Banjir Dan Penyakit Menular

Banjir.jpg

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Banjir berpotensi dapat meningkatkan penyebaran dari penyakit menular sepert berikut:

  • Water-borne diseases, seperti demam tipus, kolera, leptospirosis, dan hepatitis A
  • Vector-borne diseases, seperti malaria, demam berdarah dan demam berdarah dengue, demam kuning, dan Demam Nil Barat

Water-borne Diseases

Banjir dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi, namun risiko ini rendah kecuali ada perpindahan populasi signifikan dan sumber air yang terganggu. Dari 14 banjir besar yang terjadi secara global antara tahun 1970 dan 1994, hanya satu menyebabkan wabah penyakit utama diare –di Sudan, 1980. Hal ini mungkin karena banjir itu dirumitkan oleh perpindahan penduduk. Banjir di Mozambik pada bulan Januari-Maret 2000 menyebabkan peningkatan kejadian diare dan pada tahun 1998, banjir di Bengal Barat menyebabkan epidemi kolera besar (01, El Tor, Ogawa)

Faktor risiko utama untuk wabah yang berhubungan dengan banjir adalah kontaminasi fasilitas air minum, dan bahkan ketika hal ini terjadi, seperti di Iowa dan Missouri pada tahun 1993, risiko wabah dapat diminimalkan jika risiko diketahui dengan baik dan penyediaan air bersih sebagai prioritas. Di Tajikistan pada tahun 1992, banjir tanaman pengolahan limbah menyebabkan kontaminasi air sungai. Meskipun demikian, dilaporkan tidak ada peningkatan yang signifikan dalam kejadian penyakit diare. Sebuah topan di Kabupaten Truk, Dipercaya Wilayah di Pasifik pada tahun 1971 terganggu sumber tangkapan air dan memaksa orang untuk menggunakan berbagai sumber air tanah yang terkontaminasi dengan kotoran babi. Akibatnya, ada wabah balantidiasis, suatu protozoa usus. Sebuah siklon dan banjir di Mauritius pada tahun 1980 menyebabkan wabah demam tifoid.

Ada peningkatan risiko infeksi penyakit yang terbawa air ditularkan melalui kontak langsung dengan air yang tercemar, seperti infeksi luka, dermatitis, konjungtivitis, dan infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Namun, penyakit ini bukan termasuk epidemi yang rawan.

Infeksi epidemi yang rawan yang dapat ditularkan langsung dari air yang terkontaminasi adalah leptospirosis, sebuah penyakit bakteri zoonosis. Penularan terjadi melalui kontak kulit dan selaput lendir dengan air, tanah basah atau vegetasi (seperti tebu) atau lumpur yang terkontaminasi urin tikus. Terjadinya banjir setelah hujan deras memfasilitasi penyebaran organisme karena perkembangan tikus yang menumpahkan sejumlah besar leptospira dalam urin mereka. Wabah leptospirosis terjadi di Brazil (1983, 1988 dan 1996), di Nikaragua (1995), Krasnodar wilayah, Federasi Rusia (1997), Santa Fe, USA (1998) Orissa, India (1999) dan Thailand (2000). Kemungkinan bahwa perubahan lingkungan meningkatkan vektor (hewan pengerat) penduduk yang difasilitasi transmisi.

Vector-borne diseases

Banjir secara tidak langsung dapat menyebabkan peningkatan vector-borne diseases melalui ekspansi dari jumlah dan berbagai habitat vektor. Genangan air disebabkan oleh hujan deras atau limpahan sungai dapat bertindak sebagai pembibitan situs untuk nyamuk, dan karena itu meningkatkan potensi eksposur dari populasi yang terkena bencana untuk terkena infeksi seperti demam berdarah, malaria dan demam Nil Barat. Banjir awalnya mungkin dapat mem-?flush? perkembangbiakan nyamuk, tetapi akan datang kembali ketika air surut. Waktu lag biasanya sekitar 6-8 minggu sebelum timbulnya epidemi malaria.

  • Malaria epidemi di tengah banjir adalah fenomena yang terkenal di daerah endemis malaria di seluruh dunia. Sebagai contoh, sebuah banjir gempa bumi dan selanjutnya di wilayah Atlantik Kosta Rika pada tahun 1991 dan banjir di Republik Dominika pada tahun 2004 menyebabkan wabah malaria.
  • Banjir periodik terkait dengan El Nino-Southern Oscillation (ENSO) dikaitkan dengan epidemi malaria di daerah pesisir kering di utara Peru dan dengan kebangkitan demam berdarah dalam 10 tahun terakhir di seluruh benua Amerika.
  • Demam Nil Barat telah terjadi di Eropa setelah hujan lebat dan banjir, kemudian menyebar ke Rumania tahun 1996-97, di Republik Ceko pada tahun 1997 dan Italia pada tahun 1998.

Risiko wabah tersebut meningkat dengan signifikan dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti perubahan perilaku manusia (paparan terhadap nyamuk meningkat saat tidur di luar, jeda sementara dalam kegiatan pengendalian penyakit, kepadatan penduduk), atau perubahan habitat yang meningkatkan kuantitas daripada sarang nyamuk (longsor, deforestasi, pembendungan sungai, dan pengalihan rute air).[]

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Penyebab Wanita Takut Nonton Film Horor

Ini Penyebab Wanita Takut Nonton Film Horor

Baru-baru ini, sebuah studi mengungkapkan mengapa wanita lebih takut nonton film horor ketimbang pria. Peneliti dari University College London mendapati bahwa, kemampuan wanita yang lebih tinggi dari pria dalam mengantisipasi sebuah adeganlah yang membuat ia merasa lebih ketakutan saat menonton film horor. Ketika ia mulai merasa ada peringatan akan masuknya adegan kejam atau menakutkan, otak wanita seketika merespon dengan tindakan. Sedangkan pada pria, mereka lebih tenang hingga adegan menakutkan tersebut benar-benar terjadi.Studi dilakukan terhadap 30 pria dan wanita. Aktivitas otak mereka dipelajari dengan cara memperlihatkan adegan yang baik dan buruk, seperti pemandangan yang menenangkan hingga adegan kekerasan. Ekspresi wajah mereka juga dipelajari sebelum memasuki tes memori, seperti dikutip dari Dailymail.Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa antisipasi dari sebuah adegan buruk yang akan terjadi, spontan membuat wanita melakukan aksi tertentu, namun tidak pada pria. Misalnya saat adegan seorang penjahat yang diam-diam mengintip korbannya, seorang wanita sudah menggerakkan tubuhnya di kursi, sedangkan pria hanya diam saja sampai adegan penjahat tersebut melakukan aksi [...]

Tips Membuat Makanan Bebas Alergi

Tips Membuat Makanan Bebas Alergi

Ditengah banyaknya makanan yangg lezat dan nikmat nan berlimpah ditengah-tengah liburan saat ini, para ahl imemperingatkan bahwa makanan tersebut bias menyebabkan resiko yang potensial untuk anak-anak yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu. ?Selama liburan, kita akan sangat mudah tergoda pada makanan menarik yang sedang dikonsumsi oleh orang lain. Dan sangat sulit untuk memilah mana yang mengandung alergen (penyebab alergi) dan mana yang bukan, ?kata dr. Joyce Rabbat, seorang ahli alergi anak di Loyola University Health System, seperti dilansir oleh Medicinenet.com. Rabbat menawarkan tips berikut untuk orang tua darianak-anak yang memiliki alergi makanan. Pertama, cobalah untuk menghindari penggunaan alergen ketika menyiapkan makanan. "Ada banyak alternatif yang dapat disubstitusikan kedalam resep liburan favorit," kata Rabbat. Jika Anda tidak dapat mengubah resep, pastikan Anda terlebih dahulu mempersiapkan semua makanan yang tidak mengandung alergen. Hal ini akan membantu untuk membatasi resiko kontaminasi silang. Jika Anda sebelumnya membuat makanan yang mengandung alergen untuk Anda atau anggota keluarga yang lain yang tidak memiliki alergi, pastikan untuk benar-b [...]

Makanan untuk Mencegah Kerutan Kulit

Makanan untuk Mencegah Kerutan Kulit

Kulit Anda berkerut? Polusi, sinar matahari (sinar ultraviolet) dan makanan dapat berkontribusi terhadap terjadinya kerutan pada kulit kita. Polusi seringkali tidak dapat terhindarkan, pengaruh sinar matahari dapat dikurangi dengan menggunakan pelindung, dan makanan tentu saja dapat diatur. Apa saja makanan-makanan yang dapat meningkatkan kondisi kulit dan mencegah terjadinya kerutan? Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa individu yang mengkonsumsi makanan-makanan di bawah ini lebih banyak ternyata memiliki kerutan yang lebih sedikit. Makanan-makanan tersebut adalah: Sayuran hijau (bayam, asparagus, seledri) Terong Bawang putih, bawang bombay, bawang daun Kacang-kacangan Minyak Zaitun Selain itu, beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah terjadinya kerutan pada kulit lebih cepat adalah: Butter Margarin Susu dan produk susu Daging merah Produk-produk yang mengandung gula. Makanan memang mempengaruhi kondisi kulit dengan cukup kuat sehingga sebaiknya kita memperhatikan dengan seksama makanan yang kita konsumsi. Memperbanyak buah dan sayuran telah terbukti memberikan tampilan kulit yang lebih baik dan berseri. [...]

Terapi Panas Dapat Mengobati Ejakulasi Dini?

Terapi Panas Dapat Mengobati Ejakulasi Dini?

Ejakulasi dini mempengaruhi 20 sampai 38 persen pria, hal ini menjadi disfungsi seksual para pria yang paling umum di seluruh dunia. Pilihan pengobatan yang tersedia untuk saat ini masih terbatas, termasuk oral medication, seperti inhibitor serotonin reuptake yang selektif tetapi memiliki efek samping pada seluruh tubuh dalam jangka waktu yang panjang. topical anesthetics, dan terapi perilaku. Namun studi terbaru dari University Hospitals Case Medical Center mengatakan, bahwa ?terapi panas? dapat menjadi solusi yang lebih tepat dalam mengatasi ejakulasi dini. Prosedur ini disebut dengan modulasi image-guided neurothermal. Terapi baru ini bekerja dengan mengaktifkan kembali saraf yang mengirimkan sinyal kenikmatan ke otak selama melakukan seks. Pertama-tama, pasien dibius secara lokal dan dengan dosis yang kecil, Kemudian pasien menjalani computed tomography (CT) untuk membimbing elektroda kecil seukuran jarum ke saraf belakang penis yang ada di panggul, saraf ini mengontrol sensitivitas dan menghubungkannya ke sumsum tulang belakang untuk menyampaikan sinyalnya ke otak. Gelombang radio akan sesekali dipancarkan melalui elektroda tersebut untuk memperkecil sensasi yang dibawa oleh s [...]

Inilah Menu untuk Diet Tinggi Protein

Inilah Menu untuk Diet Tinggi Protein

Diet tinggi protein umum dilaksanakan beberapa sebagian orang untuk tujuan menurunkan berat badan dan membentuk tubuh lebih ideal. Namun kenyataannya, tidak bisa sembarangan untuk memulai dan melakukan diet tinggi protein. Diperlukan disiplin ketat sekaligus kejelian dalam memilah pilih menu makanan yang dimakan. Berikut adalah beberapa menu ideal untuk diet tinggi protein yang dibutuhkan: Daging merah Pilihlah daging merah yang tidak sarat lemak seperti daging has dalam yang memiliki kadar lemak tak jenuh lebih sedikit. Sangat disarankan untuk sebisa mungkin hindari daging olahan. Daging putih Anda dapat memilih daging ayam atau daging unggas yang memiliki kadar lemak jauh lebih sedikit dibandingkan daging merah. Namun, perlu Anda perhatikan untuk hindarilah untuk mengkonsumsi kulitnya, dimana biasanya di kulit unggas yang gurih dan nikmat justru terdapat sarat akan lemak jenuh. Berikut ini adalah menu tinggi protein lainnya: Menu Tinggi Protein Lainnya: Ikan Selain kaya akan protein, ikan memiliki kadar lemak yang rendah. Meskipun ikan salmon dan tuna memiliki kadar lemak yang tinggi, namun lemak yang dimaksud dalam ikan ini memiliki kadar asam lemak [...]

Sedihnya Jadi Orang Kegemukan, Dipermalukan Setidaknya 1 Kali Seminggu

Sedihnya Jadi Orang Kegemukan, Dipermalukan Setidaknya 1 Kali Seminggu

Overweight atau kegemukan bukan hanya bisa menyebabkan masalah kesehatan. Berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan menurunnya kepercayaan diri. Riset terbaru mengungkapkan menurut orang-orang dengan tubuh kegemukan mereka setidaknya mengalami penghinaan satu kali dalam seminggu.Penelitian tersebut dilakukan terhadap 2.573 mantan orang overweight. Seperti dikutip Female First, para responden yang dulunya gemuk ini sudah berhasil menurunkan berat badannya. Seseorang dikatakan mengalami kegemukan jika indeks masa tubuhnya antara 25 sampai 30.Ribuan responden yang pernah gemuk ini ditanya apakah mereka pernah dihina atau dipermalukan karena bentuk tubuh mereka. Dan menurut hasil riset ada dua dari lima responden yang mengaku mengalami penghinaan setidkanya satu kali seminggu. Penghinaan ini paling sering datang dari penjaga toko baju, teman, orang yang lewat dekat mereka, lawan jenis dan anak remaja yang sengaja memotret mereka.Menyikapi hasil survei tersebut, Profesor James Stubss ketua dari jurusan perubahan perilaku dan manajemen berat badan di Universitas Derby dan peneliti senior di Slimming World, meminta agar masyarakat lebih bersimpati pada orang-orang overweight. Pe [...]

Manfaat dan Efek Samping Adas bagi Ibu Menyusui

Manfaat dan Efek Samping Adas bagi Ibu Menyusui

Sejak dahulu, tanaman herba adas dipercaya sebagai galactagogue, yaitu sebuah zat yang dipromosikan bisa memperlancar air susu ibu (ASI). Bagian dari tanaman ini yang kerap digunakan untuk memperlancar ASI adalah biji dan daunnya. Seperti yang kita ketahui, ibu menyusui dilarang mengonsumsi sembarang makanan karena bisa berdampak kepada ASI. Lalu bagaimana dengan keamanan adas bagi ibu menyusui dan bayi? Adas adalah sejenis tanaman bunga yang berasal dari Mediterania. Kini keberadaannya bisa dijumpai di seluruh penjuru dunia. Tanaman berbau harum dan memiliki cita rasa ini kerap dijadikan bumbu dapur pada sejumlah masakan. Khasiat Adas Secara Ilmiah Selama ini adas dipercaya dapat menambah pasokan ASI ibu yang sedang menyusui. Hal itu didukung oleh satu penelitian kecil yang menyatakan bahwa terapi dengan adas bisa meningkatkan volume susu. Namun satu penelitian saja belum cukup untuk membuktikan secara klinis khasiat adas. Masih dibutuhkan uji klinis ilmiah yang lebih lengkap dan menyeluruh untuk mendapatkan kepastian tersebut. Jika Anda ingin mencoba melancarkan ASI memakai adas, Anda bisa menikmatinya dengan tiga cara. Diseduh menjadi teh. Tambahkan sebagai bumbu masakan. Dim [...]

Ini Penyebab Semakin Bertambah Umur Makin Sulit Tidur

Ini Penyebab Semakin Bertambah Umur Makin Sulit Tidur

Tidur menjadi salah satu kegiatan penting yang pasti dilakukan oleh semua orang. Idealnya, waktu tidur yang diperlukan adalah tujuh sampai delapan jam setiap harinya. Tetapi, telah menjadi rahasia umum bahwa semakin bertambah usia seseorang, semakin sedikit waktu tidur yang didapat. Ada banyak alasan waktu tidur semakin berkurang seiring pertambahan umur. Penyebabnya di antaranya pengaruh obat, tekanan psikologis, masa pensiun atau sekadar teori sederhana yang menyatakan bahwa orang yang sudah berumur memang hanya memerlukan waktu tidur lebih sedikit.Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Beth Israel Deaconess Medical Center yang bekerja sama dengan University of Toronto, Kanada mengatakan, terdapat alasan kuat di balik berkurangnya waktu tidur ini yang berkaitan dengan ilmu neurologi dalam bidang kedokteran. Alasan yang dijelaskan adalah terdapatnya sekelompok neuron atau sel-sel saraf yang terkait untuk mengatur pola tidur. Dalam istilah kedokteran biasanya disebut dengan nukleus preoptic ventrolateral. Sel-sel saraf ini perlahan-lahan menjadi tidak berfungsi seiring dengan bertambahnya usia."Semakin banyak Anda kehilangan sel saraf ini akibat penuaan, semakin suli [...]

10 Tips Atasi Susah Tidur

10 Tips Atasi Susah Tidur

Hidup di kota besar, sering kali waktu habis di jalan akibat lalu lintas yang super padat. Tiba di rumah malam hari dan harus berangkat lagi setelah subuh agar tidak terjebak kemacetan. Sayangnya kadang sulit untuk mendapatkan jam tidur yang cukup karena susah tidur. Berbagai macam faktor dapat mempengaruhi masalah susah tidur. Ikuti 10 tips di bawah ini agar tidak susah tidur di malam hari. 10 Tips Atasi Susah Tidur 10 tips mengatasi sulit tidur: 1. Buat jadwal tidur yang teratur. Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya akan memprogram tubuh untuk tidur lebih baik. 2. Buat lingkungan tidur yang baik. Jaga kamar tidur setenang dan segelap mungkin. Suhu kamar tidak boleh terlalu dingin atau panas. Temperatur, pencahayaan dan suara sebaiknya dikontrol sehingga lingkungan tempat tidur membantu untuk mudah terlelap dan tidak terjaga pada dini hari. 3. Pastikan tempat tidur nyaman. Susah tidur pada tempat tidur yang terlalu lembut atau terlalu keras, atau yang terlalu kecil. 4. Berolahraga teratur. Lakukan olahraga secara teratur seperti renangatau berjalan. Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat dekat dengan jam tidur. 5. Kurangi kafein. Kurangi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *