9 Fakta Keren Lemon

lemon-limun-sehat-khasiat-alami.jpg

Di Indonesia, buah ini tidak terlalu banyak diketahui umum. Kehadirannya baru dikenali umum pada sajian minuman teh di restoran-restoran populer dewasa ini bernama; lemon iced tea. Disajikan dingin bersama teh, jeruk limun dicelup ke teh untuk menambah sensasi segar.

Semua pasti mengetahui fungsi dari jeruk nipis di dapur yang berguna untuk makanan, kue dan beberapa jenis makanan. Tapi tahukah Anda, kehadirannya bukan hanya sekedar variasi perasa. Ternyata lemon atau limun ini memilki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Pasalnya, jeruk lemon mengandung banyak vitamin C, magnesium, kalsium, kalium, beberapa mineral dan antioksidan yang dapat membantu kesehatan kulit, rambut serta kuku.

Apa saja manfaat kesehatan lemon? Berikut beberapa fakta tentang jeruk lemon:

9 Fakta Keren Lemon

Dapat menyembuhkan jerawat dan komedo: jeruk limun (lemon) memiliki beberapa sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang membuat jeruk nipis menjadi salah satu pilihan natural untuk mengobati jerawat.

Caranya mudah:

  • Dengan mengoleskan air dari jeruk limun (lemon) sedikit saja di wajah,
  • Atau campurkan dengan beberapa tetes madu
  • Oleskan pada daerah dengan komedo
  • Diamkan selama 5 -10 menit
  • Bersihkan dengan air.

Klik ‘next’ untuk tahu bagaimana lemon dapat menghilangkan bekas hitam di wajah.

9 Fakta Keren Lemon

Menghilangkan bekas hitam di wajah: Bekas jerawat sangat sulit untuk dihilangkan, air dari jeruk limun (lemon) dapat digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Caranya cukup mudah, yakni:

  • Gunakan kapas pada daerah-daerah bekas jerawat
  • Jangan lakukan pada kulit yang memiliki luka terbuka.

Klik ‘next’ untuk tahu bagaimana lemon dapat memutihkan gigi Anda.

9 Fakta Keren Lemon

Dapat memutihkan gigi: Lemon dapat membantu mengembalikan warna putih alami gigi Anda kembali.

Caranya mudah;

  • Coba campur jeruk limun (lemon) dengan baking soda.
  • Gabung keduanya sehingga didapatkan suatu cairan yang berbusa
  • Oleskan pada gigi tinggalkan selama 1 menit saja
  • Bersihkan gigi dengan sikat gigi seperti biasa.

Klik ‘next’ untuk mengetahui bagaimana lemon dapat menghilangkan kulit berminyak.

9 Fakta Keren Lemon

Dapat menghilangkan kulit berminyak: Anda memiliki kulit jenis kulit berminyak? Anda dapat melakukan tips perawatan wajah dengan lemon Caranya? Mudah sekali.

Berikut caranya:

  • Oleskan sedikit jeruk lemon pada cotton buds
  • Oleskan di wajah secara lembut
  • Lakukan ini rutin sebelum tidur
  • Segera cuci muka saat bangun tidur keesokan harinya.

Klik ‘next’ untuk mengetahui bagaimana lemon dapat membantu rambut Anda lebih terang.

9 Fakta Keren Lemon

Membuat rambut lebih terang: Anda mendambakan rambut yang lebih mengkilap alami? Lemon dapat membantu mengembalikan mengkilap alami rambut Anda.

Caranya pun sama mudah dengan tips sebelumnya:

  • Gunakan perasan jeruk lemon dengan conditioner
  • Kemudian sisir rambut
  • Duduk di bawah sinar matahari beberapa jam yang sedikit teduh
  • Kemudian cuci rambut
  • Ulangi tindakan ini paling tidak seminggu satu kali, dan tunggulah hasil.

Karena siapa tahu jeruk limun dapat menjadi alternatif untuk highlight rambut dan rambut lebih sehat.

Klik ‘next’ untuk mengetahui bagaimana lemon dapat membantu menguatkan kuku Anda.

9 Fakta Keren Lemon

Menguatkan kuku: Kuku Anda mudah patah dan terlihat kusam? Anda dapat mencoba tips menjaga kesehatan kuku dengan lemon berikut ini.

Cukup coba lakukan berikut ini:

  • Campur minyak zaitun dan lemon.
  • Bubuhkan ke kuku Anda
  • Usap dengan cotton buds perlahan secara berkali-kali
  • Kemudian biarkan sejenak (15 menit hingga 20 menit)
  • Cuci tangan perlahan dengan air bersuhu kamar. (bukan air hangat)

Anda dapat menjadikan tips ini untuk menguatkan kuku sekaligus memutihkan kuku, dan mengurangi anggaran pergi ke salon untuk perawatan kuku.

Klik ‘next’ untuk mengetahui bagaimana lemon dapat membantu menghilangkan ketombe.

9 Fakta Keren Lemon

Menghilangkan ketombe: Benar, lemon dapat membantu Anda menghilangkan ketombe dan menjaga kult permukaan kepala. Caranya?

  • Campurkan antara coconut oil, olive oil dan madu dengan jeruk lemon
  • Oleskan ke kulit kepala
  • Pijat perlahan seperti menggunakan conditioner
  • Kemudian bilas setelah penggunaan.

Beberapa kandungan lemon diyakini dapat membantu menghilangkan ketombe dan mejadi solusi kulit kepala kering.

Dimana memang faktor utama kasus terjadinya ketombe kebanyakan difaktori oleh kondisi kulit kepala yang kering.

Klik ‘next’ bagaimana lemon dapat menjadi solusi membantu masalah bibir yang kering.

9 Fakta Keren Lemon

Menghilangkan bibir kering: Selain membantu kulit kepala yang kering menjadi lebih lembab, lemon dapat memberikan manfaat juga untuk masalah bibir kering. Bagaimana caranya?

  • Potong jeruk lemon
  • Oleskan sarinya pada bibir di malam hari
  • Cuci bibir pada pagi hari

Sari jeruk limun (lemon) dapat menghilangkan kulit mati yang membuat bibir menjadi lebih halus.

Klik ‘next’ untuk mengetahui bagaimana lemon dapat membantu membersihkan wajah dan tubuh lebih sempurna.

9 Fakta Keren Lemon

Membersihkan wajah dan tubuh: Dengan lemon? Caranya?

  • Campurkan jeruk lemon dengan, yogurt, dan minyak lavender atau chamomile
  • Oleskan pada tubuh secara merata.

Sehingga dapat menghilangkan kotoran dan bakteri sekaligus menghaluskan kulit. Jika ingin lebih jauh mengenai topik ini, mari bertanya dan konsultasikan dengan kami.

Baca juga:
5 Masker Alami di Rumah
6 Khasiat Coklat untuk Tubuh

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Vitamin E Pulihkan Perokok

Vitamin E Pulihkan Perokok

Oleh: dr. Ema Anindia Merokok dapat merusak jantung dan berhenti merokok merupakan upaya yang paling baik untuk menghindari penyakit jantung. Mengkonsumsi vitamin E setelah berhenti merokok dapat mempercepat pemulihan kembali kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa, untuk pemulihan jantung pada para bekas perokok dapat mengambil waktu selama 1 dekade agar jantung dapat kembali menyerupai jantung bukan perokok. Waktu ini merupakan waktu yang diperlukan agar kerusakan yang terjadi akibat inflamasi hilang, dan kembalinya pembuluh darah ke keadaan elastisitas semula. Maka, dalam upaya mempercepat pemulihan ini, para peneliti dari Ohio State University memfokuskan penelitian mereka ke pengunaan vitamin E, dimana sejak awal diketahui bahwa vitamin E merupakan antioksidan. Richard Bruno, seorang professor nutrisi dari Ohio State University mengatakan bahwa ?vitamin E berfungsi sebagai antioxidant yang cukup efektif untuk proteksi terhadap lemak yang dapat merusak tubuh?. Bruno dan kolega, menrekruit 30 orang perokok yang mulai merokok sejak usia 20 tahun-an dan menghabiskan paling sedikit 1 bungkus per hari. Semua perokok tersebut berhenti merokok selama 1 minggu, dan 16 subjek mendap [...]

Sambiloto dan Penyakit Pilek

Sambiloto dan Penyakit Pilek

Musim hujan telah tiba. Berbagai penyakit khas musim ini pun bisa dengan mudahnya menjangkiti Anda. Contohnya pilek. Menurut kepercayaan masyarakat, pilek bisa dicegah dengan mengonsumsi sambiloto. Tidak hanya mencegah, konon tanaman yang berasal dari India ini pun bisa mengobatinya. Apakah benar? Jika benar, apa khasiat yang terkandung di dalam sambiloto? Cegah Pilek dengan Sambiloto? Sambiloto memiliki zat aktif bernama andrografolida. Zat ini diambil dari batang dan daun sambiloto. Rasanya sangat pahit. Zat tersebut dianggap bisa merangsang sistem kekebalan tubuh dan bisa mencegah Anda terserang penyakit. Menurut beberapa penelitian awal, mengonsumsi sambiloto mungkin bisa mencegah Anda terserang pilek jika dikonsumsi beberapa bulan. Namun hal ini belum dibuktikan sepenuhnya oleh penelitian medis. Jika Anda ingin mencoba mencegah pilek memakai tanaman ini, disarankan Anda memilih suplemen sambiloto yang dikombinasikan dengan ekstrak ginseng. Selain itu, pastikan produk herba terdaftar di BPOM sebelum Anda mulai mengonsumsinya. Sebagai bentuk pengobatan, penelitian awal juga menemukan bahwa ekstrak sambiloto yang dikombinasikan dengan ginseng mungkin bisa meringankan gejala pil [...]

5 Cara Sederhana Untuk Dapatkan Jantung Sehat

5 Cara Sederhana Untuk Dapatkan Jantung Sehat

Setiap orang tentunya ingin memiliki jantung yang sehat. Namun untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Sedari dini, Anda perlu lebih memperhatikan kesehatan, salah satunya dengan lima langkah sederhana ini.Menurut Holly Andersen, direktur pendidikan di rumah sakit NewYork-Presbyterian, ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh setiap tahunnya. Berikut lima cara sederhana tersebut, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Kenali angka AndaAngka disini maksudnya adalah jumlah tekanan darah, kolesterol, tingkat trigliserida. Mengetahui jumlah tersebut merupakan langkah awal yang sangat penting untuk memulai hidup sehat agar mendapatkan jantung kuat.2. Mulailah berjalanBerolahraga merupakan salah satu cara untuk membuat Anda tetap awet muda. Berjalan kaki selama kurang lebih 20 hingga 30 menit setiap minggu, dapat mengurangi kematian dini lebih dari 50 persen.3. Perbanyak tertawaTertawa adalah obat yang paling mujarab. Tertawa 15 menit setara dengan 30 menit latihan aerobik untuk jantung. Tetawa juga sering dikaitkan dengan fungsi sehat pembuluh darah, peningkatan hormon otak yang memperbaiki mood dan pengurangan rasa sakit serta ce [...]

Manfaat Pepaya Bagi Tubuh

Manfaat Pepaya Bagi Tubuh

Manfaat pepaya bagi tubuh sangat banyak, selain kaya akan vitamin C, pepaya juga mengandung serat makanan yang tinggi. Pepaya dipercaya dapat mengobati cacing usus, mencegah berbagai jenis kanker, dan meningkatkan kualitas sperma pada pria. Pepaya mengandung meat tenderizer (bahan pengempuk daging). Buah dan daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat memecah protein. Bila daunnya dipakai untuk membungkus daging, membuat daging lebih empuk dan mudah dicerna. Dalam pengobatan Cina, pepaya digunakan untuk kesehatan, diantaranya; Untuk mengatasi kesulitan mencerna makanan, akibat protein tinggi. Untuk membersihkan gigi, dengan memecah sisa-sisa makanan yang melekat. Buahnya dapat dimanfaatkan untuk mengusir cacing usus. Air hasil rendaman biji pepaya bisa dimanfaatkan untuk teh. Pepaya yang masak baik untuk mengatasi disentri, rematik, dan produksi lendir yang berlebihan. Silakan klik next untuk mengetahui informasi selanjutnya. Manfaat Pepaya Bagi Tubuh Pada tahun 1997 The World Cancer Research Fund?s melaporkan, mengonsumsi pepaya sebagai makanan penutup secara teratur, baik untuk menangkal kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker payudara, kanker ka [...]

Polusi Udara Sebabkan Kanker!

Polusi Udara Sebabkan Kanker!

Anda dapat memilih untuk tidak merokok atau minum alkohol, namun Anda tidak dapat mengontrol untuk tidak terpapar polusi udara. Sudah sejak lama polusi udara diketahui dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti masalah pernapasan dan penyakit jantung. Setiap tahunnya ditemukan peningkatan jumlah paparan polusi udara di seluruh dunia, terutama di negara industri dengan jumlah populasi besar. Baru-baru ini, berita mengejutkan dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO) yang menyatakan bahwa polusi udara dapat menyebabkan kanker. International Agency for Research on Cancer (IARC) merupakan agen khusus WHO yang meneliti masalah ini, mereka mengatakan bahwa polusi udara memiliki sifat karsinogenik pada manusia. Pernyataan ini memiliki bukti ilmiah yang kuat, jenis kanker terbanyak yang disebabkan oleh polusi udara adalah kanker paru, selain itu ditemukan juga peningkatan risiko kanker kandung kemih. Pada tahun 2010, lebih dari 220.000 kematian akibat kanker paru berhubungan dengan polusi udara. Polusi udara dengan sifat karsinogenik terbanyak terutama berasal dari asap transportasi, emisi industri dan agrikultural, pembangkit listrik, asap pembakaran dan asap yang dihasilkan dari [...]

5 Mitos Kebersihan Makanan

5 Mitos Kebersihan Makanan

Kadang kesalahan kecil dapat memiliki dampak yang besar. Sama halnya dengan keamanan makanan. Satu kesalahan kecil dalam penyimpanan makanan misalnya dapat menyebabkan penyakit yang serius. Beberapa mikrobateria seperti Salmonella hanya membutuhkan 15 ? 20 sel dalam makanan yang kurang matang untuk menyebabkan keracunan makanan. (Baca: Inilah Penyebab Utama Berat Badan Naik Ketika Lebran) Simaklah 5 mitos mengenai penyimpanan dan keamanan makanan di bawah ini: 1. Asal disimpan dalam kulkas, makanan sisa tidak akan bermasalah. Masalahnya, bakteri dapat tumbuh pada makanan 2 jam setelah dimasak. Jadi, pertimbangkanlah aturan ?2 jam? ini sebelum membawa pulang makanan sisa dari restoran. Bila makanan disimpan dalam kulkas dalam jangka waktu 2 jam, makanan tersebut masih dapat dimakan selama 4 hari ke depan. 2. Bila makanan tidak berbau aneh dan rasanya masih enak maka makanan tersebut aman. Tidak semua bakteri menyebabkan perubahan bau dan rasa tersebut. Pelajarilah cara penyimpanan berbagai jenis makanan. Pastikan kulkas Anda dalam suhu yang tepat. 3. Selama belum mencapai masa ekspirasi, makanan aman untuk dimakan. Berbeda dengan susu formula, tidak ada aturan mengenai tanggal ek [...]

Penggunaan Tisu Bisa Sebarkan Virus Flu, Ini Cara Menangkalnya

Penggunaan Tisu Bisa Sebarkan Virus Flu, Ini Cara Menangkalnya

Penggunaan tisu saat flu atau pilek selama ini dianggap sebagai salah satu cara untuk mencegah penularan virus penyebab penyakit tersebut yang lebih baik daripada sapu tangan. Namun jika memakainya dengan cara yang salah atau tisu yang Anda gunakan tidak steril justru dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.Sejumlah ahli kesehatan mengatakan bahwa tisu merupakan pilihan yang paling higienis karena hanya sekali pemakaian. Namun ternyata ada banyak orang yang menggunakan tisu hingga berulang kali seperti halnya sapu tangan. Kebiasaan buruk ini bisa membuat virus menyebar dan menular pada orang lain, juga membuat penyakit flu bertambah parah.Ketika Anda menempelkan tisu ke hidung lalu mengeluarkan sekresi lendir yang dipenuhi virus penyebab flu, maka virus tersebut juga akan menempel pada tisu. Virus tersebut pun akan bertahan dalam jangka waktu cukup lama. Profesor Ron Eccles, direktur Common Cold Research Centre di Cardiff University Inggris mengatakan, virus pada sapu tangan atau tisu bisa bertahan hidup selama berjam-jam. Ketika tisu bersentuhan dengan tangan, otomatis tangan Anda akan menjadi 'perantara' dalam menyebarkan virus ke orang lain.Dijelaskan Profesor Jack Gwalt [...]

Kaki Pecah-pecah Membuat Minder? Ini Solusinya!

Kaki Pecah-pecah Membuat Minder? Ini Solusinya!

Tidak percaya diri memakai sandal atau sepatu dengan bagian tumit terbuka karena kaki pecah-pecah? Kini Anda tidak perlu minder karena ada solusi untuk mengatasi hal tersebut. Kaki pecah-pecah terjadi karena kulit di daerah kaki sangat kering. Kulit kering ini tidak bisa menunjang tekanan keras ketika Anda menapakkan kaki. Akibatnya, kulit kering tersebut bisa retak. Kulit retak ini selain mengganggu penampilan, juga bisa menimbulkan rasa perih pada kaki. Lembapkan Kulit Kaki Anda Kunci utama menangani kaki pecah-pecah adalah menjaga kelembapannya. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan agar kelembapan kulit selalu terjaga. Gunakan krim kaki. Pilih krim yang kaya pelembap atau mengandung zat dimethicone di dalamnya. Krim dengan kandungan zat tersebut bisa melembapkan kulit kering. Krim ini memang bisa membuat kulit Anda berminyak, namun efek itu sangat baik untuk kulit pecah-pecah. Untuk penyerapan yang optimal, krim ini harus segera Anda olesi di tumit setelah mandi. Jangan biarkan sisa sabun menempel di kaki. Sabun dengan bahan-bahan kimia yang keras bisa membuat kulit kaki semakin kering. Namun itu bukan berarti Anda tidak boleh membersihkan kaki dengan sabun. Anda dapat [...]

Tisu Basah Berbahaya bagi Kulit Bayi. Benarkah?

Tisu Basah Berbahaya bagi Kulit Bayi. Benarkah?

Kehadiran tisu basah mungkin membantu sebagian orang, khususnya yang memiliki bayi. Tapi, ada kekhawatiran mengenai keamanan tisu basah saat diusapkan pada kulit bayi. Tisu basah dapat dipakai menggantikan air saat membersihkan kulit bayi dari berbagai jenis kotoran seperti debu, keringat, cipratan makanan, air seni, atau tinja. Bisa dibilang, benda ini wajib ada di tas perlengkapan bayi. Sebenarnya tisu basah sama efektifnya dengan air ketika digunakan untuk membersihkan kulit bayi dari kotoran. Untuk bayi yang memiliki kulit normal, mungkin tisu basah tidak menimbulkan reaksi negatif ketika diusapkan pada kulit mereka. Namun, reaksi negatif mungkin saja timbul jika mengaplikasikan tisu basah pada kulit bayi yang sensitif. Hal itu mungkin merupakan reaksi yang ditimbulkan oleh bahan-bahan yang terkandung dalam tisu basah. Dahulu, produsen memasukkan bahan pengawet jenis paraben dan formalin pada tisu basah. Tapi setelah zat tersebut dilarang digunakan, produsen beralih ke jenis pengawet lain yaitu methylisothiazolinone (MI). Sayangnya, zat pengawet ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi seperti Ruam parah. Lecet. Gatal-gatal. Pengerasan kulit. Bengkak. Melepuh. Biasanya, are [...]

Penderitaan Wanita yang Alergi WiFi dan Sinyal Elektronik

Penderitaan Wanita yang Alergi WiFi dan Sinyal Elektronik

Saat ini, ketergantungan orang terhadap internet membuat kehadiran WiFi sangat dicari. Namun tidak dengan wanita asal Inggris satu ini. Wanita berusia 63 tahun bernama Mary Coales tersebut tidak mau pergi ke tempat-tempat umum yang memiliki fasilitas WiFi. Bisa dibilang ia sangat alergi dengan jaringan internet tanpa kabel tersebut. Pada saat pertemuan penting seperti ingin mendatangi dokter pun ia harus menunggu gilirannya di luar rumah sakit agar tidak berlama-lama berada di ruangan ber-WiFI. Mengapa demikian?Mary ternyata merupakan salah satu orang yang memiliki sindrom langka bernama Electromagnetic Hypersensitivity intolerance Syndrome (EHS). Yang berarti wanita lulusan Cambridge University tersebut akan menderita sakit jika terkena radiasi dari alat elektronik. Mary yang merupakan mantan staff penerbangan itu kerap merasakan sakit yang tak tertahankan pada area mulut ketika terpapar sinyal elektronik. Dengan banyaknya orang yang membawa telepon genggam serta tempat yang memasang WiFi, Mary pun merasa sangat tersiksa. Ia jadi tak bisa pergi ke sembarang tempat selain ke rumah teman yang WiFi-nya bisa dimatikan.Untuk melindungi dari dari WiFi serta sinyal yang membahayakan, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *