Anak-anak Sering Terkena Jenis Penyakit Kulit Ini

anak-anak-sering-terkena-jenis-penyakit-kulit-ini-alodokter.jpg

Penyakit kulit bisa diderita oleh siapa saja, tidak peduli mereka dewasa atau anak-anak. Ruam dan gatal-gatal yang biasa diderita anak-anak biasanya terkait oleh respons akibat faktor lingkungan dan makanan.

Selain itu, anak-anak yang terutama masih bayi atau balita lebih cenderung memiliki penyakit kulit karena kebiasaan sehari-hari mereka memakai popok. Beberapa masalah kulit lainnya berisiko diderita oleh anak-anak karena mereka bersentuhan dengan anak lain yang sudah memiliki gangguan kulit oleh karena kuman tertentu. Tentu saja, ada juga penyakit kulit yang bersifat keturunan dan jenis ini biasanya permanen.

Penyakit Kulit yang Umum Diderita Anak-anak

Meski kemungkinan jenis penyakit kulit yang diderita anak bisa sama dengan yang diderita orang dewasa, ada sebagian jenis yang kebanyakan mengenai anak-anak. Beberapa penyakit di bawah ini adalah contohnya.

  • Eksim

Eksim yang bernama medis dermatitis atopik ini merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit merah dan gatal. Meski sering terjadi pada anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa terbebas dari penyakit ini. Eksim adalah jenis penyakit kulit jangka lama (kronik) dan cenderung kambuh secara tiba-tiba, namun kemudian mereda. Pada sebagian individu, eksim bisa disertai dengan asma.

Meski obat untuk gangguan kulit yang satu ini belum tersedia, namun untuk menguranginya dapat dilakukan beberapa tindakan, misalnya:

  • Hindari penggunaan sabun yang dapat menyebabkan iritasi.
  • Gunakan krim atau salep obat jika dibutuhkan.
  • Rajin melembapkan kulit.

Jika tindakan di atas belum mampu meredakan eksim pada anak, segera kunjungi dokter.

  • Ruam popok (Diaper dermatitis)

Ruam popok atau peradangan pada daerah yang tertutup popok, seperti bokong. Penyakit yang satu ini ditengarai sebagai akibat dari kulit yang terlalu lama bersentuhan dengan air kencing dan tinja.

Ruam popok juga bisa disebabkan oleh paparan air yang terlalu banyak ataupun adanya sisa sabun dalam popok yang bersentuhan dengan kulit dalam waktu lama. Gangguan yang satu ini jangan dianggap remeh karena kondisi ini merupakan bentuk dasar dari dermatitis kontak iritan. Beruntung, gangguan kulit ini biasanya terbatas pada lokasi yang ditutupi popok saja sehingga penanganan dapat difokuskan pada daerah tersebut.

  • Kerak kepala bayi (Cradle cap)

Kondisi ini biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir hingga berusia tiga tahun. Hal ini ditandai dengan adanya sisik putih atau kuning yang tebal di permukaan kulit kepala. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan cradle cap yang merupakan istilah umum dari dermatitis seboroik. Pada orang dewasa, gangguan ini biasa disebut sebagai ketombe.

Meski jarang, gangguan ini terkadang bisa terjadi di beberapa bagian tubuh lain, seperti pada alis, kelopak mata, telinga, lipatan hidung, belakang leher, atau ketiak. Dalam beberapa kasus, penyakit ini bisa menyebabkan kulit terbelah dan mengeluarkan cairan kuning. Meski demikian, biasanya penyakit ini akan hilang dengan sendirinya. Namun jika tidak hilang juga, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

  • Campak

Jenis penyakit yang umum menimpa anak-anak lainnya adalah campak. Ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengan penyebaran yang cepat. Pada kasus yang jarang terjadi, penyakit campak dapat mengakibatkan komplikasi serius pada anak-anak, seperti pneumonia (peradangan pada paru-paru).

Kini sudah ada vaksinasi campak sebagai langkah pencegahan. Jika anak-anak sudah mendapatkan vaksin campak, maka kemungkinan mereka terkena penyakit ini akan makin minim.

  • Kutil

Kutil merupakan pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh virus HPV. Sebenarnya banyak sekali jenis virus HPV alias human pappillomavirus, yaitu lebih dari 60 jenis, namun hanya sebagian yang cenderung menyebabkan tumbuhnya kutil pada kulit. Virus HPV akan merangsang pertumbuhan sel-sel pada lapisan luar kulit dengan cepat hingga menumbuhkan kutil. Kutil pada anak dapat muncul pada muncul di jari, telapak tangan, telapak kaki, lutut, ataupun siku.

  • Cacar air

Cacar air adalah penyakit yang sangat umum menimpa kulit anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang bernama varicella-zoster. Gejala penyakit ini biasanya berupa demam panas disertai muncul ruam di kulit. Ruam sendiri muncul dalam bentuk melepuh seperti tetesan embun, bintik-bintik, dan koreng. Biasanya cacar air menimpa anak selama seminggu dan bisa menular kepada anak lain dalam waktu cepat. Beruntung, kini ada vaksinasi yang dilakukan secara luas sehingga penyakit kulit ini jarang diderita oleh anak-anak.

  • Impetigo

Penyakit kulit yang menimpa anak-anak ini bisa membuat bingung orang tua si kecil yang menderitanya. Hal ini karena impetigo memiliki bentuk hampir sama dengan penyakit infeksi kulit lain seperti selulitis dan kurap. Impetigo sendiri disebabkan oleh bakteri dan untungnya penyakit ini bisa dengan mudah dibasmi dengan antibiotik. Penyakit ini umumnya menyerang daerah sekitar mulut dan hidung anak, meski di tempat lain juga bisa terkena. Ciri impetigo adalah muncul ruam yang mengeluarkan air, melepuh, dan berwarna merah yang kemudian bisa berubah menjadi kerak berwarna kekuningan. Jika digaruk, penyakit ini bisa menyebar dan menjadi makin parah.

  • Biang keringat

Satu lagi jenis penyakit kulit yang sering menyerang tubuh anak-anak adalah biang keringat. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan pada pori kulit sehingga keringat tidak dapat keluar. Biang keringat kemudian akan menyebabkan munculnya bintik-bintik seperti jerawat yang memenuhi bagian leher dan kepala. Biasanya penyakit ini akan hilang dengan sendirinya. Orang tua harus memakaikan pakaian yang nyaman agar biang keringat tidak bertambah parah.

Jangan panik jika mendapati buah hati mendapatkan salah satu dari jenis penyakit kulit di atas. Jika mengalami kebingungan atau ragu-ragu dalam menghadapinya, segera konsultasikan kepada dokter anak.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
‘Broken Heart Syndrome’, Putus Cinta Sebabkan Kematian

‘Broken Heart Syndrome’, Putus Cinta Sebabkan Kematian

Cinta ini membunuhku, begitulah terlantun dari salah satu grup musik bergenre pop-melayu dalam salah satu lagu andalannya. Putus cinta atau patah hati memang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Kok bisa? Berlebihankah? Tidak. Contohnya seperti gangguan kesehatan berikut ini: Dari Depresi Hingga Penyakit JantungGangguan suasana hati yang dapat berujung sampai terjadinya depresi, stres yang bermanifestasi pada berbagai gangguan fisik seperti migraine berkelanjutan, sakit maag berkepanjangan, sulit tidur dan penurunan nafsu makan. Lebih jauh lagi, putus cinta juga ternyata kini dapat menyebabkan kematian dalam bentuk penyakit jantung. Dalam dunia medis, penyakit ini disebut dengan ?Broken Heart Syndrome? dan lebih banyak terjadi pada wanita, lebih banyak pada mereka di usia paruh baya, sekitar 30-an. Broken heart syndrome adalah suatu keadaan jantung sementara yang diakibatkan karena kondisi stres berlebihan yang harus dialami seseorang. Beberapa kondisi yang dapat memicu stres berlebihan adalah meninggalnya orang yang dikasihi, perceraian, putus pacaran, perselingkuhan atau cinta yang ditolak. Gejala yang dialami biasanya adalah: Nyeri dada Sesak napas Jantung berdebar-debar [...]

Cara Sophie Navita Agar Tidak Selingkuh dari Gaya Hidup Sehat

Cara Sophie Navita Agar Tidak Selingkuh dari Gaya Hidup Sehat

Sosok wanita inspiratif, Sophie Navita, tak hanya dikenal di dunia entertainment tapi juga sebagai penggagas gaya hidup sehat di Indonesia. Sudah sejak beberapa tahun lalu, Sophie berusaha mengampanyekan gaya hidup sehat agar masyarakat mulai sadar akan kesehatan masing-masing.Kini di Indonesia, gaya hidup sehat menjadi tren dan banyak yang menjadikannya sebagai kebutuhan primer, yang tak hanya mempengaruhi penampilan tapi juga kebugaran tubuh. Oleh karena itu, presenter 39 tahun ini tetap setia dengan gaya hidup sehat yang sudah dijalaninya sejak kurang lebih tujuh tahun lalu itu.Istri musisi Pongky Barata ini pun mengatakan bahwa ia tidak pernah cheating makanan atau selingkuh dengan makanan. Sebenarnya Sophie sendiri kurang setuju dengan istilah cheating tersebut. Menurutnya cheating itu sama saja berbohong, seperti selingkuh dengan orang lain yang berarti kita berbohong dengan pasangan.Lalu bagaimana dengan cheating makanan? Ketika cheating makanan itu tandanya ia mengkhianati dirinya dengan berbohong. Maka dari itu ia sebisa mungkin tidak pernah bohong dengan diri sendiri. Ketika sedang ingin mengonsumsi makanan tinggi minyak misalnya atau yang memiliki banyak kalori maka S [...]

5 Kesalahan Pakai Make-up yang Bisa Membahayakan Kesehatan

5 Kesalahan Pakai Make-up yang Bisa Membahayakan Kesehatan

Sembarang memakai make-up tidak hanya berakibat buruk bagi kulit, tapi juga kesehatan secara keseluruhan. Meskipun produk kosmetik umumnya diaplikasikan di permukaan kulit, namun kulit memiliki pori-pori dan zat-zat yang ada dalam produk kosmetik bisa masuk ke jaringan tubuh dan memengaruhi organ dalam untuk jangka panjang. Menggunakan produk yang salah atau kurang higienis, akan meningkatkan risiko kesehatan bahkan dampaknya bisa serius. Ini lima kebiasaan buruk dalam bermake-up, yang perlu Anda hindari.1. Berbagi Make-up dengan TemanAda beberapa produk make-up yang sebaiknya tidak digunakan berbarengan dengan orang lain, termasuk teman Anda sendiri. Menurut dermatologist David Bank, M.D., berbagi make-up bisa meningkatkan risiko terkena infeksi, apabila kulit Anda atau teman sedang terluka atau memiliki penyakit menular."Saling meminjamkan eyeliner dan lipstik bisa meningkatkan risiko tertular infeksi virus seperti konjungtivitis (radang selaput mata) atau herpes," ujar David, seperti dikutip dari Women's Health US.2. Pakai Kosmetik KedaluwarsaTanggal kedaluwarsa dicantumkan dalam kemasan produk bukannya tanpa alasan, dan sayangnya banyak orang tidak membuang produk yang sudah [...]

Apa Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri?

Apa Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri?

Sakit dada sebelah kiri kerap dikaitkan dengan serangan jantung yang mengancam jiwa. Akan tetapi, bisa juga disebabkan oleh gangguan lain. Apabila Anda sakit dada kiri oleh karena serangan jantung, Anda memerlukan bantuan medis secepat mungkin. Namun, apabila disebabkan oleh gangguan lain, bisa jadi Anda tidak memerlukan pertolongan darurat. Untuk itu penting mengetahui apa saja penyebab sakit dada sebelah kiri dan apa saja gejala-gejala yang mengiringinya, agar Anda dapat memperoleh penanganan yang tepat. Kenali Penyebab dan Gejalanya Berikut ini beberapa gangguan yang dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri. Serangan jantung Serangan jantung terjadi saat aliran darah ke otot jantung tiba-tiba terhambat. Jika sakit dada sebelah kiri karena serangan jantung, Anda akan merasa dada Anda ditekan, diremas, dan muncul rasa berat dalam rongga dada. Tidak jarang diiringi dengan rasa seperti terbakar. Selain itu, mungkin juga timbul rasa sakit seperti ditusuk-tusuk atau mati rasa pada lengan kiri, yang dapat merambat ke lengan kanan. Lengan dapat terasa lebih lemah atau lebih berat dari biasanya. Saat serangan jantung akan muncul, dapat terjadi gejala sesak napas, rasa lelah yang luar [...]

Obat untuk Si Pencemburu Buta, Cukup Diminum Dua Tetes

Obat untuk Si Pencemburu Buta, Cukup Diminum Dua Tetes

Cemburu, iri, marah atau kesal merupakan emosi negatif yang bisa dirasakan setiap orang. Namun ada beberapa orang yang lebih mudah tersulut emosi karena rasa cemburu atau iri, sehingga bisa bertindak destruktif terhadap orang lain maupun diri sendiri.Kini masalah temperamen itu bisa diatasi hanya dengan satu hingga dua tetes obat herbal. Seorang dokter bersama timnya mengaku telah menemukan solusi untuk mengontrol emosi negatif, yaitu obat tetes mulut yang diklaim bisa menghilangkan rasa iri dan cemburu.Obat seharga Rp 131 ribu itu dinamakan Bach Original Flower Remedy tersebut bisa meredakan emosi negatif, sehingga Anda bisa lebih fokus memikirkan apa yang harus dilakukan nantinya daripada terjerat dalam rasa cemburu.Produk ini menggunakan ekstrak bunga-bungaan yang punya khasiat memunculkan kembali sisi positif dalam diri sekaligus menyehatkan secara emosional. Kuncinya terdapat pada bahan utamanya, yaitu Holly. Tanaman sejenis bunga yang memiliki daun serta buah. Pada saat Natal, tanaman ini umum dijadikan sebagai hiasan berupa rangkaian bunga yang ditempatkan di depan pintu rumah.Tanaman ini dipercaya ideal dikonsumsi untuk orang yang merasakan kecemburuan akut dan atau muda [...]

Cara & Manfaat Mengurangi Kecanduan Teknologi Bagi Kesehatan

Cara & Manfaat Mengurangi Kecanduan Teknologi Bagi Kesehatan

Banyak penelitian yang menunjukkan dampak negatif dari kecanduan teknologi. Mulai dari mata lelah sampai paparan radiasi. Lalu bagaimana cara mengurangi kecanduan teknologi?Seperti yang dikutip dari Prevention Internasional, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa radiasi telepon genggam berakibat buruk terhadap tubuh manusia. Radiasi tersebut bisa meningkatkan risiko terkena tumor telinga, kanker otak dan mengurangi jumlah sperma hingga 30 persen.Selain telepon genggam, layar komputer atau laptop juga memberikan efek negatif pada kesehatan seseorang, terutama mata. Fokus pada layar monitor terlalu lama bisa menyebabkan mata tegang dan lelah. Tampilan layar komputer yang terlalu terang juga bisa mempercepat kelelahan pada mata.Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengurangi pemakaian teknologi. Menurut Larry Rosen, PhD, penulis 'iDisorder: Understanding Our Obsession with Technology and Overcoming Its Hold on Us', Anda tak perlu menyingkirkan gadget selamanya, tetapi lakukan beberapa tips di bawah ini:1. Buat BatasanMembawa smartphone kemanapun Anda pergi akan merangsang otak untuk selalu melihatnya. Dr Rosen menyarankan untuk membuat jadwal 'istirahat dari teknologi'. Misalnya, [...]

Baca Ini Dulu Sebelum Makan Sate

Baca Ini Dulu Sebelum Makan Sate

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, tentu sangatlah mudah menemukan penjual sate. Sate sangat digemari para penduduk Indonesia karena rasanya yang enak dan harganya terjangkau semua kalangan. Apa saja sebetulnya kandungan gizi dalam sate? Sate mengandung protein yang tinggi karena umumnya terdiri dari daging. Selain itu sate juga mengandung lemak yang tinggi, terutama lemak jenuh yang berasal dari lemak dan minyak sayur yang digunakan sewaktu memprosesnya. Sebagai gambaran umum, pada sate ayam terkandung kadar lemak jenuh sebesar 20%, sate sapi 30% dan sate kambing 60%. Bagaimana dengan bumbu kacangnya? Berikut penjelasannya: Bagaimana dengan Bumbu Kacangnya? Bumbu kacang biasanya terdiri dari kacang, bawang merah, bawang putih, garam, gula dan minyak. 29 gram bumbu kacang mengandung 77 kalori, dimana 70% nya berasal dari lemak. Selain itu juga mengandung 138 gram sodium atau garam. Kacang memang tinggi akan lemak tak jenuh, sedangkan bawang merah dan bawang putih mengandung antioksidan. Namun sate dan bumbu kacang yang berminyak menjadikan semua kandungan gizi tersebut menurun. Bagaimana dengan pelengkapnya seperti bawang merah? Bawang merah kaya akan flavo [...]

Blueberry Melawan Lemak dan Diabetes

Blueberry Melawan Lemak dan Diabetes

Biotransformasi menggunakan bakteri dari kulit buah blueberry tersebut menghasilkan jus blueberry yang memiliki peranan sebagai anti-obesitas dan anti-diabetes. Penelitian yang dilakukan di Universitas de Montral, the Institut Armand-Frappier dan Universitas de Moncton dipublikasikan di International Journal of Obesity, membandingkan efek dari biotransformasi jus blueberry dengan minuman blueberry biasa pada tikus. ?Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa biotrasnformasi jus blueberry memiliki efek luar biasa sebagai anti-obesitas dan anti-diabetes,?kata penulir senior Pierre S. Haddad, seorang profesor di bidang farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas de Montral?s. ?Biotransformasi jus blueberry mungkin dapat dikembangkan menjadi agen terapeutik mengingat khasiatnya yang mampu menurunkan kondisi hiperglikemia pada tikus dengan diabetes dan dapat melindungi tikus muda dari obesitas dan diabetes. Inilah cara para peneliti tersebut melakukan pengujian. Blueberry Melawan Lemak dan Diabetes Para peneliti melakukan pengujian efek dari jus blueberry transformasi ke dalam grup tikus yang rentan akan terjadinya obesitas, resistensi insulin, diabetes, dan hipe [...]

Inggris Berencana Batasi Ibu Melahirkan Caesar

Inggris Berencana Batasi Ibu Melahirkan Caesar

Ibu-ibu di Inggris kini tidak bisa dengan gampangnya memilih metode melahirkan melalui operasi caesar. Penyebabnya National Health Service akan membatasinya karena dianggap pemborosan.Seperti dikutip dari Daily Mail, pihak NHS hanya akan mengizinkan wanita melahirkan caesar jika wanita tersebut memiliki risiko kesehatan saat melahirkan normal. Menurut pihak NSH, proses melahirkan caesar yang sekarang ini makin banyak dilakukan membuat jutaan poundsterling uang NSH tersia-siakan setiap tahunnya."Kami harus menyeimbangkan semuanya di masa depan, mulai dari kanker sampai sakit jantung. Soal perawatan, kita juga harus mulai mengurangi pengeluaran, proses caesar itu salah satunya," jelas Pimpinan NHS Allince Dr Michael Dixon.Saat ini pembatasan melahirkan caesar sudah mulai dilakukan di beberapa rumah sakit di Inggris. Rumah sakit tersebut di antaranya Cornwall dan the Isles of Scilly, Herefordshire, Bristol, South Staffordshire, County Durham, Dorset, Derbyshire, dan Bournemouth and Poole.Pembatasan tersebut hanya berlaku pada proses caesar yang direncanakan. Sedangkan wanita yang melahirkan caesar karena alasan darurat tentu tidak ikut dalam pembatasan tersebut.Beberapa pakar keseh [...]

Ketika Bayi Tidak Henti-hentinya Menyusu

Ketika Bayi Tidak Henti-hentinya Menyusu

Jika Anda merasa bayi Anda selalu menyusu, ingin menempel trus dan tidak pernah kenyang janganlah khawatir, mungkin bayi Anda sedang dalam masa Growth Spurt. Growth spurt adalah percepatan pertumbuhan yang merupakan suatu fase dimana pertumbuhan bayi akan mengalami percepatan sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Apakah kondisi ini hanya terjadi pada bayi ASI? Jawabannya tidak. Kondisi ini dapat terjadi pada bayi ASI atau bayi yang minum SUFOR. Waktu ? waktu terjadi growth spurt Bayi baru lahir Bayi berusia 1 minggu, Bayi berusia 3 minggu, Bayi berusia 4- 6 minggu, Bayi berusia 3 bulan - 6 bulan. Lamanya berkisar dua sampai tiga hari. Tanda bayi mengalami growth spurt Bayi lebih sering menyusu sepanjang hari. Setiap 1 jam atau 30 menit Bayi tampak selalu haus dan tidak pernah kenyang Bayi sering bangun di malam hari dan rewel Setelah 2-3 hari bayi akan sering tidur dan tampak tenang Tips untuk ibu yang bayi nya sedang mengalami growth spurt Mengikuti kemauan bayi Ibu makan yang banyak Jangan berpikiran ASI Anda tidak cukup, karena pikiran negative akan mengganggu kerja oksitosin untuk menghasilkan ASI Jika bayi istirahat, A [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *