Anda Kurang Tidur? Jangan Menyetir Kendaraan Dulu!

kendaraan-menyetir-tidur-kurang.jpg

Mungkin belum banyak yang mendengar mengenai microsleep. Fenomena microsleep adalah suatu keadaan dimana terjadi beberapa kali episode seseorang kehilangan atensi mendadak yang terjadi akibat kurang tidur. Microsleep merupakan konsekuensi paling membahayakan dari insomnia.

Mengapa demikian? Karena sebagian besar orang yang mengalami microsleep tidak menyadarinya. Jika microsleep terjadi saat sedang menonton televisi tentunya tidak perlu khawatir. Bayangkan saja jika saat seseorang mengemudi kendaraan dan tertidur beberapa detik, hal tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan. Begitupula bila sedang mengoperasikan benda berat, tentu akan menjadi bencana.

Microsleep dapat terjadi mulai dari hitungan 1 detik hingga 30 detik. Ketika dalam keadaaan microsleep seseorang tidak dapat merespon informasi yang didapat dari luar. Beberapa serabut saraf di bagian otak pada seseorang yang mengalami kurang tidur dapat mendadak ?off-line?, menjadi situasi seperti tidur namun bagian otak lainnya tetap terjaga.

Apa saja gejala microsleep? Halaman berikut penjelasannya:

Apa Saja Gejala Microsleep?

Sebelum seseorang merasa lelah, sebenarnya tubuh sudah memberikan tanda sebelumnya untuk menghentikan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan.

Microsleep dapat menimbulkan beberapa gejala yang perlu diwaspadai. Bila Anda menemukan gejala ini pada seseorang yang sedang menjalankan pekerjaan baik mengemudikan kendaraan atau mengerjakan kerjaan lainnya yang membutuhkan kewaspadaan tinggi beritahu orang tersebut untuk berhenti sementara dan beristirahat sekitar 20 menit.

Berikut adalah beberapa gejala microsleep:

  • Tatapan kosong
  • Peningkatan frekuensi mengedipkan mata (lebih sering berkedip namun gerakan berkedip lambat)
  • Menundukkan kepala
  • Kelopak mata jatuh

Bila Anda sering merasa mengantuk di siang hari, mungkin Anda mengalami satu diantara kondisi di bawah ini:

  • Gangguan tidur seperti sleep apnea menyebabkan aliran oksigen ke otak berkurang sehingga seringkali penderita sleep apnea merasa mengantuk di siang hari. Pengendara truk yang mengalami gangguan ini memiliki risiko kecelakaan lalu lintas 2x lebih besar.
  • Insomnia menyebabkan hutang tidur yang mengakibatkan Anda mengantuk
  • Jaga malam atau pekerjaan yang mengharuskan Anda bekerja di malam hari
  • Obat-obatan seperti obat anti alergi dan obat flu terkadang ada yang memberikan efek mengantuk.

Adakah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah microsleep? Halaman berikut ini penjelasannya:

Adakah Cara yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Microsleep?

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah microsleep:

  • Bila Anda merasa berisiko mengalami microsleep, hindari pekerjaan yang membutuhkan atensi terus menerus. Bila hal tersebut tidak memungkinkan, beristilahatlah bila Anda sudah merasa tidak sanggup.
  • Konsumsi kopi setidaknya 30 menit sebelum beraktifitas.
  • Power nap. Tidur singkat dalam jangka waktu tak lebih dari 20 menit merupakan cara cepat dan efektif untuk membuat tubuh Anda segar kembali. Pastikan jangan lebih dari 30 menit karena bila lebih dari 30 menit akan membuat Anda tertidur dalam sehingga sulit bagi Anda untuk bangun kembali dan Anda akan merasa lebih mengantuk setelahnya, kecuali Anda menyelesaikan satu siklus tidur dari tidur dalam kembali ke tidur ringan lagi yang memakan waktu lebih kurang 90 menit.
  • Olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu dan 20 menit tiap kalinya. Tak perlu olahraga berat. Olahraga seperti jalan santai atau jogging pun sudah cukup. Olahraga yang rutin membuat seseorang lebih mudah tidur dan memiliki kualitas tidur yang baik.

Terlepas dari semua tips di atas tidak ada cara yang lebih hebat dan lebih baik dari waktu tidur di malam hari yang cukup. Tidur yang cukup minimal 8 jam sehari dapat membuat tubuh Anda segar untuk menjalankan aktivitas di hari berikutnya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jaga Kesehatan Jantung Anda dengan 7 Cara Ini

Jaga Kesehatan Jantung Anda dengan 7 Cara Ini

Mengonsumsi makanan kemasan ternyata tidak hanya berbahaya, tetapi juga memiliki efek yang buruk pada kesehatan dalam jangka panjang. Itulah mengapa Anda harus menjaga asupan makanan dan olahraga secara teratur. Hal ini penting untuk menjaga jantung Anda agar tetap sehat. Sebab, jantung adalah salah satu bagian yang paling menonjol dan sensitif dari dalam tubuh manusia.Jantung juga memainkan peran utama dalam memasok darah segar ke seluruh tubuh yang membuat kita sehat dan normal. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengikuti rutinitas sehat tertentu untuk menjaga jantung kita sehat. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung, seperti dikutip dari Boldsky.Kesehatan Fisik:1. Olahraga TeraturBerolahraga secara teratur adalah salah satu hal paling dasar yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan latihan yang rutin, tentunya dapat membuang lemak ekstra yang disimpan dalam tubuh, terutama di sekitar garis pinggang. Ini juga dapat membantu mencegah penyakit jantung.2. Menjaga Berat BadanTak sedikit orang mencoba mengurangi berat badan mereka dengan asumsi bahwa kelebihan berat badan mengarah ke penyakit ja [...]

Apakah Anda Sudah Tahu Ada Jadwal Imunisasi Anak yang Baru?

Apakah Anda Sudah Tahu Ada Jadwal Imunisasi Anak yang Baru?

Pada tahun 2014, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengeluarkan jadwal imunisasi baru. Jadwal ini memiliki beberapa perubahan dari versi lama. Simak keterangan di bawah ini, agar buah hati mendapatkan perlindungan yang optimal: Hepatitis B: Paling baik diberikan dalam waktu 12 jam setelah lahir dan didahului pemberian vitamin K (untuk mencegah terjadinya perdarahan akibat defisiensi vitamin K). Bila bayi lahir dari ibu HBsAg positif, diberikan juga immunoglobulin hepatitis B (HBIg) pada ekstremitas (tungkai) yang berbeda. Polio: Vaksin polio oral (OPV-0) harus diberikan pada saat lahir atau saat bayi dipulangkan. Vaksin polio selanjutnya (polio-1, polio-2, polio-3, dan polio booster) dapat diberikan dalam bentuk oral (OPV) yang lewat mulut) atau inaktivasi (IPV) yang diberikan secara disuntikkan dalam otot. Namun, sebaiknya paling sedikit diberikan 1 dosis IPV. (Baca: Imunisasi Polio) BCG: Dianjurkan sebelum 3 bulan, optimal usia 2 bulan. Apabila diberikan sesudah umur 3 bulan, diperlukan uji tuberkulin (tes mantoux). DTP: Pertama kali diberikan paling cepat umur 6 minggu. Dapat diberikan vaksin DTwP atau DTaP atau kombinasi dengan vaksin lain. Untuk anak um [...]

Tips Tidur Sehat Saat Hamil

Tips Tidur Sehat Saat Hamil

Apakah Ibu mengalami kesulitan untuk tidur saat hamil? Pada awal kehamilan, kadar hormone progesteron dan metabolisme tubuh Ibu meningkat. Hal ini dapat membuat Ibu merasa lelah. Selain itu, tekanan darah yang lebih rendah dan peningkatan produksi darah dapat mengambil energi tubuh Ibu. Umumnya, rasa lelah atau fatigue akan berkurang setelah trimester pertama. Rasa lelah akan muncul kembali pada akhir kehamilan karena ukuran buah hati semakin besar. Kunci untuk mengurangi rasa lelah adalah beristirahat. Sayangnya, banyak gejala pada kehamilan yang dapat mengganggu tidur, seperti: mual dan muntah, peningkatan frekuensi berkemih, ansietas (kecemasan), nyeri punggung, pergerakan janin, rasa tidak nyaman pada perut, kram tungkai, dan heartburn. Perubahan pada sistem respirasi selama kehamilan juga dapat memperberat beberapa kondisi seperti sleep apnea. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat tidur: Tidurlah dengan posisi miring ke kiri. Penelitian menunjukkan bahwa berbaring miring dapat membantu aliran darah ke janin dan ke seluruh tubuh. Selain itu, coba pertahankan salah satu atau kedua lutut tertekuk. Gunakan bantal antara lutut, di bawah perut dan punggung. Ele [...]

Sentuhan Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Sentuhan Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Anda pasti merasa istimewa ketika seseorang mencium dan memeluk. Selain menimbulkan rasa bahagia, ternyata sentuhan juga memberikan dampak positif bagi kesehatan.Kulit adalah bagian tubuh paling luar. Ketika reseptor sensorik kulit terkena sentuhan, hormon oksitoksin --hormon yang dapat merilekskan tubuh-- dilepaskan. Pada saat yang sama, kortisol dan hormon stres berkurang.Para peneliti telah mempelajari kekuatan sebuah sentuhan, mulai dari memeluk hingga hanya berjabat tangan. "Kita sadar bahwa sentuhan memiliki kekuatan tersendiri," ujar Matthew J. Hertenstein, Ph.D., seorang profesor psikologi di Universitas DePauw, seperti yang dikutip dari MSN. Berikut beberapa manfaat yang didapat dari sentuhan.1. Sentuhan Membuat Tubuh Lebih SehatSaat Anda merasa kurang sehat, usapkan tangan ke bagian punggung beberapa kali. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Tiffany Field, Ph.D., seorang direktur Touch Research Institute di Universitas Miami, hal itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merasa lebih fit. Pada 2004, Universitas North Carolina di Chapel Hill, menemukan bahwa duduk berdua di atas satu alas dengan pasangan selama 10 menit akan menurunkan tekanan darah pada wani [...]

4 Alasan Tidak Melewatkan Sikat Gigi Malam Hari

4 Alasan Tidak Melewatkan Sikat Gigi Malam Hari

Oleh: drg. Arni Maharani Sayangilah diri Anda dengan tidak melewatkan sikat gigi malam hari, karena dengan cara demikian Anda telah melakukan salah satu usaha terbaik dalam menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi. Beberapa ahli menyatakan bahwa menyikat gigi sebelum tidur lebih penting dari pada menyikat gigi pada siang atau pagi hari. Namun bukan berarti sikat gigi pada pagi hari berhak Anda lewatkan, tentu saja setelah sarapan pagi anda juga harus menyikat gigi agar kebersihan mulut dan gigi dapat optimal. Bakteri Perusak Gigi Lebih Aktif di Malam HariFaktanya bakteri perusak gigi yang tidak pernah beristirahat akan semakin aktif dalam keadaan mulut yang kekurangan air liur seperti pada saat tidur malam hari. Jadi ketika Anda melewatkan sikat gigi sebelum tidur maka Anda memberikan kesempatan pada bakteri untuk berkembang dan merusak gigi sehingga gigi menjadi berlubang. Berkumur Tidak CukupKebiasaan yang ada di masyarakat adalah menyikat gigi pada waktu mandi sore, sehingga merasa sudah cukup dan tidak menyikat lagi pada malam hari dan kemudian dikompensasi hanya dengan berkumur. Tentu saja gigi tidak akan bersih hanya dengan berkumur, terutama pada bagian sela-sel [...]

Merokok Saat Hamil, Janin Akan Sakit Jantung!

Merokok Saat Hamil, Janin Akan Sakit Jantung!

Sekitar 0,8% bayi lahir dengan kelainan jantung. Sebagian besar kelainan jantung disebabkan oleh gangguan pada saat awal pembentukan dan perkembangan jantung janin. Enam minggu pertama kehamilan merupakan saat pembentukan jantung. Pembuluh darah utama yang mengalirkan darah ke dan dari jantung juga mengalami pembentukan saat masa kandungan ini. Penyakit jantung bawaan (PJB) jika tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan masalah emosi, sosial dan finansial di kemudian hari. Hingga saat ini dokter dan peneliti masih melakukan investigasi penyebab PJB. Meskipun dipikirkan bahwa genetik atau faktor keturunan berperan menimbulkan kelainan jantung, hanya beberapa gen yang ditemukan berhubungan dengan kelainan jantung. Konsumsi obat-obatan dan infeksi saat kehamilan dapat menyebabkan kelainan jantung. Pengaruh lingkungan seperti merokok juga mempengaruhi timbulnya kelainan jantung. Berikut adalah beberapa faktor risiko PJB: Pengaruh Rokok & Kesehatan Jantung Janin Pengaruh lingkungan seperti merokok juga mempengaruhi timbulnya kelainan jantung. Berikut adalah beberapa faktor risiko PJB: Riwayat Keluarga: Memiliki anak dengan riwayat PJB sebelumnya meningka [...]

Sehat di Musim Pancaroba

Sehat di Musim Pancaroba

Sehat di musim pancaroba sangatlah diperlukan. Tubuh kita perlu asupan yang sehat dan baik agar tahan banting terhadap cuaca yang berubah-ubah sekarang ini khususnya pada musim pancaroba. Hal ini juga dapat menghindarkan kita dari segala penyakit pancaroba yang sering datang seperti flu, gangguan saluran pernafasan, gangguan pencernaan, demam tinggi disertai batuk dan panas dalam. Musim pancaroba terjadi hanya pada masa peralihan. Perubahan suhu udara banyak berpengaruh pada tubuh, karena tubuh kita secara otomatis akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas yang baik sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika imunitas kita berkurang, akan timbul banyak orang yang sakit pada musim pancaroba. Temperatur yang berubah-ubah adalah salah satu kondisi dimana memicu virus dan bakteri untuk masuk dan berkembang biak di dalam tubuh. Penyakit-penyakit pada musim pancaroba tersebut akan terus berulang seiring dengan perubahan musim. Jadi tidak heran jika lebih banyak orang terserang penyakit di musim pancaroba dibandingkan musim yang temperaturnya relatif stabil. Namun jangan khawatir, selama kita bisa mencegah dan dapat mengantisipasinya. Dengan tips seh [...]

Cara Mengatasi Kapalan

Cara Mengatasi Kapalan

Anda pasti sudah sangat familiar dengan istilah kapalan. Kapalan merupakan penebalan yang terjadi pada kulit dan paling sering terjadi pada telapak kaki. Kapalan dapat terjadi akibat penekanan yang terus-menerus atau gesekan berulang-ulang pada lokasi yang sama di kulit Anda sehingga lama-kelamaan terjadi penebalan kulit. Penebalan kulit tersebut sebenarnya merupakan respons alamiah tubuh untuk menghadapi penekanan dan gesekan berulang tersebut sehingga tidak timbul luka pada kulit. Kapalan tidak berbahaya namun cukup mengganggu karena dapat menyebabkan rasa sakit pada lokasi yang terkena dan rasa sakit tersebut akan semakin bertambah bila penekanan atau gesekan yang terjadi tidak dihentikan. Pada beberapa orang dengan masalah pada peredaran darah, atau pada pasien dengan penyakit kencing manis, kapalan dapat berakibat serius karena dapat timbul luka, terutama pada pasien kencing manis, luka tersebut akan sulit sembuh. Solusi Kapalan Untuk mencegah kapalan terjadi, sebaiknya Anda jeli dalam memilih ukuran alas kaki. Jangan menggunakan sepatu yang terlalu sempit. Gunakan lotion untuk melembabkan kulit sehingga dapat mengurangi daya gesek yang terjadi antara ku [...]

Seram, Tren Tato Terbaru yang Buat Orang Rela Disayat Hingga Berdarah

Seram, Tren Tato Terbaru yang Buat Orang Rela Disayat Hingga Berdarah

Tato menggunakan tinta sepertinya sudah dianggap biasa bagi sebagian orang. Pecinta seni melukis tubuh memiliki cara baru untuk mengekspresikan diri mereka. Yakni dengan menyanyat kulit demi menampilkan gambar pada bagian tubuh yang dikehendaki. Tato jenis baru yang dinyatakan ilegal di sejumlah negara ini pun menjadi tren di kalangan pecinta modifikasi tubuh.Prosedur tersebut dijadikan bentuk pengorbanan bagi para pecinta modifikasi tubuh yang hobi menerapkan tindikan serta tato secara ekstrem. Praktek ini terinspirasi dari ritual pengorbanan diri yang sering dilakukan suku-suku di Afrika, Papua Nugini, atau Selandia Baru. Biasanya para anggota merelakan diri untuk terluka sebagai bentuk pengabdian baik untuk sesama ataupun Tuhan yang disembah. Gambar yang tampil pada kulit dilukis dengan cara seperti dipahat. Menurut blog Tattoodo, praktik ini melibatkan pisau yang sudah disterilkan. Prosedur selebihnya kurang lebih sama dengan tato biasa yang menggunakan jarum. Pertama bagian tubuh yang ingin dilukis dibersihkan kemudian digambarkan desain tatonya. Setelah itu motif tersebut dibentuk dengan cara menyayat kulit bagian paling luar.Sebagian dari Anda mungkin menganggap jika tato [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *