Bahaya Buka Hape Sebelum Tidur

sleep.jpg

Jika sebelumnya para ilmuwan di Northwestern University, Chicago baru-baru ini menemukan bahwa paparan cahaya dari komputer atau smartphone di malam hari bisa menyebabkan penambahan berat badan. Terpapar cahaya smartphone selama tiga jam di malam hari sebelum tidur dapat memicu penyakit berbahaya.

Begitu disampaikan peneliti, Profesor Horne. Menurutnya, terpapar cahaya sebelum tidur dapat meningkatkan ghrelin atau hormon yang meningkatkan nafsu makan dan merangsang hormon leptin yang membuat Anda merasa mengidam makanan tertentu.

Selain itu, Horne menuturkan ada bahaya lain dibalik terkena cahaya sebelum tidur, seperti dikutip Dailymail, Rabu (22/10/2014) berikut ini:

1. Dapat meningkatkan risiko kanker

Sebuah laporan baru-baru ini yang diterbitkan European Journal of Cancer Prevention menganalisis 16 studi tentang paparan cahaya di malam hari.

Para peneliti dari universitas di Cina, menemukan bahwa paparan berulang cahaya dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita sebesar 17 persen. Cahaya yang dimaksud termasuk sorotan lampu yang terlalu terang ataupun lampu dari layar ponsel atau laptop.

Tidak jelas mengapa cahaya pada malam hari dapat menyebabkan hal tersebut, namun peneliti menuliskan satu teori bahwa terpapar cahaya sebelum tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon alami dalam tubuh yang membuat sel-sel kanker berkembang.

2. Membuat anak-anak lebih cemas

Sebuah studi dalam jurnal Physiology and Behaviour menemukan bahwa bayi tikus yag terkena cahaya di malam hari menunjukkan tanda-tanda lebih stres dan perilaku cemas dibandingkan mereka yang tidur dalam kondisi gelap.

Peneliti mengungkapkan, ada peningkatan kadar hormon stres seperti kortisol pada anak yang sering terpapar cahaya sebelum tidur.

Para ilmuwan di Universitas Kyushu di Jepang juga menemukan bahwa 46 persen orang dewasa yang terkena cahaya di malam hari mengalalami penurunan produksi melatonin-hormon yang bertugas mengatur siklus tidur. Dan pada anak-anak angka itu mencapai 88 persen.

3. Meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Penelitian di jurnal Kronobiologi International menemukan, orang tua lebih berisiko mengembangkan diabetes jika mereka berada di bawah lampu terang selama empat jam sebelum tidur.

Profesor Horne menerangkan kemungkinan diabetes tipe 2 lantaran cahaya membuat jam tubuh tidak begitu sensitif.

4. Mudah stres

Penelitian terbaru di Ohio State University menemukan hamster betina yang terkena cahaya di malam hari menunjukkan tanda-tanda mudah depresi.

5. Mengantuk di siang hari

Sebuah penelitian terbaru di Universitas Tsukuba di Jepang, menemukan metabolisme orang yang tidur dengan paparan cahaya cenderung mudah mengantuk di siang hari.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sekarang, Deteksi Penyakit Bisa dari Bau Keringat atau Napas

Sekarang, Deteksi Penyakit Bisa dari Bau Keringat atau Napas

Hidung ternyata tidak hanya mampu mencium bau-bau sederhana seperti amis, gosong, dan berbagai jenis bau lainnya. Tapi juga dapat mendeteksi penyakit yang diderita oleh orang lain.Seperti yang diungkapkan para peneliti dari Karolinska Institute, Swedia, saat ini ada bukti ilmiah yang menunjukkan penyakit memiliki bau tertentu yang dapat dikenali dengan mudah oleh indera penciuman.Misalnya penyakit kelenjar getah bening. Kita dapat mendeteksi penyakit getah bening dengan mengetahui dahulu bahwa bau yang dihasilkan dari penyakit ini seperti bir basi. Sedangkan untuk mengetahui apakah seseorang menderita penyakit diabetes, dapat dicium dari napasnya yang berbau aseton."Dalam studi yang kami teliti saat ini, didapatkan hasil bahwa manusia memiliki kemampuan untuk mendeteksi penyakit dengan bau," kata salah seorang pemimpin penelitian, Profesor Mats Olsson seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (25/1/2014)Dilanjutkan Mats Olsson, seseorang yang mampu mendeteksi suatu penyakit hanya dari baunya saja dapat beradaptasi dan menghindari diri dari penyakit berbahaya tersebut.Sebelum mengeluarkan hasil ini, terlebih dulu Olsson dan timnya melakukan sebuah uji coba. Dia meminta kepada delapan orang [...]

Ratusan Odha Bengkulu Gelar Aksi Turun Jalan di Hari AIDS Sedunia

Ratusan Odha Bengkulu Gelar Aksi Turun Jalan di Hari AIDS Sedunia

Ratusan orang dengan HIV AIDS (ODHA) di Bengkulu menggelar aksi turun ke jalan dalam rangka Hari AIDS Sedunia.Mereka melakukan long march dari kawasan Masjid Jamik menuju Simpang Lima Kota Bengkulu membawa spanduk imbauan kepada masyarakat untuk peduli terhadap penyakit mematikan itu sambil membagikan bunga kepada para pengguna jalan.Setibanya di simpang lima, mereka berbaur dengan para duta HIV AIDS Provinsi Bengkulu melakukan aksi teatrikal dan menandatangani petisi ajakan kepada masyarakat untuk mencegah hiv dan himbauan untuk melakukan tes ARV agar bisa mendeteksi penularan virus sejak dini.Koordinator aksi Dewa Putu Gede menyatakan, aksi ini digelar untuk mencapai target zero new HIV infection, atau kampanye tidak ada lagi penderita baru terkait virus HIV."Target kita tahum 2015 tidak ada lagi penderita baru," ujar Dewa di Bengkulu (1/12/2014).Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan ini kata Dewa dilakukan dengan cara meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dengan memanfaatkan momentum yang ada.Juga dengan memastikan seluruh populasi kunci dan beresiko mendapatkan infomasi yang tepat dan benar mengenai hiv aids serta menjalankan prilaku aman dari tertular hiv, mema [...]

Pemudik Bermotor Wajib Istirahat Tiap 3 Jam Sekali

Pemudik Bermotor Wajib Istirahat Tiap 3 Jam Sekali

Meski di sejumlah negara, mudik menggunakan motor dilarang keras karena berisiko kecelakaan. Di Indonesia, pemudik bermotor sulit dicegah karena masalah ekonomi. Sehingga Kementerian Kesehatan menganjurkan pemudik bermotor untuk beristirahat setidaknya setiap 3 jam sekali."Antisipasi kecelakaan bagi pengendara bermotor kalau nggak dia buka puasa karena musafir. Atau mengecek kilometer motor. Setiap 3 kilometer di cek, kalau lelah, istirahat. Terutama untuk yang membawa anak kecil," kata Plt Dirjen P2PL Kementerian Kesehatan, Agus Purwadianto saat ditemui wartawan usai acara apel siaga mudik di halaman Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (15/7/2014).Agus menerangkan, bagaimanapun pengendara motor yang kelelahan lebih berisiko kecelakaan dibanding pengendara mobil. Apalagi jika berboncengan dan membawa anak yang rewel. "Dalam mengendarai kendaraan harus konsentrasi, sebelum anak rewel harus ditenangkan dulu. Tapi kan masalahnya jarak jauh. Sedangkan suasana kendaraan lain nggak bisa diprediksi. Salah satu faktor kecelakaan di jalan adalah kelelahan dan lingkungan. Kalau kelelahan jelas, kalau lingkungan berarti perilaku untuk mengebut dan mengajak sesama pengendara motor," [...]

Gadis Remaja Ini Takut Makanan Selain Ayam

Gadis Remaja Ini Takut Makanan Selain Ayam

Charlotte Snow (18) begitu ketakutan dengan banyak makanan. Gadis remaja ini selalu menolak setiap makanan yang masuk ke mulutnya selain ayam escalopes."Saya takut mencoba makanan lain," kata Snow seperti dilansir Metro, Kamis (22/5/2014).Snow merasa, memasukkan makanan lain ke mulutnya akan membuatnya merasa cemas apabila tak menyukainya. "Saya tak tahu apa yang harus dilakukan jika saya makan sesuatu yang tak saya sukai," katanya.Orangtuanya juga sudah mencoba segala cara untuk membujuknya melakukan diet seimbang, termasuk mencari bantuan medis. Tapi, tak ada yang bekerja. Satu-satunya makanan lain yang pernah dibujuk dimakan adalah chip, keripik, roti, dan sereal. Namun, itu harus merek tertentu.Sang ibu berpikir, anaknya jadi takut makanan selain ayam karena insiden spagheti ketika ia berumur tiga tahun. "Dia hampir tersedak saat itu dan sejak itu dia sangat rewel," kata Carla Snow (42).Meski ia kekurangan lemak, siswa dari London utara itu tak memiliki masalah. "Saya senang bisa makan lebih banyak makanan pada suatu hari. Ini akan menyenangkan makan malam bersama teman-teman," katanya. [...]

JeBeDe, Selamatkan Nyawa Lewat Email

JeBeDe, Selamatkan Nyawa Lewat Email

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menyelamatkan nyawa orang. Seperti yang dilakukan oleh Tiwin Herman dan ketiga temannya yang berprofesi sebagai psikolog dan tergabung dalam kelompok bernama JeBeDe (Jangan Bunuh Diri). Kelompok ini mencoba melakukan upaya menyelamatkan jiwa yang rentan lewat konsultasi email. "Di sini, silahkan siapa saja berkeluh kesan, menceritakan pengalaman hidup, termasuk perasaan ingin bunuh diri bisa disampaikan lewat mengirim email di janganbunuhdiri@yahoo.com," terang Tiwin Herman di sela-sela acara peringatan hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia di Hotel Ibis, Jakarta, Senin (15/9/2014). Email-email yang masuk akan mendapat balasan dari Tiwin dan rekan-rekan untuk menyemangati mereka. Semua konsultasi yang diberikan lewat email ini gratis tanpa pungutan biaya sepeserpun. Selama ini, email-email yang masuk berasal dari beragam usia, baik tua muda dengan beragam profesi. Cerita yang dikirimkan pun berwarna, dari yang ringan hingga berat. "Sekarang sedang banyak orang curhat tentang patah hati dan sulitnya mendapat pekerjaan. Permasalahan usia 20-30an tahun lah," terang Tiwin. Jadi, tak perlu berpikir bunuh diri jika merasa sedang tertekan atau gundah g [...]

Plus Minus Kartun Spongebob untuk Anak-anak

Plus Minus Kartun Spongebob untuk Anak-anak

Pro kontra penghentian penayangan kartun Spongebob Squarepants di televisi hingga kini terus bergulir. Pihak yang pro penghentian penyiaran menilai kartun ini penuh kekerasan. Di sisi lain, pihak yang tidak setuju menganggap masih banyak hal positif yang bisa didapat, misalnya membuat anak terpacu untuk kreatif.Serial kartun Spongebob berisi kehidupan sehari-hari seorang manusia spons bernama Spongebob. Ia tinggal bersama teman-temannya di sebuah desa bawah laut bernama Bikini Bottom.Kartun ini mencapai kesuksesan besar tak hanya di negeri asalnya, Amerika, tapi juga di Indonesia. Tapi kini serial kartun yang pertama kali tayang di Amerika Serikat pada tahun 1999 ini terancam tidak boleh tayang lagi. Karena Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menganggap kartun Spongebob sebagai kartun yang berbahaya.Benarkah kartun Spongebob sama sekali tidak mendidik? Apakah tidak ada kelebihan sama sekali dari tayangan ini? Berikut plus minus kartun Spongebob dan sejenisnya dari pandangan KPI dan Arist Merdeka Sirait dari Komnas Perlindugan Anak (Komnas PA).Seperti dilansir dari situs resminya (kpi.go.id), KPI menilai beberapa tayangan kartun seperti Spongebob Squarepants menampilkan tayangan yang b [...]

PABMI, Komunitas Ahli Bedah Mulut Seluruh Indonesia

PABMI, Komunitas Ahli Bedah Mulut Seluruh Indonesia

Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI) merupakan komunitas bedah mulut yang membuat suatu ikatan resmi yang diakui secara nasional dan internasional. Dan PABMI beranggotakan ahli bedah mulut yang berasal dari seluruh Indonesia.Asri Arumsari, drg, SpBM menjelaskan, sehari-hari PABMI paling sering menangani kasus gigi bungsu. Di samping itu, PABMI pun menangani sejumlah kelainan bawaan yang terjadi di rahang dan mulut. Di antaranya, celah bibir dan langit-langit (CBL), rahang kecil yang memiliki ukuran tidak seimbang, serta kondisi yang biasa disebut dengan monyong."Tapi, yang lebih sering karena trauma kecelakaan lalu lintas. Seperti patah rahang, patah gigi. Yang model-model seperti itulah yang memang kami tangani, yang mengarah pada area mulut dan area rahang," kata Asri kepada Health-Liputan6.com di Bandung, ditulis pada Senin (8/9/2014)Kepala SMF Bedah Mulut Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, yang ditemui saat kegiatan `Charity Run - 5K for Smiles 2014` menekankan bahwa saat ini PABMI memang tengah konsentrasi dalam hal penanganan kondisi celah bibir dan langit-langit (CBL) bagi pasien yang kurang mampu.Sebab, kasus CBL di Indonesia [...]

FDA Peringatkan 2 Bahan Berbahaya pada Produk Antijerawat

FDA Peringatkan 2 Bahan Berbahaya pada Produk Antijerawat

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika atau The Food and Drug Administration (FDA) memperingatkan dua bahan berbahaya pada produk antijerawat. Mengutip laman ABCNews, Jumat (27/6/2014), kedua bahan, benzoyl peroxide atau salicylic acid diduga memicu alergi. Masalahnya, kedua bahan ini sangat umum ditemukan pada pembersih wajah untuk anti jerawat dan merupakan produk yang dijual bebas (over the counter).Meskipun belum ada perintah untuk menarik sejumlah produk seperti Proactiv, Neutrogena, MaxClarity, Oxy, Aveeno dan merek lainnya. Tapi FDA menghimbau masyarakat untuk memperhatikan apakah bahan yang terkandung pada produk pembersih wajah tersebut cocok dengan kulit Anda."Berhenti segera jika Anda mengalami sesak tenggorokan, masalah pernapasan, pembengkakan mata, wajah atau bibir setelah menggunakan produk pembersih wajah. Atau konsumen dapat mengujinya terlebih dahulu dnegan cara mengoleskan sedikit di kulit tangan selama tiga hari," tulis FDA.Sejauh ini, FDA telah menemukan 131 laporan terkait reaksi alergi yang serius dari obat jerawat topikal selama 44 tahun terakhir. Dan sekitar 44 persen orang juga dilaporkan harus dirawat di rumah sakit akibat reaksi hipersensitivitas yang [...]

Risiko yang Bakal Dialami Anak Korban Kekerasan Seksual

Risiko yang Bakal Dialami Anak Korban Kekerasan Seksual

Jumlah pelecehan seksual pada anak ternyata lebih besar dibanding yang dilaporkan ke pihak berwenang. Padahal, anak yang menjadi korban seksual bisa memengaruhi jiwanya.Anak korban pelecehan seksual berkepanjangan biasanya jadi rendah diri, perasaan tak berharga atau memiliki pandangan abnormal atau menyimpang dari seks. Selain itu, anak tersebut bisa menarik diri dan curiga terhadap orang dewasa serta bisa mencoba bunuh diri.Laporan dari US Department of Health and Human Services pada 2010 ditemukan 9,2 persen korban anak-anak adalah penyerangan seksual.Studi yang dilakukan Direktur Crimes Against Children Research Center David Finkelhor menunjukkan, satu dari lima anak perempuan dan satu dari 20 anak laki-laki merupakan korban pelecehan seksual. Penelitian ini juga menunjukkan 20 persen wanita dewasa serta 5-10 persen pria dewasa mengingat kekerasa seksual di masa kecil atau insiden pelecehan seksual.Dalam satu tahun di AS, sebanyak 16 persen remaja usia 14-17 tahun menjadi korban seksual. Dan 28 persen remaja usia 14-17 tahun di AS menjadi korban seksual. Seperti dilansir victimsofcrime.org dan dikutip Jumat (27/2/2014), anak-anak yang rawan menjadi korban kekerasan seksual ber [...]

Depresi & Minder Tubuh Susah Kurus, Ade Alami Bulimia

Depresi & Minder Tubuh Susah Kurus, Ade Alami Bulimia

Lahir dari keluarga yang memiliki genetik obesitas dan tumbuh menjadi sosok laki-laki dengan proporsi tubuh serta bentuk fisik yang mudah sekali menjadi korban olokan orang lain, membuatnya minder, takut, dan menjadikan tubuhnya sendiri musuh di kehidupannya. Berpikir bahwa ia tumbuh menjadi sosok yang menakutkan, membuatnya melakukan beragam cara untuk menurunkan berat badannya. Mulai dari olahraga yang berlebihan, sampai menjadi pelaku bulimia. Namun kini, setelah menjalani pola hidup yang benar, ia pun memiliki tubuh yang jauh lebih sehat dan terlihat lebih proporsional.Itulah sepenggal cerita yang dibagikan Ade Christian (24), salah satu Finalis L-Men Of the Year 2014 kepada Health Liputan6.com di Luna Negra Restaurant, Plaza Bapindo, Jakarta, Selasa (3/6/2014)Mengalami depresi karena memiliki tubuh yang jauh dari kata ideal, membuat dokter muda kelahiran 29 Agustus 1989 ini menjadi sosok orang yang terlalu fanatik terhadap olahraga. Bahkan, demi mengurusi tubuhnya yang gemuk itu, ia juga nekat membatasi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh."Karena benci dicecar dan saya juga minder, membuat saya menjadi orang yang melakukan olahraga berlebih (over training) dan membatasi nutrisi. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *