Ada Lima Cara Membuat Otak Tetap Sehat

ada-lima-cara-membuat-otak-tetap-sehat-alodokter.jpg

Jika ada bagian yang begitu penting bagi tubuh, maka otak jawabannya. Otak berfungsi menerima, menerjemahkan, sekaligus membimbing tubuh untuk merespons segala informasi dari panca indera manusia. Fungsi-fungsi vital tubuh, seperti bernapas, memonitor tekanan darah, hingga pelepasan hormon juga mengandalkan otak.

Sayangnya, otak tidak bisa melawan proses alamiah tubuh manusia, yaitu penuaan. Makin bertambah usia seseorang, makin menurun kemampuan otak. Tapi bisakah manusia mempertahankan kemampuan otak agar tetap optimal?

Banyak sekali gangguan dan penyakit yang bisa berefek buruk bagi kesehatan otak sekaligus memengaruhi kemampuan otak. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar otak tetap sehat dan berfungsi optimal.

  • Cukupi kebutuhan nutrisi otak

Lindungi otak dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dengan makanan yang mengandung antioksidan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan ikan. Cukupi juga kebutuhan asam omega-3 yang bisa didapat dari ikan salmon dan sarden. Zat ini sangat penting dalam mengurangi level tekanan darah dan kolesterol, meminimalkan peradangan pada otak, serta menjaga optimalisasi otak.

Jangan lupa akan peran asam folat, vitamin B6, dan B12 yang mampu mengurangi level homosistein. Zat terakhir dituding bertanggung jawab terhadap meningkatnya risiko terkena demensia. Untuk itu, konsumsilah sayuran berdaun hijau, sereal, dan biji-bijian.

  • Jangan rusak dengan asap rokok

Segera hentikan mengisap rokok karena merokok membuat bagian penting dari otak, yaitu bagian korteks, kian gampang menipis. Korteks sendiri berperan penting karena merupakan lokasi otak untuk berpikir terkait ingatan, bahasa, dan persepsi.

Selain itu, rokok juga bertanggung jawab terhadap beberapa penyakit terkait otak seperti stroke, pembengkakan pembuluh darah di otak, dan demensia.

  • Olahraga teratur

Olahraga dapat memperbaiki kinerja pembuluh darah kecil dalam mengantarkan darah yang kaya oksigen menuju otak. Pertumbuhan sel baru dan konektivitas antarsaraf dalam otak juga akan lebih optimal dengan olahraga teratur.

Selain itu, olahraga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat, melawan diabetes, dan mengurangi stres. Keuntungan tersebut dengan sendirinya akan membantu kesehatan otak dan tubuh secara keseluruhan.

  • Perhatikan kolesterol, tekanan darah, dan gula darah

Tingginya tingkat kolesterol dikombinasikan dengan tekanan darah tinggi dan gula darah yang tidak terkontrol sangat terkait dengan risiko seseorang terkena Alzheimer, pembengkakan pembuluh darah otak, dan stroke. Melimpahnya kolesterol buruk juga akan membuat seseorang kian mudah terserang demensia.

Timbunan kolesterol akan memicu terbentuknya plak di dalam pembuluh darah arteri sehingga suplai oksigen ke otak berkurang. Selanjutnya kondisi ini dapat membuat sel otak rusak hingga berakibat kematian. Stroke sebagai salah satu komplikasi lainnya dapat menimbulkan gangguan pada kemampuan bicara, melihat, atau bergerak tergantung bagian otak mana yang diserang.

  • Lindungi kepala saat beraktivitas

Melindungi kepala dengan helm saat mengendarai sepeda motor wajib dilakukan untuk menghindari cedera kepala yang parah jika terjadi kecelakaan. Memakai sabuk pengaman dan memastikan keamanan kendaraan juga penting dilakukan agar kepala terhindar dari kecelakaan fatal.

Yang wajib diketahui adalah cedera kepala yang parah saat muda meningkatkan risiko kerusakan kemampuan kognitif seseorang ketika tua. Cedera kepala juga bisa mengakibatkan seseorang mengidap epilepsi.

Pada dasarnya tubuh kita telah melindungi otak mulai dengan adanya tulang tengkorak yang keras, jaringan berupa selaput kokoh yang disebut meninges, hingga bantalan berupa cairan dalam meninges. Meski demikian, otak tetap bisa mengalami kerusakan, berisiko terkena penyakit, bahkan mengalami penurunan fungsi. Maka dari itu, jagalah otak sebisa mungkin agar kualitas hidup kita tetap maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pegagan Bisa Mengatasi Penyakit dan Luka pada Kulit?

Pegagan Bisa Mengatasi Penyakit dan Luka pada Kulit?

Tanaman herba pegagan banyak digunakan untuk menangani permasalahan pada kulit. Tidak heran jika kini banyak produsen yang memasukkan ekstrak pegagan ke dalam produk obat, seperti dalasakit telinga, penuaan, anakm kandungan salep atau krim. Tidak hanya itu, produsen kosmetik pun ikut tergiur dengan tanaman yang kerap dicampurkan ke dalam asinan Bogor itu. Lantas apakah benar pegagan bisa membuat kulit sehat dan cantik? Manfaat Pegagan Menurut Penelitian Pegagan memiliki zat-zat kimia yang sepertinya bisa membantu mengurangi peradangan. Pegagan, terutama pada kandungan asam asiatiknya, dianggap bisa meningkatkan produksi kolagen, yaitu salah satu zat yang memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka. Melihat cara kerjanya, tidak heran jika banyak orang yang menggunakan pegagan untuk mengatasi permasalahan kulit. Berikut ini hasil penelitian yang menyatakan bahwa pegagan mungkin bisa mengatasi permasalahan kulit. Stretch marks. Menurut sebuah uji klinis, krim yang mengandung pegagan, vitamin E, dan kolagen mungkin bisa mengurangi stretch marks yang biasa timbul pada wanita yang sedang hamil. Guratan yang kerap timbul pada bagian perut ini mungkin dapat berkurang jika dioles [...]

Inilah Tes Pendeteksi Kanker Serviks

Inilah Tes Pendeteksi Kanker Serviks

Oleh: dr. Virgi Saputra Skrining Kanker ServiksPemeriksaan skrining bertujuan untuk menyaring, jadi bukan untuk diagnosa pasti. Jadi sifatnya harus mudah, terpercaya, dan efektif biaya (cost-effective). Ada 2 tes yang terbukti efektif untuk keperluan skrining kanker serviks: 1. Pap Smear.Pemeriksaan pap smear bertujuan untuk mendeteksi perubahan sel yang dapat berkembang menjadi kanker apabila tidak ditangani dengan semestinya. Tes ini dapat mengenali tahap pra-kanker. Pada tahap pra-kanker sel serviks sudah menunjukkan perubahan yang dapat dilihat di bawah mikroskop dengan pewarnaan Papanicolaou. Pemeriksaan ini dapat dilakukan di poliklinik atau praktek pribadi dokter. Saat melakukan pap smear, dokter akan memasukkan alat dari logam yang disebut spekulum untuk melebarkan liang vagina. Hal ini membantu dokter mengamati vagina dan serviks, lalu mengambil sejumlah sel dan lendir di serviks dan sekitarnya. Bahan ini akan ditaruh di atas kaca obyek (pap smear konvensional) atau di dalam cairan (Liquid Based Cytology/LBC) untuk diperiksa di laboratorium3. LBC adalah metode perbaikan dari pap smear konvensional dimana seluruh sel yang didapat dimasukkan ke dalam cairan sehingga tidak ad [...]

Memahami Suhu Tubuh

Memahami Suhu Tubuh

Suhu tubuh adalah ukuran dari kemampuan tubuh dalam menghasilkan dan menyingkirkan hawa panas. Memahami suhu tubuh sangatlah penting untuk mengetahui gejala-gejala Anda terserang penyakit serius. Ketahuilah berapa suhu tubuh normal Anda. Ketahui pula berapa suhu tubuh abnormal demi mengantisipasi kondisi yang dapat mengancam jiwa. Berapa Suhu Tubuh Normal Manusia? Selama ini banyak orang menganggap suhu tubuh normal manusia berada pada titik 37 derajat Celcius. Benar, rata-rata suhu tubuh normal manusia memang berada pada kisaran tersebut. Tapi kenyataannya suhu tubuh normal tidak selalu pada titik 37 derajat Celcius. Suhu tubuh yang normal bisa berada di antara 36,5-37,5 derajat Celcius. Suhu tubuh normal bisa berubah sepanjang hari. Biasanya, suhu terendah terjadi pada pagi hari dan akan naik 0,6 derajat Celcius pada sore hari. Aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari juga bisa memengaruhi suhu tubuh. Contohnya ketika Anda berolahraga di hari yang panas maka suhu tubuh dapat naik 0,6 derajat Celcius. Suhu tubuh normal juga bisa berbeda, entah lebih tinggi atau lebih rendah, ketika seorang wanita berovulasi atau saat siklus menstruasi. Berbahayakah Suhu Tubuh Rendah atau Tinggi? [...]

Obesitas, Lalu Bagaimana?

Obesitas, Lalu Bagaimana?

Seseorang menjadi obese tidak hanya disebabkan oleh satu faktor, melainkan justru terpicu dari berbagai macam aspek, termasuk faktor diet, faktor gaya hidup, faktor kebudayaan, faktor genetik, faktor jenis kelamin, dan faktor pola kebiasaan. Namun faktor yang paling banyak memiliki substansi pemicu adalah pemilihan gaya hidup. Makanan siap saji (fast food), peralatan yang mempermudah kerja hingga menciptakan kebiasaan pola kerja yang inaktif dapat juga membuat tubuh kita menjadi gemuk. Para ahli setuju bahwa di kehidupan masyarakat yang modern-stress dan pola makan gaya hidup modern seperti halnya mengkonsumsi makanan siap saji ataupun tidak mempunyai waktu berolah raga dan lainnya memicu terjadinya penumpukan lemak tubuh secara berlebihan. Terapi tingkah laku adalah suatu metoda yang digunakan untuk mangatur ataupun memodifikasi pola makan dan aktifitas fisik dengan olahraga pada pasien obese. Dengan demikian, terapi tersebut diharapkan dapat mengatasi hambatan-hambatan terhadap kepatuhan pasien pada pola makan sehat dengan menempuh cara terapi diet dan ataupun olahraga. Strategi-strategi terapi ini adalah sebagai berikut: penilaian diri sendiri atau self-monitoring, kontrol s [...]

Your Babies Are What You Eat

Your Babies Are What You Eat

Nutrisi selama masa kehamilan sangat menentukan masa depan sang bayi. Semua sangat tergantung pada masa kehamilan. "Kecenderungan potensi penyakit degeneratif dari yang bayi miliki kelak mencapai dewasa sangat tergantung dari pola asupan nutrisi semasa ibu mengandung," demikian disampaikan dr. Aditya Kusuma, Sp.OG ketika mengemukakan hipotesis Barker; Fetal Origins of Adult Disease pada acara talkshow yang diselenggarakan oleh @selamatkanibu. Dilain sisi, status asupan nutrisi masa kehamilan juga menentukan bakat potensi bayi pasca kelahiran pada paparan gizi buruk. Meninjau lambatnya laju angka penurunan kasus gizi buruk di Indonesia dibandingkan tahun-tahun yang lalu, juga merupakan parameter fenomena rendahnya kesadaran ibu selama masa kehamilan pada esensi pentingnya nutrisi selama masa kehamilan demi kesehatan janin. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar 2010, prevalensi anak balita pendek 35,6% atau turun 1,2% dibandingkan 2007, sebesar 36,8% berdasarkan hasil riset serupa. Dilain aspek, prevalensi anak balita gizi kurang dan buruk hanya turun 0,5% dari 18,4% pada 2007 menjadi 17,9%pada 2010. Prevalensi anak balita kurus 13,3%, turun 0,3% dari 2007. Tidak dapa [...]

Cara Agar Rambut Si Kecil Tumbuh Lebat

Cara Agar Rambut Si Kecil Tumbuh Lebat

Rambut merupakan suatu komponen yang terdapat di tubuh manusia, dan mungkin Anda mengenalinya sebagai ?sesuatu? yang hanya yang menutupi kulit kepala. Namun tanpa disadari, ternyata hampir seluruh kulit tubuh memiliki rambut kecuali kulit telapak tangan, telapak kaki, kuku, dan bibir. Ketebalan dan struktur rambut tidak sama di semua tempat. Rambut yang ada pada kulit di lengan berbeda dengan rambut yang berada pada kulit kepala. Rambut yang berada pada lengan disebut dalam dunia medis dengan rambut velus, yang lebih tipis dan panjangnya kurang dari 2 cm. Sedangkan rambut yang menutupi kulit kepala disebut juga rambut terminal, lebih tebal dan panjangnya dapat mencapai 100 cm. Anda mungkin bingung, ketika usia 4 bulan mengapa rambut Si Kecil tidak ada? Padahal ketika lahir, rambutnya terbilang banyak. Selain itu, ketika Si Kecil baru lahir, apakah ada beberapa bagian tubuh Si Kecil yang ditumbuhi rambut halus? Walaupun Anda tidak menggunduli Si Kecil, sebenarnya rambut bawaan lahir tidak akan terbawa seumur hidup, karena semuanya akan rontok dan akan digantikan dengan rambut yang baru. Rambut ini disebut dalam dunia medis dengan lanugo. Rambut lanugo biasanya akan menghilang sendir [...]

90% Warga Inggris Terganggu Saat Ada Karyawan yang Flu Tetap Masuk Kerja

90% Warga Inggris Terganggu Saat Ada Karyawan yang Flu Tetap Masuk Kerja

Ketika terserang flu atau pilek, sebagian besar karyawan biasanya memilih tetap masuk kerja demi menunjukkan performa dan dedikasinya. Namun berbeda dengan di Inggris, karyawan yang sakit justru tidak diharapkan pergi ke kantor dan akan lebih baik jika mereka diam di rumah saja.Studi yang dilakukan Otrivine, sebuah produk khusus untuk mengatasi gangguan hidung dan saluran pernapasan menunjukkan bahwa 90 persen orang lebih mengharapkan rekan kerjanya yang sakit untuk bekerja di rumah atau istirahat total ketimbang ke kantor. Alasannya bukan sekadar simpati, tapi takut menular ke karyawan lainnya.Dari hasil studi terungkap bahwa 52 persen orang yang terserang flu tidak menutup mulut mereka ketika batuk atau bersin. Kebiasaan menyedot atau mengelap cairan hidung dengan lengan saat pilek juga dianggap menjijikan dan mengganggu bagi 44 persen orang. Itulah sebabnya mengapa banyak warga Inggris tidak suka karyawan yang sakit masuk kantor.Para karyawan yang pilek atau flu bukannya tidak sadar kalau kelakuan mereka telah mengganggu karyawan lainnya. Sedikitnya ada 46 persen pekerja mengaku suka bersin dan batuk tanpa menutupi mulut serta hidung mereka. Sebanyak 31 persen pekerja restora [...]

Sulit Tidur Berujung Penyakit, Atasi dengan 4 Cara Ini

Sulit Tidur Berujung Penyakit, Atasi dengan 4 Cara Ini

Kurang tidur yang berkualitas di malam hari bisa mengganggu tak hanya kesehatan fisik tapi juga kehidupan Anda secara keseluruhan. Mulai dari menurunnya performa kerja (karena mengantuk dan tubuh lemas), terganggunya kehidupan seks, berpotensi meningkatkan risiko kegemukan dan penyakit jantung serta menimbulkan stres.Insomnia atau kesulitan tidur di malam hari sebaiknya jangan diabaikan dan dibiarkan berlarut-larut. Jika Anda mengalami masalah sulit tidur, bisa diatasi terlebih dahulu dengan empat cara ini sebelum berobat ke dokter. Berikut ini caranya, seperti dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Jauhkan Diri dari Suara Berisik Suami yang mendengkur, suara kendaraan dari luar dan sebagainya akan terus membuat Anda terjaga. Ganti semua suara yang mengganggu tersebut dengan lagu-lagu yang membuat Anda nyaman. Jika tidur terganggu karena suami yang mendengkur, bicarakan pada suami kalau Anda ingin tidur di kamar terpisah sementara waktu, atau ajak dia pergi ke dokter untuk mengatasi dengkurannya.2. Relaksasi dan MeditasiKetika sudah berada di atas tempat tidur, cobalah teknik relaksasi ini. Gerakkan jari-jari kaki Anda sampai hitungan ketujuh, dan kemudian regangkan. Ulangi k [...]

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan menahun pada pori-pori dan kelenjar lemak kulit yang ditandai dengan adanya komedo dan benjolan peradangan kulit pada tempat-tempat tertentu. Tempat-tempat yang biasanya sering terdapat jerawat adalah wajah, bahu, dada bagian atas dan punggung bagian atas. Kadang-kadang dapat juga terdapat pada leher, lengan atas dan bokong. Usia, ras, faktor keturunan, makanan dan cuaca/musim dapat secara tidak langsung memicu terjadinya jerawat. Pengaruh Makanan pada JerawatMelalui pengamatan dr. Alan R. Shalita, profesor dermatologi di pusat kedokteran SUNY Downstate, New York, konsumsi makanan rendah karbohidrat dapat mempengaruhi kontrol hormonal pada jerawat sehingga jerawat dapat membaik. Kadar gula dalam darah yang terkontrol dapat memperbaiki kondisi berjerawat. Selain itu, produk susu dan juga makanan berlemak sebaiknya juga dihindari. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan minyak dalam kelenjar sebasea kulit sehingga memicu terjadinya jerawat. Pengaruh makanan terhadap jerawat ini memang masih banyak diperdebatkan dan seringkali ditemukan hasilnya individual, namun, jika setelah dicoba dalam jangka waktu t [...]

Bahaya Cotton Bud Saat Membersihkan Telinga

Bahaya Cotton Bud Saat Membersihkan Telinga

Banyak orang yang memilih membersihkan telinga mereka menggunakan cotton bud. Sayangnya jika tak berhati-hati, hal itu bisa menyebabkan bahaya, seperti telinga berdenging atau kelumpuhan saraf di sekitar wajah.Menurut sebuah penelitian terbaru, lebih dari 50 persen pasien yang datang ke dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) sering memakai cotton bud untuk mengorek kotoran di telinga. Walaupun ujungnya terbuat dari kapas, alat ini tetap berisiko merusak gendang telinga.Seperti dikutip Healthday, gangguan pendengaran yang umum dialami pemakai cotton bud adalah tinnitus atau telinga berdenging. Sementara wajah yang sulit digerakkan adalah gejala kerusakan saraf yang juga dipicu kerusakan gendang telinga.Untungnya, penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr Ilaaf Darrat, spesialis THT dari Henry Ford Hospital, menunjukkan bahwa 97 persen kerusakan gendang telinga bisa sembuh sendiri dalam waktu rata-rata 2 bulan. Operasi hanya dibutuhkan jika berdampak pada kelumpuhan saraf di sekitar wajah.Penelitian yang dipresentasikan dalam Combined Otolaryngological Spring Meeting di Chicago ini melibatkan 1.540 pasien yang mengalami kerusakan gendang telinga antara tahun 2001-20 [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *