala besar dikalangan masyarakat.

Pada dasarnya kesehatan gigi dan mulut yang dapat menimbulkan bau mulut dapat terjadi dari berbagai penyebab. Oleh karena itu sangat penting halnya untuk mengetahui sebab dan akibat dari penyebab timbulnya bau mulut. Bau mulut sebenarnya terjadi pada tiap manusia, namun skala yang ditimbulkan memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh sebab-sebab yang ada dalam tubuh seseorang tersebut. Seperti halnya dari akibat pola menyikat gigi yang kurang benar, kondisi gigi dan mulut yang kurang bersih, adanya bakteri dalan mulut yang berlebihan, gusi yang bermasalah, gigi berlubang, mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, sampai disebabkan oleh keadaan tubuh yang kurang sehat seperti panas dalam, sisitem pencernaan yang kurang sehat dan penyakit dalam tubuh lainnya. Selain itu bau mulut dapat diderita oleh siapa saja dengan kondisi yang sangat menyengat meskipun seseorang tersebut sudah melakukan perawatan dengan baik, untuk hal yang seperti demikian, dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter agar dapat diselesaikan dengan tepat.

Pembahasan dari yang dapat menimbulkan bau mulut :
1. Sikat gigi tidak teratur
Sikat gigi yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan cara menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang standart sebanyak 2x dalam satu hari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Seseorang dapat juga menyikat giginya lebih dari 2x, namun hal ini akan dapat menyebabkan terjadinya masalah dalam kesehatan mulut karena dapat merusak lapisan gigi dan struktur gigi. Disarankan pula cara menyikat gigi tidak boleh dilakukan dengan cara yang keras, karena dapat mengubah pola struktur gigi. Pada seseorang yang menyikat giginya kurang dari 2x dalam satu hari, hal ini akan menyebabkan munculnya masalah pada kebersihan gigi dan mulut sehingga dapat meyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

2. Gigi berlubang
Gigi berlubang merupakan masalah kerusakan gigi yang banyak dialami karena kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi sehingga kuman yang ada dalam mulut dapat merusak gigi. Gigi yang berlubang biasanya tidak terjangkau oleh sikat gigi dalam proses membersihkannya, sehingga pada bagian tertentu mengandung kuman yang tidak dapat dihilangkan, sehingga hal ini akan menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Untuk hal seperti ini disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi dan menutup lubang gigi yang terbuka.

3. Kuman yang berlebihan
Pada dasarnya mulut memiliki banyak kandungan yang ditimbulkan seperti kandungan air liur dalam mulut yang berfungsi untuk membantu memecahkan makanan. Dalam kandungan ini tercampur dengan makanan yang dapat menimbulkan kuman, jika yang diproduksi oleh tubuh dengan jenis kandungan yang pekat, makan hal ini dapat menimbulkan lebih banyaknya kuman yang ada dalam mulut. Sehingga dapat menyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

4. Gusi bermasalah (Membengkak)
Gusi membengkak adalah penyakit yang timbul pada gusi gigi. Hal ini dapat menghambat dalam proses membersihkan kuman yang ada dalam mulut. Pada dasarnya gusi yang bermasalah sudah menimbulkan bau yang tidak sedap namun dengan kondisi seperti ini proses pembersihannya pun juga kurang maksimal sehingga dapat menimbulkan bau mulut yang menyengat. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera mengobati penyakit terlebih dahulu dengan obat yang telah disarankan oleh dokter.
5. Panas Dalam
Panas dalam merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat kurangnya ketahanan tubuh terhadap virus biasanya menimbulkan rasa kurang nyaman pada tenggorokan, hal ini juga menimbulkan sariawan. Dari kedua akibat tersebut juga dapat menjadi sebab bau mulut yang menyengat

6. Sistem Pencernaan Kurang Sehat
Sistem pencernaan yang kurang sehat, dapat mengeluarkan gas dari dalam lambung saat kita melakukan komunikasi atau bernafas. Dengan kondisi yang kurang baik, gas ini dapat muncul menjadi bau mulut yang kurang sedap. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya untuk menyembuhkan atau mengembalikan kondisi pencernaan pada keadaan normal dengan mengonsumsi makanan yang berserat dan bervitamin tinggi sehingga dapat menormalkan kondisi pencernaan anda.

7. Mengonsumsi makanan berbau menyengat.
Mengonsumsi makan makannan yang berbau menyengat dapat menyebabkan terjadinya bau mulut yang tidak sedap pula. Seperti mengonsumsi jengkol, pete, buah durian dll. Jenis makanan seperti ini dapat menimbulkan bau mulut yang kurang sedap karena aroma dari makanan yang melekat dalam rongga mulut sulit untuk hilang, hal ini bisa diatasi dengan membersihkan dengan cara sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur setelah mengonsumsi makanan tersebut. Namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang makanan ini akan menimbulkan bau mulut yang berkepanjangan pula karena jika sering dikonsumsi juga akan mempengaruhi besar kecilnya aroma yang melekat pada bagian rongga mulut dan akan menimbulkan munculnya gas dari dalam sistem pencernaan yang keluar dari mulut menjadi tidak sedap pula. Maka dapat disarankan bahwa jika mengonsumsi makan makanan yang memiliki aroma yang menyengat hendaklah membersihkannya dengan cepat agar aroma dari makanan tidak melekat dalam mulut. Mengonsumsi makanan seperti ini juga disarankan untuk tidak terlalu sering, karena untuk menjaga kondisi tubuh anda dari makan makanan yang berlebihan juga menjaga dari kesehatan sistem pencernaan anda.

8. Timbulnya Plak gigi
Plak gigi merupakan jenis plak berwarna kuning yang timbul di sela-sela gigi, dinding dan permukaan gigi. Hal ini terjadi biasanya karena kebersihan gigi dan mulut jarang diperhatikan sehingga timbul plak-plak. Plak dalam jumlah tertentu dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan semakin lama akan merusak dinding gigi. Selain itu plak juga dapat terbentuk akibat pada salah satu sisi gigi tidak digunakan untuk memecah makanan sehingga akan muncul plak. Pada kondisi ini disarankan untuk memeriksakan kondisi gigi setiap 6 bulan sekali pada dokter gigi.
Penderita bau mulut memiliki frekuensi yang berbeda-beda, namun pada kondisi ini sangat mengganggu penampilan dan mengganggu kepercayaan diri pada seseorang tersebut, dengan demikian patutlah kita menjaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari bau mulut yang kurang sedap.

Untuk menghindari hal tersebut pada dasarnya hanyalah menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara membersihkan secara rutin 2x dalam sehari dan menambhakan obat kumur jika diperlukan, serta mengonsumsi makan makanan yang sehat untuk menjaga kondisi tubuh dan sistem pencernaan seperti banyak mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan susu. Untuk mengatasi dari cara sikat gigi yang berlebihan anda cukup dengan berkumur pada saat setelah makan. Ganti sikat gigi anda selama 3 bulan 1x agar terhindar dari banyaknya kuman yang terdapat pada sikat gigi dan terhindar dari kondisi sikat yang sudah tidak dapat bekerja secara maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Terkena ‘Demam’ Mewarnai, Wanita Pun Rela Keluarkan Jutaan Rupiah

Terkena ‘Demam’ Mewarnai, Wanita Pun Rela Keluarkan Jutaan Rupiah

Mewarnai buku gambar untuk orang dewasa sedang diminati oleh para wanita modern. Beberapa wanita bahkan rela merogeh kroscek hingga jutaan rupiah demi mempunyai buku gambar serta alat pewarnaannya. Berikut cerita wanita yang terkena 'demam' mewarnai.Theralea Gustiany (35 Tahun)Theralea Gustiany menjadi salah satu wanita yang saat ini sedang ketagihan mewarnai. Ia sudah memiliki hampir dua lusin buku gambar untuk orang dewasa walaupun belum semuanya diselesaikan. Wanita yang akrab dipanggil Lea ini juga memiliki dua buku yang diimpor dari Amerika. Ia mengaku menitip temannya langsung ketika pergi ke negeri Paman Sam itu. Buku yang dimaksud adalah buku mewarnai khusus orang dewasa karya Johanna Basford berjudul 'Secret Garden' dan 'Enchanted Forest'. Lea mengatakan bahwa kedua buku tersebut populer di dunia dan menjadi incaran orang-orang yang gemar menggambar serta mewarnai. Buku itu memang dibuat untuk diwarnai oleh orang dewasa karena gambarnya rumit juga detail. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu untuk satu buku.Sayangnya buku laris itu belum masuk ke Indonesia dan hanya bisa dipesan secara online. Selain buku, Lea juga mempunyai koleksi pensil warna [...]

Setelah Berapa Lama Underwear ‘Expired’ dan Harus Ganti Baru?

Setelah Berapa Lama Underwear ‘Expired’ dan Harus Ganti Baru?

Menggunakan pakaian dalam seperti bra dan panties sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Jika tidak menggunakannya, seolah ada suatu bagian yang hilang dan kita justru merasa tidak nyaman. Maka tak heran setiap wanita pasti memiliki cukup banyak underwear untuk digunakan sehari-hari. Underwear untuk sehari-hari ini bisa dipakai hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tergantung kualitas bahan pakaian tersebut. Wanita baru terpikir membeli celana dalam baru, setelah yang lama sudah sobek atau kendur. Terkadang wanita pun bertanya-tanya kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk membeli underwear baru? Beberapa orang berpendapat sebaiknya celana dalam rutin diganti setiap enam bulan sekali atau di bawah satu tahun demi alasan kesehatan dan kebersihan. Namun Melynda Romaully Purnamasari selaku kepala divisi marketing Wacoal Indonesia mengatakan sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk menggantinya. Cobalah lakukan pemeriksaan terlebih dahulu."Coba cek saja panties-nya, apakah karet dipinggang masih bagus dan layak pakai? Atau kira-kira jahitannya masih rapi dan tidak longgar? Kalau selama kondisinya masih bagus silahkan saja dipakai dan yang penting tahu cara mer [...]

Sedihnya Jadi Orang Kegemukan, Dipermalukan Setidaknya 1 Kali Seminggu

Sedihnya Jadi Orang Kegemukan, Dipermalukan Setidaknya 1 Kali Seminggu

Overweight atau kegemukan bukan hanya bisa menyebabkan masalah kesehatan. Berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan menurunnya kepercayaan diri. Riset terbaru mengungkapkan menurut orang-orang dengan tubuh kegemukan mereka setidaknya mengalami penghinaan satu kali dalam seminggu.Penelitian tersebut dilakukan terhadap 2.573 mantan orang overweight. Seperti dikutip Female First, para responden yang dulunya gemuk ini sudah berhasil menurunkan berat badannya. Seseorang dikatakan mengalami kegemukan jika indeks masa tubuhnya antara 25 sampai 30.Ribuan responden yang pernah gemuk ini ditanya apakah mereka pernah dihina atau dipermalukan karena bentuk tubuh mereka. Dan menurut hasil riset ada dua dari lima responden yang mengaku mengalami penghinaan setidkanya satu kali seminggu. Penghinaan ini paling sering datang dari penjaga toko baju, teman, orang yang lewat dekat mereka, lawan jenis dan anak remaja yang sengaja memotret mereka.Menyikapi hasil survei tersebut, Profesor James Stubss ketua dari jurusan perubahan perilaku dan manajemen berat badan di Universitas Derby dan peneliti senior di Slimming World, meminta agar masyarakat lebih bersimpati pada orang-orang overweight. Pe [...]

Makanan Pendamping ASI Untuk Si Buah Hati

Makanan Pendamping ASI Untuk Si Buah Hati

Apakah Anda sudah memberikan ASI eksklusif kepada bayi Anda? Dikatakan ASI eksklusif bila pemberian ASI berlangsung hingga usia 6 bulan tanpa disertai pemberian susu formula atau makanan tambahan. Lalu kapankah saat pemberian makanan tambahan yang tepat? Banyak orangtua yang menyalah-artikan MP-ASI. MP-ASI merupakan makanan pendamping ASI, bukan makanan pengganti ASI. Dikatakan pendamping, berarti bila sudah waktunya diberikan makanan pendamping ini, bukan berarti pemberian ASI harus dihentikan. Pemberian ASI sangat baik jika dilanjutkan hingga usia 2 tahun. (baca: Manfaat Air Susu Ibu) Usia 6 bulan dianggap merupakan saat yang tepat untuk pemberian MP-ASI. Pada usia ini, saluran pencernaan bayi sudah cukup mampu untuk menerima makanan selain ASI. Selain itu, pada usia ini, kebutuhan gizi bayi sudah tidak lagi tercukupi hanya dengan pemberian ASI sehingga dibutuhkan sumber nutrient lain untuk mencukupi kebutuhannya. Untuk pemberian MP-ASI ini dimulai secara perlahan-lahan dan bertahap. Saat awal bisa diberikan makanan yang dicairkan, kemudian baru diberikan makanan yang lebih kental. Dapat dimulai dengan: pemberian bubur susu jus buah kemudian tim saring lalu tim cincang [...]

Liburan Panjang Buat Otak Kurang Produktif

Liburan Panjang Buat Otak Kurang Produktif

Musim liburan akan segera tiba, saatnya membuat rencana liburan panjang bersama keluarga. Tapi hati-hati, menurut survei kelamaan liburan bisa buat produktivitas otak menurun.Sejak tahun 2004 hingga 2008, The Hartford, sebuah perusahaan asuransi di Connecticut melakukan survei dan menganalisa lebih dari 1 juta kasus kemunduran otak atau short-term disability akibat liburan panjang. Para pakar menduga hal itu disebabkan karena pada saat liburan otak jarang diasah.Di Amerika, short-term disability diketahui banyak terjadi pada bulan November dan Desember. Namun pada bulan Januari dan Februari, penyakit kemunduran otak sesaat itu justru diikuti dengan berbagai penyakit seperti depresi, sakit pernapasan dan luka-luka. Sebanyak dua pertiga partisipan diketahui mengalami gejala tersebut.Gejala seperti itu bukan sesuatu yang aneh lagi di sana. Hal ini karena pada saat itu suhu cuaca rendah akibat musim dingin bisa bantu tingkatkan risiko flu, batuk, gangguan pernapasan, kecelakaan dan depresi."Orang-orang sangat senang ketika libur panjang tiba karena mereka bisa berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Tapi ketika bulan Januari datang dan mereka harus kembali menjalani rutinitas ker [...]

Berteman Baik di Kantor Bisa Bikin Panjang Umur

Berteman Baik di Kantor Bisa Bikin Panjang Umur

Berteman baik dengan rekan kerja ternyata bisa bikin umur panjang. Sebuah studi dari Jurnal Health Pscychology menjelaskan bahwa mereka yang hubungan sosialnya kurang baik di kantor beisiko mati lebih cepat dalam kurun waktu 20 tahun."Selama hari kerja kita tidak punya banyak waktu bertemu teman di luar kantor. Tempat kerja harus menjadi tempat yang bisa diandalkan untuk mendapatkan dukungan emosional." ujar Dr Sharon Toker dari Tel Aviv University kepada The Telegraph.Studi dilakukan kepada 820 orang dewasa dari semua jenis lapangan kerja, antara umur 25 hingga 65 tahun yang rata-rata bekerja 8.8 jam sehari. Mereka dipantau kebiasaan fisik dan mentalnya, mulai dari merokok, kegemukan hingga depresi.Di akhir studi, 53 pasien meninggal. Ditemukan mereka ini tidak menjalin hubungan sosial yang baik dengan para rekan kerjanya, seperti yang dilaporkan oleh New York Times. Perlu dicamkan, kematian bukan disebabkan secara langsung oleh faktor sosial ini, namun hanya korelasi saja.Ide berteman dengan rekan kerja baik untuk kesehatan bukan hal baru. Studi jurnal PLoS Medicine tahun lalu juga telah menemukan bahwa orang yang memiliki koneksi kerja yang buruk, mati lebih cepat dalam kurun [...]

Cara & Manfaat Mengurangi Kecanduan Teknologi Bagi Kesehatan

Cara & Manfaat Mengurangi Kecanduan Teknologi Bagi Kesehatan

Banyak penelitian yang menunjukkan dampak negatif dari kecanduan teknologi. Mulai dari mata lelah sampai paparan radiasi. Lalu bagaimana cara mengurangi kecanduan teknologi?Seperti yang dikutip dari Prevention Internasional, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa radiasi telepon genggam berakibat buruk terhadap tubuh manusia. Radiasi tersebut bisa meningkatkan risiko terkena tumor telinga, kanker otak dan mengurangi jumlah sperma hingga 30 persen.Selain telepon genggam, layar komputer atau laptop juga memberikan efek negatif pada kesehatan seseorang, terutama mata. Fokus pada layar monitor terlalu lama bisa menyebabkan mata tegang dan lelah. Tampilan layar komputer yang terlalu terang juga bisa mempercepat kelelahan pada mata.Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengurangi pemakaian teknologi. Menurut Larry Rosen, PhD, penulis 'iDisorder: Understanding Our Obsession with Technology and Overcoming Its Hold on Us', Anda tak perlu menyingkirkan gadget selamanya, tetapi lakukan beberapa tips di bawah ini:1. Buat BatasanMembawa smartphone kemanapun Anda pergi akan merangsang otak untuk selalu melihatnya. Dr Rosen menyarankan untuk membuat jadwal 'istirahat dari teknologi'. Misalnya, [...]

5 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

5 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) sebaiknya tidak dianggap remeh karena bisa menimbulkan komplikasi terutama untuk jantung. Tekanan darah yang tidak normal bisa membuat seseorang berisiko mengalami serangan jantung, stroke dan bahkan disfungsi ereksi. Hal itu kadang tidak diketahui oleh orang tersebut, kecuali jika tekanan darahnya sangat tinggi. Seperti dikutip dari Menshealth, ada cara-cara yang menyenangkan dan mudah untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal, yaitu:1. Mengonsumsi dark chocolatePenelitian di Italia tahun 2008 menemukan orang yang mengonsumsi dark chocolate setiap hari selama 15 hari bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) sebesar 4,5 poin dan diastoliknya sebesar 4,2 poin. Tetapi pilihlan cokelat yang mengandung antioksidan dan 65 persen kakao.2. Melakukan hubungan seksPria yang melakukan hubungan seks dua kali seminggu memiliki risiko 65 persen lebih rendah terkena serangan jantung, dibandingkan yang hanya sekali sebulan. Penelitian yang dilakukan oleh New England Research Institute, menunjukkan tekanan darah yang lebih rendah dan respons pembuluh darah yang lebih baik dalam keadaan stres pada mereka yang rajin melakukan seks [...]

Sering Terbangun dari Tidur di Malam Hari? 4 Hal Ini Penyebabnya

Sering Terbangun dari Tidur di Malam Hari? 4 Hal Ini Penyebabnya

Pukul 10 atau 11 malam, Anda dengan mudahnya tertidur lelap. Namun begitu pukul 3 pagi, Anda terbangun dengan mata terbuka lebar dan tidak sedikit pun merasa ngantuk. Sering atau bahkan setiap malam mengalami kejadian serupa? Kondisi ini disebut dengan mid-insomnia atau kesulitan menjaga tidur yang terbilang normal.Dijelaskan James Findley, Ph.D., direktur klinis dari Behavioral Sleep Medicine Program di University of Pennsylvania, ada tiga siklus tidur yang terjadi setiap malamnya. Dimulai dari tidur nyenyak yang dalam, tidur dengan kesadaran sedang hingga tidur ringan. Tapi ada kalanya ketika sedang tidur lelap, fase tidur tiba-tiba bergerak ke tahapan tidur yang lebih ringan sehingga besar kemungkinan akan terbangun. Alhasil banyak orang yang mengalami 'tidur terpecah' saat dini hari. "Biasanya Anda akan bangun, mengubah posisi tidur dan kembali tidur. Itu hal yang normal dan bukan masalah," ujar James, seperti dikutip dari Huffington Post. Namun jika Anda terbangun di malam atau dini hari, dan sulit tertidur lagi lebih dari 30 menit selama tiga sampai empat hari dalam seminggu, maka kemungkinan Anda mengalami gangguan tidur yang lebih serius. Apa saja penyebabnya?1. Faktor U [...]

Menyederhanakan Anatomi Otak yang Rumit

Menyederhanakan Anatomi Otak yang Rumit

Otak adalah organ yang mengatur pemikiran seseorang. Otak pula yang mengendalikan perilaku, emosi, gerakan, dan sensasi pada tubuh. Fungsinya yang sangat penting didukung oleh sistem kerjanya yang rumit. Namun tidak perlu khawatir, Anda dapat memahami anatomi otak secara lebih sederhana. Otak adalah salah satu organ manusia yang paling kompleks dan terdiri lebih dari 100 miliar saraf. Seluruh saraf tersebut saling terkait di dalam sistem yang menghubungkan otak dengan seluruh tubuh, suatu kondisi yang memungkinkan gerakan terjadi hampir dalam sekejap. Beragam Fungsi Otak terdiri dari beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda. Otak besar atau cerebrum terbagi menjadi dua belahan otak. Di bagian bawah belahan otak terdapat otak kecil atau disebut cerebellum yang terhubung dengan batang otak yang tersambung dengan saraf tulang belakang. Otak besar Cerebrum atau otak besar merupakan bagian terbesar otak, yaitu mencapai 85 persen. Saat manusia berpikir, termasuk menyimpan memori jangka pendek dan panjang, otak besar yang berperan menanganinya. Otak besar juga mengendalikan otot yang digerakkan dengan sengaja. Otak besar terdiri dari belahan kanan dan kini. Belahan otak kanan menge [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *