Banjir Dan Penyakit Menular

Banjir.jpg

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Banjir berpotensi dapat meningkatkan penyebaran dari penyakit menular sepert berikut:

  • Water-borne diseases, seperti demam tipus, kolera, leptospirosis, dan hepatitis A
  • Vector-borne diseases, seperti malaria, demam berdarah dan demam berdarah dengue, demam kuning, dan Demam Nil Barat

Water-borne Diseases

Banjir dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi, namun risiko ini rendah kecuali ada perpindahan populasi signifikan dan sumber air yang terganggu. Dari 14 banjir besar yang terjadi secara global antara tahun 1970 dan 1994, hanya satu menyebabkan wabah penyakit utama diare –di Sudan, 1980. Hal ini mungkin karena banjir itu dirumitkan oleh perpindahan penduduk. Banjir di Mozambik pada bulan Januari-Maret 2000 menyebabkan peningkatan kejadian diare dan pada tahun 1998, banjir di Bengal Barat menyebabkan epidemi kolera besar (01, El Tor, Ogawa)

Faktor risiko utama untuk wabah yang berhubungan dengan banjir adalah kontaminasi fasilitas air minum, dan bahkan ketika hal ini terjadi, seperti di Iowa dan Missouri pada tahun 1993, risiko wabah dapat diminimalkan jika risiko diketahui dengan baik dan penyediaan air bersih sebagai prioritas. Di Tajikistan pada tahun 1992, banjir tanaman pengolahan limbah menyebabkan kontaminasi air sungai. Meskipun demikian, dilaporkan tidak ada peningkatan yang signifikan dalam kejadian penyakit diare. Sebuah topan di Kabupaten Truk, Dipercaya Wilayah di Pasifik pada tahun 1971 terganggu sumber tangkapan air dan memaksa orang untuk menggunakan berbagai sumber air tanah yang terkontaminasi dengan kotoran babi. Akibatnya, ada wabah balantidiasis, suatu protozoa usus. Sebuah siklon dan banjir di Mauritius pada tahun 1980 menyebabkan wabah demam tifoid.

Ada peningkatan risiko infeksi penyakit yang terbawa air ditularkan melalui kontak langsung dengan air yang tercemar, seperti infeksi luka, dermatitis, konjungtivitis, dan infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Namun, penyakit ini bukan termasuk epidemi yang rawan.

Infeksi epidemi yang rawan yang dapat ditularkan langsung dari air yang terkontaminasi adalah leptospirosis, sebuah penyakit bakteri zoonosis. Penularan terjadi melalui kontak kulit dan selaput lendir dengan air, tanah basah atau vegetasi (seperti tebu) atau lumpur yang terkontaminasi urin tikus. Terjadinya banjir setelah hujan deras memfasilitasi penyebaran organisme karena perkembangan tikus yang menumpahkan sejumlah besar leptospira dalam urin mereka. Wabah leptospirosis terjadi di Brazil (1983, 1988 dan 1996), di Nikaragua (1995), Krasnodar wilayah, Federasi Rusia (1997), Santa Fe, USA (1998) Orissa, India (1999) dan Thailand (2000). Kemungkinan bahwa perubahan lingkungan meningkatkan vektor (hewan pengerat) penduduk yang difasilitasi transmisi.

Vector-borne diseases

Banjir secara tidak langsung dapat menyebabkan peningkatan vector-borne diseases melalui ekspansi dari jumlah dan berbagai habitat vektor. Genangan air disebabkan oleh hujan deras atau limpahan sungai dapat bertindak sebagai pembibitan situs untuk nyamuk, dan karena itu meningkatkan potensi eksposur dari populasi yang terkena bencana untuk terkena infeksi seperti demam berdarah, malaria dan demam Nil Barat. Banjir awalnya mungkin dapat mem-?flush? perkembangbiakan nyamuk, tetapi akan datang kembali ketika air surut. Waktu lag biasanya sekitar 6-8 minggu sebelum timbulnya epidemi malaria.

  • Malaria epidemi di tengah banjir adalah fenomena yang terkenal di daerah endemis malaria di seluruh dunia. Sebagai contoh, sebuah banjir gempa bumi dan selanjutnya di wilayah Atlantik Kosta Rika pada tahun 1991 dan banjir di Republik Dominika pada tahun 2004 menyebabkan wabah malaria.
  • Banjir periodik terkait dengan El Nino-Southern Oscillation (ENSO) dikaitkan dengan epidemi malaria di daerah pesisir kering di utara Peru dan dengan kebangkitan demam berdarah dalam 10 tahun terakhir di seluruh benua Amerika.
  • Demam Nil Barat telah terjadi di Eropa setelah hujan lebat dan banjir, kemudian menyebar ke Rumania tahun 1996-97, di Republik Ceko pada tahun 1997 dan Italia pada tahun 1998.

Risiko wabah tersebut meningkat dengan signifikan dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti perubahan perilaku manusia (paparan terhadap nyamuk meningkat saat tidur di luar, jeda sementara dalam kegiatan pengendalian penyakit, kepadatan penduduk), atau perubahan habitat yang meningkatkan kuantitas daripada sarang nyamuk (longsor, deforestasi, pembendungan sungai, dan pengalihan rute air).[]

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Waspada! Sepatu Flat Menyebabkan Nyeri Punggung

Waspada! Sepatu Flat Menyebabkan Nyeri Punggung

Tak sedikit wanita lebih senang mengenakan sepatu flat karena dianggap lebih nyaman ketimbang dengan high heels. Namun ternyata, sepatu dengan detail hak datar juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, sama halnya dengan hak tinggi. Mengapa?Sepatu hak datar memiliki sol yang sangat tipis. Sehingga, alas kaki itu tak dapat menopang kaki dengan benar. Seharusnya pilihlah sepatu yang memiliki sol yang lembut dan mampu mendukung tumit.Seperti dikutip dari Daily Mail, King College, London, melakukan studi dengan cara membandingkan antara sepatu flat dengan sepatu rocker. Sepatu rocker merupakan alas kaki yang memiliki lengkungan dengan sol yang tidak stabil. Sepatu jenis ini diklaim mampu membantu meningkatkan aktivitas otot, mengurangi nyeri punggung bawah dan memperbaiki postur tubuh dan keseimbangan.Penelitian tersebut diikuti oleh 115 responden yang merupakan orang dewasa, yang mengalami nyeri punggung kronis. Mereka pun diminta peneliti untuk memakai sepatu hak datar atau sepatu rocker setidaknya dua jam sehari, sambil berdiri dan berjalan. Tak hanya itu saja, para partisipan juga menghadiri latihan dan program pendidikan sekali dalam seminggu, selama satu bulan dan mengenakan s [...]

Bahaya Kesehatan di Balik Jus Apel

Bahaya Kesehatan di Balik Jus Apel

Jika Anda pikir jus buah adalah minuman yang sehat, sebaiknya pikir kembali. Menurut pakar kesehatan, jus buah justru bisa memiliki efek buruk terhadap kesehatan. Salah satu yang berbahaya adalah jus apel.Menurut pakar kesehatan dan nutrisi, jus apel bisa berbahaya bagi berat badan dan gigi pada anak. Jus apel dipercaya mengandung banyak kalori dan pada beberapa kasus, juga mengandung gula dan soda.Membiarkan anak meminum jus apel, sama saja seperti membiasakan anak mengonsumsi makanan manis dan menjauhkannya dari makanan serta minuman sehat. Belum lagi adanya risiko obesitas yang akan dihadapi si kecil di kemudian hari."Jus apel seperti air gula. Saya tidak akan membiarkan anak saya yang berusia 3 tahun meminum jus apel'," ujar Judith Stern, profesor dalam bidang kesehatan dan nutrisi di University of California.Belakangan ini banyak dijumapi jus yang telah dilengkapi dengan berbagai macam vitamin. Namun hal tersebut tidak memuaskan beberapa ahli gizi. Menurut mereka dengan adanya vitamin, minuman itu tetap tak bisa disebut sebagai minuman sehat."Jika tidak sehat pada awalnya, menambahkan vitamin tidak membuatnya jadi makanan atau minuman sehat. Jika minuman itu malah menambah [...]

Kisah Wanita yang Berjuang Lawan 3 Kanker Selama 23 Tahun

Kisah Wanita yang Berjuang Lawan 3 Kanker Selama 23 Tahun

Perjuangan wanita ini melawan kanker ovarium, payudara dan paru begitu menginspirasi. Selama 25 tahun pernikahannya, ia harus berjuang melawan kanker selama 23 tahun. Namun di balik perjuangannya, terdapat kebahagiaan yang baru-baru ini ia rasakan. Apakah itu?DeLese Range, 43 tahun, menikah dengan suaminya, Lonzie di usia 18 tahun. Saat menikah, ia terpaksa meminjam gaun pengantin dari orang lain. Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 1989, ia hamil anak pertamanya sekaligus didagnosa kanker ovarium.Memasuki tahun 2001, ia pun kembali divonis kanker payudara stadium empat. Akibat mahalnya terapi kemo yang ia jalani, ia tidak pernah memiliki pesta pernikahan yang ia impikan, tak terelakkan mengenakan gaun pengantin yang ia dambakan.Malangnya, 10 tahun kemudian, di tahun 2011, ia kembali didiagnosa dengan kanker paru-paru meskipun ia tidak pernah merokok, seperti yang dikutip dari ABC News. Dari situ, ia merasa hidupnya hanya seputar terapi kemo yang menguras tabungan hidupnya.Ia tetap berjuang untuk bertahan hidup dan keadaannya pun berangsur membaik berkat dukungan dari keluarganya. Tahun ini, ia merayakan 25 tahun pernikahan dengan suaminya. Ia berharap bisa memperbaharui ikatan p [...]

Pilah-pilih Susu Nabati Paling Sehat: Rasa Almond atau Mete?

Pilah-pilih Susu Nabati Paling Sehat: Rasa Almond atau Mete?

Beberapa jenis kacang seperti almond, hazelnut, edamame, macadamia, dan cashew (mete) tak hanya bisa dikonsumsi sebagai penganan ringan. Seiring dengan kemajuan zaman dan ilmu yang terus berkembang, kacang-kacangan tersebut kini diolah menjadi sari nabati yang teksturnya menyerupai susu. Maka tak heran, banyak yang menyebutnya sebagai susu almond, susu cashew atau susu hazelnut.Dari berbagai jenis kacang yang diproduksi menjadi sari nabati, almond dan cashew menjadi salah satu kacang yang paling sering diolah. Kedua kacang ini mudah ditemukan dan lebih dikenal karena seringkali digunakan sebagai pelengkap dalam beberapa hidangan. Menilik dari manfaat keduanya yang bebas kolestrol dan rendah lemak, lantas mana yang paling baik?Emma Wood, pemilik London's Blend and Press juice bar menyarankan bahwa sebaiknya melihat kandungan nutrisi dari masing-masing kacang sebelum mengolahnya. "Jika Anda merendam almond dalam air selama seharian dan terkena paparan sinar matahari, perlahan mereka akan tumbuh karena pada kenyataannya, almond adalah biji," ungkapnya seperti dikutip dari Huffington Post.Benih kecambah yang tumbuh ini mengaktifkan enzim-enzim yang bermanfaat sehingga jika almond di [...]

Konsumsi Aspirin Tiap Hari Bisa Rusak Penglihatan

Konsumsi Aspirin Tiap Hari Bisa Rusak Penglihatan

Berhati-hatilah bagi Anda yang suka mengonsumsi aspirin. Menurut penelitian di Eropa, penggunaan obat pereda nyeri setiap hari bagi orang lanjut usia bisa mengganggu penglihatan.Seperti yang dikutip dari Reuters, data penelitian tidak menunjukkan bahwa aspirin bisa membuat seseorang kehilangan penglihatannya. Namun temuan yang diterbitkan dalam jurnal Oftalmologi memperlihatkan adanya pengaruh antara aspirin dengan gangguan mata."Bagi orang yang memiliki usia melebihi 65 tahun dengan risiko degenerasi makula, sepertinya tidak bijaksana untuk menyarankan mereka meminum obat pereda nyeri," kata William Christen dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston, dikutip dari Reuters.Penelitian yang dipimpin oleh Paulus de Jong di Belanda Institute for Neuroscience dan Academic Medical Center, telah mengumpulkan informasi kesehatan dan gaya hidup dari hampir 4.700 orang di atas usia 65 tahun. Selain dilakukan di Amerika, penelitian ini juga dilakukan di Norwegia, Estonia, Inggris, Perancis, Italia, Yunani dan Spanyol.Hasilnya, dari 839 orang yang mengonsumsi aspirin setiap hari, terdapat 36 orang yang memiliki bentuk lanjutan dari penyakit ini yang disebut degenerasi makula jenis basah. [...]

10 Tips Mudik Anti Mabuk Perjalanan

10 Tips Mudik Anti Mabuk Perjalanan

Oleh: dr. Jessica Florencia Apakah Anda memiliki rencana untuk bermudik? Anda termasuk yang sering mabuk perjalanan? Mabuk perjalanan dan bermudik bukan merupakan suatu kombinasi yang menyenangkan. Seringkali rencana untuk melakukan perjalanan jauh menjadi terhambat karena rasa khawatir akan munculnya gejala mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan dalam dunia medis disebut dengan motion-sickness. Berbagai gejala mabuk perjalanan terjadi karena adanya ketidakselarasan kerja sistem penglihatan, sistem keseimbangan dan sistem raba-sentuh dalam tubuh kita. Beberapa gejala yang paling sering terjadi adalah mual, muntah, pusing berputar dan perasaan tidak nyaman. Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi mabuk perjalanan: Pilihlah kendaraan yang bergerak paling halus dan tidak banyak mengalami goncangan. Pilihlah rute yang tidak melewati jalan yang terlalu berliku atau jalan yang rusak. Pilihlah tempat duduk di bagian depan atau di bagian tengah kendaraan yang memungkinkan untuk melihat jauh ke depan. Bila menggunakan kendaaran bertingkat, pilihlah bagian kendaraan yang paling bawah. Hindari melakukan kegiatan dengan penglihatan jarak dekat seperti membaca, menonton video. [...]

Minuman Bersoda Meningkatkan Agresi Remaja

Minuman Bersoda Meningkatkan Agresi Remaja

Meskipun agresi kekerasan yang muncul pada remaja disebabkan oleh berbagai macam faktor yang kompleks, namun sebuah penelitian di Boston, Amerika Serikat, menunjukkan hubungan peningkatan agresi remaja kepada siapapun termasuk keluarga mereka sendiri akibat mengkonsumsi minuman bersoda dilihat dari dosisnya dengan kenaikan diatas 15%. Minum-minuman bersoda menjadi salah satu hal yang semakin meningkat saat ini. Hal ini dikarenakan oleh lingkungan sekitar kita yang semakin berkembang dan bergerak cepat, sehingga seringkali kita ikut terbawa tanpa menyadari adanya konsekuensi dikemudian hari. Salah satunya adalah dengan maraknya tempat yang memberikan akses kemudahan akan makanan dan minuman siap saji yang bahkan dijadikan tempat ?nongkrong? para remaja saat ini. Sehingga tidak sedikit dari mereka menganggap hal tersebut sebagai bagian dari lifestyle mereka. Perubahan pola makan mereka akan makanan dan minuman siap-sajilah yang menjadi acuan para ilmuwan akan efek agresi kekerasan pada seseorang, karena nutrisi dan gizi mereka tidak tercukupi. Hal ini juga didukung dalam penelitian sebelumnya di Inggris dengan memberikan vitamin dan mineral kepada para narapidana, ternyata mampu meng [...]

Ini Akibatnya Minum Antibiotik Sembarangan

Ini Akibatnya Minum Antibiotik Sembarangan

Sejak ditemukannya antibiotik pada tahun 1940, muncul harapan baru untuk menurunkan angka kejadian penyakit infeksi. Namun saat ini, penggunaan antibiotik justru menimbulkan masalah kesehatan di dunia yang terus berkembang. Lebih dari 133 juta kasus pasien yang mendapat antibiotik setiap tahunnya dan diperkirakan sekitar 50% dari kasus tersebut sebenarnya tidak memerlukan antibiotik. World Health Organization (WHO) menyebut resistensi antibiotik sebagai ancaman terbesar bagi kesehatan di seluruh dunia saat ini. Apa itu resistensi antibitiotik? Berikut penjelasannya: Apa itu resistensi antibitiotik? Berikut penjelasannya: Resistensi antibiotik adalah suatu keadaan dimana mikroorganisme yang seharusnya sensitif terhadap antibiotik menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. Pada saat hal ini terjadi, fungsi antibiotik untuk membunuh bakteri atau menghentikan tumbuh kembang bakteri menjadi tidak berguna. Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya: Menggunakan antibiotik yang sebenarnya tidak dibutuhkan atau tidak sesuai indikasi. Dosis, waktu dan cara penggunaan yang tidak tepat Apa akibatnya? Anda akan terkena infeksi lebih lama Kemungkinan mendapat komplikasi [...]

Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter

Suplemen Kalsium Dianjurkan Ikuti Saran Dokter

Sebuah penelitian epidemiologi di Universitas Zurich, Swiss, menemukan sebuah hubungan antara rutinitas konsumsi suplemen kalsium dengan peningkatan risiko serangan jantung. Walau belum bisa memastikan hubungan patofisiologisnya, Sabine Rohrmann, PhD dan tim penelitiannya mengungkapkan terdapat peningkatan 86% risiko serangan jantung pada 24.000 pria dan wanita yang mengkonsumsi suplemen kalsium selama 11 tahun terakhir. Sekalipun angka kejadian serangan jantung pada masa pengamatan terbilang kecil, yakni 354 kasus, jumlah yang ada dianggap cukup menjelaskan hubungan pada kecenderungan yang ada. Oleh tim penelitian hal peningkatan risiko yang ada digolongkan dalam kadar moderat (sedang). Telah banyak studi mengenai kalsium yang mengemukakan hasil temuan beragam. Dari saran konsumsi kalsium yang dapat menurunkan risiko darah tinggi, menurunkan risiko obesitas dan diabetes sekaligus stroke dan bahkan penyakit jantung. Namun kini, sedikitnya sudah terdapat dua penelitian pada 2011 dan 2012 yang memicu kewaspadaan kepada suplemen kalsium yang diduga mendongkrak angka risiko serangan jantung. Selama penelitian, Rohrmann selaku asisten profesor epidemiologi penyakit kronis di Universitas [...]

Tips Mencegah Timbulnya Stretchmark

Tips Mencegah Timbulnya Stretchmark

Sepanjang masa kehamilan, kulit ibu hamil akan merasakan berbagai masalah, salah satunya adalah stretchmark. Stretchmark atau dalam bahasa medisnya disebut dengan Stretch Gravidanum merupakan trauma bekas peregangan berlebihan pada kulit. Awalnya berupa guratan kemerahan dan lama kelamaan menjadi garis berwarna keputihan hingga kecoklatan, tergantung pada warna asli kulit. Stretchmark memang mengurangi keindahan kulit pada ibu, namun ternyata riset membuktikan bahwa timbulnya stretchmark dapat dicegah. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah terjadinya stretchmark pada kulit ibu hamil: Konsumsilah protein yang cukup dan istirahatlah yang cukup. Selain bermanfaat bagi janin, protein juga berperan untuk meregenerasi sel termasuk sel kulit. Jaga berat badan Anda sesuai dengan perkembangan janin. Penambahan berat badan secara cepat dan berlebihan hanya akan memperparah kondisi stretchmark. Mulailah menjaga kelembapan kulit semenjak awal kehamilan. Oleskan pelembab khusus ibu hamil ke seluruh tubuh minimal dua kali sehari, khususnya bagian perut, lengan atas, paha, dan panggul. Hal ini berguna untuk mencegah sobeknya kolagen akibat perkembangan lapisan dermis saa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *