Anak-anak Sering Terkena Jenis Penyakit Kulit Ini

anak-anak-sering-terkena-jenis-penyakit-kulit-ini-alodokter.jpg

Penyakit kulit bisa diderita oleh siapa saja, tidak peduli mereka dewasa atau anak-anak. Ruam dan gatal-gatal yang biasa diderita anak-anak biasanya terkait oleh respons akibat faktor lingkungan dan makanan.

Selain itu, anak-anak yang terutama masih bayi atau balita lebih cenderung memiliki penyakit kulit karena kebiasaan sehari-hari mereka memakai popok. Beberapa masalah kulit lainnya berisiko diderita oleh anak-anak karena mereka bersentuhan dengan anak lain yang sudah memiliki gangguan kulit oleh karena kuman tertentu. Tentu saja, ada juga penyakit kulit yang bersifat keturunan dan jenis ini biasanya permanen.

Penyakit Kulit yang Umum Diderita Anak-anak

Meski kemungkinan jenis penyakit kulit yang diderita anak bisa sama dengan yang diderita orang dewasa, ada sebagian jenis yang kebanyakan mengenai anak-anak. Beberapa penyakit di bawah ini adalah contohnya.

  • Eksim

Eksim yang bernama medis dermatitis atopik ini merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit merah dan gatal. Meski sering terjadi pada anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa terbebas dari penyakit ini. Eksim adalah jenis penyakit kulit jangka lama (kronik) dan cenderung kambuh secara tiba-tiba, namun kemudian mereda. Pada sebagian individu, eksim bisa disertai dengan asma.

Meski obat untuk gangguan kulit yang satu ini belum tersedia, namun untuk menguranginya dapat dilakukan beberapa tindakan, misalnya:

  • Hindari penggunaan sabun yang dapat menyebabkan iritasi.
  • Gunakan krim atau salep obat jika dibutuhkan.
  • Rajin melembapkan kulit.

Jika tindakan di atas belum mampu meredakan eksim pada anak, segera kunjungi dokter.

  • Ruam popok (Diaper dermatitis)

Ruam popok atau peradangan pada daerah yang tertutup popok, seperti bokong. Penyakit yang satu ini ditengarai sebagai akibat dari kulit yang terlalu lama bersentuhan dengan air kencing dan tinja.

Ruam popok juga bisa disebabkan oleh paparan air yang terlalu banyak ataupun adanya sisa sabun dalam popok yang bersentuhan dengan kulit dalam waktu lama. Gangguan yang satu ini jangan dianggap remeh karena kondisi ini merupakan bentuk dasar dari dermatitis kontak iritan. Beruntung, gangguan kulit ini biasanya terbatas pada lokasi yang ditutupi popok saja sehingga penanganan dapat difokuskan pada daerah tersebut.

  • Kerak kepala bayi (Cradle cap)

Kondisi ini biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir hingga berusia tiga tahun. Hal ini ditandai dengan adanya sisik putih atau kuning yang tebal di permukaan kulit kepala. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan cradle cap yang merupakan istilah umum dari dermatitis seboroik. Pada orang dewasa, gangguan ini biasa disebut sebagai ketombe.

Meski jarang, gangguan ini terkadang bisa terjadi di beberapa bagian tubuh lain, seperti pada alis, kelopak mata, telinga, lipatan hidung, belakang leher, atau ketiak. Dalam beberapa kasus, penyakit ini bisa menyebabkan kulit terbelah dan mengeluarkan cairan kuning. Meski demikian, biasanya penyakit ini akan hilang dengan sendirinya. Namun jika tidak hilang juga, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

  • Campak

Jenis penyakit yang umum menimpa anak-anak lainnya adalah campak. Ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengan penyebaran yang cepat. Pada kasus yang jarang terjadi, penyakit campak dapat mengakibatkan komplikasi serius pada anak-anak, seperti pneumonia (peradangan pada paru-paru).

Kini sudah ada vaksinasi campak sebagai langkah pencegahan. Jika anak-anak sudah mendapatkan vaksin campak, maka kemungkinan mereka terkena penyakit ini akan makin minim.

  • Kutil

Kutil merupakan pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh virus HPV. Sebenarnya banyak sekali jenis virus HPV alias human pappillomavirus, yaitu lebih dari 60 jenis, namun hanya sebagian yang cenderung menyebabkan tumbuhnya kutil pada kulit. Virus HPV akan merangsang pertumbuhan sel-sel pada lapisan luar kulit dengan cepat hingga menumbuhkan kutil. Kutil pada anak dapat muncul pada muncul di jari, telapak tangan, telapak kaki, lutut, ataupun siku.

  • Cacar air

Cacar air adalah penyakit yang sangat umum menimpa kulit anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang bernama varicella-zoster. Gejala penyakit ini biasanya berupa demam panas disertai muncul ruam di kulit. Ruam sendiri muncul dalam bentuk melepuh seperti tetesan embun, bintik-bintik, dan koreng. Biasanya cacar air menimpa anak selama seminggu dan bisa menular kepada anak lain dalam waktu cepat. Beruntung, kini ada vaksinasi yang dilakukan secara luas sehingga penyakit kulit ini jarang diderita oleh anak-anak.

  • Impetigo

Penyakit kulit yang menimpa anak-anak ini bisa membuat bingung orang tua si kecil yang menderitanya. Hal ini karena impetigo memiliki bentuk hampir sama dengan penyakit infeksi kulit lain seperti selulitis dan kurap. Impetigo sendiri disebabkan oleh bakteri dan untungnya penyakit ini bisa dengan mudah dibasmi dengan antibiotik. Penyakit ini umumnya menyerang daerah sekitar mulut dan hidung anak, meski di tempat lain juga bisa terkena. Ciri impetigo adalah muncul ruam yang mengeluarkan air, melepuh, dan berwarna merah yang kemudian bisa berubah menjadi kerak berwarna kekuningan. Jika digaruk, penyakit ini bisa menyebar dan menjadi makin parah.

  • Biang keringat

Satu lagi jenis penyakit kulit yang sering menyerang tubuh anak-anak adalah biang keringat. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan pada pori kulit sehingga keringat tidak dapat keluar. Biang keringat kemudian akan menyebabkan munculnya bintik-bintik seperti jerawat yang memenuhi bagian leher dan kepala. Biasanya penyakit ini akan hilang dengan sendirinya. Orang tua harus memakaikan pakaian yang nyaman agar biang keringat tidak bertambah parah.

Jangan panik jika mendapati buah hati mendapatkan salah satu dari jenis penyakit kulit di atas. Jika mengalami kebingungan atau ragu-ragu dalam menghadapinya, segera konsultasikan kepada dokter anak.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Awas, Terlalu Sering Pakai Smartphone Bisa Buat Tulang Belakang Rusak Permanen

Awas, Terlalu Sering Pakai Smartphone Bisa Buat Tulang Belakang Rusak Permanen

Terlalu sering menggunakan smartphone bisa berakibat fatal bagi tulang belakang Anda. Berdasarkan penelitian, rata-rata orang memakai smartphone 110 kali sehari, dan itu bisa menyebabkan kerusakan permanen pada tulang leher hingga punggung.Saat membaca pesan teks atau main game di smartphone, tablet dan gadget sejenisnya, kepala cenderung menunduk dan condong ke depan dan bisa menambah tekanan serta beban pada tulang belakang. Kondisi inilah yang membuat seseorang merasa pegal dan sakit di leher setelah memakai ponsel dalam waktu lama.Dr. Matt Herba mengatakan makin banyak pasien, terutama anak-anak yang mengeluh menderita sakit pada lehernya. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa menjadi permanen."Studi menunjukkan ketika kepala condong ke depan, akan menambah beban hingga 4,5 kg pada tulang belakang," ujar Dr. Herba yang seorang ahli urut tulang di Florida, seperti dilansir Daily Mail.Ia menambahkan, anak muda zaman sekarang banyak yang menderita sakit leher akibat asyik memainkan ponsel atau smartphone mereka. Terlalu banyak menunduk bisa memicu kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada tulang rawan dan jaringan di antara ruas-ruas tulang belakang. Para dokter gigi spesiali [...]

Menangis Saat Nonton Film Melodrama Justru Buat Anda Lebih Bahagia

Menangis Saat Nonton Film Melodrama Justru Buat Anda Lebih Bahagia

Film-film melodrama seringkali membuat para penontonnya menangis tersedu-sedu. Tidak ada yang menyangka, kalau film bertema sedih ternyata justru bisa mendatangkan rasa bahagia.Penelitian yang dilakukan di Belanda menemukan bahwa mood seseorang bisa berubah setelah menangis saat menonton film drama melankolis. Hal itu terbukti lewat percobaan terhadap 60 responden.Para responden diminta menonton dua judul film; 'La Vita e Bella' dan 'Hachi: A Dog's Tale'. Setiap responden kemudian harus mendeskripsikan perasaan mereka saat mulai dan setelah nonton kedua film tersebut.Sekitar 60 persen responden menangis saat menonton 'Hachi: A Dog's Tale', film tentang kesetiaan anjing terhadap majikannya yang diangkat dari kisah nyata. Sementara 'La Vita e Bella' atau dikenal juga dengan 'Life Is Beautiful' berhasil membuat 45 persen responden menangis. Responden wanita dilaporkan lebih menangis tersedu-sedu dan frekuensinya juga lebih sering ketimbang responden pria.Poin menarik dari hasil studi ini adalah perasaan para responden setlah menangis. Mereka yang menangis saat film berlangsung, merasa lebih bahagia secara signifikan selama 90 menit setelah filmnya berakhir.Dr Asmir Gracanin, peneli [...]

Buka Baju di Jalanan, Aktivis Wanita Ini Buat Heboh Warga London

Buka Baju di Jalanan, Aktivis Wanita Ini Buat Heboh Warga London

Jae West telah membuat jalanan London, Inggris, heboh pada Minggu (16/8/2015). Di tengah jalan yang ramai dilewati orang, ia melepas pakaiannya dan berdiri hanya mengenakan bra dan celana dalam. Mata wanita cantik ini ditutupi dengan kain, dan di bawah kakinya terdapat papan tulis putih.Apa yang dilakukan Jae bukanlah sebuah sensasi untuk mencari popularitas semata. Jae adalah aktivis muda asal Perth, Australia yang pernah mengalami gangguan pola makan di masa remaja dan ketika ia berusia 20-an tahun.Demi memberikan semangat, dorongan dan dukungan kepada remaja-remaja yang bernasib sama seperti dirinya, Jae rela tampil tanpa busana di padatnya jalanan London, tepatnya di persimpangan Piccadilly Circus. Anggota kelompok sosial Liberators International ini berdiri dengan kedua tangan terbuka sambil memegang spidol, dan di depan kedua kakinya ada papan dengan pesan inspiratif."I?m standing for anyone who has struggled with an eating disorder or self esteem issue like me. ... To support self acceptance, draw a heart on my body," begitu yang tertulis pada papan.Jae mengajak orang-orang, termasuk yang mengalami masalah gangguan makan akut seperti anoreksia dan bulimia untuk percaya di [...]

3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria

3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria

Kesulitan untuk hamil bukan semata-mata masalah wanita. Untuk terjadinya kehamilan diperlukan kesuburan yang baik pada wanita dan pria. Untuk itu, kesuburan pria juga merupakan hal yang penting. Kesuburan seseorang sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu di antaranya adalah berat badan. Pada beberapa penelitian telah ditemukan bahwa kegemukan atau obesitas pada pria dapat menyebabkan penurunan kesuburan. Dalam berbagai penelitian telah ditemukan bahwa pada pria-pria yang obesitas terjadi hal-hal sebagai berikut: Jumlah sperma yang lebih sedikit Mempengaruhi komposisi sperma sehingga dapat mempengaruhi fungsi dan hasil pembuahan Selain itu, pada pria obesitas terjadi perubahan keseimbangan hormon testosteron sehingga dapat menyebabkan menurunnya gairah seksual dan performa seksual serta gangguan ereksi (disfungsi ereksi). Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi? 3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria 1. Gangguan Hormon Pada pria obesitas, ditemukan adanya penurunan hormon testosteron dan peningkatan hormon estrogen (hormon kewanitaan). Hal ini sangat berpengaruh pada proses pembentukan sperma, sehingga jumlah dan kualitas dapat menurun. Gangguan keseimbangan [...]

6 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Tanpa Bantuan Obat

6 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Tanpa Bantuan Obat

Cuaca yang tidak menentu bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit seperti flu atau demam. Untuk itu, Anda perlu meningkatkan sistem imun dengan makan sehat dan mengasup nutrisi yang cukup.Kesampingkan dulu meminum suplemen atau obat penguat daya tahan tubuh di apotek, tapi lakukan dengan cara alami seperti yang disarankan praktisi kesehatan holistik Dr Prasanna Kerur dari Ayush Wellness Spa, seperti dikutip dari Female First.1. Makanlah secukupnya, konsumsi makanan yang baru dimasak dan mudah dicerna. Hindari mengonsumsi produk susu olahan dan gandum berlebihan dengan memperbanyak sayur dan buah-buahan seperti jeruk, lobak, paprika, apel dan stroberi.2. Teh bisa bantu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidannya. Jika bosan dengan teh hijau, teh hitam atau oolong, Anda bisa mencoba membuat teh herbal sendiri yang mengandung jahe, kunyit atau kayu manis. Untuk teh herbal, minumlah 3-4 cangkir sehari.3. Jika mulai timbul gejala flu atau pilek, redakan dengan membuat minuman yang terdiri dari campuran bubuk kunyit dan madu. Campur bersama secangkir air hangat dan minum dua kali sehari.4. Minyak almond dan wijen bisa menjadi perisai Anda me [...]

Madu untuk Hilangkan Batuk dan Sakit Tenggorokan, Benarkah Efektif?

Madu untuk Hilangkan Batuk dan Sakit Tenggorokan, Benarkah Efektif?

Madu banyak dipercaya sebagai obat alami untuk meredakan batuk dan biasanya diminum sebelum tidur. Penggunaan madu untuk menyembuhkan batuk biasanya lebih banyak diterapkan pada anak-anak karena rasanya yang manis sehingga lebih mudah diminum.Benarkah madu efektif meredakan batuk, khususnya pada anak-anak? World Health Organisation dan American Academy Pediatrics sama-sama menyatakan kalau madu memang bisa membantu menghilangkan batuk. Dr Ronald McCoy dari Royal Australian College of General mengatakan, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa dengan memberikan satu sendok makan penuh madu setiap beberapa jam sekali bisa mengurangi iritasi pada tenggorokan. Efektivitas madu akan lebih terasa pada anak kecil ketimbang orang dewasa."The World Health Organisation merekomendasikan madu untuk redakan batuk pada penderita di negara-negara berkembang, dimana akses untuk mendapatkan pengobatan masih terbatas. Jadi meskipun buktinya belum cukup kuat, tetap ada efek menyembuhkan terutama pada anak kecil," ujar Dr Ronald seperti dikutip dari ABC Australia. Pendapat tersebut diperkuat dengan hasil studi di Amerika yang menunjukkan bahwa madu bisa menyembuhkan radang tenggorokan dan batuk [...]

Menjadi Ibu, Pekerjaan Paling Stres di Dunia?

Menjadi Ibu, Pekerjaan Paling Stres di Dunia?

Menjadi seorang ibu adalah pekerjaan yang menantang namun menyenangkan. Anda mungkin masih ingat bagaimana terharunya Anda ketika melihat anak Anda melewati fase merangkak menuju berjalan, atau ketika ia memanggil Anda dengan kata ?Mama? untuk pertama kali. Di balik kesenangan-kesenangan kecil yang berharga itu, tak jarang Anda merasa tertekan dan tidak nyaman, bahkan stres. Untuk mencegah stres berkelanjutan, Anda perlu mengetahui penyebab-penyebabnya. Apa saja? Berikut di antaranya: Kekurangan waktu untuk diri sendiri Siapapun tahu bahwa menjadi ibu adalah pekerjaan yang tidak mengenal waktu. Di antara kegiatan mengantar anak ke sekolah, membantunya mengerjakan PR, dan bermain dengan mereka, Anda pun harus menyisihkan waktu untuk memasak dan berbagai pekerjaan rumah lainnya. Tidak ada kata libur bagi Anda. Beberapa Penyebab Ibu Menjadi Depresi Insting melindungi yang terlalu berlebihan Banyak ibu yang terlalu protektif kepada anak, sehingga mereka tidak bisa mengendalikan diri mereka sendiri. Bukannya lega, pikiran mereka malah lebih sering kacau dan bercabang. Bayangkan saja, insting Anda untuk melindungi akan terus-menerus ada hingga si anak beranjak bes [...]

Peminum Alkohol Berisiko Terkena Kanker Kulit Hingga 55 Persen

Peminum Alkohol Berisiko Terkena Kanker Kulit Hingga 55 Persen

Peminum alkohol patut waspada dengan kesehatan kulitnya. Menurut penelitian terbaru, mengonsumsi minuman beralkohol secara rutin bisa meningkatkan risiko terkena melanoma, salah satu jenis kanker kulit ganas.Orang yang minum alkohol satu gelas sehari, risikonya 10 persen lebih tinggi menderita kanker kulit dibandingkan mereka yang hanya minum sesekali. Misalnya pada saat pesta saja atau jamuan meeting dengan klien.Sementara peminum yang mengonsumsi alkohol tiga gelas dalam sehari, risikonya bisa lebih tinggi lagi, yaitu mencapai 18 persen. Penelitian tersebut mencatat, semakin banyak jumlah konsumsi alkohol per harinya maka risiko terkena melanoma juga makin bertambah.Pada peminum yang mengonsumsi sedikitnya empat gelas sehari, risikonya lebih tinggi hingga 55 persen. Satu gelas dihitung mengandung 12,5 gram alkohol baik pada segelas wine maupun pada setengah liter bir.Konsumsi alkohol bisa meningkatkan risiko kanker kulit, karena membuat orang jadi lebih ceroboh saat melindungi dirinya (terutama kulit) dari paparan sinar matahari (akibat mabuk). Alkohol juga menyebabkan perubahan biologis yang membuat kulit lebih sensitif terhadap cahaya dan memperburuk efek negatif dari papara [...]

Kemampuan Bersepeda Mampu Membedakan Penyakit Parkinson

Kemampuan Bersepeda Mampu Membedakan Penyakit Parkinson

Mulai maraknya kesadaran akan manfaat bersepeda dikalangan umum, memberikan dampak positif pada pola hidup yang sebelumnya lebih mengarah pada pola hidup yang merugikan. Salah satu manfaat bersepeda ternyata dikemukakan oleh salah seorang peneliti dari Jepang dalam Journal of Parkinson?s Disease, yaitu mengenai kemampuan seseorang bersepeda dapat menjadi acuan pembeda dari tipe penyakit Parkinson dan tipe Parkinsonisme diluar dari faktor situasi dan kondisi keadaan tempat bersepeda. Gangguan parkinsonisme merupakan gangguan syaraf yang pertama kali kemukakan oleh Dr. James Parkinson dimana berkurangnya zat dopamine yang berguna sebagai penghubung pada syaraf motorik . James sendiri menggunakan istilah Paralysis Agitans dikarenakan gangguan ini mempengaruhi gerak motorik seseorang sehingga gerakannya menjadi kaku bahkan menghilangkan refleks postural yang menyebabkan orang tersebut sering jatuh dan tidak mampu melakukan gerakan pencegahan yang umumnya secara otomatis dilakukan oleh tubuh. Semakin berkembangnya penelitian mengenai paralysis agitans, ditemukan mengenai penyakit Parkinson yang merupakan penyakit neurodegenerative progressive. Yaitu penyakit syaraf yang terus menurun na [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *