Aromaterapi Ini Diklaim Bisa Atasi Galau & Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

womenaroma315.jpg

Aromaterapi tidak hanya bisa digunakan sebagai pengharum ruangan tapi juga membuat tubuh merasa lebih rileks. Rupanya fungsi aromaterapi bukan hanya itu saja melainkan bisa mempengaruhi kesehatan mental serta fisik Anda. Seperti aromatherapy terbaru ‘Cadelaide’ yang diklaim bisa membuat perasaan lebih tenang, meredakan stres, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Pendiri Cadelaide, Ghary Delia Handojo, mengatakan bahwa aromaterapi yang diciptakannya tidak memiliki aroma menyengat. Fungsi utamanya bukan sebagai pengharum ruangan tapi terapi kesehatan. Ghary memberikan contoh, saat perasaan sedang kacau karena masalah tertentu, aromaterapi Cadelaide bisa membuat Anda lebih tenang.

Aroma perpaduan antara tumbuhan frankincense, orange, bunga ylang ylang, dan berbagai tumbuhan lainnya diklaim oleh pria 23 tahun itu bisa mengembalikan keseimbangan emosi Anda. Berdasarkan riset yang telah ia pelajari, aroma dari kandungan tersebut akan membuat perasaan lebih tenang. Ghary menciptakan empat varian berbeda yang bisa dipakai sesuai kebutuhan.

“Salah satu jenisnya Let’s Move On yang bisa hilangkan perasaan galau karena lagi banyak masalah, meredakan emosi, dan mengurangi darah tinggi. Jadi ketika lilin dibakar aromanya akan menyebar ke ruangan dan menstimulasi saraf agar lebih tenang. Disarankan pemakaiannya sebelum tidur,” papar Ghary saat berbincang di Clay Hotel, Jl. Blora, Jakarta Pusat, Rabu (11/11/2015).

Selain Let’s Move On, pria lulusan Universitas Indonesia itu juga merilis tiga varian lainnya seperti Superhuman, Hi Sunshine, dan Calm Your Mind, dengan manfaat berbeda-beda. Hi Sunshine dan Calm Your Mind memberikan pengaruh yang baik untuk pikiran Anda. Ghary mengatakan kandungan amyris, ylang ylang, bisa meredakan stres serta membuat pikiran terasa lebih segar.

Baca Juga: 50 Foto Before-After Selebriti yang Operasi Plastik

Berbeda dengan Superhuman yang diklaim bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Kandungan lemon dan jahe di dalamnya akan menimbulkan aroma yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang serta membuat Anda lebih bersemangat. Ghary menyarankan untuk menggunakan aromatherapy jenis ini saat kondisi tubuh dalam keadaan kurang sehat.

“Saya sempat baca riset dari laboratorium di Kanada bahwa penciuman itu bisa mempengaruhi kondisi penjiwaan dan kesehatan kita. Kalau ada bau bangkai saja bisa bikin kita nggak nyaman kayak mual tanpa kita lihat di situ ada bangkai sama seperti aromatherapy ini,” tambah Ghary.

Cara menggunakan Cadelaide sangat mudah, cukup tuangkan air putih di atas tungku lalu teteskan air aromatherapy sebanyak tiga hingga lima kali. Kemudian nyalakan lilin yang berada di dalam tungku kecil. Lilin bertahan hingga enam jam.

Di akhir perbincangan, Ghary mengingatkan agar air aromatherapy tidak terkena kulit karena mengandung senyawa kimia yakni benzoin. Senyawa tersebut bisa menyebabkan iritasi terutama yang memiliki kulit sensitif. Benzoin digunakan untuk membuat aromanya lebih tahan lama. Bagi Anda yang ingin mencobanya, Cadelaide Aromatherapy baru bisa dibeli secara online dengan harga Rp 499 ribu per paket.

(aln/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

Kelamaan menangis memang bisa membuat mata merah dan bengkak. Namun dibalik itu, menangis atau mengeluarkan air mata ternyata bisa jadi obat mujarab yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Apa saja?Dikutip dari Beliefnet, ini dia enam manfaat air mata yang bisa Anda dapatkan setelah menangis atau mengeluarkan air mata.1. Membantu penglihatanAir mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.2. Membunuh bakteriTak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.3. Meningkatkan moodSeseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air ma [...]

Penderita Hepatitis B Masih Bisa Hidup Normal

Penderita Hepatitis B Masih Bisa Hidup Normal

Mendengar vonis bahwa Anda menderita penyakit hepatitis B kronis bisa menakutkan. Tapi dengan tindakan yang tepat, Anda tetap dapat menjalani hidup secara normal. Umumnya kekebalan tubuh mampu membasmi sepenuhnya virus hepatitis B yang dapat menyebabkan peradangan pada hati. Namun tubuh sebagian orang tidak mampu melakukannya, sehingga virus bertahan dan berkembang menjadi hepatitis B kronis. Jika tidak ditangani dengan tepat, hepatitis B kronis dapat mengakibatkan gangguan kesehatan dalam jangka panjang, antara lain kerusakan hati, gagal hati, kanker hati, hingga kematian. Walau belum ditemukan obat untuk membasmi virus hepatitis B sepenuhnya, kini sudah ada obat-obat antivirus seperti peginterferon alfa-2a dan entecavir, yang dapat menekan aktivitas virus sehingga mencegah perkembangan komplikasi pada hati. Sebagian besar penderita hepatitis B kronis memiliki usia harapan hidup yang panjang. Yang perlu diingat, penderita harus berhati-hati karena dapat menularkan virus tersebut kepada orang lain melalui darah dan cairan tubuh lain, misalnya melalui hubungan seksual atau berbagi jarum suntik. Mengatasi Gangguan yang Menyertai Hepatitis Tidak dapat dipungkiri, mengidap penyakit [...]

7 Makanan Sehat untuk Menu Sarapan Anda

7 Makanan Sehat untuk Menu Sarapan Anda

Sarapan sangat penting untuk memulai hari. Sebab, sarapan bisa memberi Anda energi yang diperlukan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas seharian penuh. Oleh karena itulah mengapa menu sarapan Anda harus sehat. Berikut ini tujuh makanan sehat untuk menu makan pagi Anda, seperti dikutip dari situs Mag for Women.1. Granola BarsGranola bars kaya akan serat sehat dan protein yang diperlukan oleh tubuh. Kebanyakan granola bars terbuat dari kacang-kacangan, gandum, dan buah-buahan. Dengan menyantap dua granola bar di pagi hari dapat memberikan energi vital untuk tubuh. Menu ini juga kaya akan antioksidan yang membantu detoksifikasi.2. Muffin GandumBukankah lebih baik untuk memulai hari Anda dengan muffin yang lezat? Mengonsumsi muffin gandum saat sarapan sangat baik untuk tubuh karena diperkaya dengan serat. Asupan serat di pagi hari membantu membersihkan sistem dan pencernaan menjadi normal.3. TelurTelur bisa menjadi menu sarapan sehat yang kaya protein. Anda bisa membuat telur dadar dengan menambahkan beberapa sayuran seperti wortel, bawang, atau brokoli di dalamnya. Menu tersebut juga dapat memberikan mineral dan vitamin untuk tubuh.4. Smoothies BuahTidak punya banyak waktu buat men [...]

Kelebihan atau Kekurangan Hormon Testosteron, Apa Jadinya?

Kelebihan atau Kekurangan Hormon Testosteron, Apa Jadinya?

Hormon testosteron atau yang diidentikkan sebagai hormon laki-laki ini memiliki pengaruh terhadap libido, pembentukan massa otot dan ketahanan tingkat energi, serta perubahan perubahan karakteristik seks sekunder pada pria seperti suara menjadi lebih berat. Normalnya, kadar hormon testosteron dalam tubuh laki-laki berkisar antara 270-1070 ng/dL (nanogram per desiliter) dengan kadar rata-rata 679 ng/dL. Ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa kadar hormon testosteron yang optimal berkisar 400-600 ng/dL. Hormon ini meningkat selama masa pubertas dan mencapai puncaknya ketika laki-laki berusia sekitar 20 tahun. Setelah berusia 30 tahun ke atas, kadar hormon ini akan berkurang sekitar satu persen tiap tahunnya. Sementara itu, pada laki-laki yang berusia lebih dari 65 tahun, kadar hormon testosteron normal berkisar antara 300-450 ng/dL. Penurunan Kadar Hormon Testosteron Menurunnya kadar hormon testosteron sebenarnya merupakan kondisi alamiah seiring penuaan pada laki-laki. Kondisi kekurangan testosteron juga dapat disebabkan oleh infeksi dan cedera pada testis, gagal ginjal kronis, sindrom Klinefelter, dan sirosis hati. Kondisi stres dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga dap [...]

Tidur 8 Jam Sehari Agar Tubuh Sehat, Wajib atau Tidak?

Tidur 8 Jam Sehari Agar Tubuh Sehat, Wajib atau Tidak?

Benarkah kualitas tidur yang baik itu harus delapan jam sehari? Belum tentu. Masih ada beberapa mitos seputar tidur yang keliru tapi banyak dipercaya orang. Agar mendapatkan tidur berkualitas dan terhindari dari mitos tidak jelas yang bisa merugikan kesehatan tubuh, ini lima mitos seputar tidur yang perlu Anda ketahui faktanya, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Setiap Orang Perlu Tidur 8 Jam SehariKebutuhan jam tidur setiap orang bisa berbeda-beda. Beberapa orang perlu lebih dari delapan jam dan sebagian lagi mungkin kurang dari itu. Jadi, bagaimana mengetahui apakah jam tidur kita sudah cukup atau belum? Menurut Robert Oexman, D.C. direktur Sleep to Live Institute, salah satu tanda Anda kekurangan tidur apabila langsung terlelap begitu naik ke tempat tidur.Pada orang yang siklus tidurnya normal, baru akan tertidur setelah 15 menit berbaring. Namun perlu diwaspadai bila Anda tidur kurang dari 5 jam sehari karena bisa meningkatkan risiko stroke, kerusakan tulang dan nyeri pada jantung.2. Lebih Banyak Tidur, Semakin BagusTerlalu banyak tidur sama bahayanya dengan kekurangan tidur. Dijelaskan Michael A. Grandner, Ph.D., insinyur psikiatri dan anggota Behavioral Sleep Medicine [...]

Usia Muda Berisiko Terkena Serangan Jantung

Usia Muda Berisiko Terkena Serangan Jantung

Penyakit jantung kini tak lagi terjadi hanya kepada orang tua yang lanjut usia saja, tetapi juga kepada orang yang berusia muda. Serangan jantung biasanya terjadi mendadak, penyebabnya pun bervariasi.Penyebab utama yang sering terdeteksi biasanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, karena pembuluh darah yang mengalir tersumbat oleh lemak dan kolesterol, atau pun zat-zat kimia dari penggunaan obat yang berlebihan. Bagaimana mendeteksi penyakit jantung dan pencegahannya? Berikut tips dari Heath Me Up agar jantung Anda selalu sehat.- Faktor Risiko Masalah Jantung Pada Usia MudaSalah satu faktor yang menyebabkan masalah jantung di usia muda adalah riwayat keluarga yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau disebut familial hyper-cholesterolemia. Kadar kolesterol tinggi terjadi akibat kurangnya berolahraga dan melakukan aktivitas fisik yang membuat tubuh mengeluarkan keringat.Sering mengonsumsi makanan cepat saji (fast food) juga dapat berkontribusi terhadap perkembangan penyakit jantung di usia muda.Jika Anda suka merokok, berhentilah mulai sekarang. Sebab merokok dapat merusak lapisan arteri dengan menimbun bahan lemak (ateroma) yang mempersempit arteri. Selain i [...]

Sering Kesulitan Tidur? Mungkin Anda Kekurangan Makanan Ini

Sering Kesulitan Tidur? Mungkin Anda Kekurangan Makanan Ini

Sering kesulitan tidur di malam hari? Coba perhatikan kebiasaan makan Anda, atau makanan yang Anda santap di siang harinya. Penelitian dari University of Pennsylvania mengungkapkan bahwa asupan nutrisi tertentu bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Entah itu meningkatkan maupun mengurangi.Berdasarkan data dari National Health and Nutrition Examination yang telah dianalisa oleh para peneliti University of Pennsylvania, kesulitan tidur berkaitan erat dengan jumlah asupan kalori, kurangnya mineral seperti selenium, kalsium dan dodecanoic acid. Diet yang kurang bervariasi dan tinggi garam juga disinyalir menjadi penyebab Anda tetap terjaga di malam buta.Nutrisi apa saja yang harus dipenuhi kecukupan kebutuhan per harinya agar tidur jadi lebih nyenyak? Ini rekomendasinya dari USDA Nutrient Database, yang dilansir Huffington Post. 1. LycopeneLycopene merupakan jenis antioksidan yang banyak terdapat dalam buah dan sayur, khususnya yang berwarna merah dan oranye. Sumber lycopene bisa didapatkan dari jambu biji merah, semangka, tomat yang dimasak, pepaya, cabai merah dan kol ungu.2. FolatNama lainnya adalah vitamin B9, penting untuk menjaga fungsi tubuh bekerja dengan semes [...]

Mengenal Sakit Punggung

Mengenal Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan masalah yang sangat lazim. Sampai dengan sembilan dari sepuluh orang dapat diperkirakan menderita sakit atau nyeri punggung pada suatu waktu dalam hidupnya. Namun hanya segelintir orang yang mencari pengobatan. Sakit punggung seringkali mereda melalui istirahat atau tanpa melalui pengobatan. Beberapa orang mencoba untuk mengabaikan rasa sakitnya atau belajar untuk hidup dengan rasa sakit tersebut. Rasa sakit dapat melibatkan seluruh bagian punggung, namun yang paling sering mengalami sakit dan nyeri adalah punggung bagian bawah. Salah satu alasan utamanya adalah bahwa punggung bagian belakang menanggung beban tubuh lebih besar dibandingkan bagian punggung lainnya, dan karenanya lebih mengalami tekanan disepanjang hari. Berikutnya akan kami jelaskan jenis-jenis sakit punggung dan penyebab kemunculannya. Mengenal Sakit Punggung Ada dua jenis sakit punggung, yaitu sakit punggung akut dan sakit punggung kronik. Jenis sakit punggung ini berlangsung selama 6-8 minggu. Kondisinya ditandai oleh sakit yang pedih atau ngilu, yang dengan mudah dapat diketahui titik sumber sakitnya oleh penderita dan biasanya terasa di punggung bagian bawah. Ras [...]

Hepatitis Mengintai

Hepatitis Mengintai

Kebiasaan buruk berbagi makanan dan minuman dengan teman perlu diwaspadai terlebih dengan maraknya kasus penyebaran penyakit hepatitis A yang mulai dianggap sebagai kejadian luar biasa (KLB) di beberapa daerah di Jawa Barat. Mewabahnya kasus hepatitis A tahun ini pertama kali muncul di akhir Oktober dengan lebih dari 40 mahasiswa Universitas Parahyangan Bandung positif mengidap penyakit hepatitis A. Tidak lama berselang, hari Senin kemarin (7/11) telah dikabarkan bahwa daerah Depok juga sudah terserang virus yang sama. Sebanyak lebih dari 70 siswa dan guru SMKN 2 Depok beserta beberapa buruh disekitar sekolah mengalami gejala mata kuning, tubuh lemas dan kulit menguning yang menandakan mereka terjangkit penyakit hepatitis dan 68 dari mereka positif terjangkit hepatitis A. Meskipun kasus mewabahnya hepatitis A baru terlihat di dua tempat, namun penyebaran penyakit ini mampu meluas apabila tidak dilakukan pencegahan sedini mungkin. Sehingga lokalisasi pengidap tidak hanya sebagai cara menanggulangi KLB namun juga dilakukan upaya pemantauan ketat dan penyuluhan oleh Dinas Kesehatan dan Badan Pengendali Penyakit & Penyehatan Lingkungan (P2PL). Dari kedua kasus ini meskipun belum di [...]

Efek Ganja Pada Kesehatan Mental

Efek Ganja Pada Kesehatan Mental

Oleh : dr. Andri,SpKJPsikiater Consultation-Liaison dan Psikosomatik Medis Anggota American Psychosomatic Society Anggota Academy of Psychosomatic Medicine Anggota European Association for Consulation Liaison Psychiatry and Psychosomatics Ganja secara pribadi saya kenal dalam buku-buku psikiatri umum dan buku psikiatri yang membahas khusus masalah penyalahgunaan zat adiktif. Keduanya sama-sama masuk golongan zat adiktif yang menimbulkan ketergantungan. Secara diagnostik, pemakaian kedua zat tersebut termasuk dalam diagnostik gangguan jiwa menurut DSM IV-TR (USA), ICD 10 (WHO) dan PPDGJ III (INDONESIA) yang bisa menimbulkan intoksikasi, reaksi putus zat dan ketergantungan. Ganja sebenarnya merupakan sebutan untuk Canabis (yang mengandung delta-9-tetrahidrocabinol/THC) dengan kekuatan menengah. Canabis/Marijuana yang paling murah dan potensinya lemah banyak digunakan di Amerika Serikat dengan nama Bhang. Kekuatan marijuana/canabis yang paling kuat adalah Chara yang banyak ditemukan di India. Marijuana sendiri sudah dikenal sejak lama bahkan sejak sebelum masehi dan terdapat dalam konpedium obat herbal cina yaitu the Herbal of Emperor Shen Nung tahun 2737 SM. Efek terhadap kesehatan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *