Aborsi Itu Tak Mudah Karena Ada 3 Tes Sulit Ini

095979500_1409388265-aborsi_2.jpg

Meski pelegalan aborsi telah disahkan di dalam Peraturan Pemerintah (PP), bukan berarti proses aborsi itu mudah dilakukan oleh tim medis. Selain pemeriksaan kandungan, wanita hamil yang memiliki indikasi medis atau korban perkosaan harus menjalani tes kejiwaan juga.

Seperti disampaikan ahli kandungan dari RS Bunda, Menteng, Jakarta, dr Ivan Rizal Sini, MD, FRANZCOG, GDRM, SpOG seperti ditulis Kamis (4/9/2014) bahwa wanita hami harus melakukan sederetan pemeriksaan jika ingin memutuskan untuk menggugurkan kandungannya, seperti:

1. Skrining kehamilan

“Perlu ada skrining penyakit saat kehamilan yang dilakukan berjenjang. Pada trimester pertama, ibu harus melakukan skrining. Di sini kita bisa lihat kemungkinan indikasi medis, yang paling sering down sydrome,” kata Ivan saat ditemui di Bunda International Clinic, Menteng, Jakarta, ditulis Rabu (3/9/2014).

Tapi, kata Ivan, langkah ini sepenuhnya akan dikembalikan ke pasien. Karena sebagai dokter, harus menginformasikan perlunya skrining. Tapi kalau pasien tidak mau, sebagai praktisi cukup menginformasikan saja.

2. USG 4D

Setelah melakukan serangkaian skrining kehamilan seperti tes darah, dokter juga akan melihat risiko penyakit yang dimiliki ibu maupun janin.

“Di usia kehamilan 18-24 minggu, skrining kelainan dapat dilakukan dengan USG 4D. Pemeriksaan ini dilakukan untuk menganalisa kelainan anatomi dan struktural pada bayi. Contoh apakah tangan anak lengkap, kakinya ada, jantungnya normal atau tidak dan segala konsekuensinya,” jelas Ivan.

Di saat usia kehamilan tersebut juga, lanjut dia, kelahiran bayi harus dipertimbangkan oleh orangtua. Sebab kemungkinan bayi lahir dengan imun yang rendah sangat besar. Apalagi jika bayi ingin digugurkan.

“Di luar negeri segala kemungkinan terburuk sering dipikirkan secara matang dan jernih. Mereka akan melihat dari sisi bayi. Apakah mereka mampu membesarkan anak yang setiap hari harus memakai selang di hidungnya, kemudian ketika bisa hidup lama sering sakit-sakitan karena daya tahan tubuhnya rendah, kemungkinan meninggal dunia juga tinggi dan pertimbangan lainnya. Belum lagi masalah kelainan genetik,” ujar Ivan.

Semua hal tersebut, harus dianalisa dan dibuktikan. Jika ibu hamil ingin menggugurkan kandungannya, tentu harus ada proses yang jelas yang membuktikan adanya indikasi medis.

“Di sisi ibu juga begitu, kami juga harus memperhatikan kondisinya. Kalau kita bicara mengapa bayi boleh digugurkan karena dampaknya juga berpengaruh pada ibu. Jika penanganannya tidak tepat, ibu akan mengalami pendarahan, risiko trauma rahim, penyakit usus. Itu semua risiko tindakan walaupun bisa dicegah dengan pemeriksaan kehamilan,” tukasnya.

3. Tes kejiwaan

Selain pemeriksaan kehamilan, wanita hamil yang ingin aborsi juga perlu memeriksaan kesehatan jiwanya pada ahli.

Selain ketiga tes itu, ada satu lagi yang dilakukan Rumah Sakit yaitu:

4. Laporan pada Dinas Kesehatan

Di RS Bunda, kata Ivan, segala laporan harus dikirimkan pada Dinas Kesehatan untuk mengurangi risiko penyalahgunaan wanita yang ingin aborsi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Warna Hijau pada Kentang bisa Jadi Racun

Warna Hijau pada Kentang bisa Jadi Racun

Keluarga karbohidrat yang kini sedang tren dikonsumsi sejumlah orang untuk diet, kentang ternyata tak selamanya sehat. Bukan menakuti, tapi menurut spesialis racun di Nebraska Regional Poison Center, Joan McVoy, R.N., beberapa kentang berpotensi beracun. Melansir laman Womenshealth, Minggu (11/5/2014), Joan mengungkapkan bahwa ketika kentang mentah yang terkena banyak paparan cahaya bisa mengaktifkan bahan kimia beracun yang disebut solanin. Bahan ini yang dapat menyebabkan diare dan muntah selama satu sampai enam hari. "Tanda-tanda solanin adalah warna kehijauan di bawah kulit kentang. Kentang yang beracun juga akan ditumbuhi kecambah kecil," kata Joan. Agar aman, Joan menyarankan untuk mengupas kentang agak dalam untuk menghilangkan lapisan hijau agar benar-benar aman untuk dikonsumsi. Jika Anda khawatir, buang kentang yang menghijau dan selalu menyimpan kentang Anda di tempat yang lembap dan jauh dari cahaya. (Fit/Igw) [...]

Wamenkes: Obat untuk JKN Itu yang Paling Bagus

Wamenkes: Obat untuk JKN Itu yang Paling Bagus

Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti membantah bahwa obat-obatan yang berlaku bagi peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) adalah obat yang tidak berkualitas dan murah.Wamenkes menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar karena zat aktif dalam obat-obatan yang masuk dalam daftar Fornas (Formularium Nasional) itu merupakan kualitas terbaik."Itu tidak benar, obat di Fornas lebih bagus. Persepsi masyarakat memang masih seperti dulu bahwa obat di fornas tidak bagus, padahal itu bagus. Bahkan hal ini sudah diteliti dan bagus," kata Wamenkes, seperti ditulis Kamis (6/2/2014).Wamenkes mengatakan, cara pembuatan obat juga sudah baik dan sudah dijamin. Jadi tidak ada jaminan bahwa harga yang lebih tinggi, isinya lebih bagus. "Yang penting zat aktifnya. Misalnya kalau pusing, itu memang nggak disebut merek dagangnya. Yang ada zat aktifnya," jelas Wamenkes.Sementara itu, menanggapi ketersediaan obat yang sering habis dan kosong di rumah sakit, Wamenkes menyampaikan kalau hal tersebut masih akan terus diperbaiki dan ketersediaan akan terus diupayakan. "Mereka kan sudah kontrak jadi sudah janji".(Fit/Abd) [...]

Cara Meredakan Emosi si Dia

Cara Meredakan Emosi si Dia

Tidak sedikit wanita yang sulit meredakan amarah pasanganya, terkadang emosi membuat hubungan menjadi renggang. Untuk membantu mengatasai masalah tersebut, lakukan beberapa tips berikut agar pasangan anda tidak marah lagi.Dikutip Boldsky, Minggu (12/1/2014) berikut ini cara meredakan emosi si dia, yaitu:1. Beri WaktuSaat pertengkaran sudah dirasa menegang, cobalah memberinya waktu untuk diam. Berdebat sepanjang waktu tidak akan dapat menyelesaikan masalah. Cara terbaik meredakan emosinya dengan memberinya waktu agar tenang, setelah itu peluk dan katakan kalimat manis seperti sayang kamu.2. Tahan EmosiSaat pasangan Anda marah sebaiknya jangan menanggapinya dengan emosi juga. Saat dia sudah mulai berteriak atau keras biarkan dan tinggalkan sejenak. Diam bukan berarti kalah, ketika emosi hanya membuat semakin berantakan untuk apa dilakukan. Membiarkan bukan berarti tidak peduli namun lebih mempertahankan hubungan yang lebih baik.3. BerdiskusiPertengkaran memang bisa dianggap sebagai bumbu dalam hubungan, namun ketika intensitasnya terbilang sering cobalah berdiskusi. Mendiskusikan suatu masalah sebaiknya menunggu waktu yang tepat, di saat kondisi sedang nyaman mulailah membicarakannya [...]

PMI Jateng Kirimkan Bantuan untuk Korban Kelud

PMI Jateng Kirimkan Bantuan untuk Korban Kelud

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah mengirimkan ribuan bantuan berupa beras, gula, mie instan, susu, bubur bayi dan 800 paket sembako lainnya serta obat-obatan ringan dari PT Sido Muncul, untuk masyarakat korban bencana erupsi Gunung Kelud di Kabupaten Malang Jawa Timur.?Terima kasih bantuan PMI dan masyarakat Jawa Tengah. Kami akan salurkan kepada masyarakat korban erupsi,? ujar Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprillianto saat menerima bantuan di depan posko PMI Kabupaten Malang di Selorejo, Ngantang, di Malang, Jumat (21/2/2014).Pengurus Bidang Penanggulangan Bencana PMI Jateng, Maduseno Widyoworo, mengatakan bantuan ini merupakan wujud kepedulian masyarakat Jawa Tengah untuk masyarakat Jawa Timur yang terdampak bencana. ?Kami sampaikan amanat dari masyarakat yang menitipkan bantuannya melalui PMI Jateng,? katanya saat menyerahkan bantuan.Meskipun wilayah Jateng juga terdampak debu akibat erupsi, tidak menyurutkan masyarakat untuk membantu dan peduli. Beberapa PMI kabupaten-kota di Jawa Tengah pun juga menyalurkan bantuannya ke Jawa Timur. ?Beberapa PMI di Jateng telah mengirimkan juga bantuannya, seperti PMI Klaten yang mengirimkan bantuan ke Malang,? imbuh Maduse [...]

5 Warna Pereda Mata Tegang

5 Warna Pereda Mata Tegang

Mata bisa menjadi tegang saat melihat warna yang tak enak dipandang. Akan lebih baik jika Anda melihat warna yang menenangkan mata. Jangan sampai, warna yang Anda lihat membuat kepala sakit atau mengalami masalah mata lainnya.Kebanyakan orang cenderung melihat warna yang gelap, terutama ketika berkerja di depan monitor. Apabila Anda mempertimbangkan warna latar belakang, perhitungkan warna yang akan sesuai dengan mata Anda. Berkonsentrasilah pada warna yang akan menenangkan mata Anda.Berikut beberapa warna yang bisa membantu menenangkan mata Anda seperti dilansir Boldsky, Senin (19/5/2014).1. MerahWarna merah tampaknya bagus untuk mata Anda apabila digunakan sebagai latar belakang. Anda akan menemukan warna merah, terutama merah kayu gelap yang menenangkan mata Anda.Ini adalah warna terbaik untuk latar belakang telepon atau komputer. Anda harus selalu berpikir merah menjadi warna yang baik untuk mata Anda.2. BiruApabila ingin warna yang menenangkan mata, Anda bisa memilih biru karena ringan dan mewah. Anda akan menganggap warna ini berperan terbaik sebagai warna latar belakang. Biru disukai karena menenangkan Anda.3. CokelatKetika Anda ingin warna yang membumi, cobalah warna cokale [...]

Menkes Harap Presiden Terpilih Beri Perhatian pada Masalah Anak

Menkes Harap Presiden Terpilih Beri Perhatian pada Masalah Anak

Kasus kekerasan anak yang makin memprihatinkan dari hari ke hari, membuat Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dr Nafsiah Mboi, Sp. A, MPH berharap banyak pada pasangan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih Ir Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla, untuk lebih peduli pada nasib anak-anak di Indonesia. Menurut Menkes, pemimpin yang baru harus menjadikan masalah anak-anak sebagai prioritas utama. Dalam hal ini keselamatan, keamanan, dan kesejahteraan pada anak. Jangan sampai, masalah yang cukup krusial ini diabaikan begitu saja. "Bagaimana pun, kelak anak-anak inilah yang akan menentukan nasib bangsa ini," kata Menkes kepada Health Liputan6.com dalam sebuah acara ditulis pada Rabu (23/7/2014). Menurut Menkes, tugas dan tanggung jawab pemerintah dalam hal ini Presiden sebagai kepala pemerintahan, memiliki kewajiban untuk mempromosikan, melindungi, dan memenuhi segala kewajiban serta hak-hak anak di Indonesia. "Kalau memang Presiden peduli, maka akan dilakukannya. Tentu ini menjadi harapan kita semua agar nantinya, Presiden dan Wakil Presiden bersama istri masing-masing yang menjabat sebagai Ibu Negara, peduli akan hak-hak anak," kata Menkes. Menkes pun mengatakan, semoga [...]

Cegah Obesitas, Michelle Obama Imbau Anak Makan Siang Sehat

Cegah Obesitas, Michelle Obama Imbau Anak Makan Siang Sehat

Ibu negara AS, Michelle Obama sepertinya tidak main-main dalam memerangi epidemi obesitas. Setelah sempat mengampanyekan perbanyak minum air putih, belum lama ini ia menghimbau anak-anak untuk makan siang sehat dengan buah dengan gerakan Let's Move!."Michelle Obama memang tengah memerangi obesitas sementara suaminya, Barrack Obama kemarin menerbitkan aturan baru yang mengharuskan restoran menyertakan jumlah kalori pada setiap menunya," tulis laporan Independent, Rabu (3/12/2014). Kampanye ini juga ternyata menjadi perhatian orangtua untuk semakin mengenalkan makanan sehat seperti buah, sayuran dan gandum untuk makan di sekolah, termasuk pembatasan jumlah sodium, gula dan lemak. Kesadaran hidup sehat ini memang bukan serta merta diajukan Presiden, sebab beberapa waktu lalu, sejumlah orangtua mengeluhkan makanan yang tidak sehat. Direktur eksekutif Let's Move, Sam Kass, mengatakan batas maksimum makan anak usia 10 - 17 tahun adalah 850 kalori.Gara-gara kampanye perangi obesitas ini, kini murid setara SD-SMP di AS gencar memposting foto makanan sehat mereka dan membaginya di Twitter dengan hashtag #ThanksMichelleObama. [...]

BKKBN : Tren Pernikahan Dini Meningkat

BKKBN : Tren Pernikahan Dini Meningkat

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prof Fasli Jalal mengatakan, tren pernikah dini di Tanah Air semakin meningkat terutama di perkotaan. "Pada 2007, ada kenyataan bahwa setiap 1000 remaja ada 26 di antaranya yang sudah menikah. Dan, lima tahun kemudian pada 2012, angka itu naik enam poin menjadi 32 dari 1000 remaja," ujar Fasli dalam acara malam penghargaan Eagle Junior Documentary 2014 di Jakarta, Jumat. Remaja yang dimaksud berusia 15 sampai 19 tahun.Padahal usia yang terbaik untuk menikah, menurut Fasli, berusia 20 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki. Selama ini ada anggapan, pernikahan dini kerap terjadi di pedesaan karena paksaan dari keluarga. Tapi saat ini yang terjadi, pernikahan dini juga banyak terjadi di perkotaan. "Kami mempertanyakan ada apa ini? Inilah yang kita upayakan agar remaja tidak melakukan pernikahan di usia yang terlalu dini melalui program Generasi Berencana (GenRe)," tambah dia. GenRe adalah program BKKBN yang memang diarahkan kepada remaja dan generasi muda. Tujuannya agar kalangan generasi muda terutama remaja tidak melakukan pernikahan pada usia dini, dengan kata lain GenRe adalah demi membangun pengert [...]

Bocah Ini Ikuti Triathlon Bersama Adiknya yang Difabel

Bocah Ini Ikuti Triathlon Bersama Adiknya yang Difabel

Meskipun kondisi adiknya difabel, namun tak menghalangi Noah Aldrich (8) untuk beraktivitas bersama-sama. Bahkan pada awal Juli lalu, bocah asal Idaho, AS ini mengajak adiknya mengikuti mini triathlon yang membuat mereka berdua berhasil melalui tantangan renang, bersepeda, dan lari. Adik Noah, Lucas Aldrich (6) lahir dengan keadaan langka dimana ada gangguan pada fungsi otak yang disebut dengan lissencephally. Ini membuat Lucas tak bisa bicara, jalan bahkan makan. Atas seizin ibu mereka, Noah mengajak Lucas mengikuti pertandingan mini triathlon untuk anak-anak. Menurut ibu mereka, saking semangatnya, mereka berdua berlatih fisik tiga bulan sebelum pertandingan marathon tiga jenis olahraga seperti dilansir NY Daily News, Rabu (23/7/2014). Pada hari H di pertandingan pertama, Noah berenang sambil tangannya diikat tali yang menghubungkan perahu karet berisi adiknya. Saat bersepeda, adiknya pun ada disampingnya menggunakan kursi roda. Hal yang serupa saat lomba lari dimana Noah berlari sambil mendorong adiknya sejauh 1 mil. "Aku suka segala sesuatu yang ada padanya, menurutku Lucas sempurna," terang Noah yang menunjukkan kecintaan dan kelekatan dengan adiknya. [...]

10 Hari Sekali, Pasien RSCM Diberi Pizza

10 Hari Sekali, Pasien RSCM Diberi Pizza

Agar para pasien yang ada di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) tidak jenuh dengan menu makanan yang disajikan, pihak rumah sakit juga menyediakan menu pizza kepada mereka. "Sebenarnya ada pizza dan ada burger. Menu ini biar mereka excited, bagaimana enaknya makan pizza dan burger setiap pagi," kata Ahli Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rahmi Dwi Hapsari, S.Si.T, S.Gz dalam perayaan Hari Anak Sedunia dengan tema `Pizza Maker Juniors` di Pizza Hut Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, ditulis Minggu (23/11/2014)Pemberian menu pizza itu juga hanya satu slice, tidak boleh lebih dan juga tidak boleh nambah. "Agar terpenuhi gizinya, kami tambahkan buah, karena sayuran dalam pizza sedikit sekali," kata dia menambahkan.Berhubung di pagi hari sudah diberikan pizza, siang dan malam hari para pasien diberikan nasi dengan lauk-pauk yang lengkap, dan juga buah. "Selingannya kita kasih buah dan kue kecil-kecilan, di jam 10 pagi dan jam 3 siang," kata Rahmi."Pemberian ini dilakukan 10 hari sekali, jadi selama sebulan sebanyak 3 kali," kata dia menambahkan.Jika ada riwayat penyakit tertentu, maka dokter akan melihat apa saja yang harus dikurangi. Misalnya, jika ada pasien dengan penyakit lambun [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *