Awas! AC Bisa Merusak Kulit, Lho!

AC-kulit-rusak-nivea.jpg

Memang nyaman berada di ruangan ber-AC (Air Conditioner). Bahkan untuk sebagian orang, kenyamanan suhu yang disediakan AC menjadi suatu keharusan agar kerja lebih produktif dan kreatif. Namun dibalik kenyamanan yang ditawarkan, AC memberikan dampak pada kesehatan kulit secara langsung, yakni kulit kehilangan kelembabannya dan menjadi kering.

Namun tidak usah khawatir, karena berikut ini adalah contekannya untuk menjaga kenyamanan aktivitas tanpa risau akan kulit yang kering akibat paparan AC, antara lain:

Suhu Air Mandi

Semua berawal pada saat persiapan bekerja, yakni mandi pagi. Hindari mandi yang menggunakan suhu air terlalu panas. Karena air bersuhu tinggi akan mudah mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan suhu air yang biasa (bersuhu temperatur ruangan). Hal ini berlaku juga ketika Anda mandi di akhir hari. Jika Anda senang dan menikmati berendam, usahakan batasi cukup 5 hingga 10 menit saja paling lama.

Pelembab Setelah Mandi

Dengan menggunakan pelembab setelah mandi, pelembab akan membantu menahan molekul air yang terpapar setelah mandi dan menguncinya lebih lama. Pada kulit yang tidak diberikan pelembab setelah mandi, maka molekul air di kulit yang di dapat setelah mandi lebih cepat menguap dan mengakibatkan kulit menjadi mudah kering. Pilihlah pelembab berupa krim yang menawarkan kandungan glycerol. Karena kandungan glycerol dapat memberikan manfaat menjaga kelembaban kulit sepanjang hari.

Bahan Baju Juga Penting

Gunakanlah pakaian yang terbuat dari bahan katun atau serat alami lainnya. Hati-hati jika mengenakan pakaian bahan wol atau serat sintetis lainnya, karena dapat menimbulkan iritasi.

Minum Air Putih

Mungkin tips ini terdengar klasik dan seringkali berulang-ulang. Tapi memang akurat adanya, status kelembaban kulit sangat bergantung pada seberapa jumlah asupan cairan yang kita minum. Mulai dari sarapan, sampai di kantor, dan seterusnya, pastikan Anda memenuhi jumlah asupan cairan dalam sehari.

Hindari Sinar Matahari

Jika rute ke tempat aktivitas Anda banyak memaparkan tubuh pada sinar matahari, maka disarankan Anda menggunakan tabir surya pada area tubuh yang terekspos matahari.

Vitamin & Nutrisi

Tidak salah jika Anda gemar nyemil selama bekerja, namun ada baiknya Anda mulai mengganti camilan favorit Anda dengan makanan-makanan yang mengandung omega-3, seperti biji-bijian berupa kuaci bunga matahari, atau kuaci dari labu, kacang walnut, Kacang pistachio dan lainnya. Jika Anda makan siang, Anda dapat memilih menu yang mengandung omega-3 lainnya seperti menu ikan-ikanan laut, yakni sarden, salmon, mackerel, tuna dan lainnya.

Pelembab Ketika di Ruangan Ber-AC

Jika dirasa kulit Anda telah hilang kelembabannya ketika beraktivitas di ruangan ber-AC, tidak ada salahnya untuk kembali memberikan krim pelembab ke kulit. Jika Anda berkantor di ruangan AC, usahakan pilihlah krim yang beraroma lembut bukan krim yang beraroma tajam. Karena selain lebih aman untuk kulit, krim pelembab yang beraroma lembut dapat menjadi stress buster Anda di kantor yang penat.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kulit Kering? Jangan Didiamkan Saja!

Kulit Kering? Jangan Didiamkan Saja!

Apakah Anda mengenal jenis kulit Anda? Bagaimana selama ini Anda merawat kulit Anda?Untuk dapat memberikan perawatan yang tepat pada kulit kita, maka sebaiknya kita mengenali jenis kulit kita terlebih dahulu. Spektrum jenis kulit yang ada adalah kulit normal, berminyak, kering, dan sensitif. Beberapa orang juga memiliki jenis kulit kombinasi di beberapa area kulit. Selain itu, jenis kulit juga dapat berubah sesuai dengan usia. Misalnya, orang yang lebih muda lebih cenderung memiliki kulit normal jika dibandingkan dengan orang yang berusia lebih tua.Sebenarnya, secara garis besar, jenis kulit berkaitan dengan beberapa faktor seperti berikut: Kandungan air kulit yang mempengaruhi kenyamanan, elastisitas, dan kelembapan kulit Kandungan minyak yang mempengaruhi kelembapan dan kelembutan kulit Tingkat sensitivitas Di antara spektrum jenis kulit yang ada, kulit kering dan sensitif sering kali membutuhkan perhatian lebih dan khusus karena jenis kulit ini kerap membuat tidak nyaman dan menimbulkan keluhan-keluhan yang mengganggu. Untuk itu perawatannya harus diperhatikan dengan lebih teliti dan hati-hati.Apakah Anda memiliki kulit kering? Cermati beberapa ciri berikut ini d [...]

Memilih Sunblock yang Aman

Memilih Sunblock yang Aman

Penting adanya untuk memilah pilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda. Seperti halnya sunblock atau tabir surya. Sunblock lumrah digunakan untuk mencegah kulit terbakar dari sinar matahari ketika beraktifitas diluar ruangan. Begitu banyak ragam produk yang ditawarkan oleh produsen kosmetik sunblock yang beredar di pasaran dewasa ini. Guna memudahkan proses pencermatan tiap produk yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai oleh tubuh kita, simak beberapa kiat berikut ini: Pilihlah Sunblock yang Memiliki SPF 30 atau Lebih.SPF 30 memberi perlindungan kulit dari sinar matahari selama durasi 300 menit. Jadi, sesuaikan dengan pemilihan sunblock dengan lama aktifitas anda dibawah sinar matahari langusng. Gunakan Sunblock dengan Spektrum yang Cukup Lebar.Sunblock yang memiliki spektrum yang cukup lebar mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari jenis UVA dan UVB. Sinar ultraviolet UVA adalah sinar ultraviolet dari matahari yang tidak langsung jatuh di permukaan kulit, sinar inilah yang berpotensi menimbulkan kanker kulit. Sementara UVB merupakan sinar ultraviolet dari matahari yang langsung jatuh kepermukaan kulit. Gunakan Sunbl [...]

Solusi Kulit Kering Karena AC

Solusi Kulit Kering Karena AC

Oleh: dr. Nadia Octavia Meskipun nyaman berada di ruangan ber-AC (Air Conditioner). AC yang bermasalah dapat mengundang masalah baru untuk kesehatan kulit, yakni kulit kehilangan kelembabannya dan kulit menjadi kering. Namun tidak usah khawatir, berikut ini adalah kiat-kiatnya untuk menjaga kenyamanan aktivitas tanpa risau akan kulit yang kering akibat paparan AC, antara lain: Suhu Air Mandi Ketika Anda mandi, hindarilah mandi dengan air yang panas. Karena air bersuhu tinggi lebih mudah mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan suhu air yang biasa. Jika Anda senang dan menikmati berendam, usahakan batasi cukup 5 hingga 10 menit saja paling lama. Pelembab Setelah Mandi Gunakan pelembab setelah mandi, karena pelembab akan membantu menahan molekul air yang terpapar setelah mandi dan menguncinya lebih lama. Bahan Baju Juga Penting Hindari mengenakan pakaian yang terbuat dari wol atau serat sintetis lainnya. Karena bahan tersebut mudah menimbulkan iritasi pada kulit kering. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan katun atau serat alami lainnya. Minum Air Putih Kondisi kelembaban kulit sangat bergantung pad [...]

6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

Saat ini, semakin banyak produk kecantikan di pasaran yang diyakini dapat membuat kulit Anda segar dan tampak awet muda. Namun tidak cukup dari luar saja, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sama pentingnya dengan produk kecantikan yang dioleskan ke kulit.Makanan dan minuman tersebut akan diurai menjadi berbagai jenis nutrien yang bermanfaat bagi sel tubuh, termasuk kulit. Perawatan kulit wajah rutin tidak akan memberikan hasil yang maksimal apabila asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi kurang bergizi.Berikut asupan yang tidak boleh Anda lewatkan agar kulit senantiasa sehat:1. AirSupaya nutrisi dari makanan mudah diserap oleh kulit, sel-sel kulit membutuhkan air sebagai perantaranya. Air juga membantu sel mengeluarkan racun dan zat sisa metabolisme dari tubuh. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar, lembap, serta tidak mudah timbul keriput atau garis penuaan. Air kelapa merupakan alternatif yang baik untuk menggantikan elektrolit yang hilang karena dehidrasi.2. BuahSemua jenis buah baik untuk dikonsumsi, namun beberapa di antaranya diyakini memiliki manfaat lebih untuk kesehatan kulit. Sebagai contoh: Alpukat tinggi akan lemak sehat dan fitonutrien yang [...]

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

"Yang jelas, aku ngga ada pantangan makan," demikian tuturnya ketika ditanya Klikdokter soal kiat menjaga kesehatan Julie Estelle. Gadis kelahiran 1989 silam ini juga mengaku tidak banyak kiat kesehatan lainnya yang rutin dijalani. Meskipun demikian, Julie ada satu kegiatan olahraga rutin yang sedang diupayakan. "Dulu waktu sekolah aku sering berenang, tetapi sekarang sudah ngga pernah rutin lagi. Tapi sekarang karena aku sedang terlibat syuting film action dan ada tuntutan menggemukan badan dengan otot, jadi aku mulai nge-gym, for gaining my muscles" tutur Julie yang diproyeksikan akan mengambil peran sebagai Hammer Girl di film Berandal garapan sutradara Gareth Evans yang akan dirilis pertengahan 2014. Pemilik nama lengkap Julie Estelle Gasnier memang sangat mengedepankan esensi professional dalam berkarirnya. Diakui dirinya waktu yang tersedia baginya sangat sedikit untuk menyempatkan berolahraga secara rutin. Agaknya gayung bersambut, kesibukannya dalam film terbarunya membuat aktris peraih penghargaan Most Favorite Rising Star MTV 2005 ini akan lebih rutin berolahraga. Selain dikenal karena senyumannya yang menawan, aktris yang memulai berkarir dari tahun 2005 ini juga memilik [...]

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Berolahraga sambil melihat pemandangan indah di luar memang menyenangkan, tapi hal ini bisa menjadi musuh bagi kulit.?Bahaya utama jika Anda berolahraga di luar ruangan adalah paparan sinar matahari,? ungkap April Armstrong, MD, asisten profesor dermatologi di University of California. Sinar matahari tidak hanya dapat membuat wajah tampak lebih tua, tetapi juga meningkatkan risiko kanker kulit. Tidak mau ?kan jika tubuh Anda bugar, tapi kulit Anda malah bermasalah?Armstrong menambahkan, waktu yang tepat untuk menghindari olahraga di luar ruangan adalah pukul 10 pagi hingga 4 sore. Namun jika Anda memang harus berolahraga saat matahari sedang puncak-puncaknya, maka gunakanlah tabir surya. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak atau masalah dengan jerawat, pilih produk bebas minyak dengan perlindungan SPF.Meski demikian, jangan hanya mengandalkan tabir surya sendiri untuk melindungi kulit. Karena keringat yang mengucur saat Anda berolahraga dapat melunturkan tabir surya, sehingga meningkatkan kemungkinan wajah jadi terbakar. Untuk perlindungan tambahan, kenakan pakaian yang benar-benar menutupi kulit dan topi.Untuk mencegah ruam atau masalah kulit lainnya setelah berolahraga, Anda [...]

Memilih Kosmetik yang Aman Selama Kehamilan

Memilih Kosmetik yang Aman Selama Kehamilan

Dewasa ini sangat banyak pihan yang ditawarkan oleh produsen kosmetik untuk memperjaya pilihan usaha memperindah kulit kita.Tidak sedikit pula yang menawarkan janji-janji menggiurkan dari yang menawarkan wajah putih instan dalam hitungan waktu mingguan hingga yang kosmetik yang mampu membuat wajah tetap awet muda.Padahal, jika ditelusuri lebih jauh, tidak sedikit produk kosmetik yang beredar dipasaran belum tentu melengkapi kebutuhan jaminan keamanan kesehatan bagi kulit anda. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ikutilah beberapa kiat berikut ini: Kiat Aman Kosmetik Berbahaya Selama Kehamilan Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ikutilah beberapa kiat berikut ini: Teliti sebelum membeli. Pastikan merek kosmetik pilihan anda terdaftar oleh Dinas Kesehatan RI dan BPOM RI. Sesuaikan kebutuhan kosmetik dengan jenis kulit anda. Penting juga untuk menyesuaikan merk produk yang sesu [...]

Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)

Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)

Alat kontrasepsi bawah kulit atau dikenal juga dengan istilah implant progestinumumnya berupa kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Setelah diberi obat bius, dibuat sayatan dan dengan bantuan jarum dimasukkan kapsul implan. Tidak perlu dilakukan penjahitan. Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun. a. Efektivitas Kehamilan terjadi pada 0,05/100 wanita pada 1 tahun penggunaan pertamab. Keuntungan Sangat efektif, bekerja untuk jangka waktu lamac. Kerugian Membutuhkan prosedur operasi kecil untuk pemakaian dan pelepasan, tidak melindungi dari PMSd. Efek samping Sakit kepala, payudara menjadi keras, peningkatan berat badan, kerontokan rambut, jerawat, perubahan mood, gangguan metabolisme lemak, hirsutisme, gangguan m [...]

Perawatan Kulit Segar

Perawatan Kulit Segar

Perawatan Kulit Segar Berikut tahap-tahap perawatan kulit wajah agar selalu tampak sehat dan segar : Membersihkan wajah bisa dilakukan dengan susu pembersih dan sabun muka.Susu pembersih digunakan untuk membersihkan wajah dari berbagai riasan kosmetik yang menempel. Bersihkan sisa susu pembersih dengan washlap basah, bukan dengan kapas . Lap basah, terutama yang hangat dapat mengangkat sisa susu pembersih sampai ke pori-pori. Setelah sisa susu pembersih terangkat semua, lanjutkan dengan pemberian penyegar menggunakan kapas yang ditepuk-tepuk pada wajah. Sedangkan pembersih dengan sabun muka, sebaiknya dilakukan dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Pilihlah produk yang pH balance, artinya produk tersebut memiliki pH yang seimbang dan sesuai untuk kulit, tidak terlalu asam maupun alkalis. Sabun dengan pH yang terlalu alkalis menyebabkan kulit muka terasa kencang dan kering. Melembabkan wajah dapat dilakukan dengan pemberian krim atau lotion pada kulit wajah agar terlindung dari masalah kekeringan.Pilihlah pelembab wajah yang mengandung loaded liposome, yaitu suatu partikel kecil berbentuk [...]

6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

Setiap wanita menginginkan kulit yang cantik. Namun, apa definisi dari kulit yang cantik yang sebenarnya? Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat, terawat, dan dapat membuat seseorang merasa nyaman dan percaya diri. Definisi tersebut tidak dapat terwujud secara instan dan dalam semalam. Untuk mencapai hal tersebut, tentu saja diperlukan langkah-langkah khusus yang dilakukan dengan rutin dan cermat.Jadi bagaimana kita dapat memiliki kulit yang sehat dan cantik? Berikut ini adalah 6 langkah khusus, 3P - 3T yang dapat mewujudkan kulit sehat dan cantik yang telah dilakukan juga oleh para wanita dengan kulit sehat dan cantik:1. Perawatan Rutin yang TelitiBersihkanlah kulit dua kali sehari. Jangan terlalu sering karena dapat mengganggu lapisan minyak alami kulit, namun juga jangan terlalu jarang karena dapat membuat kulit kotor dan kusam. Pastikan agar semua riasan, tabir surya, pelembap, dan bahan apa pun yang diaplikasikan pada kulit pada pagi atau siang hari dibersihkan sebelum tidur malam. 2. Penggunaan Sabun yang LembutGunakanlah sabun yang lembut yang mengandung pelembap cukup untuk kulit. Hindari sabun yang mengandung pewangi berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada kul [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *