Agar Sehat Total, Jangan Konsumsi Susu Almond yang Ditambah Gula

womanmilk315.jpg

Selain susu hewani yang sering dikonsumsi banyak orang, susu yang terbuat dari kacang-kacangan seperti susu almond juga menjadi salah satu minuman yang kini tengah diminati. Alasannya, susu ‘alternatif’ ini dipercaya mengandung lemak dan kalori yang rendah serta bebas kolestrol sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Susu kacang yang seringkali disebut dengan sari nabati ini banyak dikonsumsi mereka yang memiliki intoleransi laktosa, penganut gaya hidup sehat, dan orang-orang yang sedang menjalani diet. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes selaku ahli gizi memaparkan, kacang-kacangan tersebut diolah sedemikian rupa untuk memberikan manfaat yang besar kepada tubuh.

Namun yang sering terjadi adalah banyak orang yang menambahkan gula dengan takaran berlebih saat memproduksi susu kacang seperti susu almond tersebut. Menurutnya, hal tersebut sebaiknya dihindari.

“Khusus untuk orang dewasa, harus diperhatikan tujuan mengonsumsi sari kacang-kacangan ini seperti apa. Jika dikonsumsi agar bermanfaat untuk kesehatan, jangan rusak manfaat itu dengan menambahkan gula terlalu berlebihan. Kalau ingin sehat ya sehat total,” ujar ibu empat anak itu saat dihubungi Wolipop, Rabu, (18/11/2015).
Baca Juga: 50 Foto Before-After Selebriti yang Operasi Plastik

Lebih lanjut dosen gizi di Poltekes Jakarta ini juga mengatakan, penambahan gula pada sari nabati sebaiknya dihindari karena gula memiliki indeks glikemik tinggi yang mempengaruhi hormon insulin. Lantas bagaimana dengan pemanis tambahan yang alami seperti kurma atau madu?

“Pada dasarnya gula tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Pada piramida gizi seimbang, gula itu salah satu zat yang letaknya paling ujung piramida,” lanjut wanita kelahiran 1971 itu.

Ia menyarankan, jika ingin mengonsumsi sari nabati yang terbuat dari kacang-kacangan, konsumsilah dengan murni tanpa gula. “Orang-orang biasanya konsumsi kacang utuh kan tanpa gula. Tempe atau kacang juga ditumis tanpa gula juga. Jangan nantinya dia mengharapkan sesuatu yang lebih sehat dengan bikin sari nabati, jadi malah ditambahkan gula,” katanya.

Namun jika Anda tetap ingin menambah rasa manis dalam sari nabati, pemanis alami yang berasal dari buah-buahan, menurutnya masih bisa ditoleransi. Misalnya, perasan buah jeruk atau air buah melon.

“Bisa juga dicampurkan buah naga atau pisang. Mencampur buah-buahan ke dalam sari nabati lebih sehat dan lebih baik daripada menggunakan pemanis buatan,” tutup Rita.

(int/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Minum Es Saat Haid Bisa Sebabkan Kista, Itu Salah!

Minum Es Saat Haid Bisa Sebabkan Kista, Itu Salah!

Banyak wanita yang masih menganggap bahwa minum es saat menstruasi bisa menyebabkan haid terhambat. Haid yang terhambat karena minum es tersebut diduga bisa menyebabkan kista dalam waktu lima tahun ke depan. Benarkah seperti itu?Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), menuturkan minum es ketika haid bisa menghambat darah kotor yang keluar itu salah. "Minum es nggak benar, nggak ngaruh ah, itu nggak ngaruh, nggak ada kaitannya, es itu nggak bagus buat daya tahan tubuh saja, kena kerongkongan, masuk angin, sakit," jelas dokter Frits kepada wolipop, Rabu (1/5/2013).Hal itu juga diperkuat oleh dokter kandungan, Dr Prima Progestian, SpOG,CH,CHt. "Sebenarnya nggak benar. Mitos itu nggak ada hubungannya secara langsung," tutur Prima yang menjadi dokter spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, saat diwawancara wolipop, Rabu (1/5/2013).Begitu pula dengan kabar yang mengatakan bahwa banyak minum soda akan memperlancar menstruasi. Dokter Frits mengatakan, minum soda sebenarnya hanya untuk menyegarkan tubuh tidak mempengaruhi masa menstruasi wanita. Oleh karena itu ia menyarankan agar minum soda secukupnya saja tidak perlu berlebihan."Mekanisme soda itu mempengaruhi fungsi d [...]

Manfaat Cordyceps untuk Kesehatan Pernapasan dari Segi Medis

Manfaat Cordyceps untuk Kesehatan Pernapasan dari Segi Medis

Cordyceps merupakan sejenis jamur yang tumbuh di pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet. Pada awalnya, herba ini dianggap memiliki kandungan nutrisi yang efektif dipakai sebagai penambah stamina. Saat ini, cordyceps juga diklaim dapat meringankan gangguan pernapasan dan berbagai kondisi lainnya. Cordyceps sinensis dikenal sebagai tanaman obat tradisional kuno yang banyak digunakan di Tibet sejak abad 15. Tumbuhan ini adalah jamur yang melekat sebagai parasit pada ulat dan berasal dari dataran tinggi Sikkim Utara, India. Herba ini mulai diteliti setelah ditengarai dapat memberikan manfaat pada hewan ternak. Selanjutnya cordyceps digunakan sebagai obat herba yang dikonsumsi terpisah maupun dipadukan dengan tanaman herba lain untuk menangani berbagai penyakit. Melalui penelitian di laboratorium, bahan ini kemudian dikembangkan menjadi suplemen. Cordyceps mengandung banyak nutrisi, seperti protein, asam amino esensial, peptida, vitamin (B1, B2, B12, E, K), asam lemak, dan zat-zat lain. Cordyceps kemungkinan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang sel-sel dan bahan kimia tertentu. Jamur ini juga mungkin dapat memerangi sel kanker dan memperkecil ukuran t [...]

Apakah Benjolan di Ketiak Berbahaya?

Apakah Benjolan di Ketiak Berbahaya?

Anda mungkin pernah merasakan munculnya benjolan di ketiak, terutama saat datang bulan atau saat sakit. Apakah kondisi ini berbahaya? Benjolan di ketiak dapat dialami oleh pria maupun wanita. Sumber yang paling umum adalah dari pembesaran kelenjar getah gening di bawah lengan. Bentuk dalam keadaan normalnya lonjong dan kecil, berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Meski begitu, kondisi ini lebih sering dialami wanita di masa menstruasi ataupun infeksi. Hal ini merupakan situasi yang normal dan kondisi ini akan mereda saat kondisi kesehatan Anda membaik. Benjolan di ketiak juga dapat berasal dari skin tag (sejenis kutil) di permukaan kulit yang terus bergesekan dengan pakaian. Kondisi ini sama sekali tidak berbahaya dan tidak perlu penanganan khusus. Selain itu, terdapat penyebab lain dari benjolan di ketiak, yaitu akibat infeksi bakteri, kista, iritasi, atau alergi akibat penggunaan deodoran atau alat cukur. Meski umumnya tidak berbahaya, namun benjolan ini juga bisa berupa gejala penyakit serius. Segera periksakan diri jika benjolan tidak kunjung mengecil atau justru terasa sakit. Pada kasus tertentu, benjolan dapat menjadi indikasi kondisi yang lebih serius, [...]

Mudah Merasa Lelah? Ini Cara untuk Meningkatkan Energi

Mudah Merasa Lelah? Ini Cara untuk Meningkatkan Energi

Lemah, lesu, mudah ngantuk di siang hari dan cepat lelah merupakan tanda-tanda Anda kurang energi. Lelah bisa disebabkan karena banyak hal, seperti kurang tidur, anemia, diet yang salah atau terlalu banyak mengonsumsi gula. Banyak dari Anda yang berusaha meningkatkan energi dengan mengkonsumsi kafein. Padahal kafein bukan cara sehat untuk mengatasi rasa lelah. Dilansir Live Strong, ini dia cara mengatasi lelah dengan meningkatkan energi. BerolahragaMenurut Healthbeat, sebuah media publikasi yang dimiliki oleh Harvard Medical school menyatakan bahwa hormone pinefrin dan norepinefrin yang dihasilkan selama dan setelah berolahraga adalah cara alami untuk mendapatkan energi tambahan. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke gym, jalan cepat bisa menjadi solusinya.Minum Banyak Air PutihDengan banyaknya kandungan air putih dalam tubuh akan membantu Anda menjadi lebih semangat untuk menghadapi hari-hari yang padat kegiatan. Mayo Clinic, sebuah klinik ternama di Minnesota ini menyarankan kepada seluruh pasiennya untuk minum sedikitnya 8 gelas perhari, dan jika Anda yang berkegiatan disuhu yang lebih panas maka dibutuhkan lebih dari 8 gelas air putih setiap harinya.Makan dengan Pors [...]

Anatomi Tulang Manusia dari Kepala hingga Kaki

Anatomi Tulang Manusia dari Kepala hingga Kaki

Apa jadinya jika tubuh tidak memiliki tulang? Pastinya tubuh tidak bisa berdiri dengan kokoh. Tulang-belulang berguna untuk menyanggah serta menggerakkan tubuh. Tidak hanya itu, tulang juga bisa melindungi organ dalam, menyimpan kalsium, menahan otot, serta memproduksi sel darah. Untuk mengetahui apa saja tulang yang ada di di dalam tubuh, berikut ini penjelasan mengenai anatomi tulang manusia dari ujung kepala hingga ujung kaki. Jika dipegang, tulang memang terasa keras, namun tulang tidak dibentuk oleh bahan-bahan yang padat. Sebagian besar, tulang diisi oleh kandungan mineral matriks. Kandungan ini terdiri dari gabungan bahan komposit, yaitu mineral kalsium fosfat dan kolagen. Kandungan ini kemudian mengeras. Selain itu tulang mengandung pembuluh darah, sumsum, epitelium, saraf, dan sel-sel lainnya. Berikut ini adalah anatomi tulang pada tubuh manusia. Tulang pada kepala. Struktur tulang pada bagian ini kerap disebut tulang tengkorak. Fungsinya melindungi organ penting pada tubuh, yaitu otak. Selain melindungi otak, tulang-belulang pada kepala ini juga membentuk wajah Anda. Kondisi tengkorak manusia saat masih bayi berbeda ketika sudah tumbuh dewasa. Ketika dilahirkan, kondi [...]

5 Fakta Olahraga & Berat Badan

5 Fakta Olahraga & Berat Badan

Jika Anda sudah melakukan olahraga secara rutin dan mengkonsumsi sedikit kalori, tetapi berat badan masih tidak mau turun, Anda pasti bertanya-tanya kenapa program tersebut tidak berhasil. Anda kemungkinan membutuhkan cek dan ricek mengenai apa yang kita harapkan dari olah raga yang kita lakukan. FAKTA #1: Olahraga Merupakan Bagian Daripada Program Menurunkan Berat Badan Robert Kushner, MD, clinical director of the Northwestern Comprehensive Center on Obesity mengatakan pada para pasien pasien bahwa olahraga itu sangat baik bagi mereka, tetapi untuk menurunkan berat badan, ia menekankan untuk memulai dengan diet sehat. Pertama, kita harus bisa menangani diet yang kita lakukan dengan maksimal Kedua, ketika berat sudah berkurang, merasa lebih baik, dan badan sudah terasa lebih ringan, geser program ke arah menjadi lebih aktif dalam aktifitas fisik Kemudian, jalani gaya hidup yang aktif secara fisik selama sisa hidup Anda yang akan menjadi penting dalam menjaga berat badan Anda tetap turun/stabil Untuk mengetahui fakta berikutnya, klik next. 5 Fakta Olahraga & Berat Badan FAKTA #2: Olahraga Merupakan Suatu Keharusan Untuk Pemeliharaan Berat Badan James O [...]

Mengenal Depresi Pasca-Melahirkan

Mengenal Depresi Pasca-Melahirkan

Depresi pasca?melahirkan umumnya dialami 10 persen dari para ibu yang baru saja melahirkan. Namun banyak wanita yang bahkan tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami kondisi ini. Depresi yang biasa terjadi pada enam minggu pertama setelah melahirkan ini berbeda dengan baby blues yang umumnya dapat mereda dalam hitungan hari atau minggu. Jika tidak ditangani dengan baik, depresi pasca-melahirkan dapat berlangsung dalam jangka panjang dengan akibat yang tidak kalah berbahaya dibandingkan bentuk depresi serius lainnya. Apa Saja Gejalanya? Banyak wanita yang kerap mengabaikan perasaan buruknya karena khawatir terlihat tidak bahagia setelah menjadi ibu hingga tanpa disadari, mereka mengalami depresi pasca-melahirkan. Oleh karena itu mengenali gejala depresi ini tidak hanya penting bagi calon ibu, tetapi juga sama halnya bagi para kerabat dan sahabat dekat. Gejala-gejala yang patut diwaspadai antara lain: Sulit untuk dekat dan akrab dengan bayi. Terus-menerus merasa sedih dan menangis tanpa alasan jelas. Mengabaikan diri sendiri, misalnya tidak mengganti baju atau mandi. Kehilangan rasa humor dan minat pada hal yang selama ini disukai. Terus-menerus merasa khawatir bahwa ada sesua [...]

Tiga Faktor Risiko Dalam Bunuh Diri

Tiga Faktor Risiko Dalam Bunuh Diri

Penyebab yang pasti dari bunuh diri belum ditemukan sampai saat ini. Faktor-faktor internal dan eksternal dapat saling menguatkan atau melemahkan terjadinya tindakan bunuh diri pada individu. Selain itu, keinginan individu untuk bunuh diri ditentukan oleh kelemahan atau kekuatan jiwa individu tersebut dan situasi kehidupan yang mereka hadapi. Beberapa orang akan bereaksi secara mendadak, sementara yang lainnya melalui proses yang bertahap. Dengan mengetahui faktor-faktor risiko dalam bunuh diri, maka kita dapat melihat masalah bunuh diri dari sisi yang berbeda, dan yang lebih penting: melakukan pencegahan. Faktor-faktor Risiko Biopsikososial - Mengalami masalah gangguan jiwa seperti depresi, skizofrenia, dan lain-lain - Penyalahgunaan alkohol - Kehilangan keyakinan diri dan harga diri - Merasa bersalah, malu, tak terdaya, dan putus asa - Menderita penyakit terminal atau kronis (misalnya, penyakit kanker) - Memiliki riwayat kekerasan fisik - Memiliki riwayat usaha bunuh diri sebelumnya - Sejarah bunuh diri dalam keluarga Selain itu, terdapat faktor lainnya, yakni faktor lingkungan. Berikut penjelasannya: Faktor Pencetus Seseorang Bunuh Diri 2. Faktor-faktor R [...]

Angka Kematian Ibu Melahirkan Masih Perlu Perhatian

Angka Kematian Ibu Melahirkan Masih Perlu Perhatian

Angka kematian ibu melahirkan di Indonesia masih tergolong tinggi. Dengan angka 228/100 kelahiran hidup, kematian pada ibu melahirkan di Indonesia disebabkan oleh status kesehatan pada ibu dan juga bayi dalam kandungan. Tingginya angka kematian ibu melahirkan juga dipicu masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mendapatkan jaminan untuk hidup dalam proses persalinan, wabil khusus bagi penduduk di pedalaman maupun yang tinggal jauh dari tempat persalinan medis. Lebih lanjut, sebenarnya risiko kematian ibu melahirkan di Tanah Air akan dapat ditekan sekecil mungkin oleh pemerintah dengan memberikan berbagai jaminan kesehatan bagi masyarakat. Dimana salah satu usaha dan agen perubahan dalam khusus isu ini adalah para bidan-bidan di seluruh Indonesia. "Bidan adalah ujung tombak pemeran penekan angka kematian bayi dan ibu melahirkan," tutur Ketua Ikatan Bidan Indonesia, DR. Harni Koesno pada saat akan memberikan penghargaan Srikandi Award 2010, di Balai Kartini (21/12) lalu. "Bidan juga mengambil peran penting dalam suksesi pencapaian target MDGs," tambah beliau. Program penganugerahan penghargaan kepada bidan-bidan terpilih atas prestasi gemilang dari dedikasi [...]

Kurangi Risiko Sakit Jantung dengan Susu Cokelat

Kurangi Risiko Sakit Jantung dengan Susu Cokelat

Jika Anda ragu meminum susu cokelat karena takut gemuk, cobalah untuk memikirkannya lagi. Meminum susu cokelat secara teratur ternyata bisa mengurangi penyakit peradangan atherosclerosis (plak yang menempel pada pembuluh darah yang memicu sakit jantung).Peneliti dari Spanyol menguji 47 relawan berusia 55 tahun ke atas yang berisiko terkena serangan jantung. Separuh relawan diberikan susu bubuk cokelat 20 gram yang dicampur dengan susu tanpa lemak (skim) untuk diminum dua kali sehari. Satu kelompok lagi, hanya mengonsumsi susu cokelat tanpa campuran susu skim.Setelah satu bulan dilakukan tes darah, hasilnya, partisipan yang hanya minum susu cokelat dua kali sehari selama 4 minggu mencatat penurunan risiko peradangan. Sementara kelompok yang minum susu cokelat ditambah skim tidak mengalami perubahan.Partisipan yang hanya minum susu cokelat juga mengalami kenaikan kadar kolesterol baik (HDL). Kajian tersebut telah dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Namun para peneliti mengakui masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut soal ini."Atherosclerosis adalah peradangan di pembuluh darah dalam kadar yang masih rendah. Tampaknya asupan cokelat secara reguler bisa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *