Awas! Ini Ciri Orang Kelebihan Konsumsi Protein

140605151223_cuiaba_food_drink.jpg

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tak baik di tubuh. Begitu pula dalam mengonsumsi protein.

Mengonsumsi protein tentu merupakan bagian penting dari diet seimbang. Tubuh kita tak akan mampu membangun dan memperbaiki sel-sel tanpa protein. Selain itu, sarapan tinggi protein bisa membantu kita tergiur untuk makan camilan yang tak sehat.

Menurut Institutes of Medicine, orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 0,8 gram protein per kilogram dari berat badan per harinya. Pria berusia 20 tahun atau lebih rata-rata mendapatkan 98,9 gram protein seharinya dan wanita berusia 20 tahun dan lebih mendapatkan 68 gram.

Dalam analisis baru, diet tinggi protein, terutama ikan bisa menurunkan risiko stroke.

Marion Nestle, Ph.D., Paulette Goddard Professor of Nutrition, Food Studies, and Public Health at New York University mengatakan kepada Huffington Post bahwa dalam beberapa kasus, kebanyakan protein bisa menimbulkan masalah.

Berikut tiga tanda diet Anda mungkin berlebihan protein, Senin (16/6/2014):

1. Berat badan naik

Jika Anda berlebihan protein dalam diet Anda tanpa memotong kalori lain, Anda mungkin akan melihat berat badan Anda naik.

Pada penelitian 2012, peneliti menemukan orang yang diet tinggi protein memiliki jumlah lemak yang sama dibanding orang yang mengonsumsi makanan rendah protein, diet tinggi lemak.

2. Masalah ginjal

Ginjal mengurus beberapa penyaringan produk limbah yang dibuat ketika tubuh mencerna protein, dan ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa diet tinggi protein memberikan beban yang lebih besar pada ginjal.

Menurut laporan WebMD, penelitian tahun 2003 menemukan, kerusakan ini hanya terlihat di antara orang dengan penyakit ginjal tahap awal, ini sangat berbahaya karena orang-orang sering tak menyadari ginjalnya terkena dampaknya.

3. Dehidrasi

Salah satu produk limbah yang diciptakan ginjal selama proses penyaringan adalah nitrogen urea di darah. Peneliti dan dokter menggunakan nitrogen urea untuk mengevaluasi fungsi ginjal dan itu merupakan ukuran seberapa terhidrasi seseorang.

Penelitian 2002 menyebutkan ketika asupan protein naik, hidrasi turun, mungkin karena tubuh harus menggunakan banyak air untuk menyiram tambahan nitrogen. Dehidrasi tidak selalu menjadi alasan untuk menghindari protein berlebihan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Meski Sedot Lemak, Olahraga Tetap Harus Jalan

Meski Sedot Lemak, Olahraga Tetap Harus Jalan

Sedot lemak menjadi jalan pintas bagi individu yang sulit menurunkan bobot tubuhnya. Meski sedot lemak memiliki nilai plus, tetap saja banyak pihak yang berkecimpung di dunia kesehatan yang melarang untuk melakukan pengambilan lemak yang tidak boleh terlalu banyak.Sama halnya dengan yang dilakukan Etty Budhi. Sebagai seorang Personal Trainer, wanita yang terlihat aktif di usia yang tidak lagi muda, tidak pernah menganjurkan siapa pun untuk melakukan sedot lemak."Tapi, jika orang tersebut sudah benar-benar over weight atau obesitas, dan jalan satu-satunya adalah sedot lemak, ya mau bagaimana lagi, itu adalah jalan pintas," kata Etty Budhi di Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta, ditulis Kamis (2/10/2014)Tapi harus diingat bahwa usai melakukan sedot lemak, mereka pun tetap harus melakukan olahraga secara rutin. Apalagi bagi mereka yang melakukan sedot lemak untuk mentransfer lemak itu ke bagian lain di tubuhnya, sudah sangat jelas harus berolahraga."Misalnya saja ada orang yang kelebihan lemak di perut, kemudian disedot dan ditransfer ke bokong. Nilai plusnya, perutnya flat (rata), pantatnya berbentuk. Tapi, kalau tidak berolahraga, tetap saja perut yang rata itu akan kembali (berlemak [...]

Makan Bayam Bisa Kurangi Nafsu Makan

Makan Bayam Bisa Kurangi Nafsu Makan

Siapa sangka, mengonsumsi sayur bayam dapat mengurangi nafsu makan. Efeknya, berat badan pun berkurang menurut hasil studi dari Swedia. Menurut ilmuwan dari Lund University Swedia, ekstrak bayam mengandung thylakoid yang dapat merangsang penurunan berat badan hingga 43 persen. Selain itu, makan bayam pun mampu mengurangi nafsu makan berlebih yang cenderung mengonsumsi makanan manis dan cepat saji. Hal ini terjadi karena thylakoid memperkuat hormon tubuh untuk merasakan kenyang dan menekan rasa lapar berlebih. Hasilnya, seseorang lebih mampu mengendalikan nafsu makan, memeroleh kebiasaan makan sehat, serta penurunan berat badan. "Analisis kami menunjukkan jika sebelum sarapan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung thylokoid dapat mengurangi nafsu makan berlebih," tutur salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian ini profesor Charlotte Erlanson-Albertsson. Studi ini dilakukan selamat tiga bulan terhadap 38 perempuan bertubuh gemuk. Setengah partisipan penelitian diberikan 5 gram ekstrak bayam sedangkan yang lain diberikan plasebo. Mereka semua diminta untuk menjalani pola makan seimbang dengan makan tiga kali sehari. Seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (6/9/2014) [...]

Trik Bikin Pizza yang Nggak Bikin Gemuk

Trik Bikin Pizza yang Nggak Bikin Gemuk

Pizza kerap dikaitkan dengan makanan yang dapat menaikan berat badan, karena mengandung lemak dan kalori yang cukup tinggi. Tak heran bila pizza dihindari oleh mereka yang sedang berdiet. Membuat pizza sendiri di rumah pun tak jarang menemukan hambatan. Biasanya akan kebingungan menentukan pilihan, bahan apa saja yang cocok digunakan agar dari hal-hal yang selama ditakutkan."Kalau buat pizza sendiri di rumah, mungkin penggunaan mentega dan kejunya saja yang harus diganti atau dikurangi," Ahli Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rahmi Dwi Hapsari, S. Si. T, S.Gz kepada Health-Liputan6.com ditulis Senin (24/11/2014)Selain susu, di pasar swalayan juga dijual keju untuk mereka yang sedang berdiet, atau jika terlalu mahal bisa menggantinya dengan keju yang low-fat dengan harga terjangkau. Pun dengan mentega, ada baiknya diganti dengan menggunakan margarin yang jauh lebih sehat dan aman bila dikonsumsi. Menurut Rahmi, mentega mengandung lemak yang jenuh karena berasal dari hewani. Bila dikonsumsi terlalu banyak, maka terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh. Sedangkan margarin, berasal dari nabati (tumbuh-tumbuhan) yang mengandung lemak tak jenuh, dan sangat dianjurkan bagi mereka yang s [...]

Es Krim Bisa Percepat Pertumbuhan Sel Kanker

Es Krim Bisa Percepat Pertumbuhan Sel Kanker

Siapa yang tidak suka camilan lezat dingin seperti es krim? Meski banyak orang menyukainya, Dokter Munetetsu Tei dari Nihon Pharmaceutical University, sebuah institusi yang menggabungkan pengobatan modern dengan pengobatan holistik justru menuliskan bahaya es krim bagi penderita kanker. Dalam bukunya, Gan No Iyagaru no Shokuji (Diet benci kanker), Dr. Tei menjelaskan, adanya keterkaitan antara es krim dan sistem kekebalan tubuh manusia. Karena ia memperhatikan beberapa pasien kanker yang suka melahap es krim sering kambuh. Seperti dugaannya, Dr Tei akhirnya melakukan studi kecil. Ia menemukan, beberapa makanan seperi es krim, gula, junk food memiliki kandungan gula yang tinggi dan dapat membuat penyebaran sel kanker berkembang lebih cepat. "Kanker berkembang pada makanan yang dingin dan manis. Jenis makanan tersebut bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Memberikan makanan ini ke pasien sama saja memberikan makan sel kanker," tulis Dr Tei, seperti ditulis Rocketnews24, Rabu (28/5/2014). Tak cukup sampai di situ, Dr Tei juga menuliskan, buah-buahan yang terlalu manis seperti apel juga kurang baik dikonsumsi penderita kanker. [...]

Mau Coba Diet Kentang?

Mau Coba Diet Kentang?

Sumber karbohidrat yang dianggap makanan pengganti nasi terbaik, kentang diklaim bisa membantu menurunkan berat badan. Benarkah? Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition ini menunjukkan, kentang memiliki indeks glikemik tinggi yang bisa membantu menurunkan berat badan. Begitu juga dengan peneliti dari University of California di Davis dan Illinois Institute of Technology. Peneliti menugaskan 90 pria dan wanita gemuk untuk mengikuti salah satu dari tiga diet: 1. Mengurangi kalori tetapi tidak boleh mengonsumsi makanan berglisemik tinggi 2. Mengurangi kalori tapi tidak boleh mengonsumsi makanan berglisemik tinggi 3. Tidak membatasi konsumsi kalori atau makanan berglisemik tinggi GI. Para peneliti kemudian memberi ketiga kelompok, kentang dan resep sehat untuk mereka ikuti, ketiga kelompok itu juga diiinstruksikan untuk makan 5-7 porsi kentang per minggu. Pada akhir masa studi (12 minggu), ketiga kelompok kehilangan berat badan, dan peneliti menemukan bahwa kentang secara otomatis mengurangi asupan kalori dan mereka kehilangan berat badan. Seperti dikutip Womenshealth, Jumat (24/10/2014) peneliti menduga, kandungan kentang yang terdiri dari 4,7 [...]

Mau Langsing? Hindari 5 Kebiasaan Berikut

Mau Langsing? Hindari 5 Kebiasaan Berikut

Bingung mendapati mengapa berat badan Anda tak kunjung turun? Coba cek kebiasaan makan malam Anda. Karena ada beberapa kebiasaan yang membuat Anda tanpa disadari membuat berat badan sulit turun bahkan membuat timbangan terus ke arah kanan. Dilansir dari Women's Health dilansir pada Senin (27/10/2014) hindari lima kebiasaan berikut demi dapatkan tubuh langsing. 1. Menu makan paling besarMalam hari merupakan saat santai, tidak seperti sarapan yang berangkat tergesa-gesa ke kantor atau tempat aktivitas lain atau mepetnya waktu siang hari di tengah padatnya aktivitas. Sehingga malam hari merupakan waktu makan dengan waktu panjang yang membuat Anda bisa makan sesuka hati. Akibatnya, tubuh sulit mencerna dan memroses banyaknya makanan yang masuk ke tubuh, ungkap ahli gizi Jaime Mass, RD. Makanan yang tidak bisa dicerna akan diubah menjadi asam lemak yang menyebabkan berat badan bertambah. 2. Makan tepat sebelum tidurMakan sebelum tidur akan membuat sulit tidur. "Tidur sangat penting untuk metabolisme tubuh mulai dari mengatur kadar gula darah serta keseimbangan hormin yang tepat," ujar Mass. 3. Minum kopiMinum minuman bersoda maupun berkafein bisa mengacaukan jam tidur Anda sehin [...]

Cara Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Cara Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Tidak sedikit yang memilih untuk menghindari makanan tertentu dan ada juga yang berolahraga mati-matian. Namun terkadang usaha tersebut tidak mencapai target yang diinginkan. Ingin berat badan turun dalam satu minggu? Coba cara yang satu ini seperti dikutip Boldsky, Jumat (11/4/2014) :Hari PertamaAwali hari dengan buah-buahan yang mengandung banyak air. Jangan biarkan tubuh merasakan dehidrasi. Selain buah, konsumsi air secukupnya.Hari KeduaLakukan diet sayuran secara ketat, konsumsi sayuran (salad) berbagai jenis dan warna sayur. Hindari makanan yang mengandung minyak, konsumsi air secukupnya. Tambahkan kentang sebagai pengganti nasi, imbangi dengan minum air kurang lebih delapan gelas.Hari KetigaCampurkan menu sayuran dan buah konsumsi tiga kali dalam satu hari. Hari ketiga ini sebaiknya menghindari kentang atau pisang sama sekali. Sekali lagi cukupkan minum air kurang lebih delapan gelas.Hari KeempatDi hari ini, Anda hanya boleh mengonsumsi pisang dan susu. Kreatif Anda di hari ini diuji, konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung pisang dan susu namun hindari minyak.Hari KelimaHari ini Anda diperbolehkan mengonsumsi [...]

Langsing dengan Mengonsumsi 7 Makanan Sehat Ini

Langsing dengan Mengonsumsi 7 Makanan Sehat Ini

Terdapat beragam jenis makanan sehat yang memiliki efek melangsingkan. Tapi, harus diingat bahwa ini semua akan bekerja maksimal bila diimbangi dengan olahraga teratur. Selain itu, kita pun harus memahami, mengonsumsi makanan sehat bukan sekedar mengganti makanan cepat saji dengan makanan bergizi. Pola makan sehat adalah cara hidup yang akan terus dilakukan sampai kita mati.Di bawah ini, terdapat sejumlah makanan sehat yang bermanfaat untuk melangsingkan seperti dikutip Health Me Up, pada Jumat (19/9/2014) 1. Jus buahBila mengonsumsi buah, banyak di antara kita yang memilih tanpa kulit. Padahal, mengonsumsi buah dengan kulit yang paling dianjurkan, karena tidak akan kehilangan nutrisi dari keseluruhan buah.Untuk itu, pilihlah untuk menjadikan buah sebagai jus yang diproses lengkap dengan kulitnya. Kita dapat menambahkan madu agar jus lebih terasa enak. 2. Kayu manisAgar hidup lebih sehat, gantilah gula putih dengan gula merah. Atau gula jawa, bila di Indonesia. Bumbu dapur seperti kayu manis pun dapat dijadikan pilihan untuk dicampurkan ke dalam segelas teh, sebagai pengganti gula putih. 3. PopcornDaripada kita memilih kentang goreng sebagai camilan, ada baiknya m [...]

Ingin Diet Sukses? Tangkis Pikiran Negatif Dulu dengan Cara Ini!

Ingin Diet Sukses? Tangkis Pikiran Negatif Dulu dengan Cara Ini!

Kunci diet sukses apa sih? Rajin ikut fitnes dan menjaga pola makan telah dijalani, tapi mengapa masih sulit menurunkan berat badan? Pertanyaan ini juga mungkin sering Anda tanyakan pada diri Anda sendiri. Parahnya, semakin Anda mimikirkan berat badan yang tak kunjung turun, Anda akan semakin stres dan berat justru bertambah.Pemicu gagal diet seperti stres inilah yang dikatakan pakar Hypnoslimming, Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt perlu dihilangkan dengan teknik clearing. Menurutnya, teknik ini bertujuan untuk memotivasi diri untuk hidup lebih sehat dan diet agar lebih sukses.Caranya cukup mudah. Tony menyontohkan, bila Anda makan terus di kala stres, Anda hanya perlu menyugesti diri untuk tidak stres sehingga Anda tidak perlu makan berlebih. "Dengan memberi kata-kata positif sambil membuka jalur mental block, Anda akan mendapati diri lebih baik. Sambil berkata hal positif, ketukkan jari pada dahi, samping telinga, bawah mata dekat hidung, mulut, dada bagian atas dan pergelangan tangan. Setelah itu tarik napas dan rasakan perbedaannya," kata Tony saat ditemui di acara seminar Kamaratih-Totok Perut di D'cost, Kemang, Jakarta, seperti ditulis Senin (16/6/2014).Tony menambahkan, agar rilek [...]

Coba Rem Nafsu Makan Berlebihan dengan Bermain Tetris

Coba Rem Nafsu Makan Berlebihan dengan Bermain Tetris

Anda ingin mengurangi hasrat makan? Cobalah bermain tetris. Dengan permainan visual ini perhatian Anda bisa teralih dari keinginan makan dan berganti dengan gambar permainan di pikiran Anda."Anda melihat warna cerah dan harus memanipulasinya untuk membuat mereka pas," kata penulis penelitian Jackie Andrade , seorang profesor psikologi di Plymouth University, Inggris, kepada Daily News, Kamis (20/2/2014).Menurutnya, proses mental ini juga dibutuhkan saat membayangkan makanan, minuman, atau obat yang Anda inginkan. "Anda tak bisa melakukan keduanya sekaligus sehingga keinginan Anda tak terpenuhi, dan ini bagus jika Anda ingin menjauhkan diri dari nafsu makan Anda," ujar Andrade.Penelitian ini dilakukan terhadap 100 pria usia antara 18-30 tahun. Beberapa memiliki nafsu makan yang berbeda, beberapa tidak. Satu tim bermain Tetris yang lain menunggu program komputer yang sedang proses. Hasilnya, hasrat makan kelompok yang bermain Tetris berkurang menjadi 24 persen.Cara ini tak hanya berguna untuk Anda yang doyan makan berlebihan, tapi juga bisa untuk shopaholics, pecandu seks, narkoba, dan pengguna narkoba. "Tetris memang tak bisa menghilangkan keinginan makan sepenuhnya, tapi oke," kata [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *