Antibiotik Bisa Memicu Kekebalan Bakteri

antibiotik-bisa-memicu-kekebalan-bakteri-alodokter.jpg

Sejak ditemukan antibiotik oleh Alexander Flemming pada tahun 1920-an, penggunaan antibiotik kini sudah menyebar ke seluruh dunia. Namun kecenderungan yang terjadi, penggunaan antibiotik secara berlebihan justru menimbulkan kerugian. Tidak hanya bagi orang yang mengonsumsi antibiotik, pada sisi lain akan berdampak lebih luas.

Ada berbagai antibiotik yang tersedia dengan beragam merek. Biasanya antibiotik dikelompokkan berdasarkan bagaimana cara kerjanya. Tiap jenis antibiotik hanya bekerja melawan bakteri atau parasit jenis tertentu. Itulah alasan antibiotik yang berbeda digunakan untuk mengobati jenis-jenis infeksi yang berbeda pula.

Pemilihan Antibiotik

Pilihan antibiotik tergantung pada beberapa hal, antara lain:

  • Jenis bakteri yang dituju.
  • Bagian mana dari bakteri yang dituju.
  • Tujuan penggunaan untuk membunuh seluruh bakteri atau terbatas menghentikan perkembangannya.
  • Seberapa lama antibiotik akan digunakan.
  • Bagaimana antibiotik itu akan digunakan.

Faktor-faktor lain yang memengaruhi pilihan sebuah antibiotik, termasuk seberapa parah infeksi yang terjadi, bagaimana kondisi ginjal dan hati, jadwal konsumsi serta obat lain yang menyertai, kemungkinan efek samping, dan catatan alergi pasien terhadap antibiotik. Atau, jika Anda sedang hamil atau menyusui, ada sejumlah antibiotik yang dianggap tidak aman. Dokter terkadang memilih antibiotik khusus jika mengetahui adanya pola infeksi tertentu dalam komunitas Anda.

Penelitian yang dilakukan University of Utah terhadap dokter di Amerika Serikat menyimpulkan, sekitar 60 persen dari resep antibiotik yang diberikan tergolong jenis antibiotik yang paling kuat. Antibiotik tersebut tergolong memiliki spektrum yang luas dengan kemampuan membunuh berbagai jenis bakteri. Sayangnya, lebih dari 25 persen dari kasus yang diteliti, resep tersebut tidak berguna karena infeksi berasal dari virus, kondisi yang dapat diobati tanpa antibiotik.

Pada kenyataannya, penggunaan antibiotik secara tidak tepat akan menempatkan pasien pada potensi risiko yang tidak perlu terjadi. Lebih jauh lagi, terlalu banyak menggunakan antibiotik dapat memicu resistensi bakteri terhadap antibiotik.

Potensi Resistensi

Bagaimana jika suatu hari antibiotik tidak lagi efektif melawan bakteri? Hal itu sungguh mengkhawatirkan, mengingat selama ini antibiotik merupakan obat yang menjadi andalan dalam mengobati berbagai jenis penyakit yang disebabkan bakteri, mulai dari infeksi kulit dan telinga hingga infeksi darah yang mengancam jiwa.

Bakteri mampu berkembang dengan sangat cepat. Bakteri juga mampu beradaptasi dan bertahan terhadap efek antibiotik. Ini yang disebut dengan resistensi antibiotik, yaitu ketika antibiotik tidak mampu memusnahkan bakteri yang sebelumnya dapat ditangani.

Penggunaan antibiotik berlebihan dan secara tidak tepat merupakan masalah yang dapat mendorong resistensi, sekaligus berpotensi menimbulkan efek samping dan reaksi alergi.

Resistensi antibiotik kini disebut sebagai masalah kesehatan global. Tidak seperti obat lain, penggunaan antibiotik memiliki konsekuensi yang lebih luas. Ketika seseorang menyalahgunakan antibiotik, berarti membantu menciptakan mikroorganisme yang resisten, dengan kemungkinan menyebabkan infeksi baru dan sulit diobati pada diri sendiri dan orang di sekitarnya. Bijaklah dalam mengonsumsi antibiotik demi melindungi kesehatan pribadi, keluarga, tetangga, dan komunitas di sekitar.

Cara Mengonsumsi Secara Tepat Guna

Antibiotik dapat menjadi penyelamat jika digunakan secara tepat, tapi juga bisa membahayakan kesehatan jika tidak mengikuti aturan penggunaan yang dianjurkan dokter. Cobalah perhatikan langkah-langkah yang benar dalam mengonsumsi antibiotik.

  • Konsumsi antibiotik sebagaimana diresepkan sesuai dengan anjuran. Jangan menghentikan konsumsi obat hanya karena Anda merasa lebih baik.
  • Konsultasikan dengan dokter kapan saat yang tepat untuk menggunakan antibiotik. Jangan memaksa dokter untuk memberikan antibiotik terhadap penyakit akibat virus. Ingat, antibiotik hanya efektif melawan infeksi bakteri, bukan infeksi virus.

Mulailah bertanggung jawab dalam mengonsumsi antibiotik. Berbeda dengan obat-obatan pada umumnya, langkah Anda dalam menggunakan antibiotik memiliki implikasi yang jauh lebih berat pada diri sendiri.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
7 Cara Cepat Menghilangkan Stres

7 Cara Cepat Menghilangkan Stres

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Stres dalam kesehatan dikenal sebagai pencetus sederet penyakit-penyakit degeneratif. Tidak sedikit bagaimana beragam penelitian mengemukakan terdapat hubungan erat antara stres dengan kolesterol, hipertensi, pola tidur, pola makan yang mengakibatkan diabetes dan lainnya. Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk menjaga diri guna senantiasa terjauh dari stres. Simaklah beberapa 7 tips bebas stres berikut ini: 1. Meditasi Meditasi merupakan cara yang sangat baik untuk menghilangkan stres. Ada 3 cara cepat untuk memulai meditasi yaitu: Pergilah ke tempat yang tenang dan sepi, Tutup mata Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan pikiran Anda dari tubuh. Dalam meditasi Anda, Anda dapat secara bebas memikirikan atau membayangkan segala pikiran yang nyaman termasuk yang bukan realita. Tidak ada kecemasan disini, tidak ada deadline, tidak ada tekanan atau kesakitan. Selama proses relaksasi, Anda dapat menarik harapan baru dan melepaskan segala kecemasan dan rasa takut Anda. 2. Berolahraga Olahraga memegang peran penting dalam segala elemen dalam tubuh, dari meningkatkan sirkulasi tubuh hingga memperkuat jantung. Namun olahraga juga merupakan penghilang s [...]

Inilah Arti Warna Tinja Terhadap Kesehatan Anda

Inilah Arti Warna Tinja Terhadap Kesehatan Anda

Jangan mengangap remeh perubahan warna pada buang air besar (tinja) karena bisa jadi merupakan pertanda adanya suatu penyakit, meskipun dapat juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang kita makan. Kualitas, kuantitas, dan warna tinja dapat menjadi indikator (tanda status) kesehatan sistem pencernaan. Apa warna tinja yang normal? Normalnya, tinja berwarna kuning kecoklatan karena dipengaruhi oleh bilirubin. Bilirubin terbentuk dari hasil pemecahan hemoglobin (sel darah merah) di hati kemudian dikeluarkan melalui empedu dan dibuang melalu tinja. Klik tombol 'next' untuk menyimak lebih lanjut. Apa Artinya Jika Warna Tinja Hitam? Warna hitam pada tinja menunjukkan adanya perdarahan pada saluran cerna bagian atas, dalam dunia kedokteran dikenal sebagai ?melena?. Warna berubah menjadi hitam karena terjadi perubahan kimiawi di dalam saluran cerna oleh enzim pencernaan. Konsumsi suplemen zat besi, makanan yang kaya zat besi, atau obat yang mengandung bismuth juga dapat membuat tinja berwarna hitam. Apa Artinya Jika Warna Tinja Merah? Menunjukkan adanya darah segar pada tinja, disebut sebagai hematoskezia. Dapat disebabkan oleh perdarahan saluran c [...]

Anak Suka Sesak? Hati-Hati Penyakit Jantung Bawaan

Anak Suka Sesak? Hati-Hati Penyakit Jantung Bawaan

Apakah Anda pernah mendengar tentang penyakit jantung bawaan? Penyakit jantung bawaan yang juga dikenal masyarakat sebagai penyakit jantung bocor adalah kelainan pada struktur jantung anak yang didapat sejak lahir. Kelainan struktur jantung ini dapat berupa kelainan katub jantung, dinding jantung atau pembuluh darah jantung. Namun gejala penyakit jantung bawaan kadang tidak khas sehingga perlu perhatian khusus. Mari kita kenali penyakit jantung bawaan lebih jauh. Apa itu penyakit jantung bawaan? Penyakit jantung bawaan adalah kelainan struktur jantung yang terjadi sejak anak lahir. Jantung manusia terdiri dari empat ruangan yang dipisahkan oleh dinding otot jantung dan katub. Kelainan jantung bawaan dapat mengenai dinding jantung, katub jantung atau pembuluh darah. Kelainan jantung dapat berupa kebocoran katub jantung atau terdapat lubang pada dinding jantung. Apa penyebab terjadinya penyakit jantung bawaan? Berikut penjelasannya: Apa Penyebab Terjadinya Penyakit Jantung Bawaan? Penyebab penyakit jantung bawaan cukup banyak, diantaranya adalah: Infeksi saat kehamilan. Infeksi oleh virus, seperti rubella selama kehamilan dapat meningkatkan risiko anak men [...]

Cara Memasak Makanan Ramadhan yang Sehat

Cara Memasak Makanan Ramadhan yang Sehat

Ibadah puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, jika tidak dilakukan dengan tepat malah dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan Anda. Susunlah kegiatan berpuasa Anda dengan cermat, termasuk makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Memperhatikan makanan yang kita konsumsi selama berpuasa akan membantu puasa kita berjalan dengan lebih baik. Untuk itulah bukan hanya bahan makanan yang perlu kita perhatikan, namun juga cara memasaknya. (Baca: 5 Nutrisi Pencegah Berat Badan Naik Saat Puasa) Hal ini penting karena meskipun dalam bulan puasa, kita tetap perlu memperhatikan keseimbangan nutrisi yang masuk dalam tubuh. Berikut adalah anjuran cara memasak yang dirilis oleh RMIT University, Australia. Makanan yang Harus Dihindari Makanan Sehat Makanan yang digoreng rendam Makanan dengan basis biji-bijian misalnya gandum, makanan yang dikukus atau direbus Makanan tinggi gula Makanan berbasis susu, yang banyak mengandung serat Makanan tinggi lemak Makanan yang dipanggang atau dibakar, daging tanpa lemak Metode Memasak yang Harus Dihindari Metode Memasak yang Dianjurkan Goreng [...]

Waspada! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Waspada! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Ladies, kapan terakhir kali Anda membongkar tas kosmetik dan menyortir peralatan makeup yang lama tak terpakai? Sebagian wanita punya kebiasaan membeli kosmetik baru meskipun koleksi alat makeup lama masih cukup banyak. Alhasil karena terlalu lama tidak dipakai, kosmetik pun jadi kedaluwarsa.Meski begitu, masih ada saja yang menyimpan bahkan menggunakannya tanpa sadar akan bahaya yang mengintai. Sebuah tes laboratorium yang dilakukan di London ini mungkin akan membuat para wanita segera menyingkirkan peralatan kosmetiknya yang sudah tak layak pakai. Produk makeup yang sudah lama ternyata menyimpan bakteri berbahaya, salah satunya bakteri penyebab meningitis (radang selaput otak) yang mematikan yaitu enterococcus faecils.Para peneliti dari London Metropolitan University telah memeriksa lima produk kosmetik seperti blush-on, foundation dan lip gloss dan menemukan bahwa mereka menyimpan banyak bakteri berbahaya.Selain enterococcus faecalis, peralatan kosmetik kedaluwarsa juga menyimpan bakteri berbahaya lainnya yaitu eubacterium yang bisa menyebabkan bacterial vaginosis (ketidakseimbangan flora dan bakteri pada Miss V) dan aeronoma, penyebab gastroenteritis dan infeksi pada luka. T [...]

20 Cara Menghargai Tubuh Sendiri

20 Cara Menghargai Tubuh Sendiri

Sumber : kompas.com Apakah Anda cukup puas dengan tubuh sendiri? Bila kurang puas, ikuti saran dari Margo Maine, Ph.D berikut ini: Tubuh Anda adalah ciptaan Tuhan yang luar biasa, mulailah untuk menghargainya. Buat daftar yang mencantumkan hal-hal yang dapat dilakukan tubuh Anda. Baca dan tambah terus daftar itu. Sadari apa yang bisa dilakukan tubuh Anda setiap hari. Ingatlah bahwa tubuh adalah instrumen kehidupan, bukan sekadar hiasan Buatlah daftar orang-orang yang Anda kagumi: orang yang banyak menyumbang hal positif dalam hidup Anda, di masyarakat dan di dunia. Perhatikan apakah penampilan fisik mereka tampak penting dalam menunjang kesuksesan dan pencapaiannya. Berjalanlah dengan kepala diangkat, didukung rasa percaya diri. Jangan biarkan berat badan atau postur tubuh menghalang i Anda menikmati kegiatan yang disukai. Pakailah baju yang nyaman, disukai dan terasa enak di tubuh. Hitung berkat yang Anda terima, bukan kemalangan-kemalangan. Pikirkan hal-hal lain yang bisa dicapai dengan waktu dan energi yang dihabiskan untuk mengkhawatirkan badan dan penampilan. Jadilah sahabat serta pendukung, bukan musuh bagi tubuh sendiri. Pikirkan bahwa kulit Anda ber [...]

Ini yang Terjadi Jika Anda Mencampur Minuman Energi dengan Susu

Ini yang Terjadi Jika Anda Mencampur Minuman Energi dengan Susu

Konsumsi minuman berenergi telah lama dikenal luas dan marak dilakukan oleh banyak kalangan. Sebagian orang merasa sangat terbantu dengan mengonsumsi minuman ini, sebagian yang lain merasa ragu dengan efek sampingnya. Tren terbaru adalah mencampurnya dengan minuman lain. Pencampurannya dengan alkohol telah cukup terkenal di luar negeri, namun hal ini telah diyakini berbahaya dan tidak menyehatkan. Bagaimana dengan pencampurannya dengan susu? ?Minuman energi? adalah minuman yang umumnya mengandung kafein, taurin, vitamin, suplemen herbal, gula maupun pemanis buatan. Minuman ini menjanjikan peningkatan energi, performa, stamina, dan konsentrasi. Akibat kandungan kafein dan gula yang tinggi inilah minuman ini diyakini dapat memberikan efek-efek yang diharapkan tersebut. Kafein menyebabkan terlepasnya hormon yang memberikan kondisi ?waspada? dan ?terjaga?, serta mempengaruhi pusat kebahagiaan di otak. Dari kafein inilah orang-orang yang mengonsumsi minuman berenergi mendapatkan perasaan awas, segar, dan berstamina. Namun bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, akan muncul efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Lalu apa yang terjadi jika dicampur dengan susu? Apakah justru ja [...]

Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan

Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan

Kurang tidur menyebabkan kegemukan! Kalimat ini pasti bukan hal yang asing di telinga Anda. Cukup tidur memang merupakan aspek penting dalam mempertahankan berat badan yang ideal, selain olahraga dan asupan nutrisi yang seimbang. Akan tetapi, berapa jam tidur sehari yang dapat dikatakan cukup? Para ahli mengatakan bahwa jam tidur yang dikatakan cukup adalah 7-8 jam sehari. Lalu apa yang terjadi saat Anda tidak mendapatkan jam tidur yang dianjurkan tersebut? Apakah sebaiknya membayar hutang jam tidur keesokan harinya dengan tidur lebih dari 8 jam? Sebenarnya ketika kita berbicara tentang durasi tidur, yang memiliki risiko menimbulkan kegemukan atau obesitas bukan hanya durasi tidur yang pendek yaitu 5-6 jam. Akan tetapi, durasi tidur yang panjang yaitu 9-10 jam atau bahkan lebih dari itu juga meningkatkan risiko seseorang menjadi gemuk. Besar risiko terjadinya obesitas pada seseorang yang tidur dengan durasi pendek adalah sebesar 27%, sedangkan untuk yang tidur dengan durasi panjang adalah sebesar 21% (Chaput et al, 2007). Jadi, sebenarnya risiko kegemukan meningkat baik dengan jam tidur yang kurang maupun dengan jam tidur yang lebih panjang dari anjuran. Ada beberapa teori mengapa [...]

Kenali Tremor dan Penyebabnya

Kenali Tremor dan Penyebabnya

Tremor adalah gerakan yang tidak terkontrol dan tidak terkendali pada satu atau lebih bagian tubuh Anda. Tremor biasanya terjadi karena bagian otak yang mengontrol otot mengalami masalah. Tremor menyebabkan gemetar pada tubuh, bagian yang paling sering terkena adalah tangan. Secara umum, tremor tidak selalu menunjukkan adanya masalah kesehatan yang bermakna. Meski demikian, dalam kasus tertentu tremor bisa mengindikasikan adanya masalah serius pada tubuh seseorang. Apa Saja Penyebab Tremor? Penyebab tremor pada umumnya adalah masalah pada area otak yang mengatur otot bagian tubuh tertentu. Beberapa penyakit dan kondisi yang bisa menyebabkan tremor adalah penyakit Parkinson, multiple sclerosis, stroke, cedera otak karena traumatis, kegagalan hati, dan penyakit neurodegeneratif. Keadaan hipertiroid dan hipoglikemia (gula darah rendah) juga dapat menyebabkan tremor. Selain itu, beberapa jenis obat yang digunakan dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan kondisi ini. Obat-obatan tersebut antara lain amfetamin, kortikosteroid, dan obat-obatan yang digunakan untuk gangguan kejiwaan tertentu. Penyalahgunaan alkohol, konsumsi kafein berlebih, dan keracunan merkuri pun bisa menyebabkan t [...]

Mengatasi Muntah pada Anak dengan Bijaksana

Mengatasi Muntah pada Anak dengan Bijaksana

Naluri orang tua biasanya kuat jika ada yang tidak beres dengan kesehatan si Kecil. Tidak jarang pula keadaan ini akan berujung kepanikan. Tidak terkecuali jika si Kecil muntah-muntah. Jika hanya berlangsung sebentar, mungkin Anda bisa sedikit santai, namun bagaimana jika terjadi berkepanjangan? Kenali penyebabnya dan atasi secepat mungkin sebelum menjadi lebih parah. Sebenarnya muntah sesekali pada anak adalah hal yang lumrah jika terjadi tidak lebih dari dua hari. Namun beda cerita jika kondisi itu terjadi selama berhari-hari. Kemungkinan ini adalah tanda dari sebuah masalah yang yang serius dan memerlukan pertolongan medis secepat mungkin. Kenali Penyebab Muntah pada Anak Mual dan muntah bukanlah penyakit, namun merupakan sebuah gejala. Pahami penyebab umum muntah berikut ini. Gastroenteritis atau infeksi mikroorganisme yang terjadi pada sistem pencernaan, juga dikenal dengan istilah stomach flu. Tanda-tanda yang muncul biasanya berupa diare, demam, dan sakit perut. Anak tidak sengaja menelan substansi beracun, seperti obat, bahan kimia, atau makanan atau minuman yang terkontaminasi. Alergi makanan. Selain muntah, gejala yang muncul bisa disertai kulit merah dan gatal (bidura [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *