Apa Saja yang Dapat Mengancam Kesehatan Penis?

Apa-Saja-yang-Dapat-Mengancam-Kesehatan-Penis-alodokter.jpg

Masalah pada penis sebagai alat vital pada pria, dapat mengganggu aktivitas seksual sekaligus berisiko mengganggu kesehatan tubuh. Untuk itu sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatan penis.

Rasa segan kerap kali dirasakan pria yang mengalami gangguan pada penis. Tidak perlu ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter ketika Anda mengalami hal tersebut.

Permasalahan pada Kondisi Penis

Beberapa permasalahan umum yang dapat mengganggu kesehatan penis, yaitu:

  • Gangguan ereksi

Misalnya tidak mampu ereksi atau ereksi terlalu singkat. Ada pula ereksi yang tidak disebabkan oleh stimulasi seksual yang menyebabkan rasa sakit, disebut dengan priapismus.

  • Gangguan ejakulasi

Beberapa gangguan yang sering dikeluhkan seperti halnya ejakulasi dini, ejakulasi yang terlambat, ejakulasi disertai rasa sakit, hingga ketidakmampuan untuk ejakulasi sama sekali.

  • Infeksi menular seksual

Penis dapat terinfeksi oleh penyakit menular seksual, seperti gonore, klamidia , sifilis, kutil kelamin, dan herpes genital.

  • Masalah dengan kulup

Salah satu kondisi yang kerap terjadi dikenal dengan fimosis, yaitu kulup pada penis tidak dapat ditarik dari kepala penis. Sebaliknya, ada pula kondisi parafimosis, yaitu kulup penis yang tidak dapat dikembalikan ke posisi semula setelah ditarik.

  • Peradangan

Ditandai dengan bengkak atau kemerahan, ruam, rasa sakit, cairan berbau atau gatal dari penis. Radang yang terjadi di bagian kepala penis yang disebut dengan balanitis, sedangkan jika terjadi di bagian kepala dan kulup disebut dengan balanoposthitis.

  • Benjolan

Timbulnya plak atau benjolan yang mengeras pada penis, dikenal dengan dengan penyakit Peyronie. Benjolan tersebut awalnya dimulai pada area terbatas yang kemudian berkembang dan meninggalkan bekas luka yang mengeras sehingga mengganggu elastisitas penis. Dapat menyerang bagian atas ataupun bawah penis. Penyakit ini sembuh dalam setengah hingga satu setengah tahun dengan sendirinya tanpa pengoabtan.

  • Kanker

Terjadi ketika sel abnormal pada penis berkembang secara tidak terkendali. Tumor jinak jenis tertentu pada penis dapat berkembang menjadi kanker ganas.

Apa Saja Gejala-gejala yang Harus Diwaspadai?

Ada beberapa gejala gangguan penis yang harus diwaspadai dan segera dikonsultasikan kepada dokter. Gejala tersebut di antaranya keluarnya cairan tidak normal dari penis, rasa perih saat buang air kecil, atau terjadi pendarahaan saat sedang buang air kecil atau ejakulasi.

Selain itu, waspadai jika pada penis timbul kutil, benjolan, luka atau ruam pada penis atau pada area sekitarnya. Selain itu Anda juga harus perhatikan jika terjadi perubahan saat ejakulasi.

Yang tidak kalah penting untuk segera mendapat perhatian adalah ketika timbul rasa sakit akibat trauma pada penis atau ketika muncul rasa sakit atau gangguan aktivitas seksual akibat melengkungnya penis di luar kewajaran.

Pemeriksaan rutin pada penis dapat meningkatkan kewaspadaan jika terjadi perubahan. Selain itu, diagnosis terhadap gangguan juga dapat dilakukan jika pemeriksaan penis dilakukan secara rutin, apalagi jika mengingat sebagian masalah pada penis tidak dapat dicegah.

Perawatan yang Tepat

Sebagaimana anggota tubuh lain, penting untuk menjaga kebersihan penis. Disarankan untuk membilas penis dengan air hangat tiap hari saat mandi. Bagi penis yang tidak disunat, tarik kulup penis untuk membersihkan bagian bawah.

Pilih sabun yang ringan atau tanpa pengharum, namun jangan gunakan terlalu banyak. Kemudian, hindari penggunaan bedak atau deodoran karena dapat menyebabkan iritasi.

Ketika membersihkan, jangan lupakan bagian bawah penis dan testis. Keringat yang menempel di dalam kondisi tertutup pakaian dalam sepanjang hari dapat menyebabkan bau. Bersihkan dengan cermat, sekaligus periksa apakah ada benjolan abnormal minimal satu kali tiap bulan.

Menjaga kondisi kesehatan penis juga terkait dengan perilaku seksual. Melakukan hubungan seksual secara teratur penting untuk menjaga fungsi ereksi pada pria. Gunakan kondom untuk mencegah infeksi menular seksual atau lakukan hubungan seksual secara monogami. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu mungkin dapat memengaruhi kondisi penis dan fungsinya. Jika mengalami efek samping, konsultasikan dengan dokter.

Yang tidak kalah penting, upaya lain untuk menjaga kondisi kesehatan penis adalah menghindari merokok, membatasi asupan minuman beralkohol, serta rajin beraktivitas fisik atau berolahraga secara teratur.

Periksa kondisi penis dengan cermat secara teratur. Jika terjadi perubahan fisik atau gangguan pada fungsi penis, segera konsultasikan kepada dokter.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Dora Idap Von Willebrand

Dora Idap Von Willebrand

Kondisi Dora Indriyati Trimurni (25), pasien pengidap penyakit keringat darah yang keluar dari pori-pori di kepalanya asal Padang, Sumatera Barat, yang sedang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Magunkusumo (RSCM) sejak Rabu (8/6/2011) dalam keadaan baik. Tim dokter RSCM baru memeriksa fungsi trombosit dengan melakukan empat macam tes, diantaranya, pemeriksaan ADP (agregasi trombosit), epinefrin, kolagen, dan ristocetin. Hasilnya pun diketahui bahwa terdapat kelainan pada salah satu fungsi trombosit tersebut, yakni pada ristocetin. Hasil diagnosa sementara tim dokter RSCM menunjukkan, Dora mengalami penyakit kelainan darah Von Willebrand. (VWD) atau adanya kelainan perdarahan yang sudah dialaminya sejak dua tahun terakhir. Penyakit Von Willebrand adalah salah satu jenis kelainan perdarahan yang banyak diderita orang. Faktanya, ia bukan penyakit tunggal, tetapi penyakit keluarga. [...]

Sederet Faktor Pencetus Sakit Kepala Bagian Belakang

Sederet Faktor Pencetus Sakit Kepala Bagian Belakang

Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala. Keluhan yang dirasakan bisa sangat beragam karena kondisi tiap orang yang berbeda. Sakit kepala bagian belakang termasuk salah satu yang kerap dikeluhkan. Apa yang menjadi penyebabnya? Sakit kepala atau cephalgia adalah rasa nyeri yang bisa dirasakan pada atas mata dan telinga, bagian atas kepala, bagian belakang kepala hingga leher bagian atas. Mengenali Penyebab Untuk mengetahui apakah sakit kepala bagian belakang ini memerlukan dokter segera atau tidak, maka Anda perlu mengenali gejalanya lebih lanjut. Beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang antara lain: Sakit kepala tegang Kurang tidur, stres, tegang, dan rasa lapar bisa memicu sakit kepala tegang. Sakit kepala yang toleransinya berkisar antara nyeri ringan hingga sedang ini banyak dikeluhkan orang dewasa. Saat kambuh, seseorang akan merasa tegang dan ada tekanan di bagian dahi atau bagian belakang kepala dan leher selama sekitar 30 menit hingga beberapa hari. Sakit kepala tegang dapat terjadi secara periodik atau kurang dari 15 hari per bulan, ataupun kronis yang menyerang lebih dari 15 hari per bulan. Umumnya sakit kepala tegang tidak sampai menghambat seseorang dalam [...]

Apa Itu Antibiotik?

Apa Itu Antibiotik?

Sejak ditemukan pada tahun 1927 oleh Alexander Fleming dan digunakan pertama kali pada tahun 1940-an, antibiotik telah membawa perubahan besar pada pelayanan kesehatan dan penyembuhkan infeksi bakterial. Tak heran jika antibiotik menjadi golongan obat yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk Indonesia. Kata ?antibiotik? mengacu pada bahan alam yang dihasilkan oleh jamur dan mikroorganisme lain yang dapat membunuh bakteri. Kini, antibiotik dapat berupa bahan sintetis (tidak dihasilkan oleh mikroorganisme) yang juga membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri. Meski antibiotik memiliki banyak manfaat, pemakaiannya yang tidak rasional sering kali terjadi di mana-mana. Ditandai dengan penggunaan obat yang terlalu banyak atau tidak sesuai dosis, lama konsumsi tidak tepat, peresepan obat yang tidak sesuai diagnosis, serta pengobatan sendiri dengan obat yang seharusnya menggunakan resep dokter. Contohnya, penggunaan antibiotik di masyarakat masih tinggi untuk beberapa gejala umum seperti batuk, pilek, demam, yang bukan disebabkan oleh infeksi bakteri. Padahal, gejala tersebut mungkin diakibatkan oleh infeksi virus yang sebenarnya cukup diatasi dengan istirahat, asupan nutrisi yang [...]

5 Risiko Miliki Tubuh Terlalu Kurus Seperti Angelina Jolie

5 Risiko Miliki Tubuh Terlalu Kurus Seperti Angelina Jolie

Aktris Angelina Jolie memiliki tubuh yang sangat kurus. Menurut salah satu bintang film 'Unbroken' yang disutradarainya, Jolie kerap mengurangi makan demi merasa senasib sepenanggungan dengan para aktor layar lebarnya yang berperan sebagai tawanan perang. Tubuh kurus istri Brad Pitt ini bukan pertamakalinya menjadi sorotan. Sebelumnya pada 2012, seorang ahli gizi menyebutkan Jolie kurang gizi karena tubuhnya yang terlalu kurus.Seorang ahli kesehatan, Dr Drew Pinsky yang menjadi salah satu narasumber dalam acara talkshow The View yang tayang di ABC mengingatkan kaum wanita bahwa tidak harus menganggap aktris seperti Jolie sebagai wujud dari kecantikan yang ideal. Apalagi jika cantiknya tersebut diukur dari bentuk tubuh yang kurus.Dr Drew menyimpulkan bahwa aktris cantik kelahiran 4 Juli 1975 tersebut mengalami kekurangan gizi. "Dia kekurangan gizi. Aku hanya melihat kondisi kekurangan gizi," ujarnya. Dalam acara TV tersebut, Dr Drew juga menyebut makin kurusnya Angelina Jolie 'membahayakan'. Memiliki tubuh kurus seperti Jolie memang membahayakan. Sudah banyak riset yang menyebutkan risiko kesehatan ketika memiliki tubuh kurus ini. Penelitian yang dilakukan Dr. Joel Ray asal Kanad [...]

Mengenal Penyakit Jantung Bawaan pada Anak

Mengenal Penyakit Jantung Bawaan pada Anak

Penyakit jantung bawaan dapat terjadi pada satu dari seratus kelahiran. Penyakit ini terjadi karena kelainan struktur jantung yang muncul sejak bayi masih dalam kandungan. Penyakit jantung bawaan dapat mengganggu kemampuan jantung untuk memompa darah dan penyaluran oksigen ke seluruh tubuh. Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun demikian, ada sejumlah faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung bawaan. Berikut beberapa faktor risiko terjadinya penyakit jantung bawaan pada anak. Ketika hamil, ibu mengonsumsi minuman beralkohol atau obat-obatan tertentu. Pada trisemester pertama, ibu hamil terkena infeksi virus seperti rubella. Kromosom atau gen pada anak mengalami kelainan, misalnya Sindrom Down. Risiko bisa menjadi dua kali lipat bila ada riwayat penyakit ini di dalam keluarga. Penyakit jantung bawaan bisa dikenali ketika dokter mendengarkan suara tidak normal dari jantung yang disebut dengan bising jantung. Jika gejala ini terjadi, orangtua harus lebih sigap mengamati tanda-tanda lain pada si Buah Hati. Berikut ini gejala-gejala lain yang perlu diwaspadai. Sulit bernapas atau bernapas dengan cepat. Bibir, lidah, dan kuku berwarna kebiruan [...]

Inilah Tanda Jantung Anda Tidak Sehat

Inilah Tanda Jantung Anda Tidak Sehat

Jantung dan pembuluh darah (sistem kardiovaskular) merupakan sistem yang kompleks. Jika diumpamakan, jantung berperan seperti reservoir dan pompa utama air, dan pembuluh darah berperan seperti pipa-pipa air yang menyalurkan air bersih ke berbagai area yang membutuhkan. Apabila terdapat masalah dengan jantung, maka suplai darah ke berbagai organ tubuh juga ikut terganggu, sehingga dapat menimbulkan gejala baik pada jantung maupun pada bagian tubuh yang menerima aliran darahnya. Indikator kesehatan jantung dapat diketahui dari ada tidaknya gejala terkait, pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan. Selain nyeri dada yang khas, beberapa gejala berikut juga dapat menunjukkan adanya masalah pada jantung: 1. Kelelahan Rasa lelah terus-menerus dapat menandakan gangguan pada jantung. Keluhan ini lebih sering dirasakan oleh wanita. Rasa lelah yang dimaksud terasa amat berat, berbeda dengan rasa lelah sehabis melakukan aktivitas sehari-hari. Keluhan ini dapat berlangsung beberapa hari sebelum terjadi serangan jantung. 2. Keringat yang berlebihan Gangguan jantung juga perlu dicurigai apabila saat beristirahat, sedang duduk santai, cuaca tidak sedang panas, atau tidak melakukan aktivitas [...]

Mencegah Kandung Kemih Bocor Pada Penderita Diabetes

Mencegah Kandung Kemih Bocor Pada Penderita Diabetes

Wanita yang memiliki penyakit diabetes, yang memiliki kelebihan berat badan, mungkin dapat mengurangi risiko kebocoran urin jika mereka berhasil mengurangi beberapa pon dari berat badannya, sebuah studi baru menunjukkan. Berat yang berlebih, terutama di perut, dianggap sebagai faktor risiko inkontinensia urin. Dan beberapa studi telah menemukan bahwa ketika wanita yang memiliki kelebihan berat badan dapat mengurangi beratnya, walaupun hanya sedikit, mereka dapat mengurangi risiko inkontinensia. Diabetes tipe 2, penyakit yang biasanya dikarenakan oleh obesitas, juga merupakan faktor risiko kebocoran urin, terlepas dari berat badan. Jadi penurunan berat badan bisa sangat membantu bagi wanita dengan diabetes berat. Dalam studi baru, para peneliti menemukan bahwa wanita diabetes dengan kelebihan berat badan yang kemudian melakukan diet dan olahraga, dapat mengurangi berat badannya rata-rata 17 pound selama setahun. Dan dengan adanya penurunan berat badan, risiko untuk terkena inkontinensia menjadi lebih rendah. "Wanita dengan kegemukan dan obesitas dengan diabetes tipe 2 harus mulai mempertimbangkan penurunan berat badan sebagai cara untuk mengurangi resiko terserang inkontinensia," ka [...]

9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!

9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!

Mata adalah jendela dunia. Dengan mata, berbagai aktivitas kita dapat dilakukan dengan lebih mudah. Untuk itu, menjaga kesehatan mata harusnya menjadi priorits utama kita. Apalagi jika kita sering bekerja dengan layar digital dalam waktu cukup lama. Praktikkanlah beberapa tips di bawah ini untuk senantiasa menjaga kesehatan mata Anda! 1. Sering bekerja dengan komputer? Sering melihat layar digital dalam waktu lama? Sering bekerja di depan layar digital dapat membuat mata Anda cepat lelah dan kering. Untuk itu Anda dapat mempraktikkan aturan 20-20-20 yang telah disepakati oleh para ahli sebagai cara untuk menjaga mata tidak terlalu ?tersiksa?. Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat ke kejauhan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. (Baca: 7 Cara Medis Menjaga Mata Tetap Fresh) Gunakan layar penggelap dan aturlah kecerahan layar digital Anda sehingga tidak terlalu memberatkan mata Anda. 2. Gunakan kacamata surya! Radiasi sinar matahari dapat menyebabkan katarak pada mata berkembang lebih cepat. Untuk itu, jika Anda berada di luar ruangan, gunakanlah kacamata surya yang melindungi Anda dari UV-A dan UV-B. Topi atau paying juga dapat membantu melindungi mata Anda [...]

Menu Program Diet Untuk Mempercepat Metabolisme

Menu Program Diet Untuk Mempercepat Metabolisme

Dalam program diet ini, makanan dipecah menjadi empat jenis 'kalori aktif' - makanan kenyal, makanan lezat, makanan energi, dan makanan pemanasan. Berikut adalah cara masing-masing mendorong tubuh Anda untuk membakar lebih banyak kalori. Makanan Kenyal (Daging tanpa lemak, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran utuh). Kalori ini membuat tubuh Anda bekerja langsung pada saat memakannya. Makanan tinggi protein sebenarnya sekutu terbaik Anda dalam Diet Kalori Aktif karena makanan ini membuat mulut lebih banyak bekerja untuk mengunyah dan lebih lama untuk meninggalkan perut sehingga Anda mengambil lebih banyak waktu untuk makan dan memiliki meninggalkan rasa kenyang lebih lama. Makanan Sehat (Buah, sayuran, beras merah, gandum dan sereal). Selain kenyal, Kalori Aktif ini kaya akan serat, sehingga mengambil lebih banyak ruang di perut Anda (dibandingkan dengan makanan lain dengan jumlah kalori yang sama), dan meninggalkan sedikit ruang untuk porsi kedua. Makanan yang mengambil lebih banyak waktu untuk mengunyah, secara harfiah membuat mulut bekerja lebih keras (menambahkan pembakaran kalori sebesar 10 persen. Makanan Energi (Kopi, teh hitam dan hijau, dark chocolate). Anda bi [...]

6 Makanan Wajib Dihindari Ketika Hendak Tidur

6 Makanan Wajib Dihindari Ketika Hendak Tidur

Jika Anda hendak mendapatkan tidur dan istirahat yang berkualitas, ada baiknya Anda harus menghindari beberapa makanan berikut ini. Pasalnya, jika Anda tetap mengkonsumsi keenam makanan ini, maka dikhawatirkan Anda justru membuat tubuh menjadi terancam penyakit dan bahkan bisa fatal akibatnya. Karena sulit dipungkiri, status kesehatan tubuh tidak dapat dilepaskan dari apa yang kita makan dan minum. Sekalipun ketika Anda hendak tidur, apa yang Anda makan dan minum sebelumnya dapat menentukan status kualitas tidur dan bahkan kondisi tubuh di kemudian waktu. Apa sajakah makanan yang dimaksud? Berikut pemaparannya: 1. Hindari Kafein 6 Jam Sebelum Tidur Mengkonsumsi kopi sebelum tidur yang memiliki efek stimulasi tubuh. Sehingga berakibat dapat menganggu kualitas tidur Anda. Adalah salah anggapan jika Anda memilih minum kopi untuk menghilangkan rasa lelah di sore atau mendekati malam hari setelah bekerja seharian. Kenyataannya justru terbalik. Kopi yang Anda minum akan meninggalkan reaksi kafein di dalam tubuh untuk dapat lebih terjaga hingga larut malam. Tak pelak lagi, alhasil adalah kita justru hanya mendapatkan rasa lelah lebih buruk dari sebelumnya. Berapak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *