Anak-anak Sering Terkena Jenis Penyakit Kulit Ini

anak-anak-sering-terkena-jenis-penyakit-kulit-ini-alodokter.jpg

Penyakit kulit bisa diderita oleh siapa saja, tidak peduli mereka dewasa atau anak-anak. Ruam dan gatal-gatal yang biasa diderita anak-anak biasanya terkait oleh respons akibat faktor lingkungan dan makanan.

Selain itu, anak-anak yang terutama masih bayi atau balita lebih cenderung memiliki penyakit kulit karena kebiasaan sehari-hari mereka memakai popok. Beberapa masalah kulit lainnya berisiko diderita oleh anak-anak karena mereka bersentuhan dengan anak lain yang sudah memiliki gangguan kulit oleh karena kuman tertentu. Tentu saja, ada juga penyakit kulit yang bersifat keturunan dan jenis ini biasanya permanen.

Penyakit Kulit yang Umum Diderita Anak-anak

Meski kemungkinan jenis penyakit kulit yang diderita anak bisa sama dengan yang diderita orang dewasa, ada sebagian jenis yang kebanyakan mengenai anak-anak. Beberapa penyakit di bawah ini adalah contohnya.

  • Eksim

Eksim yang bernama medis dermatitis atopik ini merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit merah dan gatal. Meski sering terjadi pada anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa terbebas dari penyakit ini. Eksim adalah jenis penyakit kulit jangka lama (kronik) dan cenderung kambuh secara tiba-tiba, namun kemudian mereda. Pada sebagian individu, eksim bisa disertai dengan asma.

Meski obat untuk gangguan kulit yang satu ini belum tersedia, namun untuk menguranginya dapat dilakukan beberapa tindakan, misalnya:

  • Hindari penggunaan sabun yang dapat menyebabkan iritasi.
  • Gunakan krim atau salep obat jika dibutuhkan.
  • Rajin melembapkan kulit.

Jika tindakan di atas belum mampu meredakan eksim pada anak, segera kunjungi dokter.

  • Ruam popok (Diaper dermatitis)

Ruam popok atau peradangan pada daerah yang tertutup popok, seperti bokong. Penyakit yang satu ini ditengarai sebagai akibat dari kulit yang terlalu lama bersentuhan dengan air kencing dan tinja.

Ruam popok juga bisa disebabkan oleh paparan air yang terlalu banyak ataupun adanya sisa sabun dalam popok yang bersentuhan dengan kulit dalam waktu lama. Gangguan yang satu ini jangan dianggap remeh karena kondisi ini merupakan bentuk dasar dari dermatitis kontak iritan. Beruntung, gangguan kulit ini biasanya terbatas pada lokasi yang ditutupi popok saja sehingga penanganan dapat difokuskan pada daerah tersebut.

  • Kerak kepala bayi (Cradle cap)

Kondisi ini biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir hingga berusia tiga tahun. Hal ini ditandai dengan adanya sisik putih atau kuning yang tebal di permukaan kulit kepala. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan cradle cap yang merupakan istilah umum dari dermatitis seboroik. Pada orang dewasa, gangguan ini biasa disebut sebagai ketombe.

Meski jarang, gangguan ini terkadang bisa terjadi di beberapa bagian tubuh lain, seperti pada alis, kelopak mata, telinga, lipatan hidung, belakang leher, atau ketiak. Dalam beberapa kasus, penyakit ini bisa menyebabkan kulit terbelah dan mengeluarkan cairan kuning. Meski demikian, biasanya penyakit ini akan hilang dengan sendirinya. Namun jika tidak hilang juga, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

  • Campak

Jenis penyakit yang umum menimpa anak-anak lainnya adalah campak. Ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengan penyebaran yang cepat. Pada kasus yang jarang terjadi, penyakit campak dapat mengakibatkan komplikasi serius pada anak-anak, seperti pneumonia (peradangan pada paru-paru).

Kini sudah ada vaksinasi campak sebagai langkah pencegahan. Jika anak-anak sudah mendapatkan vaksin campak, maka kemungkinan mereka terkena penyakit ini akan makin minim.

  • Kutil

Kutil merupakan pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh virus HPV. Sebenarnya banyak sekali jenis virus HPV alias human pappillomavirus, yaitu lebih dari 60 jenis, namun hanya sebagian yang cenderung menyebabkan tumbuhnya kutil pada kulit. Virus HPV akan merangsang pertumbuhan sel-sel pada lapisan luar kulit dengan cepat hingga menumbuhkan kutil. Kutil pada anak dapat muncul pada muncul di jari, telapak tangan, telapak kaki, lutut, ataupun siku.

  • Cacar air

Cacar air adalah penyakit yang sangat umum menimpa kulit anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang bernama varicella-zoster. Gejala penyakit ini biasanya berupa demam panas disertai muncul ruam di kulit. Ruam sendiri muncul dalam bentuk melepuh seperti tetesan embun, bintik-bintik, dan koreng. Biasanya cacar air menimpa anak selama seminggu dan bisa menular kepada anak lain dalam waktu cepat. Beruntung, kini ada vaksinasi yang dilakukan secara luas sehingga penyakit kulit ini jarang diderita oleh anak-anak.

  • Impetigo

Penyakit kulit yang menimpa anak-anak ini bisa membuat bingung orang tua si kecil yang menderitanya. Hal ini karena impetigo memiliki bentuk hampir sama dengan penyakit infeksi kulit lain seperti selulitis dan kurap. Impetigo sendiri disebabkan oleh bakteri dan untungnya penyakit ini bisa dengan mudah dibasmi dengan antibiotik. Penyakit ini umumnya menyerang daerah sekitar mulut dan hidung anak, meski di tempat lain juga bisa terkena. Ciri impetigo adalah muncul ruam yang mengeluarkan air, melepuh, dan berwarna merah yang kemudian bisa berubah menjadi kerak berwarna kekuningan. Jika digaruk, penyakit ini bisa menyebar dan menjadi makin parah.

  • Biang keringat

Satu lagi jenis penyakit kulit yang sering menyerang tubuh anak-anak adalah biang keringat. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan pada pori kulit sehingga keringat tidak dapat keluar. Biang keringat kemudian akan menyebabkan munculnya bintik-bintik seperti jerawat yang memenuhi bagian leher dan kepala. Biasanya penyakit ini akan hilang dengan sendirinya. Orang tua harus memakaikan pakaian yang nyaman agar biang keringat tidak bertambah parah.

Jangan panik jika mendapati buah hati mendapatkan salah satu dari jenis penyakit kulit di atas. Jika mengalami kebingungan atau ragu-ragu dalam menghadapinya, segera konsultasikan kepada dokter anak.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengapa Nyeri Pada Telapak Kaki?

Mengapa Nyeri Pada Telapak Kaki?

Nyeri pada telapak kaki sering dialami oleh setiap orang. Namun sering diabaikan karena dianggap tidak berbahaya. Nyeri pada telapak kaki dapat timbul bila terjadi Plantar Fasciitis atau peradangan pada jaringan di kaki. Pada telapak kaki terdapat jaringan penyokong yang menghubungkan antara tumit hingga jari-jari kaki. Penyokong ini berperan dalam menyokong lengkung telapak kaki sehingga bila kaki kita menapak, jaringan tersebut akan meregang. (Baca: Telapak Kaki Anak Datar) Banyak berjalan, berlari, berdiri, menggunakan sepatu dengan alas tinggi, berat badan berlebih, peregangan mendadak pada tumit dapat menjadi penyebab timbulnya masalah ini. Penyakit ini banyak timbul pada perempuan terutama usia 40 tahun ke atas. Bila terjadi penyakit ini penanganan yang dapat diberikan adalah: Penghilang nyeri dan anti peradangan. Penderita juga dianjurkan untuk menggunakan sepatu dengan sol yang tebal dan lunak. Juga tidak dianjurkan untuk menggunakan sepatu dengan hak tinggi. Sebaiknya mengurangi aktivitas berjalan dan berlari selama fase pengobatan. Dalam beberapa saat proses peradangan akan hilang dan masalah akan sembuh secara perlahan. Untuk [...]

Tips Mencegah Diare Akibat Makan Telur

Tips Mencegah Diare Akibat Makan Telur

Walaupun telur kaya akan manfaat dan baik untuk tubuh, telur juga dapat menimbulkan masalah jika tidak diolah dengan benar. Karena jika salah-salah pengolahan dan penyimpanan, telur yang ada malah bukannya memberikan manfaat kesehatan tetapi justru menimbulkan masalah kesehatan lebih berbahaya lagi. Telur mentah dapat menyebabkan keracunan akibat bakteri Salmonella Enteriditis yang mengkontaminasi telur. Akibat dari infeksi bakteri ini, pemakan menimbulkan gejala diare yang membuat sengsara. Maka dari itu sangat penting untuk tahu cara memilih, menyimpan, dan mengolah telur dengan benar. Berikut ini adalah tips-tips mencegah infeksi salmonella yang bisa membantu: 1. Pilih Telur yang Bagus Untuk mendapatkan telur yang bagus perhatikan kondisi telur. Bagaimana mengetahui telur yang bagus dan telur yang buruk? Berikut dapat dijadikan panduan: Pilihlah telur yang memiliki cangkang yang utuh (tidak retak), Cermati dan hindari telur yang terlihat kotoran yang menempel, pastikan Anda hanya memilih telur yang bersih, Telur yang bagus adalah tenggelam dan tidak terapung saat direndam di dalam air. 2. Simpanlah Telur Pada [...]

6 Cara untuk Mencegah Kram pada Kaki

6 Cara untuk Mencegah Kram pada Kaki

Kram atau yang biasa disebut kejang otot bisa terjadi kapan dan di mana saja, termasuk jari-jari kaki. Untuk mencegahnya terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar peredaran darah di jemari kaki menjadi lebih lancar dan tidak mudah alami kram.Kram biasanya terjadi karena ukuran sepatu yang terlalu ketat atau kebiasaan sering berolahraga di atas permukaan yang keras tanpa alas kaki. Ketidakseimbangan cairan dan mineral tubuh juga bisa memicu terjadinya kram otot pada jemari kaki. Seperti yang dikutip dari detikhealth, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kram pada jari kaki.1. Pilih sepatu yang longgarSepatu yang terlalu ketat di bagian ujung membuat jari kaki sering mengalami tekanan saat melangkah, apalagi saat berjinjit. Akibatnya aliran darah di tempat itu kurang lancar sehingga jari mudah kram.2. Jauhi Hak TinggiKalaupun terpaksa harus mengenakan hak tinggi, sesekali lepaskan agar jari kaki punya kesempatan untuk istirahat. Sekalipun ukurannya longgar, bentuk sepatu hak tinggi menyebabkan jari selalu menekuk sehingga aliran darah tidak lancar.3. Cukupi Kebutuhan Mineral TubuhSalah satu pemicu kram pada jari kaki adalah kekurangan mineral teru [...]

6 Anjuran Kesehatan yang Klise, Tapi Terbukti Benar Secara Ilmiah

6 Anjuran Kesehatan yang Klise, Tapi Terbukti Benar Secara Ilmiah

Sebagian dari Anda mungkin ingat di kala kecil, ibunda sering melarang bermain keluar saat hujan turun karena bisa terkena pilek. Ada pula 'orang dulu' yang mengatakan kalau sering makan pisang saat hamil akan melahirkan bayi laki-laki, banyak-banyaklah makan sup ayam agar flu cepat sembuh, dan masih banyak lagi anjuran lainnya. Anjuran orangtua zaman dulu kerap disepelekan karena dianggap mitos, klise dan kurang masuk akal. Tapi sejumlah penelitian telah membuktikan ada beberapa yang berdasarkan fakta dan telah terbukti kebenarannya.1.'Jangan Hujan-hujanan, Nanti Pilek'Tubuh yang basah dan kedinginan, jika dibiarkan terlalu lama memang bisa memicu pilek, hal itu telah dibuktikan berdasarkan penelitian dari Cardiff University, Inggris. Penelitian melibatkan dua kelompok responden, kelompok pertama diminta merendam kaki mereka ke dalam baskom berisi es batu selama 20 menit. Sedangkan kelompok kedua memasukkan kaki mereka ke baskom kosong. Empat atau lima hari kemudian, hampir 30 persen responden yang merendam kakinya dalam baskom es batu mengalami gejala pilek. Jumlah ini jauh lebih besar ketimbang kelompok kedua yang hanya sembilan persen."Terkena hawa dingin terutama di area ka [...]

Suntik Botox Bisa Sembuhkan Disfungsi Kandung Kemih

Suntik Botox Bisa Sembuhkan Disfungsi Kandung Kemih

Suntik botox biasanya dilakukan untuk mencegah timbulnya kerutan dan kulit kusam karena penuaan. Tapi kini, obat antikerut itu juga dapat digunakan untuk mengobati wanita yang menderita disfungsi kandung kemih, yang menyebabkan inkontinensia atau sering buang air kecil.Bagi para wanita yang memiliki kandung kemih yang terlalu aktif, harus menggunakan obat jika metode lain terbukti tidak efektif. Aturan ini telah dikeluarkan oleh Regulator obat National Institute for Health and Clinical Excellence (NICE).Dikutip dari Daily Mail, satu dari lima orang di Inggris dan Wales menderita sindrom kandung kemih tersebut. Gejalanya yaitu, mereka selalu merasa terdesak untuk menggunakan toilet. "Botox memberikan perbaikan dramatis bagi banyak orang dan memungkinkan mereka untuk melanjutkan gaya hidup normal," ungkap Andrew Hextall, konsultan urogynaecologist dari Spire Bushey Hospital dan St Albans City Hospital di Hertfordshire.Botox merupakan obat yang mengandung sejumlah toksin botulinum yang dimurnikan. "Botox dapat melumpuhkan otot-otot kandung kemih sehingga mencegah mereka menegang," jelas Hextall."Tapi efeknya hanya berlangsung selama enam sampai delapan bulan, sehingga suntikan perl [...]

Studi: Makan Banyak Sayur dan Buah Tiap Hari Buat Anda Lebih Panjang Umur

Studi: Makan Banyak Sayur dan Buah Tiap Hari Buat Anda Lebih Panjang Umur

Ingin hidup lebih lama? Maka konsumsilah banyak sayur dan buah setiap hari. Studi terbaru menemukan, orang yang makan tujuh sajian sayur dan buah dalam sehari, risiko kematiannya bisa berkurang hingga 42 persen. Antara sayur dan buah, ternyata sayuran yang lebih penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh.Seperti dikutip dari CNN, para peneliti di Inggris menganalisa data lebih dari 65 ribu orang dewasa yang berusia 35 tahun ke atas. Mereka sebelumnya menjadi partisipan dalam Health Surveys for England (HSE) untuk sebuah studi yang dilakukan antara tahun 2001 dan 2008. Peneliti HSE menanyakan kepada partisipan bagaimana konsumsi sayur dan buah mereka selama 24 jam. Kecukupan porsi sayur dan buah yang disarankan Department of Health di Inggris, diperkirakan antara 80 gram per sajian. Hasilnya diketahui bahwa rata-rata partisipan mengonsumsi 3,8 sajian buah dan sayur per hari. Wanita yang berusia lebih dewasa dan tidak merokok cenderung makan makanan sehat ini lebih banyak dibandingkan kelompok partisipan lainnya. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak sayur dan buah memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah. Dari temuan tersebut [...]

4 Bahaya Kesehatan Akibat Sulit Tidur

4 Bahaya Kesehatan Akibat Sulit Tidur

Tidur yang berkualitas merupakan kunci utama untuk dapat berpikir jernih dan merasa rileks. Kurangnya waktu tidur bisa buat Anda merasa letih dan sensitif, bahkan berisiko mengalami masalah kesehatan. Seperti yang dikutip dari ehow, berikut empat bahaya yang timbul akibat kebiasaan sulit tidur.1. Kewaspadaan Mental dan Kemampuan KognitifDalam jangka pendek, kurang tidur dapat mengurangi kewaspadaan mental. Menurut WebMD, hilangnya 90 menit waktu tidur dapat menurunkan kewaspadaan mental sebesar 32 persen. Jika kewaspadaan berkurang, dapat menyebabkan seseorang mengalami kecelakaan saat beraktivitas. Menurut National Highway Traffic Safety Commission, 100 ribu kecelakaan mobil terjadi akibat kurangnya kewaspadaan mental karena kurang waktu tidur.2. Kulitas HidupKurang tidur bisa mengurangi kualitas hidup, sehingga sulit bagi Anda untuk menikmati kegiatan sehari-hari. Jika kurang waspada dan mudah merasa lelah, Anda mungkin tidak dapat terlibat dalah aktivitas keluarga seperti travelling atau bermain dengan si kecil. Kebiasaan itu juga dapat merusak waktu tidur pasangan dan memaksa Anda untuk tidak tidur bersama. Sulit tidur juga bisa membaut seseorang merasa murung, tertekan, teg [...]

Uang Bisa Membeli Kebahagiaan, Begini 4 Caranya

Uang Bisa Membeli Kebahagiaan, Begini 4 Caranya

Uang tidak bisa membeli kebahagiaan, siapa bilang? Jika Anda termasuk orang yang memiliki prinsip tersebut, mungkin perlu berpikir dua kali. Menurut sejumlah penelitian, uang ternyata tidak hanya bisa membeli sesuatu yang bersifat materiil tapi juga juga moril. Seperti apa?1. Gunakan untuk BerpetualangPenelitian yang dilakukan oleh Miriam Tatzel, PhD dari Empire State College, State University of New York menemukan bahwa menghabiskan uang untuk traveling akan membuat orang merasa lebih bahagia ketimbang menggunakannya untuk membeli barang, semahal apa pun harganya. Uang yang digunakan untuk makan di restoran berkualitas baik atau menonton pertunjukan (teater, sirkus, musikal, konser) juga akan memberikan efek bahagia yang sama. 2. Menghadiahkan Orang TercintaPara peneliti dari Harvard University menemukan bahwa memakai uang untuk memberikan kebaikan kepada orang lain --dikenal juga dengan pengeluaran prososial-- akan meningkatkan kesehatan fisik maupun mental. Dalam studi tersebut, peneliti memberikan sejumlah uang kepada partisipan. Beberapa dari mereka diminta menghabiskan uang untuk orang lain sementara yang lainnya untuk diri sendiri. Partisipan yang membelikan sesuatu untuk [...]

Tips Pilih Sunglasses Agar Terhindar dari Kebutaan Akibar Sinar Matahari

Tips Pilih Sunglasses Agar Terhindar dari Kebutaan Akibar Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan tidak hanya merusak kulit, tapi juga berisiko menyebabkan kebutaan. Seorang jurnalis dan presenter Anderson Cooper bahkan pernah mengalami kebutaan sementara setelah syuting di luar ruangan selama beberapa jam. Penyebabnya, eye sunburn akibat sinar UV yang memantul di air dan mengenai matanya.Dijelaskan David Sendrowski, O.D., ketua dari ocular disease and chronic care service di Southern California College of Optometry, terkena sinar UV lebih dari 30 menit bisa merusak sel di lapisan terluar mata. Risiko bisa lebih tinggi apabila Anda berada di negara dengan iklin panas, di dekat salju atau air dimana sinar matahari bisa datang dari langit maupun permukaan yang memantulkan sinarnya.Gejala yang dialami umumnya sakit dan rasa terbakar pada mata, terasa ada sesuatu yang tersangkut di mata, lebih sensitif terhadap cahaya dan penglihatan kabur. Menurut David, gejala ini umumnya berkembang 24 sampai 36 jam pasca terpapar sinar matahari di luar ruangan. Untuk melindungi agar mata terlindung dari UVA dan UVB, tak ada cara yang lebih efektif selain menggunakan sunglasses. Anda pun harus cermat memilih kacamata yang digunakan. Ini tips memilihnya, s [...]

Mood Buruk Saat Datang Bulan? Cerita Lama!

Mood Buruk Saat Datang Bulan? Cerita Lama!

Fluktuasi hormon diduga menjadi penyebab naik dan turunnya mood saat sedang haid. Sering merasa lebih emosional menjelang masa datang bulan? Kenali penyebab dan cara mencegah fluktuasi mood saat haid tiba. PMS dan Hormon Perubahan mood sering menjadi ciri utama Premenstrual Syndrome (PMS). PMS adalah gejala-gejala akibat perubahan hormon menjelang masa menstruasi. Umumnya periode ini terjadi 10 hari sebelum masa datang bulan, saat kadar hormon estrogen dan progesteron berubah drastis. Sejak masa awal pubertas, ovarium wanita mulai melepaskan hormon estrogen. Dalam satu siklus menstruasi, estrogen terus dilepaskan hingga mencapai puncaknya saat terjadi pelepasan sel telur atau ovulasi. Setelah itu kadar estrogen menurun drastis sebelum akhirnya pelan-pelan meningkat lagi. PMS sering diidentikkan dengan depresi, kecemasan, perasaan yang sensitif, melankoli, atau bahkan kemarahan dan membenci diri sendiri. Wanita yang sedang mengalami PMS cenderung mempersepsikan segala hal atau komentar dari sudut pandang negatif, meski fakta nyatanya tidak demikian. Selain suasana hati yang terpengaruh perubahan kadar hormon, gejala PMS lain adalah diare, payudara terasa nyeri, dan kram. Kadar nor [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *