Anak-anak Sering Terkena Jenis Penyakit Kulit Ini

anak-anak-sering-terkena-jenis-penyakit-kulit-ini-alodokter.jpg

Penyakit kulit bisa diderita oleh siapa saja, tidak peduli mereka dewasa atau anak-anak. Ruam dan gatal-gatal yang biasa diderita anak-anak biasanya terkait oleh respons akibat faktor lingkungan dan makanan.

Selain itu, anak-anak yang terutama masih bayi atau balita lebih cenderung memiliki penyakit kulit karena kebiasaan sehari-hari mereka memakai popok. Beberapa masalah kulit lainnya berisiko diderita oleh anak-anak karena mereka bersentuhan dengan anak lain yang sudah memiliki gangguan kulit oleh karena kuman tertentu. Tentu saja, ada juga penyakit kulit yang bersifat keturunan dan jenis ini biasanya permanen.

Penyakit Kulit yang Umum Diderita Anak-anak

Meski kemungkinan jenis penyakit kulit yang diderita anak bisa sama dengan yang diderita orang dewasa, ada sebagian jenis yang kebanyakan mengenai anak-anak. Beberapa penyakit di bawah ini adalah contohnya.

  • Eksim

Eksim yang bernama medis dermatitis atopik ini merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit merah dan gatal. Meski sering terjadi pada anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa terbebas dari penyakit ini. Eksim adalah jenis penyakit kulit jangka lama (kronik) dan cenderung kambuh secara tiba-tiba, namun kemudian mereda. Pada sebagian individu, eksim bisa disertai dengan asma.

Meski obat untuk gangguan kulit yang satu ini belum tersedia, namun untuk menguranginya dapat dilakukan beberapa tindakan, misalnya:

  • Hindari penggunaan sabun yang dapat menyebabkan iritasi.
  • Gunakan krim atau salep obat jika dibutuhkan.
  • Rajin melembapkan kulit.

Jika tindakan di atas belum mampu meredakan eksim pada anak, segera kunjungi dokter.

  • Ruam popok (Diaper dermatitis)

Ruam popok atau peradangan pada daerah yang tertutup popok, seperti bokong. Penyakit yang satu ini ditengarai sebagai akibat dari kulit yang terlalu lama bersentuhan dengan air kencing dan tinja.

Ruam popok juga bisa disebabkan oleh paparan air yang terlalu banyak ataupun adanya sisa sabun dalam popok yang bersentuhan dengan kulit dalam waktu lama. Gangguan yang satu ini jangan dianggap remeh karena kondisi ini merupakan bentuk dasar dari dermatitis kontak iritan. Beruntung, gangguan kulit ini biasanya terbatas pada lokasi yang ditutupi popok saja sehingga penanganan dapat difokuskan pada daerah tersebut.

  • Kerak kepala bayi (Cradle cap)

Kondisi ini biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir hingga berusia tiga tahun. Hal ini ditandai dengan adanya sisik putih atau kuning yang tebal di permukaan kulit kepala. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan cradle cap yang merupakan istilah umum dari dermatitis seboroik. Pada orang dewasa, gangguan ini biasa disebut sebagai ketombe.

Meski jarang, gangguan ini terkadang bisa terjadi di beberapa bagian tubuh lain, seperti pada alis, kelopak mata, telinga, lipatan hidung, belakang leher, atau ketiak. Dalam beberapa kasus, penyakit ini bisa menyebabkan kulit terbelah dan mengeluarkan cairan kuning. Meski demikian, biasanya penyakit ini akan hilang dengan sendirinya. Namun jika tidak hilang juga, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

  • Campak

Jenis penyakit yang umum menimpa anak-anak lainnya adalah campak. Ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengan penyebaran yang cepat. Pada kasus yang jarang terjadi, penyakit campak dapat mengakibatkan komplikasi serius pada anak-anak, seperti pneumonia (peradangan pada paru-paru).

Kini sudah ada vaksinasi campak sebagai langkah pencegahan. Jika anak-anak sudah mendapatkan vaksin campak, maka kemungkinan mereka terkena penyakit ini akan makin minim.

  • Kutil

Kutil merupakan pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh virus HPV. Sebenarnya banyak sekali jenis virus HPV alias human pappillomavirus, yaitu lebih dari 60 jenis, namun hanya sebagian yang cenderung menyebabkan tumbuhnya kutil pada kulit. Virus HPV akan merangsang pertumbuhan sel-sel pada lapisan luar kulit dengan cepat hingga menumbuhkan kutil. Kutil pada anak dapat muncul pada muncul di jari, telapak tangan, telapak kaki, lutut, ataupun siku.

  • Cacar air

Cacar air adalah penyakit yang sangat umum menimpa kulit anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang bernama varicella-zoster. Gejala penyakit ini biasanya berupa demam panas disertai muncul ruam di kulit. Ruam sendiri muncul dalam bentuk melepuh seperti tetesan embun, bintik-bintik, dan koreng. Biasanya cacar air menimpa anak selama seminggu dan bisa menular kepada anak lain dalam waktu cepat. Beruntung, kini ada vaksinasi yang dilakukan secara luas sehingga penyakit kulit ini jarang diderita oleh anak-anak.

  • Impetigo

Penyakit kulit yang menimpa anak-anak ini bisa membuat bingung orang tua si kecil yang menderitanya. Hal ini karena impetigo memiliki bentuk hampir sama dengan penyakit infeksi kulit lain seperti selulitis dan kurap. Impetigo sendiri disebabkan oleh bakteri dan untungnya penyakit ini bisa dengan mudah dibasmi dengan antibiotik. Penyakit ini umumnya menyerang daerah sekitar mulut dan hidung anak, meski di tempat lain juga bisa terkena. Ciri impetigo adalah muncul ruam yang mengeluarkan air, melepuh, dan berwarna merah yang kemudian bisa berubah menjadi kerak berwarna kekuningan. Jika digaruk, penyakit ini bisa menyebar dan menjadi makin parah.

  • Biang keringat

Satu lagi jenis penyakit kulit yang sering menyerang tubuh anak-anak adalah biang keringat. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan pada pori kulit sehingga keringat tidak dapat keluar. Biang keringat kemudian akan menyebabkan munculnya bintik-bintik seperti jerawat yang memenuhi bagian leher dan kepala. Biasanya penyakit ini akan hilang dengan sendirinya. Orang tua harus memakaikan pakaian yang nyaman agar biang keringat tidak bertambah parah.

Jangan panik jika mendapati buah hati mendapatkan salah satu dari jenis penyakit kulit di atas. Jika mengalami kebingungan atau ragu-ragu dalam menghadapinya, segera konsultasikan kepada dokter anak.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hanya Pakai Lensa Kontak Ini, Wajah Bisa Terlihat Lebih Muda

Hanya Pakai Lensa Kontak Ini, Wajah Bisa Terlihat Lebih Muda

Lensa kontak kini tidak lagi berfungsi sebagai alat bantu penglihatan pengganti kacamata. Dalam perkembangannya, lensa kontak kini juga digunakan sebagai alat kosmetik yang mempercantik penampilan. Lensa kontak warna memang bisa mengubah tampilan wajah seseorang jadi berbeda secara instan. Kini, inovasi terbaru datang dari Acuvue. Brand ternama ini mengembangkan lensa kontak yang diklaim membuat pemakainya terlihat lebih muda dan menarik.Produk yang diberi nama Acuvue Define ini memiliki pigmen khusus di dalam lensa yang membantu menegaskan tampilan garis batas di sekitar iris. Garis tersebut dikenal dengan istilah cincin limbal. Seiring bertambahnya usia atau kondisi kesehatan yang kurang baik, cincin limbal perlahan-lahan bisa memudar. Jadi dengan mempertegas tampilan cincin limbal menggunakan lensa kontak, maka diyakini penampakan wajah pun tampak lebih muda dan sehat.Seperti dikutip dari Daily Mail, Angie Bowers selaku desainer produk menerangkan, "Cincin limbal sering juga disebut sebagai 'eyeliner alami'. Sejumlah studi menunjukkan wajah-wajah dengan cincin limbal yang terlihat jelas dinilai lebih menarik."Lensa kontak terdiri dari dua jensi yang diperuntukkan bagi warna m [...]

Deddy Corbuzier Saraf Kejepit?

Deddy Corbuzier Saraf Kejepit?

Oleh: dr. Adithia Kwee Akhir Januari 2014, musibah menimpa salah satu selebritis Indonesia, Deddy Corbuzier yang populer dengan program Diet OCD nya. Deddy Corbuzier jatuh pingsan saat sedang berolahraga di pusat kebugaran. Jatuhnya Deddy Corbuzier diduga karena ia menderita saraf kejepit, istilah yang tak asing lagi di telinga kita. Apa sebenarnya saraf kejepit itu? Dalam struktur tulang belakang manusia, terdapat saluran yang berisi cairan, dalam dunia medis disebut nukleus pulposus, masalah timbul ketika cairan ini keluar dari pelindungnya dan mulai menekan persarafan tulang belakang. Oleh karena itulah dalam dunia medis saraf kejepit dikenal dengan istilah hernia nucleus pulposus. Penting bagi Anda untuk menghindari terjadinya hernia ini, karena biasanya penyakit ini sangat mengganggu aktivitas dan terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Apakah saraf kejepit bisa dihindari? Jawabnya adalah bisa. Untuk mengetahui lebih jauh, simaklah tips-tips berikut ini: Pastikan posisi tubuh Anda benar saat mengangkat beban, hampir seluruh kasus HNP disebabkan oleh robeknya penyangga nucleus karena posisi tubuh yang salah ketika mengangkat beban-beban yang berat. Duduk dengan pos [...]

Mengenal Lebih Jauh Resistensi Tuberkulosis

Mengenal Lebih Jauh Resistensi Tuberkulosis

Oleh: dr. Alvin Nursalim Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa bermunculan kasus resistensi Tuberkulosis (TB) dengan berbagai spektrum keparahannya? ?Man made phenomenon? adalah jawabannya. Resistensi Tuberkulosis ditimbulkan karena ulah manusia melalui pengobatan yang tidak sesuai standar, baik dari segi regimen, dosis atau pengobatan yang tidak teratur. Hal ini turut ditekankan oleh dr. Arifin Nawas, Sp.P., dalam sesi pembukaan workshop DOTS dan ISTC. ?Penanganan kasus TB yang sesuai standar DOTS dan ISTC wajib dilakukan bagi semua dokter yang melayani kasus TB,? ungkap dr Arifin. Resistensi Tuberkulosis tentu membuat masalah baru bagi praktisi kesehatan diatas tumpukan masalah yang sudah ada. Penanganan kasus resistensi TB memerlukan perhatian khusus karena angka kesembuhan yang lebih rendah dan tingkat mortalitas yang lebih tinggi. Penyebab dan mekanisme resistensiSecara umum terdapat tiga aspek yang perlu kita soroti ketika berbicara mengenai penyebab resistensi. Hal ini diungkapkan dr Arifin dalam salah satu sesi workshop. Aspek pertama adalah aspek provider/program yang ada. Adapun beberapa masalah yang mungkin dihadapi provider adalah tidak ada pedoman TB atau pedoman TB yan [...]

4 Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Tidur Bersama Suami

4 Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Tidur Bersama Suami

Ada beberapa pasangan menikah yang ternyata tidak tidur bersama. Alasannya bisa bervariasi misalnya, karena kebiasaan mendengkur, ingin menonton televisi atau sering lembur kerja.Pasangan yang tidak tidur bersama dapat kehilangan banyak hal. Mulai dari ciuman, kedekatan fisik hingga manfaat kesehatan tubuh. Seperti yang dikutip dari iMom, berikut empat efek positif tidur bersama suami.1. Mengurangi StresMenurut laporan dari Wall Street Journal, tidur bersama pasangan yang memiliki hubungan sehat dapat menurunkan kadar kortisol. Seperti yang diketahui, kortisol biasa disebut sebagai hormon stres. Para peneliti dari University of Pittsburgh di Amerika meyakini bahwa tidur bersama suami bisa membantu menurunkan kadar hormon kortisol, yang kemudian mendorong rasa aman dan keselamatan2. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit JantungKenaikan kortisol dalam jangka panjang terkait dengan peningkatan sitokin--protein yang terlibat dalam peradangan yang bisa memicu penyakit jantung, depresi, dan gangguan auto-imun. Tidur bersama mempunyai efek protektif dengan menurunkan level dari protein tersebut.3. Meningkatkan Hormon CintaSelain itu, oksitosin atau yang biasa disebut hormon cinta, juga ik [...]

5 Masalah Kesehatan Akibat Menatap Komputer Terlalu Lama & Solusinya

5 Masalah Kesehatan Akibat Menatap Komputer Terlalu Lama & Solusinya

Tak sedikit orang yang menghabiskan waktunya di depan komputer selama delapan jam atau lebih saat bekerja. Lamanya akan semakin bertambah jika di rumah Anda masih juga menatap komputer untuk urusan bisnis atau pekerjaan yang lain. Duduk terlalu lama di komputer setiap hari bisa merugikan kesehatan. Mulai dari mata lelah, leher kaku hingga membuat postur tubuh bungkuk. Segera atasi dengan langkah-langkah berikut yang dikutip dari Cosmopolitan USA.1. Garis Halus di WajahSaat menatap komputer dalam waktu lama, secara tidak sadar Anda akan mengernyitkan dahi atau memicingkan mata. Menurut dermatologist Dr. Boris Zaks, "Jika seseorang terlalu banyak memicingkan mata karena terlalu lama menggunakan komputer, maka akan terbentuk garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata dan antara kedua alis."Solusi: Krim mata akan membantu membuat kulit di area mata lebih lembab dan elastis. Jika ingin mencoba cara alami, Dr. Boris menyarankan untuk menggunakan teh chamomile. Didihkan air dan teh chamomile, celupkan handuk ke teh, peras airnya dan gunakan handuk yang telah dibasahi untk mengompres kulit mata selama 10 menit. Lakukan seminggu dua kali.2. Lingkaran Gelap Bawah MataSemakin lelah bera [...]

Kolesterol Turun dengan Kedelai

Kolesterol Turun dengan Kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Terdapat berbagai jenis olahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, kecap, dan yoghurt. (Baca: Kolesterol) Kandungan Nutrisi pada Kedelai Kedelai mengandung tiga makro-nutrien utama yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, asam folat, dan zat besi. (Baca: Kolesterol) Kedelai memiliki keunggulan dibandingkan dengan nabati lainnya yaitu mengandung semua jenis asam amino esensial/protein yang dibutuhkan tubuh. Kandungan asam amino pada kedelai memiliki kualitas yang hampir sama dengan daging, susu, dan telur. Maka dari itu kedelai disebut sebagai sumber protein nabati utama. (Baca: Kolesterol) Kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi, asam lemak jenuh rendah, tinggi serat, bebas laktosa, bebas kolesterol, omega-3, dan anti-oksidan. Kedelai mengandung beberapa jenis phytoestrogen, salah satunya isoflavon. Isoflavon mengandung banyak anti-oksidan dan memiliki efek yang menyerupai hormon estroge [...]

Anak yang Berolahraga Sedikit Risiko Patah Tulang di Usia Tua

Anak yang Berolahraga Sedikit Risiko Patah Tulang di Usia Tua

Oleh: dr. Ema Anindia Studi terbaru membuktikan bahwa menganjurkan anak untuk berolahraga sejak kecil dapat memperkuat tulang anak sehingga dapat menghindari patah tulang pada usia tua. Keaktifan fisik yang diberikan saat anak sekolah seperti pelajaran olah raga yang seorang anak dapat sewaktu sekolah, sangat penting untuk melawan obesitas, namun penelitian terbaru berpendapat bahwa olahraga dapat menjaga kesehatan tulang juga. Selama 6 tahun, para peneliti dari Skane Univeristy Hospital di Swedia mengikuti 808 anak laki-laki dan anak perempuan dari usia 7 hingga 9 tahun yang dibagi menjadi 2 kelompok, dimana pada kelompok pertama anak-anak tersebut hanya diminta untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik selama 40 menit setiap harinya dan pada kelompok kedua anak-anak tersebut diminta untuk beraktivitas fisik selama 60 menit selama seminggu yang dilakukan selama jam sekolah. Lalu selanjutnya para peneliti tersebut mengikuti perkembangan tulang anak-anak tersebut serta mendokumentasi laporan mengenai patah tuang dan membandingkan hasil antar grup. Studi yang dilaporkan oleh American Orthopedic Society for Sports Medicine di Chicago, dimana mereka melaporkan bahwa selama periode [...]

Es Krim Jamu, Upaya Populerkan Jamu Kepada Kaum Muda

Es Krim Jamu, Upaya Populerkan Jamu Kepada Kaum Muda

Sebagai minuman tradisional, jamu lebih banyak dikonsumsi kalangan dewasa dan orang tua untuk menjaga kesehatan. Padahal untuk melestarikan dan meningkatkan popularitasnya, jamu juga perlu diperkenalkan kepada kaum muda. Sayangnya, anak muda saat ini lebih menyukai minuman seperti cappuccino, latte, mocktail atau smoothies. Melihat kecenderungan itu, timbul ide untuk menjadikan jamu sebagai gaya hidup dalam bentuk yang lebih modern dan sesuai tren saat ini. Langkah inovatif pun dilakukan oleh produsen jamu ternama, PT. Nyonya Meneer. Perusahaan jamu yang berdiri sejak 1918 ini memperkenalkan jamu kepada para remaja dengan membuatnya bukan sebagai minuman melainkan es krim. "Kami punya tempat bernama Meneer Shop, seperti kedai minuman. Di situ ada es krim jamu dan ice jamu blended. Tujuannya adalah mengikuti tren anak muda dan menunjukkan jamu bukanlah hal yang kuno," ujar Charles Saerang, presiden direktur dan CEO PT. Nyonya Meneer saat media gathering di Restoran Sari Kuring, SCBD Sudirman, Jakarta, Kamis (5/03/2012). Charles menjelaskan, bentuk es krim jamu tidak seperti es krim pada umumnya. Proses pembuatannya mirip seperti es puter sehingga menghasilkan tekstur es yang agak [...]

Pria Juga Berpacu dengan Usia Biologis

Pria Juga Berpacu dengan Usia Biologis

Mungkin Anda sering mendengar pernyataan agar seorang wanita yang sudah ?cukup umur? dianjurkan untuk segera menikah karena mereka harus berpacu dengan usia biologisnya untuk hamil. Namun tahukah Anda ternyata pria juga harus berpacu dengan usia biologisnya agar memiliki keturunan? (Baca: Inilah Penyebabnya Sulit Hamil) Apa yang terjadi ketika usia pria bertambah tua? Suatu studi menyebutkan bahwa pria juga memiliki usia biologis, yaitu berkisar antara usia 40 tahun. Sama halnya seperti wanita, pria juga mengalami perubahan pada tubuh dan sistem reproduksinya seiring dengan usia. Walaupun produksi sperma tidak berhenti, tetapi produksi dan struktur transport sperma dapat melemah seiring dengan waktu. (Baca: 5 Makanan untuk Sperma yang Sehat) Pada pria usia tua, seiring dengan berkurangnya produksi sperma, risiko paparan seperti infeksi dan rokok juga meningkat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sperma. Jika DNA sperma lebih dari 40% rusak, maka risiko keguguran juga meningkat. Risiko apa saja yang dapat terjadi ketika pria memiliki keturunan di usia tua? Pada suatu studi yang dilakukan pada 139 wanita yang mengalami abortus mengancam atau mereka yang mengalami per [...]

Inilah Daftar Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang

Inilah Daftar Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang

Saat Anda berusaha untuk menurunkan berat badan, hal yang paling jitu yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi porsi makanan. Namun dengan mengurangi porsi makan, secara otomatis Anda akan lebih mudah merasa cepat lapar kembali dalam waktu dekat dan mulai makan lagi. Jika sudah demikian, tak ayal lagi hal tersebut menjadi penyebab utama kebanyakan orang senantiasa menemui kegagalan dalam usaha menurunkan berat badan. Prinsipnya pun sama, semakin banyak jumlah porsi makanan yang Anda makan, maka akan semakin berisiko pula Anda mudah mengalami peningkatan berat badan. Tentunya hal ini akan buruk untuk diet Anda bukan? Untuk mengatasinya mau tidak mau Anda harus mengambil solusi memilah dengan cermat dan mulai memilih makanan apa saja yang tidak memerlukan porsi banyak namun cepat mengenyangkan dalam waktu yang lama. Apa saja makanan-makanan tersebut? Nah, berikut terlampir beberapa jenis makanan yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang & Tidak Mudah Lapar#1: Apel Konsumsilah apel kira-kira 30 menit sebelum makan, serat dan air yang berada dalam apel dapat membuat Anda kenyang secara cepat. Selain itu, ber [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *