BAB Hanya 3 Hari Sekali? Santap 7 Makanan Ini Agar Lebih Lancar

135558241.jpg

Merasa sulit buang air besar (BAB) dan seringkali tidak rutin? Idealnya, BAB seharusnya terjadi minimal satu hari sekali yang menandakan bahwa sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik. Tapi jika lebih dari dua hari Anda tidak juga BAB maka sudah disebut konstipasi atau mengalami gangguan. Akibatnya perut terasa kembung, tidak nyaman bahkan jika dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan infeksi hingga kanker.

Diet tidak sehat, kurang olahraga dan stres merupakan tiga faktor utama yang menyebabkan orang susah BAB. Jika sering mengalami kesulitan BAB, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi satu atau dua dari beberapa jenis makanan berikut ini.

1. Raspberry
Segala jenis macam buah berry, termasuk raspberry kaya akan serat. Namun raspberry memiliki kandungan yang tertinggi, sekitar 8 gram serat hanya dalam satu cangkir. Simpan selalu raspberry di dalam kulkas untuk mengatasi masalah konstipasi dengan segera. Agar lebih awet, taruh raspberry di dalam wadah atau kantong plastik kedap udara, kemudian masukkan dalam freezer dan biarkan membeku.

2. Kopi
Kafein alami yang terkandung dalam kopi tidak hanya bisa membuat tubuh dan mata lebih segar, tapi juga punya efek laksatif. Artinya, memicu otot perut untuk memunculkan kontraksi pada usus besar sehingga timbul keinginan untuk BAB. Namun perlu diingat, efek laksatif biasanya tidak terjadi pada setiap orang dan sebaiknya jangan mengonsumsi terlalu banyak kopi demi bisa BAB. Terlalu banyak kafein bisa menyebabkan jantung berdegup dan sulit tidur.

3. Air Putih
Saat terjadi sembelit, bisa jadi karena Anda kurang minum air putih. Dehidrasi juga salah satu penyebab paling umum susah BAB. Minumlah air putih secara berkala dari pagi hingga malam menjelang tidur, minimal delapan gelas sehari.

4. Jeruk
Sebutir jeruk ukuran sedang mengandung lebih dari dua gram serat. Selain kaya serat yang membantu melancarkan pencernaan, berdasarkan sebuah studi yang dilansir Huffington Post, jeruk juga menimbulkan efek laksatif yang memicu BAB. Buah-buahan citrus lainnya seperti lemon, jeruk nipis dan grapefruit juga memiliki efek yang sama.

5. Nasi Merah
Dalam satu cangkir nasi merah terkandung 3,5 gram serat. Maka saat mengalami sembelit, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi nasi merah ketimbang nasi putih. Studi yang dilakukan pada 2007 menemukan bahwa wanita Jepang yang rutin makan nasi merah, risikonya 41 persen lebih kecil mengalami sembelit. Selain itu nasi merah juga kaya vitamin B, mangan, zat besi dan asam lemak yang baik bagi kesehatan tubuh.

6. Bayam
Secangkir bayam rebus mengandungi 4 gram serat dan lebih dari 150 gram magnesium. Mineral ini juga memiliki efek laksatif yang membuat Anda ingin BAB.

7. Yoghurt
Probiotik di dalam yoghurt bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan membuat ‘rutinitas’ BAB Anda rutin serta teratur di waktu yang sama. Bahkan berdasarkan studi yang dilakukan pada 2014, probiotik bisa membantu Anda lebih sering dan mudah BAB. Artinya, Anda tidak perlu mengejan terlalu kencang akibat faeces yang mengeras.

(hst/als)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Nyeri Otot Setelah Fitness? Makanlah Semangka!

Nyeri Otot Setelah Fitness? Makanlah Semangka!

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Mengkonsumsi jus semangka dapat menghilangkan nyeri otot setelah berolahraga sesuai dengan studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Dipercaya bahwa kandungan asam amino L-Citrulline yang terdapat di dalam semangka dapat mempercepat waktu pemulihan dan meningkatkan stamina atlit. Sebelumnya memang sudah ada penelitian yang menyebutkan bahwa semangka memiliki potensi sebagai antioksidan, memiliki potensi untuk meningkatkan kandungan protein di otot serta meningkatkan stamina dari atlit, namun kaitan semangka dengan percepatan pemulihan nyeri otot baru pertama kali ditemukan. Penelitian yang dipimpin oleh Encarna Aguayo dari Technical University of Cartagena di Spanyol melakukan percobaan dengan membagi beberapa kelompok berdasarkan minuman yang diperoleh yaitu pada kelompok pertama mendapat jus semangka yang diperkaya dengan L-citrulline, kelompok kedua mendapat jus semangka alami dan kelompok ketiga mendapat air minum biasa yang tidak mengandung L-citrulline. Ketiga minuman diberikan satu jam sebelum berolahraga. Pada hasil akhir ditemukan bahwa kelompok yang mengkonsumsi jus semangka dan jus semangka yang diperkaya deng [...]

Kebiasaan Minum Wine yang Membahayakan Otak

Kebiasaan Minum Wine yang Membahayakan Otak

Pada banyak kasus, orang yang minum alkohol dan wine terlalu cepat, cenderung menjadi minum melewati batas yang dapat diterima tubuh mereka.Paul Wallace, profesor di University College London dan pimpinan yayasan rehabilitasi alkohol Drinkware mengatakan, "Semua orang akan memproses alkohol pada tingkat yang berbeda berdasarkan jenis kelamin, umur, bahkan etnis. Tapi pada dasarnya, hati Anda hanya dapat memproses sekitar 1 unit alkohol per jam."Profesor Wallace juga menambahkan, "Minum alkohol 10 gelas atau setara dengan 2-3 gelas besar wine dalam dua jam, berarti Anda masih akan menyimpan 8 unit alkohol dalam tubuh Anda untuk diproses pada jam berikutnya. "Selain memabukkan, hal ini juga dapat menimbulkan keracunan pada diri Anda karena wine & alkohol mengandung etanol. Ketika Anda minum lebih dari 1 unit alkohol dalam 1 jam, etanol akan membanjiri otak Anda dan ini sangat berbahaya.Sebaiknya makananlah makanan kecil terlebih dulu dan minum alkohol dengan perlahan, hal ini dapat memperlambat laju penyerapan etanol ke dalam aliran darah Anda. Selanjutnya, Profesor Wallace juga menyarankan untuk menghindari alkohol dalam jumlah sekecil apapun.Ternyata bukan hanya alkohol yang [...]

Fakta & Mitos Cara Makan yang Salah

Fakta & Mitos Cara Makan yang Salah

Makan buah yang benar itu sesudah makan apa sebelum makan besar sih? Segelas wine sehari beneran bikin sehat? Makan yang manis-manis akibatnya kena diabetes? Ternyata banyak yang belum tahu jawaban fakta sebenarnya seputar pertanyaan-pertanyaan diatas. Contohnya, masih banyak pemahaman yang salah seputar fakta dan mitos soal bagaimana wine dapat memberikan manfaat kesehatan kepada tubuh manusia. Dengan dalih kesehatan, tidak sedikit orang yang menjadikan kebiasaan minum wine rutin dalam sepekan sampai 2 gelas, padahal faktanya tidak demikian. Ingin tahu fakta sebenarnya bagaimana wine dapat memberikan manfaat kesehatan pada tubuh? Fakta & Mitos Cara Makan yang Salah Makan buah yang benar itu sesudah makan apa sebelum makan besar sih? Segelas wine seharibeneran bikin sehat? Makan yang manis-manis akibatnya kena diabetes? Ternyata banyak yang belum tahu jawaban fakta sebenarnya seputar pertanyaan-pertanyaan diatas. Contohnya, masih banyak pemahaman yang salah seputar fakta dan mitos soal bagaimana wine dapat memberikan manfaat kesehatan kepada tubuh manusia. Dengan dalih kesehatan, tidak sedikit orang yang menjadikan kebiasaan minum wine rutin dalam sepek [...]

Apa Itu OCD – Obsessive Compulsive Disorder?

Apa Itu OCD – Obsessive Compulsive Disorder?

Kita biasanya memiliki satu orang teman yang terlihat begitu perfeksionis, melakukan segala sesuatunya dengan terlalu sempurna, bahkan sampai hal-hal terkecil seperti mengecek apakah dia sudah mengunci pintu mobilnya, minimal sebanyak 5 kali. Jika Anda memiliki teman yang demikian, patut dicurigai bahwa dia menderita OCD, bukan obsessive corbuzier diet, sama sekali bukan, melainkan obsessive compulsive disorder. OCD ditandai dengan kegelisahan seseorang untuk melakukan sesuatu dan bersifat impulsif, dimana si penderita menganggap setelah melakukan hal itu, kecemasannya akan berkurang. Penyebab OCD sampai hari ini belum diketahui, baik wanita maupun pria dapat terkena OCD. Bentuk tersering selain mengunci mobil berulang-ulang dapat kita lihat pada orang yang seringkali mencuci tangannya berulang kali meskipun ia tahu tangannya dalam keadaan bersih. Penanganan OCD Penderita OCD pada umumnya sadar bahwa mereka memiliki obsesi tertentu, mereka sekaligus malu kalau orang lain mengetahui isi pikir mereka yang penuh obsesi ini, akibatnya penderita OCD cenderung menutup diri, dan tak sedikit yang menjadi depresi. OCD dapat diobati dengan obat-obat yang sifatnya meng [...]

Derita Lisa Brown, Selalu Kelaparan karena Sindrom Pencernaan Langka

Derita Lisa Brown, Selalu Kelaparan karena Sindrom Pencernaan Langka

Lisa Brown tidak mengalami gangguan makan seperti anoreksia maupun bulimia. Namun wanita berusia 32 tahun ini selalu kelaparan. Bobotnya turun drastis, dari 63 kg menjadi kurang dari 40 kg dalam lima tahun dan tubuhnya pun sangat kurus hingga tampak hanya tulang belulang.Lisa bukannya tidak mau makan, tapi ia mengidap sindrom langka yang membuat tubuhnya tidak mau mencerna makanan. Akibatnya wanita asal Wisconsin, Amerika Serikat ini merasa terus kelaparan.Penyakit yang diidap Lisa disebut superior mesenteric artery syndrome (SMAS), kondisi yang membuat sebagian usus kecilnya terperangkap di antara dua pembuluh arteri. Akibatnya, makanan tidak bisa melewati sistem pencernaan dan tubuhnya dengan baik.Lima tahun sudah Lisa berjuang mencari solusi untuk mengatasi penyakitnya itu. Ia pun berbagi kisahnya lewat YouTube yang menceritakan bagaimana usahanya menghadapi SMAS dengan harapan bisa mendapatkan dana pengobatan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap sindrom langka tersebut.Saat ini Lisa sedang menjalani perawatan di The Cleveland Clinic. Perawatan tersebut menggunakan sebuah sistem canggih yang memungkinkan nutrisi-nutrisi yang penting bagi tubuh dialirkan langsung ke usus keci [...]

Tak Hanya Wortel, 5 Makanan Ini Juga Bisa Menyehatkan Mata

Tak Hanya Wortel, 5 Makanan Ini Juga Bisa Menyehatkan Mata

Mata merupakan salah satu indera manusia yang memiliki peranan penting. Karena tanpanya, kita tidak bisa melihat apapun. Untuk menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi makanan yang diklaim mampu membantu fungsi penglihatan agar tetap bekerja sesuai dengan fungsinya. Apa saja?1. Sayuran HijauSayuran hijau kaya akan lutein, yaitu nutrisi penting yang berguna untuk kesehatan mata terutama lensa dan retina. Lutein juga berfungsi menyerap dan melindungi bahaya sinar ultraviolet. Jenis sayuran hijau yang banyak mengandung lutein adalah bayam kale. Di dalamnya mengandung lutein sebanyak 11.4 miligram per 100 gram. Dengan mengonsumsi sebanyak 80 gram kale, kandungan luteinnya setara dengan 41 buah jeruk dan 71 butir telur. Cara mengonsumsi yang paling baik adalah direbus atau dibuat salad.2. BuahRetina mata memerlukan vitamin A untuk penglihatan di malam hari. Konsumsilah buah-buahan berwarna seperti mangga dan pepaya. Buah-buahan ini merupakan sumber dari betakaroten, yaitu zat gizi di dalam tubuh yang dapat berubah menjadi vitamin A.Vitamin A juga bisa ditemukan di dalam keju, telur, minyak ikan, susu, dan yoghurt. A [...]

Fakta vs Mitos: ‘Angin Duduk’

Fakta vs Mitos: ‘Angin Duduk’

Disebut sebagai angin duduk atau angina karena orang yang mengalaminya dapat meninggal secara tiba-tiba. Mungkin pada saat duduk tiba-tiba orang tersebut meninggal. ?Angin duduk? berhubungan dengan jantung. Karena tidak ada dalam istilah kedokteran, maka istilah yang mirip dengan yang dimaksud angin duduk adalah angina pectoris yang ditandai dengan rasa nyeri pada dada sebelah kiri. Teridentifikasinya istilah ini, menurut Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof DR dr Teguh Santoso.SpPD, di Jakarta, pekan lalu. Menandai sebuah koreksi besar terhadap mitos yang berkembang di masyarakat selama ini, bahwa terdapat gejala bernama ?masuk angin hebat? dan termasuk kategori yang berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian hanya dalam waktu 15 hingga 30 menit sejak serangan pertama. Prof. Teguh menjelaskan lebih lanjut, jika dirasa tiba-tiba nyeri dada, sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik apapun termasuk berhubungan seks. Segeralah pergi ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penanganan Gawat darurat jantung. Ingat!. Tidak boleh lebih dari 15 menit setelah serangan nyeri pertama. Sindrom serangan jantung koroner akut merupakan penemuan terbaru akhir banyak disikapi masyara [...]

Apa Saja Penyebab Sakit Kepala Bagian Depan?

Apa Saja Penyebab Sakit Kepala Bagian Depan?

Sakit kepala dapat terasa di berbagai lokasi kepala. Salah satu yang kerap dikeluhkan adalah sakit kepala bagian depan. Untuk mengatasi dengan tuntas, sebaiknya Anda mencari tahu penyebab sakit kepala bagian depan yang Anda alami. Ada beberapa kemungkinan penyebab sakit kepala bagian depan, antara lain: Sinusitis Salah satu penyebab yang paling umum dari sakit kepala bagian depan adalah sinusitis. Gejala lain yang mungkin dirasakan, seperti sakit di sekitar wajah atau gigi. Tidak jarang wajah terasa sakit saat ditekan, terutama di bagian bawah mata atau di samping hidung. Sinusitis akut umumnya dipicu oleh pilek atau alergi, sementara sinusitis kronis biasanya berasal dari sinusitis akut yang tidak ditangani dengan tepat, alergi, ataupun penggunaan obat dekongestan yang berlebihan. Sakit kepala tegang (tension headache) Sakit kepala tegang sering dikeluhkan di kepala bagian depan atau bisa juga pada bagian samping kepala. Saat otot pada kepala dan leher mengencang, kemudian pembuluh darah kepala melebar, saat itulah dirasakan sakit kepala tegang. Sakit kepala tegang digambarkan sebagaimana sakit saat ditekan atau diremas dengan sangat kencang. Ada kemungkinan rasa sakit berpindah [...]

Limfoma, Ketika Sel Pertahanan Tubuh Menjadi Ganas

Limfoma, Ketika Sel Pertahanan Tubuh Menjadi Ganas

Setiap manusia memiliki sel pertahanan tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit. Sel darah yang berfungsi untuk melakukan hal ini adalah limfosit. Namun, apabila sel darah ini berkembang dengan tidak normal maka akan menyebabkan gangguan pada sistem tubuh manusia. Apa itu limfoma? Limfoma adalah keganasan pada kelenjar getah bening, yang berisi sel-sel yang berperan dalam imunitas tubuh, seperti sel B, sel T dan histiosit. Limfoma terbagi menjadi dua yaitu yaitu Hodgkin's Disease/penyakit Hodgkin (PH) dan Non-Hodgkin Lymphoma/limfoma non Hodgkin (LNH). Keduanya dibedakan berdasarkan temuan pada pemeriksaan patologi anatomi dari jaringan hasil biopsi. Apa yang menyebabkan limfoma? Apa yang Menyebabkan Limfoma? Peneliti masih berusaha untuk mencari penyebab dari keganasan ini. Namun ada beberapa faktor risiko dalam terjadinya limfoma. Beberapa faktor risiko tersebut diantaranya adalah: umur (limfoma non Hodgkin ditemukan umumnya pada usia di atas 60 tahun), bahan kimia dan radiasi, penyakit autoimun, dan infeksi. Apa saja gejala limfoma? Terdapat beberapa gejala dari limfoma. Berikut adalah gejala limfoma yang umum ditemui: � Li [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *