Anda Kurang Tidur? Jangan Menyetir Kendaraan Dulu!

kendaraan-menyetir-tidur-kurang.jpg

Mungkin belum banyak yang mendengar mengenai microsleep. Fenomena microsleep adalah suatu keadaan dimana terjadi beberapa kali episode seseorang kehilangan atensi mendadak yang terjadi akibat kurang tidur. Microsleep merupakan konsekuensi paling membahayakan dari insomnia.

Mengapa demikian? Karena sebagian besar orang yang mengalami microsleep tidak menyadarinya. Jika microsleep terjadi saat sedang menonton televisi tentunya tidak perlu khawatir. Bayangkan saja jika saat seseorang mengemudi kendaraan dan tertidur beberapa detik, hal tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan. Begitupula bila sedang mengoperasikan benda berat, tentu akan menjadi bencana.

Microsleep dapat terjadi mulai dari hitungan 1 detik hingga 30 detik. Ketika dalam keadaaan microsleep seseorang tidak dapat merespon informasi yang didapat dari luar. Beberapa serabut saraf di bagian otak pada seseorang yang mengalami kurang tidur dapat mendadak ?off-line?, menjadi situasi seperti tidur namun bagian otak lainnya tetap terjaga.

Apa saja gejala microsleep? Halaman berikut penjelasannya:

Apa Saja Gejala Microsleep?

Sebelum seseorang merasa lelah, sebenarnya tubuh sudah memberikan tanda sebelumnya untuk menghentikan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan.

Microsleep dapat menimbulkan beberapa gejala yang perlu diwaspadai. Bila Anda menemukan gejala ini pada seseorang yang sedang menjalankan pekerjaan baik mengemudikan kendaraan atau mengerjakan kerjaan lainnya yang membutuhkan kewaspadaan tinggi beritahu orang tersebut untuk berhenti sementara dan beristirahat sekitar 20 menit.

Berikut adalah beberapa gejala microsleep:

  • Tatapan kosong
  • Peningkatan frekuensi mengedipkan mata (lebih sering berkedip namun gerakan berkedip lambat)
  • Menundukkan kepala
  • Kelopak mata jatuh

Bila Anda sering merasa mengantuk di siang hari, mungkin Anda mengalami satu diantara kondisi di bawah ini:

  • Gangguan tidur seperti sleep apnea menyebabkan aliran oksigen ke otak berkurang sehingga seringkali penderita sleep apnea merasa mengantuk di siang hari. Pengendara truk yang mengalami gangguan ini memiliki risiko kecelakaan lalu lintas 2x lebih besar.
  • Insomnia menyebabkan hutang tidur yang mengakibatkan Anda mengantuk
  • Jaga malam atau pekerjaan yang mengharuskan Anda bekerja di malam hari
  • Obat-obatan seperti obat anti alergi dan obat flu terkadang ada yang memberikan efek mengantuk.

Adakah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah microsleep? Halaman berikut ini penjelasannya:

Adakah Cara yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Microsleep?

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah microsleep:

  • Bila Anda merasa berisiko mengalami microsleep, hindari pekerjaan yang membutuhkan atensi terus menerus. Bila hal tersebut tidak memungkinkan, beristilahatlah bila Anda sudah merasa tidak sanggup.
  • Konsumsi kopi setidaknya 30 menit sebelum beraktifitas.
  • Power nap. Tidur singkat dalam jangka waktu tak lebih dari 20 menit merupakan cara cepat dan efektif untuk membuat tubuh Anda segar kembali. Pastikan jangan lebih dari 30 menit karena bila lebih dari 30 menit akan membuat Anda tertidur dalam sehingga sulit bagi Anda untuk bangun kembali dan Anda akan merasa lebih mengantuk setelahnya, kecuali Anda menyelesaikan satu siklus tidur dari tidur dalam kembali ke tidur ringan lagi yang memakan waktu lebih kurang 90 menit.
  • Olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu dan 20 menit tiap kalinya. Tak perlu olahraga berat. Olahraga seperti jalan santai atau jogging pun sudah cukup. Olahraga yang rutin membuat seseorang lebih mudah tidur dan memiliki kualitas tidur yang baik.

Terlepas dari semua tips di atas tidak ada cara yang lebih hebat dan lebih baik dari waktu tidur di malam hari yang cukup. Tidur yang cukup minimal 8 jam sehari dapat membuat tubuh Anda segar untuk menjalankan aktivitas di hari berikutnya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Fakta Keringat

4 Fakta Keringat

Tidak sedikit kita diantara kita yang pernah bertemu kesulitan dengan namanya keringat. Contohnya seperti kejadian-kejadian seperti berikut ini: Anda berhenti membeli baju putih karena bekas keringat yang tidak dapat hilang. Kenaikan suhu sedikit saja dapat membuat Anda berkeringat. Anda merasa ?deg-deg?-an saat akan bersalaman dengan orang oleh karena tangan Anda selalu berkeringat. Anda merasa takut dekat dengan orang lain karena Anda merasa ada bau badan yang tidak sedap. Apakah hal-hal ini membuat Anda abnormal? Atau apakah memang ada orang-orang tertentu yang berkeringat lebih banyak dibandingkan dengan orang lain? Berikut penjelasannya: Hal yang Perlu Anda Tahu Soal Keringat: 1. Pertama, memang semua orang berkeringat Keluarnya cairan dari kelenjar keringat kita merupakan fungsi tubuh yang normal. Hal ini merupakan suatu fungsi tubuh untuk mejaga temperature tubuh. Keringat sebagian besar terdiri dari air, namun juga mengandung gula, garam, dan beberapa jenis bahan kimia seperti ammonia. Keringat pada umumnya tidak ada baunya, namun bila bercampur dengan bakteri yang ada di kulit akan menimbulkan bau yang tidak sedap. (Baca: Men [...]

Saran Dokter Memilih dan Menyimpan Ikan yang Sehat

Saran Dokter Memilih dan Menyimpan Ikan yang Sehat

Kita semua tahu bahwa ikan sangat baik untuk tubuh karena mengandung omega-3, protein, vitamin, dan mineral. Mengkonsumsi ikan dikatakan dapat menurunkan risiko stroke dan Serangan jantung. Namun seringkali kita kesulitan memilih ikan yang bagus. Selain itu, banyak juga ikan yang sudah terkontaminasi merkuri dan dapat menyebabkan kerusakan pada saraf dan ginjal. Ikan yang tidak dimasak dengan baik juga dapat menyebabkan keracunan. Bagaimana cara memilih ikan ketika membeli agar tercegah dari bahaya kesehatan yang ada? Hal yang Dapat Dilakukan Ketika Membeli Ikan: Tips saat membeli ikan: Belilah ikan di tempat yang terpercaya Pilihlah ikan yang disimpan di dalam pendingin atau kotak es Tanyakan kepada penjual mana ikan yang paling terakhir sampai Jangan beli ikan yang berbau tidak sedap / amis dan tidak bersih, tukar dengan ikan yang segar Setelah membeli ikan, segera bawa pulang ke rumah dan masukan ke dalam kulkas. Berikut ini adalah jenis makanan laut yang paling aman dikonsumsi menurut Food and Drug Association (FDA) karena memiliki kandungan merkuri paling kecil: tuna kaleng, udang, salmon, kepiting, lele, kerang, ikan cod, [...]

Benjolan di Leher Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Benjolan di Leher Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Sebagian orang mungkin pernah memiliki benjolan di leher. Benjolan itu bisa terasa nyeri atau tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali ketika dipegang. Teksturnya pun bisa jadi lembek atau keras. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah benjolan itu berbahaya? Penyebab benjolan di leher umumnya tidak berbahaya. Tapi pemeriksaan teliti tetap perlu karena bisa jadi benjolan itu ternyata adalah gejala penyakit serius. Berikut ini adalah beberapa penyebab benjolan di leher: Pembengkakan kelenjar tiroid. Kelenjar yang bentuknya mirip kupu-kupu ini berada di leher dan tepat di depan tenggorokan Anda. Kelenjar tiroid biasanya tidak terlihat, tapi karena beberapa sebab, kelenjar dapat membengkak dan menimbulkan benjolan di leher yang kerap disebut gondok. Pembengkakan ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti kekurangan yodium, kelenjar terlalu atau kurang aktif, dan kanker tiroid. Pembengkakan kelenjar getah bening. Pembengkakan biasanya terjadi ketika tubuh mengalami infeksi antara lain infeksi tenggorokan, infeksi gigi, pilek, campak, TBC, autoimun (lupus) dan sifilis. Benjolan dapat kempes dengan sendirinya ketika kondisi kesehatan Anda mulai membaik. Kista. Coba pegang dan usap b [...]

UNAIDS: Penurunan Infeksi HIV

UNAIDS: Penurunan Infeksi HIV

Virus HIV yang mampu menyebabkan kematian akibat AIDS telah mengalami penurunan terjadinya infeksi baru di seluruh dunia sesuai dengan hasil laporan UNAIDS 2011. Organisasi kemanusiaan yang khusus mengedepankan penyakit AIDS ini berhasil mengakses pengobatan dan perlakuan yang benar terhadap penderita melalui ekspansi besar-besaran di seluruh negara di dunia dengan mencegah kematian sebanyak 700.000 jiwa. Selain berhasil mencegah kematian para penderita, UNAIDS juga berhasil mencegah terjadinya infeksi HIV baru karena telah melakukan perawatan yang tepat kepada para penderita sehingga mencegah terjadinya penularan virus kepada yang lainnya. Dikatakan bahwa di tahun 2010 terjadi penurunan akan penderita baru yang terinfeksi sebanyak 500.000 jiwa dibandingkan tahun 1997, dan penurunan kematian penderita AIDS karena sakit sebanyak 400.000 jiwa dibandingkan tahun 2005. Meskipun berdasarkan penelitian terakhir mengatakan bahwa penderita dengan HIV yang masih hidup sudah mencapai 34 juta seluruh dunia, namunUNAIDS mengatakan: "Jumlah infeksi baru HIV adalah 30-50% lebih rendah dibandingkan sebelum akses universal dilakukan untuk pengobatan bagi orang yang berhak hidup dengan HIV." Sepert [...]

Menstruasi Terlambat Bisa Disebabkan Oleh 10 Hal Ini

Menstruasi Terlambat Bisa Disebabkan Oleh 10 Hal Ini

Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Namun bukan berarti jika tidak haid atau menstruasi terlambat seorang wanita sudah pasti hamil. Menstruasi terlambat juga bisa disebabkan oleh hal lain. Siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda. Kebanyakan siklus menstruasi yang sehat pada wanita terjadi dalam waktu 21-35 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi saat ini, hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi biasanya sama setiap bulannya, namun ada juga saat-saat di mana wanita mengalami menstruasi terlambat. Jika ?datang bulan? mundur dari waktu biasa, bisa jadi itu dikarenakan oleh salah satu alasan berikut. Stres Jika seseorang mengalami stres, hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi (hipotalamus) akan terganggu. Stres juga dapat menyebabkan sakit atau kenaikan/penurunan berat badan secara tiba-tiba. Itu semua dapat memengaruhi siklus menstruasi. Disarankan untuk berlatih teknik relaksasi, mengubah gaya hidup, dan rutin berolahraga agar siklus haid kembali lancar. Obesitas Perubahan hormonal wanita bisa dipicu oleh penambahan berat badan sedikit pun. Diet dan olahra [...]

Salah Kaprah Migrain

Salah Kaprah Migrain

Banyak orang yang mengatakan bahwa mereka menderita migrain, hanya karena nyeri kepala yang sedang dialami. Padahal migrain bukanlah sakit kepala biasa. Sakit kepala sendiri memiliki banyak sekali penyebab, bisa berupa ada tumor dalam kepala, perdarahan di dalam kepala atau tidak ditemukan kelainan organik apapun. Jika tidak ditemukan kelainan yang nyata, bisa jadi pasien tersebut menderita migrain. Jika begitu, apa itu migrain? Mari kita kenali gejala migrain. Apa saja gejala migrain? Umumnya pasien migrain akan mengeluh sakit kepala yang dirasakan hanya pada satu sisi kepala. 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, sebagian penderita migrain juga dapat mengalami aura sebelum mengalami serangan sakit kepala, yaitu gejala seperti gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura. Penderita migrain biasanya akan mengalami sakit kepala selama 4-72 jam. Sakit kepala [...]

Mengapa Anda tidak Dianjurkan Minum Alkohol?

Mengapa Anda tidak Dianjurkan Minum Alkohol?

Minuman beralkohol begitu digemari di belahan bumi manapun, termasuk di tanah air kita ini. Mulai dari kelas atas, menengah, hingga kelas bawah semuanya ingin merasakan nikamatnya minum alkohol. Tak mengherankan jika kemudian kita lihat di surat kabar tak sedikit mereka yang tewas karena mengkonsumsi miras oplosan, dimana jenis alkohol yang berbahaya bagi tubuh dicampur sedemikian rupa dan disulap menjadi minuman berharga murah, yang bisa dibeli siapa saja, namun dampak sesudahnya? Anda tahu jawabannya. Meskipun digemari Anda mungkin sering mendengar larangan dokter untuk tidak mengkonsumsi alkohol, terutama ketika Anda sedang berobat. Kali ini kami akan menjelaskan alasan dibalik larangan dokter yang bukan tanpa tujuan ini. Ketika kita sakit, kita acap kali harus mengkonsumsi obat-obatan. Bahaya Alkohol Pada Kesehatan Obat yang kita minum, sebagian besar harus melalui organ hati untuk melalui sejumlah proses metabolisme, hasil akhirnya adalah substansi racun yang berbahaya bagi tubuh dan harus dikeluarkan kembali lewat ginjal, dalam bentuk kencing. Dalam proses metabolisme di hati, peranan dari substansi yang bernama glutation sangat penting dalam pembentu [...]

6 Kebiasaan Wajib di Pagi Hari Agar Semangat Seharian

6 Kebiasaan Wajib di Pagi Hari Agar Semangat Seharian

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat Anda semangat menghadapi hari. Misalnya dengan melakukan beberapa hal ini. Seperti yang dikutip dari Times of India, berikut enam kebiasaan di pagi hari yang wajib dilakukan agar selalu fokus dan semangat.1. Melihat Warna TerangPara ahli mengatakan, warna terang dapat membuat mata lebih segar dan 'melek' ketika Anda bangun tidur di pagi hari. Anda akan merasakan adanya peningkatan energi secara tiba-tiba, yang membuat semangat sepanjang hari.Sebagai rekomendasi, cobalah menaruh benda seperti lampu meja, sarung bantal, atau bingkai foto berwarna oranye di samping tempat tidur. Untuk pilihan lainnya, Anda bisa memakai busana berwarna fuschia atau meminum jus jeruk saat sarapan.2. Hindari Menekan Tombol 'Snooze'Semakin sering Anda menekan tombol tunda pada alarm, maka Anda akan semakin tak bersemangat. Hal ini dikarenakan, ketika menekan tombol 'snooze' otak menyadari fakta bahwa Anda bisa tidur 5 menit lagi, sehingga otak cenderung masuk ke dalam mode tidur lelap, sekali lagi. Inilah yang membuat Anda lesu dan menguap sepanjang hari.3. Visualisasi Jadwal SeharianMenggambarkan rencana di benak, akan membuat Anda lebih fokus dan berse [...]

Berapakah Jumlah ASI untuk Bayi Saya?

Berapakah Jumlah ASI untuk Bayi Saya?

Banyak orangtua yang mempertanyakan berapakah jumlah ASI yang harus dikonsumsi oleh bayi mereka dalam perharinya. ASI adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. Sedangkan istilah ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol bulan sampai 6 bulan dan meneruskan pemberiannya sampai berumur 2 tahun. Menurut panduan WHO terbaru diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Menurut penelitian (Boston Children Hospital) anak yang diberi ASI memiliki tingkat bahasa dan intelegen (IQ) lebih tinggi dalam kehidupannya nanti. Pada minggu-minggu pertama kehidupan akan terjadi peningkatan kebutuhan ASI. Lalu jumlahnya akan menetap sampai bulan keenam. Tetapi hal ini terdapat pengecualian jika bayi tersebut sedang terjadi masa growth spurts dimana terjadi peningkatan kebutuhan ASI. (Baca: Ketika Bayi Tidak Henti-hentinya Menyusu) Growth spurts adalah saat dimana tubuh bayi tumbuh lebih cepat dari normal. Keadaan ini adalah keadaan normal. Selama growth s [...]

4 Tips Turunkan Kolesterol Jahat yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

4 Tips Turunkan Kolesterol Jahat yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

Kolesterol sangat penting bagi tubuh jika masih dalam kadar yang sesuai, namun jika terlalu banyak justru dapat menyebabkan penyakit-penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke dan lainnya. Untuk mengatasi kadar kolesterol yang tinggi, tips-tips dari Health Me Up berikut dapat Anda coba:1. Berhenti MerokokJika Anda seorang perokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik dan waktu yang sama meningkatkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, perokok juga dapat mengalami jantung berdebar yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka secara keseluruhan.2. Banyak BerolahragaOlahraga adalah solusi terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol yang cukup tinggi. Para ahli menyatakan, olahraga selama 40-60 menit perhari akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat sekitar 5-10% dan meningkatkan kolesterol baik hingga 3-6%. Untuk itu, lakukan aktivitas fisik yang intens seperti jogging, aerobik, pilates, latihan cardio atau latihan yang lainnya secara rutin. Minimal tiga kali seminggu.3. Perhatikan Konsumsi MakananUntuk mengurangi kolesterol, Anda harus mulai menjaga asupan makanan. Kurangi makanan yang mengandung lemak jenu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *