Anda dan Keluarga Butuh Asuransi Kesehatan

Tidak-Hanya-Anda-Anak-Juga-Butuh-Asuransi-LP.jpg

Balita memiliki kecenderungan untuk sakit dan menjalani rawat inap lebih tinggi daripada orang dewasa.

Tiap orang sebaiknya memiliki asuransi kesehatan sejak masih kecil. Apalagi sistem kekebalan tubuh yang belum kuat membuat anak-anak lebih rentan untuk sakit dan menjalani rawat inap. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya dipertimbangkan saat memilih asuransi kesehatan untuk anak.

Pahami arti

Jika asuransi kesehatan orang dewasa berfungsi membagi risiko yang terjadi ketika sakit, asuransi kesehatan anak bertujuan memberikan fasilitas penunjang kebutuhan kesehatan, seperti biaya pengobatan rawat jalan, rawat inap, dan vaksinasi.

Bersama orang tua

Umumnya asuransi kesehatan untuk anak di bawah 24 tahun harus mengikutsertakan orang tua. Maka jika membeli asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan pasangan, ada baiknya sekaligus mengikutsertakan anak. Dalam memilih asuransi untuk anak, pada dasarnya Anda sebaiknya membaca cara memilih asuransi kesehatan untuk orang dewasa.

Sebelumnya, jika Anda dan atau pasangan bekerja tetap di sebuah perusahaan, periksa dulu fasilitas kesehatan yang diberikan kantor. Cobalah untuk memeriksa:

  • Klaim persalinan: berapa nominal atau persentase biaya yang ditanggung oleh pihak asuransi atau perusahaan.
  • Klaim imunisasi wajib untuk anak di tahun pertama.
  • Klaim biaya rawat dan rawat jalan (jika ada) untuk anak.

Sebagian besar perusahaan memberikan asuransi yang menanggung keluarga hanya kepada karyawan pria, tapi tidak untuk pegawai wanita. Namun ada juga yang hanya menanggung biaya kesehatan si karyawan itu sendiri, tanpa anggota keluarga. Pada situasi inilah Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan sendiri untuk anggota keluarga.

Asuransi jiwa plus kesehatan atau asuransi kesehatan saja?

Anak tidak perlu didaftarkan untuk asuransi jiwa karena mereka tidak memiliki nilai ekonomis. Cukup orang tua saja yang memiliki asuransi jiwa karena anak-anak akan kehilangan sumber pendapatan jika salah seorang atau kedua orangtua meninggal. Selain itu asuransi kesehatan yang hanya berfungsi sebagai tambahan/rider dari asuransi jiwa, tidak akan berfungsi secara maksimal.

Cek kelengkapan fasilitas asuransi

Pada umumnya asuransi hanya menjamin rawat inap. Tetapi jika anak Anda relatif sering sakit, ada baiknya Anda menggunakan asuransi yang menyediakan rawat inap dan rawat jalan, serta vaksinasi. Sebagai konsekuensi, premi yang dibayarkan lebih mahal dibandingkan yang menawarkan rawat inap saja. Periksa juga kelengkapan fasilitas seperti pertanggungan biaya kamar, obat-obatan, dokter, operasi, serta diagnosis dokter sebelum dan sesudah rawat inap.

Sesuai kemampuan

Sadari kemampuan Anda membayar premi. Tidak perlu memaksakan memiliki fasilitas kamar VIP jika Anda hanya dapat menyisihkan premi untuk kamar kelas 2.

Pada dasarnya, memilih asuransi untuk anak serupa dengan memilih asuransi kesehatan dewasa, tapi yang juga dapat menanggung biaya kesehatan anak-anak. Cermat dalam memilih asuransi untuk seluruh anggota keluarga dapat meringankan pengeluaran saat sakit.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengenal Serat Lebih Dekat

Mengenal Serat Lebih Dekat

Kita sering mendengar bahwa serat dapat membantu memperlancar buang air besar. Namun apakah hanya itu kegunaannya? Sebenarnya apakah serat itu? Serat adalah suatu bagian dari makanan berupa tumbuhan yang tidak dapat dicerna ataupun diserap oleh tubuh sehingga akan keluar dari tubuh dalam bentuk yang utuh. Secara umum, serat dibagi menjadi 2 jenis. Mengenal Serat Lebih Dekat Secara umum, serat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu: 1. Serat larut Jenis serat ini akan larut dalam air dan membentuk bahan seperti jel. Banyak ditemukan dalam gandum, kacang, apel, jeruk dan wortel. Serat ini berguna untuk menurunkan kolesterol dan gula dalam darah. 2. Serat tidak larut Serat yang tidak larut dalam air membantu untuk membentuk masa kotoran yang baik dan lebih mudah lewat dalam saluran pencernaan sehingga dapat membantu mencegah sulit buang air besar. Banyak ditemukan dalam tepung gandum, gandum, kacang-kacangan, kol, kacang hijau dan kentang. Selain itu, secara umum, makanan tinggi serat lebih sulit untuk dikunyah dan dicerna sehingga tidak menyebabkan kita cepat lapar. Selain itu jumlah kalorinya juga rendah sehingga baik untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaga [...]

Hobi Makan Sayur Seperti Vegetarian Bisa Terhindar dari Katarak

Hobi Makan Sayur Seperti Vegetarian Bisa Terhindar dari Katarak

Bagi sebagian orang, hanya memakan sayuran mungkin terdengar tidak masuk akal. Tetapi studi terbaru menunjukkan bahwa mereka yang vegetarian memiliki risiko mengidap katarak lebih rendah.Katarak merupakan proses pengeruhan pada mata, dan menjadikan sebagian atau keseluruhan mata terlihat seperti ditutupi oleh selaput putih. Biasanya katarak menyerang pria dan wanita yang berusia lanjut.Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan katarak. Selain merokok, diabetes dan terlalu banyak terkena sinar matahari ternyata mengonsumsi daging merupakan salah satu faktor penyebab katarak. Kesimpulan tersebut ditemukan oleh peneliti dari Oxford University di Inggris.Seperti yang dikutip dari WebMD, penelitian itu dilakukan kepada 27.670 orang responden yang tergabung dalam European Prospective Investigation in Cancer and Nutrition. eserta yang terdaftar dipilih berdasarkan usia, yaitu diatas 40 tahun.Penelitian yang dilakukan dari tahun 1993 hingga 2008 ini mengungkapkan hasil yang cukup mengejutkan. Dibandingkan dengan peserta yang rutin memakan daging setiap hari, ternyata peserta yang hanya menyantap sayur-sayuran hijau setiap harinya memiliki risiko 40% lebih rendah.Responden yang masih meny [...]

Tempat Penitipan Bisa Rusak Kesehatan Anak?

Tempat Penitipan Bisa Rusak Kesehatan Anak?

Bagi ibu yang sibuk, menitipkan anak ke tempat penitipan merupakan sebuah solusi. Namun menurut psikolog terkemuka, Aric Sigman, menaruh bayi atau balita Anda di tempat penitipan anak justru bisa merusak perkembangan otak dan kesehatan mereka di kemudian hari.Sigman menjelaskan bahwa anak yang dirawat oleh orang asing dalam jangka waktu lama di tahun-tahun pertamanya, bisa membuat kadar stres anak meningkat. Akibatnya, si kecil jadi lebih sering terkena penyakit ringan seperti pilek dan batuk. Sedangkan untuk jangka panjang, ia bisa menderita penyakit jantung ketika dewasa nanti.Seperti yang dikutip dari Daily Mail, tempat penitipan anak tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik namun juga berdampak pada mental. Anak-anak yang kehilangan perhatian dari ibunya pada tahun penting perkembangan mereka, bisa membuat mereka kesulitan menjalin hubungan dengan orang dewasa.Dalam sebuah artikel yang dikutip dari Biologist Journal, Sigman mengutip penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan hormon stres ketika anak dititipkan di tempat penitipan. Peningkatan stres tersebut hanya muncul hingga usia anak mencapai tiga tahun atau lebih. Namun Sigman menjelaskan, dampaknya bisa terus di [...]

Jangan Remehkan Penyakit Cacingan

Jangan Remehkan Penyakit Cacingan

Penyakit Cacingan sering disebut infeksi cacing, dimana mahluk kecil ini akan menyerang tubuh seseorang dengan cara menempelkan diri (baik di luar maupun di dalam tubuh) dan mengambil nutrisi dari tubuh seseorang. Terkena penyakit cacingan dapat melemahkan tubuh dan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Cacingan merupakan hewan tidak bertulang yang berbentuk lonjong dan panjang, berawal dari telur atau larva hingga berubah menjadi bentuk cacing dewasa. Cacing yang masuk dalam tubuh seseorang akan terinfeksi seperti, infeksi kulit, otot, paru-paru, ataupun usus atau saluran pencernaan. Ada beberapa jenis cacing dan gejalanya dalam tubuh, yaitu; Cacing kremi : cacing ini sering menginfeksi anak-anak, berukuran 1cm, biasanya menginfeksi organ usus. Terlur cacing ini dapat bertahan di kulit anak-anak selama berjam-jam dan dapat bertahan hidup selama 3 minggu pada pakaian, mainan dan tempat tidur. Rasa gatal disekitar daerah anus atau vulva (kemaluan wanita) ini adalah gejalanya. Cacing gelang : cacing yang berukuran besar, dapat menginfeksi manusia ataupun binatang (kucing/anjing), bentuknya menyerupai cacing tanah dan hidup dalam usus besar serta dapat berpindah [...]

Kini Harga Obat Kanker Lebih Terjangkau Karena Diproduksi Dalam Negeri

Kini Harga Obat Kanker Lebih Terjangkau Karena Diproduksi Dalam Negeri

Sebuah titik cerah di dunia kesehatan Indonesia kembali terbit, setelah sejak 2014 PT. Kalbe Farma telah resmi mengoperasikan pabrik obat kanker di kawasan Pulogadung, Jakarta. Demikiannya hal ini berdampak pada lebih terjangkaunya harga obat kanker di Indonesia. Sebagaimana disampaikan Michael Buyung Nugroho, Direktur PT. Kalbe Farma Tbk., "Dengan adanya pabrik tersebut, harga obat kanker dapat ditekan sampai dengan 40 persen," pada kesempatan jumpa pers di Kalbe Oncology Forum Sabtu (2/5/2015). Usaha produksi mandiri ini dapat terealisasi setelah Kalbe melakukan transfer teknologi dengan Samyang Pharmaceutical, Korea Selatan. Dengan produk obat kanker yang telah tersedia untuk kemoterapi dan terapi penunjang kemo, serta nutrisi untuk pasien, Kalbe memberikan harapan pada dunia kesehatan Indonesia, pada khususnya onkologi. Pasalnya, kanker telah lama menjadi momok yang diderita masyarakat Indonesia. Sebagaimana terlansir dari data Jamkesmas pada tahun 2012, pengobatan kanker telah menghabiskan Rp.144,7 miliar. Demikiannya kehadiran obat kanker dengan harga yang lebih terjangkau dapat membantu meringankan beban biaya rakyat Indonesia dalam mengupayakan penanganan penyakit kanker. O [...]

Langkah Awal Atasi Kulit Menggelambir Pasca Turun Berat Badan

Langkah Awal Atasi Kulit Menggelambir Pasca Turun Berat Badan

Setelah berhasil menurunkan berat badan dan 'lepas' dari kegemukan, masalah biasanya tidak hanya sampai di situ. Turun berat badan secara drastis seringkali menimbulkan persoalan baru, yaitu kelebihan kulit yang membuatnya terlihat menggelambir. Kulit yang kendur dan menggelambir pasca penurunan berat badan bisa diatasi, hanya saja perlu waktu yang sedikit lama. Berikut ini beberapa cara agar kulit kembali kencang, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Minum Banyak AirAir putih sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit Anda. Pastikan Anda cukup minum air putih sedikitnya dua liter per hari agar kulit selalu sehat dan segar.2. Pola Diet Sehat dan SeimbangProtein merupakan nutrisi yang membantu meningkatkan elastisitas kulit. Jadi, perbanyaklah asupan protein yang berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian, tahu juga ikan. Makanan ini juga kaya akan kolagen dan elastin yang bisa mengondisikan kulit agar terlihat lebih baik. Idealnya, Anda harus mengonsumsi 100 sampai 200 kalori dari protein sebagai asupan nutrisi pasca olahraga untuk kulit yang lebih kencang.3. Perawatan yang Menutrisi KulitLakukan eksfoliasi kulit secara rutin, minimal satu minggu sekali. Pengelupasan tidak ha [...]

3 Fakta Minuman Bersoda Sebabkan Anak Agresif

3 Fakta Minuman Bersoda Sebabkan Anak Agresif

Minuman pemanis merupakan salah satu penyebab dari obesitasdi dunia, namun beberapa studi saat ini mengaitkan minuman bersoda dengan kelainan perilaku pada remaja dan anak-anak. Simak 3 fakta berikut ini yang dikutip dari beberapa jurnal penelitian di seluruh dunia, antara lain: 1. Fakta#1: Anak Sulit Konsentrasi Karena Minuman Bersoda Diantara anak?anak usia 5 tahun, mereka yang mengkonsumsi minuman bersoda terjadi peningkatan perilaku agresif, penarikan diri, dan sulitnya untuk konsentrasi dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi soda. Disebutkan bahwa minuman bersoda mengandung air berkarbonasi, sirup jagung dengan kadar fruktosa yang tinggi, aspartame, sodium benzoate, asam sitrat atau fosfor, dan sering juga kafein, yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang secara umum. Silakan klik next untuk tahu dua fakta lainnya. 3 Fakta Minuman Bersoda Sebabkan Anak Agresif 2. Fakta #2: 5 Kaleng Soda Dalam Sepekan Remaja Berperilaku Kasar Sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2011 di Injury Prevention Journal menemukan bahwa remaja yang mengkonsumsi 5 kaleng soda setiap minggu dibuktikan memiliki kecenderungan membawa sejata dan berperilaku lebih kasar ter [...]

Makanan yang Perlu Dikonsumsi untuk Mengatasi Sembelit Ringan

Makanan yang Perlu Dikonsumsi untuk Mengatasi Sembelit Ringan

Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan pencernaan yang membuat perut terasa tidak nyaman karena sulitnya buang air besar. Penyebab utama terjadinya sembelit adalah pola makan yang tidak sehat dan minim serat.Seperti diketahui, serat bermanfaat melancarkan sistem pencernaan dengan menstimulasi kontraksi pada usus untuk membantu makanan lebih cepat dicerna dan 'ampas' nya dikeluarkan secara rutin. "Jika Anda makan banyak serat, seperti sereal gandum utuh, Anda akan meningkatkan kecepatan gerakan usus dan membuat makanan lebih mudah melewati sistem pencernaan," jelas Professor Terry Bolin, seorang spesialis kesehatan pencernaan di University of NSW, seperti dikutip dari ABC Australia.Namun pada orang dengan kondisi slow-transit constipation (kondisi genetik akibat sistem pencernaan yang bekerja lambat, sehingga sisa-sisa makanan dari pencernaan yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh juga melambat) yang sudah akut, perlu berkonsultasi dengan dokter tentang cara yang benar untuk mengatasinya agar buang air besar lebih lancar. Sebab, bagi orang yang mengalami slow-transit constipation, banyak makan sayur justru berpotensi membuat perut lebih kembung karena akan lebih banyak gas y [...]

Cara Meninggikan Badan

Cara Meninggikan Badan

Bagaimanakah cara meninggikan badan? Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua. Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah : Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 � 8,5 cm Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 � 8,5 cm Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik). Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan baru akan menutup pada usia 20-21 tahun. Namun menutupnya lempeng pertumbuhan harus dibuktikan dengan foto rontgen di beberapa area tulang. Yang Anda perlukan hanyalah menjaga asupan nutrisi Anda yang cukup protein [...]

Obesitas Dapat Memicu Radang Sendi

Obesitas Dapat Memicu Radang Sendi

Saat ini, obesitas dikenal sebagai salah satu penyebab utama penyakit terutama di usia lanjut. Diabetes, penyakit jantung dan pembuluh darah, serta kanker merupakan penyakit yang sering kali berkaitan dengan obesitas. Seiring dengan peningkatan jumlah penderita obesitas, prevalensi penyakit radang sendi juga terus meningkat dan termasuk golongan penyakit yang dipicu oleh obesitas. Sendi-sendi kita bekerja menopang berat badan. Sendi yang menopang berat badan (weight bearing joint seperti lutut dan pinggul) akan merasakan tekanan 3 kali lipat lebih besar ketika seseorang beraktivitas. Jadi, apabila seseorang memiliki kelebihan berat badan 5 kg, maka lutut akan merasakan beban ekstra 15 kg ketika beraktivitas. Orang yang memiliki angka indeks massa tubuh di atas normal ketika usia muda juga akan mengalami radang sendi pada usia yang lebih dini. Osteoartritis merupakan tipe radang sendi yang paling sering ditemukan. Pada osteoartritis, terjadi kerusakan struktur rawan bantalan sendi, yang berfungsi melindungi tulang dari gesekan antar tulang. Faktor pemicunya antara lain usia lanjut, riwayat cedera, dan gaya hidup. Dalam kaitannya dengan berat badan, semakin berat beban seseorang, mak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *