Apakah Batuk Lama Pasti Disebabkan oleh TBC?

Apakah-Batuk-Lama-Pasti-Disebabkan-oleh-TBC.jpg

Batuk merupakan respons fisiologis untuk membersihkan saluran napas dari lendir, infeksi, dan benda asing. Namun, batuk yang terus-menerus selama beberapa minggu atau bulan tentunya akan menjadi masalah kesehatan dan mengganggu kualitas hidup.

Batuk kronik terjadi jika keluhan batuk dirasakan lebih dari satu bulan. Hal tersebut bukan merupakan suatu diagnosis penyakit, tetapi merupakan gejala dari suatu penyakit yang mendasari.

Beberapa penyebab batuk kronik di antaranya adalah:

1. Alergi/Asma

Tidak semua orang memiliki asma, hanya mereka yang rentan terhadap alergen dan memiliki riwayat alergi. Umumnya gejala yang timbul berupa sesak napas dan mengi. Namun, beberapa pasien dapat mengeluhkan batuk-batuk lama dengan hasil tes fungsi paru yang normal. Pemicunya berupa udara dingin, polusi udara, serbuk sari, asap rokok, debu, dan sebagainya.

2. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

PPOK biasa terjadi pada laki-laki yang merokok dengan usia di atas 45 tahun. Pada PPOK, terjadi sumbatan dan radang pada saluran napas dan paru-paru yan menyebabkan produksi lender berlebihan. Produksi lendir yang berlebihan itu kemudian akan merangsang batuk.

Berikut penyebab batuk tak kunjung sembuh lainnya di halaman selanjutnya:

Apakah Batuk Lama Pasti Disebabkan oleh TBC?

3. Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan kronis pada saluran bronkus yang menyebabkan keluhan batuk berdahak dan sesak. Perokok lebih mudah terkena bronkitis.

4. Gastroesophageal reflux disease (GERD)

GERD merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. Gejala utamanya adalah rasa panas di dada dan rasa pahit di mulut. Asam lambung tersebut dapat terhirup ke paru-paru dan menyebabkan iritasi serta batuk.

5. Pertusis

Pertusis merupakan penyakit yang akut dan sangat menular, disebabkan oleh bakteri Bordetella Pertussis. Bakteri ini umumnya menginfeksi bayi dan anak-anak, namun bisa juga ditemukan pada orang dewasa. Gejala khas dari pertusis adalah batuk rejan dengan suara batuk yang keras/ tinggi dan bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Infeksi ini dapat dicegah dengan melakukan imunisasi DPT pada anak.

6. Tuberkulosis Paru (TBC)

TBC disebabkan oleh bakteri tahan asam yaitu Mycobacterium tuberculosis. Gejalanya berupa batuk berdahak, bisa disertai batuk darah, demam yang tidak terlalu tinggi, penurunan nafsu makan dan berat badan, berkeringat pada malam hari, dan sesak napas. Penyakit ini sangat menular dan mudah menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Diperlukan pemeriksaan dahak dan rontgen untuk mendiagnosa penyakit ini. Pengobatan TBC minimal 6 bulan, tergantung jenis bakteri dan kondisi pasien.

Berikut penyebab batuk tak kunjung sembuh lainnya di halaman selanjutnya:

Apakah Batuk Lama Pasti Disebabkan oleh TBC?

7. Obat-obatan

Obat anti hipertensi golongan ACE-inhibitor, contohnya captopril dapat memicu batuk kering.

Untuk mencari tahu penyebab batuk diperlukan wawancara medis yang mendetail, pemeriksaan fisik menyeluruh, dan pemeriksaan penunjang misalnya rontgen dada, pemeriksaan dahak, pemeriksaan darah, dan lain-lain.

Terapi batuk kronik pun harus didasarkan pada penyebabnya. Jika penyebab utamanya tidak diatasi, maka gejala batuk tidak akan berkurang. Jika Anda mengalami batuk-batuk lebih dari satu bulan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi dan terapi lebih lanjut.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Istilah Masuk Angin Dalam Sudut Pandang Medis

Istilah Masuk Angin Dalam Sudut Pandang Medis

Masuk angin?, sangat sering menjadi diagnosa mandiri masyarakat awam apabila tubuh kurang fit karena dirasa banyaknya ?angin? di dalam tubuh serta menimbulkan gejala sebagai berikut: Demam Menggigil Keringat dingin Kembung Pilek Mual, muntah Nafsu makan menurun Diare Dan berbagai gejala lainnya. Faktanya, medis tidak mengenal adanya istilah masuk angin. Adapun rangkaian gejala di atas biasanya mengarah ke ?flu like symptom? yang merupakan gejala awal timbulnya serangan virus. Jangan gegabah untuk mengkonsumsi antibiotik, terutama bila tidak disertai oleh resep dan pengawasan dokter. Biasanya ?flu like symptom? akan membaik dengan sendirinya apabila sistem imun di tubuh kita bekerja dengan baik. Adakah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ?masuk angin? atau ?flu like symptoms? tersebut? Ada, berikut sarannya: [...]

5 Cara Stop Kebiasan Mengorok

5 Cara Stop Kebiasan Mengorok

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Mengorok merupakan suara kasar yang keluar ketika jalan napas tertutup sebagian saat tidur. Beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya mengorok antara lain anatomi mulut dan sinus, konsumsi alkohol, alergi, infeksi saluran pernapasan akut, dan berat badan. Dalam beberapa kasus, mengorok dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang serius seperti sleep apnea. Sleep apnea dikarakteristikkan dengan suara mengorok yang keras diikuti dengan keheningan karena pernapasan stop untuk sementara. Pada akhirnya, penderita akan terbangun dengan suara menarik napas yang keras. Pola napas ini terulang berkali-kali sepanjang malam, setidaknya lima kali setiap jamnya. Masalah ini dapat menimbulkan komplikasi seperti mengantuk pada siang hari, gangguan mood seperti sering frustasi atau marah, kesulitan berkonsentrasi, peningkatan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke, dan lainnya. Satu hal yang pasti, mengorok mengganggu pasangan yang tidur di sebelah kita. Perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi kebiasaan ini. 1. Pertahankan diet yang sehat serta berat badan ideal. Berat badan berlebih dapat menyebabkan mengorok. Jaringan lemak di sekitar le [...]

Kenali Kelainan Seksual Parafilia untuk Melindungi Diri

Kenali Kelainan Seksual Parafilia untuk Melindungi Diri

Beberapa pengidap kelainan seksual tertentu tidak segan melakukan aksinya di tempat umum dan di tengah keramaian. Sebagian lain tidak terlihat dari luar sehingga bisa jadi tetangga atau teman dekat Anda sendiri. Kenali kecenderungan mereka untuk melindungi diri Anda. Parafilia adalah sekelompok gangguan dorongan dan perilaku seksual yang menyimpang dan muncul secara berulang kali. Disebut menyimpang karena hasrat dan perilaku ini umumnya melibatkan suatu bentuk aktivitas, orang lain, benda, ataupun situasi yang pada orang normal tidak merangsang secara seksual. Mengenali berbagai jenis kelainan seksual parafilia ini dapat membuat Anda lebih waspada, mampu mengantisipasi, dan barangkali membantu pengidapnya untuk sembuh. Berikut beberapa jenis kelainan seksual paraphilia yang umum terjadi di tengah masyarakat. Pedofilia Orang dengan pedofilia memiliki fantasi, ketertarikan, ataupun perilaku seksual menyimpang yang dilakukan terhadap anak kecil kurang lebih 13 tahun atau lebih muda. Perilaku ini meliputi mengajak anak untuk melihat si Pelaku melakukan masturbasi, mengajak anak untuk telanjang, menyentuh organ kelamin anak, atau bahkan melakukan aktivitas seksual kepada anak. Sebag [...]

Wajah Kembali Muda dengan Metode PRP

Wajah Kembali Muda dengan Metode PRP

Oleh: Poppy Arifin Akhir-akhir ini sering muncul iklan dari klinik-klinik kecantikan yang marak menawarkan terapi terbaru, yakni dengan menggunakan darah yang disebut Platelet Rich Plasma (PRP). Terapi ini ditujukan mencegah terjadinya penuaan pada kulit muka. Sebenarnya apakah PRP itu?Darah terdiri dari cairan yang disebut plasma dan juga komponen kecil dan padat seperti sel darah merah, sel darah putih, dan platelet. PRP merupakan plasma darah yang kaya akan platelet, mengandung berbagai macam faktor pertumbuhan (growth factor) dan sitokin. Kulit yang cantik, halus,mulus dan lembut di tunjang oleh adanya serat kolagen . Seiring pertambahan usia, elastisitas kolagen tersebut akan menurun sehingga kulit akan terlihat kendur dan timbul keriput. Penambahan growth factor pada kulit yang mulai menua, dapat meningkatkan pertumbuhan kulit, meningkatkan elastisitas jaringan kolagen dan memacu proses regenerasi sel. Proses pengerjaan PRP dilakukan dengan cara mengambil darah melalui intravena sebanyak 30-60ml (sesuai kebutuhan). Sampel darah yang telah dimasukkan ke dalam tabung yang kemudian disentrifugasi (diputar dengan kecepatan tinggi dalam mesin khusus), sehingga akan memisahkan pla [...]

Jadikan Ini Sebagai Pedoman Cemilan Sehat Untuk Anak

Jadikan Ini Sebagai Pedoman Cemilan Sehat Untuk Anak

Banyaknya kegiatan anak, mulai dari bersekolah hingga bercengkerama dengan teman-temannya, menyebabkan ia membutuhkan porsi makanan yang mampu menyediakan asupan energi yang cukup. Untuk itu, selain asupan dari makanan utama, kita juga perlu memberikan cemilan sehat untuk anak. Cemilan sehat untuk anak perlu disiapkan untuk memberikan bahan bakar yang cukup bagi mereka menjalani aktivitas yang padat. Berkat cemilan sehat, tingkat energi dan pikiran bisa tetap terjaga. Umumnya, anak-anak menyukai cemilan yang didominasi oleh kandungan lemak, gula, dan garam. Untuk mengalihkan kegemaran anak dari jenis cemilan semacam itu, orang tua harus melakukannya secara bertahap. Perubahan secara bertahap ini akan memudahkan mereka dan termasuk Anda sendiri dalam mengubah kebiasaan anak. Tujuannya adalah agar anak dapat merasakan perubahan tanpa mereka sadari. Mulailah dengan membatasi asupan cemilan untuk anak, misalnya menjadi hanya dua kali sehari, pagi satu dan sore satu. Jangan lupa untuk mengawasi jumlah makanan ringan yang dikonsumsi. Anak-anak biasanya menyukai cokelat yang sayangnya mengandung banyak lemak dan gula. Oleh sebab itu, usahakan agar mereka tidak terlalu banyak mengonsumsi [...]

Anggapan yang Salah Tentang Kanker

Anggapan yang Salah Tentang Kanker

Percaya atau tidak, tidak sedikit persepsi yang berkembang salah mengenai penyakit kanker di antara kita. Kanker begitu ditakuti sampai-sampai disalahartikan, apa saja anggapan-anggapan yang salah? Beberapa anggapan umum yang kurang tepat mengenai kanker diantaranya, "jangan sampai kena kanker deh, belum ada obatnya," atau "eh awas kanker itu menular, jangan dekat-dekat orang yang kena kanker," dan masih banyak lagi anggapan yang salah. Ketahuilah, anggapan-anggapan yang ada tersebut tidak benar adanya. Bahkan sedikit banyak malah merugikan penderita kanker. Dimana dalam posisi sejatinya justru seharusnya kita berikan dukungan. Berikut beberapa yang paling umum keluar:, klik 'next' untuk selanjutnya. Anggapan #1: ?Jangan Sampai Deh Saya Kena Kanker, Sudah Pasti Meninggal karena Belum Ada Obatnya? Salah dan tidak benar. Begitu banyak jenis kanker yang ada dan untuk setiap jenisnya sudah ada pengobatannya! Kemoterapiadalah pengobatan kanker dengan meminum obat yang mengandung zat kimia yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Radioterapi adalah pengikisan kanker menggunakan teknik penyinaran. Radioterapi sering disalahartikan sebagai kemoterapi [...]

Ini Dia, 3 Makanan Berlemak Kaya Nutrisi

Ini Dia, 3 Makanan Berlemak Kaya Nutrisi

Siapa bilang popcorn hanya akan membuat ukuran pinggang Anda bertambah besar? Sebuah studi menungkapkan bahwa ada tiga makanan berlemak yang kaya nutrisi. Apa sajakah itu?Sayuran dan buah kerap kali menjadi solusi untuk dapatkan asupan nutrisi lengkap. Namun ternyata, ada tiga camilan lezat (dan berlemak) yang kaya akan nutrisi. Ini dia tiga camilan tersebut, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Keju cheddarMenurut ahli gizi, Deepshikha Agarwal, "Keju adalah sumber kalsium, dan juga merupakan sumber fosfor yang baik untuk gigi dan tulang yang kuat. Selain itu keju juga mampu meningkatkan kinerja otak anak."Kandungan zinc yang terkandung di dalam keju baik untuk kulit, kekebalan tubuh dan kesuburan. Selain itu, riboflavin, vitamin B12 dan vitamin A berguna untuk kesehatan mata dan memberikan tambahan energi. Satu potong keju setelah makan akan menetralisasi kadar asam di mulut dan meningkatkan produksi air liur yang membantu mencegah kerusakan gigi. Namun jangan lupakan kandungan lemak yang tinggi di dalam keju, jangan mengonsumsinya secara berlebihan.2. Selai kacangCamilan ini merupakan sumber protein dan serat yang sangat baik untuk kesehatan usus dan juga mengandung fol [...]

Waktu Tepat untuk Menyikat Gigi

Waktu Tepat untuk Menyikat Gigi

Perawatan gigi yang baik dimulai dari tepat waktu untuk menyikat gigi. Penyikatan gigi di pagi hari dapat dilakukan setelah sarapan. Ada baiknya diberi jarak kira-kira 1/2 jam antara sarapan dengan menggosok gigi terutama bila saat sarapan Anda mengkonsumsi makanan yang asam atau yang mengandung karbohidrat. Hal ini dikarenakan pada saat makan, pH air liur Anda turun sehingga keasaman dalam mulut meningkat. Penyikatan gigi yang dilakukan pada saat kondisi mulut asam berpotensi lebih besar untuk mengerosi atau mengabrasi gigi, ditambah lagi pasta gigi umumnya bersifat abrasif. [...]

Kurangi Risiko Sakit Jantung dengan Susu Cokelat

Kurangi Risiko Sakit Jantung dengan Susu Cokelat

Jika Anda ragu meminum susu cokelat karena takut gemuk, cobalah untuk memikirkannya lagi. Meminum susu cokelat secara teratur ternyata bisa mengurangi penyakit peradangan atherosclerosis (plak yang menempel pada pembuluh darah yang memicu sakit jantung).Peneliti dari Spanyol menguji 47 relawan berusia 55 tahun ke atas yang berisiko terkena serangan jantung. Separuh relawan diberikan susu bubuk cokelat 20 gram yang dicampur dengan susu tanpa lemak (skim) untuk diminum dua kali sehari. Satu kelompok lagi, hanya mengonsumsi susu cokelat tanpa campuran susu skim.Setelah satu bulan dilakukan tes darah, hasilnya, partisipan yang hanya minum susu cokelat dua kali sehari selama 4 minggu mencatat penurunan risiko peradangan. Sementara kelompok yang minum susu cokelat ditambah skim tidak mengalami perubahan.Partisipan yang hanya minum susu cokelat juga mengalami kenaikan kadar kolesterol baik (HDL). Kajian tersebut telah dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Namun para peneliti mengakui masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut soal ini."Atherosclerosis adalah peradangan di pembuluh darah dalam kadar yang masih rendah. Tampaknya asupan cokelat secara reguler bisa [...]

Suka Minum Kopi Bisa Bikin Kecanduan Obat-obatan?

Suka Minum Kopi Bisa Bikin Kecanduan Obat-obatan?

Satu lagi penelitian yang mengungkap kegemaran orang minum kopi. Menurut peneltian dari Amerika, orang berusia muda yang suka minum kopi memiliki risiko kecanduan terhadap obat-obatan. Benarkah?Seperti yang dikutip dari Daily Mail, penelitian tersebut menemukan kesukaan seseorang pada kopi dan minuman berenergi bisa memprediksi bagaimana respon mereka pada obat-obatan seperti amfetamin dan kokain. Orang yang gemar minum kopi ternyata juga bisa dengan mudah menyukai obat-obatan tersebut.Walau hasil yang ditemukan cukup mengejutkan, peneliti menjelaskan bahwa tidak semua orang yang mengonsumsi kopi akan menjadi pecandu obat-obatan seperti kokain. Tetapi memang mereka yang suka minum kopi rentan terhadap efek obat-obatan terlarang itu.Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal 'Drug and Alcohol Dependence' tersebut melibatkan 22 responden. Para responden tersebut ditanya apakah mereka lebih memilih kafein ketimbang obat-obatan terlarang. Setelah itu, mereka diberi obat jenis amfetamin dan diminta untuk memberikan penilaian. Hasilnya, mereka yang suka kafein ternyata juga suka amfetamin tersebut."Orang-orang berbeda secara dramatis dalam cara mereka merespon obat. Sebagai con [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *