Apa Pengaruh Musik untuk Ibu Hamil?

apa-pengaruh-musik-untuk-ibu-hamil-alodokter.jpg

Banyak anggapan yang beredar dalam masyarakat bahwa ibu hamil yang mendengarkan musik dapat memperoleh berbagai manfaat. Bahkan tidak jarang yang menganggap satu jenis musik tertentu dapat membuat janin kelak lebih pintar.

Ibu hamil yang berniat melakukan stimulasi semacam ini sebaiknya melakukan dengan hati-hati. Hingga kini, para ahli belum dapat membuktikan bahwa memperdengarkan musik pada janin dapat menjadikannya lebih pintar. Meski pada satu sisi, ibu hamil yang mendengarkan musik diakui lebih rileks dan lebih mudah tidur.

Stimulus yang Menyenangkan

Alunan musik dapat mempengaruhi seseorang, termasuk ibu hamil. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman mengungkapkan bahwa respons yang ditunjukkan ibu hamil lebih kuat terhadap segala jenis musik.

Para peneliti menyimpulkan, musik adalah stimulus yang signifikan. Kemungkinan disebabkan oleh tingkat estrogen yang tinggi pada ibu hamil. Hormon tersebut memengaruhi otak terhadap rasa senang ketika mendengar musik.

Seorang peneliti lain menyebutkan bahwa musik bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat membantu merasa santai dan kondisi itu sangat baik untuk perkembangan dan kondisi janin.

Apa yang Dapat Didengar Janin?

Menjelang akhir masa hamil 5 bulan, para ahli meyakini janin dapat menerima informasi sensori yang kemudian dapat direspons dan diingat pada tingkat tertentu.

Selain detak jantung, napas, suara aliran darah, dan saluran pencernaan, janin mulai bisa mendengar suara dari luar tubuh ibu. Kemungkinan janin dapat mengenali dan merasa nyaman ketika mendengarnya lagi setelah lahir.

Detak jantung janin bisa meningkat saat dia mendengar musik. Setelah dilahirkan, bayi dapat merespons ketika musik tersebut diperdengarkan secara teratur.

Musik dianggap dapat membuat ibu merasa rileks dan mendorong perasaan yang sama ketika diperdengarkan kepada bayi yang baru lahir. Sebagian bayi akan bereaksi dengan berhenti menangis, membuka mata mereka, atau sedikit melakukan gerakan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bayi yang diperdengarkan lagu pengantar tidur pada masa akhir kehamilan, reaksi aktivitas otaknya lebih tinggi jika dibandingkan bayi yang baru mendengarnya setelah lahir. Hal ini membenarkan kemungkinan janin mampu mendengar di dalam perut, namun tidak membuktikan paparan musik sejak dalam kandungan dapat meningkatkan kemampuan sistem pendengaran atau perkembangan otak setelah lahir.

Jangan Berlebihan

Tidak jarang ibu hamil berusaha memberi stimulasi musik dengan menempelkan headphone pada perutnya. Namun, hal itu dikhawatirkan justru dapat menstimulasi janin secara berlebihan, terutama jika volume suara tinggi.

Beberapa penelitian mengungkap, suara berisik yang diperdengarkan pada janin untuk waktu yang lama justru dapat memicu kelahiran prematur, berat badan rendah, hingga gangguan pendengaran pada bayi setelah lahir.

Suara yang disarankan untuk volume yang didengarkan ibu hamil yaitu sekitar 65 desibel. Jika musik tersebut akan didengarkan untuk waktu lebih lama, volume yang disetel disarankan di bawah 50 desibel. Tingkat tersebut umumnya diberlakukan pada ruang perawatan intensif untuk bayi yang baru lahir.

Sebagai perbandingan, suara mesin cuci berkisar 50-75 desibel, pengering rambut sekitar 60-95 desibel, dan dering telepon sekitar 80 desibel.

Meski belum terbukti dapat meningkatkan kecerdasan bayi, memperdengarkan musik pada bayi menyimpan kemungkinan untuk membantunya mengenal dan berinteraksi dengan Anda. Sementara itu, bagi Anda yang tengah hamil, musik dapat mengurangi stres dan memperdalam naluri keibuan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Penyebab Utama Perselingkuhan yang Belum Kamu Ketahui

Penyebab Utama Perselingkuhan yang Belum Kamu Ketahui

Apakah kamu sering mengobrol mendalam dan panjang lebar, serta bertukar pesan singkat dengan lawan jenis yang bukan pasanganmu? Hati-hati. Jangan-jangan kamu sedang selingkuh hati. Banyak orang mengira bahwa pria akan meninggalkan istrinya untuk wanita yang lebih seksi atau lebih cantik. Sementara wanita akan meninggalkan suaminya demi pria yang lebih mapan. Penelitian menemukan bahwa bukan itu masalah utama perceraian. Pria Berselingkuh: Kedekatan Emosional Lebih dari 80 persen mengaku berselingkuh bukan dengan wanita yang lebih menarik secara fisik dibandingkan istrinya. Alasan utama pria berselingkuh adalah bukan karena ingin berhubungan seksual dengan wanita yang bertubuh lebih seksi, tetapi lebih karena hilangnya kedekatan emosional dengan istrinya. Sekitar 48 persen pria mengakui bahwa mereka ingin dihargai oleh istri karena kerja kerasnya. Sayangnya, karena pria lebih tidak ekspresif dibandingkan wanita, maka kemungkinan besar dia tidak akan membicarakan kebutuhannya ini kepada sang istri. Sebagai akibatnya, mereka merasa membutuhkan hubungan dengan intimasi emosional dengan orang lain. Sepanjang perjalanan pernikahan, lama-kelamaan pasangan dapat menjadi kurang menghargai [...]

Jangan Langsung Minum Obat Flu untuk Ibu Menyusui

Jangan Langsung Minum Obat Flu untuk Ibu Menyusui

Saat menyusui, apa pun yang Anda konsumsi dapat berdampak pada bayi. Lalu apakah aman bagi seorang ibu menyusui yang sedang sakit untuk mengonsumsi obat? Menilik risiko yang bisa didapat bayi, sang ibu dapat menghadapi buah simalakama. Jika tidak diobati, bayi berisiko tertular penyakit yang sama dan bisa menjadi masalah kesehatan yang cukup berarti karena kekebalan tubuhnya yang belum sempurna. Beruntung, menyusui saat sakit justru memberikan efek penguatan bagi imunitas bayi. Anak akan otomatis mendapatkan antibodi dari ibu melalui ASI yang akan sangat berguna untuk menangkal serangan penyakit yang sedang diderita Ibu. Agar cepat pulih, ibu perlu mencukupi kebutuhan istirahat dan asupan cairan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh serta mempertahankan suhu tubuh normal. Selain itu, pelepasan hormon oksitosin selama menyusui dapat membuat ibu merasa haus. Bagaimana Cara Memilih Obat yang Aman untuk Ibu dan Bayi Hindari memakai obat-obatan yang dijual bebas di pasaran tanpa berkonsultasi dengan dokter. Meski dosis yang digunakan kecil, konsumsi obat serampangan tanpa memerhatikan kandungan dan indikasinya tidak baik bagi Anda dan bayi. Pengobatan herbal pun sebaiknya jangan dil [...]

Kriteria Tempat Tidur Bayi yang Ideal

Kriteria Tempat Tidur Bayi yang Ideal

Bayi yang baru lahir akan menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur bayi. Oleh karena itu, penting untuk menjatuhkan pilihan kepada jenis tempat tidur bayi yang aman dan nyaman untuk si Kecil yang tiap harinya bisa terlelap hingga 20 jam. Apa saja kriteria tempat tidur bayi yang baik untuk si Kecil? Memilih Tempat Tidur Bayi yang Aman Demi menunjang kenyamanan anaknya, banyak orang tua rela menghabiskan banyak uang untuk membeli perlengkapan si Kecil, termasuk tempat tidur atau boks bayi. Namun untuk urusan boks bayi, Anda tidak perlu mencari produk yang termahal atau desain yang lucu. Keamanan produk merupakan hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan saat membeli boks bayi. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih tempat tidur bayi. Pertama adalah memperhatikan jarak antara bilah satu dengan lainnya. Sebaiknya pilih jenis yang jarak antar bilah kurang dari enam centimeter demi mencegah kepala bayi terselip di antara bilah. Kedua, hindari membeli tempat tidur bayi yang bilahnya bisa dinaikkan atau diturunkan karena terkadang sering terjadi kesalahan saat merakitnya dengan desain bilah yang semacam itu. Jika salah merakit, bayi bisa terselip atau te [...]

Rekomendasi Nutrisi di Dalam Susu Ibu Hamil

Rekomendasi Nutrisi di Dalam Susu Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan sejumlah nutrisi seperti kalsium, vitamin D, asam folat, serta iodium. Nutrisi tersebut bisa didapat dari susu ibu hamil yang dijual di pasaran. Selain memerhatikan apa saja kandungan susu, perhatikan apakah susu telah melewati proses pasteurisasi. Biasanya informasi tersebut tertera pada kemasan. Susu merupakan sumber kalsium yang baik bagi ibu hamil. Selain kalsium, susu ibu hamil biasanya ditambahkan vitamin D, asam folat, serta iodium. Mari kita telaah kandungan yang biasanya ada di dalam susu ibu hamil dan kenapa susu yang belum dilakukan pasteurisasi dianggap berbahaya. Berikut adalah beberapa nutrisi yang perlu ada dalam susu ibu hamil. Kalsium Kebutuhan kalsium bagi perempuan berusia di atas 18 tahun adalah 1.000 mg per hari, baik sebelum hamil, saat hamil, dan setelah melahirkan. Sedangkan perempuan yang berusia di bawah 18 tahun membutuhkan lebih banyak kalsium, yaitu 1.300 mg per hari. Secara umum, kalsium dibutuhkan untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis serta membantu menguatkan tulang bagi ibu hamil. Sementara itu, berikut manfaat kalsium bagi janin: Membantu jantung untuk tumbuh dengan sehat. Membangun ritme jantung yang normal. [...]

Hilangkan Ego. Ini Dampak Perceraian Terhadap Anak

Hilangkan Ego. Ini Dampak Perceraian Terhadap Anak

Perceraian dan poligami kini kembali marak dibicarakan sejak seorang wanita mengunggah video di media social, yang mencurahkan perasaannya terhadap masalah poligami yang dialami. Perceraian memang bukanlah hal yang mudah, dan bisa menjadi mimpi buruk baik bagi pasangan maupun anak. Tidak ada yang memimpikan sebuah perceraian. Namun, hadirnya beragam masalah dalam rumah tangga yang sulit untuk diperbaiki menghadirkan perceraian sebagai jalan keluar. Perceraian ini dipercaya dapat menyembuhkan luka dalam rumah tangga tapi ternyata harus mengorbankan perasaan anak. Pertimbangkan Beberapa Hal Ini Sebelum Memutuskan Tidak hanya orang tua yang tersakiti. Perceraian juga dapat menyisakan luka pada anak yang mungkin saja akan terus dibawanya hingga dewasa. Dampak yang mungkin terjadi pada setiap anak bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung dari usia anak pada saat perceraian, kondisi perceraian, dan kepribadian anak. Sebagian anak akan mengalami kemunduran dalam belajar, sebagian anak mungkin akan merasa tidak akrab dengan orang tua ketika mereka sudah dewasa. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang orang tuanya bercerai pada saat berusia 5 tahun atau lebih kecil, tidak merasa memiliki ikat [...]

Sakit Gigi Saat Hamil, Apa Sebabnya?

Sakit Gigi Saat Hamil, Apa Sebabnya?

Selain pusing dan muntah-muntah, ibu hamil juga terkadang mengalami sakit gigi. Apa yang menyebabkan sakit gigi saat hamil? Perlukah penanganan khusus ketika menderita sakit gigi saat hamil? Mengandung anak sudah tentu menjadi momen yang membahagiakan bagi para ibu. Namun kehamilan bisa juga menjadi masa yang tidak menyenangkan untuk calon ibu. Selama mengandung, ibu hamil merasakan berbagai pengalaman mulai dari mual, kelelahan, muntah-muntah, sakit punggung, hingga sakit gigi. Penyakit gigi dan gusi pada ibu hamil dapat memengaruhi kondisi bayi di dalam kandungan, misalnya kelahiran prematur dan berat badan bayi yang rendah. Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil Sakit gigi selama masa kehamilan dapat bermacam-macam, mulai dari penyakit di gusi hingga gigi berlubang. Berikut hal-hal yang terkait dengan timbulnya sakit gigi saat hamil serta cara meringankan gejalanya. Perubahan hormon Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan meningkatkan kemungkinan munculnya peradangan di gusi (gingivitis). Pada gingivitis, gusi membengkak dan terkadang berdarah saat ibu menyikat gigi. Penyakit lain yang dapat timbul oleh kehamilan adalah penyakit periodontal, yaitu penyakit pada jaringan penduku [...]

Bayi 7 Bulan: Mulai Merangkak

Bayi 7 Bulan: Mulai Merangkak

Saat otot tangan dan kaki, terutama lututnya sudah kuat, bayi 7 bulan umumnya sudah mulai dapat merangkak. Aktivitas ini juga menjadi persiapan penguatan ototnya sehingga dapat berjalan. Pada usia ini, selain mulai bisa merangkak, rasa gatal akibat tumbuh gigi membuatnya makin sering memasukkan benda ke mulutnya untuk digigit. Dia juga mulai bisa duduk tanpa bantuan atau ditopang. Mengenai berat badan rata-rata, bayi 7 bulan berjenis kelamin laki-laki umumnya berbobot 6,7-10,2 kg dengan panjang kira-kira 65,1-73,2 cm, sementara bayi perempuan rata-rata berbobot 6,1-9,6 kg dengan panjang kira-kira 62,9-71,6 cm. Kemampuan Motorik Pada usia ini, meski sebagian besar bayi akan belajar merangkak, namun sebagian lainnya langsung berjalan dan tidak melalui fase merangkak. Ada juga yang tidak merangkak maju, melainkan mundur. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan selama anak Anda tetap terlihat mampu mengkoordinasikan kedua bagian tubuh, baik tangan dan kakinya dengan baik. Hanya saja, yang perlu diingat, hindari menggunakan baby walker yang diklaim dapat membantu bayi belajar berjalan. Sarana ini justru berisiko mendatangkan kecelakaan pada bayi. Selain itu, sebelum dia mulai aktif merang [...]

Hamil 6 Bulan: Bayi Dapat Diajak Berinteraksi

Hamil 6 Bulan: Bayi Dapat Diajak Berinteraksi

Pada usia kehamilan 6 bulan, Anda sudah dapat berinteraksi dengan si Kecil melalui sentuhan dan suara atau musik yang didekatkan pada perut. Bayi bisa merespons Anda dengan gerakan! Jika pada saat hamil 5 bulan Anda tidak begitu yakin apakah dia dapat mendengar atau merasakan, saat hamil 6 bulan ini, bayi telah bergerak sangat aktif dan bisa merespons suara dan sentuhan. Suara kencang seperti teriakan atau bunyi musik memicu dirinya melakukan lonjakan atau tendangan kecil. Bagaimana Pertumbuhan Janin? Pada awal masa kehamilan 6 bulan ini, bayi Anda berbobot kurang lebih 0,6 kilogram dengan panjang kira-kira 34,6 cm. Anda dapat merasakannya bergerak aktif dan bahkan saat dia cegukan. Hamil minggu 25 Detak jantung bayi melambat menjadi 140 denyutan per menit. Meski demikian, frekuensinya lebih tinggi dibandingkan detak jantung Anda sendiri. Dia tidak lagi tampak kurus, tapi mulai menjadi bayi dengan lemak di bawah kulitnya. Kulit yang tadinya tampak keriput mulai halus. Layar USG bisa menampilkan rambutnya yang telah tumbuh. Sesekali dia cegukan dan Anda dapat merasakannya. Secara teratur, bayi akan membuang urine ke kantung ketuban. Kelopak matanya dapat terbuka dan sebentar lagi [...]

Mengenalkan Makanan Bayi Sesuai Tingkatan Usia

Mengenalkan Makanan Bayi Sesuai Tingkatan Usia

Memperkenalkan makanan pada bayi sebaiknya disesuaikan dengan usianya. Mulailah dari tekstur makanan cair hingga kemudian meningkat menjadi lebih padat. Para ahli merekomendasikan untuk memberi makanan saat bayi menginjak usia 6 bulan. Yang tak kalah penting adalah memerhatikan kesiapan bayi serta kebutuhan nutrisinya. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter sebelumnya. Menyesuaikan Kemampuan Bayi Beberapa tanda yang dapat Anda kenali sebagai kesiapan bayi untuk makan selain air susu ibu (ASI) yaitu mulai hilangnya refleks mendorong pada lidah bayi, mulai ada kemampuan mengendalikan kepala dan leher untuk duduk tegak, serta ketertarikan pada makanan yang dapat dilihat dengan upayanya mengambil makanan orang lain. Usia 4-6 Bulan Pada masa ini, ASI atau susu formula merupakan asupan nutrisi utama bayi dan makanan padat merupakan asupan tambahan. Biasanya makanan pertama bagi bayi adalah sereal bayi yang dicampur ASI atau susu formula. Jangan terburu-buru memberikan bayi makanan padat, namun perkenalkan secara perlahan sebanyak satu sendok yang didekatkan pada mulut bayi. Jika bayi menolak, tunda sejenak atau tunggu beberapa hari sebelum mencoba lagi. Meski Anda berharap agar bay [...]

Ibu Hamil Minum Kopi, Aman atau Bahaya?

Ibu Hamil Minum Kopi, Aman atau Bahaya?

Kopi merupakan salah satu minuman favorit di seluruh dunia. Tiap tahunnya, ada lebih dari 400 milyar cangkir kopi yang dikonsumsi. Pencinta kopi bukan saja dari kalangan pria, tapi juga wanita. Namun ketika hamil, wanita perlu memperhatikan jumlah asupan kopi per hari agar tidak berdampak pada kehamilannya. Salah satu alasan mengapa kopi cukup mengancam ibu hamil adalah karena kafein dapat menembus plasenta ibu hamil dengan mudah dan bisa berdampak pada detak jantung bayi. Oleh karena itu, penting untuk membatasi jumlah asupan kafein ibu hamil menjadi 200 mg per hari atau sekitar 2 cangkir kopi. Risiko Minum Kopi Pada Ibu Hamil Pada orang normal, meminum terlalu banyak kopi dapat menimbulkan gejala kecemasan, insomnia, jantung berdetak kencang, gangguan pencernaan dan tremor. Ibu hamil juga dapat merasakan efek samping yang sama. Namun selain itu, dampak kelebihan asupan kafein juga diduga mampu meningkatkan beberapa kemungkinan berikut: Keguguran janin Bayi lahir dengan berat badan yang rendah Kelahiran mati Ibu hamil mengalami refluks asam lambung dan nyeri ulu hati Anemia Berapa Takaran Yang Ideal Untuk Ibu Hamil? Sebenarnya bukan hanya asupan kopi saja yang perlu dibatasi o [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *