Batas Konsumsi Air Putih bagi Anak-anak

KidDrinkingWater-850x400.jpg

Selama ini mungkin kita mengetahui bahwa kebutuhan minum air putih yang diajurkan untuk semua orang adalah 8 gelas sehari. Padahal, ini adalah anjuran minum untuk dewasa sehat. Sedangkan untuk anak-anak, jauh lebih sedikit.

Seperti disebutkan Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc bahwa sesuai angka kecukupan gizi (AKG) anak-anak disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin.

“Bagi anak-anak usia 5-9 tahun, membutuhkan cairan sekitar 1.200-1.600 mililiter perhari atau sekitar 6 gelas air putih,” katanya.

Jumlah konsumsi air putih itu, kata Saptawati, tidak termasuk minuman manis lainnya. Maka itu, penting untuk mengenalkan air putih sejak dini pada anak.

“Biasakan anak itu minum air putih. Kalau anak sudah dikenalkan manis sejak kecil, ia bisa nggak suka air putih karena tawar,” ujarnya, seperti ditulis Kamis (26/6/2014).

Saptawati menyarankan, untuk membuat anak kecil suka minum air putih, ia menyarankan orangtua untuk memiliki gelas lucu yang disukai anak-anak.

Air putih adalah cairan yang sangat penting bagi pertumbuhan anak dan kesehatan anak. Anak-anak membutuhkan banyak cairan untuk menjaga kesehatan tubuhnya seiring dengan pertumbuhan berat badan dan usianya. Namun, belum semua orang tua sadar untuk membiasakan anak minum air putih dengan cukup.

Bagi anak dengan usia 4-8 tahun kebutuhan cairannya adalah 1,6 liter atau 6-7 gelas setiap harinya. Anak berusia 9 tahun keatas kebutuhan akan cairan sama dengan orang dewasa yaitu 2 liter atau 8 gelas setiap harinya. Manfaat minum air putih bagi kesehatan memang sangat banyak bagi semua orang termasuk anak-anak.

Berikut ini adalah manfaat minum air putih bagi kesehatan anak :

1. Manfaat minum air putih baik untuk kesehatan fisik dan mental
Minum air putih baik untuk kesehatan fisik dan mental anak dimana anak-anak menjadi tidak mudah lelah dan lesu.

2. Menjadikan anak lebih cerdas
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak yang terhidrasi akan menjadi lebih baik dan cerdas dibandingkan dengan anak-anak yang dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh sebab itu, memberikan anak air putih yang cukup dapat menghidrasi area abu-abu otak anak sehingga dapat bekerja secara maksimal saat belajar.

3. Minum air putih menjadikan gigi anak lebih sehat
Air putih adalah air yang bebas dari gula sehingga dapat mengurangi kerusakan gigi pada anak. Berbeda dengan anak yang suka minum es krim atau minuman manis lainnya, pasti giginya akan cepat mengalami kerusakan.

4. Menghindarkan anak dari sembelit
Minum air putih yang cukup dan mengkonsumsi makanan sehat yang berserat dapat menghindarkan anak dari sembelit dan pencernaan akan berfungsi secara baik.

Dengan membiasakan anak minum air putih secara teratur maka anak akan memperoleh manfaat minum air putih secara maksimal untuk kesehatan anak. Minum air putih dengan cukup juga dapat mencegah anak terserang penyakit.

Sementara untuk bayi orang tua sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli anak dalam pemberian air putih. Pada kasus tertentu, pemberian air putih dalam jumlah kecil mungkin tepat. Misalnya dalam keadaan konstipasi dan saat cuaca panas. Pemberian air pada bayi hanya diperbolehkan satu hingga dua ons (satu sendok makan) air pada setiap pemberiannya.

Air putih dapat diberikan pada bayi, setelah usia enam (6) bulan atau ketika bayi telah dikenalkan makanan padat (makanan pendamping ASI). Pemberian air putih sebaiknya menggunakan cangkir. Cangkir merupakan pilihan terbaik daripada dot/ botol. Hal ini dikarenakan, ketika pemberian minum dengan dot/botol menyebabkan bayi dapat menerima terlalu banyak air.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ibu Hamil Stres, Bayi di Kandungan jadi Sering Sentuh Wajah

Ibu Hamil Stres, Bayi di Kandungan jadi Sering Sentuh Wajah

Janin yang berada di dalam kandungan bisa merasakan stres dari ibunya. Ketika sang ibu stres, bayi akan sering menyentuh wajahnya.Itu semua terbukti dalam penelitian dengan mengambil foto dari USG 4D yang menciptakan gambar 3D, Dalam foto itu, janin tersebut terlihat menarik tangan mungilnya ke dagu. Bayi itu tampaknya sedang stres. Peneliti meyakini bahwa bayi yang belum lahir itu merasakan kecemasan dan kemudian berusaha menenangkan dirinya dengan kekuatan sentuhan. Pada orang dewasa, sering dijumpai mereka memegang kepala dengan kedua tangan saat stres. Tapi, pada bayi yang ibunya stres menyentuh wajah hanya dengan satu tangan.Penelitian ini dilakukan Nadja Reissland dari Durham University yang melakukan USG 4D kepada 15 ibu sebanyak 4 kali selama kehamilannya. Para ibu itu kemudian ditanyakan tingkat stres mereka dalam satu bulan setiap menjelang scan dan menganalisa foto untuk melihat seberapa sering bayi yang belum lahir menyentuh wajahnya. Hasilnya, delapan anak perempuan dan tujuh laki-laki secara keseluruhan menyentuh wajah sebanyak 342 kali.Semakin cemas sang ibu, semakin sering bayi yang belum lahir menyentuh alisnya seperti yang tercantum dalam jurnal Laterality: Asym [...]

Bahaya Anemia pada Ibu Hamil

Bahaya Anemia pada Ibu Hamil

Anemia atau kekurangan darah merah pada wanita hamil tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya pada ibu, anemia bisa menyebabkan kematian akibat pendarahan pada saat persalinan. Dan pada bayi, bisa berisiko lahir prematur atau Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).Demikian disampaikan Koordinator Sistem Kesehatan untuk program pemberian tablet tambah darah pada wanita hamil dari Micronutrient Initiative, dr Adhi Sanjaya., MSc-IH saat diwawancarai Liputan6.com, ditulis Senin (21/7/2014)."Kalau wanita hamil, dia anemia, anaknya akan berat badan lahir rendah atau prematur. Jadi belum 9 bulan, dia udah keluar. Tapi perlu ditekankan, anemia adalah kekurangan darah bukanlah rendahnya tekanan darah sebab masih banyak yang tidak membedakan," kata Adhi.Adhi menerangkan, penyebab anemia pada wanita biasanya adalah kurang makanan bergizi, infeksi malaria, cacingan dan pendarahan saat melahirkan. Yang paling dikhawatirkan adalah jika wanita hamil anemia dan tidak mau minum obat tambah darah ditambah mengalami pendarahan hebat saat melahirkan. Karena hal tersebut bisa berisiko kematian. "Setiap wanita melahirkan baik caesar atau normal pasti mengeluarkan darah. Berapa banyaknya tergantung lama persalinan. [...]

Merokok Saat Hamil Bikin Kualitas Sperma Anak Memburuk

Merokok Saat Hamil Bikin Kualitas Sperma Anak Memburuk

Semakin banyak alasan untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok, terlebih bagi ibu hamil maupun menyusui. Dampak buruk bukan hanya pada si ibu, menurut studi terbaru kebiasaan buruk ini membuat besar sperma anaknya menjadi tak berkualitas. Hal ini dipaparkan dalam jurnal Human Reproduction yang melakukan penelitian pada tikus. "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa anak tikus laki-laki yang dilahirkan dari ibu yang merokok saat besar memiliki sperma dengan kemampuan berenang buruk dan gagal menempel pada sel telur saat proses pembuahan," tuturu pemimpin penelitian sekaligus profesor kimia biologi University of Newcastle Australia, Eileen McLaughlin. Dampak akhirnya adalah tikus ini tak mampu bereproduksi alias tidak subur, lanjut McLaughlin.Memang studi ini melakukan eksperimen pada tikus yang hamil, namun dampaknya bisa terjadi pada manusia. "Rokok mengandung racun yang menyebabkan kerusukan pada inti dan mitokondria dan sel-sel di testis. Sehingga menghasilkan sperma dengan ekor dan kepala abnormal, tidak dapat dengan berenang baik dan tidak berhasil menyatu dengan sel telur," tambah McLaughlin seperti dilansir Time, Minggu (5/10/2014). Selain memengaruhi kualitas sperma a [...]

Kak Seto Optimistis Kondisi Psikologis Murid TK JIS Membaik

Kak Seto Optimistis Kondisi Psikologis Murid TK JIS Membaik

Kondisi psikologis bocah berinisial A korban pelecehan seksual di Jakarta Internastional School (JIS) mengalami kemajuan. Hal tersebut diungkapkan Pemerhati Anak, Seto Mulyadi."Sekarang sudah mengalami kemajuan, sudah mau mulai dekat dengan saya. Itu seperti membuktikan dia (bocah A) mulai mau membuka diri dengan orang lain, walaupun semuanya itu butuh proses," kata pria yang disapa Kak Seto ini saat dihubungi Tim Health Liputan6.com, Selasa (22/4/2014).Kak Seto pun mengaku optimis kondisi psikologis bocah A akan tidak membutuhkan waktu lama. "Mungkin untuk trauma yang dialami itu memang dalam, tetapi saya optimis kalau dia akan sembuh dengan cepat. Asalkan semua pihak membantu proses pemulihannya," kata Kak Seto.Kak Seto pun mengapreasiasi tinggi yang dilakukan keluarga bocah berusia enam tahun itu. "Pihak keluarga sudah berjuang keras membantu proses pemulihan sang buah hati. Saya mengapresiasi tinggi untuk mereka, itu memang yang harus dilakukan orangtua di saat anaknya sedang berada di kondisi seperti itu," kata pria yang lahir di Klaten, 28 Agustus 1951 ini.Membangun suasana nyaman di tengah keluarga merupakan salah satu faktor yang dapat membantu proses pemulihan kondisi kor [...]

Tak Sanggup Biayai, Ortu Sebaiknya Titip Anak ke Dinas Sosial

Tak Sanggup Biayai, Ortu Sebaiknya Titip Anak ke Dinas Sosial

Pemandangan anak-anak yang mencari nafkah di jalan kerap terlihat di kota-kota besar di Indonesia terutama Jakarta. Kesulitan ekonomi pada umumnya menjadi alasan dan faktor yang memaksa mereka melakukan hak itu. Sebenarnya, orangtua bisa menitipkan anaknya apabila secara ekonomi tak mampu daripada harus menyuruh anak ikut-ikutan mencari uang."Anak itu dipelihara dan dijaga oleh negara. Kalau tidak sanggup membiayai titip ke Dinas Sosial daripada dieksploitasi dan melanggar hak anak. Anak itu butuh perlindungan," kata Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, Selasa (25/3/2014).Hal yang sama juga dikatakan Menteri Pemberdayaan Wanita dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar."Negara berkewajiban menjaga dan melindungi anak. Kalau memang sekiranya benar-benar tidak mampu coba ke Dinas Sosial. Mereka butuh perlindungan dan kehidupan, masih punya masa depan," kata Linda.Ketua Panti PSBR Bambu Apus, dra. Ignatia Sri Wueuh P, M.Si mengatakan walaupun panti hanya solusi alternatif tetapi setidaknya dapat membantu mengatasi masalah anak jalanan."Anak jalanan itu rentan kekerasan, eksploitasi. Untuk melindunginya Kemensos dan Depsos tiap daerah punya [...]

Waspada Bila Anak Sering Mimpi Buruk di Malam Hari

Waspada Bila Anak Sering Mimpi Buruk di Malam Hari

Mimpi sering disebut bunga tidur. Namun, pada anak-anak yang sering bermimpi buruk waspadalah. Penelitian menunjukkan, anak berusia 12 tahun yang sering mimpi buruk berisiko mengalami gangguan kesehatan jiwa saat remajanya. Anak-anak ini tiga kali lipat berisiko mengalami gejala psikosis seperti halusinasi dan delusi.Sementara, pada anak-anak yang berusia 2 tahun hingga 9 tahun yang sering mimpi buruk, sebanyak 56 persen cenderung mengalami psikosis dibandingkan yang tidurnya tak terganggu.Namun, pada ilmuwan meyakinkan kepada orangtua mimpi buruk umum terjadi pada anak-anak dan biasanya itu akan hilang sendiri. Peneliti utama Profesor Dieter Wolke , dari University of Warwick menjelaskan, pihaknya tak ingin membuat para orangtua khawatir dengan temuan ini."Tiga dari empat anak mengalami mimpi buruk di usia muda," katanya seperti dikutip MailOnline, Senin (3/3/2014)."Namun, mimi buruk dalam jangka waktu lama atau serangan teror di malam hari itu bertahan hingga remaja bisa menjadi indikator awal sesuatu yang lebih penting di kemudian hari," kata Profesor Wolke.Mimpi buruk dan teror di malam hari sering membuat bingung. Tapi, bentuk ini sangat berbeda dari gangguan tidur. Mimpi meru [...]

Cara Tepat Atasi Sariawan pada Anak

Cara Tepat Atasi Sariawan pada Anak

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sariawan, tak terkecuali anak-anak. Sayang tak semua obat bisa digunakan anak untuk mengobati atau mengurangi rasa perih sariawan. Seperti disampaikan ahli penyakit mulut dari Departemen Gigi dan Mulut FKGUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, DR. drg. Harum Sasanti Yudoyono, Sp.PM bahwa sistem kekebalan tubuh anak-anak yang mengalami sariawan biasanya bakal menurun. "Coba cek kembali apakah anak sedang stres menghadapi ujian atau bila terjadi pada remaja wanita perhatikan siklus menstruasinya. Karena selain keturunan, sariawan juga dipengaruhi oleh stres dan kekebalan tubuhnya menurun," jelas Harum saat ditemui di Fx, Jakarta, ditulis Kamis (17/4/2014). Bila sariawan, Harum sendiri tidak menganjurkan anak untuk menggunakan obat-obatan kimia baik yang kumur atau oles. Tapi Anda bisa menggantinya dengan air garam. "Kumur saja dengan air hangat yang diberi garam secukupnya. Tapi jangan kumur cepat-cepat. Ini yang salah. Pakai obat apapun, bila menggunakan obat kumur agar berkhasiat itu minimal 30 detik-60 detik. Tapi lebih baik kumur air garam itu 2-3 menit," jelasnya. [...]

Bahaya Bayi Diberi Makanan dengan Gula-Garam Terlalu Awal

Bahaya Bayi Diberi Makanan dengan Gula-Garam Terlalu Awal

Banyak ibu yang merasa bingung kapan harus memberikan garam-gula usai bayi memasuki MPASI (Makanan Pengganti ASI). Konsultan pediatri dari Apollo Cradle, Bangalore, dr. Sowmya C.C, M.B.B.S, DNB menyatakan bahwa setelah bayi berusia lebih dari sembilan bulan baru boleh diberikan gula dan garam. "Bayi sudah bisa makan makanan biasa setelah berusia sembilan bulan. Namun jika mengonsumsi gula dan garam terlalu awal dapat menyebabkan infeksi telinga, tenggorokan dan masalah gigi," terang Sowmaya seperti dilansir iDiva pada Jumat (21//11/2014). Jika ada ibu yang mulai memberikan gula atau garam sejak bayi berusia enam bulan Sowmaya menegaskan hal tersebut tidak tepat. "Para ibu harus tahu bahwa lebih baik memberikan gula atau garam setelah bayi berusia sembilan bulan," ungkapnya. Konsultan senior dokter anak, Ashish Sahni dari Sri Balaji Action Medical Institute, Delhi menambahkan bahwa terlalu dini mengonsumsi garam maupun makanan asin bisa mengganggu kinerja ginjal. Lalu, konsumsi gula dan makanan manis bisa membuat gigi susu rusak. Jika dokter Sowmaya menyatakan bayi diberikan garam setelah berusia sembilan bulan, ahli nutrisi dari New Delhi, Lovneet Batra menyatakan bayi harus t [...]

Ibu Hamil, Hati-hati Ya Bila Mau Olahraga!

Ibu Hamil, Hati-hati Ya Bila Mau Olahraga!

Aktivitas fisik selama masa kehamilan membantu para ibu terhindar dari berat badan berlebih, serta membuat janin dalam kandungan turut merasakan manfaatnya. Namun, Direktur Kedokteran Janin Ibu di Rumah Sakit Mount Sinai, New York City, Amerika Serikat, Dr Joanne Stone menyadari, butuh energi ekstra dan kuat bagi ibu agar dapat menyeimbangkan tubuh selama beraktivitas, dan itu tidak mudah untuk siapa saja. Ia mengatakan, bila tidak ada keseimbangan maka berisiko jatuh dan menyebabkan terjadinya komplikasi. "Tapi secara keseluruhan, olahraga bermanfaat selama masa kehamilan. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa wanita yang berolahraga, akan mengurangi gejala kehamilan yang mengganggu, seperti sakit punggung dan lain-lain," kata Joanne dikutip FoxNews, Kamis (1/5/2014)Agar detak jantung selama berolahraga dalam keadaan baik, ia menyarankan agar para ibu tetap dalam kondisi terhidrasi dengan baik, dan makan yang cukup baik sebelum dan sesudah berolahraga. [...]

Tablet Tambah Darah Tersalurkan Semua, Tapi Dibuang Ibu Hamil

Tablet Tambah Darah Tersalurkan Semua, Tapi Dibuang Ibu Hamil

Meski data Kementerian Kesehatan menunjukkan hampir semua ibu hamil telah menerima tablet penambah darah, tapi ternyata angka kepatuhan minumnya sangat rendah. Seperti disampaikan Ketua Bidang Kajian Penyakit Tidak Menular Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Dr. Dini Latief, MSE, SpGK bahwa angka kepatuhan minum obat penambah darah saat hamil sangat rendah. Padahal data Riskesdas 2013 menunjukkan, terdapat 37,1 persen ibu hamil anemia, yang kadar Hemoglobinnya kurang dari 11,0 gram/dl, dengan proporsi yang hampir sama antara di kawasan perkotaan (36,4 persen) dan perdesaan (37,8 persen)."Laporan Kementerian Kesehatan 2010 menunjukkan, ibu hamil yang menerima obat tambah darah di atas 90 persen. Tinggi kan. Tapi ternyata pas dicek di data yang sama, kepatuhan minum obat anemia hanya 18 persen. Berarti kemana obatnya? dibuang?," kata Dini saat acara Rakernas perhimpunan ilmiah tahunan Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Sabtu (7/6/2014).Dini kembali menyontohkan, di Jawa Barat saat ini kelebihan obat penambah darah. Ia bahkan mengatakan, ada 8 juta sachet obat yang tersedia walaupun jumlah ibu hamil hanya ada 1 juta o [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *