Apa Pengaruh Musik untuk Ibu Hamil?

apa-pengaruh-musik-untuk-ibu-hamil-alodokter.jpg

Banyak anggapan yang beredar dalam masyarakat bahwa ibu hamil yang mendengarkan musik dapat memperoleh berbagai manfaat. Bahkan tidak jarang yang menganggap satu jenis musik tertentu dapat membuat janin kelak lebih pintar.

Ibu hamil yang berniat melakukan stimulasi semacam ini sebaiknya melakukan dengan hati-hati. Hingga kini, para ahli belum dapat membuktikan bahwa memperdengarkan musik pada janin dapat menjadikannya lebih pintar. Meski pada satu sisi, ibu hamil yang mendengarkan musik diakui lebih rileks dan lebih mudah tidur.

Stimulus yang Menyenangkan

Alunan musik dapat mempengaruhi seseorang, termasuk ibu hamil. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman mengungkapkan bahwa respons yang ditunjukkan ibu hamil lebih kuat terhadap segala jenis musik.

Para peneliti menyimpulkan, musik adalah stimulus yang signifikan. Kemungkinan disebabkan oleh tingkat estrogen yang tinggi pada ibu hamil. Hormon tersebut memengaruhi otak terhadap rasa senang ketika mendengar musik.

Seorang peneliti lain menyebutkan bahwa musik bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat membantu merasa santai dan kondisi itu sangat baik untuk perkembangan dan kondisi janin.

Apa yang Dapat Didengar Janin?

Menjelang akhir masa hamil 5 bulan, para ahli meyakini janin dapat menerima informasi sensori yang kemudian dapat direspons dan diingat pada tingkat tertentu.

Selain detak jantung, napas, suara aliran darah, dan saluran pencernaan, janin mulai bisa mendengar suara dari luar tubuh ibu. Kemungkinan janin dapat mengenali dan merasa nyaman ketika mendengarnya lagi setelah lahir.

Detak jantung janin bisa meningkat saat dia mendengar musik. Setelah dilahirkan, bayi dapat merespons ketika musik tersebut diperdengarkan secara teratur.

Musik dianggap dapat membuat ibu merasa rileks dan mendorong perasaan yang sama ketika diperdengarkan kepada bayi yang baru lahir. Sebagian bayi akan bereaksi dengan berhenti menangis, membuka mata mereka, atau sedikit melakukan gerakan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bayi yang diperdengarkan lagu pengantar tidur pada masa akhir kehamilan, reaksi aktivitas otaknya lebih tinggi jika dibandingkan bayi yang baru mendengarnya setelah lahir. Hal ini membenarkan kemungkinan janin mampu mendengar di dalam perut, namun tidak membuktikan paparan musik sejak dalam kandungan dapat meningkatkan kemampuan sistem pendengaran atau perkembangan otak setelah lahir.

Jangan Berlebihan

Tidak jarang ibu hamil berusaha memberi stimulasi musik dengan menempelkan headphone pada perutnya. Namun, hal itu dikhawatirkan justru dapat menstimulasi janin secara berlebihan, terutama jika volume suara tinggi.

Beberapa penelitian mengungkap, suara berisik yang diperdengarkan pada janin untuk waktu yang lama justru dapat memicu kelahiran prematur, berat badan rendah, hingga gangguan pendengaran pada bayi setelah lahir.

Suara yang disarankan untuk volume yang didengarkan ibu hamil yaitu sekitar 65 desibel. Jika musik tersebut akan didengarkan untuk waktu lebih lama, volume yang disetel disarankan di bawah 50 desibel. Tingkat tersebut umumnya diberlakukan pada ruang perawatan intensif untuk bayi yang baru lahir.

Sebagai perbandingan, suara mesin cuci berkisar 50-75 desibel, pengering rambut sekitar 60-95 desibel, dan dering telepon sekitar 80 desibel.

Meski belum terbukti dapat meningkatkan kecerdasan bayi, memperdengarkan musik pada bayi menyimpan kemungkinan untuk membantunya mengenal dan berinteraksi dengan Anda. Sementara itu, bagi Anda yang tengah hamil, musik dapat mengurangi stres dan memperdalam naluri keibuan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menimbang Sisi Positif dan Negatif Dot Bayi

Menimbang Sisi Positif dan Negatif Dot Bayi

Salah satu topik yang sering mengemuka di antara orang tua adalah penggunaan dot bayi atau disebut sebagai empeng di Indonesia. Sebagian ahli mengemukakan keuntungan mengisap dot , namun ada juga yang mengungkap kerugiannya. Untuk membuat bayi merasa nyaman, kadang tak cukup menggendong atau memeluknya. Bayi memerlukan sesuatu yang dapat dimasukan ke mulutnya, bahkan saat ia tidak merasa lapar. Itu sebabnya dot bayi banyak menjadi pilihan orang tua. Berikut ini beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari dot bayi: Mengurangi risiko bayi meninggal mendadak yang disebabkan sudden infant death syndrome (SIDS). Membantu bayi dapat lebih mudah tidur. Sebagian bayi mengalami kesulitan tidur, dot bayi kemungkinan dapat membantu. Dot juga dapat menenangkan bayi yang rewel. Dapat dimanfaatkan sebagai pengalih perhatian. Misalnya, saat bayi harus menjalani imunisasi, tes darah atau prosedur lain. Mengurangi rasa tidak nyaman ketika bayi bepergian dengan pesawat. Jika orang dewasa dapat menguap atau mengonsumsi makanan ringan untuk meringankan nyeri di telinga akibat perubahan tekanan udara, maka untuk bayi dapat memanfaatkan dot bayi. Melepas kebiasaan menggunakan dot bayi lebih mudah [...]

Hamil 7 Bulan: Bayi Mulai pada Posisi Siap Lahir

Hamil 7 Bulan: Bayi Mulai pada Posisi Siap Lahir

Pada trimester kehamilan terakhir ini, sebagian wanita akan merasa sesak napas akibat bertambah besarnya kandungan. Namun kondisi ini akan mereda setelah bayi berada pada posisi siap lahir dengan kepala di bawah. Berbeda dengan saat hamil 6 bulan, kebutuhan nutrisi bayi Anda mencapai titik puncaknya pada trimester ketiga kehamilan ini sehingga ibu perlu mengonsumsi cukup makanan yang kaya dengan protein, vitamin , zat besi, asam folat, dan kalsium. Bagaimana Pertumbuhan Janin? Pada awal masa hamil 7 bulan ini bayi Anda berbobot lebih dari 1 kilogram dengan panjang sekitar 38,6-39 cm. Pada kehamilan 29-32 minggu tersebut, bayi Anda akan menjadi sangat aktif. Lama-kelamaan Anda akan menyadari pola pergerakan dan waktu-waktu saat dia paling aktif bergerak. Pergerakan ini juga bermanfaat untuk mendeteksi apakah bayi Anda sehat atau tidak. Hamil minggu 29 Kedua testikel pada bayi laki-laki telah turun dari dekat ginjal ke skrotum. Sementara klitoris pada perempuan telah tampak. Kepala bayi cukup besar untuk otaknya yang makin berkembang. Tempurung kepala dan tulang-tulangnya mengeras seiring dengan berkembangnya otak, paru-paru, dan otot. Hamil minggu 30 Bayi Anda berukuran ki [...]

Prosedur Induksi untuk Mempercepat Persalinan

Prosedur Induksi untuk Mempercepat Persalinan

Induksi adalah proses untuk merangsang kontraksi rahim sebelum kontraksi alami terjadi dengan tujuan mempercepat proses persalinan. Prosedur ini tidak dapat dilakukan sembarangan karena mengandung lebih banyak risiko dibandingkan persalinan normal. Mereka yang menjalaninya sebaiknya mendapat informasi selengkapnya tentang alasan, prosedur, dan risiko yang mungkin dihadapi. Tidak ada cara alami untuk memicu kontraksi atau persalinan. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa berhubungan seks, minum obat herba tertentu, stimulasi puting atau payudara, atau akupuntur dapat memicu kontraksi. Namun cara-cara ini belum terbukti secara ilmiah. Jika setelah tanggal perkiraan kelahiran bayi Anda belum juga menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan dan tidak ada masalah kesehatan serius, dokter biasanya akan menunggu hingga dua minggu. Jika kandungan telah mencapai usia 42 minggu, perlu dipikirkan cara untuk mendatangkan bayi ke dunia. Kenapa demikian? Karena setelah masa ini risiko komplikasi bayi dan risiko persalinan akan makin tinggi. Mekonium atau tinja bayi jika tertelan dapat menyebabkan gangguan pernapasan atau infeksi paru-paru pada bayi. Untuk menghindari risiko tersebut, diperlukan indu [...]

Mengantisipasi Infeksi pada Masa Kehamilan

Mengantisipasi Infeksi pada Masa Kehamilan

Masa kehamilan adalah saat-saat yang rentan baik bagi ibu hamil maupun bagi janinnya. Banyak penyesuaian yang perlu dilakukan agar ibu hamil bisa melewati masa kehamilannya dengan baik dan melahirkan bayi yang sehat. Salah satunya adalah memastikan tubuh bebas dari infeksi dan penyakit yang dapat membahayakan janin. Bagi sebagian wanita, kadang-kadang kehamilan dapat membuat tubuh mereka menjadi lebih rentan terhadap infeksi. Bukan hanya itu, kondisi tubuh mereka saat hamil juga cenderung memicu infeksi yang mereka derita menjadi lebih serius jika tidak segera ditangani. Berikut ini adalah beberapa infeksi umum yang dapat menyerang wanita pada masa kehamilan. Infeksi Saluran Kemih Infeksi saluran kemih (ISK) terjadi ketika bakteri menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. ISK dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu ISK bawah dan atas. ISK bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejala dari kondisi ini meliputi rasa ingin selalu buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, dan bau urin yang menyengat. Sedangkan ISK atas merupakan infeksi yang terjad [...]

Sisi Positif dan Negatif KB Spiral

Sisi Positif dan Negatif KB Spiral

Sejak akhir tahun 70-an, pemerintah telah mencanangkan program Keluarga Berencana (KB). Program ini bertujuan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran menjadi dua anak saja di dalam sebuah keluarga. Untuk mendukung program tersebut, muncul berbagai pilihan alat KB atau kontrasepsi, seperti pil KB, koyo, cincin vagina, KB suntik, kondom, dan KB spiral. KB spiral dinilai sangat efektif dan efisien dalam mencegah kehamilan. Tertarik mencoba KB spiral? Berikut ini penjelasan mengenai sisi positif dan negatifnya. KB spiral atau sering juga disebut intrauterine device (IUD) merupakan alat kontrasepsi berbahan dasar plastik yang bentuknya seperti huruf T. Alat ini akan dimasukkan ke dalam rahim Anda. Pada alat ini terdapat tali yang akan menggantung dari leher rahim hingga ke dalam vagina Anda. Sebelum memasukkan KB spiral ke dalam rahim, dokter bisa memberikan bius lokal atau obat pereda sakit untuk diminum. Proses pemasangan KB spiral hanya berlangsung sekitar 15 hingga 20 menit. Jenis KB ini sendiri ada dua, yaitu KB spiral berlapis tembaga dan yang mengandung hormon. KB spiral berlapis tembaga KB ini mengandung tembaga dan tidak mengandung hormon. [...]

Hamil 9 Bulan: Bayi Anda Lahir ke Dunia

Hamil 9 Bulan: Bayi Anda Lahir ke Dunia

Hanya sekitar 5 persen bayi yang lahir tepat pada tanggal yang diperkirakan. Maka Anda sebaiknya tetap tenang jika bayi tidak kunjung lahir atau lahir lebih cepat dari tanggal perkiraan. Pada masa hamil 9 bulan ini, perkembangan bayi telah sempurna dan siap lahir ke dunia. Sejak hamil 8 bulan, Anda perlu mempersiapkan diri dan bersiaga agar dapat segera ke rumah sakit bersalin jika kontraksi terasa makin intens dan teratur. Bagaimana Pertumbuhan Janin? Pada minggu ke 37, berat badan bayi Anda menjadi sekitar 2,8 kilogram dengan panjang 48,6 cm. Persalinan di masa hamil 9 bulan ini dianggap telah cukup umur karena perkembangan bayi telah sempurna. Hamil minggu 37 Jika ini adalah kehamilan pertama Anda, maka pada usia ini umumnya kepala bayi berada di lubang panggul dan disangga oleh tulang panggul. Namun jika ini adalah kehamilan kedua dan seterusnya, maka kemungkinan kepala bayi belum turun. Kebanyakan kepala bayi pada usia ini sudah penuh dengan rambut sepanjang kurang lebih 3,5 cm. Namun sebagian bayi ada juga yang tidak memiliki bayi sedikitpun. Sebagian besar lanugo atau rambut halus yang menyelubungi bayi telah hilang, ditelan dan disimpan bayi dalam ususnya. Nantinya bahan [...]

Sedih Pasca Melahirkan, Mungkin Baby blues Penyebabnya

Sedih Pasca Melahirkan, Mungkin Baby blues Penyebabnya

Memiliki momongan merupakan momen bahagia bagi seorang wanita. Tapi siapa sangka, perasaan bahagia tersebut bisa tiba-tiba berubah menjadi sedih. Kondisi ini disebut dengan baby blues atau disebut juga dengan postpartum blues. Baby blues merupakan hal yang biasanya terjadi pada seorang wanita yang baru melahirkan karena adanya perubahan hormon. Tapi jika berkepanjangan, kondisi ini bisa berubah menjadi postpatrum depression. Kondisi di mana seorang wanita merasa begitu depresi, sulit tidur, dan nafsu makan berkurang dalam jangka panjang. Bagaimana Gejala Baby blues? Berikut ini adalah beberapa gejala yang bisa muncul ketika seorang wanita mengalami baby blues setelah melahirkan. Perubahan mood atau suasana hati Mudah merasa sedih Merasa gelisah Merasa putus asa Mengalami gangguan tidur Mudah menangis Sulit berkonsentrasi Merasa cemas Beberapa gejala di atas biasanya akan berlangsung selama dua minggu. Jika lebih dari dua atau tiga minggu, ada kemungkinan Anda mengalami postpatrum despression. Kenapa Bisa Terjadi Baby blues? Setelah melahirkan, Anda akan mengalami perubahan hormon serta perubahan bentuk tubuh. Perubahan hormon ini terjadi pada saat plasenta, yang merupakan ?pabr [...]

Diet Ibu Menyusui yang Aman

Diet Ibu Menyusui yang Aman

Banyak para wanita yang tidak sabar untuk menurunkan berat badan setelah proses persalinan. Padahal pada masa-masa itu, seorang wanita membutuhkan banyak energi untuk menyusui bayinya yang baru dilahirkan. Pada masa menyusui, pola makan sehat dan seimbang menjadi sangat penting. Makanan ibu menyusui haruslah terdiri dari makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi, berbagai sayur dan buah, serta makanan mengandung protein dan produk susu. Makanan yang Dianjurkan Beberapa jenis makanan yang dianjurkan, antara lain: Buah-buahan. Minimal pada diet ibu menyusui terdapat konsumsi buah-buahan atau jus dua kali sehari. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang dapat memasok energi atau jenis buah bluberi yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Kacang dan biji-bijian. Terutama pilih yang berwarna gelap seperti kacang merah, sebagai sumber protein nabati, sekaligus kaya zat besi. Beras merah. Beras jenis ini dapat menyediakan kalori yang dibutuhkan tubuh, sekaligus mendukung produksi ASI yang baik dan berkualitas. Produk susu rendah lemak. Misalnya, yoghurt, keju dan susu. Susu mengandung protein, kalsium, vitamin B dan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan tulang bayi. Dengan [...]

Bayi 2 Bulan: Merespons dengan Senyuman

Bayi 2 Bulan: Merespons dengan Senyuman

Jika pada usia satu bulan dia belum begitu dapat merespons, maka berbeda dengan bayi 2 bulan. Di usia ini, bayi sudah mulai dapat tersenyum ketika diajak bicara atau melihat sesuatu yang menarik. Otak dan pendengarannya makin berkembang sehingga dia dapat menikmati musik yang diperdengarkan. Pada sekitar usia 6 minggu, dia dapat merespons musik dengan kaki menendang-nendang atau bersuara. Meski demikian, dia juga membutuhkan saat tenang, sehingga hindari memperdengarkan musik dalam waktu panjang. Umumnya bayi laki-laki akan memiliki berat kurang lebih 4,4-7 kilogram dengan panjang 54,7-62,2 cm. Sementara bayi perempuan berbobot 4-6,5 kilogram dengan panjang badan 53,2-60,9 cm. Kemampuan Motorik Pada usia 7 minggu, dia mulai berusaha meraih dan menggenggam benda-benda di sekitarnya. Meski tidak selalu berhasil, namun sekali menggenggam sesuatu, benda itu akan sulit dilepaskan dari genggamannya. Hindarkan benda-benda yang dianggap berbahaya dari jangkauannya, seperti benda tajam atau botol air panas. Berikut beberapa perkembangan kemampuan motoriknya yang lain: Pada usia 5 minggu, gerakan bayi Anda akan makin teratur. Reflek terkejut yang sering terjadi saat baru lahir mulai tid [...]

Tetap Aktif Bekerja Saat Hamil

Tetap Aktif Bekerja Saat Hamil

Menjalani kehamilan sambil terus bekerja bukanlah hal mudah. Tapi jangan khawatir, ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hambatan selama masa kehamilan, tanpa perlu mengesampingkan pekerjaan Anda. Sebagian besar wanita bisa menjalani masa kehamilan tanpa perlu berhenti dari pekerjaan mereka. Meski begitu, tentu saja ada penyesuaian yang harus dilakukan agar masa kehamilan tidak memengaruhi kesehatan dan produktivitas Anda di tempat kerja. Keluhan-Keluhan di Masa Kehamilan Supaya bisa bekerja dengan baik sekaligus menjaga janin dan diri Anda sendiri tetap sehat, pastikan untuk memahami keluhan yang muncul di masa kehamilan dan kemampuan diri Anda masing-masing dalam menjalaninya. Mual dan muntah-muntah Siapkan biskuit sebagai camilan di kantor. Camilan ringan yang sehat dapat menjaga gula darah Anda tetap stabil dan dengan demikian dapat membantu menghilangkan rasa mual. Meski rasa mual dan muntah-muntah biasanya terjadi di pagi hari, bagi sebagian individu, mual dan muntah-muntah bisa dialami kapan saja, bahkan berkali-kali dalam sehari. Untuk mengatasi rasa mual di tempat kerja, cari tahu apa yang membuat Anda mual, misalnya aroma kopi atau roti bakar, dan langkah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *