8 Penyebab Bau Mulut dan Tips Menghilangkannya

penyebab-bau-mulut

Masalah kesehatan mulut merupakan bagian kesehatan yang banyak terabaikan dilakangan masyarakat karena perawatan yang membutuhkan ketelatenan dan rutinitas yang sedikit rumit. Sehingga banyak masyarakat yang melakukan perawatan kesehatan mulut dengan cara sederhana seperti menggosok gigi seperlunya seperti yang dilakukan oleh orang yang telah terdahulu melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulutnya. Dengan banyaknya kalangan masyarakat yang juga tidak memiliki pendidikan sekolah yang baik, merupakan hal yang dapat memicu timbulnya masalah penyakit gigi dan mutul dengan skala besar dikalangan masyarakat.

Pada dasarnya kesehatan gigi dan mulut yang dapat menimbulkan bau mulut dapat terjadi dari berbagai penyebab. Oleh karena itu sangat penting halnya untuk mengetahui sebab dan akibat dari penyebab timbulnya bau mulut. Bau mulut sebenarnya terjadi pada tiap manusia, namun skala yang ditimbulkan memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh sebab-sebab yang ada dalam tubuh seseorang tersebut. Seperti halnya dari akibat pola menyikat gigi yang kurang benar, kondisi gigi dan mulut yang kurang bersih, adanya bakteri dalan mulut yang berlebihan, gusi yang bermasalah, gigi berlubang, mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, sampai disebabkan oleh keadaan tubuh yang kurang sehat seperti panas dalam, sisitem pencernaan yang kurang sehat dan penyakit dalam tubuh lainnya. Selain itu bau mulut dapat diderita oleh siapa saja dengan kondisi yang sangat menyengat meskipun seseorang tersebut sudah melakukan perawatan dengan baik, untuk hal yang seperti demikian, dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter agar dapat diselesaikan dengan tepat.

Pembahasan dari yang dapat menimbulkan bau mulut :
1. Sikat gigi tidak teratur
Sikat gigi yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan cara menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang standart sebanyak 2x dalam satu hari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Seseorang dapat juga menyikat giginya lebih dari 2x, namun hal ini akan dapat menyebabkan terjadinya masalah dalam kesehatan mulut karena dapat merusak lapisan gigi dan struktur gigi. Disarankan pula cara menyikat gigi tidak boleh dilakukan dengan cara yang keras, karena dapat mengubah pola struktur gigi. Pada seseorang yang menyikat giginya kurang dari 2x dalam satu hari, hal ini akan menyebabkan munculnya masalah pada kebersihan gigi dan mulut sehingga dapat meyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

2. Gigi berlubang
Gigi berlubang merupakan masalah kerusakan gigi yang banyak dialami karena kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi sehingga kuman yang ada dalam mulut dapat merusak gigi. Gigi yang berlubang biasanya tidak terjangkau oleh sikat gigi dalam proses membersihkannya, sehingga pada bagian tertentu mengandung kuman yang tidak dapat dihilangkan, sehingga hal ini akan menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Untuk hal seperti ini disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi dan menutup lubang gigi yang terbuka.

3. Kuman yang berlebihan
Pada dasarnya mulut memiliki banyak kandungan yang ditimbulkan seperti kandungan air liur dalam mulut yang berfungsi untuk membantu memecahkan makanan. Dalam kandungan ini tercampur dengan makanan yang dapat menimbulkan kuman, jika yang diproduksi oleh tubuh dengan jenis kandungan yang pekat, makan hal ini dapat menimbulkan lebih banyaknya kuman yang ada dalam mulut. Sehingga dapat menyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

4. Gusi bermasalah (Membengkak)
Gusi membengkak adalah penyakit yang timbul pada gusi gigi. Hal ini dapat menghambat dalam proses membersihkan kuman yang ada dalam mulut. Pada dasarnya gusi yang bermasalah sudah menimbulkan bau yang tidak sedap namun dengan kondisi seperti ini proses pembersihannya pun juga kurang maksimal sehingga dapat menimbulkan bau mulut yang menyengat. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera mengobati penyakit terlebih dahulu dengan obat yang telah disarankan oleh dokter.
5. Panas Dalam
Panas dalam merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat kurangnya ketahanan tubuh terhadap virus biasanya menimbulkan rasa kurang nyaman pada tenggorokan, hal ini juga menimbulkan sariawan. Dari kedua akibat tersebut juga dapat menjadi sebab bau mulut yang menyengat

6. Sistem Pencernaan Kurang Sehat
Sistem pencernaan yang kurang sehat, dapat mengeluarkan gas dari dalam lambung saat kita melakukan komunikasi atau bernafas. Dengan kondisi yang kurang baik, gas ini dapat muncul menjadi bau mulut yang kurang sedap. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya untuk menyembuhkan atau mengembalikan kondisi pencernaan pada keadaan normal dengan mengonsumsi makanan yang berserat dan bervitamin tinggi sehingga dapat menormalkan kondisi pencernaan anda.

7. Mengonsumsi makanan berbau menyengat.
Mengonsumsi makan makannan yang berbau menyengat dapat menyebabkan terjadinya bau mulut yang tidak sedap pula. Seperti mengonsumsi jengkol, pete, buah durian dll. Jenis makanan seperti ini dapat menimbulkan bau mulut yang kurang sedap karena aroma dari makanan yang melekat dalam rongga mulut sulit untuk hilang, hal ini bisa diatasi dengan membersihkan dengan cara sikat gigi dan berkumur dengan obat kumur setelah mengonsumsi makanan tersebut. Namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang makanan ini akan menimbulkan bau mulut yang berkepanjangan pula karena jika sering dikonsumsi juga akan mempengaruhi besar kecilnya aroma yang melekat pada bagian rongga mulut dan akan menimbulkan munculnya gas dari dalam sistem pencernaan yang keluar dari mulut menjadi tidak sedap pula. Maka dapat disarankan bahwa jika mengonsumsi makan makanan yang memiliki aroma yang menyengat hendaklah membersihkannya dengan cepat agar aroma dari makanan tidak melekat dalam mulut. Mengonsumsi makanan seperti ini juga disarankan untuk tidak terlalu sering, karena untuk menjaga kondisi tubuh anda dari makan makanan yang berlebihan juga menjaga dari kesehatan sistem pencernaan anda.

8. Timbulnya Plak gigi
Plak gigi merupakan jenis plak berwarna kuning yang timbul di sela-sela gigi, dinding dan permukaan gigi. Hal ini terjadi biasanya karena kebersihan gigi dan mulut jarang diperhatikan sehingga timbul plak-plak. Plak dalam jumlah tertentu dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan semakin lama akan merusak dinding gigi. Selain itu plak juga dapat terbentuk akibat pada salah satu sisi gigi tidak digunakan untuk memecah makanan sehingga akan muncul plak. Pada kondisi ini disarankan untuk memeriksakan kondisi gigi setiap 6 bulan sekali pada dokter gigi.
Penderita bau mulut memiliki frekuensi yang berbeda-beda, namun pada kondisi ini sangat mengganggu penampilan dan mengganggu kepercayaan diri pada seseorang tersebut, dengan demikian patutlah kita menjaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari bau mulut yang kurang sedap.

Untuk menghindari hal tersebut pada dasarnya hanyalah menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara membersihkan secara rutin 2x dalam sehari dan menambhakan obat kumur jika diperlukan, serta mengonsumsi makan makanan yang sehat untuk menjaga kondisi tubuh dan sistem pencernaan seperti banyak mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan susu. Untuk mengatasi dari cara sikat gigi yang berlebihan anda cukup dengan berkumur pada saat setelah makan. Ganti sikat gigi anda selama 3 bulan 1x agar terhindar dari banyaknya kuman yang terdapat pada sikat gigi dan terhindar dari kondisi sikat yang sudah tidak dapat bekerja secara maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Kesalahan Umum Saat Mandi yang Bisa Ganggu Kesehatan

6 Kesalahan Umum Saat Mandi yang Bisa Ganggu Kesehatan

Mandi, rutinitas harian yang tentu tidak pernah terlewatkan dan kelihatannya sederhana untuk dilakukan. Mandi membuat tubuh bersih, merasa segar dan meremajakan. Namun banyak orang memiliki kebiasaan mandi yang justru menimbulkan efek negatif daripada positif. Ya, masih banyak yang tidak tahu bagaimana membersihkan diri dengan cara yang benar, dan ini enam kesalahan yang paling umum dilakukan ketika mandi, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Keramas Setiap HariSebagian orang merasa harus keramas setiap hari untuk menghindari rambut jadi berminyak dan lepek. Tapi semakin sering Anda keramas, rambut justru akan lebih berminyak. Selain membersihkan kotoran, sampo juga menghilangkan minyak alami dari rambut dan kulit kepala. Kekeringan pada rambut memicu kulit kepala untuk memproduksi lebih banyak minyak agar selalu terjaga kelembabannya. Alhasil, produksi minyak jadi berlebihan dan justru membuat rambut semakin berminyak dan menyebabkan ketombe. Sebaiknya cuci rambut Anda dua atau tiga hari sekali untuk memberi waktu bagi minyak agar bisa menyebar hingga ke ujung rambut, menutrisi dan membuatnya sehat. 2. Mandi Air PanasMandi air panas menimbulkan sensasi relaksasi yang menyamanka [...]

Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Minuman Ringan dan Cara Membatasinya

Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Minuman Ringan dan Cara Membatasinya

Saat cuaca panas, minuman ringan yang disajikan dingin memang dapat menyegarkan tenggorokan yang memacu semangat dan stamina ketika beraktivitas. Namun sebaiknya, batasi diri saat meminumnya karena minuman bersoda atau yang kadar gulanya tinggi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.Sebuah studi menunjukkan bahwa meminum soda atau minuman ringan bisa meningkatkan risiko kegemukan, kerusakan pada gigi dan kurangnya kepadatan tulang. Minuman ringan mempunyai kalori cukup tinggi yang menyulitkan penurunan berat badan sehingga dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung bahkan kanker.Menurut National Heart Foundation di Australia, di dalam satu kaleng kemasan minuman bersoda dapat membuat berat badan naik sebanyak 6,75 kilogram per tahun. Bukan hanya minuman ringan atau minuman bersoda, minuman lain yang tinggi akan kadar gula seperti minuman olahraga, minuman berenergi juga menimbulkan dampak negatif apabila dikonsumsi terlalu sering.Dalam sebuah penelitian yang dilakukan dalam rangka kampanye bertema The Rethink Sugary Drink di Australia, dijelaskan bahwa terdapat lebih kurang 16 bungkus gula pada satu botol 600 mililiter minuman manis. Menurut data statistik, diketa [...]

Kista, Hambatan Wanita Memiliki Keturunan?

Kista, Hambatan Wanita Memiliki Keturunan?

Hal yang paling menakutkan bagi tiap wanita adalah ketika dirinya tidak bisa memiliki keturunan. Selama ini yang beredar di masyarakat, sulit memiliki keturunan erat kaitannya dengan wanita yang terdiagnosis memiliki kista pada indung telurnya (ovarium). Benarkah demikian? Pendapat tersebut tidak selamanya benar. Jenis kista ovarium ada banyak dan beberapa di antaranya dapat memengaruhi kesuburan Anda seperti kista endometrioma yang disebabkan oleh endometriosis. Lalu ada pula kista yang disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik (PCOS). Kondisi ini ditandai oleh banyaknya kista kecil pada ovarium. PCOS juga bisa mengganggu siklus menstruasi dan tingkat hormon Anda. Meski begitu, kesempatan untuk hamil masih ada jika Anda memiliki dua jenis kista di atas. Namun untuk memperoleh kehamilan, dibutuhkan penanganan yang tepat. Selain itu, ada pula jenis kista yang umumnya tidak memengaruhi kesuburan Anda seperti kista fungsional, kista dermoid, dan kista cystadenomas. Kesuburan hanya akan terganggu jika kista jenis ini bertumbuh sangat besar. Kista fungsional. Kista ini umum terjadi selama siklus menstruasi. Kista jenis ini tidak memengaruhi kesuburan Anda. Kehadirannya justru menun [...]

5 Fakta vs Mitos Seputar Diet

5 Fakta vs Mitos Seputar Diet

Tubuh langsing dan sehat merupakan impian banyak orang. Namun perlu Anda ketahui bahwa tujuan yang seharusnya Anda capai bukanlah sekedar penampilan yang baik, namun juga tubuh yang sehat. Banyak cara untuk membuat tubuh sehat, salah satunya adalah menjaga berat badan ideal. Salah satu cara untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan melakukan diet. Namun ada beberapa mitos seputar diet yang perlu Anda ketahui. Yuk, kita simak satu per satu. 1. Mitos: Minum air dingin bikin gemuk Fakta: Salah. Suhu sebuah minuman, baik itu hangat atau dingin tidaklah berhubungan dengan kegemukan seorang. Yang paling penting Anda perhatikan adalah kandungan kalori dalam minuman tersebut. Tentu minuman bersoda memiliki lebih banyak kalori dibandingkan air putih. Mitos #1: Minum air dingin bikin gemuk Fakta: Salah. Suhu sebuah minuman, baik itu hangat atau dingin tidaklah berhubungan dengan kegemukan seorang. Hal yang paling penting Anda perhatikan adalah kandungan kalori dalam minuman tersebut. Meskipun ada anggapan air dingin akan menyulitkan pencernaan lemak di perut Anda, hal yang paling berperan dalam minuman yang dapat membuat Anda lebih gemuk adalah kandungan kalori [...]

Jangan Sepelekan Batuk yang Anda Alami

Jangan Sepelekan Batuk yang Anda Alami

Batuk merupakan respons tubuh yang normal untuk mengeluarkan iritan atau benda asing yang berada di tenggorokan atau saluran napas. Iritan tersebut akan menstimulasi saraf di otak untuk merangsang batuk. Udara di paru-paru akan dipaksa untuk keluar dengan tekanan tinggi. Batuk dapat terjadi secara disengaja (volunter) atau refleks tubuh secara langsung (involunter). Berdasarkan waktunya, batuk dibagi menjadi batuk akut dan kronik. Normalnya batuk akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu kurang dari 2 minggu, jika batuk menetap sebaiknya segera periksakan ke dokter karena bisa jadi Anda memiliki penyakit serius. Berikut ini adalah beberapa penyebab batuk berdasarkan waktunya: Batuk akut Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) seperti influenza, laryngitis, faringitis, sinusitis. Infeksi saluran pernapasan bawah (ISPB) seperti bronkitis, pneumonia. Alergi. Fase akut dari penyakit asma atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Terhirup iritan seperti debu dan asap rokok. Tersedak. Batuk kronik Asma. Alergi. Pertusis. Bronkitis kronik, bronkiektasis. Efek dari obat anti hipertensi golongan angiotensin-converting enzyme inhibitor (ACE-inhibitor). Tanda dari penyakit [...]

Sering Sakit Punggung? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Sering Sakit Punggung? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Sakit punggung merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami banyak orang. Dikutip dari Health, 9 dari 10 orang dewasa pernah mengalami sakit punggung beberapa kali dalam hidup mereka. Bahkan 5 dari 10 orang tercatat menderita sakit punggung setiap tahunnya.Nyeri pada area belakang tubuh biasanya disebabkan oleh cara Anda duduk, berdiri dan mengangkat barang. Dengan lamanya waktu yang dihabiskan untuk duduk, tubuh Anda mau tak mau harus menyesuaikan diri dengan posisi tersebut. Tubuh harus beradaptasi dengan berat yang tertumpu pada pinggul dan panggul saat Anda duduk tegak, bungkuk atau posisi lainnya.Selain itu, ada pula proses pada otot yang bisa menyebabkan punggung terasa nyeri. Saat duduk, otot fleksor di panggul secara otomatis akan menegang, dan ketika berdiri bokong pun berubah menjadi lebih lemah dan kendur karena berada pada posisi yang rileks. Hal itu sering disebut 'muscle imbalance'.Akibat dari ketidakseimbangan otot, akan menimbulkan disfungsi postural dari panggul dan tulang belakang, sehingga menjadikan keduanya berada pada posisi yang tidak normal. Posisi ini bisa merusak kesehatan orang yang sebelumnya tidak memiliki masalah pada punggung, dan bencana bagi me [...]

Hanya 60 Detik, 8 Kebiasaan Baik yang Buat Anda Jarang Sakit

Hanya 60 Detik, 8 Kebiasaan Baik yang Buat Anda Jarang Sakit

Pernah dengar istilah 'sehat itu mahal'? Menjadi sehat sebenarnya bukan sesuatu yang sulit didapatkan apabila Anda terbiasa menjalani gaya hidup yang baik. Membiasakan mencuci tangan sebelum makan misalnya, hanya perlu waktu tak lebih dari 60 detik untuk melakukannya. Ini kebiasaan baik lainnya yang akan membantu Anda mendapatkan kesehatan optimal.1. Melepas Sepatu Sebelum Masuk RumahMelepas sepatu sebelum melewati pintu akan mencegah kotoran, debu, zat kimia dan penyebab alergi masuk ke dalam rumah. Kebiasaan ini merupakan cara yang praktis untuk menjaga rumah tetap bersih dan bebas dari polutan.2. Menutup Hidung dengan Lengan Saat BersinKetika tidak punya tisu atau sapu tangan untuk menutupi mulut dan hidung saat bersin atau batuk, gunakan bagian dalam siku atau lengan. Tujuannya untuk menghindari Anda memakai telapak tangan, yang bisa dengan mudah menyebarkan kuman. Cara ini juga mencegah kuman atau kuman dari mulut tersebar ke udara, yang bisa mendarat di permukaan benda lalu tersentuh dan menginfeksi orang lain.3. Istirahatkan MataBanyak karyawan dan mahasiswa yang menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar komputer setiap harinya. Cahaya komputer, postur tubuh membungkuk [...]

Makan Ikan Kurangi Risiko Sakit Jantung Hingga 90%

Makan Ikan Kurangi Risiko Sakit Jantung Hingga 90%

Ikan dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung karena mengandung omega-3. Mengonsumsi ikan satu kali seminggu bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke hingga 90 persen.Beberapa temuan terdahulu menyoroti manfaat kesehatan dari asam lemak omega-3 --asam yang ada pada jenis ikan berminyak-- seperti salmon, makarel dan sarden terhadap pria. Namun kini, ikan berminyak dipercaya memiliki lebih banyak manfaat bagi wanita muda untuk meningkatkan tekanan darah, jantung dan fungsi pembuluh darah.Kepala peneliti Dr Marin Strom dari Statens Serum Institut di Copenhagen, Denmark mengatakan, "Penelitian kami menunjukkan bahwa memakan ikan sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan terutama bagi wanita muda."Penelitian yang melibatkan 49.000 wanita di Denmark dengan rentang usia 15 hingga 49 tahun itu melakukan pantauan terhadap kesehatan peserta penelitian selama delapan tahun. Saat diet, gaya hidup dan riwayat keluarga diberi penilaian. Para peneliti juga mencatat 577 aktivitas kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke serta lima kasus kematian.Hasilnya, peneliti menemukan bahwa wanita yang jarang atau hampir tak pernah makan ikan memiliki 90 persen masalah k [...]

4 Cara Untuk Mencegah Kanker Kandungan

4 Cara Untuk Mencegah Kanker Kandungan

Kanker merupakan tumor ganas yang bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja, misalnya pada kandungan (uterus) yang terdiri dari tiga bagian; leher rahim, badan rahim dan dua saluran telur.Selain dapat menyebabkan kematian, kanker jenis ini bekerja dengan sangat cepat karena sel-sel kanker itu sendiri dapat menyebar dan merusak organ maupun jaringan yang berada di dekatnya.Dalam acara Talkshow Kesehatan dan Kecantikan bersama Dewi Sri Spa dan Rudy Hadisuwarno Cosmetic, seorang ahli onkologi, Dr. Toto Imam, Sp. OG (K) Onk mengatakan, "Penyebab kanker umumnya datang dari lingkungan (carcinogens). Misalnya chemicals yang bisa datang dari bahan kosmetik maupun makanan. Kemudian virus dan radiasi ultra violet."Sel-sel yang tadinya normal, bisa rusak akibat pengaruh bahan-bahan tersebut. Namun, sel tersebut tidak hanya bisa rusak bahkan bisa membuat sel menjadi tidak berfungsi lagi (mati). Lalu bagaimana carcinogens tersebut bisa masuk ke tubuh?- Penyerapan melalui tubuh, seperti di usus (akibat makanan dan minuman)- Inhalasi, karena menghirup gas, asap dan uap air (polusi udara).- Kontak seksual (virus)Ada beberapa penyebab terjadinya kanker kandungan, yaitu karena riwayat kesehatan (pern [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *