9 Tips Untuk Memperlancar ASI

lancar-ASI-air-susu-ibu.jpg

Setiap orang tua pastinya hendak memberikan hanya yang terbaik bagi sang buah hati. Untuk itulah memberikan ASI sejak lahir bagi buah hati merupakan pilihan yang tepat. Sayangnya seringkali usaha ini seringkali terhambat dengan ASI yang tidak lancar.

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi produksi ASI, mulai dari makanan dan minuman yang kurang diperhatikan hingga perasaan stres dan kurang percaya diri Ibu untuk dapat menyusui dengan baik sampai selesai.

Ada beberapa hal yang dapat membantu Ibu untuk dapat menyusui dengan sukses, yaitu:

  1. Ibu Merasa Nyaman

Ibu perlu membangun percaya diri dalam merawat bayi, bahwa Ibu akan mampu memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Jika terdapat nyeri atau kecemasan sebaiknya Ibu segera mengkonsultasikannya ke dokter atau tenaga kesehatan lain agar dapat segera ditangani. Pikirkanlah hanya pikiran-pikiran yang menyenangkan dan baik tentang Ibu dan bayi Ibu. (Baca: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat?)

  1. Carilah Tempat Menyusui yang Tenang dan Perhatikanlah Privasi Ibu

Dengan menyusui di tempat yang tenang akan membuat Ibu dan bayi menjadi lebih tenang. Jika privasi Ibu terjaga, Ibu juga akan merasa nyaman untuk membiarkan bayi menyusui dengan leluasa.

  1. Dekaplah Bayi dengan Kontak Kulit

Kontak antarkulit akan meningkatkan perasaan nyaman Ibu dan bayi serta membantu Ibu dapat memiliki pikiran-pikiran yang menyenangkan dan baik tentang Ibu dan bayi dan juga dapat menstimulasi reflex oksitosin.

  1. Cukupi Asupan Makanan dan Minuman

Perhatikan asupan makanan dan minuman Ibu agar tetap tercukupi. Kesibukan mengurus dan merawat bayi daru lahir memang dapat menyita perhatian, namun asupan makanan dan minuman yang baik tidak boleh diremehkan karena akan mempengaruhi kuantitas dan kualitas ASI. Untuk membuat tubuh nyaman, Ibu secara khusus dapat mengkonsumsi minuman yang hangat sebelum menyusui bayi. Namun, hindarilah kopi selama menyusui. (Baca: 5 Info Makanan Seputar Menyusui)

  1. Istirahat yang Cukup

Cukup istirahat akan membantu mengurangi stres dan kecemasan Ibu. (Baca: Masalah Payudara Setelah Menyusui)

  1. Posisi Bayi Saat Menyusui Benar

Saat menyusui, bayi perlu menempel dengan benar ke dada Ibu dengan posisi mulut yang tepat sehingga bayi dapat menyusui dengan efektif.

  1. Stimulasi Reflex Hormon Oksitosin

Berbagai cara di atas dapat meningkatkan kerja hormon oksitosin. Selain itu beberapa cara stimulasi langsung pada payudara juga dapat membantu seperti: menghangatkan payudara dengan kompres hangat atau mandi air hangat, menstimulasi puting payudara dengan menarik atau memutar puting payudara, pemijatan payudara pada daerah puting payudara ataupun areola dan pemijatan punggung.

  1. Bayi Dapat Menyusui dengan Leluasa Sesuai yang Diinginkan

Jika bayi dapat menyusui dengan leluasa maka waktu yang dimiliki bayi untuk mengisap akan semakin lama sehingga akan meningkatkan produksi ASI dan memperlancar ASI. Sangat baik jika bayi dapat mengisap dam menyusui minimal 10 kali dalam 24 jam, bahkan dapat lebih. (Baca: Cara Menyusui yang Benar)

  1. Lingkungan Ibu Mendukung

Dukungan dari Ayah, anggota keluarga lainnya, teman-teman dan lingkungan kerja akan membantu Ibu tidak merasa stres, cemas dan terlalu lelah sehingga Ibu dapat memperhatikan kesehatan diri dan bayi dengan lebih baik. (Baca: Olahraga Aman Selama Menyusui)

Jangan putus asa untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati Ibu dan percayalah bahwa Ibu dapat memberikan ASI yang cukup untuk buah hati Ibu. Dibutuhkan kesabaran dan kerja keras untuk bisa berhasil memberikan ASI untuk si kecil, dan Ibu pasti bisa! Selamat menyusui!

(JF)

Baca juga:
Tips Menyusui untuk Ibu Bekerja
Benarkah Daun Jintan Dapat Melancarkan ASI?
Solusi Puting Terluka Karena Menyusui

Ditulis oleh:
dr. Jessica Florencia
Anggota Redaksi Medis

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Alkohol Lebih Berbahaya Bagi Wanita Dibanding Pria

Alkohol Lebih Berbahaya Bagi Wanita Dibanding Pria

Bagi wanita yang gemar mengonsumsi alkohol, sebaiknya berhati-hatilah. Menurut beberapa penelitian,alkohol ternyata lebih banyak memberikan efek negatif pada wanita dibandingkan pria.Seperti yang dikutip dari howstuffworks, wanita lebih rentan mengalami masalah kesehatan serius seperti kerusakan otak, hati, penyakit jantung dan kanker. Selain itu wanita akan lebih mudah mabuk ketimbang pria saat meminum alkohol.Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Psychiatry, Daniel Hommer dan koleganya menemukan bukti yang menjelaskan adanya hubungan lansung antara kerusakan otak dengan kebiasan minum wanita. Bukti ini tidak dipengaruhi dengan banyak atau sedikitnya takaran alkohol yang dikonsumsi.Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa alkohol secara perlahan menyebabkan kerusakan organ tubuh sedari awal pengonsumsian. Wanita yang meminum alkohol mulai dari usia 20 atau 25 tahun, kemungkinan akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas sederhana dan pengendalian impuls di usia 30 tahun."Ini merupakan bukti pertama kalinya, bahwa ada bagian otak yang tidak bisa melakukan tugasnya seperti berpikir. Hal ini lebih terpengaruh pada pecandu alkohol wanita diba [...]

Makanan Pedas Bisa Bantu Sehatkan Jantung

Makanan Pedas Bisa Bantu Sehatkan Jantung

Tidak selamanya makanan pedas berdampak negatif bagi tubuh. Menurut penelitian, banyak ragam cabai yang ternyata dapat menurunkan darah tinggi dan membuat jantung sehat.Para peneliti mengatakan bahwa senyawa yang terdapat dalam cabai cayennes, jalapenos dan jenis cabai lainnya dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi kolesterol. Peneliti juga menemukan bahwa cabai memiliki potensi besar untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung.Penelitian yang dilakukan di Chinese University of Hong Kong tersebut fokus pada zat yang dikenal sebagai 'Capsaicinoids'. Zat yang memberikan rasa pedas itu ternyata berfungsi untuk mencegah pembekuandarah."Kami sekarang mengetahui lebih detail dan jelas mengenai efek terdalamnya yang dapat mempengaruhi kolesterol dan kesehatan pembuluh darah. Penelitian ini memberikan informasi tersebut," ujar salah satupeneliti Dr Zhen-Yu Chen, seperti yang dikutip dari Daily Mail.Kesimpulan itu didapat dari pengujian terhadap dua kelompok hamster yang melakukan diet kolesterol tinggi. Salah satu kelompok hamster diberi makanan yang mengandung banyak mengandung Capsaicinoids,sedangkan kelompok hamster lainnya diberi makanan tanpa mengandung Capsaicinoids.Pene [...]

Ini Makanan yang Harus Dihindari Selama Menstruasi

Ini Makanan yang Harus Dihindari Selama Menstruasi

Pada saat menstruasi tingkat stres perempuan meningkat seiring dengan perubahan suasana hati yang ekstrim. Selain stres, kondisi tubuh pun dapat menurun, seperti merasakan perut kram, mual dan pusing.Lebih dari setengah perempuan mengalami gejala tersebut terutama di usia yang masih muda. Namun gejala ini dapat dikurangi bila kita bisa mengatur pola makan dan nutrisi yang diasup. Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari selama menstruasi, seperti dirangkum Bold Sky.1. KafeinKafein merupakan salah satu minuman utama yang perlu dihindari karena bisa menyempitkan pembuluh darah dan membuat tubuh terdehidrasi. Maka dari itu bila mengonsumsi kafein, tubuh akan merasa tidak nyaman dan menimbulkan sakit kepala serta meningkatkan kecemasan dan kegalauan. Lebih baik hindari minuman berkafein seperti kopi, soda, dan coklat terutama selama menstruasi.2. GulaHindari makanan manis seperti permen atau soda karena mengandung kadar gula yang tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi membuat kadar gula dalam darah meningkat dengan drastis dan dapat membuat Anda mudah merasa kesal dan cepat lesu.3. Makanan Junk FoodMakanan cepat saji atau junk food perlu dihindari karena meng [...]

Turunkan Berat Badan dan 6 Manfaat Lain Minum Air Lemon Setiap Pagi

Turunkan Berat Badan dan 6 Manfaat Lain Minum Air Lemon Setiap Pagi

Sari lemon diketahui bisa memberikan semangat serta mengatasi beberapa masalah kulit dan kesehatan. Lemon kaya akan asam sitrat yang baik untuk kulit. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa didapat dari minum lemon, seperti menurunkan berat badan, mengatasi mual, serta membersihkan kotoran dalam perut Anda. Untuk itu, lemon disarankan dikonsumsi setiap pagi agar khasiatnya maksimal. Berikut manfaat minum lemon setiap pagi.1. Turunkan Berat BadanIni adalah salah satu manfaat yang disukai para wanita dari minum air lemon. Pagi hari merupakan waktu yang tepat sebelum tubuh mengonsumi makanan. Untuk hasil yang maksimal, hindari menambahkan gila dan minum dengan air hangat.2. Menyingkirkan Racun Dalam TubuhSeperti dikutip dari Bold Sky, pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk menyingkirkan racun dalam tubuh. Kandungan air lemon dapat membantu mengatasi bahan kimia serta racun yang membahayakan tubuh.3. Melancarkan PencernaanMinum air lemon di pagi hari dapat meningkatkan produksi enzim. Air lemon akan meningkatkan buang air kecil serta membersihkan ginjal. Lemon juga menghasilkan protein serta membantu melancarkan pencernaan yang tersumbat. Bagi Anda yang sulit buang air [...]

Minum Kopi Menguntungkan Atau Merugikan?

Minum Kopi Menguntungkan Atau Merugikan?

Kini, minum kopi di pagi hari bukan lagi hanya merupakan sekedar rutinitas belaka. Karena ternyata, banyak hal baik dari kopi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya yaitu: Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung Kopi mengandung antioksidan yang dapat mengurangi oksidasi dari LDL. Selain itu terbukti menurunkan risiko penyakit jantung koroner, dan gagal jantung bila mengkonsumsi sekitar 2 cangkir setiap harinya. (Baca: 5 Tanda Gagal Jantung) Menurunkan risiko terjadinya stroke Mengkonsumsi kopi 1 hingga 6 cangkir setiap harinya terbukti menurunkan risiko penyakit stroke sebanyak 17%. Menurunkan risiko terjadinya penyakit kencing manis Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi kopi dapat meningkatkan produksi insulin, merangsang metabolisme gula darah, dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kencing manis. (Baca: Kafein Pada Kopi Mencegah Kanker Kulit). Masih ada beberapa manfaat minum kopi dan kafein lainnya, ada di halaman selanjutnya: Manfaat Kopi Lainnya untuk Kesehatan 4. Menurunkan risiko terkena kanker Kopi juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, termasuk kanker endometrium, kanker prostat, kanker kepala dan leher, [...]

Sehatnya Berjalan Kaki

Sehatnya Berjalan Kaki

Sehatnya berjalan kaki di pagi hari maupun di sore hari. Berjalan kaki juga membuat tubuh menjadi bugar dan fit. Namun, sekarang ini dengan kesibukan orang-orang perkotaan yang sulit mendapatkan waktu luang untuk bekerja dengan alasan yang sama yaitu sibuk. Kini, tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga dengan alasan sibuk. Para ahli kesehatan telah menemukan olahraga yang murah, meriah, ringan dan tidak perlu membuang banyak waktu sekaligus amat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu berjalan kaki. American Journal of Kidney Diseases dan Duke University Medical Center, dalam penelitian terbarunya, menyatakan bahwa berjalan kaki 30 menit sehari bisa mencegah metabolik sindrom (faktor risiko terhadap penyakit jantung, diabetes, dan troke termasuk obesitas di bagian perut, serta tekanan darah tinggi. Secara singkat, mereka menyatakan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari, yang dilakukan secara teratur setiap hari bisa membuat badan kita sehat, antaranya; Mengurangi bahaya risiko terkena kanker payudara sebesar 10-30 persen Membuat tidur lebih nyenyak karena tubuh akan terasa nyaman setelah digerakan (namun jangan dilakukan 2jam sebelum tidur) Membuat kita merasa lebih [...]

Inilah Bahayanya Berenang di Kolam Berklorin

Inilah Bahayanya Berenang di Kolam Berklorin

Berenang merupakan olahraga yang menyenangkan dan sangat baik untuk kesehatan. Namun, ternyata berenang juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan jika dilakukan di kolam renang yang mengandung klorin. Klorin biasa digunakan untuk air minum atau kolam renang untuk membunuh bakteri. Klorin dapat menghasilkan produk berbahaya yang disebuat haloacetic acid (HAA) pada urin (air kencing) setelah paparan dan dieliminasi oleh tubuh dalam 3 jam. Lebih dari 90% paparan HAA disebabkan oleh tertelannya air kolam renang atau terserap kulit. Anak-anak cenderung memiliki kadar HAA yang lebih tinggi dibanding orang dewasa. Konsentrasi HAA lebih tinggi di kolam renang outdoor dibandingkan kolam renang indoor. Konsentrasi HAA pada kolam renang jauh lebih besar dibandingkan konsentrasi HAA dalam air mineral karena penggunan sistem sirkulasi air dalam waktu lama pada kolam renang yang memperkuat klorinasi air. Jangan menelan air kolam! Kenapa? Ini Penjelasannya: Jangan menelan air kolam! Kenapa? Ini Penjelasannya: Para peneliti dari Barcelona yang tergabung dalam organisasi bernama Center of Research in Environmental Epidemiology (CREAL) menemukan bahwa ada indikasi mu [...]

6 Alasan Berat Badan Tidak Juga Turun

6 Alasan Berat Badan Tidak Juga Turun

Apakah Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan tapi tak kunjung turun? Atau Anda merasa diet selalu gagal, walaupun sudah menjalankannya dengan benar? Masalahnya mungkin berkaitan dengan kesehatan Anda! Yuk, intip masalah kesehatan apa saja yang dapat mempengaruhi berat badan seperti dikutip dari Idiva.1. Kurang TidurKurangnya waktu tidur dapat mempengaruhi hormon tubuh untuk bekerja secara benar. Hal ini dapat mempengaruhi metabolisme tubuh yang akan mengakibatkan kenaikan berat badan. Jika Anda tidak tidur, tubuh Anda tidak bisa mencerna makanan secara normal. Selain itu, orang yang menderita insomnia biasanya sering makan di malam hari atau minum kopi yang akan membuat masalah lebih buruk.Tips: Coba untuk menjalankan rutinitas waktu tidur yang sehat minimal enam atau tujuh jam perhari. Lupakan konsumsi kafein diatas jam empat sore dan hindarkan main gadget atau menonton TV sebelum tidur.2. DepresiKebanyakan orang mempunyai hubungan emosional dengan makanan. Jadi ketika depresi mereka cenderung makan lebih banyak. Dan efek dari obat anti depresi akan membuat nafsu makan bertambah.Tips: Jika sedang depresi coba untuk kontrol nafsu makan dan jika ingin, makanlah makanan [...]

Mengenal Sakit Punggung

Mengenal Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan masalah yang sangat lazim. Sampai dengan sembilan dari sepuluh orang dapat diperkirakan menderita sakit atau nyeri punggung pada suatu waktu dalam hidupnya. Namun hanya segelintir orang yang mencari pengobatan. Sakit punggung seringkali mereda melalui istirahat atau tanpa melalui pengobatan. Beberapa orang mencoba untuk mengabaikan rasa sakitnya atau belajar untuk hidup dengan rasa sakit tersebut. Rasa sakit dapat melibatkan seluruh bagian punggung, namun yang paling sering mengalami sakit dan nyeri adalah punggung bagian bawah. Salah satu alasan utamanya adalah bahwa punggung bagian belakang menanggung beban tubuh lebih besar dibandingkan bagian punggung lainnya, dan karenanya lebih mengalami tekanan disepanjang hari. Berikutnya akan kami jelaskan jenis-jenis sakit punggung dan penyebab kemunculannya. Mengenal Sakit Punggung Ada dua jenis sakit punggung, yaitu sakit punggung akut dan sakit punggung kronik. Jenis sakit punggung ini berlangsung selama 6-8 minggu. Kondisinya ditandai oleh sakit yang pedih atau ngilu, yang dengan mudah dapat diketahui titik sumber sakitnya oleh penderita dan biasanya terasa di punggung bagian bawah. Ras [...]

Hati-hati Pilih Sepatu, Salah Pakai Bisa Berakibat Fatal Bagi Kesehatan

Hati-hati Pilih Sepatu, Salah Pakai Bisa Berakibat Fatal Bagi Kesehatan

Memilih sepatu yang tepat dan pas di kaki tidak hanya penting untuk kenyamanan saat berjalan, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh terutama tulang. Ketika banyak yang memilih sepatu berdasarkan model, warna, heels dan harga, yang mempertimbangkan faktor kesehatan justru sangat sedikit.Padahal kualitas sepatu harus diutamakan. Salah mengenakan alas kaki, akibatnya bisa fatal mulai dari penampakan kaki yang jadi tak indah hingga gangguan tulang. Ini beberapa masalah yang bisa timbul akibat memakai sepatu yang tidak sesuai ukuran serta bentuk kaki, yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. Kulit Kaki yang MenebalPenebalan kulit pada telapak dan tumit, atau biasa disebut kapalan dapat terjadi ketika memilih sepatu dengan model dan ukuran yang tidak sesuai bentuk kaki. Sepatu pointy (ujung lancip) yang dikenakan kaki dengan jari-jari besar misalnya, akan membuat kulit kaki akan bergesekan dengan bagian dalam sepatu, begitu juga kulit di sela-sela jari kaki. Gesekan yang terus menerus akan menyebabkan kapalan yang cukup mengganggu.2. Tulang MenonjolKondisi ini biasa juga disebut dengan heel spur atau penumbuhan tulang kecil yang menyerupai duri di bagian tumit. Hal ini d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *