Apa yang Terjadi di Otak Saat Orang Bermimpi?

s1.reutersmedia.net_.jpg

Isi dalam mimpi terkadang membuat orang bingung. Mengapa saya mimpi ini? Apabila Anda mengalaminya, Anda tak sendirian karena para ilmuwan juga bertanya hal yang sama.

Michael J. Breus , Ph.D. melalui Psychology Today, Senin (28/4/2014), menjelaskan, di era digital ini kita tak memiliki semua jawaban tentang mimpi. Pengetahuan tentang prinsip dasar mimpi terbatas. Bahkan, sampai saat ini kita tak mengetahu mekanisme mimpi, fungai mimpi dan tujuannya. Sampai 2014 ini saja, mimpi menjadi misteri besar.

Apa yang terjadi di otak saat mimpi? Inilah yang ingin diungkapkan dalam penelitian terbaru. Para ilmuwan dari ATR Computational Neuroscience Laboratory di Kyoto, Jepang, terus mempelajari mimpi. Tim menggunakan scan otak untuk melihat visual yang terlihat dalam mimpi dan mengumpulkan wawasan baru tentang aktivitas otak ketika dalam keadaan bermimpi.

Untuk memprediksi konten visual dari mimpi , teknik menggunakan pengukuran aktivitas otak. Dengan meneliti aktivitas otak selama tidur, para ilmuwan berharap bisa melihat isi mimpi.

Peneliti melibatkan tiga pria dewasa yang tidur ketika peneliti memantau aktivitas otaknya dnegan menggunakan MRI dan EEG. Untuk menghubungkan aktivitas otak dengan citra tertentu selama bermimpi, peneliti membangunkan orang-orang itu di tengah tidurnya dan meminta mereka menggambarkan apa yang mereka lihat dalam mimpinya.

Setelah responden memberikan deskripsinya, mereka tidur lagi. Orang-orang yang terbangun melaporkan isi mimpi mereka beberapa kali dalam sejam.

Untuk masing-masing relawan, peneliti mengumpulkan lebih dari 200 laporan mimpi selama beberapa hari.

Lantas apa yang ditemukan para ahli itu? Dalam istilah awamnya, hasilnya menyatakan bahwa cara kita melihat mimpi kita adalah sama seperti ketika kita melihat visualisasi saat terbangun. Dalam istilah sederhana, kita `menonton` mimpi kita dengan cara yang sama kita memandang segala sesuatu dalam kehidupan sehari-hari. Sesekali ada yang aneh atau fantastis.

Ketika ilmuwan mengamati otak, pola aktivitasnya sama selama responden bermimpi. Mereka bisa memprediksi isi mimpi dengan akurasi yang luar biasa yakni 75-80 persen.

Selain itu, untuk pertama kalinya penelitian menggunakan bermimpi untuk menemukan jaringan otak yang aktif saat sadar.

Peneliti menggunakan fenomena yang disebut bermimpi jernih untuk menentukan jalur saraf yang menjadi aktif pada saat-saat persepsi diri. Orang yang mimpinya jernih mempertahankan kesadaran diri bahkan di tengah mimpi. Mereka menyadari fakta bahwa mereka bermimpi. Mereka juga bisa memanipulasi mimpi bahkan mengingatnya.

Dalam mimpi normal, kesadaran diri dihentikan. Dengan membandingkan aktivitas otak pemimpi yang jernih terhadap aktivitas otak pada pemimpi normal, peneliti mengidentifikasikan jalur saraf yang aktif.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Gigi Mudah Rusak

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Gigi Mudah Rusak

Tidak sedikit yang tahu bahwa merokok, mengonsumsi kopi berlebihan, dan menyikat gigi terlalu keras adalah faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan gigi. Namun sedikit yang menyadari bahwa kebiasaan yang dilakukan sehari-hari pun menjadi sebab mengapa gigi mudah sekali rusak.Dikutip dari laman Health Me Up, Selasa (10/6/2014) ada beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan, yang merupakan penyebab gigi menjadi rusak.1. Terlalu bersemangatDemi menciptakan gigi yang bersih menyeluruh, kita cenderung menyikat gigi terlalu bersemangat. Kebiasaan ini kerap dianggap baik, padahal efeknya dapat merusak enamel serta menyebabkan gigi menjadi sensitif.2. Membuka tutup botolMembuka tutup botol minuman bersoda dengan gigi juga dapat membahayakan kesehatan gigi kita. Ini dapat menyebabkan gigi menjadi retak. Kita harus ingat, gigi hanya boleh digunakan ketika makan, bukan untuk digunakan sebagai alat pembuka tutup botol.3. Kunyah esMengunyah es tidak hanya berisiko terjadinya keretakan pada gigi. Tapi dapat mengiritasi jaringan di bawah gigi, sehingga menyebabkan gigi menjadi sakit. Jika Anda memiliki keinginan untuk mengunyah, cobalah untuk mengunyah permen karet sebagai gantinya.4. Tind [...]

Analis Tulisan Tangan: Mega Ikhlas Calonkan Jokowi Jadi Capres

Analis Tulisan Tangan: Mega Ikhlas Calonkan Jokowi Jadi Capres

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo resmi diumumkan bakal maju sebagai calon presiden (capres) yang diusung Partai PDI Perjuangan pada pemilu 2014. Mandat yang diberikan untuk pria yang kerap disapa Jokowi ini ditulis tangan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Bila dilihat dari tulisan tangannya, apakah Mega ikhlas mencalonkan Jokowi sebagai capres?"Pada saat ini beliau ikhlas dan dukungan yang diberikan pun berupa dukungan yang tulus," kata Grafolog, Deborah Dewi kepada Health Liputan6.com, Jumat (14/3/2014)Meski dari tulisan itu terlihat Mega masih memiliki keinginan untuk mencalonkan diri, namun hubungan yang sangat baik dan erat dengan mantan Wali Kota Solo itu, ditambah dengan beberapa kesamaan karakter di antara keduanya, membuat hubungan tersebut kian harmonis."Dari lubuk hatinya (kalau dilihat dari hasil analisa tulisan) masih ingin nyalonin diri," kata Debo.Menurut Debo, hasil analisa tulisan tangan dari istri almarhum Taufik Kiemas secara konsisten menunjukkan bahwa Mega termasuk sosok tokoh dengan karakter yang cukup dominan, dan lebih termotivasi jika memiliki wilayah kekuasaan atau teritori untuk membuat keputusan. "Atau dapat dibaca dengan memimpin," kata Debo [...]

5 Penyebab Seseorang Alami Koma

5 Penyebab Seseorang Alami Koma

Kondisi koma atau tidak sadarkan diri dalam jangka waktu yang cukup lama sempat dialami oleh komedian Olga Syahputra. Koma dikategorikan sebagai darurat medis, dan tenaga medis harus segera mengambil tindakan untuk mempertahankan hidup dan fungsi otak pasien.Selain Olga Syahputra, mantan juara Formula 1 Dunia, Michael Schumacher pun sempat mengalami koma, setelah mengalami kecelakaan beberapa waktu lalu. Tapi kini secara perlahan, Michael Schumacher tersadar dari tidur panjangnya.Di bawah terdapat sejumlah penyebab terjadinya koma, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (14/10/2014); 1. TraumaCedera otak akibat kecelakaan atau tindak kekerasan dapat menyebabkan pembengkakan atau perdarahan di otak, dan berujung pada terjadinya koma.2. StrokePecahnya sel otak dapat menghalangi aliran darah ke otak, sehingga menebabkan koma.3. Gula darahPenderita diabetes dengan kondisi tinggi tingkat gula darah (hiperglikemia) atau tingkat gula darah yang rendah (hipoglikemia) dapat menyebabkan individu mengalami koma. Namun kondisi dapat dengan cepat ditangani saat gula darah pasien diperbaiki. 4. Kekurangan oksigenOksigen sangat diperlukan untuk fungsi otak, sehingga dalam banyak kasus orang [...]

Satu Lagi Jemaah Haji Asal Bantul Diduga Terinfeksi Flu Burung

Satu Lagi Jemaah Haji Asal Bantul Diduga Terinfeksi Flu Burung

Usai menunaikan ibadah haji seorang jamaah asal Bantul K (95) langsung dibawa ke Rumah Sakit RSUP Sardjito. Pasalnya K mengalami panas tinggi dan sesak napas. Takut terkena penyakit Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS - Cov) yang sedang melanda daerah pelaksanaan ibadah haji, keluarga lalu membawa K ke Sardjito. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Paru RS Sardjito, Sumardi mengatakan satu orang dari Bantul terkena gejala penyakit seperti MERS-Cov. Namun ia menegaskan penyakit yang diidap K masih berupa gejala atau Suspect MERS Cov. "Itu lain. Kalo Mers-Cov bukan seperti itu. Sementara suspect saja," ujar Sumardi kepada liputan6.com Kamis (30/10/2014).K diperiksa pada Senin (27/10) malam. Sumardi mengatakan pasien saat ini dalam kondisi stabil. Pasien berada dalam ruang isolasi Melati 5 RSUP Sardjito Yogyakarta. "Stabil sekarang di ruang isolasi," ujwrnya.Sumardi menjelaskan saat ini pihak rumah sakit masih mengawasi kondisi pasien. Pemberian obat-obatan standar penganganan virus dan perkembangan kesehatan terus dicatat oleh rumah sakit. "Masih dalam pengawasan kita," ujwrnya.Pihak RS mengimbau kepada jemaah haji yang baru pulang untuk memeriksakan diri untuk [...]

Dinkes DKI Siapkan Psikolog di Seluruh Puskesmas di Jakarta

Dinkes DKI Siapkan Psikolog di Seluruh Puskesmas di Jakarta

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiapkan psikolog untuk membantu para korban banjir di Jakarta. Psikolog ini disiapkan khusus bagi korban banjir yang mengalami stres atas banjir atau bencana lain yang dialami.Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dien Emmawati saat diwawancarai Liputan6.com di Kelurahan Pengadegan, Jakarta, Jumat (21/2/2014).Menurut Dien, selain biaya puskesmas atau rumah sakit bagi korban banjir, yang juga ditanggung Dinas Kesehatan adalah masa pemulihan pasien termasuk bila pasien stres atau trauma."Penyakit setelah banjir itu kebanyakan infeksi. Tapi kalau ada pasien yang merasa trauma dan butuh psikolog, silahkan datang ke puskesmas. Kami sudah menyediakan psikolog gratis di puskesmas," jelasnya.Dien menyampaikan, khusus untuk pasien yang tidak memiliki hunian setelah banjir, ia mengatakan sudah bekerjasama dengan panti-panti sosial untuk menampung pasien."Untuk pasien yang tidak memiliki hunian, kita kerjasama dengan panti-panti sosial untuk menampungnya," jelasnya. [...]

6 Cara Merawat Lensa Kontak Agar Tetap Steril

6 Cara Merawat Lensa Kontak Agar Tetap Steril

Lensa kontak merupakan alternatif bagi individu yang memiliki masalah dengan kesehatan mata, tapi enggan mengenakan kaca mata. Dalam penggunaan lensa kontak, individu kerap melupakan sejumlah hal yang justru membuat usia lensa menjadi pendek, dan kesehatan mata semakin parah.Di bawah ini sejumlah tips sederhana untuk merawat lensa kontak, seperti dikutip Health Me Up, Rabu (22/10/2014) 1. Mencuci tanganSebelum memasang atau mencopot lensa kontak, dianjurkan agar Anda mencuci tangan terlebih dulu. Gunakan sabun yang ramah lingkungan, sehingga tidak membuat mata Anda iritasi. 2. Keringkan tanganKetika akan memasang lensa kontak ke dalam bola mata Anda, pastikan bahwa tangan dalam keadaan kering. Maka itu, sesudah mencuci tangan, lap tangan menggunakan tisu atau serbet. 3. Bilas lensaLetakkan satu lensa kontak di telapak tangan, lalu bilas lensa dengan larutan khusus di atasnya. Kemudian gosok lebut dengan jari Anda, kemudian bilas sampai kering. 4. Pasang lensa kontak sebelum mengenakan make upUsahakan untuk memasang lensa kontak sebelum merias wajah Anda, sehingga lensa aman dari noda-noda yang berasal dari make up. Pun ketika Anda akan menghapus make up, co [...]

Deteksi Dini Penyakit Bahaya Tanpa Radiasi dengan MRI

Deteksi Dini Penyakit Bahaya Tanpa Radiasi dengan MRI

Deteksi tubuh sendiri sedini mungkin merupakan langkah yang tepat untuk meminimimalisir risiko penyakit berbahaya yang tak diinginkan, mulai dari tumor, kanker, hingga kelainan janin. Saat ini, masyarakat dapat melakukan pengecekan dini menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging).Dokter Spesialis Radiologi Rumah Sakit Puri Indah (RSPI) dr. Rahmi Alfiah Nur Alam, Sp. Rad (K) menjelaskan bahwa MRI merupakan teknik diagnostik medis yang mampu menghasilkan gambaran untuk memeriksa dan mendeteksi kelainan yang ada di dalam tubuh, dengan menggunakan medan magnet dan gelombang radio frekuensi."MRI dapat menghasilkan gambaran-gambaran dengan potongan sangat tipis dari bagian tubuh manapun dalam waktu singkat. Selain itu, MRI tidak menggunakan sinar X, sehingga tidak menyebabkan radiasi," kata dr. Rahmi dalam acara `Deteksi Dini Lebih Akurat Dengan MRI 3 Tesla Skyra` di Ruang Casablanca Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2014)Tak hanya itu, terdapat kegunaan lain dari MRI yang tentunya sangat berguna bagi pasien untuk mengetahui penyakit apa saja yang ada di dalam tubuh tiap pasien itu.Berikut beberapa kegunaan MRI, seperti diutarakan dr. Rahmi Alfiah Nur Alam: Memberikan gambaran y [...]

Benarkah Merokok Itu Hak Asasi Manusia?

Benarkah Merokok Itu Hak Asasi Manusia?

Banyak perokok menilai, kebiasaannya menghisap tembakau merupakan Hak Asasi Manusia yang tidak bisa dilarang. Tak heran, perokok selalu menuntut haknya seperti pengadaan ruang rokok di tempat umum seperti mal atau kantor yang ternyata tetap membahayakan kesehatan lingkungan sekitar.Menanggapi hal tersebut, Pakar hukum dari Komisi Nasional Penanggulangan Tembakau bidang Hukum dan Advokasi (Indonesia Lawyers Association on Tobacco Control), Muhammad Joni, SH, MHA mengatakan, perokok mesti mengetahui apa saja kategori Hak Asasi Manusia seperti tertulis dalam Undang-undang no.39 tahun 1999 seperti:1. Hak untuk hidup2. Hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan3. Hak mengembangkan diri4. Hak memperoleh keadilan5. Hak atas kebebasan pribadi6. Hak atas rasa aman7. Hak atas kesejahteraan8. Hak turut serta dalam pemerintah9. Hak wanita10. Hak anakDalam aturan tersebut, kata dia, menggambarkan bagaimana perokok yang mengganggu hak asasi manusia lain seperti pada poin hak anak. Sebagaimana laporan Kementerian Kesehatan pada 2013 yang menuliskan bahwa perokok banyak ditemukan di kelompok usia 10-14 tahun. Kebanyakan dari mereka, merokok karena terpapar iklan di televisi, spanduk, koran dan maja [...]

6 Arti Bau Tak Sedap di Vagina

6 Arti Bau Tak Sedap di Vagina

Memiliki bau tak sedap di vagina sangatlah wajar, menurut dokter Jennifer Wider, MD. Seperti yang dilansir dari Cosmopolitan.com, Kamis (11/12/2014), ia mengatakan bahwa bau tak sedap tersebut dapat muncul tergantung dari aktivitas dan diet seseorang. Tak boleh mengindahkan masalah satu ini, Anda juga harus bisa membedakan antara bau tak sedap yang normal dan yang tidak normal. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya: 1. Bau Musky Vagina yang sehat biasanya memang mengeluarkan semacam bau, tetapi bau tersebut bervariasi tergantung aktivitas di tiap harinya. Seperti sehabis berolahraga, semua kelenjar keringat akan mengeluarkan bau musky yang 100 persen normal. 2. Bau Amis Jika tercium bau busuk yang cukup kuat dari vagina, terdapat kemungkinan Anda terkena infeksi. Sebagai contoh, bakteri vaginosis yang disebbakan oleh pertumbuhan bakteri secara berlebih yang menganggu keseimbangan PH pada vagina. Akibatnya, muncul bau amis yang bersamaan dengan lendir berwarna hijau setelah berhubungan seks. Hal ini menunjukkan terkena penyakit menular seksual (PMS), bernama trikomoniasis. Jadi, segerakan berkonsultasi dengan dokter. 3. Bau Klorin Biasanya bau klorin atau semacam bau ba [...]

Menkes : Kartu Indonesia Sehat Tak Akan Ubah Prinsip BPJS

Menkes : Kartu Indonesia Sehat Tak Akan Ubah Prinsip BPJS

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menegaskan bahwa bila program Kartu Indonesia Sehat berlaku (KIS), tidak akan mengubah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial mengingat hal tersebut telah diatur dalam undang-undang. Namun ia tidak menampik bila ke depannya mungkin akan ada perubahan sistem. "Tidak akan ada yang berubah. BPJS itu diatur undang-undang. Hanya sistemnya saja mungkin yang kita akan lihat dan atur lagi. Mungkin belum sempurna. Ini baru 2014," kata menkes di sela-sela acara serah terima jabatan di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/10/2014). Menkes mengatakan, ia dan jajarannya masih akan melihat atau mengoreksi sistem jaminan kesehatan yang ada saat ini. "Banyak pengalaman ataupun kita analisa dan koreksi kembali, saya kira BPJS tidak akan berubah," tegasnya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *