Batas Konsumsi Air Putih bagi Anak-anak

KidDrinkingWater-850x400.jpg

Selama ini mungkin kita mengetahui bahwa kebutuhan minum air putih yang diajurkan untuk semua orang adalah 8 gelas sehari. Padahal, ini adalah anjuran minum untuk dewasa sehat. Sedangkan untuk anak-anak, jauh lebih sedikit.

Seperti disebutkan Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc bahwa sesuai angka kecukupan gizi (AKG) anak-anak disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin.

“Bagi anak-anak usia 5-9 tahun, membutuhkan cairan sekitar 1.200-1.600 mililiter perhari atau sekitar 6 gelas air putih,” katanya.

Jumlah konsumsi air putih itu, kata Saptawati, tidak termasuk minuman manis lainnya. Maka itu, penting untuk mengenalkan air putih sejak dini pada anak.

“Biasakan anak itu minum air putih. Kalau anak sudah dikenalkan manis sejak kecil, ia bisa nggak suka air putih karena tawar,” ujarnya, seperti ditulis Kamis (26/6/2014).

Saptawati menyarankan, untuk membuat anak kecil suka minum air putih, ia menyarankan orangtua untuk memiliki gelas lucu yang disukai anak-anak.

Air putih adalah cairan yang sangat penting bagi pertumbuhan anak dan kesehatan anak. Anak-anak membutuhkan banyak cairan untuk menjaga kesehatan tubuhnya seiring dengan pertumbuhan berat badan dan usianya. Namun, belum semua orang tua sadar untuk membiasakan anak minum air putih dengan cukup.

Bagi anak dengan usia 4-8 tahun kebutuhan cairannya adalah 1,6 liter atau 6-7 gelas setiap harinya. Anak berusia 9 tahun keatas kebutuhan akan cairan sama dengan orang dewasa yaitu 2 liter atau 8 gelas setiap harinya. Manfaat minum air putih bagi kesehatan memang sangat banyak bagi semua orang termasuk anak-anak.

Berikut ini adalah manfaat minum air putih bagi kesehatan anak :

1. Manfaat minum air putih baik untuk kesehatan fisik dan mental
Minum air putih baik untuk kesehatan fisik dan mental anak dimana anak-anak menjadi tidak mudah lelah dan lesu.

2. Menjadikan anak lebih cerdas
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak yang terhidrasi akan menjadi lebih baik dan cerdas dibandingkan dengan anak-anak yang dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh sebab itu, memberikan anak air putih yang cukup dapat menghidrasi area abu-abu otak anak sehingga dapat bekerja secara maksimal saat belajar.

3. Minum air putih menjadikan gigi anak lebih sehat
Air putih adalah air yang bebas dari gula sehingga dapat mengurangi kerusakan gigi pada anak. Berbeda dengan anak yang suka minum es krim atau minuman manis lainnya, pasti giginya akan cepat mengalami kerusakan.

4. Menghindarkan anak dari sembelit
Minum air putih yang cukup dan mengkonsumsi makanan sehat yang berserat dapat menghindarkan anak dari sembelit dan pencernaan akan berfungsi secara baik.

Dengan membiasakan anak minum air putih secara teratur maka anak akan memperoleh manfaat minum air putih secara maksimal untuk kesehatan anak. Minum air putih dengan cukup juga dapat mencegah anak terserang penyakit.

Sementara untuk bayi orang tua sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli anak dalam pemberian air putih. Pada kasus tertentu, pemberian air putih dalam jumlah kecil mungkin tepat. Misalnya dalam keadaan konstipasi dan saat cuaca panas. Pemberian air pada bayi hanya diperbolehkan satu hingga dua ons (satu sendok makan) air pada setiap pemberiannya.

Air putih dapat diberikan pada bayi, setelah usia enam (6) bulan atau ketika bayi telah dikenalkan makanan padat (makanan pendamping ASI). Pemberian air putih sebaiknya menggunakan cangkir. Cangkir merupakan pilihan terbaik daripada dot/ botol. Hal ini dikarenakan, ketika pemberian minum dengan dot/botol menyebabkan bayi dapat menerima terlalu banyak air.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Ortu Ajarkan Anak Katakan `Maaf`

Cara Ortu Ajarkan Anak Katakan `Maaf`

Mengajarkan anak untuk mengatakan maaf mungkin menjadi salah satu tugas terberat orangtua (ortu). Ingatlah, memaksakan anak mengatakan maaf mungkin membuat orangtua merasa lebih baik, tapi berbeda dengan yang dirasakan anak.Melatih anak mengatakan maaf sangat penting. Ini akan membantu anak menerima tanggung jawab karena perbuatan salah yang dilakukannya dan membantu anak melakukan perbuatan yang benar.Mengajar anak mengatakan maaf tak boleh dipaksakan. Mengajarkan balita meminta maaf tentu memerlukan waktu, kesabaran, dan usaha. Orangtua harus berbicara dengan tenang kepada anak dan membuat anak memahami konsekuensi dari tindakannya. Setelah itu, beritahu kepada anak bahwa mengatakan maaf merupakan hal yang benar. Jika anak tak setuju, cobalah berbicara lagi. Bersabar dan usahakan untuk tidak berdebat. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk melatih anak mengatakan maaf seperti dilansir Boldsky, Selasa (10/6/2014):1. Anak belajar minta maaf dari orangtuaKetika Anda merasa melakukan perbuatan yang salah, dekati anak Anda dan katakan maaf. Orangtua tak perlu merasa malu melakukannya, ini akan mengajarkan ke anak Anda bahwa Anda melakukan hal yang benar dan anak aka [...]

Cemilan Sehat untuk Ibu Menyusui

Cemilan Sehat untuk Ibu Menyusui

Saat menyusui sang buah hati, ibu wajib memerhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh. Salah satunya meningkatkan asupan kalori, protein, vitamin dan mineral. Nah untuk mencukupi kebutuhan tersebut, bisa juga didapatkan lewat cemilan di sela makan besar Anda. Dilansir dari Livestrong pada Senin (24/11/2014) ini cemilan sehat untuk Anda ibu yang sedang menyusui. 1. SusuWanita menyusui membutuhkan 1.000 sampai 1.300mg kalsium per hari. Kalsium membantu menjaga kesehatan tulang Anda. Salah satu sumberu utama kalsium adalah susu. 2. Makanan tinggi proteinAnda perlu mengonsumsi 25 protein sehari. Hal ini bisa diperoleh dari daging sapi, keju, kacang, cracker gandum. 3. Sayur dan buahBuah dan sayur mengandung Vitamin A, Vitamin C, folat, kalium, dan serat. Wortel, jeruk, stroberi salah satu yang disarankan untuk dikonsumsi. [...]

Topi Bayi Bisa Cegah Sindrom Kepala Datar

Topi Bayi Bisa Cegah Sindrom Kepala Datar

Penggunaan topi atau kita kenal dengan kupluk bayi ternyata memiliki manfaat bagi si kecil. Selain menambah lucu penampilannya, kupluk bayi juga bisa mencegah sindrom kepala datar (flat head syndrome).Seperti disampaikan dokter spesialis anak dan neonatologis dari Colorado, Dr. Jane Scott bahwa sindrom kepala datar merupakan kondisi yang timbul karena posisi kepala di satu sisi yang terlalu lama. Ada 2 jenis sindrom yang termasuk di dalamnya, yakni Plagiocephaly dan Tortikolis."Plagiochepaly adalah perataan pada tengkorak bayi. Terjadi karena distorsi asimetris tulang kepala atau merata di satu sisi kepala. Hal ini biasanya disebabkan karena posisi telentang di satu sisi yang terlalu lama. Sedangkan Tortikolis adalah ketidakseimbangan pada otot leher. Biasanya ditandai dengan nyeri yang hilang timbul atau kejang yang terus menerus pada otot-otot leher, sehingga mendorong kepala berputar dan miring ke depan, ke belakang, atau ke samping," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (11/7/2014).Masalahnya, katanya, selain membuat bentuk kepala yang tidak indah dalam jangka panjang. Sindrom kepala datar dapat berpengaruh kepada kemampuan penglihatan, pendenga [...]

Seandainya Pemerintah Tegas, Bocah Iqbal Tak Bakal Dianiaya

Seandainya Pemerintah Tegas, Bocah Iqbal Tak Bakal Dianiaya

Salah satu contoh kasus eksploitasi anak yang terjadi di jalanan adalah seroang bocah bernama Iqbal. Bocah usia 3,5 tahun itu diculik dan dipaksa mengamen selama tiga bulan oleh si penculiknya. Namun, selama itu pula tak terjaring razia dinas sosial. Ini semua bisa terjadi karena pemerintah tak tegas sehingga eksploitasi anak merajalela di jalanan Jakarta.Demikian disampaikan Aktivis Perempuan Fahira Idris dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa (25/3/2014)."Mungkin aturannya yang melarang sudah ada, tetapi pengawasan di lapangan kurang. Buktinya hampir tiga bulan lamanya Iqbal diculik dan dipaksa mengamen di jalanan oleh penculiknya dan selama itu tidak terjaring razia oleh dinas sosial. Andai ada pengawasan rutin dan tegas di lapangan, saya yakin tidak ada lagi anak-anak yang diksploitasi terutama di jalanan Jakarta.? ujar Fahira Idris saat menjenguk Iqbal di Rumah Sakit Koja, Jakarta Utara.Iqbal merupakan korban penculikan yang berlanjut menjadi eksploitasi anak. Tersangka penculikan DS menyuruh Iqbal mengamen serta disiksa karena tak bisa menyetor Rp 40 ribu dari hasil mengamen.Saat ini Iqbal terbaring lemah dengan tubuh penuh luka parah, termasuk alat vitalnya. Bahkan, [...]

6 Minuman Sehat buat Ibu Hamil

6 Minuman Sehat buat Ibu Hamil

Ibu hamil disarankan banyak minum air putih. Tapi, ada beberapa minuman yang perlu diperhatikan di dalam diet ibu hamil. Sebenarnya ada banyak pilihan minuman sehat agar menjaga tubuh tetap terhidrasi.Berikut beberapa minuman yang bagus dikonsumsi ibu hamil seperti dilansir Health, Kamis (10/4/2014):1. AirIbu hamil perlu banyak minum air putih. Anda tentu tahu pentingnya air minum. Cukup ikuti aturan minum delapan gelas sehari. "Minumlah setidaknya 2,5 hingga 3 liter sehari . Ini akan menjaga Anda terhidrasi," kata Ahli Gizi Deepshikha Agarwal.2. SmoothiesIni bukan hanya minuman kesehatan. Susu dan buah dicampur bersama dan dituangkan dalam gelas. Smoothie banyak mengandung kalsium, protein, dan serat yang bagus buat tubuh. Pilih pisang, stroberi, mangga, atau buah yang menggugah selera Anda. Tapi pastikan smoothie buatan rumah.3. Jus buah campuranApabila susu bukan menjadi minuman favorit Anda, cobalah mencampur buah-buahan dan dibuat jus. Anda bisa berkreasi dengan mencampur buah berry atau jeruk bersama-sama sesuai selera Anda.4. Jus sayuranBayam dan mint, wortel dan labu, pilihan sayuran tersebut bisa menjadi kombinasi jus sayuran Anda. Tapi, Deepshikha menyarankan Anda membuat [...]

Dari Gerak-Geriknya, Pangeran George Tipe Bayi Percaya Diri

Dari Gerak-Geriknya, Pangeran George Tipe Bayi Percaya Diri

Melihat gerak-gerik pangeran George memang menggemaskan. Bayi pasangan Kate Middleton dan Pangeran William ini memang sudah menjadi pusat perhatian sejak dalam kandungan. Menurut ahli bahasa, bahasa tubuh pangeran kerajan Inggris ini menunjukkan pribadi yang percaya diri dan mampu bersosialisasi."Pangeran George merupakan pribadi yang percaya diri, ramah, suka tersenuyum, berani dan mampu cepat bersosialisai. Gerak-gerik pangeran memperlihatkan itu semua," kata ahli bahasa tubuh, Judi James dikutip Dailymail, Senin (21/4/2014).Judi mengatakan ketika Pangeran George berada di tengah banyak orang, bayi George tidak memperlihatkan adanya kecemasan sosial. "Dari cara duduk pun Pangeran George memperlihatkan rasa nyaman. Dan tidak merasa cemas sama sekali ketika berada di tempat banyak orang. Tatapan matanya memancarkan sebuah tekad dan penuh percaya diri," kata Judi.Gerak-gerik Pangeran George pun menurut Judi memperlihatkan sebuah keyakinan untuk masa depan. "Terlihat sekali Pangeran George ingin menjadi pusat perhatian, dia akan tumbuh menjadi seorang yang pintar dan mampu menarik banyak orang atas prestasi yang dimilikinya," kata Judi. [...]

Spa Bayi Rangsang Motorik dan Tingkatkan Kecerdasan Bayi

Spa Bayi Rangsang Motorik dan Tingkatkan Kecerdasan Bayi

Spa bayi yang dilengkapi dengan pijat khusus dipercaya mampu merangsang gerakan motorik, meningkatkan konsentrasi, dan kecerdasan anak. "Pijat bayi sebagai bagian dari perawatan spa bayi bermanfaat untuk merangsang otot motorik dan memperbaiki kekebalan tubuh terhadap penyakit sehingga membuat bayi lebih sehat dan cerdas," kata Presiden Direktur PT. Barclay Products, Phillips Gunawan dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (30/4/2014). Penelitian lain bahkan menunjukkan pijat dan spa pada bayi dapat meningkatkan konsentrasi serta dapat meningkatkan kecerdasan otak anak di samping merupakan salah satu cara terbaik dalam merawat bayi dan berdampak pada kesehatan sekaligus menciptakan ikatan emosional yang lebih erat antara ibu dan bayi. Karena itu, Phillips Gunawan menyebutkan, pihaknya memberikan pelatihan khusus dan edukasi tentang spa dan pijat bayi yang diberi nama Edukasi My Baby Spa secara langsung di Toko Modern Channel (Hypermarket dan Supermarket) serta di posyandu-posyandu seluruh Indonesia. Kegiatan itu telah rutin dilakukan sejak 2012 dan menjangkau langsung ribuan ibu Indonesia. Menurut dia spa dan pijatan yang benar pada tubuh bayi sudah terbukti melalui beragam [...]

Gadis 8 Tahun Minta Maaf ke Ibu Usai Lihat Video Kelahirannya

Gadis 8 Tahun Minta Maaf ke Ibu Usai Lihat Video Kelahirannya

Melihat anak yang lahir akan mengubah kehidupan seseorang. Namun, melihat bagaimana ibumu melahirkan mungkin akan terasa aneh.Seorang gadis berusia 8 tahun bernama Athina begitu terpesonanya saat menyaksikan video yang memperlihatkan perjuangan sang ibu melahirkannya. Ia pun meminta maaf usai menonton video itu. "Wow, saya sangat lucu," kata Athina yang lahir pada 2006.Video yang diupload di YouTube tersebut sudah dilihat 148.875 kali. "Inikah yang akan terjadi pada saya ketika saya dewasa?," tanya Athina saat menyaksikan video itu sambil tersenyum dan ibunya mengatakan ia akan melalui hal yang sama.Seperti dilansir ABCNews, Minggu (18/5/2014), Robert Losits mengatakan, ia memberikan video itu untuk istrinya Renata sebagai hadiah Hari Ibu. Dan karena anak tirinya Athina meminta melihatnya, ia pikir sebaiknya rekaman tersebut ditonton Athina."Saya ingin membuat video itu karena saya tahu ekspresinya yang tak ternilai harganya," kata Losits, yang tinggal di Hungaria.Saat menonton video itu, Athina terlihat tak bergeming. Ia menarik napas, menggigit bibir bawahnya dan terlihat begitu terkejut ketika ibunya mengatakan kepadanya `Itu kepalamu`. Pada saat kelahirannya, Athina menarik lu [...]

Risiko Miliki Anak di Usia Belasan Tahun

Risiko Miliki Anak di Usia Belasan Tahun

Kini jarang ditemukan perempuan menikah pada usia belasan, jikapun ada karena beberapa hal khusus. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan, anak yang dilahirkan oleh ibu yang berusia di bawah 19 tahun cenderung kemampuan akademisnya lebih rendah dibanding anak lain. Menurut peneliti, ternyata faktor pendidikan pada ibu bisa memprediksi kemampuan sang anak dalam membaca dan matematika. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa kesuksesan pendidikan anak bisa diperoleh jika memiliki anak di atas usia 19 tahun saja. Analisis ini juga memperhitungkan tentang lingkungan, karakterisitik serta pendapatan rumah tangga yang mampu memengaruhi prestasi anak-anak. "Namun kabar baiknya, ibu yang melanjutkan sekolah setelah melahirkakan anak, kemampuan sang anak pun ikut meningkat," terang peneliti dari Social Research and Center for Human and Development, Professor Pamela Davis-Kean seperti dikutip laman Daily Mail pada Rabu (12/11/2014). [...]

Stres Saat Hamil Rentan Lahirkan Anak dengan Autisme

Stres Saat Hamil Rentan Lahirkan Anak dengan Autisme

Ibu hamil yang stres tak hanya membuat bayi di dalam rahim ikut cemas. Sebuah penelitian menduga kemungkinan tingkat stres yang dialami ibu hamil berperan memunculkan autisme.Tingginya hormon stres kortisol dan hormon lainnya seperti testosteron di dalam rahim ibu selama kehamilan juga dikaitkan dengan autisme.Autisme menyebabkan kesulitan berkomunikasi dan bersosialisasi. Selain itu juga menyebabkan munculnya perilaku repetitif (mengulang-ulang satu gerakan). Peneliti memperkirakan satu dari 100 warga Australia mengalami autisme. Anak laki-laki kemungkinan mengalaminya empat kali lebih besar dibanding perempuan. Ini menunjukkan peran hormon seks dalam penyakit.Para ilmuwan sudah mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan meningkatnya angka autisme. Sebelumnya diduga testosteron pada janin memengaruhi perkembangan kontak mata, kosakata, empati, dan ciri-ciri autisme lainnya.Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Molecular Psychiatry menguji cairan ketuban dari 128 ibu yang anak-anaknya didiagnosa mengalami autisme dan cairan dari 217 ibu yang dikontrol.Hasilnya, lima tingkat hormon steroid lebih tinggi pada ibu yang anaknya didiagnosa autisme dibandingkan yang anaknya tak memilik [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *