Ada Lima Cara Membuat Otak Tetap Sehat

ada-lima-cara-membuat-otak-tetap-sehat-alodokter.jpg

Jika ada bagian yang begitu penting bagi tubuh, maka otak jawabannya. Otak berfungsi menerima, menerjemahkan, sekaligus membimbing tubuh untuk merespons segala informasi dari panca indera manusia. Fungsi-fungsi vital tubuh, seperti bernapas, memonitor tekanan darah, hingga pelepasan hormon juga mengandalkan otak.

Sayangnya, otak tidak bisa melawan proses alamiah tubuh manusia, yaitu penuaan. Makin bertambah usia seseorang, makin menurun kemampuan otak. Tapi bisakah manusia mempertahankan kemampuan otak agar tetap optimal?

Banyak sekali gangguan dan penyakit yang bisa berefek buruk bagi kesehatan otak sekaligus memengaruhi kemampuan otak. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar otak tetap sehat dan berfungsi optimal.

  • Cukupi kebutuhan nutrisi otak

Lindungi otak dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dengan makanan yang mengandung antioksidan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan ikan. Cukupi juga kebutuhan asam omega-3 yang bisa didapat dari ikan salmon dan sarden. Zat ini sangat penting dalam mengurangi level tekanan darah dan kolesterol, meminimalkan peradangan pada otak, serta menjaga optimalisasi otak.

Jangan lupa akan peran asam folat, vitamin B6, dan B12 yang mampu mengurangi level homosistein. Zat terakhir dituding bertanggung jawab terhadap meningkatnya risiko terkena demensia. Untuk itu, konsumsilah sayuran berdaun hijau, sereal, dan biji-bijian.

  • Jangan rusak dengan asap rokok

Segera hentikan mengisap rokok karena merokok membuat bagian penting dari otak, yaitu bagian korteks, kian gampang menipis. Korteks sendiri berperan penting karena merupakan lokasi otak untuk berpikir terkait ingatan, bahasa, dan persepsi.

Selain itu, rokok juga bertanggung jawab terhadap beberapa penyakit terkait otak seperti stroke, pembengkakan pembuluh darah di otak, dan demensia.

  • Olahraga teratur

Olahraga dapat memperbaiki kinerja pembuluh darah kecil dalam mengantarkan darah yang kaya oksigen menuju otak. Pertumbuhan sel baru dan konektivitas antarsaraf dalam otak juga akan lebih optimal dengan olahraga teratur.

Selain itu, olahraga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat, melawan diabetes, dan mengurangi stres. Keuntungan tersebut dengan sendirinya akan membantu kesehatan otak dan tubuh secara keseluruhan.

  • Perhatikan kolesterol, tekanan darah, dan gula darah

Tingginya tingkat kolesterol dikombinasikan dengan tekanan darah tinggi dan gula darah yang tidak terkontrol sangat terkait dengan risiko seseorang terkena Alzheimer, pembengkakan pembuluh darah otak, dan stroke. Melimpahnya kolesterol buruk juga akan membuat seseorang kian mudah terserang demensia.

Timbunan kolesterol akan memicu terbentuknya plak di dalam pembuluh darah arteri sehingga suplai oksigen ke otak berkurang. Selanjutnya kondisi ini dapat membuat sel otak rusak hingga berakibat kematian. Stroke sebagai salah satu komplikasi lainnya dapat menimbulkan gangguan pada kemampuan bicara, melihat, atau bergerak tergantung bagian otak mana yang diserang.

  • Lindungi kepala saat beraktivitas

Melindungi kepala dengan helm saat mengendarai sepeda motor wajib dilakukan untuk menghindari cedera kepala yang parah jika terjadi kecelakaan. Memakai sabuk pengaman dan memastikan keamanan kendaraan juga penting dilakukan agar kepala terhindar dari kecelakaan fatal.

Yang wajib diketahui adalah cedera kepala yang parah saat muda meningkatkan risiko kerusakan kemampuan kognitif seseorang ketika tua. Cedera kepala juga bisa mengakibatkan seseorang mengidap epilepsi.

Pada dasarnya tubuh kita telah melindungi otak mulai dengan adanya tulang tengkorak yang keras, jaringan berupa selaput kokoh yang disebut meninges, hingga bantalan berupa cairan dalam meninges. Meski demikian, otak tetap bisa mengalami kerusakan, berisiko terkena penyakit, bahkan mengalami penurunan fungsi. Maka dari itu, jagalah otak sebisa mungkin agar kualitas hidup kita tetap maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tinggal di Kota Besar Berisiko Buat Wanita Lebih Cepat Tua

Tinggal di Kota Besar Berisiko Buat Wanita Lebih Cepat Tua

Tempat di mana kita tinggal ternyata berpengaruh pada proses penuaan kulit. Kabar buruk bagi para wanita yang tinggal di perkotaan, kulit mereka bisa menua lebih cepat ketimbang wanita yang hidup di pedesaan.Studi yang dilakukan oleh Procter & Gamble mengungkapkan fakta mengejutkan. Wanita yang hidup di pedesaan atau pinggiran kota terlihat awet muda lebih lama sementara yang tinggal di kota, terutama kota-kota besar menua 10 persen lebih cepat.Perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik dan produk perawatan rumah tangga itu meneliti 200 wanita dengan usia antara 30 dan 45 untuk membandingkan kualitas kesehatan kulit antara mereka yang tinggal di kota dan desa. Kedua kelompok wanita memiliki gaya hidup yang sama dan juga terekspos sinar matahari dalam jumlah sebanding.Wanita pedesaan dilaporkan memiliki risiko penuaan lebih tinggi akibat paparan sinar matahari. Hal ini kemungkinan disebabkan karena sebagian besar dari mereka keluar rumah tanpa menggunakan krim tabir surya. Namun yang mengejutkan, hasil studi menunjukkan proses penuaan justru lebih buruk terjadi pada kelompok wanita di perkotaan.Dari hasil studi yang dipimpin oleh Profesor Wei Liu, seorang dermatologis dari R [...]

Kondisi Serius di Balik Batuk Berdarah

Kondisi Serius di Balik Batuk Berdarah

Jangan anggap remeh batuk berdarah atau hemoptisis. Kondisi ini dapat menjadi gejala adanya penyakit serius yang mengancam nyawa. Darah yang keluar saat batuk umumnya bercampur dengan dahak. Batuk berdarah pada orang berusia muda bisa jadi bukan gejala sakit serius dan dapat segera ditangani. Namun kondisi ini bisa menjadi indikator berbahaya terutama bagi mereka yang berusia tua dan para perokok. Penyebab Batuk Berdarah dari Ringan hingga Berat Adanya darah dalam dahak ketika batuk umumnya dapat disebabkan batuk parah dalam waktu lama. Namun ada banyak kondisi lain yang dapat menjadi penyebab batuk berdarah, yaitu: Bronkitis: gangguan saluran pernapasan dalam jangka panjang yang menyebabkan penumpukan dahak. Bronkitis dapat dipicu oleh banyak penyebab, seperti infeksi paru-paru yang pernah dialami dan menghirup unsur polusi. Tuberkulosis (TB): infeksi paru-paru yang tergolong parah dengan gejala umum berupa demam, keringat, batuk disertai dahak yang berwarna atau mengandung nanah, dan rasa sesak di dada. Batuk berdarah akan reda segera setelah infeksi disembuhkan. Embolisme paru: pembekuan darah pada pembuluh darah di paru-paru yang dapat menyebabkan sesak napas dan nyeri d [...]

Bahaya Kesehatan yang Mengintai di Balik Spons Dapur

Bahaya Kesehatan yang Mengintai di Balik Spons Dapur

Bagi sebagian orang, sponge dapur tidak hanya berfungsi untuk mencuci piring atau peralatan makan lainnya. Spons juga digunakan untuk membersihkan tumpahan makanan atau minuman. Tak heran, jika spons merupakan salah satu peralatan dapur yang banyak mengandung bakteri. Seperti yang dikutip dari ehow, berikut bahaya kesehatan yang mengintai dari balik spons dapur.1. Penuh BakteriMenurut NSF International --organisasi kesehatan publik independen-- salah satu peralatan di dapur yang banyak mengandung bakteri adalah spons pencuci, karena mengandung kuman, ragi dan bakteri 150 kali lebih banyak dari gagang sikat gigi. Secara umum, bakteri yang ada pada spons tidak membuat Anda sakit, tapi beberapa (seperti salmonella dan E. coli) dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. 2. Kontaminasi SilangSpons baru bisa dipakai jika dibasahi oleh air atau cairan pembersih. Kelembaban itulah yang membuat bakteri terus berkembang melalui air. Oleh karena itu, keringkan spons jika Anda selesai memakainya untuk menghindari penyebaran kuman dari spons ke permukaan dapur lainnya.3. Keracunan MakananBiasana bakteri seperti E. coli, staph dan salmonella hidup dan berkembang di dalam spons. Slamone [...]

Manfaat Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

Manfaat Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat berbuka puasa, asupan cairan memegang peranan yang penting. Mengembalikan cairan tubuh setelah 14 jam tanpa asupan cairan diperlukan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Berbuka puasa dengan cairan dan makanan berserat sangat dianjurkan untuk menurunkan rasa lapar sehingga ketika makan makanan utama tidak berlebihan dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan segera. Beberapa cairan yang dapat menjadi pilihan untuk berbuka puasa selain dari air putih adalah sari buah atau jus buah dan juga jus sayuran. Atau, campuran keduanya. Pilihan lainnya adalah air buah kelapa. Air buah kelapa dapat dikonsumsi sebagai minuman berbuka puasa karena berbagai alasan berikut: Kandungan gula sederhana dan elektrolitnya dapat segera mengembalikan kadar gula dan keseimbangan elektrolit dalam darah. Kadar gula dalam air kelapa cukup untuk mengembalikan kadar gula dalam darah secara cepat namun tidak terlalu banyak seperti dalam minuman bersoda atau minuman berenergi. Hanya mengandung sedikit kalori sehingga dapat menurunkan rasa lapar setelah berpuasa, namun tidak membuat terlalu kenyang sehingga tidak dapat mengkonsumsi makanan utama. [...]

5 Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

5 Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

Oleh: dr. Sophia B. Hage Serangan jantung adalah kondisi yang membutuhkan penanganan yang cepat dan termasuk salah satu kegawatdaruratan medis. Semakin cepat tindakan atau penanganan yang diberikan maka akan semakin besar kemungkinan penderita dapat diselamatkan. Sebelum mengambil tindakan-tindakan pertolongan, yang paling penting adalah kenali gejala dan pastikan apakah keluhan yang dialami merupakan gejala serangan jantung. Gejala serangan jantung dapat bervariasi, dari derajat yang paling ringan hingga berat. Secara umum, gejala serangan jantung adalah sebagai berikut: Nyeri dada yang bertahan selama beberapa menit (lebih dari 5 menit) atau hilang timbul, keluhan nyeri seperti ditekan atau diremas atau ditusuk. Lokasi nyeri biasanya di kiri atau di tengah dada. Nyeri dada ini sifatnya spesifik, artinya nyeri dengan karakteristik ini hampir selalu timbul pada serangan jantung. Apabila hanya ada satu gejala yang dapat Anda temukan, pastikan keluhan nyeri tersebut ada. Rasa nyeri dapat menjalar atau menjadi rasa tidak nyaman atau kesemutan di bahu, lengan atas, punggung, leher atau bahkan rahang bawah. Sulit bernapas atau napas menjadi pendek. Timbul keringat dingin. [...]

Air Kelapa dan Kurma: Manakah Pilihan Buka Puasa Terbaik?

Air Kelapa dan Kurma: Manakah Pilihan Buka Puasa Terbaik?

Oleh: dr. Sophia B. Hage Tidak sedikit tentunya dari kita yang menyukai air kelapa karena rasanya yang menyegarkan. Karena alasan inilah sebagian orang memilih untuk berbuka puasa dengan air kelapa. Sebenarnya apakah kandungan dari air kelapa? Air Kelapa untuk Berbuka Puasa Air kelapa adalah air yang terdapat dalam buah kelapa yang masih muda. Seiring dengan bertambah matang atau tua sebuah kelapa, air kelapa ini akan digantikan oleh daging kelapa. Air kelapa memiliki kandungan karbohidrat dan elektrolit yang tinggi, seperti kalium atau disebut juga potasium, natrium atau sodium, dan juga magnesium. Karena kandungan elektrolit tersebut, air kelapa sering digunakan sebagai salah satu cara mencegah dan mengatasi dehidrasi. Alasan itu pula yang menjadikan air kelapa pilihan minuman saat berbuka puasa. Akan tetapi, ada beberapa peneliti yang meragukan fungsi air kelapa sebagai minuman untuk dehidrasi. Mereka menyebutkan bahwa sebenarnya tidak terdapat perbedaan bermakna antara mengganti cairan tubuh dengan air kelapa dan dengan air minum yang mengandung elektrolit. Kurma untuk Berbuka Puasa Kurma adalah buah yang populer saat Ramadhan tiba. Buah kurma merupakan buah dari po [...]

3 Dampak Kurang Tidur

3 Dampak Kurang Tidur

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Menurut The National Sleep Foundation, orang dewasa sebaiknya mendapatkan tidur antara 7 hingga 9 jam dalam satu hari dan angka ini dapat berubah sesuai dengan usia. The National Sleep Foundation menyebutkan bahwa meningkatnya angka kecelakaan juga berhubungan dengan kurangnya tidur. Pada tahun 2011, Centers for Disease Control menemukan bahwa sebanyak 70 juta orang dewasa menderita gangguan tidur termasuk insomnia, narcolepsy, sleep apnea dan restless leg syndrome. Tidur sangat berpengaruh terhadap kelangsungan tubuh kita oleh karena itu tidur merupakan hal yang sangat penting. Nah, beberapa hal yang dapat terjadi bila kita kurang tidur adalah: Dapat muncul depresi Hubungan antara tidur dengan depresicukup kompleks oleh karena kurangnya tidur dapat menyebabkan depresi. Sebaliknya juga, depresi dapat menyebabkan kurangnya tidur, namun penelitian berpendapat bahwa risiko munculnya depresi meningkat dengan kurangnya tidur. Penambahan berat badan Tidur berhubungan langsung dengan produksi 3 hormon yang mengontrol rasa lapar yaitu cortisol yang dapat membuat kita menjadi tembam, mempengaruhi level glukosa, bertindak sembrono dan gangguan pera [...]

6 Mitos tentang Batuk Pilek pada Anak

6 Mitos tentang Batuk Pilek pada Anak

Batuk sebenarnya merupakan respons fisiologis tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari saluran napas. Namun, orangtua mana yang tidak cemas melihat anaknya mengalami batuk dan pilek, apalagi disertai demam? Berikut ini adalah fakta dan mitos tentang batuk pilek pada anak: 1. Mitos: Jika anak batuk maka mereka terkena pneumonia. Fakta: Ini adalah isu yang paling dikhawatirkan oleh para orangtua. Memang benar, batuk bisa menjadi gejala adanya pneumonia (infeksi paru-paru). Namun batuk bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti flu atau alergi yang dapat sembuh sendiri tanpa harus diobati. Namun, untuk bayi usia < 6 bulan sebaiknya segera periksakan ke dokter jika muncul keluhan batuk pilek disertai demam. 2. Mitos: Semua anak yang batuk harus minum obat batuk dan antibiotik. Fakta: Batuk merupakan respons fisiologis tubuh yang normal. Tidak semua batuk pilek membutuhkan obat batuk dan antibiotik. Penyebab tersering batuk pilek pada anak adalah infeksi virus, sedangkan antibiotik digunakan untuk melawan infeksi bakteri. Beikut pelurusan fakta dari mitos batuk lainnya di halaman selanjutnya. 6 Mitos tentang Batuk Pilek pada Anak 3. Mitos: Jika anak batuk pilek, [...]

Jangan Sisakan Antibiotik Anda!

Jangan Sisakan Antibiotik Anda!

Antibiotik sebagai salah satu jenis obat umum tidak lagi asing beredar di antara masyarakat. Hanya saja, konsumsi antibiotik sering kali tidak sesuai aturan yang ditetapkan oleh dokter, seperti kelalaian dalam menghabiskannya. Padahal kebiasaan tersebut dapat membahayakan. Yang dimaksud dengan antibiotik adalah obat yang digunakan mengobati infeksi bakteri. Antibiotik mampu membunuh bakteri dan mencegah perkembangannya. Tentu saja, tiap infeksi membutuhkan jenis antiobotik yang berbeda-beda. Selain efektif melawan infeksi bakteri, antibiotik juga digunakan untuk memerangi beberapa jenis infeksi jamur dan parasit. Namun antibiotik tidak dapat digunakan untuk melawan virus. Mengonsumsi antibiotik saat seseorang terkena infeksi virus tidak akan membantu membuat seseorang merasa lebih baik, malah dapat mengarah pada resistensi antibiotik yang menyebabkan kekebalan bakteri. Ketika dokter memutuskan untuk menggunakan antibiotik untuk pengobatan, maka sangat penting untuk mengonsumsinya dengan cara-cara yang telah ditentukan. Cara Mengonsumsi Antibiotik yang Sebenarnya Konsumsi antibiotik umumnya melalui mulut, namun juga dapat digunakan melalui suntikan atau infus, terutama untuk kasus [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *