Alasan Kenapa Anda Harus Diet Garam

Asupan-garam.jpg

Garam merupakan bahan yang digunakan untuk menambahkan cita rasa dalam masakan yang disajikan. Tanpa garam, masakan akan terasa hambar. Meski besar manfaatnya, kita harus tahu bahwa konsumsi garam berlebihan berakibat buruk bagi kesehatan.

American Heart Association (AHA) menunjukan, orang yang sehat tanpa tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit kardiovaskular, ada baiknya tidak mengonsumsi lebih dari 3,75 gram garam per hari.

Berikut alasan Anda harus membatasi pemakaian garam dalam diet harian, seperti dikutip dari laman Health Me Up, Jumat (16/5/2014)

Tekanan darah

Konsekuensi yang akan Anda terima jika mengonsumsi garam dalam jumlah berlebih adalah meningkatnya tekanan darah. Jika ini sampai terjadi, Anda pun berisiko mengalami serangan jantung dan stroke.

Dalam sebuah studi, orang yang mengurangi sepertiga asupan natrium, dapat mengurangi 22 persen terjadi stroke, dan 16 persen serangan jantung di Inggris.

Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu kondisi yang mempengaruhi kesehatan tulangnya, sehingga rapuh dan lemah. Kalsium adalah mineral utama yang memberikan kontribusi besar untuk kesehatan tulang. Sedangkan bila Anda masih mengonsumsi garam dengan asupan yang cukup tinggi, justru akan membuat kalsium tidak bekerja maksimal.

Kanker lambung

Sejumlah penelitian telah mengaitkan konsumsi garam berlebih dengan risiko terjadinya kanker lambung. Penelitian mengatakan, orang yang selalu menambahkan garam pada makanannya, 78 persen berisiko mengalami itu.

Kegemukan

Asupan sodium yang tinggi tidak secara langsung menyebabkan kenaikan berat badan dan obesitas. Tapi, garam akan membuat Anda terus merasa haus, yang akhirnya meningkatkan asupan cairan dalam tubuh. Sayangnya, ketika Anda didera rasa haus berkepanjangan, banyak yang lebih memilih minuman manis dan tinggi gula serta soda, ketimbang air putih.

Inilah yang membuat Anda berisiko mengalami kegemukan.

Batu ginjal

Batu ginjal disebabkan penumpukan kalsium di ginjal. Garam menyebabkan hilangnya kalsium dan mengeluarkannya melalui urine.

Kemudian, hal ini dapat menyebakan terjadinya penumpukan kalsium dalam ginjal, sehingga membentuk batu ginjal. (Adt/Igw)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Contoh Menu Diet dalam Sehari ala Ade Rai

Contoh Menu Diet dalam Sehari ala Ade Rai

Banyak orang sulit menjalankan diet dengan tepat serta konsisten. Alasannya, tidak ingin lapar. Padahal diet yang benar, menurut binaragawan Ade Rai harusnya tidak membuat kita lapar. Berikut salah satu contoh menu diet yang tepat menurut Pendiri RAI Institute, Fitness Education Center yang dikutip dari binaraga.net, Senin (22/9/2014): Pagi: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Bubur oatmeal + susu rendah lemakNasi/bubur merah + omelet putih telurRoti gandum + ayam / omelet putih telurYoghurt + muesliSnack Pagi: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Yoghurt rendah lemakSusu rendah lemakBubur oatmeal + bubuk proteinGado-gado + telur rebusBuah + susu kedelai Makan Siang: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Ayam bakar + nasi merah + sayuranSteak + kentang + sayuranOmelet putih telur + tempe + nasi merah + salad/sup sayuran beningTahu bacem + lalab + nasi merahIkan kukus/bakar + nasi merah + salad/sup sayuran bening Snack Petang: (sama dengan snack pagi) Makan Malam: (sama dengan makan siang) Catatan: Jumlah atau porsi disesuaikan dengan ukuran tubuh dan tujuan fisik yang ingin dicapaiPorsi protein makanan: 1 telapak tangan [...]

Mau Diet Sukses, Kuncinya Ada di Pikiran

Mau Diet Sukses, Kuncinya Ada di Pikiran

Banyak orang beranggapan, diet itu menyulitkan dan cenderung menyengsarakan. Ada beberapa mitos yang salah sebenarnya dalam menjalani diet. Seperti misalnya diet itu bukan berarti tidak makan. Karena segala keinginan makan yang ditahan itu justru akan menambah berat badan. Seperti disampaikan pakar Hypnoslimming, Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt bahwa sebenarnya pola pikir yang eror lah yang menyebabkan pola kerja tubuh ikut eror. Artinya, kebanyakan masalah berat badan sebenarnya bukan karena apa yang Anda makan tapi karena suasana hati yang mempengaruhi pola pikir sehingga ketika ingin makan ditahan, sampai akhirnya gagal diet. "Prinsipnya kalau ingin langsing nggak boleh menahan makanan apapun. Jangan seperti bola karet yang ditekan dalam air, kita paksa dia terus untuk bertahan dalam air dan Blum! bola itu keluar air. Begitu juga perut kita, kalau kita tahan, nanti makannya jadi lebih banyak. Karena menahan pikiran kita sendiri itu akan buat kita kalah," kata Tony saat ditemui di acara seminar Kamaratih-Totok Perut di DCost, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (24/5/2014). Nih, yang perlu Anda perhatikan, kata Tony, Anda tidak dibenarkan untuk makan teman makanan yang Anda inginkan. M [...]

Diet Dash Cegah Tekanan Darah Melonjak

Diet Dash Cegah Tekanan Darah Melonjak

Tidak memiliki gejala yang berakibat pada kematian membuat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi begitu menakutkan. Beragam cara pun dijalani, agar kita terhindar dari kondisi ini. Salah satunya dengan diet dash.Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Mayapada Jakarta, dr. Ika K Dhanudiroto, SpPJ menjelaskan, diet dash memang dianjurkan untuk dilakukan terlebih bagi para penderita hipertensi. Dengan diet ini, pasien akan mampu menurunkan tekanan darah menjadi normal, dan jauh dari risiko akan mengalaminya."Diet ini tidak hanya fokus pada satu elemen saja, tapi semuanya diperhatikan. Mulai dari karbohidrat, vitamin, sampai mineral," kata Ika menjelaskan dalam seminar bertajuk `Jakarta Cardiovascular Summit 2014`, The Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (17/5/2014)Pelaku diet dash, lanjut Ika, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, rendah lemak, dengan biji-bijian. Bahkan, pelaku diharus untuk mengonsumsi 4 sampai 5 porsi buah dan sayur setiap harinya.Dengan begitu, jumlah serat dalam tubuh akan sangat besar, dan lemak yang masuk ke dalam tubuh pun akan rendah. "Untuk memenuhinya, karbohidratnya lebih fokus pada gandum, [...]

7 Cara Tampil Seksi Saat Perayaan Natal

7 Cara Tampil Seksi Saat Perayaan Natal

Dapat mengenakan gaun atau busana cantik saat perayaan Natal jadi dambaan para perempuan di hampir seluruh dunia. Perempuan di London, telah melakukan sejumlah program pelangsingan, sebulan sebelum perayaan Natal itu tiba.Dalam jajak pendapat yang dilakukan pada 2.000 orang perempuan dewasa, sepertiga di antara mereka mengaku akan tetap berusaha langsing sampai setelah perayaan Natal dan Tahun Baru. Sisanya, berusaha agar dapat melakukan itu.Ahli Gizi sekaligus Konsultan Kesehatan para Selebritis, Lucy Wyndham-read, mengatakan, sulit untuk berpikir saat perayaan Natal. Namun, mereka berusaha dapat tampil maksimal, dengan mengubah pola hidup dan pola makan beberapa hari sebelum perayaan Natal.Berikut saran yang diberikan Lucy, yang dapat ditiru oleh banyak perempuan agar tampil langsing dan cantik saat perayaan Natal, seperti dikutip Daily Mail, Jumat (14/11/2014);1. Berjalan kaki sedikit lebih cepat merupakan cara bagus untuk membakar beberapa kalori. Untuk itu, berjalanlah dengan kecepatan 4 mil per jam, karena dapat membantu membakar kalori lebih cepat.2. Saat di kantor, atur waktu setiap 20 menit atau 30 menit sekali untuk berdiri dari kursi, dan melakukan gerakan ringan selama [...]

Gampang Capai Saat Olahraga, Kenapa?

Gampang Capai Saat Olahraga, Kenapa?

Bila Anda mudah lelah saat berolahraga dan nafas pun sesak mudah terengah-engah, kemungkinan Anda kekurangan seng (zinc). Menurut webMD, ditulis Minggu (31/8/2014) seng adalah mineral kesehatan bagi pria. Suatu pengkajian tentang mineral ini mengungkap, aktivitas sel darah merah pria dengan diit rendah seng menurun hingga 40 persen. "Padahal semakin lama kemampuan sel darah merah memindahkan karbon dioksida ke paru-paru, semakin berat seseorang bernafas,"ujar Konsultan dan Peneliti Medis di U.S. Public Health Service Lawrence Wilson MD. Demikian pula, tanpa seng yang cukup, tubuh kita tidak dapat mengusir keluar asam laktat dari otot. Inilah yang kemudian menyebabkan anggota tubuh terasa sangat berat. Untuk sekadar memperoleh seng di saat Anda sibuk, pesan saja hamburger yang ditaburi wijen di atasnya. Makanan seperti itu mengandung seng tiga kali lebih banyak dibanding chicken sandwich. Seng juga dapat Anda temukan pada biji kacang sayur (seperti buncis, kapri, kacang panjang) ) selai kacang, dan telur dadar. [...]

Mau Cepat Langsing, Pilih Teh Hijau Panas atau Dingin?

Mau Cepat Langsing, Pilih Teh Hijau Panas atau Dingin?

Banyak penelitian menyebutkan bahwa teh hijau dapat menurunkan berat badan. Sayangnya, hal ini mungkin tidak berefek bagi masyarakat Indonesia karena banyak yang tidak paham kalau kebiasaan minum teh lebih sering menggunakan gula. Mengutip laman Womenshealth, Senin (30/6/2014), Ahli gizi, Keri Glassman kembali mengingatkan kita tentang kandungan teh hijau, epigallocatechin gallate yang dapat membantu menurunkan berat badan. - Teh hijau jangan ditambah rasa Hal pertama yang perlu Anda ketahui, kata Keri, manfaat teh hijau akan hilang bila ditambah rasa, termasuk gula. Teh yang diberi gula akan mengandung banyak kalori. Maka itu, hindari mengonsumsi teh hijau dengan tambahan gula atau pemanis buatan. - Teh hijau bukan sumber vitamin Saking banyak manfaatnya, teh hijau seringkali diartikan sebagai vitamin sehingga wanita rela tidak makan apapun dan mengganti makannya dengan minum teh hijau. Padahal menurut Keri, teh bukanlah pengganti makanan. Meski begitu, Keri mengungkapkan, teh hijau terbaik belum tentu berasal dari merek mahal. Yang terpenting, katanya, untuk mencari teh yang menggunakan bahan-bahan alami dan tidak memiliki pengawet buatan.- Manfaat teh hijau akan lebih maksim [...]

Facebook Bisa Bikin Orang Alami Gangguan Makan

Facebook Bisa Bikin Orang Alami Gangguan Makan

Selama bertahun-tahun Facebook jadi kambing hitam atas gangguan mental, depresi, cemburu dan ketidakpuasan emosional lain yang diderita manusia zaman kini. Peneliti bahkan menyebutkan, jejering sosial ini berkontribusi menimbulkan gangguan makan.Seorang Profesor Psikologi di Florida State University, Pamela K. Keel, melakukan survei terhadap 960 siswi. Keel membagi siswa dalam dua kelompok. Satu kelompok menghabiskan waktu 20 menit di Facebook dan lainnya membaca Wikipedia."Wanita yang menghabiskan 20 menit di Facebook dilaporkan memperhatikan berat dan bentuk tubuhnya dan meningkatkan kecemasan dibanding pada perempuan dalam kondisi kontrol, yang menunjukkan Facebook memengaruhi faktor risiki gangguan makan," kata Keel seperti dilansir Cnet, Selasa (11/3/2014).Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam Jurnal Eating Disorders dengan judul Do You 'Like' My Photo? Facebook Use Maintains Eating Disorder Risk.Keel meyakini alasan meningkatnya risiko gangguan makan karena wanita yang menghabiskan waktunya di Facebook membandingkan dirinya dengan penampilan perempuan lain. "Sekarang satu-satunya tempat Anda melihat foto wanita kurus dan ideal dengan pakaian renang bukan di sampul m [...]

Diet Rendah Lemak Belum Tentu Sehatkan Jantung

Diet Rendah Lemak Belum Tentu Sehatkan Jantung

Seorang pakar kesehatan jantung baru-baru ini membuat pernyataan mengejutkan. Dalam sebuah kesempatan, ia menyatakan bahwa diet rendah lemak belum tentu menyehatkan jantung. Beliau adalah pakar jantung dan kardiovaskular (pembuluh darah) ternama yang juga peneliti jantung di Amerika Serikat, dr James DiNicolantonio. Dalam tulisannya yang diterbitkan di Jurnal Open Heart, ia mengatakan bahwa diet rendah lemak yang saat ini banyak dilakukan demi kesehatan jantung sama sekali tidak berdasar. "Tidak ada bukti yang pasti bahwa diet rendah lemak memiliki efek positif pada kesehatan. Memang, literatur menunjukkan kurangnya efek (baik atau buruk) dari pengurangan asupan lemak," kata dr DiNicolantonio. Sebaliknya, dr DiNicolantonio justru memperingatkan penyebab buruknya kesehatan adalah diet tinggi karbohidrat dan gula. Ia juga menyampaikan, lemak menyebabkan penyakit jantung didasarkan pada studi tahun 1950-an yang menggunakan data dari enam negara. Kurang setuju dengan pendapat dr DiNicolantonio, Profesor bidang nutrisi dari Aberdeen?s Robert Gordon University, Brian Ratcliffe justru mengatakan bahwa diet rendah lemak masih menjadi rekomendasi kesehatan. "DiNicolantonio bahkan tidak [...]

6 Makanan Peluruh Lemak Usai Pesta Lebaran

6 Makanan Peluruh Lemak Usai Pesta Lebaran

Bersilahturahmi ke rumah saudara maupun tetangga saat Lebaran pasti dilengkapi suguhan khas Lebaran seperti sambal goreng ati, sayur labu dan pastinya opor ayam dengan kuah santan kental. Tak hanya di satu rumah, beberapa rumah yang dikunjungi pun menyajikan sajian serupa dan Anda pasti diminta menyantapnya. Jika merasa berlebih makan makanan yang kaya lemak, tak ada salahnya mengonsumsi makanan berikut yang mampu membantu tubuh mengusir lemak yang tak diperlukan. Seperi dilansir WebMD dan ABC News, Minggu (21/7/2014) berikut daftarnya. 1. Pisang Satu buah pisang mengandung 422 miligram potasium. Jenis mineral ini dapat membantu membatasi jumlah natrium di dalam tubuh. Natrium adalah mineral yang didapatkan dalam garam dan daging, kelebihan natrium menyebabkan tubuh menahan air yang memengaruhi kegemukan. 2. Yogurt Pasti Anda sudah tahu bahwa secangkir yogurt mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan baik untuk mencegah perut kembung. Selain itu, yogurt terutama jenis greek yogurt yang mengandung karbohidrat dan protein membantu menstabilkan insulin dalam tubuh. Insulin adalah hormon yang memberitahu Anda ketika makan lemak terlalu tinggi. 3.Teh Hijau Ti [...]

Makanan Pemicu Kanker Usus Besar

Makanan Pemicu Kanker Usus Besar

Gaya hidup tidak sehat masih menjadi faktor risiko nomor satu terjadinya kanker kolorektal (usus besar) di Indonesia. Untuk itu, setiap orang diminta memperhatikan tiap makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit MRCCCC Siloam Jakarta, Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK mengatakan, makanan yang dikonsumsi memiliki hubungan erat terhadap terjadinya kanker kolorektal pada diri kita."Makanan itu ada dua hubungan terhadap kanker dalam tubuh kita. Pertama, makanan dapat menjadi pencetus adanya perubahan pada usus besar kita ke arah yang lebih buruk. Kedua, makanan juga dapat mencegah agar usus besar kita tetap mulus," kata SamuelBerikut beberapa jenis makanan serta minuman pencetus dan pencegah terjadinya kanker kolorektal, seperti dijelaskan Dr. Samuel Oetoro, dalam dalam acara `Cek BAB, Deteksi KUB: Kalahkan Kanker Kolorektal Dengan Melakukan Deteksi Dini` di Energy Building, Jakarta, Kamis (27/3/2014)Pencetus:1. Alkohol2. Garam (pencetus kanker dari lambung)3. Gula4. Daging merah (pencetus terjadinya dari kolon dan rektum)5. Makanan berlemak.6. Lemak jenuh7. Toksin8. Makanan yang mengandung karbon9. Makanan diasap10. Makanan yang digor [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *