Awas, Cat Kuku & Karpet Bisa Sebabkan Kanker

kuteks.jpg

Banyak hal yang bisa bantu tingkatkan risiko terkena kanker. Misalnya saja kebiasaan mengonsumsi makanan kalengan serta penggunaan beberapa peralatan rumah tangga. Seperti yang dikutip dari thirdage, berikut tujuh produk yang bisa sebabkan kanker.

1. Makanan Kaleng
Canned Foods Safety mengatakan bahwa Bisphenol A (BPA) terkandung dalam setiap makanan kemasan. BPA merupakan zat kimia yang berbahaya bayi dan anak-anak serta merugikan kelenjar prostat. Banyak negara yang telah melarang penggunaan BPA dalam botol bayi atau botol minuman.

Tapi sayangnya banyak orang yang tak tahu bahwa BPA juga digunakan dalam kaleng. Studi terbaru menemukan bahwa ternyata paparan BPA diduga lebih banyak pada makanan yang dikemas dalam kaleng, seperti sarden, sup, cornet, buah kaleng, dan lainnya.

2. Minuman Kemasan
Sebuah penelitian mengejutkan diungkapkan oleh Environmental Working Group. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa lebih dari 10 merek air minum kemasan memiliki kualitas air yang tidak jauh berbeda dengan air keran, dan beberapa diantaranya malah lebih buruk. Rata-rata 10 merek air kemasan tersebut terkontaminasi oleh arsenik dan amonia.

3. Cat Kuku
Sama seperti bensin dan pengencer cat (thinner), cat kuku mengandung zat kimia yang dikenal sebagai toluena. Selain menyebabkan mual, pusing dan iritasi mata serta hidung, beberapa ilmuwan menduga toluena dapat dikaitkan dengan kanker bila digunakan dalam dosis terkonsentrasi. Toluena diduga bisa menyebabkan kanker otak, sitem saraf pusat, paru-paru, usus besar dan rektum. Namun belakangan ini, sudah banyak produsen cat kuku yang sadar akan kesehatan dan menghapus kandungan toluena dalam produk mereka.

4. Shampo & Produk Pembersih
Studi lain menyebutkan bahwa beberapa merek shampo dan produk kebersihan rumah yang berkaitan dengan kanker. Zat tersebut bernama nitrosamine. Pada produk itu sendiri zat ini tidak berbahaya, namun ketika produk-produk tersebut menjadi limbah dan bercampur dengan tanaman air, zat ini jadi berbahaya. Kombinasi chloramines (zat dari tumbuhan) dengan nitrosamine dapat mengakibatkan kanker nitrosamine dalam air.

5. Karpet
Karpet dilaporkan mengandung formaldehida, bahan kimia yang diketahui dapat menyebabkan kanker pada rongga hidung. Jika Anda memiliki karpet di rumah, para ahli menyarankan untuk membuat ventilasi mengurangi risiko terkena formaldehida.

6. Pengecatan Rambut
Semua orang yang mengecat rambutnya, mungkin tahu bahwa cat rambut yang digunakan mengandung sekitra 5000 bahan kimia. Sejumlah penelitian menemukan bahwa pewarna rambut bisa meningkatkan risiko tumor otak dan kanker indung telur, namu tak berpengaruh terhadap payudara dan kandung kemih.

7. Buah dan Sayuran
Buah dan sayur sudah dipercaya sebagai makanan sehat yang kaya serat. Tapi laporan kesehatan terbaru justru menemukan 67 jenis pestisida yang akhirnya membuat buah dan sayur ‘kotor’. Beberapa studi menemukan bahwa orang yang terkena paparan pestisida dan herbisida memiliki risiko terkena kanker bibir, perut, paru-paru, otak, kulit dan prostat. Untuk itu mencuci buah dan sayur yang tepat sangat dianjurkan.

(eya/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
50% Populasi Indonesia Berisiko Malaria

50% Populasi Indonesia Berisiko Malaria

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Setiap tahun pada tanggal 25 April, dunia memperingati Hari Malaria Dunia (World Malaria Day) untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyakit yang membunuh ratusan ribu orang setiap tahunnya ini. Pada tahun 2010, penyakit ini memakan korban jiwa sejumlah 660.000 orang. Afrika merupakan benua yang paling menderita, mendominasi angka kematian sebanyak >90%, 86% diantaranya pada anak di bawah usia 5 tahun. Bisa dibilang, satu anak meninggal karena malaria setiap detiknya di Afrika. Namun secara keseluruhan, angka kematian karena malaria sudah turun sebanyak 25% sejak tahun 2000. Bagaimana dengan di Indonesia? Sekitar 50% populasi Indonesia berisiko terinfeksi malaria, terutama di daerah pedesaan yang miskin. Daerah yang terutama berisiko adalah di luar pulau Jawa, terutama bagian timur Indonesia, dari Nusa Tenggara Timur ke Maluku dan Papua. Di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi level transmisinya masuk dalam tingkat menengah. Total kasus malaria yang didiagnosis secara klinis pada tahun 2007 adalah sekitar 1.774.845, tahun 2008 1.624.930, dan tahun 2009 1.462.437. Sedangkan total kasus malaria yang dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium pada tahu [...]

Sabun Antibakteri Tidak Lebih Efektif Bunuh Kuman dari Sabun Biasa

Sabun Antibakteri Tidak Lebih Efektif Bunuh Kuman dari Sabun Biasa

Sabun antibakteri selama ini dipercaya lebih efektif membunuh kuman dibandingkan sabun biasa. Namun menurut penemuan terbaru dari Food and Drug Administration Amerika (FDA), sabun antibakteri ternyata tidak lebih efektif ketimbang sabun pada umumnya, terutama dalam pencegahan penyakit flu. Bahkan, jenis sabun ini kemungkinan mengandung zat kimia yang berbahaya.Temuan tersebut membuat FDA menghimbau perusahaan produsen sabun antibakteri, khususnya di Amerika untuk menyertakan data akurat yang menunjukkan keamanan dan keefektifan produk-produk mereka. Apa sebenarnya arti dari label antibakteri pada sabun atau cairan pembersih lainnya?Seperti dikutip dari Women's Health Mag, kata 'antibakteri' mengartikan bahwa produk tersebut mengandung zat tertentu yang bisa membunuh bakteri. Umumnya zat tersebut dinamai triclosan atau triclocarban. Namun Anthony Hay, P.D., associate professor of microbiology di Cornell University menjelaskan bahwa semua sabun pemberih sebenarnya juga bisa membunuh kuman dan bakteri meskipun tidak mengandung dua zat tersebut."Sabun sudah berfungsi sebagai antibakteri. Tidak perlu lagi tambahan zat antibakteri lainnya. Malah tambahan bahan antimikroba ini bisa mem [...]

7 Manfaat Kesehatan Ketika Punya Anak

7 Manfaat Kesehatan Ketika Punya Anak

Kehadiran anak memberikan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan menikah. Tak hanya membuat rumah ramai, memiliki anak ternyata juga memberikan manfaat kesehatan. Berikut tujuh manfaat yang didapat ketika Anda menjadi orangtua, seperti dilansir Foxnews.1. Turunkan Tekanan DarahSebuah studi terbaru yang dilakukan di Brigham Young University menemukan bahwa menjadi orangtua benar-benar dapat membantu menurunkan tekanan darah. Peneliti mempelajari 200 pria dan wanita menikah untuk memonitor tekanan darah selama 24 jam dan menemukan bahwa pasangan yang memiliki anak, secara signifikan memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang tanpa keturunan.2. Mental Lebih StabilAnggapan bahwa tingkah laku anak terkadang membuat orangtua menjadi 'gila', tampaknya tak selalu benar. Para peneliti di Taiwan?s Mental Health Foundation mengklaim bahwa anak-anak bisa membuat orangtua tetap stabil secara mental."Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki anak lebih bahagia, memiliki kepuasan yang lebih besar dan kesejahteraan emosional daripada yang tanpa anak," kata Tom Yang, peneliti utama studi tersebut.3. Aktif BergerakAnak-anak seringkali terlibat dalam jenis kegiatan akt [...]

Ini Kata Pakar Nutrisi Tentang Khasiat Honey Lemon Shot untuk Kesehatan

Ini Kata Pakar Nutrisi Tentang Khasiat Honey Lemon Shot untuk Kesehatan

Minum campuran lemon dan madu murni, atau istilah populernya honey lemon shot kini sedang diterapkan banyak orang untuk memelihara kesehatan tubuh. Dipopulerkan di Instagram dengan hashtag #honeylemonshot oleh lifestyle blogger dan fotografer Andra Alodita, minuman ini diklaim bisa membantu menurunkan berat badan, menjaga bentuk tubuh tetap ideal hingga mencegah kanker. Benarkah khasiatnya sehebat itu?Di mata pakar kesehatan, lemon memang sehat bagi tubuh karena mengandung asam sitrat dan vitamin C yang tinggi. Asam sitrat (asam yang terdapat dalam kelompok buah citrus) baik untuk membuat air seni menjadi lebih basa."Ketika air seni bersifat asam maka memudahkan terjadinya batu saluran kemih. Kalau basa bisa mencegahnya," jelas pakar nutrisi dr. Johannes Chandrawinata, SpKG, saat diwawancara Wolipop melalui telepon, Rabu (20/8/2014).Ketika diminum pada pagi hari bersama air hangat, lemon dapat menjaga keseimbangan pH tubuh agar terjaga kesehatannya serta terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu juga membantu menjaga kesehatan liver dan sebagai tonik bagi tubuh setelah tidur berjam-jam di malam harinya."Air lemon efeknya seperti 'listrik' buat tubuh. Membuat tubuh jadi lebih [...]

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan

Meski sebenarnya sebagian besar keputihan adalah hal yang normal, namun kondisi ini sering membuat tidak nyaman dan resah. Bagaimana cara mengatasinya? Keputihan sebenarnya adalah hal yang normal dan sehat karena pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau. Kadar cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan seksual, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi. Menangani Keputihan Tidak Normal Keputihan yang normal sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus. Yang perlu dijaga adalah agar keputihan tidak berubah menjadi tidak normal. Perubahan ini dapat disebabkan beberapa hal seperti: infeksi vaginosis bakterial, penggunaan antibiotik, infeksi penyakit menular seksual seperti klamidia, kanker serviks, penggunaan pil kontrasepsi, infeksi parasit trikomoniasis, ataupun infeksi jamur. Tanda dari keputihan yang tidak normal adalah perubahan warna dan konsistensi, adanya bau, dan adanya gatal atau nyeri. Ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan secara mandiri seperti: Kompres dingin [...]

Berhenti Merokok Bisa Bantu Tingkatkan Memori

Berhenti Merokok Bisa Bantu Tingkatkan Memori

Banyak manfaat yang bisa didiapat dari menghentikan kebiasaan merokok. Salah satunya adalah membantu meningkatkan memori sehari-hari Anda.Tim peneliti dari Northumbria University di Newcastle, Inggris melakukan percobaan dnegan cara memberikan tes memori kepada 27 perokok, 18 mantan perokok dan 24 orang yang tidak merokok. Tes yang menguji memori ini dilakukan di berbagai universitas yang berbeda lokasi.Hasilnya pun dilaporkan bahwa para perokok hanya bisa mengingat 59 persen dari tugas mereka, bila dibandingkan dengan 74 persen mantan perokok. Sedangkan mereka yang tidak merokok bisa mengingat 81 persen dari tugasnya."Kita sudah tahu bahwa berhenti merokok memiliki manfaat yang besar bagi tubuh, tetapi studi lain menunjukkan bahwa berhenti merokok dapat memiliki manfaat terhadap fungsi kognitif otak juga," ujar Tom Heffernan dari Collaboration for Drug and Alcohol Research Group, seperti yang dikutip dari msn.Penelitian ini dirilis online, sebelum akhirnya dipublikasi cetak pada jurnal Drug and Alcohol Dependence. Heffernan mengatakan bahwa percobaan ini merupakan yang pertama kalinya dalam meneliti pengaruh berhenti merokok terhadap ingatan seseorang."Mengingat bahwa perokok d [...]

Penyebab Timbulnya Tanda Lahir pada Bayi

Penyebab Timbulnya Tanda Lahir pada Bayi

Bayi yang baru dilahirkan kerap memiliki tanda lahir di area tertentu pada tubuhnya. Tanda lahir itu dapat berupa bercak berwarna-warni yang ukuran dan bentuknya beragam. Namun tahukah Anda kenapa ada bayi yang memilikinya, tapi ada juga yang tidak? Menurut kepercayaan masyarakat, tanda lahir akan melekat pada bayi jika sewaktu mengandung, sang ibu melihat gerhana bulan. Ada pula yang mengatakan tanda lahir disebabkan oleh masa mengidam ibu hamil yang tidak terpenuhi. Sebenarnya hingga kini penyebab melekatnya tanda lahir pada bayi masih belum bisa dipastikan. Dokter pun tidak tahu kenapa ada bayi yang memiliki tanda lahir dan ada juga yang tidak memilikinya. Jika dilihat dari sisi medis, sebagian tanda lahir disebabkan oleh pembuluh darah yang terkumpul atau tidak tumbuh normal. Sementara tanda lahir lainnya timbul karena pigmen tambahan pada kulit. Secara garis besar, tanda lahir terbagi menjadi dua jenis, yaitu tanda lahir vaskular dan tanda lahir berpigmen. Tanda lahir vaskular. Tanda lahir ini disebabkan oleh pembuluh darah yang abnormal di bawah kulit. Bercak yang timbul biasanya berwarna ungu, merah muda, merah, atau biru. Kehadirannya sering dijumpai pada area wajah, leh [...]

Sederet Faktor Pencetus Sakit Kepala Bagian Belakang

Sederet Faktor Pencetus Sakit Kepala Bagian Belakang

Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala. Keluhan yang dirasakan bisa sangat beragam karena kondisi tiap orang yang berbeda. Sakit kepala bagian belakang termasuk salah satu yang kerap dikeluhkan. Apa yang menjadi penyebabnya? Sakit kepala atau cephalgia adalah rasa nyeri yang bisa dirasakan pada atas mata dan telinga, bagian atas kepala, bagian belakang kepala hingga leher bagian atas. Mengenali Penyebab Untuk mengetahui apakah sakit kepala bagian belakang ini memerlukan dokter segera atau tidak, maka Anda perlu mengenali gejalanya lebih lanjut. Beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang antara lain: Sakit kepala tegang Kurang tidur, stres, tegang, dan rasa lapar bisa memicu sakit kepala tegang. Sakit kepala yang toleransinya berkisar antara nyeri ringan hingga sedang ini banyak dikeluhkan orang dewasa. Saat kambuh, seseorang akan merasa tegang dan ada tekanan di bagian dahi atau bagian belakang kepala dan leher selama sekitar 30 menit hingga beberapa hari. Sakit kepala tegang dapat terjadi secara periodik atau kurang dari 15 hari per bulan, ataupun kronis yang menyerang lebih dari 15 hari per bulan. Umumnya sakit kepala tegang tidak sampai menghambat seseorang dalam [...]

6 Keuntungan dengan Rajin Minum Air Hangat Tiap Hari

6 Keuntungan dengan Rajin Minum Air Hangat Tiap Hari

Kebanyakan orang lebih suka minum air dingin karena memberi sensasi segar pada tenggorokan. Meskipun sama-sama merehidrasi tubuh, tidak banyak yang tahu kalau air hangat ternyata memberi manfaat yang lebih banyak bagi kesehatan tubuh ketimbang air dingin. Ini dia beberapa keuntungan dengan minum air panas atau hangat, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Membantu Turunkan Berat BadanMinum air hangat akan membuat temperatur tubuh meningkat sehingga metabolisme tubuh juga lebih baik. Metabolisme tubuh yang tinggi akan membuat penurunan berat badan berlangsung lebih cepat. Disarankan minum air hangat yang dicampur perasan dari setengah lemon ketika bangun pagi. Campuran ini akan membantu memecah adipose, jaringan di dalam tubuh yang sebagian besar berisi lemak.2. DetoksifikasiKetika minum air hangat, suhu tubuh juga meningkat sehingga membuat Anda lebih banyak berkeringat. Dengan keluarnya keringat, maka toksin-toksin di dalam tubuh yang menumpuk pun ikut terbawa keluar dari sistem pencernaan.3. Menyamankan TenggorokanSaat flu atau pilek, Anda disarankan minum air hangat ketimbang dingin. Ini ada alasannya. Air hangat membantu melegakan sistem pernapasan dengan mengencerk [...]

5 Tanda Air Kencing Anda Tidak Normal

5 Tanda Air Kencing Anda Tidak Normal

Tahukah Anda, bahwa air kencing (urine) Anda bisa menjadi indikator dari kondisi kesehatan tubuh Anda? Dari sekedar setitik darah yang hadir di air kencing, aroma, bahkan sekedar warna air kencing Anda menandakan kondisi tubuh yang Anda miliki. Setiap hari, ginjal Anda menyaring 200 liter darah. Sistem penyaringan ginjal yang kompleks menjaga keseimbangan fungsi kimia dan mineral dalam tubuh dan membuangnya menjadi urine. Namun bagaimana mengetahui urine Anda normal atau tidak? Ketahui jawabannya berikut ini. 1. Kejernihan Air Kencing Warna dan 'konsentrasi' urine dapat membantu Anda mengetahui apakah hidrasi Anda cukup. Jika warna urine Anda kuning gelap, mungkin saja Anda mengalami dehidrasi atau kurang minum. Dehidrasi juga dapat mengakibatkan batu ginjal karena mineral penyebab batu akan terkonsentrasi pada ginjal dan saluran air. Jadi pastikan Anda cukup minum air putih dan warna urine Anda jernih. 2. Warna & Bau Air Kencing Jika urine Anda tidak berwarna kuning, bisa jadi hal tersebut merupakan hal yang serius (misalnya terdapat darah di dalam urine). Namun bisa jadi hal tersebut juga berkaitan dengan diet ataupun obat yang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *