Bahan Dapur untuk Mengobati Penyakit Ringan Secara Alami

keracunan.jpg

Gigitan serangga dan paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa menyebabkan kulit gatal-gatal, kemerahan atau iritasi. Jangan dulu memakai salep atau obat berbahan kimia untuk menyembuhkannya. Atasi dulu dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah atau dapur Anda. Ini dia bahan alami untuk mengatasi iritasi kulit, seperti dikutip dari She Knows.

1. Kulit Pisang
Sebuah metode pengobatan kuno dari China menggunakan bagian dalam kulit pisang untuk mengurangi peradangan dan iritasi. Pertama bersihkan area yang terkena gigitan serangga dengan hand sanitizer atau cuci dengan sabun dan air. Kemudian tempelkan bagian dalam kulit pisang pada luka selama lima menit. Biarkan sisa-sisa kulit pisang menempel dan tidak perlu dibilas.

2. Cuka
Setelah lama bermain di luar ruangan pada siang hari, seringkali kulit terasa perih dan memerah karena terbakar. Salah satu bahan di dapur Anda, yaitu cuka dapat mengobati kulit yang terbakar. Cuka mengandung asam acetic yang merupakan salah satu komponen obat seperti aspirin, dan telah terbukti dapat mengurangi rasa sakit, gatal, dan peradangan akibat kulit terbakar. Cuka dapat membantu kulit itu menyeimbangkan pH dan mempercepat pengobatan. Para dokter kulit juga merekomendasikan penggunaan cuka dalam proses pengobatan setelah prosedur laser karena cuka juga mengandung antiseptik.

Rendam beberapa kapas atau kain tipis ke dalam cuka putih atau cuka apel, kemudian kompres bagian kulit yang terbakar. Biarkan hingga kain mengering. Ulangi jika diperlukan. Untuk penggunaan yang lebih praktis, masukkan cuka ke dalam botol spray. Dengan begitu Anda dapat menyemprotkan cuka ke bagian kulit yang terbakar kapanpun.

3. Lidah Buaya
Lidah buaya telah lama dikenal sebagai obat yang ampuh bagi jerawat karena kandungan anti bakterinya. Namun ternyata, lidah buaya memiliki fungsi lain yaitu mengurangi pembentukan minyak. Gunakan lendir lidah buaya sebagai primer sebelum memakai make up. Setelah dioleskan di wajah, lendir lidah buaya memberikan efek melembapkan dan mengencangkan kulit.

4. Pepaya
Pepaya mengandung enzim pembentuk protein sehingga berguna untuk mengobati kaki yang pecah-pecah. Hancurkan pepaya hingga berbentuk seperti masker kemudian oleskan pada bagian yang pecah-pecah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu.

5. Minyak Zaitun
Tidak jarang kita merasa mabuk atau ketika sedang melakukan perjalanan. Rasa mabuk itu dapat dicegah bila anda bisa mengurangi produksi air liur karena ketika tubuh merasa mau muntah secara otomatis akan meproduksi banyak air liur. Buah zaitun mengandung tannins yang dapat mengurangi produksi air liur. Ketika mulai merasa mabuk, kunyah 2-3 buah zaitun. cara ini hanya efektif di awal rasa mabuk.

6. Baking Soda
Ketika musim panas, tentunya hawa akan menjadi lebih panas sehingga merangsang produksi keringat di tubuh kita. Semakin banyak kita berkeringat terutama di ketiak, maka akan membuat kita bau badan. Baking soda merupakan alkaline sedangkan keringat adalah acidic, ketika keduanya bercampur maka menghasilkan gas yang dapat membuat keringat menguap. Jadi, baking soda tidak menutup pori-pori ketiak anda seperti yang dilakukan deodoran tetapi mengeringkan kulit sebelum keringat terbentuk.

7. Teh Hijau
Gatal-gatal biasanya muncul karena alergi seperti karena gigitan serangga ataupun makanan. Terkadang gatal-gatal juga muncul ketika kita merasa stres, terpapar cuaca yang terlalu panas atau dingin, dan keringat berlebih. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan teh hijau, karena kandungan kafein dalam teh dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan.

Celupkan beberapa kantong teh hijau ke dalam air panas selama 3-5 menit. Simpan dalam kulkas dan gunakan untuk mengompres bagian yang gatal-gatal selama 15 menit.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hati-hati Pilih Sepatu, Salah Pakai Bisa Berakibat Fatal Bagi Kesehatan

Hati-hati Pilih Sepatu, Salah Pakai Bisa Berakibat Fatal Bagi Kesehatan

Memilih sepatu yang tepat dan pas di kaki tidak hanya penting untuk kenyamanan saat berjalan, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh terutama tulang. Ketika banyak yang memilih sepatu berdasarkan model, warna, heels dan harga, yang mempertimbangkan faktor kesehatan justru sangat sedikit.Padahal kualitas sepatu harus diutamakan. Salah mengenakan alas kaki, akibatnya bisa fatal mulai dari penampakan kaki yang jadi tak indah hingga gangguan tulang. Ini beberapa masalah yang bisa timbul akibat memakai sepatu yang tidak sesuai ukuran serta bentuk kaki, yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. Kulit Kaki yang MenebalPenebalan kulit pada telapak dan tumit, atau biasa disebut kapalan dapat terjadi ketika memilih sepatu dengan model dan ukuran yang tidak sesuai bentuk kaki. Sepatu pointy (ujung lancip) yang dikenakan kaki dengan jari-jari besar misalnya, akan membuat kulit kaki akan bergesekan dengan bagian dalam sepatu, begitu juga kulit di sela-sela jari kaki. Gesekan yang terus menerus akan menyebabkan kapalan yang cukup mengganggu.2. Tulang MenonjolKondisi ini biasa juga disebut dengan heel spur atau penumbuhan tulang kecil yang menyerupai duri di bagian tumit. Hal ini d [...]

Cinta yang Romantis = Obat Anti Nyeri

Cinta yang Romantis = Obat Anti Nyeri

Siapa yang tidak pernah sakit kepala? Hampir semua orang pernah merasakan sakit kepala setidaknya satu kali dalam hidupnya layaknya jerawat yang menghampiri semua orang dalam satu waktu kehidupannya. Dengan demikian, pada dasarnya semua orang pasti pernah merasakan nyeri. Dunia medis mengatasi nyeri dengan obat anti nyeri, termasuk di dalamnya adalah obat-obat golongan opioid (kokain). Seringkali kokain juga disalahgunakan untuk kegiatan rekreasi karena efeknya yang dapat menimbulkan perasaan senang. Tapi, tahukah Anda bahwa cinta yang romantis dapat memberikan efek yang sama seperti kokain dalam mengatasi nyeri? Sebuah penelitian bersama antara State University of New York (SUNY) dan Stanford University Medical Center in California menunjukkan bahwa oleh kokain dan perasaan cinta romantis memicu aktivitas otak di daerah yang sama. Daerah yang teraktivasi ini memicu produksi suatu senyawa kimia yang disebut dengan dopamin. Dopamin inilah yang menyebabkan rasa senang. Dan, daerah otak yang teraktivasi beserta dengan dopamin merupakan faktor yang penting dalam penanganan nyeri. Fakta ini menjadi suatu titik terang untuk penanganan nyeri di masa depan yang lebih terarah dan spesifik. [...]

Ibu Perokok = Jantung Koroner Pada Calon Bayi Hingga Dewasa

Ibu Perokok = Jantung Koroner Pada Calon Bayi Hingga Dewasa

Para peneliti di Australia telah menemukan, bahwa ibu perokok pada saat masa kehamilan akan menyebabkan perubahan perkembangan permanen pada bayi yang belum lahir hingga dewasa. Ketika bayi lahir dari ibu perokok, maka tubuh bayi akan memiliki jenis kolesterol yang dikenal sebagai pelindung dari penyakit jantung dikemudian hari dalam tingkat yang lebih rendah dari normalnya. Penelitian yang diterbitkan di European Heart Journal, menunjukkan bahwa, pada usia delapan tahun, anak yang lahir dari ibu perokok memiliki kadar kolesterol sekitar 1.3 milimol per liter (mmol / L), dibanding dengan yang nomal 1.5 mmol/L pada anak yang lahir dari ibu yang tidak merokok. Para peneliti menemukan bahwa efek ini adalah murni dari paparan asap rokok setelah melahirkan. Hal ini menunjukkan bahwa, paparan asap rokok pra-melahirkan memiliki dampak paling besar pada perkembangan anak selanjutnya, hingga dampak permanen pada masa dewasa sang bayi. Lanjutnya, meskipun merokok selama atau setelah masa kehamilan, diketahui terkait dengan masalah kesehatan anak, termasuk perilaku neurokognitif dan kematian bayi mendadak. Sampai sekarang belum jelas apa efek dari paparan langsung asap rokok pra-melahirkan te [...]

Inilah Efek Samping dari Obat Kolesterol Statin

Inilah Efek Samping dari Obat Kolesterol Statin

Obat statin adalah golongan obat yang bekerja dengan menurunkan nilai kolesterol terutama kolesterol jahat yaitu LDL, selain itu obat statin juga penting dalam mencegah terjadinya kekakuan pembuluh darah yang meningkatkan kerentanan terhadap penyakit jantung, Karena alasan di atas maka angka penggunaan statin pun tinggi, dan ketika penggunaan sebuah obat tinggi, maka laporan akan adanya efek samping meminum obat biasanya meningkat. Salah satu efek samping yang cukup mengejutkan adalah memory loss atau hilangnya ingatan dan sulit dalam mengingat sesuatu yang baru. Beberapa pasien mengaku menjadi mudah lupa. Hal ini kemudian dipelajari dan semakin menimbulkan banyak kontroversi . Dengan kesimpulan akhir adalah obat statin golongan simvastatin memiliki faktor risiko yang lebih besar untuk gangguan ingatan dibandingkan dengan obat statin lainnya. Obat atorvastatin dan pravastatin tercatat aman dan tidak pernah dilaporkan menimbulkan memory loss. Karena itu Anda dapat cukup lega dalam mengkonsumsi obat statin jenis ini. Namun hendaknya Anda menjadi lebih memperhatikan tubuh Anda setelah membaca artikel ini. Seringkali kita meminum obat tanpa menyadari efek samping yang dialami tubuh ki [...]

Bahan Kimia Pada Kemasan Plastik Bisa Picu Obesitas

Bahan Kimia Pada Kemasan Plastik Bisa Picu Obesitas

Makanan cepat saji serta gaya hidup buruk seringkali menjadi 'tersangka utama' pada kasus obesitas. Namun kini ada faktor lain yang bisa meningkatkan risiko terkena obesitas. Apakah itu?Zat kimia yang digunakan dalam membuat kemasan plastik, serngkali dikaitkan dengan risiko kanker dan bahkan diberi label zat beracun di Kanada. Kini zat tersebut juga diketahui juga berkaitan dengan kenaikan berat badan serta diabetes.Zat itu adalah bisphenol A (BPA), bahan kimia yang umum digunakan untuk membuat botol plastik. Seperti dikutip dari detikhealth, BPA merupakan endocrine disruptor yang dapat mempengaruhi aktivitas hormon normal di dalam tubuh. Sebuah laporan yang diterbitkan pekan lalu menunjukkan bahwa BPA bisa 'menipu' tubuh untuk meningkatkan lebih banyak lemak. Selain itu, BPA juga dapat membuat bertambahnya produksi insulin (cara tubuh mengatur lemak dan karbohidrat). Jika terlalu banyak insulin, tubuh menjadi 'kebal' terhadap dampaknya, yaitu kenaikan berat badan dan diabetes tipe 2.Angel Nadal, seorang ahli BPA di Miguel Hernendez University, Spanyol mengatakan," Ketika Anda memakan sesuatu dengan BPA, itu akan memberitahu organ bahwa Anda memakan lebih banyak daripada yang A [...]

Teh Hijau Bisa Membantu Atasi Kanker Kulit

Teh Hijau Bisa Membantu Atasi Kanker Kulit

Takut terkena kanker kulit? Anda bisa mengatasinya dengan khasiat dari teh hijau. Para ilmuwan menemukan bahwa teh hijau bisa membantu atasi kanker kulit. Tim dari University of Strathclyde menjelaskan kalau 40 persen tumor hilang dengan menggunakan senyawa yang disebut epigallocatechin gallate.Teh hijau memang memiliki sifat anti-kanker, dan ekstrak ini sudah diteliti sejak lama. Namun, para peneliti baru saja berhasil menyembuhkan tumor dengan khasiat teh hijau. Hal itu ditunjukkan dengan adanya tes laboratorium pada orang yang terkena kanker kulit. Kanker mereka sembuh hingga 40 persen setelah sebulan pengobatan dengan teh hijau."Hasil ini merupakan kabar baik bagi kami dan berharap bisa menjadi pengobatan alternatif terbaru untuk melawan kanker kulit," ujar Dr. Christine Dufes, selaku ketua penelitian sekaligus dosen senior di Strathclyde Institute of Pharmacy and Biomedical Sciences, seperti dikutip dari Times of India.Dufes juga menjelaskan kalau metode dengan menggunakan ekstrak teh hijau membantu mengurangi ukuran tumor setiap hari. Bahkan, dalam beberapa kasus, tumor para penderita benar-benar hilang. Penelitian ini pun sudah dipublikasikan dalam jurnal Nanomedicine.Men [...]

Mastektomi Untuk Cegah Kanker Payudara

Mastektomi Untuk Cegah Kanker Payudara

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Dengan melakukan pemeriksaan genetik, kita dapat mengetahui apakah kita memiliki mutasi gen yang meningkatkan risiko kanker payudara serta kanker ovarium. Mastektomi ganda sebagai tindakan pencegahan (preventif) seperti yang dilakukan oleh Angelina Jolie dapat menjadi pertimbangan bila terdapat riwayat keluarga dengan kanker yang sangat kuat dan/atau apabila pemeriksaan genetik menunjukkan adanya mutasi gen BRCA1/2. Pemeriksaan genetik ini tidak rutin dilakukan dan saat ini hanya disarankan untuk perempuan dengan riwayat keluarga yang mengindikasikan kemungkinan adanya mutasi gen. Perlu diketahui bahwa pada umumnya, seorang perempuan memiliki risiko kanker payudara sebesar 12% dan kanker ovarium sebesar 1%. Karena itu hal yang paling penting adalah menurunkan risiko tersebut dengan cara: Menjalani pemeriksaan skrining secara teratur: pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) setiap bulan pada hari 7 ? 10 siklus menstruasi. pemeriksaan payudara oleh dokter, dan mammogram Menjaga berat badan dan berolahraga: pilih makanan yang sehat, lakukan aktivitas fisik rutin. Ketahui riwayat keluarga dengan kanker payudara Ketahui risiko dan keuntungan terapi pen [...]

Pelajari CPR untuk Selamatkan Nyawa Seseorang

Pelajari CPR untuk Selamatkan Nyawa Seseorang

Cardiopulmonary resuscitation atau CPR merupakan teknik kompresi dada dan pemberian napas buatan untuk orang-orang yang detak jantung atau pernapasannya terhenti. Kondisi tersebut biasanya dialami oleh orang yang tenggelam atau terkena serangan jantung. Berhentinya detak jantung memengaruhi peredaran darah yang mengandung oksigen ke otak dan organ vital lainnya. Hal ini bisa memicu kerusakan otak yang dapat mengakibatkan seseorang meninggal dalam hitungan menit. Namun dengan pemberian CPR, darah beroksigen bisa kembali mengalir ke otak dan seluruh tubuh. Orang Awam Bisa Memberikan CPR Tidak hanya dokter atau tenaga terlatih yang bisa memakai teknik CPR untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Anda sebagai orang awam pun bisa melakukannya. Meski begitu, teknik CPR yang bisa Anda berikan bisa berbeda dibandingkan teknik dokter atau tenaga terlatih. Teknik pemberian CPR pada umumnya terdiri dari tiga langkah, yaitu: Langkah pertama: Tekan atau kompresi dada Cara melakukannya dengan membaringkan tubuh seseorang di atas permukaan yang keras. Lalu Anda bisa berlutut di samping leher dan bahu orang itu. Letakkan satu telapak tangan Anda di atas dada bagian tengahnya, tepatnya di antara put [...]

Kenali Jenis Batuk, Sebelum Memilih Obat Batuk

Kenali Jenis Batuk, Sebelum Memilih Obat Batuk

Batuk merupakan suatu gejala dan bukan penyakit. Dengan kata lain, batuk memiliki fungsi penting sebagai salah satu mekanisme utama pertahanan respiratorik, sehingga mampu mencegah aspirasi makanan padat atau cair dan berbagai benda asing lain dari luar. Secara garis besar batuk terdiri dari dua jenis, yakni: 1. Batuk Berdahak Batuk yang timbul akibat adanya dahak dalam saluran pernapasan 2. Batuk Kering Batuk tidak berdahak bersifat kering tanpa adanya dahak dalam saluran pernapasan Beda jenis batuk, beda juga jenis obat batuknya. Untuk memilih obat batuk yang tepat, sebaiknya Anda memperhatikan tiga hal ini: Pilih obat batuk yang sesuai jenis batuk, yaitu: -Eskpektoran untuk batuk berdahak -Antitusif untuk batuk kering Jangan sembarangan memakai obat batuk kombinasi (satu formula untuk semua jenis batuk) Ikuti aturan pakai pada kemasan Halaman berikut membantu Anda obat batuk apa yang paling sesuai bagi Anda: Obat Batuk Paling Tepat Untuk mengobati batuk berdahak, Anda dapat mengonsumsi WOODS? EXPECTORANT yang mengandung Guaiphenesin dan Bromhexine HCl, yang berfungsi sebagai ekspektoran dan mukolitik. Kedua zat aktif tersebut berperan untuk mengencerk [...]

5 Khasiat Penting Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

5 Khasiat Penting Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

Buah mengkudu (morinda citrifolia) merupakan buah yang banyak hidup dengan baik didaerah sekitar kita. Buah ini memiliki jenis pohon yang sangat kuat dengan daun yang cukup lebat dengan ukuran yang cukup besar. Pertumbuhannyapun tidak membutuhkan perawatan yang cukup rumit. Jenis pohon ini juga mampu menghasilkan banyak buah. Buah mengkudu biasa hidup secara liar, karena pada dasarnya buah ini memiliki tampilan yang kurang menarik ditambahkan bau menyengat dan rasa pahit masam yang cukup kuat. Sehingga banyak kalangan masyarakaat mengabaikan bahkan tidak memperhatikan buah tersebut. Kebanyakan hanya menganggap bahwa buah ini adalah buah yang tidak ada manfaatnya. Karena jika dilihat secara kasat mata buah ini kurang memikat untuk dikonsumsi. Bahkan tidak jarang banyak yang sangat tidak menyukai bau yang dihasilkan dari buah tersebut. Buah ini memiliki tekstur yang cukup keras saat buah pada usia muda dengan warna kulit hijau mengkilat. Permukaan kulitnya memiliki totol-totol bulat diseluruh permukaan kulitnya. Saat masa masaknya buah ini akan berubah warna menjadi putih sedikit kekuningan dan totol-totol dipermukaan kulitnya dengan tekstur daging yang cukup lembut. Pada saat b [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *