Anda dan Keluarga Butuh Asuransi Kesehatan

Tidak-Hanya-Anda-Anak-Juga-Butuh-Asuransi-LP.jpg

Balita memiliki kecenderungan untuk sakit dan menjalani rawat inap lebih tinggi daripada orang dewasa.

Tiap orang sebaiknya memiliki asuransi kesehatan sejak masih kecil. Apalagi sistem kekebalan tubuh yang belum kuat membuat anak-anak lebih rentan untuk sakit dan menjalani rawat inap. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya dipertimbangkan saat memilih asuransi kesehatan untuk anak.

Pahami arti

Jika asuransi kesehatan orang dewasa berfungsi membagi risiko yang terjadi ketika sakit, asuransi kesehatan anak bertujuan memberikan fasilitas penunjang kebutuhan kesehatan, seperti biaya pengobatan rawat jalan, rawat inap, dan vaksinasi.

Bersama orang tua

Umumnya asuransi kesehatan untuk anak di bawah 24 tahun harus mengikutsertakan orang tua. Maka jika membeli asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan pasangan, ada baiknya sekaligus mengikutsertakan anak. Dalam memilih asuransi untuk anak, pada dasarnya Anda sebaiknya membaca cara memilih asuransi kesehatan untuk orang dewasa.

Sebelumnya, jika Anda dan atau pasangan bekerja tetap di sebuah perusahaan, periksa dulu fasilitas kesehatan yang diberikan kantor. Cobalah untuk memeriksa:

  • Klaim persalinan: berapa nominal atau persentase biaya yang ditanggung oleh pihak asuransi atau perusahaan.
  • Klaim imunisasi wajib untuk anak di tahun pertama.
  • Klaim biaya rawat dan rawat jalan (jika ada) untuk anak.

Sebagian besar perusahaan memberikan asuransi yang menanggung keluarga hanya kepada karyawan pria, tapi tidak untuk pegawai wanita. Namun ada juga yang hanya menanggung biaya kesehatan si karyawan itu sendiri, tanpa anggota keluarga. Pada situasi inilah Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan sendiri untuk anggota keluarga.

Asuransi jiwa plus kesehatan atau asuransi kesehatan saja?

Anak tidak perlu didaftarkan untuk asuransi jiwa karena mereka tidak memiliki nilai ekonomis. Cukup orang tua saja yang memiliki asuransi jiwa karena anak-anak akan kehilangan sumber pendapatan jika salah seorang atau kedua orangtua meninggal. Selain itu asuransi kesehatan yang hanya berfungsi sebagai tambahan/rider dari asuransi jiwa, tidak akan berfungsi secara maksimal.

Cek kelengkapan fasilitas asuransi

Pada umumnya asuransi hanya menjamin rawat inap. Tetapi jika anak Anda relatif sering sakit, ada baiknya Anda menggunakan asuransi yang menyediakan rawat inap dan rawat jalan, serta vaksinasi. Sebagai konsekuensi, premi yang dibayarkan lebih mahal dibandingkan yang menawarkan rawat inap saja. Periksa juga kelengkapan fasilitas seperti pertanggungan biaya kamar, obat-obatan, dokter, operasi, serta diagnosis dokter sebelum dan sesudah rawat inap.

Sesuai kemampuan

Sadari kemampuan Anda membayar premi. Tidak perlu memaksakan memiliki fasilitas kamar VIP jika Anda hanya dapat menyisihkan premi untuk kamar kelas 2.

Pada dasarnya, memilih asuransi untuk anak serupa dengan memilih asuransi kesehatan dewasa, tapi yang juga dapat menanggung biaya kesehatan anak-anak. Cermat dalam memilih asuransi untuk seluruh anggota keluarga dapat meringankan pengeluaran saat sakit.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Sikat Gigi?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Sikat Gigi?

Hampir banyak orang yang tahu bahwa mengganti sikat gigi secara teratur adalah hal penting. Tapi tahukah Anda, jika sebaiknya sikat gigi diganti sebanyak 4 kali dalam setahun?Seperti yang dikutip dari Telegraph, penelitian telah menunjukkan bahwa sebaiknya segera ganti sikat gigi Anda selama tiga bulan sekali. Alasannya? Karena sikat gigi tidak dapat membersihkan mulut dari makanan dan bakteri hingga 95%.Ketidakmampuan sikat gigi untuk membersihkan setelah lebih dari 3 bulan diakibatkan oleh bulu yang rusak, serta banyaknya kuman yang berkumpul di sela-sela sikat gigi. Terutama jika Anda sedang terkena flu, infeksi mulut, atau sakit tenggorokan.Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa 80% bakteri yang ditemukan di dalam mulut tidak hanya berada pada gigi. Bakteri serta kuman tersebut justru ditemukan di area yang susah dijangkau seperti lidah dan gusi. Para pakar kesehatan juga mengungkapkan bahwa menyikat gigi di depan cermin bisa membuat seseorang fokus melakukan kegiatan ini serta membantunya melihat apakah sudah menyikat gigi dengan benar. Hal ini karena sangat sering seseorang melewatkan daerah yang tepat di garis gusi yang merupakan bagian terpenting untuk dibersihkan.D [...]

Pegagan Bisa Mengatasi Penyakit dan Luka pada Kulit?

Pegagan Bisa Mengatasi Penyakit dan Luka pada Kulit?

Tanaman herba pegagan banyak digunakan untuk menangani permasalahan pada kulit. Tidak heran jika kini banyak produsen yang memasukkan ekstrak pegagan ke dalam produk obat, seperti dalasakit telinga, penuaan, anakm kandungan salep atau krim. Tidak hanya itu, produsen kosmetik pun ikut tergiur dengan tanaman yang kerap dicampurkan ke dalam asinan Bogor itu. Lantas apakah benar pegagan bisa membuat kulit sehat dan cantik? Manfaat Pegagan Menurut Penelitian Pegagan memiliki zat-zat kimia yang sepertinya bisa membantu mengurangi peradangan. Pegagan, terutama pada kandungan asam asiatiknya, dianggap bisa meningkatkan produksi kolagen, yaitu salah satu zat yang memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka. Melihat cara kerjanya, tidak heran jika banyak orang yang menggunakan pegagan untuk mengatasi permasalahan kulit. Berikut ini hasil penelitian yang menyatakan bahwa pegagan mungkin bisa mengatasi permasalahan kulit. Stretch marks. Menurut sebuah uji klinis, krim yang mengandung pegagan, vitamin E, dan kolagen mungkin bisa mengurangi stretch marks yang biasa timbul pada wanita yang sedang hamil. Guratan yang kerap timbul pada bagian perut ini mungkin dapat berkurang jika dioles [...]

‘Menopause’ Pada Pria

‘Menopause’ Pada Pria

Menopause pada pria atau yang sering kali dikenal dengan andropause, merupakan kondisi penurunan hormon testosteron yang berkaitan seiring terjadinya proses penuaan. Sangat jauh berbeda dengan menopause yang terjadi pada wanita, andropause merupakan situasi yang signifikan berbeda. Jika menopause pada wanita terjadinya karena kondisi ovulasi yang terhenti yang diikuti produksi hormon menurun dalam waktu yang sangat singkat. Lain halnya andropause pada pria. Andropause terjadi karena produksi hormon dan bioavailabilitas testosteron menurun secara bertahap. Dampaknya, seperti terjadinya perubahan fungsi seksual, kemampuan tingkat energi atau bahkan perubahan mood yang seringkali tidak diperhatikan dalam kurun waktu yang lama. Bagaimana gejala awalnya? Berikut penjelasan selengkapnya: Gejala dan tanda penurunan testosteron Hormon testosteron sangat bervariasi pada pria. Penurunan hormon testosteron akan menurun secara perlahan. Setelah pria berusia di atas 30 tahun, hormon testosteron akan menurun sebanyak kira-kira 1% per tahun. Dan pada usia 70 tahun, penurunan kadar hormon testosteron akan mencapai sebanyak 50%. Kadar hormon testosteron yang rendah dapat menim [...]

4 Hal yang Penting Diketahui Saat Memakai Panties

4 Hal yang Penting Diketahui Saat Memakai Panties

Memperhatikan pemakaian panties atau celana dalam sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan Miss V. Salah memilih bahan atau model, bisa menyebabkan area genital iritasi bahkan terinfeksi bakteri. Ini empat hal yang harus Anda perhatikan saat memakai panties, seperti dikutip dari Shape.1. Alasan Anda Harus Pakai PantiesSelain alasan kenyamanan, memakai celana dalam juga bisa melindungi area genital Anda dari bakteri dan jamur. Terutama saat Anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat."Bakteri dan jamur paling suka tempat yang lembab dan hangat. Jadi cara paling mudah dan efektif untuk melindunginya adalah dengan memakai celana dalam untuk menyerap keringat dan menghindari kelembaban yang berlebihan," ujar Doerthe Brueggmann, M.D.Tapi jika celana atau busana yang Anda pakai sudah memiliki built-in panties, maka penggunaan celana tidak diperlukan lagi. Built-in panties biasanya diterapkan pada pakaian renang, pakaian fitnes atau kostum akrobatik dari lycra dan spandeks.2. Thong Membuat Anda Seksi, Tapi...Umumnya wanita memilih thong agar terlihat seksi saat akan berhubungan intim dengan pasangan, atau untuk menghindari 'penampakan' panty [...]

5 Menit Berkebun Bisa Bantu Kurangi Stres & Tambah Tenaga

5 Menit Berkebun Bisa Bantu Kurangi Stres & Tambah Tenaga

Selain mempercantik tampilan rumah, berkebun juga punya efek positif untuk kesehatan mental. Psikolog klinis Dr. Kathryn Thirlaway menjelaskan, meluangkan waktu untuk mengurus tanaman di halaman rumah bisa mengurangi tingkat stres dan me-recharge kembali stamina secara mental."Berada di kebun bisa menjadi media untuk relaksasi, memunculkan rasa tenang dan membantu manajemen stres, termasuk mengurangi stres karena pekerjaan," ujar Dr. Kathryn, seperti dikutip dari Female First.Berdasarkan hasil studi dari Cardiff University, ada lima yang manfaat yang didapat hanya dengan berkebun selama lima menit. Apa saja?1. Mengurangi StresTaman atau kebun di sekitar rumah bisa menurunkan tingkat stres kurang dari lima menit. Melihat pemandangan yang dipenuhi bunga dan tanaman hijau akan cepat menimbulkan relaksasi pada otak yang tidak akan kita dapat saat menatap hiruk pikuknya perkotaan.2. Relaks & Tambah TenagaBerkebun mengurangi kelelahan dan menimbulkan efek tubuh lebih bertenaga. Berada di dekat alam, meskipun dalam skala kecil memberi stimulasi pada otak untuk lebih relaks dan mengembalikan kembali daya konsentrasi yang sempat hilang karena stres.3. Meningkatkan Kepercayaan DiriMen [...]

Makanan yang Boleh Dikonsumsi dan Dihindari Saat Malam Hari

Makanan yang Boleh Dikonsumsi dan Dihindari Saat Malam Hari

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu seseorang untuk tidur lebih lelap. Namun juga ada makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena bisa akan membuat Anda makin gemuk dan berisiko terkena penyakit. Seperti yang dikutip dari All Women Stalk, berikut daftar makanan dan minuman tersebut.Makanan dan Minuman yang Boleh Dikonsumsi1. Air mineralRasa haus suka diikuti dengan rasa lapar. Jadi sebelum Anda membuka lemari es atau lemari makanan, ada baiknya meminum satu sampai dua gelas air putih terlebih dahulu. Tunggu selama sekitar 10 menit, jika perut Anda masih terasa lapar, baru Anda bisa memakan camilan.2. SusuTriptofan dan asam amino yang terkandung dalam susu dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Pada dasarnya triptofan membantu meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh, serotonin inilah yang memberikan rasa kantuk dan merilekskan tubuh. Sebagai bonusnya, Anda pun dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan mengonsumsi susu. Jangan lupa untuk memilih susu yang rendah lemak.3. Kacang-kacanganMakanan yang kaya akan antioksidan ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak ada lagi bangun tengah malam karena kelaparan. Kacang juga memban [...]

Perawatan Kemoterapi dan Efek Sampingnya

Perawatan Kemoterapi dan Efek Sampingnya

Kemoterapi atau biasa disebut kemo dikenal sebagai pengobatan kanker. Kemoterapi memiliki ragam manfaat dalam memerangi sel-sel kanker. Meski demikian, metode pengobatan ini juga memiliki efek samping yang tidak sedikit. Kemoterapi mungkin diberikan selama rawat inap di rumah sakit atau klinik sebagai bagian dari pengobatan rawat jalan, meski kemoterapi juga dapat dilakukan di rumah. Namun proses pengobatan kemoterapi harus tetap diawasi oleh dokter dan perawat untuk mengamati kemungkinan efek samping atau adanya keputusan diperlukannya penggantian dengan obat-obatan. Memerangi Sel-sel Berbahaya Kemoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker yang berkembang dan membelah diri dengan cepat. Tergantung kepada jenis kanker dan sudah sampai di stadium berapa, kemoterapi dapat bermanfaat untuk: Meringankan gejala. Kemoterapi dapat memperkecil tumor yang mengakibatkan rasa sakit. Mengendalikan. Kemoterapi dapat mencegah penyebaran, memperlambat pertumbuhan, sekaligus menghancurkan sel kanker yang berkembang ke bagian tubuh yang l [...]

Jangan Sembarangan Mengonsumsi Antibiotik

Jangan Sembarangan Mengonsumsi Antibiotik

Kini menggunakan antibiotik tanpa resep dokter sebagai bagian pengobatan sendiri makin banyak dilakukan. Padahal antibiotik merupakan jenis golongan obat resep dan tidak semestinya dapat dibeli secara bebas. Sangat penting untuk mendapatkan petunjuk dan anjuran dari dokter sebelum mengonsumsi obat antibiotik. Yang perlu diketahui adalah jenis antibiotik bukan hanya ada satu. Perbedaan infeksi membutuhkan jenis dan dosis antibiotik yang berbeda-beda. Apakah Antibiotik Pengobatan yang Tepat? Antibiotik sebaiknya tidak digunakan sebagai pengobatan atas inisiatif pribadi karena bisa berdampak buruk pada kesehatan di masa depan. Terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan jenis pengobatan untuk infeksi yang Anda alami. Oleh karena itu, penggunaan antibiotik yang aman selalu memerlukan petunjuk dari dokter yang telah terlatih secara medis untuk bertahun-tahun. Sebelum meresepkan antibiotik kepada seorang pasien, perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa infeksi itu disebabkan oleh bakteri atau parasit yang memang bisa dimusnahkan oleh antibiotik. Jika infeksi disebabkan oleh virus, maka mengonsumsi antibiotik bukan hanya langkah yang salah dan tidak efektif tapi bis [...]

Gimana Sih, Payudara yang Normal?

Gimana Sih, Payudara yang Normal?

Ketika Anda menemukan benjolan pada payudara Anda, pastinya yang terlintas pertama di pikiran Anda adalah kanker. Hal tersebut sepenuhnya dapat dimengerti. Namun faktanya adalah benjolan yang ditemukan pada wanita usia 20-an dan awal 50-an, hampir 90% adalah jinak. Namun bagaimana pun Anda tetap harus waspada. Bagaimanakah jaringan payudara yang normal? Payudara terdiri atas berbagai jaringan dengan konsistensi yang beragam. Jaringan glandular yang terdapat pada bagian atas dan terluar dari payudara, bersifat lunak pada perabaan dan nodular. Jaringan payudara akan berubah seiring dengan usia, namun biasanya akan mengandung lemak lebih banyak dan kepadatannya berkurang. Kapan saya harus memeriksakan diri ke dokter? Kapan Harus Memeriksakan Diri ke Dokter? Segeralah berkonsultasi ke dokter jika: Anda menemukan benjolan yang baru atau terasa 'aneh' Benjolan yang tidak hilang hingga siklus menstruasi selanjutnya Benjolan yang bertambah besar Perubahan kulit pada payudara, misalnya: menjadi kemerahan, berlekuk, dan sebagainya Perubahan pada puting payudara, misalnya: masuk ke dalam atau menjadi mendatar Terdapat cairan yang keluar dari puting (de [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *