Aborsi Itu Tak Mudah Karena Ada 3 Tes Sulit Ini

095979500_1409388265-aborsi_2.jpg

Meski pelegalan aborsi telah disahkan di dalam Peraturan Pemerintah (PP), bukan berarti proses aborsi itu mudah dilakukan oleh tim medis. Selain pemeriksaan kandungan, wanita hamil yang memiliki indikasi medis atau korban perkosaan harus menjalani tes kejiwaan juga.

Seperti disampaikan ahli kandungan dari RS Bunda, Menteng, Jakarta, dr Ivan Rizal Sini, MD, FRANZCOG, GDRM, SpOG seperti ditulis Kamis (4/9/2014) bahwa wanita hami harus melakukan sederetan pemeriksaan jika ingin memutuskan untuk menggugurkan kandungannya, seperti:

1. Skrining kehamilan

“Perlu ada skrining penyakit saat kehamilan yang dilakukan berjenjang. Pada trimester pertama, ibu harus melakukan skrining. Di sini kita bisa lihat kemungkinan indikasi medis, yang paling sering down sydrome,” kata Ivan saat ditemui di Bunda International Clinic, Menteng, Jakarta, ditulis Rabu (3/9/2014).

Tapi, kata Ivan, langkah ini sepenuhnya akan dikembalikan ke pasien. Karena sebagai dokter, harus menginformasikan perlunya skrining. Tapi kalau pasien tidak mau, sebagai praktisi cukup menginformasikan saja.

2. USG 4D

Setelah melakukan serangkaian skrining kehamilan seperti tes darah, dokter juga akan melihat risiko penyakit yang dimiliki ibu maupun janin.

“Di usia kehamilan 18-24 minggu, skrining kelainan dapat dilakukan dengan USG 4D. Pemeriksaan ini dilakukan untuk menganalisa kelainan anatomi dan struktural pada bayi. Contoh apakah tangan anak lengkap, kakinya ada, jantungnya normal atau tidak dan segala konsekuensinya,” jelas Ivan.

Di saat usia kehamilan tersebut juga, lanjut dia, kelahiran bayi harus dipertimbangkan oleh orangtua. Sebab kemungkinan bayi lahir dengan imun yang rendah sangat besar. Apalagi jika bayi ingin digugurkan.

“Di luar negeri segala kemungkinan terburuk sering dipikirkan secara matang dan jernih. Mereka akan melihat dari sisi bayi. Apakah mereka mampu membesarkan anak yang setiap hari harus memakai selang di hidungnya, kemudian ketika bisa hidup lama sering sakit-sakitan karena daya tahan tubuhnya rendah, kemungkinan meninggal dunia juga tinggi dan pertimbangan lainnya. Belum lagi masalah kelainan genetik,” ujar Ivan.

Semua hal tersebut, harus dianalisa dan dibuktikan. Jika ibu hamil ingin menggugurkan kandungannya, tentu harus ada proses yang jelas yang membuktikan adanya indikasi medis.

“Di sisi ibu juga begitu, kami juga harus memperhatikan kondisinya. Kalau kita bicara mengapa bayi boleh digugurkan karena dampaknya juga berpengaruh pada ibu. Jika penanganannya tidak tepat, ibu akan mengalami pendarahan, risiko trauma rahim, penyakit usus. Itu semua risiko tindakan walaupun bisa dicegah dengan pemeriksaan kehamilan,” tukasnya.

3. Tes kejiwaan

Selain pemeriksaan kehamilan, wanita hamil yang ingin aborsi juga perlu memeriksaan kesehatan jiwanya pada ahli.

Selain ketiga tes itu, ada satu lagi yang dilakukan Rumah Sakit yaitu:

4. Laporan pada Dinas Kesehatan

Di RS Bunda, kata Ivan, segala laporan harus dikirimkan pada Dinas Kesehatan untuk mengurangi risiko penyalahgunaan wanita yang ingin aborsi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Kebiasan Sepele yang Bikin Anda Pusing Mikirin Bobot Tubuh

4 Kebiasan Sepele yang Bikin Anda Pusing Mikirin Bobot Tubuh

Metabolisme tubuh yang baik berperan penting untuk mengolah makanan yang erat kaitannya menjaga berat tubuh. Untuk menjaga metabolisme tubuh demi mendapatkan berat ideal, ternyata tak hanya sekedar memerhatikan apa yang dimakan dan rutin berolahraga.Kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang tampaknya tidak berhubungan dengan metabolisme tubuh pun bisa mengganggu kinerja tubuh demi mendapatkan berat badan ideal. Dilansir dari laman Today, Selasa (8/7/2014) berikut kebiasaan yang mengganggu metabolisme tubuh yang sering tak disadari. 1. Terlalu banyak dudukDuduk lama-lama di depan komputer atau televisi bisa memperburuk metabolisme Anda. Menurut penelitian, pria aktif yang duduk selama tiga jam lebih per hari meningkatkan risiko sindrom metabolik, sebuah kondisi meningkatkan risiko terkena diabetes, penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol dibandingkan orang yang duduk dua jam per hari. 2. Tidak mencuci buah Studi yang dilakukan tahun 2012 oleh Environmental Health Perspectives menemukan data bahwa buah yang tak dicuci masih banyak mengandung polutan serta pestisida yang erat kaitannya dengan obesitas dan sindrom metabolik. Polutan yang terdapat dalam buah menye [...]

Ahli Peksos Harus Tunjukkan Bisa Atasi Masalah Sosial

Ahli Peksos Harus Tunjukkan Bisa Atasi Masalah Sosial

Permasalahan sosial semakin kompleks dan dinamis menuntut tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) handal di bidang pekerjaan sosial (peksos). ?Peksos menjadi faktor strategis dalam perubahan sosial masyarakat, sehingga dalam pegaulan global yang difasilitasi organisasi-organisasi internasional telah mendorong pendidikan peksos melibatkan diri dalam perubahan tersebut, ? kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri pada Wisuda Magister Pekerjaan Sosial Spesialis ke-7 dan Sarjana Sains Terapan Pekerjaan Sosial Ke-48 Tahun Akademik 2014/2015 di STKS Bandung, Selasa (14/10/2014). Menghadapi hal itu, Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) dituntut meningkatkan kualitas agar mampu menghasilkan peksos berkompeten dan profesional. Calon peksos mesti memiliki keyakinan dan kesungguhan mempraktikan ilmunya secara profesional. Dengan kemampunan itu, peksos bisa bekerja tidak hanya di lembaga pemerintah, juga di berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM/NGO) nasional dan internasional. ?STKS harus mengembangkan pendidikan yang responsif terhadap kebutuhan yang bisa menyentuh permasalahan di masyarakat, ? ujarnya. Selain itu, STKS harus meningkatkan kualitas pendidikan dan produktivitasnya, [...]

Salah Isap Rokok ‘Vaping’ Elektronik Bikin Anda Sariawan

Salah Isap Rokok ‘Vaping’ Elektronik Bikin Anda Sariawan

Sama-sama dihisap namun mekanisme penggunaan rokok elektronik berbeda dengan rokok biasa. Rokok elektronik terdiri dari seperangkat alat yang terdiri dari body, baterai dan tank (berisi cairan). Biasanya pada awal penggunaan rokok elektronik atau vaping akan mengalami sariawan di aera mulutnya. "Untuk pemula, jangan kaget jika sariawan. Itu sangat wajar. Hal ini disebabkan karena saat menghisap terkena pecahan liquid panas," ujar pengguna vaping sekaligus anggota komunitas vaping di Jakarta, Ogie Giantara saat ditemui dalam sebuah acara komunitas rokok elektronik di Gandaria City, Jakarta pada Jumat (31/10/2014). Menurut Ogie, sariawan terjadi karena kesalahan menghisap (inhale) vaping. Pecahan liquid yang panas akan mengenai bibir atau gusi sehingga sariawan muncul. Namun hal ini biasanya hanya terjadi antara satu hingga 30 hari. Hingga kini, pakar kesehatan serta Food and Drug Association serta Electronic Cigarette Association (ECA) tidak menganjurkan lagi penggunaan rokok elektronik. Kenyataannya, kini makin mudah mendapatkan rokok elektronik di toko online maupun offline. Baca Juga : Meski Belum Tentu Aman, Ini Alasan Banyak yang Isap Vaping [...]

10 Orang Dokter Dikecam Karena Selfie di Ruang Operasi

10 Orang Dokter Dikecam Karena Selfie di Ruang Operasi

Niat hati melakukan selfie untuk mengenang ruang bedah lama yang akan ditutup dan diganti yang baru, aksi `narsis` sejumlah dokter dan perawat di Rumah Sakit Fengcheng, Xi'an, Cina, justru dianggap menyalahi aturan dan secara otomatis menuai kecaman.Wajar saja bila beragam komentar dilayangkan oleh para pengguna media sosial terkait aksi ini. Sebab, di dalam foto tersebut, terlihat seorang pasien yang masih terbaring di meja operasi.Menurut cerita dari salah seorang staf medis, pasien yang terlihat di dalam foto itu adalah seorang pria berusia 40 tahun yang mengalami kecelakaan dan kemungkinan kehilangan kedua kakinya begitu besar. Operasi yang dijalankan pun sungguh sulit, dan berlangsung sangat lama, sekitar 7 sampai 8 jam. Apalagi selama rentang waktu itu, tim medis dilarang makan dan minum. Karena operasi berjalan lancar dan tim medis memastikan bahwa pasien itu selamat dari maut yang merenggutnya, maka mereka merayakan kesuksesan tim dengan melakukan foto bersama di ruang bedah bersama pasien.Dilihat dari dua lembar foto yang ada di situs CNN Internasional, Rabu (24/12/2014), terlihat jelas kurang lebih 9 orang dokter menghadap kamera, dengan komposisi 5 orang dokter berganden [...]

Bedah Robotik, di RS Bunda Jakarta Lebih Murah

Bedah Robotik, di RS Bunda Jakarta Lebih Murah

Bedah robotic (robotic surgery) yang disediakan di Rumah Sakit Bunda Jakarta dapat dijadikan alternatif bagi pasien yang ingin dibedah tanpa harus ke luar negeri. Selain efektif dalam hak waktu, biaya pun relatif lebih murah.Direktur Pengembangan Produk dan Teknologi PT BundaMedik sekaligus tim dokter ARMIS (Advanced Robotic and Minimally Invasive Surgery), Dr. Ivan R. Sini, SpOG, menjelaskan, biaya bedah robotic yang ditawarkan Rumah Sakit Bunda Jakarta adalah sekitar Rp 100 jutaan."Harga ini jauh lebih hemat dari biaya serupa di beberapa rumah sakit negara tetangga," kata Ivan dalam Robotic Surgery Gathering 'Pencapaian ke-100 Kasus Bedah Robotic' di Double Tree by Hilton Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (2/12/2014).Di Singapura, biaya yang ditawarkan sekitar Rp 150 juta dan Malaysia juga menawarkan harga yang tak berbeda jauh, sekitar Rp 130 juta."Selain lebih hemat, juga turut membantu program pemerintah dalam hal Medical Tourism yang tengah gencar dipromosikan," kata Ivan.Ivan percaya bahwa Indonesia memiliki tenaga kesehatan dan kedokteran yang berkualitas serta fasilitas yang tak kalah dari negara-negara lain.Untuk itu, Ivan mengimbau agar seluruh masyarakat Indonesia tu [...]

Sulit Tidur di Malam Hari? Coba Cermati Warna Cat Dinding Kamar!

Sulit Tidur di Malam Hari? Coba Cermati Warna Cat Dinding Kamar!

Hampir semua orang pernah mengalami sulit tertidur di malam hari. Saat itu Anda tak bisa memejamkan mata Anda tanpa alasan pasti.Bisa jadi ini karena Anda minum kopi di saat jam tidur atau terganggu suara dengkuran pasangan yang memecahkan telinga. Bisa juga tetangga sedang mengadakan pesta dengan suara musik yang mengganggu.Tapi, bagaimana jika penyebab sulit tidur itu memang tak jelas? Sebuah infografis yang dibuat MensHealth mengungkapkan, dekorasi kamar Anda bisa disalahkan. Dan paling sering pemilik rumah yang mengalami sulit tidur karena dekorasi berwarna deep eggplant (ungu terong) atau radiant orchid (ungu anggrek).Seperti dikutip HuffingtonPost, Senin (20/1/2014), dari survei terhadap 2.000 pria dan wanita tentang pengaruh warna kamar tidur mereka dengan tidur diperoleh: Biru rata-rata orang tidur 7 jam 52 menit per malamnya. Kuning rata-rata orang tidur 7 jam 40 menit Hijau rata-rata orang tidur 7 jam 36 menit Warna Siver rata-rata orang tidur7 jam 33 menit Oranye rata-rata orang tidur 7 jam 28 menit Merah rata-rata orang tidur 6 jam 58 menit Emas (gold) rata-rata orang tidur 6 jam 43 menit Abu-abu rata-rata orang tidur 6 jam 12 menit Cokelat rata-rata orang tidur [...]

Meski Banyak Kendala, RS Harapan Bunda Sokong Program BPJS

Meski Banyak Kendala, RS Harapan Bunda Sokong Program BPJS

Bertekad untuk terus mendukung program pemerintah Indonesia, Rumah Sakit Harapan Bunda Jakarta juga menerima pasien yang tergabung dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Sebab, dengan mendukung program BPJS Kesehatan, sama dengan mewujudkan misi dari rumah sakit itu sendiri, memberikan pelayanan yang sama bagi semua kalangan."Karena terus terang saja, apabila rumah sakit tidak mendukung program pemerintah ini, rumah sakit swasta juga akan kewalahan. Maka itu, kami ingin mendukung agar program pemerintah ini berhasil, Rumah Sakit Harapan Bunda juga menerima pasien dengan BPJS," kata Drg. Suherman Widyatomo kepada Health-Liputan6.com di Audiotorium Rumah Sakit Harapan Bunda, Jakarta Timur, pada Sabtu (20/9/2014)Meski begitu, bukan berarti rumah sakit yang terletak di Jalan Raya Bogor KM. 22 No. 44, Jakarta Timur, tidak menemukan adanya kendala. Secara terus terang, Direktur Utama PT. Harapan Bunda Sejahtera mengakui bahwa pihaknya terbentur dengan terbatasnya ruangan."Tapi, alhamdulillah, Bapak Walikota Jakarta Timur (Drs. H. R. Krisdianto, M, Si) memberitahukan, kami dipersilahkan untuk membangun gedung lagi menggunakan izin sementara. Ini dilakukan agar kita bi [...]

Tubuh Bocah 5 Tahun `Menyimpan` Merkuri Kadar Tinggi

Tubuh Bocah 5 Tahun `Menyimpan` Merkuri Kadar Tinggi

Seorang bocah berusia lima tahun di barat daya China berada dalam kondisi kritis. Di tubuh bocah tersebut ditemukan merkuri yang berbahaya.Diagnosa rumah sakit menunjukkan, tingkat merkuri dalam darah bocah yang tak disebutkan identitasnya itu lebih dari 200 kali dibanding biasanya. Dan dalam urinennya terdapat lebihd ari 10 ribu kali daripada biasanya.Menurut ayahnya, apabila merkuri tersebut tak segera disedot dari tubuh bocah tersebut maka sistem saraf pusatnya bisa rusak seperti dilapotkan Yunnan Information Daily, Selasa (1/4/2014).Pada setengah tahun yang lalu, sang ayah menemukan jejak merkuri di dalam kotorannya. "Kami pergi ke rumah sakit. Dari tes X-ray menunjukkan bahwa ada banyak merkuri dalam tubuhnya, kebanyakan di saluran pencernaan. Anak saya mengatakan kepada kami bahwa ia diberi makan oleh anak-anak lain di TK," kata ayah yang memberikan nama keluarganya, Yu.Kondisi yang dialami bocah tersebut membuat tim dokte rharus memeras keluar merkuri dari pinggulnya.Pada awal 2014, anak laki-laki di Kunming, Provinsi Yunnan, barat daya China, mengalami demam tinggi selama seminggu. Setelah dikonfirmasi, ada merkuri di bawah kulitnya yang membuat bokongnya menggembung sehing [...]

Edukasi tentang Bahaya Miras Lebih Efektif daripada Regulasi

Edukasi tentang Bahaya Miras Lebih Efektif daripada Regulasi

Pendiri organisasi nirlaba untuk penanganan narkotika, psikotripika dan obat terlarang "East Java Action" (EJA) Rudhy Wedhasmara menilai edukasi tentang bahaya minuman keras (miras) lebih efektif daripada membuat regulasi. "Saya turut bersimpati terhadap korban minuman keras oplosan di Sumedang dan Garut, Jawa Barat. Supaya kejadian itu tidak terulang, maka perlu adanya edukasi terhadap masyarakat mengenai minuman keras beralkohol," katanya di Surabaya, ditulis Sabtu (13/12/2014). Pria yang juga aktivis sosial itu mengemukakan hal itu menanggapi adanya belasan orang meninggal dunia di Garut setelah meminum minuman keras oplosan pada 3 Desember 2014 dan selang sehari tercatat seratusan korban dirawat di rumah sakit Sumedang. Menurut Rudhy, saat ini pemerintah diharapkan bisa memberikan pendidikan tentang minuman keras beralkohol ketimbang melarang penjualan minuman keras beralkohol melalui sejumlah regulasi. "Sebelum Jawa Barat, kasus serupa sudah terjadi di Jawa Timur. Itu adalah realitas sosial yang harus segera ditangani serius oleh pemerintah. Masalah ini belum termasuk penjualan minuman keras palsu yang juga banyak dijual di pasaran," katanya. Minuman keras beralkohol pals [...]

Nazi Ciptakan Nyamuk Super dengan Malaria untuk Lawan Musuh

Nazi Ciptakan Nyamuk Super dengan Malaria untuk Lawan Musuh

Pada Perang Dunia Kedua, Rezim Hitlet diam-diam mengembangkan program senjata biologis aktif. Dalam catatan terkuak Nazi kemungkinan menargetkan Rusia dengan nyamuk super yang menyebarkan malaria di negara-negara musuh. Nyamuk-nyamuk itu kemungkinan berguna, khususnya di Rusia selama musim panas.Dr Klaus Reinhardt of Tuebingen University meneliti arsip Entomologi Institute di Dachau. Ia menemukan bahwa Ahli Biologi telah melihat nyamuk mungkin bisa bertahan hidup di luar habitat alaminya. Ia berspekulasi bahwa serangga bisa saja jatuh di atas wilayah musuh.Klaus Reinhardt mengumumkan temuan itu setelah mempelajari catatan yang sudah lama hilang.Seperti dikutip BBC, Minggu (16/2/2014), Dr Reinhardt menulis dalam jurnal Endeavour telah menemukan bukti bahwa peneliti menyelidiki jenis nyamuk tertentu yang bisa hidup tanpa makanan dan air selama empat hari.Bisa saja nyamuk itu terinfeksi malaria kemudian dijatuhkan dari udara dan bertahan cukup lama sehingga menginfeksi banyak orang.Dia berspekulasi bahwa para ilmuwan sedang menyelidiki kemungkinan penggunaan nyamuk yang menularkan malaria sebagai senjata biologis.Hal ini tidak diketahui apakah ada hubungan antara pekerjaan Entomologi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *