Awas! Belanja Bisa Tularkan Penyakit Berbahaya

shopping.jpg

Bagi sebagian besar wanita, berbelanja merupakan hal yang paling menyenangkan. Tapi Anda perlu hati-hati, karena di balik kegiatan tersebut tersembunyi penyakit-penyakit yang bisa merugikan kesehatan Anda.

Mencoba-coba pakaian sebelum membeli merupakan hal yang wajar. Namun sayangnya, hal itu justru bisa membuat mikroba dan bakteri menyebar sehingga menyebabkan flu hingga infeksi.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Philip Tierno, Ph.D., direktur klinik mikrobiologi dan imunologi di New York, ditemukan adanya sekresi pernapasan, flora kulit bahkan flora kotoran pada pakaian. Menurutnya, bakteria dapat hidup pada pakaian yang kering selama tiga sampai enam bulan. Agar acara berbelanja Anda tak berujung penyakit, ketahui apa saja bahaya tersebut dan cara menyiasatinya, seperti yang dikutip dari msn.

1. Saat Membeli Topi
Kemungkinan sudah ada beberapa kepala yang mencoba topi yang Anda coba sebelumnya. Kekhawatiran terbesar saat mencoba topi adalah transmisi kutu. Jika orang yang mencoba topi sebelum Anda berkutu, ada kemungkinan kutu-kutu tersebut pindah ke kepala Anda dan berkembang biak.
Untuk mengatasinya, pilihlah obat pengusir kutu dengan kandungan pediculicide atau cetaphil yang efektif membunuh kutu rambut, bahkan sekaligus dengan telur-telurnya jika digunakan secara rutin setidaknya dalam 10 hari. Telur kutu juga bisa disingkirkan dengan sisir khusus, yang didesain dengan gerigi yang lebih rapat.

2. Saat Membeli Pakaian Dalam
Celana dalam dan bra merupakan pakaian yang paling berpotensi menularkan penyakit. “Dalam penelitian kami, wanita diperbolehkan mencobanya tanpa pakaian dalam dan mengembalikannya ke atas rak,” ujar Tierno. “Kami menguji sampel pakaian dan menemukan adanya flora vagna dan flora kotoran pada pakaian dalam yang dijual di toko.”

Tierno menyarankan, pada saat mencoba bra atau celana dalam sebaiknya tetap kenakan pakaian dalam Anda. Setelah itu pastikan untuk selalu mencuci tangan untuk menghindari adanya transmisi bakteri berbahaya ketika menyentuh mata, hidung atau mulut. Namun yang terpenting, selalu cuci pakaian dalam yang baru Anda beli dengan deterjen anti-bakteri.

3. Saat Membeli Pakaian Renang
Tidak seperti pakaian dalam, baju renang biasanya dilengkapi dengan ‘hygiene strip’ pada bagian bawah celana. Ini berguna untuk melindungi Anda dari flora vagina dan flora kotoran yang menyebabkan infeksi jamur dan flu perut. Namun dengan adanya ‘hygiene strip’ bukan berarti Anda aman seratus persen.

“Jika sebelum Anda ada orang yang mencoba baju renang tersebut tanpa mengenakan pakaian dalam, ‘hygiene strip’ itu malah menyimpan organisme,” ujar Tierno.

Cara mengatasinya, sama dengan cara menyiasati bakteri pada pakaian dalam baru. Anda harus selalu mengenakan pakaian dalam saat mencobanya dan mencuci pakaian tersebut dengan deterjen.

4. Saat Membeli Sepatu
Ketika seseorang mencoba sepatu tanpa kaus kaki, mereka cenderung meninggalkan sel-sel mati kulit kakinya dan beberapa jamur kaki. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membawa kaus kaki sendiri saat mencoba sepatu di toko. Selain itu, ada baiknya jika Anda menyemprotkan spray pembunuh bakteri pada bagian dalam sepatu ketika memutuskan untuk membelinya.

5. Saat Membeli Make Up Mata
Maskara merupakan salah satu alat riasan mata yang terkenal dengan penyebaran bakterinya. Inilah yang membuat para ahli kesehatan dan kecantikan menyarankan untuk segera membuang maskara yang terpakai setelah enam bulan.

“Jika kita membuang maskara karena takut terkena bakteri yang dihasilkan oleh diri sendiri, bayangkan bagaimana dengan maskara tester yang ada di toko make up?” tanya Macrene Alexiades-Armenakas, asisten profesor klinis dermatologi di Universitas Yale.

Untuk melindungi mata dari infeksi konjungtivitis –mata merah– dan beberapa infeksi mata lainnya, hindari mencoba riasan mata langsung pada mata. Namun jika Anda bersikeras, cobalah eyeliner, eyeshadow dan pensil alis pada punggung tangan atau usahakan memilih counter make up yang menyediakan aplikator make-up sekali pakai.

6. Saat Membeli Lipstik
Ketika mencoba lipstik tester, ada kemungkinan Anda terkena penyakit kulit seperti herpes simplex. “Anda harus menggunakan kuas baru atau kuas yang baru dibersihkan saat akan mengalikasikan lipstik,” kata Alexiades-Armenakas.

Pada toko make-up profesional, para make-up artist terbiasa untuk selalu membersihkan make-up tester dengan pembunuh bakteri. Namun ketika pelanggan yang datang terlalu banyak, berarti para make-up artist tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan peralatan make-up mereka. Oleh karena itu, hindari mencoba make-up pada akhir pekan atau pada saat diskon karena akan ada banyak pelanggan yang ingin mencobanya.

7. Saat Membeli Kuas dan Spons Make-up
Menurut Alexiades-Armenakas, “kuas, spons yang digunakan berulang-ulang dapat memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang.” Jika Anda pergi ke toko make-up pastikan sang make-up artist menggunakan produk sekali pakai atau menyemprotkan cairan pembunuh kuman dan yang terpenting, ia harus menyuci tangannya sebelum memegang wajah Anda.

(eya/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Makanan Penghambat Penuaan

5 Makanan Penghambat Penuaan

Proses penuaan merupakan proses yang tidak dapat dicegah. Setiap orang pasti akan mengalami proses penuaan, entah terlihat dari luar tubuh ataupun proses penuaan yang terjdi di dalam tubuh. Ternayata menurut beberapa penelitian, proses penuaan ini bisa lho kita bantu cegah. Pencegahan penuaan bisa dengan makanan, ataupun dengan cara lain seperti olahraga. Berikut merupakan beberapa jenis makanan yang dibuktikan dapat menghambat proses penuaan. Minyak Zaitun (Olive Oil) Banyak peneliti yang menyebutkan bahwa kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun bertanggung jawab dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Minyak zaitun juga mengandung polyphenols yang merupakan sumber anti-oksidan yang kuat untuk mencegah proses penuaan. Yogurt Yogurt kaya akan kandungan kalsium yang membantu melawan osteoporosis dan mengandung ?bakteri baik? yang membantu menjaga kesehatan usus dan mengurangi peningkatan risiko penyakit usus akibat penuaan. Ikan Ikan merupakan sumber omega-3 yang tinggi yang berguna mencegah gumpalan kolestrol di pembuluh darah serta membantu melindungi jantung terhadao kelainan irama jantung. Kacang Kacang merupakan makanan yang tin [...]

Waspada Tekanan Darah Tinggi di Masa Kehamilan

Waspada Tekanan Darah Tinggi di Masa Kehamilan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Pre-eklampsia adalah suatu kondisi yang dapat terjadi pada wanita hamil biasanya saat trimester kedua kehamilan (sekitar minggu ke 20) atau sesaat setelah kelahiran bayi namun pada banyak kasus terjadi pada trimester ketiga (dari minggu ke 27 hingga kelahiran bayi). Wanita dengan pre-eklampsia memiliki gejala berupa tekanan darah yang tinggi, retensi cairan (edema) yang bisa ditemukan di kaki atau tangan dan protein di urin (proteinuria). Bila tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Untuk bayi yang belum lahir, pre-eklampsia dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan. Wanita dengan pre-eklampsia biasanya tidak menyadari bahwa mereka menderita pre-eklampsia hingga saat pemeriksa. Apa yang menyebabkan pre-eklampsia? Hingga saat ini tidak ditemukan jawaban, namun ada yang menyebutkan akibat plasenta yang tidak berfungsi dengan baik, para peneliti ada yang berkata akibat nutrisi yang kurang baik, tingginya lemak dalam tubuh, atau aliran darah yang kurang ke rahim, beberapa menyebutkan pengaruh dari genetis namun sampai detik ini belum ada penjelasan pasti. Sebanyak 10% kasus pre-eklampsia ringan ditemukan pada kehamilan pertama. Kasus pre-eklamps [...]

Awas, Makan Keju Tiap Hari Bisa Picu Kanker!

Awas, Makan Keju Tiap Hari Bisa Picu Kanker!

Anda penyuka keju? Sebaiknya hindari mengonsumsi keju setiap hari agar terhindari dari risiko terkena kanker kandung kemih.Dikutip dari Daily Mail, menurut penelitian terbaru, makan keju setiap hari bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kandung kemih. Seseorang yang makan lebih dari 53 gram keju atau setara dengan sepotong cokelat, meningkatkan risiko terkena penyakit tersebut sebanyak 50%.Penelitian tersebut melibatkan 200 penderita kanker kandung kemih. Pola makan ratusan responden itu kemudian dibandingkan dengan 386 responden yang tidak memiliki penyakit tersebut.Penelitian yang dilakukan ilmuwan Belanda dan Belgia ini ingin mencari tahu apakah memang lemak jenuh yang terkandung di dalam daging dan produk olahan susu, seperti keju, bisa menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena kanker ketimbang lemak yang lebih sehat. Makanan dengan lemak yang lebih sehat itu contohnya minyak zaitun.Hasil penelitian mereka menunjukkan makan keju sebenarnya tidak terlalu berisiko, kecuali seseorang mengonsumsi keju tersebut sebanyak 53 gram sehari. Hanya saja perlu penelitian lebih lanjut tentang hal ini untuk penjelasan yang lebih maksimal."Kami menemukan minyak zaitung menuru [...]

Inilah Cara Medis Menjelaskan Cinta

Inilah Cara Medis Menjelaskan Cinta

Jawabnya; hormon oksitosin. Hormon Inilah yang menjadi biang kerok kenapa Anda bisa memberikan perasaan terbuka, saling mendukung, menerbitkan kasih sayang, dan atribut romantika lainnya. Jika si Cupid, yang disebut-sebut sebagai dewa asmara itu pernah mempelajari dan mengerti neuroscience, figur bayi bersayap dengan panah cintanya pasti akan mengarahkan anak panahnya ke otak ketimbang hati setelah mencelupkan anak panahnya ke oksitosin sebelumnya. Pasalnya penelitian terbaru menunjukkan bahwa hormon oksitosin sangat berperan untuk cinta yang langgeng. Dalam penelitian uji coba terhadap tikus, ditemukan tikus yang memiliki hormon oksitosin lebih tinggi daripada tikus yang hanya memiliki kadar oksitosin rendah lebih setia kepada pasangannya. Padahal tikus dikenal dengan mamalia bergonta-ganti pasangan seperti kelinci. Apakah Oksitosin Bisa Berasal dari Asupan Makanan & Minuman? Profesor psikologi Ruth Feldman di Bar-Ilan University, Israel, menghabiskan bertahun-tahun mempelajari peran oksitosin dalam hubungan ikatan ibu-anak. Belakangan ini beliau menemukan temuan yang memutuskan untuk menelusuri lebih jauh soal si hormon cinta ini. "Kenaikan oksitosin sel [...]

Penderitaan Wanita yang Alergi WiFi dan Sinyal Elektronik

Penderitaan Wanita yang Alergi WiFi dan Sinyal Elektronik

Saat ini, ketergantungan orang terhadap internet membuat kehadiran WiFi sangat dicari. Namun tidak dengan wanita asal Inggris satu ini. Wanita berusia 63 tahun bernama Mary Coales tersebut tidak mau pergi ke tempat-tempat umum yang memiliki fasilitas WiFi. Bisa dibilang ia sangat alergi dengan jaringan internet tanpa kabel tersebut. Pada saat pertemuan penting seperti ingin mendatangi dokter pun ia harus menunggu gilirannya di luar rumah sakit agar tidak berlama-lama berada di ruangan ber-WiFI. Mengapa demikian?Mary ternyata merupakan salah satu orang yang memiliki sindrom langka bernama Electromagnetic Hypersensitivity intolerance Syndrome (EHS). Yang berarti wanita lulusan Cambridge University tersebut akan menderita sakit jika terkena radiasi dari alat elektronik. Mary yang merupakan mantan staff penerbangan itu kerap merasakan sakit yang tak tertahankan pada area mulut ketika terpapar sinyal elektronik. Dengan banyaknya orang yang membawa telepon genggam serta tempat yang memasang WiFi, Mary pun merasa sangat tersiksa. Ia jadi tak bisa pergi ke sembarang tempat selain ke rumah teman yang WiFi-nya bisa dimatikan.Untuk melindungi dari dari WiFi serta sinyal yang membahayakan, [...]

3 Cara Lindungi Si Kecil dari Ancaman Kekerasan

3 Cara Lindungi Si Kecil dari Ancaman Kekerasan

Dalam kurun waktu satu bulan saja, ada begitu banyak kasus kekerasan anak, itu yang muncul ke permukaan media, belum lagi yang tidak dilaporkan, kekerasan ini terjadi di lingkungan yang justru menjanjikan ?rumah? kedua bagi si anak. Ironis memang. Tiga kasus terakhir yang disorot antara lain, kasus pelecehan seksual di JIS, kasus kekerasan yang membunuh Dimas di STIP, dan yang terakhir seorang bocah kelas 5 SD yang dibunuh seniornya (kelas 6 SD) karena tak sengaja menumpahkan es seharga 1000 rupiah. Belum lama kita memperingati momentum Hari Keluarga Mei lalu, mari kita tinjau kembali peranan kita sebagai keluarga, supaya kita tahu betul setiap jejak pertumbuhan anak-anak kita dimana pun mereka berada. Berikut ini kami sajikan tips untuk memantau anak Anda, ketika Anda sebagai orang tua tidak bisa 7x24 jam berada di sisinya. 1. Seks Edukasi Bagaimana anak Anda membawa dirinya keluar rumah mencerminkan apa yang dipelajarinya di rumah, jadi pastikan Anda mengarahkan anak Anda dengan tepat, karena keluarga sesungguhnya institusi pendidikan pertama bagi si anak. Pendidikan disini termasuk edukasi seksual, janganlah menganggap tabu pembicaraan mengenai alat kelamin dan fungsi seksual [...]

5 Manfaat Mendonorkan Darah

5 Manfaat Mendonorkan Darah

Tahukah Anda dengan mendonorkan darah selain dapat membantu orang yang membutuhkan darah tersebut Anda juga akan mendapat berbagai manfaat kesehatan? Setiap 1 orang yang mendonorkan darahnya dapat menyelamatkan 3 hingga 4 orang yang membutuhkan. Bagaimana bagi pendonor sendiri, apakah ada manfaatnya? Ternyata banyak sekali manfaat kesehatan mendonorkan darah. Berikut beberapa manfaat mendonorkan darah bagi pendonor: 1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Di dalam darah terdapat suatu komponen yang bernama zat besi. Zat besi berpengaruh terhadap ketebalan darah. Kadar zat besi yang tinggi menyebabkan darah lebih tebal. Selain itu peningkatan kadar zat besi juga dapat mempercepat proses oksidasi kolesterol. Hal ini dapat mempengaruhi konsistesi darah dan meningkatkan gesekan ketika darah mengalir di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya hambatan pada pembuluh darah. Menurut American Journal of Epidemiology, dengan mendonorkan darah Anda dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 33% dan menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%. Peneliti dari American Medical Association mengatakan dengan mendonasikan darah setiap 6 bulan dapat menurunkan risiko seranga [...]

Tanda-tanda Kehamilan & Cara Memastikan Kehamilan

Tanda-tanda Kehamilan & Cara Memastikan Kehamilan

Tanda tanda kehamilan pada seorang wanita mencakup terlambat menstruasi, payudara membesar, diikuti oleh gejala mudah capai, sering berkemih, mual-muntah, peka terhadap aroma, dan sebagainya. Namun, tanda dan gejala tersebut tidak akurat sehingga diperlukan pemeriksaan tes kehamilan untuk memastikan apakah seseorang hamil. Prinsip pemeriksaan tes kehamilan adalah mengukur kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat pada saat kehamilan. Ada 2 macam cara untuk mengukur hormon hCG tersebut yaitu melalui tes urin (test pack) dan tes darah. Berikut paparan lebih jelasnya: 1. Test Pack Pemeriksaan ini mudah dilakukan, murah, dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Alat test pack ini pun dapat dibeli di apotek-apotek tanpa menggunakan resep dokter. Pemeriksaan dapat dilakukan sehari setelah terjadi keterlambatan menstruasi, namun akan memberikan hasil paling akurat bila setelah seminggu menstruasi terlambat. Pemeriksaan ini meningkat sensitivitasnya bila dilakukan pada saat kencing pertama di pagi hari setelah bangun tidur. Test pack memiliki tingkat keakuratan 97%. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara berikut mengalirkan urin pada stik test pa [...]

Kenali Gejala dan Penyebab Wasir

Kenali Gejala dan Penyebab Wasir

Wasir merupakan pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena di daerah anus. (Baca: Menikmati Hidup Bebas Wasir) Meskipun bukan termasuk penyakit yang akut, rasa nyeri yang diakibatkan wasir sangatlah menganggu. Ingin duduk, salah. Berdiri pun salah. Nah, sebelum bertambah parah, sebaiknya Anda kenali dulu gejala-gejala wasir: Terjadi pendarahan saat buang air besar/kecil Darah berwarna merah muda menetes dari lubang anus Ada benjolan di anus saat BAB Rasa gatal di sekeliling anus Sebenarnya, hampir semua orang pernah kena wasir. Nah supaya tak kena kedua kalinya, beberapa adalah penyebabnya: Faktor genetika Sembelit atau Diare Hipertensi Obesitas Kehamilan Kurang makanan tinggi serat Kurang minum air putih Kini Anda sudah mengetahui gejala dan penyebab kondisi wasir, tidak akan sulit untuk melakukan pencegahannya, bukan? di laman website kami.[](HM/DA) Baca juga: Menikmati Hidup Bebas Wasir Pertolongan Pertama Ketika Wasir Datang [...]

5 Pemicu Alergi Teraneh

5 Pemicu Alergi Teraneh

Anda pasti sudah sering dengar kasus orang yang alergi pada seafood (makanan laut)? Nah, apakah Anda pernah dengar ada kasus orang yang alergi pada air? Jika belum, ketahuilah. Alergi pada air itu kasusnya ada. Memang aneh bukan? Pasalnya, pasti akan menyulitkan pasien alergi air untuk mandi. Tapi itu barulah contoh pertama, masih banyak contoh kasus-kasus alergi teraneh yang dapat terjadi. Sebelum kita bicara lebih jauh, ada baiknya kita ketahui sekilas terlebih dahulu mengenai alergi. Reaksi alergi terjadi akibat reaksi sitem imun yang berlebihan terhadap pemicu tertentu. Pemicu alergi atau biasa disebut alergen, umumnya tidak berbahaya pada kebanyakan orang, namun pada individu yang rentan, bahan tersebut dapat menimbulkan gejala yang mengganggu, bahkan gejala yang mengancam nyawa. Namun banyak bahan pemicu alergi yang tidak terduga, apa sajakah pemicu alergi tersebut? Mari kita simak satu persatu. Pemicu Alergi Teraneh #1: Air Kita memerlukan air untuk bertahan hidup. Namun ada beberapa orang yang mendapat keluhan kulit berupa bentol kemerahan ketika bersentuhan dengan air. Hal ini umumnya dikenal dengan urtikaria atau biduran. Alergi terhadap air dikenal [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *