Apa yang Terjadi di Otak Saat Orang Bermimpi?

s1.reutersmedia.net_.jpg

Isi dalam mimpi terkadang membuat orang bingung. Mengapa saya mimpi ini? Apabila Anda mengalaminya, Anda tak sendirian karena para ilmuwan juga bertanya hal yang sama.

Michael J. Breus , Ph.D. melalui Psychology Today, Senin (28/4/2014), menjelaskan, di era digital ini kita tak memiliki semua jawaban tentang mimpi. Pengetahuan tentang prinsip dasar mimpi terbatas. Bahkan, sampai saat ini kita tak mengetahu mekanisme mimpi, fungai mimpi dan tujuannya. Sampai 2014 ini saja, mimpi menjadi misteri besar.

Apa yang terjadi di otak saat mimpi? Inilah yang ingin diungkapkan dalam penelitian terbaru. Para ilmuwan dari ATR Computational Neuroscience Laboratory di Kyoto, Jepang, terus mempelajari mimpi. Tim menggunakan scan otak untuk melihat visual yang terlihat dalam mimpi dan mengumpulkan wawasan baru tentang aktivitas otak ketika dalam keadaan bermimpi.

Untuk memprediksi konten visual dari mimpi , teknik menggunakan pengukuran aktivitas otak. Dengan meneliti aktivitas otak selama tidur, para ilmuwan berharap bisa melihat isi mimpi.

Peneliti melibatkan tiga pria dewasa yang tidur ketika peneliti memantau aktivitas otaknya dnegan menggunakan MRI dan EEG. Untuk menghubungkan aktivitas otak dengan citra tertentu selama bermimpi, peneliti membangunkan orang-orang itu di tengah tidurnya dan meminta mereka menggambarkan apa yang mereka lihat dalam mimpinya.

Setelah responden memberikan deskripsinya, mereka tidur lagi. Orang-orang yang terbangun melaporkan isi mimpi mereka beberapa kali dalam sejam.

Untuk masing-masing relawan, peneliti mengumpulkan lebih dari 200 laporan mimpi selama beberapa hari.

Lantas apa yang ditemukan para ahli itu? Dalam istilah awamnya, hasilnya menyatakan bahwa cara kita melihat mimpi kita adalah sama seperti ketika kita melihat visualisasi saat terbangun. Dalam istilah sederhana, kita `menonton` mimpi kita dengan cara yang sama kita memandang segala sesuatu dalam kehidupan sehari-hari. Sesekali ada yang aneh atau fantastis.

Ketika ilmuwan mengamati otak, pola aktivitasnya sama selama responden bermimpi. Mereka bisa memprediksi isi mimpi dengan akurasi yang luar biasa yakni 75-80 persen.

Selain itu, untuk pertama kalinya penelitian menggunakan bermimpi untuk menemukan jaringan otak yang aktif saat sadar.

Peneliti menggunakan fenomena yang disebut bermimpi jernih untuk menentukan jalur saraf yang menjadi aktif pada saat-saat persepsi diri. Orang yang mimpinya jernih mempertahankan kesadaran diri bahkan di tengah mimpi. Mereka menyadari fakta bahwa mereka bermimpi. Mereka juga bisa memanipulasi mimpi bahkan mengingatnya.

Dalam mimpi normal, kesadaran diri dihentikan. Dengan membandingkan aktivitas otak pemimpi yang jernih terhadap aktivitas otak pada pemimpi normal, peneliti mengidentifikasikan jalur saraf yang aktif.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Waspada! Aksi Bunuh Diri, Bisa Ditiru Anak-anak

Waspada! Aksi Bunuh Diri, Bisa Ditiru Anak-anak

Menurut data yang diperoleh Polres Gunung Kidul dan RSUD Wonosari sejak tahun 2001 hingga 2011 terdapat 314 kasus bunuh diri. Aksi bunuh diri paling banyak dilakukan oleh lansia dan usia produktif. Sayangnya, apa yang dilakukan oleh orang dewasa ini ditiru oleh anak-anak. Sekitar 5% aksi bunuh diri di Gunung Kidul dilakukan oleh mereka dibawah 18 tahun. Lalu, 35% dilakukan oleh usia 18-45 tahun. Untuk usia 45-60 tahun berada pada kisaran 24%. Kasus tertinggi kebanyakan dilakukan oleh para lansia. Paling banyak dilakukan dengan gantung diri dan konsumsi racun. "Aksi bunuh diri pada anak-anak lebih dipicu adanya role model. Tindakan ini dilakukan ketika ada yang ia tiru. Ini sangat serius jika aksi bunuh diri dibiarkan," tegas psikiater RSUD Wonosari dokter Ida Rochmawati, SpKJ dalam kesempatan Workshop hari Peringatan Pencegahan Bunuh Diri Sedunia di Hotel Ibis, Jakarta seperti ditulis Selasa (16/9/2014). Ketika aksi bunuh diri dibiarkan akan menjadi hal yang biasa. Sehingga menurut anak-anak, bunuh diri merupakan cara untuk menyelesaikan masalah. Lebih lanjut, pemberitaan berlebihan dan mendetail yang sering disampaikan oleh media massa mempunyai peran besar aksi bunuh diri pad [...]

Rumah Sakit Khusus Pekerja Resmi Beroperasi di KBN Cakung

Rumah Sakit Khusus Pekerja Resmi Beroperasi di KBN Cakung

PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) hari Selasa 8 April 2014 ini akan meresmikan Rumah Sakit Umum khusus pekerjanya yang berada di kawasan KBN, Cakung, Jakarta Utara. Dijadwalkan peresmian ini akan langsung dilakukan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. "Ini RS pekerja pertama di Indonesia, artinya betapa Pak Dahlan sangat konsen dengan kesejahteraan buruh. Ini (RS Pekerja KBN) dibangun sesuai perintah presiden saat peresmian Rusunawa di Batam," kata Kepala Humas Kementerian BUMN, Faisal Halimi di Jakarta, Selasa (8/4/2014). Pembangunan RS Pekerja ini telah diwacanakan pada Rapat Pimpinan BUMN pada 5 Februari 2013 yang kemudian diwujudkan pada 22 Februari 2013 dalam peresmiannya oleh Dahlan Iskan. Perkembangan pembangunan RSU Pekerja dilanjutkan melalui topping off pada 3 Juni 2013 dan secara simbolis penyelenggaraan pre-soft opening pada 22 September 2013 dan soft opening pada 28 Desember 2013. Di kesempatan yang sama Direktur Utama PT KBN, H.M Sattar Taba mengungkapkan tujuan pembangunan RSU Pekerja tersebut diperlukan sebagai pelayanan kesehatan para pekerja di wilayah KBN [...]

Vaksinasi Rutin Pada Anjing Dapat Mencegah Penyakit Muncul

Vaksinasi Rutin Pada Anjing Dapat Mencegah Penyakit Muncul

Vaksinasi merupakan upaya untuk membuat tubuh kita menjadi kebal terhadap infeksi atau penyakit. Seperti manusia, mahluk hidup lain seperti hewan juga membutuhkan vaksinasi.Anda yang memiliki hewan peliharaan jangan sampai melupakan pemberian vaksin ini. Bagi para pemilik anjing, penyakit yang umum menyerang anjing adalah parvo dan distemper. Oleh karena itu diwajibkan pada umur 2 bulan, anjing harus segera di vaksin."Umur 2 bulan sebaiknya mulai di vaksin," ujar dokter hewan, Nyoman Sakyarsih saat acara sharing session di ExtraPAWganza di Lotte Mart, Kelapa Gading, Jakarta Utara. (20/12/2014)Sedangkan untuk anjing yang masih terlalu muda dibawah 6 minggu pemberian vaksin tidak disarankan karena tubuh anjing masih memiliki kekebalan bawaan dari induk. Menurut dokter Nyomi, setelah diberi vaksin pertama, pemilik anjing harus rutin memberikan vaksin selanjutnya sesuai aturan untuk menjaga kesehatan anjing."Vaksinasi harus diulang setiap tahun, jangan sampai bolong," ujar Nyomi yang juga mulai membuka praktek sendiri di Duren Sawit sejak tahun 2011.Selain vaksinasi, pemberian asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi sehari-hari adalah yang utama disesuaikan dengan usia dan berat bad [...]

Luar Biasanya Miroslaw Magola si Manusia Magnet

Luar Biasanya Miroslaw Magola si Manusia Magnet

Saat masih berada di Sekolah Dasar (SD), masih ingatkah bagaimana penggaris plastik bisa menempel pada rambut karena adanya gaya tarik menarik di antara keduanya. Lalu, apakah benda besar, panci misalnya, bisa menempel pada tubuh Anda? Nah, pria ini berbeda dengan manusia pada umumnya. Bukan manusia besi, bukan juga menggunakan lem atau pun perekat lainnya, Miroslav Magola (56) mampu membuat panci menempel pada dahinya. Selain panci, ia juga bisa membuat pot, garpu, kaleng minuman soda menempel di kepala, tangan serta dada. Bahkan kaleng soda masih bisa menempel pada dahi pria asal Jerman ini meski ia sambil berloncat-loncat. Menurut pengakuannya, kemampuannya didapatkan hanya dengan mengandalkan kekuatan pikiran . Kemampuan luar biasa ini didapatkan di tahun 1990-an. Dan bukan tanpa usaha ia melakukan hal tersebut. "Saya menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakan teknik menjadi manusia magnet," ungkapnya kepada New York Daily News seperti dikutip pada Selasa (28/10/2014). "Saya bisa melawan gravitasi karena aku mengisi diri saya dengan energi sehingga bisa membuat objek melakukan apa yang saya inginkan, menempel pada diri saya," imbuhnya. Ia pun menyatakan in [...]

Marshanda Derita Skizofrenia?

Marshanda Derita Skizofrenia?

Sifat meletup-letup yang diperlihatkannya, membuat masyarakat berpikir bahwa Marshanda menderita gangguan jiwa. Terlebih, sang ibu, mengatakan, sikap sang anak berubah saat Marshanda tidak lagi meminum obat yang diberikan dokter sejak empat bulan lalu."Saya bicara dengan dokter yang merawat Chacha sejak 2009. Dokter bilang, Chacha tidak minum obat sejak beberapa bulan lalu," kata Riyanti Sofyan saat menggelar jumpa pers di kediamannya di Jalan Lembang Nomor 62, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/8/2014)Tanpa obat yang seharusnya dikonsumsi Marshanda secara rutin, berakibat pada sikapnya yang berubah seperti orang yang merasa dirinya selalu benar. Ujung-ujungnya, semua orang yang dirasa berlawanan dengan dirinya akan dimusuhi.Memang, tidak mudah untuk mengetahui apa yang sebenarnya diderita dari pemeran Lala di sinetron `Bidadari` tersebut. Psikolog mengatakan, tidak mudah juga untuk menebak apakah Marshanda menderita Bipolar atau tidak. Lantas, bila bukan menderita Bipolar, apakah mantan istri Ben Kasyafani ini menderita Skizofernia? Mengingat Marshanda harus meminum obat, dan akan menjadi sosok pemberontak bila rutinitas tersebut harus dihentikan.Bila memang benar Marshanda menderit [...]

Layanan Kesehatan Buruk, Politikus Nasdem Lapor Menkes

Layanan Kesehatan Buruk, Politikus Nasdem Lapor Menkes

Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, Ahmad Sahroni, akan mengirim surat kepada Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama terkait buruknya pelayanan kesehatan di Jakarta, khususnya bagi pengguna kartu BPJS Kesehatan. "Saya akan kirim surat ke Gubernur DKI dan Menkes untuk mempertanyakan mengapa pelayanan rumah sakit masih saja lama," kata Sahroni, saat melakukan reses di daerah pemilihannya, di Cilincing, Jakarta Utara, Minggu. Sahroni mendapatkan banyak keluhan dari warga terkait pelayanan kesehatan yang buruk. Dari keluhan itu, Sahroni berjanji akan membahasnya bersama Gubernur DKI dan Menkes Nila Moeloek. Dia akan mendesak keduanya untuk membenahi administrasi rumah sakit. "Masalahnya sekarang adalah administrasi terhadap pasien yang memakai kartu BPJS Kesehatan, sangat lambat," ujar anggota Komisi XI DPR ini. Pelayanan yang lambat itu, mengingatkan Sahroni terhadap sistem klaim asuransi mobil. "Asuransi mobil perlu izin dulu ke pusat agar asuransinya disetujui. Ini membutuhkan waktu lama. Masa asuransi rumah sakit sama dengan asuransi mobil. Itu jangan sampai terjadi karena penanganan pasien tak bisa menunggu lama," jelasnya. Salah satu warga Cil [...]

BPOM: Produk Cadbury di Indonesia Halal, Tapi Ilegal

BPOM: Produk Cadbury di Indonesia Halal, Tapi Ilegal

Setelah sebelumnya sebuah merek cokelat di Malaysia ditemukan mengandung DNA babi, Cadbury Dairy Milk Hazelnut dan Cadbury Dairy Milk Roast Almond ditarik dari pasaran Malaysia. Hari ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (Badan POM) mengeluarkan surat pernyataan resmi yang menyatakan bahwa produk cadbury tidak terdaftar di Badan POM.Melansir laman POM, Kamis (29/5/2014) Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan pernyataan resmi terkait isu kandungan DNA babi pada Cadbury (Dairy Milk Roast Almond) dengan nomor batch 221013N0RI1 dan Cadbury (Milk Hazelnut) dengan nomor batch 200813M01H asal Malaysia."Berdasarkan data yang ada di Badan POM, Cadbury (Dairy Milk Roast Almond) terdaftar di Badan POM dengan nomor izin edar BPOM RI ML 841601105136, dengan komposisi gula, susu bubuk, lemak cokelat, kacang almond, coklat massa, lemak nabati, pengemulsi nabati dan perisa cokelat, produk ini tidak memiliki sertifikat halal dari MUI. Namun Cadbury (Milk Hazelnut) tidak terdaftar di Badan POM," tulis pernyataan tersebut.Sejauh ini, Badan POM juga mengaku belum adanya Surat Keterangan Impor yang diterbitkan oleh Badan POM terkait produk tersebut. Apabila produk tersebut ditemukan [...]

Pelaku Pelecehan Seksual di India Ternyata Kebanyakan Pria Lansia

Pelaku Pelecehan Seksual di India Ternyata Kebanyakan Pria Lansia

Sebuah studi yang dilakukan Gujarat University Departement of Psychology mengungkapkan bahwa sekitar 80 persen dari perempuan yang menggunakan transportasi umum mengalami pelecehan seksual. Dari studi tersebut yang paling mengejutkan yaitu 69 persen pelakunya adalah pria di atas 70 tahun.Menurut Prof Ashwin Jansari dari departemen psikologi mengatakan penelitian melibatkan 361 mahasiswi yang memanfaatkan transportasi umum. "Kami ingin mengetahui skala anak perempuan yang dilecehkan, hasil penelitian ini akan kami laporkan ke polisi. Agar mereka bisa mengambil langkah-langkah untuk melindungi perempuan," kata Jansari dikuti Timesofindia, Jumat (3/1/2014).Jansari menambahkan walaupun hanya melibatkan sedikit mahasiswi di perguruan tinggi namun ternyata hasilnya mengejutkan. Hasil penelitian juga menyebutkan 60 perempuan mengalami pelecehan verbal, 301 pelecehan fisik.Menurut penelitian, hanya 60 perempuan mengatakan bahwa mereka tidak mengalami pelecehan verbal. "Penelitian ini diharapkan dapat membantu para polisi dan pemerintah untuk terus melindungi para perempuan dari pelecehan seksual. Dan kami masih mencari apa penyebab lelaki paruh baya melakukan pelecehan seksual terhadap ana [...]

Cara 10 Pemain Piala Dunia Brasil 2014 Jaga Kesehatannya

Cara 10 Pemain Piala Dunia Brasil 2014 Jaga Kesehatannya

Pemain sepak bola top berkumpul dalam ajang Piala Dunia Brasil 2014. Dalam pagelaran akbar sepak bola empat tahun sekali tersebut, mereka berusaha menampilkan segala kemampuannya. Tidak sedikit waktu mereka habiskan untuk berlatih, demi performa maksimal. Tapi, bila para pemain bola tersebut tidak memerhatikan stamina dan daya tubuhnya, apa yang mereka latih selama itu tidak artinya.Berikut daftar 10 pemain top Piala Dunia Brasil 2014 dalam menjaga kesehatannya dan latihan apa saja yang mereka lakukan demi hasil yang maksimal, seperti dikutip Health Me Up, Sabtu (12/7/2014) Lionel MessiPemain Argentina satu ini memiliki jenis latihan yang dibagi dua. Di mana salah satunya dengan daya dorong instan dan kecepatan linear, sedangkan yang kedua berkaitan dengan gerakan ke arah yang berbeda.Latihan pertama : Messi biasanya melakukan peregangan yang meliputi gerakan melompat jongkok, melompat penuh rintangan, dan skipping. Semua bagian dari latihan ini meliputi fleksibilitasLatihan kedua : Di latihan kedua yang dilakuan pemain yang tergabung dalam klub Barcelona tersebut meliputi pollar skip, forward lunge dan multi directional lunge, dan diakhiri dengan lari sekitar 10 menit.Untuk pol [...]

Alami Kondisi Langka, Bayi Ini Lahir dengan 3 Tangan

Alami Kondisi Langka, Bayi Ini Lahir dengan 3 Tangan

Seorang bayi laki-laki yang lahir di India belum lama ini memiliki kondisi langka. Dia menderita Polymelia yang menyebabkannya kelebihan organ tubuh. Seperti disadur dari Dailymail, Selasa (30/12/2014), bayi tersebut lahir di Rumah Sakit Sipil Ahmedabad di Gujarat, India dengan kondisi tangan kanan yang normal tapi tangan kirinya dua.Menurut dokter yang menanganinya, penyakit ini terjadi ketika sel-sel dalam rahim bergerak abnormal selama perkembangan embrio. Biasanya embrio membentuk kembar siam. Tapi dalam kasus ini, satu kembar berhenti tumbuh dan menyisakan satu anggota badan yang kini melekat pada bayi tersebut.Selain kelainan organ, situs Ahmedabad juga melaporkan kalau bayi mungil ini juga tidak memiliki ginjal dan satu buah zakarnya berada di perut. Kepala bedah anak di rumah sakit setempat, Dr Rakesh Joshi mengatakan kalau saat ini bayi ini sedang melakukan perawatan intensif untuk menghilangkan satu tangannya dan dilanjutkan dengan fisioterapi. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *