Apa Pengaruh Musik untuk Ibu Hamil?

apa-pengaruh-musik-untuk-ibu-hamil-alodokter.jpg

Banyak anggapan yang beredar dalam masyarakat bahwa ibu hamil yang mendengarkan musik dapat memperoleh berbagai manfaat. Bahkan tidak jarang yang menganggap satu jenis musik tertentu dapat membuat janin kelak lebih pintar.

Ibu hamil yang berniat melakukan stimulasi semacam ini sebaiknya melakukan dengan hati-hati. Hingga kini, para ahli belum dapat membuktikan bahwa memperdengarkan musik pada janin dapat menjadikannya lebih pintar. Meski pada satu sisi, ibu hamil yang mendengarkan musik diakui lebih rileks dan lebih mudah tidur.

Stimulus yang Menyenangkan

Alunan musik dapat mempengaruhi seseorang, termasuk ibu hamil. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman mengungkapkan bahwa respons yang ditunjukkan ibu hamil lebih kuat terhadap segala jenis musik.

Para peneliti menyimpulkan, musik adalah stimulus yang signifikan. Kemungkinan disebabkan oleh tingkat estrogen yang tinggi pada ibu hamil. Hormon tersebut memengaruhi otak terhadap rasa senang ketika mendengar musik.

Seorang peneliti lain menyebutkan bahwa musik bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat membantu merasa santai dan kondisi itu sangat baik untuk perkembangan dan kondisi janin.

Apa yang Dapat Didengar Janin?

Menjelang akhir masa hamil 5 bulan, para ahli meyakini janin dapat menerima informasi sensori yang kemudian dapat direspons dan diingat pada tingkat tertentu.

Selain detak jantung, napas, suara aliran darah, dan saluran pencernaan, janin mulai bisa mendengar suara dari luar tubuh ibu. Kemungkinan janin dapat mengenali dan merasa nyaman ketika mendengarnya lagi setelah lahir.

Detak jantung janin bisa meningkat saat dia mendengar musik. Setelah dilahirkan, bayi dapat merespons ketika musik tersebut diperdengarkan secara teratur.

Musik dianggap dapat membuat ibu merasa rileks dan mendorong perasaan yang sama ketika diperdengarkan kepada bayi yang baru lahir. Sebagian bayi akan bereaksi dengan berhenti menangis, membuka mata mereka, atau sedikit melakukan gerakan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bayi yang diperdengarkan lagu pengantar tidur pada masa akhir kehamilan, reaksi aktivitas otaknya lebih tinggi jika dibandingkan bayi yang baru mendengarnya setelah lahir. Hal ini membenarkan kemungkinan janin mampu mendengar di dalam perut, namun tidak membuktikan paparan musik sejak dalam kandungan dapat meningkatkan kemampuan sistem pendengaran atau perkembangan otak setelah lahir.

Jangan Berlebihan

Tidak jarang ibu hamil berusaha memberi stimulasi musik dengan menempelkan headphone pada perutnya. Namun, hal itu dikhawatirkan justru dapat menstimulasi janin secara berlebihan, terutama jika volume suara tinggi.

Beberapa penelitian mengungkap, suara berisik yang diperdengarkan pada janin untuk waktu yang lama justru dapat memicu kelahiran prematur, berat badan rendah, hingga gangguan pendengaran pada bayi setelah lahir.

Suara yang disarankan untuk volume yang didengarkan ibu hamil yaitu sekitar 65 desibel. Jika musik tersebut akan didengarkan untuk waktu lebih lama, volume yang disetel disarankan di bawah 50 desibel. Tingkat tersebut umumnya diberlakukan pada ruang perawatan intensif untuk bayi yang baru lahir.

Sebagai perbandingan, suara mesin cuci berkisar 50-75 desibel, pengering rambut sekitar 60-95 desibel, dan dering telepon sekitar 80 desibel.

Meski belum terbukti dapat meningkatkan kecerdasan bayi, memperdengarkan musik pada bayi menyimpan kemungkinan untuk membantunya mengenal dan berinteraksi dengan Anda. Sementara itu, bagi Anda yang tengah hamil, musik dapat mengurangi stres dan memperdalam naluri keibuan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ingin Memakai KB Implan? Pastikan Dulu di Sini

Ingin Memakai KB Implan? Pastikan Dulu di Sini

Memilih alat pengontrol kehamilan atau kontrasepsi memang tidaklah mudah. Ada begitu banyak kontrasepsi yang ditawarkan, salah satunya adalah KB implan yang memberikan kemudahan karena dapat bertahan lama di tubuh Anda. Kb implan memiliki bentuk garis atau tabung tipis sepanjang 40 mm dan selebar 2 mm yang mengandung hormon progestogen dan berbahan plastik. KB implan ini mencegah pembuahan atau kesuburan dengan cara menebalkan lendir pada leher mulut rahim, serta membuat lapisan pada rahim menipis, sehingga sperma sulit untuk membuahi dan rahim tidak siap untuk terjadinya kehamilan. Penggunaan KB implan ini dapat digunakan selama tiga tahun tanpa perlu rutin memeriksakan diri ke dokter. Anda tidak perlu lagi bolak-balik ke bidan atau dokter untuk mendapatkan obat atau suntikan KB. Selain itu, Anda tidak perlu repot menggunakan kondom. Meski tampak memberikan kemudahan, KB implan ini ternyata tidak luput dari isu yang membuat beberapa wanita merasa ragu untuk menggunakannya. Misalnya saja, KB implan dianggap dapat bergerak atau berpindah dari tempat awal dipasang. Hal ini sebenarnya tidak akan terjadi jika dilakukan oleh dokter yang sudah ahli dalam melakukan pemasangan KB implan [...]

Mengurangi Polusi Udara di Dalam Rumah

Mengurangi Polusi Udara di Dalam Rumah

Polusi udara di dalam rumah dapat lebih berbahaya daripada polusi di luar. Kontaminasi udara di dalam ruangan umumnya disebabkan oleh udara dari luar rumah dan partikel atau gas yang dilepaskan dari perabot dan benda-benda di dalam rumah. Udara yang terkontaminasi ini paling berbahaya bagi anak-anak dan bayi yang sebagian besar waktunya berada dan bermain di dalam rumah. Menyiasati Polusi Udara dari Luar Udara alami dari luar rumah mengandung debu, terutama bagi yang tinggal di dekat area industri atau jalan raya yang padat. Sebagai solusi, Anda dapat menerapkan langkah-langkah berikut. Gunakan ventilasi dan jendela dengan filter atau kawat kasa sebagai penyaring debu. Jaga lantai tetap bersih dengan rutin menyapu atau gunakan vacuum cleaner. Begitu juga seluruh bagian rumah seperti sofa, karpet, dan perabot. Bersihkan furnitur tiap hari memakai lap basah dan perangkat elektronik memakai lap kering. Tempatkan keset di depan pintu rumah. Pastikan juga semua orang melepas alas kaki sebelum memasuki rumah. Jaga rumah agar tidak terlalu lembap sehingga tidak menjadi tempat bakteri berkembang. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kipas angin atau AC dan menjemur pakaian di luar [...]

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Perkembangan dan kesehatan bayi dalam kandungan Anda bergantung kepada nutrisi yang Anda konsumsi saat sedang hamil. Konsumsi Berbagai Jenis Makanan Saat sedang mengandung, sebenarnya Anda tidak perlu makan terlalu banyak seakan-akan untuk dua orang. Faktanya, Anda hanya perlu menambahkan sekitar 300 kalori tambahan, yaitu kira-kira setara dengan sebuah pisang dan semangkok sereal dengan susu rendah lemak. Konsumsilah makanan dalam porsi yang sedikit, tapi dengan intensitas yang lebih sering. Wanita hamil sebenarnya tidak perlu menjalani pola makan secara khusus, kecuali yang sedang mengidap penyakit tertentu. Kunci utama dalam hal kecukupan nutrisi bisa didapatkan dengan mengonsumsi aneka jenis makanan tiap hari. Berikut ini adalah beberapa kelompok makanan dan minuman yang disarankan untuk dikonsumsi, beserta dengan manfaatnya: Air mineral Air mineral merupakan unsur penting yang bermanfaat untuk mengantar nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi kepada bayi di dalam kandungan. Kurang minum air dapat menyebabkan bayi lahir prematur. Minum cukup air juga dapat mencegah hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih. Selama masa kehamilan, Anda disarankan [...]

Bayi Turut Terkena Efek Narkotika

Bayi Turut Terkena Efek Narkotika

Saat sedang mengandung, wanita dituntut menerapkan hidup sehat dengan senantiasa mengonsumsi makan bergizi. Hal itu berguna untuk menjaga kesehatan sang ibu dan bayi di dalam kandungan. Namun, bagaimana jika wanita hamil itu seorang pengguna obat-obatan terlarang? Untuk diri sendiri saja sudah berbahaya, apalagi efeknya terhadap bayi dalam kandungan. Saat sedang mengandung, apa pun yang Anda konsumsi, bayi di dalam kandungan juga turut mengonsumsinya. Jika Anda mengonsumsi makanan yang sehat, bayi akan merasakan manfaatnya. Namun sebaliknya, jika yang Anda masukkan ke dalam tubuh adalah obat-obatan terlarang, maka bayi Anda juga bisa menjadi ?pengguna narkoba?. Kenapa? Karena tiap zat yang masuk ke tubuh Anda akan mengalir melalui pembuluh darah Anda ke plasenta dan kemudian ke bayi. Melalui plasenta, bayi mendapatkan asupan agar bisa tumbuh. Jadi jika Anda mengonsumsi obat-obatan terlarang, meski kadarnya sedikit, tetap bisa memengaruhi kondisi bayi dalam kandungan dan pada saat dia dilahirkan. Berikut ini adalah jenis obat-obatan terlarang yang dikonsumsi saat hamil dan efeknya pada bayi. Heroin Mengonsumsi heroin selama kehamilan bisa menimbulkan bahaya serius kepada bayi Anda [...]

Diet Ibu Menyusui yang Aman

Diet Ibu Menyusui yang Aman

Banyak para wanita yang tidak sabar untuk menurunkan berat badan setelah proses persalinan. Padahal pada masa-masa itu, seorang wanita membutuhkan banyak energi untuk menyusui bayinya yang baru dilahirkan. Pada masa menyusui, pola makan sehat dan seimbang menjadi sangat penting. Makanan ibu menyusui haruslah terdiri dari makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi, berbagai sayur dan buah, serta makanan mengandung protein dan produk susu. Makanan yang Dianjurkan Beberapa jenis makanan yang dianjurkan, antara lain: Buah-buahan. Minimal pada diet ibu menyusui terdapat konsumsi buah-buahan atau jus dua kali sehari. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang dapat memasok energi atau jenis buah bluberi yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Kacang dan biji-bijian. Terutama pilih yang berwarna gelap seperti kacang merah, sebagai sumber protein nabati, sekaligus kaya zat besi. Beras merah. Beras jenis ini dapat menyediakan kalori yang dibutuhkan tubuh, sekaligus mendukung produksi ASI yang baik dan berkualitas. Produk susu rendah lemak. Misalnya, yoghurt, keju dan susu. Susu mengandung protein, kalsium, vitamin B dan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan tulang bayi. Dengan [...]

Ibu Wajib Mewaspadai Risiko dari Bedak Bayi

Ibu Wajib Mewaspadai Risiko dari Bedak Bayi

Bedak bayi digunakan untuk mencegah kulit bayi mengalami iritasi, tetap terasa lembut, dan beraroma wangi. Namun sayangnya di balik semua kebaikan itu, bedak bayi menyimpan risiko gangguan kesehatan, maka dari itu bisa berbahaya. Beberapa bedak bayi mengandung talc atau talek. Kandungan ini cukup berbahaya jika terhirup terlalu sering atau terlalu banyak karena bisa menimbulkan kerusakan pada paru-paru dan gangguan pernapasan. Jika bayi terlahir prematur dan memiliki risiko masalah pernapasan yang tinggi, maka kandungan talc pada bedak bayi dapat berpotensi membahayakan kesehatan paru-parunya, meski hanya terhirup sedikit. Efek Samping Bedak Bayi Jika Anda tidak berhati-hati dalam menggunakan bedak bayi kepada buah hati Anda, efek samping yang dapat muncul adalah sebagai berikut; Pada mata dan tenggorokanPada mata, bedak bayi dapat memberikan efek samping berupa iritasi pada mata dan tenggorokan. Pada paru-paruPerhatikan cara Anda memberikan bedak bayi karena dapat menimbulkan gangguan pada paru-paru si buah hati, seperti batuk-batuk, sesak napas, sakit di bagian dada, dan mengi. Pada kulitPada kulit, bedak bayi bisa menimbulkan efek samping seperti menimbulkan lecet dan biru [...]

Mengajak Anak Aktif Bergerak

Mengajak Anak Aktif Bergerak

Selain menyenangkan, aktivitas fisik dapat membuat anak-anak untuk mengeksplorasi diri dan dunia sekitarnya, serta menyehatkan tubuh mereka. Sebagian besar anak pada dasarnya suka bermain dan bergerak aktif, terutama di luar ruangan. Aktivitas ini sebaiknya tidak menjadi hal yang meresahkan orang tua. Pasalnya, tidak sekadar bermain, tapi aktivitas ini ternyata bermanfaat bagi tubuh. Orang dewasa (19-64 tahun) dan orang lanjut usia disarankan untuk bergerak aktif setidaknya selama 2,5 jam per minggu, sedangkan anak-anak dan remaja (5-18 tahun) direkomendasikan untuk bergerak aktif setidaknya satu jam per hari. Manfaat Aktivitas Fisik untuk Anak Anak yang aktif bergerak mendapatkan lebih banyak manfaat dibandingkan yang tidak. Berikut ini adalah beberapa manfaat penting tersebut: Agar berat badan yang sehat untuk anak tetap terjaga. Anak yang mengalami obesitas, berisiko menderita penyakit-penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan sakit jantung pada masa dewasanya. Secara psikologis, aktif bergerak dapat membuat anak menjadi gembira, percaya diri, serta mampu mengeksplorasi diri dan sekitarnya. Bergerak aktif dapat memaksimalkan perkembanga [...]

Tetap Aktif Bekerja Saat Hamil

Tetap Aktif Bekerja Saat Hamil

Menjalani kehamilan sambil terus bekerja bukanlah hal mudah. Tapi jangan khawatir, ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hambatan selama masa kehamilan, tanpa perlu mengesampingkan pekerjaan Anda. Sebagian besar wanita bisa menjalani masa kehamilan tanpa perlu berhenti dari pekerjaan mereka. Meski begitu, tentu saja ada penyesuaian yang harus dilakukan agar masa kehamilan tidak memengaruhi kesehatan dan produktivitas Anda di tempat kerja. Keluhan-Keluhan di Masa Kehamilan Supaya bisa bekerja dengan baik sekaligus menjaga janin dan diri Anda sendiri tetap sehat, pastikan untuk memahami keluhan yang muncul di masa kehamilan dan kemampuan diri Anda masing-masing dalam menjalaninya. Mual dan muntah-muntah Siapkan biskuit sebagai camilan di kantor. Camilan ringan yang sehat dapat menjaga gula darah Anda tetap stabil dan dengan demikian dapat membantu menghilangkan rasa mual. Meski rasa mual dan muntah-muntah biasanya terjadi di pagi hari, bagi sebagian individu, mual dan muntah-muntah bisa dialami kapan saja, bahkan berkali-kali dalam sehari. Untuk mengatasi rasa mual di tempat kerja, cari tahu apa yang membuat Anda mual, misalnya aroma kopi atau roti bakar, dan langkah [...]

Bayi 6 Bulan: Mulai Mengonsumsi Makanan Padat

Bayi 6 Bulan: Mulai Mengonsumsi Makanan Padat

Pada umumnya, para dokter sepakat bahwa usia enam bulan adalah waktu yang tepat untuk memperkenalkan bayi kepada makanan padat. Pada usia ini, sistem pencernaan bayi telah siap mengolah makanan padat dan risiko alergi serta infeksi telah menurun. Pada usia ini bayi senang duduk bermain di lantai dan mencoba berbagai posisi tubuh, serta melihat keadaan di sekelilingnya. Mengenai berat badan, bayi 6 bulan berjenis kelamin laki-laki pada umumnya berbobot 6,4-9,7 kg dengan panjang sekitar 63,6-71,6 cm. Sementara bayi perempuan berbobot sekitar 5,8-9,2 kg dengan panjang 61,5-70 cm. Kemampuan Motorik Kaki bayi kini dapat menopang sebagian berat tubuhnya. Bantu dia untuk berdiri pada pangkuan Anda atau lantai dengan memegangnya pada kedua ketiak. Kekuatan otot kaki dan lengan ini sangat berperan untuk tahapan selanjutnya, yaitu merangkak. Anda dapat membantu melatih kekuatan ototnya dengan menempatkan mainan di sekitarnya untuk dia jangkau. Selain itu, bayi 6 bulan umumnya sudah mampu melakukan hal-hal berikut: Gemar menjatuhkan benda apa pun ke lantai untuk memperhatikan bunyi yang akan ditimbulkan. Otot lengan dan lehernya yang sudah kuat membuat bayi 6 bulan mulai dapat merangkak. [...]

Seperti Apa Melahirkan dengan Forceps?

Seperti Apa Melahirkan dengan Forceps?

Proses melahirkan tidak selalu berjalan mulus. Ada saja hal yang dapat menghambat proses kelahiran seorang bayi. Salah satunya ketika bayi sulit dikeluarkan, padahal sang ibu sudah mengejan selama berjam-jam selama persalinan. Jika sudah begini, biasanya dokter akan memberikan bantuan menggunakan alat yang bernama forceps. Cara Kerja Forceps Forceps adalah alat yang digunakan untuk membantu mengeluarkan bayi saat persalinan. Bentuknya menyerupai sepasang sendok besar. Sepasang forceps akan mencapit kepala bayi yang masih di dalam rahim, setelah itu dokter akan memandu dalam menariknya hingga keluar dari rahim ibu. Hal ini biasanya dilakukan selama proses kontraksi, sementara sang ibu mengejan. Sebelum menggunakan forceps, biasanya dokter akan mencoba cara lain demi keberhasilan persalinan seperti memberikan obat intravena untuk merangsang kontraksi lebih kuat atau menyesuaikan anestesi (pembiusan) untuk memperlancar proses pengejanan. Namun jika opsi terbaik adalah forceps, maka dokter akan memberikan anestesi epidural atau spinal jika Anda belum diberi anestesi regional. Seorang tim medis juga akan menempatkan kateter di kandung kemih Anda untuk pengosongan urin. Dokter juga mun [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *