Apa Pengaruh Musik untuk Ibu Hamil?

apa-pengaruh-musik-untuk-ibu-hamil-alodokter.jpg

Banyak anggapan yang beredar dalam masyarakat bahwa ibu hamil yang mendengarkan musik dapat memperoleh berbagai manfaat. Bahkan tidak jarang yang menganggap satu jenis musik tertentu dapat membuat janin kelak lebih pintar.

Ibu hamil yang berniat melakukan stimulasi semacam ini sebaiknya melakukan dengan hati-hati. Hingga kini, para ahli belum dapat membuktikan bahwa memperdengarkan musik pada janin dapat menjadikannya lebih pintar. Meski pada satu sisi, ibu hamil yang mendengarkan musik diakui lebih rileks dan lebih mudah tidur.

Stimulus yang Menyenangkan

Alunan musik dapat mempengaruhi seseorang, termasuk ibu hamil. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman mengungkapkan bahwa respons yang ditunjukkan ibu hamil lebih kuat terhadap segala jenis musik.

Para peneliti menyimpulkan, musik adalah stimulus yang signifikan. Kemungkinan disebabkan oleh tingkat estrogen yang tinggi pada ibu hamil. Hormon tersebut memengaruhi otak terhadap rasa senang ketika mendengar musik.

Seorang peneliti lain menyebutkan bahwa musik bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat membantu merasa santai dan kondisi itu sangat baik untuk perkembangan dan kondisi janin.

Apa yang Dapat Didengar Janin?

Menjelang akhir masa hamil 5 bulan, para ahli meyakini janin dapat menerima informasi sensori yang kemudian dapat direspons dan diingat pada tingkat tertentu.

Selain detak jantung, napas, suara aliran darah, dan saluran pencernaan, janin mulai bisa mendengar suara dari luar tubuh ibu. Kemungkinan janin dapat mengenali dan merasa nyaman ketika mendengarnya lagi setelah lahir.

Detak jantung janin bisa meningkat saat dia mendengar musik. Setelah dilahirkan, bayi dapat merespons ketika musik tersebut diperdengarkan secara teratur.

Musik dianggap dapat membuat ibu merasa rileks dan mendorong perasaan yang sama ketika diperdengarkan kepada bayi yang baru lahir. Sebagian bayi akan bereaksi dengan berhenti menangis, membuka mata mereka, atau sedikit melakukan gerakan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bayi yang diperdengarkan lagu pengantar tidur pada masa akhir kehamilan, reaksi aktivitas otaknya lebih tinggi jika dibandingkan bayi yang baru mendengarnya setelah lahir. Hal ini membenarkan kemungkinan janin mampu mendengar di dalam perut, namun tidak membuktikan paparan musik sejak dalam kandungan dapat meningkatkan kemampuan sistem pendengaran atau perkembangan otak setelah lahir.

Jangan Berlebihan

Tidak jarang ibu hamil berusaha memberi stimulasi musik dengan menempelkan headphone pada perutnya. Namun, hal itu dikhawatirkan justru dapat menstimulasi janin secara berlebihan, terutama jika volume suara tinggi.

Beberapa penelitian mengungkap, suara berisik yang diperdengarkan pada janin untuk waktu yang lama justru dapat memicu kelahiran prematur, berat badan rendah, hingga gangguan pendengaran pada bayi setelah lahir.

Suara yang disarankan untuk volume yang didengarkan ibu hamil yaitu sekitar 65 desibel. Jika musik tersebut akan didengarkan untuk waktu lebih lama, volume yang disetel disarankan di bawah 50 desibel. Tingkat tersebut umumnya diberlakukan pada ruang perawatan intensif untuk bayi yang baru lahir.

Sebagai perbandingan, suara mesin cuci berkisar 50-75 desibel, pengering rambut sekitar 60-95 desibel, dan dering telepon sekitar 80 desibel.

Meski belum terbukti dapat meningkatkan kecerdasan bayi, memperdengarkan musik pada bayi menyimpan kemungkinan untuk membantunya mengenal dan berinteraksi dengan Anda. Sementara itu, bagi Anda yang tengah hamil, musik dapat mengurangi stres dan memperdalam naluri keibuan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Operasi Caesar Tidak Seperti yang Anda Bayangkan

Operasi Caesar Tidak Seperti yang Anda Bayangkan

Operasi caesar kini populer dipilih oleh sebagian ibu hamil untuk melahirkan. Prosesnya yang cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit saat persalinan membuat mereka memilih cara ini ketimbang melahirkan secara normal. Sebagian ibu hamil yang memilih untuk menjalani operasi caesar padahal memiliki opsi untuk melahirkan secara normal. Sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk melahirkan secara caesar? Melahirkan melalui operasi caesar berarti mengeluarkan bayi melalui sayatan dari perut sang ibu, bukan dari vagina. Sebelum pembedahan, dokter akan melakukan anestesi (pembiusan) epidural sehingga membuat daerah perut menjadi mati rasa dan kebal saat melakukan proses penyayatan dari perut bagian bawah. Jadi, wanita tersebut akan sadar selama operasi tapi akan mati rasa mulai dari panggul ke bawah. Dengan tirai pembatas, Anda tidak bisa melihat dokter ketika menyayat perut Anda. Dokter mungkin akan memberikan obat penenang untuk membantu Anda lebih rileks. Tidak sampai hitungan jam, Anda akan mendengar suara tangisan bayi yang keluar dari rahim Anda. Begitulah kiranya proses melahirkan melalui operasi caesar. Kapan Operasi Caesar Sebenarnya Diperlukan? Sejumlah ibu hamil memilih jalan ca [...]

Kriteria Tempat Tidur Bayi yang Ideal

Kriteria Tempat Tidur Bayi yang Ideal

Bayi yang baru lahir akan menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur bayi. Oleh karena itu, penting untuk menjatuhkan pilihan kepada jenis tempat tidur bayi yang aman dan nyaman untuk si Kecil yang tiap harinya bisa terlelap hingga 20 jam. Apa saja kriteria tempat tidur bayi yang baik untuk si Kecil? Memilih Tempat Tidur Bayi yang Aman Demi menunjang kenyamanan anaknya, banyak orang tua rela menghabiskan banyak uang untuk membeli perlengkapan si Kecil, termasuk tempat tidur atau boks bayi. Namun untuk urusan boks bayi, Anda tidak perlu mencari produk yang termahal atau desain yang lucu. Keamanan produk merupakan hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan saat membeli boks bayi. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih tempat tidur bayi. Pertama adalah memperhatikan jarak antara bilah satu dengan lainnya. Sebaiknya pilih jenis yang jarak antar bilah kurang dari enam centimeter demi mencegah kepala bayi terselip di antara bilah. Kedua, hindari membeli tempat tidur bayi yang bilahnya bisa dinaikkan atau diturunkan karena terkadang sering terjadi kesalahan saat merakitnya dengan desain bilah yang semacam itu. Jika salah merakit, bayi bisa terselip atau te [...]

Bahaya Merokok Saat Hamil

Bahaya Merokok Saat Hamil

Merokok saat hamil berarti membiarkan janin Anda berisiko untuk terpapar beribu-ribu bahan kimia berbahaya. Karbon monoksida dalam asap rokok dapat menghambat aliran oksigen dan asupan nutrisi kepada bayi di dalam kandungan. Keterbatasan oksigen dan paparan nikotin bisa memperlambat napas bayi serta membuat jantung bayi berdenyut lebih cepat. Risiko Merokok Saat Hamil Anak dari ibu hamil yang merokok memiliki kemungkinan untuk mengidap risiko: Terlahir prematur. Lahir dengan berat badan di bawah normal; hal ini membuat bayi lebih rentan terkena infeksi. Sindrom kematian bayi mendadak. Kolik atau menangis lebih dari tiga jam sehari. Mengidap asma. Infeksi saluran pernapasan. Cacat bawaan pada kaki, jantung, tengkorak, otot, dan bagian tubuh lainnya. Terganggunya kesuburan si anak di masa yang akan datang. Gangguan tingkah laku, emosional, dan kemampuan belajar. Merokok saat hamil dapat membawa dampak buruk tidak hanya bagi si kecil, tapi juga bagi ibu hamil itu sendiri. Seorang calon ibu yang merokok saat sedang hamil memiliki risiko untuk mengalami: Pendarahan vagina. Gangguan pada plasenta, yaitu kemungkinan terjadi placental abruption yang terjadi ketika plasenta terpisah d [...]

Bayi 5 Bulan: Mulai Dapat Duduk

Bayi 5 Bulan: Mulai Dapat Duduk

Bayi 5 bulan umumnya sudah dapat mencoba duduk dari posisi tengkurap dengan menopang tubuhnya dengan kedua tangan sendiri. Meski demikian, sebaiknya tempatkan bantal di sisi kanan-kirinya dan terus dampingi karena posisi tubuhnya belum stabil. Bayi 5 bulan berjenis kelamin laki-laki umumnya memiliki berat 6,1-9,2 kilogram dengan panjang 61,9-69,9 cm. Sementara bayi perempuan berbobot 5,5-8,7 kilogram dengan panjang 59,9-68,2 cm. Kemampuan Motorik Di usia ini, bayi sudah dapat berguling dari telentang ke tengkurap dan sebaliknya bahkan umumnya sudah dapat duduk tanpa ditopang untuk beberapa saat. Dia akan duduk dari posisi tengkurap dengan menopang tubuh dengan tangannya sendiri. Untuk membantu menstabilkan posisi duduknya, posisikan kedua kakinya merentang menyerupai huruf V. Tempatkan mainan di hadapannya untuk dimainkan dan tempatkan bantal di sekelilingnya. Perkembangan ini menandakan bayi bersiap untuk merangkak beberapa bulan ke depan. Bayi sudah dapat meraih benda yang berada dalam jangkauannya, mulai mempelajari untuk memindahkannya dari satu tangan ke tangan lain. dan dapat melempar benda-benda yang berada dalam genggamannya hanya untuk melihat benda itu jatuh. Jika [...]

Apakah Keputihan saat Hamil dapat Berbahaya?

Apakah Keputihan saat Hamil dapat Berbahaya?

Meningkatnya kadar dan frekuensi keputihan umumnya adalah kondisi normal saat hamil. Namun jika keputihan telah berubah warna atau diiringi gejala tertentu, maka kondisi ini dapat menjadi tanda timbulnya infeksi. Keputihan saat hamil sebenarnya adalah hal yang normal. Peningkatan kadar estrogen dan meningkatkan aliran darah ke vagina membuat frekuensi dan kadar keputihan semakin meningkat di masa kehamilan. Cairan tambahan yang keluar dari leher rahim ini sebenarnya adalah sisa buangan dari rahim dan vagina, bakteri normal dari vagina, dan sel-sel mati dari dinding vagina. Di masa awal kehamilan, cairan ini memenuhi saluran serviks untuk menciptakan lendir pelindung yang terlihat seperti putih telur. Menjelang persalinan, lendir ini akan menjadi semakin banyak. Penyakit yang Mungkin Terjadi Jika keputihan yang dialami saat hamil terlihat normal dengan cairan jernih atau putih dan tanpa bau, maka ini merupakan kondisi yang normal dan sehat. Namun perubahan hormon dan bentuk tubuh membuat ibu hamil memang lebih cenderung mengalami infeksi vagina. Oleh karenanya terkadang perubahan pada keputihan dapat menjadi tanda terjadinya infeksi, sebagai berikut: Vaginosis bakterial Kondi [...]

Senam Hamil untuk Mempermudah Persalinan

Senam Hamil untuk Mempermudah Persalinan

Dengan melakukan senam hamil secara teratur, stamina ibu hamil akan terjaga sehingga tubuh lebih siap menjalani proses persalinan. Kehamilan yang sering membuat tubuh cepat lelah membuat Anda ingidhin terus berbaring santai saja di sofa. Namun tidak bergerak aktif di masa hamil justru dapat membuat tubuh menjadi tidak bugar dan mempersulit proses persalinan. Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh untuk menghadapi persalinan. Meningkatkan Stamina dengan Senam Hamil Salah satu olahraga yang relatif aman dilakukan dan dapat dilakukan sebagian besar ibu hamil adalah senam hamil. Senam hamil meliputi latihan-latihan untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan menjaga sistem kardiovaskular. Olahraga ini aman dilakukan di berbagai usia kehamilan. Jika sebelumnya Anda telah terbiasa melakukan senam aerobik, maka Anda perlu melakukan modifikasi untuk menghindari terlalu banyak lompatan, dan tendangan, serta gerakan lain yang berisiko membahayakan. Namun jika Anda baru akan mulai melakukan senam, sebaiknya pilih senam khusus untuk ibu hamil. Senam aerobik dengan ritme lambat (low impact) yang tidak melibatkan gerakan menendang dan melompat tepat u [...]

Kondisi Pendukung Cara Membuat Anak Kembar

Kondisi Pendukung Cara Membuat Anak Kembar

Cara membuat anak kembar mungkin tidak semudah mendapatkan satu anak dalam sekali kelahiran. Perlu setidaknya cara khusus dan pemicu lain yang dapat meningkatkan kemungkinan sepasang suami istri mendapatkan anak kembar. Kembar dapat terjadi karena adanya dua zigot atau dua sel telur yang berbeda dan dibuahi oleh dua sel sperma yang terpisah. Bayi yang dihasilkan bisa dengan jenis kelamin yang berbeda ataupun dengan jenis kelamin yang sama. Kembar ini dinamakan kembar non identik dan lebih umum terjadi. Selain itu, kembar juga dapat terjadi karena adanya satu zigot yang kemudian membelah menjadi dua embrio. Pada hal ini, anak yang lahir biasanya adalah kembar identik. Cara membuat anak kembar sampai saat ini masih dalam penelitian karena masih belum ada cara yang dapat menjamin bahwa anak yang lahir adalah anak kembar. Setidaknya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan mendapat anak kembar, salah satunya dengan melakukan proses bayi tabung. Cara Membuat Anak Kembar Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan anak kembar. Bayi tabung. Untuk mendapatkan anak kembar, program bayi tabung bisa menja [...]

Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

Perubahan hormon bisa menyebabkan sakit kepala saat hamil, seperti sakit kepala tegang dan migrain. Tetapi mengingat pada masa kehamilan ini Anda tidak bisa mengonsumsi sembarang asupan, termasuk obat-obatan, masih ada cara alami yang dapat Anda lakukan untuk meredakan kondisi yang mengganggu tersebut. Sakit kepala saat hamil dapat memburuk pada minggu-minggu pertama kehamilan, namun Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini tidak berpengaruh kepada janin. Sakit kepala bisa membaik atau hilang pada enam bulan terakhir ketika hormon umumnya sudah stabil. Sebelum membahas cara mengatasinya, mari kita bahas pemicu sakit kepala pada sebagian ibu hamil, terutama selain masalah hormon. Sebenarnya para ahli belum tahu pasti kenapa sebagian ibu hamil bisa mengalami sakit kepala. Meski begitu, meningkatnya produksi dan aliran darah pada masa awal kehamilan diduga bisa menjadi salah satu pemicunya. Kemungkinan pemicu lainnya adalah konsumsi kafein yang mendadak dihentikan, kurang tidur, stres, depresi, kelaparan, dehidrasi, gangguan sinus, kelelahan, dan alergi. Sakit kepala lebih mungkin terjadi dan terasa lebih buruk bagi mereka yang sebelum hamil rentan mengalaminya. Cara Mengatasiny [...]

Hamil 7 Bulan: Bayi Mulai pada Posisi Siap Lahir

Hamil 7 Bulan: Bayi Mulai pada Posisi Siap Lahir

Pada trimester kehamilan terakhir ini, sebagian wanita akan merasa sesak napas akibat bertambah besarnya kandungan. Namun kondisi ini akan mereda setelah bayi berada pada posisi siap lahir dengan kepala di bawah. Berbeda dengan saat hamil 6 bulan, kebutuhan nutrisi bayi Anda mencapai titik puncaknya pada trimester ketiga kehamilan ini sehingga ibu perlu mengonsumsi cukup makanan yang kaya dengan protein, vitamin , zat besi, asam folat, dan kalsium. Bagaimana Pertumbuhan Janin? Pada awal masa hamil 7 bulan ini bayi Anda berbobot lebih dari 1 kilogram dengan panjang sekitar 38,6-39 cm. Pada kehamilan 29-32 minggu tersebut, bayi Anda akan menjadi sangat aktif. Lama-kelamaan Anda akan menyadari pola pergerakan dan waktu-waktu saat dia paling aktif bergerak. Pergerakan ini juga bermanfaat untuk mendeteksi apakah bayi Anda sehat atau tidak. Hamil minggu 29 Kedua testikel pada bayi laki-laki telah turun dari dekat ginjal ke skrotum. Sementara klitoris pada perempuan telah tampak. Kepala bayi cukup besar untuk otaknya yang makin berkembang. Tempurung kepala dan tulang-tulangnya mengeras seiring dengan berkembangnya otak, paru-paru, dan otot. Hamil minggu 30 Bayi Anda berukuran ki [...]

Tidak Mungkin Mengalami Haid Tapi Hamil

Tidak Mungkin Mengalami Haid Tapi Hamil

Banyak wanita mengaku mendapatkan menstruasi meski sedang menjalani masa kehamilan. Pertanyaannya, bagaimana mungkin seorang wanita bisa haid tapi hamil? Secara ilmiah, menstruasi saat hamil tidak mungkin terjadi. Memang ada sebagian ibu hamil yang mengeluhkan bahwa organ intim mereka mengeluarkan darah secara berkala selayaknya sedang mengalami haid. Namun sejatinya, pendarahan saat haid dan pendarahan yang terjadi saat hamil adalah dua kondisi yang berbeda. Menurut pemahaman sederhana, proses menstruasi terjadi karena lapisan tebal nan kaya dengan kandungan darah yang dipersiapkan untuk sel telur dilepas oleh tubuh. Lapisan tebal tersebut biasa disebut dengan endometrium atau lapisan rahim. Pelepasan sendiri dilakukan karena sel telur tidak mendapatkan pembuahan. Jika terjadi pembuahan atau dengan kata lain terjadi kehamilan, maka lapisan darah akan dipertahankan guna mendukung pertumbuhan janin. Kenapa Bisa Mengeluarkan Darah Meski Hamil? Mengeluarkan darah saat hamil merupakan kondisi yang umum menimpa para ibu hamil. Sekitar 2 dari 10 wanita dilaporkan pernah mengeluarkan darah dari vagina saat sedang hamil. Hal ini terutama terjadi saat trimester pertama masa kehamilan. Pe [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *