Apakah Suplemen Herbal Aman?

Main-Banner-Apakah-Suplemen-herbal-aman.jpg

Oleh: dr. Nadia Octavia

Banyak beredar di pasaran produk suplemen yang menawarkan pilihan untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Diantaranya adalah produk-produk suplemen yang mengklaim sebagai murni berbahan aktif herbal. Amankah suplemen obat herbal bagi tubuh kita?

Berikut adalah aturan yang dikeluarkan oleh FDA (Food and Drugs Association) tentang pemilihan suplemen herbal yang aman:

  • Perusahaan yang memproduksi suplemen tersebut harus dapat memberikan bukti pendukung riset ilmiah yang membuktikan bahwa bahan-bahan yang terkandung dalam suplemen tersebut memang bermanfaat bagi kesehatan.
  • Perusahaan harus mengikuti regulasi yang ditetapkan agar suplemen yang diproses memenuhi kualitas standar, tidak mengandung bahan yang terkontaminasi seperti timbal atau pestisida dan bahan yang diproses sesuai standar dan jumlah yang tepat.

  • Berhati-hatilah dalam penggabungan konsumsi suplemen herbal dengan obat-obatan dari resep dokter karena dapat berpotensi membahayakan tubuh dan bahkan dapat mengancam jiwa. Oleh karena itu, selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen obat herbal.

Bagaimana mengetahui kandungan yang ada di dalam suplemen herbal?

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli dan pastikan hal-hal berikut tercantum pada label produk:

  • Nama dari suplemen herbal tersebut
  • Nama dan alamat perusahaan yang memproduksi
  • List lengkap bahan-bahan yang terkandung di dalamnya
  • Saran penyajian, jumlah dan bahan aktif

Bagaimana agar Anda mengetahui bahwa produk tersebut memang berkhasiat?

Jadilah konsumen yang cerdas dan kritis sebelum membeli suatu produk:

  • Tanyakan dan berkonsultasilah dengan dokter atau farmasi
  • Carilah temuan dan bukti riset ilmiah dari kandungan bahan suplemen tersebut
  • Hubungi dan kontak perusahaan atau distributor, tanyakan secara spesifik mengenai produk yang hendak Anda beli.

Siapakah yang tidak boleh mengonsumsi suplemen herbal?

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi suplemen herbal terutama jika:

  • Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu
    Sebagai contoh beberapa jenis tanaman dapat menyebabkan efek serius jika dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah, aspirin atau obat-obat hipertensi. Tanyakan kepada dokter Anda interaksi obat yang mungkin dapat terjadi.

  • Anda sedang hamil atau menyusui
    Obat-obatan apapun, baik obat herbal maupun dijual bebas atau dengan resep dokter, walaupun tampak aman bagi Anda dapat berpotensi membahayakan janin Anda.

  • Anda akan menjalani operasi
    Beberapa suplemen obat herbal dapat berpotensi menurunkan efektivitas obat anestesi dan komplikasi operasi yang serius seperti: perdarahan atau peningkatan tekanan darah.

  • Anda berumur kurang dari 18 tahun atau lebih dari 65 tahun
    Metabolisme obat pada manula berbeda dari orang yang berusia produktif. Sedangkan dosis aman suplemen obat herbal seringkali tidak disesuaikan dengan dosis aman yang dapat dikonsumsi anak-anak.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik suplemen obat herbal, (NO)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Jenis Makanan Yang Pantang Untuk Penderita Kolesterol

5 Jenis Makanan Yang Pantang Untuk Penderita Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu pengertian dimana banyak masyarakat beranggapan bahwa ini merupakan penyakit yang berbahaya. Namun pada dasarnya apa sih yang disebut dengan kolesterol?? Sebelum anda berasumsi lebih lanjut, maka simak ulasan tentang kolesterol sebagai berikut. Kolesterol merupakan salah satu zat yang diproduksi tubuh dengan jumlah tertentu yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dalam segi positifnya kandungan kolesterol memiliki fungsi yaitu untuk melakukan pertumbuhan dan membangun dinding sel, membuat asam empedu untuk mengemulsikan lemak, dan juga untuk membuat vitamin D dan beberapa fungsi yang lain. Namun kolesterol memiliki segi positif yang disebut-sebut sebagai penyakit kolesterol, hal ini diakibatkan dari kadar kolesterol dalam tubuh memiliki kadar yang berlebihan. Dengan kadar kolesterol yang berlebihan maka akan mengakibatkan timbulnya tumpukan plak yang dapat menghambat aliran darah sehingga menyebabkan serangan jantung atau stroke. Nah dalam hal ini dapat kita tau bahwa kolesterol patut dipahami dan dijaga kandungan dalam tubuh kita karena kolesterol merupakan zat penting yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Manusia memerlukan kandungan kolesterol d [...]

Lomba Lari Jadi Tren Gaya Hidup, Jangan Asal Ikut Sebelum Tahu Hal Ini

Lomba Lari Jadi Tren Gaya Hidup, Jangan Asal Ikut Sebelum Tahu Hal Ini

Olahraga lari kini tidak hanya menjadi aktivitas fisik untuk membuat tubuh bugar. Bermula dari didirikannya komunitas IndoRunners pada 2009, lari kini berkembang menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Ajang lomba marathon pun kian marak, sedikitnya ada dua hingga tiga perhelatan marathon yang diadakan setiap minggunya. Mulai dari 5K, 10K hingga 42K."Lomba lari kini sudah menjadi semacam bagian dari gaya hidup atau budaya orang Indonesia," tutur Reza Puspo, pendiri Indo Runners saat konferensi pers 'Road To Nutrilite Health Run 2015' di Bloeming Bar & Resto, fX Center, Jakarta Pusat, Kamis (26/3/2015). Lari memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari melangsingkan hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Namun lari merupakan aktivitas fisik berintensitas tinggi yang memerlukan tenaga lebih, ketahanan tubuh yang baik juga meningkatkan detak jantung. Bagi pemula khususnya yang jarang berolahraga, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai ikut lomba lari.Dokter spesialis kesehatan olahraga DR. (med) Dr. Carmen SY Jahja, Sportmed, menjelaskan saat olahraga akan terjadi peningkatan peran dan fungsi seluruh tubuh. Frekuensi detak jantung bertambah, juga terja [...]

5 Gejala Kanker yang Sering Kita Abaikan

5 Gejala Kanker yang Sering Kita Abaikan

Kanker merupakan penyakit yang cukup menyeramkan untuk kita dengar. Terkadang orang-orang yang menderita kanker baru menunjukkan gejala signifikan setelah kanker itu menyebar. Nah menurut sebuah studi Kanker di Inggiris menunjukkan bahwa ada sebanyak 5 gejala yang dapat menjadi pertanda awal kanker. 1. Batuk yang lama dan suara serak Batuk yang sering muncul dan hilang merupakan gejala yang sering kita temui dan berkaitan dengan alergi. Namun batuk yang lama tidak sembuh-sembuh dan diserati darah harus diwaspadai. Batuk yang lama dan disertai darah bisa saja merupakan tanda adanya kanker paru-paru, dan bisa dilakukan pemeriksaan xray untuk memastikan. Gejala kanker lainnya yang sering kita abaikan di halaman berikut. Gejala Kanker Lainnya yang Sering Disepelekan 2, Nyeri yang lama dan tidak dapat dijelaskan Kebanyakan nyeri bukan disebabkan oleh kanker, namun nyeri yang berlangsung lama harus segera dilakukan pemeriksaaan. Misalnya, Anda memiliki gejala nyeri kepala yang lama sekali, coba lakukan pemeriksaan, mungkin bukan sebuah kanker otak, namun ada baiknya segera dilakukan pemeriksaan. Nyeri yang lama pada daerah dada bisa juga merupakan tanda dari kank [...]

Risiko Kesehatan dan Efek Samping Dari Terapi Pijat

Risiko Kesehatan dan Efek Samping Dari Terapi Pijat

Pijat dipercaya bisa memberikan manfaat fisik dan emosional. Mulai dari meredakan cedera otot hingga mengurangi stres dan cemas. Namun, terapi pijat juga memiliki efek samping yang berisiko pada kesehatan.Dikutip dari Live Strong, pijat pada umumnya aman. Tetapi bisa menimbulkan risiko pada sebagian orang. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dulu terutama, jika Anda sedang hamil atau mengalami pembekuan darah. Selain berkonsultasi, simak pula beberapa risiko dan efek samping terapi pijat.1. Rasa SakitBeberapa jenis teknik pijat bisa menimbulkan rasa nyeri sehari setelah melakukan pemijatan. Teknik pijat melibatkan berbagai tekanan, baik lembut dan kuat. Biasanya teknik itu bertujuan untuk mengobati luka atau jaringan otot. Pijat seharusnya tidak menyakitkan, terlepas dari apapun teknik pijatannya. Jika saat dipijat Anda merasakan sakit, sebaiknya segera beritahu terapis agar ia dapat memberikan tekanan yang bisa ditolerir oleh tubuh.2. AlergiSaat melakukan pijat, banyak terapis yang memadukannya dengan minyak pijat, lotion atau minyak aromaterapi yang ternyata bisa memicu reaksi alergi. Hal ini bisa diatasi dengan mencoba terlebih dulu minyak pijat pada [...]

Mengerikan, Waxing Bikini Bisa Picu Herpes

Mengerikan, Waxing Bikini Bisa Picu Herpes

Waxing bikini sudah menjadi bagian dari lifestyle. Tren cukur bulu di area kemaluan ini pun semakin banyak diminati oleh wanita. Apakah Anda salah satunya?Menghilangkan bulu di area sensitif ini biasanya menggunakan lilin atau wax. Proses menghilangkan bulu-bulu yang mengganggu ini pun tak lama, bahkan kurang dari dua jam.Tapi ternyata, seiring dengan meningkatnya pengguna waxing bikini, peningkatan penyakit infeksi kulit pun terus meningkat. Dikutip dari The Sun, baru-baru ini di Amerika Serikat, seorang wanita dilarikan ke rumah sakit karena mengalami infeksi kulit dan demam yang tinggi. Setelah ditelusuri, hal ini terjadi setelah ia melakukan waxing bikini.Tak hanya itu saja, ada beberapa penyakit lainnya yang kemungkinan terjadi setelah melakukan bikini waxing, di antaranya herpes, kurap, serta selulitis. Mengerikan!Herpes merupakan infeksi jangka panjang yang bersifat kronis. Penyakit ini menyebabkan rasa gatal pada alat kelamin. Hati-hatilah, virus herpes bisa masuk ke dalam tubuh Anda melalui luka di kulit yang rusak.Kalau kurap, bentuknya itu seperti cincin. Biasanya menciptakan ruam merah di kulit. Penyakit ini diakibatkan oleh jamur. Bahanya, penyakit ini bisa menular. [...]

5 Rutinitas Sehari-hari yang Buat Wanita Lebih Bahagia

5 Rutinitas Sehari-hari yang Buat Wanita Lebih Bahagia

Wanita bekerja cenderung merasa stres karena mempunyai banyak pikiran. Agar merasa cukup rileks, ada rutinitas sehari-hari yang bisa membuat hidup lebih bahagia. Apa saja?Studi baru menunjukkan kebiasaan kecil yang dilakukan setiap hari bisa membawa dampak besar yang mempengaruhi skill Anda. Keterampilan yang meningkat dapat membuat pekerjaan semakin lancar serta lebih bahagia. Untuk itu, coba terapkan lima rutinitas berikut seperti yang dilansir dari Prevention.1. Pukul 09:00: Minum Teh HijauCoba memulai hari dengan minum teh hijau. Penelitian mengungkapkan, orang yang mengonsumsi teh hijau sebanyak empat cangkir atau lebih setiap hari 44% lebih kecil mengalami depresi daripada mereka yang kurang minum. Kandungan Theanine di dalamnya menciptakan rasa relaksasi selama 30 sampai 40 menit setelah mengonsumsinya. Selain itu, mengurangi risiko beberapa penyakit berbahaya, seperti kanker hati, kanker payudara, pankreas, serta diabetes.2. Pukul 12:30: Makan SiangUsahakan makan siang dengan asupan yang sehat. Anda bisa pilih buah-buahan, sayuran, ikan, serta biji-bijian. Batasi makanan yang digoreng, terlalu manis, serta junkfood. Sebuah penelitian dari Australia menemukan bahwa wanita [...]

Inilah Bahayanya Berenang di Kolam Berklorin

Inilah Bahayanya Berenang di Kolam Berklorin

Berenang merupakan olahraga yang menyenangkan dan sangat baik untuk kesehatan. Namun, ternyata berenang juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan jika dilakukan di kolam renang yang mengandung klorin. Klorin biasa digunakan untuk air minum atau kolam renang untuk membunuh bakteri. Klorin dapat menghasilkan produk berbahaya yang disebuat haloacetic acid (HAA) pada urin (air kencing) setelah paparan dan dieliminasi oleh tubuh dalam 3 jam. Lebih dari 90% paparan HAA disebabkan oleh tertelannya air kolam renang atau terserap kulit. Anak-anak cenderung memiliki kadar HAA yang lebih tinggi dibanding orang dewasa. Konsentrasi HAA lebih tinggi di kolam renang outdoor dibandingkan kolam renang indoor. Konsentrasi HAA pada kolam renang jauh lebih besar dibandingkan konsentrasi HAA dalam air mineral karena penggunan sistem sirkulasi air dalam waktu lama pada kolam renang yang memperkuat klorinasi air. Jangan menelan air kolam! Kenapa? Ini Penjelasannya: Jangan menelan air kolam! Kenapa? Ini Penjelasannya: Para peneliti dari Barcelona yang tergabung dalam organisasi bernama Center of Research in Environmental Epidemiology (CREAL) menemukan bahwa ada indikasi mu [...]

Pelukan Bagi Pria Bermanfaat Kesehatan

Pelukan Bagi Pria Bermanfaat Kesehatan

Bukan hanya wanita yang selalu ingin dimanja-manja dan dipeluk oleh pasangan, pria juga butuh cuddling, seperti pelukan dan dimanja-manja. Bagi pria, dalam sebuah hubungan mendapatkan pelukan dan dimanja pasangan atau yang berkaitan dengan tanda-tanda kasih sayang secara fisik sangat mempengaruhi jangka panjang suatu hubungan. Dalam jurnal Archives of Sexual Behavior menemukan, bahwa dengan pelukan dan dimanja-manja membuat pria bahagia, sementara perempuan lebih cenderung untuk mengatakan mereka puas secara seksual. Hubungan Jangka Panjang Meneliti 1.009 pasangan dari AS, Brasil, Jepang dan Spanyol yang sudah menikah antara usia pernihakan satu sampai 51 tahun. Banyak dari setengah yang diteliti ini ada pada titik perceraian dan yang memiliki hubungan jangka panjang terlihat tidak biasa. Heiman yang meneliti ini, mengatakan ?sedikit yang kita ketahui tentang hubungan jangka panjang bersama pasangannya. Apakah mereka puas dan bahagia, dan apakah yang membuat mereka puas dan bahagia. Banyak yang menjawab, dengan kasih sayang dan pelukan, membuat kami bahagia.? Sehat akan Bahagia Penelitian dilakukan dengan mendatangi dan mengumpulkan sukarelawan untuk mengisi pertanyaan-pertanyaan p [...]

Tidak Hanya Ganggu Pernapasan, Asap dan Polusi Juga Bisa Merusak Kulit

Tidak Hanya Ganggu Pernapasan, Asap dan Polusi Juga Bisa Merusak Kulit

Kebakaran hutan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan telah membuat warganya diselimuti asap tebal selama lebih kurang dua bulan terakhir. Asap akibat polusi dan kebakaran hutan ini pun telah menyebabkan jatuh banyak korban, yang rata-rata menderita gangguan pernapasan akut atau ISPA, bahkan sampai menyebabkan korban meninggal.Tidak hanya organ pernapasan yang terkena dampak negatifnya. Paparan polusi dari asap knalpot kendaraan bermotor, industri dan asap kebakaran hutan juga berpotensi merusak kulit. Berbeda dengan kerusakan kulit akibat sinar matahari yang biasanya terlihat dalam jangka pendek (sunburn, kulit menggelap, iritasi, kulit terkelupas), efek buruk polusi biasanya baru terasa setelah bertahun-tahun. Hal ini lebih membahayakan karena tidak segera disadari sehingga penanganannya pun seringkali terlambat."Masalah dari yang ditimbulkan polusi ini seringkali tidak terlihat, karena tidak ada tanda-tanda secara langsung bahwa kulit Anda mengalami kerusakan," papar seorang dermatologist, Dr. Dhaval Bhanusali, seperti dikutip dari Self.Paparan polusi biasanya baru terlihat setelah usia menua. Polusi menyebabkan kerusakan pada struktur kolagen --protein yang menjaga elastis [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *