Awas, Cat Kuku & Karpet Bisa Sebabkan Kanker

kuteks.jpg

Banyak hal yang bisa bantu tingkatkan risiko terkena kanker. Misalnya saja kebiasaan mengonsumsi makanan kalengan serta penggunaan beberapa peralatan rumah tangga. Seperti yang dikutip dari thirdage, berikut tujuh produk yang bisa sebabkan kanker.

1. Makanan Kaleng
Canned Foods Safety mengatakan bahwa Bisphenol A (BPA) terkandung dalam setiap makanan kemasan. BPA merupakan zat kimia yang berbahaya bayi dan anak-anak serta merugikan kelenjar prostat. Banyak negara yang telah melarang penggunaan BPA dalam botol bayi atau botol minuman.

Tapi sayangnya banyak orang yang tak tahu bahwa BPA juga digunakan dalam kaleng. Studi terbaru menemukan bahwa ternyata paparan BPA diduga lebih banyak pada makanan yang dikemas dalam kaleng, seperti sarden, sup, cornet, buah kaleng, dan lainnya.

2. Minuman Kemasan
Sebuah penelitian mengejutkan diungkapkan oleh Environmental Working Group. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa lebih dari 10 merek air minum kemasan memiliki kualitas air yang tidak jauh berbeda dengan air keran, dan beberapa diantaranya malah lebih buruk. Rata-rata 10 merek air kemasan tersebut terkontaminasi oleh arsenik dan amonia.

3. Cat Kuku
Sama seperti bensin dan pengencer cat (thinner), cat kuku mengandung zat kimia yang dikenal sebagai toluena. Selain menyebabkan mual, pusing dan iritasi mata serta hidung, beberapa ilmuwan menduga toluena dapat dikaitkan dengan kanker bila digunakan dalam dosis terkonsentrasi. Toluena diduga bisa menyebabkan kanker otak, sitem saraf pusat, paru-paru, usus besar dan rektum. Namun belakangan ini, sudah banyak produsen cat kuku yang sadar akan kesehatan dan menghapus kandungan toluena dalam produk mereka.

4. Shampo & Produk Pembersih
Studi lain menyebutkan bahwa beberapa merek shampo dan produk kebersihan rumah yang berkaitan dengan kanker. Zat tersebut bernama nitrosamine. Pada produk itu sendiri zat ini tidak berbahaya, namun ketika produk-produk tersebut menjadi limbah dan bercampur dengan tanaman air, zat ini jadi berbahaya. Kombinasi chloramines (zat dari tumbuhan) dengan nitrosamine dapat mengakibatkan kanker nitrosamine dalam air.

5. Karpet
Karpet dilaporkan mengandung formaldehida, bahan kimia yang diketahui dapat menyebabkan kanker pada rongga hidung. Jika Anda memiliki karpet di rumah, para ahli menyarankan untuk membuat ventilasi mengurangi risiko terkena formaldehida.

6. Pengecatan Rambut
Semua orang yang mengecat rambutnya, mungkin tahu bahwa cat rambut yang digunakan mengandung sekitra 5000 bahan kimia. Sejumlah penelitian menemukan bahwa pewarna rambut bisa meningkatkan risiko tumor otak dan kanker indung telur, namu tak berpengaruh terhadap payudara dan kandung kemih.

7. Buah dan Sayuran
Buah dan sayur sudah dipercaya sebagai makanan sehat yang kaya serat. Tapi laporan kesehatan terbaru justru menemukan 67 jenis pestisida yang akhirnya membuat buah dan sayur ‘kotor’. Beberapa studi menemukan bahwa orang yang terkena paparan pestisida dan herbisida memiliki risiko terkena kanker bibir, perut, paru-paru, otak, kulit dan prostat. Untuk itu mencuci buah dan sayur yang tepat sangat dianjurkan.

(eya/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Kisah Anak yang Meninggal di Pelukan Ayahnya Karena Alergi

Kisah Anak yang Meninggal di Pelukan Ayahnya Karena Alergi

"Aku tidak ingin mati", adalah kalimat terakhir dari seorang anak perempuan berumur 12 tahun yang meninggal di pelukan ayahnya setelah mengalami reaksi alergi akut pasca makan malam. Kemalangan ini terjadi setelah ia menyantap kari, chips kentang dan teh.Holly Stuckey, langsung terjatuh lemas dan berusaha bernapas sekuat tenaga. Selang 1 jam setelah menyantap makan malamnya, ia mengalami serangan anaphylactic yang dipicu oleh makanan yang baru dikonsumsinya.Salah satu dari dokter alergi paling top di Inggris mengatakan bahwa reaksi alergi ini bisa disebabkan oleh kandungan chips yang tak hanya terbuat dari kentang. Dr Richard Pumphrey menjelaskan kemungkinan alergi tersebut diperburuk dengan gejala asma yang diderita oleh Holly.Sebelumnya, Holly masih sehat dan bisa belanja bersama ayahnya, Clive, 44 tahun dan langsung pulang ke rumah mereka di Maesteg, South Wales. Ayahnya memasak makan malamnya dan ia mengakui Holly hanya makan sedikit."Setelah makan, ia mengeluh karena susah bernapas," ujar Clive menjelaskan. Ia juga mengatakan bahwa ia tidak ingin mati dan menyuruhnya untuk tetap tenang dan rileks agar bisa bernapas lagi, seperti dilansir Dailymail.Ia dikabarkan membawa Holl [...]

Penyakit Kuku Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Penyakit Kuku Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Kuku sering dikira sebagai bagian tubuh yang tidak mungkin terkena penyakit. Padahal perannya yang penting membuat penyakit kuku cukup mengganggu. Beberapa penyakit kuku bahkan dapat menjadi gejala penyakit serius. Seiring pertambahan usia, kuku akan menjadi lebih mudah rapuh. Perubahan yang bersifat alami tersebut umumnya tidak berbahaya dan tidak perlu penanganan khusus. Tetapi ada perubahan tertentu yang ternyata mengindikasikan kondisi-kondisi yang lebih serius. Penyakit yang Umum Terjadi pada Kuku Di bawah ini adalah dua penyakit kuku yang paling umum terjadi: Kuku kaki yang tumbuh ke dalam atau cantengan (Ingrown Toenails) Dalam keadaan normal, kuku kaki maupun tangan tumbuh lurus. Namun ada kalanya pada beberapa orang, bagian tepi kuku tumbuh ke dalam daging dan melukai jaringan lunak. Hal ini dapat menyebabkan bengkak, nyeri, dan kemerahan. Gangguan kuku ini sebenarnya paling sering terjadi dan jempol kaki adalah yang paling sering terkena. Apa saja penyebab kuku yang tumbuh ke dalam ini? Pemangkasan kuku yang kurang tepat seperti memotong terlalu dalam atau tidak menggunakan gunting kuku. Ujung-ujung jari kaki yang terlalu rapat dalam sepatu yang terlalu kecil, sehingga [...]

Ini Dia Efek Tidur Yang Terlalu Lama dan Terlalu Singkat

Ini Dia Efek Tidur Yang Terlalu Lama dan Terlalu Singkat

Waktu istirahat merupkan waktu yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Tidur merupakan kegiatan yang dapatdibilang penting karena juga dapat berfungsi untuk mengembalikan sumber energi dalam tubuh. Tidur juga dapat mengurangi stress akibat terlalu banyaknya aktifitas yang dilakukan oleh otot-otot dan organ tubuh. Jika seseorang tidak melakukan istirahat atau tidur makan akan menimbulkan penyakit karena kinerja organ dalam tubuh bekerja secara terus menerus. Hal ini juga sangat tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat merusak sistem kerja tubuh. Namun pada keseharian manusia kegiatan tidur banyak dilakukan dengan tidak mempedulikan kapan dan berapa lama mereka harus melakukan tidur yang menimbulkan dampak baik pada tubuhnya sehingga tidak menimbulkan penyakit. Terkadang pada kalangan masyarakat menganggap bahwa kegiatan tidur dilakukan saat seseorang merasa kelelahan atau mengantuk, namun pada sebagaian orang melakukan tidur pada jangka waktu yang cukup lama dan pada waktu yang sembarangan. Hal ini biasanya diakibatkan dari kurangnya kegiatan yang sedang dilakukan. Dan sebaliknya, untuk orang yang memiliki kegiatan yang padat biasanya juga kurang memperhatikan jam lama tidur [...]

Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut!

Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut!

Banyak teori yang berpendapat bahwa susah tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan, namun saat ini telah ditemukan teori baru yang berpendapat sebaliknya. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ?sleep deprivation? atau kurangnya tidur sangat erat kaitannya dengan obesitas dan ada penelitian yang melaporkan bahwa individu dengan berat badan berlebih cenderung lebih susah untuk tidur pulas. Penelitian yang dilakukan di John Hopkins University School of Medicine melaporkan dalam 2012 American Heart Association Scientific Sessions di Los Angeles bahwa penurunan berat badan melalui diet atau kombinasi dari diet dengan olahraga dapat membantu masalah susah tidur atau dapat membuat tidur lebih nyaman. Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut! Penelitian yang dilakukan di John Hopkins ini berlangsung selama 6 bulan, dengan mengikuti 77 subjek dengan berat badan berlebihan atau subjek dengan obesitas yang menderita diabetes tipe 2 atau prediabetes. Pada permulaan dan akhir dari studi, para subjek mengisi survei dengan pertanyaan berkisar antara gangguan tidur. Peneliti juga mengukur IMT (Indeks Masa Tubuh) untuk mengikuti perubahan berat badan masing-masing sub [...]

5 Masalah Kesehatan Akibat Menatap Komputer Terlalu Lama & Solusinya

5 Masalah Kesehatan Akibat Menatap Komputer Terlalu Lama & Solusinya

Tak sedikit orang yang menghabiskan waktunya di depan komputer selama delapan jam atau lebih saat bekerja. Lamanya akan semakin bertambah jika di rumah Anda masih juga menatap komputer untuk urusan bisnis atau pekerjaan yang lain. Duduk terlalu lama di komputer setiap hari bisa merugikan kesehatan. Mulai dari mata lelah, leher kaku hingga membuat postur tubuh bungkuk. Segera atasi dengan langkah-langkah berikut yang dikutip dari Cosmopolitan USA.1. Garis Halus di WajahSaat menatap komputer dalam waktu lama, secara tidak sadar Anda akan mengernyitkan dahi atau memicingkan mata. Menurut dermatologist Dr. Boris Zaks, "Jika seseorang terlalu banyak memicingkan mata karena terlalu lama menggunakan komputer, maka akan terbentuk garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata dan antara kedua alis."Solusi: Krim mata akan membantu membuat kulit di area mata lebih lembab dan elastis. Jika ingin mencoba cara alami, Dr. Boris menyarankan untuk menggunakan teh chamomile. Didihkan air dan teh chamomile, celupkan handuk ke teh, peras airnya dan gunakan handuk yang telah dibasahi untk mengompres kulit mata selama 10 menit. Lakukan seminggu dua kali.2. Lingkaran Gelap Bawah MataSemakin lelah bera [...]

Efek Buruk dari Smartphone untuk Kesehatan

Efek Buruk dari Smartphone untuk Kesehatan

Kehadiran smartphone memang cukup fenomenal. Sebab, gadget tersebut menawarkan berbagai keunggulan dalam berkomunikasi. Tak heran bila banyak orang tergila-gila atau bahkan kecanduan smartphone.Namun, pernahkah Anda memperhatikan efek negatif dari smartphone tersebut untuk kesehatan Anda? Ya, ternyata ponsel pintar itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Yuk, ketahui lebih lanjut tentang efek negatifnya, seperti dikutip dari All Women Stalk.1. KumanTak bisa dipungkiri bahwa hampir setiap saat kita memegang ponsel pintar kemana saja, baik itu saat ke kamar, hingga ke toilet sekalipun. Tanpa sadar, kuman atau bakteri pun menumpuk di smartphone. Oleh karena itu rajin-rajinlah membersihkan ponsel Anda dengan tisu atau pembersih disinfektan sedikitnya satu kali dalam seminggu untuk mengurangi kuman.2. Menurunkan KreativitasPercaya atau tidak, ponsel pintar dapat meredam kreativitas Anda. Sebab, setiap waktu luang yang dimiliki pasti selalu dihabiskan dengan mengecek media sosial dan membaca status orang lain. Hal ini yang membuat kreativitas menurun dan tidak berkembang.3. Kurang KomunikasiSelalu terpaku dengan ponsel, mengecek status, BBM-an, dan lain sebagainya, membuat Anda menja [...]

Apa Itu Anabolisme

Apa Itu Anabolisme

Pernahkah Anda mendengar istilah anabolisme? Proses biokimia ini memungkinkan kita untuk tumbuh dan memperbaiki kerusakan dalam tubuh. Proses-proses biokimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup dinamakan metabolisme. Ada dua jenis reaksi metabolisme, yaitu katabolisme dan anabolisme. Reaksi katabolisme memecah molekul-molekul kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana, biasanya reaksi ini menghasilkan energi. Sebaliknya, anabolisme bertugas untuk membentuk atau mensintesis molekul-molekul yang lebih kompleks dari molekul-molekul sederhana. Fungsi Reaksi Anabolisme di dalam Tubuh Anabolisme, atau disebut juga biosintesis, memungkinkan tubuh untuk membangun atau menumbuhkan sel-sel baru dan memelihara jaringan tubuh. Caranya adalah dengan menggunakan energi yang dihasilkan reaksi katabolisme, reaksi anabolisme mensintesis berbagai hormon, enzim, dan substansi lainnya sebagai bahan untuk menumbuhkan sel dan jaringan. Ibaratnya, tukang bangunan menggunakan batu bata untuk membuat rumah. Contoh proses anabolisme antara lain adalah pertumbuhan dan mineralisasi tulang serta peningkatan massa otot. Peranan Hormon pada Reaksi Anabolisme Hormon-hormon berikut ini dikategorikan seba [...]

Tanda-Tanda Anak Kekurangan Nutrisi dari Susu

Tanda-Tanda Anak Kekurangan Nutrisi dari Susu

Kalsium dan vitamin D memiliki peran penting bagi pertumbuhan serta perkembangan anak. Kedua asupan tersebut dapat diperoleh dari susu dan produk olahan susu lainnya. Jika anak kurang asupan makanan disertai minimnya asupan susu, hal tersebut bisa menimbulkan gangguan nutrisi dan meningkatkan risiko terjadinya riketsia. Riketsia merupakan penyakit yang dapat menyebabkan tulang menjadi lunak, sehingga anak menjadi kesulitan untuk tumbuh tinggi, kesulitan untuk menekuk kaki, serta mengalami kelemahan pada bagian otot. Ikuti panduan nutrisi ini, sebagai rekomendasi asupan susu sesuai dengan kategori umur: Anak usia 2-3 tahun disarankan minum 2 gelas susu (473 ml) dalam sehari Anak usia 4-8 tahun disarankan minum 2 gelas susu (591 ml) dalam sehari Anak usia 9 tahun ke atas disarankan minum 3 gelas susu (710 ml) dalam sehari Kalsium Kalsium merupakan zat terpenting untuk mempertahankan kekuatan tulang dan mengontrol otot serta saraf di dalam tubuh. Tanda-tanda anak kekurangan kalsium di dalam tubuh adalah badan terasa lemas, kaku otot, nafsu makan menurun, serta mengalami gangguan irama jantung. Asupan kalsium per hari yang dianjurkan untuk anak berusia 1-3 tahun adalah s [...]

Regenerasi Otak dengan Sel Punca

Regenerasi Otak dengan Sel Punca

Prof. Ole Isacson, MD, Ph.D, ketika mengisi Stem Cells in the Treatment of Spinal Cord Injury di Four Seasons Hotel, Jakarta, Sabtu (13/9) lalu. Indonesia dihadapi ancaman kian banyaknya kasus Alzheimer, di 2013 lalu sendiri penderita Alzheimer sudah mencapai angka kisaran 1 juta penderita. Belum lagi kasus neurodegenerative lainnya macam Parkinson dan Amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Berkenaan dengan hal tersebut, PT. Kalbe Farma, Tbk (Kalbe) hari ini menyelenggarakan puncak program edukasi dr. Boenjamin Setiawan Distinguished Lecture Series 2014 di Hotel Four Seasons Jakarta. Dimana penyelenggaraan rutin yang menginjak tahun kedua ini mengambil fokus mengenai update dalam bidang terapi sel dan neuroscience. "Regenerasi otak dengan stem cells sangat menjanjikan dan memberikan harapan baru bagi pasien penderita Parkinson's, Huntington's disease, dementia (kepikunan), Alzheimer, bahkan ALS," buka Prof. Ole Isacson, MD, PhD. dari Harvard Medical School dalam kesempatan kuliah umum "Stem Cells in the Treatment of Spinal Cord Injury" pada program edukasi yang diselenggarakan Kalbe tersebut. ?Sedikitnya 4% dari penduduk AS menderita Alzheimer. Untuk mengatasi ini, sudah jutaan [...]

Melindungi Anak Dari Alergi

Melindungi Anak Dari Alergi

Oleh: dr. Jessica Florencia Anak-anak dengan kedua orang tua yang memiliki alergi memiliki kecenderungan yang besar untuk memiliki alergi juga. Bentuk alergi tersebut dapat bermanifestasi pada saluran pencernaan, saluran pernapasan dan organ kulit. Namun, perkembangan alergi ini dapat dicegah sedini mungkin sejak di dalam kandungan. Cara terbaik untuk mencegah alergi adalah dengan mengenali faktor risiko alergi pada janin sehingga dapat melakukan pencegahan pada saat kelahiran. Dokter spesialis kebidanan dan kandungan atau dokter spesialis anak biasanya akan melakukan pengenalan faktor risiko alergi pada janin dengan menggunakan kartu deteksi dini. Adapun tips-tips yang terbukti efektif mencegah atau mengurangi risiko alergi makanan pada anak: Pada Kehamilan: Dilarang merokok selama hamil Jangan memelihara binatang di rumah atau di tempat penitipan anak Lakukanlah upaya untuk mengurangi debu di rumah Setelah Kelahiran: Berikan ASI eksklusif selama 6 bulan Jika Anda tidak dapat menyusui bayi karena alasan medis tertentu, mintalah saran dokter Anda mengenai alternatif pemberian susu formula hipoalergenik Susu kedelai atau susu kambing TIDAK efektif mencegah timbu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *