Apakah Batuk Lama Pasti Disebabkan oleh TBC?

Apakah-Batuk-Lama-Pasti-Disebabkan-oleh-TBC.jpg

Batuk merupakan respons fisiologis untuk membersihkan saluran napas dari lendir, infeksi, dan benda asing. Namun, batuk yang terus-menerus selama beberapa minggu atau bulan tentunya akan menjadi masalah kesehatan dan mengganggu kualitas hidup.

Batuk kronik terjadi jika keluhan batuk dirasakan lebih dari satu bulan. Hal tersebut bukan merupakan suatu diagnosis penyakit, tetapi merupakan gejala dari suatu penyakit yang mendasari.

Beberapa penyebab batuk kronik di antaranya adalah:

1. Alergi/Asma

Tidak semua orang memiliki asma, hanya mereka yang rentan terhadap alergen dan memiliki riwayat alergi. Umumnya gejala yang timbul berupa sesak napas dan mengi. Namun, beberapa pasien dapat mengeluhkan batuk-batuk lama dengan hasil tes fungsi paru yang normal. Pemicunya berupa udara dingin, polusi udara, serbuk sari, asap rokok, debu, dan sebagainya.

2. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

PPOK biasa terjadi pada laki-laki yang merokok dengan usia di atas 45 tahun. Pada PPOK, terjadi sumbatan dan radang pada saluran napas dan paru-paru yan menyebabkan produksi lender berlebihan. Produksi lendir yang berlebihan itu kemudian akan merangsang batuk.

Berikut penyebab batuk tak kunjung sembuh lainnya di halaman selanjutnya:

Apakah Batuk Lama Pasti Disebabkan oleh TBC?

3. Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan kronis pada saluran bronkus yang menyebabkan keluhan batuk berdahak dan sesak. Perokok lebih mudah terkena bronkitis.

4. Gastroesophageal reflux disease (GERD)

GERD merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. Gejala utamanya adalah rasa panas di dada dan rasa pahit di mulut. Asam lambung tersebut dapat terhirup ke paru-paru dan menyebabkan iritasi serta batuk.

5. Pertusis

Pertusis merupakan penyakit yang akut dan sangat menular, disebabkan oleh bakteri Bordetella Pertussis. Bakteri ini umumnya menginfeksi bayi dan anak-anak, namun bisa juga ditemukan pada orang dewasa. Gejala khas dari pertusis adalah batuk rejan dengan suara batuk yang keras/ tinggi dan bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Infeksi ini dapat dicegah dengan melakukan imunisasi DPT pada anak.

6. Tuberkulosis Paru (TBC)

TBC disebabkan oleh bakteri tahan asam yaitu Mycobacterium tuberculosis. Gejalanya berupa batuk berdahak, bisa disertai batuk darah, demam yang tidak terlalu tinggi, penurunan nafsu makan dan berat badan, berkeringat pada malam hari, dan sesak napas. Penyakit ini sangat menular dan mudah menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Diperlukan pemeriksaan dahak dan rontgen untuk mendiagnosa penyakit ini. Pengobatan TBC minimal 6 bulan, tergantung jenis bakteri dan kondisi pasien.

Berikut penyebab batuk tak kunjung sembuh lainnya di halaman selanjutnya:

Apakah Batuk Lama Pasti Disebabkan oleh TBC?

7. Obat-obatan

Obat anti hipertensi golongan ACE-inhibitor, contohnya captopril dapat memicu batuk kering.

Untuk mencari tahu penyebab batuk diperlukan wawancara medis yang mendetail, pemeriksaan fisik menyeluruh, dan pemeriksaan penunjang misalnya rontgen dada, pemeriksaan dahak, pemeriksaan darah, dan lain-lain.

Terapi batuk kronik pun harus didasarkan pada penyebabnya. Jika penyebab utamanya tidak diatasi, maka gejala batuk tidak akan berkurang. Jika Anda mengalami batuk-batuk lebih dari satu bulan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi dan terapi lebih lanjut.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Siapa Bilang Kita Aman dari Kaki Gajah?

Siapa Bilang Kita Aman dari Kaki Gajah?

Penyakit kaki gajah atau disebut lymphatic filariasis disebabkan oleh cacing filaria yang menginfeksi kelenjar getah bening. Cacing ini masuk ke tubuh manusia dengan perantara nyamuk. Penyakit kaki gajah biasa ditemukan di wilayah tropis, seperti Indonesia. Secara keseluruhan ada 1,23 miliar orang di seluruh dunia yang berisiko terinfeksi penyakit ini. Di Indonesia saja, terdapat sekitar 132 juta penduduk yang berisiko terinfeksi kaki gajah. Bagaimana Penyakit Kaki Gajah Bisa Menyebar? Sebagai negara tropis, Indonesia merupakan tempat yang nyaman bagi nyamuk untuk berkembang biak. Oleh karena itu, wajar jika lebih dari seratus juta penduduknya berisiko terinfeksi penyakit ini. Ketika nyamuk mengisap darah seseorang yang mengandung cacing filaria, maka cacing tersebut akan turut menginfeksi nyamuk. Selanjutnya nyamuk yang telah terinfeksi ini akan menyebarkan cacing filaria ketika menggigit orang lain. Larva cacing filaria kemudian akan tinggal di dalam pembuluh getah bening. Di dalam pembuluh getah bening inilah larva cacing filaria akan tumbuh dewasa dan berkembang biak. Cacing dewasa sendiri bisa hidup hingga 7 tahun lamanya dalam pembuluh getah bening manusia. Mereka akan me [...]

Ini Alasan Sinar Matahari Pagi Bagus Untuk Kesehatan

Ini Alasan Sinar Matahari Pagi Bagus Untuk Kesehatan

Banyak anggapan yang menyatakan bahwa terlalu sering terpapar sinar matahari di siang hari bisa berisiko kanker kulit. Tapi jika pagi hari, sinar matahari justru memberi banyak manfaat.Seperti yang dikutip dari Daily Mail, berjemur pada siang maupun sore hari dapat meningkatkan risiko hingga lima kali lipat terkena kanker kulit. Hal ini dikarenakan protein yang dihasilkan oleh tubuh untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan sinar ultraviolet bekerja paling aktif pada pagi hari.Oleh karena itu, para ilmuwan menyarankan, sebaiknya berjemur dilakukan sebelum waktu makan siang. Bahkan menurut tim peneliti dari North Carolina University, sinar matahari pagi dapat bantu mengurangi risiko terkena kanker kulit.Kesimpulan di atas didapat dari sebuah penelitian yang melibatkan tikus-tikus sebagai objek percobaan. Dalam tes tersebut ditemukan bahwa tikus yang terkena paparan sinar UV mendapatkan risiko lima kali lebih besar terkena tumor kulit, dibandingkan dengan tikus yang mendapatkan dosis sinar UV yang sama di malam hari.Para peneliti di Amerika percaya bahwa hasil tersebut berkerja sebaliknya pada manusia karena tikus lebih aktif di malam hari dan memiliki jam tubuh yang terbalik.Pr [...]

Kenali Penyakit Kulit dari Warna Mata Anda

Kenali Penyakit Kulit dari Warna Mata Anda

Ada banyak cara untuk mendeteksi penyakit, salah satunya melalui warna mata. Menurut penelitian terbaru, kecenderungan mengidap penyakit kulit bisa diketahui lewat warna mata seseorang.Seperti yang dikutipdari WebMD, hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa orang dengan mata berwarna biru cenderung lebih sedikit mengalami ganguan vitiligo --penyakit kulit yang menimbulkan bercak putih pada kulit dan rambut. Sedangkan, mereka yang memiliki mata coklat lebih mungkin terkena penyakit kulit yang sama.Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menjelaskan bahwa warna mata juga memiliki pengaruh terhadap risiko penyakit kulit melanoma. Dikutip dari detikhealth, melanoma merupakan salah satu jenis kanker kulit yang berbahaya. Melanoma tidak hanya mempengaruhi kulit, lebih dari itu dapat menyebar ke organ lain dan juga tulang."Secara genetik, dalam beberapa hal vitiligo dan melanoma adalah kutub yang berlawanan. Beberapa variasi genetik membuat seseorang berisiko terkena vitiligo dan orang lain cenderung tidak mudah terkena melanoma, begitu juga sebaliknya," ujar peneliti Richard Spritz, MD, Human Medical Genetics and Genomics Program di University of Colorado School of Medicine. [...]

Fakta & Mitos Prostat

Fakta & Mitos Prostat

Oleh: dr. Adithia Kwee Pria dan pembesaran prostat seakan menjadi dua hal yang tak terpisahkan. Sayangnya, meningkatnya jumlah kasus prostat tidak diimbangi dengan pemahaman yang tepat oleh masyarakat luas. Acapkali banyak pemahaman yang salah muncul mengenai seputar prostat. Apa sajakah? Simak berikut ini: 1. MITOS: Prostat adalah nama penyakit. FAKTA: Salah. Prostat adalah nama sebuah bagian dari organ tubuh yakni berupa kelenjar yang terdapat khusus pada pria. Letaknya terletak di bawah kandung kemih. Fungsi dari prostat adalah untuk memberi nutrisi pada sperma. Namun, ketika seorang pria menginjak usia 50 tahun ke atas, acapkali kelenjar prostat ini membesar. 2. MITOS: Pembesaran prostat disebabkan karena sering menahan buang air kecil FAKTA: Tidak sepenuhnya (belum) benar. Karena sampai saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan dengan tepat pencetus pembesaran prostat adalah dari seringnya menahan buang air kecil. Namun ada beberapa penelitian yang menyebutkan ada hubungan tingginya aktivitas seksual di usia muda dengan semakin tingginya risiko pembesaran prostat. Selain faktor tersebut, dipastikan juga pembesaran prostat dicetuskan oleh pengaruh keseimbangan hormon endro [...]

Taruh Dompet di Saku Celana Bisa Bahayakan Saraf

Taruh Dompet di Saku Celana Bisa Bahayakan Saraf

Merupakan hal yang biasa jika para pria menaruh dompetnya di saku belakang celana mereka. Namun kebiasaan itu justru bisa berbahaya karena mempengaruhi saraf-saraf tubuh.Para ahli mengungkapkan orang-orang yang duduk dengan dompet di saku belakang celana memiliki risiko merusak saraf-saraf kunci. Kondisi ini sudah menjadi sangat umum di masyarakat hingga dijuluki dengan nama 'hip-pocket syndrome' atau 'wallet-neuropathy'.Pria yang selalu meletakkan dompet di saku belakangnya adalah kelompok yang paling berisiko terkena kondisi ini. Ahli fisioterapi menuturkan adanya lonjakan jumlah pria yang menderita atau mengeluhkan sakit punggung bagian bawah, dan diduga posisi dompet menjadi penyebab utama kondisi ini."Saat ini semakin banyak pasien saya yang datang ke klinik dengan keluhan seperti itu. Kondisi ini dipicu oleh posisi dompet yang menekan saraf di belakang tubuh dan seiring waktu bisa menyebabkan linu panggul," ujar Julian Forth, seorang fisioterapis di Buckhurst Hill, Essex, seperti dikutip dari Detikhealth.Firth mengungkapkan dompet tersebut akan menekan saraf-saraf di tubuh baik pada saat orang mengemudi atau ketika duduk di tempat kerja. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan [...]

Jangan Lupakan Kesehatan Lidah

Jangan Lupakan Kesehatan Lidah

Lidah terdiri dari kumpulan otot yang memungkinkan manusia untuk bisa mengecap, menelan, serta berbicara. Begitu vitalnya peran organ ini menjadikannya sebagai organ dengan jaringan otot-otot yang terkuat. Lidah juga memiliki mukosa atau selaput merah muda sebagai bagian yang menyelimutinya dan papila atau tekstur kasar sebagai tempat berkumpulnya ribuan saraf pengecap berbagai rasa. Gaya hidup yang tidak sehat seperti lalai merawat kebersihan lidah, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, serta kebiasaan merokok dapat mengundang masalah pada lidah. Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa menimpa lidah, serta apa saja langkah perawatan yang bisa dilakukan. Leukopakia Lidah berwarna putih bisa disebabkan leukopakia. Leukopakia terjadi akibat penumpukan sel dan protein yang disebut keratin pada permukaan lidah. Pada leukopakia, timbul bercak putih di lidah setelah mengalami iritasi. Penyebabnya berkaitan dengan kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Kondisi ini bisa berlangsung sementara maupun permanen. Langkah penangannya adalah dengan menyikat lidah secara perlahan dan minum banyak air putih. Namun jika kondisi ini menetap selama ber [...]

Inilah Penyebab Mimpi Basah

Inilah Penyebab Mimpi Basah

Pasti Anda sering mendengar istilah ?mimpi basah?. Karena nyaris kebanyakan manusia mengalami fenomena ini. Umumnya orang ketahui, mimpi basah biasanya dialami oleh remaja pria saat tidur ketika melalui masa pubernya. Tapi kemudiannya membuat kita muncul pertanyaan-pertanyaan; benarkah mimpi basah hanya dialami pada masa puber? Apakah Anda mengetahui apa arti ?mimpi basah? yang sebenarnya, dan mengapa hal ini bisa terjadi? Mari kita simak jawaban dari pertayaan-pertanyaan seputar mimpi basah. Apa itu mimpi nasah? Mimpi basah merupakan sebuah keadaan dimana pria mengalami ejakulasi sperma sewaktu tidur. Pada usia 17-18 tahun 2/3 laki-laki akan mengalami mimpi basah. Perlu diketahui bahwa frekuensi mengalami mimpi basah akan semakin menurun pada saat seorang laki-laki berusia dua puluh tahunan dan hanya kadang-kadang saja terjadi pada usia tiga puluhan dan hampir tidak terjadi lagi pada usia empat puluhan. Mimpi basah sering dialami oleh remaja laki-laki, yang sekaligus menjadi tanda bahwa ia telah memasuki masa pubertas. Hal ini bisa berupa mimpi yang erotis atau tidak, tergantung dari yang mengalami mimpi itu sendiri. Berapa sering seora [...]

Kesehatan Jiwa Dari Aktifitas Olahraga Bola

Kesehatan Jiwa Dari Aktifitas Olahraga Bola

Kebahagiaan, kehidupan dan Tanggung Jawab Setiap orang mempunyai aktifitas yang berbeda-beda, entah itu bermain, belajar dan bekerja. 3 aspek tersebut sangatlah luas dan bisa kita kembangkan menurut kesenangan kita pribadi. Olahraga bisa menjadi asupan serta nutrisi bagi beberapa aspek kehidupan. Bermain sepeda, voli, bulutangkis dan berenang bisa dibilang kita melalukan suatu aktifitas/kegiatan yang identik dengan nama olahraga. Tidak hanya bermain, belajar dan bekerja pun erat kaitannya dengan olahraga. Departemen Latihan dan Olahraga Ilmu Pengetahuan , University of Copenhagen melakukan penelitian tentang efek kesehatan dari latihan sepak bola yang dipimpin langsung oleh Profesor Peter Krustrup dan Jens Bangsbo. ?Soccer adalah olahraga tim yang sangat populer yang beriisi faktor-faktor motivasi dan sosial positif yang dapat memfasilitasi kepatuhan dan memberikan kontribusi pada pemeliharaan gaya hidup aktif secara fisik,? demikian tutur Pemimpin studi Peter Krustrup menyimpulkan. Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga dengan peminatnya hampir sebagaian besar penduduk yang ada di belahan dunia. Selama jalannya permainan, setiap pemain bertekad untuk mencapai puncak kemen [...]

Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin

Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin

Gelisah, itulah yang dirasakan oleh sebagian orangtua saat mengantar anaknya untuk melakukan vaksinasi. Anda ingin tubuh anak Anda dilindungi dengan melakukan vaksinasi, tetapi Anda juga berharap bahwa prosedur vaksinasi tersebut terbebas dari rasa sakit, jadi anak Anda tidak perlu rewel untuk diajak melakukan vaksinasi lagi. Jangan khawatir, Anda mempunyai peran aktif yang dapat mengubah sikap anak Anda. Apa yang Anda katakan dan lakukan sebelum, selama dan setelah vaksinasi dapat membantu menenangkan anak dan mengurangi rasa takut terhadap vaksinasi. Berikut adalah beberapa tips agar Anda tidak kesulitan untuk mengajak anak Anda melakukan vaksinasi: Tips Membujuk Anak yang Takut Vaksin Gelisah, itulah yang dirasakan oleh sebagian orangtua saat mengantar anaknya untuk melakukan vaksinasi. Anda ingin tubuh anak Anda dilindungi dengan melakukan vaksinasi, tetapi Anda juga berharap bahwa prosedur vaksinasi tersebut terbebas dari rasa sakit, jadi anak Anda tidak perlu rewel untuk diajak melakukan vaksinasi lagi. Jangan khawatir, Anda mempunyai peran aktif yang dapat mengubah sikap anak Anda. Apa yang Anda katakan dan lakukan sebelum, selama dan setelah vaksinasi [...]

Survei: Pemilik Anjing Suka Kerja Keras, Pemelihara Kucing Orang Pemalu

Survei: Pemilik Anjing Suka Kerja Keras, Pemelihara Kucing Orang Pemalu

Hewan peliharaan ternyata bisa menjelaskan sifat pemiliknya. Menurut hasil sebuah penelitian, pemelihara anjing memiliki sifat yang suka bekerja keras dan sebagian besar ingin punya hubungan yang berkomitmen atau menikah.Sementara pemilik kucing digambarkan sebagai pribadi yang pemalu, lebih suka menjomblo dan cenderung berantakan. Selain anjing dan kucing, studi juga meneliti para pemilik kelinci. Dalam hasil studi tersebut diketahui pencinta kelinci adalah orang-orang yang kreatif, santai tapi suka lengah.Selain itu para pemilik anjing dan kucing mengaku kalau mereka terbiasa tidur awal dan bangun pagi, sedangkan yang memelihara kucing di rumahnya cenderung suka bergadang. Hasil penelitian ini didapat berdasarkan polling yang dilakukan oleh perusahaan asuransi khusus hewan di Inggris, Petplan sebagai bagian dari perayaan diluncurkannya situs mereka, Find a Pet.Seperti dikutip dari Daily Mail, anjing menjadi hewan peliharaan paling populer dengan 77 persen responden yang memilih mereka. Kucing berada di urutan kedua dengan 21 persen sedangkan hanya 2 persen yang memiliki kelinci.Dalam survei tersebut, partisipan diminta untuk mendeskripsikan diri mereka sendiri dalam tiga kata. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *