9 Alasan Kenapa Liza Natalia Doyan Ngemil Seledri

2012_04_03-CelerySoup02.jpg

Seperti Jennifer Aniston dan Gwyneth Paltrow, aktris dan instruktur zumba Liza Natalia ternyata gemar mengonsumsi seledri sebagai kudapan. Menurut pemeran FTV Enyak Gue Dangduter ini, seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

“Saya suka nyemil seledri yang batangnya besar, dipake mayonaise. Enak banget itu. Kalau mau pakai saus sambal juga enak. Itu kan cemilan bermanfaat yang bisa bantu tingkatkan daya tahan tubuh, detoks, banyak deh manfaatnya,” kata wanita kelahiran Jakarta, 18 Februari 1976 pada Liputan6.com.

Sebelumnya, para pakar kesehatan setuju bahwa seledri memiliki banyak manfaat kesehatan. Seperti dikutip Care2, Selasa (13/5/2014) misalnya, beberapa manfaat seledri sebagai berikut:

1. Mengandung sedikit kalori

Satu tangkai besar mengandung hanya 10 kalori. Jadi, tunggu apalagi tambahkan seledri ke dalam daftar belanjaan Anda dan menikmatinya di salad atau sup.

2. Seledri mengurangi peradangan

Jika Anda menderita nyeri sendi, infeksi paru-paru, asma, atau jerawat, makan lebih banyak seledri akan sangat membantu.

3. Mengurangi stres

Ya, mineral dalam seledri, terutama magnesium, dan minyak esensial di dalamnya pernah diteliti dapat menenangkan sistem saraf yang tegang. Jika Anda mengonsumsi seledri di malam hari, Anda akan tidur lebih baik.

4. Mengatur keseimbangan asam tubuh dan membantu pencernaan

Kadar air yang tinggi pada seledri, dikombinasikan dengan serat di dalamnya, membuat seledri menjadi makanan yang baik untuk membantu sistem pencernaan bekerja. Tapi perlu diingat, karena seledri memiliki sifat diuretik dan pembersihan, mereka yang sedang diare harus menghindari seledri.

5. Menjaga kesehatan mata

Satu tangkai besar seledri dapat memberikan hingga 10 persen kebutuhan harianVitamin A sehingga dapat mencegah degenerasi usia yang berkaitan dengan mata.

6. Mengurangi kolesterol

Sebuah penelitian di Universitas Chicago menunjukkan bahwa mengonsumsi dua tangkai seledri sehari dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) hingga 7 miligram per desiliter (mg/dL).

7. Menuruntkan tekanan darah

Suatu senyawa aktif yang disebut phthalides dalam seledri telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Meningkatkan gairah seksual

Ini bukan mitos belaka. Director of the Smeel and Taste Treatment and Research Foundation, Dr Alan R. Hirsch, mengatakan seledri dapat meningkatkan gairah seksual.

9. Seledri dapat memerangi kanker

Dua penelitian dari University of Illinois menunjukkan bahwa flavonoid kuat dalam seledri atau disebut luteolin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama di pankreas. Sedangkan studi lain menunjukkan bahwa asupan rutin seledri secara signifikan dapat menunda pembentukan sel-sel kanker payudara.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

Buah kesemek merupakan salah satu buah berwarna oranye yang kaya akan nutrisi dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun sayang, buah kesemek bisa didapat hanya saat musim gugur dan musim dingin saja. Berikut ini manfaat yang akan didapat bila rutin mengonsumsi buah kesemek, seperti dikutip Health Me Up, Senin (10/11/2014)1. Lindungi mataKesemek kaya vitamin A, yang membantu melindungi mata. Selain mencegah kerusakan retina, katarak, dan berkaitan dengan usia degenerasi makula, juga dapat membantu memperkuat bagian mata lain.2. Cegah kankerBuah kesemek yang dikemas dengan antioksidan dan fitonutrien membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. 3. Awet mudaKesemek pun memiliki banyak nutrisi yang mengurangi kerusakan sel-sel dalam tubuh, dan memperlambat proses penuaan.4. Tingkatkan kekebalan tubuhMakan buah kesemek membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit seperti flu, batuk, dan infeksi. Sebab, buah ini sarat dengan sifat anti-inflamasi.5. Menurunkan berat badanKesemek yang merupakan buah rendah kalori dan lemak, juga memiliki banyak serat, sehingga mampu memuaskan rasa lapar dan membuat kita kenyang lebih lama. Individu yang mengonsumsi buah kes [...]

Jadi, Kedelai Itu Menyehatkan atau Bikin Kanker?

Jadi, Kedelai Itu Menyehatkan atau Bikin Kanker?

Kedelai yang dibuat dari tanaman kedelai beberapa tahun terakhir memang menjadi perdebatan di kalangan medis. Karena sejumlahpenelitian menyebutkan, konsumsi rutin kedelai terkait dengan kanker pada wanita. Sebaliknya, menilik dari manfaat gizinya, kedelai kaya omega-3, vitamin B, seng, besi, lemak tak jenuh, serat, fitokimia dan antioksidan yang bisa mengurangi risiko kanker.Seperti disampaikan pakar urologi dari Lenox Hill Hospital di New York City, Dr David B. Samadi bahwa kedelai mengandung isoflavon, yang di dalam tubuh diubah menjadi fitoestrogen. Masalahnya, fitoestrogen mirip dengan hormon estrogen yang dimiliki wanita."Namun, efek dari kedelai yang kontroversial, bisa memicu aktivitas sel kanker dan membloknya. Kedelai dapat melakukan keduanya. Karena estrogen manusia dan kedelai melalui phytoestrogen (fitoestrogen) sangat mirip. Sel-sel manusia juga tidak bisa membedakan antara keduanya. Beberapa peneliti percaya bahwa fitoestrogen kedelai dapat menyebabkan pertumbuhan kanker payudara karena kesamaannya dengan estrogen manusia. Di sisi lain, beberapa percaya kedelai dapat mencegah kanker payudara," jelasnya, seperti diberitakan Foxnews, Kamis (20/11/2014).Kontroversi kede [...]

3 Bahan Pengontrol Gula Darah

3 Bahan Pengontrol Gula Darah

Diabetes mellitus adalah suatu kondisi di mana glukosa dalam darah atau kadar gula meninggi secara abnormal. Untuk mengatur tingkat gula darah, insulin kerap dibutuhkan oleh para diabetesi.Selain insulin dan obat sintentis, ada suplemen dan herbal yang menurut berbagai penelitian dapat membantu menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi tekanan darah tinggi, serta kolesterolBerikut beberapa jenis bahan-bahan alami yang dapat digunakan seperti dikutip Health Me Up, Kamis (1/5/2014) Teh hijauAntioksidan yang ada di dalam secangkir teh hijau, dapat menurunkan kadar glukosa, mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, dan memerkuat sistem kekebalan tubuh. Teh hijau dikemas dengan kalium, vitamin C, fluor, vitamin B, dan yodium yang dapat membantu memerangi diabetes.Cuka apelPara ahli menyarankan, kadar glukosa pada diabetesi dapat berkurang sebesar 50 persen jika rutin mengonsumsi 2 sdm cuka yang berasal dari sari apel sebelum makan. Cuka memiliki sifat dapat mempertahankan kadar glukosa tubuh segera setelah makan.KarelaKarela dapat merangsang pankreas, hati, dan limpa yang dapat mengatur tingkat gula darah. Selain itu, karela juga dapat membuat metabolisme par [...]

Ingin Awet Muda? Konsumsi Bahan Alami Ini

Ingin Awet Muda? Konsumsi Bahan Alami Ini

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit kencang tanpa kerut? Tidak perlu menyakiti kulit dengan operasi plastik, cukup dengan beberapa bahan alami berikut ini, dikutip Womansday, Senin (3/3/2014).1. OatMealMenu sarapan yang satu ini dilengkapi dengan asam amino dan vitamin E yang menyehatkan kulit. Kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas dapat ditangkal dengan oatmeal.2. KopiKandungan kafein dalam kopi dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan memicu senyawa untuk menyehatkan kulit sehingga dapat menunjang penampilan.3. Keju MozzarellaMakanan tinggi kalsium ini melindungi dan memperkuat enamel gigi, meningkatkan produksi air liur dan membantu melawan bakteri yang membuat gigi menguning.4. Jeruk BaliVitamin C yang ada di jeruk bali ini dapat menimgkatkan pertumbuhan kolagen yang membantu mencegah kulit kendur.5. KenariKacang yang tinggi asam lemak omega 3 ini meningkatkan kadar kelembaban di kulit serta mencegah keriput. [...]

Bikin Kondisioner Alami di Rumah, Yuk!

Bikin Kondisioner Alami di Rumah, Yuk!

Selain membuat rambut lembut, penggunaan kondisoner juga bertujuan untuk mempertahankan kelembaban rambut dan juga membantu menjaga rambut mengkilap dan berkilau. Untuk menggunakan kondisoner sebenarnya tidak perlu khawatir biaya yang mahal. Karena bahan-bahan mudah di kulkas bisa disulap menjadi kondisoner yang menyehatkan rambut. lebih jelasnya, cek pembuatan kondisioner alami berikut ini, seperti dikutip Healthmeup, Jumat (4/4/2014) Kondisioner Madu Bahan Madu 3 sdm Minyak kelapa 6 sdm Cara membuat Campur madu dan minyak kelapa, aduk. Setelah itu terapkan campuran tersebut pada rambut Anda. Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan selama sekitar 30 menit. Bilas rambut. Kondisioner Telur Bahan 1 telur 2 sdm minyak zaitun 2 sdm madu Cara membuat Campur telur, minyak zaitun dan madu dan gunakan pada rambut Anda. Setelah itu, tutup rambut dengan shower cap dan biarkan selama sekitar 30 menit. Bilas rambut. Kondisioner Pisang Bahan 1 cangkir susu 1 pisang Minyak kelapa 1 sdt Cara membuat Campur pisang dan susu hingga lembut. Tambahkan minyak kelapa ke dalam campuran ini. Kemudian basahi rambut dengan air biasa dan menerapkan campuran ini pada rambut Anda. Setelah i [...]

5 Obat Herbal di Pekarangan Rumah

5 Obat Herbal di Pekarangan Rumah

Obat herbal merupakan salah satu alternatif pengobatan saat ini. Dengan harganya yang relatif lebih murah dari obat-obatan biasa dan efek sampingnya yang lebih rencah, obat herbal semakin banyak diminati. Nah, bagaimana kalau pekarangan rumah Anda dipenuhi dengan tanaman herbal? Pasti menarik sekaligus menjadikan keluarga Anda selalu sehat. Berikut 5 jenis tanaman herbal yang dapat di tanam di pekarangan rumah seperti dilansir The Self Sufficient Living, Kamis (9/10/2014). 1. Aloe Vera Tanaman aloe vera atau lidah buaya hanya membutuhkan tanah yang lembab dan cahaya matahari yang cukup untuk dapat tumbuh. Diantara manfaat dari tanaman ini adalah dapat menyembuhkan luka bakar dan luka-luka luar lainnya. 2. Marigold Iklim Indonesia sangat mendukung tumbuhnya tanaman ini. Tanaman yang mirip bunga matahari ini memiliki manfaat untuk mengobati gigitan serangga, sakit mata, hingga demam. 3. Ubi Tiongkok Selain enak dimakan saat hangat, ubi juga berguna untuk mengobati batuk kering, pencernaan yang buruk, diabetes, hingga sengatan ular dan kalajengking. 4. Lemon Daun lemon memiliki bau mint yang khas. Manfaat daun lemon diantaranya adalah untuk mengobati gigitan nyamuk, lu [...]

Selain Lavender, Ini 3 Aromaterapi yang Bikin Tidur Lelap

Selain Lavender, Ini 3 Aromaterapi yang Bikin Tidur Lelap

Aroma lavender sudah dikenal luas bisa membantu seseorang lelap tertidur. Namun, di luar aroma tersebut masih tiga aroma lain yang membuat tidur lebih pulas. Berikut tiga aroma yang membuat tidur lebih nyenyak seperti dilansir Canadian Living, Jumat (19/9/2014). 1. ChamomileAroma bunga chamomile dikenal mampu meredakan ketegangan dan membuat rileks tubuh dan pikiran sehingga membuat tubuh nyaman. 2. Bunga melatiHarumnya aroma bunga melati dapat menenangkan pikiran yang sedang kalut. Juga bisa membantu mengatasi perasaan cemas dalam diri seseorang. Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan asisten profesor psikologi Dokter Bryan Raudenbush dari Wheeling Jesuit University mengungkapankan bahwa aroma bunga melati membuat tidur lebih dalam. Dampaknya, pada keesokan hari mata lebih waspada terhadap sekitar. 3. VanilaAroma manis ini tak membuat kue jadi lezat. Aroma vanila telah lama dikenal sebagai antidepresan yang memberikan rasa tenang. Selain itu digunakan juga untuk membantu terapi mereka yang ingin menurunkan tekanan darah. Bahkan, sebuah studi di Memorial Sloan Kettering Hospital di New York pada tahun 90-an mencoba untuk menguji kebenaran ini. Hasilnya, sebanyak 63 persen pa [...]

Mana Lebih Sehat, STMJ atau Susu Jahe?

Mana Lebih Sehat, STMJ atau Susu Jahe?

Bertahun-tahun mungkin kita mengetahui berbagai minuman untuk menambah stamina seperti Susu Telur Madu Jahe (STMJ) atau susu jahe. Tapi tahukah Anda kalau ternyata STMJ mengandung protein yang sulit dicerna tubuh.Seperti disampaikan Pakar Herbal dan Konsultan Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB bahwa yang merusak komponen atau manfaat dalam minuman tradisional seperti STMJ adalah telurnya. Telur mentah yang dikocok bersama susu, madu dan jahe jadi hilang manfaat kesehatannya. "Putih telur itu ada albuminnya. Albumin merupakan sumber protein yang sulit diserap tubuh jika dikonsumsi mentah. Telur itu baiknya dimasak dulu. Sayang sekali kan kalau diminum, manfaat jahe dan lainnya jadi hilang," kata Abrijanto, ditulis Jumat (11/7/2014). Berbeda dengan STMJ, menurut Abrijanto, susu jahe lebih baik dikonsumsi kalau memang Anda butuh stamina dalam beraktivitas. Tapi perlu diperhatikan, jahe sebaiknya tidak dimasak dengan suhu terlalu panas atau air mendidih. Cukup dimasak dengan suhu sekitar 60-80 derajat celsius, minuman jahe bisa menambah stamina, mengurangi mual bagi ibu hamil, dan meringankan radang tenggorokan. [...]

15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan. Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jah [...]

Makan Buah Persik Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara

Makan Buah Persik Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara

Seorang ilmuwan dari Washington State University menemukan bahwa senyawa dalam buah persik (peach) dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara. "Sel-sel kanker yang ditanamkan di bawah kulit tikus dengan sel kanker payudara tipe agresif seperti MDA-MB-435 menunjukkan penghambatan metastasis ketika tikus mengkonsumsi ekstrak peach," tulis ilmuwan makanan yang berbasis AgriLife Research, 'Dr Luis Cisneros-Zevallos dalam Journal of Nutritional Biochemistry. Menurut Luis, pada manusia itu konsumsi ekstrak pada tikus itu setara dengan memakan dua sampai tiga buah persik per hari. "Pentingnya temuan kami sangat relevan karena menunjukkan efek senyawa alami, dalam hal ini senyawa fenolik dalam persik yang bisa melawan kanker payudara," lanjut Dr Luis pada Dailymail, Minggu (31/3/2014). Secara umum, Luis mengatakan, buah persik memiliki senyawa kimia yang dapat membunuh sel-sel kanker dan tidak memengaruhi sel-sel normal. "Kami sangat antusias bahwa buah persik memiliki khasiat bagi manusia." Ahli gizi Ian Marber mengatakan, meskipun temuan awal dari studi ini cukup menggembirakan, ia mendesak orang untuk makan berbagai buah-buahan dan sayuran lain untuk mendapatk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *