Awas, Cat Kuku & Karpet Bisa Sebabkan Kanker

kuteks.jpg

Banyak hal yang bisa bantu tingkatkan risiko terkena kanker. Misalnya saja kebiasaan mengonsumsi makanan kalengan serta penggunaan beberapa peralatan rumah tangga. Seperti yang dikutip dari thirdage, berikut tujuh produk yang bisa sebabkan kanker.

1. Makanan Kaleng
Canned Foods Safety mengatakan bahwa Bisphenol A (BPA) terkandung dalam setiap makanan kemasan. BPA merupakan zat kimia yang berbahaya bayi dan anak-anak serta merugikan kelenjar prostat. Banyak negara yang telah melarang penggunaan BPA dalam botol bayi atau botol minuman.

Tapi sayangnya banyak orang yang tak tahu bahwa BPA juga digunakan dalam kaleng. Studi terbaru menemukan bahwa ternyata paparan BPA diduga lebih banyak pada makanan yang dikemas dalam kaleng, seperti sarden, sup, cornet, buah kaleng, dan lainnya.

2. Minuman Kemasan
Sebuah penelitian mengejutkan diungkapkan oleh Environmental Working Group. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa lebih dari 10 merek air minum kemasan memiliki kualitas air yang tidak jauh berbeda dengan air keran, dan beberapa diantaranya malah lebih buruk. Rata-rata 10 merek air kemasan tersebut terkontaminasi oleh arsenik dan amonia.

3. Cat Kuku
Sama seperti bensin dan pengencer cat (thinner), cat kuku mengandung zat kimia yang dikenal sebagai toluena. Selain menyebabkan mual, pusing dan iritasi mata serta hidung, beberapa ilmuwan menduga toluena dapat dikaitkan dengan kanker bila digunakan dalam dosis terkonsentrasi. Toluena diduga bisa menyebabkan kanker otak, sitem saraf pusat, paru-paru, usus besar dan rektum. Namun belakangan ini, sudah banyak produsen cat kuku yang sadar akan kesehatan dan menghapus kandungan toluena dalam produk mereka.

4. Shampo & Produk Pembersih
Studi lain menyebutkan bahwa beberapa merek shampo dan produk kebersihan rumah yang berkaitan dengan kanker. Zat tersebut bernama nitrosamine. Pada produk itu sendiri zat ini tidak berbahaya, namun ketika produk-produk tersebut menjadi limbah dan bercampur dengan tanaman air, zat ini jadi berbahaya. Kombinasi chloramines (zat dari tumbuhan) dengan nitrosamine dapat mengakibatkan kanker nitrosamine dalam air.

5. Karpet
Karpet dilaporkan mengandung formaldehida, bahan kimia yang diketahui dapat menyebabkan kanker pada rongga hidung. Jika Anda memiliki karpet di rumah, para ahli menyarankan untuk membuat ventilasi mengurangi risiko terkena formaldehida.

6. Pengecatan Rambut
Semua orang yang mengecat rambutnya, mungkin tahu bahwa cat rambut yang digunakan mengandung sekitra 5000 bahan kimia. Sejumlah penelitian menemukan bahwa pewarna rambut bisa meningkatkan risiko tumor otak dan kanker indung telur, namu tak berpengaruh terhadap payudara dan kandung kemih.

7. Buah dan Sayuran
Buah dan sayur sudah dipercaya sebagai makanan sehat yang kaya serat. Tapi laporan kesehatan terbaru justru menemukan 67 jenis pestisida yang akhirnya membuat buah dan sayur ‘kotor’. Beberapa studi menemukan bahwa orang yang terkena paparan pestisida dan herbisida memiliki risiko terkena kanker bibir, perut, paru-paru, otak, kulit dan prostat. Untuk itu mencuci buah dan sayur yang tepat sangat dianjurkan.

(eya/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mendengkur Bisa Dikaitkan dengan Risiko Penyakit Berbahaya

Mendengkur Bisa Dikaitkan dengan Risiko Penyakit Berbahaya

Mendengkur sering dianggap sebagai kebiasaan buruk yang lumrah dialami seseorang saat sedang tidur. Suara yang ditimbulkannya biasa mengganggu pasangan atau teman sekamar. Namun ternyata dengkuran, yang merupakan salah satu gejala utama apnea tidur/sleep apnea, bisa dikaitkan dengan adanya peningkatan risiko kondisi yang berbahaya. Mendengkur umumnya lebih banyak dialami pria, terutama dengan berat badan di atas rata-rata ideal. Sebagian orang yang memiliki kelebihan berat badan cenderung mengidap sleep apnea dengan ciri-ciri utamanya adalah mendengkur. Kondisi ini kemungkinan diakibatkan oleh kelebihan massa yang mengumpul di sekitar leher, menjadikan orang tersebut kesulitan bernapas di malam hari. Sebagian orang bisa jadi memiliki amandel besar yang dapat mempersempit jalan napas sehingga menyebabkan dengkuran saat tidur. Riwayat keluarga yang mendengkur dan mengonsumsi minuman keras juga dapat meningkatkan risiko mendengkur. Seiring pertambahan usia, dengkuran bisa menjadi makin parah. Pada kasus tertentu, penelitian menemukan bahwa mendengkur dapat dihubungkan kepada peningkatan risiko berbagai kondisi dan penyakit yang berbahaya, yaitu: Gangguan pernapasan Orang yang serin [...]

Duh! Wanita Ini Kecanduan Makan Batu Bata

Duh! Wanita Ini Kecanduan Makan Batu Bata

Wanita dengan kecanduan aneh semakin banyak. Setelah sebelumnya ada wanita yang kecanduan makan masker wajah dan minum urine, kali ini ada seorang wanita asal Inggris yang tidak bisa berhenti makan batu bata. Adalah wanita bernama Patrice yang kecanduan makan batu bata. Dia sudah mengonsumsi batu tersebut sejak usia 17 tahun. Kini usianya 29 tahun dan sudah sekitar lebih dari 1/2 ton batu bata dimakannya.Kebiasaan Patrice ngemil batu bata ini terjadi gara-gara sang nenek. "Aku melakukannya karena nenekku bilang kalau paman dan bibiku, saat mereka kecil, juga biasa menggali dinding dan mencoba merasakan batu bata," ujarnya.Kecanduan aneh yang dimiliki Patrice ini membuatnya menjadi bintang terbaru reality show dari stasiun televisi TLC 'My Strange Addiction'. Dalam acara tersebut terlihat bagaimana wanita berambut ungu itu mengunyah batu bata yang sudah berukuran kecil."Suatu hari aku mencoba memakannya dan ternyata aku tidak bisa berhenti sama sekali," kata Patrice seperti dikutip Mail Online.Selama 12 tahun terakhir hidupnya, Patrice tidak pernah sekalipun menghabiskan hari tanpa makan batu bata. Pernah karena begitu kecanduannya dia sampai mengikis dinding kamarnya untuk menda [...]

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Tertawa

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Tertawa

Tertawa bisa menimbulkan efek positif bagi kesehatan. Dikutip dari Times of India, memanfaatkan waktu selama 15 menit saja sudah cukup untuk memberikan manfaat baik pada kesehatan tubuh. Reaksi apa yang terjadi pada tubuh ketika seseorang tertawa? Dari ujung kepala hingga ujung kaki, simak penuturannya seperti dilansir Huffington Post.1. Kepala/OtakTertawa bisa mengurangi efek dari stres hormon. Membantu meredakan stres dan rasa gelisah yang berlebihan sehingga mood positif pun meningkat. Endorphin yang dihasilkan saat tertawa membuat perasaan jauh lebih baik.2. Membakar KaloriTahukah Anda, tertawa secara spontan selama 10-15 menit bisa membakar hingga 10-40 kalori per hari? Selain itu tertawa juga membantu mengatur dan mengoptimalkan leptin dan grehlin (hormon nafsu makan) sehingga Anda bisa lebih mengontrol kapan tubuh perlu makanan. Bukan sekadar ingin makan karena faktor emosional.3. Daya Tahan TubuhTertawa meningkatkan produksi antibodi di dalam tubuh. Selain itu juga mengaktifkan sel-sel pelindung tubuh, termasuk T-cell yang bisa membunuh aktivitas sel tumor.Sebuah studi menunjukan bahwa antibodi mampu memerangi infeksi yang ada dalam tubuh saat tertawa. Hal itu disebabkan [...]

Awas, Makan Siang di Meja Kerja Berbahaya

Awas, Makan Siang di Meja Kerja Berbahaya

Walau pekerjaan menumpuk, melupakan makan siang bukanlah hal yang baik. Hal tersebut sama tidak baiknya dengan makan di atas meja kerja. Menurut survei, makan di meja kerja bisa sangat berbahaya!Pekerjaan yang menumpuk seringkali buat Anda lupa makan siang atau makan di atas meja kerja. Padahal, makan siang di atas meja kerja bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.Makan siang kini, sudah tidak menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar karyawan kantoran. Seperti yang dikutip dari Female First, sebuah jejak pendapat terbaru telah menunjukkan 50% orang jarang meninggalkan meja kerja mereka saat jam makan siang. Survei tersebut diprakarsai oleh staffbay dan diikuti 1.800 orang.Padahal meninggalkan meja kerja ini di waktu istirahat ini cukup penting. Selain Anda perlu beristirahat dan merenggangkan tubuh, meja kerja merupakan tempat yang kotor apabila Anda akhirnya memilih makan siang di sana. Meja kerja ternyata sangat berbahaya karena 400 kali lebih kotor dibandingkan toilet.Meja kerja mengandung banyak kuman, terutama meja kerja wanita karena mereka menyimpan kosmetik, hand lotions, yang mempermudah berpindahnya bakteri. Tidak hanya itu, wanita juga menyimpan beragam mak [...]

17 April – WORLD HEMOPHILIA DAY: Anak Mudah Lebam, Hati-Hati Hemofilia

17 April – WORLD HEMOPHILIA DAY: Anak Mudah Lebam, Hati-Hati Hemofilia

Apakah Anda pernah mendengar penyakit ?Hemofilia?? Hemofilia merupakan sebuah penyakit pembekuan darah yang dapat diturunkan. Terdapat beberapa gangguan perdarahan, salah satunya hemofilia. Mari kita kenali apa itu hemofilia, gejala hemofilia dan penanganan awal jika terjadi perdarahan pada kelainan ini. (Baca: Serba-serbi Hemofilia) Apa itu Hemofilia? Hemofilia adalah gangguan pembekuan darah, dimana proses pembekuan darah berjalan ?lebih lambat? dari seharusnya. Tubuh kita memerlukan faktor pembekuan untuk menjaga kestabilan darah. Jika tubuh manusia kekurangan faktor pembekuan darah, seperti dalam kasus hemofilia, maka akan terjadi peningkatan kejadian perdarahan pada tubuh. Terdapat dua tipe hemofilia yaitu hemofilia A (kekurangan faktor pembekuan delapan) dan hemofilia B (kekurangan faktor pembekuan sembilan). Secara epidemiologis, angka kejadian hemofilia A jauh lebih tinggi dibanding hemofilia B. Apa Saja Gejala Hemofilia? Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, hemofilia adalah gangguan pembekuan darah. Karena itu, keluhan yang umumnya timbul adalah keluhan terkait perdarahan. Tanda khas untuk hemofilia adalah hemartrosis. (Baca: Waspadai Gumpalan Darah) Apa itu Hemart [...]

Kondisi-kondisi Ini Jadi Penyebab Limfosit Rendah

Kondisi-kondisi Ini Jadi Penyebab Limfosit Rendah

Limfosit adalah salah satu jenis sel darah putih. Seperti halnya sel darah putih lainnya, limfosit berfungsi membantu sistem daya tahan tubuh. Limfosit terdiri dari tiga jenis yaitu sel B, sel T dan sel natural killer. Limfosit membantu melawan dan mencegah infeksi bakteri dan virus pada tubuh, serta membantu melawan kanker. Bila jumlah limfosit menurun, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi akan terganggu. Selain itu, tubuh dapat menjadi lebih rentan terkena penyakit kanker. Kondisi dengan tingkat limfosit rendah disebut limfositopenia atau limfopenia. Kondisi limfopenia terjadi pada orang dewasa jika limfosit dalam darah di bawah 1.500 per mikroliter darah. Sedangkan pada anak-anak akan dianggap mengalami limfopenia jika tingkat limfositnya di bawah 3.000 per mikroliter darah. Jumlah limfosit yang kurang dari batas normal, dikhawatirkan akan mengakibatkan tubuh rentan terhadap infeksi dan juga risiko kanker, serta kerusakan berbagai organ. Gejala limfopenia biasanya tidak khas dan sering ditemukan pada saat pemeriksaan lab darah untuk penyakit lain, misalnya infeksi. Beragam Kondisi Rendahnya limfosit disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini beberapa penyebab menurunnya lim [...]

5 Jenis Makanan yang Dapat Memperkuat Gigi

5 Jenis Makanan yang Dapat Memperkuat Gigi

Diet kaya nutrisi juga memiliki peran penting untuk memperkuat gusi dan gigi. Mencegah karies serta memberikan senyum dengan gigi putih yang indah. Berikut ini beberapa jenis makanan yang membantu memperkuat dan menyehatkan gigi, seperti dilansir oleh Health Me Up.1. Makanan PelindungBeberapa komponen makanan dapat membantu mengurangi karies gigi (Cariostatic), itulah kenapa makanan-makanan tersebut dikenal dengan sebutan makanan pelindung. Jenis makanan ini mengandung kalsium dan fosfor, contohnya produk kacang-kacangan. Dalam jumlah yang tepat, makanan tersebut dapat mengurangi asam yang diproduksi oleh bakteri di mulut dan membentuk lapisan pelindung pada email gigi.2. Gandum UtuhGandum utuh seperti cornflakes dan oatmeal lebih baik untuk dikonsumsi dibandingkan dengan gandum olahan seperti mie, pasta, biskuit dan produk roti dari tepung putih lainnya. Gandum olahan, makanan yang mengandung tepung dan juga gula adalah karbohidrat yang difermentasikan sehingga menjadi penyebab utama yang berkontribusi terhadap pembentukan asam dalam rongga mulut.3. Buah dan SayuranBuah dan sayur mengandung serat, sehingga diperlukan banyak kunyahan untuk mengolahnya. Hal ini berpengaruh pada p [...]

Tips Perjalanan Udara Bersama Bayi

Tips Perjalanan Udara Bersama Bayi

Terdapat beberapa hal perlu diperhatikan bagi Anda yang dalam waktu dekat akan melakukan perjalanan jauh lewat udara dengan membawa buah hatinya, antara lain: Usia bayi tidak mempengaruhi kemampuan bayi untuk mengatasi perjalanan udara. Perubahan tekanan kabin pada penerbangan menyebabkan perubahan tekanan telinga tengah yang bersifat sementara tapi dapat mencetuskan nyeri telinga. Untuk menolong menyeimbangkan tekanan di dalam telinga si buah hati, upayakan agar ia terus menyedot atau menelan dengan memberikan susu atau dot selama pesawat take off atau mendarat. Selama penerbangan, tekanan udara dalam kabin lebih rendah dibandingkan tekanan udara di darat. Walaupun perubahan sementara pada kadar oksigen ini tidak akan menyebabkan masalah pada bayi yang sehat, dokter anak Ibu dapat meremendasikan suplementasi oksigen bila bayi memiliki kondisi tertentu yang berkaitan dengan saluran pernapasannya. Berikut tips lainnya: Cara Aman Perjalanan Udara Bersama Bayi: Lanjutan tips perjalanan udara untuk bayi: Sebagian besar kursi mobil bayi dapat dipergunakan untuk perjalanan udara. Walaupun maskapai penerbangan umumnya mengizinkan bayi untuk dipangk [...]

Jolie Effect! Permintaan Operasi Angkat Payudara untuk Cegah Kanker Meningkat

Jolie Effect! Permintaan Operasi Angkat Payudara untuk Cegah Kanker Meningkat

Langkah yang dilakukan Angelina Jolie menjalani prosedur mastektomi ganda atau pengangkatan kedua payudaranya mendorong wanita untuk melakukan hal serupa. Riset membuktikan Jolie effect membuat permintaan operasi mastektomi bertambah.Dalam artikel berjudul My Health Choice yang diterbitkan di New York Times pada Mei 2013, Angelina Jolie menjelaskan alasan kenapa dirinya memutuskan mengangkat dua payudaranya. Alasan paling utama adalah karena ibunya pernah berjuang melawan kanker hingga meninggal di usia 56 tahun. Jolie sangat sadar kalau penyakit kanker payudara ini bisa menurun.Dengan menjalankan operasi pengangkatan payudara ini Jolie menurunkan risiko tersebut. Menurut sang aktris, berdasarkan keterangan dokter, dia awalnya 87% berisiko terkena kanker payudara dan 50% berisiko terkena kanker ovarium. Setelah operasi, risiko tersebut menurun menjadi kurang dari 5%.Riset yang dilakukan oleh ilmuwan Amerika Serikat dan diterbitkan di jurnal JAMA Surgery memaparkan mengenai Jolie effect. Dari riset diketahui, terjadi peningkatan sekitar 12,5% terhadap prosedur mastektomi ganda setelah Jolie melakukan operasi serupa pada awal 2013. Penelitian juga mengungkapkan ada 18% responden y [...]

Sering Pusing & Sakit Kepala? Bisa Jadi Tekanan Darah Tinggi!

Sering Pusing & Sakit Kepala? Bisa Jadi Tekanan Darah Tinggi!

Tahukah Anda, mereka yang lebih banyak mengidap pikun atau demensia di usia lanjut adalah kaum wanita, mengapa demikian? Apakah otak kaum pria sedemikian hebatnya sehingga mereka tidak menjadi pikun? Ternyata bukan itu jawabannya, kaum pria kebanyakan meninggal lebih dulu sebelum mereka menjadi pikun, sebab kematian tertinggi pada pria antara lain karena penyakit jantung koroner, stroke, dan sebagainya. Kalau Anda ingin berumur panjang dan menggendong cucu, maka sudah harus mulai perhatikan bagaimana Anda menghidupi hari-hari dimana Anda sudah tidak muda lagi, jangan acuh tak acuh dan makan makanan apapun yang Anda mau, ingatlah bahwa lezatnya makanan hanya sejauh lidah, setelah itu Anda tidak merasakan dampak buruknya saat dicerna lebih jauh. Salah satu masalah tersering adalah hipertensi atau tekanan darah yang tinggi. Kalau Anda sering merasakan pusing atau kepala terasa sakit, mungkin Anda pengidap hipertensi. Tekanan darah normal manusia berkisar di 120/80 mmHg, ketika angka ini menginjak 140/90 mmHg atau lebih, Anda dikatakan menderita hipertensi. Bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasannya: 1. Minum obat secara teratur Obat penurun tekanan darah beker [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *