Awas, Sembarangan Minum Antibiotik Bisa Bahaya

MENGONSUMSI-ANTIBIOTIK-SEMBARANGAN-INI-AKIBATNYA.jpg

Pernahkah Anda mengonsumsi antibiotik untuk demam akibat flu biasa? Sebagian dari Anda mungkin akan menjawabnya dengan ?Ya?. Banyak orang, setiap kali menderita penyakit ringan, memilih untuk langsung menenggak antibiotik. Sayangnya, hal tersebut masih dianggap lumrah. Begitu juga pemakaian antibiotik yang tidak sesuai indikasi dan penggunaan yang menyalahi dosis anjuran.

Sebenarnya, antibiotik digunakan hanya bila terbukti adanya infeksi bakteri. Penyakit yang disebabkan oleh virus seperti demam dan flu tidak perlu diobati dengan antibiotik, kecuali dokter menduga telah terjadi infeksi bakteri. Dan tidak banyak yang tahu bahwa penggunaan antibiotik yang tidak rasional seperti itu akan memicu resistensi antibiotik.

Resistensi antibiotik adalah suatu keadaan ketika mikroorganisme yang seharusnya sensitif terhadap suatu jenis antibiotik menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. Pada saat ini terjadi, fungsi antibiotik untuk membunuh bakteri atau menghentikan tumbuh kembang bakteri menjadi tidak berguna.

Resistensi terhadap antibiotik menyebabkan bahaya besar bagi manusia karena infeksi yang semula mudah diobati dengan antibiotik kini menjadi sulit atau bahkan tidak dapat lagi diobati dengan antibiotik.

Pasien yang bakteri dalam tubuhnya resisten terhadap antibiotik bisa jadi memerlukan jenis-jenis antibiotik yang lebih kuat dan lebih mahal, dan dalam jumlah yang lebih besar karena waktu penyembuhan yang lebih lama.

Bakteri yang kebal terhadap antibiotik pun dapat menyebar ke anggota keluarga, teman sekolah, rekan kerja, dan mengancam masyarakat dengan menimbulkan jenis infeksi baru yang lebih sulit diobati.

Bagaimana cara untuk mencegah resistensi antibiotik? Berikut penjelasannya:

Bagaimana cara untuk mencegah resistensi antibiotik?

  1. Menanyakan tentang resistensi antibiotik kepada tenaga kesehatan. Tanyakan apakah antibiotik yang digunakan memang sangat dibutuhkan untuk menyembuhkan penyakit. Tanyakan juga tindakan lain apakah yang perlu dilakukan untuk mempercepat penyembuhan.
  2. Jangan mengonsumsi antibiotik untuk infeksi akibat virus seperti demam karena flu.
  3. Jangan menyimpan antibiotik untuk persediaan mengatasi sakit yang akan datang. Habiskan antibiotik dengan tuntas sesuai anjuran dokter. Buang sisa obat yang menurut dokter tidak perlu diteruskan.
  4. Gunakan antibiotik secara tepat seperti yang diresepkan dokter. Jangan melewatkan waktu dan dosis yang diharuskan. Habiskan semua obat meski Anda telah merasa lebih sehat. Jika pengobatan dihentikan mendadak, beberapa bakteri yang bertahan dapat menyebabkan infeksi kembali.
  5. Jangan gunakan antibiotik yang diresepkan bagi orang lain, yang tentunya tidak tepat untuk penyakit Anda. Menggunakan antibiotik yang salah dapat memperlambat pengobatan yang tepat dan memberi waktu bakteri berkembang biak.
  6. Jika dokter memastikan Anda tidak memiliki infeksi bakteri, tanyakan cara yang tepat untuk mengurangi gejala. Jangan paksa dokter untuk memberikan antibiotik.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Fakta Mitos Usus Buntu

Fakta Mitos Usus Buntu

Usus buntu (umbai cacing) adalah sebuah organ yang bentuknya menyerupai cacing, dan merupakan perpanjangan dari sekum (bagian dari usus besar). Panjang dari usus buntu biasanya sekitar 8-10 cm namun dapat bervariasi dari 2 hingga 20 cm. Apendisitis (radang usus buntu) merupakan sebuah prosses peradangan yang terjadi pada lapisan dalam dari apendiks (usus buntu), yang menyebar hingga ke area disekitarnya. Peradangan pada daerah ini menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa dan dapat menyebabkan kematian jika terlambat mencari pertolongan. Beberapa mitos yang sering terdengar mengenai apendisitis misalnya: MITOS: Makan jambu biji, atau cabai dapat menyebabkan terjadinya radang usus buntu. FAKTA: SALAH. Seorang rekan spesialis bedah yang sudah lebih dari sering melakukan apendectomi (operasi pengangkatan usus buntu) tidak pernah menemukan sebutir biji jambu maupun biji cabai. 2. MITOS: Lari setelah makan menyebabkan usus buntu. FAKTA: SALAH. Sama sekali tidak ada hubungannya. Sebenarnya, secara medis radang usus buntu ini terjadi karena adanya sumbatan pada lumen usus. Penyumbatan ini menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan didalam lumen usus, sumbatan ini ya [...]

Mencegah Munculnya Jerawat di Punggung

Mencegah Munculnya Jerawat di Punggung

Kehadiran jerawat di punggung terkadang membuat tidak nyaman. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya jerawat di punggung. Jerawat bisa muncul di mana saja di tubuh kita sepanjang memiliki kelenjar yang menghasilkan minyak atau folikel rambut. Salah satu yang sering menjadi gangguan adalah jerawat di punggung. Layaknya wajah, punggung juga memiliki banyak kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum atau minyak. Tumpukan sebum yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Bagaimana Mencegah dan Mengobati Jerawat di Punggung Agar jerawat tidak muncul, kita perlu memperhatikan kebersihan tubuh secara keseluruhan. Berikut beberapa cara untuk mencegah atau mengurangi munculnya jerawat di punggung. Segeralah mandi setelah melakukan aktivitas yang menimbulkan banyak keringat. Jika tidak memungkinkan, gunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk membantu menyegarkan kulit dan membuang minyak berlebih. Hindarilah memakai tas punggung, karena ada beberapa kasus munculnya jerawat di punggung terkait pemakaian tas jenis ini. Pakailah tas pinggang atau tas selempang agar risiko jerawat di punggung k [...]

Survei: Kebahagiaan Wanita Ada Pada Besarnya Kantong Belanja

Survei: Kebahagiaan Wanita Ada Pada Besarnya Kantong Belanja

Sebuah survei mengenai kebahagiaan wanita kembali ditemukan. Survei tersebut menjelaskan bahwa kebahagiaan wanita terletak dari ukuran kantong belanja mereka. Semakin besar kantongnya, semakin bahagia pula sang wanita. Kok bisa?Seperti yang dikutip dari Boldsky, kebahagian terbesar wanita bergantung pada anggaran belanja yang pada akhirnya berpengaruh pada ukuran kantong belanjaan mereka. Berdasarkan laporan Wellbeing Index, inflasi harga diketahui lebih memiliki hubungan dengan kondisi kesehatan metal wanita ketimbang pria.Hal ini disebabkan karena wanita paham betul dengan harga produk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari makanan hingga pakaian. Mereka cenderung lebih sadar dengan adanya lonjakan harga dan berusaha untuk menyesuaikan pendapatan dan pengeluaran.Dari hasil survei yang dilakukan terhadap 2000 koresponden selama tujuh tahun di Australia, disimpulkan bahwa tingkat kesejahteraan wanita lebih tinggi dibandingkan dengan pria. Wanita merupakan 'front-line purchaser' yang membuat mereka lebih peka terhadap harga bahan pokok.Oleh karena itu, jika kondisi ekonomi mereka menurun, maka kesejahteraan dan kebahagiaan wanita juga ikut menurun. Alasannya, karena 'jatah' belanja me [...]

Secangkir Teh Dapat Tingkatkan Kinerja Otak

Secangkir Teh Dapat Tingkatkan Kinerja Otak

Selain menyenangkan untuk diminum saat makan atau santai, teh juga memiliki manfaat untuk tubuh. Salah satunya, teh bermanfaat untuk kinerja otak.Seperti dikutip Daily Mail, terdapat studi yang menyatakan bahwa meminum teh dapat meningkatkan kinerja otak. Pada studi tersebut, peneliti Belanda mencari tahu pengaruh kandungan yang ada di dalam teh dengan kesiapan mental 44 responden. Setelah diteliti terungkap, kandungan dalam teh seperti asam amino atau L-theanine (biasa ditemukan dalam teh hijau) dan kafein, bisa meningkatkan kemampuan berpikir seseorang. Mereka yang meminum teh, setelah menit ke-20 dan ke-70, akurasinya dalam melakukan tugas yang berbeda-beda menjadi lebih baik.Dalam penelitian juga disebutkan bahwa teh yang diminum responden berumur di bawah 40 tahun, dapat mengurangi kelelahan. Hasil studi memperlihatkan bahwa selain meningkatkan kinerja otak, teh juga dapat meningkatkan kewaspadaan seseorang yang rajin mengonsumsinya.(eny/eny) [...]

8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Mulut dan Tenggorokan

8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Mulut dan Tenggorokan

Penyakit infeksi bisa ditularkan lewat beberapa cara, seperti melalui udara, ludah, kulit, darah, kontak seksual, makanan, atau benda yang terkontaminasi bakteri. Cara penularan paling sering adalah melalui udara, misalnya saat seseorang batuk atau bersin. Droplet (partikel air kecil) tersebut membawa mikroorganisme yang dapat dihirup langsung oleh orang lain. Beberapa infeksi juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan ludah. Berikut ini adalah delapan penyakit yang dapat ditularkan melalui mulut dan tenggorokan: Selesma Gejala selesma biasanya diawali dengan sakit tenggorokan diikuti pilek, hidung tersumbat, dan batuk. Demam biasanya muncul pada anak-anak, namun jarang terjadi pada orang dewasa. Ada ratusan jenis virus yang bisa menyebabkan selesma, namun umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Influenza Berbeda dengan selesma, gejala flu biasanya lebih berat dan berupa sakit tenggorokan, demam tinggi, pegal-pegal di seluruh badan, batuk, dan pilek. Sebagian besar virus influenza akan hilang dalam 5-7 hari, tetapi ada beberapa jenis virus influenza yang berbahaya dan telah menimbulkan pandemik seperti virus H1N1 (flu babi). Ber [...]

Yummy, Coklat Diolah Menjadi Pasta Gigi

Yummy, Coklat Diolah Menjadi Pasta Gigi

Sebagian orang kurang nyaman dengan rasa mint dalam pasta gigi. Kini, sebuah brand pasta gigi Crest berhasil membuat odol dengan rasa berbeda dari umumnya.Pasta gigi unik terbaru tersebut memiliki rasa coklat. Crest juga meluncurkan pasta gigi unik lainnya yakni rasa vanilla dan Lemon. Crest berhasil mengolah coklat menjadi pasta gigi. Dalam kandungannya, tetap ditambahkan mint untuk memberikan rasa segar di mulut. Namun lebih banyak didominasi dengan rasa coklat. Produk bernama 'Be' tersebut kandungannya kaya akan coklat cream yang tidak hanya memberikan sensasi nikmat di mulut, namun juga memberikan manfaat kesehatan bagi gigi. Menurut Allan Melnick, dokter gigi di California, coklat bermanfaat untuk mengurangi plak pada gigi. Di Amerika, produk pasta gigi dengan rasa coklat itu akan dirilis bulan depan dengan harga US$ 4,99 atau sekitar Rp 60 ribu. Pasta gigi, rasa coklat tersebut bukan satu-satunya di dunia. Sebelumnya, merek Theodent juga telah merilis pasta gigi dengan rasa serupa. Selain itu, terdapat pasta gigi yang juga memiliki rasa unik. Di jepang, pasta gigi dengan rasa arang sampai kari ayam banyak dijual. Klik ini untuk mengetahui berita selengkapnya.(kik/fer) [...]

Alasan Yogurt Bisa Jadi Alternatif Santapan Buka Puasa

Alasan Yogurt Bisa Jadi Alternatif Santapan Buka Puasa

Es sirup menjadi salah satu minuman yang paling difavoritkan untuk berbuka puasa. Bagaimana tidak? Asupan tersebut terasa manis sehingga menyegarkan dan bisa mengembalikan energi yang hilang. Meski begitu, mengkonsumsi minuman tinggi gula setiap kali buka puasa bisa memicu diabetes dan menyebabkan Anda bertambah gemuk setelah bulan Ramadan. Ditambah lagi dengan goreng-gorengan sebagai makanan favorit berbuka yang sebenarnya juga kurang sehat.Untuk Anda yang ingin mencari asupan sehat yang pas saat bulan puasa, yogurt bisa dijadikan alternatifnya. Produk olahan susu yang rasanya sedikit asam ini dapat diandalkan sebagai menu untuk berbuka karena bernutrisi dan mengenyangkan. Dibandingkan dengan sirup, yogurt kaya akan sumber energi, protein, mineral, serta vitamin."Coba kita bandingkan dengan sirup. Sirup sumber energinya memang ada dari glukosa. ?Tapi sirup tidak memiliki protein, vitamin, mineral seperti yogurt. Tidak ada manfaat lain untuk kesehatan," kata Dr Marya W. Haryono MGIZI, SpGk saat acara talkshow bersama Heavenly Blush di Restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Selatan, Selasa, (7/6/2015). Tak hanya bergizi, menambah energi, dan rasanya nikmat, yogurt juga memiliki [...]

Pelajari CPR untuk Selamatkan Nyawa Seseorang

Pelajari CPR untuk Selamatkan Nyawa Seseorang

Cardiopulmonary resuscitation atau CPR merupakan teknik kompresi dada dan pemberian napas buatan untuk orang-orang yang detak jantung atau pernapasannya terhenti. Kondisi tersebut biasanya dialami oleh orang yang tenggelam atau terkena serangan jantung. Berhentinya detak jantung memengaruhi peredaran darah yang mengandung oksigen ke otak dan organ vital lainnya. Hal ini bisa memicu kerusakan otak yang dapat mengakibatkan seseorang meninggal dalam hitungan menit. Namun dengan pemberian CPR, darah beroksigen bisa kembali mengalir ke otak dan seluruh tubuh. Orang Awam Bisa Memberikan CPR Tidak hanya dokter atau tenaga terlatih yang bisa memakai teknik CPR untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Anda sebagai orang awam pun bisa melakukannya. Meski begitu, teknik CPR yang bisa Anda berikan bisa berbeda dibandingkan teknik dokter atau tenaga terlatih. Teknik pemberian CPR pada umumnya terdiri dari tiga langkah, yaitu: Langkah pertama: Tekan atau kompresi dada Cara melakukannya dengan membaringkan tubuh seseorang di atas permukaan yang keras. Lalu Anda bisa berlutut di samping leher dan bahu orang itu. Letakkan satu telapak tangan Anda di atas dada bagian tengahnya, tepatnya di antara put [...]

4 Gaya Hidup Sehat untuk Kurangi Risiko Kanker Payudara

4 Gaya Hidup Sehat untuk Kurangi Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti terutama bagi kalangan wanita. Menurut World Cancer Report, kanker payudara merupakan jenis kanker paling sering ditemukan pada satu dari lima wanita di dunia.Sementara berdasarkan data di Kementerian Kesehatan, dari sekian banyak kanker yang menyerang penduduk Indonesia, kanker serviks dan payudara paling tinggi kasusnya di seluruh rumah sakit. Baik dilihat dari segi terjangkitnya maupun dari sudut angka kematian. Penyebab kanker payudara umumnya diduga karena faktor keturunan. Namun sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa faktor genetik hanya 'menyumbang' 5-10 persen dari seluruh kasus kanker yang ada. Artinya, pemicu kanker lebih disebabkan oleh faktor eksternal seperti diet dan gaya hidup tidak sehat. Dengan mengikuti gaya hidup sehat, maka bisa mengurangi risiko terkena kanker secara signifikan. Ini beberapa langkah yang bisa dilakukan wanita untuk terhindar dari ancaman kanker payudara, seperti dikutip dari Female First.1. Tetap AktifPara peneliti di Oxford University, Inggris menemukan bahwa rutin fitnes dengan intensitas sedang dan tinggi selama 4-7 jam seminggu bisa menurunkan risiko terkena kanker payudar [...]

Mau Sehat? Jatuh Cinta Saja!

Mau Sehat? Jatuh Cinta Saja!

Siapa yang mengira bahwa ternyata pelukan memiliki fungsi medis yang cukup signifikan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tindakan memeluk ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, fisik maupun mental, memperpanjang usia, meningkatkan sistem imun, meringankan stres dan depresi, membantu keluhan sulit tidur dan tentu saja meningkatkan kualitas hubungan antar manusia. Bagaimana bisa? ?Salahkan? satu hormon dalam tubuh kita, yang bernama oksitosin. Kerap pula disebut sebagai ?Hormon Kepercayaan?, oksitosin merupakan sebuah hormon yang memiliki kekuatan luar biasa. Pada saat kita memeluk seseorang yang kita percaya dan membuat nyaman, kadar oksitosin yang juga berperan sebagai neurotransmitter di otak ini akan meningkat. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai oksitosin yang patut kita simak: Mau Sehat? Jatuh Cinta Saja! Produksi oksitosin meningkat ketika kita bereaksi secara fisik terhadap pasangan, anggota keluarga, hewan peliharaan, dan apapun yang kita percaya dapat memberikan kenyamanan pada diri kita. Khususnya untuk hubungan cinta, hormon ini bekerja sama dengan dopamine dan norepinephrine untuk memperkuat ikatan tersebut. Hormon inilah yang m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *