Apakah Minuman Manis Dapat Sebabkan Depresi

drink.jpg

Dalam studi terbaru yang dipresentasikan pada bulan Maret di pertemuan tahunan American Academy of Neurology yang ke-65 di San Diego, orang yang minum minuman manis – termasuk soda, fruit punch, dan es teh manis secara teratur – memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena depresi.

Penelitian tersebut melibatkan 264.000 orang di atas usia 50 tahun yang terdaftar dalam AARP untuk studi diet dan kesehatan. Para partisipan ditanya tentang kebiasaan minum mereka sebagai bagian dari survei diet rinci. Sekitar 10 tahun kemudian mereka ditanya apakah mereka telah didiagnosis mengalami depresi selama dekade sebelumnya.

Hasil analisis menunjukkan bahwa orang yang minum lebih dari empat cangkir atau kaleng soda diet sehari memiliki risiko sekitar 30% lebih tinggi mengalami depresi selama masa tindak lanjut dibandingkan mereka yang tidak minum. Mereka yang minum soda secara teratur memiliki risiko 22% lebih tinggi.

Minum kopi, bagaimanapun, dikaitkan dapat menurunkan risiko depresi sebesar 10%.

Diet minum minuman manis-tampaknya terkait dengan risiko depresi yang sedikit lebih tinggi secara keseluruhan dari minum minuman bergula.

Para peneliti mengatakan temuan ini menunjukkan bahwa mengurangi minuman manis atau mengganti sepenuhnya minuman tersebut dengan minuman non-manis dapat membantu menurunkan risiko depresi.

Tapi seorang ahli yang mengkaji temuan mengatakan, penelitian tersebut gagal untuk meyakinkan dia bahwa minum minuman manis dapat meningkatkan risiko depresi.

Dia mencatat bahwa ada bukti yang menunjukkan bahwa orang yang mengalami depresi atau memiliki risiko tinggi untuk depresi mencari makanan manis dan minuman sebagai cara menenangkan diri.

“Ada bukti lebih banyak bahwa orang yang mengalami depresi menginginkan hal-hal manis daripada menunjukkan bahwa minuman manis tersebut dapat menyebabkan depresi,” ujar neurolog Kenneth M. Heilman, MD. Heilman adalah profesor neurologi di University of Florida College of Medicine di Gainesville, seperti dilansir di WebMD.

Para peneliti mencatat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan tersebut. Mereka juga mengingatan bahwa orang yang yang memiliki depresi harus terus mengkonsumsi semua obat yang telah diresepkan oleh dokter mereka.

“Intinya adalah bahwa Anda tidak pernah dapat menunjukkan sebab dan akibat dalam penelitian seperti ini,” katanya. “Dengan memberitahu orang-orang untuk mengurangi minuman manis, mungkin akan mengurangi resiko depresi Anda atau berdampak tidak ada atau memiliki efek berlawanan dan membuat depresi menjadi lebih parah.”

Penelitian ini didukung oleh Intramural Research Programs of the National Institutes of Health, the National Institute of Environmental Health Sciences, dan the National Cancer Institute.[]

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Konsumsi Tomat yang Dimasak Tiap Hari Bisa Kurangi Risiko Sakit Jantung

Konsumsi Tomat yang Dimasak Tiap Hari Bisa Kurangi Risiko Sakit Jantung

Tomat yang dimasak atau telah mengalami proses pemanasan ternyata memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik ketimbang tomat segar. Penelitian terbaru membuktikan, satu atau dua sendok saus tomat segar bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.Seperti dikutip dari Daily Mail, penelitian yang dilakukan University of Verona ini mengikutkan 20 pria sebagai partisipan. Setengah dari mereka diberi makanan yang disertai dengan saus tomat, sementara kelompok lainnya tidak.Percobaan dilakukan berdasarkan teori bahwa 80 gram saus tomat bisa mengurangi efek buruk dari makanan tinggi lemak yang berada di sepanjang pembuluh darah. Saus tomat juga membantu mencegah disfungsi endothelial (kondisi yang memicu atherosclerosis, atau penyumbatan lemak pada pembuluh arteri). Kuncinya ada pada lycopene, antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Kandungan lycopene akan meningkat ketika tomas dimasak atau melalui proses pemanasan.Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari tomat, Anda bisa mengolahnya dengan cara dipanggang, rebus, kukus, tumis atau dijadikan saus/puree tomat segar. Selain baik untuk jantung, tomat juga berkhasiat sebagai tabir surya alami bagi kulit.Dalam percobaan yang dil [...]

Kisah Pria Tuna Netra yang Sukses Ikut 17 Kali Maraton

Kisah Pria Tuna Netra yang Sukses Ikut 17 Kali Maraton

Memiliki kekurangan fisik tidak bisa melihat bukan menjadi penghalang untuk Richard Bernstein melakukan aktivitas olahraga favoritnya yaitu berlari. Sampai saat ini pria 40 tahun itu sudah 17 kali mengikuti maraton dan triatlon. Maraton yang dilakukannya itu bukan hanya sekadar untuk menyehatkan tubuhnya, tapi ada satu tujuan yang ingin dicapainya untuk kesejahteraan para penyandang disabilitas.Sehari-harinya, Richard berprofesi sebagai pengacara. Dia kerap menangani kasus yang memperjuangkan hak penyandang disabilitas. Berbasis di Detroit, Amerika Serikat, dia sudah banyak terlibat pada kasus-kasus hukum terkait perjuangan hak tersebut. Kasus-kasunya itu tidak sedikit yang berdampak ke seluruh negeri. Salah satunya adalah ketika Detroit harus memperbaiki dan membuat lift khusus untuk pengguna kursi roda di bus umum."Apa yang terjadi di kota tempatku tinggal di Detroit, orang-orang disabilitas, khususnya para veteran, tidak bisa menggunakan bus umu. Bukan lagi hal umum untuk mereka menghabiskan waktu sepanjang sore di terminal bus. Sekitar 50% bus yang beroperasi lift khusus untuk pengguna kursi rodanya rusak," katanya seperti dikutip ABC.Richard sangat prihatin karena lift khus [...]

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

Minyak kelapa sering dijadikan sebagai perawatan tubuh. Di antaranya untuk melembabkan kulit tubuh dan rambut. Bukan hanya memiliki manfaat kecantikan, minyak kelapa juga bermanfaat bagi tubuh.Apa saja manfaatnya? Seperti dikutip dari iDiva, berikut ini beberapa manfaat dari minyak kelapa.Membangun imunitasAsam laurat adalah asam lemak yang bermanfaat bagi kesehatan. Satu-satunya sumber berlimaph asam laurat ditemukan dalam ASI. Dalam minyak kelapa pun terkandung asam laurat, dengan asam laurat, sistem kekebalan tubuh atau imun akan berkembang. Asam lemak yang terkandung juga mudah diserap oleh tubuh manusia dan langsung memberikan energi pada tubuh.Kandungan tidak hilang ketika di masakMinyak kelapa sangat stabil untuk dimasak, tidak perlu pemurnian. Kandungan minyak kelapa tidak akan berubah pada panas tinggi dan manfaatnya tetap sama ketika dalam proses pemasakan.Berat badan idealMinyak kelapa juga dapat membantu untuk mencapai berat badan yang ideal. Tidak hanya mempercepat metabolisme tubuh dengan mendorong sistem tubuh untuk membakar lemak menjadi energi yang tersimpan, namun juga dapat membersihkan pencernaan dari sisa-sisa kotoran yang berbahaya.Anti-bakteriMinyak kelapa [...]

Depresi Dapat  Berisiko Demensia

Depresi Dapat Berisiko Demensia

Peneliti baru menunjukkan, depresi berisiko mengundang demensia di masa depan. Terdapat dua penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology Amerika menyatakan, demensia dan depresi ditemukan kesamaan angka penderita demensia dari penderita depresi tahun-tahun sebelumnya. Walau demikian belum terungkap penyebabnya secara langsung dua korelasi tersebut, dan masih diperlukan lebih banyak studi lagi untuk mengetahui mengapa dua kondisi yang terkait terjadi. Mereka percaya bahwa faktor bahan kimia dalam makanan dan gaya hidup tidak sehat seperti diet, sangat memegang peran penting terhadap terjadinya depresi. Menurut Dr. Jane Saczynski dari Universitas Massachusetts, meskipun terlihat jelas depresi menyebabkan demensia, ada sejumlah kemungkinan depresi mempengaruhi risiko demensia lebih tinggi lagi. ?Radang jaringan otak yang terjadi ketika seseorang ditekan mungkin berpengaruh terhadap demensia. Protein tertentu yang ditemukan di otak yang meningkatkan depresi juga dapat meningkatkan risiko demensia berkembang,? ujarnya sebagaimana terkutip pada laman BBC Health. Studi yang diikuti 949 orang tua selama 17 tahun, menunjukkan demensia lebih sering mengikuti perkembangan depresi. Pada [...]

Ini Alasan Main Smartphone di Malam Hari Bisa Sebabkan Insomnia

Ini Alasan Main Smartphone di Malam Hari Bisa Sebabkan Insomnia

Kebiasaan memainkan smartphone di malam hari bisa mengganggu jadwal tidur bahkan menjadi pemicu insomnia. Para penggila smartphone, tablet atau gadget elektronik memiliki risiko lebih tinggi terkena gangguan tidur karena sejumlah faktor.Pertama, ketika seseorang terekspos cahaya dari layar gadget maka produksi melatoninnya akan berkurang. Hormon ini bertugas mengatur hormon-hormon lain dan menjaga ritme sirkadian (siklus 24 jam dalam proses fisiologis untuk menentukan pola tidur dan pola makan) dan memberitahu tubuh bahwa inilah saatnya tidur. Ketika stabilitas hormon melatonin terganggu maka akan lebih sulit bagi seseorang untuk tertidur dengan nyenyak. Anne-Marie Chang, asisten profesor kesehatan perilaku tidur (bio-behavioural) di Penn State menyatakan bahwa sebagian besar perangkat elektronik memancarkan cahaya yang dinamakan 'short wavelength enriched'. Konsentrasi cahayanya lebih tinggi dari cahaya biru dan berbeda dari cahaya lampu ruangan atau lampu tidur biasa.Cahaya itulah yang sangat memengaruhi pola tidur dan ritme sirkadian pada manusia. Dalam sebuah penelitian kecil, Chang mengobservasi 12 orang dewasa selama dua minggu dan membandingkan kebiasaan mereka di malam h [...]

Kenapa Pusing Setelah Olahraga?

Kenapa Pusing Setelah Olahraga?

Pernahkah Anda mengeluh sakit kepala setelah olahraga? Bukankah seharusnya olahraga mengurangi sakit kepala? Kenapa bisa sakit kepala setelah olahraga? Apakah itu gejala penyakit? Atau sesuatu yang normal? Berikut penjelasannya. Nyeri kepala yang muncul setelah olahraga disebut sebagai effort migraine atau exercise related migraine. Pada saat olahraga terjadi pelebaran pembuluh darah yang dapat menyebabkan teregangnya saraf dan menghasilkan nyeri. Jika hal ini terjadi, bukan berarti Anda harus berhenti olahraga. Effort migraine biasanya disebabkan oleh olahraga yang terlalu berlebihan atau olahraga ekstrim. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit kepala setelah berolahraga: Tips Mencegah Pusing Setelah Olahraga Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit kepala setelah berolahraga: 1. Pemanasan Pemanasan penting untuk mencegah sakit kepala pasca olahraga karena membuat tubuh bekerja secara bertahap. 2. Mulai dari intensitas ringan Jangan lakukan olahraga intensitas tinggi secara mendadak, selalu mulai dari intensitas ringan kemudian bertahap naik. Olahraga angkat beban merupakan salah satu [...]

8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker

8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker

8 Tips Menghindari Kanker. Kanker adalah kata yang sungguh menakutkan. Begitu mendengar kata itu yang terbayang adalah kematian, umur yang pendek, penderitaan panjang, tabungan terkuras habis. Kalau memang menakutkan, apakah kita pernah berpikir untuk mencegahnya? Bagaimana cara pencegahannya? Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker #1 1. Hentikan Tembakau Risiko terkena kanker paru-paru meningkat 23 kali pada laki-laki dan 13 kali pada wanita yang merokok. Tembakau meningkatkan risiko kanker mulut, bibir, pankreas, pita suara, cerviks, kandung kemih dan ginjal. Terbukti bila para perokok berhenti merokok dalam sehari maka risiko untuk terkena kanker dapat hilang. Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker #2 2. Kurangi Paparan Sinar Matahari Bila Anda berkulit putih, dan saat terkena matahari kulit Anda mudah terbakar menunjukkan bahwa kandungan melanin di kulit Anda sedikit. Kulit terbakar ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit jenis melanoma. Melanoma carcinoma (Kanker kulit) Beberapa tips penting yang perlu diingat adalah hindari paparan sinar matahari pukul 10.00?15.00, gunakan baju yang menutupi daerah yang akan terpapar sinar matahari, gunakan kacamata hitam [...]

Cegah Risiko Sakit Jantung dengan Makan Kacang

Cegah Risiko Sakit Jantung dengan Makan Kacang

Kacang-kacangan tidak hanya berfungsi sebagai camilan tepat saat diet. Banyak manfaat lain yang bisa didiapat dari mengonsumsi kacang, salah satunya terhindar dari risiko penyakit jantung.Menurut para peneliti, kebiasaan memakan kacang-kacangan dapat menurunkan risiko penyakit jantung bagi penderita sindrom metabolik atau mereka yang memiliki kelebihan lemak perut, gula darah dan tekanan darah tinggi. Sindrom metabolik sejak lama dihubungkan dengan risiko berbagai penyakit mematikan di antaranya adalah diabetes, serangan jantung dan stroke, seperti dilaporkan Journal of Proteome Research.Peneliti, Cristina Andres-Lacueva dan koleganya dari unit nutrisi manusia di Rovira i Virgili University menjelaskan," Semakin meningkatnya obesitas di dunia berarti semakin banyak orang yang menderita sindrom metabolik."Untuk memerikasa manfaat dari mengonsumsi kacang, peneliti meminta 22 penderita sindrom metabolik untuk melakukan diet kacang-kacangan selama 12 minggu. Para peneliti membandingkan kelompok tersebut dengan 20 orang yang tak mengonsumsi kacang.Hasil dari penelitian itu menjelaskan bahwa kandungan serotonin adalah kuncinya. Serotonin dipercaya peneliti dapat membantu menurunkan ra [...]

6 Kebiasaan Wajib di Pagi Hari Agar Semangat Seharian

6 Kebiasaan Wajib di Pagi Hari Agar Semangat Seharian

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat Anda semangat menghadapi hari. Misalnya dengan melakukan beberapa hal ini. Seperti yang dikutip dari Times of India, berikut enam kebiasaan di pagi hari yang wajib dilakukan agar selalu fokus dan semangat.1. Melihat Warna TerangPara ahli mengatakan, warna terang dapat membuat mata lebih segar dan 'melek' ketika Anda bangun tidur di pagi hari. Anda akan merasakan adanya peningkatan energi secara tiba-tiba, yang membuat semangat sepanjang hari.Sebagai rekomendasi, cobalah menaruh benda seperti lampu meja, sarung bantal, atau bingkai foto berwarna oranye di samping tempat tidur. Untuk pilihan lainnya, Anda bisa memakai busana berwarna fuschia atau meminum jus jeruk saat sarapan.2. Hindari Menekan Tombol 'Snooze'Semakin sering Anda menekan tombol tunda pada alarm, maka Anda akan semakin tak bersemangat. Hal ini dikarenakan, ketika menekan tombol 'snooze' otak menyadari fakta bahwa Anda bisa tidur 5 menit lagi, sehingga otak cenderung masuk ke dalam mode tidur lelap, sekali lagi. Inilah yang membuat Anda lesu dan menguap sepanjang hari.3. Visualisasi Jadwal SeharianMenggambarkan rencana di benak, akan membuat Anda lebih fokus dan berse [...]

6 Gejala Medis yang Perlu Diwaspadai

6 Gejala Medis yang Perlu Diwaspadai

Tidak sedikit akhir-akhir ini banyak penderita penyakit degeneratif yang datang ke dokter justru sudah dalam kondisi sudah kronik. Sebut saja diantaranya seperti diabetes, osteoporosis, stroke, hipertensi dan masih banyak lagi. Sangat disayangkan temuan kondisi tubuh sulit disembuhkan kecuali dengan upaya keras pasien dan dokter serta izin Tuhan YMK. Hal ini banyak difaktori karena tidak sedikit juga pasien yang tidak menyadari telah muncul gejala-gejala penyakit tersebut sebelumnya, namun diabaikan karena kurangnya pengetahuan kesehatan ataupun rendahnya pemaknaan nilai kesehatan pada dirinya. Semua penyakit-penyakit tersebut dikenal memiliki sebagai ?silent killer?, karena munculnya seolah sekonyong-konyong tiba-tiba akut, padahal penyakit-penyakit tersebut sejatinya kronis dan lama mengintai. Namun jika Anda peduli dengan kesehatan Anda lebih dini, maka tetap lanjutkan membaca artikel ini, karena berikut ini adalah beberapa paparan gejala-gejala penyakit yang seringkali disepelekan namun fatal bak bom waktu, antara lain: Gejala yang Patut Diwaspadai: Beberapa gejala yang harus segera diwaspadai dan disikapi dengan tindak lanjut pemeriksaan oleh dokter: Ke [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *