Apakah Batuk Lama Pasti Disebabkan oleh TBC?

Apakah-Batuk-Lama-Pasti-Disebabkan-oleh-TBC.jpg

Batuk merupakan respons fisiologis untuk membersihkan saluran napas dari lendir, infeksi, dan benda asing. Namun, batuk yang terus-menerus selama beberapa minggu atau bulan tentunya akan menjadi masalah kesehatan dan mengganggu kualitas hidup.

Batuk kronik terjadi jika keluhan batuk dirasakan lebih dari satu bulan. Hal tersebut bukan merupakan suatu diagnosis penyakit, tetapi merupakan gejala dari suatu penyakit yang mendasari.

Beberapa penyebab batuk kronik di antaranya adalah:

1. Alergi/Asma

Tidak semua orang memiliki asma, hanya mereka yang rentan terhadap alergen dan memiliki riwayat alergi. Umumnya gejala yang timbul berupa sesak napas dan mengi. Namun, beberapa pasien dapat mengeluhkan batuk-batuk lama dengan hasil tes fungsi paru yang normal. Pemicunya berupa udara dingin, polusi udara, serbuk sari, asap rokok, debu, dan sebagainya.

2. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

PPOK biasa terjadi pada laki-laki yang merokok dengan usia di atas 45 tahun. Pada PPOK, terjadi sumbatan dan radang pada saluran napas dan paru-paru yan menyebabkan produksi lender berlebihan. Produksi lendir yang berlebihan itu kemudian akan merangsang batuk.

Berikut penyebab batuk tak kunjung sembuh lainnya di halaman selanjutnya:

Apakah Batuk Lama Pasti Disebabkan oleh TBC?

3. Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan kronis pada saluran bronkus yang menyebabkan keluhan batuk berdahak dan sesak. Perokok lebih mudah terkena bronkitis.

4. Gastroesophageal reflux disease (GERD)

GERD merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. Gejala utamanya adalah rasa panas di dada dan rasa pahit di mulut. Asam lambung tersebut dapat terhirup ke paru-paru dan menyebabkan iritasi serta batuk.

5. Pertusis

Pertusis merupakan penyakit yang akut dan sangat menular, disebabkan oleh bakteri Bordetella Pertussis. Bakteri ini umumnya menginfeksi bayi dan anak-anak, namun bisa juga ditemukan pada orang dewasa. Gejala khas dari pertusis adalah batuk rejan dengan suara batuk yang keras/ tinggi dan bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Infeksi ini dapat dicegah dengan melakukan imunisasi DPT pada anak.

6. Tuberkulosis Paru (TBC)

TBC disebabkan oleh bakteri tahan asam yaitu Mycobacterium tuberculosis. Gejalanya berupa batuk berdahak, bisa disertai batuk darah, demam yang tidak terlalu tinggi, penurunan nafsu makan dan berat badan, berkeringat pada malam hari, dan sesak napas. Penyakit ini sangat menular dan mudah menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Diperlukan pemeriksaan dahak dan rontgen untuk mendiagnosa penyakit ini. Pengobatan TBC minimal 6 bulan, tergantung jenis bakteri dan kondisi pasien.

Berikut penyebab batuk tak kunjung sembuh lainnya di halaman selanjutnya:

Apakah Batuk Lama Pasti Disebabkan oleh TBC?

7. Obat-obatan

Obat anti hipertensi golongan ACE-inhibitor, contohnya captopril dapat memicu batuk kering.

Untuk mencari tahu penyebab batuk diperlukan wawancara medis yang mendetail, pemeriksaan fisik menyeluruh, dan pemeriksaan penunjang misalnya rontgen dada, pemeriksaan dahak, pemeriksaan darah, dan lain-lain.

Terapi batuk kronik pun harus didasarkan pada penyebabnya. Jika penyebab utamanya tidak diatasi, maka gejala batuk tidak akan berkurang. Jika Anda mengalami batuk-batuk lebih dari satu bulan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi dan terapi lebih lanjut.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Teknik Memasak yang Tepat  Agar Gizi Tidak Hilang

Teknik Memasak yang Tepat Agar Gizi Tidak Hilang

Bagaimana metode Anda dalam mengolah makanan sangatlah penting. Makanan yang berbeda membutuhkan pendekatan dan waktu yang berbeda. Secara umum, suhu yang dinilai ideal untuk dicapai ketika memasak adalah suhu internal minimal 75�C. Suhu ini diyakini dapat membunuh sebagian besar bakteri penyebab keracunan makanan. Gunakan termometer untuk memeriksa suhu internal makanan selama proses memasak. Ketika memasak daging, sosis, ayam, pastikan agar makanan matang hingga ke bagian pusatnya, hingga tidak ada lagi daging atau cairan yang berwarna kemerahan. Ketika memasak ikan, lakukan hingga kulitnya mudah dipisahkan dengan garpu. Untuk makanan yang terbuat dari telur seperti telur dadar atau puding, masaklah hingga matang secara menyeluruh. Sedangkan untuk memasak sayuran, sebetulnya teknik apa pun dapat digunakan, kecuali menggoreng. Yang terpenting adalah sayuran yang Anda konsumsi berjumlah banyak dan bervariasi. Salah satu metode yang sering digunakan adalah menumis. Metode menumis membutuhkan hanya sedikit minyak dan waktu yang relatif sebentar. Siapkan bahan dalam suhu ruangan. Panaskan wajan terlebih dahulu, lalu masukkan minyak dan tunggu hingga minyak agak panas s [...]

Benjolan dan Tumor Payudara Belum Tentu Kanker

Benjolan dan Tumor Payudara Belum Tentu Kanker

Jangan takut apabila Anda menemukan benjolan di sekitar payudara. Benjolan payudara tidak semua menandakan kanker. Pada beberapa kasus, benjolan ini adalah kondisi atau tumor payudara nonkanker yang umumnya tidak berbahaya. Tumor jinak pada payudara umumnya membentuk benjolan pada payudara. Kondisi ini terjadi ketika ada sel-sel payudara yang berkembang secara tidak normal dan cepat. Namun tidak semua benjolan payudara adalah tumor atau kanker. Ada beberapa penyebab benjolan pada payudara yang jauh lebih umum daripada tumor dan kanker. Benjolan payudara bisa memiliki karakter seperti berikut: Kista payudara berisi cairan. Benjolan menyebabkan nyeri. Jika berukuran besar, benjolanpayudara dapat mengubah bentuk dan ukuran payudara. Jika berkembang pada jaringan dalam saluran susu, maka dapat menyebabkan munculnya cairan dari puting. Jenis dan Penyebab Benjolan Secara umum benjolan payudara dapat disebabkan beberapa hal sebagai berikut: Fibroadenoma Merupakan tumor jinak pada payudara yang paling umum terjadi. Fibroadenoma umumnya memilliki ciri-ciri di antaranya, tidak terasa nyeri, dan jika diraba terasa padat, bulat, sekaligus kenyal dan dapat bergeser. Tumor jinak paling seri [...]

Hormon Cinta Bisa Obati Kecanduan Obat & Alkohol

Hormon Cinta Bisa Obati Kecanduan Obat & Alkohol

Oksitosin adalah hormon yang memiliki efek anti stres pada pria dan wanita. Hormon ini meningkat drastis setelah melahirkan dan nampaknya merupakan mekanisme alami yang membantu keterikatan ibu dengan bayinya. Hormon ini juga mengalami peningkatan jumlah ketika seseorang jatuh cinta, sehingga disebut juga hormon cinta.Hormon cinta ini ternyata bisa menjadi kunci untuk mengatasi kecanduan alkohol. Ilmuwan di Australia telah melakukan uji klinis pada pecandu alkohol dengan menggunakan semprotan hidung mengandung oksitosin untuk melihat apakah hormon itu dapat mengurangi kecanduan.Percobaan ini sebenarnya sebagai tindak lanjut penelitian sebelumnya pada tikus yang diberi minum alkohol dan methamphetamin. Ketika diberi suntikan oksitosin, minat tikus terhadap alkohol dan obat-obatan menurun drastis.Profesor Iain McGregor, peneliti dari Universitas Sydney mengatakan bahwa jika para ilmuwan bisa memanfaatkan oksitosin untuk perawatan medis, hormon ini dapat membalikkan dampak penggunaan narkoba dan alkohol, bahkan membuat pengguna narkoba jadi lebih tahan dari kecanduan."Konsumsi alkohol berlebihan dan penggunaan metamfetamin atau kokain dapat menghabiskan tingkat oksitosin di otak. S [...]

Penyebab Mata Berair dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mata Berair dan Cara Mengatasinya

Ketika mengedip, kelenjar pada kelopak mata akan memproduksi sedikit air mata guna melembapkan indera penglihatan Anda dan menyingkirkan benda-benda asing darinya. Produksi air mata menjadi lebih banyak ketika Anda menguap, tertawa terbahak-bahak atau menangis. Tapi, ada beberapa orang yang mungkin mengalami mata berair secara terus-menerus. Selain cairan yang mengandung garam (air mata), kelenjar lain pada kelopak mata juga memproduksi minyak. Zat ini dapat mencegah air mata menguap terlalu cepat. Mata berair dapat terjadi ketika kelenjar yang memproduksi minyak tidak bekerja dengan semestinya. Hal ini membuat air mata cepat menguap dan menjadikannya lebih cepat mengering. Mata kering inilah yang merangsang produksi air mata secara berlebih sehingga menyebabkan mata berair. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh: Faktor cuaca atau lingkungan di sekitar mata, seperti asap, angina, atau sinar yang terlalu terang. Mata lelah. Tersumbatnya saluran air mata. Ada benda asing atau bahan kimia di mata. Flu. Alergi. Radang kelopak mata. Konjungtivitis. Infeksi salah satu bagian mata. Bulu mata tumbuh ke dalam. Pengaruh obat-obatan. Gangguan tiroid. Sinusitis kronis. Terapi radiasi Tumor. [...]

Hari Olahraga Nasional: Seberapa Penting?

Hari Olahraga Nasional: Seberapa Penting?

Oleh: dr. Sophia B. Hage Tanggal 9 September kita memperingati Hari Olahraga Nasional. Tanggal tersebut dicanangkan karena merupakan hari Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama yang diselenggarakan Indonesia, yaitu pada tanggal 9-12 September 1948 di Surakarta. Ternyata bukan hanya Indonesia yang memperingati hari olahraga. Tahun ini, Vuk Jeremic, presiden majelis umum PBB mengumumkan bahwa telah dikeluarkan sebuah resolusi yang menetapkan tanggal 6 April sebagai hari internasional olahraga untuk pembangunan dan perdamaian. Sebelumnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa olahraga memiliki kekuatan mengubah suatu bangsa; mampu menginspirasi, menyatukan dan meruntuhkan hambatan/rintangan sosial dan ras, bahkan menumbuhkan kualitas-kualitas seperti rasa hormat, keadilan, dan ketekunan. Apakah pernyataan ini terlalu hiperbolis atau justru suatu gol yang dapat dicapai? Meskipun pernyataan-pernyataan tersebut terdengar muluk, akan tetapi sebenarnya hal ini bukan hal yang tidak pernah dilakukan. Beberapa contoh yang sudah dilakukan di berbagai penjuru dunia adalah: Parivartan adalah sebuah proyek di Mumbai, India yang sasarannya adalah anak laki-laki dan laki-laki muda. Pr [...]

Olahraga dan Diabetes

Olahraga dan Diabetes

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Hanya dengan aktivitas fisik, para penderita diabetes mellitus tipe 2 dapat menghilangkan lemak yang berakumulasi di organ hati dan perut serta menurunkan risiko penyakit jantung. Para dokter sejak dahulu merekomendasikan kepada para penderita diabetes untuk melakukan olahraga secara teratur. Aktivitas fisik dapat berpengaruh terhadap berat badan dan juga melatih organ-organ seperti jantung, paru-paru dan hati. Teori bagaimana olahraga dapat mempengaruhi penumpukan lemak pada area-area di tubuh masih belum jelas, namun terdapat beberapa bukti bahwa lemak yang terdapat dalam organ-organ dalam seperti pada hati dan jantung lebih berbahaya dibandingkan yang terdapat di bawah kulit, sebab lemak ?dalam? atau biasa disebut visceral fat, dapat mengeluarkan beberapa jenis hormone yang dapat mempengaruhi produksi kalori di tubuh. Penelitian ini dilakukan oleh dr. HIldo J Lamb dari bagian Radiology University of Leiden, pada penelitian ini dr. Hildo dan kawan-kawan meneliti 12 laki-laki usia baya yang menderita diabetes untuk melakukan olahraga ringan-sedang secara intensif selama 6 bulan. Olahraga dilakukan selama 3,5 ? 6 jam per minggu namun pola makan atau [...]

Tahukah Anda, Wanita Bisa Alergi Sperma?

Tahukah Anda, Wanita Bisa Alergi Sperma?

Sudahkan Anda mengetahui bahwa alergi sperma dapat terjadi pada beberapa pasangan yang sudah menikah, meskipun sangat jarang terjadi namun persentasenya sebanyak 12% perempuan dapat mengalami alergi sperma. Kondisi ini dikenal sebagai seminal plasma hypersensitivity yang dipicu oleh alergi ini disebabkan oleh protein (glikoprotein) dari prostat yang bertentangan dengan sel sperma. Gejala alergi sperma sering disalahartikan dengan gejala penyakit menular seksual. Hal ini bisa dibedakan dengan melihat apakah gejala terjadi saat sedang menggunakan kondom atau tidak, jika saat tidak memakai kondom lalu suami Anda melakukan ejakulasi didalam gejala muncul,sedangkan gejala tersebut tidak muncul pada saat memakai kondom , maka kemungkinan keluhan tersebut berkaitan dengan alergi sperma. Gejala alergi sperma yang dapat timbul dalam waktu 20-30 menit setelah terpapar dengan air mani antara lain: Gejala Alergi Sperma Gejala alergi sperma yang dapat timbul dalam waktu 20-30 menit setelah terpapar dengan air mani antara lain: Pembengkakan daerah sekitar vagina Gatal di vagina Rasa terbakar atau panas disekitar vagina Lecet pada vagina Sulit bernafas Reaksi anafilak [...]

6 Manfaat Kesehatan yang Didapat dengan Menikah

6 Manfaat Kesehatan yang Didapat dengan Menikah

Anggapan bahwa menikah bisa membuat orang hidup lebih sehat dan panjang umur, tampaknya terbukti benar. Ada alasan-alasan kesehatan tertentu yang membuat pernikahan menjadikan orang berusia panjang.Menikah adalah menyatukan dua kepribadian orang yang berbeda-beda. Seperti dikutip dari AOLHealth, ada beberapa alasan kesehatan yang membuat seseorang harus menikah, yaitu:1. Menikah bisa mengurangi stresStudi dari University of California menemukan bahwa orang yang menikah akan lebih bahagia dan mampu mengurangi kadar stresnya dibandingkan dengan orang yang tak menikah. Peneliti mengambil sampel air liur partisipan untuk menguji tingkat kortisol (hormon stres), diketahui orang yang menikah memiliki kadar kortisol yang lebih rendah sehingga tingkat stresnya lebih kurang.2. Menikah bisa mengurangi kemungkinan terkena strokeStudi trebaru yang dilakukan oleh Tel Aviv University menunjukkan pernikahan bahagia bisa membantu mencegah stroke fatal pada laki-laki. Didapatkan laki-laki yang tidak menikah memiliki risiko 64 persen lebih tinggi terkena stroke fatal dibandingkan dengan laki-laki menikah.3. Menikah mengurangi risiko terkena demensiaOrang setengah baya yang hidup sendiri dua kali [...]

Demi Ibu yang Sakit Kanker, Pelajar Ini Lulus Sekolah Lebih Cepat

Demi Ibu yang Sakit Kanker, Pelajar Ini Lulus Sekolah Lebih Cepat

Upacara kelulusan merupakan momen penting bagi hampir semua pelajar, karena menjadi titik perubahan dalam hidupnya. Termasuk bagi Evie Shumaker, seorang murid senior di SMA yang akan segera merayakan kelulusannya.Namun lulusnya Evie dari sekolahnya di New Jersey sekaligus menjadi momen yang sangat mengharukan dalam hidupnya. Sang ibu, Melissa Shumaker, yang seharusnya menemani dan menyaksikan kelulusan putrinya itu justru terbaring tak berdaya di rumah sakit karena kanker yang menggerogoti tubuhnya.Kanker pankreas yang diderita Melissa sudah mencapai stadium akhir, dan tidak ada yang tahu apakah dia sempat melihat putrinya saat kelulusan nanti. Melihat kondisi Melissa dan komitmen Evie untuk menyelesaikan pendidikan hingga akhir, staf di Newarl Digital Academy, tempat ia bersekolah akhirnya mengambil inisiatif untuk mempercepat tanggal kelulusan.Secara teknis Evie akan resmi lulus pada Musim Semi tahun ini. Namun dia telah memenuhi persyaratan dan kredit semester yang diperlukan untuk lulus. Untuk memastikan Evie bisa berbagi momen bahagia bersama sang ibu, sejumlah petugas administrasi di sekolah memutuskan untuk mengadakan acara spesial khusus untuk Evie yang diadakan di kamar [...]

Prinsip Dasar Makan untuk Kesehatan Tubuh yang Lebih Baik

Prinsip Dasar Makan untuk Kesehatan Tubuh yang Lebih Baik

Kondisi kesehatan tubuh sangat dipengaruhi dari apa yang Anda makan. Mengonsumsi makanan sehat, tentunya organ tubuh akan berfungsi dengan baik. Tapi bila sebaliknya, makanan yang Anda konsumsi tinggi lemak jenuh, gula, kalori dan kolesterol, berbagai penyakit pun akan mendekat. Pakar nutrisi asal India, Vaidya Smita Naram, memberikan penjelasan apa sebenarnya esensi dari makan untuk kesehatan yang lebih baik, seperti yang dikutip dari Health Me Up.1. Makan untuk Pencernaan Lebih BaikApabila pencernaan bermasalah, makanan paling sehat dan bernutrisi sekalipun tidak akan terolah dengan baik dan manfaatnya tidak bisa dirasakan tubuh. Akibatnya Anda akan cepat merasa lelah dan lesu setiap hari. Untuk melancarkan sistem pencernaan, Vaidya menyarankan untuk menambahkan lebih banyak rempah ke dalam masakan. Beberapa jenis rempah yang diketahui baik untuk pencernaan di antaranya bawang putih, jahe, kayu manis dan lada hitam. Rempah-rempah juga membuat perut lebih nyaman dan tidak terasa kembung atau terlalu penuh setelah makan. 2. Makanan yang Meningkatkan Daya Tahan TubuhGanti nasi putih dengan nasi merah, roti tawar dengan roti gandum dan bubur ayam dengan bubur oatmeal. Mengonsumsi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *