Apa Pengaruh Musik untuk Ibu Hamil?

apa-pengaruh-musik-untuk-ibu-hamil-alodokter.jpg

Banyak anggapan yang beredar dalam masyarakat bahwa ibu hamil yang mendengarkan musik dapat memperoleh berbagai manfaat. Bahkan tidak jarang yang menganggap satu jenis musik tertentu dapat membuat janin kelak lebih pintar.

Ibu hamil yang berniat melakukan stimulasi semacam ini sebaiknya melakukan dengan hati-hati. Hingga kini, para ahli belum dapat membuktikan bahwa memperdengarkan musik pada janin dapat menjadikannya lebih pintar. Meski pada satu sisi, ibu hamil yang mendengarkan musik diakui lebih rileks dan lebih mudah tidur.

Stimulus yang Menyenangkan

Alunan musik dapat mempengaruhi seseorang, termasuk ibu hamil. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman mengungkapkan bahwa respons yang ditunjukkan ibu hamil lebih kuat terhadap segala jenis musik.

Para peneliti menyimpulkan, musik adalah stimulus yang signifikan. Kemungkinan disebabkan oleh tingkat estrogen yang tinggi pada ibu hamil. Hormon tersebut memengaruhi otak terhadap rasa senang ketika mendengar musik.

Seorang peneliti lain menyebutkan bahwa musik bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat membantu merasa santai dan kondisi itu sangat baik untuk perkembangan dan kondisi janin.

Apa yang Dapat Didengar Janin?

Menjelang akhir masa hamil 5 bulan, para ahli meyakini janin dapat menerima informasi sensori yang kemudian dapat direspons dan diingat pada tingkat tertentu.

Selain detak jantung, napas, suara aliran darah, dan saluran pencernaan, janin mulai bisa mendengar suara dari luar tubuh ibu. Kemungkinan janin dapat mengenali dan merasa nyaman ketika mendengarnya lagi setelah lahir.

Detak jantung janin bisa meningkat saat dia mendengar musik. Setelah dilahirkan, bayi dapat merespons ketika musik tersebut diperdengarkan secara teratur.

Musik dianggap dapat membuat ibu merasa rileks dan mendorong perasaan yang sama ketika diperdengarkan kepada bayi yang baru lahir. Sebagian bayi akan bereaksi dengan berhenti menangis, membuka mata mereka, atau sedikit melakukan gerakan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bayi yang diperdengarkan lagu pengantar tidur pada masa akhir kehamilan, reaksi aktivitas otaknya lebih tinggi jika dibandingkan bayi yang baru mendengarnya setelah lahir. Hal ini membenarkan kemungkinan janin mampu mendengar di dalam perut, namun tidak membuktikan paparan musik sejak dalam kandungan dapat meningkatkan kemampuan sistem pendengaran atau perkembangan otak setelah lahir.

Jangan Berlebihan

Tidak jarang ibu hamil berusaha memberi stimulasi musik dengan menempelkan headphone pada perutnya. Namun, hal itu dikhawatirkan justru dapat menstimulasi janin secara berlebihan, terutama jika volume suara tinggi.

Beberapa penelitian mengungkap, suara berisik yang diperdengarkan pada janin untuk waktu yang lama justru dapat memicu kelahiran prematur, berat badan rendah, hingga gangguan pendengaran pada bayi setelah lahir.

Suara yang disarankan untuk volume yang didengarkan ibu hamil yaitu sekitar 65 desibel. Jika musik tersebut akan didengarkan untuk waktu lebih lama, volume yang disetel disarankan di bawah 50 desibel. Tingkat tersebut umumnya diberlakukan pada ruang perawatan intensif untuk bayi yang baru lahir.

Sebagai perbandingan, suara mesin cuci berkisar 50-75 desibel, pengering rambut sekitar 60-95 desibel, dan dering telepon sekitar 80 desibel.

Meski belum terbukti dapat meningkatkan kecerdasan bayi, memperdengarkan musik pada bayi menyimpan kemungkinan untuk membantunya mengenal dan berinteraksi dengan Anda. Sementara itu, bagi Anda yang tengah hamil, musik dapat mengurangi stres dan memperdalam naluri keibuan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ketika Anak Terlambat Bicara

Ketika Anak Terlambat Bicara

Tiap orang tua pasti menantikan kata pertama yang terucap dari buah hati tercinta. Tapi bagaimana jika Anda tidak kunjung mendengar sepatah kata pun terlontar dari bibir mungil si Kecil? Jangan terlalu khawatir. Mungkin saja anak Anda memang belum waktunya untuk mencapai tahapan tersebut. Lantas, bagaimana mengetahui ciri-ciri anak yang tergolong normal dan anak yang memiliki keterlambatan dalam berbicara? Sebenarnya perkembangan bicara tiap anak berbeda-beda. Namun, ada patokan dasar yang bisa Anda gunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan bicara anak Anda sesuai usianya. Hal ini bisa diterapkan untuk mendeteksi apakah anak Anda mengalami keterlambatan dalam berbicara atau tidak. Berikut ini adalah patokan kemampuan berbicara anak sesuai usianya. Usia 3 bulan. Pada usia ini, bayi mulai mengeluarkan suara yang tidak memiliki arti seperti berdekut atau bisa dibilang ?bahasa bayi?. Dia juga sudah mulai mengenali dan mendengarkan suara Anda serta memperhatikan wajah Anda saat berbicara kepadanya. Sebagai orang tua, Anda harus jeli dengan tiap tangisan yang dia keluarkan. Pada usia tiga bulan, bayi sudah bisa menangis untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Usia 6 bulan. Bayi mulai men [...]

Ibu Hamil Minum Kopi, Aman atau Bahaya?

Ibu Hamil Minum Kopi, Aman atau Bahaya?

Kopi merupakan salah satu minuman favorit di seluruh dunia. Tiap tahunnya, ada lebih dari 400 milyar cangkir kopi yang dikonsumsi. Pencinta kopi bukan saja dari kalangan pria, tapi juga wanita. Namun ketika hamil, wanita perlu memperhatikan jumlah asupan kopi per hari agar tidak berdampak pada kehamilannya. Salah satu alasan mengapa kopi cukup mengancam ibu hamil adalah karena kafein dapat menembus plasenta ibu hamil dengan mudah dan bisa berdampak pada detak jantung bayi. Oleh karena itu, penting untuk membatasi jumlah asupan kafein ibu hamil menjadi 200 mg per hari atau sekitar 2 cangkir kopi. Risiko Minum Kopi Pada Ibu Hamil Pada orang normal, meminum terlalu banyak kopi dapat menimbulkan gejala kecemasan, insomnia, jantung berdetak kencang, gangguan pencernaan dan tremor. Ibu hamil juga dapat merasakan efek samping yang sama. Namun selain itu, dampak kelebihan asupan kafein juga diduga mampu meningkatkan beberapa kemungkinan berikut: Keguguran janin Bayi lahir dengan berat badan yang rendah Kelahiran mati Ibu hamil mengalami refluks asam lambung dan nyeri ulu hati Anemia Berapa Takaran Yang Ideal Untuk Ibu Hamil? Sebenarnya bukan hanya asupan kopi saja yang perlu dibatasi o [...]

Bayi Menangis Terus? Tenangkan Dia dengan Cara Ini

Bayi Menangis Terus? Tenangkan Dia dengan Cara Ini

Bayi kita terlihat begitu tenang saat sedang tidur, tapi karena suatu sebab, mereka bisa menangis begitu nyaringnya. Jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan mereka. Mendengar bayi menangis terus-menerus mungkin akan membuat Anda merasa panik dan tertekan. Mengetahui penyebab tangisan tersebut bisa meredakan sedikit rasa stres Anda. Selain itu, akan lebih mudah juga bagi Anda untuk mencari cara meredakan tangisan sang buah hati jika Anda mengetahui apa yang membuatnya terganggu. Kenapa Dia (terus-menerus) Menangis Bayi menangis karena seperti itulah cara mereka berkomunikasi dan menyampaikan bahwa mereka merasa tidak nyaman atau membutuhkan sesuatu. Misalnya mereka lapar, bahan pakaian yang mereka kenakan terasa gatal, atau mereka tidak suka diletakkan di kursi makan. Yang harus Anda ingat adalah bayi biasa menangis dan itu bukan karena salah Anda atau karena kemampuan Anda sebagai orang tua diragukan. Menurut seorang pakar bernama Harvey Karp, MD, dokter anak sekaligus pengarang buku dan pembuat film dokumentasi The Happiest Baby on the Block, sebagian besar bayi menangis karena mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di l [...]

Kapan Sebenarnya Masa Subur Pria?

Kapan Sebenarnya Masa Subur Pria?

Bukan hanya perempuan yang patut memerhatikan masa subur mereka, pria juga wajib mengetahuinya. Di kalangan awam, kebanyakan orang hanya menganggap masalah kesuburan adalah urusan perempuan, padahal pria juga memiliki masa-masa subur yang akan menentukan sukses atau tidak suksesnya proses kehamilan. Hanya saja, masa subur pria berbeda dengan masa subur wanita yang sudah lebih umum dikenal. Pada pria, selama masih menghasilkan sperma dengan kualitas baik dan dalam jumlah yang cukup, maka hal itu bisa dianggap masih dalam masa subur. Akan tetapi, bagaimana sesungguhnya kualitas sperma pria yang subur? Masa subur pria memang dapat diukur melalui spermanya. Berikut ini adalah beberapa indikasi yang bisa menentukan seberapa subur seorang pria. Kuantitas Jumlah sperma dalam sekali ejakulasi sangat berpengaruh kepada kemungkinan keberhasilan membuahi sel telur pasangannya. Idealnya, sekali ejakulasi, seorang pria dapat mengeluarkan hingga 15 juta sel sperma per mililiter. Jika lebih sedikit dari jumlah tersebut, maka presentase kemungkinan bisa terjadi pembuahan sel telur juga akan menurun. Pergerakan Pergerakan sperma atau motilitas yang baik harus memiliki gerakan yang gesit untuk men [...]

Hamil 5 Bulan: Masa yang Sering Dianggap Paling Nyaman

Hamil 5 Bulan: Masa yang Sering Dianggap Paling Nyaman

Sebagian wanita menyatakan bahwa di usia hamil 5 bulan ini mereka merasa paling nyaman. Bahkan dianggap sebagai masa paling aman untuk bepergian atau berlibur. Jika saat hamil 4 bulan Anda kadang masih merasa mual, di masa ini umumnya rasa mual saat kehamilan telah usai. Tubuh Anda mulai dapat menyesuaikan diri untuk beraktivitas dengan perut yang membesar. Anda pun mulai dapat merasakan dan menikmati pergerakan si Kecil di perut dan nyaman untuk bepergian di masa hamil. Bagaimana Pertumbuhan Janin? Pada usia kehamilan 5 bulan atau minggu ke-21 ini, bayi Anda umumnya memiliki panjang sekitar 21,6 cm, dengan berat 0,34 kilogram. Janin Anda telah menyerupai bayi yang siap lahir, namun dalam ukuran yang sangat kecil. Organ pankreas makin matang, bibir makin terbentuk, dan mata terlihat makin sempurna. Tetapi iris atau bagian dalam bola mata masih membutuhkan lebih banyak pigmen. Kelopak dan alis matanya telah terbentuk. Usia 21 minggu Bobot bayi kini mulai lebih berat dari plasenta. Tubuhnya diliputi bulu-bulu halus bernama lanugo yang diduga berperan menjaga tubuh bayi tetap pada suhu yang diperlukan. Lanugo biasanya akan menghilang sebelum bayi lahir. Kelopak mata bayi telah sele [...]

Hamil 7 Bulan: Bayi Mulai pada Posisi Siap Lahir

Hamil 7 Bulan: Bayi Mulai pada Posisi Siap Lahir

Pada trimester kehamilan terakhir ini, sebagian wanita akan merasa sesak napas akibat bertambah besarnya kandungan. Namun kondisi ini akan mereda setelah bayi berada pada posisi siap lahir dengan kepala di bawah. Berbeda dengan saat hamil 6 bulan, kebutuhan nutrisi bayi Anda mencapai titik puncaknya pada trimester ketiga kehamilan ini sehingga ibu perlu mengonsumsi cukup makanan yang kaya dengan protein, vitamin , zat besi, asam folat, dan kalsium. Bagaimana Pertumbuhan Janin? Pada awal masa hamil 7 bulan ini bayi Anda berbobot lebih dari 1 kilogram dengan panjang sekitar 38,6-39 cm. Pada kehamilan 29-32 minggu tersebut, bayi Anda akan menjadi sangat aktif. Lama-kelamaan Anda akan menyadari pola pergerakan dan waktu-waktu saat dia paling aktif bergerak. Pergerakan ini juga bermanfaat untuk mendeteksi apakah bayi Anda sehat atau tidak. Hamil minggu 29 Kedua testikel pada bayi laki-laki telah turun dari dekat ginjal ke skrotum. Sementara klitoris pada perempuan telah tampak. Kepala bayi cukup besar untuk otaknya yang makin berkembang. Tempurung kepala dan tulang-tulangnya mengeras seiring dengan berkembangnya otak, paru-paru, dan otot. Hamil minggu 30 Bayi Anda berukuran ki [...]

Kriteria Tempat Tidur Bayi yang Ideal

Kriteria Tempat Tidur Bayi yang Ideal

Bayi yang baru lahir akan menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur bayi. Oleh karena itu, penting untuk menjatuhkan pilihan kepada jenis tempat tidur bayi yang aman dan nyaman untuk si Kecil yang tiap harinya bisa terlelap hingga 20 jam. Apa saja kriteria tempat tidur bayi yang baik untuk si Kecil? Memilih Tempat Tidur Bayi yang Aman Demi menunjang kenyamanan anaknya, banyak orang tua rela menghabiskan banyak uang untuk membeli perlengkapan si Kecil, termasuk tempat tidur atau boks bayi. Namun untuk urusan boks bayi, Anda tidak perlu mencari produk yang termahal atau desain yang lucu. Keamanan produk merupakan hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan saat membeli boks bayi. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih tempat tidur bayi. Pertama adalah memperhatikan jarak antara bilah satu dengan lainnya. Sebaiknya pilih jenis yang jarak antar bilah kurang dari enam centimeter demi mencegah kepala bayi terselip di antara bilah. Kedua, hindari membeli tempat tidur bayi yang bilahnya bisa dinaikkan atau diturunkan karena terkadang sering terjadi kesalahan saat merakitnya dengan desain bilah yang semacam itu. Jika salah merakit, bayi bisa terselip atau te [...]

Menjaga Dapur Bebas Bakteri

Menjaga Dapur Bebas Bakteri

Tempat cuci piring di dapur Anda mengandung bakteri 100.000 kali lebih banyak dibandingkan jumlah bakteri di kamar mandi. Dalam sehari, sebuah bakteri dapat berlipat ganda hingga 8 juta sel. Jika tidak dibersihkan secara teratur, dapur yang menjadi tempat menyiapkan makanan untuk keluarga dapat menjadi sarang perkembangbiakan bakteri. Langkah berikut ini dapat menjadi panduan dalam menjaga dapur dari bakteri penyebab penyakit. Ganti spons secara teratur Spons yang Anda gunakan tiap hari untuk mencuci perangkat makan dan alat masak mengandung ribuan bakteri, termasuk E. coli dan salmonella. Benda ini sulit dibersihkan, sehingga lebih baik ganti dengan spons yang baru secara rutin. Ini juga berlaku untuk lap pencuci piring, pengering tangan, dan celemek yang sebaiknya dicuci setidaknya seminggu sekali. Papan pemotong yang berbeda Jika memungkinkan, gunakan papan pemotong yang berbeda untuk daging hewan, sayur, dan makanan laut. Sebisa mungkin cuci benda ini dan perangkat masak lainnya dengan air hangat dan sabun pencuci piring. Hal ini dikarenakan sebuah papan pemotong mengandung bakteri tiga kali lebih banyak dibandingkan jumlah bakteri yang terdapat pada permukaan tempat duduk t [...]

Bayi 7 Bulan: Mulai Merangkak

Bayi 7 Bulan: Mulai Merangkak

Saat otot tangan dan kaki, terutama lututnya sudah kuat, bayi 7 bulan umumnya sudah mulai dapat merangkak. Aktivitas ini juga menjadi persiapan penguatan ototnya sehingga dapat berjalan. Pada usia ini, selain mulai bisa merangkak, rasa gatal akibat tumbuh gigi membuatnya makin sering memasukkan benda ke mulutnya untuk digigit. Dia juga mulai bisa duduk tanpa bantuan atau ditopang. Mengenai berat badan rata-rata, bayi 7 bulan berjenis kelamin laki-laki umumnya berbobot 6,7-10,2 kg dengan panjang kira-kira 65,1-73,2 cm, sementara bayi perempuan rata-rata berbobot 6,1-9,6 kg dengan panjang kira-kira 62,9-71,6 cm. Kemampuan Motorik Pada usia ini, meski sebagian besar bayi akan belajar merangkak, namun sebagian lainnya langsung berjalan dan tidak melalui fase merangkak. Ada juga yang tidak merangkak maju, melainkan mundur. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan selama anak Anda tetap terlihat mampu mengkoordinasikan kedua bagian tubuh, baik tangan dan kakinya dengan baik. Hanya saja, yang perlu diingat, hindari menggunakan baby walker yang diklaim dapat membantu bayi belajar berjalan. Sarana ini justru berisiko mendatangkan kecelakaan pada bayi. Selain itu, sebelum dia mulai aktif merang [...]

13 Manfaat Memberikan ASI Eksklusif

13 Manfaat Memberikan ASI Eksklusif

ASI eksklusif diberikan sejak bayi lahir ke dunia hingga berusia enam bulan. Selama periode tersebut, Si Kecil hanya diberikan air susu ibu saja, tanpa tambahan asupan apa pun. Ada banyak manfaat yang bisa didapat ketika Anda menerapkan ASI eksklusif kepada buah hati tercinta. Tidak ada asupan yang lebih baik untuk Si Kecil selain ASI. Air susu yang diproduksi secara alami oleh tubuh ini memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang bayi seperti vitamin, protein dan lemak. Bentuknya pun lebih mudah dicerna ketimbang susu formula. Tidak hanya untuk bayi, memberikan ASI eksklusif juga berdampak positif bagi Anda. Berikut 13 manfaat yang bisa Si Kecil dan Anda dapatkan dari menerapkan ASI eksklusif: Sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat. Air susu ibu mengandung zat antibodi yang bisa membantunya melawan segala bakteri dan virus. Jadi, risiko terserang penyakit seperti diare, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, konstipasi, berkembang menjadi pengidap diabetes tipe 2, atau meningitis lebih rendah ketimbang bayi yang tidak diberikan ASI eksklusif. Antibodi dari ibu juga melindungi bayi dari serangan asma, alergi, dan eksim. Ingin memiliki anak yang cerdas? Cob [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *