9 Alasan Kenapa Liza Natalia Doyan Ngemil Seledri

2012_04_03-CelerySoup02.jpg

Seperti Jennifer Aniston dan Gwyneth Paltrow, aktris dan instruktur zumba Liza Natalia ternyata gemar mengonsumsi seledri sebagai kudapan. Menurut pemeran FTV Enyak Gue Dangduter ini, seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

“Saya suka nyemil seledri yang batangnya besar, dipake mayonaise. Enak banget itu. Kalau mau pakai saus sambal juga enak. Itu kan cemilan bermanfaat yang bisa bantu tingkatkan daya tahan tubuh, detoks, banyak deh manfaatnya,” kata wanita kelahiran Jakarta, 18 Februari 1976 pada Liputan6.com.

Sebelumnya, para pakar kesehatan setuju bahwa seledri memiliki banyak manfaat kesehatan. Seperti dikutip Care2, Selasa (13/5/2014) misalnya, beberapa manfaat seledri sebagai berikut:

1. Mengandung sedikit kalori

Satu tangkai besar mengandung hanya 10 kalori. Jadi, tunggu apalagi tambahkan seledri ke dalam daftar belanjaan Anda dan menikmatinya di salad atau sup.

2. Seledri mengurangi peradangan

Jika Anda menderita nyeri sendi, infeksi paru-paru, asma, atau jerawat, makan lebih banyak seledri akan sangat membantu.

3. Mengurangi stres

Ya, mineral dalam seledri, terutama magnesium, dan minyak esensial di dalamnya pernah diteliti dapat menenangkan sistem saraf yang tegang. Jika Anda mengonsumsi seledri di malam hari, Anda akan tidur lebih baik.

4. Mengatur keseimbangan asam tubuh dan membantu pencernaan

Kadar air yang tinggi pada seledri, dikombinasikan dengan serat di dalamnya, membuat seledri menjadi makanan yang baik untuk membantu sistem pencernaan bekerja. Tapi perlu diingat, karena seledri memiliki sifat diuretik dan pembersihan, mereka yang sedang diare harus menghindari seledri.

5. Menjaga kesehatan mata

Satu tangkai besar seledri dapat memberikan hingga 10 persen kebutuhan harianVitamin A sehingga dapat mencegah degenerasi usia yang berkaitan dengan mata.

6. Mengurangi kolesterol

Sebuah penelitian di Universitas Chicago menunjukkan bahwa mengonsumsi dua tangkai seledri sehari dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) hingga 7 miligram per desiliter (mg/dL).

7. Menuruntkan tekanan darah

Suatu senyawa aktif yang disebut phthalides dalam seledri telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Meningkatkan gairah seksual

Ini bukan mitos belaka. Director of the Smeel and Taste Treatment and Research Foundation, Dr Alan R. Hirsch, mengatakan seledri dapat meningkatkan gairah seksual.

9. Seledri dapat memerangi kanker

Dua penelitian dari University of Illinois menunjukkan bahwa flavonoid kuat dalam seledri atau disebut luteolin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama di pankreas. Sedangkan studi lain menunjukkan bahwa asupan rutin seledri secara signifikan dapat menunda pembentukan sel-sel kanker payudara.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jus Jambu Merah Ampuh Bagi Penderita DBD?

Jus Jambu Merah Ampuh Bagi Penderita DBD?

Sejumlah orang percaya bahwa memberikan segelas jus jambu merah pada pasien yang menderita demam berdarah dengue (DBD) mampu menggantikan cairan yang keluar dari dalam tubuh selama sakit. Benarkah?"Saya pribadi bukan antiherbal. Tapi memang, mengenai jus jambu merah ini belum ada penelitian pastinya," Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. dr. Leonard Nainggolan, SpPD-KPTI di Jakarta, Selasa (10/6/2014)Menurut Leonard, dipilihnya jus jambu merah ini karena disinyalir memiliki zat yang mempermudah meningkatkan trombrosit. "Ini masih disinyalir, yah. Soal pastinya, belum," kata dia menambahkan.Jika memang dilakukan para peneliti melakukan penelitian terhadap jambu merah, kemungkinan zat untuk menyembuhkan itu benar ada. Bagaimana pun, tambah Leonard, dirinya percaya kalau pencipta alam semesta ini sudah memberikan penangkal untuk setiap penyakit yang diderita oleh tiap manusia. "Cuma itu masih perlu eksplorasi. Mudah-mudahan nanti kita bisa menemukannya," kata Leonard.Sepanjang pasien mampu mengisi tubuhnya dengan banyak cairan, maka tidak ada salahnya untuk memberikan jus jambu merah. Dengan catatan, minuman yang dikonsumsi oleh pasien, tidak men [...]

8 Makanan Pembersih Racun Tubuh

8 Makanan Pembersih Racun Tubuh

Program detoksifikasi yang sering disingkat detoks kini sedang jadi tren. Para selebriti dan ahli kesehatan sepertinya sedang ramai-ramai menyebarkan virus detoks. Detoks sendiri berfungsi membersihkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk detoks tubuh, namun belum tentu cocok dan sehat untuk tubuh sendiri. Anda tak perlu mengikuti program detoks yang macam-macam karena tubuh sendiri sudah mampu membersihkan tubuh. Namun, Anda bisa membantu kerja organ tubuh membersihkan tubuh lebih baik dengan 8 makanan terbaik berikut ini seperti dikutip dari laman fitnea (30/6). 1. AlpukatTak perlu merasa bersalah untuk menikmati buah yang satu ini meski kandungan lemak nabatinya tinggi. Alpukat mengandung antioksidan yang lengkap termasuk glutathione. Kandungan ini akan membantu mengelurakkan racun berbahaya dari tubuh. 2.CranberiCranberi sangat baik untuk mencegah infeksi saluran kemih juga menyingkirkan racun dalam tubuh. 3. KubisJangan meremehkan manfaat kubis. Kandungan belerang dalam kubis berperan mendorong keluar bahan kimia yang tidak dibutuhkan tubuh. Ada juga kandungan sulfur dalam kubis untuk membersihkan tubuh dari bahan pestisida yang [...]

Bagaimana Menentukan Obat China yang Asli?

Bagaimana Menentukan Obat China yang Asli?

Pengguna obat tradisional Cina di Indonesia semakin banyak. Antara lain karena pemerintah harus tunduk pada era perdagangan bebas, sehingga para penggemar obat tradisional menjadi lebih mudah untuk mendapatkannya. Masalahnya, di mana membeli obat yang asli? Bagaimana cara mengetahui obat itu palsu atau tidak? Berikut ini beberapa saran sebagai panduan membeli obat China menurut doktor ilmu pengobatan China tradisional (Traditional Chinese Medicine) DR.dr. William Aditeja. - Pilih yang mencantumkan izin BPOM yang dicetak pada kemasannya - Periksa apakah nama/alamat perusahaan pengimpor tercantum jelas - Periksa apakah terdapat hologram nama perusahaan yang mengimpornya - Periksa apakah terdapat keterangan kandungan isi/komposisinya - Teliti indikasi dan kontraindikasinya (pantangan) - Jangan membeli yang tidak ada bahasa Indonesianya - Periksa apakah tercantum nomor telepon customer service dan konsultasi - Periksa apakah mencantumkan tanggal kedaluwarsanya - Bila kemasan dibuka, bau obat tradisional Cina berbeda dengan obat kimia sintetis (seperti jamu) - Bila kapsul dibuka, bubuk obat tradisional Cina lebih kasar - Bila kemasan dibuka, [...]

Tambahkan Bubuk Jintan Pada Makanan Saat Diet

Tambahkan Bubuk Jintan Pada Makanan Saat Diet

Satu lagi bahan herbal alami yang bisa membantu Anda suskes diet. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa bubuk jinten dapat membantu penurunan berat badan, mengurangi lemak tubuh, dan meningkatkan kadar kolesterol tidak sehat secara alami.Para peneliti di Shahid Sadoughi University of Medical Sciences, Iran membagi 88 wanita yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas menjadi 2 kelompok. Selama 3 bulan, kedua kelompok tersebut menerima konseling gizi dan penurunan asupan sehari-hari mereka hingga 500 kalori. Tapi satu kelompok diresepkan untuk mengonsumsi kurang dari 1 sendok teh bubuk jintan per hari.Pada akhir percobaan 3 bulan, kelompok yang diberikan resep bubuk jintan kehilangan bobot tubuh hingga 3 kilogram lebih dibandingkan kelompok non-jinten. Yang lebih mengesankan, persentase lemak tubuh kelompok jintan menurun 14,64 persen atau hampir tiga kali lipat dari non jintan.Tak hanya itu, sejumlah lemak darah berbahaya, atau trigliserida juga turun 23 poin, padahal kelompok non jintan hanya turun sekitar 5 poin. Lantas bagaimana kelompok jintan mendapatkan perubahan dramatis seperti itu? peneliti mengungkapkan, jintan kaya pitosterol, bahan kimia tanaman yang dikenal [...]

Cara Mudah Bersihkan Komedo dengan Buah Mangga

Cara Mudah Bersihkan Komedo dengan Buah Mangga

Komedo sulit dihilangkan. Bahkan seseorang rela sakit-sakitan demi menghilangkan bintik-bintik hitam di sekitar hidung ini. Contohnya saja dengan menggunakan alat yang yang mencabut satu per satu komedo. Padahal, ada cara yang terbilang sederhana, tanpa sakit, dan murah dengan menggunakan buah mangga.Caranya cukup campurkan satu sendok teh mangga yang sudah dihaluskan dengan setengah sendok teh susu dan madu. Lalu, oleskan campuran ini pada permukaan hidung yang terdapat komedo dan gosok dengan lembut hingga merata. Biarkan selama 30 menit dan bilaslah dengan air hangat. Dengan begitu, Anda dapat melihat perbedaan yang cukup nyata.Seperti dilansir laman Health Me Up, Senin (26/5/2014), selain untuk membersihkan komedo, buah berwarna kuning kehijauan yang mengandung vitamin A dan C itu berguna juga untuk menunda penuaan dan pigmentasi karena melindungi kulit terhadap radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker kulit.Selain itu, mangga dapat membantu mencegah terjadi jerawat dan pelembab alami untuk kulit, dapat mengencangkan kulit dan meminimalkan munculnya pori-pori besar. [...]

Obat yang Berguna untuk Sembuhkan Pecandu Alkohol

Obat yang Berguna untuk Sembuhkan Pecandu Alkohol

Demi membantu para pecandu minuman keras menghentikan kebiasaannya, National Health Service (NHS) menawarkan sejenis obat sekali minum yang bermanfaat untuk mengekang rasa candu tersebut. Saat ini, obat dengan jenis Namefene sedang diuji di National Institute of Health and Care Excellence (Nice).Dengan adanya Namefene, produsen obat Lundbeck memprediksi, akan membawa keuntungan bagi 600.00 jiwa di seluruh Inggris dan Wales, yang merasa sulit untuk lepas dari kebiasaan buruk tersebut. Para ahli mengatakan, obat yang bermanfaat untuk membantu para pecandu mengurangi rasa candunya terhadap alkohol dengan mengendalikan mekanisme di dalam otak, bisa didapatkan bila mereka meminta resep pada dokter. Direktur Teknologi Kesehatan Evaluasi Centre Nice, Profesor Carole Longson, mengatakan bahwa kecanduan alkohol adalah masalah yang serius bagi hampir seluruh masyarakat di London dan Wales. "Mereka yang bisa diresepkan Nalmefene merupakan langkah awal bagi pecandu untuk berjuang melawan kecanduannya terhadap minuman keras, dengan mengunjungi dokter terlebih dulu, dan mengambil obat ini dalam program terapi yang sedang dijalaninya," kata Carole seperti dikutip Daily Mail, Kamis (10/7/2014) [...]

Mana Lebih Sehat, STMJ atau Susu Jahe?

Mana Lebih Sehat, STMJ atau Susu Jahe?

Bertahun-tahun mungkin kita mengetahui berbagai minuman untuk menambah stamina seperti Susu Telur Madu Jahe (STMJ) atau susu jahe. Tapi tahukah Anda kalau ternyata STMJ mengandung protein yang sulit dicerna tubuh.Seperti disampaikan Pakar Herbal dan Konsultan Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB bahwa yang merusak komponen atau manfaat dalam minuman tradisional seperti STMJ adalah telurnya. Telur mentah yang dikocok bersama susu, madu dan jahe jadi hilang manfaat kesehatannya. "Putih telur itu ada albuminnya. Albumin merupakan sumber protein yang sulit diserap tubuh jika dikonsumsi mentah. Telur itu baiknya dimasak dulu. Sayang sekali kan kalau diminum, manfaat jahe dan lainnya jadi hilang," kata Abrijanto, ditulis Jumat (11/7/2014). Berbeda dengan STMJ, menurut Abrijanto, susu jahe lebih baik dikonsumsi kalau memang Anda butuh stamina dalam beraktivitas. Tapi perlu diperhatikan, jahe sebaiknya tidak dimasak dengan suhu terlalu panas atau air mendidih. Cukup dimasak dengan suhu sekitar 60-80 derajat celsius, minuman jahe bisa menambah stamina, mengurangi mual bagi ibu hamil, dan meringankan radang tenggorokan. [...]

Mengenal Jenis-Jenis Jahe Dan Pengolahan Jahe Untuk Kesehatan

Mengenal Jenis-Jenis Jahe Dan Pengolahan Jahe Untuk Kesehatan

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang biasa digunakan sebagai obat-obatan tradisional yang mudah ditemui. Jahe juga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa dimasukkan dalam masakan sebagai bahan peyedap bumbu masakan dan masih banyak lagi pemanfaatan tanaman jahe yang dapat diperoleh. Jenis tanaman ini bisa ditemui pada lahan dengan kontur tanah yang gembur dan subur seperti dilahan persawahan atau ladang. Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan panjang seperti halnya rumput liar. Jahe dapat hidup secara liar maupun dipelihara karena hanya dengan tanah yang subur dan memiliki cukup air maka tanaman ini sudah mampu bertahan hidup dan berkembang dengan baik. Jahe sendiri hidup berkembang didalam tanah yang menyerupai jenis umbi-umbian dengan kedalaman sekitar 5 cm didalam tanah. Untuk mengenal tanaman jahe lebih jauh, perlu anda tahu bahwa jahe memiliki beberapa jenis yaitu jahe merah, jahe putih (jahe emprit), dan jahe gajah. Jahe merupakan jenis tanaman yang memiliki nama latin yaitu Zingiber Officinale, dalam kategori ini jahe memiliki beberapa jenis jahe antara lain : 1. Jahe putih (jahe emprit) Jahe putih merupakan jenis jahe yang biasa kita [...]

Resep Antimual bagi Wanita Hamil

Resep Antimual bagi Wanita Hamil

Mual yang dialami wanita hamil pada trimester pertama memang mengganggu. Apalagi jika rasa itumual muncul saat tengah berada di tempat umum atau keramaian.Untuk mencegah mual saat hamil, Pakar Herbal dan Konsultan Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB memberikan tips mudah yang bisa dilakukan ibu hamil."Cuci jahe dan keprok hingga keluar minyak atisiri di dalamnya. Campur jahe dengan air hangat dan ditambah madu. Biarkan selama beberapa saat dan minum," kata Abrijanto saat ditemui di Demang resto, ditulis Jumat (11/7/2014).Cara ini, kata Abrijanto efektif untuk menghilangkan rasa mual. Dan semua orang boleh mencobanya bukan hanya ibu hamil. "Resep ini juga sering dibuat wanita hamil di Jerman," katanya. [...]

Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

Kebanyakan masyarakat menganggap obat herbal dalam bentuk jamu, jamu godokan, atau kapsul racikan bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Tak sedikit pula yang menganggap obat herbal lebih aman dibanding obat berbahan kimia sintetik."Tidak benar bila dikatakan obat herbal 100 persen aman. Tapi, `relatif` aman dibanding obat kimia," kata Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Ariyanto Jonosewojo, Sp.PD dalam acara 'The 1st Health Natural Wellnes Symposium' di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014)Maksudnya, khasiatnya tergantung dari jenis obat herbal yang dikonsumsi. "Kalau isolat atau zat aktif dari obat herbal ini diambil, maka efeknya sama seperti obat-obat kimia," kata dia menambahkan.Berbicara soal obat, apa pun jenisnya, sudah pasti semua itu memiliki efek samping. Dan pasien harus ingat, kalau satu jenis obat, ada yang cocok untuk orang tertentu tapi belum tentu cocok untuk pasien lainnya.Misalnya, dalam pemberian metformin pada penyandang diabetes. Memang, metformin merupakan obat diabetes. Hanya, tidak semua cocok untuk mengonsumsinya."Pasien A memang diabetes, maka bisa diberi obat ini. Lalu pasien B, yang terkena diabete [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *