Bahaya Buka Hape Sebelum Tidur

sleep.jpg

Jika sebelumnya para ilmuwan di Northwestern University, Chicago baru-baru ini menemukan bahwa paparan cahaya dari komputer atau smartphone di malam hari bisa menyebabkan penambahan berat badan. Terpapar cahaya smartphone selama tiga jam di malam hari sebelum tidur dapat memicu penyakit berbahaya.

Begitu disampaikan peneliti, Profesor Horne. Menurutnya, terpapar cahaya sebelum tidur dapat meningkatkan ghrelin atau hormon yang meningkatkan nafsu makan dan merangsang hormon leptin yang membuat Anda merasa mengidam makanan tertentu.

Selain itu, Horne menuturkan ada bahaya lain dibalik terkena cahaya sebelum tidur, seperti dikutip Dailymail, Rabu (22/10/2014) berikut ini:

1. Dapat meningkatkan risiko kanker

Sebuah laporan baru-baru ini yang diterbitkan European Journal of Cancer Prevention menganalisis 16 studi tentang paparan cahaya di malam hari.

Para peneliti dari universitas di Cina, menemukan bahwa paparan berulang cahaya dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita sebesar 17 persen. Cahaya yang dimaksud termasuk sorotan lampu yang terlalu terang ataupun lampu dari layar ponsel atau laptop.

Tidak jelas mengapa cahaya pada malam hari dapat menyebabkan hal tersebut, namun peneliti menuliskan satu teori bahwa terpapar cahaya sebelum tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon alami dalam tubuh yang membuat sel-sel kanker berkembang.

2. Membuat anak-anak lebih cemas

Sebuah studi dalam jurnal Physiology and Behaviour menemukan bahwa bayi tikus yag terkena cahaya di malam hari menunjukkan tanda-tanda lebih stres dan perilaku cemas dibandingkan mereka yang tidur dalam kondisi gelap.

Peneliti mengungkapkan, ada peningkatan kadar hormon stres seperti kortisol pada anak yang sering terpapar cahaya sebelum tidur.

Para ilmuwan di Universitas Kyushu di Jepang juga menemukan bahwa 46 persen orang dewasa yang terkena cahaya di malam hari mengalalami penurunan produksi melatonin-hormon yang bertugas mengatur siklus tidur. Dan pada anak-anak angka itu mencapai 88 persen.

3. Meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Penelitian di jurnal Kronobiologi International menemukan, orang tua lebih berisiko mengembangkan diabetes jika mereka berada di bawah lampu terang selama empat jam sebelum tidur.

Profesor Horne menerangkan kemungkinan diabetes tipe 2 lantaran cahaya membuat jam tubuh tidak begitu sensitif.

4. Mudah stres

Penelitian terbaru di Ohio State University menemukan hamster betina yang terkena cahaya di malam hari menunjukkan tanda-tanda mudah depresi.

5. Mengantuk di siang hari

Sebuah penelitian terbaru di Universitas Tsukuba di Jepang, menemukan metabolisme orang yang tidur dengan paparan cahaya cenderung mudah mengantuk di siang hari.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Selfie Bikin Penyebaran Kutu Rambut Menggila

Selfie Bikin Penyebaran Kutu Rambut Menggila

Tren selfie kini menyebar di kalangan anak-anak dan remaja. Namun, tak ada yang menduga jika selfie meningkatkan penyebaran kutu rambut. Lho?Ahli Kutu dari Nitless noggins Mary McQuillan memperingatkan, selfie yang sering dilakukan selebriti bisa ditiru anak-anak. Dan karena itulah, kutu dengan mudah menyebar. "Saya melihat meningkatnya kutu pada remaja tahun ini," kata McQuillan seperti dikutip Mirror, Kamis (27/2/2014).McQuillan menjelaskan, biasanya anak-anak kecil yang cenderung berisiko tinggi tertular kutu karena kontak kepala. Namun, kini selfie membuat remaja ikut tertular kutu "Saat ini, remaja menempelkan kepalanya bersama-sama setiap hari untuk mengambil foto dengan ponselnya," katanya.Ketika mengobati remaja tersebut, McQuillan menanyakan remaja tersebut tentang selfie. "Dan mereka mengakui melakukannya setiap hari,"Saya pikir orangtua perlu menyadari dan remaja juga menyadarinya...Selfie menyenangkan, tapi konsekuensinya nyata," kata McQUillan.Selfie merupakan sebuah cara mengambil foto diri sendiri dari telepon seluler atau webcam dan diupload ke situs media sosial. Foto ini akan lebih menyenangkan jika bersama-sama teman. Dan ketika kepala saling bersentuh, maka kut [...]

6 Hal yang Dikatakan Hidung tentang Kesehatan Anda

6 Hal yang Dikatakan Hidung tentang Kesehatan Anda

Hidung mampu melakukan hal-hal keren seperti mendeteksi satu triliun aroma yang berbeda. Selain itu, hidung bisa memberitahu Anda banyak hal tentang kondisi kesehatan Anda.Berikut beberapa cara hidung mengungkapkan hal-hal tentang kesehatan Anda seperti dilansir MedicalDaily, Senin (5/5/2014):1. Dalamnya hidung berbicara tentang volumeDokter memeriksa interior hidung Anda selama pemeriksaan. Warna membran hidung merupakan hal pertama yang dokter periksa dan itu harus berwarna pink.Jika membran hidung Anda berwarna biru, pucat, atau tampak bengkak, kemungkinan Anda mengalami alergi rhinitis atau berbagai bentuk alergi hidung yang menyebabkan peradangan. Hidung merah biasanya mendakan adanya infeksi. Saat demam, hidung terasa lembut di sepanjang jembatan hidung (nose bridge). Kemungkinan besar Anda sedang mengalami infeksi bakteri di sinus.2. Bakteri dalam hidung beritahu Anda kekurusan atau kegemukanSebuah penelitian mendapati bahwa kolonisasi bakter di hidung dan tenggorokan berhubungan dengan tinggi badan, indeks massa tubuh (BMI), dan daya tarik. Ditemukan, pria dengan obesitas memiliki jenis bakteri hidung yang berpotensi patogen dibandingkan pria lebih kurus dan secara tradisio [...]

Cegah HIV di Kalangan Transgender, Lakukan Program Ini

Cegah HIV di Kalangan Transgender, Lakukan Program Ini

HIV memang dapat menjangkiti siapa saja, termasuk para transgender. Saat ini, keberadaan transgender belum sepenuhnya dapat diterima masyarakat. Maka dari itu, para transgender biasanya bergaul dalam lingkungan mereka sendiri. Untuk itu, penting mengetahui bagaimana cara mencegah virus HIV diantara pada transgender. Dilansir dari Center of Excellence for Transgender Health, Kamis (16/10/2014), ada beberapa program yang dapat mencegah penularan HIV di antara pada transgender, yaitu: 1. Lakukan Pekerjaan Bersama dalam Komunitas Kembangkan kemitraan dengan transgender dan organisasi lain untuk membuat program, pelayanan, hingga penelitian mengenai HIV. Ini dapat mencegah menularnya HIV sekaligus membantu Anda menjalin hubungan baik dengan transgender lain. 2. Tidak Mempedulikan Ras dan Etnis Program yang Anda lakukan tidak boleh disekat dengan sentimen ras ataupun etnis manapun. Sebab, semua orang berpotensi sama untuk mengidap HIV. 3. Gunakan Pendekatan Multidisipiner Mencegah HIV secara efektif bukanlah ditujukan hanya pada individu, tetapi juga pada keluarga dan lingkungan sosial lainnya dimana para transgender berada. 4. Evaluasi Program Program yang telah Anda jalan [...]

Perempuan Hidup Lebih Lama Dibanding Pria

Perempuan Hidup Lebih Lama Dibanding Pria

Secara biologis dan sosiologis, perempuan cenderung bisa hidup lebih lama dibanding laki-laki. Pasalnya hormon estrogen pada wanita dianggap bisa melindungi penyakit kronis. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan, usia rata-rata hidup laki-laki 78 tahun dan perempuan 81,2 tahun. Begitu disampaikan oleh Profesor Marianne Legato, MD dari clinical medicine at Columbia University College of Physicians and Surgeons. Selain itu, ia mengungkapkan ada 5 alasan perempuan bisa hidup lebih lama dari pria, seperti dikutip Health, Rabu (15/10/2014) berikut ini:1. Wanita kuat melahirkanDr Legato mengatakan, kelahiran seorang anak sangat tergantung pada kesehatan ibu. Jika ia menyerah, maka kemungkinan infeksi prenatal atau masalah lain di dalam rahim bisa saja terjadi. "Laki-laki cenderung berkembang lebih lambat secara fisik dibandingkan anak perempuan yang berarti risiko prematur atau meninggal karena paru-paru atau perkembangan otak belum sempurna bisa terjadi, "jelas Dr Legato.2. Wanita itu pemberani Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS melaporkan, penyebab kematian ketiga adalah cedera. Dr Legato mengatakan, pria sering mengambil lebih banyak risiko dan cenderung tidak memikirkan a [...]

Ini Dia Kenapa Program KB Kurang Sukses

Ini Dia Kenapa Program KB Kurang Sukses

Masih banyak wanita di Indonesia yang enggan menjalani program Keluarga Berencana (KB), terlebih bagi wanita yang tinggal dan hidup di daerah atau diperdesaan. Padahal, KB banyak manfaatnya untuk wanita Indonesia.Demikian yang disampaikan Ketua Dari Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Dr. Emi Nurjasmi, M. Kes dalam Rapat Koodinasi Nasional (Rakornas) Kemitraan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Tahun 2014, di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Selasa (25/3/2014)Menurut Emi, wanita penting menjalani program KB karena nantinya wanita dapat mengatur jumlah anak, dalam konteks dapat melahirkan anak yang berkualitas. Sebab, bila ini tanpa adanya pengaturan dan perencanaan maka kelahiran akan terjadi terus-menerus."Jadi, apabila kita bisa menekan jumlah anak sesuai kemampuan dan sudah direncanakan, maka anak yang dilahirkan itu memang anak yang sudah diharapkan menjadi generasi penerus yang berkualitas," kata dia menerangkan.Di daerah, alasan utama yang membuat wanita enggan menjalani program KB karena budaya dan kepercayaan yang umumnya terjadi di sana. Sampai hari ini, tak sedikit keluarga yang percaya bahwa banyak anak banyak rezeki."Saya pernah be [...]

Luar Biasanya Miroslaw Magola si Manusia Magnet

Luar Biasanya Miroslaw Magola si Manusia Magnet

Saat masih berada di Sekolah Dasar (SD), masih ingatkah bagaimana penggaris plastik bisa menempel pada rambut karena adanya gaya tarik menarik di antara keduanya. Lalu, apakah benda besar, panci misalnya, bisa menempel pada tubuh Anda? Nah, pria ini berbeda dengan manusia pada umumnya. Bukan manusia besi, bukan juga menggunakan lem atau pun perekat lainnya, Miroslav Magola (56) mampu membuat panci menempel pada dahinya. Selain panci, ia juga bisa membuat pot, garpu, kaleng minuman soda menempel di kepala, tangan serta dada. Bahkan kaleng soda masih bisa menempel pada dahi pria asal Jerman ini meski ia sambil berloncat-loncat. Menurut pengakuannya, kemampuannya didapatkan hanya dengan mengandalkan kekuatan pikiran . Kemampuan luar biasa ini didapatkan di tahun 1990-an. Dan bukan tanpa usaha ia melakukan hal tersebut. "Saya menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakan teknik menjadi manusia magnet," ungkapnya kepada New York Daily News seperti dikutip pada Selasa (28/10/2014). "Saya bisa melawan gravitasi karena aku mengisi diri saya dengan energi sehingga bisa membuat objek melakukan apa yang saya inginkan, menempel pada diri saya," imbuhnya. Ia pun menyatakan in [...]

Penderita Stroke di Indonesia Diprediksi Terus Bertambah

Penderita Stroke di Indonesia Diprediksi Terus Bertambah

Stroke adalah penyakit tidak menular yang jumlah penderitanya terus bertambah di Indonesia. Menteri Kesehatan RI dr Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, menyebutkan bahwa penyakit ini jadi penyebab kematian utama di hampir seluruh rumah sakit di Indonesia. Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar Kemenkes RI tahun 2007 jumlah penderita stroke 8,3 per 1000 penduduk. Kemudian di tahun 2013 melonjak menjadi 12,1 per 1000 penduduk seperti dikutip berita pers peresmian RS Pusat Otak Nasional yang diterima liputan6.com. "Prevalensi penderita stroke cenderung lebih tinggi pada masyarakan berpendidikan rendah dan masyarakat yang tinggal di perkotaan," jelas Mboi. Diprediksi prevalensi penderita stroke akan meningkat di tahun-tahun mendatang jadi 25-30 per 1000 penduduk. Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan Menteri Kesehatan RI berpesan agar masyarakat menjaga gaya hidup sehat. Melalui CERDIK, Cek kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok, Rajin berolahraga, Diet sehat, Istirahat cukup, dan Kelola stres. Salah satu bentuk langkah pemerintah menghadapi meningkatnya penderita stroke dengan mendirikan rumah sakit khusus otak dan saraf yang sekaligus sebagai pusat neurosains di Indonesia. "RS Pusat [...]

BPOM: Regulasi Vaping, Tunggu Tanggal Mainnya

BPOM: Regulasi Vaping, Tunggu Tanggal Mainnya

Kini, makin banyak beredar rokok elektronik atau personal vapour atau juga vaping. Penjualan tak makin marak di internet yang kini mulai merambah di pusat-pusat perbelanjaan. Sehingga, kini makin mudah melihat orang menghisap vaping. Hingga kini, Indonesia memang belum memiliki regulasi yang mengatur tentang penggunaan rokok elektronik. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah mendiskusikan hal ini bersama dengan Kementerian Kesehatan dalam beberapa waktu terakhir membicarakan apa risiko serta manfaatnya. "Kita tunggu aturan atau regulasi hal ini dari Kementerian Kesehatan. Tunggu tanggal mainnya saja," terang Kepala BPOM Dr. Ir. Roy Alexander Sparringa, M.App.Sc saat dihubungi oleh Health-Liputan6.com pada Kamis (16/10/2014). "Nanti jika sudah ada regulasinya kami akan bergerak sesuai regulasi tersebut," terang Roy. Bukan hanya Indonesia saja yang belum memiliki aturan jelas tentang penggunaan vaping, negara-negara di Eropa umumnya belum memilikinya. Namun, Roy menjelaskan, bahwa negara tetangga seperti Australia, Singapura, dan Thailand dengan tegas melarang penggunaan rokok elektronik. "Bahkan, di negeri asalnya yakni Tiongkok dilarang," ujar pria kelahiran Sidoarjo, 1 M [...]

Manfaat dan Kerugian dari Teh dan Kopi

Manfaat dan Kerugian dari Teh dan Kopi

Meski mengandung kafein, teh dan kopi merupakan dua jenis minuman yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Bahkan, meminum secangkir teh atau kopi di pagi atau sore hari telah jadi kebiasaan sebagian besar masyarakat kita, yang tidak dapat ditinggalkan begitu saja.Lantas, apa saja manfaat dari teh dan kopi? Berikut penjelasannya, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (12/11/2014)1. TehManfaat teh;- Minum tiga sampai empat cangkir teh sehari dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung.- Bantu cegah diabetes tipe 1 dan memperlambat perkembangannya setelah dia dikembangkan.- Orang yang minum teh hitam empat kali sehari selama enam minggu, ditemukan memiliki tingkat hormon kortisol yang lebih rendah.- Mengandung floride yang dapat melindungi gigi- Teh hijau dapat melindungi terhadap kanker paru-paru.- Teh hijau mengurangi risiko kanker esofagus pada wanita sebesar 60 persen- Teh hijau dan putih mengandung anti-oksidan yang mungkin memiliki potensi anti penuaan.- Teh putih dapat membantu mencegah obesitasKerugian teh;- Pria yang minum teh hijau lebih dari 10 cangkir per hari, cenderung mengembangkan gangguan hati- Teh mengandung pestisida, bahkan jika diberi label organik- Teh mengand [...]

Tim Rugby Perempuan Rela Bugil demi Obat

Tim Rugby Perempuan Rela Bugil demi Obat

Tim Rugby perempuan dari University of Liverpool, London, Inggris, rela tampil bugil untuk pemotretan kalender. Nantinya, kalender itu akan dijual dan hasilnya akan dipergunakan sebagai modal penelitian obat untuk penyakit Dunchenne Muscular Dystrophy (DMD)Salah seorang anggota Rugby, Olivia Davidson, mengatakan,"Kami bangga menjadi bagian untuk mengumpulkan uang untuk satu tujuan yang sangat baik."Dunchenne Muscular Dystrophy (DMD) merupakan bentuk lain dari penyakit otot, yang dapat memburuk dengan sangat cepat. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh gen dari distrofin (protein yang berada di dalam otot) yang mengalami kerusakan. Penderita dari kondisi DMD ini paling banyak dialami oleh anak laki-laki, ketimbang anak perempuan. Setidaknya, 1 dari 3.600 bayi laki-laki yang lahir di Inggris mengalami kondisi ini. Tim Rugby perempuan ini berharap kalender yang memperlihatkan pose bugil mereka dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan dananya dapat mendukung para peneliti untuk mencari solusi bagi penyembuhan kondisi DMD ini.Melansir laman Daily Mail, Rabu (31/12/2014), dana yang sudah terkumpul nanti, juga akan digunakan untuk membeli peralatan Rugby, dan mendanai perjalanan merek [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *