Agar Sehat Total, Jangan Konsumsi Susu Almond yang Ditambah Gula

womanmilk315.jpg

Selain susu hewani yang sering dikonsumsi banyak orang, susu yang terbuat dari kacang-kacangan seperti susu almond juga menjadi salah satu minuman yang kini tengah diminati. Alasannya, susu ‘alternatif’ ini dipercaya mengandung lemak dan kalori yang rendah serta bebas kolestrol sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Susu kacang yang seringkali disebut dengan sari nabati ini banyak dikonsumsi mereka yang memiliki intoleransi laktosa, penganut gaya hidup sehat, dan orang-orang yang sedang menjalani diet. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes selaku ahli gizi memaparkan, kacang-kacangan tersebut diolah sedemikian rupa untuk memberikan manfaat yang besar kepada tubuh.

Namun yang sering terjadi adalah banyak orang yang menambahkan gula dengan takaran berlebih saat memproduksi susu kacang seperti susu almond tersebut. Menurutnya, hal tersebut sebaiknya dihindari.

“Khusus untuk orang dewasa, harus diperhatikan tujuan mengonsumsi sari kacang-kacangan ini seperti apa. Jika dikonsumsi agar bermanfaat untuk kesehatan, jangan rusak manfaat itu dengan menambahkan gula terlalu berlebihan. Kalau ingin sehat ya sehat total,” ujar ibu empat anak itu saat dihubungi Wolipop, Rabu, (18/11/2015).
Baca Juga: 50 Foto Before-After Selebriti yang Operasi Plastik

Lebih lanjut dosen gizi di Poltekes Jakarta ini juga mengatakan, penambahan gula pada sari nabati sebaiknya dihindari karena gula memiliki indeks glikemik tinggi yang mempengaruhi hormon insulin. Lantas bagaimana dengan pemanis tambahan yang alami seperti kurma atau madu?

“Pada dasarnya gula tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Pada piramida gizi seimbang, gula itu salah satu zat yang letaknya paling ujung piramida,” lanjut wanita kelahiran 1971 itu.

Ia menyarankan, jika ingin mengonsumsi sari nabati yang terbuat dari kacang-kacangan, konsumsilah dengan murni tanpa gula. “Orang-orang biasanya konsumsi kacang utuh kan tanpa gula. Tempe atau kacang juga ditumis tanpa gula juga. Jangan nantinya dia mengharapkan sesuatu yang lebih sehat dengan bikin sari nabati, jadi malah ditambahkan gula,” katanya.

Namun jika Anda tetap ingin menambah rasa manis dalam sari nabati, pemanis alami yang berasal dari buah-buahan, menurutnya masih bisa ditoleransi. Misalnya, perasan buah jeruk atau air buah melon.

“Bisa juga dicampurkan buah naga atau pisang. Mencampur buah-buahan ke dalam sari nabati lebih sehat dan lebih baik daripada menggunakan pemanis buatan,” tutup Rita.

(int/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Haid

Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Haid

Selain merasakan nyeri perut, beberapa wanita yang sedang mengalami haid juga terkadang merasakan nyeri punggung. Sebenarnya nyeri punggung ini memang merupakan dampak ketegangan otot perut yang berkontraksi saat mengeluarkan darah dari dalam rahim (dysmenorrhea). Proses kontraksi otot tersebut tidak hanya menyebabkan ketegangan pada otot perut, melainkan juga pada otot pendukung, yaitu; otot punggung, pinggang, panggul, hingga paha atas. Memang nyeri punggung akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, tetapi bagaimanapun nyeri punggung dapat menyebabkan rasa tidak nyaman selama menstruasi dan dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-harinya. Lagi-lagi Karena Hormon Menjelang haid, hormon prostaglandin meningkat, hormon inilah yang memicu adanya nyeri otot punggung selama menstruasi. Prostaglandin adalah hormon yang berfungsi dalam memicu kontraksi otot rahim untuk mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Karena peningkatannya relatif tinggi, otot tubuh yang lain cenderung menegang, termasuk otot punggung bagian bawah. Tak Perlu Obat Meskipun mengganggu, nyeri punggung tidak perlu dipulihkan dengan obat, karena pada umumnya rasa nyeri itu tidak disebabkan oleh hal yang [...]

6 Langkah yang Perlu Dilakukan Tiap Hari Agar Hidup Sehat Lebih Lama

6 Langkah yang Perlu Dilakukan Tiap Hari Agar Hidup Sehat Lebih Lama

Setiap orang tentunya ingin bisa menjalani pola hidup sehat agar bisa tetap produktif dan memiliki hidup berkualitas selama mungkin. Untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang bertahan sampai tua, ternyata tidak perlu 'usaha' terlalu berat. Anda bisa memulainya dengan melakukan enam hal ini tiap hari, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Perbanyak Makan Sayur Ketimbang DagingJika menu makan siang Anda lebih banyak sayuran segar dibandingkan nasi, daging atau telur, maka Anda telah mengurangi risiko terkena penyakit kronis. Orang-orang yang rajin makan sayur jarang terkena gangguan kesehatan seperti sakit jantung, diabetes atau kanker. Hasil studi dari World Health Organization menemukan bahwa 63 persen kematian di dunia pada 2008 disebabkan oleh tiga penyakit yang disebutkan di atas dan itu dipicu oleh pola makan tidak sehat. Sebagai perbandingan, negara yang budaya makannya berbabis sayuran sebagai makanan utama, masyarakatnya lebih jarang sakit ketimbang mereka yang hidup di lingkungan pemakan daging atau nasi.2. Relaksasi dengan MeditasiStudi yang dilakukan pada 2012 menemukan, hanya dengan melakukan meditasi selama 30 menit, tujuh kali seminggu, bisa mengurangi tekanan [...]

Studi: Makan Junk Food Tiap Hari, Otak Bisa Pikun dalam Satu Minggu

Studi: Makan Junk Food Tiap Hari, Otak Bisa Pikun dalam Satu Minggu

Dampak negatif junk food bagi kesehatan biasanya baru dirasakan dalam jangka panjang. Tapi penelitian terbaru menemukan, efek buruk makanan tinggi kalori tapi miskin nutrisi ini bisa timbul hanya dalam hitungan hari.Para peneliti di Australia menemukan bahwa selain menyebabkan obesitas, penyakit jantung dan diabetes, makan junk food berlebihan juga bisa menurunkan daya ingat dan kemampuan kognitif otak. Dan itu tidak perlu waktu lama, hanya dalam satu minggu. Penelitian dilakukan di University of New South wales (UNSW) terhadap tikus percobaan. Tikus yang diberi diet makanan tinggi lemak dan gula, kemampuan mengingatnya jadi tidak stabil hanya dalam waktu seminggu. Tikus percobaan tersebut jadi lebih sulit mengenali tempat-tempat tertentu setelah makan junk food, dan menunjukkan berkurangnya kemampuan untuk menyadari ketika sebuah objek dipindahkan ke lokasi baru.Tikus tersebut juga mengalami peradangan di bagian hippocampal pada otak. Yaitu bagian otak yang berhubungan dengan memori spasial (pemahaman terhadap ruang). Hasil penemuan tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Brain, Behaviour and Immunity. "Kami tahu bahwa obesitas menyebabkan inflamasi pada tubuh, tapi kami seb [...]

Menangani Anak dengan Disabilitas Fisik

Menangani Anak dengan Disabilitas Fisik

Disabilitas fisik dapat menyerang siapa saja termasuk anak-anak. Hal ini dapat terjadi sejak lahir atau pada saat pertumbuhan. Anak dengan disabilitas perlu belajar agar menjadi lebih siap dalam menjalani hidupnya. Oleh karena itu, orang tua juga perlu mengumpulkan banyak informasi mengenai disabilitas dan apa yang perlu diperhatikan dalam menemani dan mengajarkan anak dengan disabilitas. Disabilitas secara umum merupakan istilah yang digunakan kepada seseorang yang mengalami cacat atau keterbatasan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Disabilitas fisik terjadi dikarenakan adanya penurunan kemampuan bagian tubuh, hilangnya fungsi bagian tubuh, atau mengalami gangguan dengan struktur tubuh. Agar tidak terlalu mengalami kesulitan dalam menjalani kegiatan sehari-hari, seorang anak dengan disabilitas fisik memerlukan perhatian dan pengajaran khusus. Hal-hal seperti mengajarkan makan, pergi ke toilet, dan sebagainya dapat menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Meski begitu, bukan berarti mengajarkan anak dengan disabilitas fisik tidak bisa menyenangkan. Menangani Anak dengan Disabilitas Fisik Ketika diagnosis mengenai kondisi anak Anda sudah jelas, Anda perlu mengumpulkan berag [...]

Sikap Positif Buat Wanita Lebih Panjang Umur

Sikap Positif Buat Wanita Lebih Panjang Umur

Hidup tanpa emosi negatif seperti rasa iri dan dengki, tak hanya membuat kehidupan Anda jadi lebih bahagia. Dikutip dari times of india, sebuah penelitian mengungkap, ternyata sikap positif juga bisa membuat Anda lebih panjang umur.Sebuah studi mengenai kebahagiaan dan kesehatan menemukan bahwa wanita yang memiliki sifat optimis, kemungkinan meninggal akibat serangan jantung lebih rendah 30 persen.Menurut hasil penelitian yang dinamakan ?Women?s Health Initiative? itu, rasa marah dan cemas yang berlebihan telah lama diketahui dapat mengganggu fungsi jantung karena stabilitasnya berubah. Selain itu, kemarahan dan kecemasan juga mempercepat penyumbatan pembuluh darah dan meningkatkan peradangan.Oleh karena itu, ketua tim peneliti, Hilary A. Tindle, MD merekomendasikan betapa pentingnya berpikir optimis dan positif. Sikap positif pun bisa didapatkan dengan cara mudah, seperti rekreasi, menonton film atau liburan.Selain itu, membangun sebuah hubungan persahabatan, meditasi dan membuat diri Anda lebih berarti untuk orang lain juga bisa membuat Anda jauh lebih berguna dan bahagia. Jadi mulai sekarang cobalah untuk selalu jalani hidup dengan sikap positif untuk hidup lebih lama.(eya/hs [...]

Makan Kacang Tiap Hari Bisa Cegah Sakit Jantung

Makan Kacang Tiap Hari Bisa Cegah Sakit Jantung

Setiap orang pasti ingin memiliki jantung yang sehat. Menurut penelitian, ada cara mudah agar terhindar dari penyakit jantung, yaitu dengan mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari.Para ilmuwan telah menemukan untuk pertama kalinya, bahwa terdapat hubungan antara tingginya tingkat serotonin akibat kebiasaan makan kacang dengan sindrom metabolime (MetS). Gejala sindrom metabolime (MetS) antara lain memiliki kelebihan lemak perut, gula darah tinggi atau tekanan darah tinggi.Sedangkan, serotonin adalah zat yang bantu mengirimkan sinyal pada saraf yang dapat mengurangi perasaan lapar, membuat orang bahagia dan meningkatkan kesehatan jantung. Menurut laporan yang diterbitkan dalam Jurnal Riset Proteome, gejala MetS akan meningkatkan risiko penyakit Diabetes tipe 2 serta penyakit jantung.Menurut penelitian yang dilakukan tim yang dipimpin Cristina Andres-Lacueva serta rekan dari Universitas Rovira i Virgili menjelaskan peningkatan obesitas di seluruh dunia membuat semakin banyak orang yang menderita sindroma MetS.Dalam penelitiannya, para ilmuwan meminta 22 pasien MetS untuk melakukan diet kacang selama dua minggu. Kemudian, ilmuwan mmebandingkannya dengan kelompok lain yang tidak meng [...]

Menguak Misteri Pengalaman Mati Suri

Menguak Misteri Pengalaman Mati Suri

Mati suri dalam dunia medis sering disamakan dengan pengalaman mendekati kematian alias near death experience (NDE). Pengalaman ini sendiri sering dikategorikan ke dalam berbagai dimensi mulai dari psikologis, fisiologis, dan penjelasan transendental. Sebagian ahli memprediksi bahwa peristiwa mati suri sebagai sebuah fenomena halusinasi yang disebabkan oleh berbagai faktor fisiologis dan psikologis. Sementara para peneliti lainnya menganggap hal ini kemungkinan disebabkan oleh adanya kesadaran atau pikiran yang bukan berasal dari aktivitas otak. Namun hingga saat ini, fenomena mati suri belum dapat sepenuhnya dijelaskan. Bagaimana Seseorang Bisa Mengalami Mati Suri? Beberapa hal di bawah ini bisa menjelaskan kenapa mati suri bisa terjadi pada seseorang. Terkait dengan fase tidur Salah satu kemungkinan penyebab terjadinya mati suri adalah fase tidur Rapid Eye Movement (REM) atau fase nyenyak, yaitu ketika seseorang mengalami mimpi. Fase ini melibatkan adanya kelumpuhan otot utama, sistem pernapasan yang berjalan lebih cepat, dan cepatnya gerakan mata. Saat fase ini mengalami gangguan, maka seseorang mungkin mengalami kelumpuhan sementara saat bangun dari tidur. Hal lain yang mungk [...]

Langsing & Sehat dengan Konsumsi Jagung

Langsing & Sehat dengan Konsumsi Jagung

Mencari camilan yang mengenyangkan namun tidak membuat gemuk? Jatuhkan pilihan Anda pada jagung. Selain bisa menjadi menu diet, sayuran satu ini ternyata juga memiliki banyak manfaat positif untuk kesehatan.Seperti yang dikutip dari times of india, jagung mengandung banyak nutrisi. Jagung kaya akan vitamin B1, yang penting dalam mengubah karbohidrat menjadi energi dan vitamin B5, yang berguna untuk membantu fungsi fisiologis tubuh dan berperan besar dalam berbagai jenis metabolisme, seperti dalam reaksi pemecahan nutrisi makanan, terutama lemak.Selain itu, jagung juga mengandung folat yang membantu tubuh menghasilkan sel-sel baru. Tak hanya jeruk, vitamin C juga bisa Anda temukan dalam jagung dan nutrisi inilah yang membuat jagung baik sebagai menu diet Anda.Jagung juga kaya akan serat, yang bisa membantu Anda menghindari masalah pecernaan seperti sembelit. Serat itu sendiri memiliki manfaat lain seperti, mengurangi risiko kanker usus besar, menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Para ahli merekomendasikan jagung untuk orang yang menderita anemia.(eya/eny) [...]

Sakit Perut, Pria Ini Ternyata Wanita yang Baru Menstruasi di Usia 40-an

Sakit Perut, Pria Ini Ternyata Wanita yang Baru Menstruasi di Usia 40-an

Seorang pria asal China, sebut saja namanya Chen, selama ini memiliki kehidupan yang normal. Ia punya pekerjaan bagus, dan sudah hidup berumahtangga selama 10 tahun dengan sang istri. Sampai suatu hari, pria berusia 44 tahun ini mengeluhkan sakit pada perutnya dan memeriksakan diri ke dokter. Hidup selama puluhan tahun sebagai pria, Chen harus menerima fakta kalau fisiknya sebenarnya adalah wanita.Kenyataan itu diketahuinya baru-baru ini, ketika Chen merasakan sakit perut dan terdapat darah pada urinnya. Khawatir dengan kondisi tersebut, Chen ditemani istri pun pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan ke dokter dan dianjurkan melakukan CAT scan untuk melihat sumber keluarnya darah pada urinnya. Hasilnya sangat mengejutkan. Dari hasil scan, tubuh Chen ternyata memiliki organ reproduksi wanita yang lengkap dan baru mulai mengalami menstruasi di usianya yang sudah berkepala empat.Seperti dikutip Rocket News dari situs China, Zhejian Online, saat datang ke rumah sakit di Kota Yongkang, Chen diperlakukan layaknya pasien pria. Ia berpakaian layaknya pria, berpotongan rambut pendek dan datang bersama istrinya. Namun setelah menganalisa hasil scan, dokter menemukan adanya uterus dan ovar [...]

Awas! Belanja Bisa Tularkan Penyakit Berbahaya

Awas! Belanja Bisa Tularkan Penyakit Berbahaya

Bagi sebagian besar wanita, berbelanja merupakan hal yang paling menyenangkan. Tapi Anda perlu hati-hati, karena di balik kegiatan tersebut tersembunyi penyakit-penyakit yang bisa merugikan kesehatan Anda.Mencoba-coba pakaian sebelum membeli merupakan hal yang wajar. Namun sayangnya, hal itu justru bisa membuat mikroba dan bakteri menyebar sehingga menyebabkan flu hingga infeksi.Dalam penelitian yang dilakukan oleh Philip Tierno, Ph.D., direktur klinik mikrobiologi dan imunologi di New York, ditemukan adanya sekresi pernapasan, flora kulit bahkan flora kotoran pada pakaian. Menurutnya, bakteria dapat hidup pada pakaian yang kering selama tiga sampai enam bulan. Agar acara berbelanja Anda tak berujung penyakit, ketahui apa saja bahaya tersebut dan cara menyiasatinya, seperti yang dikutip dari msn.1. Saat Membeli TopiKemungkinan sudah ada beberapa kepala yang mencoba topi yang Anda coba sebelumnya. Kekhawatiran terbesar saat mencoba topi adalah transmisi kutu. Jika orang yang mencoba topi sebelum Anda berkutu, ada kemungkinan kutu-kutu tersebut pindah ke kepala Anda dan berkembang biak. Untuk mengatasinya, pilihlah obat pengusir kutu dengan kandungan pediculicide atau cetaphil yan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *