Apa Pengaruh Musik untuk Ibu Hamil?

apa-pengaruh-musik-untuk-ibu-hamil-alodokter.jpg

Banyak anggapan yang beredar dalam masyarakat bahwa ibu hamil yang mendengarkan musik dapat memperoleh berbagai manfaat. Bahkan tidak jarang yang menganggap satu jenis musik tertentu dapat membuat janin kelak lebih pintar.

Ibu hamil yang berniat melakukan stimulasi semacam ini sebaiknya melakukan dengan hati-hati. Hingga kini, para ahli belum dapat membuktikan bahwa memperdengarkan musik pada janin dapat menjadikannya lebih pintar. Meski pada satu sisi, ibu hamil yang mendengarkan musik diakui lebih rileks dan lebih mudah tidur.

Stimulus yang Menyenangkan

Alunan musik dapat mempengaruhi seseorang, termasuk ibu hamil. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman mengungkapkan bahwa respons yang ditunjukkan ibu hamil lebih kuat terhadap segala jenis musik.

Para peneliti menyimpulkan, musik adalah stimulus yang signifikan. Kemungkinan disebabkan oleh tingkat estrogen yang tinggi pada ibu hamil. Hormon tersebut memengaruhi otak terhadap rasa senang ketika mendengar musik.

Seorang peneliti lain menyebutkan bahwa musik bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat membantu merasa santai dan kondisi itu sangat baik untuk perkembangan dan kondisi janin.

Apa yang Dapat Didengar Janin?

Menjelang akhir masa hamil 5 bulan, para ahli meyakini janin dapat menerima informasi sensori yang kemudian dapat direspons dan diingat pada tingkat tertentu.

Selain detak jantung, napas, suara aliran darah, dan saluran pencernaan, janin mulai bisa mendengar suara dari luar tubuh ibu. Kemungkinan janin dapat mengenali dan merasa nyaman ketika mendengarnya lagi setelah lahir.

Detak jantung janin bisa meningkat saat dia mendengar musik. Setelah dilahirkan, bayi dapat merespons ketika musik tersebut diperdengarkan secara teratur.

Musik dianggap dapat membuat ibu merasa rileks dan mendorong perasaan yang sama ketika diperdengarkan kepada bayi yang baru lahir. Sebagian bayi akan bereaksi dengan berhenti menangis, membuka mata mereka, atau sedikit melakukan gerakan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bayi yang diperdengarkan lagu pengantar tidur pada masa akhir kehamilan, reaksi aktivitas otaknya lebih tinggi jika dibandingkan bayi yang baru mendengarnya setelah lahir. Hal ini membenarkan kemungkinan janin mampu mendengar di dalam perut, namun tidak membuktikan paparan musik sejak dalam kandungan dapat meningkatkan kemampuan sistem pendengaran atau perkembangan otak setelah lahir.

Jangan Berlebihan

Tidak jarang ibu hamil berusaha memberi stimulasi musik dengan menempelkan headphone pada perutnya. Namun, hal itu dikhawatirkan justru dapat menstimulasi janin secara berlebihan, terutama jika volume suara tinggi.

Beberapa penelitian mengungkap, suara berisik yang diperdengarkan pada janin untuk waktu yang lama justru dapat memicu kelahiran prematur, berat badan rendah, hingga gangguan pendengaran pada bayi setelah lahir.

Suara yang disarankan untuk volume yang didengarkan ibu hamil yaitu sekitar 65 desibel. Jika musik tersebut akan didengarkan untuk waktu lebih lama, volume yang disetel disarankan di bawah 50 desibel. Tingkat tersebut umumnya diberlakukan pada ruang perawatan intensif untuk bayi yang baru lahir.

Sebagai perbandingan, suara mesin cuci berkisar 50-75 desibel, pengering rambut sekitar 60-95 desibel, dan dering telepon sekitar 80 desibel.

Meski belum terbukti dapat meningkatkan kecerdasan bayi, memperdengarkan musik pada bayi menyimpan kemungkinan untuk membantunya mengenal dan berinteraksi dengan Anda. Sementara itu, bagi Anda yang tengah hamil, musik dapat mengurangi stres dan memperdalam naluri keibuan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menilik Keuntungan dan Risiko Water Birth

Menilik Keuntungan dan Risiko Water Birth

Rasa sakit saat melahirkan merupakan hal yang wajar. Water birth atau melahirkan dalam air disebut-sebut sebagai salah satu metode yang dapat mengurangi rasa sakit. Hingga kini, water birth masih memicu pro dan kontra dengan keuntungan dan risiko yang dimiliki. Pada proses melahirkan water birth berarti ibu akan duduk, jongkok, atau pada posisi lain yang membuatnya nyaman untuk mengejan di dalam air. Metode ini bisa dibilang sangat berbeda dengan persalinan normal pada umumnya ataupun melahirkan dengan operasi caesar dimana ibu menjalani proses melahirkan dengan berbaring di tempat tidur. Water Birth Mampu Mengurangi Rasa Sakit? Pro dan kontra terhadap water birth terus terjadi di kalangan medis hingga saat ini. Sebuah penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa keuntungan dapat diperoleh oleh wanita yang melahirkan dengan water birth, yaitu makin berkurangnya rasa sakit. Hal ini dapat menurunkan kemungkinan menggunakan obat pereda rasa sakit, seperti epidural. Kenapa hal itu bisa terjadi? Berada di dalam air hangat dapat membuat rasa sakit akibat kontraksi menjadi lebih ringan. Sebagaimana mandi air hangat dapat membantu meringankan sakit perut atau nyeri punggung. Beberapa keunt [...]

Hamil 3 Bulan: Bayi Mulai Dapat Mendengar

Hamil 3 Bulan: Bayi Mulai Dapat Mendengar

Jika Anda berniat memperdengarkan musik pada janin, Anda dapat memulainya di usia kehamilan 3 bulan ini. Pada masa ini, ia telah dapat mendengar bunyi-bunyian dan percakapan, baik suara Anda, maupun suara dari luar perut ibunya. Di usia hamil 3 bulan, risiko keguguran menurun dibandingkan masa kandungan 2 bulan. Namun perut yang mulai tampak membesar akan membuat Anda perlu mengganti pakaian dengan busana yang lebih longgar dan nyaman. Seiring dengan berkurangnya morning sickness, Anda lebih dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tubuh saat mengandung. Bagaimana Pertumbuhan Janin? Di awal 3 bulan masa kehamilan ini, berat bayi menjadi sekitar 23 gram dengan panjang sekitar 7,4 cm. Hamil minggu 13 Ovarium atau testis telah berkembang. Organ kelamin juga telah terbentuk, meski belum dapat terdeteksi saat USG. Janin Anda bisa jadi mengalami cegukan meski Anda tidak dapat merasakannya. Ini pertanda dia sedang berlatih bernapas. Bayi Anda telah dapat mengisap. Ini merupakan persiapan nantinya akan mencari puting susu setelah lahir. Jika bayi Anda perempuan, dia memiliki setidaknya 2 juta sel telur di dalam ovariumnya. Saat lahir, sel telurnya akan berkurang menjadi kira-kira 1 jut [...]

Jangan Cemas, Masih Ada Langkah Program Hamil

Jangan Cemas, Masih Ada Langkah Program Hamil

Bagi pasangan yang ingin sekali mendapatkan momongan namun tak kunjung datang, mungkin terapi kesuburan adalah pilihan yang tepat. Terlebih bila usia wanita sudah melebihi 35 tahun. Ada banyak teknik terapi kesuburan yang bisa dilakukan saat menjalani program hamil bagi pasangan yang mengalami masalah infertilitas. Penentuan teknik mana yang tepat akan disesuaikan kepada penyebab infertilitas yang diderita oleh kedua pasangan atau salah satu pasangan. Selain itu, penentuan terapi kesuburan juga tergantung kepada riwayat kesehatan seseorang dan usianya. Jenis Terapi Kesuburan di Dalam Program Hamil Secara umum, terapi kesuburan dibagi menjadi tiga jenis. Yang pertama adalah terapi kesuburan dengan menggunakan obat-obatan. Terapi kedua adalah dengan prosedur bedah. Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan cara pembuahan buatan. Terapi melalui obat-obatan Obat-obatan yang digunakan untuk membantu menyukseskan program hamil melalui terapi kesuburan adalah clomifene. Obat ini berfungsi mendorong pelepasan sel telur terjadi secara teratur. Obat-obatan ini diberikan kepada perempuan yang mengalami proses ovulasi tidak teratur atau tidak bisa berovulasi sama sekali. Untuk masalah [...]

Bahaya Minuman Keras Selama Kehamilan

Bahaya Minuman Keras Selama Kehamilan

Para pakar kesehatan masih belum tahu secara jelas dan pasti berapa banyak konsumsi minuman keras yang aman untuk ibu hamil dan bayinya. Oleh karena itu, langkah yang paling aman adalah menghindari minuman keras sepenuhnya selama hamil. Perdebatan mengenai apakah ibu hamil diperkenankan untuk mengonsumsi minuman beralkohol memang tidak pernah ada habisnya. Baik ahli kesehatan maupun para ibu yang sedang hamil atau telah melahirkan memiliki pendapat masing-masing mengenai hal ini. Beberapa orang mengatakan bahwa mengonsumsi minuman keras, selama dilakukan dalam jumlah terbatas, tidak akan membahayakan kondisi janin. Pada lain sisi, sebagian lainnya sangat menentang hal ini. Bagaimana dengan pembahasan dari segi medis? Seberapa Banyak Alkohol yang Bisa Dikonsumsi Hasil penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan kecacatan pada bayi. Meski begitu, belum ada penelitian yang berhasil membuktikan apakah mengonsumsi sedikit minuman keras juga berdampak sama kepada janin. Karena belum ada penelitian yang bisa membuktikan jumlah alkohol yang ?aman? inilah, maka agak sulit untuk menentukan seberapa banyak jumlah alkohol yang bisa diko [...]

Sulit Hamil Setelah Berhenti Memakai Pil KB?

Sulit Hamil Setelah Berhenti Memakai Pil KB?

Menggunakan alat kontrasepsi kini makin umum di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu yang banyak dipilih adalah pil kontrasepsi yang dikonsumsi oleh wanita. Data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun 2013 menunjukkan, penggunaan alat kontrasepsi pil menempati peringkat kedua terbanyak, yaitu sekitar 26 persen di antara 8 juta pasangan usia subur yang baru mulai menggunakan alat kontrasepsi di Indonesia. Di Indonesia, pil kontrasepsi lebih populer disebut dengan pil KB sebagai bagian dari program Keluarga Berencana (KB) yang ditetapkan sebagai program pemerintah sejak tahun 1970. Namun pada sebagian masyarakat kemudian timbul anggapan bahwa setelah menggunakan pil KB dapat menyebabkan kesulitan hamil. Benarkah demikian? Berdasarkan Hasil Penelitian Penelitian menyatakan bahwa kondisi kesuburan wanita yang berhenti konsumsi pil KB, tidak berbeda dengan wanita yang tidak pernah mengonsumsi pil KB sama sekali. Penelitian lain menyebutkan, pil KB tidak menunjukkan adanya efek jangka panjang terkait kesuburan seseorang setelah menggunakannya. Saat seorang wanita berhenti mengonsumsinya, maka dia akan kembali subur dan dapat segera hamil. Setelah p [...]

Perhatian Khusus Menghadapi Anak Hiperaktif

Perhatian Khusus Menghadapi Anak Hiperaktif

Membesarkan dan merawat anak hiperaktif membutuhkan perhatian dan waktu yang lebih banyak. Dalam upaya mendorong perkembangan anak-anak ini, orang tua perlu belajar untuk mengelola perilaku anak. Hiperaktif pada anak adalah suatu kondisi yang menjadikan seorang anak sukar untuk mengontrol aktivitas dan reaksinya terhadap kejadian di sekitar dirinya. Hiperaktif disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Anak dengan ADHD dapat mengalami kurangnya kemampuan untuk memusatkan perhatian (inatensi), tidak bisa diam (hiperaktif), dan impulsif. Anak dengan ciri inatensi mudah teralihkan perhatiannya, sering tidak memperhatikan, dan pelupa. Anak dengan ciri hiperaktif sering terlihat terus-menerus bergerak, terus menerus bicara, dan tampak gelisah ketika duduk. Sering menyela percakapan atau kegiatan orang lain, tidak sabar mengantri, dan tidak bisa menahan emosi, menunjukkan ciri impulsif. Anak dengan ADHD dapat lebih dominan hiperaktif-impulsif atau inatensi. Dapat juga kombinasi keduanya. Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan anak hiperaktif, namun dapat dikontrol atau dikelola melalui dukungan, pendidikan, dan saran yang tepat b [...]

Bayi 9 Bulan: Dapat Merespons dan Bersosialisasi

Bayi 9 Bulan: Dapat Merespons dan Bersosialisasi

Bayi 9 bulan sudah dapat makin memahami kata-kata Anda dan mampu berusaha merespons dengan kata-kata juga. Bayi 9 bulan berjenis kelamin perempuan umumnya berbobot 6,6-10,4 kg dengan panjang 65,6-74,7 cm. Sementara bayi laki-laki memiliki berat 7,2-10,9 kg dengan panjang 67,7-76,2 cm. Seiring kesadarannya yang berkembang, dia akan bereaksi saat berada pada situasi tertentu yang sebelumnya tidak menjadi masalah untuknya, seperti lampu kamar yang dimatikan atau menangis saat Anda berangkat bekerja. Kabar baiknya adalah bayi 9 bulan umumnya tidak akan menangis dalam waktu lama karena perhatiannya dapat dengan mudah dialihkan. Kemampuan Motorik Pada umumnya, bayi 9 bulan membutuhkan ruangan yang lapang dan aman untuk bergerak seperti merangkak, berdiri, serta menjelajahi sekitarnya. Hal ini dikarenakan dia sudah dapat melakukan berbagai hal, seperti: Bayi Anda kini sudah dapat mengeluarkan benda dari dalam kotak mainannya. Dia akan senang memindah-mindahkan mainan aneka warnanya dari satu tempat ke tempat lain. Anda juga dapat menjadi teman mainnya, seperti dengan menggelindingkan bola untuk kemudian dia gelindingkan kembali pada Anda berulang-ulang. Pada usia ini, setelah belajar b [...]

Mendampingi Anak dengan Autisme

Mendampingi Anak dengan Autisme

Ada berbagai cara yang dapat ditempuh agar orang tua dapat mendampingi si kecil yang hidup dengan autisme secara lebih baik. Tidak mudah menjadi orang tua dari anak yang hidup dengan autisme. Namun dengan pemahaman dan pembelajaran yang baik, orang tua dan anak dengan autisme dapat sama-sama berkembang dan hidup secara lebih baik. Pelajari Lebih Dalam Pada tahun 2010, Badan Pusat Statistik memperkirakan ada sekitar 2,4 juta penyandang autisme di Indonesia. Autisme adalah gangguan perkembangan yang bersifat kompleks dan berawal pada masa kanak-kanak. Kondisi ini memengaruhi perilaku dan kemampuan anak dalam berkomunikasi, baik lisan maupun non-lisan, serta cara anak bersosialisasi. Sasaran utama penanganan autisme adalah untuk meningkatkan kemampuan anak secara menyeluruh. Sangat penting bagi orang tua untuk mengumpulkan, mempelajari, dan terus memperbaharui semua informasi tentang autisme. Hal ini dikarenakan gejala dan sifat autisme selalu berubah dari waktu ke waktu. Perubahan ini membuat penanganannya pun perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing penyandang autisme. Tanyakan kepada dokter tentang penanganan terbaik untuk merawat anak Anda. Sebuah program perawatan yang [...]

Hamil 7 Bulan: Bayi Mulai pada Posisi Siap Lahir

Hamil 7 Bulan: Bayi Mulai pada Posisi Siap Lahir

Pada trimester kehamilan terakhir ini, sebagian wanita akan merasa sesak napas akibat bertambah besarnya kandungan. Namun kondisi ini akan mereda setelah bayi berada pada posisi siap lahir dengan kepala di bawah. Berbeda dengan saat hamil 6 bulan, kebutuhan nutrisi bayi Anda mencapai titik puncaknya pada trimester ketiga kehamilan ini sehingga ibu perlu mengonsumsi cukup makanan yang kaya dengan protein, vitamin , zat besi, asam folat, dan kalsium. Bagaimana Pertumbuhan Janin? Pada awal masa hamil 7 bulan ini bayi Anda berbobot lebih dari 1 kilogram dengan panjang sekitar 38,6-39 cm. Pada kehamilan 29-32 minggu tersebut, bayi Anda akan menjadi sangat aktif. Lama-kelamaan Anda akan menyadari pola pergerakan dan waktu-waktu saat dia paling aktif bergerak. Pergerakan ini juga bermanfaat untuk mendeteksi apakah bayi Anda sehat atau tidak. Hamil minggu 29 Kedua testikel pada bayi laki-laki telah turun dari dekat ginjal ke skrotum. Sementara klitoris pada perempuan telah tampak. Kepala bayi cukup besar untuk otaknya yang makin berkembang. Tempurung kepala dan tulang-tulangnya mengeras seiring dengan berkembangnya otak, paru-paru, dan otot. Hamil minggu 30 Bayi Anda berukuran ki [...]

Mual Saat Hamil Pertanda Kehamilan Sehat

Mual Saat Hamil Pertanda Kehamilan Sehat

Dalam taraf wajar, mual saat hamil justru pertanda sehatnya kandungan. Wanita yang mengalami mual di masa awal kehamilan, risiko keguguran justru lebih kecil. Mual saat hamil dialami sebagian besar ibu hamil, hanya kurang dari 20 persen yang tidak mengalaminya. Kondisi ini adalah hal yang umum terjadi di awal masa kehamilan, terutama minggu pertama hingga bulan ketiga, dan diduga penyebabnya adalah perubahan hormon. Meski begitu, beberapa wanita mengalami mual hingga waktu yang lebih lama. Selain itu, walau sering disebut juga dengan sebutan morning sickness, sebenarnya kondisi ini dapat terjadi kapan saja, pagi, siang, maupun malam. Bahkan, ada beberapa ibu hamil mengalaminya sepanjang hari. Penyebab Mual Mual pada wanita hamil disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya: Produksi hormon kehamilan. Ketika sel telur yang sudah dibuahi menempel pada dinding rahim, tubuh akan memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (HCG). Hal inilah yang diduga menyebabkan mual. Jadi, rasa mual yang muncul merupakan pertanda bahwa produksi hormon yang dibutuhkan untuk kehamilan yang sehat berjalan normal. Adanya peningkatan kadar hormon estrogen. Sensitivitas terhadap aroma atau bau t [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *