Awas! Ini Ciri Orang Kelebihan Konsumsi Protein

140605151223_cuiaba_food_drink.jpg

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tak baik di tubuh. Begitu pula dalam mengonsumsi protein.

Mengonsumsi protein tentu merupakan bagian penting dari diet seimbang. Tubuh kita tak akan mampu membangun dan memperbaiki sel-sel tanpa protein. Selain itu, sarapan tinggi protein bisa membantu kita tergiur untuk makan camilan yang tak sehat.

Menurut Institutes of Medicine, orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 0,8 gram protein per kilogram dari berat badan per harinya. Pria berusia 20 tahun atau lebih rata-rata mendapatkan 98,9 gram protein seharinya dan wanita berusia 20 tahun dan lebih mendapatkan 68 gram.

Dalam analisis baru, diet tinggi protein, terutama ikan bisa menurunkan risiko stroke.

Marion Nestle, Ph.D., Paulette Goddard Professor of Nutrition, Food Studies, and Public Health at New York University mengatakan kepada Huffington Post bahwa dalam beberapa kasus, kebanyakan protein bisa menimbulkan masalah.

Berikut tiga tanda diet Anda mungkin berlebihan protein, Senin (16/6/2014):

1. Berat badan naik

Jika Anda berlebihan protein dalam diet Anda tanpa memotong kalori lain, Anda mungkin akan melihat berat badan Anda naik.

Pada penelitian 2012, peneliti menemukan orang yang diet tinggi protein memiliki jumlah lemak yang sama dibanding orang yang mengonsumsi makanan rendah protein, diet tinggi lemak.

2. Masalah ginjal

Ginjal mengurus beberapa penyaringan produk limbah yang dibuat ketika tubuh mencerna protein, dan ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa diet tinggi protein memberikan beban yang lebih besar pada ginjal.

Menurut laporan WebMD, penelitian tahun 2003 menemukan, kerusakan ini hanya terlihat di antara orang dengan penyakit ginjal tahap awal, ini sangat berbahaya karena orang-orang sering tak menyadari ginjalnya terkena dampaknya.

3. Dehidrasi

Salah satu produk limbah yang diciptakan ginjal selama proses penyaringan adalah nitrogen urea di darah. Peneliti dan dokter menggunakan nitrogen urea untuk mengevaluasi fungsi ginjal dan itu merupakan ukuran seberapa terhidrasi seseorang.

Penelitian 2002 menyebutkan ketika asupan protein naik, hidrasi turun, mungkin karena tubuh harus menggunakan banyak air untuk menyiram tambahan nitrogen. Dehidrasi tidak selalu menjadi alasan untuk menghindari protein berlebihan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Puasa, Waktu Terbaik Langsingkan Tubuh dengan Totok Perut

Puasa, Waktu Terbaik Langsingkan Tubuh dengan Totok Perut

Jangan pernah menyerah untuk memiliki bentuk badan yang ideal. Menjelang bulan Ramadhan, ketika tubuh berpuasa lebih dari 12 jam, ternyata ini merupakan waktu yang tepat untuk membuat tubuh lebih ramping. Seperti diungkapkan Founder Totok Perut Kamaratih, Ratih Dewanti, berpuasa semestinya menjadi kesempatan besar untuk menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Ini karena High Human Growth Hormone (HGH) akan lebih sering aktif."Kita kan puasa sekitar 12 jam lebih, saat HGH aktif, olahraga sebelum berbuka bisa membantu penurunan berat badan lebih cepat. Dua kali lebih cepat pembakarannya dibanding saat tidak puasa," kata Ratih saat diwawancarai Liputan6.com, Selasa (10/6/2014).Selain itu, wanita 55 tahun yang memiliki berat 60 kilogram tersebut juga mengatakan trik agar mudah langsing di bulan Ramadhan yaitu olahraga pada pukul 4 sore, saat berbuka minum dengan air hangat dan minum atau makan setelah shalat maghrib. Sedangkan totok perut disarankan dilakukan saat puasa untuk mempertahankan berat badan. [...]

Revalina S Temat: Tak Lagi Konsumsi Beras Merah

Revalina S Temat: Tak Lagi Konsumsi Beras Merah

Menjalani pola hidup sehat dengan pilihan makanan tertentu bukan persoalan mudah bagi aktris cantik Revalina S Temat. Tak heran meski pernah merasai bermanfaatnya beras merah atau beras hitam, sekarang Reva sudah tidak lagi mengonsumsinya. Pemeran Karina dalam film horor berjudul `Oo Nina Bobo` mengakui sangat susah menghindari beberapa jenis makanan yang tak boleh disantapnya ketika berada di lokasi syuting. Sebab, tak mungkin pihak rumah produksi yang mengontraknya mesti mengikuti menu makanan yang disantapnya. "Di lokasi syuting kan enggak bisa pilih-pilih. Apa yang ada disantap saja, deh. Yang penting sampai sekarang aku enggak makan gorengan. Kalau cuma nasi putih dan mie saja, tidak jadi masalah," kata Reva menerangkan. Untung, saat ini berat badannya yang sudah turun beberapa kilogram. Jadi, makanan apa saja bisa dikonsumsinya dengan batasan tertentu termasuk nasi putih atau mie."Mie sebenarnya enggak boleh. Tapi apa boleh buat. Yang disediakan di lokasi syuting itu, dan kebetulan aku memang lagi lapar. Daripada maagku kambuh, lebih baik aku makan itu, tak peduli nasi putih atau mie," kata Reva saat bertandang ke Redaksi Health Liputan6.com di SCTV Tower, Senayan City, Ra [...]

Agar Diet Aman dan Nyaman, Perhatikan 5 Hal Ini

Agar Diet Aman dan Nyaman, Perhatikan 5 Hal Ini

Setidaknya ada lima hal yang sebaiknya Anda lakukan sehubungan dengan program penurunan berat badan yang aman dan bertanggung jawab: 1. Diet yang dilakukan harus aman. Ini termasuk semua kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA) untuk vitamin, mineral, dan protein. Diet penurunan berat badan sebaiknya rendah kalori, tapi bukan terhadap makanan yang esensial bagi tubuh. 2. Program penurunan berat badan sebaiknya dilakukan secara perlahan, kecuali dokter menilai akan bermanfaat bagi kesehatan bila dilakukan cepat. Dengan pembatasan kalori, akan terjadi penurunan berat badan secara cepat pada minggu pertama sampai kedua, tapi kebanyakan adalah akibat berkurangnya cairan. Berat ini akan kembali seperti semula bila Anda kembali ke diet kalori normal. 3. Jika Anda berencana menurunkan berat badan lebih dari 15-20 pon (30-40 kg), mempunyai masalah kesehatan, atau sedang menggunakan pengobatan, ada baiknya untuk berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan program tersebut. Dokter dapat menilai kesehatan Anda secara menyeluruh. Ia juga dapat memperkirakan efek yang mungkin timbul dari diet dan penurunan berat badan. 4. Program sebaiknya termasuk perencanaan un [...]

Makanan Pilihan Tim Piala Dunia dari Inggris

Makanan Pilihan Tim Piala Dunia dari Inggris

Bintang sepakbola top tentu harus menjaga kebugaran tubuhnya. Mereka melakukan diet makanan dan minuman yang ketat. Seperti yang dilakukan pemain sepakbola dari Inggris. Tak hanya para bintang ini yang harus menjaga tubuhnya, istri dan kekasihnya pun menjaga bentuk tubuhnya. Skuad Roy Hodgson melakukan diet ketat sehari-harinya dalam menghadapi Laga Akbar Bola Dunia. Mereka makan hingga 5.000 kalori per harinya. "Segala sesuatu yang mereka makan dihitung ahli gizi dan ilmuwan olahraga pada tingkat yang tepat," kata Kepala Koki Tim Ingris, Tim De?Ath, seperti dilansir Dailystar, Rabu (11/6/2014). Berikut lima cara diet yang dilakukan tim Inggris: 1. Sarapan seperti raja Para pemain sarapan banyak telur seperti telur rebus, orak arik atau diomelet. Manfaatnya: Telur kaya Vitamin B yang penting untuk memproduksi energi yang penting. Namun, telur itu jika direbus atau diorak arik, bukan digoreng karena juga bisa mengurangi konsumsi lemak. 2. Pasta Bola Di hotel, pemain Inggris ini makan banyak pasta dan ayam panggang, nasi serta sayuran yang dikukus. Manfaat: Pesepakbola perlu makan banyak karbohidrat untuk memberikan energi selama latihan serta 90 menit di lapangan.Ayam mer [...]

5 Tips Pilih Daging Kurban agar Tak Merusak Program Diet Anda

5 Tips Pilih Daging Kurban agar Tak Merusak Program Diet Anda

Mengonsumsi daging kambing dan daging sapi di saat Idul Adha tidak akan merusak program diet yang tengah Anda lakukan saat ini. Asalkan pemilihan pada daging kambing dan daging sapi tepat, maka tak ada alasan lagi bagi Anda untuk takut mengolah keduanya menjadi makanan yang layak untuk disantap.Berikut ini tips bagi Anda bagaimana cara memilih daging agar tidak merusak program diet dan pembentukan otot Anda, seperti dijelaskan oleh Pakar Fitnes dan Diet , Denny Santoso kepada Health-Liputan6.com, Sabtu (4/10/2014)1. Pilihlah bagian daging yang paling sedikit lemaknya2. Buang semua lemak yang masih terdapat pada daging sebelum diolah3. Lebih baik mengolah daging dengan cara dipanggang, dibakar, dikukus atau cara apa pun selain digoreng maupun disantan, agar lebih sehat.4. Jika Anda ingin membuat sup daging yang nikmat dan sehat, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuang kaldu daging sapi maupun kambing, atau air rebusan pertama saat merebus daging kurban tersebut. Sebab, kaldu ini mengandung lemak yang cukup tinggi.5. Ada baiknya bagi Anda untuk menghindari pengolahan dengan menambahkan lemak ke dalam masakan yang sedang Anda racik. Jadi, batasi pengolahan dengan menggun [...]

Avokad, Kudapan Siang Bikin Langsing dan Tahan Lapar

Avokad, Kudapan Siang Bikin Langsing dan Tahan Lapar

Sebuah studi baru yang dilakukan peneliti di Loma Linda University, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa menyisipkan buah avokad saat makan siang dapat membantu menurunkan berat badan. Seperti dikutip laman Health, Senin (5/5/2014) mengonsumsi setengah avokad di siang hari dapat membantu mengurangi rasa lapar di sore hari. Peneliti bahkan mengatakan bahwa serat dan lemak tak jenuh tunggal dalam avokad bisa membantu membuat Anda kenyang lebih lama. Penulis studi, Dr. Michelle Wien, PH juga menuliskan manfaat avokad yang kaya serat dan lemak tak jenuh sehingga membuat seseorang bisa kenyang tahan lama. Sebelumnya, Ahli Gizi dari Loma Linda University, California, Dr. Joan Sabate menjelaskan bahwa rasa kenyang dalam diet merupakan faktor penting dalam menghindari seseorang mengalami kenaikan berat badan. Cara lain kenyang yang sehat yakni dengan menambahkan setengah porsi avokad pada saat makan siang. [...]

Langsing dengan Mengonsumsi 7 Makanan Sehat Ini

Langsing dengan Mengonsumsi 7 Makanan Sehat Ini

Terdapat beragam jenis makanan sehat yang memiliki efek melangsingkan. Tapi, harus diingat bahwa ini semua akan bekerja maksimal bila diimbangi dengan olahraga teratur. Selain itu, kita pun harus memahami, mengonsumsi makanan sehat bukan sekedar mengganti makanan cepat saji dengan makanan bergizi. Pola makan sehat adalah cara hidup yang akan terus dilakukan sampai kita mati.Di bawah ini, terdapat sejumlah makanan sehat yang bermanfaat untuk melangsingkan seperti dikutip Health Me Up, pada Jumat (19/9/2014) 1. Jus buahBila mengonsumsi buah, banyak di antara kita yang memilih tanpa kulit. Padahal, mengonsumsi buah dengan kulit yang paling dianjurkan, karena tidak akan kehilangan nutrisi dari keseluruhan buah.Untuk itu, pilihlah untuk menjadikan buah sebagai jus yang diproses lengkap dengan kulitnya. Kita dapat menambahkan madu agar jus lebih terasa enak. 2. Kayu manisAgar hidup lebih sehat, gantilah gula putih dengan gula merah. Atau gula jawa, bila di Indonesia. Bumbu dapur seperti kayu manis pun dapat dijadikan pilihan untuk dicampurkan ke dalam segelas teh, sebagai pengganti gula putih. 3. PopcornDaripada kita memilih kentang goreng sebagai camilan, ada baiknya m [...]

Ingin Langsing? Perpanjang Durasi Tidur di Akhir Pekan

Ingin Langsing? Perpanjang Durasi Tidur di Akhir Pekan

Memperpanjang durasi tidur di akhir pekan tidak hanya mampu membuat kita merasa jauh lebih rileks. Selain itu, juga dapat menurunkan bobot tubuh kita. Kok bisa?Para peneliti telah menemukan bahwa menambahkan waktu tidur, bahkan hanya 90 menit, dapat mengalahkan rasa lapar dan hasrat untuk mengonsumsi makanan berlemak.Dalam sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari University of Chicago didapatkan hasil bahwa orang dewasa muda yang mengalami kelebihan berat badan, dan beranjak untuk tidur lebih awal atau tinggal di tempat tidur lebih lama, mengalami penurunan nafsu makan sebanyak 14 persen. Dan sebanyak 62 persen tidak berkeingan untuk mengonsumsi camilan asin atau manis.Dengan adanya penemuan ini diharapkan dapat membantu memerangi epidemi obesitas di Inggris. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, tidur dengan waktu yang terlalu sedikit, menyebabkan masalah berat badan, dan memengaruhi keseimbangan hormon yang membantu untuk menjaga nafsu makan.Sebelum menemukan hasil itu, para peneliti terlebih dulu mempelajari sepuluh orang pria dan wanita yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, serta memiliki usia antara 21 sampai 40 tahun dan memiliki waktu tidur rata-rata e [...]

Konsumsi Gula Berlebih Kurangi Kesempatan Hamil

Konsumsi Gula Berlebih Kurangi Kesempatan Hamil

Gula bisa menjadi salah satu hal yang paling berbahaya di tubuh Anda. Gula juga bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan dibanding lemak. Bagi Anda yang baru memulai bahtera rumah tangga, mengonsumsi terlalu banyak gula mengurangi kesempatan hamil.Konsumsi gula yang tinggi menyebabkan lemak menumpuk di bagian tengah tubuh Anda. Dan ini menjadi berita buruk bagi pria dan perempuan ketika ingin memiliki anak.Pada pria, lemak di sekitar perut melepaskan estrogen yang bisa memengaruhi jumlah spermanya. Sedangkan pada perempuan, ada risiko yang lebih besar dari gangguan hormon yang memengaruhi siklus menstruasi."Kelebihan berat badan sering menjadi alasan utama mengapa pasangan berjuang memiliki anak," kata Ahli Gizi Kesuburan di Harley Street Fertility Clinik, Melanie Brown, seperti dilansir HandBag, Rabu (12/3/2014)."Terlalu banyak lemak yang disimpan di sekitar perut pada kedua jenis kelamin seperti ladang ranjau hormonal yang beracun," katanya lagi.Untuk mengatasinya, Brown menganjurkan agar pasangan memperhatikan betul makanan yang seharusnya sehat tapi menyimpan gula tersembunyi seperti granola dan jus buah. Selain itu, hindari karbohidrat olahan dan produk berlabel `rendah lemak` [...]

Saat Diet, Lebih Baik Kurangi Karbohidrat atau Lemak?

Saat Diet, Lebih Baik Kurangi Karbohidrat atau Lemak?

Jika diminta memilih, lebih baik mengurangi asupan karbohidrat atau lemak saat diet? Nah, sebuah penelitian baru yang diterbitkan di Annals of Internal Medicine menemukan bahwa cara efektif dalam menurunkan berat badan adalah mengurangi karbohidrat. Seperti dikutip Womenshealth, Senin (15/12/2014), untuk penelitian ini, ilmuwan dari Tulane University secara acak melibatkan 148 pria dan wanita obesitas tanpa penyakit jantung atau diabetes untuk mengikuti diet rendah karbohidrat dan diet rendah lemak. "Setelah satu tahun, peserta yang diet rendah karbohidrat kehilangan sekitar 34 kilogram dibanding mereka yang diet rendah lemak. Plus, diet rendah karbohidrat membuat massa lemak dan faktor risiko kardiovaskular lainnya menurun," ujar peneliti.Tapi, ada yang penting dicatat dalam peneliti. Dalam studi tersebut, peneliti menyarankan diet hanya membatasi asupan karbohidrat sampai 40 gram per hari (sekitar empat potong roti gandum) dan mengatakan kepada mereka untuk mengonsumsi banyak gram serat."Hati-hati memilih sumber karbohidrat adalah kuncinya. Jika hanya mengurangi nasi putih, kentang, biji-bijian olahan, dan minuman maka berat badan cenderung mengikuti. Sebaliknya, Anda tidak aka [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *