Awas! AC Bisa Merusak Kulit, Lho!

AC-kulit-rusak-nivea.jpg

Memang nyaman berada di ruangan ber-AC (Air Conditioner). Bahkan untuk sebagian orang, kenyamanan suhu yang disediakan AC menjadi suatu keharusan agar kerja lebih produktif dan kreatif. Namun dibalik kenyamanan yang ditawarkan, AC memberikan dampak pada kesehatan kulit secara langsung, yakni kulit kehilangan kelembabannya dan menjadi kering.

Namun tidak usah khawatir, karena berikut ini adalah contekannya untuk menjaga kenyamanan aktivitas tanpa risau akan kulit yang kering akibat paparan AC, antara lain:

Suhu Air Mandi

Semua berawal pada saat persiapan bekerja, yakni mandi pagi. Hindari mandi yang menggunakan suhu air terlalu panas. Karena air bersuhu tinggi akan mudah mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan suhu air yang biasa (bersuhu temperatur ruangan). Hal ini berlaku juga ketika Anda mandi di akhir hari. Jika Anda senang dan menikmati berendam, usahakan batasi cukup 5 hingga 10 menit saja paling lama.

Pelembab Setelah Mandi

Dengan menggunakan pelembab setelah mandi, pelembab akan membantu menahan molekul air yang terpapar setelah mandi dan menguncinya lebih lama. Pada kulit yang tidak diberikan pelembab setelah mandi, maka molekul air di kulit yang di dapat setelah mandi lebih cepat menguap dan mengakibatkan kulit menjadi mudah kering. Pilihlah pelembab berupa krim yang menawarkan kandungan glycerol. Karena kandungan glycerol dapat memberikan manfaat menjaga kelembaban kulit sepanjang hari.

Bahan Baju Juga Penting

Gunakanlah pakaian yang terbuat dari bahan katun atau serat alami lainnya. Hati-hati jika mengenakan pakaian bahan wol atau serat sintetis lainnya, karena dapat menimbulkan iritasi.

Minum Air Putih

Mungkin tips ini terdengar klasik dan seringkali berulang-ulang. Tapi memang akurat adanya, status kelembaban kulit sangat bergantung pada seberapa jumlah asupan cairan yang kita minum. Mulai dari sarapan, sampai di kantor, dan seterusnya, pastikan Anda memenuhi jumlah asupan cairan dalam sehari.

Hindari Sinar Matahari

Jika rute ke tempat aktivitas Anda banyak memaparkan tubuh pada sinar matahari, maka disarankan Anda menggunakan tabir surya pada area tubuh yang terekspos matahari.

Vitamin & Nutrisi

Tidak salah jika Anda gemar nyemil selama bekerja, namun ada baiknya Anda mulai mengganti camilan favorit Anda dengan makanan-makanan yang mengandung omega-3, seperti biji-bijian berupa kuaci bunga matahari, atau kuaci dari labu, kacang walnut, Kacang pistachio dan lainnya. Jika Anda makan siang, Anda dapat memilih menu yang mengandung omega-3 lainnya seperti menu ikan-ikanan laut, yakni sarden, salmon, mackerel, tuna dan lainnya.

Pelembab Ketika di Ruangan Ber-AC

Jika dirasa kulit Anda telah hilang kelembabannya ketika beraktivitas di ruangan ber-AC, tidak ada salahnya untuk kembali memberikan krim pelembab ke kulit. Jika Anda berkantor di ruangan AC, usahakan pilihlah krim yang beraroma lembut bukan krim yang beraroma tajam. Karena selain lebih aman untuk kulit, krim pelembab yang beraroma lembut dapat menjadi stress buster Anda di kantor yang penat.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kunci Perawatan Kulit Sehari-hari

Kunci Perawatan Kulit Sehari-hari

Perawatan kulit wajah dan tubuh sebetulnya sederhana dan mudah untuk dilakukan. Bergantung pada jenis kulit, perawatan kulit tidak selalu memerlukan perawatan intensif dan berbiaya tinggi. Yang terpenting adalah Anda mengetahui prinsip perawatan kulit, dan menerapkannya secara rutin di rumah atau di manapun Anda berada. Berikut adalah perawatan kulit sehari-hari yang bisa Anda lakukan: Perlakukan kulit dengan lembut Ketika mandi dan mencuci muka, pilihlah sabun berbahan ringan dan lembut, gunakan sabun yang tidak mengandung pewangi, dan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Ketika melakukan scrubbing, jangan menggosok kulit terlalu keras atau terlalu sering, karena dapat mengiritasi kulit. Hindari mandi terlalu lama, terutama dengan air hangat, agar minyak alami kulit tidak hilang. Selanjutnya keringkan tubuh dengan handuk secara perlahan (jangan menggosok kulit). Kemudian oleskan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bila akan keluar rumah, gunakan pelembap yang mengandung SPF agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Jika Anda akan bercukur, oleskan shaving cream atau pelembap sebelumnya. Pastikan mata pisau cukup tajam dan bersih, kemudian cukur rambut s [...]

Teh Hijau Bisa Mencegah Jerawat & Kanker Kulit

Teh Hijau Bisa Mencegah Jerawat & Kanker Kulit

Telah diakui bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat. Hal itu bisa dilihat dari menjamurnya produk kecantikan maupun produk non-kecantikan yang memakai teh hijau sebagai bahan dasar. Namun, apakah teh hijau baik untuk kesehatan kulit wajah? Berikut penjelasannya:Teh hijau banyak dikonsumsi di negara-negara Asia, termasuk India, Jepang, Korea, dan Cina. Seperti teh hitam dan teh oolong, teh hijau berasal dari tanaman Camellia sinensis. Namun, tidak seperti dua varietas lainnya, daun teh hijau tidak difermentasi sebelum dikukus dan pengeringan sehingga tetap segar.Hasan Mukhtar, seorang profesor dermatologi dari Case Western Reserve University di Cleveland, menjelaskan bahwa senyawa antioksidan dalam teh hijau memiliki kekuatan untuk melindungi kulit. "Dari semua antioksidan yang dikenal manusia, komponen teh hijau adalah yang paling ampuh,? ujar Mukhtar. Antioksidan adalah senyawa yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas, yang merupakan agen dan penyebab kerusakan sel maupun jaringan. [...]

Memilih Kosmetik BB Cream

Memilih Kosmetik BB Cream

Oleh: dr. Jessica Florencia Beauty balm atau blemish balm cream sebelumnya dikembangkan oleh dokter spesialis kulit dari Jerman sebagai suatu krim untuk melindungi kulit dan menutupi bekas kulit setelah perawatan laser. Formula ini menjadi populer di Korea Selatan dan kemudian meluas di seluruh Asia. Dewasa ini BB Cream dapat digunakan seperti krim dasar rias wajah (foundation). Selain sebagai dasar rias wajah, produk ini juga mengandung bahan-bahan seperti tabir surya, anti penuaan dan pelembab. Namun, jangan terjebak dengan berpikir bahwa BB Cream adalah solusi dari segala masalah kulit Anda. BB Cream tidak dapat digunakan sendiri saja untuk perawatan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang berjerawat maka Anda tetap harus mendapatkan perawatan kulit khusus untuk kulit berjerawat. Sedangkan bila kulit Anda adalah kulit yang sangat kering, Anda tetap membutuhkan pelembab tambahan untuk kulit Anda. Bila Anda memiliki kulit yang mudah mengalami alergi maka penggunaan produk kulit yang baru Anda gunakan juga tetap memerlukan kewaspadaan khusus, tidak terkecuali BB Cream. Memilih BB Cream yang cocok untuk kondisi kulit Anda harus menjadi perhatian khusus karena tidak semua BB Cream cocok [...]

Steam Laundry Menurunkan Risiko Penyakit Kulit

Steam Laundry Menurunkan Risiko Penyakit Kulit

Metode pencucian uap memberikan hasil cucian yang lebih bersih dan menurunkan paparan risiko penyakit kulit. Hal ini dikarenakan beberapa bakteri pencetus alergi dan penyakit lebih mudah tereliminasi dengan paparan uap sepanas 60 derajat Celcius. Beberapa bakteri pencetus alergi dan penyakit yang dapat tereliminasi dengan pencucian mesin cuci teknik penguapan: Skabies: Skabies adalah penyakit kulit yang ditandai dengan rasa gatal dan kemerahan. Penyakit ini disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei, yang termasuk dalam kelas Arachnida. Tungau ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau bersifat mikroskopis. Penyakit ini mudah menular dari manusia ke manusia, dalam hal ini melalui pemakaian handuk yang bersamaan. Terlebih lagi jika handuk yang digunakan kotor. Panu:Panu membuat kulit Anda belang-belang putih dan gatal. Penyakit jamur kulit ini adalah penyakit koronis yang ditandai oleh bercak putih sampai coklat yang bersisik. Penyakit yang disebabkan oleh malasezia furfur yang mudah tumbuh di handuk kotor. Patekan:Walau penyakit ini masih awam di kuping sebagian besar orang Indonesia, tapi sebetulnya angka kejadiann [...]

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

Kulit adalah organ tubuh paling besar dan paling luar yang sangat penting bagi tubuh. Fungsinya sangat luas mulai dari menjaga suhu tubuh hingga menunjang penampilan secara keseluruhan.Tanpa kita sadari, setiap hari kita banyak sekali melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat kulit kita lebih cepat rusak dan menua. Hal-hal itu sering kali kita anggap sepele, tapi sebenarnya berdampak besar bagi fungsi dan penampilan kulit. Terdapat 5M yang merupakan kebiasaan merusak kulit yang harus segera kita hentikan dan hindari:1. Menantang MatahariWanita Indonesia yang hidup di khatulistiwa harus memberikan perhatian khusus terhadap sinar matahari. Perlindungan dari sinar matahari adalah kunci penting perawatan kulit karena sinar matahari dapat menyebabkan kerutan, bercak cokelat, dan masalah kulit lainnya yang dapat timbul lebih cepat. Untuk membentengi diri terhadap sinar matahari, lakukanlah kiat-kiat berikut ini: Gunakanlah tabir surya Hindari matahari pukul 10 pagi hingga 4 sore Kenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari Berikut beberapa kebiasaan yang membahayakan kesehatan kulit lainnya: [...]

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

Kulit impian para wanita adalah kulit sehat, putih, dan bersih. Untuk mendapatkannya, setiap wanita akan melakukan berbagai cara. Tapi kadang, selalu saja muncul masalah pada kulit yang mengesalkan, salah satunya kulit sensitif dan kering. Ada banyak faktor yang membuat kulit Anda menjadi kering: Kebiasaan mandi dengan air panas Mandi dengan air yang terlalu panas dapat mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan mandi dengan air bertemperatur ruangan. Kebiasaan malas minum air putihKurang air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung pada kulit kering.Seringlah minum air putih terutama kalau Anda ada di dalam ruangan ber-AC. Kebiasaan malas mengkonsumsi makanan sehatPenelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung omega 3 akan membantu membentengi minyak alami kulit. Kebiasaan usia lanjutFungsi organ tubuh akan berkurang sejalan bertambahnya usia. Pada usia lanjut, pembentukan zat elastin untuk menjaga elastisitas kulit akan berkurang. Kebiasaan merokokZat-zat dalam rokok dapat merusak jaringan kolagen yang berfungsi sebagai elastisitas kulit. Solusinya mengatasi kulit [...]

Dampak Buruk Sinar Matahari untuk Kulit

Dampak Buruk Sinar Matahari untuk Kulit

Setiap makhluk hidup di permukaan bumi terpapar terhadap sinar ultraviolet (UV) yang merupakan bagian dari sinar matahari. Sinar matahari selain dibutuhkan sebagai sumber energi utama kehidupan, juga dapat memberikan pengaruh yang baik secara langsung bagi tubuh.Dalam porsi kecil, sinar matahari dapat mengaktifkan vitamin D dalam tubuh yang diperlukan untuk pembentukan tulang. Meskipun demikian, sinar UV dalam jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan bahan genetik tubuh (DNA) yang merupakan awal mula terjadinya kanker kulit. Paparan sinar UV yang berlebih juga dapat menyebabkan kulit terbakar, kulit menghitam, penuaan dini, munculnya kerutan lebih cepat, dan kanker kulit.Ironisnya, dengan semakin luasnya kerusakan ozon, paparan radiasi ultraviolet yang mencapai perbukaan bumi menjadi semakin meningkat sehingga dapat menyebabkan masalah kulit yang tidak dapat diabaikan.Sinar UV dikelompokkan ke dalam 3 jenis, ultraviolet A (UVA), ultraviolet B (UVB), dan ultraviolet C (UVC), yang masing-masing berbeda panjang gelombangnya. Meskipun UVA dapat menembus ke dalam kulit, UVB merupakan sinar yang lebih berperan dalam menyebabkan kerusakan kulit.Paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu [...]

Mencegah Ruam Kulit Pada Bayi

Mencegah Ruam Kulit Pada Bayi

Oleh: dr. Jessica Florencia Ruam kulit pada bayi menyebabkan bayi Anda lebih rewel. Belum lagi menyedihkan hati rasanya jika melihat sang buah hati tak berdaya menderita karena gatal-gatal akibat ruam kulit yang di deritanya. Ada beberapa faktor pencetus dan penyebab dari munculnya ruam kulit pada bayi. Antara lain: Popok yang jarang digantiPenyebab paling sering adalah ruam popok. Anda dapat mengantisipasinya dengan lebih sering mengganti popok pada bayi Anda. Dengan demikian kebersihannya terjaga dengan baik dari risiko paparan kotoran-kotoran pencetus ruam pada kulit. Alergi popok atau bahan pakaian lainnyaHindari pemakaian bahan pakaian dari serat sintetis atau wol. Gunakanlah bahan katun alami yang sekiranya lebih nyaman dikenakan bayi Anda. Perhatikan juga jenis popok yang Anda pakaikan pada si kecil. Pilihlah jenis popok yang tidak mengandung bahan pewangi yang dapat mencetuskan alergi. Ukuran popok atau pakaian yang terlalu kecil dan ketatPakaian yang terlalu ketat dapat menimbulkan iritasi dan perlukaan (lecet) pada kulit bayi. Anda dapat menyesuaikan kembali ukuran pakaian yang sepantasnya. Penggunaan produk kulit bayi yang [...]

Kulit Sikut, Lutut, Tumit Kering & Tebal? Ini Solusinya!

Kulit Sikut, Lutut, Tumit Kering & Tebal? Ini Solusinya!

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Bagian kulit kita pada lutut, tumit dan sikut kerap kali lebih kering dan menebal. Untuk sebagian orang hal ini acapkali mengganggu kepercayaan diri. Belum lagi jika kondisi kulit cenderung kering, area kulit tersebut akan semakin tak sedap dipandang. Tak halus dan tak rata warnanya. Namun dari segi medis, bukan hanya soal penampilan yang dikhawatirkan, tetapi juga potensi risiko akan mudah terpapar penyakit kulit yang disebabkan infeksi bakteri atau virus karena proses iritasi. Wah, lalu bagaimana cara menghindarinya? Tenang, ladies. Simak dan lakukan tips berikut ya: Hindari berlama-lama mandi dan terutama menggunakan air panas. Air panas menghilangkan minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan air hangat. Terlalu lama mandi malah membuat kulit kering. Batasi kegiatan mandi Anda selama 5 ? 10 menit saja setiap harinya dengan air hangat. Gunakan kosmetik yang tidak beraroma ?keras?.Gunakan kosmetik perawatan kulit yang tidak menggunakan pengharum atau sabun yang tidak terlalu ?keras?. Pilah-pilihlah kosmetik yang digunakan, karena zat tambahan aroma dan pewangi dalam kosmetik yang tidak diperlukan bisa berpotensi menyebabkan alerg [...]

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

"Yang jelas, aku ngga ada pantangan makan," demikian tuturnya ketika ditanya Klikdokter soal kiat menjaga kesehatan Julie Estelle. Gadis kelahiran 1989 silam ini juga mengaku tidak banyak kiat kesehatan lainnya yang rutin dijalani. Meskipun demikian, Julie ada satu kegiatan olahraga rutin yang sedang diupayakan. "Dulu waktu sekolah aku sering berenang, tetapi sekarang sudah ngga pernah rutin lagi. Tapi sekarang karena aku sedang terlibat syuting film action dan ada tuntutan menggemukan badan dengan otot, jadi aku mulai nge-gym, for gaining my muscles" tutur Julie yang diproyeksikan akan mengambil peran sebagai Hammer Girl di film Berandal garapan sutradara Gareth Evans yang akan dirilis pertengahan 2014. Pemilik nama lengkap Julie Estelle Gasnier memang sangat mengedepankan esensi professional dalam berkarirnya. Diakui dirinya waktu yang tersedia baginya sangat sedikit untuk menyempatkan berolahraga secara rutin. Agaknya gayung bersambut, kesibukannya dalam film terbarunya membuat aktris peraih penghargaan Most Favorite Rising Star MTV 2005 ini akan lebih rutin berolahraga. Selain dikenal karena senyumannya yang menawan, aktris yang memulai berkarir dari tahun 2005 ini juga memilik [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *