Awas, Cat Kuku & Karpet Bisa Sebabkan Kanker

kuteks.jpg

Banyak hal yang bisa bantu tingkatkan risiko terkena kanker. Misalnya saja kebiasaan mengonsumsi makanan kalengan serta penggunaan beberapa peralatan rumah tangga. Seperti yang dikutip dari thirdage, berikut tujuh produk yang bisa sebabkan kanker.

1. Makanan Kaleng
Canned Foods Safety mengatakan bahwa Bisphenol A (BPA) terkandung dalam setiap makanan kemasan. BPA merupakan zat kimia yang berbahaya bayi dan anak-anak serta merugikan kelenjar prostat. Banyak negara yang telah melarang penggunaan BPA dalam botol bayi atau botol minuman.

Tapi sayangnya banyak orang yang tak tahu bahwa BPA juga digunakan dalam kaleng. Studi terbaru menemukan bahwa ternyata paparan BPA diduga lebih banyak pada makanan yang dikemas dalam kaleng, seperti sarden, sup, cornet, buah kaleng, dan lainnya.

2. Minuman Kemasan
Sebuah penelitian mengejutkan diungkapkan oleh Environmental Working Group. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa lebih dari 10 merek air minum kemasan memiliki kualitas air yang tidak jauh berbeda dengan air keran, dan beberapa diantaranya malah lebih buruk. Rata-rata 10 merek air kemasan tersebut terkontaminasi oleh arsenik dan amonia.

3. Cat Kuku
Sama seperti bensin dan pengencer cat (thinner), cat kuku mengandung zat kimia yang dikenal sebagai toluena. Selain menyebabkan mual, pusing dan iritasi mata serta hidung, beberapa ilmuwan menduga toluena dapat dikaitkan dengan kanker bila digunakan dalam dosis terkonsentrasi. Toluena diduga bisa menyebabkan kanker otak, sitem saraf pusat, paru-paru, usus besar dan rektum. Namun belakangan ini, sudah banyak produsen cat kuku yang sadar akan kesehatan dan menghapus kandungan toluena dalam produk mereka.

4. Shampo & Produk Pembersih
Studi lain menyebutkan bahwa beberapa merek shampo dan produk kebersihan rumah yang berkaitan dengan kanker. Zat tersebut bernama nitrosamine. Pada produk itu sendiri zat ini tidak berbahaya, namun ketika produk-produk tersebut menjadi limbah dan bercampur dengan tanaman air, zat ini jadi berbahaya. Kombinasi chloramines (zat dari tumbuhan) dengan nitrosamine dapat mengakibatkan kanker nitrosamine dalam air.

5. Karpet
Karpet dilaporkan mengandung formaldehida, bahan kimia yang diketahui dapat menyebabkan kanker pada rongga hidung. Jika Anda memiliki karpet di rumah, para ahli menyarankan untuk membuat ventilasi mengurangi risiko terkena formaldehida.

6. Pengecatan Rambut
Semua orang yang mengecat rambutnya, mungkin tahu bahwa cat rambut yang digunakan mengandung sekitra 5000 bahan kimia. Sejumlah penelitian menemukan bahwa pewarna rambut bisa meningkatkan risiko tumor otak dan kanker indung telur, namu tak berpengaruh terhadap payudara dan kandung kemih.

7. Buah dan Sayuran
Buah dan sayur sudah dipercaya sebagai makanan sehat yang kaya serat. Tapi laporan kesehatan terbaru justru menemukan 67 jenis pestisida yang akhirnya membuat buah dan sayur ‘kotor’. Beberapa studi menemukan bahwa orang yang terkena paparan pestisida dan herbisida memiliki risiko terkena kanker bibir, perut, paru-paru, otak, kulit dan prostat. Untuk itu mencuci buah dan sayur yang tepat sangat dianjurkan.

(eya/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sauna, Gaya Hidup atau Terapi Kesehatan?

Sauna, Gaya Hidup atau Terapi Kesehatan?

Entah sejak kapan persisnya sauna dikenal di Indonesia, namun tren sauna dapat kita katakana salah satu tren yang tak lekang oleh waktu, dulu hingga hari ini, fasilitas sauna dapat kita temukan dimana-mana, penggunanya pun tetap mencintai fasilitas yang bersuhu tinggi ini meskipun dapat kita katakan hari hari ini banyak sekali variasi fasilitas sejenis yang tersedia, apa rahasia dibalik kelanggengan sauna? Apakah sauna hanya sekedar gaya hidup? Atau justru memiliki manfaat tertentu? Jika Anda bertanya kepada para konsumen sauna, beragam jawaban akan Anda dapatkan ketika ditanya mengapa mereka memilih bersauna, mulai dari jawaban sebagai sarana berolahraga, atau sekedar bersantai menikmati atmosfer panas yang membuat tubuh serasa dimanjakan setelah selesai bersauna. Jawaban-jawaban tersebut dapat Anda temukan. Namun benarkah pendapat mereka? Bagi kami jawaban pertama menarik perhatian, banyak sekali konsumen sauna yang menganggap mereka serta merta tidak perlu melakukan olahraga karena telah menunaikan rutinitas sauna mereka. (Baca: Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Kesehatan Anda) Sauna tentunya berbeda dengan kegiatan olahraga yang sesungguhnya, mari kita pikirkan sekali lagi, me [...]

Vapor, Antara Solusi dan Masalah

Vapor, Antara Solusi dan Masalah

Merokok merupakan salah satu ancaman kesehatan yang besar. Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai organ tubuh. Terdapat kurang lebih 250 bahan berbahaya yang terkandung di dalam rokok, diantaranya hidrogen sianida, karbon monoksida dan amonia. Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, dimulai dari penyakit saluran pernafasan, sampai meningkatkan risiko kanker. Bahaya rokok yang begitu besar, menyebabkan pembuat regulator dan ilmuwan mencari cara yang aman untuk mengurangi angka perokok. Usaha yang telah dilakukan dimulai dari berbagai regulasi tentang tempat merokok, pencantuman peringatan bahaya merokok dan gambar ancaman penyakit akibat rokok yang dipasang pada bungkus rokok. Namun sepertinya berbagai langkah tersebut masih jauh dari kata berhasil. Salah satu terobosan terakhir untuk menurunkan bahaya merokok adalah dengan rokok elektronik atau vapor. Vapor pernah diharapkan dapat menjadi jawaban dalam mengurangi angka perokok dan pada akhirnya mengurangi berbagai komplikasi rokok. Apa itu rokok elektronik? Apa itu vapor? Berbahayakah sebenarnya? Berikut penjelasannya: Apa Itu Rokok Elektronik? Apa Itu Vapor? Rokok elektronik adalah sebuah alat [...]

Taruh Ponsel di Pinggang Bisa Sebabkan Osteoporosis

Taruh Ponsel di Pinggang Bisa Sebabkan Osteoporosis

Apakah Anda termasuk orang yang gemar menaruh ponsel di pinggang? Jika ya, sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut. Menurut sebuah penelitian, kebiasaan menaruh ponsel di pinggang bisa berakibat buruk bagi kesehatan tulang Anda.Dikutip dari Times of India, orang yang sering menaruh ponselnya di ikat pinggang sebelah kanan dapat mengurangi kandungan mineral tulang atau Bone Mineral Content (BMC). Sedangkan di sebelah kiri, bisa mempengaruhi kepadatan tulang atau Bone Mineral Density (BMD). BMC dan BMD adalah suatu pemeriksaan kuantitatif untuk mengukur kandungan mineral tulang. Pemeriksaan ini membantu untuk mengetahui apakah seseorang mengalami osteoporosis atau tidak.Dr. Sravi dari National University di Cuyo, Mendoza, melakukan tes dual-energy x-ray absorptiometry untuk mengukur BMC dan BMD pada pinggul kanan dan kiri responden yang sehat. Tes dilakukan pada 24 responden yang tidak menggunakan ponsel dan 24 yang menaruh ponsel pada ikat pinggang sebelah kanan selama satu tahun.Rata-rata kadar BMC dan BMD pada pinggul tidak terlalu berbeda di antara kedua kelompok responden tersebut. Namun, kelompok yang tidak menggunakan ponsel memiliki kadar mineral lebih tinggi pada tulang [...]

Apel Hingga Tomat, Ini 10 Makanan yang Bisa Mencegah Depresi

Apel Hingga Tomat, Ini 10 Makanan yang Bisa Mencegah Depresi

Depresi adalah suatu kondisi yang lebih dari perasaan sedih, lelah setelah beraktivitas, hilang semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya kehilangan pekerjaan, ditinggal orang yang dicintai, atau baru saja menghadapi bencana.Jika terus dibiarkan, dampaknya akan sangat merugikan tubuh. Berbagai penyakit seperti bisa datang kapan saja. Namun jangan khawatir, ada cara mudah menghindari depresi yang bisa dilakukan melalui menyantap beberapa makanan tertentu. Apa saja?1. Sayuran HijauJenis sayuran seperti bayam dan kale ternyata dapat membantu mencegah timbulnya depresi. Dijelaskan oleh Dr. Joel Fuhrman dalam bukunya 'Eat to Live', sayuran hijau membantu untuk mencegah dan melindung tubuh dari bahaya sel-sel kanker.Menurut sebuah penelitian, beberapa depresi juga memiliki keterkaitan dengan penyakit radang otak. Dengan mengonsumsi sayuran hijau tersebut membantu menghindari terjadinya radang otak karena mengandung vitamin A, C, E, K, serta kandungan mineral di dalamnya.2. ApelMengonsumsi apel minimal satu buah setiap harinya dapat membantuk mencegah timbulnya depresi. Sama seperti stroberi dan rasberi, apel juga dipe [...]

Tanda-tanda Kehamilan & Cara Memastikan Kehamilan

Tanda-tanda Kehamilan & Cara Memastikan Kehamilan

Tanda tanda kehamilan pada seorang wanita mencakup terlambat menstruasi, payudara membesar, diikuti oleh gejala mudah capai, sering berkemih, mual-muntah, peka terhadap aroma, dan sebagainya. Namun, tanda dan gejala tersebut tidak akurat sehingga diperlukan pemeriksaan tes kehamilan untuk memastikan apakah seseorang hamil. Prinsip pemeriksaan tes kehamilan adalah mengukur kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat pada saat kehamilan. Ada 2 macam cara untuk mengukur hormon hCG tersebut yaitu melalui tes urin (test pack) dan tes darah. Berikut paparan lebih jelasnya: 1. Test Pack Pemeriksaan ini mudah dilakukan, murah, dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Alat test pack ini pun dapat dibeli di apotek-apotek tanpa menggunakan resep dokter. Pemeriksaan dapat dilakukan sehari setelah terjadi keterlambatan menstruasi, namun akan memberikan hasil paling akurat bila setelah seminggu menstruasi terlambat. Pemeriksaan ini meningkat sensitivitasnya bila dilakukan pada saat kencing pertama di pagi hari setelah bangun tidur. Test pack memiliki tingkat keakuratan 97%. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara berikut mengalirkan urin pada stik test pa [...]

Tetap Bugar dengan Olahraga

Tetap Bugar dengan Olahraga

Tetap bugar disaat puasa dengan olahraga! Begitu semboyan yang harus kita tanamkan didalam diri kita di bulan puasa ini, karena puasa bukanlah suatu alasan untuk mengurangi aktivitas akibat tubuh yang menjadi lemas. Untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga pun dapat dilakukan di kala kita berpuasa, tentunya dengan beberapa cara dan waktu tertentu. Olahraga yang baik saat berpuasa dilakukan 1 jam sebelum berbuka. Olahraga yang dilakukan merupakan olahraga dengan intensitas ringan, seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda. Tentunya di awal berpuasa, olahraga akan terasa berat. Untuk menyesuaikannya, lakukanlah olahraga secara bertahap dan rutin, tubuh akan beradaptasi dan olahraga justru akan meningkatkan stamina tubuh. Olahraga sendiri akan melancarkan aliran darah, menguatkan otot, meningkatkan metabolisme, dan ketahanan tubuh. [...]

Medical Check-up Sebelum Nikah, Penting Gak Sih?

Medical Check-up Sebelum Nikah, Penting Gak Sih?

Pernikahan adalah sebuah tahap kehidupan yang penting bagi semua orang. Pernikahan yang sehat harus memperhatikan aspek kesehatan jasmani, psikologis, sosial dan bertujuan membentuk keluarga yang sehat. Langkah awal yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan premarital. Apa itu Premarital medical check up? Pemeriksaan premarital adalah pemeriksaan bagi pasangan yang akan segera menikah untuk mendeteksi berbagai kelainan genetik (Thalassemia), dan beberapa penyakit menular. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan penyakit ini ke pasangan, dan meneruskan penyakit ini ke calon anak. Apa tujuan dilakukan pemeriksaan ini? Pemeriksaan ini dapat menurunkan penyebaran berbagai penyakit seperti Thalasemia, penyakit anemia sickle cell, dan berbagai penyakit menular.Selain itu pemeriksaan ini juga dapat menurunkan beban biaya pada keluarga dan komunitas akibat penyakit yang mungkin timbul. Pemeriksaan ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit pada anak dan menghindari beban keluarga di masa depan. Apa saja yang akan diperiksa? Pemeriksaan ini dapat mendeteksi berbagai kelainan darah seperti Thalasemia, dan hemofilia. Selain it [...]

Kuatkan Imun dan Segarkan Tubuh yang Lelah dengan Myer’s Cocktail

Kuatkan Imun dan Segarkan Tubuh yang Lelah dengan Myer’s Cocktail

Selain belanja dan religi, Thailand kini juga mengandalkan wisata medis dan kebugaran sebagai daya tarik bagi wisatawan asing. Holistic Medical Center (HMC) merupakan salah satu destinasi yang cukup diunggulkan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan wisatawan asing maupun domestik.Menargetkan kalangan menengah atas dan ekspat sebagai klien, HMC menawarkan berbagai metode pencegahan penyakit, terapi dan perawatan yang bisa mengakomodir kesehatan tubuh secara menyeluruh mulai dari tingkat sel. Saat mengunjungi HMC dalam rangkaian perjalanan 'Media & Celebrity Online FAM Trip 2013' yang diadakan Tourism Authority of Thailand pada Jumat (19/07/2013), wolipop berkesempatan mencoba infus vitamin Myer's Cocktail.Tamu yang datang akan diminta untuk mengisi formulir data diri terlebih dahulu. Kemudian klien dibawa ke sebuah ruangan kecil untuk diperiksa tekanan darah, berat badan dan tinggi badan. Hasil pengukuran diberikan ke dokter untuk mengetahui dosis yang harus diberikan.Kemudian klien diantar ke ruangan yang dilengkapi single sofa dan televisi serta selimut handuk. Di ruangan inilah infus Myer's Cocktail dilakukan. Myer's Cocktail merupakan campuran berbagai nutrisi seperti vitami [...]

Inilah Daftar Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang

Inilah Daftar Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang

Saat Anda berusaha untuk menurunkan berat badan, hal yang paling jitu yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi porsi makanan. Namun dengan mengurangi porsi makan, secara otomatis Anda akan lebih mudah merasa cepat lapar kembali dalam waktu dekat dan mulai makan lagi. Jika sudah demikian, tak ayal lagi hal tersebut menjadi penyebab utama kebanyakan orang senantiasa menemui kegagalan dalam usaha menurunkan berat badan. Prinsipnya pun sama, semakin banyak jumlah porsi makanan yang Anda makan, maka akan semakin berisiko pula Anda mudah mengalami peningkatan berat badan. Tentunya hal ini akan buruk untuk diet Anda bukan? Untuk mengatasinya mau tidak mau Anda harus mengambil solusi memilah dengan cermat dan mulai memilih makanan apa saja yang tidak memerlukan porsi banyak namun cepat mengenyangkan dalam waktu yang lama. Apa saja makanan-makanan tersebut? Nah, berikut terlampir beberapa jenis makanan yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang & Tidak Mudah Lapar#1: Apel Konsumsilah apel kira-kira 30 menit sebelum makan, serat dan air yang berada dalam apel dapat membuat Anda kenyang secara cepat. Selain itu, ber [...]

Mengapa Wanita Sulit Mengatasi Stres?

Mengapa Wanita Sulit Mengatasi Stres?

Semua orang tahu bahwa stres bisa berakibat buruk bagi kesehatan mental dan fisik. Namun sayangnya, sebagian besar wanita akui bahwa mereka sulit mengalahkan stres. Mengapa?Kesimpulan bahwa wanita tidak bisa menghindari stres dibuat oleh sekelompok ilmuwan dari University of North Carolina, di bawah bimbingan ketua proyek 'Investigation of Stress', Susan Girdler, PhD. Menurut mereka wanita bisa memberikan saran yang baik bagi orang lain, tetapi tidak bisa mengatasi stres yang dideritanya sendiri.Penelitian tersebut menunjukkan bahwa banyak wanita yang memberikan nasihat baik kepada teman-teman mereka yang sedang mengalami tekanan. Seperti menganjurkan untuk berlibur atau memberitahu apa yang harus dilakukan setelahnya. Namun sayangnya, para wanita tersebut tidak bisa melakukan apa-apa ketika ia sendiri yang mengalami depresi.Psikolog dari proyek 'Investigation of Stress', Dr Alice Omar menyatakan, terdapat 89% wanita yang tidak memahami kebutuhan organismenya sendiri dan ia tidak dapat melindungi dirinya dari stres dalam waktu singkat.Walau sulit atasi stres, hampir sebanyak 95% wanita tahu cara umum untuk mengobati stres. Sebagai contoh, menghabiskan waktu lebih banyak di luar, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *