9 Fakta Keren Lemon

lemon-limun-sehat-khasiat-alami.jpg

Di Indonesia, buah ini tidak terlalu banyak diketahui umum. Kehadirannya baru dikenali umum pada sajian minuman teh di restoran-restoran populer dewasa ini bernama; lemon iced tea. Disajikan dingin bersama teh, jeruk limun dicelup ke teh untuk menambah sensasi segar.

Semua pasti mengetahui fungsi dari jeruk nipis di dapur yang berguna untuk makanan, kue dan beberapa jenis makanan. Tapi tahukah Anda, kehadirannya bukan hanya sekedar variasi perasa. Ternyata lemon atau limun ini memilki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Pasalnya, jeruk lemon mengandung banyak vitamin C, magnesium, kalsium, kalium, beberapa mineral dan antioksidan yang dapat membantu kesehatan kulit, rambut serta kuku.

Apa saja manfaat kesehatan lemon? Berikut beberapa fakta tentang jeruk lemon:

9 Fakta Keren Lemon

Dapat menyembuhkan jerawat dan komedo: jeruk limun (lemon) memiliki beberapa sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang membuat jeruk nipis menjadi salah satu pilihan natural untuk mengobati jerawat.

Caranya mudah:

  • Dengan mengoleskan air dari jeruk limun (lemon) sedikit saja di wajah,
  • Atau campurkan dengan beberapa tetes madu
  • Oleskan pada daerah dengan komedo
  • Diamkan selama 5 -10 menit
  • Bersihkan dengan air.

Klik ‘next’ untuk tahu bagaimana lemon dapat menghilangkan bekas hitam di wajah.

9 Fakta Keren Lemon

Menghilangkan bekas hitam di wajah: Bekas jerawat sangat sulit untuk dihilangkan, air dari jeruk limun (lemon) dapat digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Caranya cukup mudah, yakni:

  • Gunakan kapas pada daerah-daerah bekas jerawat
  • Jangan lakukan pada kulit yang memiliki luka terbuka.

Klik ‘next’ untuk tahu bagaimana lemon dapat memutihkan gigi Anda.

9 Fakta Keren Lemon

Dapat memutihkan gigi: Lemon dapat membantu mengembalikan warna putih alami gigi Anda kembali.

Caranya mudah;

  • Coba campur jeruk limun (lemon) dengan baking soda.
  • Gabung keduanya sehingga didapatkan suatu cairan yang berbusa
  • Oleskan pada gigi tinggalkan selama 1 menit saja
  • Bersihkan gigi dengan sikat gigi seperti biasa.

Klik ‘next’ untuk mengetahui bagaimana lemon dapat menghilangkan kulit berminyak.

9 Fakta Keren Lemon

Dapat menghilangkan kulit berminyak: Anda memiliki kulit jenis kulit berminyak? Anda dapat melakukan tips perawatan wajah dengan lemon Caranya? Mudah sekali.

Berikut caranya:

  • Oleskan sedikit jeruk lemon pada cotton buds
  • Oleskan di wajah secara lembut
  • Lakukan ini rutin sebelum tidur
  • Segera cuci muka saat bangun tidur keesokan harinya.

Klik ‘next’ untuk mengetahui bagaimana lemon dapat membantu rambut Anda lebih terang.

9 Fakta Keren Lemon

Membuat rambut lebih terang: Anda mendambakan rambut yang lebih mengkilap alami? Lemon dapat membantu mengembalikan mengkilap alami rambut Anda.

Caranya pun sama mudah dengan tips sebelumnya:

  • Gunakan perasan jeruk lemon dengan conditioner
  • Kemudian sisir rambut
  • Duduk di bawah sinar matahari beberapa jam yang sedikit teduh
  • Kemudian cuci rambut
  • Ulangi tindakan ini paling tidak seminggu satu kali, dan tunggulah hasil.

Karena siapa tahu jeruk limun dapat menjadi alternatif untuk highlight rambut dan rambut lebih sehat.

Klik ‘next’ untuk mengetahui bagaimana lemon dapat membantu menguatkan kuku Anda.

9 Fakta Keren Lemon

Menguatkan kuku: Kuku Anda mudah patah dan terlihat kusam? Anda dapat mencoba tips menjaga kesehatan kuku dengan lemon berikut ini.

Cukup coba lakukan berikut ini:

  • Campur minyak zaitun dan lemon.
  • Bubuhkan ke kuku Anda
  • Usap dengan cotton buds perlahan secara berkali-kali
  • Kemudian biarkan sejenak (15 menit hingga 20 menit)
  • Cuci tangan perlahan dengan air bersuhu kamar. (bukan air hangat)

Anda dapat menjadikan tips ini untuk menguatkan kuku sekaligus memutihkan kuku, dan mengurangi anggaran pergi ke salon untuk perawatan kuku.

Klik ‘next’ untuk mengetahui bagaimana lemon dapat membantu menghilangkan ketombe.

9 Fakta Keren Lemon

Menghilangkan ketombe: Benar, lemon dapat membantu Anda menghilangkan ketombe dan menjaga kult permukaan kepala. Caranya?

  • Campurkan antara coconut oil, olive oil dan madu dengan jeruk lemon
  • Oleskan ke kulit kepala
  • Pijat perlahan seperti menggunakan conditioner
  • Kemudian bilas setelah penggunaan.

Beberapa kandungan lemon diyakini dapat membantu menghilangkan ketombe dan mejadi solusi kulit kepala kering.

Dimana memang faktor utama kasus terjadinya ketombe kebanyakan difaktori oleh kondisi kulit kepala yang kering.

Klik ‘next’ bagaimana lemon dapat menjadi solusi membantu masalah bibir yang kering.

9 Fakta Keren Lemon

Menghilangkan bibir kering: Selain membantu kulit kepala yang kering menjadi lebih lembab, lemon dapat memberikan manfaat juga untuk masalah bibir kering. Bagaimana caranya?

  • Potong jeruk lemon
  • Oleskan sarinya pada bibir di malam hari
  • Cuci bibir pada pagi hari

Sari jeruk limun (lemon) dapat menghilangkan kulit mati yang membuat bibir menjadi lebih halus.

Klik ‘next’ untuk mengetahui bagaimana lemon dapat membantu membersihkan wajah dan tubuh lebih sempurna.

9 Fakta Keren Lemon

Membersihkan wajah dan tubuh: Dengan lemon? Caranya?

  • Campurkan jeruk lemon dengan, yogurt, dan minyak lavender atau chamomile
  • Oleskan pada tubuh secara merata.

Sehingga dapat menghilangkan kotoran dan bakteri sekaligus menghaluskan kulit. Jika ingin lebih jauh mengenai topik ini, mari bertanya dan konsultasikan dengan kami.

Baca juga:
5 Masker Alami di Rumah
6 Khasiat Coklat untuk Tubuh

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ditemukan Bakteri di Handuk Kertas Baru

Ditemukan Bakteri di Handuk Kertas Baru

Handuk kertas biasa terdapat di dalam sebuah toilet, kita biasa menggunakannya setelah mencuci tangan. Ternyata, mengambil sebuah handuk kertas di dalam sebuah toilet umum dapat meninggalkan bakteri lebih banyak daripada yang kita bayangkan. Para peneliti mengatakan, mereka telah menemukan bakteri, termasuk beberapa yang diketahui sebagai penyebab penyakit, di dalam handuk kertas yang belum terpakat tersebut. Mereka juga menemukan bahwa bakteri-bakteri tersebut bisa menempel pada tangan kita setelah mencuci tangan. Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Infection Control ini tidak menemukan penyakit apapun yang berhubungan dengan penggunaan handuk kertas. Para pakar, seperti dilansir pada WebMD pada hari rabu 28 Desember 2012 mengatakan, ?temuan yang mungkin paling penting bagi orang-orang di dalam unit isolasi rumah sakit dan mereka dengan kekebalan tubuh yang lemah adalah orang-orang yang harus ekstra hati-hati tentang melakukan kontak langsung dengan kuman.? Para peneliti di Laval University in Canada melakukan tes terhadap enam merek handuk kertas komersial. Mereka menemukan bakteria di dalam ke-enam merek tersebut. Akan tetapi, handuk yang terbuat dari fiber daur [...]

Beras Merah dan Anti-Stroke

Beras Merah dan Anti-Stroke

Perlu kita ketahui beras merah dan anti stroke mempunyai keterkaitan. Suatu studi di Universitas Negara Bagian Lousiana, AS, menemukan bahwa minyak dedak dari beras merah bisa menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Manfaat kesehatan dari beras merah adalah seratnya, secangkir beras merah mampu menyediakan 14% setiap hari. Serat ini telah terbukti menurunkan kolesterol tinggi, juga menghambat aterosklerosis. Serat beras merahpun berperan dalam mengontrol tinggi gula darah, sehingga menjadi pilihan terbaik bagi penderita diabetes. Menurut riset Dr. Rui Hai Liu dari Universitas Cornell, seperti halnya buah-buahan dan sayuran, beras merah juga mengandung fenolik, salah satunya zat antioksidan yang mampu menghambat radikal bebas pemicu kanker. Angka aktivitas antioksidan beras merah menurut hasil riset tersebut adalah 56, sementara brokoli 80, bayam 81, apel 98, pisang 65, jagung 181, dan gandum77. Magnesium, yang terkandung dalam beras merah, menurut beberapa studi mampu menurunkan keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frekuensi migran, dan menurunkan risiko serangan jantung serta stroke. Beras Merah dan Anti-Stroke Magnesium yang ada diber [...]

Jangan Abaikan 7 Gejala Kesehatan Ini!

Jangan Abaikan 7 Gejala Kesehatan Ini!

Anda perlu waspada dengan setiap gejala yang muncul pada tubuh. Bisa jadi hal tersebut mengarah kepada penyakit serius. Seperti yang dikutip dari mayoclinic, berikut tujuh gejala yang tak boleh diabaikan.1. Turunnya Berat Badan Secara DrastisMenurunnya berat badan tanpa perlu usaha yang besar mungkin terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Sayangnya hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa ada yang salah pada kesehatan Anda.Jika Anda kehilangan hingga 10 persen dari berat badan selama enam bulan terakhir, segera konsultasikan pada dokter. Penurunan berat badan secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti tiroid yang terlalu aktif, diabetes, depresi, penyakit hati, atau kanker.2. Demam Tinggi & BerkepanjanganDemam bukan selalu berarti tanda bahwa tubuh Anda sedang tidak sehat. Deman memiliki peran penting dalam memerangi infeksi. Namun jika demam yang Anda alami lebih dari tiga hari, Anda harus memeriksakannya ke dokter. Dalam beberapa kasus, demam tinggi lebih dari 39,4 C dan berkepanjangan bisa disebabkan oleh gejala kanker ganas.3. Sesak NapasSesak napas dapat disebabkan oleh penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis kronis, asma, pneumonia, gump [...]

Wanita Kegemukan Cenderung Tidak Subur

Wanita Kegemukan Cenderung Tidak Subur

Apakah Anda mengetahui berat badan Anda? Apakah Anda pernah menghitung indeks massa tubuh (IMT) Anda? Penting bagi wanita untuk mengetahui berat badannya karena hal ini terkait dengan kesuburan dan kemungkinan untuk terjadinya kehamilan. Para wanita dengan IMT di sekitar 30kg/m2 terancam untuk mengalami gangguan kesuburan dan kesulitan untuk hamil. Para wanita terancam mengalami ketidaksuburan jika berat badannya berlebih karena beberapa faktor: Masalah ovulasi (pengeluaran sel telur) Wanita obesitas terancam untuk mengalami gangguan keseimbangan hormon yang dapat menyebabkan gangguan dalam menstruasi sehingga dapat menyebabkan siklus pengeluaran sel telur menjadi terganggu juga. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan untuk hamil. Selain itu, kegemukan pada wanita juga menenggarai pada masalah proses pembuahan. Berikut penjelasannya: Beberapa Masalah Kesuburan Pada Wanita Obesitas Masalah pada proses pembuahan Selain masalah pengeluaran sel telur, pada para wanita yang kegemukan namun memiliki siklus menstruasi yang normal dan dapat mengeluarkan sel telur secara normal, ditemukan tetap saja sulit untuk hamil. Hal ini diduga karena pengaruh hormon leptin yang [...]

Hepatitis Mengintai

Hepatitis Mengintai

Kebiasaan buruk berbagi makanan dan minuman dengan teman perlu diwaspadai terlebih dengan maraknya kasus penyebaran penyakit hepatitis A yang mulai dianggap sebagai kejadian luar biasa (KLB) di beberapa daerah di Jawa Barat. Mewabahnya kasus hepatitis A tahun ini pertama kali muncul di akhir Oktober dengan lebih dari 40 mahasiswa Universitas Parahyangan Bandung positif mengidap penyakit hepatitis A. Tidak lama berselang, hari Senin kemarin (7/11) telah dikabarkan bahwa daerah Depok juga sudah terserang virus yang sama. Sebanyak lebih dari 70 siswa dan guru SMKN 2 Depok beserta beberapa buruh disekitar sekolah mengalami gejala mata kuning, tubuh lemas dan kulit menguning yang menandakan mereka terjangkit penyakit hepatitis dan 68 dari mereka positif terjangkit hepatitis A. Meskipun kasus mewabahnya hepatitis A baru terlihat di dua tempat, namun penyebaran penyakit ini mampu meluas apabila tidak dilakukan pencegahan sedini mungkin. Sehingga lokalisasi pengidap tidak hanya sebagai cara menanggulangi KLB namun juga dilakukan upaya pemantauan ketat dan penyuluhan oleh Dinas Kesehatan dan Badan Pengendali Penyakit & Penyehatan Lingkungan (P2PL). Dari kedua kasus ini meskipun belum di [...]

7 Manfaat Kesehatan Ketika Punya Anak

7 Manfaat Kesehatan Ketika Punya Anak

Kehadiran anak memberikan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan menikah. Tak hanya membuat rumah ramai, memiliki anak ternyata juga memberikan manfaat kesehatan. Berikut tujuh manfaat yang didapat ketika Anda menjadi orangtua, seperti dilansir Foxnews.1. Turunkan Tekanan DarahSebuah studi terbaru yang dilakukan di Brigham Young University menemukan bahwa menjadi orangtua benar-benar dapat membantu menurunkan tekanan darah. Peneliti mempelajari 200 pria dan wanita menikah untuk memonitor tekanan darah selama 24 jam dan menemukan bahwa pasangan yang memiliki anak, secara signifikan memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang tanpa keturunan.2. Mental Lebih StabilAnggapan bahwa tingkah laku anak terkadang membuat orangtua menjadi 'gila', tampaknya tak selalu benar. Para peneliti di Taiwan?s Mental Health Foundation mengklaim bahwa anak-anak bisa membuat orangtua tetap stabil secara mental."Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki anak lebih bahagia, memiliki kepuasan yang lebih besar dan kesejahteraan emosional daripada yang tanpa anak," kata Tom Yang, peneliti utama studi tersebut.3. Aktif BergerakAnak-anak seringkali terlibat dalam jenis kegiatan akt [...]

Siapa Bilang Kita Aman dari Kaki Gajah?

Siapa Bilang Kita Aman dari Kaki Gajah?

Penyakit kaki gajah atau disebut lymphatic filariasis disebabkan oleh cacing filaria yang menginfeksi kelenjar getah bening. Cacing ini masuk ke tubuh manusia dengan perantara nyamuk. Penyakit kaki gajah biasa ditemukan di wilayah tropis, seperti Indonesia. Secara keseluruhan ada 1,23 miliar orang di seluruh dunia yang berisiko terinfeksi penyakit ini. Di Indonesia saja, terdapat sekitar 132 juta penduduk yang berisiko terinfeksi kaki gajah. Bagaimana Penyakit Kaki Gajah Bisa Menyebar? Sebagai negara tropis, Indonesia merupakan tempat yang nyaman bagi nyamuk untuk berkembang biak. Oleh karena itu, wajar jika lebih dari seratus juta penduduknya berisiko terinfeksi penyakit ini. Ketika nyamuk mengisap darah seseorang yang mengandung cacing filaria, maka cacing tersebut akan turut menginfeksi nyamuk. Selanjutnya nyamuk yang telah terinfeksi ini akan menyebarkan cacing filaria ketika menggigit orang lain. Larva cacing filaria kemudian akan tinggal di dalam pembuluh getah bening. Di dalam pembuluh getah bening inilah larva cacing filaria akan tumbuh dewasa dan berkembang biak. Cacing dewasa sendiri bisa hidup hingga 7 tahun lamanya dalam pembuluh getah bening manusia. Mereka akan me [...]

Kerja Lembur Bisa Tingkatkan Risiko Sakit Jantung

Kerja Lembur Bisa Tingkatkan Risiko Sakit Jantung

Banyak anggapan yang mengatakan bahwa kerja lembur atau overtime seringkali memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Nampaknya hal tesebut benar adanya, kerja berlebihan bisa merusak kesehatan Anda dalam jangka panjang.Seperti yang dikutip dari Health, orang yang bekerja rata-rata 11 jam atau lebih dalam sehari memeiliki risiko 67 persen lebih tinggi menderita serangan jantung atau bahkan kematian dibandingkan orang yang bekerja standar, tujuh hingga delapan jam sehari. Menurut sebuah studi terbaru dari Annals of Internal Medicine, mereka yang bekerja antara 10 hingga 11 jam memiliki risiko 45 pesen lebih tinggi."Jadwal kerja mungkin seringkali diabaikan dan kurang dimanfaatkan sebagai tanda atau peringatan dini untuk penyakit jantung," ujar Mika Kivimaki, seorang profesor epidemiologi dan kesehatan masyarakat di University College London.Lamanya waktu bekerja mungkin tidak secara langsung memberikan dampak negatif pada kesehatan. Menurut para ahli, serangan jantung bisa saja terjadi karena gaya hidup yang salah. Orang yang lembur biasanya cenderung untuk memakan makanan yang tak sehat, tidak aktif akibat duduk terlalu lama untuk mengerjakan pekerjaannya, kurang tidur dan [...]

Kebiasaan Sehari-hari yang Buat Gigi Cepat Rapuh dan Keropos

Kebiasaan Sehari-hari yang Buat Gigi Cepat Rapuh dan Keropos

Gigi rapuh dan keropos tidak hanya disebabkan oleh malasnya Anda menggosok gigi atau hobi mengonsumsi makanan manis dan lengket. Ada beberapa kebiasaan yang juga bisa membuat gigi rapuh. Ini lima kebiasaan yang harus dihindari, jika Anda ingin miliki gigi kuat sampai tua.1. Menyikat Gigi Terlalu KerasSebagian orang menganggap kebersihan gigi berawal dari seberapa sering kita menyikat gigi. Hal itu benar, tapi menyikat gigi yang dilakukan lebih dari 2 kali dalam sehari tidak baik untuk kesehatan gigi kita."Saya sudah bertemu dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan sikat gigi 20 kali dalam sehari," kata Dr. Sally Cram, ahli gigi di Washington D.C., seperti dikutip dari She knows. Terlalu sering menyikat gigi tidak akan membuat gigi Anda bersih lebih lama. Justru akan melukai gusi dan mengikis enamel gigi. Menyikat hanya perlu dua kali sehari dan yang terpenting, adalah cara Anda melakukannya. Gosoklah dengan gerakan memutar mulai dari bagian depan, samping, dalam dan geraham. Lalu gunakan dental floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan di antara celah gigi selama dua menit.2. Terlalu Sering Memutihkan GigiAgar gigi terlihat lebih putih biasanya kita memutihkan kulit dengan me [...]

Handphone 3G Lebih Berisiko Menyebabkan Kanker Otak

Handphone 3G Lebih Berisiko Menyebabkan Kanker Otak

Saat ini handphone bukan menjadi barang mewah lagi, namun sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakati di dunia. Hampir setiap orang memiliki handphone dari orang dewasa sampai anak kecil. Ketergantungan terhadap handphone disebabkan karena manfaatnya yang bukan hanya sebagai alat komunikasi tapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi, urusan bisnis, dan sebagainya. Dibalik manfaatnya, handphone ternyata dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Hospital di Orebro, Swedia, penggunaan handphone dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko terkena glioma. Glioma adalah salah satu jenis tumor otak yang paling sering ditemukan. Dan ketahuilah, risiko paling tinggi pada penggunaan handphone 3G. Berikut penjelasannya. Bahaya HP 3G Semakin maraknya penggunaan komunikasi wireless meningkatkan paparan terhadap radiofrequency electromagnetic fields (RM-EMF). Otak merupakan target utama dari RM-EMF saat handphone digunakan. Risiko paling tinggi ditemukan pada penggunaan handphone 3G dibandingkan handphone jenis lainnya. Tumor tersebut biasanya tumbuh pada sisi otak yang paling sering terpapar. Mis [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *