Apa Penyebab Gatal pada Selangkangan?

apa-penyebab-gatal-pada-selangkangan.jpg

Rasa gatal merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terutama jika Anda mengalami gatal pada selangkangan, tentu akan terlihat tidak pantas jika Anda menggaruknya di tempat umum.

Area selangkangan yang gatal, biasanya tampak kemerahan atau tampak mengelupas. Selain itu, pada gatal selangkangan di bagian pinggir bisa tampak sebagaimana kulit yang lecet.

Menyerang Bagian Tubuh yang Lembap

Umumnya gatal selangkangan merupakan infeksi jamur di bagian terluar dari kulit. Infeksi yang juga dikenal sebagai tinea cruris ini bisa pula mengenai bagian terluar dari rambut atau kuku.

Selangkangan merupakan salah satu lokasi jamur berkembang biak dengan cepat karena lembap dan hangat. Area lainnya yang menjadi tempat berkembangnya jamur dengan cepat, antara lain paha bagian dalam dan bokong. Infeksi jamur pada selangkangan juga tidak jarang disertai rasa nyeri.

Khususnya bagi penderita diabetes dan obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gatal pada selangkangan akibat infeksi jamur.

Selain infeksi jamur, penyebab lain dari gatal pada selangkangan adalah iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat, infeksi bakteri pada vagina wanita, infeksi kulup pada pria akibat kurang bersih, kudis dan infeksi bakteri seperti molluscum contagiosum.

Bagi mereka yang aktif secara seksual, gatal pada selangkangan bisa terjadi akibat penyakit menular seksual seperti herpes genital, sifilis, infeksi kutu dan kutil.

Cara Mengatasi

Timbulnya rasa gatal yang mengganggu dapat membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi gatal pada selangkangan akibat jamur, dapat menggunakan krim atau bedak antijamur. Sebaiknya cuci bersih area yang terkena infeksi dengan sabun dan air sebelum Anda menggunakan krim atau bedak antijamur. Gunakan secara merata dan teratur.

Ikuti petunjuk pemakaian dengan tepat. Meski gejala mereda, jangan hentikan penggunaan krim atau bedak antijamur terlalu cepat. Tetap ikuti durasi penggunaan sesuai yang disarankan pada label produk.Ini supaya infeksi tidak kembali lagi.

Ketika gatal pada selangkangan akibat jamur ini digaruk, maka dapat menyebabkan terjadinya infeksi bakteri. Jika ini terjadi, kemungkinan akan diperlukan pengobatan antibiotik. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan antibiotik harus selalu di bawah pengawasan dokter.

Pengobatan untuk gatal pada selangkangan perlu dilakukan sesuai dengan penyebab dasarnya. Jika Anda ragu mengenai penyebabnya, periksakan diri ke dokter. Dengan memeriksakan diri ke dokter dan menjalani tes medis yang sesuai, penyebab dasarnya bisa diketahui dan Anda pun bisa menerima pengobatan yang tepat.

Penyakit menular seksual umumnya memerlukan campur tangan dokter, contohnya, resep antibiotik untuk sifilis dan prosedur medis pengangkatan kutil.

Kondisi yang Harus Diperhatikan

Meski gatal selangkangan akibat jamur tidak berbahaya, namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda segera menemui dokter, seperti:

  • Gejala tidak membaik dalam waktu dua minggu, bahkan setelah menggunakan krim atau bedak antijamur.
  • Gatal pada selangkangan terjadi secara berulang-ulang.
  • Infeksi tampak makin parah.

Untuk mengetahui lebih lanjut, dokter bisa melakukan pemeriksaan disertai pengambilan sampel kulit di area yang bermasalah.

Upaya Pencegahan

Menjaga area selangkangan tetap bersih dan kering merupakan salah satu kunci untuk mencegah infeksi jamur. Keringkan dengan seksama setelah Anda mandi. Selain itu beberapa upaya lain meliputi:

  • Jangan berbagi baju atau handuk dengan orang lain.
  • Hindari terlalu lama mengenakan pakaian atau celana lembap atau basah, misalnya setelah Anda berolahraga atau berenang.
  • Pilih pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun.
  • Jangan gunakan pakaian dalam atau celana yang terlalu ketat.
  • Segera cuci pakaian, pakaian dalam, kaus kaki, atau handuk tiap kali setelah dipakai.
  • Ketika berada di kamar mandi yang digunakan untuk umum, gunakan alas kaki.
  • Hindari penyebaran infeksi jamur dari kaki ke area lain, termasuk selangkangan. Keringkan bagian kaki dengan handuk pada bagian akhir setelah selesai menggunakannya pada tubuh. Lalu gunakan kaus kaki sebelum Anda mengenakan celana, untuk meminimalisasi penularan.
  • Gunakan kondom ketika berhubungan intim dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya.
  • Ketika berbelanja untuk pakaian dalam dan renang, hindari untuk mencobanya secara langsung. Cuci terlebih dahulu sebelum memakai pakaian dalam dan renang yang baru dibeli.

Meski mengganggu, tidak perlu khawatir berlebihan jika Anda mengalami gatal selangkangan. Utamakan kebersihan diri, selain memberikan pengobatan yang tepat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Penyebab Stres yang Tidak Anda Duga

5 Penyebab Stres yang Tidak Anda Duga

Kebanyakan orang menganggap bahwa pekerjaan, masalah finansial dan keluarga merupakan faktor utama penyebab stres. Sebenarnya ada hal lain yang bisa menyebabkan stres, namun tak banyak orang yang menyadarinya. Seperti yang dikutip dari menshealth, berikut adalah penyebab stres yang 'tersembunyi'.1. Pemakaian Komputer atau LaptopSaat menggunakan laptop, Anda bernafas 30% lebih banyak, jarang berkedip dan tanpa sadar menegangkan lengan serta bahu. Inilah yang membuat Anda, secara tak sadar mengalami kepenatan dan depresi. Untuk menyiasatinya, gantilah posisi duduk tiap setengah jam. Berbicara di telpon sambil berdiri juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan merilekskan otot.2. 'Selamat' dari PHKSebuah penelitian di Finlandia mengungkapkan bahwa orang-orang yang lolos dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) cenderung mengalami stres pada pekerjaan dan rentan terhadap penyakit jantung. Agar stres tidak menghinggapi Anda, tanyakan pada bos tentang jaminan pekerjaan dan tugas baru yang Anda miliki. Informasi ini bisa meringankan stres Anda.3. KehamilanPenelitian di Australia membuktikan bahwa satu bulan pertama kehamilan merupakan masa dengan tingkat stres paling tinggi bagi suami maupu [...]

5 Cara Berhenti Jadi Orang Pelupa

5 Cara Berhenti Jadi Orang Pelupa

Saat dihadapkan oleh tumpukan pekerjaan, orang seringkali menjadi ceroboh dan pelupa. Akibatnya, beberapa tugas pun terbengkalai karena lupa dikerjakan. Untuk mengatasinya, ada lima cara mudah, seperti yang dikutip dari Prevention International. Simak di sini.1. Pastikan Anda SarapanDengan memakan makanan yang tepat saat sarapan, Anda dapat menjaga sel-sel otak agar tetap sehat. Selain itu, sarapan yang mengandung omega 3, protein, dan serat juga mencegah risiko pikun karena usia. Beberapa makanan yang bisa dipilih adalah, yogurt dengan buah-buahan atau sandwich berisi telur.2. Tidur Nyenyak & Berkualitas"Tidur telah diketahui memainkan peran penting dalam konsolidasi kemampuan persepsi," ujar Pearson. Sebuah penelitian menemukan, orang yang tidak tidur setelah melakukan pelatihan, gagal menunjukkan kemampuannya dalam tugas komputer. Oleh karena itu, tidurlah dengan cukup dan berkualitas jika Anda tak ingin menjadi pelupa.3. Sering BerolahragaSebuah tim penelitian dari University of Illinois' Beckman Institute, baru-baru ini menemukan bahwa latihan aerobik dapat meningkatkan serta mempertajam kecepatan berpikir dan volume aktual jaringan otak. Selain itu, berjalan kaki cepat [...]

Ini Cara Efektif Mengatasi Serangan Panik

Ini Cara Efektif Mengatasi Serangan Panik

Rasa panik bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Bahkan bagi beberapa orang, panik sudah menjadi kebiasaan sehari-harinya. Ketimbang menjadikannya lawan, ada baiknya jika Anda mengubah rasa panik menjadi kawan Anda.Gemetaran, keringat dingin, ketakutan, salah mengucapkan kata dan pemikiran yang kacau sering melanda orang yang sedang dilanda kepanikan. Sebenarnya, terdapat dua hal yang dapat memperparah panik, yaitu ketika seseorang membiarkan kepanikan itu berlanjut dan mengendalikan dirinya, serta ketika seseorang takut terhadap panik itu sendiri.Lalu bagaimana mengatasi rasa panik? Jawabannya sangat sederhana, yaitu dengan mewaspadainya, mengalihkannya dan mengendalikannya. Dikutip dari Huffingtonpost, ini dia cara sederhana mengubah kepanikan dari lawan menjadi kawan.1. Waspada terhadap gejala panikJika Anda selalu waspada dengan gejala panik, Anda tidak akan menjadi korban kepanikan. Waspada maksudnya melihat gejalanya, merasakan, dan jangan sampai menjadi korban kepanikan. Waspada berarti juga Anda melihat faktor apa yang bisa membuat panik, lalu mencoba menghindarinya atau menghadapinya tanpa rasa takut yang berlebihan.2. Alihkan perhatianUmumnya ketika seseorang panik, [...]

Karada Factory, Salon Pijat Asal Jepang untuk Bantu Redakan Stres

Karada Factory, Salon Pijat Asal Jepang untuk Bantu Redakan Stres

Karada Factory, salon kesehatan tubuh asal Jepang membuka cabang pertamanya di Indonesia. Tidak hanya sekedar menawarkan pemijatan tradisional pada umumnya, Karada Factory berfokus kepada penyelarasan persendian tubuh agar lebih seimbang."Tujuan utama kita adalah mengidentifikasi permasalahan pada ketidaknyamanan tubuh, dan membangun keseimbangan tubuh yang optimal," jelas perwakilan dari Karada Factory Jepang, Segawa Takuya saat peresmian Karada Indonesia di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, belum lama ini.Segawa berharap dengan hadirnya Karada Factory di Indonesia, dapat meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kesehatan serta memberikan kontribusi pelayanan yang berkualitas. Indonesia sendiri merupakan cabang ke-220 dan sebelumnya sudah hadir di beberapa negara-negara Asia.Terapi pemijatan yang ditawarkan di Karada Factory tidak seperti pijat tradisional dan spa-spa pada umumnya. Terdapat suatu teknik pemijatan khas Jepang bernama Atlas Pelvis (AP) Balance, suatu teknik pemijatan yang menekankan pada bagian tulang atlas (ruas pertama dari tujuh ruas tulang leher) dan tulang pelvis atau panggul untuk menyeimbangkan tubuh."AP Balance itu sebuah terapi pemijatan pe [...]

5 Penyebab Keputihan pada Wanita

5 Penyebab Keputihan pada Wanita

Apakah penyebab keputihan? Hampir 85% wanita mengalami masalah dengan keputihan. Terkadang hal ini menyebabkan berbagai kecemasan karena menyangkut kesehatan organ intim. Keputihan atau dalam kedokteran disebut fluor albus, adalah kumpulan cairan dan sel-sel yang keluar dari kemaluan wanita. Fungsinya adalah untuk membersihkan dan melindungi daerah kewanitaan. Sebenarnya jika keputihan yang Anda alami warnanya bening atau kuning terang bila menempel pada pakaian dalam, berupa lendir yang dapat encer atau kental tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan gatal, perih, nyeri dan jumlahnya tidak terlalu banyak maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Keputihan Anda termasuk wajar. Keputihan yang tidak normal dapat disebabkan oleh berbagai macam infeksi, mulai dari infeksi bakteri, parasit, atau jamur. Anda perlu merasa khawatir dan segera mengunjungi dokter jika menemukan keputihan Anda mengalami ciri-ciri seperti di bawah ini: Keputihan yang Tidak Wajar Anda perlu merasa khawatir dan segera mengunjungi dokter jika menemukan keputihan Anda mengalami ciri-ciri seperti di bawah ini: Keputihan yang disebabkan infeksi Jamur (Kandidos [...]

Benarkah Feminax Bikin Ketergantungan?

Benarkah Feminax Bikin Ketergantungan?

Tentu Anda pernah mendengar bahwa obat pereda nyeri haid bisa membuat seseorang kecanduan atau ketergantungan. Kesalahpahaman semacam itu sudah melekat sejak lama sehingga menimbulkan ketakutan berlebih dalam mengonsumsinya. Sebetulnya, di mana garis yang jelas antara penggunaan normal dan ketergantungan? Bisakah Anda mengonsumsinya tanpa membuat diri Anda adiktif? Kecanduan didefinisikan sebagai penyakit kronis yang membuat seseorang menggunakan obat secara kompulsif sehingga menyebabkan kerugian atau disfungsi. Banyak orang keliru menggunakan istilah ?kecanduan? untuk merujuk pada ketergantungan fisik. ?Semua orang bisa menjadi tergantung kepada obat-obatan, dan itu tidak berarti bahwa mereka kecanduan,? ungkap Christopher Gharibo dari NYU Langone Medical School and NYU Hospital for Joint Diseases. Ada pula yang menganggap bahwa seseorang akan kecanduan obat pereda nyeri haid jika mereka mengonsumsinya dalam waktu yang lama. Bagaimana dengan Feminax? Berikut penjelasannya: Bagaimana dengan Feminax? Feminax mengandung dua bahan aktif, yakni parasetamol dan ekstrak hiosiami. Parasetamol digunakan untuk meredakan nyeri ringan sampai sedang. Parasetamol bekerj [...]

Radang Sendi Bukan Hanya Milik Orang Tua

Radang Sendi Bukan Hanya Milik Orang Tua

Secara umum, risiko artritis (radang sendi) memang meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Namun saat ini penyakit radang sendi juga sering didapati pada usia 20-40 tahun. Ini merupakan periode seseorang untuk membangun karier dan memiliki anak, sehingga produktivitas amatlah penting. Artritis juga lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan laki-laki, pada seluruh kelompok ras dan etnis. Jenis artritis yang sering dialami oleh usia muda adalah Rheumatoid Arthritis (RA) yang merupakan penyakit autoimun. Riwayat keluarga merupakan faktor risiko yang penting, karena penyakit autoimun cenderung diturunkan dalam keluarga. Kebiasaan merokok juga meningkatkan risiko RA pada individu yang memiliki faktor genetik penyakit tersebut. Pada negara berkembang, jumlah penderita RA adalah sekitar 0.3-1% dari populasi dan lebih banyak dialami oleh wanita. Terkait dengan produktivitas seseorang, WHO menyebutkan dalam periode 10 tahun, sekitar 50% penderita RA tidak dapat mempertahankan pekerjaan purna waktu mereka. Secara global, jenis artritis yang paling sering dialami adalah Osteoarthritis (OA). Halaman berikut penjelasan selengkapnya mengenai OA: Radang Sendi Bukan Ha [...]

Pisang dan Pil Kalium

Pisang dan Pil Kalium

Kalium memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah, fungsi saraf dan otot. Potasium dan sodium bekerja sama dalam tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam sel tubuh kita. Pisang merupakan salah satu sumber makanan kalium. Orang dewasa yang sehat membutuhkan sekitar 4.700 miligram potasium setiap harinya, tetapi beberapa orang, termasuk atlet dan orang-orang yang sedang menjalani pengobatan tertentu, mungkin membutuhkan lebih. Kebanyakan orang memperoleh kalium yang mereka butuhkan dari makanan dalam diet mereka, tetapi beberapa orang perlu mengkonsumsi suplemen kalium. Kalium di Pisang. Satu pisang ukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram potassium. Jika pisang adalah satu-satunya sumber kalium kita, maka kita harus mengkonsumsi 11 buah pisang dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan kalium harian. Untungnya, ada makanan lain yang juga mengandung kalium. Selain potasium, pisang mengandung serat dan vitamin C dan pisang bebas lemak dan bebas kolesterol. Pisang mudah untuk dikonsumsi, membuat pisang sebagai makanan yang nyaman. Dan pisang juga selalu tersedia sepanjang tahun. Pil Kalium. Suplemen kalium dalam bentuk pil, dijual dalam berbagai nama merek, sebagai conto [...]

Tips Berolahraga yang Aman Selama Kehamilan

Tips Berolahraga yang Aman Selama Kehamilan

Mempertahankan rutinitas olahraga selama kehamilan dapat membantu Anda tetap sehat serta memperbaiki postur tubuh dan mengurangi beberapa ketidaknyamanan seperti sakit punggung dan kelelahan. Ada penelitian bahwa berolahraga dapat mencegah diabetes gestasional (diabetes yang berkembang selama kehamilan), menghilangkan stres, dan membangun lebih banyak stamina yang dibutuhkan untuk persalinan. Olahraga apa yang aman selama masa kehamilan? Olahraga yang paling aman adalah berenang, jalan cepat, bersepeda dalam ruangan, dan aerobik ringan. Tenis dan badminton umumnya aman, tetapi perubahan keseimbangan selama kehamilan dapat mempengaruhi gerakan olahraga. Jogging juga diperbolehkan asal tidak dilakukan secara berlebihan. Olahraga apa yang harus dihindari selama masa kehamilan? Olahraga yang berpotensi membuat jatuh seperti menunggang kuda Olahraga softball, sepak bola, basket, dan voli Olahraga yang membutuhkan gerakan melompat-lompat secara berlebihan Siapa saja yang tidak dianjurkan untuk berolahraga? Berikut penjelasannya: Siapa saja yang tidak dianjurkan untuk berolahraga? Bila Anda memiliki masalah medis seperti asma, jantung, atau diabetes, olahraga [...]

5 Penyebab Pusing dan Pingsan Saat Hamil

5 Penyebab Pusing dan Pingsan Saat Hamil

Saat hamil, perubahan hormon seringkali terjadi di dalam tubuh. Jadi mungkin ada beberapa konsekuensi yang tak diinginkan dari perubahan hormon tersebut. Diantaranya, adalah keluhan sering pusing dan pingsan selama kehamilan.Ketika hamil, sistem kardiovaskular mengalami perubahan dramatis; detak jantung naik, jantung memompa lebih banyak darah per menit dan jumlah darah dalam tubuh bertambah sebesar 40 hingga 45 persen. Selama kehamilan normal, tekanan darah secara bertahap berkurang pada awalnya dan mencapai titik terendah di tengah kehamilan. Kemudian mulai naik, kembali ke tingkat regulernya pada akhir kehamilan.Biasanya, sistem kardiovaskular dan sistem syaraf mampu menyesuaikan diri dengan semua perubahan ini, tetapi kadang-kadang mereka tidak mampu. Ketidakmampuan itu dapat membuat wanita hamil merasa pusing atau bahkan pingsan. Jika pingsan, itu bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah, dan harus segera menghubungi dokter. Seperti dilansir dari BabyCenter, ada lima penyebab umum pusing dan pingsan selama kehamilan.1. Berdiri Terlalu CepatKetika seseorang duduk, darah cenderung berkumpul di kaki dan kaki bagian bawah. Ketika seseorang tiba-tiba berdiri, maka darah y [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *