Apa Saja Kondisi Penyebab Kencing Darah?

Apa-Saja-Kondisi-Penyebab-Kencing-Darah-Alodokter.jpg

Sebaiknya jangan abaikan jika terdapat darah dalam kencing, kecuali pada wanita yang sedang haid. Kencing darah bisa merupakan pertanda ada masalah pada ginjal, saluran kencing, atau prostat Anda. Atau sebaliknya, bisa juga bukan kondisi serius. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan medis dan tes laboratorium.

Darah yang ada di dalam urine berasal dari ginjal atau saluran kemih. Jika mengandung darah, urine yang muncul berwarna kecokelatan, merah, atau merah muda terang. Namun, darah dalam urine tidak selalu dapat terlihat dengan kasat mata karena pada beberapa kasus akan diperlukan pemeriksaan di bawah mikroskop. Berikut adalah beberapa kondisi umum yang dapat menyebabkan kencing darah.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih sering kali disebabkan oleh bakteri E. Coli. Secara umum gejalanya berupa rasa sakit saat buang air kecil, sering buang air kecil, bau urine menyengat dan bisa mengandung darah. Pada wanita, biasanya terasa sakit pada bagian panggul. Sedangkan pada pria, pada bagian rektal atau dubur.

  • Jika infeksi terjadi di uretra, yaitu saluran kencing dari kandung kemih ke anus, Anda akan merasa perih ketika kencing.
  • Sedangkan jika infeksi terjadi di kandung kemih, Anda akan merasakan tidak nyaman pada perut bagian bawah, sering kencing, dan terasa sakit. Wanita berpotensi mengalami infeksi kandung kemih lebih tinggi dibandingkan pria. Ini karena uretra wanita yang lebih pendek daripada pria, sehingga memungkinkan bakteri masuk dari uretra ke kandung kemih.
  • Kondisi yang lebih serius dapat terjadi jika bakteri menginfeksi ginjal. Gejala tambahannya berupa demam tinggi, mual dan muntah, meriang, dan terasa sakit pada punggung bagian samping.

Ginjal

Selain infeksi saluran kemih, kencing darah juga dapat mengindikasikan adanya batu ginjal atau kanker ginjal.

  • Batu ginjal dapat menghambat saluran kemih, sehingga akibatnya akan mengganggu proses buang air kecil. Batu ini terbentuk dari limbah dalam darah yang mengkristal. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kurang minum air putih, mengonsumsi obat-obatan yang berisiko berdampak kepada kandungan urine, atau sedang menjalani kondisi medis tertentu.
  • Kanker ginjal terjadi ketika terdapat sel yang tumbuh secara tidak terkendali di dalam ginjal. Pemicunya belum dapat dipastikan, tetapi merokok dan obesitas menjadi faktor risiko kondisi ini. Umumnya kanker ginjal dialami oleh orang-orang yang berusia di atas 50 tahun, dalam hal ini laki-laki lebih berpotensi dibandingkan perempuan.

Jika Anda memiliki benjolan di area ginjal, rasa sakit yang konstan di bawah rusuk, serta mengalami kencing darah, maka patut dicurigai tentang kemungkinan kanker ginjal. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Prostat

Kelenjar prostat berada di antara penis dan kandung kemih. Pada saat prostat membengkak, kandung kemih dan uretra akan tertekan. Akibatnya, kandung kemih akan terasa penuh, tetapi sulit untuk mengeluarkan urine. Pembengkakan prostat pada umumnya terjadi pada laki-laki berusia di atas 50 tahun. Diyakini, penyebabnya adalah perubahan hormon seiring pertambahan usia.

Sementara itu, kanker prostat juga dapat menyebabkan kencing darah. Penyebab kanker prostat secara pasti belum diketahui. Namun, faktor penuaan dan genetika dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Gejala kanker prostat, antara lain:

  • Butuh waktu lama untuk mengeluarkan semua urine dalam kandung kemih.
  • Aliran kencing lemah.
  • Setelah selesai berkemih, muncul desakan ingin berkemih lagi, tapi dengan kuantitas urine yang lebih sedikit.
  • Berkemih dengan frekuensi lebih sering.

Beberapa tes perlu dilakukan untuk mendiagnosis apakah kencing darah yang dialami diakibatkan oleh kondisi serius tertentu. Tes tersebut, antara lain tes urine, pemeriksaan ultrasonografi, dan tes kadar protein yang diproduksi oleh kelenjar prostat, yaitu Prostate-Specific Antigen (PSA). Makin dini Anda memeriksakan diri, maka penyakit dapat segera ditangani untuk mencegah kondisinya memburuk.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Inilah Tes Pendeteksi Kanker Serviks

Inilah Tes Pendeteksi Kanker Serviks

Oleh: dr. Virgi Saputra Skrining Kanker ServiksPemeriksaan skrining bertujuan untuk menyaring, jadi bukan untuk diagnosa pasti. Jadi sifatnya harus mudah, terpercaya, dan efektif biaya (cost-effective). Ada 2 tes yang terbukti efektif untuk keperluan skrining kanker serviks: 1. Pap Smear.Pemeriksaan pap smear bertujuan untuk mendeteksi perubahan sel yang dapat berkembang menjadi kanker apabila tidak ditangani dengan semestinya. Tes ini dapat mengenali tahap pra-kanker. Pada tahap pra-kanker sel serviks sudah menunjukkan perubahan yang dapat dilihat di bawah mikroskop dengan pewarnaan Papanicolaou. Pemeriksaan ini dapat dilakukan di poliklinik atau praktek pribadi dokter. Saat melakukan pap smear, dokter akan memasukkan alat dari logam yang disebut spekulum untuk melebarkan liang vagina. Hal ini membantu dokter mengamati vagina dan serviks, lalu mengambil sejumlah sel dan lendir di serviks dan sekitarnya. Bahan ini akan ditaruh di atas kaca obyek (pap smear konvensional) atau di dalam cairan (Liquid Based Cytology/LBC) untuk diperiksa di laboratorium3. LBC adalah metode perbaikan dari pap smear konvensional dimana seluruh sel yang didapat dimasukkan ke dalam cairan sehingga tidak ad [...]

Global Diabetes Forum 2014: Indonesia No.7 Terbanyak Penderita Gula Darah

Global Diabetes Forum 2014: Indonesia No.7 Terbanyak Penderita Gula Darah

Sedikitnya 8,5 juta penduduk Indonesia adalah penderita diabetes. Angka tersebut disampaikan oleh Ketua PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia) Prof. dr. Sidhartawan Soegondo, PhD., FACE. pada kesempatan jumpa pers Global Diabetes Forum 2014 yang diselenggarakan oleh Kalbe pada Sabtu (18/1) di Kuta, Bali. Hal yang lebih mengkhawatirkannya lagi, 70% dari angka tersebut sebelumnya tidak menyadari kalau dirinya memiliki kadar gula darah yang tinggi. ?Mereka (penderita diabetes ?Red) kebanyakan datang ketika gejala sudah muncul, ya kesemutan, luka susah sembuh, sering pusing, gampang capek, tangan kaki bengkak-bengkak. Dan sedihnya lagi, mereka tidak sadar kalau itu adalah diabetes yang mengancam jiwa,? jelas Prof. Sidhartawan. Hal senada disampaikan oleh dr. Saukhat M. Sadikot, Elected President IDF (International Diabetic Federation) pada kesempatan yang sama, ?Pada dua tahun yang lalu, India merupakan negara dalam urutan nomor pertama terbanyak penderita diabetes di dunia. Namun kini ?prestasi? itu diraih oleh China dan menggeser India ke urutan kedua. Setiap 7 detik satu orang meninggal dunia karena diabetes. Itu baru yang terdeteksi dan terdata, dan saya yakin ada masih banyak kor [...]

Kesehatan Jiwa Dari Aktifitas Olahraga Bola

Kesehatan Jiwa Dari Aktifitas Olahraga Bola

Kebahagiaan, kehidupan dan Tanggung Jawab Setiap orang mempunyai aktifitas yang berbeda-beda, entah itu bermain, belajar dan bekerja. 3 aspek tersebut sangatlah luas dan bisa kita kembangkan menurut kesenangan kita pribadi. Olahraga bisa menjadi asupan serta nutrisi bagi beberapa aspek kehidupan. Bermain sepeda, voli, bulutangkis dan berenang bisa dibilang kita melalukan suatu aktifitas/kegiatan yang identik dengan nama olahraga. Tidak hanya bermain, belajar dan bekerja pun erat kaitannya dengan olahraga. Departemen Latihan dan Olahraga Ilmu Pengetahuan , University of Copenhagen melakukan penelitian tentang efek kesehatan dari latihan sepak bola yang dipimpin langsung oleh Profesor Peter Krustrup dan Jens Bangsbo. ?Soccer adalah olahraga tim yang sangat populer yang beriisi faktor-faktor motivasi dan sosial positif yang dapat memfasilitasi kepatuhan dan memberikan kontribusi pada pemeliharaan gaya hidup aktif secara fisik,? demikian tutur Pemimpin studi Peter Krustrup menyimpulkan. Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga dengan peminatnya hampir sebagaian besar penduduk yang ada di belahan dunia. Selama jalannya permainan, setiap pemain bertekad untuk mencapai puncak kemen [...]

Sering Kesemutan? Ini Penyebabnya

Sering Kesemutan? Ini Penyebabnya

Setelah duduk bersila dalam waktu lama, tiba-tiba Anda tidak bisa merasakan apa pun pada kaki Anda atau seperti mati rasa. Kondisi ini dinamakan kesemutan atau dalam istilah medisnya disebut parestesia. Penyebab terjadinya kesemutan beragam, ada yang bersifat sementara dan ada pula yang sifatnya berkepanjangan. Penyebab Kesemutan Sementara Kesemutan sementara terjadi ketika ada anggota tubuh yang mengalami tekanan dalam waktu lama. Hal ini membuat pasokan darah ke saraf di daerah itu menjadi terhambat. Anda bisa merasakan kesemutan pada kaki setelah duduk bersila atau memakai sepatu terlalu kecil. Kesemutan pada tangan juga dapat dirasakan, misalnya ketika tidur dengan posisi kepala menindih lengan. Karena bersifat sementara, kondisi ini bisa mereda dengan sendirinya jika Anda membebaskan area yang kesemutan dari tekanan, seperti meluruskan kaki setelah duduk bersila atau melepaskan tangan yang tertindih. Dengan begitu aliran darah akan kembali lancar. Selain tekanan, penyebab kesemutan sementara bisa disebabkan oleh dehidrasi dan hiperventilasi, yaitu kondisi pada saat Anda bernapas terlalu cepat. Penyebab lain adalah penyakit Raynaud. Penyakit ini memengaruhi pasokan darah ke a [...]

Tingkat Alkohol & Tembaga dalam Tubuh

Tingkat Alkohol & Tembaga dalam Tubuh

Mengkonsumsi minuman beralkohol, seperti anggur merah, banyak disebut-sebut bermanfaat bagi kesehatan, padahal yang bermanfaat itu adalah yang berkaitan dengan sifat senyawa nabati tertentu yang terkandung dalam minuman, bukan alkohol. Alkohol, seperti dilansir dari livestrong, minggu (19/02/2012) merupakan racun bagi tubuh, dan terlepas dari kemampuannya untuk mengencerkan darah, manfaat bersih bagi kesehatan adalah negatif. Sebagai racun, alkohol dimetabolisme oleh hati, yang dapat rusak oleh konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan. Setelah rusak, fungsi hati menjadi terganggu, yang meliputi terganggunya kemampuan untuk mengatur kadar tembaga dalam tubuh. Terlalu banyak tembaga dalam tubuh, bsia menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Peran Tembaga; Tembaga adalah elemen penting untuk semua mamalia. Tembaga memainkan peran penting dalam mengangkat radikal bebas, me-sintesis enzim, menghasilkan molekul energi ATP, metabolisme zat besi, fungsi neurotransmitter, respon daya tahan tubuh, membangun jaringan ikat dan regulasi ekspresi gen, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University. Hati mengatur metabolisme dan tingkat tembaga dalam tubuh. Gejala dikarenakan te [...]

Riset: Wanita Butuh Tidur Lebih Lama dari Pria

Riset: Wanita Butuh Tidur Lebih Lama dari Pria

Wanita butuh tidur 20 menit lebih banyak ketimbang pria. Otak wanita yang lebih kompleks dan gemar mengerjakan banyak hal secara bersamaan, membuatnya harus istirahat lebih banyak.Hal tersebut dikatakan oleh Profesor Jim Horn dari Sleep Research Centre, Loughborough University. Menurutnya semakin sering otak digunakan, semakin banyak sel-sel otak yang harus diistirahatkan."Wanita lebih banyak melakukan pekerjaan dalam satu waktu. Mereka juga menggunakan otaknya lebih sering daripada pria. Untuk itulah, waktu tidurnya pun harus lebih banyak," kata Professor Jim Horn, seperti dikutip dari New York Daily News.Sebenarnya, pria juga butuh waktu tidur lebih banyak ketika ia melakukan banyak pekerjaan yang membutuhkan pemikiran berat. Tetapi walau bagaimanapun, tetap saja tidak sebesar dan seberat yang dilakukan wanita."Wanita punya lebih banyak komitmen untuk mengerjakan sesuatu, contohnya seorang istri baru bisa tidur setelah semua pekerjaan rumahnya selesai," ujar Michael Breus, pengarang buku 'Beauty Sleep: Look Younger, Lose Weight, and Feel Great Through Better Sleep'.Dalam jurnal The American Academy of Sleep Medicine, peneliti dari North Carolina menyebutkan bahwa wanita lebih [...]

5 Info Persiapan Mudik Sehat

5 Info Persiapan Mudik Sehat

Oleh: dr. Jessica Florencia Sebelum berangkat menempuh arus mudik Lebaran, para pemudik harus berada dalam kondisi yang fit dan sehat. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau bahaya kesehatan lainnya. Untuk mempersiapkan kesehatan Anda sebelum bermudik, berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan: Lakukan pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan fisik lengkap. Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu (hipertensi, diabetes mellitus, asam urat, asma, dll). Mereka dengan penyakit tertentu perlu membawa obat-obatan yang harus mereka konsumsi. Lupa meminum obat dapat menyebabkan kekambuhan penyakit yang dapat mengganggu perjalanan. Bawa juga obat-obatan lain untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan yang mungkin terjadi di perjalanan, misal: obat sakit kepala, obat mual, obat kembung, peralatan P3K ataupun pereda nyeri. Berisitirahatlah yang cukup sebelum berangkat. Tidurlah minimal 7-8 jam agar tubuh Anda bugar sebelum berangkat mudik. Siapkan bekal makanan untuk di perjalanan. Bila Anda tidak membawa bekal makanan, jangan makan di sembarang tempat. Perhatikan kebersihan dan kesegaran makanan yang Anda maka [...]

Statin Dapat Mencegah Glaukoma

Statin Dapat Mencegah Glaukoma

Berdasarkan sebuah studi terbaru, konsumsi obat anti kolesterol yang disebut statin dapat menurunkan risiko berkembangnya glaukoma sebanyak 8%. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Ophthalmology bulan Oktober 2012 berdasarkan klaim yang dibuat oleh 300,000 pasien dengan kolesterol tinggi yang mengkonsumsi statin selama minimal 2 tahun. Peneliti Dr. Joshua Stein mengatakan bahwa statin dapat memperbaiki aliran darah ke struktur dan jaringan pada mata, termasuk saraf mata, dan mengurangi tekanan dalam mata. Stein merupakan asisten profesor dalam bidang oftalmologi di Kellogg Eye Center, University of Michigan. Namun, beliau mengingatkan bahwa hubungan tersebut baru terlihat pada pasien-pasien yang didiagnosis memiliki kadar kolesterol darah yang tinggi, dan tidak diketahui apakah statin memiliki efek mengurangi risiko glaukoma pada pasien dengan kadar kolesterol yang normal. ?Walaupun terlihat menjanjikan, kami ingin memastikan temuan ini sebelum kami dapat menyarankan dokter untuk mengubah tatalaksana pasien dengan glaukoma,? ujar Stein. ?Statin diketahui sebagai obat yang relatif aman, namun terdapat beberapa efek samping yang diasosiasikan dengan penggunaannya, dan kita perlu me [...]

5 Kelainan Kelamin Pada Anak yang Sering Terjadi

5 Kelainan Kelamin Pada Anak yang Sering Terjadi

Alat kelamin kadang menjadi salah satu organ tubuh yang sering luput dari perhatian, sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari anaknya mengalami kelainan bawaan pada alat kelaminnya. Kelainan bentuk atau deformitas pada bayi sering membuat orangtua khawatir karena takut akan menyebabkan gangguan fungsi seksual di kemudian hari. Padahal banyak dari kelainan tersebut dapat dikoreksi. Untuk itu, ada baiknya Anda menambah pengetahuan seputar kelainan kelamin pada anak yang umum ditemui. Beberapa kelainan alat kelamin yang sering ditemukan, diantaranya: 5 Kelainan Kelamin Anak yang Sering Terjadi Alat kelamin kadang menjadi salah satu organ tubuh yang sering luput dari perhatian, sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari anaknya mengalami kelainan bawaan pada alat kelaminnya. Kelainan bentuk atau deformitas pada bayi sering membuat orangtua khawatir karena takut akan menyebabkan gangguan fungsi seksual di kemudian hari. Padahal banyak dari kelainan tersebut dapat dikoreksi. Untuk itu, ada baiknya Anda menambah pengetahuan seputar kelainan kelamin pada anak yang umum ditemui. Beberapa kelainan alat kelamin yang sering ditemukan, diantaranya: [...]

Sebab Wajib Menjauhkan Buah Hati dari Asap Rokok

Sebab Wajib Menjauhkan Buah Hati dari Asap Rokok

Asap rokok yang terpapar kepada perokok pasif lebih berbahaya daripada yang diisap oleh perokok aktif. Apalagi anak-anak dan bayi, mereka adalah golongan yang paling rentan jika terpapar asap rokok. Paparan asap rokok membuat kelompok ini berisiko mengalami berbagai gangguan penyakit. Bahkan, bayi yang terpapar asap rokok berisiko tinggi mengalami sindrom kematian bayi mendadak. Jauhkan Asap Rokok Sekarang Juga Rokok memiliki efektivitas yang sangat baik dalam menyebarkan bahan kimia beracun. Jika diisap di dalam rumah, maka seluruh rumah Anda akan menjadi tempat yang nyaman bagi nikotin, karbon monoksida, dan aneka karsinogen berat. Karsinogen sendiri adalah segala sesuatu yang bisa menyebabkan kanker. Parahnya, semua zat tersebut tidak hanya ada di lokasi Anda merokok. Seluruh ruangan di dalam rumah, termasuk kamar anak-anak dan bayi, berisiko dihinggapi oleh berbagai zat yang berbahaya bagi tubuh. Hanya beberapa menit saja yang dibutuhkan untuk persebaran segala zat berbahaya tersebut. Selain jangkauan luas dan persebarannya yang cepat, asap rokok juga memiliki durasi bertahan yang cukup lama. Asap rokok bisa bertahan di udara hingga 2,5 jam, bahkan saat ventilasi rumah atau j [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *