Bahan Dapur untuk Mengobati Penyakit Ringan Secara Alami

keracunan.jpg

Gigitan serangga dan paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa menyebabkan kulit gatal-gatal, kemerahan atau iritasi. Jangan dulu memakai salep atau obat berbahan kimia untuk menyembuhkannya. Atasi dulu dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah atau dapur Anda. Ini dia bahan alami untuk mengatasi iritasi kulit, seperti dikutip dari She Knows.

1. Kulit Pisang
Sebuah metode pengobatan kuno dari China menggunakan bagian dalam kulit pisang untuk mengurangi peradangan dan iritasi. Pertama bersihkan area yang terkena gigitan serangga dengan hand sanitizer atau cuci dengan sabun dan air. Kemudian tempelkan bagian dalam kulit pisang pada luka selama lima menit. Biarkan sisa-sisa kulit pisang menempel dan tidak perlu dibilas.

2. Cuka
Setelah lama bermain di luar ruangan pada siang hari, seringkali kulit terasa perih dan memerah karena terbakar. Salah satu bahan di dapur Anda, yaitu cuka dapat mengobati kulit yang terbakar. Cuka mengandung asam acetic yang merupakan salah satu komponen obat seperti aspirin, dan telah terbukti dapat mengurangi rasa sakit, gatal, dan peradangan akibat kulit terbakar. Cuka dapat membantu kulit itu menyeimbangkan pH dan mempercepat pengobatan. Para dokter kulit juga merekomendasikan penggunaan cuka dalam proses pengobatan setelah prosedur laser karena cuka juga mengandung antiseptik.

Rendam beberapa kapas atau kain tipis ke dalam cuka putih atau cuka apel, kemudian kompres bagian kulit yang terbakar. Biarkan hingga kain mengering. Ulangi jika diperlukan. Untuk penggunaan yang lebih praktis, masukkan cuka ke dalam botol spray. Dengan begitu Anda dapat menyemprotkan cuka ke bagian kulit yang terbakar kapanpun.

3. Lidah Buaya
Lidah buaya telah lama dikenal sebagai obat yang ampuh bagi jerawat karena kandungan anti bakterinya. Namun ternyata, lidah buaya memiliki fungsi lain yaitu mengurangi pembentukan minyak. Gunakan lendir lidah buaya sebagai primer sebelum memakai make up. Setelah dioleskan di wajah, lendir lidah buaya memberikan efek melembapkan dan mengencangkan kulit.

4. Pepaya
Pepaya mengandung enzim pembentuk protein sehingga berguna untuk mengobati kaki yang pecah-pecah. Hancurkan pepaya hingga berbentuk seperti masker kemudian oleskan pada bagian yang pecah-pecah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu.

5. Minyak Zaitun
Tidak jarang kita merasa mabuk atau ketika sedang melakukan perjalanan. Rasa mabuk itu dapat dicegah bila anda bisa mengurangi produksi air liur karena ketika tubuh merasa mau muntah secara otomatis akan meproduksi banyak air liur. Buah zaitun mengandung tannins yang dapat mengurangi produksi air liur. Ketika mulai merasa mabuk, kunyah 2-3 buah zaitun. cara ini hanya efektif di awal rasa mabuk.

6. Baking Soda
Ketika musim panas, tentunya hawa akan menjadi lebih panas sehingga merangsang produksi keringat di tubuh kita. Semakin banyak kita berkeringat terutama di ketiak, maka akan membuat kita bau badan. Baking soda merupakan alkaline sedangkan keringat adalah acidic, ketika keduanya bercampur maka menghasilkan gas yang dapat membuat keringat menguap. Jadi, baking soda tidak menutup pori-pori ketiak anda seperti yang dilakukan deodoran tetapi mengeringkan kulit sebelum keringat terbentuk.

7. Teh Hijau
Gatal-gatal biasanya muncul karena alergi seperti karena gigitan serangga ataupun makanan. Terkadang gatal-gatal juga muncul ketika kita merasa stres, terpapar cuaca yang terlalu panas atau dingin, dan keringat berlebih. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan teh hijau, karena kandungan kafein dalam teh dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan.

Celupkan beberapa kantong teh hijau ke dalam air panas selama 3-5 menit. Simpan dalam kulkas dan gunakan untuk mengompres bagian yang gatal-gatal selama 15 menit.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Tanda Sakit Kepala Sudah Berbahaya

6 Tanda Sakit Kepala Sudah Berbahaya

Nyeri adalah pengalaman sensori atau emosional yang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan tubuh. Nyeri merupakan sinyal dari tubuh bahwa telah terjadi kerusakan sel atau jaringan yang aktual maupun potensial. Tanpa nyeri, mungkin Anda tidak akan tahu bahwa sebenarnya Anda memiliki masalah kesehatan dan membutuhkan pengobatan. Nyeri kepala merupakan keluhan yang banyak dilaporkan kepada dokter. Penyebab nyeri kepala bermacam-macam, dari mulai stres emosional sampai adanya penyakit yang mendasari. Sebagian nyeri kepala dapat sembuh sendiri dan bukan masalah yang serius. Anda mungkin akan mengeluhkan nyeri kepala saat terkena influenza atau infeksi virus lainnya, dan itu merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, ada beberapa juga yang mengindikasikan adanya kelainan medis yang serius, seperti tumor, stroke, aneurisma, infeksi otak, dan sebagainya. Berikut ini adalah enam tanda bahaya nyeri kepala yang harus diperhatikan: 6 Tanda Pusing Sudah Berbahaya Berikut ini adalah enam tanda bahaya nyeri kepala yang harus diperhatikan: 1. Nyeri kepala hebat yang muncul tiba-tiba. 2. Disertai kelainan neurologik Kelainan neurologik berupa perubahan fungsi kognitif (daya ingat), men [...]

Pentingnya Tidur Siang di Sela-sela Jam Kerja

Pentingnya Tidur Siang di Sela-sela Jam Kerja

Karyawan yang tidur siang di kantor kerap dianggap malas atau tidak produktif. Padahal 'mencuri' waktu untuk tidur siang bisa meningkatkan performa kerja, asalkan tidak 'kebablasan'. Tidur siang dalam waktu singkat, atau istilah populernya 'power nap' telah terbukti menurunkan risiko kecelakaan lalu lintas, mengurangi kesalahan saat bekerja juga meningkatkan perhatian, konsentrasi, performa dan kesiagaan.Tidur siang juga membantu meningkatkan mood positif dan kemampuan mengatasi stres. Lebih dari itu, power nap bermanfaat untuk mengumpulkan energi apabila Anda harus kerja lembur. Bahkan dengan tidur siang, secara efektif mencegah ngantuk ketika menyetir atau mengoperasikan alat berat.Tidur siang yang terencana bahkan diperlukan bagi beberapa orang. Misalnya pada pasien penderita narkolepsi atau disebut juga 'serangan tidur'. Yaitu kondisi dimana seseorang mengantuk sepanjang waktu. Tidur siang selama minimal 15 menit bisa membantu mereka mengatasi ngantuk berkepanjangan setiap hari. Karyawan dengan sistem kerja shifting juga bisa merasakan manfaat power nap. Meluangkan waktu sebentar untuk tidur siang bisa membuat kinerja mereka di malam harinya lebih baik.Meskipun kedengarannya [...]

Jangan Terlalu Lama, Ini Idealnya Pakai High Heels Agar Tidak Radang Sendi

Jangan Terlalu Lama, Ini Idealnya Pakai High Heels Agar Tidak Radang Sendi

Penelitian menunjukkan bahwa memakai high heels terlalu sering bisa meningkatkan risiko terkena radang sendi, atau osteoarthritis. Semakin tinggi hak sepatu, maka efek negatifnya akan semakin dirasakan hingga tumit dan telapak kaki yang tidak proporsional.Ahli penyakit kaki L. Kelsey Armstrong menjelaskan, high heels tidak baik dikenakan secara terus menerus dan dalam jangka panjang karena konstruksinya membuat kaki tidak berada dalam posisi berdiri yang normal. Tekanan yang terjadi pada ujung kaki juga bisa memicu terjadinya kapalan, tulang retak, kelainan bentuk pada jari-jari kaki, radang pada ibu jari kaki hingga neuroma atau kanker pada jaringan syaraf.Untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan tulang dan fungsi kaki, satu-satunya cara adalah membatasi seminimal mungkin penggunaan high heels dalam aktivitas keseharian Anda. Durasi 'aman' memakai high heels pun berbeda-beda, tergantung dari tinggi/rendahnya hak sepatu."Batas aman durasi memakai high heels tergantung dari tipe sepatu dan aktivitas yang Anda lakukan saat mengenakannya," ujar L. Kelsey, seperti dikutip dari Women's Health USA.Lalu, berapa jam rata-rata amannya seseorang memakai high heels? Ini uraiannya:1. Sep [...]

Bersihkan Sisa Makanan Sebaik-baiknya

Bersihkan Sisa Makanan Sebaik-baiknya

Ranjau-ranjau berbahaya yang dapat menyebabkan bau mulut tak sedap di antaranya adalah sela-sela gigi dan lidah. Sisa makanan yang terjebak di sela gigi dan permukaan lidah lama kelamaan akan membusuk oleh bakteri dan menghasilkan senyawa sulfur, penyebab bau mulut. Sikat gigi saja tidak cukup! Bersihkan juga sela gigi dengan dental floss dan sikat permukaan lidah perlahan setelah sikat gigi, Anda akan terkejut menyadari perbedaannya. Jika kita teledor melewatkan satu kotoran di gigi maka paapran paling dekat adalah Gusi berdarah yang merupakan indikator utama peradangan gusi (gingivitis). Gingivitis terutama disebabkan kebersihan mulut buruk, adanya akumulasi plak di sekitar leher gigi karena kotoran gigi tidak dibersihkan dengan baik, dan karang gigi (dental calculus).Bila tidak dibersihkan, karang gigi dapat merusak jaringan pendukung gigi termasuk gusi dan tulang. Lama-lama gigi menjadi goyang. Segera kunjungi dokter gigi Anda untuk mendapatkan perawatan scaling (pembersihan karang gigi). [...]

Bayi ‘Lupa’ Bernapas

Bayi ‘Lupa’ Bernapas

Bernapas adalah salah satu ciri adanya suatu kehidupan. Sejak kecil, semua orang membentuk kebiasaan bernafas mereka sendiri-sendiri, tetapi kebiasaan lupa bernapas saat tidur? Hanya Joshua Herron yang mengalaminya. Bayi berumur 9 bulan asal Oelwein, Iowa ini terhitung hingga akhir 2010 telah 19 kali lupa bernapas saat sedang tidur. Dokter pun belum dapat menjelaskan dengan pasti apa yang terjadi pada Putra dari Susie dan Damien Herron ini. Sementara dokter yang menanganinya berasumsi bahwa terjadi disinkron antara otak dan pusat pernapasan di tubuh Joshua. Menjadikan koordinasi sinyal antara otot refleks pada paru dengan otaknya tertunda atau bahkan terhambat. Bahkan saat dilahirkan, dokter di Mercy Hospital sudah melihat adanya tingkat laktat, yang biasanya terlihat pada bayi di puncak kematian, terdapat pada hasil tes darah Joshua. Dalam 9 bulan hidupnya, Joshua Herron telah ?dihidupkan? kembali oleh ibunya 19 kali setelah ia berhenti bernapas dalam tidurnya. Susie ? Damien telah dilatih untuk ?menghidupkan? kembali anak mereka, yang biasanya berhasil dalam 40 detik berikutnya, walaupun saat itu terhitung Joshua telah melewati semenit tanpa bernapas. Kini untuk mendeteksi ?kelup [...]

Diet Sehat untuk Ibu yang Baru Saja Melahirkan

Diet Sehat untuk Ibu yang Baru Saja Melahirkan

Setelah melahirkan, ibu kadang ingin langsung melakukan diet agar badannya kembali seperti dulu. Tapi diet yang salah bisa membuat ibu tidak mendapatkan gizi yang baik dan mempengaruhi kesehatan anak yang menyusu. Seorang ibu membutuhkan energi yang bisa memproduksi makanan untuk mengatasi perubahan hormon atau fisiologis yang terjadi dalam tubuhnya, memenuhi permintaan gizi bayi sementara ia masih menyusui bayinya. Ibu menyusui harus mencakup makanan tertentu yang bisa meningkatkan produksi susunya. Jika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari sumber makanan luar, maka ia akan mengekstrak dari tubuh ibu dan bisa jadi produksinya berkurang. Berikut ini adalah makanan diet sehat bagi ibu yang baru melahirkan, seperti dikutip dari Lifemojo, Senin (16/1/2012). Klik next. Diet Sehat untuk Ibu yang Baru Saja Melahirkan Beras merah Mengurangi karbohidrat bisa menyebabkan produksi energi dan susu pada ibu menyusui lebih sedikit. Untuk itu konsumsi nasi merah agar produksi energi tetap meningkat sehingga bisa memasok kalori yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi susu. Produk susu Produk susu seperti yoghurt, keju dan susu kaya akan kalsium dan sum [...]

Berapa Kali Seharusnya Anda Memakai Handuk Sebelum Dicuci?

Berapa Kali Seharusnya Anda Memakai Handuk Sebelum Dicuci?

Setelah mengeringkan tubuh sehabis mandi, banyak orang yang membiarkan handuknya tidak dicuci selama berhari-hari bahkan lebih dari satu minggu. Padahal, handuk berpotensi menyimpan ratusan kuman dan bakteri.Seperti diketahui, kuman, bakteri, virus atau jamur senang berhinggap di tempat-tempat lembab. Handuk merupakan salah satu benda di rumah yang mudah lembab karena digunakan untuk mandi setiap harinya, pagi dan sore/malam. Belum lagi jika Anda juga menggunakan handuk untuk mengeringkan bagian intim seperti Miss V atau anus, tempat keluarnya kotoran.Bakteri yang tinggal di handuk bisa menyebabkan berbagai penyakit mulai dari gangguan kulit, flu, batuk hingga pilek. Risiko terkena penyakit menular akan lebih tinggi apabila handuk dipakai secara bersama-sama atau lebih dari satu orang.Untuk menjaga kehigienisan dan kebersihan tubuh, Anda harus rajin-rajin mencuci handuk. Tidak perlu setiap hari, tapi ternyata memang ada jangka waktu tertentu kapan handuk harus dibersihkan. Berapa lama?Keri Petersen, M.D., seorang spesialis penyakit dalam di Lenox Hill Hospital, New York City seperti dikutip Women's Health menyarankan untuk mencuci handuk setiap tiga hingga tiga kali pemakaian. L [...]

Jepang Meneliti Solusi Kebutaan Akibat Menua

Jepang Meneliti Solusi Kebutaan Akibat Menua

Terapi Sel Punca untuk Penyakit Age-Related Macular Degeneration. Peneliti Jepang telah mendapatkan izin dari pemerintahnya untuk memulai uji klinis terapi sel punca untuk Age-Related Macular Degeneration (AMD), penyakit penyebab utama kehilangan penglihatan pada pasien lanjut usia. Terjadinya AMD ditandai dengan adanya kerusakan progresif pada epitel pigmen retina (Retinal Pigmen Epithelium, RPE), lapisan pelindung sel non-saraf yang terletak berdekatan dengan fotoreseptor di belakang mata. Kerusakan ini disebabkan oleh adanya neovaskularisasi (pembentukan pembuluh darah baru). Sumber Gambar Selama ini terapi untuk penyakit AMD adalah penyuntikan EYLEA atau LUCENTIS, obat yang menghambat terjadinya neovaskularisasi, tetapi terapi tersebut tidak memperbaiki kerusakan epitel pigmen retina yang sudah terjadi. Apa itu Sel Punca atau Stem Cell? Jepang Meneliti Solusi Kebutaan Akibat Menua Sumber Gambar Sel Punca atau Stem Cell merupakan sel yang memiliki kemampuan untuk memperbanyak [...]

Minum Teh 4 Cangkir Sehari Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Minum Teh 4 Cangkir Sehari Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Hobi minum teh hitam? Kabar baik bagi Anda, karena kemungkinan mengalami kerusakan gigi bisa lebih kecil. Berdasarkan hasil penelitian terbaru, rutin minum teh setiap hari bisa menyehatkan gigi dan mengurangi risiko kerusakan serta pembusukan gigi.Para peneliti menemukan bahwa teh hitam bisa melawan bakteri Streptococcus dan Lactobacillus yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Menurut Dr Carrie Ruxton yang memimpin penelitian tersebut, 3-4 cangkir teh sehari merupakan 'dosis' yang dianjurkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Penelitian tersebut juga menunjukkan, teh hitam bisa melawan pengeroposan dan pembusukan gigi bahkan setelah dicampur sedikit gula. Dr Ruxton mengatakan, ada bukti yang cukup kuat bahwa minum teh bisa melindungi gigi orang dewasa agar tidak copot sampai tua."Bukti menunjukkan bahwa minum teh hitam 3-4 cangkir sehari bisa membantu mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut. Saya yakin berita ini akan disambut gembira oleh dokter gigi dan ahli kesehatan yang mengedukasi masyarakat akan pentingnya perawatan mulut dan gigi," ujar Dr Carrie, seperti dikutip dari Daily Mail.Tak hanya teh hitam, teh hijau pun memiliki efek yang sama. Selain mencegah k [...]

Hindari Penyakit yang Disebabkan oleh Hujan dengan Langkah Ini

Hindari Penyakit yang Disebabkan oleh Hujan dengan Langkah Ini

Pada musim hujan seperti sekarang ini, kondisi tubuh bisa menjadi tidak menentu. Jika kondisi Anda dalam keadaan menurun, penyakit akibat cuaca rentan menyerang, seperti batuk, flu, alergi, atau demam. Meski tergolong penyakit ringan, tapi bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk menghindari penyakit karena hujan, simak tipsnya dari Boldsky berikut ini. 1. Minum Teh HerbalBuatlah teh herbal panas yang bisa menghangatkan tubuh. Teh herbal mempunyai berbagai macam kandungan, seperti lada, cengkeh, jahe, daun teh, mint, basil, dan ramuan tradisional lainnya. Tenggorokan merupakan bagian tubuh yang rentan terhadap dingin. Jika Anda minum teh herbal setiap pagi selama musim hujan, hal ini cukup efektif membantu Anda terhindar dari penyakit akibat hujan. Selain itu, teh herbal dapat menyembuhkan batuk dan pilek.2. Gunakan Minyak Kayu PutihMusim hujan sangat mudah untuk terserang flu. Untuk itu, Anda membutuhkan minyak kayu putih untuk mencegahnya. Berikan 4 tetes minyak kayu putih di atas sapu tangan yang dapat hirup aromanya. Minyak kayu putih memiliki aroma khas yang membuat Anda bisa bernafas dengan lega. Selain itu oleskan minyak kayu putih di bagian leher dan kepala ag [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *