Apa yang Terjadi di Otak Saat Orang Bermimpi?

s1.reutersmedia.net_.jpg

Isi dalam mimpi terkadang membuat orang bingung. Mengapa saya mimpi ini? Apabila Anda mengalaminya, Anda tak sendirian karena para ilmuwan juga bertanya hal yang sama.

Michael J. Breus , Ph.D. melalui Psychology Today, Senin (28/4/2014), menjelaskan, di era digital ini kita tak memiliki semua jawaban tentang mimpi. Pengetahuan tentang prinsip dasar mimpi terbatas. Bahkan, sampai saat ini kita tak mengetahu mekanisme mimpi, fungai mimpi dan tujuannya. Sampai 2014 ini saja, mimpi menjadi misteri besar.

Apa yang terjadi di otak saat mimpi? Inilah yang ingin diungkapkan dalam penelitian terbaru. Para ilmuwan dari ATR Computational Neuroscience Laboratory di Kyoto, Jepang, terus mempelajari mimpi. Tim menggunakan scan otak untuk melihat visual yang terlihat dalam mimpi dan mengumpulkan wawasan baru tentang aktivitas otak ketika dalam keadaan bermimpi.

Untuk memprediksi konten visual dari mimpi , teknik menggunakan pengukuran aktivitas otak. Dengan meneliti aktivitas otak selama tidur, para ilmuwan berharap bisa melihat isi mimpi.

Peneliti melibatkan tiga pria dewasa yang tidur ketika peneliti memantau aktivitas otaknya dnegan menggunakan MRI dan EEG. Untuk menghubungkan aktivitas otak dengan citra tertentu selama bermimpi, peneliti membangunkan orang-orang itu di tengah tidurnya dan meminta mereka menggambarkan apa yang mereka lihat dalam mimpinya.

Setelah responden memberikan deskripsinya, mereka tidur lagi. Orang-orang yang terbangun melaporkan isi mimpi mereka beberapa kali dalam sejam.

Untuk masing-masing relawan, peneliti mengumpulkan lebih dari 200 laporan mimpi selama beberapa hari.

Lantas apa yang ditemukan para ahli itu? Dalam istilah awamnya, hasilnya menyatakan bahwa cara kita melihat mimpi kita adalah sama seperti ketika kita melihat visualisasi saat terbangun. Dalam istilah sederhana, kita `menonton` mimpi kita dengan cara yang sama kita memandang segala sesuatu dalam kehidupan sehari-hari. Sesekali ada yang aneh atau fantastis.

Ketika ilmuwan mengamati otak, pola aktivitasnya sama selama responden bermimpi. Mereka bisa memprediksi isi mimpi dengan akurasi yang luar biasa yakni 75-80 persen.

Selain itu, untuk pertama kalinya penelitian menggunakan bermimpi untuk menemukan jaringan otak yang aktif saat sadar.

Peneliti menggunakan fenomena yang disebut bermimpi jernih untuk menentukan jalur saraf yang menjadi aktif pada saat-saat persepsi diri. Orang yang mimpinya jernih mempertahankan kesadaran diri bahkan di tengah mimpi. Mereka menyadari fakta bahwa mereka bermimpi. Mereka juga bisa memanipulasi mimpi bahkan mengingatnya.

Dalam mimpi normal, kesadaran diri dihentikan. Dengan membandingkan aktivitas otak pemimpi yang jernih terhadap aktivitas otak pada pemimpi normal, peneliti mengidentifikasikan jalur saraf yang aktif.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Smart Doll, Boneka Jepang Terbaru yang Bakal Digandrungi

Smart Doll, Boneka Jepang Terbaru yang Bakal Digandrungi

Boneka cantik bekarakter manga dari Jepang diperkirakan bakal meledak dan disukai banyak orang. Diluncurkan pada Juni 2014, Smart Doll, sebutan boneka yang bisa digerakkan tangan dan kakinya sesuai keinginan kita ini dibuat dengan tinggi 60 cm didandani oleh desainer boneka ternama Danny Choo dan diproduksi oleh Culture Japan. Smart Doll pertama dibuat setelah maskot turisme Jepang Mirai Suenaga dibuat dalam dua model, manual dan otomatis. Versi manual tentu saja tidak bisa digerakkan melainkan bisa dibuat dengan gaya sesuai imajinasi kita. Sementara yang versi elektrik tidak hanya bisa bergerak sendiri melainkan juga akan memberi notifikasi saat Anda menerima pesan baru di Twitter, Facebook, email, dan kalender. "Visi saya adalah mengubah pasar fashion boneka global dengan sebuah genre boneka yang belum pernah ada di planet bumi ini. Saya yakin banyak orang bakal menyukainya,"ujar Danny yakin. Lalu siapa Danny Choo? Pria ini aslinya dari Inggris, Danny lalu tinggal di Tokyo dan mengembangkan sebuah brand baru yang dikenal dengan Culture Japan yang fokus pada upaya agar budaya-budaya Jepang bisa diproduksi, dikembangkan dan diakses lewat berbagai media, konten dan produk. S [...]

Di Solo, Diabetesi yang Bisa Hidup Sehat Dapat Bintang 4

Di Solo, Diabetesi yang Bisa Hidup Sehat Dapat Bintang 4

Memotivasi penyandang diabetes bukan hal yang mudah. Seringkali penyakit seumur hidup ini membuat penderitanya merasa rendah diri karena konsekuensi batasan gaya hidup yang harus dijalaninya.Tapi itu tidak terjadi di Solo, Jawa Tengah tepatnya di klinik perorangan milik dr Wikan Basworo di Jalan Gleges 23 Priyobadan Laweyan. Disana, semua diabetesi yang selalu hidup sehat bisa memiliki bintang empat layaknya seorang jenderal."Untuk menjalankan program pengelolaan penyakit kronis (prolanis), saya membentuk Paguyuban Diabetes Melitus Surakarta (Padimas) yaitu sebuah kelompok penyandang DM yang dibangun dengan suasana kondusif, kompak dan menyenangkan yang bisa menimbulkan suasana segar dan lebih sehat, sehingga akan meningkatkan kepercayaan diri para penyandang bahwa mereka mampu mengelola penyakitnya," kata Wikan pada wartawan, Jumat (10/10/2014).Saat ini, kata Wikan, anggota penyandang diabetes di kliniknya mencapai 238 orang dan 142 orang menderita hipertensi. Dalam kelompok komunitas Padimas ini, ada banyak kegiatan menyenangkan yang rutin dijalankan seperti senam sehat ceria selama setengah jam setiap Minggu pagi, senam tanduk alit, edukasi mandiri berupa ceramah, diskusi dan te [...]

Bila Anda Mau Makan, Coba Ingat 5 Hal Ini

Bila Anda Mau Makan, Coba Ingat 5 Hal Ini

Makanan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia. Makanan, terdiri dari sejumlah nutrisi yang bila dikonsumsi dalam jumlah cukup dapat memenuhi kebutuhan tubuh yang berguna bagi pertumbuhan, perbaikan, reproduksi, dan ekskresi bagi manusia. Namun, seberapa besar dari kita benar-benar melihat makanan sebagai kebutuhan terpenting dalam kehidupan? Berikut sejumlah fakta terkait hal tersebut, seperti dikutip Health Me Up, Senin (3/11/2014) 1. Sebaiknya tidak berlebihanMakanan akan bermanfaat di dalam tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah cukup. Sayang, kebanyakan dari kita justru kerap berlebihan dalam mengonsumsi sejumlah makanan yang diperlukan tubuh. Bila sudah seperti ini, bukan manfaat yang didapat melainkan kenaikan berat badan yang terjadi. 2. Jangan gunakan untuk memuaskan emosiOrang kerap mengonsumsi sejumlah makanan untuk memuaskan emosi, bukan di saat benar-benar lapar. 3. Makanan sembarangan, karena sudah olahraga Tidak sedikit yang beranggapan bahwa makanan apa saja tidak jadi masalah, asal setelah itu berolahraga dengan benar. Padahal, untuk membuat tubuh senantiasa sehat, olahraga saja tidak cukup, bila masih saja mengonsumsi makanan yang tidak sehat. 4. [...]

Kegemukan Bisa Rusak Fungsi Otak Secara Perlahan

Kegemukan Bisa Rusak Fungsi Otak Secara Perlahan

Tak hanya mengganggu penampilan, berat badan tidak normal pun berdampak pada kualitas otak Anda. Hal ini disampaikan oleh riset terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism. Hal ini diketahui setelah ilmuwan dari University of Sao Paulo di Brasil memelajari 17 wanita obesitas sebelum dan sesudah operasi bariatrik, sebuah teknik bedah bagian lambung dan saluran pencernaan untuk mengurangi jumlah makanan yang bisa dikonsumsi dan diserap tubuh untuk mereka dengan Body Mass Index di atas 30. Ternyata, fungsi kognitif mereka lebih baik sesudah melakukan operasi seperti dilansir NY Daily News, Kamis (28/8/2014). Sebelum operasi, otak lebih cepat memerintahkan metabolisme gula dibandingkan mereka dengan berat badan normal. Hal ini bisa memberikan petunjuk adanya kerusakan pada otak sehingga berdampak pada fungsi otak. Selain itu, beberapa penelitian pun memang menunjukkan dampak negatif dari kegemukan. Salah satunya, penyakit Alzheimer. Seseorang yang obesitas berisiko lebih besar 35 persen menderita penyakit gangguan otak ini. [...]

Obat Herbal Penghilang Sakit Kepala

Obat Herbal Penghilang Sakit Kepala

Sakit kepala, termasuk migrain, adalah penyakit umum yang mengintai semua orang. Sakit kepala sendiri sangat beragam penyebabnya, mulai dari peredaran darah yang kurang lancar hingga pola makan yang tidak sehat. Berikut beberapa obat herbal yang dapat dicoba untuk menghilangkan sakit kepala seperti dirangkum dari Everyday Health, Jumat (7/11/2014). Minyak Lavender Tidak hanya wangi, lavender juga bisa menjadi obat herbal penghilang sakit kepala. Gunakan minyak lavender dengan cara dihirup atau dioleskan pada kepala. Dosisnya, jika ingin dihirup, sediakan 2-3 cangkir air mendidih. Sedangkan untuk dioleskan, Anda hanya perlu menyiapkan 2 sampai 4 tetes saja. Peppermint Salah satu penyebab sakit kepala dan migrain adalah aliran darah yang buruk. Nah, dengan menghirup minyak peppermint, aliran darah Anda akan lebih lancar. Peppermint juga dapat membuat oksigen lebih banyak masuk ke aliran darah. Kemangi Kemangi yang memiliki bau khas dapat membuat otot rileks. Jika sakit kepala Anda disebabkan karena ketegangan pada otot, maka menghirup kemangi adalah salah satu solusi yang bisa dicoba. Biji Rami Sakit kepala juga disebabkan karena peradangan. Hal ini dapat dikurangi dengan car [...]

BKKBN Berikan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja

BKKBN Berikan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja

Pendidikan kesehatan reproduksi pada generasi perlu dilakukan agar mencapai target RPJMN 2014 dan target MDGs 2015, serta mempersiapkan program aksi FP 2020. Ini merupakan salah satu target prioritas program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKB&PK). Menurut Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D.,Sp.GK, ini berguna untuk mendewasakan usia kawin pertama dan menurunkan angka kelahiran remaja usia 15 sampai 19 tahun melalui program Generasi Berencana."Program ini diharapkan dapat menjangkau seluruh institusi pendidikan forman dan non formal, serta perguruan tinggi dengan program utama 'pendidik dan konselor sebaya' yang ramah remaja melalui Pusat Informasi dan Konsultasi Remaja/Mahasiswa," kata Fasli menjelaskan dalam acara High Level Seminar on the ICPD Beyond 2014 Review di Grand Melia, Jakarta, Selasa (1/4/2014)Lebih lanjut Fasli mengatakan, sesuai data UNDP 2012, Human Development Index (HDI) Indonesia masih jauh dari harapan. Meskipun skors indeks mengalami kenaikan, tapi ranking mengalami penurunan yang relatif tajam.Di lain pihak, kata Fasli, struktur piramida penduduk Indonesia mengindikasi adanya [...]

Sederet Nama Anak yang Diprediksi Berperilaku Baik dan Tidak

Sederet Nama Anak yang Diprediksi Berperilaku Baik dan Tidak

Nama anak adalah doa dari orangtua untuk kebaikan dia di masa akan datang. Hasil dari satu survei yang melihat perilaku dan prestasi sejumlah nama anak dari 63.000 anak sekolah, didapat sederet nama anak yang memang memiliki perilaku dan prestasi baik, dan ada juga yang tidak.Butuh waktu selama 70 tahun bagi seorang peneliti untuk mempelajari nama seorang bayi dan dampak yang akan diterima ketika dia besar. Dengan studi awal ditemukan bahwa seorang pria yang memiliki nama pertama tidak biasa, cenderung putus sekolah.Ekonom asal London, Inggris, bernama Gregory Clark menemukan korelasi antara nama seorang anak dengan latar belakang sosial, dengan keterampilan orangtua dia memiliki dampak pada perkembangan di masa depan.Gregory, menjelaskan, anak perempuan bernama Eleanor kemungkinan untuk diterima di Oxford University 100 kali lebih mungkin ketimbang anak perempuan bernama Jade. Nama anak seperti Peter, Anna, Elizabeth, Bradley, Kayleigh, Shannon, dan Shane pun memiliki peluang yang sama seperti Eleanor. Dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (25/11/2014), Gregory membeberkan nama-nama anak yang memiliki arti baik dan tidak. Namun, sekali lagi, ini adalah prediksi. Bagaimana juga, o [...]

18 Rumah Sakit Siloam Telah Beroperasi di 9 Kota

18 Rumah Sakit Siloam Telah Beroperasi di 9 Kota

Rumah Sakit Siloam terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para pasiennya. Baru-baru ini Siloam memberitahukan bahwa sebanyak 18 unit Rumah Sakit Siloam telah beroperasi di 9 kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan begitu, total kapasitas tempat tidur di rumah sakit tergolong elit tersebut berjumlah lebih dari 3.700 buah."Siloam juga didukung lebih dari 1.500 dokter, termasuk 1.209 dokter spesialis. Tak hanya itu, Siloam juga memiliki lebih dari 2.700 perawat serta lebih dari 2.300 staf pendukung lainnya yang memberikan layanan kepada 2 juta pasien untuk mendapat kenyamanan serta perawatan di rumah sakit kami tahun lalu," kata Presiden Direktur Group, Romeo Liedo seperti dikutip dari rilis yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa (8/7/2014)Dalam keterangan resmi tersebut, pihak Siloam mengabarkan bahwa Rumah Sakit Siloam dianugerai Penghargaan Eropa, yaitu besat Practice 2014 oleh European Society for Quality Research (ESQR) di Brussels."Pengakuan ini merupakan bukti pencapaian tim medis kami dalam meningkatkan reputasi pelayanan kesehatan yang mengutamakan keselamatan pasien," kata Romeo Liedo.Selain itu, Siloam telah dianugerahi penghargaan `Indonesia?s Most [...]

Dokter Tertular Ebola, RS Harus Terapkan 11 Hal Ini

Dokter Tertular Ebola, RS Harus Terapkan 11 Hal Ini

Ada seorang pasien, sebut saja Mr.PS terbang dari Liberia ke Lagos Nigeria. Ketika mendarat, diketahui dia adalah pasien Ebola. Setelah dirawat di rumah sakit setempat lalu meninggal beberapa hari kemudian.Yang kini amat menyedihkan adalah, seorang dokter di Nigeria yang menangani pasien Mr PS, ternyata hari Senin 4 Agustus 2014 kemarin dilaporkan tertular Ebola. Padahal dengan meluasnya kasus Ebola di Afrika sejak beberapa bulan lalu, petugas kesehatan sudah pasti waspada dalam bertugas. Namun tetap saja dokternya tertular.Ini menunjukkan bahwa kewaspadaan dalam perawatan di rumah sakit pun harus menjadi perhatian utama, yang meliputi 11 poin : 1. Penempatan pasien : harus dalam kamar sendiri terpisah 2. Alat pelindung diri seperti sarung tangan, masker, pelindung mata, jubah. 3. Peralatan perawatan pasien, baik yang disposable maupun dapat di desinfeksi 4. Perhatian perawatan pasien: pembatasan jarum dan benda tajam, pembatasan flebotomi 5. Alat yang mengeluarkan aerosol : dibatasi sedapat mungkin 6. Higiene tangan : harus dilakukan dengan intensif 7. Penanggulangan infeksi lingkungan : ?dilakukan desinfeksi dan pembersihan lingkungan 8. Penyuntikan dengan aman : ikuti st [...]

Di Bagian Rumah Ini, Kuman dan Bakteri Paling Senang Hidup

Di Bagian Rumah Ini, Kuman dan Bakteri Paling Senang Hidup

Setiap sudut ruangan rumah, bakteri dan kuman dapat dengan mudah tumbuh dan berkembang biak bila kita tidak menjaga higienitas. Di antara banya ruangan itu, dapur adalah tempat paling rentan, yang mudah ditumbuhi kuman dan bakteri. "Dibandingkan tempat lainnya, dapur menjadi tempat terbaik untuk kuman tumbuh dan berkembang. Mengapa? Karena semua peralatan ada di sana," kata Praktisi Kesehatan, Dr. Sonia Wibisono dalam acara 'Aksi Anti Kuman' di Prive Plaza FX, Sudirman, Jakarta, Jumat (24/1/2013). Menurut Sonia, kuman dan bakteri yang ada di dapur, juga berasal dari produk makanan yang kita beli di pasar. Banyaknya kuman dan bakteri yang dibawa dari pasar, menambah jumlah pertumbuhan secara keseluruhan. "Apalagi di dapur juga ada peralatan masak, makan, dan minum yang kotor numpuk jadi satu. Terlebih bila lap yang ada di sana tidak diganti secara rutin," kata Sonia menjelaskan. Lap yang ada di dapur, tambah Sonia, jarang sekali dibersihkan secara rutin oleh penghuni rumah itu sendiri. Kebanyakan orang akan mencuci lap ketika sudah berwarna hitam gelap. Padahal, jangan tunggu sampai hitam lap yang ada di dapur, cucilah secara rutin dan gantilah sesering mungkin. "Kalau bisa sekali p [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *