9 Tips Untuk Memperlancar ASI

lancar-ASI-air-susu-ibu.jpg

Setiap orang tua pastinya hendak memberikan hanya yang terbaik bagi sang buah hati. Untuk itulah memberikan ASI sejak lahir bagi buah hati merupakan pilihan yang tepat. Sayangnya seringkali usaha ini seringkali terhambat dengan ASI yang tidak lancar.

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi produksi ASI, mulai dari makanan dan minuman yang kurang diperhatikan hingga perasaan stres dan kurang percaya diri Ibu untuk dapat menyusui dengan baik sampai selesai.

Ada beberapa hal yang dapat membantu Ibu untuk dapat menyusui dengan sukses, yaitu:

  1. Ibu Merasa Nyaman

Ibu perlu membangun percaya diri dalam merawat bayi, bahwa Ibu akan mampu memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Jika terdapat nyeri atau kecemasan sebaiknya Ibu segera mengkonsultasikannya ke dokter atau tenaga kesehatan lain agar dapat segera ditangani. Pikirkanlah hanya pikiran-pikiran yang menyenangkan dan baik tentang Ibu dan bayi Ibu. (Baca: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat?)

  1. Carilah Tempat Menyusui yang Tenang dan Perhatikanlah Privasi Ibu

Dengan menyusui di tempat yang tenang akan membuat Ibu dan bayi menjadi lebih tenang. Jika privasi Ibu terjaga, Ibu juga akan merasa nyaman untuk membiarkan bayi menyusui dengan leluasa.

  1. Dekaplah Bayi dengan Kontak Kulit

Kontak antarkulit akan meningkatkan perasaan nyaman Ibu dan bayi serta membantu Ibu dapat memiliki pikiran-pikiran yang menyenangkan dan baik tentang Ibu dan bayi dan juga dapat menstimulasi reflex oksitosin.

  1. Cukupi Asupan Makanan dan Minuman

Perhatikan asupan makanan dan minuman Ibu agar tetap tercukupi. Kesibukan mengurus dan merawat bayi daru lahir memang dapat menyita perhatian, namun asupan makanan dan minuman yang baik tidak boleh diremehkan karena akan mempengaruhi kuantitas dan kualitas ASI. Untuk membuat tubuh nyaman, Ibu secara khusus dapat mengkonsumsi minuman yang hangat sebelum menyusui bayi. Namun, hindarilah kopi selama menyusui. (Baca: 5 Info Makanan Seputar Menyusui)

  1. Istirahat yang Cukup

Cukup istirahat akan membantu mengurangi stres dan kecemasan Ibu. (Baca: Masalah Payudara Setelah Menyusui)

  1. Posisi Bayi Saat Menyusui Benar

Saat menyusui, bayi perlu menempel dengan benar ke dada Ibu dengan posisi mulut yang tepat sehingga bayi dapat menyusui dengan efektif.

  1. Stimulasi Reflex Hormon Oksitosin

Berbagai cara di atas dapat meningkatkan kerja hormon oksitosin. Selain itu beberapa cara stimulasi langsung pada payudara juga dapat membantu seperti: menghangatkan payudara dengan kompres hangat atau mandi air hangat, menstimulasi puting payudara dengan menarik atau memutar puting payudara, pemijatan payudara pada daerah puting payudara ataupun areola dan pemijatan punggung.

  1. Bayi Dapat Menyusui dengan Leluasa Sesuai yang Diinginkan

Jika bayi dapat menyusui dengan leluasa maka waktu yang dimiliki bayi untuk mengisap akan semakin lama sehingga akan meningkatkan produksi ASI dan memperlancar ASI. Sangat baik jika bayi dapat mengisap dam menyusui minimal 10 kali dalam 24 jam, bahkan dapat lebih. (Baca: Cara Menyusui yang Benar)

  1. Lingkungan Ibu Mendukung

Dukungan dari Ayah, anggota keluarga lainnya, teman-teman dan lingkungan kerja akan membantu Ibu tidak merasa stres, cemas dan terlalu lelah sehingga Ibu dapat memperhatikan kesehatan diri dan bayi dengan lebih baik. (Baca: Olahraga Aman Selama Menyusui)

Jangan putus asa untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati Ibu dan percayalah bahwa Ibu dapat memberikan ASI yang cukup untuk buah hati Ibu. Dibutuhkan kesabaran dan kerja keras untuk bisa berhasil memberikan ASI untuk si kecil, dan Ibu pasti bisa! Selamat menyusui!

(JF)

Baca juga:
Tips Menyusui untuk Ibu Bekerja
Benarkah Daun Jintan Dapat Melancarkan ASI?
Solusi Puting Terluka Karena Menyusui

Ditulis oleh:
dr. Jessica Florencia
Anggota Redaksi Medis

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menaklukkan Kanker Payudara dengan Mastektomi

Menaklukkan Kanker Payudara dengan Mastektomi

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang menakutkan bagi wanita. Mastektomi merupakan salah satu tindakan yang sering diambil untuk mengatasinya. Apa sebenarnya mastektomi? Mastektomi adalah operasi pengangkatan payudara. Kini mastektomi dilakukan tidak hanya sebagai tindakan untuk penderita kanker payudara, namun juga bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan guna menekan risiko terjangkitnya penyakit tersebut. Jenis Mastektomi Mastektomi dapat dilakukan pada satu payudara ataupun keduanya. Dulu, pengangkatan payudara secara keseluruhan atau mastektomi radikal merupakan standar tindakan untuk kanker payudara. Namun, kini ada beberapa jenis mastektomi di antaranya: Mastektomi radikal Mastektomi jenis ini semakin jarang dilakukan. Tindakan ini akan mengangkat seluruh bagian payudara termasuk puting. Mastektomi radikal juga mengangkat kulit bagian atas payudara, otot di bagian bawah sekaligus kelenjar getah bening. Mastektomi radikal modifikasi Mastektomi ini akan mengangkat seluruh bagian payudara dan kelenjar getah bening di bawah ketiak, namun otot dada umumnya tetap dipertahankan. Sementara, kulit bagian atas payudara bisa ikut diangkat atau dibiarkan. Mastektomi parsia [...]

Langkah-langkah Terapkan Gaya Hidup Organik agar Tubuh dan Lingkungan Sehat

Langkah-langkah Terapkan Gaya Hidup Organik agar Tubuh dan Lingkungan Sehat

Mendengar kata organik, umumnya yang terlintas di pikiran banyak orang adalah produk-produk makanan atau kecantikan berbasis natural tanpa bahan kimia. Tapi pengertian organik sebenarnya tidak hanya sampai di situ. Organik adalah gaya hidup yang sehat untuk diri sendiri juga lingkungan."Saya lebih suka menyebutnya gaya hidup selaras alam. Organik asal katanya dari organisme, it's a living thing. Makhluk hidup yang hidup dengan lainnya. Makhluk hidup, lingkungan hidup, segala macam ada di situ. Itu maksudnya organik," jelas Ir. Christopher Emile Jayanata, ketua Komunitas Organik Indonesia saat media briefing di kantor Fleishman Hillard, Gedung Hero II, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (24/09/2013).Pria yang akrab disapa Emile ini menambahkan, organik juga merupakan sebuah pola pikir. Ketika hati dan pikiran seseorang sudah organik, maka sehat jasmani dan rohani yang akan diraih. Kenapa harus organik?Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida pada produk makanan, kecantikan maupun rumah tangga tidak hanya mengganggu kesehatan pemakainya, tapi juga merusak lingkungan. Dalam jangka panjang, bahan kimia berbahaya tersebut bisa menurunkan kualitas hidup secara drastis dan [...]

Durian bagi Kesehatan: Kawan atau Lawan?

Durian bagi Kesehatan: Kawan atau Lawan?

Durian si raja buah tropis ini merupakan buah yang mengandung banyak kontroversi. Tidak semua dapat menikmati bau dan rasanya, namun bagi yang lain, musim buah durian menjadi suatu musim yang ditunggu-tunggu. Penikmat buah durian juga dapat menikmati buah durian dalam produk-produk olahan buah durian yang tidak kalah menggiurkan seperti es krim durian, pancake durian, selai durian, dodol durian dan masih banyak lagi. Lepas dari rasa dan baunya, buah durian kerap menjadi ?kambing hitam? terhadap berbagai masalah kesehatan yang Anda seperti peningkatan kolesterol dan gula darah. Memang belum banyak penelitian yang membahas tentang buah durian, dan masih banyak dibutuhkan penelitian mengenai buah ini. Namun, beberapa penelitian menunjukan bahwa buah durian tidak sepenuhnya buah yang ?jahat?. Mari kita sedikit mengupas tentang buah durian ini. Fakta Durian & Kesehatan Berikut ini adalah beberapa fakta kesehatan tentang durian: Mengandung beberapa antioksidan Buah durian telah diteliti mengandung antioksidan yang diharapkan dapat berguna untuk tubuh dalam mencegah penyumbatan pembuluh darah. Kandungan flavonoid dan polifenol ditemukan paling tinggi dalam d [...]

Sakit Perut Kanan Bawah? Waspadai Usus Buntu

Sakit Perut Kanan Bawah? Waspadai Usus Buntu

Oleh: dr. Adithia Kwee Anda tentunya sudah sering mendengar tentang penyakit usus buntu. Penyakit ini termasuk penyakit yang sering terjadi di sekitar kita. Penyakit usus buntu dapat terjadi karena tersumbatnya umbai cacing atau appendiks, yaitu bagian dari usus kita dikarenakan oleh penumpukan lendir yang diproduksi usus atau karena masuknya kotoran ke dalam umbai cacing tersebut. Lendir yang menumpuk dan kotoran yang masuk tidak dapat keluar sehingga dapat menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan kuman dan lama kelamaan akan terjadi peradangan. Peradangan yang terjadi dapat pulih sendiri bila daya tahan tubuh penderita dalam kondisi baik. Hasil pemulihan peradangan di umbai cacing tersebut akan menimbulkan perlengketan ke jaringan di sekitarnya dan apabila daya tahan tubuh Anda sedang turun maka peradangan dapat terjadi lagi dan akan timbul gejala akibat dari peradangan dan perlengketan tersebut, Gejala yang harus diwaspadai sebagai gejala dari usus buntu di antaranya adalah: Timbul demam Adanya nyeri perut yang diawali di daerah pusat kemudian akan berpindah ke daerah perut kanan bawah Timbul rasa mual, muntah, dan dapat terjadi peningkatan jumlah sel darah putih dari ha [...]

Cara Masak Sayuran yang Tepat untuk Meningkatkan Kandungan Nutrisinya

Cara Masak Sayuran yang Tepat untuk Meningkatkan Kandungan Nutrisinya

Makan banyak sayuran baik dan penting untuk kesehatan. Namun cara memasaknya juga harus diperhatikan, karena pengolahan yang salah justru bisa mengurangi bahkan menghilangkan nutrisi pentingnya. Salah satu cara mengonsumsi sayuran agar nutrisinya tetap terjaga adalah dengan memakannya secara mentah. Tapi ternyata tidak semua sayuran baik dimakan dalam keadaan segar.Beberapa sayuran justru akan meningkat kandungan nutrisinya apabila dimasak dengan cara tertentu. Ini cara mengolah sayuran untuk meningkatkan nilai gizinya yang ditulis Ruth Frechman dalam bukunya 'The Food Is My Friend Diet dan Bonnie Taub-Dix dalam buku 'Read It Before You Eat It', seperti dikutip dari Woman's Day.1. Wortel dan BrokoliWortel dan brokoli merupakan sayuran yang tidak disarankan untuk dimakan mentah karena akan sulit dicerna tubuh. Potong-potong wortel atau brokoli, lalu masak selama beberapa menit. Bisa ditumis atau dikukus. Cara masak ini akan meningkatkan kandungan carotenoid pada wortel dan brokoli. Carotenoid merupakan jenis antioksidan yang membantu mencegah kanker.2. Sayuran Berdaun HijauLemak sehat dari minyak bisa membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi yang diproduksi saat sayuran hijau [...]

Cara Mengejutkan Otak dalam Mengontrol Logika dan Rasa Cinta

Cara Mengejutkan Otak dalam Mengontrol Logika dan Rasa Cinta

Orang kerap kali menganggap kalau otak dan jantung adalah dua organ yang fungsi kerjanya sangat bertolak belakang. Otak kerap dihubungkan dengan sesuatu yang serba logis dan masuk akal, sementara jantung --sering juga disebut dengan hati-- lebih berpengaruh terhadap emosi dan rasa cinta.Kenyataannya, otak tidak selalu berhubungan dengan pemikiran dan logika. Kenyataannya, organ utama manusia yang satu ini justru berpengaruh besar terhadap emosi yang Anda rasakan, khususnya saat jatuh cinta dan patah hati. Ini tiga fakta menarik yang mengungkapkan bagaimana otak bekerja dalam mengontrol emosi manusia, seperti dikutip dari Your Tango.1. Batas Tipis antara Cinta dan Benci ada pada OtakBukan hati, otak justru yang memengaruhi rasa cinta dan benci pada seseorang. Menurut studi yang dilakukan di University College London, 'sirkuit' cinta dan benci pada otak memiliki struktur yang identik. Kedua bentuk emosi ini dipengaruhi oleh bagian di dalam otak yang bernama putamen dan insula. Dua 'sirkuit' tersebut berhubungan dengan keinginan untuk menyerang, rasa tertekan sekaligus rasa cinta. Semakin dekat sebuah hubungan dan semakin besar rasa cintanya terhadap seseorang, maka potensi untuk l [...]

Serba-serbi Operasi Wasir

Serba-serbi Operasi Wasir

Pada beberapa kasus, penyakit wasir bisa ditangani dengan cara mengatur pola makan, menjaga kebersihan, dan mengubah kebiasaan BAB. Tapi bila sudah parah, penderita wasir harus menjalani tindakan operasi. Jenis-jenis operasi wasir Wasir yang sudah membengkak besar menyebabkan nyeri yang luar biasa dan perdarahan terus menerus. Bila kondisi ini terjadi, dianjurkan untuk dilakukan tindakan operasi. Ada beberapa pilihan operasi wasir yang bisa dipertimbangkan: 1. Hemoroidektomi Selama operasi hemoroidektomi, dokter akan membuat potongan kecil di sekitar anus untuk mengangkat benjolan wasir. Hemoroidektomi adalah operasi kecil yang memerlukan bius separuh badan dan biasanya pasien bisa pulang selesai operasi. Operasi hemomroidektomi akan menghilangkan nyeri, pembengkakan, dan rasa gatal yang disebabkan wasir. Tapi karena prosedurnya memerlukan jahitan, akan ada rasa tidak nyaman di daerah anus dalam jangka beberapa waktu. 2. PPH (Procedure for Prolapse and Hemorrhoids) PPH adalah prosedur minimal invasif untuk mengobati wasir internal yang tidak dapat lagi ditangani oleh pengelolaan konservatif atau terapi non-operatif. Seringkali prosedur ini perlu dilakukan pada penderita dengan pro [...]

Ini Bahayanya Pakai Makeup di dalam Mobil yang Berjalan

Ini Bahayanya Pakai Makeup di dalam Mobil yang Berjalan

Sering memakai makeup saat berada di kendaraan? Kini sebaiknya hentikan kebiasaan itu. Sejumlah ahli kesehatan memperingatkan bahaya memakai makeup, khususnya eyeliner dan maskara karena bisa membahayakan penglihatan.Dr Susan Blakeney, penasihat klinis dari College of Optometrist (ahli mata) mengatakan bahwa guncangan bisa saja terjadi dalam perjalanan, saat wanita mengaplikasikan riasan mata. Guncangan tersebut bisa membuat eyeliner atau maskara menggores kornea mata. Goresan tersebut bisa membuat mata rentan terkena infeksi karena permukaan korneanya terluka.Jadi pembicara dalam National Eye Health Week, Susan mengungkapkan pentingnya menjaga kebersihan tangan sebelum bermakeup. Hal ini mungkin terkesan sepele namun dari kebiasaan kecil itulah risiko terkena gangguan kesehatan yang berisiko tinggi bisa dicegah. Susan menambahkan, penting juga memerhatikan informasi tanggal kedaluwarsa kosmetik pada kemasan."Langkah sederhana ini bisa membantu meminimalisir risiko kerusakan mata," ujarnya, seperti dikutip dari Daily Mail.Baca Juga: 50 Inspirasi Model Kebaya Susan menjelaskan bahwa mata merupakan organ tubuh dengan tingkat ketahanan yang cukup tinggi. Namun jika Anda mengabaikan [...]

Panduan RJP AHA 2010: Dahulukan Kompresi Dada

Panduan RJP AHA 2010: Dahulukan Kompresi Dada

Oleh: dr. Jessica FlorenciaThe American Heart Association (AHA) mengeluarkan panduan untuk melakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru) terbaru. Rekomendasi terbaru menunjukkan bahwa penolong harus lebih berfokus pada kompresi dada ketimbang pernapasan buatan melalui mulut. Panduan terdahulu (2005) menekankan pada penanganan ?ABC? (Airway, Breathing, Chest Compression) yaitu dengan melakukan pemeriksaan jalan napas, melakukan pernapasan buatan melalui mulut, kemudian memulai kompresi dada. Panduan terbaru (2010) yang dikeluarkan oleh AHA lebih menekankan pada penanganan ?CAB? (Chest Compression, Airway, Breathing) yaitu dengan terlebih dahulu melakukan kompresi dada, memeriksa jalan napas kemudian melakukan pernapasan buatan. Panduan ini juga mencatat bahwa pernapasan buatan melalui mulut boleh tidak dilakukan pada kekhawatiran terhadap orang asing dan kurangnya pelatihan formal. Sebenarnya, seluruh metode ini memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat aliran darah dan oksigen tetap bersirkulasi secepat mungkin. Pada tahun 2008, AHA menyatakan bahwa penolong tak terlatih atau mereka yang tidak mau melakukan pernapasan buatan melalui mulut dapat melakukan kompresi dada hingg [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *