Antibiotik Bisa Memicu Kekebalan Bakteri

antibiotik-bisa-memicu-kekebalan-bakteri-alodokter.jpg

Sejak ditemukan antibiotik oleh Alexander Flemming pada tahun 1920-an, penggunaan antibiotik kini sudah menyebar ke seluruh dunia. Namun kecenderungan yang terjadi, penggunaan antibiotik secara berlebihan justru menimbulkan kerugian. Tidak hanya bagi orang yang mengonsumsi antibiotik, pada sisi lain akan berdampak lebih luas.

Ada berbagai antibiotik yang tersedia dengan beragam merek. Biasanya antibiotik dikelompokkan berdasarkan bagaimana cara kerjanya. Tiap jenis antibiotik hanya bekerja melawan bakteri atau parasit jenis tertentu. Itulah alasan antibiotik yang berbeda digunakan untuk mengobati jenis-jenis infeksi yang berbeda pula.

Pemilihan Antibiotik

Pilihan antibiotik tergantung pada beberapa hal, antara lain:

  • Jenis bakteri yang dituju.
  • Bagian mana dari bakteri yang dituju.
  • Tujuan penggunaan untuk membunuh seluruh bakteri atau terbatas menghentikan perkembangannya.
  • Seberapa lama antibiotik akan digunakan.
  • Bagaimana antibiotik itu akan digunakan.

Faktor-faktor lain yang memengaruhi pilihan sebuah antibiotik, termasuk seberapa parah infeksi yang terjadi, bagaimana kondisi ginjal dan hati, jadwal konsumsi serta obat lain yang menyertai, kemungkinan efek samping, dan catatan alergi pasien terhadap antibiotik. Atau, jika Anda sedang hamil atau menyusui, ada sejumlah antibiotik yang dianggap tidak aman. Dokter terkadang memilih antibiotik khusus jika mengetahui adanya pola infeksi tertentu dalam komunitas Anda.

Penelitian yang dilakukan University of Utah terhadap dokter di Amerika Serikat menyimpulkan, sekitar 60 persen dari resep antibiotik yang diberikan tergolong jenis antibiotik yang paling kuat. Antibiotik tersebut tergolong memiliki spektrum yang luas dengan kemampuan membunuh berbagai jenis bakteri. Sayangnya, lebih dari 25 persen dari kasus yang diteliti, resep tersebut tidak berguna karena infeksi berasal dari virus, kondisi yang dapat diobati tanpa antibiotik.

Pada kenyataannya, penggunaan antibiotik secara tidak tepat akan menempatkan pasien pada potensi risiko yang tidak perlu terjadi. Lebih jauh lagi, terlalu banyak menggunakan antibiotik dapat memicu resistensi bakteri terhadap antibiotik.

Potensi Resistensi

Bagaimana jika suatu hari antibiotik tidak lagi efektif melawan bakteri? Hal itu sungguh mengkhawatirkan, mengingat selama ini antibiotik merupakan obat yang menjadi andalan dalam mengobati berbagai jenis penyakit yang disebabkan bakteri, mulai dari infeksi kulit dan telinga hingga infeksi darah yang mengancam jiwa.

Bakteri mampu berkembang dengan sangat cepat. Bakteri juga mampu beradaptasi dan bertahan terhadap efek antibiotik. Ini yang disebut dengan resistensi antibiotik, yaitu ketika antibiotik tidak mampu memusnahkan bakteri yang sebelumnya dapat ditangani.

Penggunaan antibiotik berlebihan dan secara tidak tepat merupakan masalah yang dapat mendorong resistensi, sekaligus berpotensi menimbulkan efek samping dan reaksi alergi.

Resistensi antibiotik kini disebut sebagai masalah kesehatan global. Tidak seperti obat lain, penggunaan antibiotik memiliki konsekuensi yang lebih luas. Ketika seseorang menyalahgunakan antibiotik, berarti membantu menciptakan mikroorganisme yang resisten, dengan kemungkinan menyebabkan infeksi baru dan sulit diobati pada diri sendiri dan orang di sekitarnya. Bijaklah dalam mengonsumsi antibiotik demi melindungi kesehatan pribadi, keluarga, tetangga, dan komunitas di sekitar.

Cara Mengonsumsi Secara Tepat Guna

Antibiotik dapat menjadi penyelamat jika digunakan secara tepat, tapi juga bisa membahayakan kesehatan jika tidak mengikuti aturan penggunaan yang dianjurkan dokter. Cobalah perhatikan langkah-langkah yang benar dalam mengonsumsi antibiotik.

  • Konsumsi antibiotik sebagaimana diresepkan sesuai dengan anjuran. Jangan menghentikan konsumsi obat hanya karena Anda merasa lebih baik.
  • Konsultasikan dengan dokter kapan saat yang tepat untuk menggunakan antibiotik. Jangan memaksa dokter untuk memberikan antibiotik terhadap penyakit akibat virus. Ingat, antibiotik hanya efektif melawan infeksi bakteri, bukan infeksi virus.

Mulailah bertanggung jawab dalam mengonsumsi antibiotik. Berbeda dengan obat-obatan pada umumnya, langkah Anda dalam menggunakan antibiotik memiliki implikasi yang jauh lebih berat pada diri sendiri.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Medical Check Up Tanpa Radiasi, Hasil Bisa Diketahui dalam 30 Menit

Medical Check Up Tanpa Radiasi, Hasil Bisa Diketahui dalam 30 Menit

Medical check-up umumnya dilakukan melalui proses pemeriksaan yang cukup rumit dan memakan waktu lama. Hasilnya pun baru bisa diketahui minimal 3-7 hari kemudian. Holistic Medical Center (HMC) di Bangkok, Thailand menawarkan proses pemeriksaan medis yang lebih cepat dan praktis tanpa radiasi.Pada Jumat (19/07/2013), wolipop mencoba paket medical check up yang tersedia di HMC, yaitu Platinum Screening. Paket pemeriksaan medis ini terdiri dari MRIT, LBA, Max Pulse, Alcat dan konsultasi dokter. Dimulai dengan tes Alcat, yaitu pemeriksaan untuk mengetahui kecenderungan seseorang terhadap alergi. Lewat tes darah, akan diketahui makanan atau nutrisi apa saja yang bisa memicu reaksi alergi pada seseorang. Setelah itu dilakukan medical check up menggunakan MRIT (Molecular Resonance Imaging Technology). Sebuah metode pemeriksaan medis tanpa radiasi, melainkan dengan memanfaatkan getaran dan denyutan nadi. Mesin ini mampu menganalisa status energi dari makhluk hidup berdasarkan perubahan pada karakteristik gelombang di jaringan tubuh, sel, kromosom dan hormon.Klien cukup memakai alat yang bentuknya mirip headphone pada telinga, lalu MRIT akan melakukan scanning mulai dari perut, pankreas, [...]

Duduk Lama Bisa Sebabkan Penggumpalan Darah

Duduk Lama Bisa Sebabkan Penggumpalan Darah

Sebelumnya sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko kematian. Kali ini, penelitian terbaru kembali mengungkap dampak negatif akibat duduk selama berjam-jam.Seperti yang dikutip dari Female First, sebuah penelitian di Amerika Serikat menjelaskan bahwa duduk terlalu lama tanpa jeda bisa memicu terjadinya penggumpalan darah yang berbahaya atau disebut Deep Vein Thrombosis (DVT). Berdasarkan penelitian tersebut, kondisi ini biasanya dialami oleh para wanita.Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal British Medical menuliskan bahwa wanita yang duduk lama tiap harinya memiliki dua hingga tiga kali risiko mengalami DVT. Mereka yang duduk dalam posisi hampir tidak bergerak selama lebih dari 41 jam tiap minggunya memiliki risiko tertinggi.Misalnya saja seperti, pekerja yang menghabiskan waktu di depan komputer dan mereka yang melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan atau pesawat. Namun penelitian juga mengatakan bahwa operasi dan pil KB juga bisa menjadi faktor pemicu DVT."Sudah mulai banyak kesadaran mengenai risiko DVT yang terjadi akibat perjalanan udara, tetapi banyak orang yang belum sadar bahwa semua jenis kegiatan yang tidak [...]

Atasi Fibromyalgia dengan Tidur Teratur dan Olah Raga Rutin

Atasi Fibromyalgia dengan Tidur Teratur dan Olah Raga Rutin

Sebuah penelitian di Norwegia mengemukakan bahwa wanita dengan gangguan tidur akan memiliki resiko terkena gangguan nyeri yang berkelanjutan, fibromyalgia, lebih besar 3 kali lipat dalam 10 tahun kedepan. Meskipun pola tidur tidak teratur yang biasa dialami penderita insomnia ataupun karena keadaan yang membuat tidur tersebut terganggu hanya dianggap sebagai salah satu faktor pemicu munculnya ganguan fibromyalgia, namun hal ini perlu menjadi perhatian tersendiri bagi para kaum hawa untuk menjaga tidur mereka sebaik mungkin. Karena fibromyalgia merupakan suatu sindrom rasa sakit kompleks yang 90% menyerang perempuan segala usia. Gangguan ini dirasakan penderita pada beberapa bagian sendi, otot dan tulang tanpa terdeteksi oleh dokter akibat tidak ditemukannya peradangan pada tempat yang terasa sakit tersebut. Hingga kini, belum ada penelitian yang mampu mengemukakan penyebab utama dari gangguan sakit ini. Bahkan gejala fibromyalgia hampir serupa dengan rheumatoid arthritis, seperti sakit pada tengkuk, pundak, sendi-sendi punggung belakang, siku lengan, leher bagian samping, tulang dada (breast bone), tulang punggung, tulang ekor, pinggul dan lutut bagian dalam. Tidak jarang sakit ya [...]

Kelas Yoga Ini Khusus Ajarkan Wanita Agar Nyaman Berjalan Pakai Stiletto

Kelas Yoga Ini Khusus Ajarkan Wanita Agar Nyaman Berjalan Pakai Stiletto

Stiletto bisa membuat pemakainya terlihat lebih seksi dan anggun. Namun mengenakan sepatu dengan sol meruncing ke bawah ini bukan tanpa pengorbanan. Tidak sedikit wanita yang harus menahan sakit, terutama di ujung jari dan tumitnya saat memakai stiletto atau high heels. Hubungan wanita dan high heels pun seperti love-hate relationship, menyakitkan tapi juga disukai.Kondisi ini rupanya memunculkan ide bagi Yamuna Zake, seorang instruktur yoga yang berbasis di New York City. Ia membuka kelas untuk melatih bagian tubuh yang lebih spesifik, yaitu kaki.Wanita berusia 59 tahun ini menawarkan kelas latihan kaki yang membantu para pesertanya belajar bagaimana berjalan memakai stiletto berhak tinggi. Kelas berdurasi satu jam itu bertujuan mengajarkan para wanita agar bisa berjalan lebih anggun dengan high heels. Untuk melakukan yoga ini, diperlukan alat bantu berupa dua bola setengah lingkaran dengan gerigi di seluruh permukaannya.Kelas yoga stiletto bentukan Yamuna ini pertama kali diperkenalkan tahun lalu dan popularitasnya segera melesat di kalangan wanita. Terutama wanita yang cukup mampu membeli stiletto mahal, tapi hanya menyimpannya di rak sepatu karena tidak tahu cara memakainya [...]

Evita Zoraya, Aromatherapist yang Juga Jadi Teman Curhat Kliennya

Evita Zoraya, Aromatherapist yang Juga Jadi Teman Curhat Kliennya

Pekerjaan aromatherapist tidak terbatas pada menggunakan minyak esensial dan wewangian untuk terapi menghilangkan stres atau penyembuhan saja. Seorang aromatherapist profesional juga perlu mendalami ilmu lain agar sesi terapi yang dijalaninya pada klien bisa maksimal dan memberikan manfaat yang nyata bagi peningkatan kualitas hidup.Seperti Evita Zoraya yang sudah berkecimpung di dunia aromaterapi sejak lima tahun lalu. Tidak hanya pengetahuan tentang berbagai macam jenis minyak esensial saja yang dia miliki, tapi juga kemampuan membantu seseorang menemukan solusi sendiri untuk masalahnya.Selain aromatherapist, Evita juga mendalami profesi sebagai Meta Coach. Bukan seperti psikolog yang memberi konsultasi dan saran, atau psikiater yang memberikan resep obat untuk pasiennya. Meta Coach merupakan seorang coach yang membantu seseorang menemukan solusi sendiri untuk mengatasi problema hidup. Lebih kepada memberi referensi bagaimana menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri."Biasanya yang tahu solusi terbaik (untuk masalah) adalah dirinya sendiri. Tapi seringkali mereka tidak menyadari punya kemampuan itu. Di situlah peran coach. Membantu menyelesaikan problem sendiri," ujar Evita [...]

Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tubuh Tetap Stabil

Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tubuh Tetap Stabil

Kolesterol adalah zat lemak yang menyediakan energi bagi sel-sel tubuh Anda, yang diproduksi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Kolesterol sangat penting bagi tubuh jika masih dalam kadar yang sesuai, namun terlalu banyak kolesterol justru dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular seperti jantung, stroke dan lainnya. Oleh karena itu untuk membantu Anda tetap sehat, perhatikan kadar kolesterol dengan tujuh tips yang dikutip dari Health Me Up berikut ini:1. Berhenti MerokokMenghentikan kebiasaan merokok adalah metode yang penting dalam mengurangi tingkat kolesterol Anda. Kandungan dalam rokok dapat mengakibatkan lapisan dalam arteri, atau endothelium semakin rusak. Karsinogen dan karbon mono-oksida yang terdapat dalam asap rokok dalam arteri menjadi lebih rentan terhadap kejang, sehingga menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah.Merokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, dan di waktu yang bersamaan meningkatkan kadar kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol buruk. Selain itu, perokok juga dapat mengalami palpitasi jantung yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka secara [...]

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan

Meski sebenarnya sebagian besar keputihan adalah hal yang normal, namun kondisi ini sering membuat tidak nyaman dan resah. Bagaimana cara mengatasinya? Keputihan sebenarnya adalah hal yang normal dan sehat karena pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau. Kadar cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan seksual, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi. Menangani Keputihan Tidak Normal Keputihan yang normal sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus. Yang perlu dijaga adalah agar keputihan tidak berubah menjadi tidak normal. Perubahan ini dapat disebabkan beberapa hal seperti: infeksi vaginosis bakterial, penggunaan antibiotik, infeksi penyakit menular seksual seperti klamidia, kanker serviks, penggunaan pil kontrasepsi, infeksi parasit trikomoniasis, ataupun infeksi jamur. Tanda dari keputihan yang tidak normal adalah perubahan warna dan konsistensi, adanya bau, dan adanya gatal atau nyeri. Ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan secara mandiri seperti: Kompres dingin [...]

Ini 2 Profesi yang Meja Kerjanya Paling Kotor

Ini 2 Profesi yang Meja Kerjanya Paling Kotor

Banyak pekerja kantoran yang tak menyadari bahwa meja kerja mereka mengandung banyak bakteri. Menurut penelitian, meja kerja milik pengacara dan akuntan adalah yang paling kotor.Seperti yang dikutip dari Telegraph, meja kantor merupakan tempat berkumpulnya bakteri dan kuman yang bisa menyebar dengan cepat ke semua karyawan kantor. Menurut penelitian terbaru, inilah yang menyebabkan seringngya karyawan terjangkit flu dan pilek.Sebuah studi yang dilakukan perusahaan perlengkapan alat kantor, Viking, mengungkap bahwa ratusan kantor di seluruh negeri memiliki tingkat kebersihan yang buruk. Kuman ditemukan hampir 2/3 dari keyboard komputer dan sisanya terdapat di bawah keyboard tersebut.Selain keyboard komputer, telepon dan meja kerja itu sendiri juga mengandung banyak kuman serta bakteri. Viking menemukannya setelah menganalisa penyeka khusus yang dikirim kepada ratusan pekerja kantoran.Hasil dari survei tersebut menemukan bahwa meja kerja milik pengacara, akuntan dan pekerja yang sering menggunakan komputer adalah pekerja kantor yang paling tidak sehat. Pekerja sosial juga termasuk yang paling kotor karena mereka cenderung memiliki kebiasaan menyimpan makanan di meja kerjanya.Banya [...]

Wasir Saat Hamil? Ini Cara Pengobatannya!

Wasir Saat Hamil? Ini Cara Pengobatannya!

Wasir biasa terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Beberapa perempuan terkena wasir pertama kali saat mereka hamil, dan jika Anda pernah mengalaminya sebelum kehamilan, kemungkinan besar Anda bisa mengalaminya lagi. Dalam kebanyakan kasus, wasir yang berkembang selama kehamilan akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan, terutama jika Anda berhati-hati dalam menanganinya. Mengapa wasir terjadi pada masa kehamilan? Kehamilan membuat seseorang lebih rentan terhadap wasir. Rahim yang membesar menekan vena panggul dan vena kava inferior (vena besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari anggota tubuh bagian bawah). Hal ini memperlambat kembalinya darah dari bagian bawah tubuh Anda, yang meningkatkan tekanan pada vena di bawah rahim dan menyebabkan wasir lebih melebar atau bengkak. Sembelit, masalah umum lain selama kehamilan, juga dapat menyebabkan atau memperburuk wasir. Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan dinding pembuluh darah lebih lentur, yang memungkinkan dinding pembuluh darah membengkak lebih mudah. Progesteron juga dapat mengakibatkan sembelit dengan memperlambat saluran usus. Bagaimana saya menghindari was [...]

Ternyata Ini Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Ternyata Ini Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Menstruasi tidak lancar yang dapat disebut menstruasi tidak teratur, adalah kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim yang keluar menjadi darah, biasanya terjadi selama 3-7 hari. Sewajarnya siklus menstruasi terjadi selama 28-35 hari dan terjadi sebanyak 11-13 kali menstruasi dalam satu tahun. Tiap wanita mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek atau lebih lama. Menstruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu menstruasi dikelompokkan tidak lancar bila lamanya menstruasi berubah-ubah setiap bulannya. Volume darah yang tidak sama, kadang banyak atau kadang sedikit, juga menjadi dasar menstruasi tidak lancar. Menstruasi yang tidak lancar biasanya terjadi pada beberapa tahun pertama Anda mulai menstruasi. Menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur tersebut disebabkan oleh hormon yang belum seimbang. Namun, jika menstruasi tidak lancar atau tidak teratur terjadi bukan di beberapa tahun pertama Anda mengalami menstruasi, maka masalah menstrua [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *