Apa Saja yang Dapat Mengancam Kesehatan Penis?

Apa-Saja-yang-Dapat-Mengancam-Kesehatan-Penis-alodokter.jpg

Masalah pada penis sebagai alat vital pada pria, dapat mengganggu aktivitas seksual sekaligus berisiko mengganggu kesehatan tubuh. Untuk itu sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatan penis.

Rasa segan kerap kali dirasakan pria yang mengalami gangguan pada penis. Tidak perlu ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter ketika Anda mengalami hal tersebut.

Permasalahan pada Kondisi Penis

Beberapa permasalahan umum yang dapat mengganggu kesehatan penis, yaitu:

  • Gangguan ereksi

Misalnya tidak mampu ereksi atau ereksi terlalu singkat. Ada pula ereksi yang tidak disebabkan oleh stimulasi seksual yang menyebabkan rasa sakit, disebut dengan priapismus.

  • Gangguan ejakulasi

Beberapa gangguan yang sering dikeluhkan seperti halnya ejakulasi dini, ejakulasi yang terlambat, ejakulasi disertai rasa sakit, hingga ketidakmampuan untuk ejakulasi sama sekali.

  • Infeksi menular seksual

Penis dapat terinfeksi oleh penyakit menular seksual, seperti gonore, klamidia , sifilis, kutil kelamin, dan herpes genital.

  • Masalah dengan kulup

Salah satu kondisi yang kerap terjadi dikenal dengan fimosis, yaitu kulup pada penis tidak dapat ditarik dari kepala penis. Sebaliknya, ada pula kondisi parafimosis, yaitu kulup penis yang tidak dapat dikembalikan ke posisi semula setelah ditarik.

  • Peradangan

Ditandai dengan bengkak atau kemerahan, ruam, rasa sakit, cairan berbau atau gatal dari penis. Radang yang terjadi di bagian kepala penis yang disebut dengan balanitis, sedangkan jika terjadi di bagian kepala dan kulup disebut dengan balanoposthitis.

  • Benjolan

Timbulnya plak atau benjolan yang mengeras pada penis, dikenal dengan dengan penyakit Peyronie. Benjolan tersebut awalnya dimulai pada area terbatas yang kemudian berkembang dan meninggalkan bekas luka yang mengeras sehingga mengganggu elastisitas penis. Dapat menyerang bagian atas ataupun bawah penis. Penyakit ini sembuh dalam setengah hingga satu setengah tahun dengan sendirinya tanpa pengoabtan.

  • Kanker

Terjadi ketika sel abnormal pada penis berkembang secara tidak terkendali. Tumor jinak jenis tertentu pada penis dapat berkembang menjadi kanker ganas.

Apa Saja Gejala-gejala yang Harus Diwaspadai?

Ada beberapa gejala gangguan penis yang harus diwaspadai dan segera dikonsultasikan kepada dokter. Gejala tersebut di antaranya keluarnya cairan tidak normal dari penis, rasa perih saat buang air kecil, atau terjadi pendarahaan saat sedang buang air kecil atau ejakulasi.

Selain itu, waspadai jika pada penis timbul kutil, benjolan, luka atau ruam pada penis atau pada area sekitarnya. Selain itu Anda juga harus perhatikan jika terjadi perubahan saat ejakulasi.

Yang tidak kalah penting untuk segera mendapat perhatian adalah ketika timbul rasa sakit akibat trauma pada penis atau ketika muncul rasa sakit atau gangguan aktivitas seksual akibat melengkungnya penis di luar kewajaran.

Pemeriksaan rutin pada penis dapat meningkatkan kewaspadaan jika terjadi perubahan. Selain itu, diagnosis terhadap gangguan juga dapat dilakukan jika pemeriksaan penis dilakukan secara rutin, apalagi jika mengingat sebagian masalah pada penis tidak dapat dicegah.

Perawatan yang Tepat

Sebagaimana anggota tubuh lain, penting untuk menjaga kebersihan penis. Disarankan untuk membilas penis dengan air hangat tiap hari saat mandi. Bagi penis yang tidak disunat, tarik kulup penis untuk membersihkan bagian bawah.

Pilih sabun yang ringan atau tanpa pengharum, namun jangan gunakan terlalu banyak. Kemudian, hindari penggunaan bedak atau deodoran karena dapat menyebabkan iritasi.

Ketika membersihkan, jangan lupakan bagian bawah penis dan testis. Keringat yang menempel di dalam kondisi tertutup pakaian dalam sepanjang hari dapat menyebabkan bau. Bersihkan dengan cermat, sekaligus periksa apakah ada benjolan abnormal minimal satu kali tiap bulan.

Menjaga kondisi kesehatan penis juga terkait dengan perilaku seksual. Melakukan hubungan seksual secara teratur penting untuk menjaga fungsi ereksi pada pria. Gunakan kondom untuk mencegah infeksi menular seksual atau lakukan hubungan seksual secara monogami. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu mungkin dapat memengaruhi kondisi penis dan fungsinya. Jika mengalami efek samping, konsultasikan dengan dokter.

Yang tidak kalah penting, upaya lain untuk menjaga kondisi kesehatan penis adalah menghindari merokok, membatasi asupan minuman beralkohol, serta rajin beraktivitas fisik atau berolahraga secara teratur.

Periksa kondisi penis dengan cermat secara teratur. Jika terjadi perubahan fisik atau gangguan pada fungsi penis, segera konsultasikan kepada dokter.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Tips Mengatasi Kantung Mata

5 Tips Mengatasi Kantung Mata

Oleh: dr. Jessica Florencia Kantung mata merupakan masalah minor yang seringkali dapat mengganggu penampilan. Kantung mata disebabkan karena adanya penumpukan cairan pada daerah bawah mata yang memang merupakan daerah dengan jaringan kulit dan penunjang yang paling tipis dan paling longgar. Konsumsi makanan tinggi garam saat makan malam atau menangis pada malam hari dapat menyebabkan timbulnya kantung mata pada pagi hari karena cairan tubuh akan berpindah ke daerah yang lebih banyak mengandung garam. Posisi tidur berbaring rata atau miring sebelah, kurang tidur dan cuaca yang terlalu panas dan lembab juga dapat menyebabkan pembentukan kantung mata. Kantung mata juga paling sering terjadi bersamaan dengan terjadinya penuaan. Ketika terjadi penuaan, lapisan kulit dan jaringan di sekitar mata makin mengendur. Jaringan otot di sekitar mata juga melemah sehingga memungkinkan lemak-lemak penunjang mata mengendur dan menyebabkan kantung mata. Secara umum, terbentuknya kantung mata bukanlah suatu hal yang serius. Namun beberapa kondisi perlu diwaspadai pada pembentukan kantung mata yang cukup parah, menetap, disertai gatal dan kemerahan, serta terjadi pada bagian tubuh lain. Penumpukan cai [...]

Sering Nyeri Perut Bawah? Waspada Gejala Kanker Ovarium

Sering Nyeri Perut Bawah? Waspada Gejala Kanker Ovarium

Di Indonesia, kanker merupakan penyebab kematian nomor enam. Setiap tahun terdapat 100 kasus penderita kanker baru dari 100.000 penduduk di Indonesia. Salah satu kanker yang perlu diwaspadai adalah kanker ovarium. Kanker Ovarium atau kanker indung telur seringkali terlupakan oleh kita. Padahal, kanker ovarium menduduki peringkat ketiga kanker tersering pada wanita setelah kanker payudara dan kanker serviks (leher rahim). Beberapa tokoh yang mengidap penyakit ini dan akhirnya tutup usia karena perjalanan penyakit ini adalah Ibu Ainun, istri Bapak Habibie dan Ibu dari artis Holywood Angelina Jolie. Bahkan, keputusan Angelina Jolie untuk melakukan operasi pengangkatan kedua payudaranya didasari karena kekuatirannya terhadap sejarah medis Ibunya yang mengidap kanker ovarium. Kanker ovarium ini sering terlupakan karena memang seringkali tidak memberikan gejala di awal-awal dan sampai saat ini belum ada metode deteksi dini yang mudah dilakukan seperti SADARI (periksa payudara sendiri) atau mamografi pada deteksi dini kanker payudara atau papsmear atau tes IVA (Inspeksi Asam Asetat) pada deteksi dini kanker serviks. Diperkirakan, sekitar 70% kasus kanker ovarium baru terdeteksi pada stadi [...]

Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Makanan yang Sebaiknya Dimakan Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Makanan membutuhkan waktu untuk dicerna di dalam tubuh. Pastikan bahwa makanan yang Anda makan sudah tercerna secara tepat sebelum memulai aktivitas olahraga apapun. Untuk mengubah makanan Anda menjadi energi dibutuhkan waktu, untuk itu sebaiknya Anda makan maksimal 3-4 jam sebelum berolahraga. Hal ini merupakan estimasi saja, namun kembali lagi bergantung dari kecepatan metabolisme dan pencernaan Anda. Jika Anda tidak dapat menunggu selama itu, hindari makan dalam porsi besar sebelum melakukan olahraga yang berat karena dapat berujung pada mual dan muntah. Apa yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Berolahraga? Berikut penjelasannya: Apa yang Sebaiknya Dimakan Sebelum Berolahraga? Sebelum memulai olahraga dengan intensitas sedang hingga berat, pilihlah makanan yang rendah lemak namun tinggi karbohidrat untuk mendapatkan energi yang cukup. Makanan yang tinggi lemak akan mempengaruhi performa Anda ketika berolahraga. Jadi, hindari makanan yang digoreng. Nasi, kentang atau pasta dapat menjadi pilihan Anda sebelum berolahraga. Anda juga dapat menambahkan yoghurt ataupun jus buah segar. Apa yang Sebaiknya Dimakan Setelah Berolahraga? Berikut penjelasannya: [...]

Riset: Puasa Internet Sulitnya Seperti Stop Merokok

Riset: Puasa Internet Sulitnya Seperti Stop Merokok

Berhenti menggunakan internet walau hanya sementara ternyata tak semudah yang dibayangkan. Peneliti di Inggris bahkan menyamakan kesulitannya seperti berhenti merokok.Sebuah badan penelitian konsumen di Inggris mencoba melakukan penelitian tentang kecanduan teknologi dan internet. Mereka meminta sekitar 1000 orang dewasa Inggris untuk berhenti menggunakan benda berbau teknologi dan internet satu hari saja. Penggunaan teknologi termasuk televisi, radio, sampai ponsel.Seperti dikutip livescience, hasilnya lebih dari separuh responden merasa kesal. Tak hanya kesal, 40% responden merasa kesepian ketika tak bisa mengunjungi situs social network, mengakses email, sms, atau menonton televisi. Kesulitan yang dihadapi disamakan seperti sulitnya ketika berusaha berhenti merokok.Salah satu peserta menggambarkan keadaannya sebagai mimpi yang paling menakutkan. Sedangkan peserta lain menyamakan keadaan puasa internet ini seperti memotong salah satu tangannya.Tak sedikit peserta survey yang berusaha curang dalam penelitian ini. Ketika diminta untuk tidak menggunakan ponsel atau internet, mereka beralih ke televisi dan radio dengan alasan kedua benda tersebut tidak tergolong sebagai benda tekn [...]

Depresi Dapat  Berisiko Demensia

Depresi Dapat Berisiko Demensia

Peneliti baru menunjukkan, depresi berisiko mengundang demensia di masa depan. Terdapat dua penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology Amerika menyatakan, demensia dan depresi ditemukan kesamaan angka penderita demensia dari penderita depresi tahun-tahun sebelumnya. Walau demikian belum terungkap penyebabnya secara langsung dua korelasi tersebut, dan masih diperlukan lebih banyak studi lagi untuk mengetahui mengapa dua kondisi yang terkait terjadi. Mereka percaya bahwa faktor bahan kimia dalam makanan dan gaya hidup tidak sehat seperti diet, sangat memegang peran penting terhadap terjadinya depresi. Menurut Dr. Jane Saczynski dari Universitas Massachusetts, meskipun terlihat jelas depresi menyebabkan demensia, ada sejumlah kemungkinan depresi mempengaruhi risiko demensia lebih tinggi lagi. ?Radang jaringan otak yang terjadi ketika seseorang ditekan mungkin berpengaruh terhadap demensia. Protein tertentu yang ditemukan di otak yang meningkatkan depresi juga dapat meningkatkan risiko demensia berkembang,? ujarnya sebagaimana terkutip pada laman BBC Health. Studi yang diikuti 949 orang tua selama 17 tahun, menunjukkan demensia lebih sering mengikuti perkembangan depresi. Pada [...]

Teh Hijau, Minuman Kaya Antioksidan yang Bantu Cegah Kepikunan

Teh Hijau, Minuman Kaya Antioksidan yang Bantu Cegah Kepikunan

Manfaat teh hijau untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit sudah tidak diragukan lagi. Kini bertambah satu lagi khasiat minuman yang kaya antioksidan ini. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa teh hijau juga baik untuk daya ingat.Para peneliti di University of Basel, Jerman mengklaim, teh hijau bisa meningkatkan beberapa fungsi kognitif pada manusia termasuk salah satunya memori di otak. Bahkan penemuan ini juga menyebutkan kalau teh hijau mungkin saja bisa digunakan sebagai bagian dari perawatan demensia dan gangguan kejiwaan. Ekstrak teh hijau ini bisa meningkatkan efektivitas daya ingat pada manusia. Para peneliti melihat ada peningkatan memori yang cukup signifikan setelah responden mengonsumsi teh hijau. Penemuan ini menjelaskan bahwa teh hijau bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati kehilangan ingatan yang disebabkan oleh gangguan kejiwaan atau trauma.Dalam penelitian, partisipan diberikan minuman dengan ekstrak teh hijau sebelum mereka diminta mengerjakan tugas yang mengetes kemampuan daya ingat. Aktivitas otak mereka kemudian dimonitor menggunakan mesin scan MRI, sehingga peneliti bisa melihat peningkatan konektivitas antara bagian-bagian otak.Hasil penelit [...]

Tempat Kerja Ibu Saat Hamil Berisiko Buat Bayi Terkena Asma

Tempat Kerja Ibu Saat Hamil Berisiko Buat Bayi Terkena Asma

Beraktivitas saat hamil memang lebih menyenangkan ketimbang hanya berdiam diri di rumah. Tetapi sebuah penelitian mengatakan bahwa tempat bekerja ibu saat hamil berisiko membuat bayi tekena asma.Masalah pernapasan biasanya didapat ketika seseorang seringkali terpapar atau menghirup bahan kimia atau zat-zat alamiah tertentu. Kini, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa tempat bekerja bisa menimbulkan risiko terkena asma pada bayi yang belum lahir.Para peneliti dari School of Public Health di Denmark telah mempelajari hasil percobaan yang melibatkan hampir 43 ribu orang dalam kurun waktu tujuh tahun. Dalam penelitian tersebut mereka menemukan adanya hubungan antara ibu yang bekerja di bidang otomotif, furnitur, sepatu, cat dan lem dengan risiko asma pada anak-anak mereka.Seperti yang dikutip dari DailyMail, penelitian itu mengemukakan bahwa 15,8 persen dari semua anak menderita asma. Sedangkan 18,6 persen bayi yang ibunya lebih sedikit menghirup bahan kimia cenderung jarang terkena risiko asma.Pemimpin penelitian Dr Berit Hvass Christensen mengatakan,"Ini merupakan penelitian dengan skala besar pertama yang menunjukkan adanya hubungan antara eksposur ibu selama bekerja dengan a [...]

Penelitian Pada Tikus: Puasa Dapat Melemahkan Kanker

Penelitian Pada Tikus: Puasa Dapat Melemahkan Kanker

Para Ilmuwan melaporkan, penelitian awal pada tikus yang memiliki penyakit kanker menunjukkan bahwa berpuasa dapat melemahkan tumor dan membantu kerja kemoterapi menjadi lebih baik. Meskipun masih belum diketahui apakah pendekatan yang sama bisa bekerja pada manusia, atau jika bisa, apakah akan aman. Peneliti mengatakan temuan ini menunjukkan rute baru yang menjanjikan bagi sebuah penelitian untuk meningkatkan respon terhadap pengobatan kanker. Dalam percobaan pada tikus, "kombinasi dari siklus puasa ditambah kemoterapi lebih efektif, baik lebih atau jauh daripada kemoterapi saja," kata penulis senior<, Dr Valter Longo, seorang profesor dari gerontology and biological sciences di University of Southern California (USC). Longo dan rekan sebelumnya menerbitkan temuan pada tahun 2008 yang menunjukkan bagaimana puasa melindungi sel-sel normal terhadap kemoterapi dalam sebuah studi yang terfokus pada satu jenis kanker dan obat kemoterapi tunggal. Penelitian terbaru memperluas penelitian yang menunjukkan bahwa puasa dapat membuat sel kanker menjadi lemah, dan mempengaruhi beberapa jenis kanker pada tikus. Jenis kanker yang dipelajari meliputi kanker payudara, melanoma, glioma dan neur [...]

Mendengarkan Musik Terbukti Bisa Kurangi Rasa Sakit

Mendengarkan Musik Terbukti Bisa Kurangi Rasa Sakit

Mendengarkan musik tidak hanya bisa memperbaiki mood yang sedih jadi lebih menyenangkan. Tapi juga mengurangi rasa sakit. Sebuah penelitian di University of Alberta menemukan bukti yang menunjukkan bahwa musik bisa mengurangi sensitivitas manusia terhadap rasa sakit.Penelitian dipimpin oleh Dr Lisa Hartling dari Fakultas Obat dan Kedokteran Gigi. Ia bersama timnya melakukan riset terhadap 42 anak dengan usia antara tiga dan 11 tahun.Semua anak merupakan pasien dari unit gawat darurat di Rumah Sakit Anak Stollery, Alberta, Kanada. Masing-masing dari mereka memerlukan terapi IV atau cairan infus. Beberapa anak disuntikkan infus sambil mendengarkan musik, sementara yang lainnya tidak. Kemudian peneliti memeriksa tingkat stres, rasa sakit dan detak jantung pada setiap anak. Mereka juga mengukur tingkat kepuasan orangtua dan penyedia produk kesehatan yang menyuplai cairan infus.Peneliti menemukan perbedaan yang cukup signifikan terhadap tingkat rasa sakit yang dialami pasien. "Kami menemukan perbedaan dalam laporan. Anak-anak yang berada dalam kelompok yang mendengarkan musik segera berkurang rasa sakitnya setelah dilakukan prosedur pemberian infus," ujar Dr Hartling, seperti dikutip [...]

Stroke Infarct: Ketika Pipa di Otak Macet

Stroke Infarct: Ketika Pipa di Otak Macet

Oleh: dr. Dianika Putri Puspitasari KLIKDOTER.com - Stroke merupakan penyakit yang menjadi momok bagi semua orang. Berdasarkan data dari The Global Burden of Disease (GBD), stroke menempati peringkat kedua penyebab kematian tertinggi setelah penyakit jantung iskemik. Stroke merupakan penyebab utama kecacatan pada dewasa. Lebih dari separuh penderita stroke yang bertahan hidup memerlukan bantuan orang lain untuk mampu melakukan aktivitas harian. Stroke mengakibatkan disabilitas yang jauh lebih besar dibanding penyakit kronis lain. Stroke dapat digolongkan menjadi 2 yaitu: stroke perdarahan stroke infarct Apa itu Stroke Infarct? Adalah kondisi dimana terdapat kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Bagaimana Bisa Terjadi? Glukosa dan oksigen dialirkan melalui aliran darah yang melewati pembuluh darah otak. Jika pembuluh darah diibaratkan sebagai pipa, adanya hambatan pada pipa bisa mengganggu jalannya aliran darah. Hambatan pada pipa pembuluh darah di otak bisa terjadi akibat adanya kerak yang kita sebut sebagai atherosklerosis, penyempitan pipa (stenosis), tidak terbentuknya pipa secara sempurna (aplasia & [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *