Bagaimana Obat China Dipalsukan?

032005600_1411450082-obat_china.jpg

Kalau Anda bertanya kenapa banyak obat China dipalsukan, jawabannya sangat logis. Sesuatu yang potensial mendatangkan keuntungan, itulah alasan satu-satunya yang dijadikan patokan para pemalsu. Untuk apa memalsukan sesuatu, dengan risiko masuk penjara, jika hanya akan mendatangkan kerugian?

Ada macam-macam cara yang dipakai para pemalsu obat tradisional China menurut Ahli Pengobatan Tradisional China (Traditional Chinese Medicine/ TCM) DR.dr. William Adi Tedja, antara lain.

? Kemasan asli menggunakan bahasa Inggris, oleh pemalsu digunakan aksara China. Diduga mereka ?menunggangi? persepsi awam bahwa obat China pasti menggunakan huruf China.

? Posisi hologram dibuat berbeda dengan aslinya.

? Warna kemasan tidak sama persis dengan kemasan aslinya. Bisa lebih pudar, atau sebaliknya tempak kelewat kuat warnanya.

? Bila kemasan asli tidak banyak mencantumkan kandungan obat, pada kemasan palsu dicantumkan berderet-deret kandungan obat walaupun isinya tidak sesuai.

? Pemalsu mengganti lambang pada kemasan. Contohnya, jika lambang kemasan asli berbentuk bulat, kemasan palsu segitiga.

? Pemalsu kadang memasang harga jauh di bawah harga obat asli. Contohnya, jika obat asli berharga Rp 250 ribu, obat palsu dijual Rp 25 ribu, tetapi kadang harganya sama.

? Ada yang mencantumkan diproduksi di Malaysia. Namun, ketika alamat yang tertera dicek, ternyata tidak ada nama perusahaan tersebut.

? Ada pemalsu yang memasukkan bahan berbeda dengan kandungan bahan aslinya, termasuk menambahkan unsur kimia sintetis.

? Kemasan aslinya diburu untuk kemudian diisi dengan obat palsu, sedangkan kemasan palsu diisi dengan obat asli dengan harga yang jauh lebih murah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *