Aromaterapi Ini Diklaim Bisa Atasi Galau & Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

womenaroma315.jpg

Aromaterapi tidak hanya bisa digunakan sebagai pengharum ruangan tapi juga membuat tubuh merasa lebih rileks. Rupanya fungsi aromaterapi bukan hanya itu saja melainkan bisa mempengaruhi kesehatan mental serta fisik Anda. Seperti aromatherapy terbaru ‘Cadelaide’ yang diklaim bisa membuat perasaan lebih tenang, meredakan stres, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Pendiri Cadelaide, Ghary Delia Handojo, mengatakan bahwa aromaterapi yang diciptakannya tidak memiliki aroma menyengat. Fungsi utamanya bukan sebagai pengharum ruangan tapi terapi kesehatan. Ghary memberikan contoh, saat perasaan sedang kacau karena masalah tertentu, aromaterapi Cadelaide bisa membuat Anda lebih tenang.

Aroma perpaduan antara tumbuhan frankincense, orange, bunga ylang ylang, dan berbagai tumbuhan lainnya diklaim oleh pria 23 tahun itu bisa mengembalikan keseimbangan emosi Anda. Berdasarkan riset yang telah ia pelajari, aroma dari kandungan tersebut akan membuat perasaan lebih tenang. Ghary menciptakan empat varian berbeda yang bisa dipakai sesuai kebutuhan.

“Salah satu jenisnya Let’s Move On yang bisa hilangkan perasaan galau karena lagi banyak masalah, meredakan emosi, dan mengurangi darah tinggi. Jadi ketika lilin dibakar aromanya akan menyebar ke ruangan dan menstimulasi saraf agar lebih tenang. Disarankan pemakaiannya sebelum tidur,” papar Ghary saat berbincang di Clay Hotel, Jl. Blora, Jakarta Pusat, Rabu (11/11/2015).

Selain Let’s Move On, pria lulusan Universitas Indonesia itu juga merilis tiga varian lainnya seperti Superhuman, Hi Sunshine, dan Calm Your Mind, dengan manfaat berbeda-beda. Hi Sunshine dan Calm Your Mind memberikan pengaruh yang baik untuk pikiran Anda. Ghary mengatakan kandungan amyris, ylang ylang, bisa meredakan stres serta membuat pikiran terasa lebih segar.

Baca Juga: 50 Foto Before-After Selebriti yang Operasi Plastik

Berbeda dengan Superhuman yang diklaim bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Kandungan lemon dan jahe di dalamnya akan menimbulkan aroma yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang serta membuat Anda lebih bersemangat. Ghary menyarankan untuk menggunakan aromatherapy jenis ini saat kondisi tubuh dalam keadaan kurang sehat.

“Saya sempat baca riset dari laboratorium di Kanada bahwa penciuman itu bisa mempengaruhi kondisi penjiwaan dan kesehatan kita. Kalau ada bau bangkai saja bisa bikin kita nggak nyaman kayak mual tanpa kita lihat di situ ada bangkai sama seperti aromatherapy ini,” tambah Ghary.

Cara menggunakan Cadelaide sangat mudah, cukup tuangkan air putih di atas tungku lalu teteskan air aromatherapy sebanyak tiga hingga lima kali. Kemudian nyalakan lilin yang berada di dalam tungku kecil. Lilin bertahan hingga enam jam.

Di akhir perbincangan, Ghary mengingatkan agar air aromatherapy tidak terkena kulit karena mengandung senyawa kimia yakni benzoin. Senyawa tersebut bisa menyebabkan iritasi terutama yang memiliki kulit sensitif. Benzoin digunakan untuk membuat aromanya lebih tahan lama. Bagi Anda yang ingin mencobanya, Cadelaide Aromatherapy baru bisa dibeli secara online dengan harga Rp 499 ribu per paket.

(aln/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
BAB Hanya 3 Hari Sekali? Santap 7 Makanan Ini Agar Lebih Lancar

BAB Hanya 3 Hari Sekali? Santap 7 Makanan Ini Agar Lebih Lancar

Merasa sulit buang air besar (BAB) dan seringkali tidak rutin? Idealnya, BAB seharusnya terjadi minimal satu hari sekali yang menandakan bahwa sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik. Tapi jika lebih dari dua hari Anda tidak juga BAB maka sudah disebut konstipasi atau mengalami gangguan. Akibatnya perut terasa kembung, tidak nyaman bahkan jika dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan infeksi hingga kanker.Diet tidak sehat, kurang olahraga dan stres merupakan tiga faktor utama yang menyebabkan orang susah BAB. Jika sering mengalami kesulitan BAB, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi satu atau dua dari beberapa jenis makanan berikut ini.1. RaspberrySegala jenis macam buah berry, termasuk raspberry kaya akan serat. Namun raspberry memiliki kandungan yang tertinggi, sekitar 8 gram serat hanya dalam satu cangkir. Simpan selalu raspberry di dalam kulkas untuk mengatasi masalah konstipasi dengan segera. Agar lebih awet, taruh raspberry di dalam wadah atau kantong plastik kedap udara, kemudian masukkan dalam freezer dan biarkan membeku.2. KopiKafein alami yang terkandung dalam kopi tidak hanya bisa membuat tubuh dan mata lebih segar, tapi juga punya efek laksatif [...]

KADINKES DKI Soal KJS: Perlu Keseimbangan Pemberitaan Media

KADINKES DKI Soal KJS: Perlu Keseimbangan Pemberitaan Media

KADINKES DKI Soal KJS: Perlu Keseimbangan Pemberitaan Media Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, meninjau rendahnya keseimbangan pemberitaan pada media menyoal polemik Kartu Jakarta Sehat; ?jangan sampai yang diinformasikan adalah kejelekkan rumah sakit, kejelekkan sang dokter. Tapi ngga pernah terekspos selama 2012 itu adalah 3,2 juta masyarakat miskin yang sudah kita obat dan sembuh gitu loh,? demikian jelas beliau. Dalam penilaian beliau, media justru memiliki potensi peran penting dalam mendukung edukasi penyelenggaraan KJS, namun disayangkan justru yang muncul justru peran media yang dianggap memiliki kepentingan yang dirasa memberatkan pelaku pelyanan kesehatan; ?belum tentu semua media yang bagus itu bagus untuk media. Namun begitu informasinya jelek, itu adalah good news untuk media,? sampainya. Lebih lanjut, beliau memaparkan bagaimana pentingnya proses edukasi kepada masyarakat dalam penyelenggaraan KJS. ?Satu sisi diinformasikan standar prosedur kemudian bagaimana komunikasi dengan pasien, bagaimana dengan standar IGD. Tapi masyarakat pun juga harus edukasi, ngga bisa ngga. Ya ngga bisa ujuk-ujuk dalam kondisi biasa masuk rumah sakit swasta tanpa premier [...]

Ini Akibatnya Minum Antibiotik Sembarangan

Ini Akibatnya Minum Antibiotik Sembarangan

Sejak ditemukannya antibiotik pada tahun 1940, muncul harapan baru untuk menurunkan angka kejadian penyakit infeksi. Namun saat ini, penggunaan antibiotik justru menimbulkan masalah kesehatan di dunia yang terus berkembang. Lebih dari 133 juta kasus pasien yang mendapat antibiotik setiap tahunnya dan diperkirakan sekitar 50% dari kasus tersebut sebenarnya tidak memerlukan antibiotik. World Health Organization (WHO) menyebut resistensi antibiotik sebagai ancaman terbesar bagi kesehatan di seluruh dunia saat ini. Apa itu resistensi antibitiotik? Berikut penjelasannya: Apa itu resistensi antibitiotik? Berikut penjelasannya: Resistensi antibiotik adalah suatu keadaan dimana mikroorganisme yang seharusnya sensitif terhadap antibiotik menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. Pada saat hal ini terjadi, fungsi antibiotik untuk membunuh bakteri atau menghentikan tumbuh kembang bakteri menjadi tidak berguna. Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya: Menggunakan antibiotik yang sebenarnya tidak dibutuhkan atau tidak sesuai indikasi. Dosis, waktu dan cara penggunaan yang tidak tepat Apa akibatnya? Anda akan terkena infeksi lebih lama Kemungkinan mendapat komplikasi [...]

Sentuhan Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Sentuhan Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Anda pasti merasa istimewa ketika seseorang mencium dan memeluk. Selain menimbulkan rasa bahagia, ternyata sentuhan juga memberikan dampak positif bagi kesehatan.Kulit adalah bagian tubuh paling luar. Ketika reseptor sensorik kulit terkena sentuhan, hormon oksitoksin --hormon yang dapat merilekskan tubuh-- dilepaskan. Pada saat yang sama, kortisol dan hormon stres berkurang.Para peneliti telah mempelajari kekuatan sebuah sentuhan, mulai dari memeluk hingga hanya berjabat tangan. "Kita sadar bahwa sentuhan memiliki kekuatan tersendiri," ujar Matthew J. Hertenstein, Ph.D., seorang profesor psikologi di Universitas DePauw, seperti yang dikutip dari MSN. Berikut beberapa manfaat yang didapat dari sentuhan.1. Sentuhan Membuat Tubuh Lebih SehatSaat Anda merasa kurang sehat, usapkan tangan ke bagian punggung beberapa kali. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Tiffany Field, Ph.D., seorang direktur Touch Research Institute di Universitas Miami, hal itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merasa lebih fit. Pada 2004, Universitas North Carolina di Chapel Hill, menemukan bahwa duduk berdua di atas satu alas dengan pasangan selama 10 menit akan menurunkan tekanan darah pada wani [...]

5 Bahan Rumah Tangga untuk Menyembuhkan Gigitan Serangga

5 Bahan Rumah Tangga untuk Menyembuhkan Gigitan Serangga

Kebanyakan orang yang digigit hama atau serangga kecil seperti semut, nyamuk atau lebah tidak langsung mengobatinya. Mereka memilih untuk menggaruknya karena gigitan hewan tersebut membuat kulit menjadi gatal. Padahal lebih baik segera diatasi sebelum racunnya menyebar ke seluruh tubuh bahkan bisa bahaya bagi orang yang alergi terhadap gigitan serangga. Berikut ini beberapa tips praktis untuk pertolongan pertama pada gigitan serangga, seperti dilansir Health Me Up.1. Gunakan Isi DapurGosokkan sabun ke wilayah yang gatal. Anda bisa gunakan sabun batangan atau sabun kering. Kemudian, daerah yang terinfeksi diberikan setetes alkohol, lalu tutup menggunakan perban. Namun, jika semua itu belum tersedia, es batu pun dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga.2. Atasi Menggunakan Cotton BudAtasi secepat mungkin ketika digigit hewan kecil yang membawa racun. Para ahli menyarankan kalau Anda bisa menggunakan cotton bud ke area yang terinfeksi. Sebelumnya, cotton bud dibaluri cairan terlebih dahulu seperti pasta gigi, madu, obat kumur atau alkohol. Bahkan, cat kuku Anda juga bisa menjadi obat ketika digigit hewan ini. Di samping itu, Anda dapat menyediakan sekantong teh [...]

10 Benda Sumber Kuman di Kehidupan Sehari-hari

10 Benda Sumber Kuman di Kehidupan Sehari-hari

Rasa 'jijik' bukan selalu indikator untuk hal yang negatif, namun rasa 'jijik' dapat merupakan suatu tanda tidak higienis. Namun apakah dengan perkembangan sanitizer dan sabun antibakteri merupakan hal yang baik? Tidak selalu, Profesor dr. Pritish Tosh, seorang ahli infeksi dari Mayo Clinic, menyebutkan bahwa memang pertukaran bakteri antar manusia telah berkurang, namun higienitas ini dikaitkan dengan timbulnya beberapa penyakit alergi dan obesitas hanya karena kita terlalu bersih. Nah, tidak semua hal merupakan sumber penularan bakteri. Oleh karena itu ada 10 benda yang sebaiknya kita gunakan sendiri. Apa sajakah? Yuk klik 'next' untuk melihat semuanya. 10 Benda Sumber Kuman di Kehidupan Sehari-hari Rasa 'jijik' bukan selalu indikator untuk hal yang negatif, namun rasa 'jijik' dapat merupakan suatu tanda tidak higienis. Namun apakah dengan perkembangan sanitizer dan sabun antibakteri merupakan hal yang baik? Tidak selalu, Profesor dr. Pritish Tosh, seorang ahli infeksi dari Mayo Clinic, menyebutkan bahwa memang pertukaran bakteri antar manusia telah berkurang, namun higienitas ini dikaitkan dengan timbulnya beberapa penyakit alergi dan obesitas hanya karena k [...]

Penyebab Hilang Ingatan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Hilang Ingatan dan Cara Mengatasinya

Hilang ingatan mungkin sering dikaitkan dengan akibat dari benturan atau kecelakaan, padahal penyebab hilang ingatan bisa beragam. Mulai dari penggunaan obat, gaya hidup, dan kondisi medis tertentu. Hilang ingatan terjadi karena adanya kerusakan struktur neuroanatomical yang menghambat ingatan, proses penyimpanan ingatan, dan proses mengingat kenangan. Hilang ingatan menyeluruh dapat terjadi secara mendadak dan dapat terjadi secara bertahap tergantung pada penyebabnya. Tidak hanya karena benturan kepala, hilang ingatan juga bisa disebabkan oleh ragam kondisi lainnya seperti penyakit HIV, tuberkulosis, sifilis, serta gangguan pada kelenjar tiroid yang dapat mempengaruhi kerja otak. Ragam Penyebab Hilang Ingatan Berikut ini adalah beberapa penyebab hilang ingatan: Merokok, narkoba dan minuman beralkohol. Mungkin tidak terpikir sebelumnya bahwa rokok, minuman beralkohol dan narkoba dapat menjadi penyebab ingatan yang semakin menurun. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang merokok atau mengonsumsi narkoba dapat mengalami menurunnya kemampuan untuk mengingat. Hal ini terjadi karena pada perokok, oksigen yang masuk ke dalam otak berkurang. Sedangkan narkoba dapat merusak daya in [...]

Tinggal di Kota Besar Berisiko Buat Wanita Lebih Cepat Tua

Tinggal di Kota Besar Berisiko Buat Wanita Lebih Cepat Tua

Tempat di mana kita tinggal ternyata berpengaruh pada proses penuaan kulit. Kabar buruk bagi para wanita yang tinggal di perkotaan, kulit mereka bisa menua lebih cepat ketimbang wanita yang hidup di pedesaan.Studi yang dilakukan oleh Procter & Gamble mengungkapkan fakta mengejutkan. Wanita yang hidup di pedesaan atau pinggiran kota terlihat awet muda lebih lama sementara yang tinggal di kota, terutama kota-kota besar menua 10 persen lebih cepat.Perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik dan produk perawatan rumah tangga itu meneliti 200 wanita dengan usia antara 30 dan 45 untuk membandingkan kualitas kesehatan kulit antara mereka yang tinggal di kota dan desa. Kedua kelompok wanita memiliki gaya hidup yang sama dan juga terekspos sinar matahari dalam jumlah sebanding.Wanita pedesaan dilaporkan memiliki risiko penuaan lebih tinggi akibat paparan sinar matahari. Hal ini kemungkinan disebabkan karena sebagian besar dari mereka keluar rumah tanpa menggunakan krim tabir surya. Namun yang mengejutkan, hasil studi menunjukkan proses penuaan justru lebih buruk terjadi pada kelompok wanita di perkotaan.Dari hasil studi yang dipimpin oleh Profesor Wei Liu, seorang dermatologis dari R [...]

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur!

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur!

Mungkin ini yang sering Anda lakukan: setelah makan kenyang, Anda mengantuk lalu tertidur. Memang nikmat sekali rasanya. Terlebih ketika setelah sahur di bulan puasa, seringkali kita tidur terlelap setelah makan sahur yang mengenyangkan. Tapi tahukah Anda, kebiasaan tidur persis setelah makan sebenarnya sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh? Tidak ketinggalaln, selain tidur setelah makan, masih ada banyak lagi kebiasaan-kebiasaan kita yang sebetulnya nikmat tapi kenyataannya justru membahayakan kesehatan. Sebetulnya kebiasaan apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan? Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur! Mungkin ini yang sering Anda lakukan: setelah makan kenyang, Anda mengantuk lalu tertidur. Memang nikmat sekali rasanya. Terlebih ketika setelah sahur di bulan puasa, seringkali kita tidur terlelap setelah makan sahur yang mengenyangkan. Tapi tahukah Anda, kebiasaan tidur persis setelah makan sebenarnya sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh? Tidak ketinggalaln, selain tidur setelah makan, masih ada banyak lagi kebiasaan-kebiasaan kita yang sebetulnya nikmat tapi kenyataannya justru membahayakan kesehatan. Sebetulnya kebiasaan apa saja y [...]

Awas! Stres Dapat Menyebabkan Kolesterol

Awas! Stres Dapat Menyebabkan Kolesterol

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Suatu pernyataan yang baru saja diterbitkan dalam Journal of Public Health tahun 2013 mengatakan bahawa ?Pekerjaan yang penuh dengan stres terbukti dapat meningkatkan kadar kolestrol? pernyataan ini didasari oleh sebuah peneltian di Spanyol yang melihat hubungan antara stres dalam pekerjaan dengan kadar lemak di dalam darah pada 90.000 orang. Penelitian ini menemukan bahwa, orang-orang dengan kesulitan dalam menangani pekerjaan memiliki kadar ?kolestrol jahat? (LDL) yang tinggi dan kadar ?kolestrol baik? (HDL) yang rendah. Kita tahu sendiri bahwa, kadar kolestrol LDL yang tinggi dapat menutup arteri (pembuluh darah) dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner. Yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Penelitian yang mencakup 90,000 orang ternyata memiliki kekurangan bahwa mereka tidak meneliti mengenai diet, dimana diet disebutkan dapat juga mempengaruhi kadar dari kolestrol, dimana diperkirakan bahwa orang yang stres di tempat kerja secara tidak langsung memiliki kecenderungan untuk mengadaptasi pola diet yang buruk yang secara langsung dapat meningkatkan kadar kolestrol selain stress. Dari sekian banyak pesert [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *