Apa yang Terjadi di Otak Saat Orang Bermimpi?

s1.reutersmedia.net_.jpg

Isi dalam mimpi terkadang membuat orang bingung. Mengapa saya mimpi ini? Apabila Anda mengalaminya, Anda tak sendirian karena para ilmuwan juga bertanya hal yang sama.

Michael J. Breus , Ph.D. melalui Psychology Today, Senin (28/4/2014), menjelaskan, di era digital ini kita tak memiliki semua jawaban tentang mimpi. Pengetahuan tentang prinsip dasar mimpi terbatas. Bahkan, sampai saat ini kita tak mengetahu mekanisme mimpi, fungai mimpi dan tujuannya. Sampai 2014 ini saja, mimpi menjadi misteri besar.

Apa yang terjadi di otak saat mimpi? Inilah yang ingin diungkapkan dalam penelitian terbaru. Para ilmuwan dari ATR Computational Neuroscience Laboratory di Kyoto, Jepang, terus mempelajari mimpi. Tim menggunakan scan otak untuk melihat visual yang terlihat dalam mimpi dan mengumpulkan wawasan baru tentang aktivitas otak ketika dalam keadaan bermimpi.

Untuk memprediksi konten visual dari mimpi , teknik menggunakan pengukuran aktivitas otak. Dengan meneliti aktivitas otak selama tidur, para ilmuwan berharap bisa melihat isi mimpi.

Peneliti melibatkan tiga pria dewasa yang tidur ketika peneliti memantau aktivitas otaknya dnegan menggunakan MRI dan EEG. Untuk menghubungkan aktivitas otak dengan citra tertentu selama bermimpi, peneliti membangunkan orang-orang itu di tengah tidurnya dan meminta mereka menggambarkan apa yang mereka lihat dalam mimpinya.

Setelah responden memberikan deskripsinya, mereka tidur lagi. Orang-orang yang terbangun melaporkan isi mimpi mereka beberapa kali dalam sejam.

Untuk masing-masing relawan, peneliti mengumpulkan lebih dari 200 laporan mimpi selama beberapa hari.

Lantas apa yang ditemukan para ahli itu? Dalam istilah awamnya, hasilnya menyatakan bahwa cara kita melihat mimpi kita adalah sama seperti ketika kita melihat visualisasi saat terbangun. Dalam istilah sederhana, kita `menonton` mimpi kita dengan cara yang sama kita memandang segala sesuatu dalam kehidupan sehari-hari. Sesekali ada yang aneh atau fantastis.

Ketika ilmuwan mengamati otak, pola aktivitasnya sama selama responden bermimpi. Mereka bisa memprediksi isi mimpi dengan akurasi yang luar biasa yakni 75-80 persen.

Selain itu, untuk pertama kalinya penelitian menggunakan bermimpi untuk menemukan jaringan otak yang aktif saat sadar.

Peneliti menggunakan fenomena yang disebut bermimpi jernih untuk menentukan jalur saraf yang menjadi aktif pada saat-saat persepsi diri. Orang yang mimpinya jernih mempertahankan kesadaran diri bahkan di tengah mimpi. Mereka menyadari fakta bahwa mereka bermimpi. Mereka juga bisa memanipulasi mimpi bahkan mengingatnya.

Dalam mimpi normal, kesadaran diri dihentikan. Dengan membandingkan aktivitas otak pemimpi yang jernih terhadap aktivitas otak pada pemimpi normal, peneliti mengidentifikasikan jalur saraf yang aktif.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wanita Ini Punya Lengan Terbesar di Dunia

Wanita Ini Punya Lengan Terbesar di Dunia

Seorang wanita asal Thailand diperkirakan memiliki lengan terbesar di dunia dengan berat masing-masing tiga kilogram. Kondisi langka ini telah dialaminya lebih dari 50 tahun dan jalan satu-satunya sembuh hanyalah amputasi.Dailymail, Jumat (5/9/2014) melaporkan, wanita bernama Duangjay Samaksamam tersebut berasa Provinsi Surin, Thailand. Ia telah menderita penyakit langka yang disebut macrodystrophia lipomastos atau penumpukan lemak di kedua lengan yang menyakitkan dan membuat lengannya secara permanen membesar."Dokter mengatakan satu-satunya solusi hanyalah memotong tangan saya jika saya ingin hidup normal. Tapi saya tidak ingin melakukan itu," katanya.Malu dengan kondisinya dari kecil, dia menghabiskan 20 tahun di rumah dan tidak sekolah. Sampai dia terpaksa keluar dari rumahnya pada usia 20 tahun untuk mencari nafkah karena orangtuanya yang sakit. Ia memutuskan untuk menjalankan toko kelontong keluarga. "Saya seperti ini sejak lahir jadi saya takut untuk pergi ke sekolah. Sayapun tidak pernah belajar membaca, "katanya.Ingin sembuh, Samaksamam juga pernah melakukan serangkaian operasi. Namun, bukannya membaik, operasi membuat kondisinya lebih buruk."Selama operasi, dokter tidak [...]

Sebelum Menikah, Periksa Laboratorium Dulu

Sebelum Menikah, Periksa Laboratorium Dulu

Pemeriksaan laboratorium sangat dianjurkan bagi pasangan yang akan menikah. Di antaranya pemeriksaan darah perifer lengkap (DPL) yang meliputi pemeriksaan hemoglobin, hematokrit, lekosit, trombosit, pemeriksaan morfologi eritrosit, laju endap darah (LED), dan hitung jenis. Menurut Pakar Kesehatan dari Universitas Indonesia, Dr. Ari Fahrial Syam, pemeriksaan laboratorium jenis ini baik dilakukan oleh calon penganting perempuan, dan calon pengantin laki-laki. Mengapa begitu penting? Sebab data DPL dapat mengetahui bahwa hemoglobin (Hb) yang rendah perlu dievaluasi."Walaupun jarang, penyakit ini dapat diturunkan kepada anak-anaknya," kata Ari seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Health-Liputan6.com, Jumat (17/10/2014). Selain itu, lanjut Ari, Hb yang rendah pada calon ibu memiliki dampak bagi kesehatan ibu maupun janin yang ada di kandungannya kelak. Bahkan, melihat sejumlah faktor, beberapa laboratorium menambah paket skrining untuk pemeriksaan penyakit Thalasemia. "Pemeriksaan golongan darah dan pemeriksaan rhesus juga penting untuk memprediksi kemungkinan golongan darah serta rhesus anak dari hasil perkawinan tersebut," kata Ari menerangkan. Selain itu, pemeriksaan [...]

Hari Tanpa Tembakau, Menkes Harap Cukai Rokok Naik‏

Hari Tanpa Tembakau, Menkes Harap Cukai Rokok Naik‏

Sesuai dengan tema global Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang jatuh tepat Sabtu g31/5/2014), Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengaku telah mengajukan surat permohonan kepada Kementerian Keuangan untuk menaikkan cukai rokok. Disampaikan langsung oleh Menkes di sela-sela acara Indonesian Conference on Tobacco or Health (ICTOH), Jumat (30/5). Menkes mengatakan, menaikkan cukai rokok diharapkan bisa menjadi langkah efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu. "Saya sudah tulis surat ke Kementerian Keuangan untuk menaikkan cukai rokok supaya keluarga tidak mampu insyaallah akan mikir 2-3 kali sebelum beli rokok. Karena perokok itu bodoh. Mau aja dibodohin, dia beli racun bayar pajak lagi," ujar Menkes. Dengan meningkatkan cukai rokok, Menkes juga berharap tingkat konsumsi rokok dan jumlah perokok terutama perokok pemula menurun. Karena ia memantau dampak buruk akibat tembakau dan merokok pada masyarakat di Indonesua jelas mengalami kenaikan. "Hasil kajian Badan Litbangkes 2013 menunjukkan telah terjadi kematian akibat penyakit terkait tembakau dari 190.260 pada 2010 menjadi 240.618 pada 2013. Selain itu kenaikan penderita penyakit akibat konsumsi tembakau dari 384.058 [...]

Warga Tunarungu Alami Tumor Ganas di Payudaranya

Warga Tunarungu Alami Tumor Ganas di Payudaranya

PeduliSehat.info, Banten Malang betul nasib Aminah (42), warga Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tansgel) ini. Warga yang juga merupakan tuna wicara dan tuna rungu tersebut memiliki tumor ganas di tubuhnya. Sehari-hari Aminah hidup sendiri di rumahnya.Payudara sebelah kiri Aminah semakin membesar tiga minggu terakhir. Hanya Asih (32), adik kandung Aminah, yang dapat memahami kepedihan Aminah dengan bahasa tubuh semampunya. "Teteh tinggal sendiri di rumahnya. Paling saya hanya menengok pagi siang dan malam. Selebihnya dia tiduran di kamar," kata Asih ditulis Jumat (28/3/2014).Anak semata wayang Aminah telah meninggal dunia. Begitu juga dengan suaminya, yang meninggalkannya begitu saja. Alhasil, Aminah tinggal sebatang kara di dalam rumah yang hanya seluas 3x4 meter itu.Sering kali Asih memergoki Aminah tengah menangis kesakitan saat berkunjung kerumahnya. Bahkan pada malam hari, Aminah tak bisa tidur karena menahan sakit di dadanya."Katanya dadanya sesak. Payudaranya sudah mengeras dan membesar seperti bola volli,? kata Asih. Saking besarnya, payudara sebelah kiri Aminah harus ditompang dengan seutas kain yang diikatkan ke pundaknya.Pembesaran tumor di pay [...]

Lale Maliq n D’essential: Tak Perlu Muluk-muluk Ungkapkan Cinta

Lale Maliq n D’essential: Tak Perlu Muluk-muluk Ungkapkan Cinta

Pasangan muda yang sedang kasmaran terkadang rela melakukan apa pun demi mengutarakan perasaannya. Bisa jadi kocek mahal pun dikeluarkan dengan menyewa restoran untuk makan malam khusus berdua. Atau tiap hari mengirimkan bunga mawar.Namun bagi pasangan Arya Aditya Ramdhya atau yang kerap di sapa Lale dan pasangannya Fikha Effendi hal luar biasa ini tidak berlaku. Keduanya mengaku tak perlu melakukan hal berlebihan sebagai ungkapan kasih sayang, terutama saat pacaran."Romantis itu dibuat simple saja gak perlu yang muluk-muluk buat mengungkapkan cinta, cukup dengan perhatian. Setiap bangun tidur saling menyapa lewat pesan singkat lemparkan pertanyaan sederhana seperti udah makan belum dan lainnya," kata Lale, Gitaris Maliq n D'essential ini, Senin (10/3/2014).Pria yang paling dielu-elukan setiap Maliq n D'essential tampil ini mengaku, bukan tipe romantis. Lale menyadari menjaga hubungan itu hanya butuh komunikasi yang benar. "Komunikasi harus terus berjalan, setidaknya tahu kegiatannya sehingga bisa saling memperhatikan. Aebenarnya saya bukan yang romantis. Menurut pacar juga kayanya biasa aja. Paling kalau dia lembur hingga malam dan masih ada kerjaan, saya bawain makan malam," kata [...]

Kala Kapal Pesiar Berubah Jadi Rumah Sakit

Kala Kapal Pesiar Berubah Jadi Rumah Sakit

Biasa digunakan untuk berwisata, kini kapal pesiar ini sedang dirombak untuk beralih fungsi. Tak lagi menjadi moda transportasi wisata namun menjadi sebuah rumah sakit apung (RSA) yang akan mengarungi nusantara menggapai daerah terpencil jauh dari fasilitas kesehatan. Inilah RSA kedua yang dikelola oleh organisasi nirlaba doctorSHARE. Kapal gagah berbahan besi ini merupakan donasi dari sekelompok pengusaha yang peduli terhadap kesehatan masyarakat yang jauh dari tenaga kesehatan. Mereka menyerahkan kapal ini untuk dikelola doctorSHARE untuk menambah luasnya jangkauan penyuluhan dan pengobatan kepada masyarakat. "Kami menyebutnya Si Ganteng karena fisik kapal ini kokoh dan terbuat dari besi. Tentunya lebih kuat untuk berlayar dibandingkan RSA pertama yang terbuat dari kayu," terang general secretary doctorSHARE dr. Luyanti, MARS saat temu media di sela acara perayaan ultah 5 tahun docterSHARE di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta pada Jumat (22/11/2014). Kapal ini jauh lebih besar sehingga bisa membawa peralatan medis yang jauh lebih lengkap dibandingkan yang pertama tutur pendiri doctorSHARE dr. Lie A. Dharmawan, Ph.D. FICS, Sp.B, Sp.BTKV. Kapal pertama RSA doctorSHARE jenis pinisi [...]

5 Tips Agar Terhindar dari Sakit Punggung

5 Tips Agar Terhindar dari Sakit Punggung

Sakit punggung adalah keluhan paling umum yang dialami individu dari segala usia. Postur tubuh yang buruk, posisi tidur yang salah, stres, gelisah, dan gaya hidup memainkan peran penting terjadinya kondisi ini.Pasien dengan sakit di bagian punggung, sering mengeluh bahwa mereka tidak pernah bisa mengetahui posisi tidur yang tepat. Maka itu, Konsultan Senior Ortopedi dan Joint Replacement Surgeon, Indraprastha Apollo Hospital, Dr Rajeev K Sharma, memberikan saran dan tips yang dapat Anda lakukan.Berikut saran dan tips tersebut, seperti dikutip Health Me Up, Senin (14/7/2014)1. Gunakan tempat tidur yang nyaman2. Menjaga tulang bagian belakang Anda tetap lurus selama beristirahat.3. Jangan gunakan bantal terlalu tebal, karena cenderung untuk menempatkan leher Anda pada posisi yang terlalu tinggi dari tubuh. Itu berarti, tulang belakang tidak lurus. Akibatnya, memberikan tekanan pada saraf di sekitar leher.4. Selama berbaring, usahakan tulang belakang, bahu, kepala, lengan, dan kaki harus berada selaras.5. Hindari menonton televisi dan membaca buku dalam keadaan berbaring. Ini menyebabkan terjadinya pengambilan jarak dari belakang, dan dapat mengakibatkan rasa sakit. [...]

Ingin Tampil Beda, Jasmine Operasi Payudaranya Menjadi Tiga

Ingin Tampil Beda, Jasmine Operasi Payudaranya Menjadi Tiga

Demi tampil beda dalam sebuah acara reality show, wanita cantik bernama Jasmine Tridevil relam menambah jumlah payudara menjadi tiga. Agar bisa mewujudkan keinginan gilanya itu, wanita yang sehari-hari berprofesi sebagai juru pijat plus-plus, rela menggelontorkan uang sebesar USD 20 ribu (Rp 240 juta) hanya untuk operasi plastik penambah payudara."Sangat sulit bagi saya untuk menemukan dokter yang mau melakukan operasi ini. Sekiranya, ada 50 sampai 60 dokter yang telah saya datangi," kata Jasmine seperti dikutip situs Bild.de, Sabtu (20/9/2014)Selain agar terlihat beda, lanjut Jasmine, penambahan payudara menjadi tiga ini dilakukan untuk menarik perhatian pesulap asal Amerika Serikat, Chris Angle.Aksi gila Jasmine ini sudah tersebar luas di jejaring sosial, seperti Twitter dan Facebook. Kebanyakan dari mereka mempertanyakan keaslian dari payudara Jasmine yang kini menjadi tiga.Bahkan saat ini, terhitung sudah 1.500 penggemar menjadi pengikutnya di Twitter. Dan dalam waktu dekat, Jasmine akan tampil dengan program televisinya. Namun, ada satu orang yang tidak senang dengan aksi Jasmine ini, yaitu ayah kandungnya sendiri. Menurut Jasmine, ayahnya malu melihat anaknya menjadi bahan p [...]

Kenapa Belum Banyak yang Tahu Soal BPJS ?

Kenapa Belum Banyak yang Tahu Soal BPJS ?

Jauh sebelum JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) diresmikan, semestinya BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan sudah harus mempersiapkan diri sejak lama. Meski BPJS mengakui sudah melakukan sosialisasi kemana-mana namun masih banyak yang belum mengerti JKN dengan baik.Pakar Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Universitas Indonesia, Prof. dr. Hasbullah Thabrany, MPH, Dr.PH menyebutkan, banyaknya masyarakat yang belum paham soal JKN, bisa jadi karena BPJS Kesehatan kurang melakukan sosialisasi atau sebaliknya sosialisasinya yang keliru. "BPJS mungkin kurang sosialisasi dan sosialisasinya cenderung keliru. Karena yang disosialisakan adalah BPJS Kesehatan bukan JKN atau kewajiban dan hak raktyat. Ada kekeliruan sosialisasi," kata Hasbullah saat ditemui usai diskusi kesehatan di Kantor Kementerian Kesehatan, seperti ditulis Kamis (9/1/2014).Selain itu, Hasbullah juga masih menemukan pegawai BPJS Kesehatan yang masih memiliki mindset lama. Mereka masih menggunakan cara pikir melayani dengan sistem layanan lama. Peraturan yang kaku di puskesmas dan rumah sakit di masa lalu kerap membuat pasien harus bolak-balik demi mendapat obat."Pasien harus bolak balik, kemudian peserta Askes lam [...]

3D Mapping System Mudahkan Dokter Deteksi Gangguan Irama Jantung

3D Mapping System Mudahkan Dokter Deteksi Gangguan Irama Jantung

Saat ini sudah ada teknologi baru yang dapat mendiagnosa sekaligus mengobati Atrial Fibrilasi (AF) atau gangguan ritme jantung, yaitu dengan teknologi tiga dimensi yang disebut dengan 3D Mapping System. Dengan teknologi canggih, para kardiologis (ahli jantung) dari Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura, makin mudah melihat sumber kerusakan listrik jantung yang biasanya ada di sejumlah titik jantung dengan sangat tepat.Ibaratnya, teknologi 3D Mapping System mampu memetakan sinyal-sinyal listrik jantung dalam tiga dimensi, sehingga mampu meningkatkan kesuksesan prosedur terapi, yaitu ablasi. Ablas merupakan tindakan untuk mengatasi gangguan irama jantung (aritmia) dengan menggunakan kateter yang dimasukkan ke dalam ruang dalam jantung, dan kateter dihubungkan dengan mesin khusus yang memberikan energi listrik untuk memutus (membakar) jalur konduksi tambahan ataupun fokus-fokus aritmia yang menyebabkan ketidaknormalan irama jantung. Kardiologis Mount Elizabeth Hospital, Singapura, Dr Reginald Liew, MA, MBBS, PhF, FRCP, FESC, FACC, menyebutkan, sebenarnya teknologi 3D Mapping System sudah dikenal sejak 15 tahun lalu. Hanya saja, saat itu belum banyak bukti ilmiah jika teknologi ini me [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *