Awas, Cat Kuku & Karpet Bisa Sebabkan Kanker

kuteks.jpg

Banyak hal yang bisa bantu tingkatkan risiko terkena kanker. Misalnya saja kebiasaan mengonsumsi makanan kalengan serta penggunaan beberapa peralatan rumah tangga. Seperti yang dikutip dari thirdage, berikut tujuh produk yang bisa sebabkan kanker.

1. Makanan Kaleng
Canned Foods Safety mengatakan bahwa Bisphenol A (BPA) terkandung dalam setiap makanan kemasan. BPA merupakan zat kimia yang berbahaya bayi dan anak-anak serta merugikan kelenjar prostat. Banyak negara yang telah melarang penggunaan BPA dalam botol bayi atau botol minuman.

Tapi sayangnya banyak orang yang tak tahu bahwa BPA juga digunakan dalam kaleng. Studi terbaru menemukan bahwa ternyata paparan BPA diduga lebih banyak pada makanan yang dikemas dalam kaleng, seperti sarden, sup, cornet, buah kaleng, dan lainnya.

2. Minuman Kemasan
Sebuah penelitian mengejutkan diungkapkan oleh Environmental Working Group. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa lebih dari 10 merek air minum kemasan memiliki kualitas air yang tidak jauh berbeda dengan air keran, dan beberapa diantaranya malah lebih buruk. Rata-rata 10 merek air kemasan tersebut terkontaminasi oleh arsenik dan amonia.

3. Cat Kuku
Sama seperti bensin dan pengencer cat (thinner), cat kuku mengandung zat kimia yang dikenal sebagai toluena. Selain menyebabkan mual, pusing dan iritasi mata serta hidung, beberapa ilmuwan menduga toluena dapat dikaitkan dengan kanker bila digunakan dalam dosis terkonsentrasi. Toluena diduga bisa menyebabkan kanker otak, sitem saraf pusat, paru-paru, usus besar dan rektum. Namun belakangan ini, sudah banyak produsen cat kuku yang sadar akan kesehatan dan menghapus kandungan toluena dalam produk mereka.

4. Shampo & Produk Pembersih
Studi lain menyebutkan bahwa beberapa merek shampo dan produk kebersihan rumah yang berkaitan dengan kanker. Zat tersebut bernama nitrosamine. Pada produk itu sendiri zat ini tidak berbahaya, namun ketika produk-produk tersebut menjadi limbah dan bercampur dengan tanaman air, zat ini jadi berbahaya. Kombinasi chloramines (zat dari tumbuhan) dengan nitrosamine dapat mengakibatkan kanker nitrosamine dalam air.

5. Karpet
Karpet dilaporkan mengandung formaldehida, bahan kimia yang diketahui dapat menyebabkan kanker pada rongga hidung. Jika Anda memiliki karpet di rumah, para ahli menyarankan untuk membuat ventilasi mengurangi risiko terkena formaldehida.

6. Pengecatan Rambut
Semua orang yang mengecat rambutnya, mungkin tahu bahwa cat rambut yang digunakan mengandung sekitra 5000 bahan kimia. Sejumlah penelitian menemukan bahwa pewarna rambut bisa meningkatkan risiko tumor otak dan kanker indung telur, namu tak berpengaruh terhadap payudara dan kandung kemih.

7. Buah dan Sayuran
Buah dan sayur sudah dipercaya sebagai makanan sehat yang kaya serat. Tapi laporan kesehatan terbaru justru menemukan 67 jenis pestisida yang akhirnya membuat buah dan sayur ‘kotor’. Beberapa studi menemukan bahwa orang yang terkena paparan pestisida dan herbisida memiliki risiko terkena kanker bibir, perut, paru-paru, otak, kulit dan prostat. Untuk itu mencuci buah dan sayur yang tepat sangat dianjurkan.

(eya/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pria Diet dengan Minum ASI Jadi Kontroversi

Pria Diet dengan Minum ASI Jadi Kontroversi

Pria ini menjalani diet yang tidak biasa yaitu dengan meminum ASI istrinya. Aksinya yang ditulis di blog itu kini pun jadi kontroversi karena dianggap menyesatkan.Dalam blognya, 'Don't have a cow, man', pria bernama Curtis itu mengaku memiliki misi. Ia ingin tahu berapa lama dirinya bisa bertahan menjalani diet dengan meminum ASI istrinya. Melalui blognya tersebut, ia mendokumentasikan pengalamannya.Curtis menulis, dia adalah ayah dari seorang bayi perempuan yang lahir sembilan bulan lalu. Istrinya, Katie, kini punya stok ASIP (ASI Perah) yang sangat berlebih di freezer.Melihat masih banyaknya ASI sang istri, Curtis pun mulai meminumnya. Ia melakukan itu untuk mengatasi masalah pencernaan yang dimilikinya."Dan memang aku tahu ini terdengar aneh. Buatku ini juga aneh, tapi kenapa tidak?" tulis Curtis di blognya seperti dikutip dari ABC News."Dalam pandanganku, susu sapi dibuat untuk bayi sapi. Jadi kenapa tidak meminum susu manusia yang dibuat untuk bayi manusia," tulisnya lagi.Curtis saat ini memiliki tinggi badan 193 cm dan berat badan 84 kg. Untuk memenuhi kebutuhan energinya, dia membutuhkan 2.000 kalori per hari, yang menurutnya itu sama dengan 1,7 liter ASI setiap harinya.D [...]

Solusi Kulit Kering

Solusi Kulit Kering

Oleh: dr. Nadia Octavia Anda memiliki masalah dengan kulit kering? Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kulit yang halus dan kenyal. Tips-tips berikut dapat Anda coba: Sewaktu mandi, hindari air yang terlalu panas. Air dengan suhu yang terlalu panas akan mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan air dengan temperatur ruangan. Hindari mandi atau berendam terlalu lama. Mandi dan berendam terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering. Batasi waktu mandi Anda 5 - 10 menit saja. Gunakan pelembab sesudah mandi. Kulit yang lembab akan mengunci pelembab lebih lama dan lebih baik dibandingkan dengan kulit yang kering. Gunakan pakaian yang terbuat dari katun maupun serat alami lainnya. Pakaian dengan bahan wol ataupun serat sintetis akan mengiritasi kulit. Banyak minum air putih. Dengan meminum air putih, maka Anda akan terhindar dari dehidrasi dan kulit yang kering. Perbanyak konumsi air putih terutama jika Anda berada pada ruangan yang berpendingin. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3. Asam lemak yang esensial akan membantu membentengi minyak alami kulit. Makanan-makanan yang mengandung omega 3: salmon, sarden, biji-bijian, walnut, mi [...]

Nyamuk Gigit Orang yang Punya Bau Kaki Tak Sedap

Nyamuk Gigit Orang yang Punya Bau Kaki Tak Sedap

Sebuah studi menemukan bahwa nyamuk yang menyebarkan penyakit mematikan lebih tertarik pada beberapa jenis bakteri yang tumbuh di kaki manusia. Bakteri ini mengeluarkan bau yang sangat menarik bagi serangga sehingga meningkatkan risiko digigit nyamuk.Namun setiap individu memiliki bakteri yang berbeda-beda pada kaki mereka masing-masing. Sebagian orang punya bakteri yang memiliki perlindungan karena membawa bau mikroba tertentu hingga dapat menghalangi gigitan nyamuk.Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal online, Public Library of Science ONE diharapkan dapat menjadi cara baru untuk mencegah penyakit malaria atau penyakit lain yang berhubungan dengan serangga lain, dengan mengubah bau badan seseorang."Senyawa yang menghambat produksi mikroba aroma tubuh manusia, atau manipulasi mikroba di kulit dapat mengurangi ketertarikan nyamuk untuk menggigit manusia," ujar Penulis studi, Dr Niels Verhulst, dari Wageningen University di Belanda, seperti yang dikutip dari Daily Mail.Hasil penelitian itu didapat dengan cara mengambil sampel keringat dari telapak kaki. Penelitian itu melibatkan kurang lebih 48 orang dengan jarak usia 20 hingga 64 tahun. Sebelum melakukan penelitian, para p [...]

5 Mitos Kanker Payudara yang Harus Stop Anda Percaya Saat Ini Juga

5 Mitos Kanker Payudara yang Harus Stop Anda Percaya Saat Ini Juga

Mitos-mitos kesehatan seringkali menimbulkan pemahaman yang keliru pada banyak orang. Akibatnya bisa fatal apabila mitos yang beredar mengenai penyakit serius, salah satunya kanker payudara. Informasi keliru soal penanganan penyakit berbahaya ini bisa memicu penanganan yang salah apabila sampai dipercaya dan ditelan mentah-mentah, baik oleh penderita maupun orang lain.Memperingati bulan kesadaran akan payudara pada Oktober ini, Wolipop merangkum berbagai mitos paling umum seputar penyakit tersebut yang tidak sepenuhnya benar. Simak baik-baik agar tidak salah langkah dalam pengobatan.1. Kanker Payudara Hanya Terjadi pada WanitaPria pun bisa terkena kanker payudara, meskipun potensinya 100 kali lebih rendah dibandingkan wanita. Pria memiliki risiko mengidap kanker payudara sebesar 0,1 persen, sementara wanita 12,5 persen. Namun diagnosa kanker payudara pada pria biasanya baru diketahui ketika sudah dalam tahap stadium lanjut. Jadi ada baiknya jika pria pun mulai mengamati perubahan-perubahan pada payudaranya dan memeriksakan ke dokter agar penanganannya lebih mudah.2. Kanker Payudara Hanya Dialami Wanita Paruh BayaKanker payudara tidak memandang usia, penyakit ini bisa menyerang w [...]

11 Cara Kurangi Risiko Kanker Payudara

11 Cara Kurangi Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita karena bisa menyebabkan kematian jika telat mendiagnosa. Menurut, Dr Marisa C Weiss, selaku presiden dan pendiri Breastcancer.org, seperti dikutip dari ABCNews, kebanyakan kanker payudara tidak menurun di keluarga. Kenyataannya kasus kanker payudara sangat dipengaruhi oleh lingkungan, gaya hidup dan pilihan alat kontrasepsi.Adanya kandungan bahan kimia yang ditemukan dalam makanan, minuman, udara, obat-obatan yang dikonsumsi dan beberapa produk pribadi bisa mempengaruhi pengembangan dan kinerja sel-sel payudara setiap harinya sehingga meningkatkan risiko kanker payudara. Tetapi jangan dulu khawatir, Weiss mengungkapkan bahwa ada 11 cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risikonya, seperti yang dilansir dari ABC.1. Kurangi pemakaian obat penambah hormon misalnya, alat KB Intrauterine device (IUD) dan pelumas buatan untuk miss V yang kering.2. Memiliki berat badan yang sehat dan menjaganya agar tidak berlebihan atau kurang, sehingga mengurangi salah satu faktor risiko kanker payudara.3. Berolahraga secara teratur setidaknya 3-4 jam dalam satu minggu, tapi jika bisa menambah jam berolahraga akan jauh lebih [...]

Pola Hidup yang Harus Dijalani Sebulan Penuh Agar Semangat Puasa

Pola Hidup yang Harus Dijalani Sebulan Penuh Agar Semangat Puasa

Selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan pola makan dan tidur agar bisa menjalani puasa dengan baik tanpa terasa lemas, ngantuk atau lesu. Simak delapan tips sehat selama puasa seperti yang dikutip dari About.1. Konsultasi dengan DokterSebelum mulai berpuasa, ada baiknya untuk mengonsultasikan kesehatan Anda dengan dokter. Tanyakan mengenai pola makan, waktu yang tepat untuk meminum obat atau multivitamin dan juga jenis olahraga yang boleh dilakukan selama berpuasa.2. Makan Sahur yang TepatPeran sahur saat berpuasa sangatlah penting. Menu yang dimakan bisa memengaruhi kerja tubuh Anda selama seharian penuh. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong dan nasi merah karena bantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. Protein nabati, buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina Anda selama puasa.3. Hindari Makanan BerminyakHindari mengonsumsi makanan berminyak. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang har [...]

Merelakan Payudara Diangkat Guna Kurangi Risiko Kanker

Merelakan Payudara Diangkat Guna Kurangi Risiko Kanker

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Payudara. Dua buah penonjolan hemisfer di atas dada yang mengantungi kumpulan jaringan lemak, pembuluh darah, ujung-ujung saraf yang sensitif, serta kelenjar-kelenjar penghasil susu manusia. Pada satu sisi, mereka memiliki sifat keibuan, sebagai simbol kekuatan. Di sisi lain, mereka seduktif, seksual. Dengan peran ganda tersebut, eksistensi payudara masih diasosiasikan dengan feminitas. Bagaimana bila kemudian seorang harus kehilangan payudaranya tersebut? Apakah berarti ia menjadi ?kurang? wanita? Pertanyaan tersebut dijawab tegas oleh Angelina Jolie. Aktris yang pernah dinobatkan menjadi wanita tercantik di dunia itu memilih untuk merelakan kedua buah dadanya diangkat untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. Ia menjalani mastektomi ganda pada tanggal 16 Februari 2013 setelah pemeriksaan genetik menunjukkan adanya mutasi gen BRCA (BReast CAncer) 1 dan 2 dalam tubuhnya. Mutasi gen ini diwarisi dari neneknya yang menderita kanker ovarium serta ibunya yang pernah menderita kanker payudara dan meninggal karena kanker ovarium. Dengan diangkatnya kedua payudaranya, risiko Angelina menderita hal yang sama pun turun dari 87% menjadi di bawah 5%. Ia me [...]

Studi: Wanita Berbokong Besar Lebih Sehat Dari yang Rata

Studi: Wanita Berbokong Besar Lebih Sehat Dari yang Rata

Sebagian wanita dilahirkan dengan bokong besar yang seksi. Sebagian lainnya yang memiliki bokong rata melakukan implan demi mendapatkan tampilan bokong yang lebih besar. Selain terlihat seksi, wanita dengan bokong besar alami ternyata lebih sehat daripada yang rata. Berdasarkan penelitian di University of Oxford, wanita berbokong besar lebih sehat dan tidak rentan terhadap penyakit kronis. Seperti yang dilansir dari ABC News, wanita dengan bokong besar memiliki tingkat kolesterol dan gula yang rendah. Oleh karena itu, wanita berbokong besar lebih kecil kemungkinannya mempunyai penyakit diabetes atau jantung daripada yang berpinggul serta bokong rata."Professor Konstantinos Manolopoulos, pimpinan University of Oxford mengatakan bahwa wanita dengan lebih banyak lemak di bagian bokong memiliki kolesterol dan kadar glukosa yang rendah," ujar salah satu peneliti seperti dilansir dari All Women Stalk. Lebih lanjut, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa pemilik bokong besar memiliki hormon leptin lebih stabil. Hormon leptin berperan dalam mengatur asupan makan, keseimbangan energi, dan berat badan. Hormon ini digerakkan oleh lemak sehingga ketika bokong memiliki banyak lemak sec [...]

8 Trik Menurunkan Berat Badan Paling Tepat

8 Trik Menurunkan Berat Badan Paling Tepat

Belakangan ini banyak bermunculan berbagai jenis diet untuk menurunkan berat badan. Namun ada beberapa diet yang kurang tepat dan justru menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Karena pada prinsipnya, metabolisme tubuh yang rendah akan semakin mempersulit proses penurunan berat badan. Sebelum bicara lebih jauh soal menurunkan berat badan, ada baiknya kita mengenal lebih jauh terlebih dahulu mengenai metabolisme tubuh. Karena hal yang terpenting untuk menargetkan penurunan berat badan adalah dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Apa itu Metabolisme? Metabolisme adalah proses pemecahan zat-zat gizi di dalam tubuh untuk menghasilkan energi atau pembentukan struktur tubuh. Zat gizi tersebut dapat berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Tingkat metabolisme dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: genetik jenis kelamin usia kadar hormon berat badan aktivitas tubuh Semakin cepat metabolisme tubuh, semakin banyak kalori yang dibakar, semakin mudah menurunkan berat badan. Bagaimana Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh? Berikut ini ada 8 cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih te [...]

Lebih Baik Konsumsi Roti atau Nasi? Ini Dia Jawabannya!

Lebih Baik Konsumsi Roti atau Nasi? Ini Dia Jawabannya!

Banyak perbedaan pendapat dalam mengkonsumsi roti dan nasi. Ada yang mengatakan bahwa nasi bisa membuat Anda gemuk, tapi ada pula yang bilang kalau roti sulit dicerna. Jadi, mana yang lebih baik? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah uraian berikut seperti dikutip dari situs Bold Sky.1. KarbohidratKedua makanan ini mempunyai kandungan karbohidrat yang berbeda. Nasi memiliki karbohidrat yang rendah sedangkan roti kaya akan karbohidrat kompleks. Proses enzim dalam tubuh akan memecah karbohidrat kompleks yang menyebabkan asupan kalori lebih banyak. Jadi, jika Anda sedang mengalami sakit perut, lebih baik mengkonsumsi nasi daripada roti karena energi yang dibutuhkan untuk memecah karbohidrat dari nasi lebih rendah.2. Malas dan LesuTidak sedikit dari Anda yang merasa malas atau lesu setelah makan nasi pada siang dan malam hari. Hal itu disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah dalam nasi. Untuk mengatasi rasa malas tersebut, ada baiknya Anda mengkonsumsi roti yang tidak mengakibatkan tubuh menjadi lesu.3. LemakNasi lebih banyak mengandung lemak daripada roti. Bagi Anda yang menderita obesitas dianjurkan agar tidak makan nasi yang bisa membuat tubuh semakin gemuk. Namun, jika Anda [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *