Batas Konsumsi Air Putih bagi Anak-anak

KidDrinkingWater-850x400.jpg

Selama ini mungkin kita mengetahui bahwa kebutuhan minum air putih yang diajurkan untuk semua orang adalah 8 gelas sehari. Padahal, ini adalah anjuran minum untuk dewasa sehat. Sedangkan untuk anak-anak, jauh lebih sedikit.

Seperti disebutkan Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc bahwa sesuai angka kecukupan gizi (AKG) anak-anak disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin.

“Bagi anak-anak usia 5-9 tahun, membutuhkan cairan sekitar 1.200-1.600 mililiter perhari atau sekitar 6 gelas air putih,” katanya.

Jumlah konsumsi air putih itu, kata Saptawati, tidak termasuk minuman manis lainnya. Maka itu, penting untuk mengenalkan air putih sejak dini pada anak.

“Biasakan anak itu minum air putih. Kalau anak sudah dikenalkan manis sejak kecil, ia bisa nggak suka air putih karena tawar,” ujarnya, seperti ditulis Kamis (26/6/2014).

Saptawati menyarankan, untuk membuat anak kecil suka minum air putih, ia menyarankan orangtua untuk memiliki gelas lucu yang disukai anak-anak.

Air putih adalah cairan yang sangat penting bagi pertumbuhan anak dan kesehatan anak. Anak-anak membutuhkan banyak cairan untuk menjaga kesehatan tubuhnya seiring dengan pertumbuhan berat badan dan usianya. Namun, belum semua orang tua sadar untuk membiasakan anak minum air putih dengan cukup.

Bagi anak dengan usia 4-8 tahun kebutuhan cairannya adalah 1,6 liter atau 6-7 gelas setiap harinya. Anak berusia 9 tahun keatas kebutuhan akan cairan sama dengan orang dewasa yaitu 2 liter atau 8 gelas setiap harinya. Manfaat minum air putih bagi kesehatan memang sangat banyak bagi semua orang termasuk anak-anak.

Berikut ini adalah manfaat minum air putih bagi kesehatan anak :

1. Manfaat minum air putih baik untuk kesehatan fisik dan mental
Minum air putih baik untuk kesehatan fisik dan mental anak dimana anak-anak menjadi tidak mudah lelah dan lesu.

2. Menjadikan anak lebih cerdas
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak yang terhidrasi akan menjadi lebih baik dan cerdas dibandingkan dengan anak-anak yang dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh sebab itu, memberikan anak air putih yang cukup dapat menghidrasi area abu-abu otak anak sehingga dapat bekerja secara maksimal saat belajar.

3. Minum air putih menjadikan gigi anak lebih sehat
Air putih adalah air yang bebas dari gula sehingga dapat mengurangi kerusakan gigi pada anak. Berbeda dengan anak yang suka minum es krim atau minuman manis lainnya, pasti giginya akan cepat mengalami kerusakan.

4. Menghindarkan anak dari sembelit
Minum air putih yang cukup dan mengkonsumsi makanan sehat yang berserat dapat menghindarkan anak dari sembelit dan pencernaan akan berfungsi secara baik.

Dengan membiasakan anak minum air putih secara teratur maka anak akan memperoleh manfaat minum air putih secara maksimal untuk kesehatan anak. Minum air putih dengan cukup juga dapat mencegah anak terserang penyakit.

Sementara untuk bayi orang tua sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli anak dalam pemberian air putih. Pada kasus tertentu, pemberian air putih dalam jumlah kecil mungkin tepat. Misalnya dalam keadaan konstipasi dan saat cuaca panas. Pemberian air pada bayi hanya diperbolehkan satu hingga dua ons (satu sendok makan) air pada setiap pemberiannya.

Air putih dapat diberikan pada bayi, setelah usia enam (6) bulan atau ketika bayi telah dikenalkan makanan padat (makanan pendamping ASI). Pemberian air putih sebaiknya menggunakan cangkir. Cangkir merupakan pilihan terbaik daripada dot/ botol. Hal ini dikarenakan, ketika pemberian minum dengan dot/botol menyebabkan bayi dapat menerima terlalu banyak air.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bayi Kembar Kuat, Lahir dari Ibu yang Kemoterapi Selama Hamil

Bayi Kembar Kuat, Lahir dari Ibu yang Kemoterapi Selama Hamil

Sarah Pierce tak pernah menyangka di usia kehamilannya yang 16 minggu ia mendapat kabar mengagetkan. Ia didiagnosa menderita kanker payudara dan selama kehamilan ia harus menjalani kemoterapi dan radioterapi. Namun, kekhawatiran kemoterapi mengganggu anaknya tak terbukti. Dua bayi kembar buah hatinya lahir dengan sehat.Memang, salah satu cara menyelamatkan hidupnya dengan kemoterapi. Pierce pun takut bayi yang ada di dalam kandungannya tak bisa bertahan. Apalagi kehamilan Pierce sudah lama dinantikannya. Pierce (40) bersama pasangannya Adam Sparkey (27) seorang asisten manajer ritel berjuang keras menabung hingga 4.200 Poundsterling untuk menjalani perawatan bayi tabung."Saya mengalami kehamilan ektopik 10 tahun sebelumnya dan dokter harus mengangkat saluran tuba saya, jadi IVF (bayi tabung) adalah satu-satunya kesempatan saya hamil," kata Pierce seperti dilansir Mailonline, Selasa (27/5/2014).Dua minggu usai menjalani perawatan, ia hamil dan dua minggu kemudian hasil scan menunjukkan ada dua detak jantung."Kami benar-benar senang," katanya.Namun, di usia kehamilan 16 minggu, Pierce menemukan benjolan di payudaranya ketika di kamar mandi. Dan seminggu kemudian, dokter menyampaikan [...]

Alasan Mengapa Anak Sulit diatur

Alasan Mengapa Anak Sulit diatur

Dibalik perilaku si kecil yang dianggap bermasalah oleh orang dewasa, ternyata ada banyak alasan buah hati melakukannya. Seperti disampaikan hipnoterapis klinis, Dra. MTh. Widya Saraswati, CCH, CT ada 5 alasan anak berubah menjadi bermasalah, seperti: 1. Mau mendapat perhatian Untuk alasan yang satu ini, kata Widya, kebanyakan orangtua mungkin paham sebab anak yang ingin mendapat perhatian mudah dikenali dengan kebiasaannya yang tidak normal. 2. Mau mendapat kekuasaan Ini salah satu tujuan berbahaya yang bisa dilakukan anak. Widya mengingatkan, anak itu cerdas, dan bisa belajar respon orang lain dari perilakunya. "Contohnya, anak minta dibelikan sesuatu. Bila dia tidak dibelikan, anak menjerit, marah, teriak dan mungkin guling-guling di tanah. Pikiran orangtua, kalau tidak dituruti maka anak akan diam. Ini salah. Bila Anda menuruti anak yang seperti itu, maka dia akan mendapat kekuasaannya. Anak akan belajar, kalau dia teriak, orangtua kalah dan apapun yang dia inginkan bisa didapatkannya," kata Widya. 3. Balas dendam Widya menyontohkan, anak yang suka membalas dendam. Misalnya, anak yang tidak dibelikan mainan, dia kemudian membanting apapun yang ada di dekatnya. Anak mer [...]

Kenapa Banyak Ibu Ogah Susui Anaknya?

Kenapa Banyak Ibu Ogah Susui Anaknya?

Dari hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2010, disebutkan bahwa pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif masih terbilang rendah. Untuk bayi berusia kurang dari enam bulan, hanya 15,3 persen yang mendapat ASI eksklusif. Dan, hanya 29,3 persen pemberian inisiasi menyusui dini kurang dari 1 jam setelah bayi lahir. Dokter Endang Lestari, Sp. A mengatakan, dalam sebuah penelitian yang dilakukan Dr Ray Basrowi dari Universitas Indonesia (UI), ketidaktersediaan fasilitas memerash ASI di tempat kerja berkolerasi dengan rendahnya pemberian ASI eksklusif. "Sebanyak 78 persen pekerja pabrik, dan 51,9 persen PNS tidak memberikan ASI eksklusif. Kebanyakan dari mereka, memilih untuk menghentikan pemberian ASI setelah kembali bekerja," kata Endang menjelaskan.Dalam talkshow bertema `Breasfeeding a Winning Goal For Life` di Gedung POTAS - RSAB Harapan Kita, Jakarta Barat, Selasa (5/8/2014), Endang mengatakan, memang tidak sedikit masyarakat yang belum memahami pentingnya pemberian ASI tersebut. "Masih dari penelitian yang dilakukan Dr Ray, terungkap 50 persen pekerja formal di Jakarta memerah ASI di toilet atau kamar mandi," kata Endang menerangkan.Melihat kondisi yang menyedihkan ini, membuat R [...]

6 Manfaat Menyusui buat Balita

6 Manfaat Menyusui buat Balita

Air Susu Ibu tetap (ASI) menjadi susu terbaik. Semua wanita tentu menyadari tentang pentingnya ASI. Namun, keraguan muncul ketika ibu harus memutuskan kapan harus menghentikan ASI ke balita Anda.Ada banyak perempuan yang terus menyusui anaknya sampai berusia 3 sampai 4 tahun. Tapi, apabila ibu memilih melanjutkan ASI hingga di atas dua tahun, pemenuhan gizi dari ASI saja tidak cukup.Dr. Jack Newman menjelaskan, UNICEF telah lama mendorong menyusui selama dua tahun dan lebih lama. Dan American Academy of Pediatrics mendorong ibu untuk menyusui, setidaknya satu tahun dan selama ibu dan bayi menginginkan."Menyusui untuk 3 dan 4 tahun telah umum di sebagian besar dunia dan balita yang menyusui masih umum di kebanyakan masyarakat," katanya.Apabila Ada yang mengatakan ASI tak memiliki nilai setelah enam bulan, informasi itu kurang lengkap. Dr Newman menjelaskan, bahkan setelah enam bulan ASI masih mengandung protein, lemak dan unsur penting lainnya. ASI masih mengandung faktor kekebalan tubuh yang membantu melindungi anak bahkan ketika ia berusia dua tahun atau lebih. Bahkan , beberapa faktor imun dalam ASI yang melindungi bayi dari infeksi lebih baik pada tahun kedua kehidupan dibandin [...]

Saat Usia 1 Tahun, Ini yang Mestinya Sudah Bisa Dilakukan Bayi

Saat Usia 1 Tahun, Ini yang Mestinya Sudah Bisa Dilakukan Bayi

Tak terasa tanggal 22 Juli 2014 lalu, Pangeran George putra Pangeran William dan Kate Middleton genap berusia satu tahun. Meski baru 12 bulan berada di dunia, sudah banyak perkembangan yang dilaluinya. Beberapa waktu lalu sebelum genap satu tahun Pangeran George sudah bisa melangkahkan kaki, lalu apalagi yang bisa dilakukan bayi usai satu tahun? Menurut Baby Centre, Jumat (25/7/2014) beberapa bayi akan sudah mulai berbicara pada 10-11 bulan namun belum jelas kata apa yang diucapkannya. Jika belum bisa berbicara, tak perlu takut karena perkembangan tiap bayi berbeda. Namun, pada saat berusia 12 bulan bayi sudah mampu memahami beberapa kata. Sehingga komunikasi bisa berjalan dua arah antara Anda dan bayi. Ia sudah mampu memahami perintah sederhana seperti "berhenti", "ayo buka mulut", "ayo senyum". Anda juga sudah bisa mengajarkan beberapa kata sopan santun seperti "tolong" dan "terima kasih". Setengah tahun kemudian perkembangannya bicara bayi berkembang pesat. Dimana bayi sudah mampu berkata-kata 10 kali lebih baik dibanding saat setahun. [...]

Berikan Anak Pendidikan Seks dengan Cara Sederhana

Berikan Anak Pendidikan Seks dengan Cara Sederhana

Orangtua tentu berbeda dalam memberikan pendidikan seksual kepada anak-anak atau remaja. Pendidikan seksual pada anak balita bisa dimulai dengan cara sederhana tentang perbedaan jenis kelamin."Kalau anak-anak caranya sederhana saja. Contohnya saja jenis kelamin itu beda. Organ kelamin beda. Itu akan menyadarkan anak ada yang berbeda antara lelaki dan perempuan," kata Dokter Andrologi dan Seksologi FK Univ Udayana Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS, saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (15/4/2014).Profesor Wimpie mengatakan, agar anak-anak tak bosan saat orangtua memberitahunya, sebaiknya pendidikan seksual itu diberikan pada saat-saat tertentu. Ketika anak-anak merasa senang atau menyampaikannya dalam bentuk cerita.Sebenarnya, menurut Profesor Wimpie, anak-anak sudah belajar pendidikan seksual sejak kecil sebelum bisa berbicara. Kasih sayang dari orangtua seperti belaian termasuk pendidikan seksual yang dipelajari anak-anak.Seperti diketahui, siswa berusia 6 tahun di sebuah Taman Kanak-Kanak di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan, mendapat kekerasan seksual dari petugas kebersihan di sekolahnya.Tak tanggung-tanggung, pelecehan yang diterima bocah berinisial AK dilakukan l [...]

Ibu Hamil Boleh Divaksin Meningitis?

Ibu Hamil Boleh Divaksin Meningitis?

Vaksin meningitis penting untuk mencegah penularan virus. Tapi, vaksin tersebut tak boleh sembarangan diberikan kepada wanita hamil.Seperti disampaikan Ahli vaksin dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM, Dr.dr. Iris Rengganis, Sp.PD., KAI, FINASIM bahwa vaksin meningitis diberikan pada ibu hamil dengan dua alasan. Pertama, bila ia akan pergi ke wilayah endemis meningitis. Kedua, ibu hamil harus memastikan vaksin yang diberikan merupakan jenis vaksin mati."Vaksin meningitis yang boleh diberikan pada Ibu hamil adalah vaksin mati. Itu juga diberi kalau ibu hamil benar-benar akan bepergian ke wilayah endemis," kata Iris saat diwawancarai dalam acara peluncuran Kampanye Novartis 'SEHATi Lindungi' di Fx, Sudirman, Rabu (23/4/2014).Menurut Iris, bila ibu hamil diberikan vaksin hidup, ini akan memengaruhi janin terkena penyakit atau kecacatan saat lahir. Sementara vaksin hidup biasanya diberikan untuk mencegah cacar air, campak, gondongan serta yang akan ada vaksin herpes."Janin itu kan belum punya kekebalan tubuh yang baik. Jadi hanya ibu yang menjaga sistem kekebalan dengan baik. Hampir sama dengan orang HIV, bil [...]

Agar Anak Punya Empati dan Tak Narsis

Agar Anak Punya Empati dan Tak Narsis

Narsisme atau bangga terhadap diri sendiri tanpa peduli lingkungan tidak baik bagi anak. Karena itu, orangtua jangan terlalu ikut campur ketika sang anak bermain dengan teman-temannya.Psikolog dari Boston College, Amerika Serikat, Doktor Peter Gray, mengatakan, di masa kanak-kanak, orangtua harus membiarkannya bermain dengan rasa bebas tanpa adanya pengawasan ketat, agar di saat anak tumbuh menjadi orang dewasa yang memiliki rasa empati dan terhindar dari narsisme.Sebab, ketika anak bermain dan selalu diawasi, masalah yang ada pada dirinya akan selalu disimpan tanpa berani diungkapkan."Orangtua harus pintar mencari tahu apa yang disuka dan tidak disuka oleh seorang anak. Orangtua jangan terlalu ketat dalam mengawasinya ketika bermain," kata Peter Gray seperti dikutip Daily Mail, Senin (17/3/2014)Dengan memberikan kebebasan bermain kepada anak, secara tidak langsung orangtua telah mengajarkan anak-anaknya tersebut untuk dapat mengambil keputusannya sendiri, memecahkan masalahnya sendiri, bernegosiasi dengan orang lain, tidak egois, dan mampu berdiskusi dengan teman-temannya."Ketika anak terus diarahkan oleh orang dewasa, mereka tidak akan mampu mengembangkan kontrol emosinya sendiri [...]

Boleh Nggak Orangtua Bugil di Depan Anak?

Boleh Nggak Orangtua Bugil di Depan Anak?

Orangtua mungkin sulit memiliki waktu sendiri. Tiba-tiba saja anak Anda masuk kamar ketika sedang tak berbusana (bugil) atau hendak ke mandi. Apakah boleh orangtua telanjang di depan anaknya?Kelly Wallace dari CNN menjelaskan sebenarnya kuncinya adalah kenyamanan. Apabila anak-anak Anda merasa nyaman ketika orangtuanya telanjang di depannya, tak ada yang salah," kata Avital Norman Nathan, seorang ibu dari anak berusia 8 tahun yang pernah melihat dirinya dan suaminya bugil hendak berpakaian atau di kamar mandi. Ia merupakan pendiri blog The Mamafesto.Menurutnya, apabila anaknya mengatakan tindakan orangtuanya membuatnya tak nyaman tentu ia menghormatinya. "Telanjang ketika di rumah Anda dan 100 persen tidak seksual, tidak akan melukai anak, terutama ketika semua merasa nyaman," ujarnya.Bertambahnya usia anak juga akan mengembangkan rasa kesopanan di dalam diri mereka. Anak-anak akan memberitahu kapan ia merasa tak nyaman biasanya ketika mereka memutuskan tak ingin telanjang di depan Anda. Jelaskan TelanjangPsikoterapis Dr. anak Fran Walfish menjelaskan penting untuk mempertimbangkan usia dan perkembangan anak ketika membahas telanjang. Namun, ada satu hal yang benar-benar harus d [...]

Youtube Akan Sediakan Konten Khusus Anak-anak

Youtube Akan Sediakan Konten Khusus Anak-anak

Youtube merupakan salah situs yang dapat dengan mudah diakses oleh siapa pun, termasuk anak-anak. Terlebih saat ini, hampir dua pertiga dari anak usia sembilan sampai sebelas tahun memiliki ponsel, yang membuat anak-anak itu dengan mudah mengakses segala sesuatu yang diinginkannya.Melihat situasi yang cukup memprihatinkan ini, Youtube berencana akan menyediakan konten khusus anak-anak dan berisi semua video yang layak untuk disaksikan oleh anak-anak berusia di antara dan di bawah 10 tahun.Selain itu, Youtube pun akan menyediakan satu fitur kontrol khusus orangtua, yang disebut dengan Safety Mode.Fitur ini berguna untuk menyembunyikan video yang berisi konten yang tidak pantas untuk dilihat anak-anak. Dan fitur ini juga memungkinkan Google SafeSearch untuk menyaring apa-apa saja yang akan diakses oleh anak-anak itu.Menurut sebuah laporan seperti dikutip Daily Mail, Rabu (19/3/2014), ada pun saluran ramah anak-anak yang akan disediakan Youtube adalah Sesame Street dan Disney Channel. Ada juga Youtube EDU, saluran yang dirancang khusus bagi anak-anak usia sekolah yang berisikan materi pendidikan. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *