Batas Konsumsi Air Putih bagi Anak-anak

KidDrinkingWater-850x400.jpg

Selama ini mungkin kita mengetahui bahwa kebutuhan minum air putih yang diajurkan untuk semua orang adalah 8 gelas sehari. Padahal, ini adalah anjuran minum untuk dewasa sehat. Sedangkan untuk anak-anak, jauh lebih sedikit.

Seperti disebutkan Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc bahwa sesuai angka kecukupan gizi (AKG) anak-anak disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin.

“Bagi anak-anak usia 5-9 tahun, membutuhkan cairan sekitar 1.200-1.600 mililiter perhari atau sekitar 6 gelas air putih,” katanya.

Jumlah konsumsi air putih itu, kata Saptawati, tidak termasuk minuman manis lainnya. Maka itu, penting untuk mengenalkan air putih sejak dini pada anak.

“Biasakan anak itu minum air putih. Kalau anak sudah dikenalkan manis sejak kecil, ia bisa nggak suka air putih karena tawar,” ujarnya, seperti ditulis Kamis (26/6/2014).

Saptawati menyarankan, untuk membuat anak kecil suka minum air putih, ia menyarankan orangtua untuk memiliki gelas lucu yang disukai anak-anak.

Air putih adalah cairan yang sangat penting bagi pertumbuhan anak dan kesehatan anak. Anak-anak membutuhkan banyak cairan untuk menjaga kesehatan tubuhnya seiring dengan pertumbuhan berat badan dan usianya. Namun, belum semua orang tua sadar untuk membiasakan anak minum air putih dengan cukup.

Bagi anak dengan usia 4-8 tahun kebutuhan cairannya adalah 1,6 liter atau 6-7 gelas setiap harinya. Anak berusia 9 tahun keatas kebutuhan akan cairan sama dengan orang dewasa yaitu 2 liter atau 8 gelas setiap harinya. Manfaat minum air putih bagi kesehatan memang sangat banyak bagi semua orang termasuk anak-anak.

Berikut ini adalah manfaat minum air putih bagi kesehatan anak :

1. Manfaat minum air putih baik untuk kesehatan fisik dan mental
Minum air putih baik untuk kesehatan fisik dan mental anak dimana anak-anak menjadi tidak mudah lelah dan lesu.

2. Menjadikan anak lebih cerdas
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak yang terhidrasi akan menjadi lebih baik dan cerdas dibandingkan dengan anak-anak yang dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh sebab itu, memberikan anak air putih yang cukup dapat menghidrasi area abu-abu otak anak sehingga dapat bekerja secara maksimal saat belajar.

3. Minum air putih menjadikan gigi anak lebih sehat
Air putih adalah air yang bebas dari gula sehingga dapat mengurangi kerusakan gigi pada anak. Berbeda dengan anak yang suka minum es krim atau minuman manis lainnya, pasti giginya akan cepat mengalami kerusakan.

4. Menghindarkan anak dari sembelit
Minum air putih yang cukup dan mengkonsumsi makanan sehat yang berserat dapat menghindarkan anak dari sembelit dan pencernaan akan berfungsi secara baik.

Dengan membiasakan anak minum air putih secara teratur maka anak akan memperoleh manfaat minum air putih secara maksimal untuk kesehatan anak. Minum air putih dengan cukup juga dapat mencegah anak terserang penyakit.

Sementara untuk bayi orang tua sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli anak dalam pemberian air putih. Pada kasus tertentu, pemberian air putih dalam jumlah kecil mungkin tepat. Misalnya dalam keadaan konstipasi dan saat cuaca panas. Pemberian air pada bayi hanya diperbolehkan satu hingga dua ons (satu sendok makan) air pada setiap pemberiannya.

Air putih dapat diberikan pada bayi, setelah usia enam (6) bulan atau ketika bayi telah dikenalkan makanan padat (makanan pendamping ASI). Pemberian air putih sebaiknya menggunakan cangkir. Cangkir merupakan pilihan terbaik daripada dot/ botol. Hal ini dikarenakan, ketika pemberian minum dengan dot/botol menyebabkan bayi dapat menerima terlalu banyak air.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ingin Sang Anak Punya Teman, Ibu Ini Membuat Tulisan Menyentuh

Ingin Sang Anak Punya Teman, Ibu Ini Membuat Tulisan Menyentuh

Tidak sedikit orang yang menyambut hari ulangtahun dengan penuh suka cita. Namun tidak dengan bocah yang satu ini. Colin merasa sedih karena dirinya tidak memiliki teman untuk diundang ke acara ulangtahunnya."Colin menderita gangguan sensorik yang sama dengan autisme dan sindrom asperger. Masalah ini membuat anak saya yang berusia 10 tahun ini tidak dapat bersosialisasi. Saya sangat sedih ketika dia mengatakan saya tidak punya teman untuk diundang ke ulang tahun," kata Ibu dari Collin, Jennifer dikutip Closeronline, Jumat (11/4/2014).Sebagai seorang ibu, Jennifer merasa terpukul mendengar pernyataan sang buah hati. "Saya ingin dia seperti anak-anak pada umumnya, merayakan hari ulangtahunnya dengan wajah gembira bukan merasa sedih," kata Jennifer.Keinginan yang kuat untuk membuat anaknya bahagia, Jennifer pun berinisiatif menuliskannya pada sebuah halaman media sosial, facebook. Dalam halaman facebook yang diberi nama Colin's Friend ini, Jennifer menuliskan kalimat yang bertujuan mengajak banyak orang menjadi teman sang buah hati."Saya adalah Ibu Colin, halaman facebook ini dibuat untuk anak laki-laki saya yang luar biasa, pintar, dan butuh bantuan. Setiap dia berulangtahun saya men [...]

Banyak Aktivitas Fisik Bikin Anak Makin Sukses Kelak

Banyak Aktivitas Fisik Bikin Anak Makin Sukses Kelak

Banyak anak yang berhasil menapaki jenjang karirnya karena memang sejak muda banyak manjalankan aktivitas dan kegiatan ekstra. Demikian setidaknya diungkapkan ahli pemetaan talenta, Rama Royani mengungkapkan."Orangtua sudah melihat anaknya pintar masak, itu nggak apa-apa. Terusin, yang penting enak enjoy, easy dan excelent," kata pria yang kerap disapa Abah Rama saat berkunjung di Kantor Redaksi Liputan6.com, dan ditulis Rabu (7/5/2014).Pria yang akrab disapa Abah Rama itu mengatakan, banyak aktivitas bukan berarti yang membuat anak kelelahan. Saat ini, kebanyakan anak-anak merasa lelah karena begitu banyak pelajaran. "Anak-anak yang memiliki banyak kegiatan, beliau cepat tahu kekuatannya," katanya.Menurut Abah, sebenarnya sekolah yang paling tepat itu adalah sekolah alam karena isinya banyak kegiatan, bukan hanya untuk otak kiri. "Kalau sekolah biasa susah. Sekolah sekarang kayak pabrik siswa," ujarnya.Abah Rama mencontohkan sistem pendidikan di China yang sudah reformasi besar-besaran dengan `Evaluasi Hijau`. Beberapa yang diterapkan adalah tak boleh ada sekolah khusus, tak boleh ada pekerjaan rumah tertulis, mengurangi ujian, menimalkan materi, tak boleh ada kelas tambahan, sert [...]

Cara Ketahui Potensi Anak Sedari Kecil

Cara Ketahui Potensi Anak Sedari Kecil

Setiap orang dianugerahi potensi yang berbeda-beda. Baik seni, akademik, olahraga dan aneka bidang lain. Sesungguhnya, sedari kecil kegemaran dan minat anak sudah mulai terlihat namun tak sedikit orang tua yang tak mampu meraba apa potensi si anak. Salah meraba potensi anak alih-alih memaksakan keinginan orangtua malah akan menyiksa anak. Anak pun tak akan berkembang sesuai potensi yang dimilikinya. Tentu akan lebih baik jika sedari kecil, potensi terbesar anak sudah mulai dikembangkan dan diasah. Sehingga ia makin mahir pada bidang yang disukainya tersebut. Salah satu cara untuk mengetahui potensi anak adalah dengan melakukan tes multiple intelligence. Lewat serangkaian tes ini potensi anak baik pada bidang akademis maupun non akdemis bisa terlihat. Hal ini tentu membantu memantapkan orangtua dalam mengarahkan anak sesuai minat dan bakat yang dimiliki. Sedari dini diasah dan dikembangkan tentu membuat anak mahir dan ahli pada hal yang disukainya. [...]

Sayap Ayam Bikin Anak Makin Agresif?

Sayap Ayam Bikin Anak Makin Agresif?

Pakar kesehatan menyarankan kepada para orangtua untuk tidak menghidangkan sepotong sayap ayam goreng untuk disantap sang buah hati. Penelitian terbaru menyebutkan, sayap ayam berisiko membuat anak menjadi lebih agresif.Sudah sejak lama dianjurkan bagi siapa saja yang ingin menyantap sepotong ayam goreng atau bakar untuk lebih memilih bagian dada, bukan sayap, kepala, ceker, apalagi kulit ayam. Sebab, pada bagian dada tersimpan kandungan protein yang cukup tinggi."Seorang anak yang menyantap ayam dalam bentuk apa pun, termasuk stik (nugget) memiliki perilaku lebih agresif dibandingkan anak yang tidak suka mengonsumsi sayap ayam," kata Peneliti asal London, Inggris, dr. Brian Russel seperti dikutip dari Times of India, Jumat (19/12/2014)Russel menjelaskan, setiap gigitan sayap ayam yang masuk ke dalam mulut si anak akan menambah gerakan psikomotorik yang lebih besar. Tumpukan lemak yang terdapat pada sayap ayam pun disebut oleh Russel dapat merusak DNA anak, yang menjadi pemicu terjadinya perubahan perilaku.Oleh karena itu Russel menyarankan, agar orangtua tidak memberikan sepotong sayap ayam bila kondisi ini tidak ingin dialami oleh anak-anak mereka. [...]

Waktu Tepat Perkenalkan Pola Makan Sehat pada Anak

Waktu Tepat Perkenalkan Pola Makan Sehat pada Anak

Karena ingin agar si kecil tidak kegemukan para ibu biasanya berusaha menyajikan makanan sehat. Biasanya, usia satu tahun menjadi waktu yang tepat bagi ibu untuk mengenalkan makanan sehat pada anaknya.Ternyata, makin mengenalkan makanan sehat, makin bagus bagi si buah hati tanpa perlu menunggu usia setahun."Ibu dapat mengenalkan makanan sehat pada anak sejak usia enam bulan. Berikan si buah hati makanan sehat sejak ia mengenal yang namanya makanan," kata Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Universitas Indonesia (RSCM-UI), Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, dalam acara `Nestle Healthy Zone`di Pejaten Village, Jakarta, Kamis (10/4/2014)Bagi Inge, ibu akan semakin mudah memberikan makanan sehat pada anaknya, bila kedua orangtua turut membantu secara rutin mengonsumsi makanan sehat pula. Karena, anak akan menyontoh apa yang dilakukan oleh orang terdekatnya."Kenapa anak doyan makanan bergoreng, karena kebiasaan orangtua yang mengajarkan hal seperti itu. Andai orangtua juga ikut mengonsumsi makanan sehat, maka dengan mudah akan dicontoh oleh si buah hati," kata Inge menambahkan.Menurut Dr. Inge, penerapan pola makan seperti ini tergantung dari kebiasaan yang terbangun di l [...]

Ibu Hamil Sering Mengidam Makanan ini

Ibu Hamil Sering Mengidam Makanan ini

Kehamilan membuat banyak perubahan pada tubuh wanita. Saat itu pula, banyak orang yang menyebut ibu hamil sering mengidam makanan tertentu. Keinginan wanita hamil itu bisa bervariasi dari makanan yang asin, manis, pedas, atau pahit. Apapun itu, berhati-hatilah dan batasi konsumsi makan junk food.Berikut sejumlah makanan yang sering diidam-idamkan wanita hamil seperti dilansir Boldsky, Minggu (30/3/2014):1. CokelatIni makanan yang dicintai banyak orang, terutama ibu hami. Jadi tak mengherankan ibu hamil mengidam cokelat baik itu dalam bentuk minuman hangat atau permen.2. AcarMengidam cenderung yang asam dan pedas. Acar kerap menggoda selera wanita hamil. Berdasarkan ilmu pengetahuan, makanan ini bisa mempertahankan natrium di dalam tubuh wanita hamil.3. Keripik kentangMakanan ini banyak mengandung pati dan garam sehingga ibu hamil mengidam dalam rangka mempertahankan kadar natrium di dalam tubuh.4. Es krimMakanan dingin ini dicintai orang segala usia, jadi tak mengherankan jika es krim termasuk dalam daftar makanan yang diinginkan ibu hamil. Es krim juga sumber makanan yang kaya kalsium dan mineral penting lainnya untuk pertumbuhan janin.5. Buah-buahanIni bisa menjadi pilihan yang m [...]

Memang Ada `Mafia` yang Paksa Anak Jalanan Mengemis dan Ngamen

Memang Ada `Mafia` yang Paksa Anak Jalanan Mengemis dan Ngamen

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait mencurigai adanya mafia anak yang mengkoordinir anak jalanan. Bisa jadi mafia itulah yang memaksa anak-anak jalanan."Masih ada oknum-oknum yang memanfaatkan anak sebagai pemenuhan kebutuhan ekonomi. Mereka mafia anak. Mafia anak itu mengoordinir anak-anak untuk dipaksa mengemis atau mengamen. Ini sudah masuk kategori pengeksploitasian anak," kata Arist saat ditemui Liputan6.com di Kantor Komnas PA, Pasar Rebo, Jakarta.Menurut Arist, para mafia tersebut juga memanfaatkan anak untuk disewakan beberapa oknum menjadi alat menarik simpati masyarakat agar pendapatannya meningkat."Dengan menggendong-gendong anak atau bocah, yang ngamen bisa membuat masyarakat tersentuh hatinya sehingga memberi uang lebih banyak. Ini benar-benar merampas hak anak," kata Arist.Tudingan Arist tersebut dibenarkan oleh anak jalanan di sekitar Jakarta yang ditemui Tim Health Liputan6.com, Selasa (25/3/2014).Wanita berusia 21 tahun yang tidak ingin disebut namanya ini mengaku ada oknum yang memanfaatkan anak-anak putus sekolah. "Mereka mengajak anak-anak yang memang putus sekolah untuk dipaksa mengamen. Nanti uangnya disetor ke mereka, kala [...]

Saat Indah Ketika Wanita Karir Jadi Ibu Rumah Tangga

Saat Indah Ketika Wanita Karir Jadi Ibu Rumah Tangga

Helena Frith Powell tak pernah berpikir menjadi ibu rumah tangga saja. Sejak kecil tertanam di dalam dirinya bahwa perempuan harus mandiri dan memiliki ambisi yang tinggi. Tiba-tiba Helena menemukan dirinya dalam posisi bahwa ia tak perlu bekerja ketika suaminya Rupert menyarankan sang istri untuk berhenti bekerja."Kau bisa tinggal di rumah dan menjaga anak-anak," kata Rupert seperti dituliskan dalam novelnya yang berjudul The Ex-Factor dan dikutip MailOnline, Kamis (10/4/2014).Perkataan Rupert membuat Helena terhentak. Saran dari sang suami bak kutukan baginya karena selama ini ia punya asumsi tentang wanita di abad ke-21. Sebagai putri seorang ibu tunggal feminis yang mengelola perusahaan penerbitan, Helena sejak muda ditanamkan bahwa perempuan harus mandiri dan memiliki ambisi yang tinggi."Saya dituntun untuk percaya bahwa bekerja adalah cara saya menegaskan siapa diri Anda sebenarnya dan bagaimana memberikan alasan keberadaan Anda."Helena ingat betul di masa kanak-kanak ketika orang menanyakan cita-citanya. Ia tak pernah menjawabnya ingin menjadi istri pria kaya. "Tidak, saya ingin menjadi seorang dokter hewan atau penulis atau ahli bedah otak."Bahkan, jika melihat ke masa lal [...]

Topi Bayi Bisa Cegah Sindrom Kepala Datar

Topi Bayi Bisa Cegah Sindrom Kepala Datar

Penggunaan topi atau kita kenal dengan kupluk bayi ternyata memiliki manfaat bagi si kecil. Selain menambah lucu penampilannya, kupluk bayi juga bisa mencegah sindrom kepala datar (flat head syndrome).Seperti disampaikan dokter spesialis anak dan neonatologis dari Colorado, Dr. Jane Scott bahwa sindrom kepala datar merupakan kondisi yang timbul karena posisi kepala di satu sisi yang terlalu lama. Ada 2 jenis sindrom yang termasuk di dalamnya, yakni Plagiocephaly dan Tortikolis."Plagiochepaly adalah perataan pada tengkorak bayi. Terjadi karena distorsi asimetris tulang kepala atau merata di satu sisi kepala. Hal ini biasanya disebabkan karena posisi telentang di satu sisi yang terlalu lama. Sedangkan Tortikolis adalah ketidakseimbangan pada otot leher. Biasanya ditandai dengan nyeri yang hilang timbul atau kejang yang terus menerus pada otot-otot leher, sehingga mendorong kepala berputar dan miring ke depan, ke belakang, atau ke samping," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (11/7/2014).Masalahnya, katanya, selain membuat bentuk kepala yang tidak indah dalam jangka panjang. Sindrom kepala datar dapat berpengaruh kepada kemampuan penglihatan, pendenga [...]

Kaki Bengkak Saat Hamil, Kenapa?

Kaki Bengkak Saat Hamil, Kenapa?

Di saat hamil, kadang tak hanya perut yang membesar. Kaki pun ikut gendut. Ini karena tubuh menahan lebih banyak air daripada biasanya. Paha, betis, sampai jari-jari kaki jadi tambah gemuk. Jika ibu hamil banyak berdiri atau jalan, ditambah cuaca panas, di sore hari kaki bisa kian bengkak. Kaki yang bengkak saat hamil memang biasa terjadi. Menurut studi yang dimuat dalam Journal of Women?s Health Physical Therapy, dikutip Senin (28/7/2014) 80 persen ibu hamil mengalami bengkak kaki.Memang ini tidak membahayakan ibu maupun bayi, tetapi bisa membuat ibu hamil kurang pede. Kaki juga terasa kurang nyaman karena sepatu jadi terasa sempit. Lain halnya jika bengkak tak hanya terjadi di kaki, tetapi juga pada wajah dan tangan. Atau bengkak terjadi secara tiba-tiba dan tampak ekstrem. Bengkak seperti ini bisa saja merupakan gejala praeklamsia, dan harus segera dikonsultasikan ke dokter. Cegah VarisesJika ada riwayat praeklamsia, harus selalu dimonitor, supaya tidak memicu terjadinya masalah serius pada ibu maupun bayi. Selain bengkak, praeklamsia juga bisa memunculkan gejala sakit kepala berat, gangguan penglihatan seperti kabur atau ada kilatan cahaya, nyeri di bawah dada, dan muntah. Tak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *