Apa yang Terjadi di Otak Saat Orang Bermimpi?

s1.reutersmedia.net_.jpg

Isi dalam mimpi terkadang membuat orang bingung. Mengapa saya mimpi ini? Apabila Anda mengalaminya, Anda tak sendirian karena para ilmuwan juga bertanya hal yang sama.

Michael J. Breus , Ph.D. melalui Psychology Today, Senin (28/4/2014), menjelaskan, di era digital ini kita tak memiliki semua jawaban tentang mimpi. Pengetahuan tentang prinsip dasar mimpi terbatas. Bahkan, sampai saat ini kita tak mengetahu mekanisme mimpi, fungai mimpi dan tujuannya. Sampai 2014 ini saja, mimpi menjadi misteri besar.

Apa yang terjadi di otak saat mimpi? Inilah yang ingin diungkapkan dalam penelitian terbaru. Para ilmuwan dari ATR Computational Neuroscience Laboratory di Kyoto, Jepang, terus mempelajari mimpi. Tim menggunakan scan otak untuk melihat visual yang terlihat dalam mimpi dan mengumpulkan wawasan baru tentang aktivitas otak ketika dalam keadaan bermimpi.

Untuk memprediksi konten visual dari mimpi , teknik menggunakan pengukuran aktivitas otak. Dengan meneliti aktivitas otak selama tidur, para ilmuwan berharap bisa melihat isi mimpi.

Peneliti melibatkan tiga pria dewasa yang tidur ketika peneliti memantau aktivitas otaknya dnegan menggunakan MRI dan EEG. Untuk menghubungkan aktivitas otak dengan citra tertentu selama bermimpi, peneliti membangunkan orang-orang itu di tengah tidurnya dan meminta mereka menggambarkan apa yang mereka lihat dalam mimpinya.

Setelah responden memberikan deskripsinya, mereka tidur lagi. Orang-orang yang terbangun melaporkan isi mimpi mereka beberapa kali dalam sejam.

Untuk masing-masing relawan, peneliti mengumpulkan lebih dari 200 laporan mimpi selama beberapa hari.

Lantas apa yang ditemukan para ahli itu? Dalam istilah awamnya, hasilnya menyatakan bahwa cara kita melihat mimpi kita adalah sama seperti ketika kita melihat visualisasi saat terbangun. Dalam istilah sederhana, kita `menonton` mimpi kita dengan cara yang sama kita memandang segala sesuatu dalam kehidupan sehari-hari. Sesekali ada yang aneh atau fantastis.

Ketika ilmuwan mengamati otak, pola aktivitasnya sama selama responden bermimpi. Mereka bisa memprediksi isi mimpi dengan akurasi yang luar biasa yakni 75-80 persen.

Selain itu, untuk pertama kalinya penelitian menggunakan bermimpi untuk menemukan jaringan otak yang aktif saat sadar.

Peneliti menggunakan fenomena yang disebut bermimpi jernih untuk menentukan jalur saraf yang menjadi aktif pada saat-saat persepsi diri. Orang yang mimpinya jernih mempertahankan kesadaran diri bahkan di tengah mimpi. Mereka menyadari fakta bahwa mereka bermimpi. Mereka juga bisa memanipulasi mimpi bahkan mengingatnya.

Dalam mimpi normal, kesadaran diri dihentikan. Dengan membandingkan aktivitas otak pemimpi yang jernih terhadap aktivitas otak pada pemimpi normal, peneliti mengidentifikasikan jalur saraf yang aktif.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Minuman Bersoda, Apa Sih Itu?

Minuman Bersoda, Apa Sih Itu?

Sudah banyak orang mengetahui jenis dari minuman bersoda (karbonasi). Hanya saja, orang tidak mengetahui apa itu karbonasi.Dosen dan Peneliti Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, FATETA, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS menjelaskan bahwa karbonasi merupakan proses dari karbon dioksida (CO2) yang dimasukkan ke dalam cairan dengan tekanan yang cukup tinggi."Dengan adanya proses karbondioksida ini menghasilkan gelembung dalam minuman dengan rasa yang mengigit dan krenyes. Kalau air berkarbonasi itu dikocok dan tutupnya dibuka, soda menghilang, minuman itu hanya cairan biasa berisikan pemanis," kata dia menjelaskan dalam diskusi media `Kupas Fakta Tentang Karbonasi Dalam Minuman Bersama Asrim`di Kembang Goela, Jakarta, Rabu (2/4/2014)Selain itu, kata dia, CO2 yang dimasukan ke dalam cairan, memiliki keterikatan secara permanen. Karena, ketika tutup botol minuman kita buka, akan terdengar suara letupan kecil."Letupan itu pertanda bahwa CO2 yang ada dalam botol itu lepas ke udara," kata dia menjelaskan.CO2 yang digunakan pada proses karbonasi, pada dasarnya sama dengan gas alam yang dikeluarkan saat bernapas dan dihirup oleh tanaman saat proses respirasi.Pe [...]

Bila Mau Berbuat Amal Saat Tutup Usia, Ini Caranya

Bila Mau Berbuat Amal Saat Tutup Usia, Ini Caranya

Masih ada kebaikan yang bisa disumbangkan saat seseorang meninggal dunia yaitu dengan donor mata. Salah satu bagian mata yaitu selaput bening bernama kornea bisa digunakan untuk membantu orang yang masih hidup dengan kondisi kornea mata terganggu. Sayangnya, aksi donor mata merupakan hal yang tidak biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. "Kornea mata itu transparan seperti kaca, ketika kornea berubah menjadi keruh akibat berbagai hal seperti infeksi, kelainan kongenital kornea harus diganti dengan kornea lainnya," terang Direktur Utama RS mata Cicendo Hikmat Wangsaatmadja kepada awak media di RS Mata Cicendo pada Rabu (17/12/2014). Sayangnya orang Indonesia masih enggan untuk mendonorkan mata saat tutup usia. Jikapun ada, itu masih segelintir orang. Berbeda dengan masyarakat India dan Filipina yang memiliki antusias tinggi dalam mendonorkan matanya. Oleh karena itu Hikmat pun menerangkan daripada mata ikut dikubur dalam tanah, didonorkan akan memiliki banyak manfaat. Di Indonesia sendiri angka kebutaan karena kornea mata sekitar tujuh persen dari jumlah mereka yang buta. "Saya yakin pendonor mata akan terus didoakan oleh mereka yang menerima donor mata tersebut," ungkap Hikma [...]

Foto Anak Tercantik di Dunia Menuai Kecaman

Foto Anak Tercantik di Dunia Menuai Kecaman

Gara-gara berfoto dengan busana layaknya orang dewasa, seorang anak perempuan yang disebut sebagai gadis tercantik di dunia, Kristina Pimenova (9) menuai kecaman. Menurut Netizen, foto Kristina bisa menyedot perhatian Pedofil dan membahayakan dirinya.Ibunya yang merupakan supermodel, Glikeriya Pimenova memang sebelumnya tidak menyangka kalau anaknya memiliki bakat yang sama seperti orangtuanya. Ia hanya mengatakan, betapa menyenangkan ketika melihat putrinya berjalan di catwalk dan fashion show. Masalahnya, seperti diberitakan Mirror, Sabtu (6/12/2014), Kristina sering terlihat mengenakan pakaian dewasa sedangkan usianya masih kecil. "Setiap video atau gambar yang diposting tidak sesuai untuk usia Kristina akan dihapus," ujar salah seorang Netizen.Begitupun dengan kalangan orangtua yang menganggap bahwa fto-foto Kristina yang terlihat mengenakan hot pants dan rok pendek bisa menarik pedofil (Orang yang memiliki ketertarikan seksual pada anak kecil).Kendati demikian, banyak yang memuji gadis cantik ini. "Dia cantik, benar-benar cantik." [...]

RS Tan Tock Seng Singapura Baru Bangun Ruang Isolasi Ebola

RS Tan Tock Seng Singapura Baru Bangun Ruang Isolasi Ebola

Saat ikut kunjungan rombongan RS Pusat Infeksi Sulianto Saroso Jakarta ke RS Tan Tock Seng Singapura, Kepala Balitbangkes, Prof. Tjandra Yoga Aditama melaporkan ruang isolasi ebola di sana mirip dengan di Indonesia. Menurut Tjadra, letak ruangan isolasi untuk Ebola di RS Tan Tock Seng berada di halaman luar tersendiri. Ruangan ini terdiri dari 7 kamar dengan tekanan negatif. "Standarnya sama dengan Indonesia. Yang berbeda, setiap pasien dilengkapi dengan alat RFID (radio frequency identification), alat sebesar sekitar 10 cm dgn tebal sekitar 0,5 cm yang ditempelkan di pasien, dan langsung bisa memonitor suhu dan keberadaan di mana pasien," kata Tjandra, ditulis Kamis (18/9/2014). Hal lain yang menarik juga adalah adanya unit khusus yaitu Bed Management Unit (BMU). Kantor ini secara ketat mengamati ketersediaan tempat tidur dan cara penanggulangan segera, karena rumah sakit biasanya penuh. Selain itu, ?RS tersebut menerapkan sistem komputerisasi pengunjung yang akan bezoek ke RS. Setiap yang akan masuk harus men scan bar code di KTP masing2 untuk membuka pintu ke arah lift ruang rawat. "Kalau pembesuk satu pasien sudah 4 orang maka otomatis pintu tidak bisa terbuka, dan para pe [...]

3.000 Anak Indonesia Usia di Bawah 16 Tahun Dibui

3.000 Anak Indonesia Usia di Bawah 16 Tahun Dibui

Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin menyatakan sebanyak 3.323 anak yang berumur kurang dari 16 tahun menjadi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan di Indonesia karena terlibat berbagai tindak pidana. "Itu merupakan data yang diperoleh sampai Maret 2014," kata Menkumham lewat pesan tertulis yang dibacakan Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat memimpin upacara Peringatan Hari Emas (ke 50 tahun) Pemasyarakatan Indonesia di halaman Lapas Kelas IIA Pekanbaru, seperti dikutip Antara, Rabu (30/4/2014). Menurut dia, kondisi tersebut menggambarkan bahwa kejahatan yang dilakukan oleh anak-anak sudah sangat mengkhawatirkan. Untuk itu, demikian Amir, diperlukan upaya penanganan yang sangat serius terhadap kehatan yang dilakukan oleh kalangan anak. Peran serta masyarakat, penegak hukum dan korban menurut dia sangat penting agar anak yang sedang bermasalah dengan hukum terhindar dari stigmatisasi dan dapat kembali ke dalam lingkungan sosial secara wajar. "Selain itu, dalam proses penanganan terhadap anak yang bermasalah hukum perlu juga didasari pada terciptanya keadilan restoratif, baik bagi pelaku maupun bagi korban," katanya. Menurut dia, keadilan restoratif merupakan suatu [...]

Jalan Terang Menuju Sukses

Jalan Terang Menuju Sukses

Setiap manusia memiliki keunikan. Sayangnya, manusia kerap berkutat dengan kelemahannya bukannya mengembangkan kekuatan yang ada karena tak menyadari potensi yang dimiliki sebenarnya. Dari miliaran manusia, tak ada satupun yang sama. Begitu uniknya, masing-masing orang istilahnya bisa bisa disebut very spesial limited edition. Tapi, bagaimana orang tahu dengan keunikannya?Penemu Talents Mapping Rama Royani menjelaskan, yang membuat satu manusia dengan lainnya berbeda dan unik adalah sifat atau personality. Sifat yang dimaksud merupakan sifat yang bermanfaat atau yang produktif. Dan sifat yang produktif inilah yang selanjutnya disebut bakat. Dan bakat dalam arti luas merupakan potensi diri yang membawa seseorang berhasil alias sukses dalam menjalani hidupnya."Potensi yang dimiliki setiap manusia merupakan pemberian Tuhan yang paling berharga. Namun sering kita tidak sadar dengan bakat dan kemampuan yang kita miliki," kata pria yang akrab disapa Abah Rama di Kantor Redaksi Liputan6.com, SCTV Tower, Jakarta, Rabu (7/5/2014).Abah Rama menjelaskan, setiap manusia itu memiliki potensi baik yang terbatas atau berlebih. Namun, manusia kerap berusaha mengatasi keterbatasannya dibanding me [...]

Yoga Bantu Kurangi Peradangan Pasien Kanker Payudara

Yoga Bantu Kurangi Peradangan Pasien Kanker Payudara

Beribu manfaat tersimpan dalam yoga. Tidak banyak yang tahu, selain mampu membentuk postur tubuh menjadi lebih baik, rutin yoga juga bisa mengurangi peradangan pada pasien kanker payudara.Baru-baru ini, sebuah studi menemukan bahwa yoga mampu memberikan energi kepada para wanita yang tengah berjuang melawan kanker payudara. Hanya tiga bulan berlatih posisi tubuh, pernapasan, dan meditasi dipercaya telah membuat setengah dari keseluruhan pasien kanker payudara di Inggris mengalami penyembuhan.Menurut data kesehatan di London, Inggris, kanker payudara merupakan kanker yang paling umum terjadi di sana dengan hampir 50.000 kasus per tahun. Dan peradangan, yang memungkingkan kanker muncul kembali, paling ditakuti oleh para survivor kanker payudara. Untuk itu, banyak ahli kesehatan menyarankan para pasien tersebut untuk berlatih yoga.Sebelumnya, para peneliti dari Ohio State University melakukan penelitian dengan merekrut 200 orang wanita yang selamat dari kanker dengan segala tingkat keparahannya. Setengah dari responden itu diminta untuk menghadiri kelas yoga selama 90 dan dilakukan dua kali dalam seminggu. Tak hanya itu, para pasien juga dianjurkan untuk berlatih yoga di rumah, jika b [...]

Mensos: Waspada Bencana Harus Masuk Sistem Pendidikan Sekolah

Mensos: Waspada Bencana Harus Masuk Sistem Pendidikan Sekolah

Sebagai negara yang rawan terhadap bencana alam Indonesia membutuhkan mitigasi dan antisipasi demi menghadapi bencana menjadi sebuah keniscayaan. Perubahan alam yang sangat besar berujung pada kerentanan kontur tanah dan perubahan cuaca yang cenderung ekstrim. Maka dibutuhkan kearifan lokal memperlakukan alam menjadi syarat memenuhi kebutuhan manusia. ?Perubahan alam tidak dapat ditolak, tapi manusia harus bisa berbuat arif terhadap alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, ? kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Jakarta, Rabu (17/12/14). Kementerian Sosial (Kemensos) menghargai berbagai upaya penggunaan berbagai teknologi tinggi pada sistem peringatan dini (early warning system) terkait bencana alam. Namun, memperluas jangkauan dengan melakukan pendekatan sistem peringatan dini berbasis masyarakat dan kearifan lokal juga dibutuhkan. Hal itu, sebagai langkah penguat upaya peningkatan kemampuan kesiapsiagaan dan mitigasi. ?Sistem peringatan dini diperlukan, selain meminimalisir jumlah korban. Juga, untuk peningkatan kesiapsiagaan dan mitigasi menghadapi bencana alam, ? tandasnya. Kemensos telah menggagas penerapan pengetahuan dan sikap waspada bencana ke dalam sistem p [...]

Xu Yunyun Tetap Ikut Lari Marathon Meski Hamil Tua

Xu Yunyun Tetap Ikut Lari Marathon Meski Hamil Tua

Seorang wanita dari China, Xu Yunyun, ikut lari maraton meskipun hamil dan diperkirakan akan melahirkan empat minggu lagi. Wanita berusia 28 tahun itu ikut ambil bagian dalam kompetisi di Beijing Olympic Park.Xu berharap bayinya itu lahir pada awal Maret dan percaya latihan yang dilakukannya itu akan membuatnya mudah saat melahirkan."Saya selalu antusias menjadi pelari dan saya tak melihat ada alasan mengapa saya harus berhenti hanya karena saya hamil," kata Xu seperti dikutip Mirror, Jumat (28/2/2014).Xu menjelaskan, ia juga tak memaksakan diri saat berlari. "Dokter saya mengatakan olahraga adalah cara terbaik untuk memastikan bayi lahir sehat," katanya lagi.Xu terinspirasi dari Paula Radcliffe MBE yang berlari dua kali sehari selama lima bulan pertama kehamilannya pada 2006.Menurut US Department of Health and Human Services yang aktif berlari bisa terus melakukan olahraga terus selama kehamilannya. [...]

8 Cara Menjaga Kesehatan Mata

8 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mempunya mata indah tak semata-mata hanya karen keturunan saja, tetapi juga dengan menjaga kesehatannya. Menjaga kesehatan mata memang sangat diperlukan. Dengan mengubah pola makan dan gaya hidup, Anda bisa terhindar dari kerusakan mata sementara maupun permanen. Berikut, ulasan cara menjaga kesehatan mata yang bisa Anda lakukan setiap hari seperti yang dilansir dari wikihow.com, Senin (27/10/2014): 1. Banyak Makan Buah dan Sayuran a. Wortel dapat membantu menyehatkan mata. Beta karotin yang terkandung di dalam wortel memiliki antioksidan yang bisa mengurangi resiko degenerasi makula atau kemunduran fungsi makula. Selain wortel, terdapat juga brokolli, paprika, dan kubis yang baik untuk kesehatan mata karena memiliki banyak Vitamin C. b. Ikan salmon dan sarden juga pilihan yang baik untuk mata. Ikan-ikan tersebut miliki kandungan lemak omega-3. Lemak ini merupakan lemak yang baik untuk tubuh Anda. Selain itu, omega-3 melindungi pembuluh darah kecil di daerah mata. c. Ubi dan bayam juga baik untuk mata. Keduanya mengandung beta karotin. Bayam juga mengandung banyak Vitamin C, lutein, dan zeaxanthin. Coba buat ubi dengan campuran bayam dan minyak zaitun! 2. Hindari Pen [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *