Aromaterapi Ini Diklaim Bisa Atasi Galau & Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

womenaroma315.jpg

Aromaterapi tidak hanya bisa digunakan sebagai pengharum ruangan tapi juga membuat tubuh merasa lebih rileks. Rupanya fungsi aromaterapi bukan hanya itu saja melainkan bisa mempengaruhi kesehatan mental serta fisik Anda. Seperti aromatherapy terbaru ‘Cadelaide’ yang diklaim bisa membuat perasaan lebih tenang, meredakan stres, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Pendiri Cadelaide, Ghary Delia Handojo, mengatakan bahwa aromaterapi yang diciptakannya tidak memiliki aroma menyengat. Fungsi utamanya bukan sebagai pengharum ruangan tapi terapi kesehatan. Ghary memberikan contoh, saat perasaan sedang kacau karena masalah tertentu, aromaterapi Cadelaide bisa membuat Anda lebih tenang.

Aroma perpaduan antara tumbuhan frankincense, orange, bunga ylang ylang, dan berbagai tumbuhan lainnya diklaim oleh pria 23 tahun itu bisa mengembalikan keseimbangan emosi Anda. Berdasarkan riset yang telah ia pelajari, aroma dari kandungan tersebut akan membuat perasaan lebih tenang. Ghary menciptakan empat varian berbeda yang bisa dipakai sesuai kebutuhan.

“Salah satu jenisnya Let’s Move On yang bisa hilangkan perasaan galau karena lagi banyak masalah, meredakan emosi, dan mengurangi darah tinggi. Jadi ketika lilin dibakar aromanya akan menyebar ke ruangan dan menstimulasi saraf agar lebih tenang. Disarankan pemakaiannya sebelum tidur,” papar Ghary saat berbincang di Clay Hotel, Jl. Blora, Jakarta Pusat, Rabu (11/11/2015).

Selain Let’s Move On, pria lulusan Universitas Indonesia itu juga merilis tiga varian lainnya seperti Superhuman, Hi Sunshine, dan Calm Your Mind, dengan manfaat berbeda-beda. Hi Sunshine dan Calm Your Mind memberikan pengaruh yang baik untuk pikiran Anda. Ghary mengatakan kandungan amyris, ylang ylang, bisa meredakan stres serta membuat pikiran terasa lebih segar.

Baca Juga: 50 Foto Before-After Selebriti yang Operasi Plastik

Berbeda dengan Superhuman yang diklaim bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Kandungan lemon dan jahe di dalamnya akan menimbulkan aroma yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang serta membuat Anda lebih bersemangat. Ghary menyarankan untuk menggunakan aromatherapy jenis ini saat kondisi tubuh dalam keadaan kurang sehat.

“Saya sempat baca riset dari laboratorium di Kanada bahwa penciuman itu bisa mempengaruhi kondisi penjiwaan dan kesehatan kita. Kalau ada bau bangkai saja bisa bikin kita nggak nyaman kayak mual tanpa kita lihat di situ ada bangkai sama seperti aromatherapy ini,” tambah Ghary.

Cara menggunakan Cadelaide sangat mudah, cukup tuangkan air putih di atas tungku lalu teteskan air aromatherapy sebanyak tiga hingga lima kali. Kemudian nyalakan lilin yang berada di dalam tungku kecil. Lilin bertahan hingga enam jam.

Di akhir perbincangan, Ghary mengingatkan agar air aromatherapy tidak terkena kulit karena mengandung senyawa kimia yakni benzoin. Senyawa tersebut bisa menyebabkan iritasi terutama yang memiliki kulit sensitif. Benzoin digunakan untuk membuat aromanya lebih tahan lama. Bagi Anda yang ingin mencobanya, Cadelaide Aromatherapy baru bisa dibeli secara online dengan harga Rp 499 ribu per paket.

(aln/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengenal Lebih Dekat Penyakit Jantung Bawaan

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Jantung Bawaan

Mungkin Anda pernah mendengar kata-kata bayi lahir dengan ?jantung bocor?, jantung bayi di kanan, kelainan klep jantung bayi, dan lain sebagainya. Kelainan-kelainan tersebut dalam dunia medis masuk ke dalam kategori peyakit jantung bawaan (PJB) atau sebutan lainnya penyakit jantung kongenital. PJB adalah kelainan struktur jantung yang muncul sejak lahir dan terjadi sejak janin di dalam kandungan. Kelainan tersebut terjadi akibat jantung atau pembuluh darah disekitarnya tidak berkembang dengan sempurna dan/atau akibat kelainan posisi jantung dan pembuluh darah di sekitarnya. PJB merupakan penyebab umum kelainan bawaan dan penyebab utama kematian bayi akibat kelainan bawaan dalam satu tahun pertama kehidupan. Setidaknya 8 dari 1000 bayi lahir dengan cacat jantung setiap tahunnya. Diperkirakan sekitar 45 ribu bayi lahir di Indonesia dengan PJB setiap tahunnya. Terdapat berbagai macam jenis PJB. Secara garis besar PJB dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu PJB sianotik (biru) dan asianotik (tidak biru). Sianosis mengacu pada perubahan warna kebiruan pada kulit dan selaput lendir terutama pada bibir, lidah, dan ujung-ujung anggota gerak seperti kuku yang disebabkan oleh kurangnya kadar [...]

Beginilah Cara-cara HIV Menular

Beginilah Cara-cara HIV Menular

Pasti Anda pernah mendengar tentang virus HIV bukan? HIV merupakan kependekan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan sistem imun penderita dan menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). Pasien dengan AIDS rentan terhadap berbagai penyakit, khususnya penyakit infeksi. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi kesehatan penderita HIV dapat mengalami perburukan dan berakhir pada kematian. Bagaimana cara penularan virus HIV? Mari kita lihat satu per satu. 1. Hubungan seksual bebas Hubungan seksual merupakan salah satu cara penularan virus HIV yang paling umum. Virus HIV dapat masuk melalui celah mukosa vagina saat berhubungan seksual. Hubungan seksual per anal memiliki risiko yang lebih besar untuk terjadi penularan virus HIV. Berhubungan seksual dengan banyak pasangan yang berbeda (seks bebas) juga meningkatkan risiko seorang terkena virus ini. Berikut beberapa cara penularan HIV lainnya: Beberapa Cara Tertularnya HIV 2. Penggunaan jarum suntik Penggunaan jarum suntik merupakan cara lain penularan virus HIV. Pengguna jarum suntik yang menggunakan jarum seacra bersamaan memiliki risiko untuk tertular penyakit HIV. M [...]

Apakah Wi-Fi Berdampak Negatif pada Kesehatan Si Kecil?

Apakah Wi-Fi Berdampak Negatif pada Kesehatan Si Kecil?

Apakah Wi-Fi Berdampak Negatif pada Kesehatan Si Kecil? (health)Koneksi internet tanpa kabal atai Wi-Fi sudah menjadi salah satu fasilitas 'wajib' di beberapa sekolah. Tetapi Wi-Fi disebut-sebut memiliki efek radiasi terhadap terhadap kesehatan anak-anak. Benarkah?Seperti yang dikutip dari Ezine Article, belakangan ini semakin banyak asosiasi medis, dokter dan ilmuwan yang merasa khawatir dengan adanya Wi-Fi di sekolah-sekolah. Menurut mereka, beberapa anak mengalami sakit kepala, kelelahan, mual, nyeri di dada, memiliki masalah pada penglihatan dan alami gangguan tidur.Selain itu, ada pula peningkatkan gangguan kesehatan lain seperti ADHD, alergi, asma. Kesemua masalah kesehatan tersebut dialami anak-anak setelah sekolah mereka menyediakan fasilitas Wi-Fi. Gejala itu terjadi karena intensitas gelombang mikro dalam satu ruang kelas di Sekolah County Simcoe ternyata empat kali lebih kuat dari menara ponsel.Mengapa anak-anak? Berdasarkan ilmuwan, sistem saraf dan otak anak masih dalam tahap berkembang, hal itulah yang jadi alasan mengapa anak-anak lebih rentan terhadap radiasi Wi-Fi, ketimbang orang dewasa. Kesimpulan itu juga diamini oleh Dr. Barrie Trower, seorang fisikawan dari [...]

Manfaat Rajin Makan Wortel, Jantung Sehat Sampai Kulit Cantik

Manfaat Rajin Makan Wortel, Jantung Sehat Sampai Kulit Cantik

Wortel diketahui baik untuk memelihara kesehatan mata karena kaya akan vitamin A. Tapi khasiatnya tidak hanya itu, makanan favorit Bugs Bunny ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, bahkan baik untuk kecantikan kulit. Wortel bisa dikonsumsi dengan cara dikukus sebentar, dimakan mentah atau dijadikan jus dan disarankan dikonsumsi setiap hari. Ini dia berbagai manfaat wortel untuk tubuh, yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. Menjaga Kesehatan JantungWortel memiliki banyak kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Zat yang disebutkan terakhir mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.2. Melawan Efek Buruk Radikal BebasWortel merupakan salah satu jenis sayuran yang tinggi kandungan antioksidan. Sayuran berwarna oranye ini mengandung zat yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak tubuh dari dalam.3. Turunkan KolesterolSebuah penelitian di Harvard University mengungkapkan bahwa seseorang yang sedikitnya memakan enam wortel dalam satu minggu dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi daripada yang hanya mengonsumsi satu butir saja dalam seb [...]

Trik Menurunkan Berat Badan Paling Tepat & Cepat

Trik Menurunkan Berat Badan Paling Tepat & Cepat

Belakangan ini banyak bermunculan berbagai jenis diet untuk menurunkan berat badan. Namun ada beberapa diet yang kurang tepat dan justru menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Karena pada prinsipnya, metabolisme tubuh yang rendah akan semakin mempersulit proses penurunan berat badan. Apa itu metabolisme? Metabolisme adalah proses pemecahan zat-zat gizi di dalam tubuh untuk menghasilkan energi atau pembentukan struktur tubuh. Zat gizi tersebut dapat berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Tingkat metabolisme dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya genetik, jenis kelamin, usia, kadar hormon, berat badan, dan aktivitas tubuh. Semakin cepat metabolisme tubuh, semakin banyak kalori yang dibakar, semakin mudah menurunkan berat badan. Bagaimana cara meningkatkan metabolisme tubuh? Berikut penjelasannya: Tips Menurunkan Berat Badan Paling Cepat: Sarapan Jangan pernah melewatkan sarapan. Sarapanlah dengan makanan karbohidrat kompleks dan tinggi protein. Protein membantu memberikan sinyal kepada otak bahwa Anda merasa kenyang lebih lama. Contoh: oatmeal + telur. Olahraga dan terus bergerak Olahraga minimal 30 menit setiap 2-3x/minggu. Olahr [...]

Apa yang Terjadi Jika Anda Tidur Sambil Memakai Bra?

Apa yang Terjadi Jika Anda Tidur Sambil Memakai Bra?

Banyak pakar serta artikel kesehatan yang menyarankan wanita untuk tidak mengenakan bra terlalu lama, terutama saat tidur. Alasannya, karena kebiasaan tersebut bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh. Seperti yang dikutip dari Livestrong, ini dia beberapa penyebab mengapa wanita sebaiknya tidak memakai bra saat tidur.1. BerkeringatAda bra yang dirancang khusus untuk tidur, dam bra tersebut terbuat dari bahan yang menyerap keringat seperti nilon serta katun sehingga bisa membuat payudara 'bernapas'. Tetapi jika Anda mengenakan bra biasa saat tidur, Anda bisa berkeringat dan area dada menjadi lembab. Menurut situs The Teen Growth, kondisi ini dapat menyebabkan gesekan sehingga menimbulkan ruam dan luka.2. KetidaknyamananBra sehari-hari dibuat untuk menopang payudara dan menjaga agar bentuknya tidak turun atau melorot. Situs The Teen Growth menulis bahwa 'daily bra' tidak didesain agar nyaman saat tidur. Kawat bra yang meliuk-liuk saat tubuh berbaring bisa menusuk-nusuk kulit sehingga membuat iritasi. 3. InsomniaBErangkat dari ketidaknyamanan bra sehari-hari yang dikenakan saat berbaring bisa membuat Anda merasa kesulitan tidur. Dan akhirnya, kondisi tubuh Anda di pagi hari menja [...]

Banyak Tertawa Buat Pekerjaaan Anda Lebih Produktif

Banyak Tertawa Buat Pekerjaaan Anda Lebih Produktif

Ingin kerja lebih produktif? Sering-seringlah menonton film, video atau variety show bertema komedi. Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa tertawa bisa membuat seseorang bekerja lebih produktif.Hasil studi yang dipresentasikan dalam konferensi tahunan Experimental Biology tersebut menemukan, ketika orang tertawa, otak mereka akan diaktifkan sama seperti ketika sedang meditasi dengan konsentrasi penuh. Para peneliti di Loma Linda University, California, Amerika Serikat telah memeriksa aktivitas otak dari 31 orang ketika mereka menonton video komedi dan video yang menegangkan. Aktivitas pada sembilan area otak responden kemudian diteliti.Dari hasil scan terlihat bahwa saat responden menonton video komedi, seluruh bagian otaknya menjadi aktif dengan aktivitas gelombang gamma yang tinggi. Semakin tinggi gelombang Gamma, maka semakin besar pula peningkatan hormon dopamine yang berperan menjaga otak agar selalu terjaga dan waspada. Tinggi rendahnya gelombang gamma ini bisa diketahui melalui alat yang disebut electroencephalography (EEG).EEG ini melacak aktivitas elektrik di seluruh permukaan kulit kepala. Pergerakan listrik ini yang kemudian diterjemahkan menjadi aktivitas syaraf o [...]

Langsung Sikat Gigi Setelah Makan Bahaya Bagi Kesehatan Mulut, Ini Sebabnya

Langsung Sikat Gigi Setelah Makan Bahaya Bagi Kesehatan Mulut, Ini Sebabnya

Menyikat gigi setelah makan kerap dilakukan sebagian orang, terutama ketika mengonsumsi makanan yang meninggalkan bau tak sedap pada mulut. Misalnya acar bawang, masakan berbumbu kari atau ikan-ikanan.Kebiasaan yang kelihatannya baik ini ternyata berdampak negatif bagi kesehatan. Sikat gigi setelah makan atau minum sesuatu, terutama yang bersifat acidic (asam) seperti minuman bergula, wine, buah atau jus citrus bisa mengganggu kesehatan mulut."Buah-buahan terutama jeruk atau jus lemon, cuka, minuman berenergi dan soda memiliki tingkat keasaman tinggi dan itu bisa membuat enamel gigi jadi lunak," ujar Dr Peter Alldritt, direktur Komite Kesehatan Mulut Australian Dental Association, seperti dikutip dari ABC Australia.Peter menambahkan, jika Anda langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman acidic, enamel yang sebelumnya sudah menjadi lunak tersebut akan bertambah rusak. Akibatnya gigi lebih cepat keropos, berlubang atau terasa ngilu. Peter menyarankan untuk menunggu setidaknya 30 menit setelah makan jika ingin menyikat gigi.Dalam 30 menit, mulut akan memiliki waktu untuk memproduksi air liur yang akan menetralisir keasaman tersebut. Air liur atau saliva ini juga [...]

Olahraga untuk Anak

Olahraga untuk Anak

Oleh: dr. Sophia B. Hage Saat ini di dunia, prevalensi obesitas di anak-anak meningkat pesat. Meskipun faktor resiko obesitas bersifat multifaktorial, mayoritas faktor tersebut terkait dengan gaya hidup dan dapat diintervensi. Termasuk di dalamnya adalah jumlah waktu tidak aktif, dan frekuensi, intensitas, jumlah serta tipe aktivitas fisik yang dilakukan. Pada tahun 2012, Canadian Paediatric Society mengeluarkan rekomendasi panduan aktivitas fisik bagi anak-anak. Panduan ini menyebutkan bahwa anak-anak saat ini cenderung tidak aktif karena maraknya penggunaan televisi, komputer, dan video game di kalangan masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut mengakibatkan anak-anak lebih banyak duduk dan diam. Anak-anak yang menonton televisi lebih dari 2 jam sehari memiliki risiko dua kali lipat menjadi overweight atau obesitas daripada mereka yang menonton televisi 1 jam sehari. Anak-anak yang mempunyai televisi di kamar mereka bahkan memiliki resiko yang lebih tinggi lagi. Panduan berolahraga bagi anak-anak yang direkomendasikan oleh Canadian Paediatric Society adalah sebagai berikut: Untuk tumbuh kembang yang baik, bayi yang berusia kurang dari 1 tahun sebaiknya diberi waktu aktif beberapa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *