BAB Hanya 3 Hari Sekali? Santap 7 Makanan Ini Agar Lebih Lancar

135558241.jpg

Merasa sulit buang air besar (BAB) dan seringkali tidak rutin? Idealnya, BAB seharusnya terjadi minimal satu hari sekali yang menandakan bahwa sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik. Tapi jika lebih dari dua hari Anda tidak juga BAB maka sudah disebut konstipasi atau mengalami gangguan. Akibatnya perut terasa kembung, tidak nyaman bahkan jika dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan infeksi hingga kanker.

Diet tidak sehat, kurang olahraga dan stres merupakan tiga faktor utama yang menyebabkan orang susah BAB. Jika sering mengalami kesulitan BAB, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi satu atau dua dari beberapa jenis makanan berikut ini.

1. Raspberry
Segala jenis macam buah berry, termasuk raspberry kaya akan serat. Namun raspberry memiliki kandungan yang tertinggi, sekitar 8 gram serat hanya dalam satu cangkir. Simpan selalu raspberry di dalam kulkas untuk mengatasi masalah konstipasi dengan segera. Agar lebih awet, taruh raspberry di dalam wadah atau kantong plastik kedap udara, kemudian masukkan dalam freezer dan biarkan membeku.

2. Kopi
Kafein alami yang terkandung dalam kopi tidak hanya bisa membuat tubuh dan mata lebih segar, tapi juga punya efek laksatif. Artinya, memicu otot perut untuk memunculkan kontraksi pada usus besar sehingga timbul keinginan untuk BAB. Namun perlu diingat, efek laksatif biasanya tidak terjadi pada setiap orang dan sebaiknya jangan mengonsumsi terlalu banyak kopi demi bisa BAB. Terlalu banyak kafein bisa menyebabkan jantung berdegup dan sulit tidur.

3. Air Putih
Saat terjadi sembelit, bisa jadi karena Anda kurang minum air putih. Dehidrasi juga salah satu penyebab paling umum susah BAB. Minumlah air putih secara berkala dari pagi hingga malam menjelang tidur, minimal delapan gelas sehari.

4. Jeruk
Sebutir jeruk ukuran sedang mengandung lebih dari dua gram serat. Selain kaya serat yang membantu melancarkan pencernaan, berdasarkan sebuah studi yang dilansir Huffington Post, jeruk juga menimbulkan efek laksatif yang memicu BAB. Buah-buahan citrus lainnya seperti lemon, jeruk nipis dan grapefruit juga memiliki efek yang sama.

5. Nasi Merah
Dalam satu cangkir nasi merah terkandung 3,5 gram serat. Maka saat mengalami sembelit, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi nasi merah ketimbang nasi putih. Studi yang dilakukan pada 2007 menemukan bahwa wanita Jepang yang rutin makan nasi merah, risikonya 41 persen lebih kecil mengalami sembelit. Selain itu nasi merah juga kaya vitamin B, mangan, zat besi dan asam lemak yang baik bagi kesehatan tubuh.

6. Bayam
Secangkir bayam rebus mengandungi 4 gram serat dan lebih dari 150 gram magnesium. Mineral ini juga memiliki efek laksatif yang membuat Anda ingin BAB.

7. Yoghurt
Probiotik di dalam yoghurt bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan membuat ‘rutinitas’ BAB Anda rutin serta teratur di waktu yang sama. Bahkan berdasarkan studi yang dilakukan pada 2014, probiotik bisa membantu Anda lebih sering dan mudah BAB. Artinya, Anda tidak perlu mengejan terlalu kencang akibat faeces yang mengeras.

(hst/als)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
7 Cara Menghindari Rokok

7 Cara Menghindari Rokok

Sebuah studi terakhir menemukan bahwa pria dengan usia 65 tahun atau lebih yang biasa merokok 3,2 bungkus rokok setiap harinya dan memustuskan untuk berhenti, maka risiko untuk terkena serangan jantung dapat berkurang. Penyataan ini dapat menjadi suatu motivasi bagi para perokok di Indonesia. Namun saat Anda ingin berhenti merokok dan merasakan suatu keinginan untuk menyalakan rokok lagi, cobalah beberapa cara yang ditulis dibawah ini : Kunyahlah Wortel Mengkonsumsi camilan dapat menghancurkan keinginan untuk merokok. Namun pastikan cemilan yang Anda konsumsi sehat dan mengandung kalori yang rendah seperti sayur dan buah-buahan, untuk hal ini cobalah wortel. Alihkan pikiran Anda Temukan teman yang dapat mendukung keputusan Anda untuk berhenti merokok, atau perbanyak acara sosial dimana Anda dapat berbicara dengan banyak orang sehingga dapat menghilangkan keinginan Anda untuk merokok. Berikut cara menghindari rokok lainnya: Tips Menghindari Rokok Lainnya 2. 'Jepret'-kan diri Anda saat ada keinginan untuk merokok Tindakan ini merupakan tindakan ?cinta yang menyakitkan?. Pakailah karet pada tangan Anda dan ?jepret? diri Anda setiap kali ada keingina [...]

22 April: Hari Demam Berdarah. Demam Berdarah Mengintai

22 April: Hari Demam Berdarah. Demam Berdarah Mengintai

Demam Berdarah merupakan salah satu penyakit endemis di negara tropis termasuk di Indonesia. Demam Berdarah atau dikenal sebagai DBD merupakan suatu jenis infeksi virus akut yang disebabkan oleh virus Dengue. Terdapat 4 jenis virus dengue yaitu DENV 1,2,3 dan 4. Vektor dari penyakit ini adalah nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopticus. Saat seseorang terinfeksi demam berdarah maka dapat muncul gejala berupa demam mendadak tinggi yang berlangsung selama 2 ? 7 hari, mual, muntah, nyeri pada sendi, nyeri kepala hingga penurunan nafsu makan. Pada pemeriksaan tubuh dapat muncul bintik-bintik merah di kulit ataupun pendarahan di gusi atau gigi. Saat terinfeksi demam berdarah sebaiknya dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk menilai berat ringannya penyakit. Pada infeksi demam berdarah dalam pemeriksaan laboratorium dapat terlihat penurunan dari kadar trombosit, kadar leukosit, peningkatan dari kada hematokrit, peningkatan dari hemoglobin, peningkatan dari fungsi hati, ataupun penurunan dari kadar albumin. Dapat juga dilakukan pemeriksaan untuk mendeteksi virus DBD seperti pemeriksaan NS1 atau IgM dan IgG Dengue. Pengobatan dari demam berdarah hanyalah satu yaitu cairan. Cairan yang di [...]

Manfaat Rajin Makan Wortel, Jantung Sehat Sampai Kulit Cantik

Manfaat Rajin Makan Wortel, Jantung Sehat Sampai Kulit Cantik

Wortel diketahui baik untuk memelihara kesehatan mata karena kaya akan vitamin A. Tapi khasiatnya tidak hanya itu, makanan favorit Bugs Bunny ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, bahkan baik untuk kecantikan kulit. Wortel bisa dikonsumsi dengan cara dikukus sebentar, dimakan mentah atau dijadikan jus dan disarankan dikonsumsi setiap hari. Ini dia berbagai manfaat wortel untuk tubuh, yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. Menjaga Kesehatan JantungWortel memiliki banyak kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Zat yang disebutkan terakhir mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.2. Melawan Efek Buruk Radikal BebasWortel merupakan salah satu jenis sayuran yang tinggi kandungan antioksidan. Sayuran berwarna oranye ini mengandung zat yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak tubuh dari dalam.3. Turunkan KolesterolSebuah penelitian di Harvard University mengungkapkan bahwa seseorang yang sedikitnya memakan enam wortel dalam satu minggu dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi daripada yang hanya mengonsumsi satu butir saja dalam seb [...]

Jangan Kasih Madu Ke Anak Di Bawah 1 Tahun!

Jangan Kasih Madu Ke Anak Di Bawah 1 Tahun!

Sering kita mendengar seruan agar jangan memberikan madu pada bayi di usia kurang dari satu tahun. Apakah ini mitos atau fakta? Hal ini adalah fakta,dikarenakan pemberian madu pada bayi yang masih berusia kurang dari 1 tahun dapat meningkatkan risiko penyakit botulisme. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat dari madu, akan tetapi madu mempunyai risiko yaitu dapat terkontaminasi dengan spora Clostridium Botulinum. Mengapa hanya pada bayi 1 tahun? Pada usia dibawah 1 tahun sistem pencernaannya belum sempurna, sehingga spora yang masuk ke dalam pencernaan tidak mampu dimatikan oleh asam yang dihasilkan di dalam lambung seperti pada pencernaan anak diatas 1 tahun dan orang dewasa. Apa itu penyakit Botulisme ? Botulisme adalah suatu keadaan yang disebabkan oleh toksin racun yang diproduksi oleh Clostridium Botulinum. Penyakit ini sangat jarang terjadi tetapi dapat berakibat fatal. (Baca: All About Suntik Botox) Toksin C. Botulinum bersifat neurotoksin yaitu racun yang sangat kuat dan menyebabkan kerusakan saraf dan otot. Foodborne botulism merupakan akibat dari mencerna makanan yang tercemar yang masuk melalui saluran pencernaan. (Baca: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelu [...]

Benarkah Faktor Cuaca Mempengaruhi Kesehatan Tubuh?

Benarkah Faktor Cuaca Mempengaruhi Kesehatan Tubuh?

Adakah diantara Anda yang pernah mendengar kalimat tersebut atau bahkan mengatakannya? Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala dari peradangan pada tenggorokan. Radang tenggorokan dapat disebabkan diantaranya oleh bakteri dan virus. Seringkali cuaca, musim, dan iklim menjadi alasan apabila tubuh kita sakit. Apakah benar, suhu udara, cuaca, musim, dan iklim dapat menyebabkan timbulnya penyakit? Memang tidak dapat dipungkiri, faktor iklim seperti suhu udara dan kelembaban udara memegang peranan penting dalam fisiologi manusia. Sebagai contoh, metabolisme tubuh manusia di Antartika dengan suhu udara yang sangat dingin terbentuk sedemikian rupa dengan jalan meningkatkan metabolisme basal untuk mengkompensasi suhu udara yang sangan dingin tersebut. Cuaca juga memerankan komponen penting bagi tubuh manusia. Sebagai contoh, pertumbuhan tulang dan penyerapan kalsium membutuhkan sinar UV matahari yang membantu kulit membentuk vitamin D yang diperlukan dalam proses metabolisme tulang tersebut. Jadi pertanyaannya, adakah andil perubahan cuaca memengaruhi kesehatan tubuh? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. Benarkah Faktor Cuaca Mempengaruhi Kesehatan Tubuh? [...]

49.400 Meninggal Dunia Karena Perokok Pasif

49.400 Meninggal Dunia Karena Perokok Pasif

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Bahaya akibat merokok tidak saja dapat dialami oleh sang perokok namun pada studi terakhir di Amerika menunjukkan bahwa bahaya ini juga berpengaruh terhadap para non-perokok atau passive smoker dan ternyata bahaya ini berbeda pula antar gender. Data menunjukkan bahwa sebanyak 46.000 non-perokok di Amerika meninggal akibat penyakit jantung dan sebanyak 3.400 meninggal akibat kanker paru-paru seperti yang dilapor oleh American Cancer Society. Apakah penyebabnya?? Ternyata merokok secara pasif-lah penyebabnya. Merokok pasif, atau orang yang tidak merokok namun hanya menghirup asap dari seorang perokok ternyata memiliki peningkatan risiko untuk demensia, peningkatan tekanan darah, dan perubahan genetis. Saat ini, para ilmuwan dari Journal of Clinical Endocinology & Metabolism (JCEM) melaporkan bahwa wanita muda memiliki potensi lebih tinggi untuk mengalami efek dari merokok pasif dibandingakn dengan pria. Peneliti dari University of Western Australia, melakukan penelitian dengan melihat 1,057 remaja sejak mereka lahir hingga usia 17 tahun, mereka juga memeriksakan darah secara rutin untuk melihat kadar kolestrol. Pada akhir studi terlihat bahwa 48% anak [...]

10 Makanan Agar Mata Sehat

10 Makanan Agar Mata Sehat

Wortel diketahui merupakan salah satu makanan yang memberikan nutrisi bagi mata. Pernyataan ini benar adanya. Oleh karena itu, pilihan makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Simak beberapa makanan yang kaya nutrisi untuk mata.Dikutip dari lifemojo, makanan bernutrisi seperti, vitamin A, C dan E, betakarotein, dan antioksidan yang disebut leutin sangat dibutuhkan untuk mengurangi resiko degenerasi makula karena faktor usia. Selain itu, kandungan omega-3 juga berperan penting untuk melindungi mata dari degenerasi retina dan mencegah mata kering.Untuk menghindari gangguan mata, Anda bisa memulainya dari mengatur pilihan makanan Anda. Berikut beberapa makanan yang bagus untuk mata indah Anda.1. Wortel: Wortel mengandung beta karoten yang disebut karotenoid. Tubuh Anda mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang berperan penting dalam proses bioelektrik di mata. Selain itu, juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas.2. Ubi Jalar: Ubi juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin A.3. Salmon: Ini mengandung asam lemak omega-3, yang berhubungan dengan rendahnya risiko degenerasi makula karena usia.4. Bayam: Bayam merupakan sumber makanan lain yang kaya [...]

Begini Cara Menghilangkan Bibir Pecah-Pecah

Begini Cara Menghilangkan Bibir Pecah-Pecah

Sebagian dari Anda mungkin pernah merasakan masalah bibis pecah-pecah. Penampilan jadi tak sempurna karena kurang percaya diri. Atasi bibir pecah-pecah dengan dengan cara di bawah ini. Kebanyakan orang mengira bahwa bibir pecah-pecah hanya muncul saat musim panas atau musim kemarau. Padahal, bibir pecah-pecah bisa juga dialami saat musim hujan. Penyebab dan Gejalanya Bibir memiliki kondisi unik dibandingkan dengan bagian kulit lainnya. Bagian ini tidak dibekali kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan. Oleh karena itu, paparan sinar matahari saat musim kemarau atau rendahnya kelembapan udara bisa menjadikan bibir kering. Kondisi tersebut bisa makin memburuk jika kita tidak melakukan perawatan dengan baik terhadap bibir. Satu hal yang terkadang menjadi kebiasaan adalah kita seringkali menjilati bibir sendiri apabila bibir terasa kering. Padahal, kebiasaan ini tidak dianjurkan karena semakin sering air liur membasahi bibir, ternyata akan semakin memperburuk pecahan pada bibir. Beberapa gejala yang bisa dialami adalah: bibir terasa kering bahkan sampai mengelupas, muncul sisik pada bibir, terdapat luka, bengkak, dan jika sudah parah akan mengalami pendarahan. Cara Mengatasi Bibir [...]

Mencegah Diabetes dengan Mengenali Gula

Mencegah Diabetes dengan Mengenali Gula

Gula secara alamiah dapat ditemukan di dalam susu, produk susu (laktosa) dan buah-buahan (fruktosa). Sementara itu, pemanis dibagi menjadi beberapa jenis: Gula Alkohol Acesulfame Nektar Isomalt Neotame Sari buah konsentrat Lactitol Sucralose Sirup mapel Mannitol Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang pemanis: Gula adalah sumber karbohidrat alami. Gula mengandung kalori dan dapat meningkatkan kadar gula darah; dapat ditemukan pada: gula merah, gula pasir, gula tebu, fruktosa (pada buah - buahan), dan madu. Pemanis yang kalorinya dikurangi adalah gula alkohol. Jenis pemanis ini memiliki kadar kalori setengah dari kadar gula dan dapat meningkatkan kadar gula darah, meskipun tidak setinggi karbohidrat lain. Pemanis rendah kalori adalah pemanis buatan. Pemanis ini tidak memiliki kalori dan tidak meningkatkan kadar gula darah Anda. Berikut penjelasan gula lainnya yang terdapat di produk-produk di pasaran: Banyak produk pemanis yang dijual di pasaran dan mencantumkan label-label tertentu, seperti: No sugar. Produk ters [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *