Batas Konsumsi Air Putih bagi Anak-anak

KidDrinkingWater-850x400.jpg

Selama ini mungkin kita mengetahui bahwa kebutuhan minum air putih yang diajurkan untuk semua orang adalah 8 gelas sehari. Padahal, ini adalah anjuran minum untuk dewasa sehat. Sedangkan untuk anak-anak, jauh lebih sedikit.

Seperti disebutkan Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc bahwa sesuai angka kecukupan gizi (AKG) anak-anak disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin.

“Bagi anak-anak usia 5-9 tahun, membutuhkan cairan sekitar 1.200-1.600 mililiter perhari atau sekitar 6 gelas air putih,” katanya.

Jumlah konsumsi air putih itu, kata Saptawati, tidak termasuk minuman manis lainnya. Maka itu, penting untuk mengenalkan air putih sejak dini pada anak.

“Biasakan anak itu minum air putih. Kalau anak sudah dikenalkan manis sejak kecil, ia bisa nggak suka air putih karena tawar,” ujarnya, seperti ditulis Kamis (26/6/2014).

Saptawati menyarankan, untuk membuat anak kecil suka minum air putih, ia menyarankan orangtua untuk memiliki gelas lucu yang disukai anak-anak.

Air putih adalah cairan yang sangat penting bagi pertumbuhan anak dan kesehatan anak. Anak-anak membutuhkan banyak cairan untuk menjaga kesehatan tubuhnya seiring dengan pertumbuhan berat badan dan usianya. Namun, belum semua orang tua sadar untuk membiasakan anak minum air putih dengan cukup.

Bagi anak dengan usia 4-8 tahun kebutuhan cairannya adalah 1,6 liter atau 6-7 gelas setiap harinya. Anak berusia 9 tahun keatas kebutuhan akan cairan sama dengan orang dewasa yaitu 2 liter atau 8 gelas setiap harinya. Manfaat minum air putih bagi kesehatan memang sangat banyak bagi semua orang termasuk anak-anak.

Berikut ini adalah manfaat minum air putih bagi kesehatan anak :

1. Manfaat minum air putih baik untuk kesehatan fisik dan mental
Minum air putih baik untuk kesehatan fisik dan mental anak dimana anak-anak menjadi tidak mudah lelah dan lesu.

2. Menjadikan anak lebih cerdas
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak yang terhidrasi akan menjadi lebih baik dan cerdas dibandingkan dengan anak-anak yang dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh sebab itu, memberikan anak air putih yang cukup dapat menghidrasi area abu-abu otak anak sehingga dapat bekerja secara maksimal saat belajar.

3. Minum air putih menjadikan gigi anak lebih sehat
Air putih adalah air yang bebas dari gula sehingga dapat mengurangi kerusakan gigi pada anak. Berbeda dengan anak yang suka minum es krim atau minuman manis lainnya, pasti giginya akan cepat mengalami kerusakan.

4. Menghindarkan anak dari sembelit
Minum air putih yang cukup dan mengkonsumsi makanan sehat yang berserat dapat menghindarkan anak dari sembelit dan pencernaan akan berfungsi secara baik.

Dengan membiasakan anak minum air putih secara teratur maka anak akan memperoleh manfaat minum air putih secara maksimal untuk kesehatan anak. Minum air putih dengan cukup juga dapat mencegah anak terserang penyakit.

Sementara untuk bayi orang tua sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli anak dalam pemberian air putih. Pada kasus tertentu, pemberian air putih dalam jumlah kecil mungkin tepat. Misalnya dalam keadaan konstipasi dan saat cuaca panas. Pemberian air pada bayi hanya diperbolehkan satu hingga dua ons (satu sendok makan) air pada setiap pemberiannya.

Air putih dapat diberikan pada bayi, setelah usia enam (6) bulan atau ketika bayi telah dikenalkan makanan padat (makanan pendamping ASI). Pemberian air putih sebaiknya menggunakan cangkir. Cangkir merupakan pilihan terbaik daripada dot/ botol. Hal ini dikarenakan, ketika pemberian minum dengan dot/botol menyebabkan bayi dapat menerima terlalu banyak air.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Topi Bayi Bisa Cegah Sindrom Kepala Datar

Topi Bayi Bisa Cegah Sindrom Kepala Datar

Penggunaan topi atau kita kenal dengan kupluk bayi ternyata memiliki manfaat bagi si kecil. Selain menambah lucu penampilannya, kupluk bayi juga bisa mencegah sindrom kepala datar (flat head syndrome).Seperti disampaikan dokter spesialis anak dan neonatologis dari Colorado, Dr. Jane Scott bahwa sindrom kepala datar merupakan kondisi yang timbul karena posisi kepala di satu sisi yang terlalu lama. Ada 2 jenis sindrom yang termasuk di dalamnya, yakni Plagiocephaly dan Tortikolis."Plagiochepaly adalah perataan pada tengkorak bayi. Terjadi karena distorsi asimetris tulang kepala atau merata di satu sisi kepala. Hal ini biasanya disebabkan karena posisi telentang di satu sisi yang terlalu lama. Sedangkan Tortikolis adalah ketidakseimbangan pada otot leher. Biasanya ditandai dengan nyeri yang hilang timbul atau kejang yang terus menerus pada otot-otot leher, sehingga mendorong kepala berputar dan miring ke depan, ke belakang, atau ke samping," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (11/7/2014).Masalahnya, katanya, selain membuat bentuk kepala yang tidak indah dalam jangka panjang. Sindrom kepala datar dapat berpengaruh kepada kemampuan penglihatan, pendenga [...]

Usia 2 Tahun, Anak Yoris Sebastian Sudah Hapal Abjad

Usia 2 Tahun, Anak Yoris Sebastian Sudah Hapal Abjad

Rasa bahagia berkecamuk dalam diri Yoris Sebastian (41) ketika mengetahui sang buah hati, Deara Aprille Nisiho (2) sudah mampu menghapal seluruh abjad di usia yang terhitung balita. "Saya pasti senanglah, ketika tahu dia sudah bisa menyebut A sampai Z. Soalnya, tanpa saya paksa dan tanpa disuruh, di usianya yang belum dua tahun, dia sudah tahu keseluruhan abjad itu," kata Yoris yang ditemui Health Liputan6.com di Otel Lobby Kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta, ditulis Rabu (14/5/2014)Selama ini, Yoris mengaku tidak pernah menerapkan sistem hapalan abjad dan numerik pada anaknya. Makanya, Yoris terkejut saat mengetahui Deara mampu melakukan hal yang tidak pernah diajarkan sama sekali olehnya. "Dia belajar sendiri, bukan saya yang mengajarkan. Saya juga kaget, waktu saya kasih huruf C, dengan sendirinya Deara menyebut C juga," kata Yoris menambahkan.Karena buah hatinya itu belajar secara otodidak, kata Yoris, satu kelemahan yang begitu dirasakannya adalah Deara tidak mengetahui abjad dalam huruf kecil. "Jadi, kalau diberikan huruf besar, dia tahu dan hapal semua. Dikasih secara acak pun, dia tahu," kata pemilik perusahaan konsultan Oh My Goodness (OMG) menerangkan.Menurut Yoris, in [...]

Kenali Tanda-tanda Ibu Hamil Akan Melahirkan

Kenali Tanda-tanda Ibu Hamil Akan Melahirkan

Perempuan hamil sangat penting mengetahui kapan waktunya pergi ke rumah sakit dengan nyeri persalinan. Seringkali waktunya persalinan ditandai dengan kontraksi. Tapi, kontraksi bisa palsu dan tak bisa juga dijadikan patokan yang benar untuk waktunya melahirkan. Wanita hamil bisa mengalami kontraksi Braxton Hicks sejak pertengahan kehamilan mereka. Kontraksi ini merupakan kontraksi yang terjasi sesekali dan tak teratur. Umumnya kontraksi tersebut mereda. Sering kali kontraksi tersebut menimbulkan kepanikan, tapi sebenarnya ini menjadi indikasi persalinan palsu.Apabila wanita benar-benar waktunya melahirkan, biasanya leher rahim mulai membuka atau membesar setelah mengalami kontraksi. Di sisi lain, dalam persalina palsu kontraksi tak membuka leher rahim. Lantas kapan waktunya pergi ke rumah sakit dengan nyeri persalinan?Situs Boldsky, Jumat (14/3/2014), merinci tanda-tandanya.1. Kontraksi nyataKontraksi lebih teratur waktunya dan jaraknya. Rata-rata kontraksi bisa bertahan dari 30 detik hingga 1 menit setiap jam. Ketika Anda mengalami sekitar empat sampai enam kali dalam beberapa waktu dan kontraksi sudah berlangsung selama 2 jam, saatnya Anda pergi ke rumah sakit.Lihat waktu kontra [...]

Beritahu Alasan Kenapa Mesti Tidur pada si Kecil

Beritahu Alasan Kenapa Mesti Tidur pada si Kecil

Orangtua kadang bersikap otoriter terhadap buah hatinya. Termasuk saat meminta si Kecil untuk tidur. Meski maksudnya baik untuk Si Kecil namun caranya tidak pas bahkan cenderung memerintah. "Cepat tidur!" kalimat seperti ini malah dianggap hukuman oleh mereka. Bukannya cepat tertidur malah si Kecil gelisah di kasur. Ada baiknya, para orangtua saat meminta si Kecil tidur menyertakan alasan pentingnya tidur. Bahwa tidur bukan sekedar beristirahat dan memejamkan mata, tapi juga proses "membersihkan" pikiran serta menyiapkan otak untuk menerima informasi di esok hari, seperti yang dikatakan para peneliti. Ternyata memang benar, seperti dilansir laman NY Times, Rabu (16/7/2014), dengan memberi tahu manfaat tidur berdampak pada cepatnya ia tidur. Hal ini sudah diteliti dan hasilnya pada siswa kelas tujuh usai mengikuti program "tidur cerdas" pada malam harinya pergi tidur lebih awal dan lebih lama. Bukti terbaru juga datang dari penelitian yang dilakukan Ronald Chervin Direktur University of Michigan Sleep Disorder Center yang meneliti manfaat program Sweet Dreamzzz pada anak usia 4 tahun. Dalam program ini selama dua minggu anak-anak akan belajar seperti biasa yang didukung dengan [...]

Para Dokter Kandungan Ingin agar Para Ibu Tidak Keseringan Hamil

Para Dokter Kandungan Ingin agar Para Ibu Tidak Keseringan Hamil

Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) sangat mendukung penggunaan kontrasepsi sebagai upaya di dalam pengaturan kehamilan. Menurut dr. Nurdadi Saleh, SpOG, bicara kehamilan dan alat kontrasepsi bukan hanya masalah kependudukan saja, melainkan juga mengenai kesakitan dan angka kematian dari suatu kehamilan yang kurang memadai. "Jadi, secara konseptual kami sangat mendukung, dan ingin berperan aktif dalam masalah ini. Peran yang kita ambil adalah dengan melakukan sejumlah advokasi," kata Nurdadi. Dalam konferensi pers 'Hari Kontrasepsi Sedunia 2014: Kontrasepsi Membantu Keluarga Merencanakan Masa Depan' di Ruang Kunthi, Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/9/2014), Nurdadi mengatakan, advokasi pertama yang mereka lakukan adalah ke Pemerintahan. POGI pun memiliki harapan kepada Pemerintah yang baru nanti, untuk membantu satu departemen khusus yang fokus pada kependudukan. "Kita ingin menjadikan masalah keluarga berencana sebagai masalah serius," kata Nurdadi menambahkan. Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) juga melakukan advokasi kepada seluruh lapisan masyarakat dengan cara memberikan pemahaman tentang penggunaan kontraseps [...]

Kabar Ini Pasti Menggembirakan bagi Penggemar Air Putih

Kabar Ini Pasti Menggembirakan bagi Penggemar Air Putih

Daripada memikirkan menu apa yang cocok untuk dikonsumsi saat ingin menurunkan berat badan, mungkin lebih baik Anda mulai mengubah kebiasaan minum jus atau minuman bersoda dan menggantinya dengan air putih.Seperti diungkapkan salah seorang ahli diet dari University of Oxford, Profesor Susan Jebb bahwa air putih memiliki peran besar dalam menurunkan berat badan. Khusus untuk anak-anak yang sulit makan, minum air putih bisa menjadi alternatif yang mudah dilakukan."Doronglah agar anak mau minum air putih, begitu mereka bisa disapih, anak-anak seharusnya menyukai air putih. Saya dengan tegas mendorong orang untuk selalu mengonsumsi air putih," katanya, seperti dikutip Independent, Jumat (27/6/2014). Sebelumnya, Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc juga mengatakan, batas konsumsi minum air putih bagi anak-anak tidak mesti 8 gelas sehari. Ia menjelaskan, konsumsi air putih disesuaikan dengan usia. "Usia 5-9 tahun, membutuhkan cairan sekitar 1.200-1.600 mililiter per hari atau sekitar 6 gelas air putih. Dari kecil, anak harus dibiasakan gemar mengonsumsi air putih. Agar mereka suka minum air putih, orangtua bisa mengganti [...]

BAB Bayi Keluar Darah, Waspada Alergi Susu Sapi!

BAB Bayi Keluar Darah, Waspada Alergi Susu Sapi!

Alergi tak hanya bisa dilihat secara fisik pada bayi. Karena pada kondisi tertentu, kotoran bayi yang ada darahnya bisa jadi tanda alergi susu sapi.Seperti disampaikan Ketua Divisi Alergi-Imunologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr Zakiudin Munasir, SpA (K) bahwa darah pada kotoran bayi jangan diremehkan karena kemungkinan si kecil memiliki alergi susu sapi."Selain kulit kemerahan, bayi diare dan ada darah kemungkinan alergi susu sapi," kata Zakiudin pada wartawan saat temu media di FKUI-RSCM.Zakiudin menerangkan, selain keturunan, alergi susu sapi pada bayi biasanya disebabkan oleh saluran pencernaan dan enzim yang belum sempurna. Hal ini membuat susu yang mengandung protein diserap utuh oleh bayi."Bayi memiliki saluran pencernaan dan sistem imum yang belum sempurna. Sehingga bayi yang diberikan susu sapi akan menyerap protein utuh pada susu sapi. Maka itu, menyusui adalah pilihan terbaik," jelasnya. [...]

Makanan Wanita Sebelum Hamil Pengaruhi Kesehatan Bayi

Makanan Wanita Sebelum Hamil Pengaruhi Kesehatan Bayi

Kaum wanita perhatikan benar-benar apa yang Anda makan. Gizi wanita sebelum hamil merupakan hal yang super kritis. Apa yang dimakan wanita sebelum hamil bisa memengaruhi kesehatan anaknya.Penelitian mengungkapkan diet perempuan sebelum hamil memengaruhi gen anak di masa depannya. Terlebih lagi, diet prakonsepsi bisa berdampak seumur hidup pada kesehatan bayi yang belum lahir."Ada banyak hal yang terjadi sebelum pembuahan," kata Peneliti Andrew Prentice , dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, seperti dilansir MailOnline, Rabu (30/4/2014).Dengan temuan ini, para perempuan yang ingin memulai sebuah keluarga disarankan minum vitamin dan suplemen lainnya menjelang kehamilan. Pada penelitian ini, Profesor Prentice mempelajari perempuan di pedesaan Afrika Barat bekerja sama dengan unit Medical Research Council di Gambia. Ia mengukur konsentrasi nutrisi di dalam darah terhadap 170 wanita yang baru hamil.Mereka juga meneliti DNA bayi setelah lahir dan menanyai para responden tentang diet yang dijalaninya. Hasilnya, ada hubungan yang jelas antara diet wanita dan gen anaknya.Nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat perubahan-perubahan termasuk vitamin B2, B6, dan B12, serta koli [...]

Bahaya Saat Hamil Alami Stres dan Emosi Labil

Bahaya Saat Hamil Alami Stres dan Emosi Labil

Para ibu yang berniat memiliki momongan ada baiknya untuk menjaga mental dan emosinya agar terus sehat. Mental dan emosi labil, mudah khawatir, dan panik di kala kehamilan berpotensi menjadikan bayi menangis lebih lama dan kerap berlebihan. Tidak diketahui bagaimana pengaruh antara mental ibu terhadap lama menangis bayi. Peneliti mengaitkan mental ibu yang mudah cemas mengganggu gaya pengasuhan bayi yang dapat menyebabkan bayi menangis lagi. Pendapat para ahli lain juga menyebutkan bahwa bayi menangis berlebihan disebabkan karena produksi hormon stres selama kehamilan. Hal ini terbawa ke dalam plasenta sehingga memengaruhi perkembangan otak bayi. "Seorang ibu dengan mudah masuk ke siklus negatif traumatis ketika mengkhawatirkan anak yang baru lahir. Smeakin mereka khawatir semakin sulit tidur yang memperparah emosinya," tutur ahli parenting dokter Clare Bailey seperti dilansir Daily Mail, Rabu (10/9/2014) "Jika ibu merasa santai, nyaman dan percaya diri tentu akan mudah membantu mengaru bayi yang menangis. Berbeda dengan ibu cemas yang cenderung berkurang kemampuannya untuk membantu bayi tenang," tambah Clare. Jadi, menjaga emosi dan mental positif berdampak besar bagi di sek [...]

Komnas PA akan Datangi TK JIS Terkait Kasus Pencabulan

Komnas PA akan Datangi TK JIS Terkait Kasus Pencabulan

Kasus pelecehan seksual yang menimpa bocah laki-laki berinisial AK (6) di salah satu Taman Kanak-Kanak (TK) Jakarta International School (JIS) membuat Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) geram. Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengatakan akan mendatangi sekolah tersebut untuk meminta pertanggungjawaban. "Kami akan mendatangi pihak sekolah untuk meminta klarifikasi dan pertanggung jawaban. Kami kecewa mendengar sang ibu mengatakan laporannya tidak digubris pihak sekolah," kata Arist, Selasa (15/4/2014).Komnas PA menerima laporan dari orangtua korban beberapa hari lalu dan mereka pun menceritakan kronologis kejadian. "Orangtua anak ini sangat memperhatikan kondisi bocah ini sekarang. Mereka menceritakan kronologis, sang anak bercerita kepada ibunya kalau dia telah 'dinakali' petugas kebersihan di toilet sekolah," kata Arist.Sang ibu (T) juga mengungkapkan hal serupa ketika diwawancarai Tim Liputan6.com, Senin (14/4/2014) lalu. "Tanggal 20 Maret hari Kamis, saya menemukan memar sebesar 40 cm di perut sebelah kanan anak saya. Saya tanya kenapa. Dia jawab ndak tahu. Dia bilang kebentur," kata T.Penasaran dengan pengakuan anaknya, T kemudian terus bertanya kepada AK. Anak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *