Agar Sehat Total, Jangan Konsumsi Susu Almond yang Ditambah Gula

womanmilk315.jpg

Selain susu hewani yang sering dikonsumsi banyak orang, susu yang terbuat dari kacang-kacangan seperti susu almond juga menjadi salah satu minuman yang kini tengah diminati. Alasannya, susu ‘alternatif’ ini dipercaya mengandung lemak dan kalori yang rendah serta bebas kolestrol sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Susu kacang yang seringkali disebut dengan sari nabati ini banyak dikonsumsi mereka yang memiliki intoleransi laktosa, penganut gaya hidup sehat, dan orang-orang yang sedang menjalani diet. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes selaku ahli gizi memaparkan, kacang-kacangan tersebut diolah sedemikian rupa untuk memberikan manfaat yang besar kepada tubuh.

Namun yang sering terjadi adalah banyak orang yang menambahkan gula dengan takaran berlebih saat memproduksi susu kacang seperti susu almond tersebut. Menurutnya, hal tersebut sebaiknya dihindari.

“Khusus untuk orang dewasa, harus diperhatikan tujuan mengonsumsi sari kacang-kacangan ini seperti apa. Jika dikonsumsi agar bermanfaat untuk kesehatan, jangan rusak manfaat itu dengan menambahkan gula terlalu berlebihan. Kalau ingin sehat ya sehat total,” ujar ibu empat anak itu saat dihubungi Wolipop, Rabu, (18/11/2015).
Baca Juga: 50 Foto Before-After Selebriti yang Operasi Plastik

Lebih lanjut dosen gizi di Poltekes Jakarta ini juga mengatakan, penambahan gula pada sari nabati sebaiknya dihindari karena gula memiliki indeks glikemik tinggi yang mempengaruhi hormon insulin. Lantas bagaimana dengan pemanis tambahan yang alami seperti kurma atau madu?

“Pada dasarnya gula tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Pada piramida gizi seimbang, gula itu salah satu zat yang letaknya paling ujung piramida,” lanjut wanita kelahiran 1971 itu.

Ia menyarankan, jika ingin mengonsumsi sari nabati yang terbuat dari kacang-kacangan, konsumsilah dengan murni tanpa gula. “Orang-orang biasanya konsumsi kacang utuh kan tanpa gula. Tempe atau kacang juga ditumis tanpa gula juga. Jangan nantinya dia mengharapkan sesuatu yang lebih sehat dengan bikin sari nabati, jadi malah ditambahkan gula,” katanya.

Namun jika Anda tetap ingin menambah rasa manis dalam sari nabati, pemanis alami yang berasal dari buah-buahan, menurutnya masih bisa ditoleransi. Misalnya, perasan buah jeruk atau air buah melon.

“Bisa juga dicampurkan buah naga atau pisang. Mencampur buah-buahan ke dalam sari nabati lebih sehat dan lebih baik daripada menggunakan pemanis buatan,” tutup Rita.

(int/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mau Awet Muda? Lupakan Krim Kolagen, Lakukan Saja Stretching

Mau Awet Muda? Lupakan Krim Kolagen, Lakukan Saja Stretching

Stretching atau latihan peregangan biasanya dilakukan untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh. Fleksibilitas yang baik, akan memudahkan Anda melakukan aktivitas sehari-hari dan tidak cepat lelah.Tujuan peregangan tubuh juga untuk menghindari cedera sebelum berolahraga dan mencegah tubuh menjadi kaku. Manfaat latihan peregangan ternyata tidak sampai di situ. Aktivitas fisik ini pun bermanfaat untuk kecantikan.Pakar fitnes Michol Dalcourt menjelaskan, saat melakukan latihan peregangan akan terjadi 'stres' atau tekanan pada tubuh. Tubuh jadi memanjang dan ada jenis protein yang terbentuk dari proses ini."Stretching bagus untuk produksi kolagen di tubuh. Saat stretching protein akan terbentuk di kulit, selaput otot dan tulang. Memberikan kekuatan dan kekenyalan di area itu," tutur pria yang telah 20 tahun menggeluti industri fitnes ini, saat acara Celebrity Fitness di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (10/4/2015).Michol menambahkan, jika untuk menunda penuaan biasanya kita akan mengoleskan produk mengandung kolagen di kulit, kenapa tidak memproduksi kolagen sendiri di dalam tubuh dengan berolahraga? Latihan peregangan juga membuat kulit jadi lebih kuat sehingga lebih awet muda. [...]

Cara Jitu Agar Tidak Kalap Makan Saat Berbuka Puasa

Cara Jitu Agar Tidak Kalap Makan Saat Berbuka Puasa

Di bulan Ramadan, tidak sedikit orang yang menyajikan beragam jenis makanan untuk berbuka puasa. Gorengan, kolak, es buah, dan beragam makanan lain disuguhkan sekaligus sebagai pilihan menu buka puasa. Berbagai macam makanan tersebut sering membuat Anda kalap atau tidak terkontrol yang akhirnya mengontribusikan lemak secara berlebihan.Agar hal itu tidak terjadi, pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, menyarankan untuk berusaha mengendalikan diri. Salah satu cara jitunya adalah bersyukur dan meyakinkan diri bahwa Anda sedang menjalankan ibadah, bukan hanya menahan haus dan lapar tanpa tujuan. Ingat, masih banyak orang yang tidak bisa berbuka puasa dengan makanan yang layak seperti Anda saat ini. "Banyak orang di luar sana yang tidak bisa makan enak seperti kita, kemudian kalau tadi kita masing-masing mencoba introspeksi diri pasti akhirnya kita disiplin, hemat, tidak akan kalap atau balas dendam setelah seharian puasa," jelas Hardinsyah saat berbincang dengan wolipop, Kamis (18/7/2013).Perilaku sadar diri dapat mengontrol diri sendiri supaya tidak makan berlebihan walaupun dihidangkan bermacam-macam jenis makanan setelah berbuka. Pimpinan Klinik Konsultasi Gizi Fakultas Ek [...]

7 Makanan Pembunuh Libido

7 Makanan Pembunuh Libido

Apakah Anda pernah merasakan malas dan tidak niat berhubungan dengan pasangan? Nah, ternyata ada beberapa jenis makanan lho yang dikaitkan dengan ?pembunuh libido?. Pada prinsipnya, status kesehatan tubuh memang banyak dipengaruhi oleh pola dan menu makan. Bahkan untuk urusan ranjang sekalipun, makanan dan minuman kita mengambil peran yang sama pentingnya. Nah, pada artikel ini, terdapat beberapa makanan dan minuman yang memiliki pengaruh pada penurunan libido Anda. jadi, bagi Anda pasutri yang dalam program keturunan Simak selengkapnya dengan menekan 'next'. Menu Pembunuh Libido #1: Keju Beberapa jenis keju yang dijual di pasaran mengandung susu sapi, dimana sapi ini sudah diberikan hormon pertumbuhan dan antibiotik. Tingginya konsumsi produk keju dapat menyebabkan peningkatan dari racun yang berpengaruh terhadap produksi hormon, termasuk hormon seksual yang berkontribusi terhadap disfungsi seksual. Jadi, jika Anda hendak merencanakan mendapatkan keturunan atau dalam rangka bulan madu, mulai berbijaksanalah untuk mencermati keju sebagai 'ancaman' penurun libido Anda. Menu Pembunuh Libido #2: Minuman dengan Pemanis Buatan Sebuah studi [...]

Ibu Sehat, Bayi Sehat

Ibu Sehat, Bayi Sehat

Perjalanan menjadi Ibu merupakan perjalanan yang panjang dan penuh tantangan. Perjalanan tersebut telah dimulai ketika proses pertama kehidupan di dalam rahim Ibu terjadi. Selama masa kehamilan, banyak pengorbanan yang perlu dilakukan oleh Ibu untuk memastikan agar janinnya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selama kehamilan tersebut, Ibu harus sedapat mungkin memastikan kesehatan tubuhnya dan juga kesehatan janinnya. Menjaga kehamilan merupakan ibadah, memastikan agar titipan Yang Maha Kuasa terjaga dengan baik. Untuk memastikan hal tersebut, Ibu perlu memperhatikan hal-hal penting seperti menjaga asupan nutrisi dengan gizi seimbang dan menjaga kebugaran melalui olah raga ringan yang dapat membantu Ibu tetap fit. Selain itu, Ibu perlu mewaspadai beberapa hal yang sebaiknya dihindari selama kehamilan agar tidak membahayakan diri dan janinnya. Dalam rangka menjaga asupan nutrisi yang seimbang, Ibu disarankan untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap protein, karbohidrat, lemak dan zat gizi penting lainnya seperti asam folat, zat besi dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan janin. Selain itu, Ibu juga perlu menghindari beberapa makanan yang memiliki potensi untuk membahay [...]

Jangan Abaikan 7 Gejala Kesehatan Ini!

Jangan Abaikan 7 Gejala Kesehatan Ini!

Anda perlu waspada dengan setiap gejala yang muncul pada tubuh. Bisa jadi hal tersebut mengarah kepada penyakit serius. Seperti yang dikutip dari mayoclinic, berikut tujuh gejala yang tak boleh diabaikan.1. Turunnya Berat Badan Secara DrastisMenurunnya berat badan tanpa perlu usaha yang besar mungkin terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Sayangnya hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa ada yang salah pada kesehatan Anda.Jika Anda kehilangan hingga 10 persen dari berat badan selama enam bulan terakhir, segera konsultasikan pada dokter. Penurunan berat badan secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti tiroid yang terlalu aktif, diabetes, depresi, penyakit hati, atau kanker.2. Demam Tinggi & BerkepanjanganDemam bukan selalu berarti tanda bahwa tubuh Anda sedang tidak sehat. Deman memiliki peran penting dalam memerangi infeksi. Namun jika demam yang Anda alami lebih dari tiga hari, Anda harus memeriksakannya ke dokter. Dalam beberapa kasus, demam tinggi lebih dari 39,4 C dan berkepanjangan bisa disebabkan oleh gejala kanker ganas.3. Sesak NapasSesak napas dapat disebabkan oleh penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis kronis, asma, pneumonia, gump [...]

Saran Medis untuk Solusi Ketombe Membandel

Saran Medis untuk Solusi Ketombe Membandel

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sering dikeluhkan setelah rambut rontok. Dalam dunia kedokteran, ketombe dikenal sebagai dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik tidak hanya mengenai rambut, namun dapat juga mengenai area tubuh yang memiliki kadar sebum (minyak) tinggi lainnya seperti telinga, wajah, dada, dan lipatan kulit seperti ketiak. Seboroik yang menyerang kulit kepala bermanifestasi sebagai ketombe yang tebal, putih, dan terlokalisasi. Kulit kepala juga bisa terasa gatal dan kemerahan. Sedangkan pada wajah, biasanya berwarna merah kecoklatan, kering, terutama di daerah sekitar alis dan lipatan hidung. Apa penyebabnya? Seboroik merupakan suatu reaksi peradangan yang berkaitan dengan proliferasi kulit normal yang disebabkan oleh jamur Pityrosposrum ovale. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, yaitu: Kulit berminyak Stres Defisiensi imun (HIV) Kelelahan Kebersihan kulit kepala kurang terjaga Ketombe bukanlah penyakit menular dan akan menyebabkan kerontokan rambut jika tidak segera diobati. Bagaimana cara mengatasinya? Shampo anti ketombe Gunakan shampoo anti ketombe yang memiliki kandungan ketokonazol, sele [...]

Jangan Sepelekan Alergi pada Anak

Jangan Sepelekan Alergi pada Anak

Alergi merupakan reaksi hipersensitivitas tubuh terhadap lingkungan atau hal-hal yang bisa dibilang tidak berbahaya, seperti debu atau makanan. Ada beberapa jenis alergi yang dapat muncul pada anak namun jenis alergi yang sering muncul yaitu alergi terhadap makanan, alergi yang muncul pada kulit, serta alergi pernafasan. Meski tampak sepele, alergi bisa sangat mengganggu dan menyebabkan gangguan dalam belajar, tidur, kegiatan anak sehari-hari, serta pertumbuhannya. Meningkatnya kasus alergi sering dikaitkan oleh hipotesis yang hingga saat ini masih diteliti, yaitu faktor perkembangan zaman ketika orang-orang sudah mengadopsi hidup perkotaan yang serba higienis sehingga dapat menyebabkan peningkatan kejadian alergi. Dari 3 jenis alergi yang paling sering muncul, CDC (Centers for Disease Control and Prevention) mengungkapkan bahwa alergi terhadap makanan merupakan jenis alergi yang paling sering muncul pada anak-anak setelah kejadian kasus alergi pernapasan dan kulit. Angka kejadian alergi in pun diketahui terus bertambah. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan alergi makanan? Halaman berikut penjelasan selengkapnya. Jangan Sepelekan Alergi pada Anak Apa sebenarny [...]

Tetap Fit Saat Lebaran dan Mudik dengan Konsumsi Saripati Ayam

Tetap Fit Saat Lebaran dan Mudik dengan Konsumsi Saripati Ayam

?Lebaran sebentar lagi... Lebaran sebentar lagi...? Tak terasa hampir sebulan sudah kita berpuasa. Hari kemenangan sudah dekat di depan mata. Hari yang dinanti-nantikan ini identik dengan halal-bihalal antar saudara dan kerabat serta tak lupa ritual mudik. Saat lebaran dan mudik berbagai masalah kesehatan dapat muncul seperti kambuhnya penyakit kronis (diabetes, hipertensi, kolesterol, asam urat), gangguan pencernaan (diare, maag, thypoid) serta keluhan-keluhan akibat kelelahan seperti pegal-pegal, radang tenggorok, flu, dan lain sebagainya. Bila kita tidak pintar menjaga kesehatan maka ditakutkan kita bisa jatuh dalam kondisi sakit. Saripati ayam disinyalir memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Saripati ayam sudah lama digunakan dan dipercaya karena kandungannya yang tinggi protein, rendah gula dan lemak. Saripati ayam dapat menjadi salah satu solusi menjaga kesehatan tubuh saat lebaran terutama saat mudik. Beberapa manfaat kesehatan dengan mengkonsumsi saripati ayam: Mengurangi stress dan kelelahan Kelelahan dan stres merupakan salah satu keluhan utama yang dirasakan saat lebaran dan mudik, baik sebagai penumpang dan sebagai pengendara kendaraan beroda saat mudik ata [...]

Ingin Atasi Depresi? Coba Terapi dengan 4 Warna Ini

Ingin Atasi Depresi? Coba Terapi dengan 4 Warna Ini

Depresi dan rasa cemas berlebih bisa dirasakan oleh siapa saja. Ada banyak cara untuk mengatasinya, mulai dari meminum obat anti depresan hingga pergi berlibur. Namun ada cara lain yang cukup unik, yaitu terapi warna. Menurut ilmuwan dari Thomas Jefferson University Philadelphia, meditasi atau terapi warna dapat menyingkirkan masalah depresi. Tidak hanya itu, terapi warna juga bisa mengobati rasa mengantuk yang berlebihan dan nafsu makan yang tidak terkontrol. Para peneliti menunjukkan bahwa saat melakukan terapi warna, reseptor mata mengatur secara silih berganti waktu tidur dan terjaga yang merupakan aktivitas dari proses berpikir dan mood seseorang. Terapi warna mengurangi produksi melanin (hormon tidur) dan menstimulasi bioritme tubuh untuk terus aktif. Berikut adalah 4 warna yang bisa bantu atasi depresi seperti dilansir dari eHow.1. Ungu violetWarna ungu violet digunakan dalam terapi warna untuk menenangkan susunan saraf, otot, dan mendukung penyembuhan depresi. Bahkan menurut National Center for Health and Wellness, warna ini dapat membantu mengobati organ tubuh yang terkena dampak stres.2. OranyeWarna oranye melambangkan warna matahari yang dipercaya efektif dalam memper [...]

5 Rempah dari Dapur untuk Merawat Rambut dan Kulit Secara Alami

5 Rempah dari Dapur untuk Merawat Rambut dan Kulit Secara Alami

Langkah menuju kulit cantik dan sehat ternyata tidak harus selalu dengan produk mahal atau perawatan di salon/spa. Cukup dengan menggunakan bahan-bahan dari dapur sendiri, kulit jadi indah dan bebas dari masalah. Pakar diet Lisa Moskovitz, R.D., menyebutkan ada beberapa jenis rempah yang memiliki khasiat anti radang dan efektif merawat kulit serta rambut agar tetap sehat. Ini dia lima diantaranya yang disarankan para ahli kesehatan, seperti dikutip dari Women's Health.1. Kayu ManisKayu manis mengandung antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan lingkungan yang tidak bersahabat. Rempah yang biasa digunakan dalam campuran kari, kue dan minuman ini juga melancarkan peredaran dan sirkulasi darah, membantu menyempurnakan perbaikan dan regenerasi sel kulit. Ahli dermatologi asal New York, Jessica Weiser, M.D., menyarankan untuk menambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke minuman teh, susu atau kopi, atau bisa juga ditaburkan di atas bubur oatmeal.2. Bawang Putih BubukKaya akan asam amino cycteine, bawang putih bisa memperkuat akar-akar rambut agar tidak mudah patah ataupun rontok. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Indian Jour [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *