Apakah Batuk Lama Pasti Disebabkan oleh TBC?

Apakah-Batuk-Lama-Pasti-Disebabkan-oleh-TBC.jpg

Batuk merupakan respons fisiologis untuk membersihkan saluran napas dari lendir, infeksi, dan benda asing. Namun, batuk yang terus-menerus selama beberapa minggu atau bulan tentunya akan menjadi masalah kesehatan dan mengganggu kualitas hidup.

Batuk kronik terjadi jika keluhan batuk dirasakan lebih dari satu bulan. Hal tersebut bukan merupakan suatu diagnosis penyakit, tetapi merupakan gejala dari suatu penyakit yang mendasari.

Beberapa penyebab batuk kronik di antaranya adalah:

1. Alergi/Asma

Tidak semua orang memiliki asma, hanya mereka yang rentan terhadap alergen dan memiliki riwayat alergi. Umumnya gejala yang timbul berupa sesak napas dan mengi. Namun, beberapa pasien dapat mengeluhkan batuk-batuk lama dengan hasil tes fungsi paru yang normal. Pemicunya berupa udara dingin, polusi udara, serbuk sari, asap rokok, debu, dan sebagainya.

2. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

PPOK biasa terjadi pada laki-laki yang merokok dengan usia di atas 45 tahun. Pada PPOK, terjadi sumbatan dan radang pada saluran napas dan paru-paru yan menyebabkan produksi lender berlebihan. Produksi lendir yang berlebihan itu kemudian akan merangsang batuk.

Berikut penyebab batuk tak kunjung sembuh lainnya di halaman selanjutnya:

Apakah Batuk Lama Pasti Disebabkan oleh TBC?

3. Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan kronis pada saluran bronkus yang menyebabkan keluhan batuk berdahak dan sesak. Perokok lebih mudah terkena bronkitis.

4. Gastroesophageal reflux disease (GERD)

GERD merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. Gejala utamanya adalah rasa panas di dada dan rasa pahit di mulut. Asam lambung tersebut dapat terhirup ke paru-paru dan menyebabkan iritasi serta batuk.

5. Pertusis

Pertusis merupakan penyakit yang akut dan sangat menular, disebabkan oleh bakteri Bordetella Pertussis. Bakteri ini umumnya menginfeksi bayi dan anak-anak, namun bisa juga ditemukan pada orang dewasa. Gejala khas dari pertusis adalah batuk rejan dengan suara batuk yang keras/ tinggi dan bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Infeksi ini dapat dicegah dengan melakukan imunisasi DPT pada anak.

6. Tuberkulosis Paru (TBC)

TBC disebabkan oleh bakteri tahan asam yaitu Mycobacterium tuberculosis. Gejalanya berupa batuk berdahak, bisa disertai batuk darah, demam yang tidak terlalu tinggi, penurunan nafsu makan dan berat badan, berkeringat pada malam hari, dan sesak napas. Penyakit ini sangat menular dan mudah menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Diperlukan pemeriksaan dahak dan rontgen untuk mendiagnosa penyakit ini. Pengobatan TBC minimal 6 bulan, tergantung jenis bakteri dan kondisi pasien.

Berikut penyebab batuk tak kunjung sembuh lainnya di halaman selanjutnya:

Apakah Batuk Lama Pasti Disebabkan oleh TBC?

7. Obat-obatan

Obat anti hipertensi golongan ACE-inhibitor, contohnya captopril dapat memicu batuk kering.

Untuk mencari tahu penyebab batuk diperlukan wawancara medis yang mendetail, pemeriksaan fisik menyeluruh, dan pemeriksaan penunjang misalnya rontgen dada, pemeriksaan dahak, pemeriksaan darah, dan lain-lain.

Terapi batuk kronik pun harus didasarkan pada penyebabnya. Jika penyebab utamanya tidak diatasi, maka gejala batuk tidak akan berkurang. Jika Anda mengalami batuk-batuk lebih dari satu bulan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi dan terapi lebih lanjut.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Cara Mudah Untuk Mencegah Bekas Jerawat

4 Cara Mudah Untuk Mencegah Bekas Jerawat

Jerawat dan bekas jerawat adalah 2 masalah kulit yang seolah semakin tidak dapat dipisahkan. Mereka yang datang ke ruang praktik dokter karena masalah jerawat, seringkali kembali lagi, baik karena masalah jerawat yang membandel atau karena masalah bekas jerawat. Tidak semua orang merasa bahwa bekas jerawat adalah suatu masalah. Namun, untuk sebagian orang lainnya, bekas jerawat dapat menyebabkan masalah kepercayaan diri yang cukup serius. Sebenarnya, bekas jerawat dapat dicegah dengan cara-cara yang mudah. Berikut ini adalah rekomendasi dari American Academy of Dermatology mengenai cara mudah untuk mencegah munculnya bekas jerawat pada kulit berjerawat. Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat Obati Jerawat Anda Semakin sedikit jerawat yang Anda miliki, semakin kecil kemungkinan Anda untuk memiliki bekas jerawat. Mengobati jerawat sangat penting untuk mencegah jaringan parut, terutama jika: Jerawat parah (kista dan nodul): Jerawat jenis ini lebih mungkin untuk meninggalkan bekas luka setelah jerawatnya teratasi. Jerawat yang mulai muncul pada usia muda: jerawat yang muncul di masa praremaja sering berkembang menjadi jerawat yang parah dalam beberapa tahun. Di [...]

Bisakah Aroma Tak Sedap Pada Miss V Dihilangkan?

Bisakah Aroma Tak Sedap Pada Miss V Dihilangkan?

Merawat organ intim adalah hal yang patut dilakukan oleh setiap orang, terlebih lagi para wanita. Dengan membersihkannya secara rutin, organ tubuh yang letaknya 'tersembunyi' itu akan tetap terjaga sepanjang hari.Tetapi yang menjadi masalah adalah ketika vagina mulai mengeluarkan aroma tidak sedap, para wanita mulai khawatir dan berpikiran bahwa telah terjadi sesuatu pada area genitalnya. Maka tak heran mereka rajin membersihkan vagina dengan sabun pembersih kewanitaan dan berharap aroma yang kurang menyenangkan itu bisa hilang.Diterangkan oleh dr. Febriansyah Darus, Sp.OG, setiap wanita memiliki aroma 'khas' yang berbeda-beda. Kondisi vagina yang normal akan memiliki aroma kesturi, terkadang seperti bau darah saat sedang mengalami menstruasi.Tetapi ada pula aroma yang cenderung amis seperti bau ikan asin dan cenderung menyengat. Salah satu penyebab aroma tak sedap ini bisa diakibatkan karena infeksi yang terjadi di dalam vagina. Tetapi jangan dulu khawatir, dokter lulusan fakultas kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang ini mengatakan, aroma tak sedap itu bisa diminimalisir."Kalau aroma tak sedap itu disebabkan karena infeksi, ketika infeksinya mulai mereda, baunya akan hila [...]

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Botox

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Botox

Oleh: dr. Nadia Octavia Flek-flek hitam, kerutan, cekungan pada wajah merupakan efek normal dari penuaan (dan tentu saja paparan sinar matahari). Ketika berurusan dengan kerutan, salah satu jawabannya yang tentu tidak asing lagi adalah botox. Sebelum Anda menggunakannya, Anda perlu mengetahui beberapa fakta berikut: Botox dan keracunan makananTahukah Anda bahwa botulinum toxin A atau yang lebih dikenal dengan botox merupakan neurotoksin yang diproduksi oleh bakteri Clostridium Botulinum? Bakteri? Ya. Toksin yang dikeluarkan oleh bakteri tersebut dapat menyebabkan botulism, yaitu suatu kondisi paralisis atau kelumpuhan. Salah satu jenis botulism menyebar melalui makanan yang tidak diproses sempurna. Bakteri ini juga sering terdapat pada debu dan tanah. Bakteri ini memproduksi neurotoksin, yaitu substansi yang merusak jaringan saraf. Racun ini yang biasa digunakan pula oleh kalajengking dan tarantula untuk membunuh mangsanya. Pada manusia, botulism dapat menyebabkan kelemahan otot, gangguan penglihatan dan ptosis. Botox dan paralisisTerdapat 7 jenis toksin botulinum, yang diidentifikasikan dengan huruf A hingga G. Botulinum toxin atau botox yang biasa digunakan untuk [...]

Jangan Abaikan Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

Jangan Abaikan Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

Menatap layar komputer terlalu lama bisa membuat mata tegang serta lelah. Sakit, terasa kering tapi sering berair, mata terasa berat yang disertai sakit pada punggung, bahu dan leher merupakan beberapa ciri mata Anda mengalami kelelahan.Selain menatap komputer dalam waktu lama, penyebab lain mata lelah adalah stres di tempat kerja, pola makan tidak sehat, kurang minum juga kekurangan vitamin B12, D dan K. Mata yang sering lelah juga bisa dikarenakan faktor genetik atau keturunan.Mata lelah kerap disepelekan oleh penderitanya, padahal jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan penurunan fungsi mata, misalnya rabun jauh. Untuk menjaga mata tetap sehat meskipun harus berlama-lama di depan layar komputer, ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan.1. Banyak BerkedipBiasakan untuk mengedipkan mata. Saat tidak ada ketegangan, mata akan berkedip secara otomatis setidaknya 10-12 menit kali per menit. Orang yang menderita masalah penglihatan biasanya cenderung jarang berkedip. Akibatnya, mata terbuka lama dan mengakibatkan mata tegang, kering dan lelah. Lakukan aturan berkedip serba 20 untuk mata. Setiap 20 menit, pengguna komputer harus berhenti selama 20 detik dan melihat objek lain se [...]

Botox Bisa Hilangkan Kemampuan Berempati

Botox Bisa Hilangkan Kemampuan Berempati

Botox kerap digunakan untuk mencegah keriput di wajah. Tapi berhati-hatilah terhadap efek sampingnya. Menurut sebuah penelitian, botox bisa menghilangkan kemampuan berempati seseorang.Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal 'Social Psychology and Personality Science'. Penelitian itu menemukan bahwa botox tidak hanya membuat otot-otot wajah jadi mati rasa, tetapi juga membuat Anda tidak peka terhadap emosi orang lain.Menurut David Neal, profesor psikologi dari University of Southern California, "jika sinyal otot dari wajah ke otak dibasahi, Anda jadi kurang bisa membaca emosi. Kita bisa mengidentifikasi emosi dengan cara meniru ekspresi wajahnya. Jadi ketika kita tidak bisa meniru ekspresi seseorang karena botox, maka ia akan sulit memahami emosi seseorang."Neal dan tim penelitiannya membandingkan efek botox dengan Restylane (trend terbaru dalam bidang operasi plastik yang menggunakan asam hyaluroic dalam tubuh, khususnya jaringan tubuh). Hasil yang ditemukan,"ketika otot-otot wajah basah, Anda buruk terhadap persepsi emosi, dan ketika otot-otot wajah diperkuat, Anda justru lebih baik terhadap persepsi emosi."Penelitian Neal ini tampaknya saling [...]

7 Tips Atasi Ngorok

7 Tips Atasi Ngorok

Bagaimana tidur Anda semalam? Apakah nyenyak atau Anda terganggu dengan ngorok mitra ranjang Anda? Kebiasaan mendengkur atau mengorok tidak hanya mengganggu orang yang tidur di samping kita. Tapi juga dapat mengganggu kesehatan sang pengorok itu sendiri. (Baca: Mengorok Berpotensi Kematian) Sekitar 75% orang yang mendengkur ketika tidur mengalami obstructive sleep apnea yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Ikuti tips-tips di bawah ini yang dapat membantu Anda menghentikan timbulnya dengkuran. 1. Ubah posisi tidur Saat tidur terlentang, pangkal lidah jatuh ke dinding belakang kerongkongan, menyebabkan suara bergetar ketika tidur. Tidur dengan posisi miring dapat membantu mencegah hal ini terjadi. Jika dengan perubahan posisi masih terdapat dengkuran, mungkin sudah ada obstructive sleep apnea. 2. Turunkan berat badan Penurunan berat badan dapat membantu beberapa orang dengan kebiasaan tidur mendengkur. Peningkatan lemak pada daerah leher menekan diameter internal kerongkongan, sehinga lebih mungkin tertutup dan menyebabkan suara dengkuran. (Baca: Perlukah Menurunkan Berat Badan?) 3. Hindari konsumsi alkohol Alkohol dan sedative mengurangi tonus istirahat otot bagian belakan [...]

Hati-hati, Pakai Bra Kekecilan Bisa Sebabkan Sakit Punggung!

Hati-hati, Pakai Bra Kekecilan Bisa Sebabkan Sakit Punggung!

Mengenakan ukuran bra yang salah, tidak hanya dapat membuat penampilan payudara jadi tak karuan. Bra yang kekecilan bisa memicu terjadinya sakit pada punggung. Kok bisa?"Hampir 70 persen wanita menggunakan bra dengan ukuran yang salah dan kebanyakan dari mereka mengeluh sakit punggung dan mengalami disfungsi segmen pada tulang belakangnya," kata pakar kesehatan Dr Andrew Kirschner, seperti yang dikutip dari Glamour.Ditambahkan Andrew, banyak wanita yang menyepelekan masalah bra dan tidak pernah menyesuaikan dengan ukuran payudara sebenarnya. Mereka pikir, mengenakan bra dengan ukuran yang lebih kecil bisa membuat penampilan semakin seksi."Ukuran yang sekarang dipakai biasanya adalah ukuran beberapa tahun yang lalu, padahal payudara wanita umumnya membesar seiring bertambahnya umur, terutama setelah memiliki anak. Wanita jarang melakukan re-fitting ukuran atau bentuk bra, padahal aktivitas yang berbeda memerlukan bra yang beda pula," tutur Andrew.Untuk itu, Andrew menyarankan agar para wanita memakai bra yang sesuai (tidak kekecilan atau kebesaran) serta menanyakan pada pakar kesehatan mengenai bra seperti apa yang cocok untuk aktivitas tertentu."Jangan karena ingin payudaranya y [...]

Awas, Racun Ada di Mana-mana!

Awas, Racun Ada di Mana-mana!

Hampir semua produk perawatan (consumer product) yang tersedia ternyata mengandung bahan kimia dan pengawet. Bagaimana kita harus menyikapinya? Hampir setiap hari kita terpapar oleh risiko dari bahan-bahan kimia yang kita telan, hirup, atau oles di kulit. Hal ini mengundang perhatian para aktivis lingkungan, ilmuwan, hingga orang biasa yang khawatir dengan efek samping bahan pengawet. "Boleh dibilang semua produk perawatan mengandung bahan beracun. Kebanyakan memang dalam jumlah sangat kecil untuk menimbulkan bahaya kesehatan. Tetapi, terkadang paparan dalam jumlah sedikit juga bisa mendatangkan dampak yang besar," kata Alan Greene, MD, guru besar klinis bidang anak dari Stanford University dan penulis buku Raising Baby Green. Ironisnya, karena produk-produk tersebut dianggap aman, penggunaannya pun tak terkendali. "Setiap hari kita terpapar oleh berbagai bentuk bahan kimia, padahal kita belum tahu apa dampaknya bagi kesehatan," kata Rebecca Sutton, PhD, senior ilmuwan dari Environmental Working Group. The Center for Disease Control (CDC), lembaga pengawasan penyakit AS, saat ini tengah memonitor kadar bahan-bahan kosmetik dan produk perawatan lain dalam darah yang dilakukan secara [...]

Buket Cantik Ini Tidak Terbuat dari Bunga, Tapi Sayuran Hijau

Buket Cantik Ini Tidak Terbuat dari Bunga, Tapi Sayuran Hijau

Buket berisi bunga, itu sudah biasa. Nah, buket yang satu ini terbilang unik. Bukan terbuat dari bunga melainkan sayur-mayur. Diprediksi, karangan bunga yang didominasi warna hijau ini akan menggantikan popularitas mawar merah sebagai buket yang paling cocok untuk merayakan hari Valentine.Buket berisi sayuran hijau ini dikembangkan oleh para petani di Lincolnshire, Inggris. Mereka mengawinkan bibit sayuran kubis dan kecambah Brussel menjadi satu jenis tanaman baru. Hasilnya, warna sayuran tidak hanya hijau tapi juga bergradasi ungu hingga hijau terang dan kekuningan. Dihargai 35 poundsterling atau sekitar Rp 700 ribuan per buah, buket sayuran ini disebut-sebut jauh lebih murah dibandingkan buket dari bunga mawar. Selain itu, buket unik ini bisa ditanam kembali di dalam pot dan Anda akan mendapatkan sayuran yang bisa diolah jadi salad maupun makanan lainnya.Kreasi buket dari sayuran ini diprakarsai oleh Produce World Group, salah satu supplier sayuran segar berkualitas tinggi terbesar di Inggris. Produce World Group telah lama melakukan uji coba untuk menghasilkan varietas tanaman baru dengan bentuk dan warna yang lebih indah. Varietas baru ini diharapkan bisa menambah pilihan sa [...]

Langkah Mengatasi Wasir Pada Anak

Langkah Mengatasi Wasir Pada Anak

Selain orang dewasa, wasir juga bisa menyerang anak-anak. Penyebabnya macam-macam, mulai dari obesitas, duduk terlalu lama, kekurangan makanan berserat tinggi, serta diare kronis. Pada anak, penyebab utamanya adalah sembelit yang dikarenakan oleh kurangnya serat dari sayur atau buah. Untuk mengatasinya, lakukan langkah-langkah berikut kepada anak: Langkah 1 Cuci dan bersihkan daerah anus dengan air hangat. Hati-hati dengan sabun karena dapat membuat iritasi. Keringkan dengan alat pengering rambut. Berikut penjelasan langkah berikutnya: Berikut penjelasan langkah berikutnya: Langkah 2 Bantu anak merendam daerah anus yang terkena wasir di air hangat selama 10 hingga 15 menit. Lakukan sebanyak dua-tiga kali sehari. Jangan lupa, keringkan dengan alat pengering rambut. Langkah 3 Instruksikan anak, atau bantu dia untuk membersihkan daerah anus dengan tisu bayi yang polos dan tanpa wewangian setelah buang air besar. Langkah 4 Kompres anus dengan es dingin. Berikut penjelasan langkah berikutnya: Berikut penjelasan langkah penanganan wasir pada anak berikutnya: Langkah 5 Konsultasi kepada dokter tentang penggunaan obat atau salep wasir yang te [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *