Awas! Ini Ciri Orang Kelebihan Konsumsi Protein

140605151223_cuiaba_food_drink.jpg

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tak baik di tubuh. Begitu pula dalam mengonsumsi protein.

Mengonsumsi protein tentu merupakan bagian penting dari diet seimbang. Tubuh kita tak akan mampu membangun dan memperbaiki sel-sel tanpa protein. Selain itu, sarapan tinggi protein bisa membantu kita tergiur untuk makan camilan yang tak sehat.

Menurut Institutes of Medicine, orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 0,8 gram protein per kilogram dari berat badan per harinya. Pria berusia 20 tahun atau lebih rata-rata mendapatkan 98,9 gram protein seharinya dan wanita berusia 20 tahun dan lebih mendapatkan 68 gram.

Dalam analisis baru, diet tinggi protein, terutama ikan bisa menurunkan risiko stroke.

Marion Nestle, Ph.D., Paulette Goddard Professor of Nutrition, Food Studies, and Public Health at New York University mengatakan kepada Huffington Post bahwa dalam beberapa kasus, kebanyakan protein bisa menimbulkan masalah.

Berikut tiga tanda diet Anda mungkin berlebihan protein, Senin (16/6/2014):

1. Berat badan naik

Jika Anda berlebihan protein dalam diet Anda tanpa memotong kalori lain, Anda mungkin akan melihat berat badan Anda naik.

Pada penelitian 2012, peneliti menemukan orang yang diet tinggi protein memiliki jumlah lemak yang sama dibanding orang yang mengonsumsi makanan rendah protein, diet tinggi lemak.

2. Masalah ginjal

Ginjal mengurus beberapa penyaringan produk limbah yang dibuat ketika tubuh mencerna protein, dan ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa diet tinggi protein memberikan beban yang lebih besar pada ginjal.

Menurut laporan WebMD, penelitian tahun 2003 menemukan, kerusakan ini hanya terlihat di antara orang dengan penyakit ginjal tahap awal, ini sangat berbahaya karena orang-orang sering tak menyadari ginjalnya terkena dampaknya.

3. Dehidrasi

Salah satu produk limbah yang diciptakan ginjal selama proses penyaringan adalah nitrogen urea di darah. Peneliti dan dokter menggunakan nitrogen urea untuk mengevaluasi fungsi ginjal dan itu merupakan ukuran seberapa terhidrasi seseorang.

Penelitian 2002 menyebutkan ketika asupan protein naik, hidrasi turun, mungkin karena tubuh harus menggunakan banyak air untuk menyiram tambahan nitrogen. Dehidrasi tidak selalu menjadi alasan untuk menghindari protein berlebihan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Resep Makan Enak Tanpa Takut Gemuk

Resep Makan Enak Tanpa Takut Gemuk

Tubuh kita sangat cepat menyimpan kalori ekstra dalam bentuk jaringan lemak atau sel lemak, bila kalori yang masuk lebih besar daripada yang keluar. Untuk mencegah kegemukan atau mengurangi berat badan, pengaturan makan yang benar harus dilakukan Ada orang mengeluh, hanya melihat makanan saja sudah menambah berat badan. Sementara yang lain dapat menikmati aneka makanan modern tanpa khawatir bertambah gemuk. Itu bisa terjadi, karena: 1. Gender (jenis kelamin)Pria memiliki metabolisme lebih tinggi daripada wanita. Wanita mempunyai tantangan berat badan meningkat saat hamil. Kebanyakan susah kembali ke berat normal normal. Namun, kesibukan merawat sendiri bayinya akan membantu ibu dalam usaha membakar kalori. Metabolisme wanita menopause juga menurun, sehingga perlu mengatur asupan kalori. 2. Usia Metabolisme tubuh usia lanjut tentu menurun. Konsumsi kalori berlebih bisa menyebabkan kegemukan, apalagi jika aktivitas juga menurun. ?Menurut hasil penelitian, kaum usia lanjut lebih cepat gemuk karena tubuh sudah tidak dapat lagi mengatur metabolisme yang fleksibel,? kata Mary P. Clarke, Ph.D, RD, profesor makanan dan nutrisi di Universitas Pusat Kansas di Manhattan. 3. A [...]

Wanita Hamil Kok Jadi Banyak Jerawatnya?

Wanita Hamil Kok Jadi Banyak Jerawatnya?

Wanita hamil akan tersenyum ketika melihat perutnya di depan kaca. Tapi, wajah tersebut akan berubah terkejut saat menemukan banyak benjolan merah kecil di wajah atau tubuhnya.Ya, itulah jerawat yang sering membuat remaja merasa tak percaya diri. Memang, saat hamil waktunya wanita bersuka cita, tapi jerawat tak bisa dihindari. Wanita hamil yang mengalami kondisi tersebut diperkirakan sekitar 50 persen pada trimester pertama.Demikian disampaikan Dokter Kandungan di Kokilaben Dhirubhai Ambani Hospital, Mumbai, Dr Shantala Vadeyar, dalam situs Health.India, Kamis (13/2/2014).Saat kehamilan, jerawat bisa ringan, sedang, dan berat. Lantas apa yang menyebabkan jerawat pada ibu hamil?Ketika hamil, jerawat merupakan hasil dari meningkatnya hormon di sistem tubuh Anda, yang pada gilirannya meningkatkan produksi minyak alami di kulit.Hormon yang meningkat memicu kelenjar sebaceous yang memproduksi lebih banyak minyak atau sebum (kelenjar minyak) di kulit Anda. Sebum ini dikombinasikan dengan sel-sel mati, kotoran, dan debu yang menutup pori-pori di kulit Anda sehingga menciptakan lingkungan untuk berkembang biaknya bakteri.Inilah yang menyebabkan peradangan dan kulit berjerawat.Apa yang Bisa [...]

Jus Apel Sama Buruknya dengan Minuman Bersoda Lain

Jus Apel Sama Buruknya dengan Minuman Bersoda Lain

Tahukah Anda bahwa minuman seperti jus apel dan yoghurt yang dikatakan bebas lemak dan sehat ternyata sama buruknya dengan minuman bersoda? Suatu survei menemukan, segelas jus apel mengandung 7 sendok gula, sama seperti tiga porsi donat Krispy Kreme. Sedangkan yoghurt bebas lemak mengandung gula dengan takaran sama dengan seporsi es krim. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan agar asupan gula tidak lebih dari enam sendok setiap hari. Bila dalam sehari kita hanya mengonsumsi segelas jus apel, maka sebenarnya gula yang masuk ke dalam tubuh sudah berlebih. Mungkin langsing akan didapat, tetapi Anda berisiko diabetes.Fatalnya, jus apel dan yoghurt yang disebut bebas lemak kerap diberikan pada anaknya oleh ibu untuk bekal sekolah. Mereka tidak menyadari, terlalu banyak gula dapat menyebabkan kerusakan permanen. Jika sudah seperti ini, maka orangtua harus mulai waspada. Sebab, kelebihan gula dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe dua, dua kali lipat dari orang biasanya. Kelebihan gula juga dapat menyebabkan kerusakan gigi hingga menyebabkan ompong pada anak.Chief Medical Officer asal London, Inggris, Sally Davies, meminta para orangtua agar menjaga supaya a [...]

Minuman Terbaik Agar Cepat Langsing

Minuman Terbaik Agar Cepat Langsing

Anda para penggemar teh, mungkin boleh berbangga hati. Coba saja lirik ukuran pinggang Anda sebab belum lama ini, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, peminum teh yang rutin olahraga, ukuran pinggangnya jauh lebih ramping.Seperti dikutip laman Prevention, Jumat (27/6/2014), peneliti Belanda menemukan bahan alami efektif katekin pada teh dan kafein yang dapat membantu pembakaran kalori. Senyawa ini juga dapat meningkatkan oksidasi lemak (pemecahan lemak) dalam tubuh."Minum 1-2 cangkir teh (tanpa gula) setiap hari telah terbukti meningkatkan mood dan mengurangi risiko beberapa penyakit termasuk kanker, osteoporosis, tekanan darah tinggi dan diabetes. Tidak peduli jenis teh yang Anda sukai, teh hijau, putih atau teh oolong memiliki senyawa yang sama untuk membantu menurunkan berat badan," kata ahli gizi dari Friedman School of Nutrition Science, Prof. Jeffrey Blumberg, PhD.Tapi jangan senang dulu, Jeffrey juga menekankan intensitas olahraga yang harus dilakukan saat ingin diet. "Hasilnya akan berbeda bila diet minum teh tidak diimbangi dengan olahraga." [...]

Diet Panjang Umur, Ada 20 Langkah

Diet Panjang Umur, Ada 20 Langkah

Diet Panjang Umur Dalam bukunya berjudul The Real Age Diet: Make Yourself Younger with What You Eat, gerontologis dari University of Chicago, Dr. Michael F. Roizen, menyebutkan bila Anda ingin awet muda, ikuti beberapa petunjuk ini: 1. Menyantap setidaknya empat porsi buah sehari. Beraneka vitamin dan mineral, juga serat ada dalam buah-buahan. 2. Gunakan makanan pengganti. Sedikitnya ada tiga makanan pengganti untuk bahan makanan yang Anda asup setiap hari. Misalnya, bila hari ini Anda menggunakan margarin, gantilah dengan minyak zaitun. Begitu seterusnya. 3. Konsumsilah ikan sedikitnya tiga kali seminggu. Sebagian besar ikan mengandung omega 3. Bahan ini sangat bagus untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kemampuan otak. Omega 3 membantu menstabilkan jantung, mencegah kanker usus, menjaga kesehatan payudara, serta meningkatkan sistem imun. Ikan tuna, salmon, trout, makarel, sarden, adalah yang disarankan. Konsumsi ikan 13 ons per minggu bisa membuat umur 1,6 sampai 3,4 tahun lebih muda. 4. Makan teratur setiap hari. Jangan anggap dengan tidak makan misalnya di pagi hari, Anda terus sehat. Tubuh justru akan minta lebih banyak di malam hari. Lantas gemuklah [...]

Ngopi Sebelum Ngegym Bikin Bobot Cepat Langsing

Ngopi Sebelum Ngegym Bikin Bobot Cepat Langsing

PeduliSehat.info, Spanyol Anda yang ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk konsumsi kopi sejam sebelum menjalankan aktivitas itu. Menurut studi yang dilakukan para ilmuwan dari Spanyol, seperti dilansir Health, Rabu, (2/7/2014) cara ini efektif untuk membakar kalori lebih banyak. Studi yang dipublikasikan oleh International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism ini membandingkan hasil yang diperoleh oleh para atlet yang minum kopi dan yang tidak (menggunakan plasebo) sebelum olahraga. Hasilnya, atlet yang minum kopi membakar kalori 15 persen lebih banyak selama tiga jam dibandingkan mereka yang diberi plasebo. Cara ini efektif dilakukan bila dosis 4,5 mg kafein per kilogram berat badan dikonsumsi. Jadi, bagi wanita yang berat badannya 68 kg butuh 300 mg atau sekitar secangkir kopi yang biasa diminum.Tentu saja sebaiknya tanpa gula. Kandungan kafein dalam kopi memang bermanfaat bagi latihan olahraga yang Anda lakukan. Selain lebih banyak membakar kalori, menurut penelitian di Jepang, minum kopi sebelum olahraga juga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sirkulasi darah yang baik dapat membawa oksigen. Oksigen dalam aliran darah sangat dibutuhkan otot saat be [...]

Saat Seorang Wanita Selalu Tak Puas dengan `Body`nya

Saat Seorang Wanita Selalu Tak Puas dengan `Body`nya

Ada gangguan yang menyebabkan seseorang merasa takut dan risih dengan tubuhnya sendiri. Kecenderungan ini biasanya akan berakhir pada kondisi yang disebut anoreksia bervos atau bulimia. Di dunia medis, ketakutan seperti ini dikenal dengan sebutan gangguan tubuh dismorfik (Body dysmorphic disorder/BDD)BDD disebut sebagai gangguan yang membuat banyak perempuan merasa kurang akan bentuk tubuhnya. Padahal, bisa dikatakan perempuan itu sudah memiliki tubuh yang ideal. Penderita BDD biasanya menghabiskan banyak waktu untuk menatap diri di cermin, dan selalu beranggapan bahwa tubuhnya kurang permak ini itu. Tak jarang para penderita BDD mencari kepastian jawaban akan kekurangan yang dirasakannya kepada orang lain.Dilansir laman Health Me Up, Rabu (15/1/2014) penurunan tingkat serotonin di otak merupakan penyebab seorang wanita menderita gangguan seperti ini. Serotonin merupakan neurotransmitter yang terkait dengan perilaku depresi, nafsu makan, tidur, dan suasana hati.Meski banyak penderita gangguan ini dialami perempuan, dan tak sedikit juga laki-laki yang merasakan hal yang sama. Untuk pengobatannya sendiri, para penderita gangguan BDD dapat melakukan terapi perilaku kognitif dengan seo [...]

Cara Cegah Anak Terobsesi Tubuh Barbie

Cara Cegah Anak Terobsesi Tubuh Barbie

Umumnya anak perempuan di dunia ini suka Barbie. Boneka mirip manusia dengan koleksi didominasi boneka berjenis kelamin perempuan ini yang tampil dengan tubuh sempurna mulai dari wajah cantik, leher dan kaki jenjang dan langsing. Apakah anak jadi ingin memiliki tubuh mirip Barbie? "Sebagai orangtua, coba kita lihat perspektif anak melihat mainan Barbie. Apakah anak melihat Barbie sebagai sosok perempuan yang sempurna atau senang bermain dengan boneka Barbie," ujar psikolog lulusan Universitas Indonesia ini di hadapan awak media di Jakarta (9/10/2014). JOleh karena itu, Ajeng menekankan pentingnya peran orangtua dalam mendampingi anak saat bermain. "Ketika menemani anak dan mendapati anak memiliki kecenderungan ke arah negatif, orang tua bisa memberikan penanaman pada anak bahwa Barbie adalah boneka, bukan manusia," tegasnya. Sambil bermain, anak bisa diberikan nasehat tanpa ia merasa dinasehati. Berikan pemahaman padanya bahwa setiap manusia pasti punya kelebihan dan kekurangan. Tekankan bahwa anak adalah individu unik yang punya kelebihan sendiri, terang Ajeng. Ketika hal tersebut sudah ditanamkan pada anak sejak dini, ia bisa menghargai dan mencintai dirinya sen [...]

6 Hal Penting dalam Pembentukan Otot Saat Diet

6 Hal Penting dalam Pembentukan Otot Saat Diet

Selama proses menurunkan berat badan usahakan untuk tidak hanya fokus pada pengurangan lemak saja. Dr Punet Nayak, CMD dan Konsultan Obesitas dari Klinik Penurunan Berat Badan di India mengatakan, Anda pun harus memperhatikan otot-otot tubuh untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga ketika Anda mengenakan pakaian longgar, tak terlihat seperti `tongkat`.Dikutip dari Health Me Up, Jumat (13/6/2014) ada beberapa tips yang diberikan Dr Punet tentang bagaimana cara untuk membangun otot di bagian tubuh yang terdapat banyak lemak;1. Genetika tubuhPunet mengatakan, genetika berperan penting dalam proses pembentukan otot. Perlu diingat bahwa pembentukan otot bukanlah upaya semalam. Butuh proses agar kita mencapainya.Makan makanan yang tepat, bentuk latihan yang tepat, dedikasi dan konsistensi akan memberikan kontribusi cukup besar dalam proses pembentukan otot. 2. DietDiet merupakan penyempurna latihan selama membentuk otot tubuh. Semakin banyak tubuh menyimpan protein, semakin besar pula otot yang akan terbangun. Untuk itu, Punet menyarankan, perbanyaklah konsumsi protein dalam diet sehari-hari. Selain itu, tingkatkan asupan kalori, tapi pastikan yang Anda makan adalah sesuatu yang [...]

Cari Tahu Keinginan Tubuh Saat Mengidam Makanan

Cari Tahu Keinginan Tubuh Saat Mengidam Makanan

Apa yang tubuh Anda beritahukan ketika mengidam alias menginginkan makanan seperti kue, es krim, cokelat, atau sandwich?Dengarkanlah apa yang diinginkan tubuh. Mengidam makanan merupakan cara tubuh Anda memberitahukan Anda perlu memperbaiki gizi.Apakah Anda kekurangan nitrogen atau kelelahan adrenal, kebanyakan orang salah mengarahkan keinginan makanannya itu dalam kebiasaan yang tak sehat.Ada banyak faktor yang memengaruhi seseorang mengidam makanan baik emosional, fisik, dan biologi.Bahkan masa lalu dan makanan yang kita sukai sewaktu kecil memengaruhi makanan yang kita inginkan dari hari ke hari."Jenis makanan yang cendeurng kita dambakan terkadang dari masa kecil dan berdasarkan jenis makanan yang diberi saat kecil sebagai hadiah atau membuat kita merasa lebih baik," kata Ahli Gizi Fiona seperti dilansir Sofeminine, Rabu (5/3/2014).Mulai dari cokelat, perman, roti dan mentega yang saraf karbohidrat, junk food serta keripik asin, sebenarnya apa artinya? Naturopath Dr Sohere Roked dan Ahli Gizi Fiona Hunter membantu memahami apa arti makanan yang Anda inginkan:1. ManisSemua wanita senang dengan yang manis-manis. Apakah Anda ingin makan danish di pagi hari atau permen, tak bisa d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *