Anda Kurang Tidur? Jangan Menyetir Kendaraan Dulu!

kendaraan-menyetir-tidur-kurang.jpg

Mungkin belum banyak yang mendengar mengenai microsleep. Fenomena microsleep adalah suatu keadaan dimana terjadi beberapa kali episode seseorang kehilangan atensi mendadak yang terjadi akibat kurang tidur. Microsleep merupakan konsekuensi paling membahayakan dari insomnia.

Mengapa demikian? Karena sebagian besar orang yang mengalami microsleep tidak menyadarinya. Jika microsleep terjadi saat sedang menonton televisi tentunya tidak perlu khawatir. Bayangkan saja jika saat seseorang mengemudi kendaraan dan tertidur beberapa detik, hal tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan. Begitupula bila sedang mengoperasikan benda berat, tentu akan menjadi bencana.

Microsleep dapat terjadi mulai dari hitungan 1 detik hingga 30 detik. Ketika dalam keadaaan microsleep seseorang tidak dapat merespon informasi yang didapat dari luar. Beberapa serabut saraf di bagian otak pada seseorang yang mengalami kurang tidur dapat mendadak ?off-line?, menjadi situasi seperti tidur namun bagian otak lainnya tetap terjaga.

Apa saja gejala microsleep? Halaman berikut penjelasannya:

Apa Saja Gejala Microsleep?

Sebelum seseorang merasa lelah, sebenarnya tubuh sudah memberikan tanda sebelumnya untuk menghentikan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan.

Microsleep dapat menimbulkan beberapa gejala yang perlu diwaspadai. Bila Anda menemukan gejala ini pada seseorang yang sedang menjalankan pekerjaan baik mengemudikan kendaraan atau mengerjakan kerjaan lainnya yang membutuhkan kewaspadaan tinggi beritahu orang tersebut untuk berhenti sementara dan beristirahat sekitar 20 menit.

Berikut adalah beberapa gejala microsleep:

  • Tatapan kosong
  • Peningkatan frekuensi mengedipkan mata (lebih sering berkedip namun gerakan berkedip lambat)
  • Menundukkan kepala
  • Kelopak mata jatuh

Bila Anda sering merasa mengantuk di siang hari, mungkin Anda mengalami satu diantara kondisi di bawah ini:

  • Gangguan tidur seperti sleep apnea menyebabkan aliran oksigen ke otak berkurang sehingga seringkali penderita sleep apnea merasa mengantuk di siang hari. Pengendara truk yang mengalami gangguan ini memiliki risiko kecelakaan lalu lintas 2x lebih besar.
  • Insomnia menyebabkan hutang tidur yang mengakibatkan Anda mengantuk
  • Jaga malam atau pekerjaan yang mengharuskan Anda bekerja di malam hari
  • Obat-obatan seperti obat anti alergi dan obat flu terkadang ada yang memberikan efek mengantuk.

Adakah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah microsleep? Halaman berikut ini penjelasannya:

Adakah Cara yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Microsleep?

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah microsleep:

  • Bila Anda merasa berisiko mengalami microsleep, hindari pekerjaan yang membutuhkan atensi terus menerus. Bila hal tersebut tidak memungkinkan, beristilahatlah bila Anda sudah merasa tidak sanggup.
  • Konsumsi kopi setidaknya 30 menit sebelum beraktifitas.
  • Power nap. Tidur singkat dalam jangka waktu tak lebih dari 20 menit merupakan cara cepat dan efektif untuk membuat tubuh Anda segar kembali. Pastikan jangan lebih dari 30 menit karena bila lebih dari 30 menit akan membuat Anda tertidur dalam sehingga sulit bagi Anda untuk bangun kembali dan Anda akan merasa lebih mengantuk setelahnya, kecuali Anda menyelesaikan satu siklus tidur dari tidur dalam kembali ke tidur ringan lagi yang memakan waktu lebih kurang 90 menit.
  • Olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu dan 20 menit tiap kalinya. Tak perlu olahraga berat. Olahraga seperti jalan santai atau jogging pun sudah cukup. Olahraga yang rutin membuat seseorang lebih mudah tidur dan memiliki kualitas tidur yang baik.

Terlepas dari semua tips di atas tidak ada cara yang lebih hebat dan lebih baik dari waktu tidur di malam hari yang cukup. Tidur yang cukup minimal 8 jam sehari dapat membuat tubuh Anda segar untuk menjalankan aktivitas di hari berikutnya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Cara Menyikat Gigi yang Benar

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Menjaga kebersihan tubuh sehari-hari harus dilakukan secara benar dan rutin. Mandi, mencuci rambut dan sikat gigi adalah suatu aktivitas yang tentu saja tidak boleh dilewatkan karena apabila hal ini tidak dilakuakan secara rutin dan benar maka berbagai penyakit dapat menjangkiti tubuh. Pada kenyataannya masih banyak orang yang tidak begitu perduli terhadap kebersihan rongga mulut dan gigi sehingga kegiatan menyikat gigi hanya dilakukan sekedarnya. Perlu diketahui bahwa menyikat gigi adalah hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan guna menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi. Berbagai macam metode menyikat gigi telah diperkenalkan oleh para ahli seperti metode Bass pada tahun 1944 dan metode Charters pada tahun 1928, berikut diantaranya: Berbagai macam metode menyikat gigi telah diperkenalkan oleh para ahli seperti metode Bass pada tahun 1944 dan metode Charters pada tahun 1928, berikut diantaranya: Metode Bass Menganjurkan untuk menempatkan kepala sikat gigi 45 derajat kearah akar gigi diantara pertemuan gigi dan gusi, hal ini bertujuan agar dapat menghilangkan plak yang terbentuk. Metode Charters Lebih mengutamakan pembersihan plak pada bagian [...]

Remaja Depresi Cenderung Dengarkan Musik

Remaja Depresi Cenderung Dengarkan Musik

Tahukah Anda bahwa sering mendengarkan musik memiliki hubungan dengan depresi? Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang depresi lebih senang mendengarkan musik ketimbang mengerjakan kegiatan lain.Seperti yang dikutip dari discovery, peneliti menganggap bahwa kebiasaan mendengarkan musik lebih sering dilakukan oleh remaja. Dalam sebuah penelitian yang diprakarsai oleh Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine, para peneliti menemukan adanya hubungan antara gangguan depresi utama atau biasa disebut depresi klinis dengan kebiasaan mendengarkan musik pada 106 remaja.Penelitian ini dilakukan dnegan cara menelpon 46 remaja yang didiagnosis menderita depresi dan sedang dalam pengobatan. Dengan menjawab secara langsung, para remaja tersebut melaporkan kegiatan apa yang sedang mereka lakukan, apakah sedang menggunakan internet, menonton TV atau film, mendengarkan musik, bermain video games atau membaca buku.Hasilnya, para peneliti menemukan adanya hubungan antara mendengarkan musik dengan depresi. Orang yang cenderung mengalami depresi lebih senang mendengarkan musik ketimbang mengerjakan kegiatan lain.Alasan mengapa remaja lebih senang mendengarkan musik saat depresi mungkin bel [...]

Berpuasa Bagi Penderita Asma

Berpuasa Bagi Penderita Asma

Oleh: dr. Jessica Florencia Bagi umat muslim yang memiliki penyakit tertentu, kedatangan bulan Ramadan sering membawa kekhawatiran tertentu. Pertanyaan-pertanyaan seperti: apakah saya dapat berpuasa, bagaimana jika penyakit saya kambuh saat berpuasa, atau bagaimana dengan pengobatan saya merupakan sederet pertanyaan yang sering muncul. Secara khusus bagi penderita Asma, penderita biasanya khawatir apakah dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan seringkali bingung mengenai penggunaan obat semprot pelega napas (inhaler). Agar para penderita asma dapat menjalankan puasa dengan baik, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan: Kunjungilah dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu 1 bulan hingga 1 minggu sebelum Anda mulai berpuasa. Dokter akan melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah derajat asma yang Anda alami terkontrol dengan baik dan menentukan pengobatan yang sesuai. Jika Anda menggunakan inhaler, dan tidak ingin menggunakannya pada saat berpuasa. Gunakanlah inhaler pada saat sahur dan berbuka untuk tetap mengontrol asma Anda. Anda sebaiknya tetap selalu membawa serta inhaler Anda. Jika Anda terkena sera [...]

Kate Middleton Picu Gaya Hidup Tak Sehat

Kate Middleton Picu Gaya Hidup Tak Sehat

Tidak hanya gaya berbusana Kate dan Pippa Middleton saja yang menjadi tren. Bentuk tubuh mereka pun menjadi inspirasi banyak wanita. Sayangnya tren ini bukanlah hal yang positif. Kedua kakak beradik ini dianggap mendukung anoreksia.Seperti yang diberitakan sebelumnya, foto Pippa Middleton terpampang di situs-situs dan forum yang mendukung anoreksia dan bulimia. Situs ini juga memberikan banyak tips untuk menurunkan berat badan secara drastis."'Thinspiration' atau 'thinspo' merupakan sebutan untuk orang yang memberikan isnpirasi untuk menurunkan berat badan dengan cara yang menyiksa, biasanya model atau selebriti. Dulu, Victoria Beckham dan Mary-Kate Olsen yang menjadi 'thinspiration'. Tapi kini dengan seringnya pemberitaan, Kate dan Pippa menjadi 'thinspiration' terbaru, "ujar Lynn S. Grefe, MA, presiden dan CEO National Eating Disorders Association.Dalam postingan di salah situs anoreksia, foto Kate Middleton mendapat tanggapan baik dari para pembacanya seperti, "dia begitu cantik dan sangat kurus". Selain itu, tidak sedikit pengguna forum anoreksia menyebutkan Kate sebagai 'thinspiration' nomor ketiga setelah Victoria Beckham dan Olsen.Yang membuat ketakutan para ahli kesehata [...]

7 Gejala Serangan Jantung pada Wanita

7 Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Seperti yang dikutip dari detikhealth, Serangan jantung (jantung koroner) kini tak hanya menyerang usia tua tapi juga orang-orang muda. Serangan jantung ini bukan datang tiba-tiba karena sebelum serangan itu muncul sudah ada tanda-tanda yang disampaikan tubuh.Tanda-tanda awal serangan jantung ini tidak terlalu sulit untuk diketahui. Namun, Anda harus paham bahwa gejala serangan jantung pada wanita tidak selalu sama dengan pria. Dilansir dari medsavailable, berikut lima gejala awal serangan jantung pada wanita.1. Tubuh bagian atas tidak terasa nyamanLogikanya, serangan jantung akan menyerang dan memberikan efek pada sisi kiri tubuh, terutama lengan kiri. Namun salah satu tanda serangan jantung adalah rasa sakit dan tidak nyaman pada lengan kiri atau kedua lengan. Sakit dan tidak nyaman ini juga terasa pada rahang, leher, punggung dan juga perut.2. Kesulitan bernafasJika Anda sering merasa sesak nafas pada saat duduk bahkan tidur, mungkin ada sesuatu yang salah. Sesak nafas yang disertai keringat dan pusing biasanya merupakan tanda serangan jantung. Berhati-hatilah, karena gejala ini bisa menyebabkan pingsan.3. Sering merasa lemas tanpa alasanMerasa lemas dan lelah adalah normal j [...]

Cara Melakukan Senam Kegel

Cara Melakukan Senam Kegel

Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang senam kegel. Senam kegel merupakan berfungsi untuk menguatkan otot-otot dasar panggul yang menopang rahim, kandung kemih, usus halus dan rektum. Anda dapat melakukan senam kegel ini, kapan saja dan dimana saja. Mengapa penting melakukan senam kegel? Banyak faktor yang dapat melemahkan otot-otot dasar panggul diantaranya: kehamilan, melahirkan, operasi, penuaan dan berat badan berlebih. Anda dapat mendapatkan manfaat dari senam kegel jika Anda: Sering mengalami kebocoran urin ketika bersin, tertawa atau batuk Memiliki keinginan untuk berkemih yang tidak dapat ditahan (inkotinensia urin) Kebocoran feses (inkotinensia fekal) Senam kegel juga dapat dilakukan ketika Anda sedang hamil atau setelah melahirkan untuk mencegah inkotinensia urin. Selain itu, senam kegel, bersamaan dengan terapi dan konseling seks, dapat membantu wanita yang mengalami kesulitan orgasme. Bagaimana melakukan senam kegel? Berikut penjelasannya: Tata Cara Melakukan Senam Kegel: Bagaimana melakukan senam kegel? Berikut penjelasannya: Temukan otot-otot yang tepat Untuk mengidentifikasi otot-otot dasar panggul, cobalah untuk memberhentikan u [...]

6 Makanan yang Ampuh untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

6 Makanan yang Ampuh untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

Terlalu banyak kolesterol di dalam darah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu penyebab utama kolesterol tinggi adalah pola makan yang tidak sehat misalnya terlalu banyak konsumsi makanan berlemak juga bergula. Jadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah lonjakan kolesterol adalah mengubah pola makan jadi lebih sehat.Seperti dikutip dari ABC Australia, beberapa makanan yang harus dibatasi adalah yang telah mengalami banyak proses pengolahan seperti biskuit, cake serta makanan tinggi lemak. Di samping itu penerapan pola makan yang sehat bisa dilakukan dengan cara memasukkan lebih banyak makanan bernutrisi. Ini dia rekomendasi makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kolesterol tetap stabil dan jantung pun sehat.1. OatmealOatmeal kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL). Saat berada di dalam tubuh, serat larut akan bekerjasama dengan bile acid, asam yang ada di sistem pencernaan --terbuat dari kolesterol-- dan mengeluarkannya. Ketimbang bubur ayam, coba ganti menu sarapan Anda dengan bubur oatmeal yang tak kalah rasa lezatnya.2. ApelBuah yang manis renyah ini sangat baik untuk dikonsumsi tiap hari sebagai camil [...]

Inilah Makanan Pencegah Stroke & Penyakit Jantung

Inilah Makanan Pencegah Stroke & Penyakit Jantung

Cara makan yang baik dan sehat adalah pola makan yang dimulai dengan memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi. Mengkonsumsi makanan yang tepat sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar dari kolestrol LDL (kolestrol jahat). Karena kolesterol jahat jika dibiarkan lama di dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan atherosclerosis. Atherosclerosis adalah suatu keadaan dimana terjadi penyumbatan pada pembuluh darah arteri yang sering menyebabkan serangan jantung dan kematian. Untuk mencegah penyakit ini ternyata ada lho diet yang bisa kita lakuin. Berikut adalah strategi nutrisi untuk mengurangi risiko penyakit jantung: Pola Makan untuk Jantung Lebih Sehat Konsumsi ikan ikan lebih banyak Ikan merupakan sumber dari protein dan nutrisi lainnya. Ikan juga mengandung omega 3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. The American Heart Association menyarankan agar mengkonsumsi ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi seperti salmon sebanyak dua kali dalam seminggu. Konsumsi sayur, buah, gandum, dan kacang Makanan natural ini merupakan strategi yang cukup kuat untuk melawan penyakit jantu [...]

Risiko Minum Kopi Selama Kehamilan

Risiko Minum Kopi Selama Kehamilan

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Penelitian terbaru menunjukkan adanya peningkatan risiko bayi dengan berat lahir rendah dari ibu hamil yang mengkonsumsi minuman berkafein. Kafein telah lama dihubungkan dengan berbagai efek samping pada ibu hamil sehingga banyak calon ibu menghindari kopi dan teh selama kehamilan. Namun, terdapat beberapa orang yang kesulitan untuk menghentikan kebiasaan minum kopinya. Semua yang dimakan dan minum oleh ibu hamil berpotensi untuk sampai ke janin melalui plasenta. Karena itu berbagai organisasi kesehatan memberikan rekomendasi pembatasan konsumsi alkohol dan kafein selama saat hamil. Selain pada kopi dan teh, kafein juga terkandung dalam kola, minuman berenergi, dan coklat. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) merekomendasikan pembatasan konsumsi kafein hingga 300 miligram per hari yang setara dengan kira-kira 3 cangkir kopi ukuran standar. The American College of Obstetricians and Gynecologists pada tahun 2010 menyatakan bahwa ibu hamil dapat mengkonsumsi kafein hingga 200 miligram per hari tanpa meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran prematur. Pada penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal BMC Medicine, peneliti men [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *