Awas, Sembarangan Minum Antibiotik Bisa Bahaya

MENGONSUMSI-ANTIBIOTIK-SEMBARANGAN-INI-AKIBATNYA.jpg

Pernahkah Anda mengonsumsi antibiotik untuk demam akibat flu biasa? Sebagian dari Anda mungkin akan menjawabnya dengan ?Ya?. Banyak orang, setiap kali menderita penyakit ringan, memilih untuk langsung menenggak antibiotik. Sayangnya, hal tersebut masih dianggap lumrah. Begitu juga pemakaian antibiotik yang tidak sesuai indikasi dan penggunaan yang menyalahi dosis anjuran.

Sebenarnya, antibiotik digunakan hanya bila terbukti adanya infeksi bakteri. Penyakit yang disebabkan oleh virus seperti demam dan flu tidak perlu diobati dengan antibiotik, kecuali dokter menduga telah terjadi infeksi bakteri. Dan tidak banyak yang tahu bahwa penggunaan antibiotik yang tidak rasional seperti itu akan memicu resistensi antibiotik.

Resistensi antibiotik adalah suatu keadaan ketika mikroorganisme yang seharusnya sensitif terhadap suatu jenis antibiotik menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. Pada saat ini terjadi, fungsi antibiotik untuk membunuh bakteri atau menghentikan tumbuh kembang bakteri menjadi tidak berguna.

Resistensi terhadap antibiotik menyebabkan bahaya besar bagi manusia karena infeksi yang semula mudah diobati dengan antibiotik kini menjadi sulit atau bahkan tidak dapat lagi diobati dengan antibiotik.

Pasien yang bakteri dalam tubuhnya resisten terhadap antibiotik bisa jadi memerlukan jenis-jenis antibiotik yang lebih kuat dan lebih mahal, dan dalam jumlah yang lebih besar karena waktu penyembuhan yang lebih lama.

Bakteri yang kebal terhadap antibiotik pun dapat menyebar ke anggota keluarga, teman sekolah, rekan kerja, dan mengancam masyarakat dengan menimbulkan jenis infeksi baru yang lebih sulit diobati.

Bagaimana cara untuk mencegah resistensi antibiotik? Berikut penjelasannya:

Bagaimana cara untuk mencegah resistensi antibiotik?

  1. Menanyakan tentang resistensi antibiotik kepada tenaga kesehatan. Tanyakan apakah antibiotik yang digunakan memang sangat dibutuhkan untuk menyembuhkan penyakit. Tanyakan juga tindakan lain apakah yang perlu dilakukan untuk mempercepat penyembuhan.
  2. Jangan mengonsumsi antibiotik untuk infeksi akibat virus seperti demam karena flu.
  3. Jangan menyimpan antibiotik untuk persediaan mengatasi sakit yang akan datang. Habiskan antibiotik dengan tuntas sesuai anjuran dokter. Buang sisa obat yang menurut dokter tidak perlu diteruskan.
  4. Gunakan antibiotik secara tepat seperti yang diresepkan dokter. Jangan melewatkan waktu dan dosis yang diharuskan. Habiskan semua obat meski Anda telah merasa lebih sehat. Jika pengobatan dihentikan mendadak, beberapa bakteri yang bertahan dapat menyebabkan infeksi kembali.
  5. Jangan gunakan antibiotik yang diresepkan bagi orang lain, yang tentunya tidak tepat untuk penyakit Anda. Menggunakan antibiotik yang salah dapat memperlambat pengobatan yang tepat dan memberi waktu bakteri berkembang biak.
  6. Jika dokter memastikan Anda tidak memiliki infeksi bakteri, tanyakan cara yang tepat untuk mengurangi gejala. Jangan paksa dokter untuk memberikan antibiotik.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tips Memakai Komputer Agar Tak Merusak Mata

Tips Memakai Komputer Agar Tak Merusak Mata

Tidak hanya menyebabkan kondisi mata menjadi lelah, menatap layar komputer terlalu lama juga bisa merusak mata. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut beberapa cara menggunakan komputer yang tepat.Menurut sebuah penelitian, layar komputer tidak memancarkan radiasi berbahaya seperti sinar X atau cahaya ultraviolet. Jadi, kelelahan yang biasa terjadi saat menatap layar komputer terlalu lama bukan dikarenakan oleh paparan sinar monitor, melainkan oleh faktor lain, seperti yang dikutip dari lifemojo.Faktor lain tersebut adalah pencahayaan yang buruk, posisi komputer atau barang lain yang tidak benar. Ketegangan yang berlebihan pada mata atau yang biasa disebut Computer Vision Syndrome dapat mengakibatkan mata gatal atau terasa terbakar, penglihatan ganda atau kabur serta sakit kepala. Untungnya ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mata dari kelelahan dan ketegangan. Hal yang paling utama dan harus dilakukan adalah pengaturan posisi komputer dan pencahayaan.1. Jauhkan komputer kurang lebih 20-30 inci atau sekitar panjang lengan dari mata Anda. Usahakan agar monitor sejajar dengan arah pandang mata Anda. 2. Miringkan layar monitor ke arah belakang sebanyak 1 [...]

Kurang Tidur, Otak Bisa Rusak Seperti Terbentur Benda Keras

Kurang Tidur, Otak Bisa Rusak Seperti Terbentur Benda Keras

Kurang tidur membawa banyak dampak negatif bagi kesehatan. Mulai dari tubuh yang lemas, sampai gangguan jantung. Bahkan penelitian terbaru menuturkan, otak bisa rusak akibat kurang tidur. Tingkat kerusakannya sama seperti ketika kepala Anda terbentur benda keras.Studi menemukan bahwa kurang waktu tidur satu malam saja bisa menyebabkan perubahan pada otak, saat kepala terkena pukulan atau terbentur keras. Para peneliti mengatakan, partisipan mengalami kenaikan produksi senyawa kimia di dalam tubuh yang mengindikasikan adanya kerusakan otak.Profesor Christian Benedict dari Uppsala University di Swedia menjelaskan, tubuh memiliki senyawa kimia yang dinamakan NSE dan S-100B. Jika jumlahya berlebihan, akan membuat otak mengalami gangguan, seperti gegar otak."Yang kami temukan, level zat kimia tersebut meningkat dalam darah pada partisipan yang tidak tidur semalam suntuk. Efeknya memang tidak separah ketika kepala benar-benar terbentur benda keras. Efeknya juga tidak instan tapi cukup signifikan," jelas Profesor Christian, seperti dikutip dari Daily Mail.Dia kembali menjelaskan bahwa saat tidur, otak membersihkan dirinya sendiri dari racun-racun. Proses ini membuat NSE dan S-100B meni [...]

4 Penyebab Anda Sering Cepat Lelah

4 Penyebab Anda Sering Cepat Lelah

Tubuh yang sering cepat lelah tidak selalu disebabkan terlalu banyak bekerja atau aktivitas harian yang padat. Jika baru melakukan pekerjaan ringan Anda sudah merasa kelelahan, mungkin ada yang salah dengan sistem metabolisme tubuh atau bahkan gangguan mental.Menurut Neil Shulman, penulis buku 'Your Body's Red Light Warning Signals' seperti dikutip dari Women's Health, kelelahan bisa saja disebabkan kejenuhan dan tekanan secara psikis. Neil juga menjelaskan, rasa lelah yang tiba-tiba dan berlebihan juga bisa jadi gejala dari suatu penyakit. Ini dia penyebab paling umum terjadinya kelelahan.1. Kurang Vitamin B12Vitamin B12 bertugas menjaga aktivitas sel darah merah yang mengalirkan oksigen di dalam darah. Kadar vitamin B12 rendah membuat tubuh lunglai dan tak bergairah. Kondisi ini juga menyebabkan perut mulas-mulas. Jika terlalu lama dibiarkan, akan timbul kesemutan di tangan dan kaki, kurang keseimbangan, daya ingat menurut dan kebingungan.Vitamin ini banyak terdapat dalam protein hewani, seperti susu sapi, telur, daging dan ikan. Bagi para vegetarian, jangan takut tidak mendapat asupan B12 cukup, Anda bisa memperolehnya dari susu kedelai.2. Depresi"Kelelahan adalah salah satu [...]

Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi?

Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi?

?Jangan makan kambing, nanti bisa darah tinggi!? Siapa yang belum pernah mendengar hal itu? Banyak orang menghindari daging kambing karena dianggap bisa memicu darah tinggi bahkan hipertensi. Karena persepsi tersebut banyak yang memilih menghindari daging kambing di antara jenis daging lainnya. Tak ayal lagi daging kambing mungkin jenis daging yang paling ditakuti bahkan dijauhi. Tapi sudah tahukah Anda mengenai fakta sebenarnya dari daging kambing? Benarkah daging kambing dapat menyebabkan hipertensi? Benarkah daging kambing sebaiknya dihindari pasien hipertensi? Berikut penjelasannya: Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi? Menurut para peneliti dari Alabama Cooperative Extension System (ACES), daging kambing memiliki komposisi gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi, daging babi, daging domba, bahkan daging ayam. Nutrisi yang terkandung bergantung pada cara memasak, minyak yang digunakan, dan penyajian daging kambing tersebut. Anda dapat membuang bagian lemak saat hendak memasaknya. Benarkah Daging Kambing Menyebabkan Hipertensi? Daging kambing memiliki lemak jenuh yang cenderung rendah dibandingkan daging la [...]

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Botox

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Botox

Oleh: dr. Nadia Octavia Flek-flek hitam, kerutan, cekungan pada wajah merupakan efek normal dari penuaan (dan tentu saja paparan sinar matahari). Ketika berurusan dengan kerutan, salah satu jawabannya yang tentu tidak asing lagi adalah botox. Sebelum Anda menggunakannya, Anda perlu mengetahui beberapa fakta berikut: Botox dan keracunan makananTahukah Anda bahwa botulinum toxin A atau yang lebih dikenal dengan botox merupakan neurotoksin yang diproduksi oleh bakteri Clostridium Botulinum? Bakteri? Ya. Toksin yang dikeluarkan oleh bakteri tersebut dapat menyebabkan botulism, yaitu suatu kondisi paralisis atau kelumpuhan. Salah satu jenis botulism menyebar melalui makanan yang tidak diproses sempurna. Bakteri ini juga sering terdapat pada debu dan tanah. Bakteri ini memproduksi neurotoksin, yaitu substansi yang merusak jaringan saraf. Racun ini yang biasa digunakan pula oleh kalajengking dan tarantula untuk membunuh mangsanya. Pada manusia, botulism dapat menyebabkan kelemahan otot, gangguan penglihatan dan ptosis. Botox dan paralisisTerdapat 7 jenis toksin botulinum, yang diidentifikasikan dengan huruf A hingga G. Botulinum toxin atau botox yang biasa digunakan untuk [...]

8 Cara Melancarkan Pencernaan

8 Cara Melancarkan Pencernaan

Seringkali kita merasa tidak nyaman dengan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan dapat terjadi secara tiba-tiba dan tentunya akan mengganggu juga kegiatan Anda pada hari itu. Banyak yang belum mengetahui, gangguan pencernaan sesungguhnya dapat dihindari. Caranya cukup sederhana, yakni cukup dengan mengubah pola hidup Anda sehari-hari. Tapi masalahnya disini, gaya hidup yang manakah yang berbahaya dan baik untuk kesehatan pencernaan? Berikut 8 cara untuk pola hidup sehat untuk menciptakan perut dan proses pencernaan Anda lebih sehat: 8 Cara Melancarkan Pencernaan Seringkali kita merasa tidak nyaman dengan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan dapat terjadi secara tiba-tiba dan tentunya akan mengganggu juga kegiatan Anda pada hari itu. Banyak yang belum mengetahui, gangguan pencernaan sesungguhnya dapat dihindari. Caranya cukup sederhana, yakni cukup dengan mengubah pola hidup Anda sehari-hari. Tapi masalahnya disini, gaya hidup yang manakah yang berbahaya dan baik untuk kesehatan pencernaan? Berikut 8 cara untuk pola hidup sehat untuk menciptakan perut dan proses pencernaan Anda lebih sehat: 1. Kurangi Makanan Pencetus Perut Ke [...]

Agar Sehat Total, Jangan Konsumsi Susu Almond yang Ditambah Gula

Agar Sehat Total, Jangan Konsumsi Susu Almond yang Ditambah Gula

Selain susu hewani yang sering dikonsumsi banyak orang, susu yang terbuat dari kacang-kacangan seperti susu almond juga menjadi salah satu minuman yang kini tengah diminati. Alasannya, susu 'alternatif' ini dipercaya mengandung lemak dan kalori yang rendah serta bebas kolestrol sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Susu kacang yang seringkali disebut dengan sari nabati ini banyak dikonsumsi mereka yang memiliki intoleransi laktosa, penganut gaya hidup sehat, dan orang-orang yang sedang menjalani diet. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes selaku ahli gizi memaparkan, kacang-kacangan tersebut diolah sedemikian rupa untuk memberikan manfaat yang besar kepada tubuh. Namun yang sering terjadi adalah banyak orang yang menambahkan gula dengan takaran berlebih saat memproduksi susu kacang seperti susu almond tersebut. Menurutnya, hal tersebut sebaiknya dihindari."Khusus untuk orang dewasa, harus diperhatikan tujuan mengonsumsi sari kacang-kacangan ini seperti apa. Jika dikonsumsi agar bermanfaat untuk kesehatan, jangan rusak manfaat itu dengan menambahkan gula terlalu berlebihan. Kalau ingin sehat ya sehat total," ujar ibu empat anak itu saat dihubungi Wolipop, Rabu, (18/11/2015).Baca Juga: [...]

Fungsi Usus Halus dalam Proses Pencernaan Makanan

Fungsi Usus Halus dalam Proses Pencernaan Makanan

Makanan yang Anda konsumsi menyimpan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh sel-sel tubuh. Tapi sebelumnya, makanan tersebut harus dicerna menjadi zat yang cukup kecil sehingga dapat diserap tubuh. Proses pencernaan dan penyerapan makanan ini merupakan bagian dari fungsi usus halus. Nutrisi dari hidangan yang telah dicerna akan diserap oleh tubuh. Nutrisi ini bisa membuat tubuh bertenaga dan dipakai untuk fungsi tubuh lainnya. Namun ada pula nutrisi yang harus dipadatkan menjadi tinja, lalu dibuang melalui anus. Usus pada tubuh manusia menjalar panjang dari perut hingga anus. Usus sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu usus halus dan usus besar. Usus halus memiliki panjang sekitar 6 meter dengan diameter berukuran 2,5 sentimeter. Usus ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu duodenum (usus duabelas jari), jejunum (usus kosong), dan ileum (usus penyerapan). Sebagian besar proses pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan terjadi di dalam usus halus. Sementara usus besar memiliki panjang sekitar 1,5 meter dengan ukuran diameter sebesar 7,6 cm. Usus ini bertugas memroses sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna atau diserap. Cara Usus Halus dalam Menjalankan Fungsinya Sebelum memas [...]

Perlambat Penuaan dengan Tabir Surya

Perlambat Penuaan dengan Tabir Surya

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Tampak awet muda adalah dambaan semua orang, terutama perempuan. Proses penuaan pada kulit merupakan suatu proses yang akan terus berlangsung dan tidak dapat dihentikan, namun dapat diperlambat. Salah satu rahasia untuk tampak awet muda ternyata tidak terlalu sulit, yaitu dengan menggunakan tabir surya setiap hari. Peneliti dari Australia menemukan bahwa orang yang menggunakan tabir surya (sunscreen) setiap hari memiliki garis keriput yang lebih sedikit dibanding mereka yang tidak menggunakan tabir surya secara teratur. Penelitian ini dilakukan pada 900 orang warga Australia yang berusia 25-55 tahun dan dilihat perkembangan kondisi kulitnya selama 4,5 tahun. Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa orang dewasa (pria dan wanita) yang menggunakan tabir surya setiap hari memiliki garis keriput 24% lebih sedikit dibanding mereka yang hanya menggunakannya sewaktu-waktu. Penggunaan tabir surya secara teratur pada usia remaja dan dewasa muda memiliki manfaat secara kosmetik dengan memperlambat proses penuaan dan menurunkan risiko kanker kulit dalam jangka lama. Bagaimana bisa begitu? Sebagian besar masalah penuaan disebabkan oleh paparan sinar matahari (p [...]

Kunyit Sebabkan Pria Mandul?

Kunyit Sebabkan Pria Mandul?

Kegemukan telah kita ketahui mempengaruhi kesuburan baik pada wanita maupun pria. Pada pria yang gemuk ditemukannya kadar hormon testosteron yang rendah. Kadar hormon testeosteron yang rendah ini mengganggu pembentukan sperma dan juga dapat menyebabkan menurunnya gairah seksual. Selain itu, gangguan ereksi juga banyak terjadi pada pria yang kegemukan. Selain berat badan, ternyata kunyit juga dapat mempengaruhi kesuburan pria. Kunyit (Curcuma Longa) telah diteliti memiliki efek antibakteri, antivirus, antiradang dan antikanker. Dalam berbagai penelitian telah ditemukan tidak membahayakan manusia. Namun, dalam beberapa penelitian terbaru ditemukan bahwa kunyit dapat mempengaruhi kesuburan pria. Beberapa hal yang ditemukan adalah sebagai berikut: Pada sebuah penelitian di laboratorium, sperma yang diberikan cairan kunyit mengalami gangguan gerakan dan fungsi. Pada penelitian lain pada tikus, ditemukan bahwa konsumsi kunyit dalam jumlah besar mempengaruhi proses pembentukan dan pematangan sperma dan kadar hormon testosteron pria. Selain itu juga mempengaruhi kondisi organ-organ reproduksi pria menjadi kurang baik. 3. Kunyit & Produktivitas Sperma Konsu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *