Aborsi Itu Tak Mudah Karena Ada 3 Tes Sulit Ini

095979500_1409388265-aborsi_2.jpg

Meski pelegalan aborsi telah disahkan di dalam Peraturan Pemerintah (PP), bukan berarti proses aborsi itu mudah dilakukan oleh tim medis. Selain pemeriksaan kandungan, wanita hamil yang memiliki indikasi medis atau korban perkosaan harus menjalani tes kejiwaan juga.

Seperti disampaikan ahli kandungan dari RS Bunda, Menteng, Jakarta, dr Ivan Rizal Sini, MD, FRANZCOG, GDRM, SpOG seperti ditulis Kamis (4/9/2014) bahwa wanita hami harus melakukan sederetan pemeriksaan jika ingin memutuskan untuk menggugurkan kandungannya, seperti:

1. Skrining kehamilan

“Perlu ada skrining penyakit saat kehamilan yang dilakukan berjenjang. Pada trimester pertama, ibu harus melakukan skrining. Di sini kita bisa lihat kemungkinan indikasi medis, yang paling sering down sydrome,” kata Ivan saat ditemui di Bunda International Clinic, Menteng, Jakarta, ditulis Rabu (3/9/2014).

Tapi, kata Ivan, langkah ini sepenuhnya akan dikembalikan ke pasien. Karena sebagai dokter, harus menginformasikan perlunya skrining. Tapi kalau pasien tidak mau, sebagai praktisi cukup menginformasikan saja.

2. USG 4D

Setelah melakukan serangkaian skrining kehamilan seperti tes darah, dokter juga akan melihat risiko penyakit yang dimiliki ibu maupun janin.

“Di usia kehamilan 18-24 minggu, skrining kelainan dapat dilakukan dengan USG 4D. Pemeriksaan ini dilakukan untuk menganalisa kelainan anatomi dan struktural pada bayi. Contoh apakah tangan anak lengkap, kakinya ada, jantungnya normal atau tidak dan segala konsekuensinya,” jelas Ivan.

Di saat usia kehamilan tersebut juga, lanjut dia, kelahiran bayi harus dipertimbangkan oleh orangtua. Sebab kemungkinan bayi lahir dengan imun yang rendah sangat besar. Apalagi jika bayi ingin digugurkan.

“Di luar negeri segala kemungkinan terburuk sering dipikirkan secara matang dan jernih. Mereka akan melihat dari sisi bayi. Apakah mereka mampu membesarkan anak yang setiap hari harus memakai selang di hidungnya, kemudian ketika bisa hidup lama sering sakit-sakitan karena daya tahan tubuhnya rendah, kemungkinan meninggal dunia juga tinggi dan pertimbangan lainnya. Belum lagi masalah kelainan genetik,” ujar Ivan.

Semua hal tersebut, harus dianalisa dan dibuktikan. Jika ibu hamil ingin menggugurkan kandungannya, tentu harus ada proses yang jelas yang membuktikan adanya indikasi medis.

“Di sisi ibu juga begitu, kami juga harus memperhatikan kondisinya. Kalau kita bicara mengapa bayi boleh digugurkan karena dampaknya juga berpengaruh pada ibu. Jika penanganannya tidak tepat, ibu akan mengalami pendarahan, risiko trauma rahim, penyakit usus. Itu semua risiko tindakan walaupun bisa dicegah dengan pemeriksaan kehamilan,” tukasnya.

3. Tes kejiwaan

Selain pemeriksaan kehamilan, wanita hamil yang ingin aborsi juga perlu memeriksaan kesehatan jiwanya pada ahli.

Selain ketiga tes itu, ada satu lagi yang dilakukan Rumah Sakit yaitu:

4. Laporan pada Dinas Kesehatan

Di RS Bunda, kata Ivan, segala laporan harus dikirimkan pada Dinas Kesehatan untuk mengurangi risiko penyalahgunaan wanita yang ingin aborsi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ahli Biocell Indonesia Yakin Tembakau Bisa Tangkal Ebola

Ahli Biocell Indonesia Yakin Tembakau Bisa Tangkal Ebola

Seluruh dunia boleh saja panik dengan serangan virus ebola yang telah mematikan 1.427 orang. Tapi menurut Guru Besar Biocell Universitas Brawijaya, Profesor Sutiman orang Indonesia tidak perlu panik karena virus mematikan tersebut dapat dicegah dengan tembakau. "Tembakau itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya bisa dipakai mengobati sakit perut dengan memasukkan asapnya lewat dubur. Selain itu bisa dibuat vaksin untuk mencegah virus ebola," kata pendiri Rumah Sehat dengan Terapi Rokok ini melalui surat elektronik yang diterima Liputan6.com, Senin (25/8/2014).Khusus dalam menangani virus ebola, kata dia, dalam tanaman tembakau terdapat tobacco mozaic virus yang bisa disisipi gen anti bodi untuk anti ebola. Jadi, tanaman tembakau itu bisa memproduksi vaksin anti ebola. "Sejarah mencatat, tembakau diketahui bermanfaat bagi kesehatan sejak abad 15. Saya mengingatkan semua pihak, terutama pemerintah untuk tidak mudah termakan kampanye global yang bisa memusnahkan kekayaan hayati tembakau di Indonesia. Alasannya, Indonesia memiliki banyak varietas tembakau dan tidak ada di belahan dunia lain, seperti tembakau Madura, Jember, dan Temanggung," katanya.Demi mencegah eb [...]

Jalan Kaki, Kurangi Risiko Kematian Pasien Kanker

Jalan Kaki, Kurangi Risiko Kematian Pasien Kanker

Jangan patah arang saat didiagnosa kanker. Selain melakukan serangkaian perawatan medis, tetap aktif dalam kegiatan fisik pun jadi cara kurangi risiko kematian pada pasien kanker. Dengan berjalan kaki setiap hari sejauh 1,5 kilometer menurut peneliti bisa memangkas risiko kematian akibat kanker. Untuk pasien kanker prostat dan payudara misalnya bisa mengurangi risiko kematian hingga 40%. Sedangkan untuk pasien kanker usus besar, dengan berjalan kaki 2,5 kilometer yang menghabiskan waktu 50 menit sehari juga bisa mengurangi risiko kematian hingga 50%. Selain itu, penelitian yang dilakukan Walking by Health, sebuah komunitas berjalan Macmillan Cancer Support and The Ramblers menemukan manfaat lain dari berjalan kaki. Melakukan aktivitas fisik sesederhana berjalan kaki secara rutin dapat mengurangi dampak efek samping dari pengobatan kanker seperti pembengkakan di sekitar lengan, kecemasan, depresi, kelelahan, gangguan mobilitas dan perubahan berat badan. "Penelitian ini memperlihatkan bahwa ada hal sederhana bahwa berjalan kaki bisa menyelamatkan nyawa. Sebuah solusi sederhana untuk permasalahan kesehatan," terangn Ciaran Devane, kepala eksekutif Macmillan Cancer Sport seperti [...]

Top 5 Health: MSG Tak Berbahaya Kagetkan Pembaca

Top 5 Health: MSG Tak Berbahaya Kagetkan Pembaca

Pengunaan penyedap rasa atau Monosodium glutamate (MSG) masih jadi kontroversi. Buat sebagian orang lebih sehat masak dengan cara alami. Tak heran banyak pembaca tertarik membaca artikel MSG tidak berbahaya bagi tubuh.Artikel tersebut menjadi topik populer di Health.Liputan6.com, edisi Sabtu (22/11/2014). Berita apa lagi yang jadi perhatian pembaca selain MSG, simak berikut ini: Sexpedia: Seluk Beluk Posisi Seks (Episode 1- Full)Psikolog Seksual Zoya Amirin M.Psi mengulasnya dalam tema besar `Posisi Seks` dalam episode 1 Sexpedia yang ditayangkan secara full. Ahli Gizi : MSG Tidak Berbahaya bagi TubuhAhli Gizi mengatakan bahwa penyedap makanan terbuat dari garam natrium yang berasal dari glutamat. Karena berasal dari bahan-bahan yang aman, MSG layak disebut sebagai penyedap yang tidak berbahaya bagi tubuh. Zaman Sekarang, Remaja Menikah Bukan Karena Kemauan KeluargaRemaja menikah ternyata bukan karena kemauan dirinya atau keluarganya. Banyak remaja yang terpaksa menikah dini karena banyak informasi yang menyesatkan dalam pergaulannya. Mau Aman? Buat Pizza Sendiri SajaMembuat pizza sendiri? Kenapa tidak. Bila orangtua beranggapan pizza yang dibeli di gerai-gerai pizza adala [...]

Perpaduan Kunyit dan Salmon Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung

Perpaduan Kunyit dan Salmon Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mempercepat penyembuhan. Sementara salmon rendah karbohidrat dan tinggi protein. Ketika keduanya digabungkan, makanan ini dapat meningkatkan kesehatan jantung.Seperti diungkapkan oleh Ahli gizi Sheela Tanna bahwa sifat dari Omega 3 dan asam lemak yang ada dalam salmon dapat menjaga sistem saraf melawan efek penuaan. "Selain itu juga perpaduan ini bisa meningkatkan tingkat HDL (kolesterol baik) sehingga meningkatkan kesehatan jantung dengan menjaga arteri bebas kolesterol," kata Shella, seperti dilansir Idiva, Minggu (2/2/2014).Sheela menambahkan, perpaduan kunyit dan salmon juga dipercaya bisa memperlambat pertumbuhan tumor dengan menjaga sel-sel kanker tidak berkembang.(Fit/Igw) [...]

Akibat Batuk dan Pilek, Pria Dewasa Bisa Berubah Jadi Bayi Gede

Akibat Batuk dan Pilek, Pria Dewasa Bisa Berubah Jadi Bayi Gede

Seorang suami akan bertingkah layaknya anak kecil saat kondisi tubuh mengalami penurunan akibat batuk dan pilek. Biasanya, kondisi seperti ini disebut `Man Child` atau `Bayi Gede`. Psikolog Rosdiana Setyaningrum mengatakan, dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, 50 persen pria yang telah menikah akan berubah menjadi sosok sangat manja saat dirinya terserang batuk dan pilek. Ketika dilanda kondisi ini, suami akan mengajukan banyak permintaan, dan ingin mendapat perhatian lebih dari istri tercinta."Walaupun awalnya malu-malu dan tidak mengakui kalau mereka sakit dan butuh dimanja, tapi pada akhirnya mereka menginginkan itu," kata Rosdiana dalam acara `Melegakan Gejala Batuk dan Pilek untuk si Kecil dan si Bayi Gede` di Bistronomi Cafe, Rabu (27/8/2014)Dalam kesempatan itu, Senior Communication Manager P&G ASEAN, Junita Kartikasari memaparkan 5 gejala `Bayi Gede` yang paling banyak ditemukan di diri para suami di Indonesia, hasil dari sebuah jejak pendapat yang dilakukan pihaknya; 1. Lemah seperti anak kecilSaat mengalami flu, kata Junita, seorang suami akan merasa lemah dan lelah berlebihan. Pria yang dikenal kuat pun mendadak berubah seperti anak kecil. "Dia jadi [...]

Mengapa Kehujanan Bisa Bikin Sakit?

Mengapa Kehujanan Bisa Bikin Sakit?

Memasuki musim hujan, jangan lupa untuk membawa payung atau jas hujan. Jika menerjang hujan begitu saja, bagi sebagian orang bisa membuat pilek maupun pusing. Hingga kini belum ada bukti atau penelitian yang menerangkan bahwa kehujanan akan membuat Anda sakit. Namun, menurut laman Livestrong pada Jumat (14/11/2014) kehujanan membuat temperatur tubuh menjadi turun hal ini membuat tubuh lebih rentan tertular virus yang menyebabkan batuk dan pilek lewat aneka paparan. Lalu, di beberapa tempat tertentu dengan tingkat polusi udara berlebih kehujanan akan meningkatkan risiko gangguan pernapasan maupun serangan asma. Selain itu, kondisi basah juga meningkatkan risiko Anda jatuh tergelincir. Baca Juga Resep Ampuh Bebas Sakit di Musim Hujan 5 Buah Wajib Makan di Musim Hujan [...]

Cara dan Tips Mengecilkan perut

Cara dan Tips Mengecilkan perut

Bagi Anda yang memiliki perut gendut, dalam beberapa hal kegendutan Anda akan sangat mengganggu. Hal ini seringkali membuat Anda berpikir untuk mengecilkan perut. Sebenarnya, tips mengecilkan perut hanya terdiri dari dua hal yang sederhana: menjaga makanan dan berolahraga. Menjaga makanan Perut gendut dapat terjadi ketika Anda mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Diantara penyebab perut gendut adalah konsumsi alkohol, gula, garam, makanan siap saji dan gorengan. Hindarilah makanan ini dalam proses pengecilan perut anda. Sebaliknya, banyaklah mengkonsumsi makanan yang baik untuk mengecilkan perut. Diantara makanan yang baik dalam mengecilkan perut adalah protein, gandum, buah, sayuran, kacang dan daging. Olahraga Teratur Jika Anda hanya ingin mengecilkan perut, menjaga makanan saja sudah cukup. Tetapi, tentu Anda ingin lebih dari itu seperti ingin memiliki perut yang rata dan indah. Untuk itu, Anda juga perlu untuk berolahraga. Diantara olahraga yang baik untuk mengecilkan perut adalah sit up, pust up dan squat. Jenis-jenis olahraga ini tentu saja tidak butuh ke gym. Anda tinggal menyisihkan waktu selama 30 hari selama pagi hari untuk mendapatkan perut yang indah dan rata. N [...]

3 Tempat Ini Bantu Anda Berhenti Merokok

3 Tempat Ini Bantu Anda Berhenti Merokok

Meski jumlah perokok di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, tapi tidak jarang dari mereka yang ingin berhenti merokok. Sayangnya, perokok yang telah kecanduan itu kesulitan menemukan tempat murah dan mudah diakses.Untuk memudahkan perokok tersebut, Health-Liputan6.com mengumpulkan tempat-tempat berhenti merokok yang mungkin dapat membantu Anda yang ingin berhenti merokok seperti:1. PuskesmasTak hanya di Jakarta, sejumlah puskesmas di beberapa daerah seperti bandung membuka klinik berhenti merokok. Klinik ini bahkan telah ada sejak 2012 silam. Mantan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi juga pernah mengatakan bahwa klinik berhenti merokok ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin berhenti merokok.2. Rumah SakitSelain Puskesmas, sejumlah RS seperti RS Persahabatan, Jakarta dan RS Port Health Center (PHC), Surabaya memiliki klinik berhenti merokok. Di RS Persahabatan misalnya, berbagai fasilitas yang menunjang untuk membantu perokok menghentikan kebiasaannya meliputi integrasi konseling, obat dan tatalaksana withdrawal effect.Fasilitas yang disediakan termasuk konseling, obat-obatan untuk berhenti merokok, behavior therapy (Terapi Perilaku), rehabilitasi Medis, hi [...]

Galang Dana untuk Penderita Kanker, Mahasiswi Bugil

Galang Dana untuk Penderita Kanker, Mahasiswi Bugil

Setelah sebelumnya tim dayung pria memutuskan untuk bugil dalam menggalang amal. Kini giliran tim dayung wanita dari dari Warwick University yang merilis kalender dengan foto tanpa busana untuk amal. Seperti ditulis laman Huffington, Sabtu (19/7/2014) para wanita yang memiliki tubuh atletis ini disebut mengumpulkan uang untuk Macmillan Cancer Support, yayasan kanker di London, Inggris. "Kami telah bekerja keras untuk membuat kalender artistik di mana bagian tubuh tertentu telah tertutup. Lagipula foto-foto yang kita tunjukkan adalah representasi akurat dari tubuh wanita atletis bukan semata-mata porno dan memperlihatkan bentuk tubuh perempuan," kata pendayung Frankie Salzano.Frankie mengatakan, pada awalnya foto bugil ini sempat dikecam di sejumlah media sosial seperti facebook. Tapi setelah menerima ratusan pesan dari pendukung tim Warwick, Facebook membatalkan larangannya."Kami sangat senang bahwa kalender kami bukan bagian dari pornografi, eksplisit dan melanggar ketentuan facebook dan kami berterima kasih kepada semua orang yang mendukung kami," jelas Frankie. [...]

WHO Diminta Bantu Atasi Pemasaran Makanan Anak yang Tak Pantas

WHO Diminta Bantu Atasi Pemasaran Makanan Anak yang Tak Pantas

PeduliSehat.info, Jenewa Masalah gizi ibu dan anak menjadi perhatian dalam sidang paripurna World Health Assembly (WHA) di Gedung PBB Jenewa. Apalagi masih ada anak-anak di dunia yang mengalami kekurangan gizi meski angka obesitas meningkat.Menteri pertanian, kesehatan, dan luar negeri diharapkan bisa mengadopsi kerangka kebijakan global untuk mengatasi tantangan kurang gizi, defisiensi mikronutrien, obesitas, dan penyakit yang tak menular akibat dari diet yang tak seimbang. Bahkan Sekretariat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diminta membuat rekomendasi tetang cara mengatasi pemasaran makanan pendamping untuk bayi dan anak-anak yang masih menyusui dan dianggap tak pantas seperti dilansir situs resmi WHO, Kamis (22/5/2014). Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO), Jose Graziano da Silva. FAO dan WHO akan menjadi tuan rumah Second International Conference on Nutrition pada November 2014.Perkiraan jumlah anak-anak balita yang mengalami gizi buruk (tingginya kurang untuk seusia mereka) memang menurun dari 167 juta pada 2010 menjadi 162 juta pada 2012. Pada saat yang sama, jumlah balita yang obesitas meningkat, dari 41 juta [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *